Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

menstruasi-terlambat-bisa-disebabkan-oleh-10-hal-ini-alodokter.jpg

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Namun bukan berarti jika tidak haid atau menstruasi terlambat seorang wanita sudah pasti hamil. Menstruasi terlambat juga bisa disebabkan oleh hal lain.

Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda. Kebanyakan siklus menstruasi yang sehat pada wanita terjadi dalam waktu 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi saat ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga saat-saat di mana wanita mengalami menstruasi terlambat. Jika ?datang bulan? mundur dari waktu biasa, bisa jadi itu dikarenakan oleh salah satu alasan berikut.

Stres

Jika seseorang mengalami stres, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) akan terganggu. Stres juga dapat menyebabkan sakit atau kenaikan/penurunan berat badan secara tiba-tiba. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi. Disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, dan rutin berolahraga agar siklus haid kembali lancar.

Obesitas

Perubahan hormonal wanita bisa dipicu oleh penambahan berat badan sedikit pun. Diet dan olahraga mungkin akan disarankan oleh dokter jika obesitas menjadi faktor menstruasi terlambat yang Anda alami.

Berat badan turun

Menstruasi terlambat kemungkinan dialami oleh perempuan dengan gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia. Jika berat badan Anda kurang 10 persen dari yang seharusnya, fungsi tubuh akan berubah dan masa ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan telur) pun terhenti. Mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat dapat mengembalikan siklus haid normal.

Hormon prolaktin berlebih

Menstruasi terlambat dapat disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon ini biasanya diproduksi ketika wanita sedang menyusui. Itulah sebabnya ibu menyusui tidak akan mengalami menstruasi.

Alat kontrasepsi

Pil KB atau pil pencegah kehamilan mengandung hormon estrogen dan progestin, yang mencegah indung telur melepaskan sel telur. Dibutuhkan waktu hingga enam bulan agar siklus menstruasi kembali konsisten setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Alat kontrasepsi yang ditanam atau disuntik juga dapat menyebabkan menstruasi terlambat.

Sindrom ovarim polikistik (Polycystic Ovary Symptom/PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi dimana hormon yang mempengaruhi indung telur untuk memproduksi folikel sangat tinggi kadarnya di dalam darah. Folikel adalah kantong yang terbentuk sebagai tahap awal produksi sel telur. Tingginya kadar hormon membuat produksi folikel juga meningkat tapi folikel ini belum matang sehingga tidak menghasilkan sel telur. Gejala yang tampak adalah siklus menstruasi yang sering kali tidak teratur. Pada wanita penderita PCOS, sel telur bertahan di ovarium. Akibatnya, sel telur tersebut tidak dapat dibuahi.

Penyakit kronis

Diabetes dan penyakit celiac juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. Gula darah yang tidak stabil terkait erat dengan perubahan hormonal, alhasil diabetes yang tidak terkontrol membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Sedangkan penyakit celiac menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Kondisi ini bisa menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting, hingga menyebabkan menstruasi terlambat.

Masalah tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi pun bisa terganggu. Kelenjar tiroid bermasalah dapat dikenali dengan ciri-ciri seperti merasa sangat kelelahan, berat badan naik, rambut rontok, dan merasa kedinginan. Namun jangan khawatir, masalah pada tiroid dapat ditangani dengan obat-obatan. Menstruasi pun akan kembali normal setelah masalah diobati. .

Menopause dini

Kebanyakan wanita mulai memasuki menopause pada usia 45-55 tahun. Namun, ada pula wanita yang mengalami gejala-gejala menopause sebelum atau pada usia 40 tahun. Ini disebut sebagai menopause dini. Menopause menyebabkan pasokan telur berkurang atau berakhir, hasilnya menstruasi terlambat hingga berakhir sama sekali.

Perubahan menstruasi mendadak

Bagi wanita berusia lebih dari 40 tahun, segera konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan profesional jika menstruasi Anda berubah secara tiba-tiba. Misalnya darah yang keluar lebih banyak dan waktu menstruasi lebih lama. Mengapa? Hal tersebut bisa saja menjadi tanda-tanda kanker endometrium, polip serviks, polip endometrium, atau kondisi prakanker (hiperplasia endometrium).

Menstruasi terlambat mungkin dianggap sebagai hal yang tidak menakutkan oleh beberapa wanita. Namun, menstruasi terlambat dapat menjadi gejala beberapa kondisi dan penyakit. Oleh karena itu, disarankan agar tidak ragu berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami menstruasi terlambat. Apalagi jika haid berhenti tiba-tiba selama lebih dari 90 hari, siklus bulanan menjadi sangat tidak teratur, haid selama lebih dari 7 hari, nyeri parah, atau darah keluar dengan deras dan harus ganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengurangi Risiko Kanker

Mengurangi Risiko Kanker

Oleh: dr. Ema Anindia Pada tahun 2009, 156.900 orang di Inggris meninggal akibat kanker. Tidak ada cara yang dibuktikan dapat mencegah kanker, namun hingga saat ini yang dapat dilakukan adalah mengurangi risiko untuk terkena kanker. Solusinya adalah dengan hidup sehat. Hal-hal yang Anda dapat lakukan adalah : Konsumsi makanan sehat > Hingga saat ini tidak ada makanan atau suplemen khusus yang dapat mencegah perkembangan kanker, namun ada beberapa penelitian yang menghubungkan beberapa jenis makanan dengan penurunan risiko kanker. Cobalah untuk : Meningkatkan konsumsi buah dan sayur : cobalah makan paling sedikit 5 porsi dalam sehari. Meningkatkan konsumsi roti, nasi, kentang, pasta dan makanan lain mengandung banyak serat Mengurangi konsumsi produk daging, ikan, telur, dan produk yang mengandung protein lainnya Mengurangi konsumsi produk susu (susu, mentega) Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak atau gula, seperti kue dan biskuit Menjaga berat badan > Di Inggris, lebih dari 60% populasi kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dapat memicu beberapa jenis kanker seperti : kanker usus, pankreas, esophagus, payudara, rahim [...]

Tim Dokter Indonesia Sukses Operasi Transplantasi Hati

Tim Dokter Indonesia Sukses Operasi Transplantasi Hati

Setelah 15 jam operasi lamanya, tim dokter sukses melakukan operasi ganti hati pada pasien bernama Hafidz (7). Operasi yang sukses selesai dilakukan pada Senin (24/2) kemarin pada pukul 23.45 WIB, oleh tim dokter yang terdiri atas tim RS Pertamedika Pusat, RS Pertamedika Sentul City, RS Dr Soetomo Surabaya, RS Hasan Sadikin Bandung dan RS Cipto Mangunkusumo Jakarta. Hafidz adalah penderita kanker hati yang berusia 7 tahun. Sebagai pasien transplantasi liver pertama di Indonesia, Hafidz merupakan salah satu pasien beruntung dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Pasalnya dengan biaya operasi dan pasca perawatan sebesar Rp.1,6 miliar, seluruh biaya operasi yang ada didukung penuh oleh para dermawan yang disalurkan melalui manajemen RS Pertamedika Sentul City. Kesuksesan ini tidak luput dari campur tangan dari Menteri BUMN, Dahlan Iskan dan Prof. dr. Koichi Tanaka, ahli transplantasi yang sudah memiliki reputasi di kancah medis dunia internasional dari Kyoto University Hospital, Jepang. Karena selain memimpin jalannya operasi, kehadiran Prof. dr. Koichi Tanaka sekaligus menjadi momentum tujuan pendidikan kedokteran Indonesia. Prof. dr. Koichi Tanaka Dahlan Isk [...]

‘Mommychi’: Aplikasi yang Membantu Ibu Pantau Perkembangan Anak

‘Mommychi’: Aplikasi yang Membantu Ibu Pantau Perkembangan Anak

PeduliSehat.info - Anda lupa kapan jadwal imunisasi anak berikutnya? Atau Anda perlu kemudahan pemantauan perkembangan dan pertumbuhan anak via handphone atau tablet Anda? Kini perkembangan teknologi kembali menawarkan kemudahan bagi manusia. Kini telah hadir sebuah aplikasi mobile untuk melakukan memantau kesehatan ibu dan anak, yakni Mommychi. Mommychi adalah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh PT. Kalbe Farma Tbk. (Kalbe), diluncurkan pada Rabu (15/01). Mommychi dirancang untuk para ibu modern guna mencatat kesehatan dan perkembangan secara terstruktur agar terpantau dengan baik. Guna kebutuhan untuk pemenuhan nutrisi dan gizi dapat terpenuhi sejak awal kehamilan hingga masa tumbuh kembang buah hati di usia 1000 hari pertamanya. ?Peluncuran Aplikasi ini menjadi bagian dari kepedulian Kalbe untuk Indonesia lebih sehat, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak, serta sejalan dengan program pemerintah tentang Gerakan 1000 hari pertama kehidupan sebagai upaya percepatan pencapaian Milenium Development Goals,? demikian jelas oleh Direktur PT Kalbe Farma Tbk., Vidjongtius. Hal senada mengenai pentingnya 1.000 hari pertama keh [...]

Kasih Ibu Meningkatkan Volume Otak Anak

Kasih Ibu Meningkatkan Volume Otak Anak

Berilah ketenangan yang lembut ke bayi Anda ketika sang buah hati menangis ataupun stres. Karena menurut sebuah penelitian terbaru, balita yang menerima dukungan positif dari seorang ibu selama bayi mengalami stres telah terbukti memiliki hippocampus yang lebih besar di tahun-tahun remaja mereka. Hippocampus adalah bagian dari otak yang membantu kita belajar, berurusan dengan stressor (pemicu stres), dan membantu dalam hal ingatan (memori). Ukuran hippocampus telah dikaitkan dengan faktor-faktor seperti peristiwa kehidupan yang penuh dengan stres dan depresi. Sebuah hippocampus yang memiliki volume yang lebih besar dapat meningkatkan dan membantu kelancaran performa gemilang di sekolah. Studi ini telah menunjukan bahwa balita yang menerima rasa aman dan umpan balik positif dari ibu mereka ketika bayi menyaksikan situasi yang penuh stres lebih mungkin untuk memiliki hippocampus yang lebih besar ketika dievaluasi oleh MRI pada tahun-tahun remaja dan pra-remaja. Joan Luby, MD, di Washington University School of Medicine di St Louis adalah salah satu peneliti utama pada proyek. Dokter Joan Luby dan timnya memberikan sebuah hadiah yang dibungkus untuk balita. Anak-anak diberitahu bahwa [...]

3 Solusi Bebas Nyeri Ketika Berhubungan Seks

3 Solusi Bebas Nyeri Ketika Berhubungan Seks

Nyeri saat senggama ataupun setelah senggama merupakan hal yang harus diperhatikan, apalagi jika hal ini terjadi berulang-ulang. Masalah ini biasanya menimpa kaum wanita, namun tidak menutup kemungkinan untuk menimpa kaum pria. Nyeri yang muncul dapat disebabkan oleh kurangnya pelumas (lubrikan) yang keluar dari alat kelamin wanita sehingga saat alat kelamin pria masuk ke dalam alat kelamin wanita akan timbul rasa nyeri. Nyeri yang dirasakan bersifat traumatis dan sulit dilupakan sehingga pada aktivitas seksual berikutnya, biasanya lubrikan yang kurang didukung oleh vagina yang tidak membuka, serta ingatan akan rasa nyeri tersebut akan memperparah rasa nyeri yang terjadi sehingga akan timbul nyeri yang lebih hebat lagi. Apakah dapat disepelekan? Berikut penjelasannya Normalkah Nyeri Ketika Berhubungan Seks? Masalah ini memang bukanlah masalah yang mengancam nyawa, tetapi membutuhkan perhatian khusus karena berhubungan dengan masalah psikologis pasangan sehingga dapat berdampak pada kehidupan rumah tangga seseorang. Nyeri saat dan setelah senggama dapat disebabkan oleh faktor usia, yaitu pada usia-usia pre-menopause ataupun pasca-menopause, pada usia ini fakto [...]

Mata Juling Pada Anak

Mata Juling Pada Anak

Pada bayi yang baru lahir, seringkali mata bayi terlihat tidak lurus atau juling. Hal tersebut masih dianggap normal karena pada bayi hidung lebar dan rata serta lipatan kelopak lebar, sehingga seringkali mata terlihat tidak lurus. Namun bila hal ini berlanjut hingga bayi berusia 6 bulan ke atas, perlu dikonsultasikan segera ke dokter. (Baca: 5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Saat Datang ke Dokter) Pada anak dengan penglihatan normal, kedua mata bekerja sama dalam memandang suatu objek, memandang pada satu titik sehingga akan timbul sebuah persepsi kedalaman akan objek tersebut. Pada anak dengan mata juling, kedua mata memandang ke dua titik yang berbeda. Bila satu mata memandang ke arah suatu objek, mata yang lain akan memandang ke arah luar, ke dalam, ke atas, atau ke arah bawah. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya kelainan saraf mata, kelemahan otot penggerak mata, ataupun karena kelainan pembiasan cahaya. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam!) Penanganan yang dilakukan harus sedini mungkin, sebelum penglihatan binokularnya terbentuk, supaya tidak terlambat. Penanganan yang dilakukan dapat berbagai macam tergantung dari penyebab mata juling si anak. Bila dikarenakan kelemaha [...]

Rahasia yang Tidak Boleh Anda Sembunyikan dari Dokter

Rahasia yang Tidak Boleh Anda Sembunyikan dari Dokter

Saat mengkonsultasikan penyakit yang dirasakan kepada dokter, terkadang ada beberapa hal yang tidak ingin Anda katakan dengan jujur karena mungkin merasa malu atau takut menerima kenyataan. Padahal, hal yang Anda sembunyikan tersebut bisa saja menjadi lebih berbahaya jika terlambat ditangani.Berikut adalah hal yang harus Anda katakan secara jujur saat berkonsultasi dengan dokter seperti dikutip dari Health Me Up.1. Konsumsi Vitamin atau SuplemenVitamin dan suplemen kesehatan yang dijual bebas di pasaran membuat masyarakat mudah membelinya tanpa anjuran dokter sehingga terkesan aman dikonsumsi. Padahal, suplemen dapat mengakibatkan gejala-gejala tertentu yang mengganggu proses pengobatan. Jamu herbal yang biasa digunakan untuk meningkatkan ingatan dapat mempengaruhi pengobatan tekanan darah. Sedangkan kalsium yang banyak dikonsumsi oleh wanita dapat mengurangi tingkat penyerapan terhadap antibiotik.2. Buang Air BerdarahBuang air tentunya adalah topik yang bersifat pribadi dan tidak ingin dibahas sekalipun dengan dokter pribadi Anda. Namun jika mengalami buang air yang mengandung darah, sebaiknya Anda langsung konsultasikan kepada dokter karena hal tersebut adalah gejala kanker ko [...]

Meningkatkan Kepuasan Hidup? Ini Tipsnya

Meningkatkan Kepuasan Hidup? Ini Tipsnya

Meningkatkan kepuasaan hidup itu susah-susah gampang. Kepuasan hidup itu ukurannya subjektif, ini berbeda dengan kebahagiaan. Kepuasaan hidup mencerminkan pengalaman hidup atau bagaimana seseorang merasakan tentang kehidupan secara keseluruhan, lebih ke jangka panjang daripada sekarang. Sementara itu mendapatkan kepuasaan hidup tidak mudah dan tidak sulit sebenarnya. Biasa yang kita temui, jika seseorang ditanya atau dinilai kepuasan hidupnya, hampir menjawabnya dengan jawaban yang negatif. Maka kita harus merubahnya dengan, bagaimana saya dapat meningkatkan kepuasan hidup?. Penelitian juga menganjurkan untuk seseorang memiliki kepuasan hidup yang positif karena akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara jangka panjang. Ada beberapa tips meningkatkan kepuasaan hidup, diantaranya: Perubahan Pekerjaan Kebanyakan pria bekerja dan sebagian besar orang-orang bergantung pada pekerjaan mereka sebagai sumber utama pendapatan. Tapi berkarir juga ada dalam cara lain. Banyak dari kita dan di jaman ini, pekerjaan adalah segalanya, karena dengan bekerja mengidentifikasikan sebagai sumber utama dan status sosial sebagai manusia. Jadi semakin anda puas dalam pekerjaan, maka kepuasan hid [...]

Tips Diabetesein Selama Ramadhan

Tips Diabetesein Selama Ramadhan

Dibulan ramadhan ini semua orang ingin meningkatkan ibadahnya, tidak terkecuali penderita diabetes, berikut tips bagi diabetesein selama ramadhan: Jangan memaksakan diri Siasati pola makan yang baik. Selama berpuasa, terjadi perubahan pola makan dari 3 kali makan utama menjadi 2 kali, yaitu saat sahur dan berbuka, akan tetapi kebutuhan kalorinya sama dengan saat tidak berpuasa. Untuk itu porsi makan sebaiknya diubah menjadi 5 porsi, yaitu 2 porsi saat sahur dan 3 porsi saat berbuka. Perhatikan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur, serta kombinasi karbohidrat sederhana saat awal berbuka yang dilanjutkan dengan karbohidrat kompleks. Berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk mengatur dosis dan waktu konsumsi obat. Apabila Anda hanya mengonsumsi satu macam OHO, maka dapat diminum saat berbuka. Apabila Anda mengonsumsi lebih dari satu macam OHO, maka waktu konsumsi harus disesuaikan dengan jenis obatnya, yaitu agar OHO yang berpotensi tinggi menyebabkan hipoglikemia sebaiknya dikonsumsi saat berbuka, sedangkan obat lainnya saat sahur. Untuk diabetesian yang memerlukan insulin dosis tunggal untuk mengendalikan kadar gula darahnya, maka insulin disuntikkan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *