Merawat Kesehatan Bayi Dimulai dari Gigi Susu

merawat-kesehatan-bayi-dimulai-dari-gigi-susu-alodokter.jpg

Keberadaan gigi susu sebenarnya sangat penting karena kelak memberi tempat bagi pertumbuhan gigi dewasa. Gigi susu juga membantu bayi dalam mengunyah makanan dan membantu berbicara dengan baik.

Gigi merupakan bagian pendukung proses pencernaan, yaitu untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling, dan mengunyah makanan. Sebagaimana pada orang dewasa, gigi susu perlu dirawat untuk mempermudah bayi dalam mencerna makanan.

Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah. Gigi-gigi tersebut terdiri atas empat gigi seri depan (atas dan bawah), empat gigi seri samping (letaknya mengapit gigi seri tengah), empat gigi taring, dan delapan gigi geraham.

Kapan Gigi Susu Tumbuh dan Tanggal?

Ada rentang waktu ketika gigi susu mulai tumbuh. Rentang waktu ini berbeda-beda antara bayi yang satu dengan yang lain. Bahkan, ada sebagian bayi baru lahir yang sudah ditumbuhi gigi susu. Selanjutnya akan tanggal saat bayi sudah tumbuh menjadi anak-anak. Jadwal tanggalnya pun bisa berbeda-beda pada tiap anak. Berikut adalah jadwal tumbuh dan tanggalnya gigi susu pada bayi.

Tumbuhnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 8-12 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 9-13 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 16-22 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 13-19 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 25-33 bulan.

Tumbuhnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 6-10 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 10-16 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 17-23 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 14-18 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 23-31 bulan.

Tanggalnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 10-12 tahun.
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tanggalnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 9-12 tahun
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tips agar Bayi Tidak Mengalami Sakit Saat Mulai Tumbuh Gigi

Saat tumbuh gigi, bayi pun merasakan sensasi yang berbeda-beda. Ada bayi yang tidak menampakkan gejala apapun, ada juga yang rewel. Orang-orang mengaitkan tumbuhnya gigi dengan demam dan diare, namun belum ada pembuktian medis untuk hal ini.

Tapi Anda tidak perlu cemas karena ada caranya agar bayi lebih nyaman menjalani proses tumbuh gigi. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa tiap bayi membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Camilan

Perhatikan tingkah laku bayi Anda. Apabila dia sering berusaha mengunyah mainan atau barang-barang yang dipegangnya, maka kemungkinan giginya mulai tumbuh. Berilah camilan sehat seperti irisan kecil wortel, apel, atau roti untuk dikunyah. Dampingi bayi ketika mengunyah agar terhindar dari kemungkinan tersedak.

Teether

Teether dapat membantu bayi ?melupakan? gusi yang terasa tidak nyaman karena sedang tumbuh gigi. Agar fungsinya lebih maksimal, Anda dapat menyimpan teether di lemari es. Rasa dingin akan membuat gusinya lebih nyaman. Yang perlu diperhatikan adalah jaga agar suhu teether tidak terlalu dingin. Hindari menyimpan teether di freezer sebab akanmenjadi terlalu dingin dan keras untuk bayi.

Gel khusus gusi

Ketika mulai tumbuh gigi, kadang-kadang gusi menjadi bengkak dan kemerahan. Anda dapat memberikan gel khusus gusi. Biasanya gel yang tidak mengandung gula ini mengandung anestesi lokal yang ringan untuk membuat gusi lebih nyaman dan bayi menjadi lebih tenang.

Cara Merawat Gigi Susu

Gigi susu harus dirawat untuk mencegah terjadinya kerusakan. Bahkan Anda dapat merawat gusi bayi sebelum gigi susu tumbuh.

Berikut ini cara merawat gusi dan gigi susu si Buah Hati yang dapat Anda lakukan di rumah.

  • Sebelum gigi susu benar-benar tumbuh, Anda disarankan untuk rutin membersihkan gusi bayi. Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusi bayi perlahan-lahan.
  • Waktu yang tepat untuk membersihkan gusi bayi adalah sebelum dia tidur dan setelah makan, sebanyak dua kali sehari.
  • Jika ingin mengenalkan sikat gigi saat giginya mulai muncul, gosokkan gusinya dengan sikat gigi yang lembut. Anda hanya perlu membasahi sikat gigi dengan air dan belum perlu menggunakan pasta gigi.
  • Ketika gigi susu mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras.
  • Saat usia anak mencapai tiga tahun, Anda bisa menambahkan porsi pasta gigi yang digunakan menjadi sebesar kacang polong.
  • Sebaiknya Anda yang menyikatkan giginya, sampai anak bisa menyikat gigi sendiri, yaitu sekitar usia enam tahun.
  • Bila perlu, dampingi anak saat menyikat gigi dan ingatkan dia untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari.
  • Kenalkan dengan makanan sehat agar gigi susu dan gigi tetapnya nanti tetap terawat.
  • Kunjungi dokter gigi untuk memeriksakan gigi secara teratur.

Merawat dan membiasakan anak untuk gigi susu sedini mungkin adalah hal yang penting. Kelak saat anak sudah mempunyai gigi tetap, dia dapat merawatnya agar bertahan seumur hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Berpuasa Bagi Penderita Asma

Berpuasa Bagi Penderita Asma

Oleh: dr. Jessica Florencia Bagi umat muslim yang memiliki penyakit tertentu, kedatangan bulan Ramadan sering membawa kekhawatiran tertentu. Pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah saya dapat berpuasa, bagaimana jika penyakit saya kambuh saat berpuasa, atau bagaimana dengan pengobatan saya merupakan sederet pertanyaan yang sering muncul. Secara khusus bagi penderita Asma, penderita biasanya khawatir apakah dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan seringkali bingung mengenai penggunaan obat semprot pelega napas (inhaler). Agar para penderita asma dapat menjalankan puasa dengan baik, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan: Kunjungilah dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu 1 bulan hingga 1 minggu sebelum Anda mulai berpuasa. Dokter akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah derajat asma yang Anda alami terkontrol dengan baik dan menentukan pengobatan yang sesuai. Jika Anda menggunakan inhaler, dan tidak ingin menggunakannya pada saat berpuasa. Gunakanlah inhaler pada saat sahur dan berbuka untuk tetap mengontrol asma Anda. Anda sebaiknya tetap selalu membawa serta inhaler Anda. Jika Anda terkena sera [...]

8 Jurus Meredakan Batuk

8 Jurus Meredakan Batuk

Batuk merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau lendir dari saluran napas dan paru-paru. Namun, terkadang batuk bisa sangat mengganggu aktivitas maupun istirahat jika terjadi terus-menerus. Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengurangi batuk: 1. Minum Teh Hangat Infeksi saluran napas atas pada umumnya menyebabkan produksi dahak bertambah. Dahak tersebut dapat mengiritasi dan menyebabkan batuk. Segelas air hangat membantu mengencerkan lendir dan menjaga mukosa mulut dan saluran napas tetap lembap. 2. Tinggikan Kepala Saat tidur, sebaiknya tambahkan bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi kepala yang lebih tinggi diyakini dapat mengurangi gejala batuk. 3. Jangan Merokok Rokok hanya akan memperburuk kondisi Anda, karena rokok menyebabkan iritasi pada mukosa saluran napas dan membuat produksi lendir semakin banyak. Jangan merokok dan jauhkan diri Anda dari perokok. 4. Hindari Iritan Debu, parfum, pengharum ruangan, asap, mungkin dapat menyebabkan iritasi dan memperparah batuk. Berikut beberapa kiat lainnya untuk meredakan batuk di halaman selanjutnya selengkapnya. 8 Jurus Meredakan Batuk 5. Minum Madu Madu sering dis [...]

Tetap Fit Saat Lebaran dan Mudik dengan Konsumsi Saripati Ayam

Tetap Fit Saat Lebaran dan Mudik dengan Konsumsi Saripati Ayam

?Lebaran sebentar lagi... Lebaran sebentar lagi...? Tak terasa hampir sebulan sudah kita berpuasa. Hari kemenangan sudah dekat di depan mata. Hari yang dinanti-nantikan ini identik dengan halal-bihalal antar saudara dan kerabat serta tak lupa ritual mudik. Saat lebaran dan mudik berbagai masalah kesehatan dapat muncul seperti kambuhnya penyakit kronis (diabetes, hipertensi, kolesterol, asam urat), gangguan pencernaan (diare, maag, thypoid) serta keluhan-keluhan akibat kelelahan seperti pegal-pegal, radang tenggorok, flu, dan lain sebagainya. Bila kita tidak pintar menjaga kesehatan maka ditakutkan kita bisa jatuh dalam kondisi sakit. Saripati ayam disinyalir memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Saripati ayam sudah lama digunakan dan dipercaya karena kandungannya yang tinggi protein, rendah gula dan lemak. Saripati ayam dapat menjadi salah satu solusi menjaga kesehatan tubuh saat lebaran terutama saat mudik. Beberapa manfaat kesehatan dengan mengkonsumsi saripati ayam: Mengurangi stress dan kelelahan Kelelahan dan stres merupakan salah satu keluhan utama yang dirasakan saat lebaran dan mudik, baik sebagai penumpang dan sebagai pengendara kendaraan beroda saat mudik ata [...]

6 Kebiasaan Wajib di Pagi Hari Agar Semangat Seharian

6 Kebiasaan Wajib di Pagi Hari Agar Semangat Seharian

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat Anda semangat menghadapi hari. Misalnya dengan melakukan beberapa hal ini. Seperti yang dikutip dari Times of India, berikut enam kebiasaan di pagi hari yang wajib dilakukan agar selalu fokus dan semangat.1. Melihat Warna TerangPara ahli mengatakan, warna terang dapat membuat mata lebih segar dan 'melek' ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Anda akan merasakan adanya peningkatan energi secara tiba-tiba, yang membuat semangat sepanjang hari.Sebagai rekomendasi, cobalah menaruh benda seperti lampu meja, sarung bantal, atau bingkai foto berwarna oranye di samping tempat tidur. Untuk pilihan lainnya, Anda bisa memakai busana berwarna fuschia atau meminum jus jeruk saat sarapan.2. Hindari Menekan Tombol 'Snooze'Semakin sering Anda menekan tombol tunda pada alarm, maka Anda akan semakin tak bersemangat. Hal ini dikarenakan, ketika menekan tombol 'snooze' otak menyadari fakta bahwa Anda bisa tidur 5 menit lagi, sehingga otak cenderung masuk ke dalam mode tidur lelap, sekali lagi. Inilah yang membuat Anda lesu dan menguap sepanjang hari.3. Visualisasi Jadwal SeharianMenggambarkan rencana di benak, akan membuat Anda lebih fokus dan berse [...]

Apa Manfaat Vaksinasi Hepatitis B?

Apa Manfaat Vaksinasi Hepatitis B?

Hampir 1 dari 10 orang Indonesia mengalami infeksi hepatitis B. Vaksinasi hepatitis B menjadi salah satu jenis yang wajib diberikan kepada bayi yang baru lahir. Orang dewasa pun dapat menghindari diri dari infeksi berbahaya dengan vaksinasi tersebut. Pemberian vaksin hepatitis B dimaksudkan untuk menangkal infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Vaksinasi juga dimaksudkan untuk mencegah berbagai akibat yang dapat ditimbulkan infeksi hepatitis B, seperti kanker hati dan sirosis. Vaksinasi hepatitis B dapat diberikan bersama dengan vaksin lain, selain pemberian tunggal. Vaksinasi ini dapat melindungi dari infeksi hepatitis B dalam jangka panjang, bahkan seumur hidup. Rekomendasi Vaksinasi Vaksinasi hepatitis B diharapkan dapat melindungi bayi dan anak-anak sebagai golongan yang berisiko tinggi terkena infeksi kronis. Bagi anak-anak hingga remaja berusia kurang dari 19 tahun yang belum pernah mendapatkan vaksinasi hepatitis B, direkomendasikan untuk segera mendapatkannya, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan penyebaran hepatitis terbanyak. Orang dewasa juga bukan berarti tidak berisiko terkena infeksi hepatitis B. Terdapat beberapa kondisi tertentu [...]

10 Cara Mudah Agar Hidup Lebih Sehat

10 Cara Mudah Agar Hidup Lebih Sehat

Pola hidup sehat merupakan sesuatu yang harus kita lakukan untuk mendapatkan kondisi tubuh bugar. Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tidak harus mengikui pola hidup yang mahal. Semua itu dapat Anda peroleh dengan mudah dan murah. Hidup sehat dapat Anda awali dengan perubahan kecil.Berikut ini 10 cara sederhana untuk mengubah pola hidup Anda, seperti dilansir enzine:1. Ketika Anda bangun di pagi hari, sebaiknya buka jendela dan biarkan sinar matahari menyinari tubuh Anda. Hal ini dapat membuat Anda lebih segar dalam menjalani hari.2. Tidak berolahraga di pagi hari. Cenderung orang yang melakukan olahraga pada pagi hari memiliki kadar kortisol tinggi dan IgA rendah. IgA adalah, (besarnya aliran air liur, yang sangat berguna untuk melindungi hidung dan mulut dari infeksi. Jika Anda memiliki kadar kortisol tinggi dan IgA rendah, artinya tingkat stres akan lebih tinggi, kekebalan tubuh yang rendah dan rawan terkena infeksi hidung dan mulut.3. Kerjakan tugas yang paling sulit di dua jam pertama pada waktu jam kerja Anda, sebab setelah itu Anda akan memperoleh hari yang produktif.4. Ingin terhindar dari flu? Penelitian medis mengungkapkan bahwa dengan berjalan dapat melindungi 25% tubu [...]

Kebiasaan Kurang Tidur Bikin Penyakit!

Kebiasaan Kurang Tidur Bikin Penyakit!

Oleh: dr. Adithia Kwee Tidak sedikit penelitian yang telah memaparkan ditemukan hubungan tidak langsung antara kurang tidur dengan beberapa potensi risiko pada kondisi penyakit degeneratif, seperti: Obesitas, Diabetes tipe 2, Gangguan jantung. Namun demikian, bukti yang menyebutkan bahwa kondisi ini benar-benar langsung disebabkan karena kurang tidur sayangnya masih sedikit. Akan tetapi, pada awal 2013 sebuah penelitian diterbitkan oleh Sleep Researche Centre dan koleganya di Universitas Surrey mengklaim bahwa mereka menemukan hubungannya secara langsung. Mereka menemukannya dengan cara melihat bagaimana tidur ternyata merubah gen seseorang. Karena pada dasarnya setiap sel dalam tubuh manusia memuat informasi berupa DNA, informasi dalam DNA inilah yang berubah akibat kurang tidur. Senada dengan penelitian tersebut, sebuah studi lain menyebutkan bahwa kurang tidur selama dua hari berturut turut menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Para peneliti percaya bahwa dalam waktu lama, maka kurang tidur berpengaruh pada gangguan jantung. Penelitian ini diuji terhadap 8 orang dewasa dengan rentang usia dari 20?35 tahun. Mereka hanya diizinkan tidur selama 4 jam setiap h [...]

4 Penyebab Paling Umum Tubuh Jadi Cepat Lelah

4 Penyebab Paling Umum Tubuh Jadi Cepat Lelah

Merasa sudah cukup istirahat dan makan, tapi kenapa tubuh cepat lelah? Makan dan istirahat cukup saja belum cukup untuk mengatasi kelelahan. Ada beberapa sebab lainnya kenapa Anda jadi cepat merasa lelah.Menurut Neil Shulman, penulis buku 'Your Body's Red Light Warning Signals' seperti dikutip dari Women's health, kelelahan bisa saja disebabkan kejenuhan dan tekanan secara psikis. Neil juga menjelaskan, rasa lelah yang tiba-tiba dan berlebihan juga bisa jadi gejala dari suatu penyakit. Ini dia penyebab paling umum terjadinya kelelahan.Kurang Vitamin B12Vitamin B12 bertugas menjaga aktivitas sel darah merah yang mengalirkan oksigen di dalam darah. Kadar vitamin B12 rendah membuat tubuh lunglai dan tak bergairah. Kondisi ini juga menyebabkan perut mulas-mulas. Jika terlalu lama dibiarkan, akan timbul kesemutan di tangan dan kaki, kurang keseimbangan, daya ingat menurun dan kebingungan.Vitamin ini banyak terdapat dalam protein hewani, seperti susu, telur, daging dan ikan. Bagi para vegetarian, jangan takut tidak mendapat asupan B12 cukup, Anda bisa memperolehnya dari kedelai.Depresi"Kelelahan adalah salah satu tanda Anda mengalami depresi," ujar David Mischoulon, staf psikiatri dar [...]

Ini Perbedaan Sifat Orang Penyuka Musik Cadas dan Melankolis

Ini Perbedaan Sifat Orang Penyuka Musik Cadas dan Melankolis

Lebih suka lagu-lagu Taylor Swift dan Lily Allen, atau Metallica dan Slipknot? Selera musik ternyata bisa mencerminkan karakter pribadi, apakah dia seseorang yang suka berempati atau lebih terorganisir.Sejumlah peneliti telah melakukan studi terhadap 4.000 partisipan, dan terungkap bahwa cara pikir orang terbagi menjadi dua; empathiser dan systemiser. Empathiser digambarkan sebagai seseorang yang senang fokus dan peduli terhadap emosi orang lain. Sementara systemiser lebih suka menganalisa aturan dan pola-pola sosial yang ada di dunia. "Meskipun selera musik seseorang bisa berubah sewaktu-waktu, kami menemukan bahwa tingkat empati dan cara berpikir bisa memprediksi jenis musik yang mereka sukai," tutur ketua penelitian David Greenberg dari Cambridge University, Inggris, seperti dikutip dari Daily Mail.Sejak 10 tahun terakhir, bagaimana selera musik seseorang mencerminkan karakternya memang sudah menjadi perdebatan. Contohnya saja dalam sejumlah penelitian terungkap bahwa orang-orang yang suka mencari pengalaman baru cenderung menyukai genre musik blues, jazz, klasik dan folk. Sedangkan orang yang peduli lingkungan hidup dan sosial, dan orang yang ramah lebih memilih musik pop, s [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *