Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Menu-Diet-Mayo-untuk-Meraih-Tubuh-Sehat-dan-Ideal-alodokter.jpg

Kini banyak terdapat beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang beredar di masyarakat. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah diet mayo. Apa sebenarnya yang dimaksud diet mayo dan bagaimanakah cara menerapkan menu diet mayo yang benar? Mari kita telusuri.

Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, merupakan diet yang dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat serta menekan risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gangguan tidur.

Program Jangka Panjang

Perlu diketahui jika diet mayo yang sebenarnya merupakan pengendalian berat badan jangka panjang yang memerhatikan kesehatan secara keseluruhan, jadi tidak sekedar menentukan menu makanan. Diet mayo yang benar menekankan perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat.

Diet mayo dimulai dengan periode awal yang disebut Lose It! selama dua minggu. Pada masa ini lima kebiasaan tidak sehat diganti dengan yang lebih sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat yaitu asupan gula tambahan, camilan manis, sajian daging dan produk susu yang berlebihan, makan di restoran dengan menu tidak terkendali dan makan sambil menonton televisi. Kebiasan tersebut diganti dengan mengonsumsi sarapan sehat, empat porsi sayur dan tiga porsi buah per hari, memilih gandum utuh dan lemak sehat dan berolahraga selama tiga puluh menit tiap hari.

Piramida makanan sebagai prinsip dalam diet mayo, menempatkan sayur dan buah sebagai konsumsi terbanyak. Kemudian disusul dengan asupan karbohidrat, daging dan produk susu serta lemak. Sementara makanan manis sangat dibatasi setiap harinya.

Diet mayo juga mendorong aktivitas fisik dan olahraga. Hal ini dimaksudkan untuk membantu tubuh membakar kalori. Dimulai dengan durasi sekitar 5-10 menit dan ditingkatkan secara bertahap. Rekomendasi dari diet mayo yaitu olahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit per hari. Aktivitas tersebut haruslah mampu meningkatkan detak jantung dan pernapasan serta membuat tubuh berkeringat seperti berjalan cepat atau berkebun.

Dua minggu setelahnya adalah fase Live it! Saat ini Anda harus semakin aktif membangun rencana olahraga sekaligus membuat pilihan makanan serta porsi yang sesuai dengan piramida makanan sehat dari diet mayo.

Pembatasan Jumlah Kalori

Ada beberapa tingkat asupan kalori pada diet mayo. Pada awal memulai diet mayo, untuk wanita dengan berat badan dibawah 113 kg, asupan kalori yang disarankan adalah 1.200 per hari. Kemudian untuk berat badan 113-136 kg, diperlukan 1.400 kalori per hari, sedangkan untuk yang memiliki berat badan diatas 136 kg disarankan mengonsumsi 1.600 kalori setiap hari.

Untuk pria, asupan kalori yang diperlukan sedikit lebih besar. Untuk berat badan dibawah 113 kg, kalori yang dibutuhkan sekitar 1.400, berat badan antara 113-136 kg perlu 1.600 kalori. Lalu untuk berat badan lebih dari 136 kg, akan memerlukan kalori sebanyak 1.800 per hari.

Sebagai gambaran, asupan kalori 1.200 per hari terdiri dari 4 porsi atau lebih sayur, 3 porsi atau lebih buah, 4 porsi karbohidrat, 3 porsi protein atau produk susu, dan 3 porsi lemak.

Berikut contoh dari menu diet mayo untuk asupan 1.200 kalori :

  • Sarapan pagi berupa satu cangkir yoghurt bebas lemak ditambah dengan satu porsi buah.
  • Makan siang terdiri dari satu porsi pasta dengan kombinasi ikan tuna dan sayuran dan saus pelengkap rendah lemak. Lengkapi dengan satu buah jeruk.
  • Memilih camilan sehat yaitu satu buah apel berukuran kecil.
  • Makan malam berupa sayuran hijau yang terdiri dari daun selada, tomat, bawang merah dan jamur, 2 sendok saus pelengkap salad dan sekitar 2 potong pizza dengan toping keju.

Jumlah Penurunan Berat Badan

Selama fase Lose It! yaitu selama dua minggu pertama diet mayo, kemungkinan Anda dapat menurunkan berat badan sekitar 2,7-4,5 kg. Saat ini fokus utama adalah pada penerapan kebiasaan sehat yang baru, seperti aktivitas fisik atau berolahraga minimal 30 menit per hari.

Setelah fase itu selesai, maka Anda akan memasuki fase Live it! Fase ini disarankan untuk diterapkan seumur hidup. Jika Anda konsisten melakukan kebiasaan sehat dan pemilihan menu yang sesuai serta porsi tidak berlebihan, kemungkinan dapat menurunkan berat badan sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu. Jika sudah sampai pada berat ideal Anda, lanjutkan terus kebiasaan yang sudah dilakukan untuk mempertahankan berat badan lewat pola makan sehat.

Diet mayo dapat dilakukan dengan menikmati beragam jenis dan jumlah makanan, asalkan sesuai dengan asupan kalori yang disarankan. Jenis diet ini cocok untuk Anda yang ingin memperbaiki kebiasaan makan dan gaya hidup tak sehat untuk kemudian menggantinya dengan yang lebih baik dalam periode jangka panjang.

Sebelum mengonsumsi makanan diet apapun, termasuk pemilihan menu diet mayo, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Hal ini penting dilakukan terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Butuh Piknik Jangan Ditunda. Cuti Sekarang!

Butuh Piknik Jangan Ditunda. Cuti Sekarang!

Kerjaan yang menumpuk dan tidak ada habisnya seringkali membuat seseorang jenuh, bahkan hingga kerjaan kantor terbawa ke alam mimpi. Ini adalah pertanda Anda butuh piknik dan kondisi ini tidaklah sehat. Mulai ambil lembar cuti dan berliburlah. Berlibur terkadang menjadi sesuatu yang dikesampingkan, apalagi jika dibandingkan dengan beban tanggung jawab atas pekerjaan kantor. Tidak jarang seseorang akan berusaha tetap masuk meski badan sedang tidak fit, kerja lembur hingga larut, atau membawa pulang pekerjaan agar selesai tepat waktu dan disayang bos. Padahal, berlibur merupakan hal yang penting dan dapat mengurangi risiko beberapa penyakit. Tidak hanya itu, setelah berlibur biasanya pikiran akan lebih fresh, sehingga pikiran dapat lebih jernih ketika menyelesaikan tanggung jawab di kantor. Nah, jika Anda mulai lebih sering marah, menunjukkan gejala stres, terus kepikiran kerjaan ketika hendak tidur, membawa pekerjaan kantor ke mana-mana, atau bahkan lupa kapan terakhir berlibur, mungkin itu tandanya Anda butuh piknik. Segera ambil cuti, karena berlibur akan memberikan banyak manfaat yang tidak terpikirkan sebelumnya. Piknik Memang Perlu, Ini Manfaatnya Mulai pilih tempat tujuan li [...]

Panduan Mengonsumsi Obat Herbal

Panduan Mengonsumsi Obat Herbal

Kebanyakan masyarakat Indonesia percaya pada obat herbal. Hal itu bisa dilihat dari masih banyaknya tukang jamu keliling atau berbagai produk yang beredar di pasaran, seperti halnya ginseng, lidah buaya, spirulina, propolis atau ginkgo biloba. Maraknya penggunaan obat herbal di Indonesia berhubungan pula dengan kekayaan tumbuhan yang tersimpan di negeri ini. Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan tumbuhan yang melimpah. Namun apakah obat yang dibuat dari bahan-bahan alami ini sudah pasti aman untuk dikonsumsi? Obat-obatan herbal dibuat dari tumbuh-tumbuhan. Bisa dari daun, bunga, batang akar, buah, atau bijinya. Kemudian bahan-bahan ini diproses dan dikemas dalam bentuk kapsul, tablet, minyak, salep, atau minuman dalam bentuk teh. Karena dibuat dari bahan-bahan alami, masyarakat pun berpikir bahwa obat herbal aman. Akhirnya masyarakat pun tidak ragu mencobanya, terutama jika obat herbal itu sudah digunakan sejak turun-temurun. Pada dasarnya obat herbal yang beredar di Indonesia aman untuk dikonsumsi. Namun dengan catatan bahwa produk tersebut sudah terdaftar di BPOM RI. Di Indonesia sendiri, obat herbal dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu obat herb [...]

Estrogen, Hormon Penting dalam Tubuh Wanita

Estrogen, Hormon Penting dalam Tubuh Wanita

Segala tahap dalam kehidupan wanita, mulai dari pubertas, menstruasi, kehamilan, hingga menopause, tidak lepas dari peran hormon estrogen. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan estrogen dan bagaimana hormon ini bekerja? Estrogen adalah sebutan untuk sekelompok hormon yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan karakteristik seksual wanita serta proses reproduksi. Hormon ini sebenarnya tidak hanya diproduksi dalam tubuh perempuan, tapi juga terdapat dalam tubuh pria dalam kadar yang jauh lebih rendah. Hanya saja peran hormon estrogen dalam tubuh pria belum diketahui secara pasti. Hormon sendiri adalah substansi kimia yang berperan penting dalam tubuh manusia dan mengalir ke seluruh tubuh, umumnya melalui pembuluh darah. Secara umum, hormon berperan dalam: Membawa pesan atau instruksi dari satu kelompok sel ke kelompok sel lain. Memengaruhi fungsi organ dan sel. Mengatur perkembangan dan metabolisme tubuh. Menentukan fungsi seksual dan jaringan reproduksi. Berdampak kepada mood. Mengatur bagaimana tubuh memanfaatkan asupan makanan yang masuk. Mengelola reaksi tubuh terhadap bahaya. Mengenali peran hormon, terutama hormon estrogen dalam tubuh, dapat membuat wanita lebi [...]

Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara yang Kendur?

Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara yang Kendur?

Memiliki payudara yang indah merupakan idaman semua wanita. Tapi karena beberapa hal, banyak wanita yang harus kehilangan kekencangan payudaranya. Anda tidak perlu minder karena ada cara mengencangkan payudara yang bisa dilakukan di rumah. Ada beberapa hal yang dapat membuat kulit payudara kehilangan elastisitasnya atau kendur. Yang pertama adalah akibat kehamilan. Saat hamil, payudara berubah menjadi lebih berisi dan membesar. Hal itu kemungkinan membuat ligamen yang menopang payudara menjadi melar. Perenggangan ini kemungkinan membuat payudara Anda kendur setelah beberapa bulan melahirkan, baik Anda memberikan ASI atau tidak. Faktor lain yang bisa menyebabkan payudara kendur adalah merokok, faktor usia, dan kelebihan berat badan. Payudara yang kendur tersebut bisa dikencangkan dengan rutin melakukan olahraga yang fokus melatih otot area dada. Berikut penjelasannya: Cara pertama: Siapkan bangku panjang selebar bahu Anda. Berbaringlah dengan posisi lengan lurus ke atas sambil memegang barbel pada tiap tangan dan kedua kaki menyentuh lantai. Lalu turunkan barbel lurus ke bawah hingga sejajar dengan sisi dada Anda, lalu angkat kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 1 [...]

Apakah Makanan Pedas Menyebabkan Sakit Maag?

Apakah Makanan Pedas Menyebabkan Sakit Maag?

Hampir tidak ada bukti ilmiah kuat yang dapat mengonfirmasi bahwa makanan pedas menyebabkan sakit maag. Banyak orang mengira makanan pedas akan menyebabkan inflamasi pada organ pencernaan. Padahal sebenarnya hal ini sama sekali belum terbukti. Asal Rasa Pedas Rasa pedas yang Anda rasakan tiap kali menyantap makanan yang mengandung cabai berasal dari zat kimia di dalamnya yang disebut dengan capsaicin. Zat ini mengaktifkan reseptor yang menyampaikan pesan ke otak untuk menerjemahkan sensasi pedas. Meski begitu, rasa pedas dari capsaicin tidak menyebabkan sakit maag. Mengenal Penyebab Sakit Maag Sakit maag terjadi ketika keasaman lambung tidak seimbang sehingga menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan atau luka pada lapisan dinding lambung. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori atau H. pylori sehingga mengakibatkan nyeri ulu hati, rasa kembung, dan nyeri lambung. Orang yang mengonsumsi makanan pedas akan merasakan nyeri. Rasa nyeri ini bisa serupa dengan rasa nyeri ketika sakit maag sedang kambuh. Tapi, rasa nyeri akibat makanan pedas bukanlah disebabkan oleh gangguan pada keasaman lambung seperti dalam kondisi sakit maag. Pada nyatanya, bahan kimia c [...]

Menguap Belum Tentu Mengantuk

Menguap Belum Tentu Mengantuk

Semua orang pasti pernah menguap, baik tua maupun muda. Namun pernahkah terlintas pada pikiran Anda mengenai alasan manusia menguap? Sebagai orang awam, kita hanya tahu bahwa menguap merupakan tanda seseorang kurang tidur atau mengantuk. Atau bukan? Sampai sekarang pun alasan kita menguap masih belum jelas. Banyak ahli yang masih memperdebatkan hingga melahirkan teori yang berbeda-beda berkaitan dengan alasan manusia menguap. Apakah Manusia Menguap Karena Mengantuk? Tidak bisa dipungkiri, menguap sangat erat kaitannya dengan mengantuk atau kelelahan. Anda sendiri pun pasti pernah merasakannya. Menurut beberapa penelitian, menguap bisa menjadi tanda mengantuk, kelelahan, atau gangguan tidur. Robert Provine, seorang ahli syaraf dari Universitas Maryland, Amerika Serikat, yang sudah meneliti tentang menguap selama 30 tahun, mengatakan bahwa seseorang menguap sebagai tanda kelelahan. Menurutnya, orang akan menguap ketika mendekati jam tidur atau setelah bangun tidur. Selain itu, menguap juga ada kaitannya dengan kebosanan. Dia juga melakukan percobaan terkait apakah menguap berhubungan dengan kebosanan dengan cara membagi dua kelompok remaja. Kelompok pertama diberi tontonan tentang [...]

Apakah Aman Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Ear Candle?

Apakah Aman Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Ear Candle?

Kotoran telinga yang jarang dibersihkan akan mengganggu kenyamanan. Ear candle adalah satu pilihan untuk membersihkannya. Tetapi apakah ada efek sampingnya? Akhir-akhir ini ear candle banyak dipilih untuk membersihkan kotoran telinga karena dianggap lebih praktis dan lebih bersih. Para penyedia perawatan telinga ini juga mengklaim penggunaan ear candle dapat memberikan efek relaksasi bahkan diduga dapat menyembuhkan sinusitis, sakit kepala, kanker, dan memperlancar peredaran darah. Sayangnya, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa hal ini dapat efektif membersihkan kotoran telinga. Bahkan, beberapa artikel kesehatan menyebutkan ear candle justru dapat menyebabkan kotoran telinga masuk lebih dalam dan menimbulkan cedera baik di dalam telinga maupun di luar. Akibat Penggunaan Ear candle Penggunaan ear candle dapat menimbulkan beberapa akibat yang dapat membahayakan. Berikut ini adalah beberapa cedera atau risiko perawatan ear candle: Telinga tersumbat oleh lelehan lilin Infeksi telinga bagian luar Hilangnya pendengaran yang bersifat sementara Kerusakan atau berlubangnya gendang telinga Masuknya abu ke dalam gendang telinga Luka bakar pada gendang telinga, dan telinga bagian d [...]

Nikmati Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

Nikmati Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

Tomat memiliki kandungan air yang melimpah dan sangat nikmat jika dijadikan jus untuk mengusir haus di siang hari. Selain nikmat, jus tomat juga mengandung sederet manfaat. Tomat memiliki tingkat kalori yang rendah, yaitu hanya 10kilokalori per buah. Hal ini tentu membuat Anda tidak perlu was-was saat menikmati segarnya jus tomat, bahkan tiap hari sekalipun. Kenapa Jus Tomat Baik untuk Tubuh? Tomat memiliki satu zat bernama likopen. Zat ini adalah salah satu jenis antioksidan yang sangat kuat yang diduga sangat berguna dalam memerangi kanker. Berdasarkan penelitian, likopen sangat baik untuk pria. Mereka yang mengonsumsi tomat dan produk olahan tomat diperkirakan memiliki risiko kanker prostat lebih rendah. Yang patut dicatat adalah mengonsumsi tomat yang sudah diolah lebih baik daripada mengonsumsi secara mentah. Likopen dari tomat yang sudah diolah ataupun yang sudah di jus ternyata lebih mudah dicerna tubuh dibandingkan dengan likopen yang berasal dari tomat mentah. Mengolah tomat membantu lepasnya likopen dari sel-sel dalam tomat. Likopen sendiri merupakan jenis lemak yang larut. Jikapun tidak dijadikan jus, memasak tomat dengan minyak akan membantu pelepasan likopen dari se [...]

Bebas Gerah Walau Memakai Hijab

Bebas Gerah Walau Memakai Hijab

Busana untuk hijabers pastinya berbeda dengan pakaian wanita pada umumnya. Mereka harus mengenakan penutup kepala dan busana serba tertutup. Busana tersebut kerap memicu rasa gerah terutama di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Sebenarnya hal itu tidak akan terjadi jika Anda memilih busana yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips berhijab tanpa rasa gerah walau cuaca sedang terik. Pilih Bahan yang Bersahabat dengan Cuaca Panas Selain harus menutup aurat, hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih busana muslim adalah bahan yang digunakan. Ada berbagai macam bahan yang dipakai untuk membuat pakaian. Namun, tidak semuanya cocok untuk Anda kenakan di cuaca yang panas. Ada beberapa bahan yang cenderung menjebak panas pada kulit, memantulkan panas kembali ke tubuh, dan menghambat keluarnya udara panas. Bahan jenis tersebut biasanya terbuat dari serat sintetis (buatan manusia). Sifat dari bahan ini juga tidak menyerap keringat. Kebalikannya, ada bahan yang terbuat dari serat alami. Bahan jenis ini bisa memperlancar sirkulasi udara pada kulit dan menyerap keringat. Jenis inilah yang bisa Anda pilih untuk menutup aurat. Berikut ini bahan-bahan yang bisa membuat Anda tetap seg [...]

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Ada di Sini

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Ada di Sini

Cara menghilangkan kerutan dibawah mata yang benar harus dimulai dengan mengetahui apa penyebab munculnya kerutan. Perlu diketahui bahwa munculnya kerutan dipengaruhi banyak faktor. Sebagian faktor risiko kemunculan keriput masih bisa dikontrol, misalnya kebiasaan merokok, ekspresi wajah berulang-ulang, dan paparan sinar ultraviolet secara berlebihan. Sementara itu, faktor risiko yang tidak bisa dikontrol adalah faktor usia. Rokok diprediksi dapat menjadikan proses penuaan pada kulit berjalan lebih cepat dibandingkan biasanya. Hal ini kemungkinan karena merokok berisiko mengubah suplai darah ke kulit. Mengenai hubungan dengan ekspresi wajah, seperti sering menyipitkan mata, berisiko memicu munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Sinar ultraviolet yang menerpa kulit mampu memecah jaringan ikat pada kulit, seperti kolagen dan serat elastin. Tanpa jaringan pendukung tersebut, kulit akan kehilangan fleksibilitas sehingga muncul kerutan dini. Faktor usia sendiri tentu dapat mengurangi elastisitas kulit secara alami diakibatkan menurunnya produksi minyak kulit. Beberapa Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Selain di sekitar mata, kerutan biasa terjadi juga di bagian waja [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *