Menu Makanan Diet Mayo yang Dianjurkan Para Pakar

099812100_1410932851-Diet_Mayo_lagi.jpg

Selama menjalani diet mayo ada beberapa jenis menu makanan yang dapat dipilih. Tapi, harus dipahami bahwa para pelaku diet mayo tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa asin dan nasi.

Selama menjalani diet mayo pula segala makanan yang masuk ke dalam tubuh kita harus dikukus, direbus, atau dipanggang, tidak boleh digoreng.

Para pakar profesional dari Mayo Clinic yang menemukan diet mayo ini mengatakan, terdapat sejumlah tingkatan kalori yang dapat diadopsi sehari-hari.

Berikut ini adalah menu diet mayo dengan takaran kalori sebesar 1.200 cal, yang dikutip dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014)

1. Sarapan pagi

Pakar dari Mayo Clinic menyarankan agar mengonsumsi yogurt dan buah. Takarannya, 1 cangkir yogurt tanpa lemak, dicampur dengan 1 porsi buah.

2. Makan siang

1 porsi tuna dan salad dengan takaran seperempat ekor tuna, 4 cup pasta dan direbus, 2 cangkir wortel yang dipotong dadu, 4 sendok mayones rendah kalori, dan 1 jeruk nipis yang diperas ke dalam salad tersebut.

3. Makan malam

Salad hijau dengan takaran beberapa ikat selada dengan 1,5 cangkir irisan tomat, bawang merah, dan jamur, lalu tambahkan 2 sendok makan dressing salad bebas lemak.

4. Camilan

Cukup 1 apel kecil diiris.

Dilanjutkan para pakar, karena dasar dari diet mayo adalah Healthy Weight Pyramid, maka makanan yang sehat harus berfokus pada jumlah kalori yang kecil, dan perbanyak buah-buahan dan sayuran.

Kita dalam memilih gandum sebagai sumber karbohidrat, sumber protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, ikan, dan produk susu rendah lemak, dan kandungan makanan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

“Diet mayo mengajarkan kita bagaimana mengatur ukuran untuk porsi makan dan rencana makan itu sendiri. Diet mayo tidak berfokus pada menghitung kalori, juga tidak mengharuskan kita menghilangkan jenis makanan tertentu,” kata para pakar diet mayo.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan dan Minuman Harian yang Bisa Bikin Gemuk

Makanan dan Minuman Harian yang Bisa Bikin Gemuk

Makan menjadi kebutuhan hidup setiap individu. Sejumlah makanan bisa bermanfaat untuk kesehatan. Tapi, menurut para ahli gizi terkadang orang tak menyadari ada beberapa makanan yang bisa membahayakan. Contohnya saja, mengonsumsi sejumlah makanan tertentu tanpa disadari bisa menambah banyak kalori yang tak diperlukan.Berikut beberapa jenis makanan yang bisa menambah berat badan Anda seperti dilansir GeniusBeauty, Sabtu (29/3/2014):1. KopiKopi sendiri tak mengandung kalori. Selain itu, minuman ini memiliki banyak sifat yang luar biasa. Namun, berbagai perasa bisa mengubah minuman pagi ini menjadi produk yang berbahaya.Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa banyak kandungan krim dan gula dalam secangkir kopi? Minuman yang ditawarkan di coffe shop terkadang mengandung setengah dari kalori harian orang dewasa (satu gelas besar).2. SupMakanan ini sering direkomendasikan sebagai asupan makanan. Ini benar tapi hanya pada sup tertentu.Sup tradisional buatan sendiri biasanya mengandung banyak kalori dan lemak.Ahli Gizi percaya bahwa sup murni atau sup dengan susu merupakan musuh dari diet pelangsing. Hidangan ini cukup berlemak dan mengandung lebih dari 300 kalori per porsi. Apalagi jika sup d [...]

Cara Ortu Bujuk Anak Agar Mau Diet

Cara Ortu Bujuk Anak Agar Mau Diet

Membujuk anak obesitas agar mau menurunkan beratnya bisa jadi topik sensitif bagi orangtua. Meski anak tahu harus menurunkan beratnya, tapi tak banyak orangtua yang mengetahui cara yang tepat. Belum lagi menurut psikolog Wilmington, sejumlah orangtua tidak tahu apa yang harus dilakukan bila anak mereka mengalami obesitas. Selain itu, Peneliti di University of Minnesota Medical School, Jerica Berge, PhD juga mengatakan, orangtua berperan besar bukan hanya menjaga tumbuh kembangnya tapi juga kesehatannya. "Sangat penting bagi orangtua memahami obrolan yang tepat agar anak hidup sehat dengan menurunkan berat tanpa ada paksaan." Lantas bagaimana cara mudah bicara pada anak agar makan sehat dan lebih banyak bergerak? Mengutip laman Everydayhealth, Rabu (4/6/2014) The Academy of Nutrition and Dietetics menawarkan beberapa tips agar orangtua tidak salah bicara pada anak, sebagai berikut: 1. Sajikan makanan seimbang dan temukan cara untuk menghabiskan makanan tersebut dengan menyenangkan.2. Miliki waktu aktif bersama-sama3. Jangan pernah menghukum, mengancam, atau memaksa anak makan dengan menyuapinya.4. Tanyakan pada dokter anak, ide-ide positif untuk kesehatannya. 5. Pujilah anak bila [...]

Yuk, Makan Kelapa agar Langsing

Yuk, Makan Kelapa agar Langsing

Ketika kelapa dijadikan santan memang dianjurkan untuk dihindari, karena tinggi kandungan lemak. Namun sebenarnya, buah kelapa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.Lemak jenuh yang terdapat di dalam buah kelapa atau dikenal dengan MCTs (medium-chain triglycerides) tidak pernah tersimpan lama sebagai lemak di dalam tubuh. MCTs memiliki sifat metabolisme yang hampir sama seperti karbohidrat, tetapi tidak menaikan kadar gula darah. Selain itu, buah kelapa sangat mudah dicerna dan membutuhkan enzim lebih sedikit dalam mencerna, memecah, dan menyerap nutrisi penting, vitamin serta mineral. Jika itu masuk ke dalam tubuh, maka akan membuat orang tersebut merasa kenyang lebih lama, yang membuat mereka mengurungkan niat untuk mengemil.Ketika kelapa sudah dalam bentuk minyak kelapa pun dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, dan membantu mengurangi ukuran lingkaran pinggang dan perut bunci seseorang. Dikutip dari Health Me Up, Kamis (16/10/2014), penelitian telah menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak kelapa dalam diet hariannya, mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan obesitas.Air kelapa juga memiliki manfaat menghidrasi tubuh, sehingga mampu membersihkan tubu [...]

Manfaatnya Makan Perlahan dan Menikmati Proses Mengunyah

Manfaatnya Makan Perlahan dan Menikmati Proses Mengunyah

Makan secara perlahan dipercaya dapat menurunkan berat badan. Sebab, dengan cara itu, kita lebih fokus dan konsentrasi pada makanan yang disantapnya sekaligus bisa menikmati makanan.Banyak penelitian mengatakan bahwa trik ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan dapat membantu seseorang mengurangi 150 sampai 200 kalori per hari.Seperti dikutip Health Me Up, Sabtu (25/1/2014), semakin lama seseorang mengunyah makanan maka reaksi otak menangkap rasa kenyang dapat berlangsung makin cepat. Selain itu, makan secara perlahan juga dapat membantu Anda terbebas dari masalah pencernaan dan membuat perut tidak kembung.Proses lambat itu juga memungkinkan terbentuknya enzim yang berfungsi membuat makanan menjadi lebih lembut baik saat di mulut dengan enzim lipase atau pun enzim-enzim lain yang ada di kerongkongan, lambung dan usus. Aroma dan rasa lapar dengan kunyahan yang lambat membantu tubuh mengolah makan dengan baik dan membuat yang makan bisa mengontrol dirinya terhadap apa yang dimakan.Selama ini seseorang tidak terlalu memerhatikan kecepatan makannya. Bahkan cenderung makan cepat-cepat. Tapi, bila kebiasaan ini dubah, dapat membantu Anda yang berkeinginan menurunkan berat bad [...]

Cegah Stroke dengan Makan Dada Ayam atau Salmon

Cegah Stroke dengan Makan Dada Ayam atau Salmon

Stroke bisa mematikan. Untuk mencegahnya, cobalah mengonsumsi setidaknya satu dada ayam atau fillet salmon dalam sehari atau sebesar 20 gram. Menurut ilmuwan cara tersebut bisa mengurangi risiko stroke sebesar 20 persen.Setiap 20 gram ekstra protein yang dimakan per harinya akan mengurangi risiko stroke sekitar 26 persen."Satu penjelasan mungkin protein menurunkan tekanan darah," kata Dr Xinfeng Liu, dari Nanjing University School of Medicine.Ikan mengandung asam lemak Omega-3 dan beberapa unsur gizi lainnya, termasuk protein yang bisa melindungi dari stroke.Tapi, temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Neurology itu tak mendukung banyak konsumsi daging merah dihubungkan dengan besarnya risiko stroke. Tapi, protein hewani tampaknya lebih protektif dibanding protein nabati."Hasil ini menunjukkan bahwa risiko stroke bisa dikurangi dengan mengganti daging merah dengan sumber protein lain," kata Dr Liu seperti dilansir Mailonline, Sabtu (14/6/2014).Peneliti menganalisis tujuh studi tentang diet yang melibatkan total 254.489 orang dan memantau kemajuannya rata-rata selama 14 tahun. Hasilnya, responden yang makan protein lebih banyak 20 persen lebih kecil kemungkinannya menderita stroke [...]

Natasha Bersyukur Jadi Langsing Berkat Kanker

Natasha Bersyukur Jadi Langsing Berkat Kanker

Seorang instruktur pengemudi asal Inggris, Natasha Hurst (40), mengaku bersyukur karena kanker payudara yang dideritanya. Berkat penyakit tersebut, bobot tubuhnya berhasil dipangkas hingga ratusan kilogram. Natasha mengungkapkan, ia menjadi gemuk setelah berusia 17 tahun. Berawal dari naksir seorang pria yang memiliki toko permen. Selama bertahun-tahun ia menyukai makanan seperti sereal manis untuk sarapan, karbohidrat saat siang dan makanan tinggi lemak dan kue ada malam hari. Tapi setelah itu, ia menemukan cara diet yang menarik. Ia mencoba minum susu untuk sarapan dan hanya makan di siang dan malam hari. "Saat itu berat saya turun 1 kilogram dalam seminggu." Namun hal ini tidak berlangsung lama. Setelah menikah dan memiliki anak yang kembar identik, beratnya naik drastis hingga 88 kilogram dari 45 kilogram. Setelah itu diet ketat pun tidak memengaruhi bobot tubuhnya. Hingga akhirnya pada 2007 ia didiagnosis kanker payudara saat berusia 35 tahun. Kala itu, bukannya sedih dan putus asa, Natasha malah terpikirkan untuk melakukan diet baru. "Saya pikir kanker ini merupakan trik diet terbaru saya." Berhasil melakukan enam kali kemoterapi, beratnya menyusut hingga menjadi 63 kilo [...]

Indra Bekti Turunkan Berat Badan 9 Kilogram dalam Tiga Bulan

Indra Bekti Turunkan Berat Badan 9 Kilogram dalam Tiga Bulan

Dalam kurun waktu tiga bulan, presenter kocak Indra Bekti berhasil menurunkan bobot tubuh sebesar 9 kilogram (kg). Siapa sangka, Bekti yang dikenal ogah (enggan) berolahraga ternyata mampu melakukannya. "Januari mulai dan target selesai target Maret (saat launching buku dan album). Waktu mulai berat saya 74 kilogram, di Maret kemarin saya periksa sudah turun ke angka 65 kilogram," kata Indra Bekti berbagi cerita dalam acara `Nestle Healthy Zone`di Pejaten Village, Jakarta, ditulis Jumat (11/4/2014).Demi mewujudkan mimpinya, Bekti demikian pria ini kerap disapa, rela meninggalkan kebiasaan buruknya. Seperti misalnya mulai rutin mengonsumsi air putih, yang sebelumnya tidak pernah dilakukan suami Aldilla Jelita ini."Iya, di Januari itu saya mengubah semuanya. Pertama, mengubah kebiasaan minum air putih. Dan terpenting, saya fitnes seminggu tiga kali," kata Bekti menambahkan.Bekti juga mengurangi konsumsi nasi dan lebih memilih mengonsumsi protein yang banyak, seperti ayam dada yang direbus. Terpenting, kata dia, menghindari makanan yang digoreng. "Saya percaya akan berhasil dengan metode 80 persen makanan dan 20 persen olahraga. Kalau ini dilakukan, akan menjadi sebuah aktivitas yang [...]

Santapan Sehat Antigendut

Santapan Sehat Antigendut

Anoreksia adalah suatu kerusakan pola makan. Umumnya terjadi pada wanita yang takut gemuk atau bertambah berat badannya, walaupun sedikit. Mereka berusaha menghindari makanan dengan tanpa aturan. Penyakit psikis ini sangat merusak, bahkan bisa mematikan. Persepsi tubuh ideal yang digambarkan langsing, bahkan kurus, plus tinggi, telah merusak pikiran, terutama banyak wanita. Saking inginnya bertubuh bak bintang film atau peragawati, mereka kehilangan nafsu makan dan terkena anoreksia. Ini merupakan penyakit serius yang berakibat orang kekurangan gizi, mengalami ketidakseimbangan hormonal, sembelit, dan autointoksikasi. Padahal, kekurangan mineral dapat melemahkan jantung dan memicu gangguan jantung. Menjaga berat badan ideal sebetulnya tak harus dilakukan dengan menelantarkan tubuh. Pakai saja cara cerdas, misalnya mengatur makanan dengan kalori tertentu, agar tidak menambah berat badan. Dengan begitu tubuh tetap mampu berfungsi dengan sempurna karena kebutuhan akan semua zat gizi terpenuhi. Pengaturan makanan dapat dilakukan dengan cara: * Pilih makanan yang mudah dicerna dan diserap tubuh. * Manfaatkan daun bawang, bawang putih, dan peterseli, yang kaya akan copper dan mine [...]

6 Makanan Pembentuk Perut Six Pack

6 Makanan Pembentuk Perut Six Pack

Selain sit up dan push up, untuk mendapatkan perut yang rata, pria harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat mempercepat prosesnya dan meningkatkan metabolisme Anda, seperti dikutip Health Me Up, Senin (19/5/2015)AlmondKacang dengan kandungan vitamin E ini mampu membantu Anda membangun otot dan mengurangi rasa lapar. Dan dalam banyak studi disebutkan bahwa kacang almon mampu membantu seseorang menurunkan berat badan dan menghancurkan lemak dalam tubuh.Kacang-kacanganKonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan serat dapat membuat usus menjadi bersih. Kacang-kacangan ini juga dapat membantu memperbaiki pencernaan Anda, membakar lemak, dan membentuk otot sesuai keinginan Anda.BayamBayam rendah kalori, sarat dengan vitamin dan serat, serta dapat membantu seseorang membangun ototnya.Alpukat atau avokadAlpukat dengan buah berwarna hijau mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu membakar lemak perut. Alpukat juga kayak akan vitamin, nutrisi, mineral, dan baik untuk kesehatan secara menyeluruhApelApel yang kaya akan serat mampu membuat kita kenyang. Konsumsi apel secara rutin, juga dapat meningkatkan metabolisme dan [...]

Saat Seorang Wanita Selalu Tak Puas dengan `Body`nya

Saat Seorang Wanita Selalu Tak Puas dengan `Body`nya

Ada gangguan yang menyebabkan seseorang merasa takut dan risih dengan tubuhnya sendiri. Kecenderungan ini biasanya akan berakhir pada kondisi yang disebut anoreksia bervos atau bulimia. Di dunia medis, ketakutan seperti ini dikenal dengan sebutan gangguan tubuh dismorfik (Body dysmorphic disorder/BDD)BDD disebut sebagai gangguan yang membuat banyak perempuan merasa kurang akan bentuk tubuhnya. Padahal, bisa dikatakan perempuan itu sudah memiliki tubuh yang ideal. Penderita BDD biasanya menghabiskan banyak waktu untuk menatap diri di cermin, dan selalu beranggapan bahwa tubuhnya kurang permak ini itu. Tak jarang para penderita BDD mencari kepastian jawaban akan kekurangan yang dirasakannya kepada orang lain.Dilansir laman Health Me Up, Rabu (15/1/2014) penurunan tingkat serotonin di otak merupakan penyebab seorang wanita menderita gangguan seperti ini. Serotonin merupakan neurotransmitter yang terkait dengan perilaku depresi, nafsu makan, tidur, dan suasana hati.Meski banyak penderita gangguan ini dialami perempuan, dan tak sedikit juga laki-laki yang merasakan hal yang sama. Untuk pengobatannya sendiri, para penderita gangguan BDD dapat melakukan terapi perilaku kognitif dengan seo [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *