Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Menu-Diet-Mayo-untuk-Meraih-Tubuh-Sehat-dan-Ideal-alodokter.jpg

Kini banyak terdapat beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang beredar di masyarakat. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah diet mayo. Apa sebenarnya yang dimaksud diet mayo dan bagaimanakah cara menerapkan menu diet mayo yang benar? Mari kita telusuri.

Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, merupakan diet yang dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat serta menekan risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gangguan tidur.

Program Jangka Panjang

Perlu diketahui jika diet mayo yang sebenarnya merupakan pengendalian berat badan jangka panjang yang memerhatikan kesehatan secara keseluruhan, jadi tidak sekedar menentukan menu makanan. Diet mayo yang benar menekankan perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat.

Diet mayo dimulai dengan periode awal yang disebut Lose It! selama dua minggu. Pada masa ini lima kebiasaan tidak sehat diganti dengan yang lebih sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat yaitu asupan gula tambahan, camilan manis, sajian daging dan produk susu yang berlebihan, makan di restoran dengan menu tidak terkendali dan makan sambil menonton televisi. Kebiasan tersebut diganti dengan mengonsumsi sarapan sehat, empat porsi sayur dan tiga porsi buah per hari, memilih gandum utuh dan lemak sehat dan berolahraga selama tiga puluh menit tiap hari.

Piramida makanan sebagai prinsip dalam diet mayo, menempatkan sayur dan buah sebagai konsumsi terbanyak. Kemudian disusul dengan asupan karbohidrat, daging dan produk susu serta lemak. Sementara makanan manis sangat dibatasi setiap harinya.

Diet mayo juga mendorong aktivitas fisik dan olahraga. Hal ini dimaksudkan untuk membantu tubuh membakar kalori. Dimulai dengan durasi sekitar 5-10 menit dan ditingkatkan secara bertahap. Rekomendasi dari diet mayo yaitu olahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit per hari. Aktivitas tersebut haruslah mampu meningkatkan detak jantung dan pernapasan serta membuat tubuh berkeringat seperti berjalan cepat atau berkebun.

Dua minggu setelahnya adalah fase Live it! Saat ini Anda harus semakin aktif membangun rencana olahraga sekaligus membuat pilihan makanan serta porsi yang sesuai dengan piramida makanan sehat dari diet mayo.

Pembatasan Jumlah Kalori

Ada beberapa tingkat asupan kalori pada diet mayo. Pada awal memulai diet mayo, untuk wanita dengan berat badan dibawah 113 kg, asupan kalori yang disarankan adalah 1.200 per hari. Kemudian untuk berat badan 113-136 kg, diperlukan 1.400 kalori per hari, sedangkan untuk yang memiliki berat badan diatas 136 kg disarankan mengonsumsi 1.600 kalori setiap hari.

Untuk pria, asupan kalori yang diperlukan sedikit lebih besar. Untuk berat badan dibawah 113 kg, kalori yang dibutuhkan sekitar 1.400, berat badan antara 113-136 kg perlu 1.600 kalori. Lalu untuk berat badan lebih dari 136 kg, akan memerlukan kalori sebanyak 1.800 per hari.

Sebagai gambaran, asupan kalori 1.200 per hari terdiri dari 4 porsi atau lebih sayur, 3 porsi atau lebih buah, 4 porsi karbohidrat, 3 porsi protein atau produk susu, dan 3 porsi lemak.

Berikut contoh dari menu diet mayo untuk asupan 1.200 kalori :

  • Sarapan pagi berupa satu cangkir yoghurt bebas lemak ditambah dengan satu porsi buah.
  • Makan siang terdiri dari satu porsi pasta dengan kombinasi ikan tuna dan sayuran dan saus pelengkap rendah lemak. Lengkapi dengan satu buah jeruk.
  • Memilih camilan sehat yaitu satu buah apel berukuran kecil.
  • Makan malam berupa sayuran hijau yang terdiri dari daun selada, tomat, bawang merah dan jamur, 2 sendok saus pelengkap salad dan sekitar 2 potong pizza dengan toping keju.

Jumlah Penurunan Berat Badan

Selama fase Lose It! yaitu selama dua minggu pertama diet mayo, kemungkinan Anda dapat menurunkan berat badan sekitar 2,7-4,5 kg. Saat ini fokus utama adalah pada penerapan kebiasaan sehat yang baru, seperti aktivitas fisik atau berolahraga minimal 30 menit per hari.

Setelah fase itu selesai, maka Anda akan memasuki fase Live it! Fase ini disarankan untuk diterapkan seumur hidup. Jika Anda konsisten melakukan kebiasaan sehat dan pemilihan menu yang sesuai serta porsi tidak berlebihan, kemungkinan dapat menurunkan berat badan sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu. Jika sudah sampai pada berat ideal Anda, lanjutkan terus kebiasaan yang sudah dilakukan untuk mempertahankan berat badan lewat pola makan sehat.

Diet mayo dapat dilakukan dengan menikmati beragam jenis dan jumlah makanan, asalkan sesuai dengan asupan kalori yang disarankan. Jenis diet ini cocok untuk Anda yang ingin memperbaiki kebiasaan makan dan gaya hidup tak sehat untuk kemudian menggantinya dengan yang lebih baik dalam periode jangka panjang.

Sebelum mengonsumsi makanan diet apapun, termasuk pemilihan menu diet mayo, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Hal ini penting dilakukan terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Sehat Berkat Tahu Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Sehat Berkat Tahu Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Banyak bahan alami di sekitar kita yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah minyak kelapa. Mudahnya mendapatkan bahan baku menjadikan cara membuat minyak kelapa tidak sesulit yang dibayangkan. Minyak kelapa terdiri dari bahan-bahan yang diduga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahan-bahan penyusun minyak kelapa antara lain asam laurat sebanyak 44 persen dan asam miristat sebanyak 16,8 persen. Begitu Banyak Manfaat Minyak Kelapa Dengan komposisi di atas, minyak kelapa ditengarai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa kondisi yang mungkin bisa dibantu berkat penggunaan minyak kelapa. Diabetes Minyak kelapa mungkin bisa memperbaiki toleransi penderita diabetes terhadap glukosa dan memperbaiki resistensi insulin. Pemakaian minyak kelapa juga dianggap dapat mengurangi timbunan lemak. Kolesterol tinggi Beberapa penelitian menyatakan minyak kelapa dapat menaikkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Namun, kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tidak mengalami perubahan. Penelitian lain menyatakan konsumsi minyak kelapa tidak meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Sayangnya, penelitian mengenai efek minyak kelapa terhadap kolesterol dan p [...]

Tidak Cuma Enak, Manfaat Alpukat Juga Banyak

Tidak Cuma Enak, Manfaat Alpukat Juga Banyak

Manfaat alpukat sudah sering disinggung oleh banyak pihak sebagai langkah pemelihara kesehatan yang harus diperhatikan. Hal ini wajar saja mengingat buah ini memiliki hampir 20 vitamin dan mineral dalam satu porsi penyajian saja. Kandungan alpukat atau avokad yang sejauh ini telah diketahui adalah potasium, lutein, dan folat. Aneka vitamin seperti vitamin B, C, E dan lainnya juga terdapat dalam buah yang biasa dijadikan minuman jus ini. Kelebihan lainnya adalah rendah akan kandungan gula, namun kaya akan serat. Walaupun buah ini tinggi lemak, namun tetap aman bila dikonsumsi secara tidak berlebihan karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Inilah Manfaat Alpukat yang Wajib Diketahui Didasari oleh banyaknya kandungan zat bermanfaat di atas, mari kita bahas satu-satu secara lebih mendetail. Mengurangi risiko kanker Mereka yang memiliki kadar asam folat di bawah tingkat ideal bisa memiliki risiko terkena kanker payudara lebih besar, terutama bagi kaum hawa. Hal inilah yang membuat asam folat diprediksi mampu melindungi diri dari risiko kanker serviks, usus besar, lambung, dan pankreas. Kemampuan asam folat dalam melindungi diri dari serangan ka [...]

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu Anda mengurangi tingkat kolesterol dalam darah. Kolesterol sudah bukan lagi hanya menjadi masalah orang tua, bahkan pada usia muda pun seseorang bisa menderita kolesterol. Penyebabnya beragam dan salah satunya adalah kurang mengonsumsi makanan sehat. Banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika kolesterol sudah bersarang di tubuh kita maka dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit lainnya. Jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, sudah seharusnya Anda menjaga makanan dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol Guna menurunkan tingkat kolesterol dalam darah, Anda membutuhkan makanan yang sehat yang dapat menurunkan kolesterol. Berikut ini adalah makanan yang baik untuk Anda konsumsi: Makanan yang mengandung kacang kedelai. Makanan seperti puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame dan tahu mengandung protein yang dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Mengonsumsinya sebanyak 0,5 ons dalam sehari bisa mengurangi kolesterol Anda setidaknya 6%. Buah dan sayuran. Tidak perlu diragukan lagi, jika Anda ingin lebih sehat seba [...]

Pola Makan Food Combining Lebih Menyehatkan?

Pola Makan Food Combining Lebih Menyehatkan?

Banyak orang menerapkan food combining sebagai cara makan yang lebih sehat. Sebenarnya apa itu food combining dan benarkah pola ini bermanfaat untuk kesehatan? Food combining atau sering disingkat FC berpijak pada teori bahwa makanan dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori: makanan pembentuk kadar asam dan pembentuk kadar basa/alkalin tubuh. Konsumsi dua kelompok makanan ini dianggap memengaruhi kadar asam basa tubuh, sehingga makanan asam seperti daging dan ikan sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan basa seperti nasi dan kentang. Karbohidrat misalnya, yang bersifat basa, memerlukan kondisi basa untuk dicerna, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan protein bersifat asam. Teori food combining mengklaim menyehatkan tubuh dengan menjaga keseimbangan kadar asam basa dalam darah. Namun hingga saat ini belum ada bukti ilmiah kuat yang bisa mendukung teori tersebut. Kadar pH memberikan informasi mengenai seberapa tinggi kadar asam dan basa. Jika nilai pH 0 berarti kondisi seluruhnya asam. Sementara pH 14 berarti kondisi seluruhnya basa dan kadar yang netral adalah pH 7. Sangat penting untuk kadar pH tubuh dijaga dalam kadar normal yaitu 7.35-7.45. Jika pH t [...]

Ini Akibatnya Jika Fungsi Lidah Menurun

Ini Akibatnya Jika Fungsi Lidah Menurun

Tidak hanya mencicip makanan, fungsi lidah juga mencakup membantu proses berbicara, mencampur dan menelan makanan, hingga memerangi kuman penyebab penyakit. Lidah adalah organ otot yang ada di dalam mulut. Indera perasa ini diselimuti oleh jaringan merah muda lembap bernama mukosa dan tonjolan kecil kasar yang disebut papila. Nah, permukaan papila ini dilapisi oleh ribuan ujung-ujung pengecap yang terhubung ke saraf di otak. Bayi memiliki lebih banyak ujung pengecap daripada orang dewasa. Inilah fungsi lidah Sama seperti organ tubuh lainnya, lidah juga memiliki fungsi atau manfaat tersendiri. Tahukah Anda apa saja fungsi lidah? Fungsi fisiologis utama lidah adalah membantu mengunyah dan menelan makanan. Lidah juga memainkan peran penting ketika manusia berbicara dan membantu dalam pembentukan suara. Jangan lupakan fungsi lidah lainnya sebagai indera pengecap. Lidah yang dalam peribahasa Indonesia disebut tak bertulang ini dapat merasakan empat macam rasa alami (manis, asam, pahit, asin) dan satu rasa tambahan (gurih atau umami, yang didapat dari mengecap MSG). Rasa pahit atau asam mengindikasikan jika makanan/minuman yang dikonsumsi mungkin beracun dan tidak dapat dimakan atau me [...]

Solusi Wajah Bebas Kilap Meski Kulit Berminyak

Solusi Wajah Bebas Kilap Meski Kulit Berminyak

Kulit yang bersih dan lembap pastilah menjadi dambaan tiap orang. Namun beda cerita bagi pemilik jenis kulit berminyak yang banyak mengeluhkan kulit selalu mengilap dan lengket. Sebenarnya dengan perawatan yang rutin dan tepat, kulit bisa terlihat sehat dan bebas kilap. Pada dasarnya tubuh tiap manusia memproduksi minyak untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Namun produksi minyak yang berlebih bisa mengganggu penampilan serta memicu timbulnya jerawat. Penyebab utama seseorang memiliki kulit berminyak adalah faktor genetik masing-masing individu. Selain itu faktor hormon juga menjadi penyebab utama Anda memiliki kulit berminyak, khususnya pada wanita. Hormon wanita diketahui sering berubah-ubah karena mereka mengalami menstruasi, hamil dan menopause. Faktor lain yang menyebabkan kulit Anda berminyak yaitu: Kondisi fisik. Stres. Cuaca. Pola makan. Terlalu kasar saat menggosok atau mencuci wajah. Produk yang Tepat untuk Kulit Berminyak Produk perawatan untuk kulit berminyak tidak sama dengan jenis kulit lainnya. Jadi Anda tidak bisa memakai produk yang sama yang menghasilkan efek positif pada teman Anda yang memiliki jenis kulit normal atau kering. Mulai saat ini beli pro [...]

Bulu Mata Palsu: Cantik Tapi Berisiko

Bulu Mata Palsu: Cantik Tapi Berisiko

Bulu mata palsu dapat mempercantik tampilan mata Anda. Tetapi sebagian orang mengalami iritasi terhadap perekat pada benda ini. Lentik atau tidaknya bulu mata sebenarnya tergantung kepada faktor genetis. Sebagian orang, terutama wanita, menyiasatinya agar bulu mata mereka tampak lebih lentik dan lebat dengan menggunakan bulu mata palsu. Namun jika tidak digunakan dengan tepat, benda yang seharusnya mempercantik ini justru dapat berdampak buruk. Umumnya ada tiga macam bulu mata palsu berdasarkan jangka waktu pemakaian dan kerumitan pemasangannya. Bulu mata palsu sekali pakai Desain bulu mata palsu yang pertama dibuat dari tenunan rambut manusia pada kasa halus di tahun 1916. Bulu mata palsu yang bersifat sementara ini hanya untuk digunakan dalam satu hari dan dilepas saat tidur, mandi, atau berenang. Bulu mata ini direkatkan pada ujung kelopak mata dan disatukan dengan bulu mata asli dengan lem khusus. Yang perlu menjadi perhatian adalah bulu mata palsu ini tidak bersifat steril. Kandungan poli-nilon di dalamnya dapat menyebabkan infeksi. Jika disimpan di lingkungan yang lembap, serat pada bulu mata dapat menjadi habibat berkembangnya bakteri. Bulu mata ekstensi Ada juga bulu mat [...]

Ambil Manfaat Ciuman Bibir, Namun Jauhi Bahayanya

Ambil Manfaat Ciuman Bibir, Namun Jauhi Bahayanya

Banyak orang yang mengutarakan kasih sayang dengan mengecup bibir pasangannya. Memang nyatanya ciuman di bibir bisa mempererat hubungan di antara dua sejoli yang sedang dimabuk asmara. Tidak hanya baik bagi kelangsungan hubungan, manfaat ciuman bibir juga bisa berdampak kepada kebaikan kesehatan Anda. Tapi tunggu dulu, ciuman pada bibir bisa berubah menjadi aktivitas yang membahayakan jika tidak dilakukan secara sehat. Beragam Manfaat Ciuman Bibir Manfaat utama yang bisa Anda rasakan dari berciuman bibir dengan pasangan adalah hubungan asmara yang makin erat. Makin sering Anda berciuman dengan orang yang dicintai, maka Anda akan makin terhubung dengannya, baik dari segi fisik maupun emosional. Bisa dibilang, berciuman memiliki peran penting dalam membina sebuah hubungan. Bagi kesehatan Anda sendiri, ciuman di bibir dapat memberikan beragam manfaat seperti: Meredakan stres. Ketika stres, coba cium pasangan Anda. Setelahnya pasti Anda akan merasa jauh lebih tenang. Ya, berciuman memang bisa mengurangi ketegangan dan rasa cemas yang disebabkan oleh hormon stres kortisol. Saat berciuman, hormon tersebut akan berkurang dan tergantikan oleh hormon yang bisa membuat Anda merasa lebih [...]

Empat Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Empat Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Makanan-makanan penyebab jerawat umumnya adalah makanan yang dapat meningkatkan gula darah yang kemudian dapat memicu meningkatnya insulin. Dengan meningkatnya tingkatan insulin di dalam tubuh, dapat memacu suatu hormon yang berfungsi memproduksi minyak (androgens) yang pada akhirnya dapat menimbulkan jerawat. Lalu apa saja makanan-makanan yang terkait dengan penyebab jerawat dan apa langkah yang sehat untuk menghindarinya? Jerawat adalah penyakit kulit yang biasa muncul di sekitar wajah, dada, atau punggung. Tingkatannya bisa bervariasi, mulai dari yang ringan seperti komedo hingga tingkatan yang lebih parah seperti bintik-bintik yang berisi kista dan nanah. Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon, tapi ada juga sebagian makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Berikut ini adalah empat makanan yang sebaiknya Anda hindari demi menghindari timbulnya jerawat. Kripik kentang Kripik kentang ternyata memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memicu meningkatnya insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain kripik kentang, kentang goreng, dan roti juga memiliki indeks glikemik yang tinggi yang sebaiknya Anda hindari. Cabai Jika Anda pencinta makanan pedas, ada baiknya An [...]

Mengecilkan Payudara Melalui Operasi

Mengecilkan Payudara Melalui Operasi

Memiliki ukuran payudara yang besar merupakan impian bagi sebagian wanita. Meski begitu, ternyata ada juga wanita yang justru ingin mengecilkan payudaranya. Bagi beberapa wanita yang memiliki payudara yang cukup besar terkadang justru merasa kurang percaya diri karena terlihat tidak proporsional. Hal ini mendorong mereka untuk mengecilkan payudaranya. Selain karena alasan penampilan, ada juga wanita yang berniat mengecilkan payudara karena alasan kesehatan. Seperti sakit punggung, mengalami masalah kulit di bagian bawah payudara, sakit leher, iritasi kulit, kesulitan dalam melakukan beberapa kegiatan dan pundak terasa sakit. Mengecilkan Payudara dengan Operasi Operasi bisa menjadi solusi untuk mengecilkan payudara. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait prosedur ini. Sebelum operasi dilakukan, ada beberapa pemeriksaan payudara yang perlu dilakukan seperti mammogram. Setelah itu, dokter akan memberitahu seberapa banyak jaringan atau lapisan payudara yang akan diangkat. Sebelum melakukan operasi, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter, terutama terkait hal-hal berikut ini : Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh. Berapa lama perlu tinggal di rumah sakit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *