Menu Makanan Diet Mayo yang Dianjurkan Para Pakar

099812100_1410932851-Diet_Mayo_lagi.jpg

Selama menjalani diet mayo ada beberapa jenis menu makanan yang dapat dipilih. Tapi, harus dipahami bahwa para pelaku diet mayo tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa asin dan nasi.

Selama menjalani diet mayo pula segala makanan yang masuk ke dalam tubuh kita harus dikukus, direbus, atau dipanggang, tidak boleh digoreng.

Para pakar profesional dari Mayo Clinic yang menemukan diet mayo ini mengatakan, terdapat sejumlah tingkatan kalori yang dapat diadopsi sehari-hari.

Berikut ini adalah menu diet mayo dengan takaran kalori sebesar 1.200 cal, yang dikutip dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014)

1. Sarapan pagi

Pakar dari Mayo Clinic menyarankan agar mengonsumsi yogurt dan buah. Takarannya, 1 cangkir yogurt tanpa lemak, dicampur dengan 1 porsi buah.

2. Makan siang

1 porsi tuna dan salad dengan takaran seperempat ekor tuna, 4 cup pasta dan direbus, 2 cangkir wortel yang dipotong dadu, 4 sendok mayones rendah kalori, dan 1 jeruk nipis yang diperas ke dalam salad tersebut.

3. Makan malam

Salad hijau dengan takaran beberapa ikat selada dengan 1,5 cangkir irisan tomat, bawang merah, dan jamur, lalu tambahkan 2 sendok makan dressing salad bebas lemak.

4. Camilan

Cukup 1 apel kecil diiris.

Dilanjutkan para pakar, karena dasar dari diet mayo adalah Healthy Weight Pyramid, maka makanan yang sehat harus berfokus pada jumlah kalori yang kecil, dan perbanyak buah-buahan dan sayuran.

Kita dalam memilih gandum sebagai sumber karbohidrat, sumber protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, ikan, dan produk susu rendah lemak, dan kandungan makanan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

“Diet mayo mengajarkan kita bagaimana mengatur ukuran untuk porsi makan dan rencana makan itu sendiri. Diet mayo tidak berfokus pada menghitung kalori, juga tidak mengharuskan kita menghilangkan jenis makanan tertentu,” kata para pakar diet mayo.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
5 Cara Atur Nafsu Makan

5 Cara Atur Nafsu Makan

Tak sedikit orang yang nafsu makannya tak terbendung. Saat melihat nasi goreng langsung ingin makan padahal baru saja makan mi ayam. Sebenarnya ingin mengontrol nafsu makan, namun kenapa sulit ya? Agar nafsu makan normal, kebiasaan sehat berikut bisa membantu Anda mendapatkan berat badan ideal seperti dikutip laman Fox News, Rabu (16/7/2014) 1. Bayangkan olahraga seperti bermainUsai olahraga, nafsu makan pasti tak terbendung rasanya ingin makan apa saja. Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University meminta dua kelompok untuk berjalan kaki. Kelompok yang diberi tahu bahwa mereka sudah berjalan kaki sejauh dua kilometer makan 35% lebih banyak puding cokelat dan 124% permen cokelat dibandingkan kelompok pertama yang hanya diberi tahu mereka berjalan-jalan. 2. Tidur cukupKurang tidur memicu tubuh memberikan rasa lapar di otak serta meningkatkan keinginan untuk makan junk food. Studi lain dari University of Texas Southwestern Medical Center menemukan bukti bahwa kurang tidur memicu makan berlebihan dan meningkatkan berat badan.Kurang tidur juga dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan lain termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuhm meningkatkan risiko diabetes tipe 2 [...]

Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik di tubuh. Begitu pula dalam mengonsumsi protein.Mengonsumsi protein tentu merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tubuh kita tak akan mampu membangun dan memperbaiki sel-sel tanpa protein. Selain itu, sarapan tinggi protein bisa membantu kita tergiur untuk makan camilan yang tak sehat.Menurut Institutes of Medicine, orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kilogram dari berat badan per harinya. Pria berusia 20 tahun atau lebih rata-rata mendapatkan 98,9 gram protein seharinya dan wanita berusia 20 tahun dan lebih mendapatkan 68 gram. Dalam analisis baru, diet tinggi protein, terutama ikan bisa menurunkan risiko stroke.Marion Nestle, Ph.D., Paulette Goddard Professor of Nutrition, Food Studies, and Public Health at New York University mengatakan kepada Huffington Post bahwa dalam beberapa kasus, kebanyakan protein bisa menimbulkan masalah.Berikut tiga tanda diet Anda mungkin berlebihan protein, Senin (16/6/2014):1. Berat badan naikJika Anda berlebihan protein dalam diet Anda tanpa memotong kalori lain, Anda mungkin akan melihat berat badan Anda naik.Pada penelitian 2012, peneliti menemukan orang yang diet tin [...]

4 Alasan Lemon Tea Mampu Turunkan Berat Badan

4 Alasan Lemon Tea Mampu Turunkan Berat Badan

Lemon tea merupakan minuman rendah kalori yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Selain itu, phytochemical yang terkandung di dalam lemon tea pun dapat membantu Anda terhindari dari penyakit jantung, diabetes, kanker, dan osteoporosis. Berikut sejumlah alasan lemon tea dapat membantu Anda menurunkan berat badan, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (21/10/2014) 1. Kandungan vitamin CVitamin C yang terkandung di dalam lemon tea berkhasiat menghambat kortisol dalam tubuh. Bila kortisol dihambat, maka keinginan Anda untuk mengemil tidak akan terjadi, karena Anda tidak mengalami stres. Bagaimana juga, stres adalah kunci utama yang membuat nafsu makan Anda membuncah. 2. DetoksKandungan asam sitrat membantu proses pencernaan lebih baik, dan mendetoksifikasi ginjal dan hati. Asam sitrat juga dapat menetralkan keasaman dalam saluran pencernaan. Bila pencernaan dalam keadaan baik, maka Anda terhindar dari perut kembung dan sembelit. 3. Singkirkan lemakKombinasi lemon dan teh hijau berefek pada tubuh yang mampu menyerap cahetins tiga kali lebih cepat ke dalam aliran darah. Cachetins mampu menghilangkan lemak dalam perut. 4. Minim asupan kaloriTanpa ditamba [...]

2 Hal Ini yang Bikin Bobot Tubuh Melonjak Saat Puasa

2 Hal Ini yang Bikin Bobot Tubuh Melonjak Saat Puasa

Normalnya, puasa memang membuat berat badan turun. Karena secara tidak sadar, Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit dibanding biasanya. Tapi ternyata tidak semua orang bisa begitu. Kebanyakan diantaranya malah bertambah berat badannya. Seperti disampaikan pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK bahwa selama bulan puasa, tanpa sadar Anda telah mengurangi asupan makanan. Itulah sebabnya, saat berbuka, beberapa orang cepat kenyang hanya dengan minum saja. Ini juga tandanya, lambung mulai mengecil dan sering dimanfaatkan untuk sekalian menurunkan berat badan. "Mengurangi seperempat porsi makan saja, berat badan bisa turun setengah sampai 1 kilogram. Tapi ada orang yang sewaktu puasa berat badannya naik. Inilah yang disebut teori balas dendam," katanya, seperti ditulis Kamis (10/7/2014). Samuel menerangkan, rumus untuk gemuk hanya dua. Lemak dan gula. Yang terjadi ketika buka puasa apa? Banyak orang yang mengonsumsi gorengan dan es campur atau es buah, cendol, kolak. Itu semua gula. Ubi, pisang merupakan bahan makanan yang mengandung gula. Masih ditambah gula pasir atau gula merah untuk pemanis. Bila minum es cincau pun, gula pasti disertakan dalam jumlah banyak. Sementara kegi [...]

3 Kudapan Nikmat di Musim Panas

3 Kudapan Nikmat di Musim Panas

Banyak cairan terbuang di musim panas membuat kita membutuhkan asupan makanan dan minuman yang mampu mengembalikan jumlah cairan yang sudah terbuang. Berikut ini beberapa jenis cemilan yang dapat Anda konsumsi di musim panas, seperti dikutip laman Health Me Up, Senin (14/4/2014) 1. Salad semangkaSemangka adalah camilan terbaik yang dapat Anda makan di musim panas. Bila mengonsumsi semangka dianggap sudah biasa, cobalah untuk membuat salad semangka.Cara, potong dadu buah semangka, tambahkan keju feta, kacang pinus, dan dan daun kemangi.2. Yoghurt dengan buah-buahanKonsumsilah beberapa jenis buah seperti anggur, jeruk, dan mangga di musim panas. Selain kaya vitamin C, ketiga jenis buah ini juga dipercaya dapat mengambalikan cairan yang sudah terbuang.Agar lebih asyik dalam mengonsumsinya, campurkan buah-buahan itu dengan yoghurt sehat. Jangan lupa, tambahkan kacang untuk menambah kegaringan.Bagi perempuan yang rutin mengonsumsi buah, apa pun musimnya, dapat mencegah terjadinya segala jenis kanker di tubuhnya.Kepala Departemen Radioterapi RSCM, Prof, DR. Dr. Soehartati Gondhowiardjo, SpRad (K) OnkRad mengatakan, mengonsumsi buah adalah bentuk pencegahan yang dapat dilakukan agar terhi [...]

Salmon Panggang Apel ala Donna Agnesia Cocok di Hari Valentine

Salmon Panggang Apel ala Donna Agnesia Cocok di Hari Valentine

Makan malam romantis bersama pasangan di Hari Kasih Sayang tidak selalu harus di luar rumah. Momen-momen indah juga dapat tercipta di dalam rumah, dengan menyajikan masakan dan mendekorasi sendiri ruangan sesuai keinginan hati.Bagi Anda yang ingin menyajikan masakan enak sekaligus sehat di hari kasih sayang tersebut, dapat mencoba menu Salmon Panggang Apel ala presenter cantik, Donna Agnesia.Berikut bahan dan cara membuat masakan tersebut yang Health Liputan6.com dapatkan langsung dari Donna Agnesia pada Kamis (13/2/2013)Bahan: 1 sdm Blue Band200 gram Daging ikan salmon yang berkulit potong 31/4 sdt Garam1/4 sdt Merica hitam bubukSaus Apel:1 sdm Blue Band1 buah Apel, kupas, potong wedges, buang bajinya, iris tipis.50 gram Jamur kancing, iris tipis.50 ml Buahvita Apel1/4 sdm Gula pasirCara membuat:1. Saus Apel : Panaskan blue band di dalam wajan anti lengket, masukkan apel dan masak hingga empuk. Tambahkan jamur, aduk rata. Masukkan buahvita apel dan gula, aduk rata. Angkat, sisihkan.2. Panaskan Blue Band di dalam wajan antilengket. Taruh ikan salmon (bagian kulit menghadap ke bawah), masak hingga kecokelatan dan renyah.3. Balikkan ikan, taburi garam dan merica bubuk, masak hingga m [...]

Jam Tangan Ini Bisa Bantu Program Diet Anda

Jam Tangan Ini Bisa Bantu Program Diet Anda

Sadar melakukan diet tidak mudah, peneliti dari Clemson University menciptakan alat untuk mendeteksi berapa kunyahan yang Anda lakukan setiap kali makan. Menurut peneliti, akurasi alat yang mirip jam tangan ini mencapai 90 persen.Dikutip dari laman Dailymail, Rabu (13/8/2014), Profesor psikologi yang menciptakan alat ini, Eric Muth mengatakan, The Bite Monitor dapat membantu Anda mendeteksi setiap gigitan makanan. Untuk menghitung jumlah ideal, para ahli melacak jumlah gigitan dari 77 orang selama dua minggu. Hasilnya, alat ini cukup efetif membantu diet.Penelitian yang diterbitkan pada Journal of Academy of Nutrition and Dietetics ini juga menemukan, 100 gigitan per hari berarti mengurangi 1.700 kalori untuk pria dan 1.100 kalori untuk perempuan. Meski belum ada rekomendasi untuk mengunyah sebanyak 100 kali, tapi para ahli umumnya merekomendasikan mengunyah 10 dan 20 kali untuk pencernaan yang lebih baik dan penurunan berat badan, serta mengurangi masalah refluks asam lambung.Ahli endokrinologi dan ahli obesitas di Mayo Clinic, Michael Jensen mengatakan pada Mayo Clinic bahwa mengunyah makanan terlalu cepat, cenderung akan membuat Anda obesitas. [...]

Kenapa di Malam Hari Anda Disarankan Makan Sedikit Saja?

Kenapa di Malam Hari Anda Disarankan Makan Sedikit Saja?

Demi berat badan ideal, kita dianjurkan untuk menghentikan kegiatan makan sebelum pukul 08.00 malam. Alasannya, pada pukul 08.00 malam sampai pukul 04.00 pagi merupakan fase penyerapan makanan yang telah dimakan sebelumnya. Pada fase ini, tubuh menyerap zat-zat gizi yang bermanfaat untuk digunakan sebagai energi kehidupan, bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, termasuk merestorasi sel-sel yang telah mati. "Agar fase ini berjalan baik, maka organ pencernaan tidak boleh melakukan pekerjaan berat dengan mencerna makanan berat (makanan utama)," kata Penulis Buku berjudul 'Solusi Sehat Islami', dokter Muhammad Suwardi ditulis Health Liputan6.com pada Selasa (22/7/2014) Menurut Suwardi, pada malam hari, kadar melatonin akan meningkat. Hormon ini dikeluarkan oleh tubuh di malam hari untuk memperlambat pencernaan. "Apabila Anda makan banyak di malam hari, maka tubuh tidak dapat mencerna secara efisien. Dampaknya, Anda akan merasa kekenyangan, dan tubuh menjadi kekurangan energi. Sebab, makanan yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi lemak," kata Suwardi. Maka itu, penulis buku sekaligus Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia menyarankan, agar di malam hari, makanlah s [...]

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Bingung mendapati mengapa berat badan Anda tak kunjung turun? Coba cek kebiasaan makan malam Anda. Karena ada beberapa kebiasaan yang membuat Anda tanpa disadari membuat berat badan sulit turun bahkan membuat timbangan terus ke arah kanan. Dilansir dari Women's Health dilansir pada Senin (27/10/2014) hindari lima kebiasaan berikut demi dapatkan tubuh langsing. 1. Menu makan paling besarMalam hari merupakan saat santai, tidak seperti sarapan yang berangkat tergesa-gesa ke kantor atau tempat aktivitas lain atau mepetnya waktu siang hari di tengah padatnya aktivitas. Sehingga malam hari merupakan waktu makan dengan waktu panjang yang membuat Anda bisa makan sesuka hati. Akibatnya, tubuh sulit mencerna dan memroses banyaknya makanan yang masuk ke tubuh, ungkap ahli gizi Jaime Mass, RD. Makanan yang tidak bisa dicerna akan diubah menjadi asam lemak yang menyebabkan berat badan bertambah. 2. Makan tepat sebelum tidurMakan sebelum tidur akan membuat sulit tidur. "Tidur sangat penting untuk metabolisme tubuh mulai dari mengatur kadar gula darah serta keseimbangan hormin yang tepat," ujar Mass. 3. Minum kopiMinum minuman bersoda maupun berkafein bisa mengacaukan jam tidur Anda sehin [...]

2 Hal yang Harus Dipahami dalam Diet Mayo

2 Hal yang Harus Dipahami dalam Diet Mayo

Diet mayo memiliki dua hal penting yang harus dipahami oleh para pelakunya. Sebab, diet mayo dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing, sesuai dengan situasi tubuh kita saat menjalaninya.Diet mayo yang ditemukan oleh pakar profesional dari Mayo Clinic merupakan jenis diet yang dikembangkan berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis, yang diterbitkan pada 2010.Para pakar profesional mengatakan bahwa mengontrol berat badan jangka panjang akan sukses bila kita tidak hanya berfokus pada apa yang dimakan saja. Pun saat kita menjalani diet mayo.Dengan diet mayo ini, diharapkan kita mampu mengubah gaya hidup secara menyeluruh, dan mengadopsi kebiasaan sehat yang baru.Ada pun dua bagian utama dalam diet mayo yang harus kita pahami adalah sebagai berikut, seperti dikutip Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014) 1. Lose it!Lose it merupakan fase dari diet mayo yang akan membuat kita tampak berbeda dalam waktu dua minggu. Pada fase ini, kita akan belajar bagaimana cara menghilangkan bobot tubuh sebanyak 6 sampai 10 pon (2,7 sampai 4,5 kilogram) dengan cara yang sehat.Para pakar profesional mengatakan, pada fase ini kita akan lebih fokus pada kebiasa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *