Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

menstruasi-terlambat-bisa-disebabkan-oleh-10-hal-ini-alodokter.jpg

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Namun bukan berarti jika tidak haid atau menstruasi terlambat seorang wanita sudah pasti hamil. Menstruasi terlambat juga bisa disebabkan oleh hal lain.

Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda. Kebanyakan siklus menstruasi yang sehat pada wanita terjadi dalam waktu 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi saat ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga saat-saat di mana wanita mengalami menstruasi terlambat. Jika ?datang bulan? mundur dari waktu biasa, bisa jadi itu dikarenakan oleh salah satu alasan berikut.

Stres

Jika seseorang mengalami stres, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) akan terganggu. Stres juga dapat menyebabkan sakit atau kenaikan/penurunan berat badan secara tiba-tiba. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi. Disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, dan rutin berolahraga agar siklus haid kembali lancar.

Obesitas

Perubahan hormonal wanita bisa dipicu oleh penambahan berat badan sedikit pun. Diet dan olahraga mungkin akan disarankan oleh dokter jika obesitas menjadi faktor menstruasi terlambat yang Anda alami.

Berat badan turun

Menstruasi terlambat kemungkinan dialami oleh perempuan dengan gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia. Jika berat badan Anda kurang 10 persen dari yang seharusnya, fungsi tubuh akan berubah dan masa ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan telur) pun terhenti. Mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat dapat mengembalikan siklus haid normal.

Hormon prolaktin berlebih

Menstruasi terlambat dapat disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon ini biasanya diproduksi ketika wanita sedang menyusui. Itulah sebabnya ibu menyusui tidak akan mengalami menstruasi.

Alat kontrasepsi

Pil KB atau pil pencegah kehamilan mengandung hormon estrogen dan progestin, yang mencegah indung telur melepaskan sel telur. Dibutuhkan waktu hingga enam bulan agar siklus menstruasi kembali konsisten setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Alat kontrasepsi yang ditanam atau disuntik juga dapat menyebabkan menstruasi terlambat.

Sindrom ovarim polikistik (Polycystic Ovary Symptom/PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi dimana hormon yang mempengaruhi indung telur untuk memproduksi folikel sangat tinggi kadarnya di dalam darah. Folikel adalah kantong yang terbentuk sebagai tahap awal produksi sel telur. Tingginya kadar hormon membuat produksi folikel juga meningkat tapi folikel ini belum matang sehingga tidak menghasilkan sel telur. Gejala yang tampak adalah siklus menstruasi yang sering kali tidak teratur. Pada wanita penderita PCOS, sel telur bertahan di ovarium. Akibatnya, sel telur tersebut tidak dapat dibuahi.

Penyakit kronis

Diabetes dan penyakit celiac juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. Gula darah yang tidak stabil terkait erat dengan perubahan hormonal, alhasil diabetes yang tidak terkontrol membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Sedangkan penyakit celiac menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Kondisi ini bisa menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting, hingga menyebabkan menstruasi terlambat.

Masalah tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi pun bisa terganggu. Kelenjar tiroid bermasalah dapat dikenali dengan ciri-ciri seperti merasa sangat kelelahan, berat badan naik, rambut rontok, dan merasa kedinginan. Namun jangan khawatir, masalah pada tiroid dapat ditangani dengan obat-obatan. Menstruasi pun akan kembali normal setelah masalah diobati. .

Menopause dini

Kebanyakan wanita mulai memasuki menopause pada usia 45-55 tahun. Namun, ada pula wanita yang mengalami gejala-gejala menopause sebelum atau pada usia 40 tahun. Ini disebut sebagai menopause dini. Menopause menyebabkan pasokan telur berkurang atau berakhir, hasilnya menstruasi terlambat hingga berakhir sama sekali.

Perubahan menstruasi mendadak

Bagi wanita berusia lebih dari 40 tahun, segera konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan profesional jika menstruasi Anda berubah secara tiba-tiba. Misalnya darah yang keluar lebih banyak dan waktu menstruasi lebih lama. Mengapa? Hal tersebut bisa saja menjadi tanda-tanda kanker endometrium, polip serviks, polip endometrium, atau kondisi prakanker (hiperplasia endometrium).

Menstruasi terlambat mungkin dianggap sebagai hal yang tidak menakutkan oleh beberapa wanita. Namun, menstruasi terlambat dapat menjadi gejala beberapa kondisi dan penyakit. Oleh karena itu, disarankan agar tidak ragu berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami menstruasi terlambat. Apalagi jika haid berhenti tiba-tiba selama lebih dari 90 hari, siklus bulanan menjadi sangat tidak teratur, haid selama lebih dari 7 hari, nyeri parah, atau darah keluar dengan deras dan harus ganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Rutinitas Sehari-hari yang Buat Wanita Lebih Bahagia

5 Rutinitas Sehari-hari yang Buat Wanita Lebih Bahagia

Wanita bekerja cenderung merasa stres karena mempunyai banyak pikiran. Agar merasa cukup rileks, ada rutinitas sehari-hari yang bisa membuat hidup lebih bahagia. Apa saja?Studi baru menunjukkan kebiasaan kecil yang dilakukan setiap hari bisa membawa dampak besar yang mempengaruhi skill Anda. Keterampilan yang meningkat dapat membuat pekerjaan semakin lancar serta lebih bahagia. Untuk itu, coba terapkan lima rutinitas berikut seperti yang dilansir dari Prevention.1. Pukul 09:00: Minum Teh HijauCoba memulai hari dengan minum teh hijau. Penelitian mengungkapkan, orang yang mengonsumsi teh hijau sebanyak empat cangkir atau lebih setiap hari 44% lebih kecil mengalami depresi daripada mereka yang kurang minum. Kandungan Theanine di dalamnya menciptakan rasa relaksasi selama 30 sampai 40 menit setelah mengonsumsinya. Selain itu, mengurangi risiko beberapa penyakit berbahaya, seperti kanker hati, kanker payudara, pankreas, serta diabetes.2. Pukul 12:30: Makan SiangUsahakan makan siang dengan asupan yang sehat. Anda bisa pilih buah-buahan, sayuran, ikan, serta biji-bijian. Batasi makanan yang digoreng, terlalu manis, serta junkfood. Sebuah penelitian dari Australia menemukan bahwa wanita [...]

Berpuasa Bagi Penderita Asma

Berpuasa Bagi Penderita Asma

Oleh: dr. Jessica Florencia Bagi umat muslim yang memiliki penyakit tertentu, kedatangan bulan Ramadan sering membawa kekhawatiran tertentu. Pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah saya dapat berpuasa, bagaimana jika penyakit saya kambuh saat berpuasa, atau bagaimana dengan pengobatan saya merupakan sederet pertanyaan yang sering muncul. Secara khusus bagi penderita Asma, penderita biasanya khawatir apakah dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan seringkali bingung mengenai penggunaan obat semprot pelega napas (inhaler). Agar para penderita asma dapat menjalankan puasa dengan baik, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan: Kunjungilah dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu 1 bulan hingga 1 minggu sebelum Anda mulai berpuasa. Dokter akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah derajat asma yang Anda alami terkontrol dengan baik dan menentukan pengobatan yang sesuai. Jika Anda menggunakan inhaler, dan tidak ingin menggunakannya pada saat berpuasa. Gunakanlah inhaler pada saat sahur dan berbuka untuk tetap mengontrol asma Anda. Anda sebaiknya tetap selalu membawa serta inhaler Anda. Jika Anda terkena sera [...]

Ultra Violet Matahari Sebabkan Kanker Mata

Ultra Violet Matahari Sebabkan Kanker Mata

Cahaya silau dari cahaya matahari akibat cuaca global yang tak menentu akhir-akhir ini menyimpan dampak yang berpotensi merusak fungsi mata. Lebih jauh, di belahan dunia lain, London, sebuah studi mengenai bahaya paparan sinar ultra violet bagi mata yang diadakan oleh The Vision Council, justru merekomendasikan anjuran untuk mengenakan kacamata hitam pada anak-anak juga guna melindungi paparan silau cahaya matahari jika berencana beraktivitas diluar ruangan. Studi yang diterbitkan pada 17 Mei lalu itu memaparkan sedikitnya 1 dari 6 orang dewasa beralasan 'silau' sebagai alasan utama untuk mengenakan kacamata hitam ketika cuaca cerah dan beraktivitas diluar. Hasil pooling dari 10.000 orang dewasa tersebut dengan jelas mengemukakan bagaimana sebagian besar orang masih belum sadar akan pentingnya manfaat kesehatan dibalik mengenakan kacamata hitam. Bahkan 20% dari peserta pooling mengemukakan tidak percaya adanya risiko dibalik paparan silau sinar matahari bagi mata. Terdapat beberapa potensi risiko yang dimiliki paparan ultra violet pada matahari, yakni: Pterygium Pterygium adalah pertumbuhan jaringan fibrovaskular berbentuk segitiga yang tumbuh dari arah konjungtiva menuju korne [...]

7 Tempat dengan Penduduk Paling Sehat di Dunia

7 Tempat dengan Penduduk Paling Sehat di Dunia

Budaya dan geografis setiap negara tentu berbeda. Ternyata dua hal tersebut ikut memengaruhi cara hidup mereka. Di beberapa tempat dan negara, ditemukan orang-orang yang hidup lebih dari seratus tahun karena lingkungan alam yang bebas dari polusi, serta kebiasaan mereka menjalani hidup sehat. Ini dia 7 negara dan daerah dengan gaya hidup paling sehat, seperti dikutip dari Care2. 1. Islandia Negara ini memiliki populasi yang tidak begitu banyak, udaranya pun baik dan bebas polusi. Menurut penelitian, mereka mempunyai catatan angka kematian bayi terendah, yaitu 2 diantara 1.000 bayi. Seperti namanya, Islandia adalah negara yang iklimnya dingin. Ternyata alasan mereka masuk ke dalam kategori negara sehat karena penduduknya lebih sering bekerja di luar rumah dan pergi berolahraga di gym. Majalah Forbes menobatkan Islandia sebagai negara paling sehat di dunia. 2. Jepang Kalau mendengar namanya, pasti yang kita bayangkan adalah Sushi, makanan tradisional yang bahan bakunya dari ikan-ikan mentah yang diolah secara sederhana dan bergizi untuk dimakan. Selain itu, Jepang merupakan negara pengonsumsi ikan tertinggi di dunia, begitu juga dengan kedelai dan rumput laut. Cara orang Jep [...]

Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir biasa terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Beberapa perempuan terkena wasir pertama kali saat mereka hamil, dan jika Anda pernah mengalaminya sebelum kehamilan, kemungkinan besar Anda bisa mengalaminya lagi. Dalam kebanyakan kasus, wasir yang berkembang selama kehamilan akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan, terutama jika Anda berhati-hati dalam menanganinya. Mengapa wasir terjadi pada masa kehamilan? Kehamilan membuat seseorang lebih rentan terhadap wasir. Rahim yang membesar menekan vena panggul dan vena kava inferior (vena besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari anggota tubuh bagian bawah). Hal ini memperlambat kembalinya darah dari bagian bawah tubuh Anda, yang meningkatkan tekanan pada vena di bawah rahim dan menyebabkan wasir lebih melebar atau bengkak. Sembelit, masalah umum lain selama kehamilan, juga dapat menyebabkan atau memperburuk wasir. Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah lebih lentur, yang memungkinkan dinding pembuluh darah membengkak lebih mudah. Progesteron juga dapat mengakibatkan sembelit dengan memperlambat saluran usus. Bagaimana saya menghindari was [...]

Makan Bawang Putih Buat Aroma Tubuh Pria Lebih Menarik Bagi Wanita

Makan Bawang Putih Buat Aroma Tubuh Pria Lebih Menarik Bagi Wanita

Bawang putih sering diasosiasikan sebagai penyebab bau badan dan bau mulut, meskipun manfaatnya baik untuk kesehatan. Namun sebuah penelitian telah menampik anggapan umum tersebut. Mengonsumi bawang putih, justru bisa membuat pria lebih menarik bagi lawan jenisnya.Dalam serangkaian penelitian yang dimuat dalam jurnal Appetite, seperti dikutip dari Huffington Post, ditemukan bahwa konsumsi banyak bawang putih akan membuat aroma tubuh pria jadi semakin menarik bagi wanita. Hasilnya pun cukup signifikan.Para peneliti dari Charles University, Praha, Republik Cekoslovakia melakukan percobaan terhadap partisipan yang semuanya pria. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diharuskan makan sandwich dengan isian keju dan 12 gram (sekitar enam siung) bawang putih. Sementara kelompok kedua makan sandwich keju tanpa bawang putih.Agar hasil penelitian semakin akurat, partisipan diminta membatasi pemakaian atau konsumsi segala sesuatu yang bisa memengaruhi aroma tubuh alami. Misalnya tidak memakai deodoran atau merokok. Para partisipan kemudian diberi kapas yang dipakai di ketiak, guna mengumpulkan sampel keringat dan aroma tubuh selama dalam 12 jam.Baca Juga: 50 Foto Before [...]

Apel Hingga Tomat, Ini 10 Makanan yang Bisa Mencegah Depresi

Apel Hingga Tomat, Ini 10 Makanan yang Bisa Mencegah Depresi

Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari perasaan sedih, lelah setelah beraktivitas, hilang semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kehilangan pekerjaan, ditinggal orang yang dicintai, atau baru saja menghadapi bencana.Jika terus dibiarkan, dampaknya akan sangat merugikan tubuh. Berbagai penyakit seperti bisa datang kapan saja. Namun jangan khawatir, ada cara mudah menghindari depresi yang bisa dilakukan melalui menyantap beberapa makanan tertentu. Apa saja?1. Sayuran HijauJenis sayuran seperti bayam dan kale ternyata dapat membantu mencegah timbulnya depresi. Dijelaskan oleh Dr. Joel Fuhrman dalam bukunya 'Eat to Live', sayuran hijau membantu untuk mencegah dan melindung tubuh dari bahaya sel-sel kanker.Menurut sebuah penelitian, beberapa depresi juga memiliki keterkaitan dengan penyakit radang otak. Dengan mengonsumsi sayuran hijau tersebut membantu menghindari terjadinya radang otak karena mengandung vitamin A, C, E, K, serta kandungan mineral di dalamnya.2. ApelMengonsumsi apel minimal satu buah setiap harinya dapat membantuk mencegah timbulnya depresi. Sama seperti stroberi dan rasberi, apel juga dipe [...]

Putus Cinta Meningkatkan Risiko Kematian

Putus Cinta Meningkatkan Risiko Kematian

?Mati Akibat Putus Cinta?, ternyata bukan ungkapan belaka. Dalam kasus ini, jika pasangan hidup ada yang meninggal, maka dapat meningkatkan risiko kematian pada pasangan yang ditinggalkan. Selain itu, diperkuat dari menurut sebuah penelitian, stroke dan serangan jantung dapat meningkat sebesar dua kali lipat dalam 30 hari setelah kematian pasangan. Bagaimana bisa stroke dan penyakit jantung berhubungan dengan putus cinta? Halaman berikut ini penjelasan selengkapnya. Peningkatan Stroke Setelah Kematian Pasangan Setelah kematian pasangan, umumnya seorang akan masuk ke dalam tahap berduka dan menyebabkan gangguan dalam fungsi kehidupannya. Bahkan seorang dapat mengalami fase depresi, dan kehilangan minat untuk melakukankegiatan sehari-hari. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada kelompok pasien yang berumur diatas 60 tahun dengan pasangan yang sudah meninggal, sebanyak 16 dari 10,000 orang menderita serangan jantung atau stroke dalam 30 hari. Sedangkan jika dibandingkan pada orang yang tidak berduka, ternyata angka kejadian stroke atau serangan jantungnya jauh lebih rendah, yaitu sebanyak 8 orang dari 10,000 yang mengalami serangan jantung atau stroke. Namun [...]

5 Fakta tentang Penis

5 Fakta tentang Penis

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Tentu di pikiran kita terkadang muncul beberapa pertanyaan mengenai penis dimana kita terkadang malu untuk menanyakan atau mengungkapkannya. Nah, ada 5 fakta tentang penis yang mungkin anda tidak mengetahui namun dapat terjadi. Penis dapat patah Bila penis terpelintir atau terputar secara kasar pada saat ereksi, maka penis dapat patah. Memang pada penis tidak terdapat tulang, namun terdapat saluran-saluran yang terisi darah pada saat ereksi dimana dapat pecah bila terjadi perlakuan keras. Bila terjadi hal ini, maka darah akan keluar dari penis yang mengakibatkan penis menjadi bengkak dan nyeri. Kasus-kasus mengenai patahnya penis pernah dilaporkan, namun banyak orang yang malu untuk melaporkan. Beberapa kasus disebabkan oleh posisi woman on top pada saat berhubungan intim, kejadiannya biasanya terjadi saat penis secara tidak sengaja keluar dan tertimpa oleh pasangan yang diatasnya. Lelaki dapat ereksi berulang kali pada malam hari Rata-rata seorang pria dapat ereksi sebanyak 3 hingga 5 kali selama tidur malam, dimana ereksi dapat berlangsung 25 ? 35 menit. Sangat wajar bila seorang pria mengalami ereksi pada waktu pagi hari yang merupa [...]

Mengapa Radikal Bebas Harus Ditangkal?

Mengapa Radikal Bebas Harus Ditangkal?

Radikal bebas adalah molekul atau atom dengan minimal satu elektron yang tidak berpasangan, sehingga menjadi sangat reaktif terhadap atom lainnya. Radikal bebas dihasilkan dari metabolisme normal tubuh, contohnya metabolisme gula untuk diubah menjadi energi; atau dari sumber eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi udara, konsumsi alkohol, rokok, dan stres. Radikal bebas dapat menjadi senyawa yang bermanfaat maupun yang berbahaya. Dalam kadar rendah atau sedang, radikal bebas berperan dalam proses pematangan struktur sel, serta bagian dari sistem imun tubuh untuk menghancurkan kuman yang masuk ke tubuh. Ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh amat tinggi dan melebihi kemampuan tubuh untuk menetralkannya, radikal bebas akan berakumulasi di dalam tubuh sehingga memicu suatu fenomena stres oksidatif?yang akan merusak berbagai struktur seluler seperti DNA, protein, dan membran sel. Hasilnya, struktur tersebut akan mengalami proses oksidasi dan menjadi rusak. Dalam kehidupan sehari-hari, proses oksidasi dapat dilihat pada besi yang mengalami perkaratan, atau buah potong yang berubah warna menjadi coklat jika dibiarkan di udara. Lalu bagaimana proses oksidasi yang terjadi di tubu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *