Muncul Suara dan Sosok Misterius Akibat Halusinasi

halusinasi-dapat-berujung-bahaya-alodokter.jpg

Halusinasi membuat orang mendengar, merasa, melihat sesuatu yang kenyataannya tidak ada. Pada keadaan tertentu, halusinasi dapat mengakibatkan ancaman pada diri sendiri dan orang lain.

Kata ?halusinasi? merupakan turunan dari bahasa Latin, alucinari, yang bermakna berkelana dalam pikiran. Seseorang disebut berhalusinasi ketika dia melihat, mendengar, merasa, atau mencium suatu aroma yang sebenarnya tidak ada. Hal-hal ini hanya ada di dalam pikiran mereka. Halusinasi berbeda dengan aktivitas membayangkan karena membayangkan adalah tindakan dalam kendali dan dilakukan dengan kemauan sendiri.

Halusinasi dapat muncul akibat beberapa situasi. Berikut adalah beberapa latar belakang yang paling umum.

  • Gangguan kejiwaan, seperti skizofrenia, demensia, dan depresi dengan gejala psikosis. Juga gangguan-gangguan yang menyebabkan psikosis. Psikosis adalah kumpulan gejala gangguan jiwa di mana seseorang merasa terpisah dari kenyataan yang sebenarnya, ditandai dengan gangguan emosional dan pikiran.
  • Gangguan saraf kronis, seperti Parkinson dan Alzheimer.
  • Kehilangan penglihatan karena sindrom Charles Bonnet.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang.
  • Demam pada anak kecil atau demam pada orang lanjut usia.
  • Gangguan tidur, seperti narkolepsi.
  • Penyakit serius kronis, seperti gagal ginjal, HIV/AIDS, kanker otak.
  • Rendahnya kadar sodium dalam darah (hiponatremia).
  • Migrain dengan aura.
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein.
  • Rendahnya kadar gula darah (hipoglikemia).

Berdasarkan ciri-ciri dan penyebabnya, jenis halusinasi yang umum terjadi adalah sebagai berikut:

Halusinasi pada anak yang demam

Anak yang mengalami demam tinggi dapat mengalami halusinasi dan mengigau. Kondisi ini biasanya dapat berlalu setelah beberapa menit.

Mendengar suara

Pengidap halusinasi ini mendengar suara-suara yang bisa jadi bersifat netral, mengoreksi, atau bahkan mungkin perintah untuk melakukan sesuatu yang membahayakan seperti bunuh diri atau menyakiti orang lain. Kondisi ini adalah gejala yang biasa terjadi pada skizofrenia, gangguan bipolar, atau demensia. Sebagian orang yang baru saja kehilangan kerabatnya bisa jadi mendengar suara-suara orang yang sudah meninggal tersebut.

Di sisi lain pengalaman ini tidak selalu menjadi hal negatif. Sebagian orang dapat tetap hidup dengan baik bersama kondisi ini. Akan tetapi memeriksakan diri pada psikiater adalah langkah yang tepat ketika mengalami kondisi semacam ini untuk mendeteksi apakah merupakan gejala gangguan mental serius. Makin cepat ditangani, pengidap skizofrenia akan makin mudah disembuhkan.

Halusinasi karena konsumsi obat-obatan dan minuman keras

Orang yang mengonsumsi obat-obatan terlarang, seperti kokain, LSD, atau ekstasi dapat mengalami halusinasi. Begitu juga mereka yang sedang mencoba berhenti mengonsumsi obat-obatan dan minuman keras dengan penghentian yang tiba-tiba. Jika pengidap skizofrenia biasanya berhalusinasi mendengar suara, maka pecandu obat-obatan lebih banyak secara visual. Mereka melihat kilatan cahaya, bentuk-bentuk abstrak, atau bentuk menyerupai manusia atau hewan. Dapat terjadi distorsi visual ini yang dapat mengubah persepsi pengidapnya akan dunia sekitar.

Selain bahan ilegal, halusinasi juga dapat dialami mereka yang mengonsumsi obat secara umum. Situasi ini dapat berhenti begitu obat tersebut tidak dikonsumsi lagi. Meski demikian, sebelum menghentikan konsumsi obat secara tiba-tiba, dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter.

Halusinasi dalam tidur

Halusinasi ini secara umum sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena dialami sebagian besar orang dalam tidurnya. Mengalami halusinasi selama tidur disebut halusinasi hipnagogik, sementara halusinasi yang dialami menjelang waktu bangun disebut halusinasi hipnopompik. Kedua kondisi ini juga sering dialami pengidap gangguan tidur narkolepsi. Halusinasi saat tidur ini seperti mimpi. Namun ada juga yang membedakannya dengan bermimpi karena mimpi tidak dialami orang yang sadar.

Sindrom Charles Bonnet

Sindrom ini umumnya terjadi pada orang yang mengalami gangguan atau kehilangan penglihatan yang banyak menimpa orang lanjut usia, biasanya disebabkan oleh glaukoma, katarak, retinopati diabetik (kerusakan pembuluh darah menuju mata akibat penumpukan glukosa), serta penurunan kualitas penglihatan karena degenerasi makula. Halusinasi ini umumnya bersifat visual dan dapat hilang setelah 12-18 bulan.

Selain harus segera memeriksakan diri ke dokter, pengidap halusinasi sebaiknya tidak dibiarkan tinggal atau bepergian sendiri. Dengan penanganan yang tepat dan sedini mungkin, halusinasi yang disebabkan penyakit serius dapat segera ditangani dan tidak sampai membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menyederhanakan Anatomi Otak yang Rumit

Menyederhanakan Anatomi Otak yang Rumit

Otak adalah organ yang mengatur pemikiran seseorang. Otak pula yang mengendalikan perilaku, emosi, gerakan, dan sensasi pada tubuh. Fungsinya yang sangat penting didukung oleh sistem kerjanya yang rumit. Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat memahami anatomi otak secara lebih sederhana. Otak adalah salah satu organ manusia yang paling kompleks dan terdiri lebih dari 100 miliar saraf. Seluruh saraf tersebut saling terkait di dalam sistem yang menghubungkan otak dengan seluruh tubuh, suatu kondisi yang memungkinkan gerakan terjadi hampir dalam sekejap. Beragam Fungsi Otak terdiri dari beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda. Otak besar atau cerebrum terbagi menjadi dua belahan otak. Di bagian bawah belahan otak terdapat otak kecil atau disebut cerebellum yang terhubung dengan batang otak yang tersambung dengan saraf tulang belakang. Otak besar Cerebrum atau otak besar merupakan bagian terbesar otak, yaitu mencapai 85 persen. Saat manusia berpikir, termasuk menyimpan memori jangka pendek dan panjang, otak besar yang berperan menanganinya. Otak besar juga mengendalikan otot yang digerakkan dengan sengaja. Otak besar terdiri dari belahan kanan dan kini. Belahan otak kanan menge [...]

5 Kebiasaan Sehat Agar Rambut Indah Berkilau Sampai Tua

5 Kebiasaan Sehat Agar Rambut Indah Berkilau Sampai Tua

Memelihara rambut agar selalu indah, sehat dan berkilau tidak cukup dengan perawatan dari luar saja. Serajin apa pun Anda memakai kondisioner dan spa rambut di salon, atau memakai produk mahal sekalipun apabila tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat maka rambut akan tetap kusam, kering serta rapuh.Perawatan dari dalam pun tak kalah pentingnya demi mendapatkan rambut indah. Bukan dengan jamu-jamuan atau pil suplemen penumbuh rambut. Tapi dimulai dari gaya hidup sehat. Ini empat kebiasaan sehat yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh tapi juga penampilan rambut.1. Hindari Diet KetatSeperti dikutip dari Daily Mail, diet sangat rendah kalori yang menyebabkan berat badan turun drastis bisa memicu kerontokan rambut. Pola makan rendah kalori minim asupan lemak esensial, protein serta mineral yang bisa menutrisi rambut. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, jalanilah diet sehat yang rendah gula, dan pastikan dalam setiap menu makanan terkandung protein serta lemak sehat setiap hari. Meminum suplemen mengandung multivitamin dan mineral juga bisa mendukung pemenuhan nutrisi selama program penurunan berat badan. 2. Hindari Konsumsi Terlalu Banyak GulaGula dip [...]

Cara Agar Tetap Makan Sehat Saat Liburan

Cara Agar Tetap Makan Sehat Saat Liburan

Banyak wanita yang sering tergoda dengan makanan tidak sehat saat hari libur atau akhir pekan. Mereka memanfaatkan waktu bermalas-malasan tersebut untuk mengonsumsi semua jenis makanan termasuk junk food. Aneka makanan yang digoreng dan manis-manis menjadi menu utama yang dicari ketika liburan.Makanan tidak sehat dengan sedikit nutrisi diketahui merupakan salah satu penyebab stres dan depresi. Hal itu disebutkan dalam studi terkini yang dimuat di The British Journal of Psychiatry. Para pakar epidemiologi Inggris dan Prancis telah melakukan analisis makanan dan mood 3.486 partisipan pria dan wanita."Terdapat hubungan yang erat antara jenis makanan dengan gejala depresi. Partisipan yang sering mengonsumsi makanan olahan atau makanan junk food cenderung mengalami gejala stres dan depresi dibanding partisipan yang mengonsumsi makanan alami," ujar salah satu peneliti, Tasnime Akbaraly.Oleh karena itu sebaiknya jauhi junk food mulai saat ini. Hindari mengonsumsinya secara berlebihan walaupun di hari libur. Berikut cara tetap menjaga pola makan sehat ketika sedang tidak bekerja:1. Sediakan Aneka Ragam Sayuran di RumahCobalah menyediakan bahan makanan berwarna-warni seperti brokoli, wor [...]

Jangan Cuma Jadi Taburan Sup, Ini Segudang Manfaat Jika Rutin Makan Seledri

Jangan Cuma Jadi Taburan Sup, Ini Segudang Manfaat Jika Rutin Makan Seledri

Seledri mungkin bukan makanan favorit banyak orang. Sayuran hijau ini juga kurang populer dalam pembahasan tentang makanan sehat karena hanya dianggap sebagai bahan pelengkap atau tambahan dalam makanan. Seledri memang lebih sering digunakan untuk taburan pada makanan berkuah seperti sup, bakso atau soto. Terkadang juga dijadikan campuran dalam salad sayuran.Banyak yang belum tahu kalau tanaman berbentuk batangan ini ternyata punya manfaat yang hebat bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Dijadikan campuran salad, dimakan bersama selai kacang atau dibuat jus, seledri sudah selayaknya masuk dalam menu diet harian Anda. Kenapa? Ini alasannya yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Membantu Turunkan Berat BadanSatu batang penuh seledri hanya mengandung 10 kalori sehingga aman dikonsumsi bersama bahan lainnya. Anda bisa menikmatinya dengan saus mayonnaise, Thousand Islands, selai kacang, minyak zaitun, salsa atau jenis dressing lainnya. Makanan ini bisa jadi pengganti camilan manis atau asin yang mengenyangkan tanpa menambah asupan kalori berlebihan.2. Mengurangi KolesterolSeledri mengandung butylphthalide, zat yang memberi aroma dan rasa yang khas. Sebagian orang tid [...]

Perhatikan! Ini Kondisi Kuku yang Menunjukkan Ada Penyakit di Tubuh Anda

Perhatikan! Ini Kondisi Kuku yang Menunjukkan Ada Penyakit di Tubuh Anda

Saat memotong kuku atau manikur-pedikur, sering-seringlah memperhatikan kuku Anda. Adakah perubahan? Misalnya kuku jadi lebih pucat dari biasanya atau tampak menguning dan menebal? Kuku bisa menjadi 'alat' alami untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan. Seperti dikutip dari Shape, ini enam penampakan kuku yang bisa memprediksi kondisi tubuh Anda.1. PucatJika kuku terlihat putih pucat, kemungkinan Anda menderita anemia. Dijelaskan Dr. Shilpi Agarwal, M.D., dokter pengobatan holistik dari Los Angeles, "Anemia terjadi akibat kekurangan zat besi yang menyebabkan asupan oksigen di dalam darah terhambat. Sehingga jaringan kulit menjadi pucat, terutama kulit di bawah kuku."Dalam kondisi yang lebih serius, kuku pucat juga bisa menjadi tanda-tanda awal diabetes atau penyakit liver. Jika didiagnosa lebih awal, diabetes bisa dikontrol. Hindari konsumsi makanan olahan atau yang mengandung banyak gula dan karbohidrat. Ganti pola makan Anda dengan memperbanyak serat dari sayuran, buah dan gandum utuh.2. Menguning atau MenebalKuku yang menguning atau menebal umumnya disebabkan karena infeksi jamur yang sudah menyebar ke seluruh kuku. Pengobatan topikal (dioles dengan krim atau salep) biasanya [...]

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Setiap tahunnya minggu pertama di bulan Agustus selalu diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Tahun ini pekan ASI sedunia mengangkat tema ?Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan?. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), jutaan bayi meninggal setiap tahunnya di Asia Tenggara disebabkan oleh penyakit-penyakit yang sering terjadi pada masa kanak-kanak seperti diare dan pneumonia. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian ASI eksklusif. Pekan ASI Sedunia bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kekuatan ASI dalam menurunkan risiko kematian bayi baru lahir dan balita akibat penyakit-penyakit tersebut sehingga dapat membantu tercapainya salah satu target Tujuan Pembanguan Milenium/Millennium Development Goal?s (MDG?s) yaitu untuk menurunkan angka kematian anak hingga 2/3 pada tahun 2015. Menurut Anthony Lake, Executive Director of the UN Children?s Fund (UNICEF), ?Pemberian ASI pada satu jam pertama setelah melahirkan dapat mencegah satu dari lima penyebab kematian yang tidak diinginkan atau mencegah kematian 500.000 anak setiap tahunnya.? Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik bagi bayi dan balita yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan [...]

IQ Dapat Berubah Saat Remaja

IQ Dapat Berubah Saat Remaja

Sebuah studi perkembangan otak yang dipublikasikan pada jurnal online Nature telah memupuskan pendapat mengenai Intelligence Quotient (IQ) yang dianggap selalu stabil seumur hidup. Pengukuran intelektual seseorang dalam standarisasi IQ ternyata dapat berfluktuatif, khususnya pada remaja, sehingga manusia yang otaknya telah berkembang dengan baik tidak selamanya akan semakin lebih baik, bahkan perkembangan yang lambat mampu mengejar ketertinggalan, ungkap Cathy J. Price PhD, salah seorang peneliti seperti dilansir dalam WebMD Health News. Hal ini membawa kembali kesadaran kita akan perkembangan intelektual anak, meskipun banyak diantara para guru sudah menyadari hal ini dan dengan gigih memperjuangkan anak-anak untuk semakin lebih pintar, tak ayal banyak orang tua yang seringkali terjerumus akan hasil IQ anak dengan memaklumi hal tersebut. Sehingga tak jarang terjadi kasus orang tua yang mengasihi anak IQ rendah dengan tidak mengajarkan lebih, begitupun pada kasus anak ber IQ tinggi yang seringkali dibiarkan begitu saja karena sudah dianggap pintar. Bahkan penelitian ini menunjukkan kemampuan yang seimbang antara penurunan maupun kenaikan pada perubahan intelegensi verbal dan non-v [...]

Suka Minum Kopi? Waspadai Hal-hal Berikut Ini

Suka Minum Kopi? Waspadai Hal-hal Berikut Ini

Minuman yang dapat merangsang dan memiliki efek langsung pada tubuh dan pikiran ini dapat menyegarkan serta menambah energi baik secara fisik maupun mental. Namun konsumsi kopi terlalu berlebihan memang bisa mengakibatkan kecanduan dan dapat menimbukan efek bahaya bagi tubuh. Kopi juga merangsang otak dan membuat tubuh melepaskan hormon stres dalam darah. Jika stimulasi yang diberikan terlalu berlebihan akan menyebabkan tubuh terjaga dan secara praktis merampas pikiran dan energi.Seperti dikutip dari Hubpages, kecanduan kopi biasanya terjadi jika timbul suatu keinginan yang kuat untuk minum kopi setelah dihentikan beberapa waktu. Saat pecandu kopi tak minum kopi, mereka akan merasakan tanda-tanda seperti:1. Rasa lelah sepanjang hari2. Perut mulas3. Mudah marah4. Terjadi gangguan tidur5. Rasa tidak nyaman di leher, bahu, punggung, perut, tangan dan kaki6. Sembelit7. Perasaan khawatir dan gelisah8. Sulit konsentrasi9. Pusing.Gejala yang timbul ini merupakan bagian dari penarikan kafein (withdrawal) yang akan timbul setelah 12 hingga 24 jam dari waktu terakhir kali orang tersebut mengonsumsi kopi.Salah satu fakta yang paling menarik mengenai kecanduan kopi adalah meningkatnya toler [...]

8 Tips Memilih Sepatu yang Tepat & Sehat!

8 Tips Memilih Sepatu yang Tepat & Sehat!

Bagi wanita, memilih sepatu sama halnya dengan memilih baju. Terlihat modis dan cantik adalah wajib! Tapi tentu saja untuk kecantikan, kita tidak ingin mengorbankan kesehatan dan bentuk kaki kita bukan? Sepatu yang salah malah dapat membuat bentuk kaki kita menjadi buruk seumur hidup! Berikut ini adalah tips-tips memilih sepatu yang tepat dan sehat: 1. Perhatikan dan Cocokan Ukuran Tinggi Hak dengan Kondisi Tubuh, Gunakan sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi, sebaiknya tidak melebihi 2,5 cm. Jika ingin menggunakan sepatu dengan hak tinggi, gunakanlah sepatu dengan hak yang agak lebar (tidak terlalu runcing). Ini akan membantu Anda memiliki keseimbagan berjalan yang lebih baik dan menghindarkan diri Anda dari terjatuh dan terkilir.(Baca: Inilah Cara Penanganan Keseleo yang Tepat!) 2. Cermati Bentuk Dasar Sepatu Perhatikan apakah bagian dasar sepatu dapat mendukung lekungan telapak kaki dengan baik. Jika ingin menggunakan sepatu datar, memakai alas dasar sepatu yang sesuai dengan lengkungan kaki akan membantu kaki Anda berada dalam posisi yang nyaman sehingga mengurangi kecenderungan terjadinya nyeri lutut, pinggang dan punggung. Untuk bentuk alas kaki yang lebih sesuai dengan [...]

Keputihan Berwarna Hijau Gejala Trikomoniasis

Keputihan Berwarna Hijau Gejala Trikomoniasis

Keputihan merupakan kondisi medis yang normal jika tidak berbau tajam, berwarna jernih, dan tidak menyebabkan nyeri. Namun jika keputihan Anda berwarna hijau, bisa jadi ini adalah pertanda penyakit menular seksual. Keputihan yang menjadi berwarna hijau adalah salah satu gejala penyakit menular seksual yang disebut trikomoniasis. Trikomoniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Trikomonas vaginalis. Penyakit ini dapat tertular dari penis ke vagina atau dari vagina ke vagina, namun umumnya tidak menginfeksi anus atau mulut. Anda patut curiga mengidap trikomoniasis bila terdapat keputihan berwarna hijau atau hijau kekuningan disertai dengan gejala-gejala sebagai berikut: Keputihan menjadi berbusa. Berbau amis yang menyengat. Nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seksual. Iritasi dan gatal pada organ kewanitaan. Gejala ini umumnya akan muncul pada hari kelima hingga ke-28 setelah terinfeksi. Walau demikian, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi parasit ini sehingga tidak melakukan perawatan apa pun. Penelitian menemukan bahwa dari total kasus trikomoniasis, hanya 30 persen yang merasakan suatu gejala. Namun nyatanya meski tanpa gejala, pe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *