Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Menu-Diet-Mayo-untuk-Meraih-Tubuh-Sehat-dan-Ideal-alodokter.jpg

Kini banyak terdapat beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang beredar di masyarakat. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah diet mayo. Apa sebenarnya yang dimaksud diet mayo dan bagaimanakah cara menerapkan menu diet mayo yang benar? Mari kita telusuri.

Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, merupakan diet yang dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat serta menekan risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gangguan tidur.

Program Jangka Panjang

Perlu diketahui jika diet mayo yang sebenarnya merupakan pengendalian berat badan jangka panjang yang memerhatikan kesehatan secara keseluruhan, jadi tidak sekedar menentukan menu makanan. Diet mayo yang benar menekankan perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat.

Diet mayo dimulai dengan periode awal yang disebut Lose It! selama dua minggu. Pada masa ini lima kebiasaan tidak sehat diganti dengan yang lebih sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat yaitu asupan gula tambahan, camilan manis, sajian daging dan produk susu yang berlebihan, makan di restoran dengan menu tidak terkendali dan makan sambil menonton televisi. Kebiasan tersebut diganti dengan mengonsumsi sarapan sehat, empat porsi sayur dan tiga porsi buah per hari, memilih gandum utuh dan lemak sehat dan berolahraga selama tiga puluh menit tiap hari.

Piramida makanan sebagai prinsip dalam diet mayo, menempatkan sayur dan buah sebagai konsumsi terbanyak. Kemudian disusul dengan asupan karbohidrat, daging dan produk susu serta lemak. Sementara makanan manis sangat dibatasi setiap harinya.

Diet mayo juga mendorong aktivitas fisik dan olahraga. Hal ini dimaksudkan untuk membantu tubuh membakar kalori. Dimulai dengan durasi sekitar 5-10 menit dan ditingkatkan secara bertahap. Rekomendasi dari diet mayo yaitu olahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit per hari. Aktivitas tersebut haruslah mampu meningkatkan detak jantung dan pernapasan serta membuat tubuh berkeringat seperti berjalan cepat atau berkebun.

Dua minggu setelahnya adalah fase Live it! Saat ini Anda harus semakin aktif membangun rencana olahraga sekaligus membuat pilihan makanan serta porsi yang sesuai dengan piramida makanan sehat dari diet mayo.

Pembatasan Jumlah Kalori

Ada beberapa tingkat asupan kalori pada diet mayo. Pada awal memulai diet mayo, untuk wanita dengan berat badan dibawah 113 kg, asupan kalori yang disarankan adalah 1.200 per hari. Kemudian untuk berat badan 113-136 kg, diperlukan 1.400 kalori per hari, sedangkan untuk yang memiliki berat badan diatas 136 kg disarankan mengonsumsi 1.600 kalori setiap hari.

Untuk pria, asupan kalori yang diperlukan sedikit lebih besar. Untuk berat badan dibawah 113 kg, kalori yang dibutuhkan sekitar 1.400, berat badan antara 113-136 kg perlu 1.600 kalori. Lalu untuk berat badan lebih dari 136 kg, akan memerlukan kalori sebanyak 1.800 per hari.

Sebagai gambaran, asupan kalori 1.200 per hari terdiri dari 4 porsi atau lebih sayur, 3 porsi atau lebih buah, 4 porsi karbohidrat, 3 porsi protein atau produk susu, dan 3 porsi lemak.

Berikut contoh dari menu diet mayo untuk asupan 1.200 kalori :

  • Sarapan pagi berupa satu cangkir yoghurt bebas lemak ditambah dengan satu porsi buah.
  • Makan siang terdiri dari satu porsi pasta dengan kombinasi ikan tuna dan sayuran dan saus pelengkap rendah lemak. Lengkapi dengan satu buah jeruk.
  • Memilih camilan sehat yaitu satu buah apel berukuran kecil.
  • Makan malam berupa sayuran hijau yang terdiri dari daun selada, tomat, bawang merah dan jamur, 2 sendok saus pelengkap salad dan sekitar 2 potong pizza dengan toping keju.

Jumlah Penurunan Berat Badan

Selama fase Lose It! yaitu selama dua minggu pertama diet mayo, kemungkinan Anda dapat menurunkan berat badan sekitar 2,7-4,5 kg. Saat ini fokus utama adalah pada penerapan kebiasaan sehat yang baru, seperti aktivitas fisik atau berolahraga minimal 30 menit per hari.

Setelah fase itu selesai, maka Anda akan memasuki fase Live it! Fase ini disarankan untuk diterapkan seumur hidup. Jika Anda konsisten melakukan kebiasaan sehat dan pemilihan menu yang sesuai serta porsi tidak berlebihan, kemungkinan dapat menurunkan berat badan sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu. Jika sudah sampai pada berat ideal Anda, lanjutkan terus kebiasaan yang sudah dilakukan untuk mempertahankan berat badan lewat pola makan sehat.

Diet mayo dapat dilakukan dengan menikmati beragam jenis dan jumlah makanan, asalkan sesuai dengan asupan kalori yang disarankan. Jenis diet ini cocok untuk Anda yang ingin memperbaiki kebiasaan makan dan gaya hidup tak sehat untuk kemudian menggantinya dengan yang lebih baik dalam periode jangka panjang.

Sebelum mengonsumsi makanan diet apapun, termasuk pemilihan menu diet mayo, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Hal ini penting dilakukan terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cari Tahu Kandungan Krim Mata di Sini

Cari Tahu Kandungan Krim Mata di Sini

Mata merupakan salah satu organ terpenting yang harus dijaga. Tidak hanya untuk menjaga fungsi mata, merawat kesehatan kulit di sekitar mata juga tidak kalah penting untuk penampilan Anda secara keseluruhan. Area kulit disekitar mata disebut-sebut memiliki perbedaan kebutuhan dengan bagian wajah lain sehingga membutuhkan krim khusus untuk mata selain pelembap wajah. Jika dibandingkan dengan kulit wajah, kulit sekitar mata tampak lebih tipis dan cenderung mengalami proses penuaan lebih cepat. Masalah kulit kering juga lebih rawan terjadi di daerah sekitar mata. Pertambahan usia dapat membuat kulit makin kering dan membentuk kerutan kecil. Faktor lain seperti rokok dan sinar matahari juga turut mendukung percepatan pembentukan kerut di sekitar mata. Selain itu, kinerja otot-otot kecil di balik kulit pada area tersebut bekerja dengan keras, misalnya ketika Anda menyipitkan mata, tersenyum, atau saat melebarkan mata. Mengenali Kandungan Krim Mata Pada tingkat paling dasar, krim mata memiliki fungsi yang serupa dengan pelembap wajah, yaitu menahan air di lapisan kulit terluar. Juga bertindak sebagai penghalang sementara dari kulit terhadap paparan lingkungan di sekitarnya. Sebagian be [...]

Diet Detoksifikasi: Perlu dan Aman Dilakukan?

Diet Detoksifikasi: Perlu dan Aman Dilakukan?

Diet detoksifikasi alias diet detoks bertujuan membersihkan tubuh dari racun atau zat-zat berbahaya. Tapi ternyata tidak seampuh dan seaman yang kita duga. Detoksifikasi mengacu pada proses menghilangkan racun atau toksin dari tubuh yang merugikan kesehatan dalam jangka pendek atau panjang. Racun tersebut berupa kontaminan (bahan yang dianggap mengkontaminasi nutrisi yang berguna bagi kesehatan) seperti pengawet, pewarna makanan, pestisida, dan penguat rasa. Metode detoksifikasi yang populer dalam beberapa tahun belakangan ini adalah diet detoks. Diet detoks dapat berupa puasa, menghindari lemak atau karbohidrat, hanya mengonsumsi makanan/minuman tertentu (seperti buah-buahan, sayuran, jus, atau air) atau makanan dengan kandungan serat tinggi, serta menghindari makanan olahan. Ada pula yang menganjurkan menggunakan ramuan herba dan suplemen lainnya untuk mengosongkan usus. Beberapa orang percaya bahwa mencerna makanan dapat membuat tubuh mengalami ?stres?. Diet detoksifikasi seperti hanya minum air putih atau jus diyakini dapat menghilangkan stres semacam itu dan memungkinkan tubuh untuk beristirahat. Sedangkan diet detoks tinggi serat diklaim dapat membakar lemak yang terkumpul [...]

Kulit Terlihat Mulus Berkat Waxing

Kulit Terlihat Mulus Berkat Waxing

Memiliki bulu yang terlalu lebat pada bagian tubuh tertentu mungkin dapat membuat Anda merasa kurang nyaman atau kurang percaya diri. Sebagai solusi, Anda dapat menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan dengan metode waxing. Metode ini dipandang lebih efektif dalam menghilangkan bulu dibandingkan metode lainnya. Sebelum memutuskan untuk waxing, apa saja yang perlu diperhatikan? Kelebihan Metode Waxing Waxing bertujuan menghilangkan bulu-bulu pada tumbuh hingga ke akarnya. Setelah dilakukan waxing, rambut tidak tumbuh kembali selama 1-2 bulan. Namun, pada sebagian orang, rambut mungkin dapat tumbuh kembali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan oleh siklus pertumbuhan rambut yang berbeda-beda pada tiap individu. Waxing tergolong sebagai metode menghilangkan bulu yang semipermanen dan metode ini memiliki beragam manfaat dibandingkan dengan metode lain. Waxing diketahui efektif untuk menghilangkan rambut dalam jumlah besar secara sekaligus. Selain itu, waxing lebih tahan lama karena bulu tidak tumbuh hingga delapan minggu. Rambut yang tumbuh selanjutnya akan lebih lembut. Menghilangkan bulu menggunakan krim penghilang bulu atau dengan mencukurnya justru dapat membuat rambut yang tum [...]

Cara Menambah Tinggi Badan yang Sebenarnya

Cara Menambah Tinggi Badan yang Sebenarnya

Tinggi badan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Berikut ini cara meninggikan badan secara alami Menambahkan tinggi badan terkadang menjadi hal yang membingungkan. Meski ada beberapa cara untuk menambahkan tinggi badan, jangan tergoda dengan iklan obat atau suplemen yang mengklaim bisa merangsang pertumbuhan tinggi badan. Apalagi jika tertulis adanya hormon pertumbuhan yang terkandung di dalam suplemen tersebut. Pasalnya, hormon pertumbuhan hanya dapat diberikan dalam bentuk suntikan bukan tablet atau sirup. Selain itu ada efek samping yang berbahaya bagi tubuh Anda. Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami Pertumbuhan tinggi badan seseorang dimulai dari sejak remaja. Pada pria, masa pertumbuhan dimulai sejak usia 11 dengan puncak masa pertumbuhan di usia 13 tahun. Sedangkan pada wanita, masa pertumbuhan dimulai sejak usia 9 hingga 10 tahun dengan masa puncak di usia 11 hingga 12 tahun. Masa pertumbuhan ini akan berakhir pada akhir masa pubertas. Oleh karena itu, sebelum pertumbuhan berhenti, lakukan beberapa cara di bawah ini untuk menambahkan tinggi badan: OlahragaSelain membuat tubuh sehat dan bugar, rutin melakukan olahraga diduga juga bisa membantu dalam menambah ti [...]

Menjaga Produksi Kolagen Demi Awet Muda

Menjaga Produksi Kolagen Demi Awet Muda

Berterimakasihlah kepada kolagen. Karenanya, kulit kita bisa terlihat awet muda, kenyal dan bebas keriput. Tapi sayangnya, produksi kolagen pada tubuh dapat menurun karena beberapa hal. Kolagen merupakan protein yang ada di tubuh, tepatnya di kulit, tulang, otot dan urat. Senyawa ini berfungsi sebagai perekat seluruh tubuh dan menyumbang pada kekuatan dan struktur tubuh. Pada kulit, kolagen mempengaruhi kekuatan dan struktur kulit. Pergantian sel kulit lama oleh sel kulit baru juga dipengaruhi oleh senyawa protein ini. Pada kalangan muda, kolagen bisa memberikan kelembapan dan membuat kulit elastis. Apa Saja yang Membuat Produksi Kolagen Menurun atau Rusak? Seiring pertambahan usia, produksi kolagen akan menurun. Penurunan ini membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Hasilnya, kulit mengendur serta timbul garis-garis halus dan keriput pada kulit. Penurunan produksi kolagen yang disebabkan oleh usia merupakan hal normal dan akan terjadi pada semua orang. Namun, ada hal yang bisa membuat produksi kolagen menurun atau rusak sebelum waktunya. Sinar matahari. Kandungan sinar ultraviolet (UV) dalam sinar matahari dapat memecah kolagen dan merusak serat-seratnya. Elastin, protein yan [...]

Jika Tubuh Kelebihan Asam Laktat

Jika Tubuh Kelebihan Asam Laktat

Kadar asam laktat pada tubuh bisa meningkat karena beberapa hal, seperti olahraga yang dilakukan berlebihan atau kondisi kesehatan tertentu. Dalam ilmu kedokteran, kelebihan asam laktat disebut sebagai asidosis laktat. Apa yang akan terjadi jika produksi asam laktat pada tubuh meningkat? Apakah kondisi ini berbahaya? Jawabannya tergantung kepada penyebab. Jika kelebihan asam laktat diakibatkan oleh berolahraga, maka tidak berbahaya. Pada dasarnya, tiap orang memiliki ambang batas kemampuan dalam melakukan aktivitas fisik (ambang anaerobik atau ambang laktat). Namun ambang batas tersebut bisa meningkat seiring Anda melatih tubuh dengan berolahraga secara teratur. Batas ambang juga bisa menjadi tolak ukur seberapa fit jantung dan kondisi pembuluh darah seseorang. Ketika Anda berolahraga ringan dan masih di bawah ambang batas laktat, maka asam laktat yang akan diproduksi pun sedikit. Tubuh pun dengan mudahnya melenyapkan asam laktat. Tapi ketika intensitas olahraga bertambah, produksi asam laktat akan meningkat dan membuatnya menumpuk di darah dan otot-otot. Ketika kondisi tubuh terlalu lelah, tubuh akan kesulitan menghilangkan kadar asam laktat tersebut. Meski tidak berbahaya, Anda [...]

Pakai Bra Saat Tidur, Berbahayakah?

Pakai Bra Saat Tidur, Berbahayakah?

Sebagian besar wanita mungkin lebih memilih melepas bra ketika hendak tidur. Alasannya mungkin agar lebih nyaman sekaligus menghindari dampak buruk akibat pemakaiannya. Ya, menurut kabar yang beredar di masyarakat, memakai bra saat tidur kerap dikaitkan dengan kanker payudara. Menurut isu yang beredar, bra mungkin dapat menghambat sirkulasi pada getah bening dan mengganggu pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Hal tersebut dianggap bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Penyebab kanker payudara sendiri hingga saat ini belum bisa dipastikan. Namun, yang para dokter tahu, kanker payudara dapat terjadi ketika ada sel-sel pada payudara yang tidak tumbuh secara normal. Sel-sel ini berkembang dengan cepat sehingga membentuk benjolan pada payudara. Sel-sel ini mungkin dapat menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh Anda lainnya. Nah, sayangnya, para ahli belum bisa menemukan bukti ilmiah yang menyatakan bahwa pemakaian bra saat tidur dapat menyebabkan kanker payudara. Bahkan, memakai bra berkawat (jenis bra yang paling sering dikambinghitamkan sebagai penyebab kanker) juga tidak meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara. Jadi, Anda bisa memakainya [...]

Seperti Apa Orgasme pada Pria dan Wanita?

Seperti Apa Orgasme pada Pria dan Wanita?

Hubungan seksual tetap dapat dinikmati tanpa orgasme. Namun ketidakmampuan mencapai orgasme bagi sebagian orang menjadi persoalan yang cukup besar.Oleh karenanya, penting untuk mengenal apa dan bagaimana orgasme terjadi. Orgasme adalah sensasi yang dirasakan saat berhubungan seksual dengan intens dan mencapai klimaks. Sensasi ini dapat dirasakan pria maupun wanita. Orgasme pada Pria Saat mencapai orgasme, umumnya napas pria dan wanita akan makin cepat dan kuat serta detak jantung makin cepat. Meski demikian terdapat perbedaan mendasar orgasme antara pria dengan wanita. Periode orgasme pada pria dimulai sesaat sebelum air mani keluar hingga keluarnya air mani terakhir. Namun terkadang beberapa pria mengalami orgasme tanpa ejakulasi. Sebelum mencapai orgasme, pria mengalami beberapa tahapan yang kemudian diidentifikasi para pakar dengan nama-nama sebagai berikut: Pembangkitan gairah. Penis menegang mengalami ereksi karena rangsangan fisik maupun psikologis. Ereksi disebabkan oleh aliran darah yang memenuhi area sepanjang penis. Skrotum mengencang dan testikel tertarik mendekat ke tubuh. Masa persiapan. Paha dan bokong mengencang. Kepala penis mengembang dan pembuluh darah di sekita [...]

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Selama berabad-abad, puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani oleh sebagian masyarakat untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi. Bagi umat Islam, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani tiap hari selama bulan Ramadhan. Agar berpuasa dapat berjalan lancar, ada beberapa fakta kesehatan yang harus diperhatikan. Jika tidak dilakukan dengan sehat, puasa dapat melemahkan tubuh dan membahayakan kesehatan. Sebaliknya, puasa yang sehat dapat bermanfaat secara psikis dan fisik. Apa saja manfaatnya? Ketika berpuasa, tubuh mengalami perubahan sesuai dengan lama berpuasa. Faktanya, tubuh memerlukan waktu delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh mampu berpuasa jika diberi asupan terlebih dahulu. Maka dari itu, penting untuk makan sahur yang bergizi sebelum menjalani puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari. Pada kondisi normal, sumber energi utama dalam tubuh adalah gula yang disimpan di hati dan otot. Selama berpuasa, simpanan gula ini digunakan untuk menghasilkan energi yang diperlukan tubuh. Setelah gula terpakai, lemak menjadi sumber energi berikutnya dan ini dapat mengurangi berat badan. Jika sumber-sumber energi tersebut masih belu [...]

Dampak Buruk yang dapat Dialami Penggemar Video Porno

Dampak Buruk yang dapat Dialami Penggemar Video Porno

Penelitian menemukan bahwa video porno ternyata memberi dampak kepada banyak aspek di dalam kehidupan manusia. Menonton tayangan yang juga dinamakan film biru ini secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan fisik, mental, dan sosial seseorang. Dahulu, media cetak dan keping DVD menjadi sarana pornografi yang relatif tidak mudah didapat, namun kini sebagian besar orang sudah dapat mengaksesnya dengan mudah, bahkan hanya melalui smartphone di tangannya dengan satu klik saja. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 26 persen pria menggunakan internet untuk menonton video porno, sedangkan wanita hanya 3 persen. Terbangkitkannya gairah seseorang oleh video porno terkait dengan beberapa bagian otak. Sebuah teori menyatakan bahwa video porno menegaskan peran neuron cermin (mirror neuron), yaitu sel-sel otak yang menjadi aktif ketika mengamati sebuah aktivitas pemicu, sehingga kemudian membangkitkan gairah seksual pria. Peneliti memprediksi bahwa alasan sebagian orang menonton video porno, antara lain untuk mewujudkan fantasi mereka menjadi adegan yang dapat mereka lihat atau berharap bisa mempraktikkan apa yang mereka tonton menjadi tindakan nyata. Sementara sebagian orang lain mengguna [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *