Merawat Kesehatan Bayi Dimulai dari Gigi Susu

merawat-kesehatan-bayi-dimulai-dari-gigi-susu-alodokter.jpg

Keberadaan gigi susu sebenarnya sangat penting karena kelak memberi tempat bagi pertumbuhan gigi dewasa. Gigi susu juga membantu bayi dalam mengunyah makanan dan membantu berbicara dengan baik.

Gigi merupakan bagian pendukung proses pencernaan, yaitu untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling, dan mengunyah makanan. Sebagaimana pada orang dewasa, gigi susu perlu dirawat untuk mempermudah bayi dalam mencerna makanan.

Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah. Gigi-gigi tersebut terdiri atas empat gigi seri depan (atas dan bawah), empat gigi seri samping (letaknya mengapit gigi seri tengah), empat gigi taring, dan delapan gigi geraham.

Kapan Gigi Susu Tumbuh dan Tanggal?

Ada rentang waktu ketika gigi susu mulai tumbuh. Rentang waktu ini berbeda-beda antara bayi yang satu dengan yang lain. Bahkan, ada sebagian bayi baru lahir yang sudah ditumbuhi gigi susu. Selanjutnya akan tanggal saat bayi sudah tumbuh menjadi anak-anak. Jadwal tanggalnya pun bisa berbeda-beda pada tiap anak. Berikut adalah jadwal tumbuh dan tanggalnya gigi susu pada bayi.

Tumbuhnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 8-12 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 9-13 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 16-22 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 13-19 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 25-33 bulan.

Tumbuhnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 6-10 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 10-16 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 17-23 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 14-18 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 23-31 bulan.

Tanggalnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 10-12 tahun.
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tanggalnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 9-12 tahun
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tips agar Bayi Tidak Mengalami Sakit Saat Mulai Tumbuh Gigi

Saat tumbuh gigi, bayi pun merasakan sensasi yang berbeda-beda. Ada bayi yang tidak menampakkan gejala apapun, ada juga yang rewel. Orang-orang mengaitkan tumbuhnya gigi dengan demam dan diare, namun belum ada pembuktian medis untuk hal ini.

Tapi Anda tidak perlu cemas karena ada caranya agar bayi lebih nyaman menjalani proses tumbuh gigi. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa tiap bayi membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Camilan

Perhatikan tingkah laku bayi Anda. Apabila dia sering berusaha mengunyah mainan atau barang-barang yang dipegangnya, maka kemungkinan giginya mulai tumbuh. Berilah camilan sehat seperti irisan kecil wortel, apel, atau roti untuk dikunyah. Dampingi bayi ketika mengunyah agar terhindar dari kemungkinan tersedak.

Teether

Teether dapat membantu bayi ?melupakan? gusi yang terasa tidak nyaman karena sedang tumbuh gigi. Agar fungsinya lebih maksimal, Anda dapat menyimpan teether di lemari es. Rasa dingin akan membuat gusinya lebih nyaman. Yang perlu diperhatikan adalah jaga agar suhu teether tidak terlalu dingin. Hindari menyimpan teether di freezer sebab akanmenjadi terlalu dingin dan keras untuk bayi.

Gel khusus gusi

Ketika mulai tumbuh gigi, kadang-kadang gusi menjadi bengkak dan kemerahan. Anda dapat memberikan gel khusus gusi. Biasanya gel yang tidak mengandung gula ini mengandung anestesi lokal yang ringan untuk membuat gusi lebih nyaman dan bayi menjadi lebih tenang.

Cara Merawat Gigi Susu

Gigi susu harus dirawat untuk mencegah terjadinya kerusakan. Bahkan Anda dapat merawat gusi bayi sebelum gigi susu tumbuh.

Berikut ini cara merawat gusi dan gigi susu si Buah Hati yang dapat Anda lakukan di rumah.

  • Sebelum gigi susu benar-benar tumbuh, Anda disarankan untuk rutin membersihkan gusi bayi. Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusi bayi perlahan-lahan.
  • Waktu yang tepat untuk membersihkan gusi bayi adalah sebelum dia tidur dan setelah makan, sebanyak dua kali sehari.
  • Jika ingin mengenalkan sikat gigi saat giginya mulai muncul, gosokkan gusinya dengan sikat gigi yang lembut. Anda hanya perlu membasahi sikat gigi dengan air dan belum perlu menggunakan pasta gigi.
  • Ketika gigi susu mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras.
  • Saat usia anak mencapai tiga tahun, Anda bisa menambahkan porsi pasta gigi yang digunakan menjadi sebesar kacang polong.
  • Sebaiknya Anda yang menyikatkan giginya, sampai anak bisa menyikat gigi sendiri, yaitu sekitar usia enam tahun.
  • Bila perlu, dampingi anak saat menyikat gigi dan ingatkan dia untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari.
  • Kenalkan dengan makanan sehat agar gigi susu dan gigi tetapnya nanti tetap terawat.
  • Kunjungi dokter gigi untuk memeriksakan gigi secara teratur.

Merawat dan membiasakan anak untuk gigi susu sedini mungkin adalah hal yang penting. Kelak saat anak sudah mempunyai gigi tetap, dia dapat merawatnya agar bertahan seumur hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
10 Tips Makanan Bebas Bakteri Berbahaya

10 Tips Makanan Bebas Bakteri Berbahaya

Oleh: dr. Sophia B. Hage Keracunan makanan biasanya timbul karena kita memakan makanan yang terkontaminasi oleh bakteri. Oleh sebab itu, tempat dan cara penyimpanan atau pengolahan makanan harus dijaga sedemikian rupa supaya makanan tidak terkontaminasi bakteri. Risiko keracunan makanan akan meningkat ila makanan disimpan pada suhu kamar karena bakteri di lingkungan dapat berkembang dengan pesat. Lalu bagimana bila masakan di rumah terlalu banyak untuk dihabiskan sehingga harus disimpan untuk keesokan hari? Atau ketika kita membeli bahan makanan untuk persediaan seminggu penuh? Biasanya jawaban pertama adalah dengan menyimpan di kulas atau lemari pendingin. Memang betul suhu yang rendah atau dingin akan mencegah bakteri berkembang biak. Tetapi apakah cukup ditaruh di kulkas? Berikut adalah tips seputar menjaga kebersihan makanan dan mencegah terjadinya keracunan makanan: Cuci tangan sebelum memegang makanan. Tidak peduli apakah bahan masakan sudah diolah menjadi makanan atau masih berupa produk mentah, cuci tangan adalah langkah pencegahan paling penting untuk menjaga kebersihan makanan. Cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir sebelum dan sesudah memegang dan menyimpan m [...]

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Air ketuban memungkinkan janin mengambang dalam kantong ketuban semasa dalam kandungan sehingga janin dapat bergerak. Cairan yang berwarna jernih kekuningan ini juga memberi ruang untuk tumbuh kembang janin. Saat pemeriksaan kehamilan, volume air ketuban secara rutin akan diperiksa untuk mengetahui apakah masih dalam kadar normal, terlalu banyak, atau terlalu sedikit. Ini karena jumlah air mencerminkan kondisi kesehatan janin. Pemeriksaan dilakukan menggunakan ultrasonografi (USG). Air ketuban atau amnion berguna sebagai bantalan yang melindungi janin dari cedera luar atau gerakan mendadak. Amnion juga berguna menjaga suhu di sekeliling janin agar tetap hangat dan stabil. Fungsi lainnya adalah membantu tulang, otot, sistem pencernaan, dan paru-paru janin untuk dapat tumbuh dengan baik. Ketika kehamilan berusia 8,5 bulan, volume ketuban biasanya berada pada kisaran 800 mililiter (mL). Pada usia kehamilan 10 bulan, volume air ketuban sekitar 600 mL. Berikut beberapa kondisi air ketuban. Air ketuban Terlalu Banyak Secara medis, kondisi ini dinamakan polihidramnion. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa faktor risiko berikut berkaitan dengan terjadinya polihidramn [...]

Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!

Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau heartburn merupakan suatu kondisi dimana asam lambung kembali naik ke esofagus. Penyakit ini seringkali dianggap remeh dan dianggap seperti sakit maag pada umumnya. Padahal GERD dapat menyebabkankan ke kanker esofagus. Di Amerika, kasus kanker esofagus meningkat sampai 600% dalam 35 tahun terakhir, sekitar 85%-nya tidak bisa bertahan hidup. Hal ini menyebabkan negara ini menetapkan April sebagai Esophaegeal Cancer Awareness Month. Pencegahan adalah kunci utamanya. Pengetahuan adalah kekuatan dan deteksi dini dapat menyelamatkan banyak orang. Jika ditemukan masih stadium awal, kanker esofagus dapat disembuhkan dan mudah diobati. Hindari Tidur Persis Setelah Makan Hal yang harus dilakukan adalah mencegah dan mengatasi GERD. Gejala GERD biasanya berupa nyeri dada, rasa terbakar di dada, rasa pahit di mulut yang biasanya terjadi beberapa menit sampai beberapa jam setelah makan. Penyebab tersering GERD atau naiknya asam lambung yaitu rokok, alkohol, soda, kopi, cokelat, makanan pedas, makanan asam, dan makanan berlemak. GERD juga bisa muncul jika kita makan terlalu banyak atau tiduran setelah makan. Maka dari itu sebaiknya tidak langsung [...]

Pria Juga Berpacu dengan Usia Biologis

Pria Juga Berpacu dengan Usia Biologis

Mungkin Anda sering mendengar pernyataan agar seorang wanita yang sudah ?cukup umur? dianjurkan untuk segera menikah karena mereka harus berpacu dengan usia biologisnya untuk hamil. Namun tahukah Anda ternyata pria juga harus berpacu dengan usia biologisnya agar memiliki keturunan? (Baca: Inilah Penyebabnya Sulit Hamil) Apa yang terjadi ketika usia pria bertambah tua? Suatu studi menyebutkan bahwa pria juga memiliki usia biologis, yaitu berkisar antara usia 40 tahun. Sama halnya seperti wanita, pria juga mengalami perubahan pada tubuh dan sistem reproduksinya seiring dengan usia. Walaupun produksi sperma tidak berhenti, tetapi produksi dan struktur transport sperma dapat melemah seiring dengan waktu. (Baca: 5 Makanan untuk Sperma yang Sehat) Pada pria usia tua, seiring dengan berkurangnya produksi sperma, risiko paparan seperti infeksi dan rokok juga meningkat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma. Jika DNA sperma lebih dari 40% rusak, maka risiko keguguran juga meningkat. Risiko apa saja yang dapat terjadi ketika pria memiliki keturunan di usia tua? Pada suatu studi yang dilakukan pada 139 wanita yang mengalami abortus mengancam atau mereka yang mengalami per [...]

Terlalu Lama Duduk dan Risiko Ginjal

Terlalu Lama Duduk dan Risiko Ginjal

Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa orang-orang yang sering duduk untuk waktu yang lama setiap harinya memiliki risiko yang lebih besar menderita diabetes, serangan jantung, dan bahkan beberapa jenis kanker. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa duduk untuk waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit ginjal kronik, terutama pada perempuan. Hubungan duduk lama dan penyakit ginjal Pada penelitian ini, perempuan yang total waktu duduknya kurang dari tiga jam per hari, memiliki kemungkinan mengalami sakit ginjal kronik 30% lebih kecil dibandingkan perempuan yang duduk lebih dari 8 jam per hari. Duduk dalam waktu lama juga dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal pada pria, namun dengan persentase yang lebih rendah. Aktivitas fisik yang teratur, seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, dihubungkan dengan penurunan risiko berkembangnya penyakit ginjal pada pria, tapi tidak pada perempuan. Temuan ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan untuk menutupi dampak negatif duduk lama lebih efektif pada pria dibandingkan pada perempuan, ujar peneliti Dr. Thomas Yates. Dr. Yates adalah pengajar senior Univers [...]

4 Penyebab Anak Sulit BAB

4 Penyebab Anak Sulit BAB

Oleh: dr. Jessica Florencia Anak Anda sulit buang air besar? Hal ini tentu menjadi sumber kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Setiap orang tua akan merasa gelisah jika anaknya jarang buang air besar atau kesakitan pada saat buang air besar. Pada anak-anak, sulit buang air besar atau konstipasi diartikan sebagai buang air besar yang jarang (kurang dari 3 kali dalam seminggu), buang air besar yang menyebabkan rasa sakit, atau kedua-duanya yang telah terjadi selama 2 minggu lebih. Apa saja yang dapat terjadi dan perlu Anda waspadai jika anak Anda mengalami sulit buang air besar? Pada bayi baru lahir hingga usia 4-6 bulan, tidak mengeluarkan kotoran dan kesulitan untuk buang air besar dapat merupakan suatu pertandan adanya penyakit Hirschprung. Pada penyakit ini usus besar tidak dapat bergerak karena tidak adanya sel-sel saraf pada suatu bagian tertentu usus besar. Pada bayi usia sampai 1 tahun, konstipasi dapat disebabkan karena perubahan makanan, seperti perubahan dari ASI ke susu formula, penambahan MPASI dan perkenalan terhadap makanan yang lebih padat). Pada anak usia 1-3 tahun, sulit buang air besar dapat disebabkan karena kurangnya asupan cairan, belum terbentuknya [...]

4 Fakta dan Mitos Sperma yang Belum Anda Tahu

4 Fakta dan Mitos Sperma yang Belum Anda Tahu

Sperma adalah cairan yang keluar dari penis pria saat ejakulasi. Sperma yang bertemu dengan sel telur merupakan cikal bakal janin. Namun banyak mitos yang lucu, kadang aneh, terkait sperma. Banyak yang menganggap bahwa sperma merupakan bahan ?ajaib? yang digunakan tidak sesuai dengan fungsi yang sebenarnya. Apa saja mitos aneh seputar sperma? 1. Merokok mempengaruhi jumlah sperma Merokok berhubungan dengan jumlah sperma yang rendah. Hal ini merupakan fakta yang perlu diwaspadai. Mekanisme pasti rokok mempengaruhi jumlah sperma masih belum diketahui dengan pasti, namun rokok jelas berhubungan dengan rendahnya jumlah sperma dan motilitas sperma. Jadi jika Anda sedang berusaha untuk memilliki anak, hentikan rokok Anda sekarang! Untuk memperbaiki kualitas sperma, rokok harus dihentikan dalam jangka panjang. Berhenti merokok tidak dapat dilakukan hanya sesaat. Jadi kunci untuk kesehatan sperma adalah menjaga pola hidup Anda tetap sehat secara konsisten. Beirkut fakta tentang sperma lainnya yang mungkin Anda belum tahu: Fakta Tentang Sperma Lainnya yang Anda Belum Tahu 2. Konsumsi sperma dapat berguna untuk vitalitas Walaupun sperma mengandung berbagai nutrient sep [...]

Bumil Terlalu Gemuk Berisiko Melahirkan Prematur

Bumil Terlalu Gemuk Berisiko Melahirkan Prematur

Oleh: dr.Dewi Ema Anindia Risiko kelahiran bayi prematur yaitu kelahiran bayi sebelum usia kehamilan 37 minggu ternyata dapat meningkat bila sang ibu adalah seorang obesitas atau overweight (kelebihan berat badan) seperti yang dikemukakan oleh sebuah studi di Swedia. Sven Cnattingius, MD, PhD yang melakukan studi ini mengatakan ?Risiko dalam kehamilan saat ini lebih sering terjadi pada ibu yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan?. Telah lama disebutkan bahwa obesitas pada ibu dapat meningkatkan risiko pre-eklampsia, keguguran, diabetes gestasional, dan kelahiran dengan operasi sesar (sectio caesare), namun penelitian ini menemukan bahwa kelebihan berat badan pada ibu pun diakitkan dengan kelahiran prematur dan berat badan bayi rendah. Penelitian ini menganalisa 1,599,551 kelahiran di Swedia pada tahun 1992 hingga 2010, dan menganalisa IMT (Index Masa Tubuh) pada setiap ibu pada saat visit antenatal. Selanjutnya para peneliti membagi kelahiran ibu-ibu tersebut menjadi 3 kelompok yaitu, extremely premature (usia kehamilan 22?27 minggu), very premature ( usia kehamilan 28?31 minggu) dan premature (usia kehamilan 32?36 minggu). Penelitian ini menemukan bahwa bila dibandingk [...]

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Menurut data World Health Organization (WHO), masalah gangguan kesehatan jiwa di seluruh dunia memang sudah menjadi masalah yang sangat serius. WHO (2001) menyataan, palig tidak, ada satu dari empat orang di dunia mengalami masalah mental. WHO memperkirakan ada sekitar 450 juta orang di dunia yang mengalami gangguan kesehatan jiwa. Stress kian meningkat dalam masyarakat di era modern. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya perang, konflik, lilitan krisis ekonomi berkepanjangan. Stress yang berkepsanjangan dapat menyebabkan gangguan kejiwaan. Tentunya stress dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena pasokanan makanan yang jauh dari sehat dan bergizi hanya akan mengancam seseorang dari resiko obesitas. Menurut pakar nutrisi, David Zinczenko, tubuh meminta pasokan kalori secara alami ketika kita mengalami stress. Pasokan kalori itu sengaja dipersiapkan tubuh untuk menghadapi tekanan yang dialami seseorang. Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk mencegah seseorang dari stres: Beberapa Makanan Pencegah Stres: Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk [...]

5 Alasan Anda Harus Segera Kurangi Konsumsi Gula

5 Alasan Anda Harus Segera Kurangi Konsumsi Gula

Anda penggemar makanan manis dan tidak bisa menahan godaan untuk mengunyah cake, mousse, brownies atau cokelat? Maka harus berhati-hati karena asupan gula yang terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan, penumpukan lemak dan diabetes. Selain itu masih ada lima dampak negatif lain dari konsumsi gula yang berlebihan. Ini akibatnya, seperti yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Gula Membuat KecanduanGula bersifat adiktif atau menimbulkan kecanduan. Bahkan menurut penelitian yang diadakan NBC News dan The Wallstreet Journal, gula sama adiktifnya dengan kokain atau ganja. Semakin banyak dan sering Anda mengonsumsinya, maka Anda akan semakin menginginkannya. Seperti diketahui, terlalu banyak mengasup gula bisa menyebabkan kegemukan dan berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan jantung.2. Membuat Mood Tidak StabilCokelat, cake, permen dan es krim kerap dianggap sebagai makanan penghilang stres. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah karena makanan enak dan manis memang bisa membuat perasaan lebih bahagia. Namun kebahagiaan yang dirasakan itu hanya semu. Nyatanya, gula justru bisa membuat mood Anda naik-turun. Saat melahap makanan manis, kadar gula darah akan naik denga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *