Merawat Kesehatan Bayi Dimulai dari Gigi Susu

merawat-kesehatan-bayi-dimulai-dari-gigi-susu-alodokter.jpg

Keberadaan gigi susu sebenarnya sangat penting karena kelak memberi tempat bagi pertumbuhan gigi dewasa. Gigi susu juga membantu bayi dalam mengunyah makanan dan membantu berbicara dengan baik.

Gigi merupakan bagian pendukung proses pencernaan, yaitu untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling, dan mengunyah makanan. Sebagaimana pada orang dewasa, gigi susu perlu dirawat untuk mempermudah bayi dalam mencerna makanan.

Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah. Gigi-gigi tersebut terdiri atas empat gigi seri depan (atas dan bawah), empat gigi seri samping (letaknya mengapit gigi seri tengah), empat gigi taring, dan delapan gigi geraham.

Kapan Gigi Susu Tumbuh dan Tanggal?

Ada rentang waktu ketika gigi susu mulai tumbuh. Rentang waktu ini berbeda-beda antara bayi yang satu dengan yang lain. Bahkan, ada sebagian bayi baru lahir yang sudah ditumbuhi gigi susu. Selanjutnya akan tanggal saat bayi sudah tumbuh menjadi anak-anak. Jadwal tanggalnya pun bisa berbeda-beda pada tiap anak. Berikut adalah jadwal tumbuh dan tanggalnya gigi susu pada bayi.

Tumbuhnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 8-12 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 9-13 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 16-22 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 13-19 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 25-33 bulan.

Tumbuhnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tumbuh pada usia 6-10 bulan.
  • Gigi seri samping tumbuh pada usia 10-16 bulan.
  • Gigi taring tumbuh pada usia 17-23 bulan.
  • Gigi geraham besar pertama tumbuh pada usia 14-18 bulan.
  • Gigi geraham besar kedua tumbuh pada usia 23-31 bulan.

Tanggalnya gigi pada rahang atas

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 10-12 tahun.
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tanggalnya gigi pada rahang bawah

  • Gigi seri depan tanggal pada usia 6-7 tahun.
  • Gigi seri samping tanggal pada usia 7-8 tahun.
  • Gigi taring tanggal pada usia 9-12 tahun
  • Gigi geraham besar pertama tanggal pada usia 9-11 tahun.
  • Gigi geraham besar kedua tanggal pada usia 10-12 tahun.

Tips agar Bayi Tidak Mengalami Sakit Saat Mulai Tumbuh Gigi

Saat tumbuh gigi, bayi pun merasakan sensasi yang berbeda-beda. Ada bayi yang tidak menampakkan gejala apapun, ada juga yang rewel. Orang-orang mengaitkan tumbuhnya gigi dengan demam dan diare, namun belum ada pembuktian medis untuk hal ini.

Tapi Anda tidak perlu cemas karena ada caranya agar bayi lebih nyaman menjalani proses tumbuh gigi. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa tiap bayi membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Camilan

Perhatikan tingkah laku bayi Anda. Apabila dia sering berusaha mengunyah mainan atau barang-barang yang dipegangnya, maka kemungkinan giginya mulai tumbuh. Berilah camilan sehat seperti irisan kecil wortel, apel, atau roti untuk dikunyah. Dampingi bayi ketika mengunyah agar terhindar dari kemungkinan tersedak.

Teether

Teether dapat membantu bayi ?melupakan? gusi yang terasa tidak nyaman karena sedang tumbuh gigi. Agar fungsinya lebih maksimal, Anda dapat menyimpan teether di lemari es. Rasa dingin akan membuat gusinya lebih nyaman. Yang perlu diperhatikan adalah jaga agar suhu teether tidak terlalu dingin. Hindari menyimpan teether di freezer sebab akanmenjadi terlalu dingin dan keras untuk bayi.

Gel khusus gusi

Ketika mulai tumbuh gigi, kadang-kadang gusi menjadi bengkak dan kemerahan. Anda dapat memberikan gel khusus gusi. Biasanya gel yang tidak mengandung gula ini mengandung anestesi lokal yang ringan untuk membuat gusi lebih nyaman dan bayi menjadi lebih tenang.

Cara Merawat Gigi Susu

Gigi susu harus dirawat untuk mencegah terjadinya kerusakan. Bahkan Anda dapat merawat gusi bayi sebelum gigi susu tumbuh.

Berikut ini cara merawat gusi dan gigi susu si Buah Hati yang dapat Anda lakukan di rumah.

  • Sebelum gigi susu benar-benar tumbuh, Anda disarankan untuk rutin membersihkan gusi bayi. Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusi bayi perlahan-lahan.
  • Waktu yang tepat untuk membersihkan gusi bayi adalah sebelum dia tidur dan setelah makan, sebanyak dua kali sehari.
  • Jika ingin mengenalkan sikat gigi saat giginya mulai muncul, gosokkan gusinya dengan sikat gigi yang lembut. Anda hanya perlu membasahi sikat gigi dengan air dan belum perlu menggunakan pasta gigi.
  • Ketika gigi susu mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras.
  • Saat usia anak mencapai tiga tahun, Anda bisa menambahkan porsi pasta gigi yang digunakan menjadi sebesar kacang polong.
  • Sebaiknya Anda yang menyikatkan giginya, sampai anak bisa menyikat gigi sendiri, yaitu sekitar usia enam tahun.
  • Bila perlu, dampingi anak saat menyikat gigi dan ingatkan dia untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari.
  • Kenalkan dengan makanan sehat agar gigi susu dan gigi tetapnya nanti tetap terawat.
  • Kunjungi dokter gigi untuk memeriksakan gigi secara teratur.

Merawat dan membiasakan anak untuk gigi susu sedini mungkin adalah hal yang penting. Kelak saat anak sudah mempunyai gigi tetap, dia dapat merawatnya agar bertahan seumur hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Kelebihan Orang yang Punya Kamar Berantakan

Ini Kelebihan Orang yang Punya Kamar Berantakan

Memiliki kamar dan lemari yang berantakan tidak selalu berarti menandakan 'penghuninya' orang malas atau tidak suka kerapihan. Menurut penelitian, kamar berantakan menandakan kalau pemiliknya mungkin orang yang kreatif dan berani menghadapi tantangan.Para ilmuwan dari University of Minnesota ingin meneliti apakah bekerja di tengah ruangan yang berantakan menimbulkan dampak positif terhadap performa kerja seseorang. Mereka pun merancang tahapan eksperimen untuk memeriksa efek suasana lingkungan dengan perilaku manusia.Penelitian melibatkan sekelompok mahasiswa yang dibagi menjadi dua grup. Grup pertama masuk ke dalam ruangan yang tertata rapi, sementara grup kedua di tempat yang berantakan. Semua responden kemudian diminta memikirkan cara baru dan kreatif menggunakan bola ping-pong.Grup yang berada di ruangan rapi dan berantakan sama-sama menyumbangkan banyak ide baru, namun kelompok kedua jauh lebih kreatif. Sebagai contoh, responden dari grup di ruangan yang berantakan menyarankan untuk menjadikan bola ping-pong sebagai pencetak es batu atau bantalan pada kaki-kaki kursi agar tidak terjadi gesekan yang membuat lantai lecet ketika kursi digerakkan. Sementara responden di kelompo [...]

8 Tips Memilih Sepatu yang Tepat & Sehat!

8 Tips Memilih Sepatu yang Tepat & Sehat!

Bagi wanita, memilih sepatu sama halnya dengan memilih baju. Terlihat modis dan cantik adalah wajib! Tapi tentu saja untuk kecantikan, kita tidak ingin mengorbankan kesehatan dan bentuk kaki kita bukan? Sepatu yang salah malah dapat membuat bentuk kaki kita menjadi buruk seumur hidup! Berikut ini adalah tips-tips memilih sepatu yang tepat dan sehat: 1. Perhatikan dan Cocokan Ukuran Tinggi Hak dengan Kondisi Tubuh, Gunakan sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi, sebaiknya tidak melebihi 2,5 cm. Jika ingin menggunakan sepatu dengan hak tinggi, gunakanlah sepatu dengan hak yang agak lebar (tidak terlalu runcing). Ini akan membantu Anda memiliki keseimbagan berjalan yang lebih baik dan menghindarkan diri Anda dari terjatuh dan terkilir.(Baca: Inilah Cara Penanganan Keseleo yang Tepat!) 2. Cermati Bentuk Dasar Sepatu Perhatikan apakah bagian dasar sepatu dapat mendukung lekungan telapak kaki dengan baik. Jika ingin menggunakan sepatu datar, memakai alas dasar sepatu yang sesuai dengan lengkungan kaki akan membantu kaki Anda berada dalam posisi yang nyaman sehingga mengurangi kecenderungan terjadinya nyeri lutut, pinggang dan punggung. Untuk bentuk alas kaki yang lebih sesuai dengan [...]

Ini Bahayanya Jika Terlalu Banyak Tidur

Ini Bahayanya Jika Terlalu Banyak Tidur

Tidur cukup yang berkualitas adalah salah satu kunci hidup sehat. Orang dewasa dianjurkan tidur minimal tujuh jam di malam hari, sementara balita dan anak-anak bisa lebih lama sekitar 10 hingga 12 jam. Kurang tidur bisa menimbulkan berbagai penyakit mulai dari hipertensi, obesitas hingga penyakit jantung, namun terlalu banyak tidur juga tidak berdampak baik bagi kesehatan. Ini sejumlah kerugian jika Anda terlalu lama berbaring di kasur, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Meningkatkan Risiko DepresiDalam hasil studi yang dilakukan di 2014, peneliti menemukan bahwa durasi tidur yang terlalu lama bisa meningkatkan risiko depresi. Orang dewasa yang tidur antara tujuh hingga sembilan jam hanya memiliki risiko menderita depresi 27 persen, sementara responden yang tidur hingga sembilan jam atau lebih risiko lebih besar hingga 49 persen. 2. Bisa Merusak OtakSebuah studi di 2012 mengungkapkan, tidur kurang atau terlalu lama bisa memperparah dan mempercepat kerusakan fungsi otak. Kondisi ini bisa lebih parah dialami wanita paruh baya. Wanita yang tidur lebih dari sembilan jam setiap malamnya (atau kurang dari lima jam) menunjukkan adanya perubahan pada otak, yaitu menua lebih cepat h [...]

Waspadai Gatal Pada Vagina

Waspadai Gatal Pada Vagina

Apakah Anda pernah merasakan gatal pada vagina Anda? Waspadai terjadinya vaginosis bakterial pada vagina Anda. Pada vagina terdapat bakteri baik atau disebut sebagai flora normal yang memang hidup pada liang vagina dalam jumlah tertentu yang tidak mengganggu kesehatan vagina. Dalam keadaan normal, vagina memiliki pH yang asam. Flora normal tersebut hidup di liang vagina dalam kondisi pH asam. Namun, keadaan-keadaan tertentu dapat mengubah keadaan pH ini dari asam menjadi basa. Kondisi basa pada liang vagina akan memungkinkan pertumbuhan bakteri jahat pada vagina karena bakteri-bakteri jahat tersebut menghasilkan basa dan menggemari lingkungan hidup yang basa. Akan terjadi ketidakseimbangan jumlah bakteri antara bakteri jahat dan bakteri baik. ke informasi berikutnya. Waspadai Gatal Pada Vagina Hal ini menyebabkan timbulnya iritasi pada vagina, timbul rasa gatal atau terbakar pada vagina, dan lendir vagina menjadi berbau amis, mirip dengan bau ikan sehingga sering disebut fishy odor. Lendir vagina tersebut akan menempel pada dinding vagina. Lendir tersebut berwarna putih keabu-abuan. Timbulnya bau terutama dapat timbul setelah melakukan hubungan seksual, bau [...]

Solusi Puting Susu Terluka karena Menyusui Bayi

Solusi Puting Susu Terluka karena Menyusui Bayi

Puting susu yang terluka merupakan salah satu situasi yang seringkali ditemui pada ibu yang sedang menyusui, terutama ibu yang baru pertama kali melahirkan. Penanganan terbaik untuk puting lecet yang utama adalah pencegahan. Dan pencegahan terbaik adalah kita dapat memastikan apakah perlekatan bayi ke payudara dan teknik pengisapan sudah benar atau belum. Karena masalah utama dari puting lecet adalah kedua hal diatas. (Baca: Cara Menyusui yang Benar) Silakan klik ?next? untuk mengetahui bagaimana menangani puting susu yang terluka akibat menyusui bayi. Solusi Puting Susu Terluka karena Menyusui Bayi Berikut cara untuk membuat bayi menempel ke payudara : Buat diri Ibu senyaman mungkin dengan memakai bantal di belakang punggung atau bantal yang menyangga lengan saat menyusui. Gendong bayi sampai batas dada sedekat mungkin dengan Ibu (perut bayi dan ibu saling bertemu). Goda bayi untuk membuka mulut nya dengan lebar, bisa dengan cara mengusap bibir bayi dengan puting susu. Jika mulut bayi sudah terbuka lebar, masukan puting susu ibu pada mulut bayi dan dekap bayi agar lebih dekat begitu dia mengisap puting sampai seluruh areola ibu masuk ke mulut bayi. Ke [...]

6 Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

6 Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

Flu dan batuk dapat muncul kapan saja, namun biasanya akan memberat pada malam hari. Hal ini terjadi karena pada malam hari, udara lebih dingin dan kering sehingga akan mengiritasi hidung dan tenggorokan. Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi batuk pada malam hari: 1. Minum Teh Hangat dan Madu Segelas teh hangat dan madu dapat mengurangi lendir dan membuat saluran napas lebih lembap. Madu juga efektif untuk menekan batuk. Tambahkan 1-2 sendok teh madu ke dalam teh hangat. Namun, jangan berikan madu untuk anak usia di bawah 1 tahun karena dapat menyebabkan infeksi botulism. 2. Minum Obat Batuk Terdapat dua jenis obat batuk, yakni expectorant yang bekerja dengan mengurangi produksi dahak, serta cough suppressant yang bekerja dengan cara memblok refleks batuk sehingga dapat mengurangi batuk. Bacalah label pada kemasan dengan baik. Obat batuk yang diminum harus sesuai dengan indikasi dan gejala. 3. Perhatikan Posisi Tidur Penyebab lain batuk semakin memberat pada malam hari selain udara dingin dan kering adalah gravitasi. Saat tidur terlentang, lendir yang tertelan pada siang hari akan naik kembali ke tenggorokan dan membuat iritasi pada saluran napas atas, [...]

7 Solusi Sulit Buang Air Besar

7 Solusi Sulit Buang Air Besar

Sulit buang air besar adalah sebuah masalah bagi kebanyakan orang. Masalah ini juga lebih banyak terjadi pada orang dewasa, dan kebanyakan wanita. Sulit buang air besar dalam dunia medis disebut dengan konstipasi. Konstipasi adalah kesulitan buang air besar dengan frekuensi kurang dari 3 kali seminggu dan mengeluarkan kotoran yang keras, bergumpal, dan berbentuk kecil-kecil terpisah seperti kacang. Salah satu penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan cairan per hari yang tinggi dapat mencegah terjadinya konstipasi. Selain asupan cairan yang tinggi, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya konstipasi: Asupan cairan yang tinggi. Rata-rata dibutuhkan sekitar 8 gelas air putih per hari, namun sebenarnya kebutuhan cairan seseorang sangat tergantung pada jenis kelamin, usia, aktivitas dan kondisi kesehatan. Semakin tinggi aktivitas maka semakin banyak cairan yang diperlukan. Pria dan Ibu hamil dan menyusui membutuhkan kebutuhan cairan yang lebih. Tips mengatasi sulit buang air besar lainnya: Tips Atasi Kesulitan Buang Air Besar 2. Hindari minuman yang mengandung kafein Kafein dapat memperparah konstipasi. 3. Perbanyak kons [...]

Tidak Selalu 8 Jam Sehari, Ini Durasi Tidur yang Tepat Sesuai Usia

Tidak Selalu 8 Jam Sehari, Ini Durasi Tidur yang Tepat Sesuai Usia

Manusia menggunakan sekitar sepertiga hidupnya untuk tidur. Selain makanan, air dan udara, tidur juga merupakan elemen penting bagi manusia untuk bertahan hidup. Lamanya waktu tidur seseorang amat berpengaruh dan menjadi indikator seberapa sehat kondisi tubuhnya. Sayangnya masih banyak yang belum paham tentang arti tidur yang berkualitas.Tidur nyenyak semalaman, dan tubuh terasa segar saat bangun di pagi harinya menandakan Anda sudah mendapatkan tidur berkualitas. Durasi tidur pun tak sama bagi setiap orang dan itu bisa dipengaruhi oleh usia.Studi terbaru yang dilakukan para ahli di National Sleep Foundation (NSF), Amerika Serikat menunjukkan, anak-anak usia 4 bulan hingga 17 tahun sebaiknya mendapatkan jam tidur lebih banyak dari orang dewasa. Penelitian ini juga mengungkap fakta terbaru soal durasi tidur yang lebih tepat ketimbang studi-studi sebelumnya.Untuk mengetahui berapa lama sebenarnya seseorang harus tidur di malam harinya, tim peneliti yang terdiri dari 18 spesialis di bidang kesehatan tidur, anatomi manusia, ahli pediatri, ahli syaraf, pakar ilmu kesehatan usia lanjut dan ahli kandungan membentuk sebuah panel. Selama dua tahun, mereka mengamati dan menganalisa demi m [...]

Diabetes Terkait Penurunan Kognitif

Diabetes Terkait Penurunan Kognitif

Sebuah studi yang dilakukan selama 5 tahun oleh tim dari Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC) mengemukakan efek komplikasi yang diderita pasien diabetes tidak hanya terkait pada sakit ginjal, masalah pada kaki maupun ganguan dalam penglihatan semata, namun juga terkait pada kinerja otak. Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Vera Novak, MD, PhD, selaku Director of the Syncope and Falls in the Elderly (SAFE) dan Associate Professor of Medicine di Harvard Medical School, Amerika Serikat menunjukkan bahwa diabetes memberikan efek pada penurunan kesehatan kognitif orang lanjut usia seperti kehilangan ingatan, depresi, dan berbagai macam ganguan kognitif lainnya yang perlu di anggap sebagai konsekuensi serius. Dalam jurnal Diabetes Care ? November 2011, penelitian ini menjelaskan bahwa dua molekul adhesi (sVCAM dan SICAM) pada penderita diebates usia lanjut, menyebabkan peradangan pada otak sehingga memicu serangkaian peristiwa yang mempengaruhi pembuluh darah dan akhirnya menyebabkan kerusakan jaringan otak bagian depan, dimana bagian tersebut merupakan bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengambil keputusan-keputusan penting, bahasa, memori verbal dan berbagai tugas kompleks [...]

Makan Permen Mint Justru Bikin Bau Mulut Tambah Parah, Kenapa?

Makan Permen Mint Justru Bikin Bau Mulut Tambah Parah, Kenapa?

Saat mulut serasa berbau tak sedap, memakan permen mint biasanya dianggap sebagai solusi cepat dan praktis untuk membuat napas lebih segar. Namun ternyata sifatnya hanya sementara. Mengulum permen mint justru berpotensi membuat bau mulut bertambah parah. Kenapa bisa?Dokter bedah gigi Leong Hon Chiew mengatakan bahwa seperti produk permen pada umumnya, kebanyakan permen mint tinggi kandungan gulanya. Makanan yang mengandung gula akan memicu pertumbuhan bakteri yang bisa membuat mulut bertambah bau.Jika tetap ingin makan permen mint untuk menyegarkan napas --meskipun hanya sementara-- Leong menyarankan untuk menghindari konsumsi permen mint setelah makan malam. Seringkali setelah makan malam dan mengulum permen, orang tidak akan minum air putih dalam waktu lama."Karena mereka ingin rasa segar (dari permen mint) bertahan lebih lama. Tapi itu justru membuat mulut dan tenggorokan kering dan merangsang pertumbuhan bakteri," ujar Leong, seperti dikutip dari Men's Health.Mengganti permen mint bergula dengan produk yang berlabel non-sugar pun tidak selalu efektif. Xylitol, pemanis buatan yang biasa digunakan dalam permen karet dan permen bebas gula memang bukan gula dan tidak menimbulkan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *