Menumbuhkan Dan Merawat Kuku Panjang

menumbuhkan-dan-merawat-kuku-panjang.jpg

Kuku yang indah adalah kuku yang terawat. Seperti juga halnya rambut, kesehatan dan kebersihan kuku juga perlu dijaga, apalagi jika Anda menginginkan kuku sebagai penunjang penampilan maksimal Anda.

Salah satu pertumbuhan yang terjadi secara alami di tubuh manusia adalah pertumbuhan kuku. Karena itu, kontrol pertumbuhan kuku terjadi dari dalam, dimulai dengan asupan-asupan yang diterima tubuh berikut ini:

1.Mengatur pola makan dan menyeleksi makanan yang dimakan
Menumbuhkan kuku yang sehat dapat dikontrol dari dalam tubuh, dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, gandum utuh dan protein daging tanpa lemak yang akan membantu mencukupkan nutrisi penumbuh kuku. Seimbangi dengan mengonsumsi setidaknya delapan gelas air, terutama saat cuaca panas untuk membantu menghidrasi tubuh dan menjaga kuku tetap sehat.

2.Konsumsi juga suplemen
Terkadang, makanan yang dikonsumsi belum mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh. Untuk mencukupkan berbagai vitamin dan mineral penting, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, B-complex dan kandungan biotin, C, D, E dan mineral seperti kalsium, zinc dan fosfor yang membantu pertumbuhan jaringan tubuh yang sehat. Dapatkan juga asupan asam lemak sehat yang banyak ditemui di dalam salmon dalam bentuk tablet suplemen.

Selain dari dalam, untuk mendapatkan kuku yang sehat, perawatan dari luar juga dapat dilakukan dengan mengoleskan pelapis kuku yang mengandung protein, kalsium, vitamin dan kandungan lainnya yang dapat menciptakan lapisan yang mengunci kelembapan kuku dan mencegah kuku pecah-pecah.

Kuku yang dipanjangkan juga rentan mengalami kerusakan. Jaga kuku dari berbagai hal berikut ini agar kuku panjang tetap awet dan tampak indah:
1.Penggunaan cat kuku atau produk perawatan kuku yang keras kandungan kimiawinya.
2.Merendam kuku terlalu lama di dalam air karena dapat membuat kuku rapuh.
3.Paparan akan bahan kimia dan sinar yang berbahaya. Karena itu, gunakan sarung tangan saat tangan harus bersentuhan dengan bahan kimia dan bahan pembersih dengan kandungan kimia yang kuat. Gunakan juga sarung tangan pelindung saat berkebun atau membersihkan rumah.
4.Hindari aktivitas yang menggunakan kuku untuk mencabut, menggaruk, menggores atau membuka tutupan yang keras.
5.Gunakan pembersih cat kuku yang tidak mengandung aseton karena dapat merusak kuku.

Saat kuku yang panjang sudah terbentuk, untuk menjaga dan mempertahankannya tetap bersih dan indah pun tidak mudah. Anda tidak perlu selalu ke salon untuk melakukan manikur dan pedikur, berikut ini beberapa cara merawat kuku panjang yang dapat Anda praktikkan sendiri di rumah.

1.Perawatan sendiri di rumah bisa menggunakan krim khusus tangan dan kuku setiap hari atau sekali seminggu untuk menjaga kelembapannya. Bentuklah kuku agar terlihat rapi dan tidak menyulitkan gerakan yang dilakukan tangan agar kuku tidak mudah patah dan rusak.

2.Melakukan manikur kuku mingguan, baik itu di rumah atau di salon. Perawatan manikur yang dilakukan sendiri meliputi mendorong masuk kutikel kuku, membersihkan dan mengoleskan cairan pelindung kuku.

3.Menggunakan pemoles kuku dan nail art yang terjamin kualitasnya.

Kuku yang panjang tentu saja juga memiliki batas maksimal pertumbuhan yang sudah dianggap terlalu panjang dan harus dirapikan saat kuku mulai mengganggu. Saat Anda yang memiliki kuku mulai merasa tidak nyaman, segeralah memotong dan merapikan kuku Anda. Yuk, mulai merawat kuku.(PA)

Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Menghilangkan Keloid

Cara Menghilangkan Keloid

Keloid adalah kelainan pada kulit yang ditandai jaringan parut dan terjadi pasca operasi, tindik, tato, atau mengalami luka gores. Bentuk keloid biasanya menonjol di sekitar luka yang sudah sembuh serta melebihi batas luka tersebut.Keloid dapat muncul pada luka apa pun dan lebih berisiko jika luka mengalami infeksi. Keloid biasanya muncul dalam waktu 3 bulan - 1 tahun setelah kerusakan kulit. Penyebab keloid adalah masalah pada sel fibroblasts yang berfungsi memproduksi jaringan luka (kolagen), gangguan hormon, gangguan sistem imun, dan faktor keturunan.Ciri-ciri keloid adalah bekas luka yang kenyal, lalu melunak, gatal, sakit, dan seperti terbakar. Warna keloid akan berubah dari kemerahan menjadi kecokelatan atau pucat. Perlahan tapi pasti, keloid akan melebar hingga berhenti. Nah,meski ukuran keloid dapat mengecil seiring waktu, namun keloid jarang hilang sepenuhnya. Tapi, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan keloidberikut ini. [...]

Stretchmark dan Cara Mengatasinya

Stretchmark dan Cara Mengatasinya

Kehamilan merupakan hal yang paling menyenangkan bagi seorang ibu. Dalam waktu sembilan bulan ke depan, Anda akan merasakan hal-hal yang menarik selama kehamilan. Akan tetapi, berbagai penyakitatau hal-hal yang tidak diinginkan bisa muncul mengganggu kehamilan Anda, salah satunya Stretchmark. Streatchmark atau guratan adalah garis-garis linear yang muncul pada kulit yang membesar (hamil/obesitas) yang membentuk garis-garis lurus pada kulit. Awalnya garis tersebut berwarna merah, merah muda, ungu atau kecoklatan dan semakin lama garis tersebut berwarna putih atau keabu-abuan. Guratan dengan nama medis Striae Distensae tersebut dapat menimbulkan gatal di area yang nantinya timbul garis-garis ini, yang biasanya muncul pada daerah ketiak, dada, perut, paha atau selangkangan. Stretchmark biasanya timbul pada kehamilan yang mengalami obesitas, dimana ibu hamil tidak dapat mengontrol nafsu makan selama kehamilannya. Kenaikan berat badan yang berlebihan dan cepat adalah salah satu faktor yang paling umum menyebabkan stretchmark. Stretchmark muncul karena kulit mengalami peregangan dan elastisitas kulit tidak memadai menangani peregangan yang terjadi. Akibatnya, kulit seperti pecah [...]

Tanda-Tanda Kulit Tua

Tanda-Tanda Kulit Tua

Kulit tua? No Way. Ya, hampir semua orang menginginkan kulit wajah yang lembut, halus, serta sehat. Tidak hanya wanita, pria pun pasti menginginkan kulit wajah yang sehat walaupun usianya telah bertambah tua. Penuaan atau perubahan pada kulit adalah hal yang biasa terjadi pada semua orang sebagai tanda pertambahan usia, termasuk keriput atau kulit kendur. Meskipun kulit memiliki banyak sekali lapisan, namun secara umum lapisan kulit terbagi dalam tiga, di antaranya: ? Bagian luar (epidermis), mengandung sel-sel kulit, pigmen ? Bagian tengah (dermis), mengandung pembuluh darah, saraf, folikel rambut, dan kelenjar minyak. Dermis menyediakan nutrisi ke epidermis. ? Lapisan dalam di bawah dermis (lapisan subkutan), mengandung kelenjar keringat, beberapa folikel rambut, pembuluh darah, dan lemak. Selain itu, setiap lapisan juga mengandung jaringan ikat dengan serat kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kenyal dan elastis. Selain karena faktor usia, penuaan pada kulit dapat disebabkan oleh faktor lingkungan, genetik, nutrisi, serta beberapa faktor lainnya. Namun, faktor terbesar perubahan pada kulit adalah paparan sinar matahari. Pada pertambahan usia, lapisan epidermis akan m [...]

Sedot Lemak Liposuction

Sedot Lemak Liposuction

Apa sih sedot lemak atau liposuction itu? Menghilangkan lemak berlebihan pada tubuh, naturnya memang hanya dilakukan melalui diet, olahraga dan pola hidup yang sehat. Namun seiring berkembangnya teknologi, manusia menemukan cara lain untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebut saja liposuction atau biasa dikenal dengan sedot lemak. Sedot lemak merupakan suatu tindakan pembedahan yang dilakukan dengan cara menyedot lemak pada bagian tubuh tertentu, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan. Dokter spesialis bedah plastik, RS. Pondok Indah, Jakarta, dr. Teuku Fitrian Sp.BP* atau yang akrab disapa dr. Tompi menuturkan, tujuan dari sedot lemak bukanlah untuk menurunkan berat badan, melainkan hanya digunakan untuk mendapatkan lekuk tubuh yang indah. Pasien yang akan menjalani prosedur liposuction harus memiliki kondisi kesehatan yang optimal sebelum melakukan operasi. Sebelum melakukan sedot lemak pasien diharuskan menghindari rokok dan alkohol serta tidak menggunakan obat pengencer darah. Pasien dengan penyakit penyerta seperti diabetes, jantung atau ginjal pada dasarnya bisa saja melakukan operasi sedot lemak atau liposuction ini, selama hasil pemeriksaan medis pasien berada dala [...]

Cara Tepat Basmi Bekas Jerawat

Cara Tepat Basmi Bekas Jerawat

Jerawat mungkin sudah hilang dan tidak berisi lagi, namun masalah baru muncul. Bekas luka kehitaman yang sangat mencolok membuat wajah tidak mulus dan mengganggu penampilan. Mungkin, bekas luka ini muncul karena tangan Anda yang usil memencet jerawat saat masih timbul. Namun, pada kenyataannya, tanpa memencet jerawat pun jerawat masih dapat menimbulkan bekas luka karena adanya kerusakan kolagen akibat radang dalam kulit. Pertama-tama, kenali dahulu seperti apakah itu luka bekas jerawat. Bekas-bekas jerawat dapat dibedakan sebagai berikut: 1. Atrophic, bekas jerawat bopeng yang agak dangkal 2. Bentuk boxcar, bekas jerawat bopeng yang lebih dalam dan menggulung. 3. Bentuk ice-pick, bekas jerawat yang tampak seperti bolongan kecil di atas nya namun ternyata dalam. Warna kulit juga memainkan peran dalam keseriusan bekas luka. Orang dengan warna kulit yang lebih gelap mungkin akan mengalami penggelapan atau hyperpigmentation, sementara orang dengan warna kulit cerah akan cenderung mengalami kemerahan atau erythma pada bekas luka. Bekas luka jerawat akan bertambah parah jika ter-ekspos atau mengalami hal-hal berikut: 1. Terkena paparan sinar matahari Sinar matahari [...]

Kulit Terbakar Matahari? Segera Atasi Dengan Cara Ini

Kulit Terbakar Matahari? Segera Atasi Dengan Cara Ini

Berlibur di pantai sambil bermandi sinar matahari memang menyenangkan. Tapi hati-hati ya, karena aktivitas ini bisa membahayakan kulit Anda. Pasalnya, sengatan panas matahari dapat menyebabkan kulit terbakar dan terasa nyeri. Tanpa perlindungan yang layak, paparan kulit telanjang, tanpa penutup berupa pakaian maupun krim anti matahari ( sun-block ), dapat mengakibatkan kulit mengalami luka bakar ringan. Luka bakar ringan tersebut akan muncul dalam bentuk kulit yang berubah warna kemerahan, dan seperti sedikit lecet, dengan rasa menyengat, dan jika disentuh terasa perih. Saat kulit terbakar sinar matahari terjadi, diperlukan tindakan cepat untuk mengatasi dan mengobati kondisinya. Pertama-tama, segera hindari panas terik matahari dengan mencari tempat berteduh yang tidak terkena sinar matahari. Setelah itu, lakukan tindakan ini untuk meredakan gejala kulit terbakar matahari. 1.Tempelkan handuk dingin dan basah pada kulit selama sekitar 10 hingga 15 menit beberapa kali dalam sehari. Tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeluarkan panas dari kulit. Mandi air sejuk juga dapat membantu meredakan rasa sakitnya. Keringkan bagian tubuh yang basah dengan cara menepuk-nepuk menggunak [...]

Mata Ikan

Mata Ikan

Mata ikan atau istilah medisnya Clavus adalah salah satu bentuk kelainan kulit berupa tonjolan penebalan kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor mekanikal, misalnya tekanan karena alas kaki yang keras. Mata ikan sering kali disamakan sebagai kutil padahal keduanya berbeda. Perbedaan dapat terlihat jelas dengan menguliti permukaan keratin keduanya hingga dasarnya terlihat. Pada kutil akan terlihat jelas papilla dermal memanjang yang khas dan pada mata ikan akan terlihat dasar yang bening. Kelainan ini umum ditemukan pada area telapak kaki atau pada sela-sela jari kaki. Mata ikan yang terdapat pada telapak kaki disebut ?mata ikan keras? dan yang terdapat di sela-sela jari kaki disebut ?mata ikan lunak?. Disebut ?mata ikan lunak?, karena mengalami pelunakan oleh keringat. Mata ikan ditandai oleh beberapa perubahan pada kaki yaitu: Kaki terasa gatal dan jika berjalan atau berdiri terasa nyeri seperti ada benjolan di bawah kaki. Penebalan kulit berwana kuning keabu-abuan atau coklat Disebut mata ikan karena pada bagian tengah penebalan kulit terdapat Keratotic plug (corn) yaitu semacam inti yang mengeras sehingga terlihat seperti mata ikan. Inti inilah yang menyebabkan rasa nye [...]

Bisul dan Fakta-Faktanya

Bisul dan Fakta-Faktanya

Banyak orang pasti pernah mengalami yang namanya bisulan, baik orang dewasa, orang lanjut usia, anak-anak bahkan bayi sekalipun. Bisul adalah peradangan di kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya bisul dimulai dengan bengkak kemerahan pada suatu lokasi di salah satu anggota tubuh. Bisul akan menjadi keras tetapi lunak di tengahnya karena terisi sel darah putih untuk mengatasi infeksi. Kumpulan sel darah putih, bakteri, dan protein ini disebut nanah. Pada beberapa orang, bisul bisa menyerang beberapa kali pada anggota tubuh yang sama. Beberapa fakta tentang bisul pun berkembang di masyarakat, di antaranya: ? Bisul atau abses kulit adalah sekumpulan nanah yang terbentuk di bawah kulit. ? Antibiotik saja tidak cukup untuk mengobati bisul. ? Jika bisul masih berbentuk lembut dan sudah matang, Anda dapat memecahkannya untuk membuat bisul tidak berkembang lebih besar. ? Bisul bukanlah penyakit menular. Namun, bakteri yang ada di dalam bisul bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain dan berkembang menjadi bisul lagi. ? Kebanyakan bisul dapat sembuh dan hilang sendiri dengan melakukan perawatan di rumah. ? Jika mengalami demam dalam jangka panjang akibat bisul, Anda b [...]

Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Tampil cantik dan awet muda tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Berbagai cara dilakukan guna menciptakan kedua hal tersebut. Kenyataannya bagi sebagian orang, gejala penuaan dini justru hadir disaat usia mereka masih terlalu muda (20-30 tahun). Keadaan seperti itu tentunya tidak diinginkan terjadi, namun dengan mencegah, penuaan dini dapat terhindar dari kulit muda wanita. Melalui cara berikut Anda dapat melakukan pencegahan terhadap penuaan dini : Gunakan krim antiaging yang mengandung tiga komponen : kolagen, elastin dan glikosaminoglikan. Gunakan tabir surya disaat Anda terkena paparan sinar matahari. Bagi para ibu rumah tangga, penggunaan tabir surya juga disarankan guna mencegah paparan sinar matahari yang dapat masuk melalui kaca jendela rumah Anda. Gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum Anda terkena paparan sinar matahari. Lakukan pengulangan pemakaian setelah tiga jam penggunaan. Tabir surya dengan SPF 30 dapat melindungi Anda selama +300 menit. Pengurangan krim tabir surya dapat terjadi akibat keringat dan kebiasaan menyeka keringat di wajah. Sehingga disarankan untuk menggunakan kembali tabir surya setelah 3 jam pemakaian pertama. Sebaiknya gunakan tabir [...]

Cara Merawat Kaki

Cara Merawat Kaki

Kaki seringkali menjadi anggota tubuh yang paling terlantar dibandingkan anggota tubuh lainnya. Akibat perawatan dan kepedulian yang sangat minim pada kaki, kebanyakan orang kerap kali mengalami kejadian buruk seperti nyeri dan tumit yang retak. Menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan kaki tak kalah pentingnya dengan anggota tubuh lainnya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna mendapatkan kaki yang sehat dan terawat : Kebersihan kaki adalah hal utama yang harus Anda perhatikan. Jika Anda menjaga kebersihan anggota tubuh lainnya, berikan perhatian serupa pada kaki Anda. Saat mandi, berikan kaki Anda scrub atau sabun, sehingga kuman dan bakteri tidak terakumulasi. Bersihkan kaki Anda setiap kali Anda melepas sepatu. Pastikan kaki Anda bersih dan tetap terjaga kelembapannya Jika tumit kaki Anda retak dan kotor, lakukan pedikur di rumah setidaknya dua minggu sekali. Letakkan kaki Anda pada air hangat yang telah diberi campuran garam. Setelah kulit terasa lembut, gosok telapak kaki Anda dengan batu apung. Cara ini dapat menghilangkan bakteri yang bersarang di kaki Anda. Gosok kaki dengan scrub, bilas dengan air bersih dan keringkan. Setelah kering, berikan vas [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *