Menteri Linda Gumelar: Sekolah Harus Ramah Anak

100608bfoto-linda.jpg

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengharapkan seluruh sekolah yang ada di Indonesia menciptakan kondisi yang ramah dan aman bagi anak.

“Itu tugas kita bersama untuk membuat pedoman bagaimana menciptakan sekolah yang ramah anak,” kata Linda Amalia Sari Gumelar di Jakarta, Selasa.

Linda mengatakan, semuanya bisa dilakukan secara bertahap dan memerlukan dukungan dari segenap masyarakat khususnya pemerintah daerah.

Pernyataan tersebut terkait dengan kasus kekerasan seksual yang menimpa salah satu murid di Jakarta International School.

Linda berharap dengan menciptakan sekolah yang ramah anak, segala bentuk kasus kekerasan terhadap anak tidak lagi terjadi.

“Sekolah harus memberikan perlindungan yang aman dan nyaman bagi anak sesuai pasal 54 UU nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak, yang menyatakan anak di dalam lingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau teman�teman di dalam sekolah yang bersangkutan atau lembaga pendidikan lainnya,” katanya.

Menteri juga berharap agar orang tua, lembaga pendidikan dan masyarakat lebih waspada dan lebih berhati-hati terhadap lingkungan anak-anak.

Sementara itu, Linda juga menyatakan keprihatinannya terhadap kasus kekerasan seksual di Jakarta International School (JIS).

“Saya mengutuk keras kejadian tersebut, sangat tidak bisa ditoleransi dan meminta aparat penegak hukum untuk membongkar setuntas-tuntasnya kasus ini supaya ada efek jera,” katanya.

Linda juga berharap korban dan juga keluarga bisa dibantu dalam proses pemulihan traumanya yang sangat berat.

Linda mengatakan, keluarga, lingkungan dan sekolah harus mampu menjamin anak dapat terlindungi dalam proses tumbuh kembang mereka.

Dia mengatakan sekolah harus memberikan perlindungan yang aman dan nyaman bagi anak sesuai pasal 54 UU nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak, yang menyatakan anak di dalam lingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau teman-teman di dalam sekolah yang bersangkutan atau lembaga pendidikan lainnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Dari 100 Anak Pernah Alami Kekerasan Seksual di Indonesia

3 Dari 100 Anak Pernah Alami Kekerasan Seksual di Indonesia

Upaya perlindungan anak sepertinya harus semakin ditingkatkan. Pasalnya, data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) 2008 menyebutkan bahwa prevalensi kekerasan anak mencapai 3,02 persen atau 3 dari 100 anak pernah mengalami kekerasan. Masalahnya, kekerasan seksual yang paling banyak ditemui.Seperti disampaikan Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono, kendala yang dihadapi saat ini adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat dan petugas kesehatan untuk melaporkan kejadian kekerasan terhadap anak."Salah satu bentuk perlindungan hukum bagi petugas adalah Permenkes nomor 68 tahun 2013 tentang Kewajiban Pemberi Layanan Kesehatan untuk memberikan informasi apabila ada dugaan kasus kekerasan terhdap anak," katanya saat memberikan sambutan di acara seminartentang Kekerasan Pada Anak di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta,Selasa (12/8/2014).Anung menambahkan, kesadaran berbagai pihak dalam melindungi anak perlu dibantu semua pihak. "Peran masyarakat untuk segera melaporkan kejadian mencegah terjadinya kekerasan yang berkelanjutan," ungkapnya. [...]

Saat Cacing Pita Menginfeksi Usus Anda

Saat Cacing Pita Menginfeksi Usus Anda

Infeksi cacing pita akan Anda rasakan ketika tanpa sengaja menelan makanan atau meminum segelas aiir yang terkontaminasi telur cacing pita atau larva. Ketika Anda menelan telur cacing pita tertentu, cacing dapat bermigrasi di luar usus dan membentuk kista larva dalam jaringan tubuh dan organ (infeksi invasif).Saat tertelan, cacing pita akan berkembang dan tumbuh dewasa di usus Anda, yang menyebabkan terjadinya infeksi usus.Cacing pita dewasa yang terdiri dari kepala, leher, dan rantai segmen disebut sebagai proglottids. Bila Anda mengalami infeksi cacing pita usus, kepala cacing pita melekat pada dinding usus, dan proglottids tumbuh dan menghasilkan telur. Biasanya, infeksi cacing pita usus tergolong ringan, tetapi infeksi larva invasif dapat menyebabkan terjadinya komplikasi serius. Sama halnya dengan jenis penyakit lainnya, sejumlah orang yang menderita infeksi cacing pita disebut tidak memiliki gejala. Tapi, Anda dapat mengetahui apa saja gejala dari infeksi cacing pita, seperti dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (27/8/2014) Infeksi ususTanda dan gejala infeksi usus meliputi Mual Lemah Kehilangan nafsu makan Nyeri perut Diare Berat badan dan penyerapan nutrisi dari makanan [...]

24 Juni, Semua Bungkus Rokok Harus Bergambar Seram!

24 Juni, Semua Bungkus Rokok Harus Bergambar Seram!

Perokok seakan-akan tak jera meski rokok sering dikaitkan dengan sejumlah penyakit. Dengan alasan tersebut industri rokok wajib memberikan peringatan kesehatan bergambar. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan pasal 15-18 dan Permenkes No 28/2013 Tentang Pencantuman Peringatan Kesehatan dan Informasi Kesehatan pada Kemasan Produk Tembakau, industri rokok wajib memberikan peringatan kesehatan bergambar (pictorial health warning) sejak 24 Juni 2014 . Pernyataan tegas ini disampaikan Ketua Tobacco Control Support Center Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC-IAKMI) Kartono Muhammad, mengingat adanya isu yang beredar mengenai kesalahpahaman kata `produksi` pada PP 109 tahun 2012. "24 Juni semua gambar rokok harus berubah. Jangan diotak-atik lagi, kalau melanggar kirimi surat, tarik dari peredaran, dan kalau masih melanggar cabut izinnya oleh Badan POM," tegas Kartono pada wartawan di sela-sela acara Indonesia Conference on Tobacco or Health (ICTOH) di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, ditulis Sabtu (31/5/2014). Kartono mengungkapkan, masa pembuatan bungkus rokok juga tidak [...]

Ada Gel Hidung Agar Perempuan Capai Klimaks Bercinta

Ada Gel Hidung Agar Perempuan Capai Klimaks Bercinta

Kaum Hawa kerap dihubungkan dengan pura-pura mencapai klimaks bercinta (orgasme palsu). Namun, dengan menggunakan gel hidung, wanita tak akan melakukan orgasme palsu lagi.Itulah klaim dari produsen gel hidung Tefina, Trimel Pharmaceuticals Corporation. Menurut perusahaan, gel hidung tersebut bisa memengaruhi libido wanita sehingga bisa mencapai klimaks bercinta.Pihak perusahaan melaporkan tak ada efek samping yang ditimbulkan dari gel hidung itu. Harapannya, produk tersebut segera dirilis ke pasaran seperti dilansir Metro, Jumat (13/6/2014).Gel ini menggunakan hormon seks testosteron dan dirancang untuk pengobatan Female Orgasmic Disorder (FOD). Wanita yang mengalami FOD kesulitan mencapai orgasme atau intensitas untuk mencapai orgasme menurun. Gangguan ini memengaruhi satu dari lima wanita.Percobaan gel ini dilakukan terhadap 253 perempuan dari Amerika, Kanada, dan Australia. Percobaan dilakukan dengan memberikan satu dari tiga dosis obat yang berbeda atau menggunakan plasebo selama 84 hari.Hasilnya, para peneliti menemukan wanita yang menerima pengobatan rata-rata mengalami 2,3 orgasme selama masa percobaan. Sedangkan kelompok yang plasebo hanya mengalami 1,7 orgasme. Selain itu [...]

Jangan Percaya Dulu dengan Suplemen Penurun Kolesterol

Jangan Percaya Dulu dengan Suplemen Penurun Kolesterol

Suplemen penurun kadar kolesterol kerap dianggap sebagai `bala bantuan` untuk mereka yang punya masalah gangguan kolesterol. Padahal kebanyakan suplemen belum teruji secara klinis. Demikian disampaikan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Dr. dr. Anwar Santoso, SpJP(K), FIHAM, FACC, dalam acara menyambut Hari Jantung Sedunia 2014 `Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak untuk Mencegah dan Mengendalikan Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah` di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, Selasa (7/10/2014). "Sebelum bisa dipasarkan, suplemen harus diuji dulu oleh para pakar, karena tidak semua suplemen, secara klinis maupun medis, benar-benar bisa menurunkan kadar kolesterol. Maka itu, kita perlu semacam kajian kritis setelahnya," kata Anwar menjelaskan. Daripada mengonsumsi suplemen yang belum teruji secara klinis, Anwar menganjurkan supaya setiap individu mengubah pola makannya menjadi lebih baik, agar kolesterol di dalam tubuh mengalami penurunan. "Memang yang paling alami dan paling baik adalah mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat itu seperti yang tercantum dalam Permenkes, dan juga jangan lupa mengonsumsi buah-buahan [...]

4 Hari doctorSHARE Pelayanan Medis di Luwu Timur

4 Hari doctorSHARE Pelayanan Medis di Luwu Timur

Bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Luwu Timur dan atas partisipasi donatur tetap, kegiatan pelayanan medis doctorSHARE yang berlangsung di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dengan tema "Mewujudkan Harapan Menuju Masa Depan Cerah" terdiri dari bedah mayor, bedah minor, operasi katarak, pengobatan umum dan penyuluhan kesehatan. Dalam pelayanan medis ini, doctorSHARE menerjunkan 2 dokter spesialis (bedah dan mata), 11 dokter umum, 1 perawat, dan 5 relawan non medis.Tim doctorSHARE tiba di Malili tanggal 22 April 2014. Beberapa anggota tim yang datang terlebih dahulu melakukan persiapan kegiatan di Pelabuhan Malili dan RSUD Ilagaligo serta visit pasien pre operasi di Puskesmas Malili.23 April 2014, pelayanan medis dibuka dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Luwu Timur, H. Andi Hatta Marakarma, MP yang bertempat di Pelabuhan Malili. Beliau beserta para staf juga berkeliling melihat fasilitas di RSA dr. Lie Dharmawan.Pengobatan umum berlangsung di tiga lokasi: Pelabuhan Malili, Puskesmas Wawondula, dan Puskesmas Malili dengan total 1.036 pasien dengan penyakit terbanyak ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), dispepsia (nyeri perut), hipertensi (darah tinggi), dan mya [...]

Sayangi Jantung seperti Kita Menyayangi Mobil Pribadi

Sayangi Jantung seperti Kita Menyayangi Mobil Pribadi

Ketika memiliki mobil baru, kita berusaha untuk selalu merawat dan membawanya ke bengkel untuk diservice setelah dipakai perjalan jauh. Sayang, perhatian ini berbanding terbalik terhadap pelayanan dan perawatan yang kita berikan untuk jantung sendiri."Usai melakukan perjalanan tiap 10.000 kilometer, kita langsung service ke bengkel. Giliran jantung, entah kapan kita melakukan pengecekkan ke dokter. Memang, tanpa disadari kita lebih sayang mobil ketimbang jantung sendiri," kata Spesialis Jantung Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Achyar, SpJP(K), FIHA dalam seminar bertema 'Jakarta Cardiovaskular Summit 2014' di The Ritz-Carlton Hotel, Kuningan, Jakarta, Sabtu (17/5/2014)Padahal, kata dia, jantung yang berfungsi sebagai pompa telah berdenyut selama bertahun-tahun melebihi angka kilometer yang ada di mobil. Namun, kesadaran untuk melakukan pengecekkan jantung sendiri masih sangat rendah."Pasien saya, tidak ada tuh, yang setiap enam bulan melakukan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan jantung, dan meminta untuk dilakukan pengecekkan menggunakan treadmill. Chek up untuk kesehatan diri sendiri saja malas, tapi untuk kendaraan pribadi, tidak," kata Achyar menambahkan.Pria kelahiran Me [...]

Jelang Tutup Tahun, Korban Meninggal Ebola 7.518 Jiwa

Jelang Tutup Tahun, Korban Meninggal Ebola 7.518 Jiwa

Korban meninggal akibat Ebola di tiga negara Afrika Barat bukannya menurun malah meningkat menjadi 7.518 jiwa dari 19.340 kasus. Disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), data terakhir menunjukkan adanya peningkatan hingga 140 kematian baru sejak update terakhir tiga hari sebelumnya. "Sejauh ini kematian masih berpusat di Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Sierra Leone sejauh ini mendominasi kasus hingga 8939, sementara Liberia memiliki 7.830 dan Guinea 2.571. Tapi korban tewas Sierra Leone jauh lebih kecil yaitu 2.556 dibanding Liberia yang memakan korban hingga 3.376 sehingga beberapa ahli kesehatan sempat mempertanyakan kredibilitas angka yang dilaporkan oleh Freetown," tulis laporan tersebut, seperti dikutip Foxnews, Kami (25/12/2014) [...]

Agar Makan Opor Saat Lebaran Tak Berakibat Buruk

Agar Makan Opor Saat Lebaran Tak Berakibat Buruk

Usai sebulan berpuasa, akhirnya bebas sepuasnya makan seperti biasa. Malah makanan yang disajikan saat Lebaran sunnguh menggugah selera. Namun perlu diingat, usai makan opor ayam maupun sambel goreng ati serta menu lain khas Lebaran untuk tetap makan makanan sumber serat terbaik seperti sayur dan buah. Makanan berserat punya peranan penting untuk tubuh lebih dari Anda kira. Menurut dr. Phaidon L. Toruan M.M dan dr Widya Murni, MARS dalam buku Rahasia Terkini Awet Sehat menjelaskan pentingya serat seperti ditulis Health Liputan6.com Senin, (28/7/2014). 1. Bebas gendutSerat sebenarnya adalah karbohidrat yang tak mampu dicerna oleh manusia. Makanan kaya serat memperlambat pelepasan karbohidrat sehingga tubuh akan efisien mengolah energi. Energi akan digunakan dan bukan malah disimpan yang membuat seseorang gendut. 2. Menyapu sampah di ususBuah dan sayur yang kaya serat berfungsi untuk "menyapu" makanan membusuk yang ada di usus, misalnya daging merah. Selain itu, makanan berserat memabtu tubuh membuang bakteri dan virus yang tidak diperlukan tubuh. Sehingga imunitas seseorang jadi baik jauh dari penyakit. [...]

Iklan Rokok Elektrik Pertama Tayang di TV Inggris

Iklan Rokok Elektrik Pertama Tayang di TV Inggris

Kontroversi rokok elektrik sepertinya masih berlanjut. Televisi Inggris untuk pertama kalinya menayangkan seorang wanita yang sedang merokok menggunakan rokok elektrik. Mengutip laman Dailymail, Senin (10/11/2014), mungkin kita semua tahu kalau televisi di dunia tidak boleh menayangkan kegiatan merokok. Di Inggris, peraturan ini berlaku sejak 1965. Tapi apa yang terjadi? Dengan dalih bahwa itu rokok elektrik, maka iklannya boleh ditayangkan di televisi. Iklan rokok elektrik merek VIP itu menunjukkan bagaimana seorang wanita cantik mengembuskan asap dari rokok elektrik. Dan dia percaya, rokok ini adalah alternatif sehat untuk berhenti merokok tembakau.Organisasi Kesehatan Dunia sebelumnya telah memperingatkan bahwa asap rokok elektrik mengandung racun yang bisa meningkatkan risiko kematian. Ahli paru dan Guru Besar Universitas Indonesia, Prof Dr Faisal Yunus, SpP(K), MD, PhD, FCPP mengatakan, seluruh dokter paru sepakat untuk tidak menyarankan masyarakat menggunakan rokok ini karena belum ada bukti rokok elektrik baik untuk kesehatan. "Nanti kalau tidak ada bukti penelitian, siapa yang bertanggung jawab jika 10 hingga 15 tahun ternyata rokok ini berdampak pada kanker," kata dokter [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *