Mitos dan Fakta Ginkgo Biloba

mitos-dan-fakta-ginkgo-biloba-alodokter.jpg

Ginkgo biloba merupakan tanaman yang berasal dari daratan Tiongkok. Sejak ribuan tahun lalu, khasiat tanaman ini dipercaya dapat mengobati beberapa kondisi. Salah satu khasiatnya yang paling dikenal adalah mengatasi kondisi yang berhubungan dengan gangguan ingatan.

Gangguan ingatan bisa disebabkan oleh faktor usia, Alzheimer atau demensia (pikun).

Khasiat Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba, terutama bagian daunnya, sering digunakan untuk mengatasi daya ingat yang menurun karena cara kerjanya yang sepertinya bisa meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kecil di otak. Ada penelitian yang menyatakan pro dengan ginkgo biloba, namun ada juga yang kontra. Oleh sebab itu, khasiat ginkgo biloba masih dipertanyakan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektivitasannya. Berikut ini penjelasan secara lengkap.

  • Mengonsumsi ekstrak daun ginkgo biloba sering disebut-sebut bisa menangani daya ingat. Namun sepertinya hal itu belum dibuktikan sepenuhnya. Penelitian kecil di awal menunjukkan bahwa ginkgo biloba bisa memperbaiki fungsi kognitif orang lanjut usia yang memiliki demensia. Namun sejumlah studi lebih lanjut menyatakan bahwa tanaman ini tidak dapat mencegah masalah kehilangan daya ingat atau memperlambat perkembangan penurunan kognitif atau penyakit Alzheimer pada orang lanjut usia. Para ahli pun memutuskan untuk tidak merekomendasikan penggunaannya sebagai alat bantu memori otak.
  • Beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi ginkgo biloba dengan Panax ginseng atau condonopis. Kombinasi itu disebut bisa meningkatkan daya ingat lebih baik ketimbang mengonsumi ginkgo biloba saja. Meski begitu, hal ini juga belum dibuktikan sepenuhnya.

Selain manfaat pada fungsi otak yang belum sepenuhnya terbukti, berikut adalah efek-efek lain ginkgo biloba yang juga belum terbukti:

  • Meredakan kecemasan
  • Meningkatkan penglihatan penderita diabetes
  • Meredakan gejala skizofrenia
  • Meredakan vertigo
  • Meredakan nyeri payudara sebagai gejala premenstrual syndrome (PMS)

Perhatikan Hal Ini Sebelum Konsumsi Ginkgo Biloba

Meski alami, Anda harus tetap berhati-hati ketika ingin mengonsumsi ginkgo biloba. Dalam bentuk buah, ginkgo biloba bisa menyebabkan alergi kulit yang parah serta iritasi.

Sebaiknya hindari memakan biji ginkgo biloba mentah karena beracun dan bisa menyebabkan kejang, bahkan kematian. Hindari pula biji ginkgo biloba yang telah dipanggang. Mengonsumsi 10 biji ginkgo panggang per hari dapat membuat Anda sulit bernapas, kejang, denyut nadi lemah, dan kehilangan kesadaran.

Namun jika telah diproduksi menjadi suplemen, terutama dari bagian daunnya, aman dikonsumsi jika mengikuti dosis yang dianjurkan. Meski begitu, ada pula efek samping ringan yang berpotensi terjadi, seperti sakit perut, sembelit, pusing, sakit kepala, detak jantung yang kencang, atau reaksi alergi.

Dalam dosis tinggi, ekstrak daun ginkgo biloba juga dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko kanker hati dan tiroid. Namun hal itu baru diteliti pada hewan. Penggunaannya pada manusia belum bisa dipastikan.

Ekstrak daun ginkgo biloba juga dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko memar dan pendarahan.

Ginkgo biloba sebaiknya jangan dikonsumsi oleh:

  • Ibu hamil dan menyusui. Ginkgo biloba bisa menyebabkan kelahiran prematur atau pendarahan selama persalinan jika mengonsumsinya berdekatan dengan waktu kelahiran. Sampai saat ini belum diketahui efeknya untuk ibu menyusui. Untuk berjaga-jaga, lebih baik dihindari.
  • Wanita yang Ingin hamil. Penggunaan ginkgo biloba mungkin bisa mengganggu proses alami tubuh Anda untuk memiliki anak. Tanyakan pada dokter.
  • Penderita diabetes. Ginkgo biloba bisa mengganggu jalannya pengelolaan diabetes. Jika Anda memiliki diabetes, disarankan untuk selalu memonitor kadar gula dalam darah jika mengonsumsi ginkgo biloba.
  • Orang yang ingin melakukan operasi. Ginkgo biloba dikenal bisa memperlambat pembekuan darah. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami pendarahan lebih banyak selama dan setelah operasi. Sebaiknya jangan mengonsumsi ginkgo biloba minimal 14 hari sebelum operasi.

Dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan, sepertinya ginkgo biloba belum terbukti bisa meningkatkan daya ingat secara signifikan. Meski begitu, masih ada solusi lain bagi Anda yang ingin meningkatkan daya ingat. Anda bisa meningkatkannya dengan cara-cara alami, seperti berolahraga, tidur yang cukup, hindari merokok, lebih sering bersosialisasi, atau menjalani pola makan yang sehat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Oleh: drg. Arni Maharani Berbagai macam merk sikat gigi elektrik dapat dengan mudah kita temukan di pasaran, dengan berbagai macam bentuk dan design. Penggunaan sikat gigi merupakan kegiatan sehari-hari dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan gigi kita. Penggunaan sikat gigi manual lebih dikenal dan familiar dalam masyarakat, dimana dalam memilih sikat gigi ini lebih baik diutamakan yang berbulu lembut dan ujung kepala yang mengecil. Sikat gigi elektrik pertama kali dibuat oleh suatu perusahaan di Amerika pada tahun 1960 yang memiliki bentuk kepala sikat seperti sikat gigi manual dengan gerakan vertikal dan horizontal. Tetapi sekarang design sikat gigi elektrik memiliki kepala sikat yang berputar dan oscilasi. Perputaran dan pergerakan sikat gigi elektrik dirancang mengikuti pergerakan tangan dengan jumlah putaran 3000-7000 permenit. Telah dilakukan beberapa penelitian terkait kekurangan dan keunggulan sikat gigi elektrik dibandingkan sikat gigi biasa. Keunggulan sikat gigi elektrik meliputi : Pembuangan plak lebih baik dibandingkan sikat gigi manual. Plak pada bagian selah-selah gigi (proksimal) lebih dapat dihilangkan oleh sikat gigi elektrik, dimana pada sikat gigi man [...]

Tempat Kerja Ibu Saat Hamil Berisiko Buat Bayi Terkena Asma

Tempat Kerja Ibu Saat Hamil Berisiko Buat Bayi Terkena Asma

Beraktivitas saat hamil memang lebih menyenangkan ketimbang hanya berdiam diri di rumah. Tetapi sebuah penelitian mengatakan bahwa tempat bekerja ibu saat hamil berisiko membuat bayi tekena asma.Masalah pernapasan biasanya didapat ketika seseorang seringkali terpapar atau menghirup bahan kimia atau zat-zat alamiah tertentu. Kini, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa tempat bekerja bisa menimbulkan risiko terkena asma pada bayi yang belum lahir.Para peneliti dari School of Public Health di Denmark telah mempelajari hasil percobaan yang melibatkan hampir 43 ribu orang dalam kurun waktu tujuh tahun. Dalam penelitian tersebut mereka menemukan adanya hubungan antara ibu yang bekerja di bidang otomotif, furnitur, sepatu, cat dan lem dengan risiko asma pada anak-anak mereka.Seperti yang dikutip dari DailyMail, penelitian itu mengemukakan bahwa 15,8 persen dari semua anak menderita asma. Sedangkan 18,6 persen bayi yang ibunya lebih sedikit menghirup bahan kimia cenderung jarang terkena risiko asma.Pemimpin penelitian Dr Berit Hvass Christensen mengatakan,"Ini merupakan penelitian dengan skala besar pertama yang menunjukkan adanya hubungan antara eksposur ibu selama bekerja dengan a [...]

Vulva, Gerbang Pertama Organ Intim Wanita

Vulva, Gerbang Pertama Organ Intim Wanita

Sama dengan organ intim laki-laki, organ intim wanita memiliki beberapa bagian. Vulva merupakan bagian paling luar dari keseluruhan sistem reproduksi wanita. Organ intim wanita yang umumnya disebut vagina, sebenarnya merupakan saluran otot tertutup. Di luar vagina adalah vulva. Fungsi Vulva sebagai Organ Seksual Vulva terdiri dari beberapa struktur utama yaitu mons pubis, labium mayor dan labium minor, klitoris, saluran uretra, saluran vagina dan himen atau selaput dara. Sebagai organ intim, vulva memiliki fungsi penting dalam aktivitas seksual. Vulva terdiri banyak sensor saraf dan stimulasi yang sesuai dapat menghasilkan kepuasan seksual. Ketika seorang wanita terangsang saat melakukan aktivitas seksual, vulva akan tampak membesar karena meningkatnya aliran darah dari dalam dinding vagina. Sementara di bagian dalam, bagian atas vagina akan mengembang. Selama penetrasi, rambut yang tumbuh pada vulva akan berfungsi sebagai pelindung yang akan menahan benturan. Rambut ini juga berfungsi melindungi kelenjar skene dan bartholin dari cairan vagina, keringat dan iritasi. Sayangnya, kini banyak wanita yang mencukur rambut di sekitar vulva tersebut. Risiko Penyakit Beberapa gangguan [...]

Inilah Bagaimana Medical Check Up Selamatkan Nyawa Anda

Inilah Bagaimana Medical Check Up Selamatkan Nyawa Anda

Apakah Anda termasuk seseorang yang datang ke dokter atau fasilitas kesehatan hanya pada waktu sakit atau mengalami keluhan saja? Apakah Anda pernah melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh? Apakah Anda pernah berpikir bahwa medical check up yang rutin dapat menyelamatkan nyawa Anda? Jika Anda termasuk dalam kelompok orang yang hanya datang ke dokter atau fasilitas kesehatan hanya pada waktu sakit atau mengalami keluhan, maka mungkin sekarang adalah saatnya Anda mengubah pikiran Anda. Tubuh Anda adalah karunia Tuhan yang luar biasa. Kemampuannya untuk beradaptasi dan mengatasi masalah-masalah kecil memampukan tubuh manusia untuk mengatasi banyak sekali bahaya kesehatan. Untuk itulah, seringkali ketika terdapat suatu masalah kesehatan dalam tubuh, secara otomatis tubuh Anda akan mengatasinya sehingga tidak muncul gejala yang berarti. Dalam kondisi seperti ini, meskipun Anda tidak memiliki keluhan, tubuh Anda sebenarnya sudah sakit. Untuk itulah pemantauan kesehatan rutin diperlukan selain dari menjalani pola hidup sehat untuk menjaga hidup Anda. Lalu bagaimana medical check up dapat menyelamatkan nyawa Anda? Inilah Bagaimana Medical Check Up Dapat Menyelamatk [...]

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

Jerawat dan bekas jerawat adalah 2 masalah kulit yang seolah semakin tidak dapat dipisahkan. Mereka yang datang ke ruang praktik dokter karena masalah jerawat, seringkali kembali lagi, baik karena masalah jerawat yang membandel atau karena masalah bekas jerawat. Tidak semua orang merasa bahwa bekas jerawat adalah suatu masalah. Namun, untuk sebagian orang lainnya, bekas jerawat dapat menyebabkan masalah kepercayaan diri yang cukup serius. Sebenarnya, bekas jerawat dapat dicegah dengan cara-cara yang mudah. Berikut ini adalah rekomendasi dari American Academy of Dermatology mengenai cara mudah untuk mencegah munculnya bekas jerawat pada kulit berjerawat. Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat Obati Jerawat Anda Semakin sedikit jerawat yang Anda miliki, semakin kecil kemungkinan Anda untuk memiliki bekas jerawat. Mengobati jerawat sangat penting untuk mencegah jaringan parut, terutama jika: Jerawat parah (kista dan nodul): Jerawat jenis ini lebih mungkin untuk meninggalkan bekas luka setelah jerawatnya teratasi. Jerawat yang mulai muncul pada usia muda: jerawat yang muncul di masa praremaja sering berkembang menjadi jerawat yang parah dalam beberapa tahun. Di [...]

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Selain perdebatan mengenai perlu atau tidaknya penggunaan obat antibiotik pada anak-anak, tim medis dari Inggris mengangkat kembali kekhawatiran mereka akan pemberian dosis obat yang seharusnya di tinjau ulang. Hal ini di kemukakan dalam The British Medical Journal berdasarkan hasil survei mereka yang dilakukan sejak tahun 2009 menunjukkan bahwa berat badan anak semakin meningkat dibandingkan dengan anak-anak diusia yang sama 50 tahun yang lalu. Dengan demikian mereka berpendapat bahwa patokan dosis obat yang diberikan kepada anak-anak yang di cantumkan dalam BMJ tahun 1963, seharusnya direvisi kembali. Sebab dari hasil penelitian mereka, terlihat penambahan ukuran badan beserta berat badan anak-anak yang lahir jaman ini sebanyak 20% dibandingkan dengan rata-rata ukuran badan anak pada tahun 1963. Meskipun mereka tidak menemukan bukti yang dapat membahayakan dari kemungkinan kekurangan dosis obat yang dibutuhkan, namun Dr. Paul Long salah satu peneliti dari King?s College, London mengharapkan bahwa perkembangan kemajuan berbagai macam obat selayaknya disesuaikan dengan jumlah dosis yang relevan juga khususnya dalam pemberian obat antibiotik penicillin pada anak-anak. Karena peninja [...]

Inilah Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Rutin Donor Darah

Inilah Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Rutin Donor Darah

Anda pasti sudah sering mendengar banyaknya institusi yang mengadakan program donor darah untuk umum. Donor darah bukan hanya bermanfaat untuk orang yang membutuhkan, namun juga memberikan keuntungan bagi kesehatan bagi para pendonornya. Selain Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis (sebelum donor darah, dokter harus memeriksa kesehatan Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda dapat mendonorkan darah atau tidak), Anda juga akan mendapatkan lima manfaat ini, seperti dirangkum Bold Sky. 1. Menurunkan KolesterolDarah merah mengandung kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Ketika Anda mendonorkan darah, Anda juga sekaligus menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.2. Mengontrol Tekanan Darah TinggiKetika darah didonorkan, volume darah akan menjadi seimbang. Hal ini dapat mencegah terjadinya darah tinggi dan baik untuk pencegahan penyakit jantung.3. Mempercepat Proses Pemulihan LukaKetika Anda mendonorkan darak, akan terjadi penyesuaian tubuh terhadap berkurangnya sel darah merah. Penyesuaian tubuh ini juga dibutuhkan ketika tubuh Anda mengalami luka yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah, sehingga penyembukan luka jadi lebih cepat. 4. Menyeimbangkan Z [...]

Apa Bedanya Flu dan Sinusitis?

Apa Bedanya Flu dan Sinusitis?

Ketika Anda mengalami hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala, apakah Anda bisa membedakan hal tersebut disebabkan oleh flu atau sinusitis? Untuk orang awam, flu dan sinusitis memang sulit dibedakan. Sinusitis pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri pada rongga sinus. Sinus adalah rongga yang terdapat di dalam tulang pipi, dekat mata, dahi, dan hidung. Sedangkan flu biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang menyebkan produksi lendir hidung bertambah. Berikut ini adalah perbedaan antara flu dan sinusitis: Flu Sinusitis Gejala Demam, sakit kepala Sakit tenggorokan Pilek dengan lendir berwarna jernih Bersin-bersin, hidung tersumbat Gejala utama muncul di daerah hidung Nyeri di sekitar wajah, mata, atau dahi, terutama jika ditekan Nyeri bertambah saat sujud Sakit kepala Hidung tersumbat Demam Lendir dari hidung berwarna kuning atau hijau Bau mulut Penyebab Virus Bakteri Lama gejala Menghilang dalam 3-5 hari Menetap sampai 1 minggu atau lebih, bahkan berbulan-bulan Pengobatan Istirahat cukup [...]

7 dari 10 Wanita Ingin Tiru Angelina Jolie Operasi Pengangkatan Payudara

7 dari 10 Wanita Ingin Tiru Angelina Jolie Operasi Pengangkatan Payudara

Tindakan berani Angelina Jolie menjalani mastektomi untuk mencegah kanker tumbuh di kedua payudaranya telah mengejutkan banyak orang di berbagai belahan dunia. Membuktikan, bahwa kanker payudara bisa terjadi pada siapa saja, bahkan selebriti.Tak hanya itu, kekasih Brad Pitt ini juga menginspirasi banyak wanita untuk melakukan hal yang sama. Menurut hasil riset terbaru seperti yang dikutip dari Female First, tujuh dari 10 wanita mengatakan akan menjalani mastektomi ganda jika hasil tes mengindikasikan kalau mereka berisiko tinggi terkena kanker payudara.Sementara itu 68 pesen wanita mengatakan rela jaringan payudaranya diangkat dan digantikan dengan implan jika tes genetik menunjukkan ada kemungkinan besar gen mereka mengembangkan kanker payudara. Survei yang dilakukan oleh The YouGov tersebut juga menemukan, tak hanya kanker payudara, tapi responden (pria dan wanita) juga akan melakukan operasi sebagai tindakan preventif jika diketahui mereka berisiko mengidap kanker jenis lain. Jumlah antara pria dan wanita sama, masing-masing 70 persen.Pada Selasa (14/05/2013), Angelina mengumumkan bahwa dia telah menjalani mastektomi ganda. Kepada New York Times, ia mengatakan dokter yang mem [...]

Awas, Terlalu Banyak Tidur Bisa Picu Stroke

Awas, Terlalu Banyak Tidur Bisa Picu Stroke

Selama ini, yang banyak dipermasalahkan orang adalah bahaya kurang tidur. Tapi tidur berlebihan juga tidak sehat bagi tubuh. Salah satunya dampak negatifnya, bisa meningkatkan risiko terkena stroke.Dr Daniel Kripke, direktur Scripps Clinic Sleep Center di La Jolla, California mengungkapkan bahwa terlalu banyak tidur saat akhir pekan tidak akan membuat seseorang merasa lebih baik. Tidur terlalu lama bisa membuat kekebalan tubuh terganggu."Orang yang tidak mendapatkan tidur cukup, baik itu kurang atau berlebih berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas, perubahan berat badan, penurunan produktivitas serta terganggunya sistem kekebalan tubuh," ujar Kripke, seperti dikutip dari CNN.Banyak orang berpikir tidur berlebih saat akhir pekan merupakan 'bonus' bagi tubuh, sehingga orang berpikir akan merasa lebih baik setelahnya. Orang yang biasa tidur sedikit pada hari kerja (sekitar 5 jam) dan tidur berlebih saat akhir pekan yaitu lebih dari 8 jam, akan merasa lelah pada beberapa fungsi tubuhnya sehingga membutuhkan waktu peregangan yang lebih lama ketika bangun tidur."Hal ini dikenal dengan 'sleep drunkenness', jika sangat parah bisa membuat orang sulit untuk mengambil keputusan. Tapi unt [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *