Muncul Suara dan Sosok Misterius Akibat Halusinasi

halusinasi-dapat-berujung-bahaya-alodokter.jpg

Halusinasi membuat orang mendengar, merasa, melihat sesuatu yang kenyataannya tidak ada. Pada keadaan tertentu, halusinasi dapat mengakibatkan ancaman pada diri sendiri dan orang lain.

Kata ?halusinasi? merupakan turunan dari bahasa Latin, alucinari, yang bermakna berkelana dalam pikiran. Seseorang disebut berhalusinasi ketika dia melihat, mendengar, merasa, atau mencium suatu aroma yang sebenarnya tidak ada. Hal-hal ini hanya ada di dalam pikiran mereka. Halusinasi berbeda dengan aktivitas membayangkan karena membayangkan adalah tindakan dalam kendali dan dilakukan dengan kemauan sendiri.

Halusinasi dapat muncul akibat beberapa situasi. Berikut adalah beberapa latar belakang yang paling umum.

  • Gangguan kejiwaan, seperti skizofrenia, demensia, dan depresi dengan gejala psikosis. Juga gangguan-gangguan yang menyebabkan psikosis. Psikosis adalah kumpulan gejala gangguan jiwa di mana seseorang merasa terpisah dari kenyataan yang sebenarnya, ditandai dengan gangguan emosional dan pikiran.
  • Gangguan saraf kronis, seperti Parkinson dan Alzheimer.
  • Kehilangan penglihatan karena sindrom Charles Bonnet.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang.
  • Demam pada anak kecil atau demam pada orang lanjut usia.
  • Gangguan tidur, seperti narkolepsi.
  • Penyakit serius kronis, seperti gagal ginjal, HIV/AIDS, kanker otak.
  • Rendahnya kadar sodium dalam darah (hiponatremia).
  • Migrain dengan aura.
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein.
  • Rendahnya kadar gula darah (hipoglikemia).

Berdasarkan ciri-ciri dan penyebabnya, jenis halusinasi yang umum terjadi adalah sebagai berikut:

Halusinasi pada anak yang demam

Anak yang mengalami demam tinggi dapat mengalami halusinasi dan mengigau. Kondisi ini biasanya dapat berlalu setelah beberapa menit.

Mendengar suara

Pengidap halusinasi ini mendengar suara-suara yang bisa jadi bersifat netral, mengoreksi, atau bahkan mungkin perintah untuk melakukan sesuatu yang membahayakan seperti bunuh diri atau menyakiti orang lain. Kondisi ini adalah gejala yang biasa terjadi pada skizofrenia, gangguan bipolar, atau demensia. Sebagian orang yang baru saja kehilangan kerabatnya bisa jadi mendengar suara-suara orang yang sudah meninggal tersebut.

Di sisi lain pengalaman ini tidak selalu menjadi hal negatif. Sebagian orang dapat tetap hidup dengan baik bersama kondisi ini. Akan tetapi memeriksakan diri pada psikiater adalah langkah yang tepat ketika mengalami kondisi semacam ini untuk mendeteksi apakah merupakan gejala gangguan mental serius. Makin cepat ditangani, pengidap skizofrenia akan makin mudah disembuhkan.

Halusinasi karena konsumsi obat-obatan dan minuman keras

Orang yang mengonsumsi obat-obatan terlarang, seperti kokain, LSD, atau ekstasi dapat mengalami halusinasi. Begitu juga mereka yang sedang mencoba berhenti mengonsumsi obat-obatan dan minuman keras dengan penghentian yang tiba-tiba. Jika pengidap skizofrenia biasanya berhalusinasi mendengar suara, maka pecandu obat-obatan lebih banyak secara visual. Mereka melihat kilatan cahaya, bentuk-bentuk abstrak, atau bentuk menyerupai manusia atau hewan. Dapat terjadi distorsi visual ini yang dapat mengubah persepsi pengidapnya akan dunia sekitar.

Selain bahan ilegal, halusinasi juga dapat dialami mereka yang mengonsumsi obat secara umum. Situasi ini dapat berhenti begitu obat tersebut tidak dikonsumsi lagi. Meski demikian, sebelum menghentikan konsumsi obat secara tiba-tiba, dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter.

Halusinasi dalam tidur

Halusinasi ini secara umum sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena dialami sebagian besar orang dalam tidurnya. Mengalami halusinasi selama tidur disebut halusinasi hipnagogik, sementara halusinasi yang dialami menjelang waktu bangun disebut halusinasi hipnopompik. Kedua kondisi ini juga sering dialami pengidap gangguan tidur narkolepsi. Halusinasi saat tidur ini seperti mimpi. Namun ada juga yang membedakannya dengan bermimpi karena mimpi tidak dialami orang yang sadar.

Sindrom Charles Bonnet

Sindrom ini umumnya terjadi pada orang yang mengalami gangguan atau kehilangan penglihatan yang banyak menimpa orang lanjut usia, biasanya disebabkan oleh glaukoma, katarak, retinopati diabetik (kerusakan pembuluh darah menuju mata akibat penumpukan glukosa), serta penurunan kualitas penglihatan karena degenerasi makula. Halusinasi ini umumnya bersifat visual dan dapat hilang setelah 12-18 bulan.

Selain harus segera memeriksakan diri ke dokter, pengidap halusinasi sebaiknya tidak dibiarkan tinggal atau bepergian sendiri. Dengan penanganan yang tepat dan sedini mungkin, halusinasi yang disebabkan penyakit serius dapat segera ditangani dan tidak sampai membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Sampai Penyakit Penis Ini Terjadi pada Anda

Jangan Sampai Penyakit Penis Ini Terjadi pada Anda

Penis adalah organ vital pria yang berfungsi sebagai saluran keluarnya urine dan sperma dari dalam tubuh. Oleh karena itu, jagalah kebersihan dan kesehatan penis agar enam penyakit penis ini tidak menyerang. Penis yang bermasalah atau berpenyakit dapat menimbulkan rasa sakit serta memengaruhi fungsi seksual dan kesuburan pria. Penyakit penis juga bisa memengaruhi aspek lain kehidupan Anda seperti menyebabkan stres, masalah dalam hubungan, dan menurunkan kepercayaan diri. Beberapa penyakit penis yang ada antara lain adalah sebagai berikut. Priapismus Priapismus atau priapism adalah keadaan di mana penis mengalami ereksi terus-menerus selama lebih dari empat jam dan sering kali terasa sakit. Priapism terjadi ketika darah yang mengalir ke pembuluh darah area penis tidak sepenuhnya kembali (ada darah yang tidak mengalir keluar). Penyakit penis ini biasanya disebabkan oleh penyalahgunaan narkoba (terutama kokain) dan minuman keras, penyakit darah (leukimima, anemia sel sabit), terapi injeksi untuk disfungsi ereksi, cedera pada alat kelamin, gangguan di saraf tulang belakang, atau konsumsi obat-obat tertentu (antidepresan, dan obat tekanan darah). Keadaan darurat medis ini harus sege [...]

6 Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit

6 Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit

Banyak yang mengeluhkan kulit wajah yang terlampau banyak pori-pori yang membesar. Biasanya keluhan pori-pori kulit membesar adalah karena bekas jerawat yang membandel. Seringkali pori-pori yang membesar mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Lalu bagaimanakah solusinya? Sebelum kita bagi-bagi tips mengecilkan pori-pori kulit, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh dulu apa fungsi dari pori-pori kulit. Pori-pori kulit adalah tempat keluarnya minyak dan keringat dari dalam tubuh. Banyak hal yang dapat mempengaruhi ukuran pori-pori-pori Anda. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mengecilkan pori-pori Anda: 1. Pilih produk secara bijaksana. Zinc dan magnesium dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak pada pori dan membersihkan pori sehingga membuatnya terlelihat lebih kecil. Produk dengan kandungan lavender atau rosemary dapat mengurangi iritasi dan mencegah pori melebar. Pilih produk yang tertulis ?non-komedogenik? pada label. Bila asam salisilat tertulis sebagai salah satu kandungan, kulit dapat dieksfoliasi (pengelupasan lapisan kulit paling luar). Retinol dapat membantu membuka pori-pori dan membuatnya terlihat lebih kecil. 6 Cara Mengecilkan Pori-p [...]

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril Lavigne

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril Lavigne

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril LavigneAvril Lavigne terdiagnosa mengidap Lyme disease, dan untuk pertamakalinya pada Senin (29/6/2015), ia blak-blakan mengenai penyakit yang sudah dideritanya selama hampir dua tahun di televisi. Berurai air mata, Avril menceritakan tentang perjuangan kerasnya lepas dari penyakit mengerikan itu dan kini ia sedang dalam proses pengobatan intensif.Lyme disease merupakan penyakit yang disebabkan penularan infeksi bakteri, oleh kutu pembawa bakteri Borrelia Burgdorferi. Sekitar 15 persen kasus penularan penyakit Lyme terjadi ketika seseorang bepergian ke luar negeri, terutama Inggris dan Wales. Dikutip dari situs National Health Service UK, gejala awal penyakit Lyme ditandai dengan ruam-ruam kemerahan berbentuk lingkaran pada area yang terkena gigitan kutu. Ruam tersebut biasanya muncul sekitar tiga hingga 30 hari setelah digigit. Bentuk ruam ini seperti motif lingkaran target pada papan dart.Sayangnya, tidak setiap orang yang tergigit kutu pembawa penyakit Lyme mengalami ruam sehingga sulit terdeteksi. Sekitar satu dari tiga orang yang terkena gejala Lyme tidak mengalami ruam pada kulitnya.Selain ruam, gejala awal tertular Lyme [...]

Demi Sehat, Wanita Ini Minum & Mandi Urine Tiap Hari

Demi Sehat, Wanita Ini Minum & Mandi Urine Tiap Hari

"Saya suka minum air kencing yang masih hangat, rasanya menenangkan," ujar wanita yang mandi dan minum air kencingnya sendiri setiap hari. Carrie, adalah wanita 53 tahun asal Colorado memiliki banyak kebiasaan aneh, namun hal ini yang paling aneh menurut orang-orang yang mengenalnya. Keanehan dirinya membuat sebuah program TV berjudul 'My Strange Addiction' mewawancarai dirinya.Hal ini bermula saat dirinya didiagnosa kanker kulit stadium tiga yang mematikan delapan tahun yang lalu. Ibu dari empat putri ini lalu mencari pengobatan alternatif dan mencoba terapi urine untuk penyembuhan. Saat pertama kali meminum urinnya sendiri, ia tidak muntah dan memutuskan untuk terus melakukannya.Terapi ini nampaknya sukses mengobati penyakitnya, namun seiring waktu ia menjadi antusias akan rasa air seninya tersebut sesuai diet yang dijalaninya. Ia mengakui kadang rasanya seperti lemon dan kadang seperti sampanye aroma plum.Ia kini bisa merasakan rasa makanan yang masuk ke tubuhnya lewat air seninya, namun harus berhenti makan makanan tertentu agar rasa air seninya tidak memuakkan. Asparagus menjadi salah satu makanan yang kini dipantangnya.Tak hanya meminumnya, ia juga meneteskan air seninya k [...]

Sushi Hingga Kopi, Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Selama Hamil

Sushi Hingga Kopi, Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Selama Hamil

Wanita yang tengah berbadan dua memiliki pantangan makanan tertentu agar tidak mempengaruhi janin. Sayangnya beberapa wanita kurang memperhatikan asupan makanannya sehingga bisa memberikan efek samping untuk kesehatan Anda dan bayi dalam kadungan. Sushi dengan potongan ikan mentah sebaiknya dihindari selama hamil. Selain sushi, berikut empat jenis makanan lainnya yang disarankan agar tidak dikonsumsi selama masa kehamilan.1. SushiHindari mengonsumsi sushi dengan potongan daging mentah atau yang dimasak kurang matang ketika sedang berbadan dua. Konsultan Nutrisi, Ria Amelia, mengatakan makanan mentah dihindari karena takut banyak mengandung bakteri. Makanan mentah mengandung toksoplasmosis. Toksoplasmosis merupakan sejenis parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin."Kalau bisa dihindari sama sekali makanan mentah untuk ibu hamil karena banyak bakeri. Seperti ikan-ikan yang dimakan mentah tidak bagus ya karena dikhawatirkan sudah tercemar bakteri," papar Ria saat berbincang dengan Wolipop usai peluncuran media sosial Hawa di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).Baca juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram Bakteri serupa juga bisa terdapat pada sayu [...]

Gara-gara Wanita Ini, Orang Dewasa Kini Terkena Demam Mewarnai

Gara-gara Wanita Ini, Orang Dewasa Kini Terkena Demam Mewarnai

Mewarnai buku gambar seperti masa kanak-kanak dulu kini menjadi ?virus? di kalangan orang dewasa, khususnya kaum Hawa. Para wanita yang terkena virus ini berpergian kemanapun dengan membawa buku gambar dan pensil mewarnai. Virus mewarnai ini rupanya juga bermula dari seorang wanita yang buku gambar karyanya saat ini sudah terjual jutaan kopi di seluruh dunia. Siapa dia?Johanna Basford itulah nama wanita asal Skotlandia yang menjadikan aktivitas mewarnai buku gambar jadi tren untuk orang dewasa. Awalnya pada 2011, Johanna diminta penerbit Laurence King untuk membuat buku mewarnai anak-anak. Namun saat itu, wanita lulusan desain tekstil ini justru menyarankan membuat buku mewarnai untuk orang dewasa. Kepada sang penerbit, dia mengatakan, selama bertahun-tahun bekerja sebagai seniman dan ilustrator khusus mewarnai, dia melihat banyak kliennya yang ingin sekali mewarnai hasil karyanya.Saran Johanna itu pun diterima pihak penerbit. Mereka kemudian mencetak buku mewarnai untuk orang dewasa karya Johanna berjudul Secret Garden: An Inky Treasure Hunt and Coloring Book sebanyak 13 ribu kopi pada 2013. Tidak disangka, setelah dirilis, buku tersebut laris-manis. Hingga kini, seperti dikuti [...]

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Gigi Cepat Rusak

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Gigi Cepat Rusak

Malas gosok gigi dan tidak pernah kontrol ke dokter merupakan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan gigi. Tapi tak hanya itu saja, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat gigi rapuh bahkan keropos. Dokter gigi Bill Kohn dari Delta Dental Plans Association menjelaskan hal-hal apa saja yang sering dilakukan orang dalam merawat gigi, tapi justru berpotensi merusaknya.1. Menyikat Gigi Dua ArahOrang terbiasa menyikat gigi dengan gerakan horizontal, yaitu menyamping ke kanan dan kiri. Cara ini ternyata bisa mengikis e-mail gigi karena gerakannya statis, sehingga hanya bagian itu saja yang disikat. Bill menyarankan untuk menyikat gigi dengan gerakan memutar, dan perhatikan juga membersihkan di garis antara gigi dan gusi. Jangan hanya fokuskan penyikatan pada bagian depan saja tapi juga bagian belakang dan sela-sela gigi.2. Kurang LamaKebanyakan orang berpendapat, asalkan sudah menyikat gigi maka gigi sudah bersih dan bebas dari keropos atau gigi berlubang. Padahal sikat gigi perlu waktu yang cukup lama. Dokter spesialis kosmetik gigi, drg. Hilly Gayatri mengatakan, perlu setidaknya sikat gigi selama 15 menit agar bersih sempurna. Waktu 15 menit sudah termasuk flos [...]

Bayi ‘Lupa’ Bernapas

Bayi ‘Lupa’ Bernapas

Bernapas adalah salah satu ciri adanya suatu kehidupan. Sejak kecil, semua orang membentuk kebiasaan bernafas mereka sendiri-sendiri, tetapi kebiasaan lupa bernapas saat tidur? Hanya Joshua Herron yang mengalaminya. Bayi berumur 9 bulan asal Oelwein, Iowa ini terhitung hingga akhir 2010 telah 19 kali lupa bernapas saat sedang tidur. Dokter pun belum dapat menjelaskan dengan pasti apa yang terjadi pada Putra dari Susie dan Damien Herron ini. Sementara dokter yang menanganinya berasumsi bahwa terjadi disinkron antara otak dan pusat pernapasan di tubuh Joshua. Menjadikan koordinasi sinyal antara otot refleks pada paru dengan otaknya tertunda atau bahkan terhambat. Bahkan saat dilahirkan, dokter di Mercy Hospital sudah melihat adanya tingkat laktat, yang biasanya terlihat pada bayi di puncak kematian, terdapat pada hasil tes darah Joshua. Dalam 9 bulan hidupnya, Joshua Herron telah ?dihidupkan? kembali oleh ibunya 19 kali setelah ia berhenti bernapas dalam tidurnya. Susie ? Damien telah dilatih untuk ?menghidupkan? kembali anak mereka, yang biasanya berhasil dalam 40 detik berikutnya, walaupun saat itu terhitung Joshua telah melewati semenit tanpa bernapas. Kini untuk mendeteksi ?kelup [...]

Memilah Langkah Mencegah Perut Begah

Memilah Langkah Mencegah Perut Begah

Perut begah setelah mengonsumsi makanan tertentu memang membuat tidak nyaman. Meski pada umumnya kondisi ini tidak berisiko, namun perut begah yang terasa secara terus?menerus dapat menjadi gejala penyakit berbahaya. Perut begah umumnya disebabkan oleh angin yang tertelan atau gas yang terbentuk saat proses mencerna makanan. Pengidap gangguan ini sering merasa perutnya begah, terutama setelah acara makan besar atau setelah acara perayaan tertentu yang membuat frekuensi dan porsi makan kita bertambah. Untuk mencegah kondisi ini, biasakan untuk membatasi makanan berlemak, serta mulai mengonsumsi makanan kaya serat dan prebiotik. Angin yang tertelan ini dapat terjadi karena beberapa penyebab. Berikut kelompok penyebabnya beserta solusi yang dapat diterapkan. Konstipasi Jika konstipasi atau sembelit adalah masalah yang menjadi penyebab Anda merasakan perut begah, cobalah untuk: Mengonsumsi banyak cairan dan makanan kaya serat. Lebih banyak bergerak aktif, seperti berjalan kaki 20-30 menit tiap hari dapat memperlancar kerja usus. Intoleransi makanan Intoleransi terhadap makanan tertentu dapat menyebabkan perut begah ketika ada gas dari makanan yang terjebak dalam perut, usus ti [...]

Kemampuan Linguistik Anak, Indikator Intelektual

Kemampuan Linguistik Anak, Indikator Intelektual

Dua bangsa dua bahasa Di era global dan digital ini, kita sering menemukan anak-anak kecil yang sudah mahir berbicara dengan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Hal ini terkadang membuat kita sangat kagum akan kemampuan mereka. Tentunya bagi orang tua yang memiliki anak pandai berbahasa seperti itu akan merasa sangat bangga. Kalau memperhatikan tuntutan globalisasi yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan dunia yang lebih luas, penguasaan dua bahasa ini memang sangat perlu bagi anak-anak. Tapi tentu saja ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan orang tua sebelum menggunakan bilingual sejak dini. Itulah yang disebut smart language yaitu kecerdasan yang menekankan pada kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis. Menurut dr. Rosemini A.P.,MPsi kemampuan ini akan membantu anak untuk bisa memahami informasi atau instruksi yang disampaikan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr Paul Thompson bahwa otak berkembang mengikuti pola tertentu. Menurut dr Thompson, usia 3-6 tahun yang berkembang adalah otak bagian depan. Usia 6-13 tahun yang berkembang adalah otak bagian belakang, termasuk untuk perkembangan bahasa. Apa artinya ?Jad [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *