Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Menu-Diet-Mayo-untuk-Meraih-Tubuh-Sehat-dan-Ideal-alodokter.jpg

Kini banyak terdapat beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang beredar di masyarakat. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah diet mayo. Apa sebenarnya yang dimaksud diet mayo dan bagaimanakah cara menerapkan menu diet mayo yang benar? Mari kita telusuri.

Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, merupakan diet yang dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat serta menekan risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gangguan tidur.

Program Jangka Panjang

Perlu diketahui jika diet mayo yang sebenarnya merupakan pengendalian berat badan jangka panjang yang memerhatikan kesehatan secara keseluruhan, jadi tidak sekedar menentukan menu makanan. Diet mayo yang benar menekankan perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat.

Diet mayo dimulai dengan periode awal yang disebut Lose It! selama dua minggu. Pada masa ini lima kebiasaan tidak sehat diganti dengan yang lebih sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat yaitu asupan gula tambahan, camilan manis, sajian daging dan produk susu yang berlebihan, makan di restoran dengan menu tidak terkendali dan makan sambil menonton televisi. Kebiasan tersebut diganti dengan mengonsumsi sarapan sehat, empat porsi sayur dan tiga porsi buah per hari, memilih gandum utuh dan lemak sehat dan berolahraga selama tiga puluh menit tiap hari.

Piramida makanan sebagai prinsip dalam diet mayo, menempatkan sayur dan buah sebagai konsumsi terbanyak. Kemudian disusul dengan asupan karbohidrat, daging dan produk susu serta lemak. Sementara makanan manis sangat dibatasi setiap harinya.

Diet mayo juga mendorong aktivitas fisik dan olahraga. Hal ini dimaksudkan untuk membantu tubuh membakar kalori. Dimulai dengan durasi sekitar 5-10 menit dan ditingkatkan secara bertahap. Rekomendasi dari diet mayo yaitu olahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit per hari. Aktivitas tersebut haruslah mampu meningkatkan detak jantung dan pernapasan serta membuat tubuh berkeringat seperti berjalan cepat atau berkebun.

Dua minggu setelahnya adalah fase Live it! Saat ini Anda harus semakin aktif membangun rencana olahraga sekaligus membuat pilihan makanan serta porsi yang sesuai dengan piramida makanan sehat dari diet mayo.

Pembatasan Jumlah Kalori

Ada beberapa tingkat asupan kalori pada diet mayo. Pada awal memulai diet mayo, untuk wanita dengan berat badan dibawah 113 kg, asupan kalori yang disarankan adalah 1.200 per hari. Kemudian untuk berat badan 113-136 kg, diperlukan 1.400 kalori per hari, sedangkan untuk yang memiliki berat badan diatas 136 kg disarankan mengonsumsi 1.600 kalori setiap hari.

Untuk pria, asupan kalori yang diperlukan sedikit lebih besar. Untuk berat badan dibawah 113 kg, kalori yang dibutuhkan sekitar 1.400, berat badan antara 113-136 kg perlu 1.600 kalori. Lalu untuk berat badan lebih dari 136 kg, akan memerlukan kalori sebanyak 1.800 per hari.

Sebagai gambaran, asupan kalori 1.200 per hari terdiri dari 4 porsi atau lebih sayur, 3 porsi atau lebih buah, 4 porsi karbohidrat, 3 porsi protein atau produk susu, dan 3 porsi lemak.

Berikut contoh dari menu diet mayo untuk asupan 1.200 kalori :

  • Sarapan pagi berupa satu cangkir yoghurt bebas lemak ditambah dengan satu porsi buah.
  • Makan siang terdiri dari satu porsi pasta dengan kombinasi ikan tuna dan sayuran dan saus pelengkap rendah lemak. Lengkapi dengan satu buah jeruk.
  • Memilih camilan sehat yaitu satu buah apel berukuran kecil.
  • Makan malam berupa sayuran hijau yang terdiri dari daun selada, tomat, bawang merah dan jamur, 2 sendok saus pelengkap salad dan sekitar 2 potong pizza dengan toping keju.

Jumlah Penurunan Berat Badan

Selama fase Lose It! yaitu selama dua minggu pertama diet mayo, kemungkinan Anda dapat menurunkan berat badan sekitar 2,7-4,5 kg. Saat ini fokus utama adalah pada penerapan kebiasaan sehat yang baru, seperti aktivitas fisik atau berolahraga minimal 30 menit per hari.

Setelah fase itu selesai, maka Anda akan memasuki fase Live it! Fase ini disarankan untuk diterapkan seumur hidup. Jika Anda konsisten melakukan kebiasaan sehat dan pemilihan menu yang sesuai serta porsi tidak berlebihan, kemungkinan dapat menurunkan berat badan sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu. Jika sudah sampai pada berat ideal Anda, lanjutkan terus kebiasaan yang sudah dilakukan untuk mempertahankan berat badan lewat pola makan sehat.

Diet mayo dapat dilakukan dengan menikmati beragam jenis dan jumlah makanan, asalkan sesuai dengan asupan kalori yang disarankan. Jenis diet ini cocok untuk Anda yang ingin memperbaiki kebiasaan makan dan gaya hidup tak sehat untuk kemudian menggantinya dengan yang lebih baik dalam periode jangka panjang.

Sebelum mengonsumsi makanan diet apapun, termasuk pemilihan menu diet mayo, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Hal ini penting dilakukan terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Merawat Rambut dengan Sampo yang Tepat

Merawat Rambut dengan Sampo yang Tepat

Pilihan jenis sampo sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan merawat rambut, sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala Anda. Sampo yang lebih mahal tidak selalu berarti lebih baik dan lebih tepat untuk Anda. Ketahui kebutuhan rambut Anda dan jangan percaya begitu saja pada iklan sampo. Untuk menemukan sampo yang paling sesuai untuk rambut dan kulit kepala, Anda dapat membaca kandungan pada label dan mencoba beberapa macam merek. Sampo dan Jenis Rambut Pada dasarnya semua sampo mengandung dua jenis bahan: pembersih dan pelembut. Persentase dan bahan kandungan di dalam sejenis sampo disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala yang ditargetkan sampo tersebut. Langkah awal mengetahui sampo mana yang tepat untuk merawat rambut Anda adalah dengan mengenali jenis dan masalah rambut. Apakah rambut Anda berminyak? Apakah rambut Anda pernah diwarnai? Sampo berbeda menawarkan kandungan dan manfaat yang berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan rambut. Berikut jenis rambut dan sampo beserta kandungan yang sesuai: Rambut kering Sampo yang tepat untuk rambut jenis ini biasanya mengandung minyak alami yang berfungsi sebagai pelembap. Dalam label kandungan pada kemasan sampo, Anda dapat [...]

Mengusir Rasa Kantuk dan Lelah di Tempat Kerja

Mengusir Rasa Kantuk dan Lelah di Tempat Kerja

Olahraga secara teratur adalah cara alami untuk mencegah kantuk saat bekerja. Kurangnya kadar oksigen di dalam otak, rendahnya kadar gula darah, dan dehidrasi adalah beberapa penyebab datangnya rasa kantuk dan lelah. Dengan menyiasati kondisi tersebut, manfaatnya dapat membuat Anda tetap segar dan lancar bekerja sepanjang hari. Tidak hanya mengonsumsi kopi, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir rasa kantuk dan lelah di tempat kerja. Bergerak di sela-sela jam kerja Berjalan kaki dan melakukan gerak tubuh membuat oksigen terpompa ke otak dan otot. Melakukan aktivitas seperti ini selama lima menit saja dapat membuat Anda terjaga hingga satu jam setelahnya. Luangkan waktu untuk berjalan kaki keluar ruangan, menuruni tangga ke lobi, atau beribadah ke mushola. Berikut ini adalah beberapa hal sederhana yang dapat dicoba untuk memastikan tubuh Anda tetap aktif bergerak di kantor. Sempatkan berjalan Cari kesempatan untuk berdiri dan melangkahkan kaki di sela jam kerja, seperti berjalan keluar saat beristirahat lima menit. Selain itu, daripada mengirim pesan singkat lewat internet, lebih baik Anda mendatangi meja rekan kerja untuk berdiskusi. Rapat di luar kantor Jika mem [...]

Lima Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Lima Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Jahe merupakan tanaman herba yang kerap dipercaya masyarakat dapat mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot hingga penanganan kanker. Jika ditinjau dari segi medis, setidaknya ada lima manfaat jahe yang baik bagi tubuh. Jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa menimbulkan efek positif di lambung dan usus. Tidak hanya itu, senyawa ini mungkin bisa meredam rasa mual dengan cara memberikan efek di otak dan sistem saraf. Berikut lima kondisi yang mungkin efektif jika diatasi dengan mengonsumsi jahe: Pusing. Kondisi ini membuat Anda merasa seperti berputar (vertigo) atau kepala terasa ringan (lightheadedness). Dapat juga terasa seperti kehilangan keseimbangan atau terasa melayang. Jahe diduga dapat meringankan pusing dengan cara merangsang aliran darah ke otak. Selain itu jahe dipercaya dapat meringankan mual. Nyeri menstruasi. Bagi para wanita yang sering merasa nyeri saat menstruasi, bisa coba mengonsumsi ekstrak jahe dengan dosis empat kali sehari selama tiga hari di awal menstruasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe bisa membantu mengurangi gejala nyeri menstruasi. Khasiat jahe sepertinya dapat disamakan dengan obat ibuprofen dan a [...]

Seberapa Penting Kacamata dalam Menghalau Cahaya

Seberapa Penting Kacamata dalam Menghalau Cahaya

Kacamata yang digunakan seseorang bukan saja menjadi pemanis penampilan. Lebih dari itu, kacamata juga memiliki fungsi kesehatan yang seharusnya disadari pemakainya. Penggunaan kacamata adalah satu cara dalam merawat mata dan bukan sebuah sarana yang berfungsi menyembuhkan penglihatan. Salah satu fungsi yang sering dilupakan adalah fungsi sebagai protektor mata dari kerusakan yang bisa disebabkan oleh sinar ultraviolet. Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu tertentu pada mata bukan saja bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit kelopak mata. Bagian dalam mata, seperti kornea, lensa, dan bagian lainnya pun berpotensi mengalami kerusakan. Bahkan, sinar ultraviolet diduga ikut berperan bagi timbulnya katarak dan menurunnya fungsi makula mata (area bintik mata yang paling sensitif terhadap rangsangan sinar). Kerusakan kelopak mata akibat terpapar sinar ultraviolet sama seperti kerusakan kulit lainnya di dalam tubuh manusia. Jika terjadi dalam jangka waktu lama dan tidak diantisipasi, hal tersebut memungkinkan tumbuhnya kanker kulit. Paparan sinar ultraviolet secara langsung yang menerpa kornea mata berisiko menyebabkan keratitis. Kondisi ini merupakan peradangan kornea y [...]

5 Pilihan Terbaik Sayuran untuk Diet

5 Pilihan Terbaik Sayuran untuk Diet

Memiliki tubuh dengan berat badan ideal tentunya akan menyenangkan. Bagi Anda yang tengah menurunkan berat badan, harus pandai-pandai memilih menu makanan. Berikut lima jenis sayuran untuk diet yang dapat Anda manfaatkan. Berdiet bukan berarti pilihan makanan semakin sedikit. Prinsip yang dapat diterapkan dalam memilih makanan saat menurunkan berat badan yaitu yang mengandung banyak air, kaya serat, dan tinggi kandungan kalsium. Ketiganya akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, sehingga asupan kalori jadi lebih sedikit. Sayuran hijau merupakan salah satu pilihan yang terbaik saat diet, sekaligus meningkatkan kesehatan. Sayuran jenis ini kaya serat, vitamin dan mineral yang dapat membantu menurunkan risiko beragam penyakit seperti diabetes, kanker dan sakit jantung. Sayuran yang dapat menjadi pilihan, antara lain : Bayam. Bayam dalam satu mangkuk saji, rata-rata hanya mengandung sekitar 20 kalori, yang dilengkapi dengan vitamin A, C, dan asam folat. Selain itu, bayam juga kaya kandungan zat besi dan vitamin K. Untuk memperoleh kandungan kalsium dari bayam, maka lakukan proses memasak terlebih dahulu. Rebus daun bayam selama beberapa menit, kemudian konsumsi bersama dengan a [...]

Fakta tentang Manfaat Infused Water

Fakta tentang Manfaat Infused Water

Infused water terbuat dari air mineral yang dipadukan dengan potongan buah. Minuman ini menjadi populer karena diklaim mendatangkan banyak manfaat. Namun benarkah demikian? Pernah melihat orang menenteng botol air mineral yang diisi dengan potongan lemon atau buah-buahan lain? Seperti itulah yang dinamakan dengan infused water. Infused water dibuat dengan menambahkan potongan buah ke dalam sebotol air mineral. Setelah diaduk, botol segera ditutup dan disimpan di dalam lemari pendingin untuk setidaknya dua jam agar rasa dan sari buah menyatu dengan air. Biasanya setelah direndam di dalam air untuk waktu yang cukup lama, potongan buah menjadi lembek dan dibuang karena teksturnya yang kurang enak untuk dimakan. Klaim mengenai Manfaat Infused Water Akhir-akhir ini infused water populer dan menjadi bagian dari gaya hidup karena dipercaya mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Padahal klaim-klaim tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Berikut ini beberapa klaim mengenai manfaat infused water beserta faktanya. Sarana detoks dan trik memperlancar metabolisme tubuh Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral diklaim sebagai sarana detoks yang baik bagi tub [...]

Ingin Makan Pizza tanpa Merasa Bersalah? Begini Caranya!

Ingin Makan Pizza tanpa Merasa Bersalah? Begini Caranya!

Bagi sebagian wanita, mengonsumsi pizza merupakan dosa besar. Diet ketat yang telah dijalani seakan hancur ketika ada makanan khas Italia ini di depan mata. Tapi tunggu dulu, tidak semua pizza harus kita jauhi, kok. Ada jenis pizza yang aman kita konsumsi tanpa harus merasa bersalah dengan tubuh. Pizza yang kerap dijual oleh restoran cepat saji biasanya memiliki kadar lemak, garam, dan kalori yang tinggi. Zat-zat tersebut dapat berdampak buruk bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Berikut kejahatan pizza yang dijual restoran cepat saji: Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat meningkat risiko terkena tekanan darah tinggi. Kandungan lemak tinggi pada pizza dapat memicu kolesterol. Makanan berkalori tinggi dapat menyebabkan obesitas. Ketiga jenis kondisi ini bisa memicu penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Agar kita bisa memanjakan lidah tanpa harus berbuat jahat kepada tubuh, ikuti tips mengonsumsi pizza di bawah ini: Pilih pizza khas Italia. Pizza asli Italia berbeda dengan pizza yang umumnya dijual di restoran cepat saji. Pizza jenis ini lebih tipis, garing, dan tidak berminyak yang dilengkapi oleh limpahan irisan tomat panggang, sedikit kej [...]

Jadikan Kulit Putih dan Berseri di Rumah

Jadikan Kulit Putih dan Berseri di Rumah

Memiliki kulit putih berseri adalah dambaan tiap wanita. Mereka pun tidak ragu menghabiskan uang untuk membeli produk pemutih kulit atau melakukan perawatan mahal di salon dan klinik kecantikan. Namun ada cara-cara alami yang tidak mahal. Memutihkan kulit bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Siapkan saja bahan-bahan alami untuk menjadikan kulit putih sehat dan berseri. Beberapa produsen kerap menambahkan bahan-bahan alami yang dipercaya mampu mencerahkan kulit. Daripada Anda memakai produk tersebut, yang mengandung bahan kimia juga di dalamnya, lebih baik Anda langsung mengaplikasikan bahan-bahan alami ke kulit. Meski begitu, Anda harus sedikit bersabar. Khasiat dari bahan-bahan ini tidak seketika. Butuh proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lalu apa saja bahan-bahan alami yang bisa membantu mencerahkan kulit? Lemon Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Di dalamnya juga mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) yang bisa membantu pengelupasan kulit secara alami. Beberapa komponen keasaman pada lemon juga bisa mencerahkan kulit. Tidak heran jika banyak produk pemutih yang menyertakan lemon di dalamnya. Pada dasarnya lemon aman untuk digunakan. [...]

Bahaya Merokok Shisha

Bahaya Merokok Shisha

Shisha atau biasa juga disebut hookah merupakan gaya merokok tembakau ala Timur Tengah. Cara merokok shisha berbeda dengan mengisap rokok tembakau pada umumnya. Shisha menggunakan tabung yang berisi air. Di dalam tabung itu, tembakau dipanaskan dengan ditambahkan rasa buah-buahan. Tabung shisha juga dilengkapi dengan selang untuk menghirup asap yang dihasilkannya. Saat ini tren merokok shisha sedang digandrungi masyarakat dan telah menjadi bagian dari pergaulan. Asapnya yang beraroma buah-buahan membuat orang-orang menjadi penasaran untuk mencobanya. Akhirnya merokok ?buah-buahan? ini pun dijadikan pilihan dengan alasan lebih menyehatkan ketimbang merokok tembakau biasa. Mereka pun menganggap asap shisha tidak berbahaya karena semua racun pada tembakau telah diserap oleh air. Tapi ternyata semua anggapan-anggapan itu keliru. Merokok shisha lebih berbahaya dibandingkan merokok tembakau biasa. Menurut World Health Organization (WHO), merokok shisha selama satu jam sama bahayanya seperti mengisap 100 rokok. Apa Saja Kandungan Shisha? Seperti rokok, shisha mengandung tembakau dan kandungan beracun lain seperti nikotin, tar, karbon monoksida, arsenik, dan timah. Meski kandungannya sam [...]

8 Mitos Pemutihan Kulit

8 Mitos Pemutihan Kulit

Krim pemutih menjadi primadona di industri kecantikan saat ini. Bagaimana tidak, banyak orang, terutama kaum hawa, yang ingin kulitnya putih agar terlihat lebih cantik. Namun di samping itu, beredar pula mitos-mitos yang salah tentang pemutihan kulit. Berikut ini adalah mitos-mitos yang perlu Anda ketahui. Mitos 1: Aman memakai krim pemutih di bawah sinar matahari. Fakta: Tidak benar. Ketika menjalani perawatan dengan krim pemutih, kulit akan menjadi sensitif, terutama jika terkena paparan sinar matahari. Jadi sebisa mungkin hindari terkena sinar matahari secara langsung. Gunakan tabir surya atau pelindung lainnya seperti topi bertepi lebar, kacamata, payung, atau pakaian yang menutupi kulit. Mitos 2: Tidak perlu memakai tabir surya saat cuaca mendung. Fakta: Mungkin selama ini Anda berpikir faktor yang membuat kulit menghitam adalah teriknya sinar matahari. Sehingga dengan mudahnya Anda meninggalkan tabir surya ketika ke luar rumah saat cuaca mendung, padahal itu masih siang hari. Kenyataannya, radiasi sinar matahari masih bisa menembus cuaca mendung dan mengenai kulit Anda. Akibatnya kulit menjadi lebih gelap. Beberapa produsen juga kerap menambahkan sun protection factor (SPF) [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *