Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

menstruasi-terlambat-bisa-disebabkan-oleh-10-hal-ini-alodokter.jpg

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Namun bukan berarti jika tidak haid atau menstruasi terlambat seorang wanita sudah pasti hamil. Menstruasi terlambat juga bisa disebabkan oleh hal lain.

Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda. Kebanyakan siklus menstruasi yang sehat pada wanita terjadi dalam waktu 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi saat ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga saat-saat di mana wanita mengalami menstruasi terlambat. Jika ?datang bulan? mundur dari waktu biasa, bisa jadi itu dikarenakan oleh salah satu alasan berikut.

Stres

Jika seseorang mengalami stres, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) akan terganggu. Stres juga dapat menyebabkan sakit atau kenaikan/penurunan berat badan secara tiba-tiba. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi. Disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, dan rutin berolahraga agar siklus haid kembali lancar.

Obesitas

Perubahan hormonal wanita bisa dipicu oleh penambahan berat badan sedikit pun. Diet dan olahraga mungkin akan disarankan oleh dokter jika obesitas menjadi faktor menstruasi terlambat yang Anda alami.

Berat badan turun

Menstruasi terlambat kemungkinan dialami oleh perempuan dengan gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia. Jika berat badan Anda kurang 10 persen dari yang seharusnya, fungsi tubuh akan berubah dan masa ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan telur) pun terhenti. Mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat dapat mengembalikan siklus haid normal.

Hormon prolaktin berlebih

Menstruasi terlambat dapat disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon ini biasanya diproduksi ketika wanita sedang menyusui. Itulah sebabnya ibu menyusui tidak akan mengalami menstruasi.

Alat kontrasepsi

Pil KB atau pil pencegah kehamilan mengandung hormon estrogen dan progestin, yang mencegah indung telur melepaskan sel telur. Dibutuhkan waktu hingga enam bulan agar siklus menstruasi kembali konsisten setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Alat kontrasepsi yang ditanam atau disuntik juga dapat menyebabkan menstruasi terlambat.

Sindrom ovarim polikistik (Polycystic Ovary Symptom/PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi dimana hormon yang mempengaruhi indung telur untuk memproduksi folikel sangat tinggi kadarnya di dalam darah. Folikel adalah kantong yang terbentuk sebagai tahap awal produksi sel telur. Tingginya kadar hormon membuat produksi folikel juga meningkat tapi folikel ini belum matang sehingga tidak menghasilkan sel telur. Gejala yang tampak adalah siklus menstruasi yang sering kali tidak teratur. Pada wanita penderita PCOS, sel telur bertahan di ovarium. Akibatnya, sel telur tersebut tidak dapat dibuahi.

Penyakit kronis

Diabetes dan penyakit celiac juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. Gula darah yang tidak stabil terkait erat dengan perubahan hormonal, alhasil diabetes yang tidak terkontrol membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Sedangkan penyakit celiac menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Kondisi ini bisa menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting, hingga menyebabkan menstruasi terlambat.

Masalah tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi pun bisa terganggu. Kelenjar tiroid bermasalah dapat dikenali dengan ciri-ciri seperti merasa sangat kelelahan, berat badan naik, rambut rontok, dan merasa kedinginan. Namun jangan khawatir, masalah pada tiroid dapat ditangani dengan obat-obatan. Menstruasi pun akan kembali normal setelah masalah diobati. .

Menopause dini

Kebanyakan wanita mulai memasuki menopause pada usia 45-55 tahun. Namun, ada pula wanita yang mengalami gejala-gejala menopause sebelum atau pada usia 40 tahun. Ini disebut sebagai menopause dini. Menopause menyebabkan pasokan telur berkurang atau berakhir, hasilnya menstruasi terlambat hingga berakhir sama sekali.

Perubahan menstruasi mendadak

Bagi wanita berusia lebih dari 40 tahun, segera konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan profesional jika menstruasi Anda berubah secara tiba-tiba. Misalnya darah yang keluar lebih banyak dan waktu menstruasi lebih lama. Mengapa? Hal tersebut bisa saja menjadi tanda-tanda kanker endometrium, polip serviks, polip endometrium, atau kondisi prakanker (hiperplasia endometrium).

Menstruasi terlambat mungkin dianggap sebagai hal yang tidak menakutkan oleh beberapa wanita. Namun, menstruasi terlambat dapat menjadi gejala beberapa kondisi dan penyakit. Oleh karena itu, disarankan agar tidak ragu berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami menstruasi terlambat. Apalagi jika haid berhenti tiba-tiba selama lebih dari 90 hari, siklus bulanan menjadi sangat tidak teratur, haid selama lebih dari 7 hari, nyeri parah, atau darah keluar dengan deras dan harus ganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Ketiak Sering Basah karena Keringat? Mungkin Anda Terlalu Banyak Minum

Ketiak Sering Basah karena Keringat? Mungkin Anda Terlalu Banyak Minum

Minum air putih penting untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit. Pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih sedikitnya delapan gelas per hari agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Air putih memang menyehatkan, tapi bisa jadi bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Makin banyak minum air putih bukan berarti tubuh semakin sehat atau kulit lebih cantik. Mengasup cairan yang tidak diperlukan tubuh justru bisa memicu gangguan ginjal dan membuat Anda berkeringat berlebihan.Kondisi keluarnya keringat yang berlebihan biasa disebut dengan hyperhidrosis. Dari pengamatan yang dilakukan ahli kesehatan terhadap sejumlah pasien di sebuah klinik di London, sebagian besar pasien dengan keluhan keringat berlebihan ternyata punya kebiasaan minum cairan terlalu banyak dari yang dibutuhkan."Banyak orang menyarankan air putih sebagai minuman kesehatan dan mengatakan bahwa Anda harus minum dua atau tiga liter sehari. Secara medis itu tidak benar," ujar Mark Whiteley, profesor dan ahli bedah syaraf di The Whiteley Clinic, seperti dikutip dari Daily Mail.Mark menambahkan, kebutuhan cairan biasanya akan bertambah ketika seseorang sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun i [...]

Mengenal Usus Turun dan Pencegahannya

Mengenal Usus Turun dan Pencegahannya

Usus turun atau hernia disebabkan oleh kombinasi dari tekanan dan melemahnya otot. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kondisi ini. Usus turun bisa terjadi apabila usus menekan bagian otot atau jaringan ikat yang lemah di sekitarnya. Hernia bisa termasuk penyakit bawaan dari lahir atau berkembang di kemudian hari, khususnya pada anak-anak dengan dinding perut lemah. Risiko usus turun meningkat seiring bertambahnya usia seseorang dan lebih sering menjangkiti kaum pria daripada wanita. Pencegahan Usus Turun Usus turun kebanyakan tidak bisa dicegah, terutama pada bayi dan anak-anak. Namun, tekanan pada dinding perut pada orang dewasa bisa dikurangi guna mencegah usus turun atau hernia menjadi lebih parah. Bagaimana caranya? Anda disarankan mengikuti praktik gaya hidup sehat seperti ini: Melakukan olahraga untuk memperkuat otot-otot perut. Menurunkan berat badan jika Anda memiliki kelebihan berat badan atau mengalami Kelebihan berat badan menyebabkan tekanan perut yang lebih besar dan meningkatkan risiko usus turun. Berat badan yang sehat dapat dicapai dengan menjalankan pola makan sehat dan olahraga. Disarankan untuk berdiskusi dengan dokter terleb [...]

Keterampilan Perawatan Anak yang Sederhana Dapat Mengurangi Angka Kematian Anak di Indonesia

Keterampilan Perawatan Anak yang Sederhana Dapat Mengurangi Angka Kematian Anak di Indonesia

Menurut statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kurangnya pengetahuan akan perawatan kesehatan yang paling dasar dan kurangnya sistem sanitasi berpengaruh terhadap tingginya angka kematian pada kalangan anak-anak di bawah usia lima tahun di Indonesia. Menurut Countdown 2015, sebuah kolaborasi global untuk mencapai tujuan pembangunan milenium yang berhubungan dengan kesehatan, sebanyak 151,000 anak-anak di Indonesia meninggal sebelum mereka berusia 5 tahun pada tahun 2010. Sekitar 35 kematian dari 1000 kelahiran. Berikut adalah penyebab anak di bawah lima tahun meninggal pada tahun 2010, pneumonia yang menyumbang 14 persen dari kematian, kelahiran prematur menyebabkan 21 persen, luka 6 persen, campak dan diare masing-masing 5 persen, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Badan ini mencatat bahwa 48 persen kematian anak terjadi pada 28 hari kehidupan pertama mereka. ?Gizi buruk dan kurangnya air bersih merupakan kontributor yang esensial pada angka kematian anak di Indonesia,? ujar Isni Ahmad, seorang juru bicara LSM, Plan International, sebuah organisasi internasional pengembangan masyarakat dan kemanusiaan yang berpusat pada anak, di Indonesia. ?Upaya untuk mencegah kematia [...]

Tertawa Cara Mudah untuk Kurangi Rasa Sakit

Tertawa Cara Mudah untuk Kurangi Rasa Sakit

Anda senang tertawa? Tertawa rupanya tidak hanya membuat seseorang merasa lebih baik. Menurut penelitian terbaru, aktivitas itu pun bisa membantu mengurangi rasa sakit.Seperti dikutip dari Daily Mail, penelitian tentang tertawa itu dilakukan para peneliti di Universitas Oxford. Dalam penelitian tersebut, Professor Robin Dunbar dan teman-temannya, merekam jumlah tawa yang dihasilkan responden. Responden ketika direkam diminta menonton video komedi.Tawa responden yang menonton video komedi itu kemudian dibandingkan dengan mereka yang menonton film drama. Professor Dunbar juga mengukur toleransi responden pada rasa sakit.Dalam pengukuran itu, responden menjalani sejumlah tes. Mereka diukur berapa lama bisa tahan saat tangan ditempel tempat menaruh wine yang sudah beku dan berapa lama tahan berlutut dengan punggung menempel di dinding.Setelah diteliti terungkap kelompok yang menonton film komedi dan banyak tertawa, toleransinya pada rasa sakit cukup tinggi. Sementara mereka yang menonton video non komedi, tidak bisa mentoleransi rasa sakit. "Tertawa itu memang secara fisik melelahkan dan apapun yang membuat tubuh terkuras secara fisik memicu keluarnya endorphin, yang memang respon n [...]

Manfaat ASI Bagi Bayi dan Ibu

Manfaat ASI Bagi Bayi dan Ibu

ASI adalah gizi paling lengkap bagi bayi. ASI memiliki jumlah lemak, gula, air, dan protein yang tepat untuk pertumbuhan bayi dan perkembangannya. Kebanyakan bayi lebih mudah mencerna ASI daripada susu formula serta banyak risiko kesehatan bagi bayi yang tidak diberi ASI. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa, bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan lebih, dapat mengembangkan berbagai penyakit menular, termasuk infeksi telinga, diare, penyakit pernafasan dan memiliki riwayat sering sakit. Serta, bayi yang tidak diberi ASI memiliki 21 persen lebih tingkat kematian. Studi di American Academy of Pediatrics, menunjukkan, bahwa bayi yang tidak diberi ASI memiliki tingkat kematian yang tinggi, dan tingkat lebih tinggi terkena leukemia, kelebihan berat badan dan obesitas, tingkat kolesterol serta asma. Selain menjauhkan bayi dari berbagai penyakit, ASI memberikan keuntungan lebih pada bayi dengan nilai tes IQ-nya lebih tinggi dibanding bayi yang tidak diberi ASI ekslusif serta ASI memiliki antibodi untuk membantu melindungi bayi dari bakteri dan virus. Keuntungan Memberikan ASI Eksklusif untuk Bayi ASI tidak hanya bermanfaat bagi bayi, namun juga berm [...]

Cara yang Benar Makan & Masak Sayuran, Stroberi dan Tomat

Cara yang Benar Makan & Masak Sayuran, Stroberi dan Tomat

Anda biasa memasak sayur bayam dengan merebusnya? Atau akrab dengan terbiasa memotong buah untuk disantap? Sebaiknya mulai merubah kebiasaan tersebut, karena jika demikian Anda selama ini memasak dan makan dengan cara yang salah. (Baca: 5 Kebiasaan Makan di Restoran yang Menyebabkan Kegemukan) Simak beberapa cara memasak dan makan yang sebaiknya dianjurkan secara kesehatan berikut ini: Cara yang Benar Memasak Sayuran Kesalahan Anda : Merebus / Microwave Cara yang Benar : Kukus Mengkukus merupakan cara yang tepat untuk membantu mempertahankan nutrisi anti-kanker yang ada di dalam brokoli sesuai dengan penelitian dari University of Illinois. Sulforaphane (kandungan anti-kanker) ada dalam jumlah yang tinggi di sayuran brokoli, kol, kubis, dan argula. Enzim myrosinase merupakan enzim yang penting untuk mencerna kandungan diatas dapat hilang bila metode masak yang dilakukan salah. (Baca: Mengolah Makanan Sehat yang Benar) Mengkukus dengan panas yang rendah tidak dapat merusak myrosinase. Baiknya adalah mengkukus brokoli menggunakan keranjang 3 -4 menit saja untuk memicu keluarnya kandungan anti-kanker tersebut. Cara yang Benar Makan Strawb [...]

3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu

3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu

Pada suasana panas seperti di Jakarta, mengonsumsi buah semangka dapat menjadi solusi kesegaran tubuh. Buah semangka bukan hanya membuat segar, namun ternyata buah semangka memiliki nutrisi yang tinggi. Dalam satu gelas semangka yang berisi 46 kalori, semangka menyediakan 20 % vitamin C dan 17 % vitamin A. Berikut beberapa kelebihan semangka. 3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu Berikut beberapa kelebihan semangka: 1. Mengandung Lycopene lebih banyak dari Tomat Hanya dengan 1 gelas semangka, mengandung 1,5 lebih banyak lycopene dibandingkan tomat segar, 6 mg dibandingkan dengan 4 mg. Lycopene bekerja sebagai antioksidant, yang berfungsi untuk melindungi daya tahan tubuh. 2. Meringankan Nyeri Otot Sebuah studi dari Spanyol yang dipublikasikan dalam the Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bahwa jus semangka dapat menghilangkan nyeri otot setelah berolahraga. Yang dapat menyebabkan hal ini adalah kandungan citrulline yang ada di dalam semangka. 3. Mengandung Air yang Banyak Semangka memiliki kemampuan hidrasi yang sangat tinggi. Air yang terkandung dalam semangka mencapai 91%. Bila kita ingat-ingat dehidrasi sangat buruk untuk tub [...]

Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Pergantian cuaca yang ekstrem adalah salah satu faktor pendukung populasi ulat bulu melonjak tajam terjadi. Deputi Kepala Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Listyani Wijayanti mengatakan bahwa "Secara umum pergantian cuaca itu memang bisa memicu ulat-ulat itu untuk bisa keluar dari tempatnya. Ini menyerang tanaman mangga dan sudah luar biasa.? Namun jika diteliti lebih lanjut ternyata ada 3 spesies ulat bulu yang menyebar dan mengakibatkan wabah yang cukup serius di Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah menerima sampel ulat bulu dari Jember dan Yogyakarta. Ada tiga spesies yang diterima oleh LIPI yaitu Lymantria marginalis, Arctonis species (belum tahu genusnya), dan Cyana veronata. ''Spesies ulat bulu sementara ada tiga jenis yang kami terima,'' tutur Peneliti Serangga LIPI, Rosichon Ubaidillah. Salah satu spesies yang diterima belum diketahui genusnya karena harus melalui serangkaian pembedahan. Namun dapat dipastikan ancaman bahaya kesehatan yang ada berada ditahap sekunder. Paparan ancaman yang diberikan ulat bulu sebatas gatal-gatal atau inflamasi ringan. Untuk pertolongan pertama jika terkena reaksi inflamasi ringan akibat ulat bulu, ikut [...]

Disukai Pecinta Gaya Hidup Sehat, Ini Kekurangan dari Susu Almond

Disukai Pecinta Gaya Hidup Sehat, Ini Kekurangan dari Susu Almond

Susu nabati yang terbuat dari kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut, dan mete kini banyak dikonsumsi oleh orang-orang sebagai bagian dari gaya hidup sehat yang dianutnya. Susu pengganti produk hewani yang sebenarnya bernama sari nabati ini dipercaya rendah lemak dan bebas kolestrol sehingga aman dikonsumsi terutama untuk penderita penyakit jantung atau stroke.Meski baik dikonsumsi, rupanya sari nabati ini memiliki beberapa kelemahan meskipun tidak terlalu berbahaya untuk kesehatan dan harus lebih diperhatikan lagi dalam mengonsumsinya. Berikut enam di antaranya :1. Menimbulkan KembungDipaparkan oleh Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, sari nabati yang terdapat pada kacang-kacangan mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan susu hewani. Sehingga terkadang menimbulkan reaksi di tubuh seperti timbulnya gas dan perut kembut. Untuk orang-orang yang memiliki masalah pada pencernaannya, sebaiknya perhatikanlah asupannya.2. Mengandung Zat AntinutrisiLulusan S-2 Universitas Gadjah Mada ini memaparkan, salah satu kelemahan sari nabati adalah masih mengandung zat antinutrisi, yakni zat yang tidak bisa dicernah oleh tubuh. "Seperti kacang kedelai di dalamnya ada anti tripsin dan asa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *