Minum Kopi 4 Kali Sehari, Wanita Jauh dari Depresi

womencoffee362.jpg

Satu lagi penelitian tentang manfaat kopi dilakukan. Kali ini peneliti di Universitas Harvard membuktikan minum kopi empat kali sehari membuat wanita terhindar dari depresi.

Seperti dikutip dari Daily Mail, para peneliti di Universitas Harvard meneliti 51 ribu wanita selama 10 tahun. Mereka membandingkan berapa banyak kopi yang diminum dan risiko depresi dari para responden tersebut.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Medicine Association itu ditemukan, kafein yang ada di kopi bekerja seperti obat anti depresi. Kafein menghentikan produksi beberapa hormon, seperti serotonin.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan, kopi bisa meningkatkan perasaan bahagia. Tak hanya itu kopi juga membantu seseorang mendapatkan energi lebih dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dalam penelitiannya, para peneliti juga menanyakan pada puluhan ribu responden itu tentang berapa kali mereka minum teh, alkohol dan makan cokelat setiap harinya. Responden juga ditanya apakah mereka olahraga atau tidak.

Peneliti menemukan ternyata kopi lah yang pengaruhnya paling besar dalam menurunkan tingkat depresi responden. “Hasil penelitian kami mendukung efek protektif dari kafein yang bisa menurunkan risiko depresi, khususnya pada mereka yang mengonsumsi kopi,” jelas Dr Michel Lucas dari Harvard School of Public Health, Boston.

Ia menambahkan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui apakah memang mengonsumsi kopi bisa menjadi cara untuk mengobati depresi. Para peneliti mengatakan, kafein memang dikenal memiliki efek yang bisa meningkatkan energi dan mood. Peneliti berpikir, di masa depan bisa saja kopi digunakan sebagai obat anti depresi atau sebagai pencegah agar orang tak terkena depresi.

Meskipun sangat bermanfaat, bukan berarti Anda bisa minum kopi terlalu banyak. Para peneliti juga menemukan kopi bisa meningkatkan tekanan darah dan jatung berdetak lebih cepat. Untuk wanita hamil, disarankan minum kopi tidak lebih dari dua gelas sehari untuk mengurangi risiko keguguran atau bayinya lahir dengan berat badan yang kurang.

Minum kopi juga tidak disarankan setelah Anda makan fast food. Meminum kopi saat atau setelah memakan makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar gula darah.

(eny/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Daerah Berisiko Tinggi DBD

Daerah Berisiko Tinggi DBD

Kasus demam berdarah dengue (DBD) paling banyak terjadi di daerah dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi seperti DKI Jakarta dan Bali. Mengenali daerah-daerah rawan DBD dapat membuat Anda lebih berhati-hati jika sedang atau berniat menempati suatu daerah, atau bepergian ke daerah-daerah tersebut. Daerah Rawan DBD di Indonesia Indonesia adalah salah satu negara dengan kasus DBD tertinggi di Asia Tenggara. Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Ditjen PP & PL) Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa Angka Kesakitan/Incidence Rate (IR) DBD cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data IR DBD per propinsi pada tahun 2013, teridentifikasi propinsi-propinsi dengan angka kasus tertinggi dan terendah. Lima propinsi dengan IR DBD tertinggi 2013 adalah: Bali (168,48 per 100.000 penduduk) DKI Jakarta (96,18 per 100.000 penduduk) Kalimantan Timur (92,73 per 100.000 penduduk) Sulawesi Tenggara (66,83 per 100.000 penduduk) DI Yogyakarta (65,25 per 100.000 penduduk) Jika Anda tinggal atau berniat bepergian ke area ini, sebaiknya lebih berhati-hati dalam melindungi diri dari gigitan nyamuk. Sementara propinsi dengan IR DBD terendah 2013 adalah [...]

Teh Pelangsing, Benarkah Bikin Langsing?

Teh Pelangsing, Benarkah Bikin Langsing?

Teh pelangsing jadi salah satu solusi yang banyak dipilih wanita untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Bahan-bahan apa yang sebenarnya terkandung dalam teh pelangsing dan bagaimana cara kerjanya? Simak pembahasan lengkapnya di sini.Sesuai dengan namanya, teh pelangsing memiliki fungsi menurunkan berat badan. Teh pelangsing memiliki bahan-bahan yang bisa menghacurkan lemak tubuh, tidak seperti teh biasa. Seperti yang dikutip dari hubpages, teh tanpa bahan aditif masih bisa disebut teh, namun teh dengan campuran obat pencahar dan diuretik dapat digolongkan sebagai teh pelangsing.Ada banyak teh pelangsing yang dijual di pasaran, namun ada tiga teh pelangsing yang paling terkenal dan dipercaya efektif, yaitu teh herbal (green tea), teh cina (fei yin tea) dan teh wulong. Teh-teh tersebut tidak memiliki perbedaan aroma dan rasa yang signifikan.Teh pelangsing berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh dan juga mengandung bahan pembakaran lemak. Tetapi apakah teh pelangsing benar-benar bisa bekerja secara efektif? Sebagian orang percaya, namun yang lainnya tidak.Kebanyakan teh herbal tidak mengandung dari kafein sama sekali, walau begitu, tidak semua teh pelangsing dan teh Cina bebas d [...]

Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Tahukah anda memakan vegetarian dapat tingkatkan intelegensia? British Medical Journal menerbitkan hasil penelitian tersebut, di mana penelitian mengukur IQ sejumlah responden pada usia 10 tahun dan kemudian mengikuti perkembangan mereka hingga umur 30 tahun. Data yang ada menunjukkan bahwa mereka yang menjadi vegetarian saat anak-anak memiliki IQ sekitar lima poin lebih tinggi daripada rata-rata orang dewasa yang bukan vegetarian. Mereka yang vegetarian juga lebih cenderung memiliki pekerjaan dan gelar yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan, menurut para peneliti, pola makanan yang kaya sayuran dan buah-buahan mampua mengingkatkan kemampuan otak di antara manfaat kesehatan lain untuk meningkatkan kecerdasan. ?Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak vegetarian tumbuh lebih tinggi dan memiliki IQ lebih tinggi daripada teman-teman sekolahnya, risiko untuk penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan pengyakit lain juga menurun untuk jangka panjang,? ujar para peneliti. Namun, hasil penelitian ini masih menimbulkan pertanyaan. Apakah anak-anak yang cerdas memutuskan akan menjadi vegetarian ketika dewasa nanti, ataukah mereka menjadi vegetarian agar menjadi lebih cerdas. Mereka yang me [...]

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

Salah satu tantangan terbesar bagi seorang wanita hamil adalah menghentikan kebiasaan merokok yang sudah dibawa sejak sebelum hamil, tidak sedikit yang akhirnya menyerah dan tetap melanjutkan merokok dengan segala risiko yang mungkin diterima anak dalam kandungannya. Sebagian wanita malah tidak tahu sama sekali bahaya merokok bagi janinnya, simak bahaya merokok bagi wanita hamil berikut ini, baru kemudian pikirkan lagi apakah Anda ingin melanjutkan merokok? Jangankan pada wanita hamil, pada orang sehat pun merokok bukanlah kebiasaan yang baik karena sifatnya yang merusak, berikut ini adalah secara spesifik dampak negatif rokok bagi kandungan: Sebab 1: Tanggung Jawab 2 Nyawa Ibu yang sedang hamil memiliki tanggung jawab ganda untuk menyuplai nutrisi bukan hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi janinnya. Untuk itulah diciptakan perederan darah khusus bagi ibu dan janin selama kehamilan. Ketika ibu merokok, maka gas kotor yang dihasilkan dari rokok juga ikut masuk ke peredarahan darah janin, sehingga bukannya mendapatkan oksigen, si bayi justru mendapatkan gas yang menyulitkannya bernafas. Dapat kita katakan ibu bagai memberikan racun bagi janinnya. Bahkan [...]

Ini Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah kewanitaan yang paling umum dialami selain keputihan adalah merasa kering di daerah kewanitaan. Kekeringan ini biasanya dialami oleh wanita yang sudah mengalami menopause. Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi secara fisiologis yang dipengaruhi oleh tingkat usia seorang wanita.Pada wanita yang belum mengalami menopause, kulit dan jaringan di sekitar vagina akan terasa kenyal dan lembab. Hal ini dipengaruhi oleh cairan dan lendir yang dibuat oleh kelenjar di leher rahim. Kelenjar ini dipengaruhi oleh estrogen, yaitu hormon wanita yang dapat mempengaruhi jaringan di sekitar vagina sehingga menyebabkan lapisan vagina menjadi lebih tebal dan elastis.Dengan adanya hormon estrogen di dalam tubuh, membuat produksi lendir ini akan lebih optimal sehingga vagina terasa licin atau basah. Hormon estrogen juga merangsang sel-sel yang melapisi vagina untuk menghasilkan glikogen, yaitu suatu senyawa yang memicu adanya bakteri menguntungkan yang melindungi vagina dari infeksi.Menurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG selaku spesialis kebidanan dan kandungan, wanita yang sudah menopause akan mengalami berkurangnya hormon estrogen secara otomatis. Akibatnya, produksi lendir ju [...]

Kondisi yang Membuat Skinny Jeans Bisa Membahayakan Wanita

Kondisi yang Membuat Skinny Jeans Bisa Membahayakan Wanita

Bahaya pemakaian skinny jeans terungkap pada Selasa (23/4/2015) kemarin dalam riset yang dimuat di Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry. Dalam penelitian itu disebutkan, akibat memakai skinny jeans, seorang wanita mengalami pembengkakan pada betis sehingga dia tidak bisa berjalan.Wanita 35 tahun yang tidak disebutkan namanya itu dalam riset tersebut mengaku dia memang banyak melakukan aktivitas dengan berjongkok saat menggunakan skinny jeans tersebut. Saat itu dia membantu saudaranya yang baru pindah rumah dengan membersihkan lemari.Setelah selesai membantu saudaranya, si wanita pun pulang ke rumah. Ketika berjalan pulang inilah tiba-tiba saja dia merasa mati rasa pada kakinya. Dia pun terjatuh dan tidak bisa berdiri lagi sendiri hingga ada orang yang membantunya. Dokter yang menanganinya di rumah sakit harus memotong celana jeans yang dipakainya itu karena terlalu ketat sehingga sulit untuk dilepaskan. Berkaca dari kasus yang dialami wanita di Australia itu, pertanyaan selanjutnya apakah memang memakai skinny jeans ini membahayakan? Padahal celana ini cukup menjadi favorit wanita karena bisa menimbulkan ilusi langsing. Sejumlah selebriti dan publik figur seperti [...]

Orang Dewasa Masih Bisa Pakai Kawat Gigi?

Orang Dewasa Masih Bisa Pakai Kawat Gigi?

Jika Anda sudah memasuki usia dewasa dan merasa tidak puas dengan susunan gigi dan senyuman Anda, mungkin sempat terlintas di pikiran untuk menggunakan kawat gigi. Lalu timbul pertanyaan apakah ada batasan usia maksimal untuk menjalani perawatan tersebut? Para ahli menyatakan, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki susunan gigi dengan perawatan orthodontik (kawat gigi/behel). Orang yang sudah berusia dewasa dan terjun dalam dunia profesional umumnya menyadari bahwa penampilan adalah elemen penting yang dapat menunjang karir, apalagi jika bekerja di bidang yang mengharuskannya sering berhadapan dengan banyak orang. Senyum adalah salah satu hal yang dapat membuat penampilan seseorang semakin menarik, dan senyum yang indah tentu didukung oleh gigi yang sehat. Menurut American Association of Orthodontists, di Amerika jumlah orang dewasa yang menginginkan perawatan orthodontik meningkat sebanyak 37% antara tahun 1994 dan 2004. Demikian juga di Inggris, pada rentang waktu kurang dari 10 tahun terlihat peningkatan dari 25% menjadi 70% orang dewasa yang memakai kawat gigi. Tidak cuma untuk senyum indah, pemakaian kawat gigi pada orang dewasa juga memliki tujuan untuk kesehatan gigi. B [...]

Bahaya Laser Ke Tubuh Manusia

Bahaya Laser Ke Tubuh Manusia

Laser, terobosan teknologi abad 21 ini masih perlu diawasi penggunaannya. Faktor keamanan dan potensi fatal yang dimiliki alat ini belum keseimbangan antara pemahaman yang menyeluruh dari teknologi penyinaran ini dengan keamanan serta fatalitas yang ditimbulkan jika dipaparkan kepada manusia. Terdata sudah beberapa kasus kerusakan mata yang ditimbulkan oleh laser ?pulpen cahaya?, antara lain pada seorang remaja berusia 15 tahun di Inggris September 2010 lalu, bahkan pada bulan terakhir, kasus kerusakan mata serupa pun dilaporkan karena eksposur laser pula. Laporan senada juga terjadi anak berusia tujuh tahun setelah terkena paparan laser yang sama. Hingga tim dokter di Inggris memutuskan untuk melaporkan kejadian ini. Alat penunjuk laser yang biasa digunakan untuk peralatan kantor, akademi, sekolah, bahkan pada mainan anak-anak yang dijual bebas di pasaran tersebut kini dibatasi peredarannya oleh Food and Drugs Administration (FDA) di AS. Legalnya, pointer laser yang diperbolehkan di pasaran dibatasi output 5 watt demi keamanan warga AS. Pun di beberapa negara maju lainnya telah dibentuk badan pengawas untuk penggunaan laser. Paparan pointer laser dengan intensitas tingkat tinggi [...]

Daftar Makanan yang Kaya Kalsium Selain Susu

Daftar Makanan yang Kaya Kalsium Selain Susu

Kalsium merupakan suatu komponen yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta untuk memastikan kerja yang benar dari otot, sel, dan syaraf. Orang dewasa membutuhkan kira-kira 1,000 mg kalsium setiap harinya. Memang sumber kalsium paling besar dapat ditemukan di susu, namun ternyata ada beberapa jenis makanan juga lho yang tinggi akan kandungan kalsium. Berikut ini jenis makanan tersebut. Brokoli Percaya atau tidak, selain tinggi akan kandungan kaslium, sayuran jenis brokoli ini mengandung vitamin C yang tinggi. Penelitian menunjukkan mengkonsumsi brokoli disebut dapat mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker kandung kemih. Edamame Edamame merupakan jenis sayur kacang-kacangan yang sudah lama dikonsumsi di Cina dan Jepang sejak beribu tahun yang lalu. Edamame juga memiliki kandungan protein yang tinggi termasuk 9 asam amino yang esensial. Makanan Sumber Kalsium Lainnya Selain Susu Jeruk Anda pasti mengetahu ijeruk sebagai sumber vitamin C yang dapat berfungsi untuk perbaikan imunitas tubuh, jeruk juga rendah akan kalori dan tinggi akan kandungan antioksidan. Tahu Anda pasti mengetahui tahu (tofu) sebagai sumber protein [...]

90% Warga Inggris Terganggu Saat Ada Karyawan yang Flu Tetap Masuk Kerja

90% Warga Inggris Terganggu Saat Ada Karyawan yang Flu Tetap Masuk Kerja

Ketika terserang flu atau pilek, sebagian besar karyawan biasanya memilih tetap masuk kerja demi menunjukkan performa dan dedikasinya. Namun berbeda dengan di Inggris, karyawan yang sakit justru tidak diharapkan pergi ke kantor dan akan lebih baik jika mereka diam di rumah saja.Studi yang dilakukan Otrivine, sebuah produk khusus untuk mengatasi gangguan hidung dan saluran pernapasan menunjukkan bahwa 90 persen orang lebih mengharapkan rekan kerjanya yang sakit untuk bekerja di rumah atau istirahat total ketimbang ke kantor. Alasannya bukan sekadar simpati, tapi takut menular ke karyawan lainnya.Dari hasil studi terungkap bahwa 52 persen orang yang terserang flu tidak menutup mulut mereka ketika batuk atau bersin. Kebiasaan menyedot atau mengelap cairan hidung dengan lengan saat pilek juga dianggap menjijikan dan mengganggu bagi 44 persen orang. Itulah sebabnya mengapa banyak warga Inggris tidak suka karyawan yang sakit masuk kantor.Para karyawan yang pilek atau flu bukannya tidak sadar kalau kelakuan mereka telah mengganggu karyawan lainnya. Sedikitnya ada 46 persen pekerja mengaku suka bersin dan batuk tanpa menutupi mulut serta hidung mereka. Sebanyak 31 persen pekerja restora [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *