Menu Makanan Diet Mayo yang Dianjurkan Para Pakar

099812100_1410932851-Diet_Mayo_lagi.jpg

Selama menjalani diet mayo ada beberapa jenis menu makanan yang dapat dipilih. Tapi, harus dipahami bahwa para pelaku diet mayo tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa asin dan nasi.

Selama menjalani diet mayo pula segala makanan yang masuk ke dalam tubuh kita harus dikukus, direbus, atau dipanggang, tidak boleh digoreng.

Para pakar profesional dari Mayo Clinic yang menemukan diet mayo ini mengatakan, terdapat sejumlah tingkatan kalori yang dapat diadopsi sehari-hari.

Berikut ini adalah menu diet mayo dengan takaran kalori sebesar 1.200 cal, yang dikutip dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014)

1. Sarapan pagi

Pakar dari Mayo Clinic menyarankan agar mengonsumsi yogurt dan buah. Takarannya, 1 cangkir yogurt tanpa lemak, dicampur dengan 1 porsi buah.

2. Makan siang

1 porsi tuna dan salad dengan takaran seperempat ekor tuna, 4 cup pasta dan direbus, 2 cangkir wortel yang dipotong dadu, 4 sendok mayones rendah kalori, dan 1 jeruk nipis yang diperas ke dalam salad tersebut.

3. Makan malam

Salad hijau dengan takaran beberapa ikat selada dengan 1,5 cangkir irisan tomat, bawang merah, dan jamur, lalu tambahkan 2 sendok makan dressing salad bebas lemak.

4. Camilan

Cukup 1 apel kecil diiris.

Dilanjutkan para pakar, karena dasar dari diet mayo adalah Healthy Weight Pyramid, maka makanan yang sehat harus berfokus pada jumlah kalori yang kecil, dan perbanyak buah-buahan dan sayuran.

Kita dalam memilih gandum sebagai sumber karbohidrat, sumber protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, ikan, dan produk susu rendah lemak, dan kandungan makanan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

“Diet mayo mengajarkan kita bagaimana mengatur ukuran untuk porsi makan dan rencana makan itu sendiri. Diet mayo tidak berfokus pada menghitung kalori, juga tidak mengharuskan kita menghilangkan jenis makanan tertentu,” kata para pakar diet mayo.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
4 Fakta, Madu Tak Lebih Baik dari Gula

4 Fakta, Madu Tak Lebih Baik dari Gula

Tidak sedikit individu yang beranggapan bahwa mengonsumsi madu jauh lebih baik ketimbang gula. Padahal, madu tidak selalu lebih baik dari gula. Jadi, diharapkan untuk hati-hati dalam mengonsumsi madu.Dengan anggapan bahwa akan terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh makanan atau minuman manis, banyak orang kerap tidak sungkan mengonsumsi madu jalan jumlah yang cukup banyak. Di bawah ini, Pakar Gizi dari London, Inggris, Ian Marber menjelaskan alasan tidak selamanya madu lebih baik dari gula, seperti dikutip Daily Mail, Senin (27/10/2014) :1. Kalori cukup tinggiIan menjelaskan, satu sendok teh madu alami mengandung 22 kalori, sedangkan satu sendok teh gula pasir hanya 16 kalori. Ian juga menyayangkan sikap individu yang selalu berlebihan dalam mengonsumsi segala sesuatu yang dianggap `rendah lemak`. 2.Kehilangan banyak mineralMadu yang banyak dijual si swalayan adalah madu yang sudah melewati penyaringan dan sudah dipanaskan. Menurut Ian, bila madu sudah melewati proses seperti ini, maka madu telah kehilangan banyak kalori. 3. Tidak baik untuk gigiDokter Gigi dari London Smile Clinic, Dr Joe Bansal, mengatakan, pada September 2014 suatu penelitian baru ditemukan terkait den [...]

5 Makanan Bervitamin D Tinggi

5 Makanan Bervitamin D Tinggi

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sejumlah risiko kesehatan dari penyakit tulang sampai kelemahan pada otot. Selama ini, matahari dianggap sebagai sumber terbaik vitamin D. Namun, paparan sinar matahari berkepanjangan ini tidak dianjurkan."Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari matahari, berjemurlah selama 20 sampai 25 menit. Karena itu sangat membantu," kata Stephen Honig, MD dari Pusat Osteoporosi di Hospital for Joint Diseases, New York, Amerika Serikat.Maka itu, tiap orang dianjurkan untuk menambah beberapa jenis makanan agar mendapat tambahan vitamin D yang masuk ke dalam tubuh.Berikut beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin D, yang baik untuk kesehatan Anda, seperti dikutip Health Me Up, Rabu (23/4/2014)1. JamurJamur adalah salah satu jenis makanan yang kaya vitamin D dan pilihan terbaik bagi Anda yang vegetarian. Selain itu, jamur juga menyimpan vitamin B5 dan tembaga.2. Ikan berlemakIkan seperti salmon, tuna, makarel, tinggi vitamin D. Ikan yang disajikan mentah atau sushi, memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi. Ikan jenis ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.3. Minyak ikan codMinyak ikan cod mengandung vitam [...]

Trik Bikin Pizza yang Nggak Bikin Gemuk

Trik Bikin Pizza yang Nggak Bikin Gemuk

Pizza kerap dikaitkan dengan makanan yang dapat menaikan berat badan, karena mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi. Tak heran bila pizza dihindari oleh mereka yang sedang berdiet. Membuat pizza sendiri di rumah pun tak jarang menemukan hambatan. Biasanya akan kebingungan menentukan pilihan, bahan apa saja yang cocok digunakan agar dari hal-hal yang selama ditakutkan."Kalau buat pizza sendiri di rumah, mungkin penggunaan mentega dan kejunya saja yang harus diganti atau dikurangi," Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rahmi Dwi Hapsari, S. Si. T, S.Gz kepada Health-Liputan6.com ditulis Senin (24/11/2014)Selain susu, di pasar swalayan juga dijual keju untuk mereka yang sedang berdiet, atau jika terlalu mahal bisa menggantinya dengan keju yang low-fat dengan harga terjangkau. Pun dengan mentega, ada baiknya diganti dengan menggunakan margarin yang jauh lebih sehat dan aman bila dikonsumsi. Menurut Rahmi, mentega mengandung lemak yang jenuh karena berasal dari hewani. Bila dikonsumsi terlalu banyak, maka terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh. Sedangkan margarin, berasal dari nabati (tumbuh-tumbuhan) yang mengandung lemak tak jenuh, dan sangat dianjurkan bagi mereka yang s [...]

Perempuan yang Senang Makan Buah & Sayuran Jantungnya Sehat

Perempuan yang Senang Makan Buah & Sayuran Jantungnya Sehat

Kaum Hawa yang senang makan buah-buahan dan sayur-sayuran berbahagialah karena jantung Anda sehat. Sebuah penelitian menemukan, makan buah-buahan bisa mengurangi berkembangnya plak di arteri mereka pada 20 tahun kemudian dibandingkan yang jarang makan buah-buahan di masa dewasanya.Penumpukan plak bisa menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Anehnya, temuan ini tak menunjukkan manfaat yang sama pada pria."Temuan ini mengonfirmasi konsep bahwa perkembangakn plak merupakan proses seumur hidup dan proses itu bisa diperlambat dengan diet sehat di usia muda," kata Ahli Jantung di Minneapolis Heart Institute di Amerika Serikat, Michael D. Miedema, seperti dilansir Health.India, Senin (31/3/2014).Penelitian ini dilakukan terhadap 2.508 peserta dan dilihat hubungan antara asupan buah dan sayuran pada orang dewasa dengan kalsifikasi arteri koroner pada 20 tahun kemudian.Hasilnya, perempuan yang mengonsumsi delapan hingga sembilan porsi buah dan sayuran dalams ehari untuk diet 2.000 kalori di usia 20 tahunan sebanyak 40 persen lebih rendah memiliki kalsifikasi plak di arteri pada usia 40 tahun.Buah-buahan seperti apel, pisang, dan delima tinggi kandungan warna kuning dan m [...]

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Masih ingat dengan diet yang jadi kontroverial ala mentalis Deddy Corbuzier pada Agustus 2013 lalu? Ya, dalam Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) kita dianjurkan untuk berpuasa tapi boleh makan apa saja serta berolahraga ketika berpuasa.Dalam Hypnoslimming, ternyata pola diet OCD hampir sama. Bedanya, sebelum diet, pelaku diet disarankan melakukan teknik clearing atau membersihkan pikiran dari segala macam stres.Seperti disampaikan Pakar Hypnoslimming Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt saat ditemui di acara seminar Kamaratih belum lama ini. Ia menyampaikan, Hypnoslimming merupakan seni dalam mengendalikan pikiran seseorang agar bisa langsing tanpa suplemen dan sebagainya.Cara dietnya sebenarnya cukup mengandalkan pikiran manusia. Karena menurut Tony, pikiranlah yang memengaruhi tubuhnya. "Hypnoslimming mengajarkan peserta untuk rileks. Saat rileks, saya kasih program untuk membuat mereka lebih langsing dan motivasi diet."Pada prakteknya, dalam Hypnoslimming dikenalkan pula High Human Growth Hormone (HGH). Hormon ini merupakan hormon peremajaan yang diproduksi sel aktif saat perut kosong. Hormon ini berfungsi untuk memaksimalkan peningkatan metabolisme tubuh saat berolahraga sehingga pelaku [...]

Gaya Diet Liza Natalia, Bisa Makan Apa Saja

Gaya Diet Liza Natalia, Bisa Makan Apa Saja

Seperti wanita kebanyakan, setelah hamil dan melahirkan, aktris dan instruktur zumba Liza Natalia sempat mengalami kenaikan berat badan hingga 65 kilogram dari bobot sebelum menikah 53 kilogram. Ingin kembali ke bentuk tubuh normal, akhirnya kakak ipar penyanyi Ashanty ini memutuskan untuk diet. Yang menarik, diet yang dilakukan Liza bukan diet ketat yang mengharuskannya tidak makan apa pun dan pantang pada jenis makanan tertentu. Karena pada akhir pekan, ia ingin makan bebas seperti orang kebanyakan. "Saya nggak diet khusus karena saya selalu makan apa yang saya mau. Kayak makan steak , es krim, pasta atau makanan berlemak itu tetap saya makan seminggu sekali. Tapi Senin sampai Jumat saya mencoba makan sehat," kata wanita berdarah Minangkabau dan Sunda itu pada Liputan6.com, ditulis Selasa (13/5/2014). Makanan sehat, lanjut Liza, bukan berarti harus pantang makanan. "Saya sendiri telah berhenti makan nasi putih dan menggantinya nasi merah. Selain itu mengurangi garam karena dapat mengikat lemak dan memperbanyak makanan yang direbus dan ditumis. Untuk minyak saya menggantinya dengan minyak zaitun atau olive oil. Dan untuk minuman, saya juga mengurangi yang manis. Tapi saya teta [...]

Saat Makan Sendiri, Hindari Makan dengan 3 Cara Ini

Saat Makan Sendiri, Hindari Makan dengan 3 Cara Ini

Saat makan akan jadi lebih berarti saat bersama teman, pasangan, atau keluarga. Namun, ada kalanya keadaan membuat kita makan sendirian. Studi terbaru dari sebuah perusahan riset menyatakan bahwa kesibukan masyarakat membuat makan sendirian jadi tren. Mayoritas orang menghabiskan sarapan sendirian. Saat sendirian, seseorang cenderung makan sambil melakukan sesuatu agar tak merasa sendirian. "Hal ini membuat Anda tak menyadari kapan sudah merasa perut masih lapar atau sudah kenyang," ujar Leslie Heinberg, Ph.D., dari Bariatric and Metabolic Institute di Cleveland Clinic Foundation. Oleh karena itu agar tak membuat barat badan melonjak, saat makan sendirian hindari makan sambil melakukan aktivitas berikut seperti dilansir Women's Health, Senin (18/8/2014). 1. Makan tidak di meja makanAda beberapa orang yang karena enggan makan sendirian, memilih memesan makanan lewat drive thru lalu makan di dalam kendaraan. Hal ini memicu Anda cenderung memilih makanan cepat saji yang tinggi kalori.Lebih baik, pesan dan duduk makan di restoran atau rumah makan tersebut sambil melihat pemandangan yang ada di sekitar Anda. 2. Menyalakan TV atau laptopSaat makan sambil nonton TV atau browsing di [...]

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Menjalani pola hidup sehat dengan pilihan makanan tertentu bukan persoalan mudah bagi aktris cantik Revalina S Temat. Tak heran meski pernah merasai bermanfaatnya beras merah atau beras hitam, sekarang Reva sudah tidak lagi mengonsumsinya. Pemeran Karina dalam film horor berjudul `Oo Nina Bobo` mengakui sangat susah menghindari beberapa jenis makanan yang tak boleh disantapnya ketika berada di lokasi syuting. Sebab, tak mungkin pihak rumah produksi yang mengontraknya mesti mengikuti menu makanan yang disantapnya. "Di lokasi syuting kan enggak bisa pilih-pilih. Apa yang ada disantap saja, deh. Yang penting sampai sekarang aku enggak makan gorengan. Kalau cuma nasi putih dan mie saja, tidak jadi masalah," kata Reva menerangkan. Untung, saat ini berat badannya yang sudah turun beberapa kilogram. Jadi, makanan apa saja bisa dikonsumsinya dengan batasan tertentu termasuk nasi putih atau mie."Mie sebenarnya enggak boleh. Tapi apa boleh buat. Yang disediakan di lokasi syuting itu, dan kebetulan aku memang lagi lapar. Daripada maagku kambuh, lebih baik aku makan itu, tak peduli nasi putih atau mie," kata Reva saat bertandang ke Redaksi Health Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan City, Ra [...]

Hati-hati Pilih Kudapan Saat Nonton Piala Dunia

Hati-hati Pilih Kudapan Saat Nonton Piala Dunia

Penggemar sepakbola hati-hati dengan asupan makanan Anda saat menyaksikan laga akbar Piala Dunia 2014 di Brasil. Maklum, makanan jenis ini pasti tidak akan lepas dan bakal menjadi teman setia saat menonton pertandingan di televisi. Departemen Diet dan Layanan Makanan di Rumah Sakit Kuala Lumpur Ridzoni Sulaiman mengatakan, asupan makanan yang tak sehat bisa terus-merenus kita konsumsi selama Laga Akbar Bola Dunia digelar. Umumnya penggemar bola ditemani camilan dengan kadar kalori yang tinggi, ditemani minuman karbonasi yang kaya gula. "Pertandingan akan digelar pada dinihari (karena perbedaan waktu dengan Brasil), yang membuat tak sehat karena kita jadi kurang aktif dan biasanya tidur lagi usai menonton (pertandingan)," kata Sulaiman seperti dilansir Bernama, Kamis (12/6/2014). Sulaiman yang juga Presiden Malaysian Dietitians Association menyarankan apabila tetap mengemil saat menonton, cobalah memilih makanan yang rendah lemak, rendah kalori dan gula, seperti yoghurt atau buah-buahan atau jagung (tanpa mentega). Profesor Azhar Mat Easa dari Fakultas Teknologi Industri di Universiti Sains Malaysia menganjurkan apabila menonton pertandingan di restoran pilihlah makanan yang seh [...]

Langsing dan Cantik Dengan Diet Madu

Langsing dan Cantik Dengan Diet Madu

Menurut sebuah penelitian, madu tidak hanya dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan saja, melainkan juga untuk menurunkan berat badan. Bahkan disebutkan, hanya dengan rutin mengonsumsi madu selama tiga minggu, bobot tubuh pun berkurang.Pencetus diet madu, Mike Mclness, menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi makanan kaya fruktosa seperti madu akan lebih banyak banyak membakar lemak, dan mengalami peningkatan kadar stamina dalam tubuh. Madu bertindak sebagai bahan baka untuk membuat hati menghasilkan glukosa. Glukosa ini membuat kadar gula otak tinggi dan memaksanya untuk melepaskan hormon pembakaran lemak.Untuk mendapatkan manfaat dari diet madu, cukup mengganti asupan gula dengan madu sepanjang hari. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi tiga sendok madu dengan air panas setiap malam sebelum tidur. Mike menganjurkan untuk kita mengombinasikan ini dengan latihan tiga kali dalam seminggu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal."Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme di otak yang menyebabkan kecanduan gula bisa meutup sepenuhnya," kata Mike seperti dilansir laman Health Me Up, Sabtu (28/6/2014)Sedangkan cara kerjanya, Mike mengatakan, Anda harus mengonsumsi madu sebe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *