Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Menu-Diet-Mayo-untuk-Meraih-Tubuh-Sehat-dan-Ideal-alodokter.jpg

Kini banyak terdapat beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang beredar di masyarakat. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah diet mayo. Apa sebenarnya yang dimaksud diet mayo dan bagaimanakah cara menerapkan menu diet mayo yang benar? Mari kita telusuri.

Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, merupakan diet yang dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat serta menekan risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gangguan tidur.

Program Jangka Panjang

Perlu diketahui jika diet mayo yang sebenarnya merupakan pengendalian berat badan jangka panjang yang memerhatikan kesehatan secara keseluruhan, jadi tidak sekedar menentukan menu makanan. Diet mayo yang benar menekankan perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat.

Diet mayo dimulai dengan periode awal yang disebut Lose It! selama dua minggu. Pada masa ini lima kebiasaan tidak sehat diganti dengan yang lebih sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat yaitu asupan gula tambahan, camilan manis, sajian daging dan produk susu yang berlebihan, makan di restoran dengan menu tidak terkendali dan makan sambil menonton televisi. Kebiasan tersebut diganti dengan mengonsumsi sarapan sehat, empat porsi sayur dan tiga porsi buah per hari, memilih gandum utuh dan lemak sehat dan berolahraga selama tiga puluh menit tiap hari.

Piramida makanan sebagai prinsip dalam diet mayo, menempatkan sayur dan buah sebagai konsumsi terbanyak. Kemudian disusul dengan asupan karbohidrat, daging dan produk susu serta lemak. Sementara makanan manis sangat dibatasi setiap harinya.

Diet mayo juga mendorong aktivitas fisik dan olahraga. Hal ini dimaksudkan untuk membantu tubuh membakar kalori. Dimulai dengan durasi sekitar 5-10 menit dan ditingkatkan secara bertahap. Rekomendasi dari diet mayo yaitu olahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit per hari. Aktivitas tersebut haruslah mampu meningkatkan detak jantung dan pernapasan serta membuat tubuh berkeringat seperti berjalan cepat atau berkebun.

Dua minggu setelahnya adalah fase Live it! Saat ini Anda harus semakin aktif membangun rencana olahraga sekaligus membuat pilihan makanan serta porsi yang sesuai dengan piramida makanan sehat dari diet mayo.

Pembatasan Jumlah Kalori

Ada beberapa tingkat asupan kalori pada diet mayo. Pada awal memulai diet mayo, untuk wanita dengan berat badan dibawah 113 kg, asupan kalori yang disarankan adalah 1.200 per hari. Kemudian untuk berat badan 113-136 kg, diperlukan 1.400 kalori per hari, sedangkan untuk yang memiliki berat badan diatas 136 kg disarankan mengonsumsi 1.600 kalori setiap hari.

Untuk pria, asupan kalori yang diperlukan sedikit lebih besar. Untuk berat badan dibawah 113 kg, kalori yang dibutuhkan sekitar 1.400, berat badan antara 113-136 kg perlu 1.600 kalori. Lalu untuk berat badan lebih dari 136 kg, akan memerlukan kalori sebanyak 1.800 per hari.

Sebagai gambaran, asupan kalori 1.200 per hari terdiri dari 4 porsi atau lebih sayur, 3 porsi atau lebih buah, 4 porsi karbohidrat, 3 porsi protein atau produk susu, dan 3 porsi lemak.

Berikut contoh dari menu diet mayo untuk asupan 1.200 kalori :

  • Sarapan pagi berupa satu cangkir yoghurt bebas lemak ditambah dengan satu porsi buah.
  • Makan siang terdiri dari satu porsi pasta dengan kombinasi ikan tuna dan sayuran dan saus pelengkap rendah lemak. Lengkapi dengan satu buah jeruk.
  • Memilih camilan sehat yaitu satu buah apel berukuran kecil.
  • Makan malam berupa sayuran hijau yang terdiri dari daun selada, tomat, bawang merah dan jamur, 2 sendok saus pelengkap salad dan sekitar 2 potong pizza dengan toping keju.

Jumlah Penurunan Berat Badan

Selama fase Lose It! yaitu selama dua minggu pertama diet mayo, kemungkinan Anda dapat menurunkan berat badan sekitar 2,7-4,5 kg. Saat ini fokus utama adalah pada penerapan kebiasaan sehat yang baru, seperti aktivitas fisik atau berolahraga minimal 30 menit per hari.

Setelah fase itu selesai, maka Anda akan memasuki fase Live it! Fase ini disarankan untuk diterapkan seumur hidup. Jika Anda konsisten melakukan kebiasaan sehat dan pemilihan menu yang sesuai serta porsi tidak berlebihan, kemungkinan dapat menurunkan berat badan sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu. Jika sudah sampai pada berat ideal Anda, lanjutkan terus kebiasaan yang sudah dilakukan untuk mempertahankan berat badan lewat pola makan sehat.

Diet mayo dapat dilakukan dengan menikmati beragam jenis dan jumlah makanan, asalkan sesuai dengan asupan kalori yang disarankan. Jenis diet ini cocok untuk Anda yang ingin memperbaiki kebiasaan makan dan gaya hidup tak sehat untuk kemudian menggantinya dengan yang lebih baik dalam periode jangka panjang.

Sebelum mengonsumsi makanan diet apapun, termasuk pemilihan menu diet mayo, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Hal ini penting dilakukan terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Faktor-faktor Pendukung Senam Mengecilkan Perut

Faktor-faktor Pendukung Senam Mengecilkan Perut

Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang demi mendapatkan perut rata bebas buncit. Salah satu cara yang patut dicoba adalah senam mengecilkan perut. Timbunan lemak di daerah perut bukan datang tanpa sebab. Adalah hormon kortisol yang memiliki andil menahan lemak perut. Lalu, mampukah senam mengecilkan perut mengatasinya? Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Perut Rata Sebelum melakukan senam mengecilkan perut, ketahui dahulu beberapa hal penting terkait lemak perut agar tidak terjadi kesalahpahaman dan rasio keberhasilannya makin tinggi. Lemak di perut terjadi ketika faktor kalori yang berlebihan berjumpa dengan faktor hormon kortisol dan insulin. Walaupun kita mengurangi asupan berkalori, pembakaran lemak di daerah perut bisa terasa lebih lambat dibanding penurunan berat badan. Hal ini karena pembakaran lemak tersebut juga banyak bergantung pada naik turunnya kadar hormon di dalam darah. Banyaknya produksi hormon insulin terkait dengan jumlah makanan mengandung karbohidrat atau gula yang dikonsumsi. Sementara itu, hormon kortisol terkait erat dengan tingkat stres seseorang serta kualitas dan kuantitas tidur. Untuk itu, cukupi kebutuhan tidur demi menjaga level kortisol yang stabil d [...]

Cara Tidur Nyenyak Ternyata Tidak Sulit

Cara Tidur Nyenyak Ternyata Tidak Sulit

Kualitas tidur malam yang baik akan membuat Anda merasa segar keesokan harinya. Untuk mendapatkan tidur berkualitas, mari cari tahu mengenai bagaimana cara tidur nyenyak. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan tidur terkait dengan menurunnya daya berpikir dan memproses informasi. Kekurangan tidur juga terkait erat dengan kejadian kecelakaan kerja. Lebih jauh lagi, jika dibiarkan dalam jangka panjang, kurang tidur diasosiasikan dengan meningkatnya risiko serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Setidaknya Ada Empat Penyebab Sulit Tidur Jika Anda mengalami sulit tidur, dianjurkan untuk mengetahui penyebabnya. Tujuannya agar Anda mudah mengantisipasi kondisi ini. Beberapa hal yang terkait dengan kesulitan tidur antara lain: Stres Tidak bisa dimungkiri, permasalahan hidup seperti konflik dalam rumah tangga atau urusan pekerjaan dapat membuat Anda stres. Masalah semacam itu seperti terus-menerus berputar dan menempati ruang di kepala dan membuat Anda terus memikirkannya. Anda dapat menjadi lebih lama terjaga dan menjadi sulit tidur. Usia Memasuki usia 40 tahun, pada umumnya muncul kecenderungan perubahan pola tidur. Jika pada usia sebelumnya dapat tidur n [...]

Duduk Terlalu Lama, Bisa Pengaruhi Kesehatan dan Prestasi

Duduk Terlalu Lama, Bisa Pengaruhi Kesehatan dan Prestasi

Begitu banyak aktifitas sehari-hari, seperti menonton televisi, mengerjakan pekerjaan rumah, membaca dan menggunakan komputer, yang dilakukan sambil duduk. Belum lagi bila bepergian dengan motor, mobil, bus atau kereta, kita cenderung akan duduk. Totalnya, dalam sehari kita bisa duduk hingga sepuluh jam lebih. Masalahnya adalah perilaku tidak aktif seperti duduk yang berlangsung lama ternyata berisiko membawa dampak kurang baik bagi kesehatan. Sejumlah studi mengaitkan perihal duduk terlalu lama dengan kecenderungan mengalami diabetes tipe 2, obesitas, kanker jenis tertentu, serta meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Duduk untuk jangka waktu lama diduga dapat berpengaruh kepada kemampuan tubuh dalam mengatur tingkat gula darah dan tekanan darah. Selain itu, duduk terlalu lama juga diduga bisa memperlambat kerja metabolisme dan penguraian lemak tubuh. Ketika dalam posisi duduk, tubuh diibaratkan sedang dalam keadaan padam karena hanya sedikit aktivitas otot yang diaktifkan. Kurangi Intensitas Duduk Sebenarnya tidak ada patokan yang baku mengenai berapa waktu yang dihabiskan seseorang untuk bisa dianggap duduk terlalu lama. Namun [...]

Mengusir Biang Keringat

Mengusir Biang Keringat

Biang keringat atau miliaria rubra disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar keringat pada kulit. Umumnya terjadi saat suhu panas dan kondisi lembap. Jika Anda atau si kecil mengalami ruam atau bintik-bintik kemerahan yang terpusat pada area tertentu di kulit, kemungkinan ini adalah biang keringat. Ruam tersebut biasanya terasa gatal dan bahkan terasa menusuk kulit. Penyebab Biang Keringat Biang keringat disebabkan oleh tersumbatnya saluran keringat yang menyebabkan terjadinya pengumpulan keringat di bawah lapisan kulit. Sumbatan ini dipicu oleh bakteri tidak berbahaya bernama Staphylococcus epidermidis. Bakteri yang biasanya hidup di permukaan kulit ini tidak menyebabkan infeksi tapi, berperan dalam memicu penyumbatan saluran keringat. Penumpukan keringat inilah yang mengakibatkan iritasi pada kulit dan ruam. Biang keringat umumnya terjadi pada suhu panas dan kondisi lembap, saat tubuh yang tertutup pakaian mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya. Kondisi yang bersifat tidak berbahaya ini umumnya terjadi di leher, punggung, wajah, dada, dan paha. Paling Sering Terkena Biang Keringat Siapa saja bisa mengalami biang keringat, terutama saat cuaca sedang panas dan Anda mengelu [...]

Beragam Manfaat Mandi Air Hangat

Beragam Manfaat Mandi Air Hangat

Mandi air hangat tidak hanya bisa mengatasi dinginnya mandi di pagi hari. Mandi atau berendam air hangat dipercaya juga bisa membantu Anda meredakan nyeri, gatal, dan sakit di sekitar panggul atau organ intim. Ketika merasakan bagian perut atau panggul sakit, sebagian orang akan mengompres bagian yang sakit dengan kompres air hangat. Selain dengan kompres air hangat, cobalah untuk mandi atau berendam air hangat karena ternyata mandi air hangat tidak kalah pentingnya dalam memberikan manfaat. Manfaat Mandi Air Hangat Manfaat mandi air hangat dapat memperlancar peredaran darah Anda. Tidak hanya memberikan kehangatan, mandi air hangat juga bisa meredakan rasa gatal atau sakit di sekitar organ intim. Serta dapat menjadi salah satu cara membersihkan daerah perineum (daerah antara vulva (bibir kelamin luar) atau skrotum (kantung pelir) dan lubang anus). Berikut ini adalah kepercayaan banyak orang akan manfaat mandi air hangat lainnya yang perlu Anda ketahui, Sembelit. Kondisi di mana pergerakan usus tidak teratur, sehingga sulit untuk buang air besar dalam jangka waktu yang cukup lama. Sembelit bisa menimbulkan rasa tegang di sekitar perut. Mandi air hangat dipercaya dapat menjadi sa [...]

Menahan Bersin Bisa Berbahaya

Menahan Bersin Bisa Berbahaya

Saat sedang sendiri, Anda bisa bebas bersin ketika merasakan hal aneh pada hidung. Bagaimana jika keinginan untuk bersin terjadi saat bersama orang-orang penting dan didukung dengan suasana yang hening? Tidakkah Anda berupaya menahannya demi menghormati orang-orang di sekitar? Dan siapa yang menyangka bahwa menahan bersin ternyata tidak baik untuk kesehatan. Apa Saja yang Membuat Anda Bersin? Ketika ada sesuatu yang mengganggu di dalam rongga hidung, maka Anda akan bersin. Ya, cara ini memang digunakan tubuh untuk mengeluarkan hal-hal yang mengganggu pada hidung. Secara ilmiah, bersin dimulai dari sistem saraf dan semua orang memiliki cara kerja sistem saraf yang sama. Namun sinyal perjalanan saraf tiap manusia berbeda-beda sehingga menghasilkan cerita bersin yang berbeda bagi tiap orang. Jadi ketika ada sesuatu yang mengganggu hidung, sebuah pesan akan dikirim ke bagian otak Berikut ini adalah faktor-faktor yang membuat Anda bersin. Alergi. Bersin karena alergi disebabkan oleh kutu, tungau, ketombe dan debu. Pilek. Bersin merupakan tanda-tanda Anda terkena pilek. Mencabut alis. Mencabut bulu alis bisa memicu saraf pada wajah kepada reaksi bersin. Saat berolahraga, Anda akan ber [...]

Jangan Lagi Mengabaikan Bahaya Mie Instan

Jangan Lagi Mengabaikan Bahaya Mie Instan

Mengonsumsi mie instan tentu bukan hal asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Berkat rasanya yang enak, mudah disajikan, dan harga yang terjangkau, makanan cepat saji ini menjadi menu favorit. Mie instan biasa dijual dalam bentuk kering yang dilengkapi dengan bumbu berbentuk bubuk dan minyak dalam kemasan terpisah. Cara memasak mie instan adalah merebusnya dengan air mendidih atau ada sebagian yang cukup dengan direndam air panas. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat bahaya mie instan di balik kenikmatannya? Bukan Sumber Nutrisi yang Baik Proses pembuatan mie instan dimulai dengan mencampur bahan-bahan garam, pati, dan bumbu-bumbu lain dengan tepung. Adonan tersebut kemudian diaduk, lalu dimasukkan ke cetakan. Setelah menjadi bentuk yang diinginkan, mie dikukus dan dikeringkan dengan proses menggoreng atau pengeringan dengan udara panas. Mie instan kerap disebut sebagai makanan tidak sehat lantaran kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, namun rendah protein, serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, mie instan yang disajikan dengan kaldu instan biasanya memiliki kandungan garam atau sodium yang tinggi. Satu kemasan mie instan bisa mengandung sekitar 2.700 mg sodium, padah [...]

Fakta-fakta Bercinta saat Menstruasi

Fakta-fakta Bercinta saat Menstruasi

Berhubungan seksual saat wanita sedang menstruasi menuai pro dan kontra. Menurut kepercayaan tertentu di masyarakat, berhubungan seksual saat wanita sedang menstruasi adalah dilarang. Namun ada kalangan tertentu yang melakukannya dan tidak beranggapan demikian. Lantas, bagaimana penjelasan dari segi medis tentang seks yang dilakukan saat wanita sedang datang bulan? Penjelasan Dari Segi Medis Jika dilihat dari segi medis, berhubungan seks saat menstruasi memiliki beberapa manfaat. Meringankan sakit akibat premenstrual syndrome (PMS) dan menstruasi. Saat berhubungan seksual, orgasme bisa meringankan rasa sakit seperti kram. Selain itu, orgasme juga bisa melepaskan endorfin. Endorfin adalah hormon yang bisa membuat seseorang merasa senang sehingga bisa meredakan depresi atau bad mood. Berhubungan seks saat menstruasi juga bisa memberi kepuasan yang lebih. Alasannya karena terjadi perubahan hormon pada wanita yang sedang haid sehingga membuat mereka merasa lebih bergairah. Namun, ada pula risiko yang akan dialami jika melakukan hubungan intim saat Anda menstruasi. Anda berisiko lebih tinggi terkena infeksi atau tertular penyakit dibandingkan melakukan hubungan seks di luar masa me [...]

Cara Cepat Memutihkan Kulit Dengan Suplemen

Cara Cepat Memutihkan Kulit Dengan Suplemen

Banyak cara membuat kulit menjadi putih. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen pemutih kulit. Saat ini suplemen pemutih kulit banyak beredar di pasaran, baik produk lokal maupun internasional. Suplemen kerap dipilih oleh mereka yang ingin memutihkan kulit secara merata, tidak hanya di bagian wajah. Namun, sebelum memutuskan memakai metode ini, pahami dulu zat apa yang akan masuk ke tubuh Anda. Zat utama yang kerap ada di suplemen pemutih kulit adalah glutathione. Di sini glutathione bertindak sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan oksidatif pada kulit. Selain itu, glutathione dalam dosis besar juga bisa memutihkan kulit. Cara kerjanya adalah menghambat produksi melanin (pigmen penentu warna kulit). Sebenarnya glutathione diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Namun pasokannya menurun seiring pertambahan usia. Kadar glutathione di dalam tubuh bisa dimaksimalisasikan dengan cara menjaga keseimbangan asupan nutrisi. Apakah Glutathione Aman? Jika melihat fungsinya, glutathione memiliki peranan penting dalam tubuh seperti memerangi radikal bebas dan membantu detoksifikasi. Glutathione juga dapat ditemukan pada tiap sel tubuh. Selain memutihkan kulit, glutath [...]

7 Kebiasaan yang Membuat Jerawat Betah di Wajah

7 Kebiasaan yang Membuat Jerawat Betah di Wajah

Siapa sih yang senang ketika jerawat muncul? Jerawat pada wajah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman sekaligus mengganggu penampilan. Nyatanya jerawat dapat muncul karena beberapa kebiasaan sehari-hari tanpa kita sadari. Mengetahui dan menghindari kebiasaan itu, diharapkan dapat membuat wajah bebas jerawat. Beberapa kebiasaan pemicu jerawat antara lain : 1. Terlalu sering mencuci muka Wajah yang kotor seringkali dianggap sebagai penyebab jerawat, padahal belum tentu juga. Justru mencuci muka terlalu berlebihan dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit, mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Hal itu kemudian hanya akan memicu jerawat. Mencuci muka cukup hanya dua kali. Gunakan air hangat dan sabun pembersih muka yang ringan. Hindari menggunakan kain waslap saat mencuci muka, cukup gunakan jari untuk membantu meratakan sabun pembersih. 2. Memencet jerawat Tindakan ini hanya akan menyebabkan masalah lebih lanjut. Memencet jerawat hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian kulit yang lebih dalam, sehingga menyebabkan bekas jerawat. Memencet jerawat hanya akan membuat proses penyembuhan berlangsung lebih lama. Gunakan obat jerawat langsung pada lokasi jerawat ya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *