Menkes: Kalau Ada yang Kasih Saya Kain, Boleh Terima Nggak?

Meski dituduh korupsi oleh Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi optimistis, tidak ada praktik korupsi di Kementerian Kesehatan.

Namun saking luas makna gratifikasi, Menkes menanyakan tiga pertanyaan menarik yang ditujukan pada Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono.

“Misalnya ada kepala rumah sakit dengan rasa cintanya ingin memberikan kepada saya kain yang ternyata saya suka dan cintai kainnya. Kainnya bagus sekali. Saya boleh terima kain tersebut kah?,” ujar Menkes di sela-sela acara penandatangan Komitmen Pengendalian Gratifikasi dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Hotel Bidakara, Rabu (2/4/2014).

Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono mengatakan bahwa pemberian dalam bentuk apa pun pada pejabat atau pegawai negeri masuk kategori gratifikasi. “Ketika melibatkan pegawai negeri atau pejabat, ini masuk gratifikasi karena mereka disumpah untuk tidak menerima apa pun dan hanya melayani rakyatnya,” jelas Giri.

Misalnya ada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi A menawarkan kain tapi dia tidak mengharap apa-apa dan yang ditawari tahu jabatannya juga tidak bisa naik. “Bolehkah saya menerimanya?,” tanya Menkes kembali.

Giri menjawab, pada kasus ini juga Menkes tidak boleh menerimanya karena jabatan Menkes adalah pejabat pemerintah.

“Dan bagaimana bila misalnya ada Kepala rumah sakit dengan cintanya ingin sekali memberikan kain. Tapi karena tidak boleh menerima, bolehkah saya membelinya? ,” tanya Menkes kembali.

Menurut Giri, Indonesia berbeda dengan Singapura. Di Singapura, praktik beli seperti itu memang diperbolehkan tapi di Indonesia, berdasarkan Undang-undang, pejabat atau pegawai pemerintah tidak boleh membeli barang dari hasil pemberian seseorang. Dan uang atau barang tersebut masuk aset negara.

“Kalau Menkes suka sekali dengan barang tersebut, Menkes harus melaporkan ke KPK. Nanti Menkes bisa membelinya melalui lelang. Jadi mestinya Menkes bisa menolak, menolak lagi, dan jika dipaksa diterima tapi melaporkan ini pada KPK,” jelas Giri.

Penjelasan Giri ini menurut Menkes cukup untuk bisa menyamakan persepsi gratifikasi di kalangan pejabat di Kementerian Kesehatan.

“Dengar kan semua, saya harus menolak, menolak, menolak, dan laporkan KPK. Mari kita cegah praktik gratifikasi dengan mengingatkan, memampukan, dan saling memberikan kesempatan pada semua untuk tidak berbuat salah. Saya kira ini sangat penting. Inilah maknanya,” kata Menkes.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Layanan Kesehatan Jantung dan Kanker akan Dibangun di Yogyakarta

Layanan Kesehatan Jantung dan Kanker akan Dibangun di Yogyakarta

Pusat pelayanan kesehatan bagi penderita kanker dan jantung akan didirikan di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan mulai beroperasi pada 2016. "Pendirian pusat pelayanan kesehatan itu merupakan kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rumah Sakit Pendidikan PKU Muhammadiyah Unit II Gamping, dan University Hospital of Munster, Jerman,"ujar Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Kesehatan Syafiq Mughni seperti dikutip Antara, Selasa (6/5/2014). Menurut dia, pusat pelayanan kesehatan bagi penderita kanker dan jantung itu nanti akan menjadi pusat penanganan kardiovaskuler dan kanker secara holistik dan komprehensif. "Pendirian pusat pelayanan kesehatan ini dalam rangka pencegahan penyakit termasuk deteksi dini kejadian kanker dan kardiovaskuler, peningkatan kualitas hidup, dan pencapaian pelayanan paliatif yang berkelanjutan," katanya. Ia mengatakan dalam rangka melanjutkan kerja sama antara UMY dengan University Hospital of Munster dalam bidang penanganan kardiovaskuler, kedua institusi itu juga sepakat mengadakan lokakarya penanganan dan pelayanan untuk penyakit kanker dan jantung. "Lokakarya bertajuk 'Indonesia-Germany Health Care Conference on Cardiovascular a [...]

Teh Hijau, Mulai dari Bakar Lemak Hingga Tingkatkan Fungsi Otak

Teh Hijau, Mulai dari Bakar Lemak Hingga Tingkatkan Fungsi Otak

Kandungan yang baik untuk kesehatan dan berisikan bahan yang mampu mencegah seseorang dari penyakit degeneratif, membuat teh hijau paling banyak disarankan untuk dikonsumsi.Dalam prosesnya, teh hijau direbus dan dikeringkan tanpa proses fermentasi. Semakin pendek waktu prosesnya membuat teh hijau terasa lebih ringan ketimbang teh hitam.Di dalam teh hijau, terkandung beberapa senyawa di antaranya, polifenol, flavoroids, alkaloid, asam amino, tanin, dan mineral.Berikut beberapa manfaat dari teh hijau seperti dikutip dari laman Health Me Up, Jumat (24/1/2014) Penelitian telah menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat memiliki efek positif pada organ vital, dan dapat mencegah kelelahan serta meningkatkan fungsi otak. Teh hijau dapat menghentikan penyakit Alzheimer. Teh hijau mampu mencegah kanker. Pencegahan terhadap arthritis dan multiple sclerosis Mencegah degenerasi membran sel dengan menetralisir penyebaran radikal bebas. Teh hijau adalah pembakar lemak yang potensial. Membantu tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi dengan meningkatkan metabolisme . Membantu menurunkan LDL kolesterol. Mencegah buruk kolesterol formasi yang disebabkan oleh oksidasi Apakah efektif u [...]

Kiat agar Terhindar Ebola Saat di Tanah Suci

Kiat agar Terhindar Ebola Saat di Tanah Suci

Minimnya penerbangan langsung ke Afrika menguntungkan Indonesia karena arus penularan virus ebola tidak terjadi secara langsung. Meski begitu, masyarakat Indonesia diharapkan tetap waspada saat mereka melakukan perjalanan ibadah haji atau umrah dalam waktu dekat ini.Penularan virus ebola memang dapat terjadi melalui cairan. Meski begitu, bukan berarti jamaah haji atau umrah tidak dapat tertular dari makanan yang disantapnya. Bisa saja, makanan tersebut sudah tercemar dari cairan orang yang memasaknya."Maka itu, selalu dianjurkan untuk memasak makanan olahan sendiri dengan baik. Sehingga, risiko untuk tertular akan sangat kecil," kata Prof. dr. Agus Purwadianto SH, M,si, Sp.F(K) di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Jumat (15/8/2014)Pelaksana tugas (Plt) Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia itu menambahkan, sebelum berangkat menunaikan ibadah haji pada Oktober 2014, ada baiknya calon jamaah tetap menjalani pola hidup sehat dan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.Karena pada prinsipnya, virus hanya akan berkembang di tempat yang `jorok` dan tidak berperilaku sehat. [...]

Virus MERS Menyebar ke Iran

Virus MERS Menyebar ke Iran

PeduliSehat.info, Teheran Middle East Respiratory Syndrome Corona-Virus (MERS) telah menyebar ke sejumlah negara, termasuk negara tetangga Arab Saudi. Kasus terbaru ditemukan di Provinsi Kerman, Iran.Pejabat Iran telah mengonfirmasi kasus pertama di negara itu yakni dua perempuan bersaudara yang hasil tesnya menunjukkan positif terinfeksi virus MERS."Empat kasus terduga terinfeksi virus corona baru diamati di sebuah keluarga di Provinsi Kerman. Dua kasus sudah dikonfirmasi pada dua bersaudara," kata Direktur Jenderal Penyakit Menular di Pusat Kementerian Kesehatan Iran untuk Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Mohammad Mahdi Gouya, seperti dilansir Aljazeera, Rabu (27/5/2014).Salah satu perempuan itu kondisinya kritis dan yang lainnya masih menjalani perawatan khusus di pusat pelayanan kesehatan untuk pengendalian penyakit dan pencegahannya.Virus MERS pertama kali dilaporkan pada 2012 di Arab Saudi. Penyakit ini menyebabkan batuk, demam, dan radang paru-paru. Sekitar 30 persen kasus berakibat fatal.Penyebaran virus di Arab Saudi ini menjadi perhatian karena banyak jamaah umrah dari seluruh dunia menghadapi Bulan Ramadan pada Juli ini. Gouya mengatakan, Teheran juga sudah mengirim [...]

Bila Saat Mudik Mesti Batal Puasa, Kapan?

Bila Saat Mudik Mesti Batal Puasa, Kapan?

Tidak ada yang menganjurkan untuk membatalkan puasa saat sedang melakukan perjalanan ke kampung halaman, alias mudik. Tapi, sejumlah kondisi dianggap wajar bila pemudik membatalkan puasanya."Saya sendiri tidak merekomendasikan untuk membatalkan puasa. Akan tetapi, jika pemudik mengalami diare dan muntah-muntah, ya mau tidak mau harus membatalkan puasa," kata Direktur Medis Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat, Dr Sri Widiyaningsih dalam acara `Rumah Sakit Mitra Keluarga Siaga Memberikan Pelayanan Kesehatan Saat Libur Lebaran` di Restoran Makan-makan, Jalan Wijaya 1, Jakarta, ditulis Health Liputan6.com pada Jumat (18/7/2014)Ketika diare, pemudik akan kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya. Secara otomatis, pasien membutuhkan asupan pengganti agar kondisi tubuhnya sehat kembali. "Pasien diare harus mengganti cairan dan elektrolit yang hilang. Tidak mungkin, kan, mereka melanjutkan puasanya," kata Sri menambahkan.Yang jelas, lanjut Sri, bila pemudik mengalami kasus di mana dia membutuhkan cairan sebagai pengganti atau energi pengganti, tidak masalah bila ingin membatalkannya."Tapi, sekali lagi, puasa itu kembali pada masing-masing orang. Paling penting, persiapan obat jangan [...]

Tenggak Kafein & Obat Langsing, Wanita Ini Meninggal Seketika

Tenggak Kafein & Obat Langsing, Wanita Ini Meninggal Seketika

Seorang wanita, Katie Goard (25) ditemukan tidak bernyawa setelah minum kafein dan obat pelangsing. Menurut tunangannya, Katie hanya merasa tidak enak badan setelah minum obat pelangsing di rumah tunangannya dan minta istirahat. Tapi setelah beberapa lama dibangunkan, Katie tidak menggubrisnya dan setelah ia memnaggil ambulance, dokter menyatakan Katie telah meninggal.Ahli toksikologi setempat mengungkapkan, dalam darah Katie ada kandungan kafein dari teh atau kopi yang mungkin berdampak pada obat pelangsingnya."Setelah diperiksa, Katie mengalami darah tinggi dan adanya kandungan kafein dan obat langsing. Sekitar pukul 23.30 sesaat minum obat pelangsing, ia sempat muntah dan meninggal dua jam kemudian," katanya, seperti ditulis Mirror, rabu (23/7/2014). Sejauh ini, belum diputuskan apakah kedua anak perempuan Katie, Kyla dan Paige akan ikut tinggal bersama tunangannya, Charlie atau bersama yayasan sosial. [...]

Marshanda pun Bisa Bunuh Diri seperti Robin Williams

Marshanda pun Bisa Bunuh Diri seperti Robin Williams

Apa persamaan selebriti tanah air Marshanda dan aktor kawakan Hollywood Robin Williams? Keduanya sama-sama dilanda gangguan depresi. Menurut juru bicara Robin Wiliams, sebelum aktor kawakan ini meninggal dengan cara bunuh diri pada Senin lalu (11/8/2014) ia sedang mengalami depresi berat. Dan ini bukan kali pertama komedian ini mengalami depresi. Seperti dilansir Huffington Post, Selasa (12/8/2014) pada sebuah wawancara di tahun 2006, Williams mengakui bahwa ia sedang berjuang melawan depresi namun tidak didiagnosa depresi berat atau bipolar disorder. Menurut organisasi pencegah bunuh diri Suicide Awareness Voices of Education (SAVE) penyebab bunuh diri ada banyak. Seperti dilansir dari web resmi SAVE, sekitar 90% mereka yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri adalah mereka yang mengalami gangguan mental. Seperti depresi, gangguan bipolar, atau skizofrenia. Marshanda, bintang sinetron Bidadari pun sudah mengaku didiagnosa gangguan ketidakstabilan emosi bernama bipolar tipe 2. Gangguan kesehatan jiwa pada Marshanda ini bisa mengalami keadaan hipomanik (atau bahagia berlebihan) dan depresi. Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia dokter Dana [...]

Mau punya Ingatan Tajam? Coba 4 Cara Berikut

Mau punya Ingatan Tajam? Coba 4 Cara Berikut

Seiring bertambahnya umur, daya ingat makin menurun. Berbagai penyakit mengenai melemahnya daya ingat seperti demensia maupun Alzheimer sering mendera pada usia lanjut usia. Tak hanya pada lansia, anak muda yang seyogianya memiliki ingatan yang baik sudah banyak yang jadi pelupa. Sebenarnya ada beberapa aktivitas yang membuat daya ingat tajam. Melakukannya pun tak sulit. Lakukan secara rutin kebiasaan berikut seperti dilansir Readers Digest, Rabu (27/8/2014). 1. Senang belajar hal baruDalam jurnal The Gerontologist, peneliti menemukan bahwa proses aktif belajar sesuatu yang baru bisa meningkatkan kemampuan otak. Jadi, lakukan hal-hal baru yang belum Anda ketahui untuk mengaktifkan otak. 2. Bermain game menantangBeberapa tipe permainan bisa membuat Anda maupun anak-anak tingkatkan kesehatan mental. Seseorang yang bermain permainan puzzel fisika bisa meningkatkan konsentrasi, keterampilan, dan mudah beradaptasi dalam situasi baru dibandingkan mereka yang bermain video game, berdasarkan studi dari Nanyang Technological University Singapore. Oleh karena itu peneliti menyarankan untuk bermain game yang menantang, seperti yang berkaitan tentang strategi dan perencanaan untuk menin [...]

Quraish Shihab: Demi Kemajuan Bangsa, Ratifikasi FCTC

Quraish Shihab: Demi Kemajuan Bangsa, Ratifikasi FCTC

Pentingnya Indonesia terlibat dalam Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau (FCTC) bukan hanya berguna untuk menjamin kesehatan negara tapi juga demi kemaslahatan dunia dan akhirat. Begitu disampaikan Cendekiawan muslim Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, MA pada Liputan6.com, Jumat (17/10/2014). "Indonesia harus FCTC demi kemaslahatan dunia dan akherat, dan kemajuan bangsa. Terjaminnya kesehatan masyarakat kita, harus didukung dalam konteks akhriat, kenapa? karena pesan Tuhan pada umatnya untuk menjaga kesehatan, mencegah kemubaziran, sehingga salah satu caranya ratifikasi FCTC," katanya. "Bayangkan kalau ada anak merokok, berapa banyak energi, waktu, uang yang bisa memperbaiki kemapuan berpikir mereka. Berapa banyak yang sakit akibat merokok. Itu yang kita bilang, rokok bukan cuma masalah di dunia tapi di akhirat. Seluruh negara maju telah meratifikasi FCTC, Amerika, Eropa. Semoga kita segera menyusul," jelasnya [...]

Diabetes Intai Anak-anak, Cek Tanda-tandanya!

Diabetes Intai Anak-anak, Cek Tanda-tandanya!

Dulu, penyakit diabetes tipe 2 kerap menyerang mereka yang usianya di atas 40 tahun. Tapi saat ini, banyak remaja dan anak-anak menderita penyakit ini. Demikian disampaikan Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD saat ditemui di JS Luwansa, Jakarta, Senin (23/5/2014)."Pergeseran gaya hidup membuat banyak anak saat ini menderita diabetes tipe 2. Kalau diabetes tipe 1 kan biasanya kurus. Anak yang mengalami diabetes tipe 1 karena genetik. Dia mengalami kerusakan pankreas sehingga produksi insulin berkurang. Sedangkan sekarang, banyak anak yang kegemukan. Lihat saja bagian belakang lehernya yang menghitam," kata Pradana. Menurut Pradana, berlipatnya lemak di bagian tubuh tertentu seperti di leher biasanya ditandai dengan warna hitam di kulit. Pradana juga menyebutkan, diabetes tipe 2 dapat mengakibatkan komplikasi serius pada pembuluh darah. Pada pembuluh darah besar dapat mengakibatkan stroke, jantung serta luka di kaki yang tak kunjung sembuh. Sedangkan pada pembuluh arah kecil, diabetes dapat menyebabkan mikroangiopati (penyakit pembuluh darah arteri, vena, dan kapiler). Tanda- [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *