Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Menu-Diet-Mayo-untuk-Meraih-Tubuh-Sehat-dan-Ideal-alodokter.jpg

Kini banyak terdapat beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang beredar di masyarakat. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah diet mayo. Apa sebenarnya yang dimaksud diet mayo dan bagaimanakah cara menerapkan menu diet mayo yang benar? Mari kita telusuri.

Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, merupakan diet yang dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat serta menekan risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gangguan tidur.

Program Jangka Panjang

Perlu diketahui jika diet mayo yang sebenarnya merupakan pengendalian berat badan jangka panjang yang memerhatikan kesehatan secara keseluruhan, jadi tidak sekedar menentukan menu makanan. Diet mayo yang benar menekankan perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat.

Diet mayo dimulai dengan periode awal yang disebut Lose It! selama dua minggu. Pada masa ini lima kebiasaan tidak sehat diganti dengan yang lebih sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat yaitu asupan gula tambahan, camilan manis, sajian daging dan produk susu yang berlebihan, makan di restoran dengan menu tidak terkendali dan makan sambil menonton televisi. Kebiasan tersebut diganti dengan mengonsumsi sarapan sehat, empat porsi sayur dan tiga porsi buah per hari, memilih gandum utuh dan lemak sehat dan berolahraga selama tiga puluh menit tiap hari.

Piramida makanan sebagai prinsip dalam diet mayo, menempatkan sayur dan buah sebagai konsumsi terbanyak. Kemudian disusul dengan asupan karbohidrat, daging dan produk susu serta lemak. Sementara makanan manis sangat dibatasi setiap harinya.

Diet mayo juga mendorong aktivitas fisik dan olahraga. Hal ini dimaksudkan untuk membantu tubuh membakar kalori. Dimulai dengan durasi sekitar 5-10 menit dan ditingkatkan secara bertahap. Rekomendasi dari diet mayo yaitu olahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit per hari. Aktivitas tersebut haruslah mampu meningkatkan detak jantung dan pernapasan serta membuat tubuh berkeringat seperti berjalan cepat atau berkebun.

Dua minggu setelahnya adalah fase Live it! Saat ini Anda harus semakin aktif membangun rencana olahraga sekaligus membuat pilihan makanan serta porsi yang sesuai dengan piramida makanan sehat dari diet mayo.

Pembatasan Jumlah Kalori

Ada beberapa tingkat asupan kalori pada diet mayo. Pada awal memulai diet mayo, untuk wanita dengan berat badan dibawah 113 kg, asupan kalori yang disarankan adalah 1.200 per hari. Kemudian untuk berat badan 113-136 kg, diperlukan 1.400 kalori per hari, sedangkan untuk yang memiliki berat badan diatas 136 kg disarankan mengonsumsi 1.600 kalori setiap hari.

Untuk pria, asupan kalori yang diperlukan sedikit lebih besar. Untuk berat badan dibawah 113 kg, kalori yang dibutuhkan sekitar 1.400, berat badan antara 113-136 kg perlu 1.600 kalori. Lalu untuk berat badan lebih dari 136 kg, akan memerlukan kalori sebanyak 1.800 per hari.

Sebagai gambaran, asupan kalori 1.200 per hari terdiri dari 4 porsi atau lebih sayur, 3 porsi atau lebih buah, 4 porsi karbohidrat, 3 porsi protein atau produk susu, dan 3 porsi lemak.

Berikut contoh dari menu diet mayo untuk asupan 1.200 kalori :

  • Sarapan pagi berupa satu cangkir yoghurt bebas lemak ditambah dengan satu porsi buah.
  • Makan siang terdiri dari satu porsi pasta dengan kombinasi ikan tuna dan sayuran dan saus pelengkap rendah lemak. Lengkapi dengan satu buah jeruk.
  • Memilih camilan sehat yaitu satu buah apel berukuran kecil.
  • Makan malam berupa sayuran hijau yang terdiri dari daun selada, tomat, bawang merah dan jamur, 2 sendok saus pelengkap salad dan sekitar 2 potong pizza dengan toping keju.

Jumlah Penurunan Berat Badan

Selama fase Lose It! yaitu selama dua minggu pertama diet mayo, kemungkinan Anda dapat menurunkan berat badan sekitar 2,7-4,5 kg. Saat ini fokus utama adalah pada penerapan kebiasaan sehat yang baru, seperti aktivitas fisik atau berolahraga minimal 30 menit per hari.

Setelah fase itu selesai, maka Anda akan memasuki fase Live it! Fase ini disarankan untuk diterapkan seumur hidup. Jika Anda konsisten melakukan kebiasaan sehat dan pemilihan menu yang sesuai serta porsi tidak berlebihan, kemungkinan dapat menurunkan berat badan sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu. Jika sudah sampai pada berat ideal Anda, lanjutkan terus kebiasaan yang sudah dilakukan untuk mempertahankan berat badan lewat pola makan sehat.

Diet mayo dapat dilakukan dengan menikmati beragam jenis dan jumlah makanan, asalkan sesuai dengan asupan kalori yang disarankan. Jenis diet ini cocok untuk Anda yang ingin memperbaiki kebiasaan makan dan gaya hidup tak sehat untuk kemudian menggantinya dengan yang lebih baik dalam periode jangka panjang.

Sebelum mengonsumsi makanan diet apapun, termasuk pemilihan menu diet mayo, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Hal ini penting dilakukan terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tetap Langsing dengan Siasat Camilan Sehat

Tetap Langsing dengan Siasat Camilan Sehat

Berat badan ideal memperbesar kemungkinan untuk bisa sehat, serta memiliki penampilan yang prima. Berbagai macam cara dilakukan untuk mencegah penambahan berat badan, termasuk menghindari camilan di sela-sela waktu makan. Benarkah langkah tersebut efektif? Jika Anda sengaja menghindari camilan untuk mengurangi asupan kalori, ada baiknya Anda berpikir ulang. Selain dapat membantu memasok energi di sela-sela waktu makan, camilan sehat juga dapat membantu Anda terhindar dari makan berlebihan, sekaligus menjaga metabolisme pembakaran lemak dalam tubuh. Tidak heran jika camilan yang tepat justru dapat membantu mencegah berat badan bergerak naik, bahkan membantu menurunkannya. Kandungan Serat dan Protein Gula darah akan turun sekitar 3-5 jam setelah Anda makan. Mengonsumsi camilan dalam porsi kecil beberapa kali dalam sehari dapat membantu menjaga metabolisme tubuh dan gula darah. Sebab rasa lapar hanya akan memperlambat metabolisme, sehingga Anda makin rentan untuk mengalami pertambahan berat badan. Pada umumnya, camilan dikaitkan dengan makanan manis, seperti kue, biskuit, es krim, atau kacang berondong. Namun camilan yang seperti ini lebih banyak mengandung lemak dan karbohidrat tin [...]

Percaya Diri Tanpa Bau Kaki

Percaya Diri Tanpa Bau Kaki

Kaki adalah anggota tubuh dengan kelenjar keringat terbanyak sehingga paling berisiko untuk berkeringat dan menimbulkan bau. Meski merupakan masalah umum, kaki yang beraroma tidak sedap dapat membuat Anda tidak percaya diri, terutama saat membuka alas kaki di antara banyak orang. Mengenali beberapa kemungkinan penyebabnya dapat membuat Anda mampu menentukan pilihan yang tepat untuk menanganinya. Penyebab Bau Kaki dan Orang yang Paling Berisiko Mengidapnya Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin dapat menjadi penyebab bau kaki: Kondisi kaki yang lembap karena tertutup sepatu dan kaos kaki sepanjang hari adalah lingkungan yang sempurna untuk bakteri berkembang biak. Bakteri yang bertemu keringat akan menyebabkan timbulnya bau. Menggunakan sepatu dan kaos kaki yang sama selama berhari-hari secara berturut-turut. Tidak mencuci kaki tiap hari. Bau kaki juga lebih mudah dialami beberapa kelompok orang seperti: Orang yang sedang stres, cenderung banyak memproduksi keringat. Orang yang berdiri sepanjang hari. Pengidap hiperhidrosis, yaitu gangguan berkeringat berlebihan. Remaja dan ibu hamil, akibat perubahan hormon. Orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Menghalau [...]

Penyebab Kegemukan yang Jarang Diketahui

Penyebab Kegemukan yang Jarang Diketahui

Pertambahan berat badan tidak selalu berasal dari apa yang Anda makan. Ada banyak faktor-faktor penyebab kegemukan lainnya yang tidak terduga. Berat badan umumnya bertambah ketika kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari makanan yang dikonsumsi. Namun selain makanan, ada banyak faktor yang juga memengaruhi metabolisme dan berat badan tubuh. Kenali faktor-faktor tersebut. Stres Ketika Anda stres, tubuh akan menjadi tegang dan memproduksi hormon yang bernama kortisol. Hormon ini menjadi penyebab utama meningkatnya nafsu makan sehingga membuat Anda dengan mudah menyantap makanan apa pun untuk menenangkan diri. Kurang tidur Ada beberapa hal yang membuat kurangnya waktu tidur berhubungan erat dengan pertambahan berat badan, yaitu: Saat Anda kurang tidur,terjadi peningkatan kadar hormon dalam tubuh yang bisa meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Tidur larut malam membuat Anda berpeluang lebih besar untuk mengonsumsi makanan ringan di malam hari sehingga menambah timbunan kalori di dalam tubuh. Kurang tidur membuat Anda cenderung memilih sembarang makanan seperti goreng-gorengan daripada cemilan sehat seperti buah. Mengonsumsi obat [...]

Mitos dan Fakta Mengenai Manfaat Cuka Apel

Mitos dan Fakta Mengenai Manfaat Cuka Apel

Manfaat cuka apel sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di daratan Eropa. Terlepas dari hingga kini masih banyak yang belum bisa dikonfirmasi secara ilmiah, pemakaian cuka apel sudah sangat populer di antara masyarakat. Cuka apel sendiri dibuat dengan cara memeras apel segar untuk diambil airnya. Air apel tersebut kemudian akan difermentasi menjadi alkohol setelah dicampur dengan bakteri dan ragi. Bakteri yang dilibatkan untuk mengubah alkohol menjadi cuka adalah bakteri asam asetat. Ketika sudah siap digunakan, air apel akan berwarna kecokelatan dengan bau yang tajam. Anggapan Mengenai Manfaat Cuka Apel Cuka apel dianggap memiliki efek positif bagi tubuh. Beberapa di antara manfaat tersebut, antara lain: Menurunkan berat badan Banyak pihak yang mengklaim bahwa cuka apel bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Yang mendukung klaim ini menganggap cuka apel bisa meredam nafsu makan dan membakar lemak. Sayangnya, klaim terhadap hal ini masih sangat minim. Bisa dikatakan bahwa manfaat cuka apel untuk menurunkan berat badan adalah mitos belaka. Fakta yang sebenarnya justru wajib diwaspadai adalah rasanya yang sangat asam dan berisiko memberikan masalah pencernaan bagi mereka yang bel [...]

Makanan dan Minuman yang Justru Memicu Dehidrasi

Makanan dan Minuman yang Justru Memicu Dehidrasi

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh sering ingin buang air kecil berisiko menyebabkan dehidrasi. Mengurangi konsumsi air minum agar tidak terlalu sering buang air kecil? Anda salah besar. Kurang mengonsumsi air minum justru akan menyebabkan gangguan pada saluran kemih. Tingginya frekuensi buang air kecil dapat terpicu oleh konsumsi zat atau unsur tertentu di dalam makanan dan minuman. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membuat tubuh lebih sering buang air kecil: Cokelat. Hindari mengonsumsi cokelat menjelang waktu tidur. Beralih ke cokelat putih lebih dapat mengurangi risiko buang air kecil. Buah-buahan yang bersifat asam, seperti anggur, jeruk, lemon, dan nanas. Buah-buahan yang lain, seperti pisang dan apel juga berpeluang menambah produksi urine. Tomat serta semua makanan dan minuman yang berbahan dasar tomat, seperti jus tomat, sambal tomat, dan saus tomat. Cabai dan semua makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pada kandung kemih. Gula dan pemanis buatan yang banyak terkandung dalam makanan serta minuman ringan. Bawang bombai, bawang putih, peterseli, serta daun bawang yang ditumis lebih tidak berisiko dibandingkan bawan [...]

Baca Informasi tentang Kondom Wanita di Sini

Baca Informasi tentang Kondom Wanita di Sini

Selama ini masyarakat lebih banyak mengenal kondom pria. Meski masih kurang populer, kondom wanita juga termasuk salah satu alat kontrasepsi yang dapat mencegah terjadinya kehamilan. Selain itu, kondom wanita memiliki kemampuan memberikan proteksi terhadap beragam infeksi atau penyakit menular seksual. Bagaimana cara memakai kondom wanita? Berbeda dengan kondom untuk pria, kondom wanita tampak seperti selubung tipis, lembut, dan longgar, lengkap dengan cincin fleksibel pada kedua ujungnya. Satu cincin terbuka, sementara cincin yang lain tertutup. Ujung cincin yang tertutup kemudian akan disisipkan ke dalam vagina guna menampung air mani dari pria saat terjadi ejakulasi. Posisi yang Tepat Kondom dapat dimasukkan ke vagina hingga delapan jam sebelum berhubungan intim. Cara memasukkan kondom dapat dilakukan dengan berbaring, jongkok, atau dengan mengangkat satu kaki ke tempat yang lebih tinggi. Tiap wanita memiliki perbedaan dalam menentukan posisi yang tepat saat menggunakan kondom. Keluarkan kondom dari kemasan dan hati-hati agar jangan sampai robek. Selalu gunakan kondom wanita yang baru tiap akan berhubungan intim. Periksa lagi masa pakai kondom, untuk memastikan produk tidak [...]

Risiko di Balik Cantiknya Kuku Palsu

Risiko di Balik Cantiknya Kuku Palsu

Bagi wanita, tampil istimewa dengan kuku cantik akan menyempurnakan penampilan. Menggunakan kuku palsu dapat menjadi solusi. Namun, berhati-hatilah karena di balik kuku palsu ada risiko kesehatan yang mengintai. Saat akan menggunakan kuku palsu, ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu bahan yang terkandung dalam kuku palsu tersebut dan risiko infeksi yang mungkin terjadi. Kandungan bahan seperti etil metakrilat pada kuku palsu dapat memicu dermatitis kontak, asma, reaksi alergi pada hidung dan mata. Selain itu, ada pula bahan-bahan lain yang perlu diwaspadai seperti benzofenon, etil sianokrilat, butil fenol formaldehida dan trikresil etil ftalat. Salah satu bahan yang sudah banyak dilarang yaitu metil metrakrilat karena meningkatkan risiko infeksi jamur dan kemungkinan kelainan kuku. Zat ini dapat dikenali dari bau kuku palsu yang aneh, serta kuku yang sulit dibentuk dan sulit dilepaskan. Risiko dari kuku palsu juga kerap memicu infeksi bakteri karena terdapat celah antara kuku dengan kuku palsu, sehingga timbul ruang untuk bakteri dan jamur berkembang. Risiko infeksi juga meningkat jika pemasangan kuku palsu dilakukan di tempat yang tidak memiliki sanitasi yang baik. Jenis-Jen [...]

Kafein Bisa Menjadi Sahabat Sehat

Kafein Bisa Menjadi Sahabat Sehat

Apakah Anda termasuk orang yang memulai aktivitas dengan secangkir kopi? Anda tidak sendiri. Banyak orang yang membutuhkan kopi yang sarat kafein sebagai stimulan pada pagi hari. Alasan kopi dapat membuat Anda bersemangat adalah efek kafein kepada otak. Tidak hanya sebagai stimulan, kafein juga dapat menghambat reseptor adenosin. Dampaknya dapat membuat Anda lebih berenergi serta merasa lebih bersemangat. Meski begitu, kafein tidak hanya berasal dari kopi. Secangkir teh atau sebatang cokelat favorit Anda ternyata memiliki kandungan kafein. Kafein juga banyak digunakan dalam obat-obatan tertentu. Namun di balik itu, Anda ingin tahu apa manfaat kafein dan apa risiko kesehatan yang dapat ditimbulkannya? Sisi Positif Kafein Beragam penelitian dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kafein. Sebagaimana dua sisi mata uang, kafein memiliki manfaat dan risiko yang bisa ditimbulkan. Berikut beberapa sisi positif dari kafein, antara lain: Menekan risiko sakit jantung dan diabetes Mengonsumsi kopi dengan kandungan kafein yang tidak berlebihan, sering dikaitkan dengan kemampuan menekan kemungkinan penyakit jantung dan diabetes. Hal ini berhubungan dengan kandungan asam klorogenat [...]

Jangan Sampai Keliru Memilih Sepatu Anak

Jangan Sampai Keliru Memilih Sepatu Anak

Sepatu merupakan salah satu elemen kecil yang memegang peranan kunci dalam melindungi kaki buah hati kita. Seperti apakah sepatu anak yang tepat untuk buah hati kita? Mari kita bahas bersama-sama. Sepatu anak diperlukan untuk melindungi kaki mereka saat beraktivitas di luar ruangan. Agar fungsi sepatu makin optimal, maka pemilihan sepatu yang tepat wajib dilakukan. Jika sampai salah memilihkan sepatu bisa membuat anak mengalami kesulitan dalam bergerak. Inilah Sepatu Anak Yang Tepat Ingatlah bahwa kaki buah hati masih dalam masa pertumbuhan sehingga perlakuannya jangan disamakan dengan kaki orang dewasa. Sepatu anak sebaiknya memiliki sol dari bahan yang fleksibel dan tidak licin. Hal ini diperlukan agar anak tidak mudah terpeleset karena dengan begitu sepatu mampu mencengkeram lantai dengan baik. Pilih juga sepatu berbahan kulit lembut atau kain yang lembut agar bisa membentuk ventilasi udara yang baik. Bahan yang lembut pun perlu diperhatikan agar tidak menghambat perkembangan kaki buah hati Anda. Sepatu anak yang digunakan oleh buah hati Anda juga harus memiliki ruang yang cukup untuk jari-jarinya menekuk. Ruang juga harus ada antara tumit dan tumit sepatunya. Ruang ini diperlu [...]

Jangan Takut Terkena Sinar Matahari

Jangan Takut Terkena Sinar Matahari

Saat melihat sinar matahari, biasanya yang akan orang lakukan adalah menutupi permukaan kulit atau justru memilih berdiam diri di dalam ruangan untuk menghindari sengatan panasnya. Alasannya, karena takut kulit menjadi gelap, terbakar atau terkena kanker kulit. Namun, di balik pengaruh buruknya, sinar matahari ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan. Sinar Matahari adalah Sumber Utama Vitamin D Radiasi ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh sinar matahari tidak selalu membahayakan. Sinar matahari ternyata dapat merangsang produksi vitamin D pada tubuh. Tidak seperti kawan-kawannya, vitamin C dan E, vitamin D kerap dilupakan. Padahal vitamin D merupakan nutrisi vital bagi kesehatan, terutama untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, menurut sebuah penelitian, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 1, nyeri tulang dan otot, kanker payudara, prostat, ovarium, usus besar, dan esofagus. Untuk mendapat asupan vitamin D yang cukup, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang. Cukup terkena paparan sinar matahari secara teratur saja sudah dapat merangsang kulit untuk menghasilkan vitamin D yang jauh melebihi kebutuhan Anda. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *