Merawat Kesehatan Bayi Dimulai dari Gigi Susu

merawat-kesehatan-bayi-dimulai-dari-gigi-susu-alodokter.jpg

Keberadaan gigi susu sebenarnya sangat penting karena kelak memberi tempat bagi pertumbuhan gigi dewasa. Gigi susu juga membantu bayi dalam mengunyah makanan dan membantu berbicara dengan baik.

Gigi merupakan bagian pendukung proses pencernaan, yaitu untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling, dan mengunyah makanan. Sebagaimana pada orang dewasa, gigi susu perlu dirawat untuk mempermudah bayi dalam mencerna makanan.

Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah. Gigi-gigi tersebut terdiri atas empat gigi seri depan (atas dan bawah), empat gigi seri samping (letaknya mengapit gigi seri tengah), empat gigi taring, dan delapan gigi geraham.

Kapan Gigi Susu Tumbuh dan Tanggal?

Ada rentang waktu ketika gigi susu mulai tumbuh. Rentang waktu ini berbeda-beda antara bayi yang satu dengan yang lain. Bahkan, ada sebagian bayi baru lahir yang sudah ditumbuhi gigi susu. Selanjutnya akan tanggal saat bayi sudah tumbuh menjadi anak-anak. Jadwal tanggalnya pun bisa berbeda-beda pada tiap anak. Berikut adalah jadwal tumbuh dan tanggalnya gigi susu pada bayi.

Tumbuhnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 8-12 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 9-13 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 16-22 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 13-19 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 25-33 bulan.

Tumbuhnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 6-10 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 10-16 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 17-23 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 14-18 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 23-31 bulan.

Tanggalnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 10-12 tahun.
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tanggalnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 9-12 tahun
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tips agar Bayi Tidak Mengalami Sakit Saat Mulai Tumbuh Gigi

Saat tumbuh gigi, bayi pun merasakan sensasi yang berbeda-beda. Ada bayi yang tidak menampakkan gejala apapun, ada juga yang rewel. Orang-orang mengaitkan tumbuhnya gigi dengan demam dan diare, namun belum ada pembuktian medis untuk hal ini.

Tapi Anda tidak perlu cemas karena ada caranya agar bayi lebih nyaman menjalani proses tumbuh gigi. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa tiap bayi membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Camilan

Perhatikan tingkah laku bayi Anda. Apabila dia sering berusaha mengunyah mainan atau barang-barang yang dipegangnya, maka kemungkinan giginya mulai tumbuh. Berilah camilan sehat seperti irisan kecil wortel, apel, atau roti untuk dikunyah. Dampingi bayi ketika mengunyah agar terhindar dari kemungkinan tersedak.

Teether

Teether dapat membantu bayi ?melupakan? gusi yang terasa tidak nyaman karena sedang tumbuh gigi. Agar fungsinya lebih maksimal, Anda dapat menyimpan teether di lemari es. Rasa dingin akan membuat gusinya lebih nyaman. Yang perlu diperhatikan adalah jaga agar suhu teether tidak terlalu dingin. Hindari menyimpan teether di freezer sebab akanmenjadi terlalu dingin dan keras untuk bayi.

Gel khusus gusi

Ketika mulai tumbuh gigi, kadang-kadang gusi menjadi bengkak dan kemerahan. Anda dapat memberikan gel khusus gusi. Biasanya gel yang tidak mengandung gula ini mengandung anestesi lokal yang ringan untuk membuat gusi lebih nyaman dan bayi menjadi lebih tenang.

Cara Merawat Gigi Susu

Gigi susu harus dirawat untuk mencegah terjadinya kerusakan. Bahkan Anda dapat merawat gusi bayi sebelum gigi susu tumbuh.

Berikut ini cara merawat gusi dan gigi susu si Buah Hati yang dapat Anda lakukan di rumah.

  • Sebelum gigi susu benar-benar tumbuh, Anda disarankan untuk rutin membersihkan gusi bayi. Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusi bayi perlahan-lahan.
  • Waktu yang tepat untuk membersihkan gusi bayi adalah sebelum dia tidur dan setelah makan, sebanyak dua kali sehari.
  • Jika ingin mengenalkan sikat gigi saat giginya mulai muncul, gosokkan gusinya dengan sikat gigi yang lembut. Anda hanya perlu membasahi sikat gigi dengan air dan belum perlu menggunakan pasta gigi.
  • Ketika gigi susu mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras.
  • Saat usia anak mencapai tiga tahun, Anda bisa menambahkan porsi pasta gigi yang digunakan menjadi sebesar kacang polong.
  • Sebaiknya Anda yang menyikatkan giginya, sampai anak bisa menyikat gigi sendiri, yaitu sekitar usia enam tahun.
  • Bila perlu, dampingi anak saat menyikat gigi dan ingatkan dia untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari.
  • Kenalkan dengan makanan sehat agar gigi susu dan gigi tetapnya nanti tetap terawat.
  • Kunjungi dokter gigi untuk memeriksakan gigi secara teratur.

Merawat dan membiasakan anak untuk gigi susu sedini mungkin adalah hal yang penting. Kelak saat anak sudah mempunyai gigi tetap, dia dapat merawatnya agar bertahan seumur hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Kondisi tubuh manusia bisa berubah-ubah setiap waktu. Tubuh manusia memiliki siklus yang dinamakan ritme sirkadian, yaitu naik-turunnya hormon (fluktuasi) yang terjadi pada jam-jam tertentu. Fluktuasi ini berpengaruh terhadap suhu tubuh dan tekanan darah yang bisa mengubah mood, emosi hingga tingkat energi. Menurut sejumlah ahli dan penelitian, ritme sirkadian ini juga menentukan waktu-waktu terbaik kapan Anda harus bangun pagi, ketika ingin hamil atau kapan wajah Anda terlihat paling menarik.(hst/hst) [...]

Terobosan Terbaru: Awet Muda dengan Darah Sendiri

Terobosan Terbaru: Awet Muda dengan Darah Sendiri

Platelet Rich Plasma atau yang lebih dikenal dengan PRP merupakan terapi dengan mengambil darah dari pasien sendiri. PRP telah lama digunakan sejak tahun 1987 untuk mempercepat penyembuhan pada gigi, kasus ortopedi dan tindakan bedah plastik. Kemudian dalam beberapa tahun berlakangan, PRP juga memberikan manfaat untuk peremajaan wajah. Apakah itu terapi PRP? PRP adalah suatu terapi dengan mengambil darah dari pasien sendiri, sama seperti saat Anda mengambil darah untuk pemeriksaan laboratorium. Darah sebanyak kurang lebih 15-30 cc diambil dari pembuluh darah vena. Darah tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mesin sentrifugasi khusus untuk memisahkan antara sel darah merah, plasma yang kaya akan platelet (PRP) dan plasma. Plasma yang kaya akan growth factor ini kemudian diaplikasikan pada wajah melalui injeksi ataupun dioleskan secara langsung. Apa saja keuntungan terapi PRP? Karena menggunakan darah Anda sendiri, tentu saja dapat meminimalisir efek samping terjadinya alergi dan reaksi hipersensitivitas. Dalam bidang dermatologi (kulit), PRP dapat memberikan efek peremajaan pada kulit seperti meningkatkan tekstur dan warna kulit, mengurangi kerutan, meningkatkan produksi kolagen dan [...]

Medical Check Up Tanpa Radiasi, Hasil Bisa Diketahui dalam 30 Menit

Medical Check Up Tanpa Radiasi, Hasil Bisa Diketahui dalam 30 Menit

Medical check-up umumnya dilakukan melalui proses pemeriksaan yang cukup rumit dan memakan waktu lama. Hasilnya pun baru bisa diketahui minimal 3-7 hari kemudian. Holistic Medical Center (HMC) di Bangkok, Thailand menawarkan proses pemeriksaan medis yang lebih cepat dan praktis tanpa radiasi.Pada Jumat (19/07/2013), wolipop mencoba paket medical check up yang tersedia di HMC, yaitu Platinum Screening. Paket pemeriksaan medis ini terdiri dari MRIT, LBA, Max Pulse, Alcat dan konsultasi dokter. Dimulai dengan tes Alcat, yaitu pemeriksaan untuk mengetahui kecenderungan seseorang terhadap alergi. Lewat tes darah, akan diketahui makanan atau nutrisi apa saja yang bisa memicu reaksi alergi pada seseorang. Setelah itu dilakukan medical check up menggunakan MRIT (Molecular Resonance Imaging Technology). Sebuah metode pemeriksaan medis tanpa radiasi, melainkan dengan memanfaatkan getaran dan denyutan nadi. Mesin ini mampu menganalisa status energi dari makhluk hidup berdasarkan perubahan pada karakteristik gelombang di jaringan tubuh, sel, kromosom dan hormon.Klien cukup memakai alat yang bentuknya mirip headphone pada telinga, lalu MRIT akan melakukan scanning mulai dari perut, pankreas, [...]

Ugh… Derita Para Pria Ketika Pasangannya PMS

Ugh… Derita Para Pria Ketika Pasangannya PMS

Saat PMS bukan hanya wanita yang merasakan ketidaknyamanan. Para pria pun terkena dampaknya. Ini beberapa pendapat pria tentang derita yang mereka rasakan saat pasangannya PMS.Wolipop mewawancara beberapa pria untuk mengetahui apa sebenarnya hal yang paling mengganggu buat mereka saat wanita PMS. Inilah beberapa pendapat pria soal derita yang harus mereka hadapi saat wanita PMS:"Biasanya kesensiaannya gampang terlecut. Kalau sudah kayak gitu, harus inget tanggal. Ooo iya PMS, ya udah diemin aja, nggak usah ikut terpancing" - Ardhi, 30 Tahun."Kalau istri gue suka lemes, jadinya nggak bisa diajak jalan-jalan. Padahal gue orangnya suka jalan" - Wede, 30 Tahun."Paling bikin menderita pas tahu, beberapa hari ke depan nggak dapet nih (seks)" - Hendaru, 32 Tahun."Biasanya gue tanya, kamu lagi dapet ya? Trus dia jawab, nggak seminggu lagi. Nah itu gue catet. Tapi pernah lupa dia lagi PMS. Gue kasih hadiah... yang ada gue dimarah-marahin. Kasih hadiah baju tapi style-nya beda sama apa yang dia mau. Salah ngukur baju, parahnya nggak muat. Dia marah-marah. Gue juga sempet sewot, tapi ya setelah inget dia lagi PMS gue sabar aja nggak dimasukin hati. Toh memang wanita harus dimengerti bukan? [...]

Vaksin Penyebab Autisme?

Vaksin Penyebab Autisme?

Oleh: dr. Nadia Octavia Autisme merupakan suatu kondisi gangguan otak dimana terdapat kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Kebanyakan penyandang autisme mengalami kesulitan dalam menjalin relasi dengan orang lain. Gejala biasanya timbul sebelum anak berusia kurang dari 3 tahun: Terdapat gangguan keterlambatan belajar berbicara atau bahkan tidak bisa berbicara sama sekali Melakukan kegiatan ataupun perilaku yang berulang-ulang (repetitive) dan obsesif. Misalnya: melakukan suatu gerakan tubuh yang berulang dan akan kecewa dan marah jika rutinitas tersebut diubah. Tidak dapat melakukan kontak mata dengan lawan bicara Cenderung menarik diri dan lebih suka bermain sendiri. Autisme cenderung bersifat genetik dan diturunkan. Meskipun dasar genetik masih kurang jelas, namun diduga dikarenakan adanya mutasi genetik. Selain itu, terdapat beberapa kontroversi terkait dengan kondisi lingkungan, misalnya: logam berat, pestisida, dan yang paling menjadi momok adalah vaksin. Salah satu kandungan pada vaksin yang telah diteliti secara spesifik adalah thimerosal, yang sebelumnya pernah digunakan sebagai bahan pengawet pada beberapa jenis vaksin. Thimerosal merup [...]

Bayi Rentan Terkena Infeksi Paru-Paru

Bayi Rentan Terkena Infeksi Paru-Paru

Virus yang menyebabkan infeksi paru-paru dan saluran pernafasan disebut juga Respiratory syncytial virus (RSV) dalam bahasa kedokteran. Bagi kebanyakan orang tua, RSV bukan merupakan istilah asing. Tapi merupakan penyebab umum dari infeksi pernafasan serius dengan dampak yang cukup besar pada kesehatan bayi dan anak-anak diseluruh dunia, menurut sebuah Journal Pediatric Infectious Disease edisi Juni. Jurnal ini diterbitkan oleh Lippincott Williams & Wilkins, bagian kesehatan Wolters Kluwer. Menurut Drs. Gayle Langley Fischer dan Larry J. Anderson dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Akan dilakukan secara rutin untuk memperlajari penyakitnya, faktor risikonya, dan pencegahan infeksi RSV pada bayi dan anak-anak. Sementara langkah-langkah itu diambil untuk mencegah bayi dan anak-anak yang berisiko tinggi terinfeksi RSV yang sebelumnya sehat dan tidak ada masalah medis. Wabah infeksi RSV terjadi setiap tahun, paling sering saat musim gugur dan awal musim semi. Virus ini dapat menyebabkan infeksi pneumonia dan infeksi bronkiolitis atau disebut juga saluran kecil di paru-paru. Faktor risiko terkena infeksi RSV itu rendahnya antibodi maternal terhadap RSV, dan bayi yang ti [...]

Minum Pil Anti Botak, Pria Ini Malah Jadi Transgender

Minum Pil Anti Botak, Pria Ini Malah Jadi Transgender

Seorang transgender bernama Mandi baru-baru ini menceritakan kisahnya kepada acara bincang-bincang bersama Anderson Cooper. Malangnya nasib pria ini, akibat minum pil anti botak, hormon tubuhnya malah menjadi feminin dan membuatnya jadi kewanita-wanitaan.Awalnya, ayah satu anak bernama William McKee ini hanya ingin mencegah kebotakan rambutnya. Berprofesi sebagai insinyur piranti lunak, dirinya kerap stres dan rambutnya membotak lebih cepat, terlebih karena keturunannya banyak yang mengalami hal ini.Pria berusia 38 tahun asal Tampa, Florida itupun mulai mengonsumsi obat generik Propecia bernama finastride yang berfungsi untuk menunda efek kebotakan akibat faktor keturunan. Namun seiring waktu berjalan, perubahan yang lebih besar pada tubuhnya telah terjadi.Setelah beberapa bulan mengonsumsi pil tersebut, ia merasa tubuhnya menjadi lebih feminin. Ia juga mengaku saat memesan pil tersebut via internet, ia hanya tahu kalau obat yang dibuat di India itu layak dikonsumsi oleh asosiasi obat-obatan Amerika."Aku mengalami depresi akut, dan memasuki tahun 2011, pernikahanku berakhir. Aku hidup sendirian," ujar William yang kini ganti nama menjadi Mandi. "Aku merasakan gejala perubahan me [...]

Empat Jenis Hernia pada Wanita

Empat Jenis Hernia pada Wanita

Penyakit hernia biasa disebut dengan turun berok. Kondisi ini terjadi akibat adanya kelemahan atau kelainan pada otot sehingga organ tubuh tidak tersangga pada tempat sebenarnya. Jenis penyakit hernia sendiri ada banyak. Ada jenis hernia yang lebih sering ditemukan pada pria. Tapi ada juga beberapa jenis yang justru lebih sering ditemui pada tubuh wanita. Apa saja jenis hernia yang sering hinggap pada kaum wanita? Hernia sendiri adalah kondisi ketika organ pada tubuh berada di luar dari posisi yang semestinya. Hal tersebut dikarenakan otot-otot yang melemah sehingga tidak kuat menahan organ tersebut. Sebagai akibatnya, organ dalam tubuh akan keluar melalui celah-celah otot yang melemah hingga terus menjalar ke bagian dalam kulit dan membentuk tonjolan jika dilihat dari permukaan luar kulit. Ada empat jenis hernia yang dapat ditemui pada wanita. Jenis-jenis hernia itu adalah hernia fermoralis, hernia hiatus, hernia umbilikus, dan hernia inguinalis tidak langsung. Hernia fermoralis. Kondisi ini terjadi ketika usus mencuat ke bagian paha atas atau selangkangan. Hasilnya Anda akan melihat adanya tonjolan pada area tersebut. Risiko wanita tiga kali lebih tinggi terkena hernia jenis [...]

Fenomena Gancet Bisa Dijelaskan secara Logis

Fenomena Gancet Bisa Dijelaskan secara Logis

Penis captivus atau yang dikenal dengan gancet adalah keadaan ketika penis terjepit di dalam vagina saat berhubungan seks. Penis terjepit karena otot vagina yang tiba-tiba menekan lebih kuat daripada biasanya. Yang menjadikannya lebih berbahaya, meski sudah tidak dalam keadaan ereksi, penis tetap tidak bisa ditarik keluar. Bahkan, sebagian kasus yang pernah terjadi membutuhkan bantuan medis untuk mengembalikan kondisi ini seperti semula. Sejak dulu, terdapat pro dan kontra mengenai kejelasan dari benar atau tidak benarnya kasus ini. Kasus Gancet yang Pernah Dilaporkan Kasus gancet sangat jarang terjadi. Hanya ada beberapa kasus yang sempat dilaporkan di dunia medis. Dua di antaranya yang dilaporkan pernah terjadi adalah pada tahun 1870 dan1872. Kejadian pertama melibatkan pasangan muda yang baru menjalani enam bulan masa pernikahan. Ketika mereka berhubungan seksual, terjadi kontraksi vagina yang kuat hingga terjadi kejang otot vagina. Bagi pria, kondisi tersebut membuat penis tidak dapat dikeluarkan dari vagina dan turut merasakan nyeri. Pada beberapa kejadian, peristiwa semacam ini terjadi selama lebih dari sepuluh menit. Yang kedua terjadi pada tahun 1872, melibatkan sebuah pa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *