Merawat Kesehatan Bayi Dimulai dari Gigi Susu

merawat-kesehatan-bayi-dimulai-dari-gigi-susu-alodokter.jpg

Keberadaan gigi susu sebenarnya sangat penting karena kelak memberi tempat bagi pertumbuhan gigi dewasa. Gigi susu juga membantu bayi dalam mengunyah makanan dan membantu berbicara dengan baik.

Gigi merupakan bagian pendukung proses pencernaan, yaitu untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling, dan mengunyah makanan. Sebagaimana pada orang dewasa, gigi susu perlu dirawat untuk mempermudah bayi dalam mencerna makanan.

Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah. Gigi-gigi tersebut terdiri atas empat gigi seri depan (atas dan bawah), empat gigi seri samping (letaknya mengapit gigi seri tengah), empat gigi taring, dan delapan gigi geraham.

Kapan Gigi Susu Tumbuh dan Tanggal?

Ada rentang waktu ketika gigi susu mulai tumbuh. Rentang waktu ini berbeda-beda antara bayi yang satu dengan yang lain. Bahkan, ada sebagian bayi baru lahir yang sudah ditumbuhi gigi susu. Selanjutnya akan tanggal saat bayi sudah tumbuh menjadi anak-anak. Jadwal tanggalnya pun bisa berbeda-beda pada tiap anak. Berikut adalah jadwal tumbuh dan tanggalnya gigi susu pada bayi.

Tumbuhnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 8-12 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 9-13 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 16-22 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 13-19 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 25-33 bulan.

Tumbuhnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 6-10 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 10-16 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 17-23 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 14-18 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 23-31 bulan.

Tanggalnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 10-12 tahun.
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tanggalnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 9-12 tahun
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tips agar Bayi Tidak Mengalami Sakit Saat Mulai Tumbuh Gigi

Saat tumbuh gigi, bayi pun merasakan sensasi yang berbeda-beda. Ada bayi yang tidak menampakkan gejala apapun, ada juga yang rewel. Orang-orang mengaitkan tumbuhnya gigi dengan demam dan diare, namun belum ada pembuktian medis untuk hal ini.

Tapi Anda tidak perlu cemas karena ada caranya agar bayi lebih nyaman menjalani proses tumbuh gigi. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa tiap bayi membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Camilan

Perhatikan tingkah laku bayi Anda. Apabila dia sering berusaha mengunyah mainan atau barang-barang yang dipegangnya, maka kemungkinan giginya mulai tumbuh. Berilah camilan sehat seperti irisan kecil wortel, apel, atau roti untuk dikunyah. Dampingi bayi ketika mengunyah agar terhindar dari kemungkinan tersedak.

Teether

Teether dapat membantu bayi ?melupakan? gusi yang terasa tidak nyaman karena sedang tumbuh gigi. Agar fungsinya lebih maksimal, Anda dapat menyimpan teether di lemari es. Rasa dingin akan membuat gusinya lebih nyaman. Yang perlu diperhatikan adalah jaga agar suhu teether tidak terlalu dingin. Hindari menyimpan teether di freezer sebab akanmenjadi terlalu dingin dan keras untuk bayi.

Gel khusus gusi

Ketika mulai tumbuh gigi, kadang-kadang gusi menjadi bengkak dan kemerahan. Anda dapat memberikan gel khusus gusi. Biasanya gel yang tidak mengandung gula ini mengandung anestesi lokal yang ringan untuk membuat gusi lebih nyaman dan bayi menjadi lebih tenang.

Cara Merawat Gigi Susu

Gigi susu harus dirawat untuk mencegah terjadinya kerusakan. Bahkan Anda dapat merawat gusi bayi sebelum gigi susu tumbuh.

Berikut ini cara merawat gusi dan gigi susu si Buah Hati yang dapat Anda lakukan di rumah.

  • Sebelum gigi susu benar-benar tumbuh, Anda disarankan untuk rutin membersihkan gusi bayi. Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusi bayi perlahan-lahan.
  • Waktu yang tepat untuk membersihkan gusi bayi adalah sebelum dia tidur dan setelah makan, sebanyak dua kali sehari.
  • Jika ingin mengenalkan sikat gigi saat giginya mulai muncul, gosokkan gusinya dengan sikat gigi yang lembut. Anda hanya perlu membasahi sikat gigi dengan air dan belum perlu menggunakan pasta gigi.
  • Ketika gigi susu mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras.
  • Saat usia anak mencapai tiga tahun, Anda bisa menambahkan porsi pasta gigi yang digunakan menjadi sebesar kacang polong.
  • Sebaiknya Anda yang menyikatkan giginya, sampai anak bisa menyikat gigi sendiri, yaitu sekitar usia enam tahun.
  • Bila perlu, dampingi anak saat menyikat gigi dan ingatkan dia untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari.
  • Kenalkan dengan makanan sehat agar gigi susu dan gigi tetapnya nanti tetap terawat.
  • Kunjungi dokter gigi untuk memeriksakan gigi secara teratur.

Merawat dan membiasakan anak untuk gigi susu sedini mungkin adalah hal yang penting. Kelak saat anak sudah mempunyai gigi tetap, dia dapat merawatnya agar bertahan seumur hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mata Juling Pada Anak

Mata Juling Pada Anak

Pada bayi yang baru lahir, seringkali mata bayi terlihat tidak lurus atau juling. Hal tersebut masih dianggap normal karena pada bayi hidung lebar dan rata serta lipatan kelopak lebar, sehingga seringkali mata terlihat tidak lurus. Namun bila hal ini berlanjut hingga bayi berusia 6 bulan ke atas, perlu dikonsultasikan segera ke dokter. (Baca: 5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Saat Datang ke Dokter) Pada anak dengan penglihatan normal, kedua mata bekerja sama dalam memandang suatu objek, memandang pada satu titik sehingga akan timbul sebuah persepsi kedalaman akan objek tersebut. Pada anak dengan mata juling, kedua mata memandang ke dua titik yang berbeda. Bila satu mata memandang ke arah suatu objek, mata yang lain akan memandang ke arah luar, ke dalam, ke atas, atau ke arah bawah. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya kelainan saraf mata, kelemahan otot penggerak mata, ataupun karena kelainan pembiasan cahaya. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam!) Penanganan yang dilakukan harus sedini mungkin, sebelum penglihatan binokularnya terbentuk, supaya tidak terlambat. Penanganan yang dilakukan dapat berbagai macam tergantung dari penyebab mata juling si anak. Bila dikarenakan kelemaha [...]

Manfaat Kesehatan dari Merayakan Hari Valentine

Manfaat Kesehatan dari Merayakan Hari Valentine

Merayakan hari kasih sayang tidak hanya berguna untuk meningkatkan keharmonisan bersama orang terdekat Anda saja. Namun seperti yang dikutip dari healthkicker, merayakan hari Valentine juga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan.1. Dark ChocolateCokelat merupakan camilan yang identik dengan hari Valentine. Selain mengandung antioksidan, dark chocolate juga dapat mencegah penyakit jantung, hipertensi dan menurunkan tekanan darah. Jadi, jika Andaingin pasangan atau orang terdekat selalu sehat, pastikan untuk memberikan satu books dark chocolate saat rayakan hari kasih sayang.2. WineMenikmati segelas wine saat makan malam romantis, ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan pada seseorang. Wine mengandung antioksidan dan juga dikenal sebagi pemasok resveratol yang baik. Resveratol diketahui bisa memperpanjang umur dan mengurangi kemungkinan terkena kanker.3. BermesraanSalah satu yang paling menyenangkan saat merayakan hari Valentine adalah kesempatan untuk saling bermesraan. Berpelukan, ciuman dan bercinta dipercaya bisa mengurangi stres dan rasa sakit, bahkan dapatmeningkatkan sistem imun.(eya/hst) [...]

Flash Kamera Menyebabkan Kebutaan Pada Bayi, Mitos atau Fakta?

Flash Kamera Menyebabkan Kebutaan Pada Bayi, Mitos atau Fakta?

Kelahiran bayi adalah peristiwa yang sangat Anda nantikan. Berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan bayi merupakan prioritas orang tua. Salah satu perkembangan organ yang masih terjadi pada usia awal bayi adalah organ penglihatan. Salah satu informasi yang berkembang saat ini adalah bahwa flash atau blitz kamera memiliki pengaruh yang buruk terhadap penglihatan bayi sehingga dapat menyebabkan kebutaan pada bayi. Namun apakah informasi ini benar atau sekedar mitos belaka? Flash kamera menyebabkan kebutaan pada bayi, benarkah? Walaupun perkembangan visual anak masih terjadi pada awal kehidupannya, namun masih belum ada bukti nyata bahwa flash kamera menyebabkan kebutaan pada bayi. Jika anggapan tersebut benar, maka sudah banyak sekali laporan terkait kebutaan akibat flash kamera. Flash kamera terkesan lebih terang karena berada di dalam lingkungan kamar yang gelap. Satu-satunya cahaya yang perlu diwaspadai dan perlu buah hati Anda hindari adalah paparan cahaya matahari secara langsung. Jadi, pastikan bahwa Anda menjaga agar wajah bayi Anda tidak terpapar cahaya matahari langsung untuk waktu yang lama. Selain itu, bayi yang menjalani terapi cahaya (fototerapi), juga memerlukan per [...]

Awas Gagal Ereksi karena Kebanyakan Makan

Awas Gagal Ereksi karena Kebanyakan Makan

Anda penggila kuliner? Hati-hati Anda dapat mengalami kegagalan ereksi karena akibat paparan diabetes. Kebanyakan makan makanan yang tidak menyehatkan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit diabetes, atau akrab dikenal dengan penyakit gula darah. Walau sebagian besar penyandang diabetes, baik perempuan maupun laki-laki, dapat menjalani kehidupan seks yang normal. Namun, diabetes dapat menjadi faktor risiko masalah seks untuk beberapa orang. Masalah yang paling umum ditemukan adalah disfungsi ereksi pada laki-laki (atau impoten) yang menyebabkan ketidakmampuan mempertahankan ereksi. Baik laki-laki maupun perempuan dapat kehilangan libido ketika kadar gula darah tinggi. Diabetes Mengancam Performa Seks Penurunan aliran darah dan kerusakan saraf pada penis merupakan penyebab disfungsi ereksi utama pada laki-laki dengan diabetes. Biasanya dapat ditemukan keadaan lain yang berkaitan dengan kerusakan saraf atau sirkulasi darah, seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol darah yang tinggi, atau penyakit jantung. ?Celakanya, diabetes itu sulit untuk di deteksi dini. Gejala yang muncul itu, seperti luka susah sembuh, kesemutan, tangan dan kaki bengkak, sering p [...]

4 Kebiasaan yang Bisa Memperpanjang Umur

4 Kebiasaan yang Bisa Memperpanjang Umur

Umur manusia memang di tangan Tuhan. Namun menurut penelitian, beberapa kebiasaan baik ini bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan memperpanjang umur Anda dari segi medis. Apa saja kebiasaan baik tersebut? Berikut ini jawabannya, seperti dikutip dari Aol Health.1. Bersihkan Gigi dengan Dental FlossMenyikat gigi minimal dua kali sehari bisa mencegah gigi dari keropos, gigi berlubang dan pembentukan plak. Ditambah dengan dental floss, Anda punya kemungkinan hidup enam tahun lebih lama. Dalam buku 'YOU: The Owner's Manual', Dr Michael Roizen dan Dr Mehmet C. Oz menulis, flossing dan menyikat gigi setiap hari, ditambah dengan rajin mengecek kesehatan gigi ke dokter secara rutin, bisa membuat Anda hidup lebih lama.Saat membersihkan sela-sela gigi dengan benang, berarti Anda menyingkirkan bakteri yang bisa menyebabkan peradangan pada gusi. Peradangan pada gusi bisa menghantarkan virus dan bakteri ke jantung, sehingga berpotensi menimbulkan penyakit jantung.Dalam bukunya 'The Real Age Makeover', Roizen juga menemukan studi dari Emory University yang mengungkapkan bahwa orang yang menderita radang gusi dan periodontitis (peradangan atau infeksi pada jaringan penyangga gigi) memiliki angka [...]

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!

Mungkin ini yang sering Anda lakukan: setelah makan kenyang, Anda mengantuk lalu tertidur. Memang nikmat sekali rasanya. Terlebih ketika setelah sahur di bulan puasa, seringkali kita tidur terlelap setelah makan sahur yang mengenyangkan. Tapi tahukah Anda, kebiasaan tidur persis setelah makan sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh? Tidak ketinggalaln, selain tidur setelah makan, masih ada banyak lagi kebiasaan-kebiasaan kita yang sebetulnya nikmat tapi kenyataannya justru membahayakan kesehatan. Sebetulnya kebiasaan apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan? Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur! Mungkin ini yang sering Anda lakukan: setelah makan kenyang, Anda mengantuk lalu tertidur. Memang nikmat sekali rasanya. Terlebih ketika setelah sahur di bulan puasa, seringkali kita tidur terlelap setelah makan sahur yang mengenyangkan. Tapi tahukah Anda, kebiasaan tidur persis setelah makan sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh? Tidak ketinggalaln, selain tidur setelah makan, masih ada banyak lagi kebiasaan-kebiasaan kita yang sebetulnya nikmat tapi kenyataannya justru membahayakan kesehatan. Sebetulnya kebiasaan apa saja y [...]

Bahaya Penyakit dari Kucing

Bahaya Penyakit dari Kucing

Dewasa ini, tidak hanya anjing yang sering dipelihara orang, kucing pun begitu digemari dengan segala tingkah lugunya. Mereka yang menggemari kucing, biasanya tidak menyukai anjing, dan begitu juga sebaliknya. Tidak ada yang salah dalam memelihara binatang, apapun itu jenisnya, tetapi ada hal-hal; yang harus kita ketahui supaya hewan peliharaan kita tidak merugikan kita, dengan menimbulkan penyakit misalnya. Kucing yang Menggemaskan, Toksoplasma yang Mencemaskan Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kucing. Jika kita tidak hati-hati saat membersihkan kotoran kucing, bisa saja parasit ini masuk ke dalam tubuh kita dan menjadi sumber infeksi. Apa saja gejala dari penyakit tersebut? Berikut paparannya: Bahaya Penyakit dari Kucing Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala, demam, dan nyeri pada otot, Anda perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter, mungkin saja Anda baru tertular. Jika Anda memiliki sistem imun yang baik, Anda tidak perlu terlalu kuatir, tetapi lain halnya jika sistem imun Anda menurun, atau mungkin Anda sedang hamil, segeralah hubungi dokter, karena infeksi ini akan membahayakan ja [...]

Mengenal Seluk-beluk Transplantasi Ginjal

Mengenal Seluk-beluk Transplantasi Ginjal

Transplantasi ginjal atau cangkok ginjal merupakan langkah medis yang dipakai untuk menangani kondisi ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau biasa disebut gagal ginjal. Melalui metode ini, dokter akan melakukan pembedahan untuk mengganti ginjal yang telah rusak dengan ginjal sehat dari pendonor. Ginjal merupakan organ vital di tubuh yang berfungsi menyaring zat limbah dari darah lalu mengeluarkannya dalam bentuk urine. Namun ginjal yang telah rusak tidak bisa memproses hal itu. Hasilnya, zat limbah dapat menumpuk di tubuh. Jika dibiarkan kondisi ini berpotensi mengancam jiwa. Sebenarnya zat limbah bisa dikeluarkan dengan jalan cuci darah, namun metode ini bisa sangat merepotkan dan menyita waktu. Oleh karena itu, transplantasi ginjal kerap dianggap sebagai penanganan terbaik untuk gagal ginjal. Lantas, bagaimana cara mendapatkan ginjal tersebut? Salah satu caranya adalah dari pendonor yang masih hidup. Pendonor bisa dari keluarga, teman, atau siapa pun yang ingin memberikan ginjalnya dan siap hidup dengan satu ginjal di tubuhnya. Ginjal juga bisa diperoleh dari orang yang baru meninggal yang telah mewariskan organ tubuhnya untuk kepentingan medis. Kebanyakan kasus do [...]

Sakit Hati karena Kebanyakan Makan & Minum Bir

Sakit Hati karena Kebanyakan Makan & Minum Bir

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Anda sedang frustasi patah hati? Atau cuma pingin cicip sedikit alkohol di akhir hari kesibukan Anda? Kami sarankan jauhkan diri Anda dari minuman bir, wine, atau minuman alkohol lainnya. Atau bagi Anda yang melarikan stres ke kegiatan makan, sebaiknya hindari jua. Karena salah-salah Anda malah semakin sakit hati. Jangan salah tangkap, sakit hati memang benar-benar bisa terjadi pada orang pecandu alkohol. Sakit hati disini adalah gangguan hati berupa hati berlemak (fatty liver). Lemak dalam jumlah sedikit di liver (hati) merupakan hal yang normal. Namun bila jumlah lemak mengambil 5% - 10% berat dari liver Anda, maka kemungkinan besar Anda memiliki kondisi yang dinamakan Fatty Liver. Dimana perlemakan ini dapat disebabkan oleh alkohol ataupun untuk sebagian kasus, non-alkohol. Bila berlanjut, penyakit ini dapat menimbulkan beberapa kondisi yang serius hingga kematian. Penyakit Fatty Liver bila dilihat dari penyebabnya dapat dibagi menjadi 2 yaitu : Alcoholic Liver Disease/ Penyakit Hati akibat Alkohol (ALD)Selama 15 juta orang di Amerika mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan sebanyak 90%-100% timbul penyakit ALD. Fatty liber dapat muncul setela [...]

Awas, Jamu yang Mengandung Steroid Sebabkan Katarak!

Awas, Jamu yang Mengandung Steroid Sebabkan Katarak!

Bagi masyarakat Indonesia, minum jamu bukan lagi hal yang aneh. Sejak jaman dahulu, masyarakat Indonesia banyak yang sering membuat jamu sendiri untuk dikonsumsi. Negara Indonesia yang kaya akan rempah-rempah membuat Indonesia memiliki bahan baku jamu yang luar biasa banyak dan mudah didapatkan. Rempah-rempah seperti jahe, kencur, temulawak, dan masih banyak lagi memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Jamu-jamu tradisional dikonsumsi guna menyegarkan tubuh, menyembuhkan penyakit, hingga menambah vitalitas. Namun, kini sering mulai terdengar berita miring mengenai kegunaan jamu. Ada yang bilang, minum jamu malah menimbulkan penyakit baru bukan malah menyehatkan. Benarkah demikian? Bahaya Steroid Pada Kesehatan Jamu tradisional yang benar-benar diolah dari rempah-rempah tersebut tentu tidak diragukan lagi khasiatnya. Namun lain halnya dengan jamu-jamu kemasan yang mengandung steroid. Terdapat beberapa produksi jamu di kalangan masyarakat yang ternyata menggunakan steroid. Bila jamu tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu lama tentunya dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Penggunaan steroid dalam waktu lama dapat mempengaruhi kesehatan berbagai macam organ. Salah satu yang be [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *