Miras Oplosan dan Bahayanya

miras3_1.JPG

Tidak semua orang pernah mendengar atau mengetahui tentang etanol. Namun, kita semua sangat awam tentang minuman keras atau minuman beralkohol. Mungkin tidak semua pernah mengonsumsi, namun paling tidak mengetahui dampak negatif mengonsumsinya. Minuman keras atau minuman beralkohol yang sering kita dengar tersebut sebenarnya mengandung etanol.

Terdapat 3 jenis minuman beralkohol atau minuman keras, yaitu: bir, minuman anggur dan spiritus. Masing-masing dengan kadar etanol berbeda-beda. Spiritus dan vodka mengandung etanol yang telah mengalami proses pemurnian dan berada dalam kadar yang lebih tinggi.

Kandungan etanol dalam minuman keras, seperti bir biasanya berkisar antara 4%-6%, namun ada produk yang dapat mencapai hingga 12%. Minuman anggur dapat mengandung 9%-16% etanol. Sedangkan produk dengan kadar etanol lebih tinggi seperti spiritus, dapat mengandung 20% hingga mencapai 96% etanol.

Bagaimana oplosan bisa bermula? Berikut tinjauan sejarahnya:

Sejarah Miras Oplosan

Berdasarkan akar sejarahnya, minuman beralkohol sebenarnya dikonsumsi oleh mereka yang tinggal di dataran eropa maupun wilayah berudara dingin dengan tujuan untuk menghangatkan tubuh. Namun, dengan berkembangnya kebudayaan, konsumsi minuman beralkohol menjadi kehilangan arah dan menimbulkan banyak kebiasaan negatif sehingga sebaiknya dihindari.

Dampak konsumsi minuman beralkohol jangka pendek dapat menyebabkan keracunan dan dehidrasi. Etanol merupakan bahan kimia yang dapat memberikan efek depresi sistem saraf pusat sehingga dalam jangka panjang, konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan gangguan pada otak dan juga hati serta dapat menyebabkan kecanduan yang sulit untuk diatasi. Konsumsi alkohol juga meningkatkan risiko terjadinya berbagai kanker pada sepanjang saluran pencernaan dan juga kanker payudara.

Berbeda lagi dengan minuman keras oplosan. Miras oplosan merupakan campuran antara minuman beralkohol dengan berbagai bahan lain yang dicampur dengan takaran sembarangan sehingga dapat menyebabkan efek samping beragam, yang tersering adalah keracunan. Minuman beralkohol yang sering digunakan biasanya adalah vodka, minuman anggur dan bir. Bahan-bahan yang sering dicampurkan adalah spiritus, metanol, minuman berenergi, minuman bersoda, dan obat-obatan.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, spiritus merupakan minuman beralkohol yang mengandung etanol dalam kadar tinggi. Pencampuran spiritus dengan minuman beralkohol lainnya meningkatkan tingginya kandungan alkohol dalam minuman tersebut, sehingga meningkatkan risiko terjadinya efek samping, termasuk keracunan.

Metanol di Miras Oplosan

Sedangkan metanol bukan merupakan jenis alkohol untuk dikonsumsi. Metanol merupakan jenis alkohol yang digunakan untuk bahan bakar ataupun pelarut (misal: pelarut untuk cat, cairan pembersih, dll). Metanol juga merupakan bahan yang sangat beracun bagi manusia. Konsumsi sebesar 10 mL saja dapat menyebabkan kerusakan saraf mata. Konsumsi yang lebih besar lagi dapat menyebabkan efek keracunan fatal hingga menyebabkan kematian.

Minuman berenergi, minuman bersoda ataupun obat-obatan apapun yang dicampur dengan minuman keras dapat menyebabkan interaksi bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko keracunan.

Pada dasarnya konsumsi minuman beralkohol memberikan berbagai dampak negatif baik bagi kesehatan fisik maupun mental, terutama karena dapat menyebabkan efek kecanduan sehingga sebaiknya dihindari.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
9 Fakta Keren Lemon

9 Fakta Keren Lemon

Di Indonesia, buah ini tidak terlalu banyak diketahui umum. Kehadirannya baru dikenali umum pada sajian minuman teh di restoran-restoran populer dewasa ini bernama; lemon iced tea. Disajikan dingin bersama teh, jeruk limun dicelup ke teh untuk menambah sensasi segar. Semua pasti mengetahui fungsi dari jeruk nipis di dapur yang berguna untuk makanan, kue dan beberapa jenis makanan. Tapi tahukah Anda, kehadirannya bukan hanya sekedar variasi perasa. Ternyata lemon atau limun ini memilki manfaat kesehatan yang luar biasa. Pasalnya, jeruk lemon mengandung banyak vitamin C, magnesium, kalsium, kalium, beberapa mineral dan antioksidan yang dapat membantu kesehatan kulit, rambut serta kuku. Apa saja manfaat kesehatan lemon? Berikut beberapa fakta tentang jeruk lemon: 9 Fakta Keren Lemon Dapat menyembuhkan jerawat dan komedo: jeruk limun (lemon) memiliki beberapa sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membuat jeruk nipis menjadi salah satu pilihan natural untuk mengobati jerawat. Caranya mudah: Dengan mengoleskan air dari jeruk limun (lemon) sedikit saja di wajah, Atau campurkan dengan beberapa tetes madu Oleskan pada daerah dengan komedo Diamkan selama 5 -10 [...]

Banyak Tertawa Buat Pekerjaaan Anda Lebih Produktif

Banyak Tertawa Buat Pekerjaaan Anda Lebih Produktif

Ingin kerja lebih produktif? Sering-seringlah menonton film, video atau variety show bertema komedi. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa tertawa bisa membuat seseorang bekerja lebih produktif.Hasil studi yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan Experimental Biology tersebut menemukan, ketika orang tertawa, otak mereka akan diaktifkan sama seperti ketika sedang meditasi dengan konsentrasi penuh. Para peneliti di Loma Linda University, California, Amerika Serikat telah memeriksa aktivitas otak dari 31 orang ketika mereka menonton video komedi dan video yang menegangkan. Aktivitas pada sembilan area otak responden kemudian diteliti.Dari hasil scan terlihat bahwa saat responden menonton video komedi, seluruh bagian otaknya menjadi aktif dengan aktivitas gelombang gamma yang tinggi. Semakin tinggi gelombang Gamma, maka semakin besar pula peningkatan hormon dopamine yang berperan menjaga otak agar selalu terjaga dan waspada. Tinggi rendahnya gelombang gamma ini bisa diketahui melalui alat yang disebut electroencephalography (EEG).EEG ini melacak aktivitas elektrik di seluruh permukaan kulit kepala. Pergerakan listrik ini yang kemudian diterjemahkan menjadi aktivitas syaraf o [...]

10 Manfaat Olahraga

10 Manfaat Olahraga

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Selama ini banyak yang merekomendasikan kita untuk selalu berolahraga, namun sebenarnya apa sih manfaat dari olahraga? Ternyata olahraga dapat mengurangi risiko kita terkena beberapa penyakit berat. Simaklah beberapa manfaat olahraga dibawah ini; Mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebanyak 35% Mengurangi risiko diabetes mellitus sebanyak 50% Mengurangi risiko kanker kolon sebanyak 50% Mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 20% Mengurangi risiko meninggal di usia muda sebanyak 30% Mengurangi risiko peradangan sendi sebanyak 83% Mengurangi risiko patah tulang pinggang sebanyak 68% Mengurangi risiko jatuh pada usia tua sebanyak 30% Mengurangi risiko depresi sebanyak 30% Mengurangi risiko penyakit dementia sebanyak 30% Jenis olahraga seperti apa? Aktivitas fisik yang sedang berarti aktivitas ini dapat menaikkan denyut jantung anda dan mengeluarkan keringat anda. Satu cara lagi untuk menentukan aktivitas anda intensitasnya sedang adalah bahwa anda masih dapat berbicara namun anda tidak dapat nyanyi. Beberapa contoh aktivitas dengan intensitas sedang : Berjalan cepat Areobik air Bersepeda Main tenis berpasangan Membersihkan halama [...]

6 Cara untuk Mencegah Kram pada Kaki

6 Cara untuk Mencegah Kram pada Kaki

Kram atau yang biasa disebut kejang otot bisa terjadi kapan dan di mana saja, termasuk jari-jari kaki. Untuk mencegahnya terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar peredaran darah di jemari kaki menjadi lebih lancar dan tidak mudah alami kram.Kram biasanya terjadi karena ukuran sepatu yang terlalu ketat atau kebiasaan sering berolahraga di atas permukaan yang keras tanpa alas kaki. Ketidakseimbangan cairan dan mineral tubuh juga bisa memicu terjadinya kram otot pada jemari kaki. Seperti yang dikutip dari detikhealth, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kram pada jari kaki.1. Pilih sepatu yang longgarSepatu yang terlalu ketat di bagian ujung membuat jari kaki sering mengalami tekanan saat melangkah, apalagi saat berjinjit. Akibatnya aliran darah di tempat itu kurang lancar sehingga jari mudah kram.2. Jauhi Hak TinggiKalaupun terpaksa harus mengenakan hak tinggi, sesekali lepaskan agar jari kaki punya kesempatan untuk istirahat. Sekalipun ukurannya longgar, bentuk sepatu hak tinggi menyebabkan jari selalu menekuk sehingga aliran darah tidak lancar.3. Cukupi Kebutuhan Mineral TubuhSalah satu pemicu kram pada jari kaki adalah kekurangan mineral teru [...]

Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia kerap terjadi pada wanita, terutama di usia remaja. Gejala anoreksia ditandai dengan perasaan selalu merasa gemuk sehingga membiarkan tubuh kelaparan, sedangkan bulimia adalah keinginan makan sebanyak-banyaknya namun setelah kenyang makanan tersebut segera dimuntahkan kembali.Kini bertambah satu lagi gangguan makan yang bisa membahayakan jiwa, yang kerap disebut para ahli dengan drinkorexia. Pengidap gangguan makan ini terlalu terobsesi dengan asupan kalori dari makanan hingga akhirnya tak berani mengonsumsinya dan lebih memilih hanya minum. Lebih mengkhawatirkan lagi, minuman yang mereka pilih adalah wine atau minuman beralkohol lainnya.Wanita dengan gangguan makan ini lebih memilih minuman ketimbang makanan sebagai sumber energinya sehari-hari. Orang-orang ini adalah mereka yang sangat memerhatikan jumlah kalori dan terobsesi membatasi asupannya namun dengan cara yang ekstrem.Makanan pun mereka anggap tak penting lagi untuk dikonsumsi, tapi digantikan dengan minuman beralkohol. Biasanya mereka lebih memilih minum dalam keadaan perut kosong agar efek dari minuman beralkohol lebih maksimal.Belum diketahui secara pasti kenapa para peng [...]

Lindungi Paru-paru Anda dari Polusi Udara

Lindungi Paru-paru Anda dari Polusi Udara

Jangan sepelekan polusi, masalah lingkungan ini merupakan salah satu sumber utama penyakit sekaligus kematian di dunia. Tubuh manusia secara alami didesain untuk melindungi paru-paru dari kuman dan partikel seperti debu atau serbuk. Tapi polusi udara tetap dapat mengganggu jaringan paru-paru sekaligus melemahkan pertahanan tubuh. Polusi udara dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan iritasi pada organ sistem pernapasan seperti hidung dan tenggorokan sehingga menyebabkan bersin-bersin. Selain itu, polusi juga dapat memperburuk penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, dan emfisema. Dampak polusi terhadap kesehatan bergantung kepada kondisi Anda saat itu,berapa lama Anda terekspos oleh udara yang terpolusi dan jenis polusi. WHO bahkan menyatakan polusi udara sebagai masalah lingkungan terbesar yang memberi dampak signifikan pada kesehatan manusia. Dengan mengurangi tingkat polusi udara, sebuah negara dapat mengurangi risiko penyakit stroke, jantung, kanker paru-paru, serta masalah pernapasan kronis maupun akut seperti asma, di antara penduduknya. Pada tahun 2012, tercatat sejumlah 3,7 juta orang di dunia yang meninggal akibat polusi udara luar ruangan. Selain polusi udara luar ru [...]

Tak Hanya Kulit, Mata pun Bisa Terbakar Sinar UV. Kenali Gejalanya!

Tak Hanya Kulit, Mata pun Bisa Terbakar Sinar UV. Kenali Gejalanya!

Efek buruk sinar matahari bisa membuat kulit terbakar, bahkan memicu kanker kulit. Sebagian besar orang sudah tahu akan hal itu. Mengoleskan sunblock ke wajah dan tubuh pun menjadi cara paling umum untuk melindungi kulit dari paparan ultraviolet.Tapi mungkin belum banyak yang tahu kalau dampak negatif sinar matahari juga bisa mengenai mata. Dan itu seringkali terabaikan oleh manusia. Survei yang dilakukan American Optometric Association menemukan, 35 persen orang tidak waspada dengan risiko radiasi UV yang mengenai mata mereka. Baik orang dewasa maupun anak-anak saat ini berisiko tinggi mengalami sunburn eye, atau mata yang terbakar sinar matahari.Terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama dan terus menerus bisa menimbulkan masalah pada mata. Baik jangka pendek maupun jangka panjang. Apa gejalanya saat mata mengalami sunburn? Gejalanya mulai dari mata kemerahan, iritasi, berair, perih dan gatal seperti ada pasir atau debu di mata. Sunburn eyes juga biasanya ditandai dengan pandangan mata yang kabur dan kehilangan penglihatan sementara. Banyak orang salah mengira gejala ini disebabkan terlalu banyak klorin atau air laut yang masuk saat berenang. Tapi gejalanya sebenarnya cuk [...]

4 Hal Tak Terduga yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

4 Hal Tak Terduga yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh wanita. Paparan sinar radiasi yang terlalu lama, merokok dan minum alkohol disebut-sebut penyebab timbulnya kanker payudara. Namun, ada beberapa kebiasaan yang sebenarnya dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Ini dia empat hal itu.1. Salah Pilih VitaminKarolinska Institute, Stockholm, Swedia menemukan bahwa salah pilih vitamin dapat memperbesar risiko terkena penyakit kanker payudara. Penelitian terhadap 35 ribu wanita 39-83 dalam waktu 10 tahun menunjukkan, para wanita yang terbiasa mengkonsumsi multivitamin setiap hari justru memiliki risiko 20 persen lebih besar terkena kanker payudara ketimbang wanita yang tidak mengkonsumsi multivitamin. Dalam penelitian lebih lanjut dijelaskan, beberapa bahan yang terkandung dalam multivitamin seperti folid acid adalah yang menyebabkan sel tumor menjadi hidup dan tumbuh. 2. Duduk Terlalu LamaSebuah penelitian berskala besar yang dipaparkan dalam konferensi tahunan, American Institute for Cancer Research, telah mengungkapkan adanya hubungan kuat antara aktivitas seseorang dengan pertumbuhan sel yang tak teratur. Para peneliti mengatakan, terdapat 92 r [...]

Susah Buang Air Kecil Jangan Dibiarkan

Susah Buang Air Kecil Jangan Dibiarkan

Susah buang air kecil bisa menimpa siapa saja, tidak peduli jenis kelamin. Salah satu gejala paling umum dari gangguan ini adalah ketika keinginan kencing sudah tidak tertahankan lagi, namun membutuhkan waktu yang cukup lama sampai urin keluar. Kondisi ini harus diwaspadai dan tidak boleh dibiarkan karena dapat menimbulkan infeksi dan komplikasi ke organ-organ tubuh yang lainnya. Apa Saja Penyebab Utamanya? Seiring usia, susah buang air kecil cepat atau lambat dapat dialami pria maupun wanita. Karena organ tubuh antara pria dan wanita berbeda, maka ada beberapa perbedaan yang menjadi penyebab susah buang air kecil. Berikut beberapa kondisi yang umum menjadi penyebab susah buang air kecil: Pembengkakan prostat. Seiring pertambahan usia seorang pria, kelenjar prostat dapat mengalami pembengkakan. Pembengkakan pada prostat akan menekan saluran kencing. Akibatnya, aliran urin tidak lancar dan dibutuhkan waktu lebih lama agar urin bisa keluar. Pada wanita, infeksi pada saluran kencing adalah salah satu pemicu terjadinya kesulitan buang air kecil. Sedangkan pada pria, prostat yang mengalami infeksi juga akan membengkak dan menjadikan saluran kencing tertekan. Sistem syaraf terganggu. G [...]

Usus Buntu Bisa Ditangani Tanpa Operasi?

Usus Buntu Bisa Ditangani Tanpa Operasi?

Pada umumnya penyakit usus buntu ditangani dengan operasi, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa kasus penyakit ini ternyata dapat ditangani hanya dengan antibiotik. Usus buntu adalah organ berbentuk tabung kecil dan tipis, berukuran 5-10 cm yang terhubung dengan usus besar. Organ ini dapat mengalami peradangan yang disebut dengan penyakit usus buntu atau apendisitis yang berpotensi menyebabkan komplikasi serius. Jika tidak ditangani dengan baik, usus buntu yang radang dapat pecah. Bakteri dari usus kemudian dapat mencemari organ-organ di rongga perut dan mengakibatkan infeksi yang mengancam nyawa. Umumnya kondisi ini ditangani dengan operasi untuk mengangkat usus buntu dan antibiotik dapat digunakan sebagai bagian dari penanganan. Sebelum menjalankan operasi, dokter bisa memberikan antibiotik untuk memerangi bakteri dan mencegah infeksi pada luka setelah operasi. Pada kasus usus buntu yang pecah, juga digunakan antibiotik untuk mencegah infeksi abdominal setelah usus buntu diangkat. Namun terdapat penelitian yang menemukan bahwa penyakit usus buntu kategori tertentu dapat ditangani hanya dengan antibiotik. Berikut ini beberapa pokok dari temuan tersebut. Kapan pe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *