Menu Makanan Diet Mayo yang Dianjurkan Para Pakar

099812100_1410932851-Diet_Mayo_lagi.jpg

Selama menjalani diet mayo ada beberapa jenis menu makanan yang dapat dipilih. Tapi, harus dipahami bahwa para pelaku diet mayo tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa asin dan nasi.

Selama menjalani diet mayo pula segala makanan yang masuk ke dalam tubuh kita harus dikukus, direbus, atau dipanggang, tidak boleh digoreng.

Para pakar profesional dari Mayo Clinic yang menemukan diet mayo ini mengatakan, terdapat sejumlah tingkatan kalori yang dapat diadopsi sehari-hari.

Berikut ini adalah menu diet mayo dengan takaran kalori sebesar 1.200 cal, yang dikutip dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014)

1. Sarapan pagi

Pakar dari Mayo Clinic menyarankan agar mengonsumsi yogurt dan buah. Takarannya, 1 cangkir yogurt tanpa lemak, dicampur dengan 1 porsi buah.

2. Makan siang

1 porsi tuna dan salad dengan takaran seperempat ekor tuna, 4 cup pasta dan direbus, 2 cangkir wortel yang dipotong dadu, 4 sendok mayones rendah kalori, dan 1 jeruk nipis yang diperas ke dalam salad tersebut.

3. Makan malam

Salad hijau dengan takaran beberapa ikat selada dengan 1,5 cangkir irisan tomat, bawang merah, dan jamur, lalu tambahkan 2 sendok makan dressing salad bebas lemak.

4. Camilan

Cukup 1 apel kecil diiris.

Dilanjutkan para pakar, karena dasar dari diet mayo adalah Healthy Weight Pyramid, maka makanan yang sehat harus berfokus pada jumlah kalori yang kecil, dan perbanyak buah-buahan dan sayuran.

Kita dalam memilih gandum sebagai sumber karbohidrat, sumber protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, ikan, dan produk susu rendah lemak, dan kandungan makanan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

“Diet mayo mengajarkan kita bagaimana mengatur ukuran untuk porsi makan dan rencana makan itu sendiri. Diet mayo tidak berfokus pada menghitung kalori, juga tidak mengharuskan kita menghilangkan jenis makanan tertentu,” kata para pakar diet mayo.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik di tubuh. Begitu pula dalam mengonsumsi protein.Mengonsumsi protein tentu merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tubuh kita tak akan mampu membangun dan memperbaiki sel-sel tanpa protein. Selain itu, sarapan tinggi protein bisa membantu kita tergiur untuk makan camilan yang tak sehat.Menurut Institutes of Medicine, orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kilogram dari berat badan per harinya. Pria berusia 20 tahun atau lebih rata-rata mendapatkan 98,9 gram protein seharinya dan wanita berusia 20 tahun dan lebih mendapatkan 68 gram. Dalam analisis baru, diet tinggi protein, terutama ikan bisa menurunkan risiko stroke.Marion Nestle, Ph.D., Paulette Goddard Professor of Nutrition, Food Studies, and Public Health at New York University mengatakan kepada Huffington Post bahwa dalam beberapa kasus, kebanyakan protein bisa menimbulkan masalah.Berikut tiga tanda diet Anda mungkin berlebihan protein, Senin (16/6/2014):1. Berat badan naikJika Anda berlebihan protein dalam diet Anda tanpa memotong kalori lain, Anda mungkin akan melihat berat badan Anda naik.Pada penelitian 2012, peneliti menemukan orang yang diet tin [...]

Sayuran Mentah yang Aman Buat Ibu Hamil

Sayuran Mentah yang Aman Buat Ibu Hamil

Wanita hamil terkadang mengidam makanan tertentu. Ada beberapa ibu hamil yang ingin sayuran mentah saat hamil. Padahal, mitos lama menyebutkan sayuran mentah tak bagus untuk janin.Tapi, penelitian menunjukkan bahwa ketika wanita hamil mengonsumsi sayuran mentah, ia mengambil lebih banyak protein dan mineral.Meski demikian, banyak sayuran mentah yang mengandung bakteri dan hemagglutinins , yang mengganggu fungsi sel darah merah dalam tubuh. Sebelum Anda mengonsumsinya, yang terbaik rendam dalam air garam agar menghilangkan dan membunuh kuman di dalamnya.Ada beberapa sayuran mentah yang masih aman dikonsumsi selama kehamilan seperti dikutip Boldsky, Rabu (26/2/2014):1. BrokoliBrokoli aman dikonsumsi selama kehamilan karena mengandung banyak vitamin yang baik untuk pertumbuhan janin .2. AsparagusDalam satu porsi asparagus, Anda memberikan janin Anda Sejumlah folat yang diperlukan untuk perkembangan otak.3. Kacang polongSesendok kacang polong mentah aman selama kehamilan. Kacang polong mentah mengandung folat, yang membantu memperkuat tulang janin.4. BayamBayam tak hanya kaya zat besi, tapi juga kaya folat yang diperlukan dalam perkembangan janin.5. KaleSama seperti bayam, kale juga m [...]

3 Kudapan Nikmat di Musim Panas

3 Kudapan Nikmat di Musim Panas

Banyak cairan terbuang di musim panas membuat kita membutuhkan asupan makanan dan minuman yang mampu mengembalikan jumlah cairan yang sudah terbuang. Berikut ini beberapa jenis cemilan yang dapat Anda konsumsi di musim panas, seperti dikutip laman Health Me Up, Senin (14/4/2014) 1. Salad semangkaSemangka adalah camilan terbaik yang dapat Anda makan di musim panas. Bila mengonsumsi semangka dianggap sudah biasa, cobalah untuk membuat salad semangka.Cara, potong dadu buah semangka, tambahkan keju feta, kacang pinus, dan dan daun kemangi.2. Yoghurt dengan buah-buahanKonsumsilah beberapa jenis buah seperti anggur, jeruk, dan mangga di musim panas. Selain kaya vitamin C, ketiga jenis buah ini juga dipercaya dapat mengambalikan cairan yang sudah terbuang.Agar lebih asyik dalam mengonsumsinya, campurkan buah-buahan itu dengan yoghurt sehat. Jangan lupa, tambahkan kacang untuk menambah kegaringan.Bagi perempuan yang rutin mengonsumsi buah, apa pun musimnya, dapat mencegah terjadinya segala jenis kanker di tubuhnya.Kepala Departemen Radioterapi RSCM, Prof, DR. Dr. Soehartati Gondhowiardjo, SpRad (K) OnkRad mengatakan, mengonsumsi buah adalah bentuk pencegahan yang dapat dilakukan agar terhi [...]

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Saat ibu hamil orang selalu mengingatkan jangan membenci orang karena wajah anaknya bisa mirip dengan yang dibenci. Alasannya, pikiran ibu bisa memengaruhi fisik anak.Demikian disampaikan Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto saat berbincang-bincang dengan Redaksi Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (2/2/2014)."Jangan benci orang berlebihan. Bukan cuma benci, emosi pikiran ke satu orang membuat anaknya jadi mirip," kata pria yang akrab disapa Kak Arief.Menurut Arief, antara benci dan cinta itu tipis. Cinta dan benci sama-sama membayangkan orangnya. "Kita bayangkan, visualisasikan menempel ke mindset kita, jadi mendarah daging dan jadi karakter kita," ujarnya.Ketika hamil, lanjut Arief, ibu membagi dua kebutuhan yakni fisik dan rohani. Emosi dan stres bisa mempengaruhi bayinya, termasuk fisiknya.Jika ibu stres maka anak ikut stres. "Saat itu kita tidak menyadarinya. Kerugian kelihatan saat dewasa. Saat remaja sudah kelihatan. Jadi ibu hamil perasaannya dijaga.Arief berpegang pada pernyataan `Jagalah pikiranmu karena pikiran menjadi kata-katamu. Jagalah kata-katamu karena kata-kata menjadi sikapmu. Jagalah sikapmu karena sikap menjadi sifat dan jagalah si [...]

Cara ‘Curang’ Turunkan Berat Badan

Cara ‘Curang’ Turunkan Berat Badan

Dari sekian banyak trik menurunkan berat badan, ada lho cara menarik yang sering dilakukan wanita tanpa ia sadari. Seperti misalnya makan kue di pagi hari bisa membuat bobot tubuh turun. Kok bisa? Lebih jelasnya, berikut trik langsing yang melansir dari Fitsugar, Senin (10/3/2014): 1. Menimbang berat badan Jika Anda merasa berat badan Anda naik dan diet yang Anda lakukan tidak berhasil, cobalah untuk mencari segala sesuatu yang berkalori rendah. Setelah itu, timbang berat badan Anda. 2. Konsumsi dessert setelah sarapan Sebuah studi menunjukkan, orang gemuk yang kehilangan berat badan menemukan bahwa ia mengonsumsi makanan di pagi hari dalam jumlah yang lebih besar termasuk mengonsumsi makanan manis. Hal ini dilakukan untuk menekan keinginan makan banyak pada siang hari atau malam hari. 3. Memotong kecil makanan Sebuah studi menemukan bahwa memotong makanan menjadi bagian kecil, akan membantu mengelabui otak untuk makan lebih sedikit. 4. Latihan pagi Studi menemukan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari cenderung memiliki kebiasaan makan dan diet yang lebih baik. Selain itu, olahraga di pagi hari juga membantu melancarkan kinerja tubuh dan proses mencerna makanan sehing [...]

Kata `Sarapan` Lebih Pas Dibanding `Makan Pagi`

Kata `Sarapan` Lebih Pas Dibanding `Makan Pagi`

Dahulu orang menyebut aktivitas mengonsumsi sesuatu di pagi hari dengan "makan pagi'. Tapi kini, sebutan itu sudah tidak pas untuk digunakan, dan harus diganti dengan 'sarapan'. Sebab, sarapan merupakan aktivitas makan dan minum yang dilakukan di pagi hari."Sarapan merupakan sebutan yang pas. Kalau hanya makan pagi, yang diingat hanya makannya saja tidak ada minumnya. Sedangkan kita kalau tidak minum kepala akan pusing serta pencernaan akan terganggu," kata Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS dalam acara 'Nestle Breakfast Cereals Sambu Pekan Sarapan Nasional 2014' di Carefour Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (14/2/2014)Agar sarapan memiliki manfaat yang besar untuk tubuh, lanjut Hardinsyah, maka yang harus disantap adalah makanan pokok dan minuman berupa cairan pendamping. "Makanan pokoknya adalah karbohidrat. Kalau ada nasi di rumah, ibu bisa memasaknya dan menjadikannya sebagai nasi goreng," kata dia menambahkan.Karena definisi dari makan adalah menyantap menu bervariasi, maka ada baiknya untuk menambahkan menu lain dari seporsi nasi goreng yang dimasak untuk disantap ketika sarapan. Baik itu telur, ikan, atau siwira [...]

Hati-hati Pilih Kudapan Saat Nonton Piala Dunia

Hati-hati Pilih Kudapan Saat Nonton Piala Dunia

Penggemar sepakbola hati-hati dengan asupan makanan Anda saat menyaksikan laga akbar Piala Dunia 2014 di Brasil. Maklum, makanan jenis ini pasti tidak akan lepas dan bakal menjadi teman setia saat menonton pertandingan di televisi. Departemen Diet dan Layanan Makanan di Rumah Sakit Kuala Lumpur Ridzoni Sulaiman mengatakan, asupan makanan yang tak sehat bisa terus-merenus kita konsumsi selama Laga Akbar Bola Dunia digelar. Umumnya penggemar bola ditemani camilan dengan kadar kalori yang tinggi, ditemani minuman karbonasi yang kaya gula. "Pertandingan akan digelar pada dinihari (karena perbedaan waktu dengan Brasil), yang membuat tak sehat karena kita jadi kurang aktif dan biasanya tidur lagi usai menonton (pertandingan)," kata Sulaiman seperti dilansir Bernama, Kamis (12/6/2014). Sulaiman yang juga Presiden Malaysian Dietitians Association menyarankan apabila tetap mengemil saat menonton, cobalah memilih makanan yang rendah lemak, rendah kalori dan gula, seperti yoghurt atau buah-buahan atau jagung (tanpa mentega). Profesor Azhar Mat Easa dari Fakultas Teknologi Industri di Universiti Sains Malaysia menganjurkan apabila menonton pertandingan di restoran pilihlah makanan yang seh [...]

4 Cara Mudah Langsing Lebih Cepat

4 Cara Mudah Langsing Lebih Cepat

Untuk memangkas lemak dalam tubuh selain mengaurangi asupan makanan dan membakar kalori ada empat hal lagi yang tak kalah penting. Empat cara ini membuat Anda tak perlu usaha berlebih untuk dapatkan bentuk tubuh ideal. Dilansir dari Women's Health, Kamis (167/9/2014) lakukan empat hal ini untuk tubuh langsing. 1. Angkat beban"Semakin sedikit otot, semakin lambat metabolisme tubuh Anda," terang trainer Tia Falcone dari Amerika Serikat. Oleh karena itu, tambahkan latihan angkat beban yang membantu tubuh membentuk otot.Selain membuat tubuh kuat dan kencang, angkat beban memengaruhi hormon yang membantu tubuh membakar lemak setelah berolahraga. 2. Perbanyak konsumsi proteinMakanan tinggi protein membantu tubuh untuk mencerna dan membuat metabolisme lebih cepat terang ahli nutrisi Esther Blum, MD. Dapatkan makanan tinggi protein dari telur, ikan , bayam, kentang, jagung dan lainnya. 3. Tidur cukupJangan remehkan kekuatan tidur karena berperan penting membantu tubuh bermatabolisme dengan baik. " Jika Anda tidak cukup tidur, seluruh sistem tubuh berjalan tak baik," terang pelatih olahraga Jennifer Cohen. Pastikan dapat tidur nyenyak tujuh jam setiap malamnya. 4. Minum airMinum ban [...]

Sedang Menyusui Kok Hamil, Harus Bagaimana?

Sedang Menyusui Kok Hamil, Harus Bagaimana?

Kaum ibu yang memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif kerap tak menyadari dirinya tengah berbadan dua lagi. Mungkin ini disebabkan menstruasi yang berhenti dalam beberapa bulan. Akibatnya, sang ibu kewalahan mengatur kebutuhan gizi untuk buah hati yang telah dilahirkan dan yang ada di dalam kandungannya.Menurut Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr. Febriansyah Darus, SpOG(K), kebutuhan gizi yang harus diterapkan sama saja seperti kehamilan biasanya, tanpa harus ada yang diistimewakan."Kebobolan setelah melahirkan itu memang wajar. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sama saja seperti yang sebelumnya. Tak perlu ada yang diisitimewakan," kata Febriansyah menjelaskan dalam acara 'Kesiapan Nutrisi Serta Dukungan Tepat Sejak Persiapan Kehamilan Penting Untuk Kesehatan Masa Depan' di Rumah Imam Bonjol, Jalan Imam Bonjol No. 66, Menteng, Jakarta, ditulis Selasa (25/2/2014)Namun, yang harus diperhatikan adalah berat badan ibu yang masih belum turun secara maksimal. Itulah yang harus turut diperhatikan juga. [...]

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Menjalani pola hidup sehat dengan pilihan makanan tertentu bukan persoalan mudah bagi aktris cantik Revalina S Temat. Tak heran meski pernah merasai bermanfaatnya beras merah atau beras hitam, sekarang Reva sudah tidak lagi mengonsumsinya. Pemeran Karina dalam film horor berjudul `Oo Nina Bobo` mengakui sangat susah menghindari beberapa jenis makanan yang tak boleh disantapnya ketika berada di lokasi syuting. Sebab, tak mungkin pihak rumah produksi yang mengontraknya mesti mengikuti menu makanan yang disantapnya. "Di lokasi syuting kan enggak bisa pilih-pilih. Apa yang ada disantap saja, deh. Yang penting sampai sekarang aku enggak makan gorengan. Kalau cuma nasi putih dan mie saja, tidak jadi masalah," kata Reva menerangkan. Untung, saat ini berat badannya yang sudah turun beberapa kilogram. Jadi, makanan apa saja bisa dikonsumsinya dengan batasan tertentu termasuk nasi putih atau mie."Mie sebenarnya enggak boleh. Tapi apa boleh buat. Yang disediakan di lokasi syuting itu, dan kebetulan aku memang lagi lapar. Daripada maagku kambuh, lebih baik aku makan itu, tak peduli nasi putih atau mie," kata Reva saat bertandang ke Redaksi Health Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan City, Ra [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *