Menu Makanan Diet Mayo yang Dianjurkan Para Pakar

099812100_1410932851-Diet_Mayo_lagi.jpg

Selama menjalani diet mayo ada beberapa jenis menu makanan yang dapat dipilih. Tapi, harus dipahami bahwa para pelaku diet mayo tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa asin dan nasi.

Selama menjalani diet mayo pula segala makanan yang masuk ke dalam tubuh kita harus dikukus, direbus, atau dipanggang, tidak boleh digoreng.

Para pakar profesional dari Mayo Clinic yang menemukan diet mayo ini mengatakan, terdapat sejumlah tingkatan kalori yang dapat diadopsi sehari-hari.

Berikut ini adalah menu diet mayo dengan takaran kalori sebesar 1.200 cal, yang dikutip dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014)

1. Sarapan pagi

Pakar dari Mayo Clinic menyarankan agar mengonsumsi yogurt dan buah. Takarannya, 1 cangkir yogurt tanpa lemak, dicampur dengan 1 porsi buah.

2. Makan siang

1 porsi tuna dan salad dengan takaran seperempat ekor tuna, 4 cup pasta dan direbus, 2 cangkir wortel yang dipotong dadu, 4 sendok mayones rendah kalori, dan 1 jeruk nipis yang diperas ke dalam salad tersebut.

3. Makan malam

Salad hijau dengan takaran beberapa ikat selada dengan 1,5 cangkir irisan tomat, bawang merah, dan jamur, lalu tambahkan 2 sendok makan dressing salad bebas lemak.

4. Camilan

Cukup 1 apel kecil diiris.

Dilanjutkan para pakar, karena dasar dari diet mayo adalah Healthy Weight Pyramid, maka makanan yang sehat harus berfokus pada jumlah kalori yang kecil, dan perbanyak buah-buahan dan sayuran.

Kita dalam memilih gandum sebagai sumber karbohidrat, sumber protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, ikan, dan produk susu rendah lemak, dan kandungan makanan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

“Diet mayo mengajarkan kita bagaimana mengatur ukuran untuk porsi makan dan rencana makan itu sendiri. Diet mayo tidak berfokus pada menghitung kalori, juga tidak mengharuskan kita menghilangkan jenis makanan tertentu,” kata para pakar diet mayo.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Saat ibu hamil orang selalu mengingatkan jangan membenci orang karena wajah anaknya bisa mirip dengan yang dibenci. Alasannya, pikiran ibu bisa memengaruhi fisik anak.Demikian disampaikan Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto saat berbincang-bincang dengan Redaksi Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (2/2/2014)."Jangan benci orang berlebihan. Bukan cuma benci, emosi pikiran ke satu orang membuat anaknya jadi mirip," kata pria yang akrab disapa Kak Arief.Menurut Arief, antara benci dan cinta itu tipis. Cinta dan benci sama-sama membayangkan orangnya. "Kita bayangkan, visualisasikan menempel ke mindset kita, jadi mendarah daging dan jadi karakter kita," ujarnya.Ketika hamil, lanjut Arief, ibu membagi dua kebutuhan yakni fisik dan rohani. Emosi dan stres bisa mempengaruhi bayinya, termasuk fisiknya.Jika ibu stres maka anak ikut stres. "Saat itu kita tidak menyadarinya. Kerugian kelihatan saat dewasa. Saat remaja sudah kelihatan. Jadi ibu hamil perasaannya dijaga.Arief berpegang pada pernyataan `Jagalah pikiranmu karena pikiran menjadi kata-katamu. Jagalah kata-katamu karena kata-kata menjadi sikapmu. Jagalah sikapmu karena sikap menjadi sifat dan jagalah si [...]

Coba Rem Nafsu Makan Berlebihan dengan Bermain Tetris

Coba Rem Nafsu Makan Berlebihan dengan Bermain Tetris

Anda ingin mengurangi hasrat makan? Cobalah bermain tetris. Dengan permainan visual ini perhatian Anda bisa teralih dari keinginan makan dan berganti dengan gambar permainan di pikiran Anda."Anda melihat warna cerah dan harus memanipulasinya untuk membuat mereka pas," kata penulis penelitian Jackie Andrade , seorang profesor psikologi di Plymouth University, Inggris, kepada Daily News, Kamis (20/2/2014).Menurutnya, proses mental ini juga dibutuhkan saat membayangkan makanan, minuman, atau obat yang Anda inginkan. "Anda tak bisa melakukan keduanya sekaligus sehingga keinginan Anda tak terpenuhi, dan ini bagus jika Anda ingin menjauhkan diri dari nafsu makan Anda," ujar Andrade.Penelitian ini dilakukan terhadap 100 pria usia antara 18-30 tahun. Beberapa memiliki nafsu makan yang berbeda, beberapa tidak. Satu tim bermain Tetris yang lain menunggu program komputer yang sedang proses. Hasilnya, hasrat makan kelompok yang bermain Tetris berkurang menjadi 24 persen.Cara ini tak hanya berguna untuk Anda yang doyan makan berlebihan, tapi juga bisa untuk shopaholics, pecandu seks, narkoba, dan pengguna narkoba. "Tetris memang tak bisa menghilangkan keinginan makan sepenuhnya, tapi oke," kata [...]

5 Cara Efektif Pangkas Bobot Tubuh

5 Cara Efektif Pangkas Bobot Tubuh

Banyak cara mudah yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal terpenting yang harus Anda tanamkan di dalam benak Anda adalah niat dan usaha yang dikerjakan dengan serius. Pasti akan menampakkan hasil.Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan seperti dikutip dari Health Me Up, Jumat (6/6/2014)1. Jangan lupa untuk sarapanSalah satu keuntungan terbesar dari sarapan adalah membantu membuat stabil hormon dan menjaga potensi agar tidak makan berlebih dan banyak pada jam-jam tertentu. 2. Masak sendiriSetiap makanan yang disantap dapat memiliki nilai gizi tinggi bila itu diolah dan dimasak sendiri. Makan lebih banyak buah dan sayuran adalah cara paling ideal untuk menurunkan berat badan. Dalam memilih buah dan sayuran, coba pilih yang benar-benar segar tanpa ada bintik-bintik dan busuk di beberapa bagian.3. Pilih karbohidrat tepatSelain serat, karbohdirat yang baik juga akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Jenis makanan ini memiliki tingkat indeks glikemik rendah yang membantu mengatur gula darah dan tingkat produksi insulin. Bahan makanan yang kaya karbohidrat menyehatkan adalah sayur-sayuran, gandum, buah-buahan, kentang, beras berah, dan kacang-kacangan.4. [...]

5 Makanan Bervitamin D Tinggi

5 Makanan Bervitamin D Tinggi

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sejumlah risiko kesehatan dari penyakit tulang sampai kelemahan pada otot. Selama ini, matahari dianggap sebagai sumber terbaik vitamin D. Namun, paparan sinar matahari berkepanjangan ini tidak dianjurkan."Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari matahari, berjemurlah selama 20 sampai 25 menit. Karena itu sangat membantu," kata Stephen Honig, MD dari Pusat Osteoporosi di Hospital for Joint Diseases, New York, Amerika Serikat.Maka itu, tiap orang dianjurkan untuk menambah beberapa jenis makanan agar mendapat tambahan vitamin D yang masuk ke dalam tubuh.Berikut beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin D, yang baik untuk kesehatan Anda, seperti dikutip Health Me Up, Rabu (23/4/2014)1. JamurJamur adalah salah satu jenis makanan yang kaya vitamin D dan pilihan terbaik bagi Anda yang vegetarian. Selain itu, jamur juga menyimpan vitamin B5 dan tembaga.2. Ikan berlemakIkan seperti salmon, tuna, makarel, tinggi vitamin D. Ikan yang disajikan mentah atau sushi, memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi. Ikan jenis ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.3. Minyak ikan codMinyak ikan cod mengandung vitam [...]

Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda Lain

Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda Lain

Tahukah Anda bahwa minuman seperti jus apel dan yoghurt yang dikatakan bebas lemak dan sehat ternyata sama buruknya dengan minuman bersoda? Suatu survei menemukan, segelas jus apel mengandung 7 sendok gula, sama seperti tiga porsi donat Krispy Kreme. Sedangkan yoghurt bebas lemak mengandung gula dengan takaran sama dengan seporsi es krim. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar asupan gula tidak lebih dari enam sendok setiap hari. Bila dalam sehari kita hanya mengonsumsi segelas jus apel, maka sebenarnya gula yang masuk ke dalam tubuh sudah berlebih. Mungkin langsing akan didapat, tetapi Anda berisiko diabetes.Fatalnya, jus apel dan yoghurt yang disebut bebas lemak kerap diberikan pada anaknya oleh ibu untuk bekal sekolah. Mereka tidak menyadari, terlalu banyak gula dapat menyebabkan kerusakan permanen. Jika sudah seperti ini, maka orangtua harus mulai waspada. Sebab, kelebihan gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe dua, dua kali lipat dari orang biasanya. Kelebihan gula juga dapat menyebabkan kerusakan gigi hingga menyebabkan ompong pada anak.Chief Medical Officer asal London, Inggris, Sally Davies, meminta para orangtua agar menjaga supaya a [...]

Cegah Stroke dengan Makan Dada Ayam atau Salmon

Cegah Stroke dengan Makan Dada Ayam atau Salmon

Stroke bisa mematikan. Untuk mencegahnya, cobalah mengonsumsi setidaknya satu dada ayam atau fillet salmon dalam sehari atau sebesar 20 gram. Menurut ilmuwan cara tersebut bisa mengurangi risiko stroke sebesar 20 persen.Setiap 20 gram ekstra protein yang dimakan per harinya akan mengurangi risiko stroke sekitar 26 persen."Satu penjelasan mungkin protein menurunkan tekanan darah," kata Dr Xinfeng Liu, dari Nanjing University School of Medicine.Ikan mengandung asam lemak Omega-3 dan beberapa unsur gizi lainnya, termasuk protein yang bisa melindungi dari stroke.Tapi, temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Neurology itu tak mendukung banyak konsumsi daging merah dihubungkan dengan besarnya risiko stroke. Tapi, protein hewani tampaknya lebih protektif dibanding protein nabati."Hasil ini menunjukkan bahwa risiko stroke bisa dikurangi dengan mengganti daging merah dengan sumber protein lain," kata Dr Liu seperti dilansir Mailonline, Sabtu (14/6/2014).Peneliti menganalisis tujuh studi tentang diet yang melibatkan total 254.489 orang dan memantau kemajuannya rata-rata selama 14 tahun. Hasilnya, responden yang makan protein lebih banyak 20 persen lebih kecil kemungkinannya menderita stroke [...]

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Menjalani pola hidup sehat dengan pilihan makanan tertentu bukan persoalan mudah bagi aktris cantik Revalina S Temat. Tak heran meski pernah merasai bermanfaatnya beras merah atau beras hitam, sekarang Reva sudah tidak lagi mengonsumsinya. Pemeran Karina dalam film horor berjudul `Oo Nina Bobo` mengakui sangat susah menghindari beberapa jenis makanan yang tak boleh disantapnya ketika berada di lokasi syuting. Sebab, tak mungkin pihak rumah produksi yang mengontraknya mesti mengikuti menu makanan yang disantapnya. "Di lokasi syuting kan enggak bisa pilih-pilih. Apa yang ada disantap saja, deh. Yang penting sampai sekarang aku enggak makan gorengan. Kalau cuma nasi putih dan mie saja, tidak jadi masalah," kata Reva menerangkan. Untung, saat ini berat badannya yang sudah turun beberapa kilogram. Jadi, makanan apa saja bisa dikonsumsinya dengan batasan tertentu termasuk nasi putih atau mie."Mie sebenarnya enggak boleh. Tapi apa boleh buat. Yang disediakan di lokasi syuting itu, dan kebetulan aku memang lagi lapar. Daripada maagku kambuh, lebih baik aku makan itu, tak peduli nasi putih atau mie," kata Reva saat bertandang ke Redaksi Health Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan City, Ra [...]

5 Makanan Penimbul Bahagia

5 Makanan Penimbul Bahagia

Agar kita merasa bahagia, tak hanya status pikiran yang bisa kita atur, tubuh fisik juga bisa diberi tambahan zat seperti dopamin dalam dosis yang cukup besar. Hormon ini akan meningkatkan mood, serta meningkatkan kesehatan mental, juga rasa bahagia.Dikutip Health Me Up, Senin (19/5/2014), berikut beberapa makanan yang dapat membantu Anda menyuplai dopamin agar Anda bahagia secara alami.BrokoliBrokoli mengandung protein yang penting dalam meningkatkan metabolisme dan merangsang penurunan berat badan. Asam asmino yang merupakan protein, mampu meningkatkan suasana hati Anda.BitMengonsumsi buah bit secara rutin, mampu meningkatkan zat besi dalam tubuh. Dalam hal merangsang rasa bahagia, bit mengandung asam amino, betaine yang merupakan antidepresan dan merangsang produksi dopamin.WortelWortel mengandung vitamin A, C, E, K, kalium, thiamin, niacin, vitamin B6, folat dan mangan. Vitamin dan mineral ini bertanggung jawab untuk memperlambat terjadinya penuaan, serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, wortel juga dapat meningkatkan kesehatan gigi dan hari, dan mencegah infeksi.Vitamin E hadir yang ada di dalam wortel mampu mengurangi radikal bebas yang merusak sel-sel o [...]

Resep Menu dari Bahan Selada Air

Resep Menu dari Bahan Selada Air

Karena sayuran ini berwarna hijau, dapat diragamkan dengan sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kangkung, yang sudah banyak digemari. Jika tidak suka menyantapnya secara segar, dapat di-blanching lebih dulu, agar bau langu hilang.Banyak resep yang dapat dibuat dengan menggunakan selada air, sesuai dengan kebiasaan tiap-tiap daerah di Indonesia. Berikut resep dari ahli gizi kuliner, Toeti Sunardi Selada Air Dressing KacangUntuk 5 porsi (1 porsi = 204 kalori)Bahan:250 gram selada air, dipotong daunnya100 gram ketimun, diiris halus panjang1 butir telur rebus, diirisBahan Dressing Kacang:5 sendok makan mayones siap pakai2 sendok makan saus tomat2 sendok makan air masak100 gram pindakas (selai kacang)1 butir kuning telur rebus1/2 sendok teh garam1 sendok makan air jeruk lemon1 sendok makan gula pasirCara membuat:1. Buat dressing kacang. Campur mayones dengan saus tomat, sisihkan. Campur air dengan pindakas dan kuning telur rebus, aduk rata. Campur adonan mayones dengan adonan pindakas, aduk, beri garam, air jeruk lemon, dan gula. Aduk rata, sisihkan.2. Selada air di-blanching (direbus dengan air mendidih selama 3 menit), angkat, rendam dalam air es, tiriskan.3. Atur dalam [...]

[VIDEO] Wanita Ini Bangga Bobotnya Susut Hingga 23 Kg

[VIDEO] Wanita Ini Bangga Bobotnya Susut Hingga 23 Kg

Mengubah hidup sehat dan mulai banyak bergerak memang tidak semudah kita bicara. Tapi wanita asal San Fransisco, Amerika Serikat, Lakeisha Shurn ini membuktikan bahwa niat yang kuat membuatnya berhasil menurunkan berat badan yang mencapai 157 kilogram.Seperti dikutip laman Huffingtonpost, Senin (13/1/2014), Shurn mengaku mengikuti tantangan #giveit100, untuk melakukan gerak dalam bentuk apa pun dan dimana pun dengan cara yang dinilai nyaman olehnya."Bila dipikir, mungkin saya akan depresi karena ingin mengubah semua itu. Tapi setiap hari ketika saya merasa kehilangan berat badan, saya seperti kembali menemukan diriku," kata Shurn dalam videonya.Shurn yang mengunggah videonya ke situs YouTube ini mendokumentasikan dirinya yang berlatih setiap hari di gym.Di akhir video, Shurn memamerkan pinggangnya yang secara signifikan lebih ramping. Namun, saat yang paling mengharukan ketika dia dengan bangga menunjukkan kemampuannya mengangkat kaki ke atas bahu.Shurn menambahkan, ia telah kehilangan berat badannya sebanyak 23 kilogram dalam setahun. Dan dalam waktu 100 hari, ia telah kehilangan 8 kilogram. (Fit/Abd) [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *