Merawat Kesehatan Bayi Dimulai dari Gigi Susu

merawat-kesehatan-bayi-dimulai-dari-gigi-susu-alodokter.jpg

Keberadaan gigi susu sebenarnya sangat penting karena kelak memberi tempat bagi pertumbuhan gigi dewasa. Gigi susu juga membantu bayi dalam mengunyah makanan dan membantu berbicara dengan baik.

Gigi merupakan bagian pendukung proses pencernaan, yaitu untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling, dan mengunyah makanan. Sebagaimana pada orang dewasa, gigi susu perlu dirawat untuk mempermudah bayi dalam mencerna makanan.

Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah. Gigi-gigi tersebut terdiri atas empat gigi seri depan (atas dan bawah), empat gigi seri samping (letaknya mengapit gigi seri tengah), empat gigi taring, dan delapan gigi geraham.

Kapan Gigi Susu Tumbuh dan Tanggal?

Ada rentang waktu ketika gigi susu mulai tumbuh. Rentang waktu ini berbeda-beda antara bayi yang satu dengan yang lain. Bahkan, ada sebagian bayi baru lahir yang sudah ditumbuhi gigi susu. Selanjutnya akan tanggal saat bayi sudah tumbuh menjadi anak-anak. Jadwal tanggalnya pun bisa berbeda-beda pada tiap anak. Berikut adalah jadwal tumbuh dan tanggalnya gigi susu pada bayi.

Tumbuhnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 8-12 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 9-13 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 16-22 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 13-19 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 25-33 bulan.

Tumbuhnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 6-10 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 10-16 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 17-23 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 14-18 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 23-31 bulan.

Tanggalnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 10-12 tahun.
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tanggalnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 9-12 tahun
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tips agar Bayi Tidak Mengalami Sakit Saat Mulai Tumbuh Gigi

Saat tumbuh gigi, bayi pun merasakan sensasi yang berbeda-beda. Ada bayi yang tidak menampakkan gejala apapun, ada juga yang rewel. Orang-orang mengaitkan tumbuhnya gigi dengan demam dan diare, namun belum ada pembuktian medis untuk hal ini.

Tapi Anda tidak perlu cemas karena ada caranya agar bayi lebih nyaman menjalani proses tumbuh gigi. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa tiap bayi membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Camilan

Perhatikan tingkah laku bayi Anda. Apabila dia sering berusaha mengunyah mainan atau barang-barang yang dipegangnya, maka kemungkinan giginya mulai tumbuh. Berilah camilan sehat seperti irisan kecil wortel, apel, atau roti untuk dikunyah. Dampingi bayi ketika mengunyah agar terhindar dari kemungkinan tersedak.

Teether

Teether dapat membantu bayi ?melupakan? gusi yang terasa tidak nyaman karena sedang tumbuh gigi. Agar fungsinya lebih maksimal, Anda dapat menyimpan teether di lemari es. Rasa dingin akan membuat gusinya lebih nyaman. Yang perlu diperhatikan adalah jaga agar suhu teether tidak terlalu dingin. Hindari menyimpan teether di freezer sebab akanmenjadi terlalu dingin dan keras untuk bayi.

Gel khusus gusi

Ketika mulai tumbuh gigi, kadang-kadang gusi menjadi bengkak dan kemerahan. Anda dapat memberikan gel khusus gusi. Biasanya gel yang tidak mengandung gula ini mengandung anestesi lokal yang ringan untuk membuat gusi lebih nyaman dan bayi menjadi lebih tenang.

Cara Merawat Gigi Susu

Gigi susu harus dirawat untuk mencegah terjadinya kerusakan. Bahkan Anda dapat merawat gusi bayi sebelum gigi susu tumbuh.

Berikut ini cara merawat gusi dan gigi susu si Buah Hati yang dapat Anda lakukan di rumah.

  • Sebelum gigi susu benar-benar tumbuh, Anda disarankan untuk rutin membersihkan gusi bayi. Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusi bayi perlahan-lahan.
  • Waktu yang tepat untuk membersihkan gusi bayi adalah sebelum dia tidur dan setelah makan, sebanyak dua kali sehari.
  • Jika ingin mengenalkan sikat gigi saat giginya mulai muncul, gosokkan gusinya dengan sikat gigi yang lembut. Anda hanya perlu membasahi sikat gigi dengan air dan belum perlu menggunakan pasta gigi.
  • Ketika gigi susu mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras.
  • Saat usia anak mencapai tiga tahun, Anda bisa menambahkan porsi pasta gigi yang digunakan menjadi sebesar kacang polong.
  • Sebaiknya Anda yang menyikatkan giginya, sampai anak bisa menyikat gigi sendiri, yaitu sekitar usia enam tahun.
  • Bila perlu, dampingi anak saat menyikat gigi dan ingatkan dia untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari.
  • Kenalkan dengan makanan sehat agar gigi susu dan gigi tetapnya nanti tetap terawat.
  • Kunjungi dokter gigi untuk memeriksakan gigi secara teratur.

Merawat dan membiasakan anak untuk gigi susu sedini mungkin adalah hal yang penting. Kelak saat anak sudah mempunyai gigi tetap, dia dapat merawatnya agar bertahan seumur hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Miliki Asuransi Kesehatan dari Sekarang

Miliki Asuransi Kesehatan dari Sekarang

Memiliki asuransi kesehatan sejak muda dapat menghemat banyak pengeluaran untuk pengobatan saat terserang penyakit. Hanya 30 persen penduduk Indonesia yang memiliki asuransi. Sebagian besar masih membayar biaya kesehatannya sendiri dari tabungan. Padahal inflasi biaya kesehatan mencapai 10-15 persen per tahun akibat meningkatnya harga obat, peralatan, dan honor dokter. Memiliki asuransi kesehatan sejak masih muda sebenarnya mendatangkan banyak keuntungan. Umumnya tidak memerlukan pemeriksaan kesehatan karena dianggap lebih sedikit berisiko sakit. Jumlah premi yang perlu dibayarkan relatif lebih kecil dibandingkan dengan yang baru mulai berasuransi di usia lanjut. Anda yang belum memiliki asuransi kesehatan dapat memeriksa pilihan produk dan mencari-cari informasi dari sekarang. Fasilitas Asuransi Kesehatan dari Kantor Anda yang bekerja tetap, sebaiknya periksa dahulu fasilitas kesehatan yang disediakan oleh kantor. Umumnya perusahaan memberikan asuransi kesehatan untuk rawat inap bagi pekerjanya. Teliti dahulu apakah asuransi kesehatan yang diberikan dari kantor tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda: Adakah penyakit tertentu yang tidak dijamin? Beberapa asuransi tidak menjamin [...]

Cara Mengatasi Kesulitan Berbicara (Gagap)

Cara Mengatasi Kesulitan Berbicara (Gagap)

Film terbaik Academy Awards 2011 karya sutradara Tom Hooper yang berjudul ?The King?s Speech? telah berhasil mengangkat sebuah fenomena kegagapan yang kerap menyusahkan bagi sebagian penderitanya. Film ini menceritakan tentang bagaimana King George VI Inggris berjuang melawan kegagapannya demi berpidato di depan rakyatnya yang sedang dilanda masalah peperangan. Sebenarnya masalah gagap dapat dialami siapapun tanpa mengenal kelamin, umur, ataupun kebangsaannya. Kondisinya pun bervariasi dalam dimensi taraf, dari taraf ringan sampai berat, maka dari itu cara penangannya pun berbeda-beda. Kegagapan dapat didefinisikan sebagai gangguan berbicara dimana penderitanya mengulang kata, menarik kata kembali, berkata tidak lengkap, melewatkan kata, ataupun berbicara dengan kata-kata yang tidak bermakna. Masalah ini terjadi saat otak tidak mampu mengirim dan menerima pesan dengan cara yang normal. Bahkan dokter pun belum bisa menjelaskan secara pasti mengapa hal ini terjadi. Serangan ini biasanya terjadi pada anak-anak berumur 2 sampai 7 tahun yang masih belajar bicara, namun biasanya hilang seiring dengan perkembangan otak yang makin sempurna. Tetapi kegagapan dapat berlanjut dan semakin buru [...]

Kelola Marah Agar Penyakit Tidak Datang

Kelola Marah Agar Penyakit Tidak Datang

Marah merupakan emosi normal yang ada pada diri manusia. Namun, dianjurkan agar rasa marah dapat dikelola agar tidak memengaruhi kesehatan. Marah adalah perasaan yang bisa terjadi ketika Anda merasa frustasi, sakit hati, kesal, atau kecewa karena suatu hal. Cara Anda menyikapi kemarahan dapat membantu atau bisa juga menyakiti Anda. Jika kita memiliki cara yang tepat dalam mengenali dan mengekspresikan marah, kondisi ini bisa membantu menangani keadaan darurat, mempertahankan hubungan yang baik, atau bahkan memecahkan masalah. Namun jika dibiarkan begitu saja, marah bisa membuat Anda terserang berbagai penyakit. Marah dan Kesehatan Ketika marah, sistem saraf memicu berbagai reaksi biologis seperti melepaskan hormon adrenalin yang membuat jantung berdetak lebih cepat, napas seperti memburu, dan muncul keringat berlebih. Selain itu, kadar hormon kortisol (hormon stres) dan tekanan darah pun meningkat, pupil mata membesar, dan mungkin mengalami sakit kepala secara tiba-tiba. Hal tersebut memungkinkan kita bereaksi dengan cepat, tetapi bisa juga membuat kita tidak berpikir lurus dan melakukan sesuatu yang mungkin akan disesali di kemudian hari. Marah yang teramat sangat dan tidak diat [...]

Trik Sederhana Agar Bisa Lebih Segar Saat Bangun Pagi

Trik Sederhana Agar Bisa Lebih Segar Saat Bangun Pagi

Tidur yang cukup dan nyenyak sangat lah penting bagi kesehatan. Meski begitu, istirahat yang ber?kualitas kadang sulit didapatkan karena berbagai gangguan. Hal tersebut sering menjadikan waktu tidur berkurang sehingga badan terasa lemas saat bangun pagi. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga tubuh lebih segar saat memulai hari, simak tujuh enam berikut ini: 1. Minum KopiSebagian dari Anda mungkin mengira jika kopi harus diminum setelah bangun pagi. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Namun untuk tubuh yang lebih berenergi saat pagi hari Anda perlu tidur lagi setelah minum kopi. Dilansir dari Huffington Post, kopi memerlukan waktu beberapa jam untuk bekerja. Untuk itu, minumlah kopi beberapa jam sebelum waktunya bangun tidur. Lalu Anda bisa tidur kembali sambil menunggu kafein memberi Anda energi. 2. Perhatikan Volume ACMenurut penelitian yang dilakukan Harvard, Anda memerlukan suhu ruangan yang pas agar tidur lebih nyenyak dan lebih berener?gi saat bangun di pagi hari. Untuk itu, disarankan agar Anda beristirahat dengan suhu 60 hingga 75 derajat Fahrenheit. 3. ?Buka GordenTrik ini mungkin terdengar aneh. Namun tidur dengan gorden terbuka bermanfaat untuk tubu [...]

Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

Keputihan adalah hal yang wajar untuk dialami oleh perempuan pada segala usia, namun berbeda artinya jika keputihan yang terjadi disertai dengan warna tertentu. Keputihan berwarna coklat, baik coklat muda maupun coklat gelap, bisa menjadi pertanda kepada kondisi tubuh tertentu. Keputihan memegang peranan penting bagi sistem reproduksi wanita sebagai proses pembuangan cairan yang dihasilkan kelenjar di dalam serviks dan vagina. Cairan ini membawa bakteri dan sel mati yang nantinya dapat mencegah infeksi dan membuat vagina tetap bersih. Keputihan berwarna coklat biasanya terjadi pada akhir periode menstruasi atau bisa juga terjadi pada masa kehamilan. Jika keputihan Anda tidak hanya berwarna, tapi juga berbau, disertai gatal, atau gejala lainnya, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda adanya gangguan kesehatan. Penyebab Keputihan Berwarna Coklat Keputihan bisa disebabkan oleh tanda ovulasi, awal pada masa kehamilan, mendekati menopause, atau sudah memasuki menopause. Keputihan yang terjadi biasanya berwarna coklat muda hingga coklat tua. Keputihan berwarna coklat pekat juga bisa terjadi jika Anda mengalami pendarahan dinding rahim atau endometrium. Biasanya terjadi sebelum menstr [...]

4 Manfaat Berciuman

4 Manfaat Berciuman

Berciuman merupakan suatu bentuk tanda kasih sayang terhadap seseorang. Memang terkadang kita berpikir berciuman itu tidak ada efek baik untuk tubuh, malah kadang kita berpikir berciuman itu justru buruk karena salah satu efeknya adalah terjadi penularan beberapa jenis kuman. (Baca: Risiko Sembarangan Ciuman) Tak hanya dampak negatifnya saja, ternyata ciuman pun memiliki dampak positif yang menyehatkan tubuh. Apa saja dampak positif tersebut? Mari simak 4 manfaat berikut. Silakan klik next. 4 Manfaat Berciuman Berciuman Baik Untuk Kesehatan Gigi Berciuman menstimulasi produksi ludah yang ternyata dapat membantu membasmi bakteri-bakteri di gigi sehingga mencegah pembentukan dari karang gigi. Membakar Kalori Memang tidak sembanding dengan olahraga namun berciuman ternyata dapat juga membakar kalori. Berciuman dapat membakar 2 -6 kalori per menit. Saat berciuman Anda juga memperkerjakan otot-otot wajah yang dapat membantu melawan kerutan wajah. (Baca: 6 Alasan Kenapa Seks Menyehatkan Tubuh) Menghilangkan Stres Perasaan relaksasi setelah berciuman bukan hanya merupakan pikiran Anda. Sebuah studi kecil pada tahun 2009 menunjukkan bahwa pria dan wanita men [...]

Bahaya Perokok Pasif

Bahaya Perokok Pasif

Apakah perokok pasif itu? Perokok pasif adalah seseorang yang menghirup asap rokok (dari orang yang merokok) dan langsung berasal dari sisa pembakaran rokok. Perokok pasif menghirup berbagai senyawa kimia diantaranya: Amonia: digunakan dalam produk pembersih lantai Butan: digunakan di dalam cairan pemantik Karbon monoksida: ditemukan di dalam knalpot mobil Kromium: digunakan untuk pembuatan besi Sianida: digunakan dalam pembuatan senjata api Formaldehid: digunakan pada industri kimia Timbal: bahan metal yang beracun Polonium: suatu substansi radioaktif Partikel-partikel berbahaya tersebut dapat bertahan di dalam udara selama beberapa jam atau lebih lama. Selain itu, bukan hanya asap saja yang menjadi fokus bahaya, tetapi juga residu yang menetap pada rambut serta pakaian, karpet, ataupun sofa (disebut juga perokok ketiga), juga memiliki risiko terutama pada anak-anak. Seberapa bahaya perokok pasif? Perokok pasif dapat berbahaya dan berkontribusi menjadi masalah penyakit yang serius termasuk: Penyakit paru Paparan terhadap asap rokok dapat membahayakan kondisi paru-paru terutama bagi mereka yang memiliki asma atau PPOK (penyakit paru obstruktif kronik) Penyaki [...]

Inilah Bagaimana Medical Check Up Selamatkan Nyawa Anda

Inilah Bagaimana Medical Check Up Selamatkan Nyawa Anda

Apakah Anda termasuk seseorang yang datang ke dokter atau fasilitas kesehatan hanya pada waktu sakit atau mengalami keluhan saja? Apakah Anda pernah melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh? Apakah Anda pernah berpikir bahwa medical check up yang rutin dapat menyelamatkan nyawa Anda? Jika Anda termasuk dalam kelompok orang yang hanya datang ke dokter atau fasilitas kesehatan hanya pada waktu sakit atau mengalami keluhan, maka mungkin sekarang adalah saatnya Anda mengubah pikiran Anda. Tubuh Anda adalah karunia Tuhan yang luar biasa. Kemampuannya untuk beradaptasi dan mengatasi masalah-masalah kecil memampukan tubuh manusia untuk mengatasi banyak sekali bahaya kesehatan. Untuk itulah, seringkali ketika terdapat suatu masalah kesehatan dalam tubuh, secara otomatis tubuh Anda akan mengatasinya sehingga tidak muncul gejala yang berarti. Dalam kondisi seperti ini, meskipun Anda tidak memiliki keluhan, tubuh Anda sebenarnya sudah sakit. Untuk itulah pemantauan kesehatan rutin diperlukan selain dari menjalani pola hidup sehat untuk menjaga hidup Anda. Lalu bagaimana medical check up dapat menyelamatkan nyawa Anda? Inilah Bagaimana Medical Check Up Dapat Menyelamatk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *