Merawat Kesehatan Bayi Dimulai dari Gigi Susu

merawat-kesehatan-bayi-dimulai-dari-gigi-susu-alodokter.jpg

Keberadaan gigi susu sebenarnya sangat penting karena kelak memberi tempat bagi pertumbuhan gigi dewasa. Gigi susu juga membantu bayi dalam mengunyah makanan dan membantu berbicara dengan baik.

Gigi merupakan bagian pendukung proses pencernaan, yaitu untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling, dan mengunyah makanan. Sebagaimana pada orang dewasa, gigi susu perlu dirawat untuk mempermudah bayi dalam mencerna makanan.

Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah. Gigi-gigi tersebut terdiri atas empat gigi seri depan (atas dan bawah), empat gigi seri samping (letaknya mengapit gigi seri tengah), empat gigi taring, dan delapan gigi geraham.

Kapan Gigi Susu Tumbuh dan Tanggal?

Ada rentang waktu ketika gigi susu mulai tumbuh. Rentang waktu ini berbeda-beda antara bayi yang satu dengan yang lain. Bahkan, ada sebagian bayi baru lahir yang sudah ditumbuhi gigi susu. Selanjutnya akan tanggal saat bayi sudah tumbuh menjadi anak-anak. Jadwal tanggalnya pun bisa berbeda-beda pada tiap anak. Berikut adalah jadwal tumbuh dan tanggalnya gigi susu pada bayi.

Tumbuhnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 8-12 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 9-13 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 16-22 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 13-19 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 25-33 bulan.

Tumbuhnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 6-10 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 10-16 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 17-23 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 14-18 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 23-31 bulan.

Tanggalnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 10-12 tahun.
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tanggalnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 9-12 tahun
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tips agar Bayi Tidak Mengalami Sakit Saat Mulai Tumbuh Gigi

Saat tumbuh gigi, bayi pun merasakan sensasi yang berbeda-beda. Ada bayi yang tidak menampakkan gejala apapun, ada juga yang rewel. Orang-orang mengaitkan tumbuhnya gigi dengan demam dan diare, namun belum ada pembuktian medis untuk hal ini.

Tapi Anda tidak perlu cemas karena ada caranya agar bayi lebih nyaman menjalani proses tumbuh gigi. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa tiap bayi membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Camilan

Perhatikan tingkah laku bayi Anda. Apabila dia sering berusaha mengunyah mainan atau barang-barang yang dipegangnya, maka kemungkinan giginya mulai tumbuh. Berilah camilan sehat seperti irisan kecil wortel, apel, atau roti untuk dikunyah. Dampingi bayi ketika mengunyah agar terhindar dari kemungkinan tersedak.

Teether

Teether dapat membantu bayi ?melupakan? gusi yang terasa tidak nyaman karena sedang tumbuh gigi. Agar fungsinya lebih maksimal, Anda dapat menyimpan teether di lemari es. Rasa dingin akan membuat gusinya lebih nyaman. Yang perlu diperhatikan adalah jaga agar suhu teether tidak terlalu dingin. Hindari menyimpan teether di freezer sebab akanmenjadi terlalu dingin dan keras untuk bayi.

Gel khusus gusi

Ketika mulai tumbuh gigi, kadang-kadang gusi menjadi bengkak dan kemerahan. Anda dapat memberikan gel khusus gusi. Biasanya gel yang tidak mengandung gula ini mengandung anestesi lokal yang ringan untuk membuat gusi lebih nyaman dan bayi menjadi lebih tenang.

Cara Merawat Gigi Susu

Gigi susu harus dirawat untuk mencegah terjadinya kerusakan. Bahkan Anda dapat merawat gusi bayi sebelum gigi susu tumbuh.

Berikut ini cara merawat gusi dan gigi susu si Buah Hati yang dapat Anda lakukan di rumah.

  • Sebelum gigi susu benar-benar tumbuh, Anda disarankan untuk rutin membersihkan gusi bayi. Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusi bayi perlahan-lahan.
  • Waktu yang tepat untuk membersihkan gusi bayi adalah sebelum dia tidur dan setelah makan, sebanyak dua kali sehari.
  • Jika ingin mengenalkan sikat gigi saat giginya mulai muncul, gosokkan gusinya dengan sikat gigi yang lembut. Anda hanya perlu membasahi sikat gigi dengan air dan belum perlu menggunakan pasta gigi.
  • Ketika gigi susu mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras.
  • Saat usia anak mencapai tiga tahun, Anda bisa menambahkan porsi pasta gigi yang digunakan menjadi sebesar kacang polong.
  • Sebaiknya Anda yang menyikatkan giginya, sampai anak bisa menyikat gigi sendiri, yaitu sekitar usia enam tahun.
  • Bila perlu, dampingi anak saat menyikat gigi dan ingatkan dia untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari.
  • Kenalkan dengan makanan sehat agar gigi susu dan gigi tetapnya nanti tetap terawat.
  • Kunjungi dokter gigi untuk memeriksakan gigi secara teratur.

Merawat dan membiasakan anak untuk gigi susu sedini mungkin adalah hal yang penting. Kelak saat anak sudah mempunyai gigi tetap, dia dapat merawatnya agar bertahan seumur hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hidup Sehat Itu Mudah, Dimulai dari 6 Langkah Ini

Hidup Sehat Itu Mudah, Dimulai dari 6 Langkah Ini

Setiap orang tentunya ingin bisa menjalani pola hidup sehat agar bisa tetap produktif dan memiliki hidup berkualitas selama mungkin. Namun tak sedikit yang 'gagal' melakukannya karena merasa, hidup sehat itu sulit dan menyusahkan. Padahal tidak perlu 'usaha' yang terlalu berat untuk menjadikan hidup sehat sebagai kebiasaan. Anda bisa memulainya dengan melakukan enam hal ini tiap hari, seperti dikutip dari Shape.1. Makan Siang dengan Salad SayuranJika menu makan siang Anda lebih banyak sayuran segar dibandingkan nasi, daging atau telur, maka Anda telah mengurangi risiko terkena penyakit serius secara drastis. Orang-orang yang rajin makan sayur jarang terkena gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes atau kanker. Hasil studi dari World Health Organization menemukan bahwa 63 persen kematian di dunia pada 2008 disebabkan oleh tiga penyakit yang disebutkan di atas dan itu dipicu oleh pola makan tidak sehat. Sebagai perbandingan, orang yang budaya makannya berbabis sayuran sebagai makanan utama, masyarakatnya lebih jarang sakit ketimbang merkea yang hidup di lingkungan pemakan daging atau nasi.2. Meluangkan Waktu untuk MeditasiStudi yang dilakukan pada 2012 menemukan, hanya d [...]

Lakukan 6 Langkah Ini Agar Tak Mudah Diserang Sakit Gigi

Lakukan 6 Langkah Ini Agar Tak Mudah Diserang Sakit Gigi

Gigi sehat, bersih, kuat dan sehat sudah pasti hal yang diinginkan banyak orang. Gigi yang sehat, bersih dan kuat tentunya dapat membuat Anda lebih percaya diri ketika tersenyum dan berbicara dengan orang lain. Untuk mendapatkan gigi yang 'sempurna' ini sebenarnya tidak sulit. Yuk merawat gigi dengan melakukan langkah berikut ini kalau tak mau gampang sakit gigi:1. Menggosok gigiKegiatan ini wajib dilakukan. Sikat dan bersihkan gigi Anda 2 sampai 3 kali per hari. Menyikat gigi setiap hari selain berfungsi untuk menyegarkan nafas Anda, juga dapat menjaga kesehatan gigi. Flossing gigi juga bisa anda lakukan untuk mebersihkan kotoran yang tidak terjangkau dengan sikat gigi. Jika Anda malas menggosok gigi, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari terbentuknya karang gigi, radang gusi, plak atau bahkan tanggalnya gigi itu sendiri. 2. Jangan MerokokMerokok dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk penyakit jantung dan kanker paru-paru. Tidak hanya itu saja, tahukah Anda bahwa merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi Anda? Jika Anda merokok, cobalah berhenti dari sekarang. Merokok dapat menyebabkan warna gigi menjadi kuning. Lama-kelamaan gigi ju [...]

6 Pantangan Makanan Ibu Hamil

6 Pantangan Makanan Ibu Hamil

Wanita hamil harus benar-benar memperhatikan setiap jenis makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan gizinya tercukupi dengan baik dan menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan masalah pada janin. Penting untuk diingat bahwa setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin. Berikut ini adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil: 1. Makanan mentah atau setengah matang Mengkonsumsi sushi, sashimi, daging mentah, sosis, daging cincang, kerang mentah, telur berisiko terkena toksoplasmosis. Toksoplasmosis merupakan infeksi yang disebabkan oleh parasit yang dapat ditemukan pada daging, tanah, tinja kucing, dan air yang tidak bersih. Toksplasmosis saat hamil dapat menyebabkan keguguran dan kelainan pada janin (hidrosefalus, kebutaan, tuli). Sedangkan telur mentah atau setengah matang dapat menyebabkan keracunan bakteri Salmonella Enteriditis, gejalanya berupa diare dan muntah. Mayones, mousse, tiramisu, es krim, dan beberapa jenis saus salad juga dibuat dari telur mentah. 2. Keju lunak Keju lunak dibuat dari keju yang tid [...]

5 Makanan untuk Sperma Sehat

5 Makanan untuk Sperma Sehat

Kesehatan seorang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, termasuk kesehatan sperma. Jika Anda dalam program untuk mendapatkan keturunan secepatnya, maka 5 menu makanan berikut ini cocok untuk pasangan pria. (Baca: 6 Tips Mempercepat Kehamilan). Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan dan kesuburan sperma, terdapat beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan sperma Anda. (Baca: 5 Tips Sperma Sehat) Mari kita simak makanan apa saja yang baik untuk kesehatan sperma. 1. Tiram / Oyster Oyster atau tiram merupakan makanan yang kaya akan kandungan zinc. Sedangkan sperma juga terdiri dari zync. Dengan memakan tiram maka produksi sperma dapat meningkat. Penelitian menunjukkan, asupan seng yang rendah berkaitan dengan infertilitas pria. Selain itu, kandungan mineral seng dalam tiram memiliki efek antivirus. Meski penelitian belum dapat menjelaskan prosesnya, mineral seng terbukti berperan besar dalam sistem imun, termasuk dalam penyembuhan luka. 5 Makanan untuk Sperma Sehat 2. Kacang-kacangan Makanan ini dapat meningkatkan jumlah sperma. Selain itu, pola makan yang kaya akan kacang-kacangan, seperti pola makan daerah Mediterania, juga dapat menurun [...]

Pakai Smartphone Lebih dari 1 Jam Sehari, Hati-hati Mungkin Anda Depresi

Pakai Smartphone Lebih dari 1 Jam Sehari, Hati-hati Mungkin Anda Depresi

Tanda-tanda depresi, terutama yang masih dalam tahap ringan seringkali sulit terlihat secara awam. Tanda depresi biasanya hanya psikiater atau ahli kejiwaan yang bisa mengenalinya. Namun studi terbaru mengungkapkan cara yang simpel untuk mengenali gejala awal depresi, yaitu dengan memperhatikan kecenderungan penggunaan smartphone.Durasi pemakaian dan lokasi di mana gadget tersebut digunakan ternyata bisa menjadi petunjuk apakah seseorang mengalami depresi, atau kondisi kejiwaannya masih dalam tahap normal. Dalam hasil studi disebutkan bahwa semakin banyak orang menghabiskan waktu dengan smartphone atau ponselnya, maka semakin besar kemungkinan ia mengalami depresi.Penelitian yang dilakukan Northwestern University Feinberg School of Medicine, Amerika Serikat itu menemukan, rata-rata orang yang mengalami depresi menghabiskan waktu sekitar 68 menit per hari dengan smartphone-nya. Sedangkan orang-orang yang bahagia hanya total 17 menit sehari.Studi tersebut mengungkapkan, orang melewati sebagian besar hari-harinya di dalam rumah atau lokasi yang sepi -seperti yang terlacak lewat GPS di ponsel mereka- juga cenderung menunjukkan tanda-tanda depresi. Menggunakan data mobile telepon, t [...]

Daerah Berisiko Tinggi DBD

Daerah Berisiko Tinggi DBD

Kasus demam berdarah dengue (DBD) paling banyak terjadi di daerah dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi seperti DKI Jakarta dan Bali. Mengenali daerah-daerah rawan DBD dapat membuat Anda lebih berhati-hati jika sedang atau berniat menempati suatu daerah, atau bepergian ke daerah-daerah tersebut. Daerah Rawan DBD di Indonesia Indonesia adalah salah satu negara dengan kasus DBD tertinggi di Asia Tenggara. Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Ditjen PP & PL) Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa Angka Kesakitan/Incidence Rate (IR) DBD cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data IR DBD per propinsi pada tahun 2013, teridentifikasi propinsi-propinsi dengan angka kasus tertinggi dan terendah. Lima propinsi dengan IR DBD tertinggi 2013 adalah: Bali (168,48 per 100.000 penduduk) DKI Jakarta (96,18 per 100.000 penduduk) Kalimantan Timur (92,73 per 100.000 penduduk) Sulawesi Tenggara (66,83 per 100.000 penduduk) DI Yogyakarta (65,25 per 100.000 penduduk) Jika Anda tinggal atau berniat bepergian ke area ini, sebaiknya lebih berhati-hati dalam melindungi diri dari gigitan nyamuk. Sementara propinsi dengan IR DBD terendah 2013 adalah [...]

Kebiasaan Bernapas yang Salah Bisa Sebabkan ‘Lemot’

Kebiasaan Bernapas yang Salah Bisa Sebabkan ‘Lemot’

Fiona Troup, seorang fisioterapis di Six Physio London, menjelaskan orang dewasa sehat bernapas sekitar 10-14 napas per menit, tetapi beberapa orang bernapas 20 kali atau lebih. Hal ini dapat menyebabkan perasaan kehabisan napas dan berbagai gejala lain seperti kesemutan di jari dan sekitar bibir, kelelahan, serta ketidakmampuan untuk berkonsentrasi alias 'lemot'.Dikutip dari Daily Mail, gejala tersebut merupakan tanda Anda bernapas melalui mulut bukan melakukan pernapasan lebih dalam melalui hidung. Hal ini menyebabkan penurunan tingkat karbondioksida dalam darah, sehingga oksigen tidak bisa dilepaskan ke otot dan organ. Komplikasi lainnya juga menyebabkan kejang otot. Jika otak kekurangan kadar oksigen yang cukup, dapat menyebabkan kebingungan dan pusing."Napas cepat pada dasarnya adalah sebuah kebiasaan buruk, yang sering terjadi saat sedang stres, nyeri punggung atau leher, trauma emosional atau operasi," kata Fiona.Stephen Spiro, profesor University College London Hospitals dan wakil deputi British Lung Foundation, menyatakan bahwa bernapas terlalu cepat seharusnya tidak memiliki implikasi jangka panjang terhadap kesehatan. Namun bernapas terlalu cepat dan sesak napas bisa [...]

Cepat Kurus dengan Totok Langsing

Cepat Kurus dengan Totok Langsing

Hampir semua wanita di dunia tentunya mendambakan tubuh yang langsing dan proposional. Tak pelak, ?industri pelangsingan tubuh? dengan berbagai macam teknik marak mewarnai pasar, salah satunya adalah totok langsing. Dasar ilmu dari metode pelangsingan ini adalah acupressure, yang artinya gerakan penekanan titik-titik pada tubuh untuk merangsang sistim pertahanan diri tubuh. Teknik ini dipercaya dapat menghilangkan rasa nyeri, dan memberikan keseimbangan energi tubuh, sehingga tubuh pun menjadi sehat dan bugar. Beberapa orang yang menjalani perawatan ini juga menyatakan bahwa otot menjadi rileks dan stres pun berkurang. Kuncinya adalah jalur energi. Di dalam tubuh setiap individu terdapat aliran energi yang mempengaruhi cipta, rasa dan karsa manusia. Apabila aliran energi ini terhambat, maka energi dalamtubuh pun menjadi tidak seimbang, menciptakan stres dan trauma, hingga terjatuh dalam pola hidup kurang sehat yang menjadi titik awal terjadinya berbagai macam penyakit. Apa hubungan jalur energi bisa membuat Anda kurus? Halaman berikut menjelaskan: Totok Langsing Optimal = Stimulasi Jalur Energi + Diet Ketika jalur energi pada sistim pencernaan terhambat, tentu [...]

Begadang Pangkal Gemuk

Begadang Pangkal Gemuk

Setiap orang memiliki waktu 24 jam dalam sehari, ada waktu untuk beraktivitas, ada waktu untuk beristirahat, sayangnya untuk sebagian orang waktu ini tidak cukup sehingga mereka terpaksa tidur lebih sedikit, atau biasa disebut begadang. Begadang sama sekali tidak mendatangkan kebaikan bagi tubuh kita, pertama kita akan bangun dalam keadaan yang tidak segar, akibatnya Anda akan letih dan kurang berkonsentrasi sepanjang hari. Kedua, saat tidur tubuh kita berusaha mengganti sel-sel yang rusak, hal yang paling sederhana dapat Anda lihat pada kulit, mereka yang bergadang biasanya memiliki masalah dengan jerawat, dan yang ketiga begadang merusak kecantikan tubuh Anda, Anda akan menjadi gemuk! Tidak salah? Tidak. Besar kemungkinan untuk terbentuknya tubuh yang obesitas atau kelebihan berat badan. Mengapa demikian? Tubuh kita mengatur kapan rasa lapar timbul, dan kapan rasa kenyang muncul. Ketika kita bergadang, tubuh lebih banyak menghasilkan hormon ghrelin, dan lebih sedikit menghasilkan hormon leptin. Hormon ghrelin memicu seorang manusia merasakan lapar, sementara hormon leptin melakukan yang sebaliknya, membuat kita merasa kenyang. Selain karena rangsangan dari hormon ghrelin, tent [...]

Belum Tua Kok Sudah Beruban?

Belum Tua Kok Sudah Beruban?

Uban atau rambut putih pada kulit berwarna atau rambut abu-abu pada kulit putih memang menimbulkan masalah estetika di segala usia. Uban pada usia lanjut dianggap memang sudah seharusnya terjadi. Namun, terkadang pada usia dewasa muda uban juga ditemukan. Uban atau poliosis atau kanitis adalah perubahan warna rambut menjadi putih. Hal ini disebabkan berkurang atau menghilangnya pigmen melamin di dalam korteks rambut. Secara umum terdapat dia bentuk kanitis, yaitu : 1. Kanitis Bawaan yaitu kanitis yang timbul sejak lahir, biasanya hanya mengenai seikat rambut saja namun juga dapat seluruh rambut. Sering menyertai penderita albino dan vitiligo. 2. Kanitis Didapat Kanitis didapat bisa dibedakan atas : Kanitis senilis : berubahnya warna rambut menjadi putih karena usia lanjut, proses pembentukan melanin menurun sejalan dengan penambahan usia Kanitis prematur : berubahnya warna rambut menjadi putih dimulai pada usia muda, biasanya merupakan penyakit bawaan Kanitis areata : perubahan rambut menjadi uban pada satu daerah saja Penyebab dari kanitis prematur dapat dicetuskan oleh beberapa hal, halaman berikut penjelasannya: Penyebab dari kanitis prematur dapat dice [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *