Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

menstruasi-terlambat-bisa-disebabkan-oleh-10-hal-ini-alodokter.jpg

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Namun bukan berarti jika tidak haid atau menstruasi terlambat seorang wanita sudah pasti hamil. Menstruasi terlambat juga bisa disebabkan oleh hal lain.

Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda. Kebanyakan siklus menstruasi yang sehat pada wanita terjadi dalam waktu 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi saat ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga saat-saat di mana wanita mengalami menstruasi terlambat. Jika ?datang bulan? mundur dari waktu biasa, bisa jadi itu dikarenakan oleh salah satu alasan berikut.

Stres

Jika seseorang mengalami stres, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) akan terganggu. Stres juga dapat menyebabkan sakit atau kenaikan/penurunan berat badan secara tiba-tiba. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi. Disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, dan rutin berolahraga agar siklus haid kembali lancar.

Obesitas

Perubahan hormonal wanita bisa dipicu oleh penambahan berat badan sedikit pun. Diet dan olahraga mungkin akan disarankan oleh dokter jika obesitas menjadi faktor menstruasi terlambat yang Anda alami.

Berat badan turun

Menstruasi terlambat kemungkinan dialami oleh perempuan dengan gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia. Jika berat badan Anda kurang 10 persen dari yang seharusnya, fungsi tubuh akan berubah dan masa ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan telur) pun terhenti. Mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat dapat mengembalikan siklus haid normal.

Hormon prolaktin berlebih

Menstruasi terlambat dapat disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon ini biasanya diproduksi ketika wanita sedang menyusui. Itulah sebabnya ibu menyusui tidak akan mengalami menstruasi.

Alat kontrasepsi

Pil KB atau pil pencegah kehamilan mengandung hormon estrogen dan progestin, yang mencegah indung telur melepaskan sel telur. Dibutuhkan waktu hingga enam bulan agar siklus menstruasi kembali konsisten setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Alat kontrasepsi yang ditanam atau disuntik juga dapat menyebabkan menstruasi terlambat.

Sindrom ovarim polikistik (Polycystic Ovary Symptom/PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi dimana hormon yang mempengaruhi indung telur untuk memproduksi folikel sangat tinggi kadarnya di dalam darah. Folikel adalah kantong yang terbentuk sebagai tahap awal produksi sel telur. Tingginya kadar hormon membuat produksi folikel juga meningkat tapi folikel ini belum matang sehingga tidak menghasilkan sel telur. Gejala yang tampak adalah siklus menstruasi yang sering kali tidak teratur. Pada wanita penderita PCOS, sel telur bertahan di ovarium. Akibatnya, sel telur tersebut tidak dapat dibuahi.

Penyakit kronis

Diabetes dan penyakit celiac juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. Gula darah yang tidak stabil terkait erat dengan perubahan hormonal, alhasil diabetes yang tidak terkontrol membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Sedangkan penyakit celiac menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Kondisi ini bisa menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting, hingga menyebabkan menstruasi terlambat.

Masalah tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi pun bisa terganggu. Kelenjar tiroid bermasalah dapat dikenali dengan ciri-ciri seperti merasa sangat kelelahan, berat badan naik, rambut rontok, dan merasa kedinginan. Namun jangan khawatir, masalah pada tiroid dapat ditangani dengan obat-obatan. Menstruasi pun akan kembali normal setelah masalah diobati. .

Menopause dini

Kebanyakan wanita mulai memasuki menopause pada usia 45-55 tahun. Namun, ada pula wanita yang mengalami gejala-gejala menopause sebelum atau pada usia 40 tahun. Ini disebut sebagai menopause dini. Menopause menyebabkan pasokan telur berkurang atau berakhir, hasilnya menstruasi terlambat hingga berakhir sama sekali.

Perubahan menstruasi mendadak

Bagi wanita berusia lebih dari 40 tahun, segera konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan profesional jika menstruasi Anda berubah secara tiba-tiba. Misalnya darah yang keluar lebih banyak dan waktu menstruasi lebih lama. Mengapa? Hal tersebut bisa saja menjadi tanda-tanda kanker endometrium, polip serviks, polip endometrium, atau kondisi prakanker (hiperplasia endometrium).

Menstruasi terlambat mungkin dianggap sebagai hal yang tidak menakutkan oleh beberapa wanita. Namun, menstruasi terlambat dapat menjadi gejala beberapa kondisi dan penyakit. Oleh karena itu, disarankan agar tidak ragu berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami menstruasi terlambat. Apalagi jika haid berhenti tiba-tiba selama lebih dari 90 hari, siklus bulanan menjadi sangat tidak teratur, haid selama lebih dari 7 hari, nyeri parah, atau darah keluar dengan deras dan harus ganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Begini Wajah Anda 20 Tahun ke Depan Jika Tidak Berhenti Merokok

Begini Wajah Anda 20 Tahun ke Depan Jika Tidak Berhenti Merokok

Merokok bisa merusak kesehatan dan tampilan kulit jadi lebih tua. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak bisa lepas dari kecanduan menghisap batangan mengandung nikotin ini.Nah, teknologi yang satu ini mungkin bisa membantu orang untuk berhenti merokok. Aplikasi smartphone terbaru telah diciptakan untuk menunjukkan pada para perkokok berat, akan seperti apa penampilan mereka di masa depan jika terus merokok.Aplikasi tersebut dapat memperlihatkan kerusakan kulit dan wajah akibat 4.000 bahan kimia yang ditemukan di setiap batang rokok, dalam 20 tahun ke depan. Diproduksi oleh NHS, aplikasi bernama Smoking Time Machine tersebut sengaja didesain untuk mendorong anak muda agar berhenti merokok sebelum terlambat.Kate Norman dari Cumbria Partnership NHS Trust, seperti dikutip dari Daily Mail mengatakan, "Anak muda dan remaja tidak terlalu peduli dengan konsekuensi yang mereka dapat akibat merokok seperti kanker dan penyakit paru-paru. Aplikasi ini menggunakan foto mereka dan menunjukkan bagaimana wajah mereka nantinya."Jika ingin tahu efek negatif yang terjadi akibat rokok, pengguna aplikasi harus memotret wajah mereka. Aplikasi tersebut kemudian 'memajukan' umur mereka 20 tahun d [...]

Keselek Bisa Mematikan

Keselek Bisa Mematikan

Oleh: dr. Adithia Kwee Seorang bocah berusia 3 tahun hampir tak terselamatkan nyawanya saat berusaha menirukan adegan sulap dengan memasukkan koin ke dalam mulutnya. Untungnya sang kakak yang kebetulan telah diajari berbagai pertolongan pertama di sekolahnya dengan sigap menepuk punggung si adik hingga koin terlempar keluar dari mulut kemudian si adik pun terselamatkan. Itulah secuplik kehebohan yang terjadi pada sebuah keluarga di London. Indonesia tidak punya data pasti mengenai berapa jumlah korban meninggal karena keselek (keselak/ tersedak). Namun kita harus selalu waspada akan hal ini, tidak kenal jenis kelamin, ataupun usia, siapa saja dimana saja bisa tersedak, dan tanpa pertolongan yang tepat dapat berakibat fatal. Apa yang sebenarnya terjadi saat kita tersedak? Di belakang mulut kita, terbuka 2 saluran yang mengarah ke tempat yang berbeda, yang pertama adalah trakea yang mengarahkan ke saluran napas, yang kedua adalah esophagus yang mengarahkan ke saluran pencernaan. Seseorang dikatakan tersedak ketika ada benda asing berupa makanan, benda, atau apapun bentuknya yang masuk ke saluran pernapasan dan menyumbat jalan napas. Henti napas inilah yang seringkali dapat membunuh [...]

Sebelum ke Dokter, Ini Cara Alami untuk Kurangi Sakit Punggung Kronis

Sebelum ke Dokter, Ini Cara Alami untuk Kurangi Sakit Punggung Kronis

Sakit pada tulang belakang bisa sangat mengganggu aktivitas, terlebih lagi jika sudah mencapai tahap yang kronis. Sakit yang menjalar dari punggung hingga pinggul ini bisa berlangsung beberapa jam bahkan minggu. Memeriksakan diri ke dokter sangat dianjurkan bahkan penting untuk mengetahui penyebab pastinya.Sementara itu, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi rasa sakit pada tulang belakang sebelum pergi ke dokter. Aktivitas ini bisa dilakukan saat di kantor maupun rumah.1. Ubah Posisi DudukSeperti dilansir Health Me Up, ketika bekerja di kantor, ubahlah posisi duduk Anda sesering mungkin dengan tetap menjaga lengkungan alami punggung. Jangan duduk terus sepanjang waktu. Sesekali berdirilah dan lakukan peregangan ringan atau sempatkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan di sekitar kantor.2. Saat TidurKetika tidur dalam posisi berbaring atau menyamping, tempatkan bantal di bawah lutut. Apabila tidur tengkurap, taruh bantal tepat di bawah perut untuk mencegah punggung terlalu melengkung ke bawah.3. Hindari Angkat Beban BeratOrang dengan sakit tulang belakang kronis harus menghindari mengangkat beban berat, terutama mengangkat di atas kepala. Jika terpaksa harus melakukan [...]

Mengenal Mutasi Gen Penyebab Kanker

Mengenal Mutasi Gen Penyebab Kanker

Kanker sering muncul tanpa diduga pada orang yang nampak sehat sekalipun. Sebenarnya dapatkah manusia menghindari kanker? Kanker adalah sebutan untuk penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan tidak terkontrol dari sel-sel yang tidak normal. Sel-sel ini berpotensi menyebar ke seluruh tubuh bahkan mampu menembus serta menghancurkan jaringan tubuh normal. Terdapat lebih dari 200 jenis kanker berdasarkan asal jaringan tempat sel tersebut tumbuh. Contohnya karsinoma adalah kanker yang berasal dari lapisan luar organ tubuh. Sedangkan limfoma dan myeloma adalah kanker yang berasal dari sel-sel di dalam sistem imun tubuh. Selain itu ada sarcoma (kanker yang berasal dari lemak, otot, pembuluh darah, tulang, tulang rawan, dan jaringan penunjang lainnya), leukemia/ kanker darah (kanker yang berasal dari jaringan pembentuk darah), dan kanker sistem saraf (kanker yang berasal dari otak dan tulang belakang). Penyebaran kanker disebut dengan metastasis, misalnya metastasis kanker payudara ke tulang adalah penyebaran kanker payudara ke jaringan tulang. Penyebab Mutasi Gen Kanker disebabkan oleh perubahan atau mutasi DNA di dalam sel. DNA adalah seperti sebuah paket yang terdiri dari gen-gen d [...]

Gizi Sayur dan Sinar Ultraviolet

Gizi Sayur dan Sinar Ultraviolet

Selama ini radiasi sinar ultraviolet diyakini sebagai pencetus kanker kulit terpopuler di dunia. Namun dibalik keadaan tersebut, sinar ultraviolet memiliki manfaat bagi higienitas pada produk sayur yang kita konsumsi. Radiasi sinar ultra violet di Amerika sudah digunakan untuk mematikan unsur patogen baik untuk tumbuhan maupun pada manusia. Menimbang hal tersebut agen disinfekta sering menggunakannya untuk menghilangkan patogen pada produk pangan. Food and Drug Adminisstrasion (FDA) USA menyetujui penggunaannya sebagai disinfektan, khususnya untuk perlakuan pasca panen yang digunakan pada permukaan produk pangan. Penyinaran dengan sinar UV-C pada skala 240-260 nm akan sangat efektif membasmi unsur patogen pada produk segar dibandingkan disinfektan yang umum digunakan seperti chlorine atau ozone. Sinar matahari ini dapat juga merusak struktur DNA namun pada beberapa jenis mikroba, hal tersebut dapat didunakan untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan UV-V sebagai perlakuan pada pasca panen berhasil dengan baik dalam mengurangi agen-agen patogen. Sehingga mampu mempertahankan kualitas produk. Kelemahan dari penggunaan UV-C ini, yaitu tidak da [...]

Sakit? Jangan Cuma Makan Bubur!

Sakit? Jangan Cuma Makan Bubur!

Tahukah Anda bahwa tidak semua orang yang sakit harus memakan bubur? Selain itu, bila seseorang yang sedang sakit tidak memiliki masalah dengan nafsu makan maupun saluran pencernaannya, justru mereka tidak perlu memakan bubur. Selain itu ketahuilah bahwa bila dapat dihindari, bubur sebaiknya tidak menjadi makanan utama untuk sang penderita sakit selama berhari-hari. Eits, jangan langsung meninggalkan bubur! Mari kita simak penjelasan berikut. Bubur adalah makanan lunak yang sering disajikan untuk orang yang sedang mengalami sakit. Hal itu disebabkan oleh beberapa alasan berikut: Tekstur bubur yang lunak tidak memberikan beban yang begitu berat untuk dicerna tubuh Selain mudah dicerna, zat gizi didalam bubur mudah diabsorpsi tubuh Mengandung cukup banyak air, karena penderita sakit seringkali kehilangan cairan tubuh lebih banyak (lewat muntah, demam, diare) Tidak mengandung bahan yang merangsang dan beraroma tajam, sehingga mudah diterima Pemberian bubur hanya diprioritaskan pada pasien penderita gangguan saluran pencernaan. Berikut penjelasannya. Pemberian Bubur Pada Penderita Gangguan Pencernaan Banyak manfaat yang diperoleh dari penggunaan bubur sebagai [...]

Lahir dengan Bantuan Vakum Membuat Anak Bodoh?

Lahir dengan Bantuan Vakum Membuat Anak Bodoh?

Anda pasti sudah tahu bahwa proses persalinan bisa dilakukan secara normal melalui alat kelamin sang wanita, ataupun secara operasi seksio sesarea atau yang lebih dikenal dengan operasi sesar saja. Nah pada persalinan dengan cara normal, yaitu melalui vagina ibu, ada kalanya kepala bayi sulit untuk dilahirkan, sehingga dibutuhkan alat bantu, alat bantu itu salah satunya berupa vakum. Mendengar kata vakum mungkin terlintas di benak Anda vacuum cleaner yang biasa dipakai dalam membersihkan ruangan. Ya, kurang lebih begitulah bentuk vakum yang digunakan untuk menghisap kepala bayi agar lebih mudah dikeluarkan. Saat vakum ini menempel, dengan tekanannya maka secara alamiah kepala bayi akan menjadi lonjong, tetapi tidak perlu ditakutkan, karena lonjongnya kepala ini bersifat sementara dan akan menghilang dalam beberapa hari. Hal yang kemudian menjadi pertanyaan, betulkah penggunaan vakum ini akan mempengaruhi kecerdasan anak di kemudian hari? Berikut jawabannya: Benarkah Membuat Anak Bodoh? Jawabannya tidak, mitos yang selama ini beredar salah, tidak ada dampak penggunaan vakum pada kualitas otak anak. (Baca: 10 Cara Stimulasi Otak untuk Anak Cerdas) Namun demi [...]

Olahraga Mencegah Pikun untuk Lansia

Olahraga Mencegah Pikun untuk Lansia

Oleh: dr. Adithia Kwee Pemerintah Indonesia menetapkan bahwa mereka yang berusia di atas 65 tahun digolongkan sebagai lansia, atau orang yang lanjut usia. Dari tinjauan bahasa, sebagian kelompok masyarakat lebih nyaman memilih istilah ?usia indah? daripada ?usia lanjut?. ?Kalau lanjut kesannya kami ini tua sekali,? demikian tukas seorang nenek ketika dimintai komentarnya mengapa memilih sebutan usia indah. Menarik. Salah satu musuh terbesar lansia adalah berkembangnya penyakit demensia atau yang lebih dikenal dengan istilah pikun. Penyakit stroke, faktor genetik, dan faktor-faktor lainnya bisa jadi penyebab dari demensia. Tetapi ingat, tidak setiap penurunan daya ingat disebut demensia, seseorang dikatakan menderita demensia jika fungsinya dalam melakukan aktivitas sehari ?hari terganggu. Kabar baik untuk para lansia, sebuah penelitian baru-baru ini dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran UNIKA Atma Jaya, penelitian bertajuk lansia dan demensia ini menemukan bahwa lansia yang memiliki mobilitas yang tinggi, cenderung memiliki risiko yang kecil untuk terkena demensia. Mobilitas yang tinggi bisa diartikan sebagai keaktifan dalam berolahraga, bergerak dalam memenuhi kebutuhan hid [...]

Belanja Bikin Sehat!

Belanja Bikin Sehat!

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda mungkin berpikir hobi berbelanja merupakan suatu hal yang hedonistik, menghabiskan banyak uang dan tidak bermanfaat. Namun ternyata hobi berbelanja memiliki banyak manfaat yang juga positif. Shopping dapat memperpanjang umur Suatu studi yang dilakukan pada pria dan wanita dewasa di Taiwan menemukan bahwa mereka yang berbelanja setiap hari memiliki angka mortalitas 27% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang berbelanja. Berbelanja dalam hal ini tidak selalu berbelanja barang-barang yang mahal. Riset tersebut juga menemukan bahwa orang tua yang lebih sering keluar rumah dan berbelanja, fisiknya lebih aktif dan terjaga dan secara mental juga lebih baik. Berbelanja merupakan suatu bentuk aktivitas fisik Salah satu survey yang dilakukan oleh lembaga di Inggris pada tahun 2013, menemukan bahwa wanita berjalan rata-rata 300 km/tahun sewaktu mereka berbelanja, yaitu sama dengan mengikuti 7 kali marathon. Sering berjalan-jalan ataupun mendorong kereta bayi juga dapat menurunkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes hingga kanker payudara. Berbelanja meningkatkan dopamin Sewaktu Anda berbelanja, Anda pasti merasa senang. Para ilmuwan membuktik [...]

4 Manfaat Mengonsumsi Susu Secara Rutin

4 Manfaat Mengonsumsi Susu Secara Rutin

Seringkali wanita menghindari mengonsumsi susu karena takut akan merusak bentuk tubuhnya. Padahal banyak sekali manfaat susu yang bisa Anda dapat. Apa saja?Susu merupakan minuman kesehatan yang lengkap karena hampir mengandung semua nutrisi penting yang berguna untuk mencegah penyakit kronis. Seperti yang dikutip dari lifemojo, ini beberapa manfaat kesehatan dari minum susu yang akan Anda dapat.1. Meningkatkan kesehatan tulangSusu adalah sumberr kalsium terbaik. Kalsium berguna untuk mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang. Gangguan tulang seperti osteoporosis dapat dicegah dengan asupan harian susu yang cukup.Selain itu, susu juga merupakan sumber vitamin D yang juga tak kalah penting dalam mempertahankan kekuatan tulang. Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh Anda tidak dapat menyerap kalsium dengan baik.2. Meningkatkan kesehatan gigiJumlah kalsium dan fosfor dalam produk susu dan susu itu sendiri juga bermanfaar untuk pengembangan dan pemeliharaan gigi. Protein yang ditemukan dalam susu memberi perlindungan dengan membentuk lapisan tipis pada permukaan enamel untuk mencegah hilangnya kalsium dan fosfat.3. Mempercantik kulitSusu dapat menjaga kelembutan dan kehalusan kulit. Su [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *