Miras Oplosan dan Bahayanya

miras3_1.JPG

Tidak semua orang pernah mendengar atau mengetahui tentang etanol. Namun, kita semua sangat awam tentang minuman keras atau minuman beralkohol. Mungkin tidak semua pernah mengonsumsi, namun paling tidak mengetahui dampak negatif mengonsumsinya. Minuman keras atau minuman beralkohol yang sering kita dengar tersebut sebenarnya mengandung etanol.

Terdapat 3 jenis minuman beralkohol atau minuman keras, yaitu: bir, minuman anggur dan spiritus. Masing-masing dengan kadar etanol berbeda-beda. Spiritus dan vodka mengandung etanol yang telah mengalami proses pemurnian dan berada dalam kadar yang lebih tinggi.

Kandungan etanol dalam minuman keras, seperti bir biasanya berkisar antara 4%-6%, namun ada produk yang dapat mencapai hingga 12%. Minuman anggur dapat mengandung 9%-16% etanol. Sedangkan produk dengan kadar etanol lebih tinggi seperti spiritus, dapat mengandung 20% hingga mencapai 96% etanol.

Bagaimana oplosan bisa bermula? Berikut tinjauan sejarahnya:

Sejarah Miras Oplosan

Berdasarkan akar sejarahnya, minuman beralkohol sebenarnya dikonsumsi oleh mereka yang tinggal di dataran eropa maupun wilayah berudara dingin dengan tujuan untuk menghangatkan tubuh. Namun, dengan berkembangnya kebudayaan, konsumsi minuman beralkohol menjadi kehilangan arah dan menimbulkan banyak kebiasaan negatif sehingga sebaiknya dihindari.

Dampak konsumsi minuman beralkohol jangka pendek dapat menyebabkan keracunan dan dehidrasi. Etanol merupakan bahan kimia yang dapat memberikan efek depresi sistem saraf pusat sehingga dalam jangka panjang, konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan gangguan pada otak dan juga hati serta dapat menyebabkan kecanduan yang sulit untuk diatasi. Konsumsi alkohol juga meningkatkan risiko terjadinya berbagai kanker pada sepanjang saluran pencernaan dan juga kanker payudara.

Berbeda lagi dengan minuman keras oplosan. Miras oplosan merupakan campuran antara minuman beralkohol dengan berbagai bahan lain yang dicampur dengan takaran sembarangan sehingga dapat menyebabkan efek samping beragam, yang tersering adalah keracunan. Minuman beralkohol yang sering digunakan biasanya adalah vodka, minuman anggur dan bir. Bahan-bahan yang sering dicampurkan adalah spiritus, metanol, minuman berenergi, minuman bersoda, dan obat-obatan.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, spiritus merupakan minuman beralkohol yang mengandung etanol dalam kadar tinggi. Pencampuran spiritus dengan minuman beralkohol lainnya meningkatkan tingginya kandungan alkohol dalam minuman tersebut, sehingga meningkatkan risiko terjadinya efek samping, termasuk keracunan.

Metanol di Miras Oplosan

Sedangkan metanol bukan merupakan jenis alkohol untuk dikonsumsi. Metanol merupakan jenis alkohol yang digunakan untuk bahan bakar ataupun pelarut (misal: pelarut untuk cat, cairan pembersih, dll). Metanol juga merupakan bahan yang sangat beracun bagi manusia. Konsumsi sebesar 10 mL saja dapat menyebabkan kerusakan saraf mata. Konsumsi yang lebih besar lagi dapat menyebabkan efek keracunan fatal hingga menyebabkan kematian.

Minuman berenergi, minuman bersoda ataupun obat-obatan apapun yang dicampur dengan minuman keras dapat menyebabkan interaksi bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko keracunan.

Pada dasarnya konsumsi minuman beralkohol memberikan berbagai dampak negatif baik bagi kesehatan fisik maupun mental, terutama karena dapat menyebabkan efek kecanduan sehingga sebaiknya dihindari.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Hampir sebagian besar orang pasti pernah melakukan operasi ntah itu operasi kecil seperti operasi gigi atau jahit luka kecil maupun operasi besar seperti operasi jantung atau bedah otak. Setelah operasi terkadang Anda dapat merasa tidak nyaman akibat nyeri maupun luka yang kunjung kering. Selain obat-obatan dan faktor kebersihan, nutrisi berperan penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka baik pada operasi ringan maupun berat. Vitamin, mineral, makronutrien seperti protein, asam lemak esensial dan serat akan membantu proses penyembuhan setelah operasi. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu proses penyembuhan luka: 1.Protein Penyembuhan setelah operasi membutuhkan asam amino untu memperbaiki dan membentuk jaringan di dalam tubuh Anda. Protein merupakan sumber nutrisi kaya akan asam amino. Selain itu protein dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit yang dapat memperlambat penyembuhan. Makanan tinggi protein dapat Anda temukan di dalam ikan, putih telur dan ayam. Maka jangan heran bila setelah operasi dokter sering meminta Anda untuk mengkonsumsi banyak putih telur. Sumber asam amino lainnya bisa Anda dapatkan di daging tanpa lemak, [...]

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Kanker payudara masih menjadi monster yang menakutkan bagi perempuan. Di antara banyak pengobatan yang hadir untuk mencegahnya, sebuah penelitian di UC Berkeley dan Lawrence Berkeley National Laboratory mengungkapkan bahwa meremas atau memijat payudara dapat mencegah kanker. Mengapa bisa demikian? Gautham Venugopalan, salah satu ilmuwan terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan, ?Tekanan fisik dapat mempengaruhi tubuh. Ketika kita mengangkat beban, otot kita menjadi lebih besar. Gaya gravitasi sangat penting untuk menjaga tulang kita kuat. Di sini kami menunjukkan bahwa tekanan fisik dapat memainkan peran dalam pertumbuhan sel kanker.? Memijat Payudara dan Risiko Kanker Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan juga memasukkan sel kanker payudara ganas pada silikon. Mereka kemudian mencoba menekan dan meremas silikon berisi sel kanker ganas. Setelah beberapa lama, sel kanker yang mendapatkan tekanan fisik mulai tumbuh secara normal dan tidak ganas. Mereka pun menjelaskan bahwa kegiatan meremas dan memijat payudara mungkin tak bisa dikembangkan menjadi bentuk terapi. Meski begitu, penemuan ini memberikan petunjuk baru untuk melacak molekul dan struktur sel [...]

Disukai Pecinta Gaya Hidup Sehat, Ini Kekurangan dari Susu Almond

Disukai Pecinta Gaya Hidup Sehat, Ini Kekurangan dari Susu Almond

Susu nabati yang terbuat dari kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut, dan mete kini banyak dikonsumsi oleh orang-orang sebagai bagian dari gaya hidup sehat yang dianutnya. Susu pengganti produk hewani yang sebenarnya bernama sari nabati ini dipercaya rendah lemak dan bebas kolestrol sehingga aman dikonsumsi terutama untuk penderita penyakit jantung atau stroke.Meski baik dikonsumsi, rupanya sari nabati ini memiliki beberapa kelemahan meskipun tidak terlalu berbahaya untuk kesehatan dan harus lebih diperhatikan lagi dalam mengonsumsinya. Berikut enam di antaranya :1. Menimbulkan KembungDipaparkan oleh Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, sari nabati yang terdapat pada kacang-kacangan mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan susu hewani. Sehingga terkadang menimbulkan reaksi di tubuh seperti timbulnya gas dan perut kembut. Untuk orang-orang yang memiliki masalah pada pencernaannya, sebaiknya perhatikanlah asupannya.2. Mengandung Zat AntinutrisiLulusan S-2 Universitas Gadjah Mada ini memaparkan, salah satu kelemahan sari nabati adalah masih mengandung zat antinutrisi, yakni zat yang tidak bisa dicernah oleh tubuh. "Seperti kacang kedelai di dalamnya ada anti tripsin dan asa [...]

Spray ‘Ajaib’, Menghilangkan Rasa Sakit Saat Pakai High Heels

Spray ‘Ajaib’, Menghilangkan Rasa Sakit Saat Pakai High Heels

Sebagian besar wanita mengeluhkan rasa sakit pada telapak kaki serta tumitnya saat mengenakan high heels. Fashion item yang satu ini memang menjadi dilema bagi para wanita. Di satu sisi, high heels membuat tampilan wanita lebih menarik, tapi di sisi lain juga menyiksa kaki.Tapi kini rasa sakit saat memakai high heels bisa diatasi berkat penemuan terbaru ini. Seorang dokter bedah plastik menciptakan spray yang bisa membuat kaki 'mati rasa' saat memakai high heels. Spray 'Heel No Pain' keluaran Biochemistry ini diklaim bisa meredakan rasa sakit pada telapak kaki serta tumit hingga tiga jam."Rasa sakitnya bisa hilang dan bertahan dua hingga tiga jam. Waktu yang cukup untuk tampil di pesta atau red carpet," ujar Dr. Randal Haworth, spesialis bedah plastik asal Beverly Hills yang menciptakan spray ini, seperti dikutip dari Mail Online.Dr Randal telah mengembangkan spray ini selama lebih dari dua tahun. Idenya berasal dari para pasien wanita yang meminta dirinya memasukkan bantalan di ujung tumitnya. Ia pun mencoba injeksi filler, namun prosesnya sangat menyakitkan dan hasil bisa berbeda-beda tiap pasien. Belum lagi efek samping yang mungkin terjadi.'Heel No Pain pada dasarnya adalah [...]

Solusi Ruam Popok Pada Bayi

Solusi Ruam Popok Pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Buah hati Anda rewel? Terus menangis? Coba Anda tengok bokongnya dengan seksama. Jika Anda menemukan bokong si kecil penuh dengan bercak-bercak merah dan basah, mungkin saja bayi Anda mengalami ruam popok. Ruam popok adalah suatu kondisi kulit yang teriritasi sehingga muncul bercak-bercak merah cerah yang tidak nyaman bagi bayi. Ruam popok biasanya disebabkan karena: Popok yang jarang diganti Bayi sedang mengalami diare Penggunaan produk popok baru yang lain dari biasanya Ukuran popok yang terlalu kecil dan ketat Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya Ketika bayi mulai makan makanan padat Kulit yang sensitif Untuk mencegahnya, Ibu perlu mengganti popok bayi dengan teratur dan sering. Jangan biarkan buah hati Anda menggunakan popok yang basah dan kotor berlama-lama. Pastikan Anda membersihkan bokong bayi dengan air bersih dan mengeringkannya setiap kali hendak mengganti popok. Hindari penggunaan tissue basah yang mengandung pewangi atau alkohol. Bila bayi sedang mengalami diare sebaiknya Ibu lebih sering lagi mengganti popok bayi. Sediakan waktu agar bayi bebas dari popok sehingga kulit bokong bayi dapat kering cukup lama, misa [...]

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Hampir semua orang pernah mengalami rasa cemas yang berlebihan. Baik itu karena masalah kantor yang belum juga teratasi, problem keuangan, persoalan rumah tangga dan sebagainya. Jangan biarkan kegelisahan menghantui Anda terus menerus karena bisa memicu depresi. Cobalah beberapa tips mudah ini untuk mengatasi kecemasan Anda, yang dikutip dari Real Simple.1. Katakan Berulang Kali Hal yang Membuat Anda KhawatirKetika takut naik lift, Anda harus menghadapi ketakutan tersebut dengan berulangkali naik lift itu sampai Anda bosan. Awalnya mungkin akan merasa panik, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa menghadapi hal tersebut. Begitu juga dalam mengatasi kecemasan, cobalah untuk mengatakan hal yang membuat Anda khawatir berulang-ulang sampai bosan. Maka otak akan merespon hal tersebut sehingga perlahan-lahan kecemasan Anda itu akan hilang.2. Abaikan Rasa GelisahKadang Anda terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak. Anda yakin perasaan tersebut dapat memicu terjadinya bencana atau masalah besar. Abaikan perasaan tersebut, karena semakin Anda memikirkannya, justru musibah itu bisa hadir dari pikiran Anda sendiri.3. Anggap Rasa Gelisah Seperti Cerita DramaBukan menyarankan [...]

5 Alasan Sehat untuk Mulai Olahraga dengan Berjalan Kaki

5 Alasan Sehat untuk Mulai Olahraga dengan Berjalan Kaki

Salah satu yang selalu ada di dalam daftar resolusi tahunan banyak orang adalah ingin bisa mulai berolahraga agar hidup lebih sehat. Daripada hanya sekadar menjadi resolusi, mulailah dengan melakukan olahraga yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja yaitu berjalan kaki.Berjalan kaki biasanya dianggap sebagai solusi untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kalori. Namun ternyata, manfaat berjalan kaki tidak sebatas membuat tubuh lebih langsing saja.Berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit tiap harinya memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Ini dia lima alasan sehat kenapa berjalan kaki bisa jadi permulaan Anda untuk rajin berolahraga, seperti dikutip dari Lifemojo.1. Mudah untuk memulainyaUntuk memulai berjalan kaki, Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu lari saja. Anda bisa berjalan di taman, teras, atau di atas treadmill dan kapan saja, pagi, siang, sore atau bahkan larut malam setelah makan malam. Mulailah berjalan selama 10 hingga 15 menit, kemudian tingkatkan waktu Anda secara bertahap.2. Meningkatkan kemampuan otakMenurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Council of Aging, berjalan kaki 45 menit tiap harinya dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan [...]

Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk meminum air hangat dengan perasan jeruk lemon sesaat setelah bangun tidur. Meskipun rasanya asam, buah lemon merupakan makanan yang sifatnya basa, yang dapat menjaga keseimbangan pH tubuh agar terjaga kesehatannya serta terhindar dari berbagai penyakit. Ini beberapa alasan lainnya kenapa Anda disarankan untuk meminum air lemon hangat di pagi hari.1. Tonik untuk LiverPraktisi food combining, Erikar Lebang mengatakan, air dengan perasan lemon di pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan liver. Setelah semalaman bekerja untuk menyaring racun-racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan tidak sehat, liver membutuhkan tonik untuk mempertahankan fungsi kerjanya. Pagi hari merupakan waktu paling tepat untuk memberi 'hadiah' pada liver, tapi pastikan Anda tidak mengonsumsi apapun 20 menit sebelum atau setelah meminumnya.2. Mengganti Cairan ElektrolitSaat malam hari, tubuh kekurangan cairan selama lebih kurang 6-7 jam. Itulah sebabnya kita kerap merasa lemas saat bangun di pagi harinya. Meminum air putih saja tidak cukup, Anda perlu menggantinya dengan cairan elektrolit. Ketimbang minum minuman kemasan yang mengandung elektrolit, akan l [...]

Berapa Tekanan Darah Normal Orang Dewasa?

Berapa Tekanan Darah Normal Orang Dewasa?

Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung mempompa darah ke seluruh tubuh Anda. Agar kinerja tubuh maksimal, Anda harus memiliki tekanan darah normal. Lantas, berapa tekanan darah normal pada orang dewasa? Biasanya, makin rendah tekanan darah Anda, maka makin sehat pula tubuh Anda. Namun jangan pula terlalu rendah karena bisa membuat Anda terkena hipotensi atau tekanan darah rendah. Umumnya, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal di bawah atau setara 120/80 mm Hg. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut tekanan sistolik. Sementara angka 80 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau kerap disebut tekanan diastolik. Tekanan darah tergolong normal selama berada di bawah 140/90. Namun angka tersebut tidak mutlak. Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang Anda jalani dan kondisi emosional Anda. Jadi Anda tidak perlu panik ketika mendapati tekanan darah Anda berbeda, asal angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu lama. Jika hal itu terjadi, berarti Anda mengidap hipertensi (tekanan d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *