Musim Hujan Membuat Galau? Ikuti 7 Cara Unik Ini untuk Mengatasinya

womenrain.jpg

Musim hujan tidak hanya membuat tubuh kedinginan dan rentan sakit, tapi juga bisa memengaruhi suasana hati. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa musim hujan identik dengan menurunnya suasana hati bahkan depresi ringan. Sebuah studi di Eropa juga mengungkapkan bahwa suasana hati yang positif jarang ditemui kala hujan dan musim dingin tiba dan rentan membuat orang mengalami Seasonal Affective Disorder (SAD), yaitu depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun.

SAD umumnya terjadi di negara empat musim dan biasanya banyak dialami orang ketika musim gugur dan dingin. Namun tidak menutup kemungkinan gangguan ini juga terjadi di negara tropis seperti Indonesia, khususnya pada musim hujan. Jika Anda merasakan gejala melemahnya energi dan dan mood jadi negatif pada kondisi cuaca tertentu, ada kemungkinan Anda mengalami gangguan ini. Lalu, bagaimana mengatasi SAD atau yang juga dikenal dengan sebutan winter blues ini?

1. Carilah Cahaya
Berdasarkan data dari Seasonal Affective Disorder Association, satu dari lima orang di Inggris mengalami winter blues. Saat hujan, langit cenderung mendung sehingga kurang cahaya matahari. Kondisi ini bisa memengaruhi sistem sirkadian pada tubuh manusia sehingga menyebabkan tubuh lesu, gelisah dan ingin banyak makan. Untuk mengatasi mood yang gloomy di cuaca mendung, ketika bangun di pagi hari bukalah tirai jendela dan nikmati terpaan sinar matahari, bukan meneruskan tidur dan mendekap selimut. Anda juga bisa berjalan-jalan sejenak di luar rumah selama 10 atau 15 menit. Sinar matahari akan menstimulasi tubuh agar lebih segar dan bersemangat.

2. Dengarkan Musik Melankolis
Kedengarannya memang kontradiktif, bagaimana musik berirama sedih bisa membangkitkan mood ceria? Namun hal itu telah dibuktikan oleh para ilmuwan yang menemukan bahwa mendengarkan lagu-lagu sedih merupakan cara yang tepat agar suasana hati lebih ceria. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa lagu dan musik bertema sedih membantu mengatasi mood dan rasa kesepian karena membuat kita lebih bisa meluapkan emosi. Menurut ilmuwan dari Tokyo University, musik bertema sedih juga membuat kita merasa lebih tenang.

3. Berdiri dengan Kepala di Bawah
Gerakan yang juga terdapat dalam latihan yoga ini biasa disebut dengan Inversion, yaitu berada dalam posisi berdiri dengan kepala di bawah. Saat dalam posisi ini, darah akan mengalir ke otak sehingga meningkatkan energi dan konsentrasi. Gerakan ini juga mengurangi jumlah kortisol, hormon pemicu stres sehingga perasaan depresi dan gelisah Anda akan mereda sementara dan efeknya pun bisa jangka panjang. Jika Anda bukan atlet akrobat atau tidak terbiasa melakukan gerakan ini, bisa melatihnya dengan menyender pada dinding.

4. Perbanyak Berdiri
Sebuah studi menemukan bahwa terlalu banyak duduk dalam waktu lama sama berbahayanya dengan merokok. Duduk sepanjang waktu, akan meningkatkan risiko diabetes, sakit jantung, obesitas, kematian dini, sakit punggung hingga depresi. Agar mood meningkat, perbanyaklah berdiri ketika di kantor atau rumah. Ambil sendiri air putih Anda ke pantry ketimbang meminta bantuan office boy. Berjalanlah menuju tempat makan siang, bukan dengan memesan kepada office boy atau naik mobil jika jaraknya tidak terlalu jauh.

5. Makan Dark Chocolate
Cokelat tanpa tambahan rasa, gula dan susu akan membuat perasaan Anda lebih baik dengan seketika. Pilihlah dark chocolate dengan kandungan cokelat 60 hingga 70 persen, lebih baik lagi yang jenisnya raw chocolate. Artinya, biji cokelat tidak melalui proses roasting dan tidak mengandung gula maupun perasa tambahan. Dark chocolate ini kaya akan antioksidan, magnesium, zat besi, zinc dan vitamin C yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Dark chocolate juga kaya akan tryptophan, zat peningkat mood positif yang menimbulkan efek yang sama seperti ketika sedang jatuh cinta.

6. Latihan Pernapasan
Menyendiri dan menarik napas dalam-dalam serta membuangnya secara perlahan akan membuat oksigen mengalir ke dalam otak. Bernapas dengan teknik meditasi bisa mengurangi stres, pikiran lebih jernih dan hal-hal negatif.

7. Tulis Surat Ucapan Terima Kasih
Hal-hal kecil ternyata bisa membantu kurangi kadar stres bahkan depresi, termasuk mengucapkan terima kasih lewat kartu ucapan atau surat. Berterimakasih kepada orang lain yang telah memberi arti atau membantu dalam hidup Anda efektif untuk mengurangi perasaan negatif seperti sedih juga gelisah. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Of Clinical Psychology menemukan bahwa responden yang menulis surat ucapan terima kasih kepada orang lain merasakan kebahagiaan selama seminggu penuh.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Fluktuasi hormon diduga menjadi penyebab naik dan turunnya mood saat sedang haid. Sering merasa lebih emosional menjelang masa datang bulan? Kenali penyebab dan cara mencegah fluktuasi mood saat haid tiba. PMS dan Hormon Perubahan mood sering menjadi ciri utama Premenstrual Syndrome (PMS). PMS adalah gejala-gejala akibat perubahan hormon menjelang masa menstruasi. Umumnya periode ini terjadi 10 hari sebelum masa datang bulan, saat kadar hormon estrogen dan progesteron berubah drastis. Sejak masa awal pubertas, ovarium wanita mulai melepaskan hormon estrogen. Dalam satu siklus menstruasi, estrogen terus dilepaskan hingga mencapai puncaknya saat terjadi pelepasan sel telur atau ovulasi. Setelah itu kadar estrogen menurun drastis sebelum akhirnya pelan-pelan meningkat lagi. PMS sering diidentikkan dengan depresi, kecemasan, perasaan yang sensitif, melankoli, atau bahkan kemarahan dan membenci diri sendiri. Wanita yang sedang mengalami PMS cenderung mempersepsikan segala hal atau komentar dari sudut pandang negatif, meski fakta nyatanya tidak demikian. Selain suasana hati yang terpengaruh perubahan kadar hormon, gejala PMS lain adalah diare, payudara terasa nyeri, dan kram. Kadar nor [...]

Puting Payudara Gatal, Mungkin Ini Sebabnya

Puting Payudara Gatal, Mungkin Ini Sebabnya

Bagi para wanita, mungkin Anda pernah tiba-tiba merasa puting payudara terasa gatal. Rasa gatal bisa bersifat ringan dan parah. Karena rasa gatal yang muncul berbeda keparahannya, intensitas keinginan untuk menggaruk pun bisa datang sesekali atau terus-menerus. Rasa gatal pada puting payudara ini disebabkan oleh beberapa faktor, bisa karena akibat kulit kering atau yang paling parah akibat kanker. Meski sangat ingin menggaruk, sebaiknya Anda berhati-hati. Pasalnya, garukan yang terlalu sering tersebut bisa merusak kulit. Kulit di sekitar area payudara dapat memerah, pecah-pecah, menebal atau membengkak. Beberapa penyebab lain gatal pada puting payudara adalah: Eksim. Kondisi ini berupa kulit kering, gatal, bersisik, merah, sampai pecah-pecah, perdarahan dan pengerasan kulit. Eksim sering diperparah oleh bakteri bernama staphylococcus aureus. Kondisi ini biasanya berlangsung kronis atau jangka panjang. Kehamilan. Payudara biasanya akan membesar saat masa kehamilan. Peregangan ini dapat memicu gatal-gatal disertai kulit megelupas. Menyusui. Permasalahan umum yang kerap menimpa ibu menyusui adalah mastitis (infeksi pada jaringan payudara) karena kemungkinan ibu menyusui mengalami p [...]

Kuatkan Imun dan Segarkan Tubuh yang Lelah dengan Myer’s Cocktail

Kuatkan Imun dan Segarkan Tubuh yang Lelah dengan Myer’s Cocktail

Selain belanja dan religi, Thailand kini juga mengandalkan wisata medis dan kebugaran sebagai daya tarik bagi wisatawan asing. Holistic Medical Center (HMC) merupakan salah satu destinasi yang cukup diunggulkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan wisatawan asing maupun domestik.Menargetkan kalangan menengah atas dan ekspat sebagai klien, HMC menawarkan berbagai metode pencegahan penyakit, terapi dan perawatan yang bisa mengakomodir kesehatan tubuh secara menyeluruh mulai dari tingkat sel. Saat mengunjungi HMC dalam rangkaian perjalanan 'Media & Celebrity Online FAM Trip 2013' yang diadakan Tourism Authority of Thailand pada Jumat (19/07/2013), wolipop berkesempatan mencoba infus vitamin Myer's Cocktail.Tamu yang datang akan diminta untuk mengisi formulir data diri terlebih dahulu. Kemudian klien dibawa ke sebuah ruangan kecil untuk diperiksa tekanan darah, berat badan dan tinggi badan. Hasil pengukuran diberikan ke dokter untuk mengetahui dosis yang harus diberikan.Kemudian klien diantar ke ruangan yang dilengkapi single sofa dan televisi serta selimut handuk. Di ruangan inilah infus Myer's Cocktail dilakukan. Myer's Cocktail merupakan campuran berbagai nutrisi seperti vitami [...]

Obat Batuk: Perlu atau Tidak?

Obat Batuk: Perlu atau Tidak?

Saat batuk, banyak orang buru-buru mengonsumsi berbagai obat batuk untuk meredakan kondisi ini. Padahal, umumnya batuk dapat reda dengan sendirinya dalam 3 minggu tanpa obat-obatan khusus. Batuk bukanlah penyakit. Batuk sebenarnya adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi, seperti asap atau debu. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, batuk dapat menjadi gejala awal kondisi yang lebih serius. Batukmu Tergolong yang Mana? Penanganan batuk umumnya disesuaikan dengan penyebabnya. Mari kenali jenis batuk yang dikategorikan dari lama waktunya: batuk jangka pendek (akut) dan batuk jangka panjang (kronis). Berikut penjelasannya. Batuk jangka pendek Batuk jangka pendek umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut. Infeksi saluran pernapasan atas yang berdampak kepada tenggorokan dan sinus, sehingga berisiko mengakibatkan pilek, flu, laringitis, sinusitis, atau batuk rejan. Infeksi saluran pernapasan bawah yang menyebabkan gangguan pada paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Pneumonia dan bronkitis adalah contoh penyakitnya. Alergi, seperti rinitis. Paparan asap atau debu. Gejala akut pada kondisi yang kronis, seperti serangan pada as [...]

Sendi Bebas Nyeri Sampai Tua dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Sendi Bebas Nyeri Sampai Tua dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk beraktivitas dengan optimal pun berkurang. Sakit pada persendian maupun tulang kerap dialami orang yang sudah menginjak usia 30 tahun ke atas, akibat berkurangnya kalsium dan 'cairan pelumas' yang melindungi otot serta sendi.Agar persendian tetap sehat dan memungkinkan Anda tetap beraktivitas dengan normal di usia tua, diet yang sehat perlu dijalani. Ini beberapa makanan dengan kandungan yang bisa memelihara kesehatan sendi serta tulang yang perlu dikonsumsi secara rutin minimal dua hingga tiga kali seminggu.1. SalmonBegitu menginjak usia 30, umumnya orang akan mengalami robekan kecil pada tulang rawan. Jaringan mirip karet yang terdapat pada persendian ini berfungsi membantu Anda bergerak dengan lancar, baik itu berjalan, berolahraga maupun melakukan aktivitas lainnya. Meskipun robekannya sangat kecil, jika dibiarkan bisa menjadi gangguan yang fatal seperti peradangan kronis dan sakit saat sendi digerakkan. Salmon, bisa mencegah atau setidaknya mengurangi peradangan berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Lemak sehat ini berkhasiat sebagai anti peradangan. Selain itu salmon juga mengandung vitamin D yang menjaga kesehata [...]

Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal. Manfaat air bagi tubuh Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan. Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya. Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya: Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan? Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung [...]

6 Mitos Malam Pertama

6 Mitos Malam Pertama

Hubungan intim pertama kalinya untuk pasangan pengantin baru pastinya menjadi suatu pengalaman istimewa tak terlupakan, dinanti-nanti dan membuat jantung berdebar-debar tak karuan. Sayangnya, pengalaman istimewa ini sering dibumbui dengan mitos-mitos yang tidak benar. Mari kita ulas mitos-mitos tersebut dari kacamata medis agar memiliki persepsi yang benar tentang malam pertama. MITOS: Robeknya Selaput Dara dan Darah Perawan Persepsi bahwa malam pertama adalah proses penetrasi yang menyebabkan robeknya selaput dara sehingga selalu disertai dengan perdarahan dari vagina merupakan mitos yang paling banyak beredar dan tidak benar. Selaput dara wanita diciptakan dalam beberapa jenis, ada yang elastis, ada yang bentuknya berjaring ada yang bentuknya cincin sehingga tidak selalu proses penetrasi pada malam pertama menyebabkan terjadi robeknya jaringan dan terjadinya perdarahan. MITOS: Malam Pertama = Sakit Hubungan intim yang menyakitkan sering menjadi momok bagi pasangan pengantin baru. Suami sering merasa takut untuk menyakiti istrinya sedangkan istri ketakutan untuk merasa sakit. Hal ini malah menambahkan ketegangan saat malam pertama. Organ intim pria dan wanita telah dic [...]

Langkah-langkah Terapkan Gaya Hidup Organik agar Tubuh dan Lingkungan Sehat

Langkah-langkah Terapkan Gaya Hidup Organik agar Tubuh dan Lingkungan Sehat

Mendengar kata organik, umumnya yang terlintas di pikiran banyak orang adalah produk-produk makanan atau kecantikan berbasis natural tanpa bahan kimia. Tapi pengertian organik sebenarnya tidak hanya sampai di situ. Organik adalah gaya hidup yang sehat untuk diri sendiri juga lingkungan."Saya lebih suka menyebutnya gaya hidup selaras alam. Organik asal katanya dari organisme, it's a living thing. Makhluk hidup yang hidup dengan lainnya. Makhluk hidup, lingkungan hidup, segala macam ada di situ. Itu maksudnya organik," jelas Ir. Christopher Emile Jayanata, ketua Komunitas Organik Indonesia saat media briefing di kantor Fleishman Hillard, Gedung Hero II, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (24/09/2013).Pria yang akrab disapa Emile ini menambahkan, organik juga merupakan sebuah pola pikir. Ketika hati dan pikiran seseorang sudah organik, maka sehat jasmani dan rohani yang akan diraih. Kenapa harus organik?Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida pada produk makanan, kecantikan maupun rumah tangga tidak hanya mengganggu kesehatan pemakainya, tapi juga merusak lingkungan. Dalam jangka panjang, bahan kimia berbahaya tersebut bisa menurunkan kualitas hidup secara drastis dan [...]

Pria Bersunat Lebih Digemari Perempuan?

Pria Bersunat Lebih Digemari Perempuan?

Survei yang dilakukan Rakai Health Sciences Program di Kalisizo, Uganda, Afrika Selatan menemukan sebanyak 40% perempuan dengan pasangan pria yang disunat ditemukan mengaku adanya perbaikan dan peningkatan di kehidupan seksualnya. Di dunia medis sunat dikenal dengan istilah sirkumsisi. Sunat pada pria dianjurkan oleh kedokteran sebagai salah satu upaya mencegah penularan virus HIV-AIDS. Selain itu, sunat juga dianjurkan sebagai langkah menekan risiko paparan kanker leher rahim atau kanker serviks pada perempuan. Survei yang dipresentasikan dalam acara the Fifth International AIDS Society Conference on Pathogenesis, Treatment and Prevention of HIV lalu itu menjelaskan; setelah disunat, sedikitnya sebanyak 40% perempuan menyatakan merasa lebih puas. Sisanya sekitar 57% menyatakan tidak mengalami perubahan kepuasan seksual, dan 3% lainnya menyatakan merasa kurang puas setelah pasangan mereka dikhitan. Sedikitnya dari 40% kaum hawa yang mengaku mengalami perbaikan kehidupan seksualnya juga menyampaikan bahwa sunat meningkatkan kebersihan kelamin serta memperpanjang waktu pasangan mencapai orgasme. Ditambah juga ada beberapa testimoni terdapat peningkatan frekuensi keinginan pasanga [...]

Ini Akibatnya Jika Keracunan Apel Amerika yang Berbakteri

Ini Akibatnya Jika Keracunan Apel Amerika yang Berbakteri

Apel jenis Granny Smith dan Gala diduga keras membawa bakteri berbahaya, yakni bakteri listeria monocytogene. Bakteri yang sangat berbahaya ini terdapat di buah apel yang diimpor dari perusahaan asal Amerika Serikat (AS) bernama Bidart Bros. Untuk diperhatikan, bakteri listeria monocytogene memiliki bahaya yang dapat menjuruskan pada kematian. Oleh karena itu, Departemen Pertanian Amerika Serikat (AS) sudah memberikan peringatan kepada negara importir apel jenis tersebut, termasuk Indonesia. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, sudah menghentikan izin impor apel dari AS itu. Karena di AS dan Kanada sendiri, sudah jatuh korban 32 orang yang dirumahsakitkan akibat keracunan bakteri dari apel tersebut. Termasuk 6 diantaranya meninggal dunia akibat paparan bakteri listeria monocytogene dari apel Granny Smith dan Gala tersebut. Bagaimana bakteri di apel tersebut dapat menimbulkan kematian? Berikut penjelasannya: Terkena Listoriosis Listoriosis adalah kondisi penyakit ketika terpapar bakteri listeria monocytogene. Infeksi listeriosis didapatkan dari makanan yang sudah terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Biasanya didapatkan dari makanan siap saji, n [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *