Menguak Misteri Pengalaman Mati Suri

menguak-misteri-pengalaman-mati-suri-alodokter.jpg

Mati suri dalam dunia medis sering disamakan dengan pengalaman mendekati kematian alias near death experience (NDE). Pengalaman ini sendiri sering dikategorikan ke dalam berbagai dimensi mulai dari psikologis, fisiologis, dan penjelasan transendental.

Sebagian ahli memprediksi bahwa peristiwa mati suri sebagai sebuah fenomena halusinasi yang disebabkan oleh berbagai faktor fisiologis dan psikologis. Sementara para peneliti lainnya menganggap hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya kesadaran atau pikiran yang bukan berasal dari aktivitas otak. Namun hingga saat ini, fenomena mati suri belum dapat sepenuhnya dijelaskan.

Bagaimana Seseorang Bisa Mengalami Mati Suri?

Beberapa hal di bawah ini bisa menjelaskan kenapa mati suri bisa terjadi pada seseorang.

  • Terkait dengan fase tidur

Salah satu kemungkinan penyebab terjadinya mati suri adalah fase tidur Rapid Eye Movement (REM) atau fase nyenyak, yaitu ketika seseorang mengalami mimpi. Fase ini melibatkan adanya kelumpuhan otot utama, sistem pernapasan yang berjalan lebih cepat, dan cepatnya gerakan mata.

Saat fase ini mengalami gangguan, maka seseorang mungkin mengalami kelumpuhan sementara saat bangun dari tidur. Hal lain yang mungkin terjadi adalah adanya halusinasi penglihatan atau pendengaran selama masa peralihan dari tidur menuju kondisi terjaga atau sebaliknya.

Pada kasus mati suri, otak kemungkinan mencampurkan kondisi tidur dan kondisi terjaga secara sekaligus. Normalnya, fase ini akan dibedakan secara mendetail sehingga jelas mana saat seseorang terjaga atau tidur.

Beberapa ciri utama yang dirasakan mereka yang mengalami mati suri juga mirip dengan adanya gangguan fase REM ini. Misalnya saja perasaan dikelilingi cahaya, merasa terpisah dari diri sendiri, dan tidak mampu bergerak meski merasa sadar.

  • Dihubungkan dengan gas karbondioksida

Pengalaman dekat dengan kematian atau mati suri juga dikaitkan dengan keberadaan gas karbondioksida di dalam tubuh seseorang. Penelitian yang mengaitkan hal ini menyatakan bahwa adanya gas CO2 kemungkinan memberikan pengaruh pada keseimbangan kimia tubuh seseorang.

Ketika keseimbangan kimia di otak seseorang mengalami gangguan, maka hal tersebut mungkin memengaruhi otak sehingga yang mengalaminya seperti melihat cahaya, terowongan, atau kematian seseorang. Pengalaman mati suri yang terkait dengan adanya gas CO2 sendiri didapatkan dari para pasien yang selamat dari serangan jantung. Orang yang mengalami serangan jantung memiliki konsentrasi CO2 berlebih dalam napas yang dihembuskan juga terkait level CO2 dan kalium dalam darah.

Pasien yang selamat dari serangan jantung dan mengalami mati suri memiliki beberapa kesamaan pengalaman. Mereka biasanya merasakan berada di dalam balutan cahaya, melihat dan mendengar peristiwa nyata dari sudut yang lain, serta bertemu dengan orang-orang yang dicintai yang sudah meninggal.

Kejadian mati suri yang dialami oleh orang-orang yang selamat dari serangan jantung diyakini terkait dengan terhentinya fungsi otak setelah 20-30 detik terhentinya jantung. Saat sadar, mereka ternyata mampu menjelaskan hal-hal terkait kejadian yang terjadi di sekitarnya dalam tiga menit setelah jantung berhenti.

Kedua penjelasan di atas masih belum menjawab sepenuhnya bagaimana fenomena mati suri bisa terjadi. Meski pada kesimpulan-kesimpulan di atas berusaha netral dari sisi spiritual seseorang, namun hal tersebut ternyata banyak mengubah cara pandang mereka setelah mengalami peristiwa mati suri.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

4 Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala baik yang ringan sampai nyeri yang luar biasa. Ada berbagai jenis sakit kepala, dan tentu saja cara menghadapinya pun berbeda.Jangan sampai Anda salah mengenali jenisnya, dan melakukan pengobatan yang tak tepat. Bukannya sembuh, bisa jadi justru bertambah parah. Berikut adalah jenis sakit kepala dan cara mengatasinya yang dilansir dari Health.1. Sakit Kepala Tegang (Tension)Sakit kepala jenis ini paling umum dialami oleh setiap orang. Sakit kepala ini umumnya dakibatkan oleh ketegangan otot dibagian kepala, bahu dan belakang leher.Gejala: Sakit kepala tegang diawali dengan rasa sakit yang akut pada titik pemicu, nyeri dan sakit pada otot di area leher dan pundak.Penyebab: Ketegangan otot ini bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang kurang nyaman, stres dan juga kelelahan.Pengobatan: Anda bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri yang dijual bebas dipasaran, tentunya dengan dosis yang dianjurkan. Misalnya Aspirin, Ibuprofen, dan Naproxen. Atau mulailah untuk melakukan meditasi, gerakan yoga ringan, dan banyak istirahat.2. Sakit Kepala MigrenSakit kepala migren sering digambarkan sebagai salah satu jenis sakit kepala yang hebat, berden [...]

Kemenkes RI: Klorin di Pembalut Indonesia Tidak Berbahaya

Kemenkes RI: Klorin di Pembalut Indonesia Tidak Berbahaya

Ramai tersebar di media massa mengenai pemberitaan pembalut yang mengandung klorin. Sebagaimana yang dilansir cnnindonesia.com, YLKI mengumumkan hasil penelitian pembalut yang memiliki kadar klorin dianggap berbahaya. Disebutkan sedikitnya 9 pembalut yang dianggap YLKI berbahaya. Sandaran YLKI adalah regulasi FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) yang melarang penggunaan klorin pada pembalut. "Klorin itu terdapat dalam dioksin yang bersifat karsinogenik. Menurut WHO, ada 52 juta berisiko terkena kanker serviks, salah satunya dipicu oleh zat-zat dalam pembalut," jelas Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, demikian yang terlansir dari CNN Indonesia 7 Juli 2015 lalu. Namun pada kenyataannya temuan klorin pada pembalut di Indonesia tidak dianggap berisiko oleh Kementerian Kesehatan RI. Sebagaimana diungkapkan Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Maura Linda Sitanggang yang terlansir pada Kompas.com, Selasa (7/7/2015) lalu, bahwa penggunaan klorin pembalut di Indonesia yang memiliki izin edar masih dalam batas aman. "Yang tidak boleh itu mengandung dioxin dalam pembalut. Dioxin, dalam suhu panas bisa menguap, bisa masuk ke dalam [...]

Ini Akibatnya Jika Anda Malas Minum Air Putih

Ini Akibatnya Jika Anda Malas Minum Air Putih

Tidak sedikit orang yang malas minum air putih terutama di ruangan atau daerah dingin karena merasa tidak haus. Sebaiknya jangan turuti perasaan malas minum air putih karena tubuh yang akan menanggung akibatnya.Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen.Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit. Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya.Meski kebutuhan air tiap orang berbeda menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, usahakan tubuh untuk mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa. Berikut akibat jika malas minum air putih seperti dilansir American College of Sports Medicine:1. Ketika pasokan air minim tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabk [...]

Ini Dia Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Ini Dia Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Setiap kali haid tiba, sebagian besar wanita akan mengalami nyeri haid, yaitu rasa nyeri yang muncul pada hari pertama hingga hari ketiga menstruasi di bagian sekitar perut. Seringkali hal ini mengganggu aktivitas wanita sehari-hari. Untuk mengatasi nyeri haid, obat anti nyeri yang dapat dibeli bebas dapat membantu. Selain itu perubahan pola makan dan olahraga juga ditemukan dapat mencegah terjadinya nyeri haid. Untuk mencegah nyeri haid, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi: 1. Makanan tinggi kalsium, seperti kacang-kacangan, kacang almond dan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam. 2. Makanan tinggi antioksidan seperti buah-buahan (buah beri, ceri, dan sayuran seperti paprika). 3. Hindari makanan yang diolah seperti roti putih, pasta dan gula. 4. Lebih banyak mengkonsumsi daging tanpa lemak, tahu (kacang kedelai) atau kacang-kacangan. 5. Gunakan minyak zaitun atau minyak sayuran untuk memasak. 6. Beberapa wanita menemukan bahwa dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat mengurangi nyeri haid. 7. Hindari asam lemak trans seperti yang ditemukan pada makanan yang dipanggang (kue, kentang goreng, donat, makanan yang diproses (sosis, salami, dkk), margarin). 8. Hinda [...]

Jalan Kaki, Cara Sehat untuk Bisa Lebih Dekat dengan Pasangan

Jalan Kaki, Cara Sehat untuk Bisa Lebih Dekat dengan Pasangan

Jalan sehat merupakan bentuk aktivitas fisik yang mudah dilakukan siapa pun, dan kapan pun. Rutin berjalan kaki setiap hari, setidaknya selama 30 menit bermanfaat mengurangi risiko sakit jantung, mengontrol tekanan darah tinggi, mencegah osteoporosis hingga memperkuat kaki.Selain kesehatan fisik, jalan kaki juga bermanfaat meningkatkan kesehatan mental. Bahkan bisa membuat hubungan asmara Anda dan pasangan jadi lebih romantis dan berkualitas. Seperti dikutip dari Female First, ini lima manfaat berjalan kaki bagi kelanggengan hubungan percintaan Anda.1. Waktu Berbicara Lebih BanyakJalan kaki bersama seseorang, secara otomatis akan mendorong terjadinya percakapan. Sambil berjalan, Anda dan pasangan bisa membicarakan apa pun. Mulai dari topik ringan hingga serius. Misalnya membicarakan kondisi pekerjaan di kantor, rencana masa depan, atau sekadar mendiskusikan jadwal kencan di akhir pekan. Anda juga bisa mengeluarkan uneg-uneg tentang hubungan yang selama ini dipendam, namun jaga agar percakapan tetap dalam suasana santai.2. Ubah Kebiasaan BurukKebiasaan buruk bisa menular, begitu juga dengan kebiasaan baik. Mulailah melakukan kebiasaan baik dengan lebih sering berjalan kaki dan ji [...]

Frekuensi BAB Normal, Tidak Selalu Satu Kali Sehari

Frekuensi BAB Normal, Tidak Selalu Satu Kali Sehari

Seberapa sering Anda buang air besar (BAB)? Frekuensi BAB masing-masing orang bisa bervariasi. Ada yang satu kali sehari, tiga hari sekali bahkan lima hari sekali. Seperti apa yang bisa disebut normal?Menurut pakar kesehatan perut Pradeep Kumar, M.D., seperti dikutip dari Women's Health, frekuensi BAB yang normal tidak sama pada setiap orang. Apa yang normal bagi satu orang, belum tentu normal juga bagi orang lain.Rata-rata orang BAB satu kali sehari. Tapi frekuensi tiga kali sehari atau tiga hari sekali juga masih terbilang normal. Bagaimana jika Anda baru BAB setelah empat atau lima hari? Dokter yang praktik di Austin Gastroenterology, Texas ini mengatakan tidak perlu khawatir yang berlebihan karena yang terpenting adalah konsistensi frekuensi Anda BAB.BAB bisa dikatakan lancar apabila frekuensi BAB Anda teratur. Misalnya setiap satu kali sehari, dua hari sekali atau tiga hari sekali. Jika tiba-tiba Anda tidak BAB selama lima hari padahal biasanya satu kali sehari, maka itulah yang perlu diwaspadai. Seberapa sering Anda BAB dipengaruhi oleh banyak faktor. Apa saja?1. GenetikAda sebagian orang yang memang terlahir dengan sistem pencernaan lancar sehingga bisa setiap hari BAB. A [...]

Awas, Anda Bisa Keracunan MSG!

Awas, Anda Bisa Keracunan MSG!

MSG atau Monosodium Glutamate merupakan salah satu jenis penyedap rasa yang sering ditambahkan ke dalam makanan. MSG ini banyak ditemukan pada masakan Cina, fast food, soft drink, dan berbagai jenis makanan lainnya. MSG memang dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih lezat, namun dapat juga menyebabkan masalah kesehatan yang dapat berakibat fatal. Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa MSG aman dikonsumsi dalam jumlah kecil. Namun, setelah dilaporkan banyak terjadi kasus keracunan akibat MSG, FDA mewajibkan untuk mencantumkan MSG dalam label makanan jika zat tersebut ditambahkan agar konsumen lebih berhati-hati memilih makanan. Reaksi atau efek samping yang ditimbulkan oleh MSG ini disebut sebagai Chinese Restaurant Syndrome atau MSG Symptom Complex. Keracunan MSG lebih sering terjadi pada orang yang sensitif terhadap zat ini. Gejala akut yang muncul berupa, berikut penjelasannya: Tanda dan Gejala Akut Keracunan MSG: Gejala akut yang muncul berupa, berikut penjelasannya: Sakit kepala Mual, muntah Nyeri dada Rasa terbakar pada wajah, leher, atau bagian tubuh lainnya Berdebar-debar Sesak napas Berkeringat Lemas Kebas atau baal pada [...]

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Leandra Beccera Lumbreras, begitulah nama wanita asal Meksiko yang mengklaim sebagai wanita tertua di dunia itu. Leandra baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-127.Seperti dikutip CNN Meksiko, Leandra mengaku usianya mencapai 27 tahun saat Perang Dunia 1 pecah. Dan ketika Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy tewas ditembak, usianya sudah 75 tahun. Dan saat Tembok Berlin roboh, umurnya sudah 100 tahun.Usia 127 tahun menurut teman dan keluarga dicapai Leandra pada Minggu (31/8/2014). Artinya wanita tersebut lahir pada 31 Agustus 1887. Sayangnya pencapaian dari Leandra ini tidak bisa dicatat secara resmi di Guinness Book of Records karena tak memiliki akte kelahiran yang bisa menjadi bukti resmi mengenai usianya. Akte kelahirannya hilang saat dia pindah rumah 40 tahun lalu.Hidup panjang umur, Leandra sudah melihat banyak hal dalam hidupnya. Hal itu termasuk menyaksikan bagaimana lima anak dan beberapa cucunya meninggal lebih dulu darinya. Saat ini dia memiliki 73 cicit dan 55 piut (keturunan setelah cicit).Apa resep panjang umur Leandra? Menurut keluarganya, wanita yang tinggal di Zapopan, Meksiko ini selalu makan sehat, ngemil cokelat dan cukup tidur. Hingga dua tahun lalu [...]

Waspadai Alergi Jika Anak Pilek Terus-terusan

Waspadai Alergi Jika Anak Pilek Terus-terusan

Gejala hidung tersumbat, pilek, suara bindeng pada anak seringkali membuat anak tampak mengkhawatirkan. Anda berharap dapat segera mengurangi gejalanya, namun Anda tidak yakin apa penyebabnya. Apakah anak terkena flu atau alergi? Jika si kecil pilek berulang bisa jadi ia sebenarnya mengalami alergi. Gejala pilek karena alergi dan flu memang tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah perbedaannya: Flu/ Infeksi saluran napas atas Penyebab terseringnya adalah infeksi virus dan umumnya disertai demam. Selain flu, dapat juga muncul gejala batuk. Pada flu lendir biasanya berwarna kuning atau kehijauan. Alergi Gejala flu karena alergi biasanya berlangsung lebih lama, lebih dari 5 hari dan dapat terus berulang. Pilek karena alergi disebabkan oleh alergen yaitu benda yang dapat memicu alergi, seperti debu, asap, makanan, dan sebagainya. Pada alergi, lendir biasanya berwarna jernih dan encer. Penyebab lain Penyebab lain yang dapat menyebabkan keluhan pilek dan hidung tersumbat adalah hipertrofi adenoid, deviasi septum, dan sinusitis. Namun sinusitis biasanya terjadi pada anak yang lebih besar, biasanya anak usia > 7 tahun. Alergi biasanya menurun dari keluarga. Jika orang tuanya memili [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *