Menumbuhkan Dan Merawat Kuku Panjang

menumbuhkan-dan-merawat-kuku-panjang.jpg

Kuku yang indah adalah kuku yang terawat. Seperti juga halnya rambut, kesehatan dan kebersihan kuku juga perlu dijaga, apalagi jika Anda menginginkan kuku sebagai penunjang penampilan maksimal Anda.

Salah satu pertumbuhan yang terjadi secara alami di tubuh manusia adalah pertumbuhan kuku. Karena itu, kontrol pertumbuhan kuku terjadi dari dalam, dimulai dengan asupan-asupan yang diterima tubuh berikut ini:

1.Mengatur pola makan dan menyeleksi makanan yang dimakan
Menumbuhkan kuku yang sehat dapat dikontrol dari dalam tubuh, dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, gandum utuh dan protein daging tanpa lemak yang akan membantu mencukupkan nutrisi penumbuh kuku. Seimbangi dengan mengonsumsi setidaknya delapan gelas air, terutama saat cuaca panas untuk membantu menghidrasi tubuh dan menjaga kuku tetap sehat.

2.Konsumsi juga suplemen
Terkadang, makanan yang dikonsumsi belum mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh. Untuk mencukupkan berbagai vitamin dan mineral penting, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, B-complex dan kandungan biotin, C, D, E dan mineral seperti kalsium, zinc dan fosfor yang membantu pertumbuhan jaringan tubuh yang sehat. Dapatkan juga asupan asam lemak sehat yang banyak ditemui di dalam salmon dalam bentuk tablet suplemen.

Selain dari dalam, untuk mendapatkan kuku yang sehat, perawatan dari luar juga dapat dilakukan dengan mengoleskan pelapis kuku yang mengandung protein, kalsium, vitamin dan kandungan lainnya yang dapat menciptakan lapisan yang mengunci kelembapan kuku dan mencegah kuku pecah-pecah.

Kuku yang dipanjangkan juga rentan mengalami kerusakan. Jaga kuku dari berbagai hal berikut ini agar kuku panjang tetap awet dan tampak indah:
1.Penggunaan cat kuku atau produk perawatan kuku yang keras kandungan kimiawinya.
2.Merendam kuku terlalu lama di dalam air karena dapat membuat kuku rapuh.
3.Paparan akan bahan kimia dan sinar yang berbahaya. Karena itu, gunakan sarung tangan saat tangan harus bersentuhan dengan bahan kimia dan bahan pembersih dengan kandungan kimia yang kuat. Gunakan juga sarung tangan pelindung saat berkebun atau membersihkan rumah.
4.Hindari aktivitas yang menggunakan kuku untuk mencabut, menggaruk, menggores atau membuka tutupan yang keras.
5.Gunakan pembersih cat kuku yang tidak mengandung aseton karena dapat merusak kuku.

Saat kuku yang panjang sudah terbentuk, untuk menjaga dan mempertahankannya tetap bersih dan indah pun tidak mudah. Anda tidak perlu selalu ke salon untuk melakukan manikur dan pedikur, berikut ini beberapa cara merawat kuku panjang yang dapat Anda praktikkan sendiri di rumah.

1.Perawatan sendiri di rumah bisa menggunakan krim khusus tangan dan kuku setiap hari atau sekali seminggu untuk menjaga kelembapannya. Bentuklah kuku agar terlihat rapi dan tidak menyulitkan gerakan yang dilakukan tangan agar kuku tidak mudah patah dan rusak.

2.Melakukan manikur kuku mingguan, baik itu di rumah atau di salon. Perawatan manikur yang dilakukan sendiri meliputi mendorong masuk kutikel kuku, membersihkan dan mengoleskan cairan pelindung kuku.

3.Menggunakan pemoles kuku dan nail art yang terjamin kualitasnya.

Kuku yang panjang tentu saja juga memiliki batas maksimal pertumbuhan yang sudah dianggap terlalu panjang dan harus dirapikan saat kuku mulai mengganggu. Saat Anda yang memiliki kuku mulai merasa tidak nyaman, segeralah memotong dan merapikan kuku Anda. Yuk, mulai merawat kuku.(PA)

Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Alami Menghilangkan Panu

Cara Alami Menghilangkan Panu

Panu merupakan penyakit yang banyak ditakuti orang. Walaupun panu bukanlah penyakit yang mematikan, panu bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang dan selalu diidentikkan sebagai orang yang tidak dapat menjaga kebersihan. Panu merupakan salah satu infeksi yang disebabkan oleh jamur yang biasanya muncul saat seseorang berada di udara yang panas dan lembap. Panu menyebabkan terjadinya perubahan warna kulit yang biasanya berukuran kecil dengan bentuk yang tidak beraturan dan berwarna putih, pink atau coklat tua tergantung warna kulit penderita. Tak hanya itu, panu yang dapat membuat kulit gatal dan disebabkan oleh jamur malassezia itu akan menimbulkan kulit bersisik dan menghambat produksi normal pigmen di kulit. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menghilangkan panu secara alami dengan ini: 1. Tea tree oil Minyak pohon teh adalah salah satu obat yang umum dan cukup efektif terhadap berbagai infeksi kulit. Anda bisa menggunakan sedikit minyak pohon teh sekali dalam sehari selama dua minggu. Namun, perlu diingat kalau minyak pohon teh cukup kasar pada kulit. Jika kulit Anda sensitif, Anda harus menambahkan air sebelum mengoleskannya pada panu Anda. 2. Bawang putih [...]

Cara Tepat Basmi Bekas Jerawat

Cara Tepat Basmi Bekas Jerawat

Jerawat mungkin sudah hilang dan tidak berisi lagi, namun masalah baru muncul. Bekas luka kehitaman yang sangat mencolok membuat wajah tidak mulus dan mengganggu penampilan. Mungkin, bekas luka ini muncul karena tangan Anda yang usil memencet jerawat saat masih timbul. Namun, pada kenyataannya, tanpa memencet jerawat pun jerawat masih dapat menimbulkan bekas luka karena adanya kerusakan kolagen akibat radang dalam kulit. Pertama-tama, kenali dahulu seperti apakah itu luka bekas jerawat. Bekas-bekas jerawat dapat dibedakan sebagai berikut: 1. Atrophic, bekas jerawat bopeng yang agak dangkal 2. Bentuk boxcar, bekas jerawat bopeng yang lebih dalam dan menggulung. 3. Bentuk ice-pick, bekas jerawat yang tampak seperti bolongan kecil di atas nya namun ternyata dalam. Warna kulit juga memainkan peran dalam keseriusan bekas luka. Orang dengan warna kulit yang lebih gelap mungkin akan mengalami penggelapan atau hyperpigmentation, sementara orang dengan warna kulit cerah akan cenderung mengalami kemerahan atau erythma pada bekas luka. Bekas luka jerawat akan bertambah parah jika ter-ekspos atau mengalami hal-hal berikut: 1. Terkena paparan sinar matahari Sinar matahari [...]

4 Cara Alami Cegah Selulit

4 Cara Alami Cegah Selulit

Selulit dimiliki hampir semua wanita pasti mengganggu penampilan. Padahal, selulit sebenarnya dapat dikurangi dan dibuat samar. Selulit adalah penumpukan lemak yang berada di bawah kulit yang muncul karena masalah hormon, gaya hidup tak sehat, dan faktor genetik. Bukan hanya orang yang gemuk yang biasanya memiliki selulit, sebab orang yang kurus pun bisa memiliki selulit di paha dan pantat. Apa saja cara alami untuk mencegah selulit muncul? 1. Cukup cairan Selain air putih, jus buah dan sayuran juga mengandung cairan yang bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi. Ingat, dehidrasi bisa membuat kulit lebih cepat berkeriput dan bergelambir. Selalu awali hari dengan meminum air, jika tidak terlalu menyukai air putih, ganti air dengan jus buah segar.2. Batasi konsumsi garam Garam dapat mengikat air dan lemak dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan akumulasi kadar lemak dalam tubuh.3. Pijat Pijatan akan menstimulasi pembuluh darah dan pembuluh limfe yang berada di bawah kulit, sehingga dapat melancarkan aliran darah dan menyebarkan distribusi penimbunan lemak di kulit. Maka, lakukan pijatan dengan gerakan melingkar pada paha, bokong, dan area lain yang memiliki selulit.4. Banyaklah berger [...]

Waxing dan Shaving Tidak Selalu Solusi

Waxing dan Shaving Tidak Selalu Solusi

Bagi sebagian orang, melakukan waxingatau shaving adalah cara yang efektif untuk menghilangkan bulu-bulu halus. Namun cara ini ternyata seringkali menimbulkan masalah pada kulit bahkan mengganggu penampilan. Setelah melakukan waxing atau shaving, bulu dalam lapisan kulit atau ingrown hair seringkali muncul dan dapat menimbulkan rasa sakit di kulit. Ingrown hair berupa benjolan kecil berwarna merah atau coklat yang terjadi jika bulu tumbuh di dalam folikel. Dokter Kshama Vibhakar, seorang dermatology mengatakan kemungkinan terburuk dari munculnya benjolan tersebut adalah timbulnya infeksi sehingga terjadi folikulitis. Folikulitis terjadi akibat penyumbatan pada folikel rambut. Dampak terburuk dari folikulitis adalah munculnya bisul atau jerawat yang dapat menyebabkan gatal maupun nanah. "Tidak melakukan waxing atau shaving secara benar adalah alasan utama pemicu ingrown hair. Saat kulit belum meregang secara sempurna, bulu sudah dibersihkan dan hanya sebagian yang terangkat. Bulu yang tak tercabut akan menurun dan tumbuh di dalam folikel rambut," jelas dr. Kshama Vibhakar. Menurutnya, melakukan waxing atau shaving sebaiknya ketika bulu telah tumbuh secara sempurna dan tidak terla [...]

Breast Augmentation

Breast Augmentation

Tahukah Anda jika payudara wanita mampu mengalami pengurangan massa? Proses penuaan, pemberian asupan ASI, hingga faktor genetika adalah alasan mengapa massa payudara wanita berkurang. Akibat alasan inilah mengapa proses bedah plastik payudara (breast augmentation) atau pemasangan implan payudara, semakin digemari saat ini. ?Breast Augmentation merupakan bentuk pembedahan yang dilakukan untuk mengisi kekurangan massa payudara. Hal ini murni untuk kepentingan estetika,? ujar dr.Vera Ikasari, SpBP*, selaku dokter bedah plastik RS. Puri Indah, Jakarta saat ditemui tim meetdoctor.com. Breast Augmentation (BA) dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu pemasangan silikon gel/padat dan proses fat grafting. Silikon yang digunakan pada BA terdiri atas silikon tekstur dan non tekstur. Beda halnya dengan pemasangan silikon, proses fat grafting dilakukan murni berdasarkan pengambilan pada lemak bagian tubuh lainnya untuk digunakan sebagai massa buatan pada payudara. Pemberian silikon gel dan fat grafting tergolong proses yang aman. Pada beberapa kasus, hasil dari fat grating cenderung akan lebih tidak memuaskan pasien, dibanding silikon gel yang mampu bertahan seumur hidup. Lemak fat graftin [...]

Cara Menghilangkan Bintik Penuaan

Cara Menghilangkan Bintik Penuaan

Bintik-bintik yang mendadak muncul di kulit, terutama pada area-area yang sering terpapar matahari, merupakan salah satu ciri terjadinya proses penuaan alami. Ciri bintik penuaan ini di antaranya bentuknya tidak menonjol, berwarna kecokelatan, keabu-abuan atau kehitaman. Bintik ini sering juga disebut dengan liver spots, senile lentigines, solar lentigines atau bintik matahari. Bintik-bintik dapat muncul karena adanya kelebihan produksi melanin pada tubuh. Faktor yang juga memainkan peran meliputi adanya penuaan kulit, paparan sinar matahari atau kondisi lain di mana kulit terpapar sinar ultraviolet. Bintik-bintik ini biasanya dengan mudah ditemukan di wajah, di belakang tangan, pada bahu dan pada lengan bagian luar. Semakin tua usia seseorang, semakin besar kemungkinannya mengalami bintik-bintik penuaan. Mereka yang sudah berusia di atas 40 tahun berisiko mengalami bintik-bintik penuaan ini, apalagi pada pemilik kulit cerah, riwayat sering terpapar matahari, atau pernah melakukan tanning atau penggelapan kulit dengan jalan berjemur di bawah sinar matahari. Gejala dari hadirnya bintik-bintik penuaan ditandai dengan adanya perubahan warna bintik dari cokelat muda ke warna kehitaman [...]

Tanda-Tanda Kulit Tua

Tanda-Tanda Kulit Tua

Kulit tua? No Way. Ya, hampir semua orang menginginkan kulit wajah yang lembut, halus, serta sehat. Tidak hanya wanita, pria pun pasti menginginkan kulit wajah yang sehat walaupun usianya telah bertambah tua. Penuaan atau perubahan pada kulit adalah hal yang biasa terjadi pada semua orang sebagai tanda pertambahan usia, termasuk keriput atau kulit kendur. Meskipun kulit memiliki banyak sekali lapisan, namun secara umum lapisan kulit terbagi dalam tiga, di antaranya: ? Bagian luar (epidermis), mengandung sel-sel kulit, pigmen ? Bagian tengah (dermis), mengandung pembuluh darah, saraf, folikel rambut, dan kelenjar minyak. Dermis menyediakan nutrisi ke epidermis. ? Lapisan dalam di bawah dermis (lapisan subkutan), mengandung kelenjar keringat, beberapa folikel rambut, pembuluh darah, dan lemak. Selain itu, setiap lapisan juga mengandung jaringan ikat dengan serat kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kenyal dan elastis. Selain karena faktor usia, penuaan pada kulit dapat disebabkan oleh faktor lingkungan, genetik, nutrisi, serta beberapa faktor lainnya. Namun, faktor terbesar perubahan pada kulit adalah paparan sinar matahari. Pada pertambahan usia, lapisan epidermis akan m [...]

Bahan Alami Pemutih Kulit

Bahan Alami Pemutih Kulit

Bahan alami untuk pemutih kulit ? Sulit untuk dipungkiri, kulit mulus bersih nan putih diam-diam selalu menjadi dambaan setiap wanita. Tentunya kita tidak bisa mengubah warna alami kulit anugerah Tuhan, namun ada beberapa cara aman untuk membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah dengan bahan-bahan sehari-hari yang pastinya bebas bahan kimia. Cobalah beberapa tindakan berikut untuk mencerahkan area-area kulit yang berwarna lebih gelap seperti lengan, ketiak, tempurung lutut, siku, bahkan hingga area di atas bibir. 1. Selalu gunakan krim pelindung matahari, kemanapun, saat apapun. Walaupun cuaca tampak mendung, tetap kenakan sunblock yang mempunyai kandungan SPF minimal 20. Matahari selalu ada dan dapat merusak kulit dan menimbulkan lebih banyak area hitam pada kulit. 2. Minum banyak air untuk memberikan kulit cukup air dan membuat kulit tampak lebih sehat. Area gelap pun akan berangsur-angsur pulih. Minum air putih merupakan salah satu hal penting dalam pemutih kulit. 3. Gunakan sabun pepaya organik yang mampu memutihkan kulit dengan alami. Hati-hati, sabun yang satu ini punya sifat mengeringkan kulit hingga diperlukan pemakaian lotion setelah menggunakannya. 4. Perbanyak m [...]

7 Nutrisi Agar Kulit Tidak Dehidrasi

7 Nutrisi Agar Kulit Tidak Dehidrasi

Berpuasa dapat membuat tubuh mengalami kekurangan cairan tubuh yang berdampak langsung pada kelembapan kulit. Pasalnya, jumlah cairan yang dibatasi selama bulan Puasa serta cuaca panas dapat membuat tubuh kehilangan vitamin dan mineral yang penting.Nah, Anda bisa memastikan nutrisi yang diperlukan agar kulit tidak dehidrasi selama berpuasa bila mengonsumsi berbagai macam makanan yang sehat. Berikut nutrisi penting yang bisa membantu menjaga kulit dari dehidrasi selama berpuasa. [...]

Mengenal Berbagai Macam Obat Jerawat

Mengenal Berbagai Macam Obat Jerawat

Jerawat merupakan hal kecil yang mengganggu penampilan. Bagi sebagian orang, terutama perempuan, jerawat-jerawat nakal mampu mengurangi rasa percaya diri saat bersosialisasi. Kegundahan inilah yang akhirnya membuat banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba mengeluarkan atau menjual produk atau obat jerawat yang sekarang ini banyak kita jumpai di pasaran tanah air. Dari sekian banyak obat jerawat tersebut, tentunya sulit bagi kita untuk memutuskan mana obat jerawat yang cocok untuk masalah itu. Karena kita tidak tahu mana yang cocok, kecuali dengan cara mencoba, akhirnya kita pun menjadikan wajah kita sebagai 'kelinci percobaan'. Kita akan mencoba berbagai macam obat jerawat hingga menemukan yang cocok. Risiko yang Anda hadapi, kulit bisa mengalami kerusakan akibat terpapar oleh berbagai macam bahan kimia yang terkandung di dalam produk obat jerawat tersebut. Karena itu, agar tidaks salah, ada baiknya Anda mengenal berbagai macam obat jerawat dan kemudian pergi ke dokter spesialis kulit untuk berkonsultasi, agar Anda bisa mengetahui obat jerawat mana yang aman dan cocok untuk Anda gunakan. Pengobatan Jerawat Obat jerawat dapat membantu mengendalikan tingkat keparaha dan frekuensi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *