Musim Hujan Membuat Galau? Ikuti 7 Cara Unik Ini untuk Mengatasinya

womenrain.jpg

Musim hujan tidak hanya membuat tubuh kedinginan dan rentan sakit, tapi juga bisa memengaruhi suasana hati. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa musim hujan identik dengan menurunnya suasana hati bahkan depresi ringan. Sebuah studi di Eropa juga mengungkapkan bahwa suasana hati yang positif jarang ditemui kala hujan dan musim dingin tiba dan rentan membuat orang mengalami Seasonal Affective Disorder (SAD), yaitu depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun.

SAD umumnya terjadi di negara empat musim dan biasanya banyak dialami orang ketika musim gugur dan dingin. Namun tidak menutup kemungkinan gangguan ini juga terjadi di negara tropis seperti Indonesia, khususnya pada musim hujan. Jika Anda merasakan gejala melemahnya energi dan dan mood jadi negatif pada kondisi cuaca tertentu, ada kemungkinan Anda mengalami gangguan ini. Lalu, bagaimana mengatasi SAD atau yang juga dikenal dengan sebutan winter blues ini?

1. Carilah Cahaya
Berdasarkan data dari Seasonal Affective Disorder Association, satu dari lima orang di Inggris mengalami winter blues. Saat hujan, langit cenderung mendung sehingga kurang cahaya matahari. Kondisi ini bisa memengaruhi sistem sirkadian pada tubuh manusia sehingga menyebabkan tubuh lesu, gelisah dan ingin banyak makan. Untuk mengatasi mood yang gloomy di cuaca mendung, ketika bangun di pagi hari bukalah tirai jendela dan nikmati terpaan sinar matahari, bukan meneruskan tidur dan mendekap selimut. Anda juga bisa berjalan-jalan sejenak di luar rumah selama 10 atau 15 menit. Sinar matahari akan menstimulasi tubuh agar lebih segar dan bersemangat.

2. Dengarkan Musik Melankolis
Kedengarannya memang kontradiktif, bagaimana musik berirama sedih bisa membangkitkan mood ceria? Namun hal itu telah dibuktikan oleh para ilmuwan yang menemukan bahwa mendengarkan lagu-lagu sedih merupakan cara yang tepat agar suasana hati lebih ceria. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa lagu dan musik bertema sedih membantu mengatasi mood dan rasa kesepian karena membuat kita lebih bisa meluapkan emosi. Menurut ilmuwan dari Tokyo University, musik bertema sedih juga membuat kita merasa lebih tenang.

3. Berdiri dengan Kepala di Bawah
Gerakan yang juga terdapat dalam latihan yoga ini biasa disebut dengan Inversion, yaitu berada dalam posisi berdiri dengan kepala di bawah. Saat dalam posisi ini, darah akan mengalir ke otak sehingga meningkatkan energi dan konsentrasi. Gerakan ini juga mengurangi jumlah kortisol, hormon pemicu stres sehingga perasaan depresi dan gelisah Anda akan mereda sementara dan efeknya pun bisa jangka panjang. Jika Anda bukan atlet akrobat atau tidak terbiasa melakukan gerakan ini, bisa melatihnya dengan menyender pada dinding.

4. Perbanyak Berdiri
Sebuah studi menemukan bahwa terlalu banyak duduk dalam waktu lama sama berbahayanya dengan merokok. Duduk sepanjang waktu, akan meningkatkan risiko diabetes, sakit jantung, obesitas, kematian dini, sakit punggung hingga depresi. Agar mood meningkat, perbanyaklah berdiri ketika di kantor atau rumah. Ambil sendiri air putih Anda ke pantry ketimbang meminta bantuan office boy. Berjalanlah menuju tempat makan siang, bukan dengan memesan kepada office boy atau naik mobil jika jaraknya tidak terlalu jauh.

5. Makan Dark Chocolate
Cokelat tanpa tambahan rasa, gula dan susu akan membuat perasaan Anda lebih baik dengan seketika. Pilihlah dark chocolate dengan kandungan cokelat 60 hingga 70 persen, lebih baik lagi yang jenisnya raw chocolate. Artinya, biji cokelat tidak melalui proses roasting dan tidak mengandung gula maupun perasa tambahan. Dark chocolate ini kaya akan antioksidan, magnesium, zat besi, zinc dan vitamin C yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Dark chocolate juga kaya akan tryptophan, zat peningkat mood positif yang menimbulkan efek yang sama seperti ketika sedang jatuh cinta.

6. Latihan Pernapasan
Menyendiri dan menarik napas dalam-dalam serta membuangnya secara perlahan akan membuat oksigen mengalir ke dalam otak. Bernapas dengan teknik meditasi bisa mengurangi stres, pikiran lebih jernih dan hal-hal negatif.

7. Tulis Surat Ucapan Terima Kasih
Hal-hal kecil ternyata bisa membantu kurangi kadar stres bahkan depresi, termasuk mengucapkan terima kasih lewat kartu ucapan atau surat. Berterimakasih kepada orang lain yang telah memberi arti atau membantu dalam hidup Anda efektif untuk mengurangi perasaan negatif seperti sedih juga gelisah. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Of Clinical Psychology menemukan bahwa responden yang menulis surat ucapan terima kasih kepada orang lain merasakan kebahagiaan selama seminggu penuh.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Camilan Lezat untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

4 Camilan Lezat untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Kebiasaan ngemil ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat. Dengan catatan, apabila camilan yang dikonsumsi sehat dan mempunyai kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan daya pikir. Saat timbul keinginan untuk ngemil, pertimbangkan untuk memilih empat camilan ini yang bermanfaat bagi otak Anda, seperti dikutip dari She Knows.1. Chia SeedsBiji chia biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam kue atau minuman. Selain menambah kelezatan rasa, biji chia memiliki khasiat yang ampuh dalam meningkatkan kemampuan otak. Kaya akan serat, antioksidan, protein dan asam lemak omega-3 yang diketahui mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan biji chia ke dalam smoothie buah-buahan. Campurkan yoghurt, buah dan satu sendok teh biji chia lalu blender hingga halus. Smoothie sehat ini cocok dijadikan sebagai pengganti camilan di siang menjelang sore.2. Trail MixTrail mix biasanya terdiri dari kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Cocok dijadikan camilan selama perjalanan, di sela-sela jam makan siang atau sebagai kudapan sore. Penuhi kantung trail mix Anda dengan buah-buahan kering seperti stroberi, blueberry, raspberry atau [...]

Pilek? Enaknya Makan 6 Menu Ini Biar Cepat Sembuh!

Pilek? Enaknya Makan 6 Menu Ini Biar Cepat Sembuh!

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami pilek alias flu dalam hidupnya. Flu seakan bukan hal yang aneh lagi. Flu atau influenza sendiri disebabkan oleh virus dan dibutuhkan imunitas tubuh yang tinggi untuk memeranginya. Tapi tahukah Anda, sebetulnya ada makanan dan minuman yang tepat sekali untuk dikonsumsi ketika kita pilek? Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu percepat kesembuhan, antara lain: Sup ayamKonsumsi semangkuk sup ayam memberikan manfaat lebih dari sekedar efek menenangkan. Pada tahun 2000, sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh American College of Chest Physicians membuktikan bahwa sup ayam mengandung efek anti peradangan yang dapat meredakan gejala flu dan meningkatkan imunitas tubuh. Susu dan makanan kaya vitamin DMakanan yang kaya akan vitamin D seperti susu dan sereal dapat membantu memerangi flu. Pada suatu studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital pada tahun 2009, mereka yang mengkonsumsi makanan kaya vitamin D cenderung jarang mengalami flu dibandingkan dengan yang tidak. 6 Makanan Agar Pilek Cepat Sembuh Hampir setiap orang pasti pernah mengalami p [...]

Belanja Bikin Sehat!

Belanja Bikin Sehat!

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda mungkin berpikir hobi berbelanja merupakan suatu hal yang hedonistik, menghabiskan banyak uang dan tidak bermanfaat. Namun ternyata hobi berbelanja memiliki banyak manfaat yang juga positif. Shopping dapat memperpanjang umur Suatu studi yang dilakukan pada pria dan wanita dewasa di Taiwan menemukan bahwa mereka yang berbelanja setiap hari memiliki angka mortalitas 27% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang berbelanja. Berbelanja dalam hal ini tidak selalu berbelanja barang-barang yang mahal. Riset tersebut juga menemukan bahwa orang tua yang lebih sering keluar rumah dan berbelanja, fisiknya lebih aktif dan terjaga dan secara mental juga lebih baik. Berbelanja merupakan suatu bentuk aktivitas fisik Salah satu survey yang dilakukan oleh lembaga di Inggris pada tahun 2013, menemukan bahwa wanita berjalan rata-rata 300 km/tahun sewaktu mereka berbelanja, yaitu sama dengan mengikuti 7 kali marathon. Sering berjalan-jalan ataupun mendorong kereta bayi juga dapat menurunkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes hingga kanker payudara. Berbelanja meningkatkan dopamin Sewaktu Anda berbelanja, Anda pasti merasa senang. Para ilmuwan membuktik [...]

Inilah Pengobatan untuk Wasir

Inilah Pengobatan untuk Wasir

Wasir yang sudah hilang bisa muncul lagi karena beberapa alasan. Untuk mengatasinya, ada beberapa pilihan terapi wasir yang bisa dilakukan, termasuk penyuntikan wasir dengan zat sklerosan sehingga menyebabkan pengerasan dasar pembuluh darah dan membuat perdarahan berhenti. Terapi ini hanya berguna pada hemoroid yang masih kecil yaitu derajat I-II yang tidak sembuh dengan terapi konservatif (diet tinggi serat, tidak mengedan, krim hemoroid). Sekitar 77-86% hemoroid akan sembuh total atau tidak kembali seperti semula. Namun terapi ini sudah jarang dilakukan lagi di negara-negara maju karena risiko infeksi dan komplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan rektum. Apakah penanganannnya berbeda pada wasir yang berukuran lebih besar? Berikut penjelasannya: Apakah Penanganannya Berbeda untuk Wasir yang Berukuran Lebih Besar? Sementara untuk wasir yang berukuran lebih besar, umumnya dilakukan terapi bedah haemorrhoidectomy di mana dokter bedah akan memotong jaringan wasir menggunaan laser atau skalpel, kemudian menjahit bekas jaringan yang terpotong. Teknik ini membutuhkan rawat inap dan observasi. Pada saat ini terapi non-operatif yang cukup banyak digunakan adalah Ru [...]

Rahim Kering, Mitos atau Fakta?

Rahim Kering, Mitos atau Fakta?

Banyak orang yang masih melanggengkan istilah rahim kering. Sebenarnya, dunia kedokteran tidak mengenal istilah rahim kering. Ungkapan tersebut digunakan oleh masyarakat awam untuk memperhalus istilah ?kemandulan? di mana mereka mengibaratkan rahim yang tidak bisa mengandung sebagai ladang gersang yang tidak bisa menghasilkan panen. Kesulitan seseorang untuk hamil memang ada yang disebabkan oleh beberapa faktor yang terjadi pada rahim dan organ kewanitaan disekitarnya. Masalah pada saluran indung telur (sumbatan, infeksi, peradangan) Gangguan keseimbangan hormon Masalah pada mulut rahim (infeksi, penyempitan, kelainan selaput lendir) Masalah pada rahim (polip, mioma, kelainan bentuk rahim) Dapatkan kesemuanya ditangani? Benarkah kesemuanya adalah gejala kondisi rahim kering? Mitos Rahim Kering Namun, semuanya dapat ditangani dan bukan disebut sebagai rahim kering. Ada pula yang beranggapan bahwa pemakaian obat nyeri haid dapat menyebabkan rahim kering. Benarkah demikian? Ketika Anda merasakan nyeri haid, rasa nyeri tersebut dibawa oleh sistem saraf menuju otak. Dari otak sinyal-sinyal tersebut dikirimkan ke seluruh tubuh sehingga Anda merasa sakit. Obat [...]

Hubungan Softdrink dan Kegemukan

Hubungan Softdrink dan Kegemukan

Kegemukan atau biasa disebut obesitas merupakan masalah yang besar pada abad ini. Jumlah kasus obesitas terus meningkat. Apakah anda tahu jika anda kegemukan maka risiko anda untuk menderita diabetes dan penyakit jantung juga meningkat di masa depan? Berbagai faktor diduga turut menyumbang pada peningkatan angka obesitas di dunia. Selain faktor genetik, pola makan yang kaya kalori dan jarang berolahraga diduga berperan penting dalam peningkatan kasus kegemukan di dunia. Salah satu bentuk minuman yang digemari saat ini adalah soft drink atau minuman ringan. Soft drink merupakan minuman dengan pemanis yang umum ditemui dimana-mana. Salah satu bentuk soft drink yang biasa ditemui adalah minuman bersoda. Sayangnya soft drink memiliki nilai nutrisi yang rendah. Selain itu, soft drink identik dengan makanan cepat saji berkalori tinggi. Keduanya merupakan bentuk makanan yang dapat menambah risiko kegemukan jika dikonsumsi terus menerus. Lalu, apa yang membuat soft drink berbahaya? Hubungan Softdrink dan Kegemukan Apa yang membuat soft drink berbahaya? Semakin banyak bukti yang mendukung hubungan peningkatan konsumsi soft drink dengan berbagai penyakit kronis sepert [...]

Depresi Dapat  Berisiko Demensia

Depresi Dapat Berisiko Demensia

Peneliti baru menunjukkan, depresi berisiko mengundang demensia di masa depan. Terdapat dua penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology Amerika menyatakan, demensia dan depresi ditemukan kesamaan angka penderita demensia dari penderita depresi tahun-tahun sebelumnya. Walau demikian belum terungkap penyebabnya secara langsung dua korelasi tersebut, dan masih diperlukan lebih banyak studi lagi untuk mengetahui mengapa dua kondisi yang terkait terjadi. Mereka percaya bahwa faktor bahan kimia dalam makanan dan gaya hidup tidak sehat seperti diet, sangat memegang peran penting terhadap terjadinya depresi. Menurut Dr. Jane Saczynski dari Universitas Massachusetts, meskipun terlihat jelas depresi menyebabkan demensia, ada sejumlah kemungkinan depresi mempengaruhi risiko demensia lebih tinggi lagi. ?Radang jaringan otak yang terjadi ketika seseorang ditekan mungkin berpengaruh terhadap demensia. Protein tertentu yang ditemukan di otak yang meningkatkan depresi juga dapat meningkatkan risiko demensia berkembang,? ujarnya sebagaimana terkutip pada laman BBC Health. Studi yang diikuti 949 orang tua selama 17 tahun, menunjukkan demensia lebih sering mengikuti perkembangan depresi. Pada [...]

5 Hal Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

5 Hal Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh (sistem imunitas) kita merupakan hal yang penting untuk kelangsungan tubuh. Sistem imunitas kita dapat membantu kita melawan berbagai serangan dari virus, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit berat untuk tubuh kita. Nah, apa saja sih hal-hal yang dapat merusak daya tahan tubuh kita? 1. Polusi Udara Polusi telah dibuktikan buruk untuk paru-paru serta sistem imunitas kita. Namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa polusi udara dapat mensupresi komponen sistem imun yang dinamakan T-cell, dimana apabila hal ini terjadi dapat memicu peradangan di seluruh tubuh. 2. Duduk Sepanjang Hari Apabila perkerjaan Anda meliputi harus duduk sepanjang hari di kursi maka hal ini ternyata buruk bagi daya tahan tubuh Anda. Duduk sepanjang hari dapat menyebabkan perlambatan dari metabolisme yang menyebabkan penyerapan nutrisi berkurang. Selain dua faktor di atas, ada beberapa faktor lainnya, halaman berikut penjelasannya: Faktor Lainnya Anda Mudah Sakit: 3. Anda Kurang Tidur Apabila tubuh Anda kekurangan tidur dan tidak memproduksi melantonin yang cukup, maka sistem imun kita tidak dapat membuat sel darah putih yang cukup sehinnga tidak dapat membant [...]

Tips Memilih Alat Kontrasepsi

Tips Memilih Alat Kontrasepsi

Merencanakan keluarga sejahtera dapat dimulai dengan memilih dan menggunakan alat kontrasepsi yang tepat. Kontrasepsi adalah metode atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Ada berbagai jenis kontrasepsi, masing-masing dengan manfaat dan kekurangannya masing-masing. Mempelajari semua jenisnya membuat Anda dapat menentukan mana yang paling tepat untuk Anda. Kontrasepsi Temporer Kontrasepsi yang bersifat sementara ini bertujuan menunda kehamilan atau mengatur jarak antarkehamilan. Jenis kontrasepsi ini dapat digunakan jika Anda belum ingin memiliki anak dalam jangka waktu tertentu, dan dilepas jika Anda telah siap memiliki anak kembali. Metode ini dapat diterapkan dalam berbagai bentuk, yaitu: Pil Keluarga Berencana (KB) Kontrasepsi berbentuk pil ini bekerja menggunakan hormon progestin dengan atau tanpa hormon estrogen, untuk mencegah ovulasi. Kontrasepsi ini berfungsi dengan efektif jika dikonsumsi secara teratur. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan pil KB sama sekali tidak berdampak buruk pada kesuburan wanita di masa yang akan datang. Terdapat dua jenis pil KB: Pil kombinasi: Merupakan pil yang mengandung hormon estrogen dan progestero [...]

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Pernah merasa gigi ngilu saat menyantap es krim atau menyikat gigi? Bisa jadi Anda mengalami gigi sensitif. Gigi yang terasa ngilu atau disebut juga gigi sensitif mengakibatkan aktivitas sederhana sehari-hari seperti makan, minum, dan menyikat gigi menjadi menyakitkan. Namun dengan mendeteksi penyebabnya, kondisi ini dapat diatasi. Kenapa Gigi dapat Menjadi Sensitif? Gigi terasa ngilu atau gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi Anda menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf pusat gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu. Faktor lain yang dapat menjadi pemicu gigi ngilu adalah: Lubang pada gigi. Gigi berlubang dapat menjadi tempat bakteri bersarang. Efek samping karena prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi. Radang pada gusi (gingivitis). Menyikat gigi terlalu kencang. Penumpukan plak. Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam. Mengusir Ngilu Gigi Memeriksakan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *