Mitos dan Fakta Ginkgo Biloba

mitos-dan-fakta-ginkgo-biloba-alodokter.jpg

Ginkgo biloba merupakan tanaman yang berasal dari daratan Tiongkok. Sejak ribuan tahun lalu, khasiat tanaman ini dipercaya dapat mengobati beberapa kondisi. Salah satu khasiatnya yang paling dikenal adalah mengatasi kondisi yang berhubungan dengan gangguan ingatan.

Gangguan ingatan bisa disebabkan oleh faktor usia, Alzheimer atau demensia (pikun).

Khasiat Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba, terutama bagian daunnya, sering digunakan untuk mengatasi daya ingat yang menurun karena cara kerjanya yang sepertinya bisa meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kecil di otak. Ada penelitian yang menyatakan pro dengan ginkgo biloba, namun ada juga yang kontra. Oleh sebab itu, khasiat ginkgo biloba masih dipertanyakan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektivitasannya. Berikut ini penjelasan secara lengkap.

  • Mengonsumsi ekstrak daun ginkgo biloba sering disebut-sebut bisa menangani daya ingat. Namun sepertinya hal itu belum dibuktikan sepenuhnya. Penelitian kecil di awal menunjukkan bahwa ginkgo biloba bisa memperbaiki fungsi kognitif orang lanjut usia yang memiliki demensia. Namun sejumlah studi lebih lanjut menyatakan bahwa tanaman ini tidak dapat mencegah masalah kehilangan daya ingat atau memperlambat perkembangan penurunan kognitif atau penyakit Alzheimer pada orang lanjut usia. Para ahli pun memutuskan untuk tidak merekomendasikan penggunaannya sebagai alat bantu memori otak.
  • Beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi ginkgo biloba dengan Panax ginseng atau condonopis. Kombinasi itu disebut bisa meningkatkan daya ingat lebih baik ketimbang mengonsumi ginkgo biloba saja. Meski begitu, hal ini juga belum dibuktikan sepenuhnya.

Selain manfaat pada fungsi otak yang belum sepenuhnya terbukti, berikut adalah efek-efek lain ginkgo biloba yang juga belum terbukti:

  • Meredakan kecemasan
  • Meningkatkan penglihatan penderita diabetes
  • Meredakan gejala skizofrenia
  • Meredakan vertigo
  • Meredakan nyeri payudara sebagai gejala premenstrual syndrome (PMS)

Perhatikan Hal Ini Sebelum Konsumsi Ginkgo Biloba

Meski alami, Anda harus tetap berhati-hati ketika ingin mengonsumsi ginkgo biloba. Dalam bentuk buah, ginkgo biloba bisa menyebabkan alergi kulit yang parah serta iritasi.

Sebaiknya hindari memakan biji ginkgo biloba mentah karena beracun dan bisa menyebabkan kejang, bahkan kematian. Hindari pula biji ginkgo biloba yang telah dipanggang. Mengonsumsi 10 biji ginkgo panggang per hari dapat membuat Anda sulit bernapas, kejang, denyut nadi lemah, dan kehilangan kesadaran.

Namun jika telah diproduksi menjadi suplemen, terutama dari bagian daunnya, aman dikonsumsi jika mengikuti dosis yang dianjurkan. Meski begitu, ada pula efek samping ringan yang berpotensi terjadi, seperti sakit perut, sembelit, pusing, sakit kepala, detak jantung yang kencang, atau reaksi alergi.

Dalam dosis tinggi, ekstrak daun ginkgo biloba juga dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko kanker hati dan tiroid. Namun hal itu baru diteliti pada hewan. Penggunaannya pada manusia belum bisa dipastikan.

Ekstrak daun ginkgo biloba juga dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko memar dan pendarahan.

Ginkgo biloba sebaiknya jangan dikonsumsi oleh:

  • Ibu hamil dan menyusui. Ginkgo biloba bisa menyebabkan kelahiran prematur atau pendarahan selama persalinan jika mengonsumsinya berdekatan dengan waktu kelahiran. Sampai saat ini belum diketahui efeknya untuk ibu menyusui. Untuk berjaga-jaga, lebih baik dihindari.
  • Wanita yang Ingin hamil. Penggunaan ginkgo biloba mungkin bisa mengganggu proses alami tubuh Anda untuk memiliki anak. Tanyakan pada dokter.
  • Penderita diabetes. Ginkgo biloba bisa mengganggu jalannya pengelolaan diabetes. Jika Anda memiliki diabetes, disarankan untuk selalu memonitor kadar gula dalam darah jika mengonsumsi ginkgo biloba.
  • Orang yang ingin melakukan operasi. Ginkgo biloba dikenal bisa memperlambat pembekuan darah. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami pendarahan lebih banyak selama dan setelah operasi. Sebaiknya jangan mengonsumsi ginkgo biloba minimal 14 hari sebelum operasi.

Dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan, sepertinya ginkgo biloba belum terbukti bisa meningkatkan daya ingat secara signifikan. Meski begitu, masih ada solusi lain bagi Anda yang ingin meningkatkan daya ingat. Anda bisa meningkatkannya dengan cara-cara alami, seperti berolahraga, tidur yang cukup, hindari merokok, lebih sering bersosialisasi, atau menjalani pola makan yang sehat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Gejala Kanker yang Sering Kita Abaikan

5 Gejala Kanker yang Sering Kita Abaikan

Kanker merupakan penyakit yang cukup menyeramkan untuk kita dengar. Terkadang orang-orang yang menderita kanker baru menunjukkan gejala signifikan setelah kanker itu menyebar. Nah menurut sebuah studi Kanker di Inggiris menunjukkan bahwa ada sebanyak 5 gejala yang dapat menjadi pertanda awal kanker. 1. Batuk yang lama dan suara serak Batuk yang sering muncul dan hilang merupakan gejala yang sering kita temui dan berkaitan dengan alergi. Namun batuk yang lama tidak sembuh-sembuh dan diserati darah harus diwaspadai. Batuk yang lama dan disertai darah bisa saja merupakan tanda adanya kanker paru-paru, dan bisa dilakukan pemeriksaan xray untuk memastikan. Gejala kanker lainnya yang sering kita abaikan di halaman berikut. Gejala Kanker Lainnya yang Sering Disepelekan 2, Nyeri yang lama dan tidak dapat dijelaskan Kebanyakan nyeri bukan disebabkan oleh kanker, namun nyeri yang berlangsung lama harus segera dilakukan pemeriksaaan. Misalnya, Anda memiliki gejala nyeri kepala yang lama sekali, coba lakukan pemeriksaan, mungkin bukan sebuah kanker otak, namun ada baiknya segera dilakukan pemeriksaan. Nyeri yang lama pada daerah dada bisa juga merupakan tanda dari kank [...]

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mungkin Anda sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga Anda supaya tetap sehat. Kabar baiknya lagi adalah: diet yang sehat dapat membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan. Bahkan beberapa makanan tersebut dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti: Alzheimer, diabetes, serta penyakit jantung. Berikut diantaranya: Buah?buahan dan sayuran Mengurangi risiko kebutaan di usia 65 tahun atau lebih. Sayuran dan buah-buahan seperti: bayam, kembang kol, jagung, jeruk, dan wortel kaya akan vitamin c, zinc dan beta karoten yang baik untuk mata. Anggur, terutama anggur merah kaya akan antioksidan (resveratrol) yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Sayur-sayuran berwarna kuning dan hijau mengandung vitamin C yang berguna untuk peremajaan kulit. Makanan lainnya yang dapat membantu Anda awet muda lainnya adalah: Makanan yang Membuat Awet Muda Lainnya: Gandum. Dengan mengkonsumsi gandum yang kaya akan serat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Ikan. Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan memiliki fungsi untuk mencegah penuaan [...]

Cahaya Infra Merah Dalam Pengobatan Kanker

Cahaya Infra Merah Dalam Pengobatan Kanker

Sebuah penelitian di National Cancer Institute, Maryland, Amerika Serikat menemukan cara mengobati penderita kanker dengan membuat obat senyawa antibodi yang mampu menempel hanya pada protein dipermukaan sel kanker menggunakan cahaya infra merah. Hal ini merupakan suatu penemuan baru dimana pengobatan dapat ditargetkan secara langsung tanpa merusak jaringan sehat lain di sekitarnya. Seperti yang ketahui, bahwa semua cara penanganan dan pengobatan kanker saat ini masih memiliki efek samping yang cukup beresiko terhadap kesehatan tubuh lainnya baik itu dengan cara menghancurkan sel kanker menggunakan pemaparan radiasi, operasi pengangkatan tumor kanker, hingga penggunaan obat-obatan dalam membunuh sel kanker dari dalam. Meskipun penelitian menggunakan antibodi dan cahaya infra merah baru berhasil diterapkan pada tikus percobaan di laboratorium, namun penelitian menemukan bahwa ukuran tumor sel kanker dapat mengecil secara signifikan dan mampu mematikan sel kanker yang telah ditentukan. Dengan demikian secara langsung meminimalisir kerusakan pada sel normal. Menjadikan cara ini sebagai salah satu terapan yang sangat berpotensial dalam mengobati kanker. Untuk itu penelitian yang di pub [...]

Lawan Rasa Kantuk dengan 5 Makanan Ini

Lawan Rasa Kantuk dengan 5 Makanan Ini

Letih dan kantuk yang tidak tertahankan di siang hari hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Mengantuk memang hal yang alamiah, tapi jika terus berlangsung selama jam sibuk dapat mengganggu performa kerja Anda.Banyak penyebab rasa lemas dan ngantuk timbul di tengah hari. Kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak atau pun stres merupakan kondisi yang memicu ngantuk berlebih. Lalu bagaimana mengatasi rasa kantuk pada siang hari? Berikut tipsnya dari Health Me Up.YoghurtYoghurt dapat memberikan semangat. Gula alami dan protein yang terkandung membuat tubuh lebih bugar. Apalagi mengonsumsi yoghurt dingin, rasa kantuk langsung hilang. Selain itu, yoghurt bermanfaat untuk kesehatan. Probiotik bakteri dalam yoghurt bermanfaat untuk sistem pencernaan.OatmealOatmeal yang diseduh dengan susu atau air dapat meningkatkan energi. Kandungan mineral seperti magnesium dan fosfor dapat mencegah kelelahan. Selain itu kombinasi dari karbohidrat dan serat dapat mengenyangkan lebih lama.Air dan Jus LemonSalah satu penyebab utama lelah dan kantuk adalah dehidrasi. Untuk itu, rajinlah minum air putih yang banyak. Anda juga bisa menambahkan lemon, gula dan sedikit garam pada air minum untuk meng [...]

Cara & Manfaat Mengurangi Kecanduan Teknologi Bagi Kesehatan

Cara & Manfaat Mengurangi Kecanduan Teknologi Bagi Kesehatan

Banyak penelitian yang menunjukkan dampak negatif dari kecanduan teknologi. Mulai dari mata lelah sampai paparan radiasi. Lalu bagaimana cara mengurangi kecanduan teknologi?Seperti yang dikutip dari Prevention Internasional, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa radiasi telepon genggam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Radiasi tersebut bisa meningkatkan risiko terkena tumor telinga, kanker otak dan mengurangi jumlah sperma hingga 30 persen.Selain telepon genggam, layar komputer atau laptop juga memberikan efek negatif pada kesehatan seseorang, terutama mata. Fokus pada layar monitor terlalu lama bisa menyebabkan mata tegang dan lelah. Tampilan layar komputer yang terlalu terang juga bisa mempercepat kelelahan pada mata.Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengurangi pemakaian teknologi. Menurut Larry Rosen, PhD, penulis 'iDisorder: Understanding Our Obsession with Technology and Overcoming Its Hold on Us', Anda tak perlu menyingkirkan gadget selamanya, tetapi lakukan beberapa tips di bawah ini:1. Buat BatasanMembawa smartphone kemanapun Anda pergi akan merangsang otak untuk selalu melihatnya. Dr Rosen menyarankan untuk membuat jadwal 'istirahat dari teknologi'. Misalnya, [...]

Inilah 13 Nama Lain MSG dalam Makanan

Inilah 13 Nama Lain MSG dalam Makanan

Semenjak ditemukannya MSG (Monosodium Glutamate) pada tahun 1908 oleh Profesor Kikunae Ikeda di Jepang, zat kimia ini menjadi semakin sering digunakan sebagai penyedap makanan. Penggunaannya juga semakin meningkat setiap tahunnya. MSG sebenarnya aman apabila tidak dikonsumsi berlebihan. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa MSG dapat menimbulkan efek samping jangka pendek (keracunan MSG) maupun jangka panjang. Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari makanan yang mengandung MSG. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melihat label kandungan yang terdapat dalam kemasan makanan. Sayangnya, banyak makanan yang mengandung MSG namun tidak mencantumkannya dalam kemasan. Halaman berikut ini adalah beberapa kandungan dalam makanan yang merupakan nama lain dari MSG:?4 Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam makanan yang merupakan nama lain dari MSG: Gelatin Calcium Caseinate Hydrolyzed Vegetable Protein (HVP) Textured Protein Monopotassium glutamate Hydrolyzed Plant Protein (HPP) Yeast Extract Glutamate Autolyzed Plant Protein Yeast food Glutamic Acid Sodium Caseinate Autolyzed Yeast Berhati-hatilah dalam memilih makanan, selalu lihat kand [...]

Olahraga untuk Atasi Nyeri Punggung Bawah

Olahraga untuk Atasi Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah merupakan salah satu masalah medis yang banyak dikeluhkan oleh orang dewasa dan merupakan penyebab terbanyak disabilitas pada usia produktif. Penyebab tersering nyeri punggung bawah adalah masalah pada otot yang menyangga tulang belakang. Olahraga sederhana dan menjaga posisi tubuh yang baik biasanya dapat membantu mengurangi nyeri punggung bawah. Meskipun, dalam beberapa kondisi membutuhkan pengobatan bahkan operasi. Tentang Nyeri Pinggang & Punggung Bawah Nyeri punggung bawah merupakan salah satu masalah medis yang banyak dikeluhkan oleh orang dewasa dan merupakan penyebab terbanyak disabilitas pada usia produktif. Penyebab tersering nyeri punggung bawah adalah masalah pada otot yang menyangga tulang belakang. Olahraga sederhana dan menjaga posisi tubuh yang baik biasanya dapat membantu mengurangi nyeri punggung bawah. Meskipun, dalam beberapa kondisi membutuhkan pengobatan bahkan operasi. Olahraga untuk Nyeri Punggung Bawah Otot punggung, perut dan kaki yang kuat dapat menyokong tulang belakang lebih baik, mengurangi tekanan pada diskus spinalis, dan mencegah cedera. Kurang olahraga akan memicu hilangnya f [...]

Masuk Angin Boleh Dikerok, Asal…

Masuk Angin Boleh Dikerok, Asal…

Kerokan merupakan alternatif untuk mengatasi masuk angin. Di luar pendapat medis boleh atau tidaknya dikerok, namun metode tersebut telah dipercaya sejak zaman nenek moyang kita sebagai solusi untuk menyembuhkan masuk angin atau flu. Benar saja, banyak orang yang sembuh dari masuk angin berkat dikerok. Meski begitu, teknik mengerok tubuh harus dilakukan dengan benar. Treatment Developer dari Martha Tilaar Day Spa, Mien Rogi menyarankan jangan menggunakan koin yang tajam ujung-ujungnya, sebaiknya gunakan koin besi. ""Pakai seribu baru, tapi jangan lupa disterilkan dulu," katanya, saat ditemui di Martha Tilaar Day Spa, Jumat (30/8/2013). Teknik penempatan koin di tubuh juga harus dilakukan dengan benar, yaitu dengan cara sedikit miring atau tidur. Jangan berdiri, karena dapat melukai kulit. "Gosok pelan-pelan di alur-alurnya atau di scapula, di sela-sela tulang rusuk. Biasanya angin masuknya di lewat situ," tambah Mien. Dari warna hasil pengerokan bisa ditentukan keparahan masuk angin Anda. Jika warnanya sangat merah, berarti Anda sedang masuk angin parah. Tapi jika dilakukan berulang warnanya hanya pink muda berarti Anda tidak begitu bermasalah. Setelah dikerok jangan langsung ma [...]

Cara Mengubah Kebiasaan Makan Buruk Karena Stres

Cara Mengubah Kebiasaan Makan Buruk Karena Stres

Setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing. Tidak ada orang yang hidup tanpa masalah. Dan bagaimana cara menghadapi masalah tersebut pun berbeda-beda untuk setiap orang. Masalah yang kita hadapi terkadang membuat kita menjadi stres sehingga membuat kita mencari hal-hal baru yang dapat mengalihkan perhatian kita dari stres tersebut. Ada yang dengan cara jalan-jalan bersama teman, ada yang senang berbelanja, ada pula yang melampiaskannya dengan kebiasaan makan. Kebiasaan makan yang buruk seperti makan makanan yang tidak sehat, makan dengan porsi yang tidak tepat, ataupun makan yang sering terlambat lama kelamaan akan menimbulkan masalah bagi kesehatan. Sudah saatnya bagi Anda yang memiliki kebiasaan makan yang buruk untuk merubah kebiasaan tersebut untuk mencegah memburuknya kesehatan anda di kemudian hari. Cara Pertama: Niat Untuk mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan tentu tidak mudah. Satu modal utama yang kita butuhkan yaitu niat. Niat untuk berubah. Yakinkan pada diri Anda bahwa sudah saatnya Anda merubah kebiasaan buruk Anda dan ingat-ingatlah dampak yang akan timbul di kemudian hari jika perubahan ini tidak Anda lakukan sesegera mungkin. [...]

Mendengarkan Musik Terbukti Bisa Kurangi Rasa Sakit

Mendengarkan Musik Terbukti Bisa Kurangi Rasa Sakit

Mendengarkan musik tidak hanya bisa memperbaiki mood yang sedih jadi lebih menyenangkan. Tapi juga mengurangi rasa sakit. Sebuah penelitian di University of Alberta menemukan bukti yang menunjukkan bahwa musik bisa mengurangi sensitivitas manusia terhadap rasa sakit.Penelitian dipimpin oleh Dr Lisa Hartling dari Fakultas Obat dan Kedokteran Gigi. Ia bersama timnya melakukan riset terhadap 42 anak dengan usia antara tiga dan 11 tahun.Semua anak merupakan pasien dari unit gawat darurat di Rumah Sakit Anak Stollery, Alberta, Kanada. Masing-masing dari mereka memerlukan terapi IV atau cairan infus. Beberapa anak disuntikkan infus sambil mendengarkan musik, sementara yang lainnya tidak. Kemudian peneliti memeriksa tingkat stres, rasa sakit dan detak jantung pada setiap anak. Mereka juga mengukur tingkat kepuasan orangtua dan penyedia produk kesehatan yang menyuplai cairan infus.Peneliti menemukan perbedaan yang cukup signifikan terhadap tingkat rasa sakit yang dialami pasien. "Kami menemukan perbedaan dalam laporan. Anak-anak yang berada dalam kelompok yang mendengarkan musik segera berkurang rasa sakitnya setelah dilakukan prosedur pemberian infus," ujar Dr Hartling, seperti dikutip [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *