Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

menstruasi-terlambat-bisa-disebabkan-oleh-10-hal-ini-alodokter.jpg

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Namun bukan berarti jika tidak haid atau menstruasi terlambat seorang wanita sudah pasti hamil. Menstruasi terlambat juga bisa disebabkan oleh hal lain.

Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda. Kebanyakan siklus menstruasi yang sehat pada wanita terjadi dalam waktu 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi saat ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga saat-saat di mana wanita mengalami menstruasi terlambat. Jika ?datang bulan? mundur dari waktu biasa, bisa jadi itu dikarenakan oleh salah satu alasan berikut.

Stres

Jika seseorang mengalami stres, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) akan terganggu. Stres juga dapat menyebabkan sakit atau kenaikan/penurunan berat badan secara tiba-tiba. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi. Disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, dan rutin berolahraga agar siklus haid kembali lancar.

Obesitas

Perubahan hormonal wanita bisa dipicu oleh penambahan berat badan sedikit pun. Diet dan olahraga mungkin akan disarankan oleh dokter jika obesitas menjadi faktor menstruasi terlambat yang Anda alami.

Berat badan turun

Menstruasi terlambat kemungkinan dialami oleh perempuan dengan gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia. Jika berat badan Anda kurang 10 persen dari yang seharusnya, fungsi tubuh akan berubah dan masa ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan telur) pun terhenti. Mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat dapat mengembalikan siklus haid normal.

Hormon prolaktin berlebih

Menstruasi terlambat dapat disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon ini biasanya diproduksi ketika wanita sedang menyusui. Itulah sebabnya ibu menyusui tidak akan mengalami menstruasi.

Alat kontrasepsi

Pil KB atau pil pencegah kehamilan mengandung hormon estrogen dan progestin, yang mencegah indung telur melepaskan sel telur. Dibutuhkan waktu hingga enam bulan agar siklus menstruasi kembali konsisten setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Alat kontrasepsi yang ditanam atau disuntik juga dapat menyebabkan menstruasi terlambat.

Sindrom ovarim polikistik (Polycystic Ovary Symptom/PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi dimana hormon yang mempengaruhi indung telur untuk memproduksi folikel sangat tinggi kadarnya di dalam darah. Folikel adalah kantong yang terbentuk sebagai tahap awal produksi sel telur. Tingginya kadar hormon membuat produksi folikel juga meningkat tapi folikel ini belum matang sehingga tidak menghasilkan sel telur. Gejala yang tampak adalah siklus menstruasi yang sering kali tidak teratur. Pada wanita penderita PCOS, sel telur bertahan di ovarium. Akibatnya, sel telur tersebut tidak dapat dibuahi.

Penyakit kronis

Diabetes dan penyakit celiac juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. Gula darah yang tidak stabil terkait erat dengan perubahan hormonal, alhasil diabetes yang tidak terkontrol membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Sedangkan penyakit celiac menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Kondisi ini bisa menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting, hingga menyebabkan menstruasi terlambat.

Masalah tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi pun bisa terganggu. Kelenjar tiroid bermasalah dapat dikenali dengan ciri-ciri seperti merasa sangat kelelahan, berat badan naik, rambut rontok, dan merasa kedinginan. Namun jangan khawatir, masalah pada tiroid dapat ditangani dengan obat-obatan. Menstruasi pun akan kembali normal setelah masalah diobati. .

Menopause dini

Kebanyakan wanita mulai memasuki menopause pada usia 45-55 tahun. Namun, ada pula wanita yang mengalami gejala-gejala menopause sebelum atau pada usia 40 tahun. Ini disebut sebagai menopause dini. Menopause menyebabkan pasokan telur berkurang atau berakhir, hasilnya menstruasi terlambat hingga berakhir sama sekali.

Perubahan menstruasi mendadak

Bagi wanita berusia lebih dari 40 tahun, segera konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan profesional jika menstruasi Anda berubah secara tiba-tiba. Misalnya darah yang keluar lebih banyak dan waktu menstruasi lebih lama. Mengapa? Hal tersebut bisa saja menjadi tanda-tanda kanker endometrium, polip serviks, polip endometrium, atau kondisi prakanker (hiperplasia endometrium).

Menstruasi terlambat mungkin dianggap sebagai hal yang tidak menakutkan oleh beberapa wanita. Namun, menstruasi terlambat dapat menjadi gejala beberapa kondisi dan penyakit. Oleh karena itu, disarankan agar tidak ragu berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami menstruasi terlambat. Apalagi jika haid berhenti tiba-tiba selama lebih dari 90 hari, siklus bulanan menjadi sangat tidak teratur, haid selama lebih dari 7 hari, nyeri parah, atau darah keluar dengan deras dan harus ganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Manfaat Kesehatan Makan dengan Alas Daun Pisang

4 Manfaat Kesehatan Makan dengan Alas Daun Pisang

Beberapa negara di kawasan Asia punya kebiasaan memakai daun pisang sebagai alas makan atau pembungkus makanan. Sebut saja Indonesia, Malaysia, Thailand juga India. Meskipun terkesan 'kurang elit' dan kuno, cara makan tradisional yang telah dilakukan sejak zaman dulu ini ternyata memberi beberapa manfaat baik bagi kesehatan tubuh maupun lingkungan. Apa saja?1. SehatDaun pisang kaya akan polifenol, antioksidan yang sama yang ditemukan dalam daun teh hijau. Polifenol merupakan antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit. Daun pisang memang tidak dianjurkan untuk dimakan langsung karena sulit dicerna tubuh. Namun ketika dipakai untuk membungkus makanan, makanan di dalamnya bisa menyerap polifenol dari daun pisang. Khasiat antioksidan pun bisa didapatkan meskipun tidak terlalu signifikan.Selain itu daun pisang juga diyakini mengandung antibakteri yang membunuh kuman serta bakteri pada makanan sehingga mengurangi risiko Anda terkena penyakit. Dengan catatan, jika daun pisang sebelumnya telah dibersihkan dan juga berasal dari lingkungan yang bersih.2. Makanan Terasa Lebih NikmatDaun pisang memiliki lapisan seperti lilin yang memiliki aroma khas. K [...]

Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Dalam sehari rata-rata orang hanya punya waktu dua jam untuk memanjakan dirinya sendiri, bahkan bisa kurang dari itu. Hal itu diungkapkan oleh Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi. Menurut Ayoe, waktu yang sesingkat itu hendaknya dimanfaatkan sebisa mungkin untuk menikmati 'me time'.Kenapa 'me time' menjadi hal yang penting bagi peningkatan kualitas hidup? Psikolog lulusan Universitas Tarumanegara ini memberi penjelasannya."Pada dasarnya manusia, meskipun dia bersosialisasi tapi tetap adalah makhluk individual. Butuh waktu buat sendiri. Manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain. Melakukan sesuatu sendiri bikin kita jadi orang yang lebih baik dan menyenangkan," tutur Ayoe, saat acara 'My Bathroom, My Sanctuary' di Kohler Design Center, Jl. Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2013).'Me time' merupakan momen krusial bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. Bukan untuk suami bahkan anak-anak. Tanpa meluangkan 'me time' seseorang bisa menjadi mudah lelah, bad mood, wajah kusam, bosan hingga merasa tertekan.Aktivitas relaksasi ini pun sebaiknya dilakukan setiap hari dan sesering mungkin, [...]

Jeans Terlalu Ketat Bisa Rusak Pencernaan

Jeans Terlalu Ketat Bisa Rusak Pencernaan

Banyak wanita yang malas mengganti celana jeans lamanya dengan yang baru, karena merasa masih muat dikenakan. Ternyata, kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi sistem pencernaan dan mengganggu kenyamanan perut setelah Anda makan besar.Seperti yang dikutip dari danone, Dr Oz, seorang ahli bedah yang sering menjadi pembicara di acara talk-show Oprah Winfrey, merasa setuju bahwa jeans terlalu ketat dapat menyebabkan masalah pencernaan dan sembelit. Selain itu, jeans ketat yang berpotongan di pinggang akan membuat makanan sulit menuju usus. Itu sebabnya jeans terlalu ketat bisa menyebabkan nyeri perut dan kram.Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr Octaviano Bessa, seorang internis dari Stamford, Connecticut. Menurutnya, "jeans ketat dapat mengganggu mobilitas usus. Hal ini yang membuat seseorang merasa tidak nyaman atau sakit pada perut setelah dua atau tiga jam setelah makan. Banyak orang yang tidak sadar kalau nyeri itu akibat jeans."Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, ada baiknya Anda mengutamakan kenyamanan saat memilih jeans. Usahakan membeli jeans bermodel slip on --jeans dengan pinggang berkaret-- dan memiliki campuran bahan lycra. Selain tidak terlalu ketat, jeans se [...]

Khasiat Tomat untuk Kesehatan: Jantung Sehat Sampai Tulang Kuat

Khasiat Tomat untuk Kesehatan: Jantung Sehat Sampai Tulang Kuat

Selama ini, mungkin orang hanya tahu tomat baik untuk kesehatan mata. Ternyata masih banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan rajin mengonsumsi tomat. Ini dia tujuh khasiat dari buah oranye kemerahan ini, seperti dikutip dari Times of India.1. AntioksidanTomat kaya akan vitamin A dan C, serta kandungan beta carotene dan lycopene yang tinggi. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan aktif yang bekerja menetralisir radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Radikal bebas dalam darah ini dapat dibuang dengan lycopene. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak sel. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sandwich dengan potongan tomat segar atau tomat ceri sebagai camilan dalam bekal makan Anda sehari-hari.2. Menyehatkan MataKarena kandungannya akan vitamin A yang begitu tinggi, tomat adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Tomat akan menjaga mata dari risiko penyakit rabun senja.3. Mencegah KankerBanyak penelitian menunjukkan bahwa kandungan lycopene yang dimiliki tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria, kanker perut dan kanker usus besar) Lycopene dianggap sebagai antioksidan alami yang dapat memban [...]

5 Gaya Renang Cepat Bakar Kalori

5 Gaya Renang Cepat Bakar Kalori

Berenang terkadang terlihat seperti olahraga yang tidak terlalu melelahkan. Mungkin karena dilakukan di dalam air yang memiliki gaya gravitasi yang lebih rendah daripada di darat, atau mungkin karena Anda tidak merasakan apabila Anda berkeringat di dalam air. Akan tetapi, jangan mudah terkecoh. Apakah Anda sering merasa lapar sesudah berenang selama periode waktu tertentu? Meskipun berenang tidak termasuk olahraga intensitas tinggi, akan tetapi jumlah kalori yang dibakarnya cukup bermakna. Berenang juga menjadi pilihan utama beberapa orang dengan kondisi tertentu seperti penyakit osteoarthritis atau orang dengan cedera atau gangguan pada lututnya. Pada populasi ini, berenang menjadi pilihan yang bagus karena gaya gravitasi yang lebih ringan di dalam air membuat kondisi ini menjadi lebih aman bagi anggota tubuh mereka. Mereka bahkan masih dapat terus berolahraga secara teratur meskipun kondisi tubuh mereka sudah tidak seoptimal orang pada umumnya. Manfaat kesehatan pun didapat tanpa membahayakan kondisi kesehatan mereka. Berikut ini adalah hitungan kalori untuk aktivitas fisik berenang. Jumlah kalori yang dihitung dibawah ini adalah berdasarkan berat badan 70 kg. Apabila Anda memili [...]

Ini Manfaat Berhenti Mendengkur Bagi Pria

Ini Manfaat Berhenti Mendengkur Bagi Pria

Mendengkur bisa dialami oleh siapapun. Namun bagi pria yang berhasil menghentikan kebiasaan ini, peneliti mengklaim bahwa ia akan memiliki kehidupan seks yang menyenangkan.Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mendengkur dapat merusak kehidupan seksual bahkan kehidupan pernikahan. Menurut penelitian terbaru pun, gara-gara masalah itu, 1 dari 9 pasangan sampai harus pisah ranjang. Baca berita selengkapnya di sini. Namun kebiasan mendengkur tidak hanya merugikan pasangan saja. Orang yang mendengkur biasanya akan mengeluarkan suara serak, mendesis dan mendengus saat bernapas selama tidur. Gangguan tidur ini dilaporkan banyak merusak kehidupan seksual pria serta kesulitan melakukan foreplay.Peneliti mengungkapkan bahwa pria yang berhenti mendengkur punya manfaat bagus, yakni bisa membantu kehidupan seksualnya karena meningkatkan kekuatan ereksi."Semua jaringan di tubuh butuh oksigen agar bisa menjadi sehat dan jaringan penis termasuk salah satu yang sangat sensitif. Ketika seseorang mendengkur maka kondisi ini akan merampas oksigen yang dibutuhkan oleh penis," ujar Dr J. Stephen Jones, MD, FACS seorang urologis dari Cleveland Clinic, seperti dikutip dari Menshealth.Kurangnya asupa [...]

Teh Hijau, Minuman Kaya Antioksidan yang Bantu Cegah Kepikunan

Teh Hijau, Minuman Kaya Antioksidan yang Bantu Cegah Kepikunan

Manfaat teh hijau untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Kini bertambah satu lagi khasiat minuman yang kaya antioksidan ini. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa teh hijau juga baik untuk daya ingat.Para peneliti di University of Basel, Jerman mengklaim, teh hijau bisa meningkatkan beberapa fungsi kognitif pada manusia termasuk salah satunya memori di otak. Bahkan penemuan ini juga menyebutkan kalau teh hijau mungkin saja bisa digunakan sebagai bagian dari perawatan demensia dan gangguan kejiwaan. Ekstrak teh hijau ini bisa meningkatkan efektivitas daya ingat pada manusia. Para peneliti melihat ada peningkatan memori yang cukup signifikan setelah responden mengonsumsi teh hijau. Penemuan ini menjelaskan bahwa teh hijau bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati kehilangan ingatan yang disebabkan oleh gangguan kejiwaan atau trauma.Dalam penelitian, partisipan diberikan minuman dengan ekstrak teh hijau sebelum mereka diminta mengerjakan tugas yang mengetes kemampuan daya ingat. Aktivitas otak mereka kemudian dimonitor menggunakan mesin scan MRI, sehingga peneliti bisa melihat peningkatan konektivitas antara bagian-bagian otak.Hasil penelit [...]

Deddy Corbuzier Lumpuh Sebagian

Deddy Corbuzier Lumpuh Sebagian

Pemandu acara ?Hitam Putih?, Deddy Corbuzier lumpuh sebagian dan kini berkursi roda. Dari penuturan yang diungkapkan pada laman sosial media Facebook-nya Deddy Corbuzier mengalami cedera ketika berlatih di pusat kebugarannya. Berikut kutipan penuturan Deddy Corbuzier yang terdapat di laman Facebook miliknya: ?Sekitar 5 tahun yang lalu saya pernah mengalami sebuah kecelakaan hebat yang menyebabkan terkoyaknya bagian bawah tulang punggung saya. Namun hal itu belum menjadi masalah hingga beberapa hari yang lalu. Tepat pada hari minggu, 25 Januari 2014 di sebuah gym tiba tiba tubuh saya memanas dan saya merasakan sakit yang luar biasa di punggung hingga kaki kiri saya.. Dan 5 menit kemudian semua menjadi gelap dan saya pun tidak sadar. Terbangun sudah dikelilingi orang dan ada seorang anggota gym anak muda bernama Leon yang kebetulan seorang dokter. Saat terbangun seluruh badan saya kejang dan bergetar kencang, mata saya terbuka tapi gelap tak melihat apapun hanya suara, seluruh tubuh saya bergetar dan merasakan SAKIT yang luar biasa hingga pernapasan saya terganggu dan tidak bisa mengeluarkan suara disertai mulut saya bergerak sendiri dan MIRING ke kiri (gejala Stroke) dokter disana m [...]

Serba-serbi Kafein

Serba-serbi Kafein

Jika Anda mengandalkan kopi untuk menemani Anda beraktivitas ataupun ketika lembur saat bekerja, Anda tidak sendirian. Kafein, yang terkandung di dalam kopi dan teh, menstimulasi sistem saraf pusat, menghilangkan lelah, membuat Anda tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi dan fokus. Hmm, terdengar sempurna bukan? Namun, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut ini: Berapakah toleransi batas aman kafein bagi tubuh? Mengkonsumsi kafein sebanyak 200-300 mg/hari atau setara dengan 2-4 gelas kopi/hari, merupakan batas aman yang dapat ditoleransi oleh orang dewasa yang sehat secara fisik. Apakah yang Terjadi Jika Saya Mengkonsumsi Kafein Terlalu Banyak? Konsumsi kafein yang berlebih yaitu lebih dari 500-600 mg/hari, dapat menyebabkan: Insomnia Gelisah Perasaan khawatir Gangguan lambung Denyut nadi lebih cepat Tremor (tangan menjadi gemetar) Kafein dalam jumlah rendah dapat menimbulkan efek samping. Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein, bahkan jika hanya minum 1-2 gelas kopi atau teh dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan seperti: gelisah atau gangguan tidur. Orang yang jarang mengonsumsi kafein cenderung lebih sensitif terhadap efek negatif ya [...]

Fakta Tentang Susu Botol

Fakta Tentang Susu Botol

Botol plastik memang lebih ringan dibandingkan botol kaca dan tidak dapat pecah. Namun, botol plastik seringkali tidak dapat bertahan lama. Dahulu, beberapa orangtua cenderung lebih memilih botol kaca dibandingkan botol plastik untuk menghindari suatu bahan kimia yang disebut bisphenol A (BPA) yang terkandung dalam botol plastik. Yang Perlu Diketahui tentang Dot Kebanyakan dot terbuat dari silikon atau latex dan memiliki beragam bentuk serta memiliki aliran cairan yang berbeda-beda tergantung dari ukuran lubangnya. Periksalah dot secara berkala dan gantilah jika terdapat bagian yang sobek atau berubah warna. Sterilkan Botol Sebelum Digunakan Sebelum digunakan, rendamlah botol dan dot di dalam air panas selama 5 menit untuk mencegah resiko infeksi. Setelah digunakan, Anda dapat mencuci dengan sabun dan air hangat. Suhu Hangat atau Suhu Ruangan? Anda boleh memberikan anak Anda susu dengan suhu ruangan. Namun, jika anak Anda lebih suka susu yang hangat, Anda bisa merendam botol yang telah terisi susu di dalam air hangat selama 1-2 menit. Jangan gunakan microwave. Kocoklah botol terlebih dahulu sebelum diberikan kepada anak dan teteskan lebih dahulu pada jari Anda untuk mengetahui suhu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *