Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

menstruasi-terlambat-bisa-disebabkan-oleh-10-hal-ini-alodokter.jpg

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Namun bukan berarti jika tidak haid atau menstruasi terlambat seorang wanita sudah pasti hamil. Menstruasi terlambat juga bisa disebabkan oleh hal lain.

Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda. Kebanyakan siklus menstruasi yang sehat pada wanita terjadi dalam waktu 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi saat ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga saat-saat di mana wanita mengalami menstruasi terlambat. Jika ?datang bulan? mundur dari waktu biasa, bisa jadi itu dikarenakan oleh salah satu alasan berikut.

Stres

Jika seseorang mengalami stres, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) akan terganggu. Stres juga dapat menyebabkan sakit atau kenaikan/penurunan berat badan secara tiba-tiba. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi. Disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, dan rutin berolahraga agar siklus haid kembali lancar.

Obesitas

Perubahan hormonal wanita bisa dipicu oleh penambahan berat badan sedikit pun. Diet dan olahraga mungkin akan disarankan oleh dokter jika obesitas menjadi faktor menstruasi terlambat yang Anda alami.

Berat badan turun

Menstruasi terlambat kemungkinan dialami oleh perempuan dengan gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia. Jika berat badan Anda kurang 10 persen dari yang seharusnya, fungsi tubuh akan berubah dan masa ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan telur) pun terhenti. Mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat dapat mengembalikan siklus haid normal.

Hormon prolaktin berlebih

Menstruasi terlambat dapat disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon ini biasanya diproduksi ketika wanita sedang menyusui. Itulah sebabnya ibu menyusui tidak akan mengalami menstruasi.

Alat kontrasepsi

Pil KB atau pil pencegah kehamilan mengandung hormon estrogen dan progestin, yang mencegah indung telur melepaskan sel telur. Dibutuhkan waktu hingga enam bulan agar siklus menstruasi kembali konsisten setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Alat kontrasepsi yang ditanam atau disuntik juga dapat menyebabkan menstruasi terlambat.

Sindrom ovarim polikistik (Polycystic Ovary Symptom/PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi dimana hormon yang mempengaruhi indung telur untuk memproduksi folikel sangat tinggi kadarnya di dalam darah. Folikel adalah kantong yang terbentuk sebagai tahap awal produksi sel telur. Tingginya kadar hormon membuat produksi folikel juga meningkat tapi folikel ini belum matang sehingga tidak menghasilkan sel telur. Gejala yang tampak adalah siklus menstruasi yang sering kali tidak teratur. Pada wanita penderita PCOS, sel telur bertahan di ovarium. Akibatnya, sel telur tersebut tidak dapat dibuahi.

Penyakit kronis

Diabetes dan penyakit celiac juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. Gula darah yang tidak stabil terkait erat dengan perubahan hormonal, alhasil diabetes yang tidak terkontrol membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Sedangkan penyakit celiac menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Kondisi ini bisa menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting, hingga menyebabkan menstruasi terlambat.

Masalah tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi pun bisa terganggu. Kelenjar tiroid bermasalah dapat dikenali dengan ciri-ciri seperti merasa sangat kelelahan, berat badan naik, rambut rontok, dan merasa kedinginan. Namun jangan khawatir, masalah pada tiroid dapat ditangani dengan obat-obatan. Menstruasi pun akan kembali normal setelah masalah diobati. .

Menopause dini

Kebanyakan wanita mulai memasuki menopause pada usia 45-55 tahun. Namun, ada pula wanita yang mengalami gejala-gejala menopause sebelum atau pada usia 40 tahun. Ini disebut sebagai menopause dini. Menopause menyebabkan pasokan telur berkurang atau berakhir, hasilnya menstruasi terlambat hingga berakhir sama sekali.

Perubahan menstruasi mendadak

Bagi wanita berusia lebih dari 40 tahun, segera konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan profesional jika menstruasi Anda berubah secara tiba-tiba. Misalnya darah yang keluar lebih banyak dan waktu menstruasi lebih lama. Mengapa? Hal tersebut bisa saja menjadi tanda-tanda kanker endometrium, polip serviks, polip endometrium, atau kondisi prakanker (hiperplasia endometrium).

Menstruasi terlambat mungkin dianggap sebagai hal yang tidak menakutkan oleh beberapa wanita. Namun, menstruasi terlambat dapat menjadi gejala beberapa kondisi dan penyakit. Oleh karena itu, disarankan agar tidak ragu berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami menstruasi terlambat. Apalagi jika haid berhenti tiba-tiba selama lebih dari 90 hari, siklus bulanan menjadi sangat tidak teratur, haid selama lebih dari 7 hari, nyeri parah, atau darah keluar dengan deras dan harus ganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Langkah Sederhana Mencegah Kanker

5 Langkah Sederhana Mencegah Kanker

Kanker telah menjadi penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Menurut data yang diambil dari situs Parkway Cancer Center, dari total 58 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2005, kanker merupakan penyebab dari 7,6 juta kematian (sekitar 13% dari seluruh kematian). Begitu seriusnya dampak dari kanker membuat sebagian besar orang dengan riwayat keluarga pengidap kanker mencoba berbagai cara untuk menghindari penyakit ini. Meskipun Anda tidak memiliki riwayat penyakit berbahaya tersebut, namun tidak ada salahnya Anda hidup sehat untuk cegah kanker dan berbagai penyakit lainnya, dengan melakukan cara-cara berikut yang dirangkum dari Women?s Day.1. Menjaga Berat Badan SeimbangPenelitian terbaru menunjukkan, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, kanker esophagus (kanker kerongkongan), kanker endometrium (kanker di luar jaringan rahim), dan kanker payudara pasca-menopause. BMI atau Body Mass Index merupakan perhitungan untuk menentukan berat badan ideal dengan membandingkan jumlah berat badan dan tinggi badan. Orang yang sehat memiliki jumlah BMI 18,5 hingga 24,9. Sedangkan risiko kanker ditemukan pada orang dengan jum [...]

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit yang ditandai dengan adanya komedo dan benjolan peradangan kulit pada tempat-tempat tertentu. Tempat-tempat yang biasanya sering terdapat jerawat adalah wajah, bahu, dada bagian atas dan punggung bagian atas. Kadang-kadang dapat juga terdapat pada leher, lengan atas dan bokong. Usia, ras, faktor keturunan, makanan dan cuaca/musim dapat secara tidak langsung memicu terjadinya jerawat. Pengaruh Makanan pada JerawatMelalui pengamatan dr. Alan R. Shalita, profesor dermatologi di pusat kedokteran SUNY Downstate, New York, konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat mempengaruhi kontrol hormonal pada jerawat sehingga jerawat dapat membaik. Kadar gula dalam darah yang terkontrol dapat memperbaiki kondisi berjerawat. Selain itu, produk susu dan juga makanan berlemak sebaiknya juga dihindari. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit sehingga memicu terjadinya jerawat. Pengaruh makanan terhadap jerawat ini memang masih banyak diperdebatkan dan seringkali ditemukan hasilnya individual, namun, jika setelah dicoba dalam jangka waktu t [...]

3 Fakta Minuman Bersoda Sebabkan Anak Agresif

3 Fakta Minuman Bersoda Sebabkan Anak Agresif

Minuman pemanis merupakan salah satu penyebab dari obesitasdi dunia, namun beberapa studi saat ini mengaitkan minuman bersoda dengan kelainan perilaku pada remaja dan anak-anak. Simak 3 fakta berikut ini yang dikutip dari beberapa jurnal penelitian di seluruh dunia, antara lain: 1. Fakta#1: Anak Sulit Konsentrasi Karena Minuman Bersoda Diantara anak?anak usia 5 tahun, mereka yang mengkonsumsi minuman bersoda terjadi peningkatan perilaku agresif, penarikan diri, dan sulitnya untuk konsentrasi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi soda. Disebutkan bahwa minuman bersoda mengandung air berkarbonasi, sirup jagung dengan kadar fruktosa yang tinggi, aspartame, sodium benzoate, asam sitrat atau fosfor, dan sering juga kafein, yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang secara umum. Silakan klik next untuk tahu dua fakta lainnya. 3 Fakta Minuman Bersoda Sebabkan Anak Agresif 2. Fakta #2: 5 Kaleng Soda Dalam Sepekan Remaja Berperilaku Kasar Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2011 di Injury Prevention Journal menemukan bahwa remaja yang mengkonsumsi 5 kaleng soda setiap minggu dibuktikan memiliki kecenderungan membawa sejata dan berperilaku lebih kasar ter [...]

Oksitosin Bantu Membangun Cinta yang Tahan Lama

Oksitosin Bantu Membangun Cinta yang Tahan Lama

Jika dewa asmara pernah mempelajari dan mengerti neuroscience, Ia pasti akan mengarahkan panahnya ke otak ketimbang hati. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa untuk cinta yang langgeng, sebaiknya Ia mencelupkan panahnya pada oksitosin. Dan juga para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa hormon ini sangat penting bagi tikus monogami untuk tetap setia pada pasangan mereka, dan bahwa hal itu membuat manusia lebih percaya terhadap satu sama lain. Dan sekarang, mereka menemukan bahwa itu juga penting untuk bagaimana kita membentuk dan memelihara hubungan romantis. Sejumlah studi baru menunjukkan bahwa oksitosin membuat kita lebih simpatik, saling mendukung dan terbuka mengenai perasaan kita. Temuan ini memberikan ide pada beberapa peneliti untuk menyelidiki apakah oksitosin dapat digunakan dalam beberapa terapi lainnya. Hormon Oksitosin Bukti pertama dari peneliti yang mengukur hormon pada pasangan menunjukkan bahwa oxytocin memiliki peran sebagai perekat cinta yang alami. Profesor psikologi Ruth Feldman di Bar-Ilan University, Israel, menghabiskan bertahun-tahun mempelajari peran oksitosin dalam ikatan ibu-anak dan baru-baru ini memutuskan untuk menyelam ke dalam pe [...]

Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

Pernah melihat ada flek kecoklatan di celana dalam sebelum haid tiba? Jika benar, maka Anda tidak perlu khawatir karena hampir tiap wanita pernah mendapat flek coklat sebelum haid. Flek coklat atau bercak darah (setetes atau dua tetes darah) ini biasanya berlangsung selama satu atau dua hari. Pada kebanyakan kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun Anda harus memastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina dan bukan dari saluran urine atau anus. Anda mungkin akan merasa kram atau sedikit nyeri ketika mengalami kondisi ini karena bercak darah tersebut bisa jadi tanda bahwa Anda akan mendapat haid atau sedang memasuki masa premenstrual syndrome (PMS). Selain terjadi beberapa saat sebelum haid, flek coklat juga bisa muncul pada pertengahan siklus bulanan Anda. Bagi Anda yang ingin cepat hamil, kehadiran bercak darah dapat Anda manfaatkan untuk berhubungan intim karena ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami ovulasi. Kehadiran flek coklat sebelum menstruasi juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami beberapa kondisi di bawah ini. Stres dan kelelahan. Kondisi ini bisa menyebabkan otak untuk tidak memulai s [...]

Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan

Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan

Anyang-anyangan adalah masalah kesehatan yang tidak dapat disepelekan. Anyang-anyangan didefinisikan sebagai perasaan tidak lampias saat buang air kecil disertai rasa panas atau nyeri. Hal ini normalnya tidak terjadi. Pada saat buang air kecil, kantong kencing dalam keadaan penuh maka kantong kencing akan meremas air kencing keluar. Jika proses ini terganggu seperti pada gangguan saraf atau infeksi, maka proses buang air kecil dapat terganggu. Wanita, secara umum memang lebih mudah untuk terkena infeksi saluran kencing karena ukuran saluran kencingnya pendek, hanya sekitar 4 cm jika dibandingkan dengan saluran kencing pria yang dapat mencapai 12 cm. Ukuran yang pendek ini mempermudah bakteri untuk masuk dan memanjat saluran kencing wanita serta menimbulkan infeksi. Infeksi saluran kencing ini seringkali menyebabkan anyang-anyangan. Anyang-anyangan juga dapat disebabkan karena kurang minum dan dapat diatasi dengan banyak minum. Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti berikut di halaman selanjutnya: Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti be [...]

5 Alasan Mengapa Harus Rutin Memakan Buah & Sayur

5 Alasan Mengapa Harus Rutin Memakan Buah & Sayur

Makan buah-buahan dan sayuran adalah salah satu rekomendasi untuk diet sehat, tapi masih banyak orang yang tidak suka makan buah atau sayur. Mengapa makan buah dan sayur itu penting bagi tubuh?The National Cancer Institute merekomendasikan setiap orang setidaknya makan lima porsi buah dan sayur setiap harinya. Ada banyak alasan mengapa buah dan sayur sangat penting bagi tubuh. Seperti dilansir dari HSPH dan FamilyEducation, berikut beberapa alasan mengapa buah dan sayur penting.1. Buah dan Sayur Melindungi KesehatanBuah-buahan dan sayuran dikemas dengan vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi tubuh. Makan buah dan sayur setiap hari dapat memberi keuntungan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe II, terkena risiko kanker, melancarkan sistem pencernaan, bantu dapatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sitem kekebalan tubuh serta, mendapatkan tulang dan gigi yang kuat.2. Buah dan Sayur Melawan Berbagai Jenis PenyakitBuah dan sayur mengandung fitokimia yaitu senyawa kimia seperti beta-karoten yang terjadi secara alami pada tanaman, dan sangat penting untuk melawan berbagai jenis penyakit. Fitokimia biasanya terkait dengan war [...]

Kwashiorkor dan Marasmus, Malanutrisi yang Mengancam Nyawa

Kwashiorkor dan Marasmus, Malanutrisi yang Mengancam Nyawa

Kwashiorkor dan marasmus adalah dua bentuk malanutrisi yang sering terjadi pada anak-anak di negara berkembang. Kemiskinan dan kekurangan bahan pangan adalah dua penyebab utamanya. Selain di negara miskin, kondisi ini juga dapat terjadi di negara-negara di mana tingkat pendidikan rendah, yang sedang mengalami situasi politik tidak stabil, serta yang sedang mengalami bencana alam dan kekurangan bahan makanan. Kwashiorkor dan marasmus dapat terjadi pada usia berapa pun, tapi paling umum terjadi pada anak-anak. Apa perbedaan umum antara keduanya? Kwashiorkor: Kekurangan Protein Secara spesifik kwashiorkor diartikan sebagai kondisi kekurangan atau bahkan ketiadaan asupan protein. Padahal protein dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan membuat sel-sel baru. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan di bagian bawah kulit (edema) akibat terlalu banyaknya cairan dalam jaringan tubuh. Gejala yang dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh ini umumnya dimulai pada kaki. Gejala ini biasanya diiringi sejumlah kondisi berikut: Rambut yang kering, jarang, dan rapuh, bahkan dapat berubah warna menjadi putih atau kuning kemerahan. Bercak merah pada kulit yang berubah gelap atau mengelupas. Mudah m [...]

Minum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?

Minum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?

Kini, minum kopi di pagi hari bukan lagi hanya merupakan sekedar rutinitas belaka. Karena ternyata, banyak hal baik dari kopi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya yaitu: Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung Kopi mengandung antioksidan yang dapat mengurangi oksidasi dari LDL. Selain itu terbukti menurunkan risiko penyakit jantung koroner, dan gagal jantung bila mengkonsumsi sekitar 2 cangkir setiap harinya. (Baca: 5 Tanda Gagal Jantung) Menurunkan risiko terjadinya stroke Mengkonsumsi kopi 1 hingga 6 cangkir setiap harinya terbukti menurunkan risiko penyakit stroke sebanyak 17%. Menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi insulin, merangsang metabolisme gula darah, dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis. (Baca: Kafein Pada Kopi Mencegah Kanker Kulit). Masih ada beberapa manfaat minum kopi dan kafein lainnya, ada di halaman selanjutnya: Manfaat Kopi Lainnya untuk Kesehatan 4. Menurunkan risiko terkena kanker Kopi juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, termasuk kanker endometrium, kanker prostat, kanker kepala dan leher, [...]

5 Tips Mencegah Cantengan

5 Tips Mencegah Cantengan

Oleh: dr. Jessica Florencia KLIKDOKTER.com - Cantengan atau dalam dunia medis disebut dengan paronikia merupakan infeksi bakteri pada daerah kuku dan sekitarnya yang menyebabkan bengkak, nyeri, nanah, kerusakan kuku dan peradangan. Masalah ini dapat sangat mengganggu karena mempengaruhi kenyamanan beraktivitas. Cantengan ini dapat terjadi pada kuku kaki maupun tangan. Cantengan (paronikia) dapat terjadi secara akut maupun kronik. Paronikia yang akut terjadi karena adanya trauma atau manipulasi berlebihan pada daerah kuku dan sekitarnya seperti menggigiti kuku, perawatan manikur yang salah, penggunaan kuku palsu, atau menggunting kuku terlalu dalam. Sedangkan paronikia kronik merupakan paronikia yang terjadi selama 6 minggu atau lebih dan seringkali terjadi setelah terpapar air atau lingkungan yang lembab. Terkadang juga hal ini terjadi pada mereka yang memiliki penyakit seperti diabetes, obesitas, hiperhidrosis (tangan yang terlalu berkeringat), sistem imun yang buruk, kelainan hormon, dan konsumsi obat-obat yang menekan sistem imun. Beberapa tips pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah: Gunakan alas kaki yang melindungi dan nyaman. Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *