Minum Kopi 4 Kali Sehari, Wanita Jauh dari Depresi

womencoffee362.jpg

Satu lagi penelitian tentang manfaat kopi dilakukan. Kali ini peneliti di Universitas Harvard membuktikan minum kopi empat kali sehari membuat wanita terhindar dari depresi.

Seperti dikutip dari Daily Mail, para peneliti di Universitas Harvard meneliti 51 ribu wanita selama 10 tahun. Mereka membandingkan berapa banyak kopi yang diminum dan risiko depresi dari para responden tersebut.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Medicine Association itu ditemukan, kafein yang ada di kopi bekerja seperti obat anti depresi. Kafein menghentikan produksi beberapa hormon, seperti serotonin.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan, kopi bisa meningkatkan perasaan bahagia. Tak hanya itu kopi juga membantu seseorang mendapatkan energi lebih dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dalam penelitiannya, para peneliti juga menanyakan pada puluhan ribu responden itu tentang berapa kali mereka minum teh, alkohol dan makan cokelat setiap harinya. Responden juga ditanya apakah mereka olahraga atau tidak.

Peneliti menemukan ternyata kopi lah yang pengaruhnya paling besar dalam menurunkan tingkat depresi responden. “Hasil penelitian kami mendukung efek protektif dari kafein yang bisa menurunkan risiko depresi, khususnya pada mereka yang mengonsumsi kopi,” jelas Dr Michel Lucas dari Harvard School of Public Health, Boston.

Ia menambahkan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui apakah memang mengonsumsi kopi bisa menjadi cara untuk mengobati depresi. Para peneliti mengatakan, kafein memang dikenal memiliki efek yang bisa meningkatkan energi dan mood. Peneliti berpikir, di masa depan bisa saja kopi digunakan sebagai obat anti depresi atau sebagai pencegah agar orang tak terkena depresi.

Meskipun sangat bermanfaat, bukan berarti Anda bisa minum kopi terlalu banyak. Para peneliti juga menemukan kopi bisa meningkatkan tekanan darah dan jatung berdetak lebih cepat. Untuk wanita hamil, disarankan minum kopi tidak lebih dari dua gelas sehari untuk mengurangi risiko keguguran atau bayinya lahir dengan berat badan yang kurang.

Minum kopi juga tidak disarankan setelah Anda makan fast food. Meminum kopi saat atau setelah memakan makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar gula darah.

(eny/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hal yang Perlu Diketahui Seputar  Penyakit Pneumonia

Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia

Pneumonia merupakan suatu penyakit infeksi pada paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Gejala pneumonia bisa ringan hingga berat. Pneumonia ringan umumnya tidak harus dirawat di rumah sakit. Namun, bayi, anak-anak, orang lanjut usia sangat rentan terhadap berbagai komplikasi ? maka dari itu, pada umumnya mereka memerlukan perawatan di rumah sakit. Terlebih lagi, pneumonia disebut sebagai penyebab kematian terbanyak pada anak-anak di dunia. Pada pneumonia, terjadi peradangan atau infeksi pada alveolus (kantong udara) di paru-paru. Peradangan tersebut menyebabkan alveolus terisi oleh cairan dan membuat paru-paru tidak dapat bekerja dengan baik. Pada pneumonia berat dapat terjadi gangguan aliran oksigen dari paru-paru ke pembuluh darah, sehingga tubuh menjadi kekurangan oksigen. Apa saja gejalanya? Gejala pneumonia yang paling utama adalah batuk. Batuk pada umumnya berdahak, disertai demam tinggi, lemas, mual atau muntah. Pneumonia berat ditandai dengan peningkatan frekuensi napas, nyeri dada, dan sesak napas. Bagaimana mengatasi pneumonia? Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya: Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia [...]

4 Tips Agar Badan Tetap Sehat Setelah Lembur

4 Tips Agar Badan Tetap Sehat Setelah Lembur

Bekerja lembur hingga tengah malam seringkali membuat tubuh tidak fit dan gampang sakit. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar kondisi tubuh tetap bugar meski kurang tidur di malam hari?Dampak dari kurang tidur adalah terganggunya produktivitas, karena tubuh menjadi tidak bugar dan otak sulit berkonsentrasi. Namun jika diantisipasi dengan cara yang benar, gangguan tersebut seharusnya bisa diminimalisir. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan, dikutip dari telegraph.1. Tidur siang yang cukupSaat merencanakan untuk bergadang pada malam hari, tidur siang yang cukup harus dimasukkan agenda hari sebelumnya. Masalahnya, hal itu tidak bisa dilakukan ketika sibuk dengan pekerjaan pada siang harinya. Cara menyiasatinya, tidurlah selama 12 jam pada malam sebelumnya. Atau jika pertandingan dimulai tengah malam, tidurlah lebih awal lalu bangun beberapa saat menjelang kick-off dimulai. Pastikan waktu istirahat tidak kurang dari 7-8 jam dalam sehari.2. Pilih makanan ringanSupaya tidak merasa mengantuk saat bergadang, hindari makanan berat yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Pilih buah-buahan, sayur atau salad sebagai cemilan sehat.Tidak hanya mencegah rasa kantuk [...]

5 Gejala Kanker Serviks

5 Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks adalah salah satu kanker yang umum dijumpai pada wanita. Kanker serviks disebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel serviks yang tidak terkontrol. Kanker ini memiliki beberapa gejala yang perlu Anda waspadai. Berbagai gejala kanker serviks yang umum ditemui adalah sebagai berikut: 1. Perdarahan post coital Perdarahan post coital merupakan salah satu keluhan khas dari . Perdarahan post coital adalah perdarahan yang terjadi setelah berhubungan seksual. Hal ini disebabkan karena dinding serviks menjadi rapuh dan mudah berdarah terhadap gesekan. Ketika terjadi gesekan dengan penis, maka permukaan serviks dapat berdarah. Hal inilah yang menjadi penyebab perdarahan setelah berhubungan. 2. Nyeri daerah panggul Nyeri daerah panggul merupakan salah satu keluhan dari . Nyeri daerah panggul dapat terjadi karena dapat menyebar dan mengiritasi saraf. Penyebaran sel ke daerah sekitar menyebabkan rasa sakit pada daerah panggul. 3. Perdarahan per vaginam yang tidak teratur Perdarahan per vaginam pada pasien dapat terjadi kapan saja. akan menyebabkan pertumbuhan sel serviks yang tidak normal, rapuh dan mudah berdarah. Oleh karena itu, pendarah [...]

Mitos dan Fakta Ginkgo Biloba

Mitos dan Fakta Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan tanaman yang berasal dari daratan Tiongkok. Sejak ribuan tahun lalu, khasiat tanaman ini dipercaya dapat mengobati beberapa kondisi. Salah satu khasiatnya yang paling dikenal adalah mengatasi kondisi yang berhubungan dengan gangguan ingatan. Gangguan ingatan bisa disebabkan oleh faktor usia, Alzheimer atau demensia (pikun). Khasiat Ginkgo Biloba Ginkgo biloba, terutama bagian daunnya, sering digunakan untuk mengatasi daya ingat yang menurun karena cara kerjanya yang sepertinya bisa meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kecil di otak. Ada penelitian yang menyatakan pro dengan ginkgo biloba, namun ada juga yang kontra. Oleh sebab itu, khasiat ginkgo biloba masih dipertanyakan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektivitasannya. Berikut ini penjelasan secara lengkap. Mengonsumsi ekstrak daun ginkgo biloba sering disebut-sebut bisa menangani daya ingat. Namun sepertinya hal itu belum dibuktikan sepenuhnya. Penelitian kecil di awal menunjukkan bahwa ginkgo biloba bisa memperbaiki fungsi kognitif orang lanjut usia yang memiliki demensia. Namun sejumlah studi lebih lanjut menyatakan bahwa tanaman ini tidak dapat mencegah masalah kehil [...]

7 Kebiasaan Buruk yang Biasa Dilakukan Oleh Workaholic

7 Kebiasaan Buruk yang Biasa Dilakukan Oleh Workaholic

Bagi para workaholic, pekerjaan adalah segalanya. Jadi tak heran bila mereka seringkali melupakan kebiasaan baik dan melakukan kebiasaan buruk yang membuat hidup mereka semakin tidak sehat.Seperti yang diungkapkan oleh George Griffing, MD, profesor penyakit dalam di Saint Louis University, pekerja keras dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan. "Banyak orang bekerja keras untuk mencapai kesuksesan finansial. Namun, tekanan yang tinggi dari pekerjaan dan jam kerja yang terlalu lama sebenarnya dapat mengancam kesehatan Anda dalam jangka waktu panjang," ungkapnya, seperti dikutip dari Times of India.Mereka yang gila kerja, sering melakukan hal-hal buruk yang membuat kesehatan mereka menurun dari hari ke hari. Berikut adalah tujuh kebiasaan buruk seorang 'workaholic' yang harus dihilangkan:1. Lupa untuk bersantaiMelewatkan waktu bersantai dapat menyebabkan stres. Tingkat stres yang tinggi membuat seseorang menjadi tidak produktif. Padahal jika Anda mau meluangkan waktu untuk bersantai sejenak, Anda bisa lebih waspada dan termotivasi.2. Tidak makan sehatAntara rapat, panggilan konferensi dan deadline kerja seringkali membuat Anda memilih makanan cepat saji yang tidak bergizi. Tak h [...]

Mengenal Mutasi Gen Penyebab Kanker

Mengenal Mutasi Gen Penyebab Kanker

Kanker sering muncul tanpa diduga pada orang yang nampak sehat sekalipun. Sebenarnya dapatkah manusia menghindari kanker? Kanker adalah sebutan untuk penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan tidak terkontrol dari sel-sel yang tidak normal. Sel-sel ini berpotensi menyebar ke seluruh tubuh bahkan mampu menembus serta menghancurkan jaringan tubuh normal. Terdapat lebih dari 200 jenis kanker berdasarkan asal jaringan tempat sel tersebut tumbuh. Contohnya karsinoma adalah kanker yang berasal dari lapisan luar organ tubuh. Sedangkan limfoma dan myeloma adalah kanker yang berasal dari sel-sel di dalam sistem imun tubuh. Selain itu ada sarcoma (kanker yang berasal dari lemak, otot, pembuluh darah, tulang, tulang rawan, dan jaringan penunjang lainnya), leukemia/ kanker darah (kanker yang berasal dari jaringan pembentuk darah), dan kanker sistem saraf (kanker yang berasal dari otak dan tulang belakang). Penyebaran kanker disebut dengan metastasis, misalnya metastasis kanker payudara ke tulang adalah penyebaran kanker payudara ke jaringan tulang. Penyebab Mutasi Gen Kanker disebabkan oleh perubahan atau mutasi DNA di dalam sel. DNA adalah seperti sebuah paket yang terdiri dari gen-gen d [...]

Stroke Infarct: Ketika Pipa di Otak Macet

Stroke Infarct: Ketika Pipa di Otak Macet

Oleh: dr. Dianika Putri Puspitasari KLIKDOTER.com - Stroke merupakan penyakit yang menjadi momok bagi semua orang. Berdasarkan data dari The Global Burden of Disease (GBD), stroke menempati peringkat kedua penyebab kematian tertinggi setelah penyakit jantung iskemik. Stroke merupakan penyebab utama kecacatan pada dewasa. Lebih dari separuh penderita stroke yang bertahan hidup memerlukan bantuan orang lain untuk mampu melakukan aktivitas harian. Stroke mengakibatkan disabilitas yang jauh lebih besar dibanding penyakit kronis lain. Stroke dapat digolongkan menjadi 2 yaitu: stroke perdarahan stroke infarct Apa itu Stroke Infarct? Adalah kondisi dimana terdapat kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Bagaimana Bisa Terjadi? Glukosa dan oksigen dialirkan melalui aliran darah yang melewati pembuluh darah otak. Jika pembuluh darah diibaratkan sebagai pipa, adanya hambatan pada pipa bisa mengganggu jalannya aliran darah. Hambatan pada pipa pembuluh darah di otak bisa terjadi akibat adanya kerak yang kita sebut sebagai atherosklerosis, penyempitan pipa (stenosis), tidak terbentuknya pipa secara sempurna (aplasia & [...]

Ini Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Mood Sedang Negatif

Ini Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Mood Sedang Negatif

Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahan mood itu, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat bisa menjadi solusinya.Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahan mood itu, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat bisa menjadi solusinya. Dilansir dari Sheknows, berikut beberapa nutrisi yang tepat untuk mengatasi suasana hati.1. Nutrisi saat sedang sedihKetika Anda sedang sedih, cobalah mengonsumsi makanan ringan yang rendah protein, rendah lemak tapi tinggi karbohidrat. Alasannya karena ketika makanan tinggi karbohidrat tidak terhambat oleh protein atau lemak, maka asam amino triptophan akan meningkat di otak dan berubah menjadi serotonin, yaitu neurotransmiter yang menstimulasi suasana hati dan membatasi keinginan makan (carving). Anda bisa mengonsumsi, popcorn, havermut polos dengan sedikit susu dan madu, serta bagel (sejenis donat) dengan irisan pisang.2. Nutrisi saat sedang depresiPerasaan tertekan dan depresi bisa diredakan makanan yang kaya dengan omega-3, yang banyak ditemukan dalam lemak sehat yaitu lemak i [...]

Jangan Sisakan Antibiotik Anda!

Jangan Sisakan Antibiotik Anda!

Antibiotik sebagai salah satu jenis obat umum tidak lagi asing beredar di antara masyarakat. Hanya saja, konsumsi antibiotik sering kali tidak sesuai aturan yang ditetapkan oleh dokter, seperti kelalaian dalam menghabiskannya. Padahal kebiasaan tersebut dapat membahayakan. Yang dimaksud dengan antibiotik adalah obat yang digunakan mengobati infeksi bakteri. Antibiotik mampu membunuh bakteri dan mencegah perkembangannya. Tentu saja, tiap infeksi membutuhkan jenis antiobotik yang berbeda-beda. Selain efektif melawan infeksi bakteri, antibiotik juga digunakan untuk memerangi beberapa jenis infeksi jamur dan parasit. Namun antibiotik tidak dapat digunakan untuk melawan virus. Mengonsumsi antibiotik saat seseorang terkena infeksi virus tidak akan membantu membuat seseorang merasa lebih baik, malah dapat mengarah pada resistensi antibiotik yang menyebabkan kekebalan bakteri. Ketika dokter memutuskan untuk menggunakan antibiotik untuk pengobatan, maka sangat penting untuk mengonsumsinya dengan cara-cara yang telah ditentukan. Cara Mengonsumsi Antibiotik yang Sebenarnya Konsumsi antibiotik umumnya melalui mulut, namun juga dapat digunakan melalui suntikan atau infus, terutama untuk kasus [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *