Menguak Misteri Pengalaman Mati Suri

menguak-misteri-pengalaman-mati-suri-alodokter.jpg

Mati suri dalam dunia medis sering disamakan dengan pengalaman mendekati kematian alias near death experience (NDE). Pengalaman ini sendiri sering dikategorikan ke dalam berbagai dimensi mulai dari psikologis, fisiologis, dan penjelasan transendental.

Sebagian ahli memprediksi bahwa peristiwa mati suri sebagai sebuah fenomena halusinasi yang disebabkan oleh berbagai faktor fisiologis dan psikologis. Sementara para peneliti lainnya menganggap hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya kesadaran atau pikiran yang bukan berasal dari aktivitas otak. Namun hingga saat ini, fenomena mati suri belum dapat sepenuhnya dijelaskan.

Bagaimana Seseorang Bisa Mengalami Mati Suri?

Beberapa hal di bawah ini bisa menjelaskan kenapa mati suri bisa terjadi pada seseorang.

  • Terkait dengan fase tidur

Salah satu kemungkinan penyebab terjadinya mati suri adalah fase tidur Rapid Eye Movement (REM) atau fase nyenyak, yaitu ketika seseorang mengalami mimpi. Fase ini melibatkan adanya kelumpuhan otot utama, sistem pernapasan yang berjalan lebih cepat, dan cepatnya gerakan mata.

Saat fase ini mengalami gangguan, maka seseorang mungkin mengalami kelumpuhan sementara saat bangun dari tidur. Hal lain yang mungkin terjadi adalah adanya halusinasi penglihatan atau pendengaran selama masa peralihan dari tidur menuju kondisi terjaga atau sebaliknya.

Pada kasus mati suri, otak kemungkinan mencampurkan kondisi tidur dan kondisi terjaga secara sekaligus. Normalnya, fase ini akan dibedakan secara mendetail sehingga jelas mana saat seseorang terjaga atau tidur.

Beberapa ciri utama yang dirasakan mereka yang mengalami mati suri juga mirip dengan adanya gangguan fase REM ini. Misalnya saja perasaan dikelilingi cahaya, merasa terpisah dari diri sendiri, dan tidak mampu bergerak meski merasa sadar.

  • Dihubungkan dengan gas karbondioksida

Pengalaman dekat dengan kematian atau mati suri juga dikaitkan dengan keberadaan gas karbondioksida di dalam tubuh seseorang. Penelitian yang mengaitkan hal ini menyatakan bahwa adanya gas CO2 kemungkinan memberikan pengaruh pada keseimbangan kimia tubuh seseorang.

Ketika keseimbangan kimia di otak seseorang mengalami gangguan, maka hal tersebut mungkin memengaruhi otak sehingga yang mengalaminya seperti melihat cahaya, terowongan, atau kematian seseorang. Pengalaman mati suri yang terkait dengan adanya gas CO2 sendiri didapatkan dari para pasien yang selamat dari serangan jantung. Orang yang mengalami serangan jantung memiliki konsentrasi CO2 berlebih dalam napas yang dihembuskan juga terkait level CO2 dan kalium dalam darah.

Pasien yang selamat dari serangan jantung dan mengalami mati suri memiliki beberapa kesamaan pengalaman. Mereka biasanya merasakan berada di dalam balutan cahaya, melihat dan mendengar peristiwa nyata dari sudut yang lain, serta bertemu dengan orang-orang yang dicintai yang sudah meninggal.

Kejadian mati suri yang dialami oleh orang-orang yang selamat dari serangan jantung diyakini terkait dengan terhentinya fungsi otak setelah 20-30 detik terhentinya jantung. Saat sadar, mereka ternyata mampu menjelaskan hal-hal terkait kejadian yang terjadi di sekitarnya dalam tiga menit setelah jantung berhenti.

Kedua penjelasan di atas masih belum menjawab sepenuhnya bagaimana fenomena mati suri bisa terjadi. Meski pada kesimpulan-kesimpulan di atas berusaha netral dari sisi spiritual seseorang, namun hal tersebut ternyata banyak mengubah cara pandang mereka setelah mengalami peristiwa mati suri.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Diet Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Diet Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Penangangan diabetes atau dikenal dengan istilah kencing manis, penyakit gula dan juga diabetes melitus mengharuskan orang yang mengalaminya untuk menggunakan pola hidup sehat dengan tujuan untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Secara singkat pengaturan makan pada penyandang diabetes dapat disimpulkan dapat dilakukan dengan 3 hal utama, yaitu : Jadwal makan: makan teratur 3 kali makan besar dan 3 kali makan kecil (6 kali sehari) Jenis makanan: pilih makanan sehat dengan serat, protein nabati, lemak baik, karbohidrat kompleks Jumlah kalori: asupan makanan sesuai kebutuhan kalori per hari. (45-65% karbohidrat, 15-20% protein, <30% lemak, vitamin, mineral, serat) dalam jumlah yang cukup. Silakan konsultasikan kondisi ke dokter Anda. Namun ketika disajikan dengan belasan jenis makanan yang membuat kita menelan ludah, tentunya akan membuat kita ingin mencoba bukan? Bagi Anda penyandang diabetes, jangan lupakan kondisi Anda, ya dan ikuti tips berikut. Boleh saja mencoba makanan namun dalam batas wajar, sesuai kebutuhan kalori harian Anda. Kebutuhan kalori harian 25-30 kal/kg BB disesuaikan dengan aktivitas Anda. Cermat pilih menu makanan dengan indeks glikemik rendah [...]

Perubahan yang Terjadi Pada Gigi Jika Kumur dengan Mouthwash dalam 21 Hari

Perubahan yang Terjadi Pada Gigi Jika Kumur dengan Mouthwash dalam 21 Hari

Berkumur dengan obat kumur setelah sikat gigi merupakan kebiasaan yang disarankan para ahli. Sayangnya belum banyak orang yang rutin melakukannya karena berbagai alasan. Sebagian dari mereka kurang suka dengan aroma menyengat yang ditimbulkan cairan pembersih mulut tersebut. Banyak pula yang merasa obat kumur itu belum terlalu penting apalagi harganya mahal. Padahal kebanyakan dokter gigi menyarankan ?penggunaan obat kumur sebagai bagian dari perawatan mulut. Salah satunya adalah Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, Mkes yang merupakan anggota aktif Pusat Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Menurutnya, gosok gigi hanya bisa menjangkau 25% rongga mulut. Sementara obat kumur dapat membantu membunuh bakteri di celah-celah serta gusi yang belum terjangkau.Kebanyakan orang kadang tidak sadar pentingnya kebersihan mulut jika belum mengalami sakit gigi. Bila Anda ingin melakukan pencegahan, ada baiknya mulai membiasakan diri untuk berkumur setelah menyikat gigi mulai dari sekarang. Menurut Tri, menjadikan hal tersebut sebagai sebuah rutinitas memang tak mudah. Dibutuhkan waktu minimal 21 hari untuk membuatnya menjadi kebiasaan."?Secara ilmu perilaku, seseorang tidak bisa mengubah kebiasaan seper [...]

Es Teh Bisa Sebabkan Batu Ginjal!

Es Teh Bisa Sebabkan Batu Ginjal!

Bagaimana bisa? Karena teh hitam mengandung oksalat yang dalam jumlah besar dapat terkonsentrasi di dalam urin dan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Kandungan oksalat di dalam teh cukup tinggi, belum lagi jika ditambah dengan konsumsi sayuran hijau seperti bayam yang juga tinggi oksalat maka dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal oksalat meningkat. Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa sumber oksalat utama pada pasien-pasien dengan batu ginjal adalah kopi dan teh hitam yang diminum secara rutin setiap hari. Beda Teh Hitam, Beda Teh Hijau Berbeda dengan teh hijau yang telah diteliti ternyata mengurangi risiko pembentukan batu ginjal kalsium karena mengurangi mengurangi pengeluaran dan penumpukan kalsium. Kalsium juga merupakan salah satu substansi yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Teh hijau juga mengurangi pengeluaran dan penumpukan oksalat di dalam urin. Antioksidan di dalam teh hijau juga dianggap salah satu faktor yang mencegah pembentukan batu ginjal. Untuk mengatasi penumpukan oksalat di dalam urin dan pembentukan batu oksalat di ginjal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Halaman berikut penjelasan selengkapnya: Es Teh Bisa Sebabk [...]

Efek Negatif Merokok Bagi Kecantikan Rambut & Kulit

Efek Negatif Merokok Bagi Kecantikan Rambut & Kulit

Kita tahu merokok punya banyak efek negatif terhadap kesehatan tubuh. Seperti memicu penyakit jantung sampai kanker paru-paru. Tak hanya itu, merokok juga berdampak buruk bagi kecantikan kulit."Merokok menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit yang membuat Anda jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Menghalangi kulit mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi," ujar dermatologist dari Sri Balaji Action Medical Institute, dr. Nipun Jain. Masih banyak kerugian lain dari merokok bagi kulit, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Kulit Kendur & BerkeriputZat kimia yang ada dalam tembakai bisa memicu pengrusakan kolagen dan elastin. Kolagen adalah sejenis protein pembangun utama pada dermis (lapisan kulit dalam) yang menjaga kulit tetap kencang dan lentur. Sementara elastin juga merupakan protein yang membentuk serat elastis tipis dan berfungsi mengembalikan kulit ke posisinya saat beristirahat. Bisa dibayangkan jika kedua komponen ini rusak, maka kulit akan lebih cepat mengendur dan keriput.2. Garis-garis di Sekitar BibirSaat menghisap rokok, otot-otot tertentu di sekitar bibir akan mengerut. Hal itu akan membuat kerutan dan muncul garis-garis halus pada bibir, karena terjadi tekanan p [...]

Derita Penyakit Langka, Wanita Ini Mungkin Tak Bisa Rasakan Natal 2013

Derita Penyakit Langka, Wanita Ini Mungkin Tak Bisa Rasakan Natal 2013

Tak ada seorang pun ingin sakit, terlebih divonis mengidap sebuah penyakit langka yang tidak ada obatnya dan tak dapat disembuhkan. Begitu pula dengan seorang ibu muda berusia 38 tahun yang mengidap penyakit langka Multiple System Atrophy (MSA), dan menjadi orang termuda di Inggris yang menderita penyakit tersebut.Adalah Sam Crawford, wanita yang didiagnosa mengidap penyakit saraf langka yang mematikan atau MSA. Penyakit ini hampir mirip dengan Parkinson, yaitu penyakit yang disebabkan oleh degenerasi sel-sel saraf di otak dan akhirnya mempengaruhi beberapa daerah otak, yakni batang ganglia, otak kecil dan otak basal. Mereka mempengaruhi fungsi-fungsi gerakan dan keseimbangan tubuh.Jenis penyakit ini belum ditemukan obatnya dan para dokter sulit sekali mendiagnosa penyakit yang biasa mempengaruhi orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas ini. Penyakit yang tidak diketahui penyebabnya ini diduga mempengaruhi 4 dari 100.000 orang dengan pronosis antara 7 dan 12 tahun.?Ketika aku pergi berobat, seorang ahli saraf mengatakan bahwa aku memiliki waktu selama 5-7 tahun. Namun saat pertemuan kedua, ada sesuatu dari kesehatanku yang menurun secara drastis, sehingga ia mengubahnya menjadi [...]

Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

DPT adalah singkatan dari difteri, pertusis, dan tetanus. Imunisasi DPT adalah salah satu jenis bentuk vaksinasi yang wajib diberikan kepada balita. Penyakit difteri, pertusis, dan tetanus adalah tiga penyakit berbeda yang masing-masing memiliki risiko tinggi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, pemberian imunisasi DPT sebaiknya tidak dilewatkan. Sebelum memberikan imunisasi ini kepada anak Anda, sebaiknya diketahui lebih lanjut informasi seputar pemberian imunisasi dan efek sampingnya. Difteri merupakan penyakit pada selaput lendir pada hidung serta tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menimbulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga dapat membuat anak sulit makan dan bernapas. Bila infeksi tidak diobati, toksin yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan lumpuh dan gagal jantung jika dibiarkan. Sedangkan pertusis yang lebih dikenal batuk rejan adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan batuk parah. Jika anak di bawah satu tahun terkena penyakit ini, kemungkinan dapat terjadi pneumonia, kerusakan otak, kejang, bahkan kematian. Sementara tetanus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpu [...]

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Kanker payudara masih menjadi monster yang menakutkan bagi perempuan. Di antara banyak pengobatan yang hadir untuk mencegahnya, sebuah penelitian di UC Berkeley dan Lawrence Berkeley National Laboratory mengungkapkan bahwa meremas atau memijat payudara dapat mencegah kanker. Mengapa bisa demikian? Gautham Venugopalan, salah satu ilmuwan terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan, ?Tekanan fisik dapat mempengaruhi tubuh. Ketika kita mengangkat beban, otot kita menjadi lebih besar. Gaya gravitasi sangat penting untuk menjaga tulang kita kuat. Di sini kami menunjukkan bahwa tekanan fisik dapat memainkan peran dalam pertumbuhan sel kanker.? Memijat Payudara dan Risiko Kanker Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan juga memasukkan sel kanker payudara ganas pada silikon. Mereka kemudian mencoba menekan dan meremas silikon berisi sel kanker ganas. Setelah beberapa lama, sel kanker yang mendapatkan tekanan fisik mulai tumbuh secara normal dan tidak ganas. Mereka pun menjelaskan bahwa kegiatan meremas dan memijat payudara mungkin tak bisa dikembangkan menjadi bentuk terapi. Meski begitu, penemuan ini memberikan petunjuk baru untuk melacak molekul dan struktur sel [...]

Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Fast Food

Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Fast Food

Makanan cepat saji atau fast food diketahui tidak baik untuk kesehatan. Tapi jika seseorang mengonsumsi makanan cepat saji dan meminum kopi setelahnya, merupakan kombinasi yang sangat buruk bagi kesehatan.Seperti yang dikutip dari Times of India, meminum kopi saat atau setelah memakan makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar gula darah. Menurut peneliti Marie-Soleil Beaudoin dari University of Guelph, Kanada, makanan cepat saji sudah mengandung banyak lemak, bila ditambah dengan mengonsumsi kopi maka kenaikan gula darah menjadi berlipat ganda."Dengan adanya hasil ini, kita diberitahu bahwa lemak jenuh mengganggu stabilisasi gula darah dalam tubuh dan ketika digabungkan dengan kopi, dampaknya bisa lebih buruk lagi," terang Beaudoin.Gula yang menetap di dalam darah dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kondisi kesehatan yang tidak baik dan dapat berpengaruh pada organ tubuh lain. Penelitian yang dilakukan oleh Beaudoin, Profesor Lindsay Robinson dan Terry Graham menemukan adanya pengaruh lemak jenuh dan kopi berkafein terhadap tingkat gula darah.Dalam penelitian ini Beaudoin dan rekannya mendesain sebuah minuman khusus berupa koktail yang mengandung lemak. Minuman ini diranc [...]

Sikap Memaafkan Bisa Atasi Stres & Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Sikap Memaafkan Bisa Atasi Stres & Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Idul Fitri memiliki makna yang mendalam bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Di hari yang fitri, pintu maaf terbuka bagi setiap orang. Saling memaafkan pun menjadi tradisi yang wajib dilakukan untuk menghapuskan perasaan buruk seperti dendam dan iri hati.Namun tahukah Anda, memaafkan kesalahan juga bisa mengatasi stres dan mengurangi risiko sakit jantung? Penelitian di Stanford menemukan, dalam sebuah studi dari 259 orang yang menerima pelatihan mengenaik sikap memaafkan, 70% dari mereka mengalami penurunan perasaan sakit hati, 27% telah mengurangi gejala fisik dari stres, dan 15% memiliki tekanan emosional yang lebih rendah.Selain memaafkan, ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar beban pikiran Anda berkurang. Simak 10 cara lainnya untuk kurangi stres yang dikutip dari Prevention International.1. Selalu OptimisUngkapan 'orang yang optimis lebih lama hidup dibanding mereka yang pesimis', sepertinya benar. Berdasarkan penelitian 30 tahun terhadap 1.100 orang, ditemukan bahwa pria dan wanita berumur antara 65 sampai 85 tahun, 77% mereka yang optimis memiliki risiko sakit jantung yang lebih rendah dibanding orang yang pesimis.2. Mencari Aktifitas LainBos Anda yang selalu mem [...]

Fakta & Mitos Durian dengan Kesehatan

Fakta & Mitos Durian dengan Kesehatan

Mungkin Anda penggemar durian sudah bosan diomeli oleh orang-orang terdekat Anda untuk menjauhi buah yang dijuluki king of fruit ini, entah karena katanya bisa meningkatkan berat badan, kolesterol, gula darah dan tekanan darah. Namun sebelum Anda membuang jauh-jauh durian di kulkas Anda, ketahui dahulu mitos dan fakta soal buah yang satu ini: Makan durian bisa meningkatkan berat badan? Jawabnya: Benar dan fakta. Jika Anda makan 1 buah durian dengan berat 1 kg, Anda telah memasukkan 1350 kalori ke dalam tubuh Anda. Itu berarti Anda telah menghabiskan "jatah" 68% dari 2000 kalori yang direkomendasikan untuk kebutuhan kalori harian orang dewasa. 1 biji durian sendiri (setara 40 g) memiliki 54 kalori. Jadi kesimpulannya, iya. Makan durian dapat meningkatkan berat badan. Namun kembali lagi seberapa porsi Anda menghabiskannya. Durian Dapat Meningkatkan Kolesterol? Jawabnya: Salah dan Mitos. Faktanya durian memiliki 0 kolesterol. Kolesterol sendiri dapat ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, seafood dan produk susu. Durian memiliki lemak tak jenuh rantai tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL Anda. Justru belakang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *