Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

eskrim-anak

Siapa yang tak mengenal jenis makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang pada dasarnya disukai diberbagai kalangan. Tidak mengenal waktu yang pas untuk mengonsumsinya. Selain rasanya yang sangat menggoda, jenis makanan ini juga juga memiliki berbagai macam varian rasa yang dibalut dengan desain yang sangat menarik dengan warna yang cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan harga yang ditawarkanpun memiliki berbagai macam. Ada yang memiliki kisaran harga yang cukup mahal hingga pada kisaran yang sangat murah dan terjangkau. Pada musim panas tentunya jumlah peminat makanan ini sangatlah banyak. Namun banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan akan gizi yang terkandung didalamnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan ini merupakan jenis makanan biasa yang tidak menimbulkan banyak resiko.

Sebelum anda gemar terhadap jenis makanan yang satu ini, perlu anda ketahui jenis kandungan apa saja yang ada didalam jenis makanan ini dan apa efek yang ditimbulkan dari makanan ini terutama untuk anak-anak, dan tidak lupa kami akan membahas tentang tips tips membuat dan menyajikan eskrim yang sehat dan cantik.

Es krim merupakan jenis makanan yang mengandung berbagai macam kandungan. Dalam beberapa jenis es krim dibuat dengan menggunakan kandungan yang bernutrisi seperti susu yang mengandung vitamin, protein, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, gula dan buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin. Namun disis lain ada juga yang menggunakan bahan-bahan yang kurang baik untuk kesehatan seperti pembuatan dengan air yang kurang bersih, bahan pengawet, bahan pewarna buatan dan sebagainya. Pada dasarnya segala sesuatu yang akan dikonsumsi haruslah perlu diwaspadai tentang pembuatan dan bahan makanan pokok yang digunakan. Namun dalam garis besar, makanan dengan kondisi siap saji tidaklah memliki nilai gizi yang maksimal. Karena didalamnya kurang lebih memiliki bahan pengawet yang kurang baik untuk kesehatan tubuh baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dari zat gula yang terkandung dalam makanan es krim mampu membuat kerusakan gigi akibat pengeroposan gigi berlubang karena pada sisi balita dan anak-anak kurang terlalu peka terhadap efek ini selain itu juga beresiko menyebabkan obeisitas pada anak. Es krim juga kurang baik untuk membantu pertumbuhan anak-anak karena kandungan dan penyajian dalam bentuk dingin mampu menimbulkan penyakit amandel, batuk, flu dan juga radang tenggorokan. Selain itu untuk penyajian dalam kemasan siap saji perhatikan bahan pengawet yang ada didalamnya yang kurang baik pula untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Bagi balita maupun anak-anak yang mengonsumsi makanan jenis ini dalam jumlah yang cukup banyak akan mengganggu sistem metabolism, kesehatan dan pertumbuhan karena hal ini dipengaruhi dari tidak terkontrolnya jumlah makanan dan nutrisi sehat yang masuk dalam tubuh selain itu dengan adanya kandungan lemak pada es krim yang dapat menimbulkan rasa kenyang yang akan mengakibatkan proses masuknya makanan bernutrisi lainnya akan terhambat dan lemak sendiri memiliki kandungan kalori yang lebih dari cukup dari yang dibutuhkan.

Untuk menghindari dari hal tersebut maka disarankan untuk membuat resep eskrim sendiri yang dapat disajikan dengan cepat. Dalam sajian yang anda buat sendiri, anda dapat mencampurkan beberapa bahan yang pasti anda tau bahan-bahan yang sehat untuk anda konsumsi sendiri. Bahan-bahan yang dapat anda campurkan untuk membuat es krim sehat antara lain dengan menggunakan susu untuk pemanis dan campuran buah buahan sebagai perasa buah yang segar. Buah yang anda dapat guanakan antara lain, stowberry, nanas, anggur, jeruk apokat dan sebagainya. Dimana buah-buahan tersebut memiliki kandungan gizi yang baik terutama pada anak-anak. Selain itu anda juga dapat mengkombinasikan sayur-sayuran didalamnya seperti campuran wortel, tomat, jagung dan juga dapat mengkombinasikan dengan campuran biscuit, keju maupun campuran roti sisir sebagai varian es krim. Beberapa tips penyajian yang baik untuk anak-anak. Selain itu anda juga dapat menggunakan campuran ubi ungu sebagai campuran variasi es krim anda.

Namun meskipun es krim terbuat dari bahan-bahan yang baik untuk kesehatan, namun juga perlu diperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi dan keseimbangan nutrisi anak yang diperlukan untuk mendukung kestabilan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhannya.

Dalams mengolah makanan yang satu ini anda dapat mencoba tips sehat yang baik untuk anda sajikan untuk anak-anak dengan cara yang sangat mudah.

Varian makanan jenis ini memiliki banyak macam dan jenisnya. Anda juga dapat mencampurkan berbagai jenis macam makanan untuk membuat tampilan dan rasa yang lebih menarik. Namun sebelum itu, perlu anda persiapkan jenis makanan apa yang akan anda campurkan untuk mendukung nutrisi yang ada pada es krim anda.

Satu menu cantik yang dapat anda sajikan :
Siapkan bahan es krim
– Susu kental manis ± 200 gram (vitamin, kalsium, mineral, protein dll)
– Coklat 50 gram (protein, karbohidrat)
– Whipping Cream 500 gram + air
– Cincang buah strawberry, (kalori, protein, serat, karbohodrat vitamin C, A)
– Anggur hijau (vitamin A, B6, C K rendah lemak, zat besi dll)
– Sisir keju (kalsium, vitamin dan protein)

Cara membuat :
– Campurkan Whipping cream dan air dan selanjutnya dikocok menggunakan mixer pada kecepatan standart. (masukkan dalam kulkas)
– Campurkan bahan buah-buahan, coklat leleh dan susu
– Kemudian campurkan pada whipping cream kemudian aduk dan padatkan cream.
– Taburkan keju diatasnya dengan belahan buah-buahan

Dalam pembuatan sederhana, anda dapat menggunakan bahan-bahan yang lain yang lebih memiliki nilai yang cukup murah, seperti susu biasa dan campuran buah buahan segar seperti mangga, papaya, biscuit dan lain sebagainya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
8 Jurus Meredakan Batuk

8 Jurus Meredakan Batuk

Batuk merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau lendir dari saluran napas dan paru-paru. Namun, terkadang batuk bisa sangat mengganggu aktivitas maupun istirahat jika terjadi terus-menerus. Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengurangi batuk: 1. Minum Teh Hangat Infeksi saluran napas atas pada umumnya menyebabkan produksi dahak bertambah. Dahak tersebut dapat mengiritasi dan menyebabkan batuk. Segelas air hangat membantu mengencerkan lendir dan menjaga mukosa mulut dan saluran napas tetap lembap. 2. Tinggikan Kepala Saat tidur, sebaiknya tambahkan bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi kepala yang lebih tinggi diyakini dapat mengurangi gejala batuk. 3. Jangan Merokok Rokok hanya akan memperburuk kondisi Anda, karena rokok menyebabkan iritasi pada mukosa saluran napas dan membuat produksi lendir semakin banyak. Jangan merokok dan jauhkan diri Anda dari perokok. 4. Hindari Iritan Debu, parfum, pengharum ruangan, asap, mungkin dapat menyebabkan iritasi dan memperparah batuk. Berikut beberapa kiat lainnya untuk meredakan batuk di halaman selanjutnya selengkapnya. 8 Jurus Meredakan Batuk 5. Minum Madu Madu sering dis [...]

Berkumur dengan Mouthwash Setelah Sikat Gigi, Penting atau Tidak?

Berkumur dengan Mouthwash Setelah Sikat Gigi, Penting atau Tidak?

Perlukah berkumur dengan mouthwash setelah sikat gigi? Beberapa orang meyakini mouthwash bisa membantu membersihkan plak dan kotoran yang tidak terjangkau sikat gigi. Tapi sebelum menerapkannya, ada baiknya jika Anda menyimak dulu fakta-fakta berikut ini.Survei yang dilakukan TePe, retailer produk perawatan gigi dan gusi menunjukkan masih banyak orang yang tidak tahu cara memelihara kesehatan mulut yang benar. Sebanyak 20 persen orang yang disurvei mengaku hanya menyikat gigi satu kali sehari, sementara yang dianjurkan para ahli adalah dua kali sehari. Sementara 45 persen responden bahkan tidak tahu tentang flossing dan dental floss yang juga perlu dilakukan untuk membersihkan sela-sela gigi setelah menyikat.Salah satu mitos yang paling sering keliru adalah cara penggunaan mouthwash atau obat kumur. Seperti dikutip dari Daily Mail, mouthwash umumnya berfungsi untuk mencegah pembentukan plak, membunuh bakteri yang tak terjangkau hanya dengan menyikat gigi juga sebagai penyegar napas.Banyak orang menganggap fungsi dan kandungan di dalam setiap produk mouthwash sama, padahal, sama seperti pasta gigi, obat kumur juga mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Sehingga penggunaannya j [...]

5 Dampak Buruk Televisi untuk Kesehatan

5 Dampak Buruk Televisi untuk Kesehatan

Menonton televisi biasanya menjadi alternatif seseorang untuk melepas penat sehabis pulang kantor atau beraktifitas. Tetapi tanpa disadari, Anda bisa menghabiskan waktu lebih dari empat jam, hal itulah yang berbahaya. Seperti yang dikutip dari lifemojo, ini lima alasan mengapa kebiasaan menonton televisi dapat merugikan kesehatan.1. Meningkatkan risiko penyakit jantungBerdasarkan analisis data yang dikumpulkan selama enam tahun dari 8.800 pria dan wanita Australia (di atas usia 25 dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung), peneliti menemukan bahwa menonton televisi dapat meningkatkan risiko kematian seseorang akibat serangan jantung sebesar 18 persen dan kanker sebesar 9 persen. Kesimpulannya, orang yang menonton televisi lebih dari 4 jam memiliki 80 persen peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung dalam kurun waktu enam tahun, bila dibandingkan dengan orang yang menonton hanya dua jam tiap harinya.2. Sebabkan ganguan tidurSinar yang dipancarkan dari televisi memiliki pengaruh buruk dan dapat mengurangi kadar melatonin otak. Inilah yang mempengaruhi ritme alami tubuh sehingga membuat Anda terbangun lebih lama dan sebabkan kelelahan yang ekstrim.3. Meningkatkan risik [...]

Resiko Melahirkan Pertama Kali Di Rumah

Resiko Melahirkan Pertama Kali Di Rumah

Resiko kematian dan kerusakan pada otak bayi yang dilahirkan di rumah mencapai 3 kali lipat oleh ibu yang baru melahirkan pertama kali seperti dilaporkan oleh Dr. Tony Falconer selaku presiden Royal College of Obstetricians and Gynaecologist, Inggris. Penelitian terhadap tempat melahirkan dan kondisi Ibu yang baru pertama kali melahirkan menjadi patokan utama dalam timbulnya resiko komplikasi. Meskipun pilihan melahirkan menjadi hak seseorang dalam menentukan, namun hasil penelitian menunjukkan bahwa komplikasi kelahiran di rumah sakit atau tempat bersalin hanya memiliki rekor rata-rata 3,5 kali per 1000 kelahiran, berbanding jauh dengan meningkatnya rekor komplikasi yang menyebabkan kematian dan kerusakan pada otak bayi yang dilahirkan di rumah sebanyak 9,5 per 1000 kelahiran. Hal ini dikarenakan mudahnya kases alat dan tenaga bantuan dalam proses persalinan alamiah, sehingga mampu mencegah segala kemungkinan buruk. Sehingga penemuan ini menjadi saran yang kuat dari para dokter di Inggris untuk memastikan para ibu hamil yang baru pertama kali melahirkan, paham benar akan peningkatan resiko apabila memilih melahirkan di rumah, seperti diungkapkan oleh Mary Newburn, kepala penelitia [...]

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan hampir sebagian besar wanita berharap dapat kembali ke bentuk tubuh semula dan menurunkan berat badan. Hampir sebagian besar wanita pasca melahirkan kehilangan setengah berat badan saat hamil dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Sisanya akan perlahan-lahan turun dalam bulan-bulan berikutnya. Diet sehat yang disertai olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk penyembuhan setelah melahirkan. Bila Anda langsung menurunkan berat badan proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama. Setidaknya beri jangka waktu 6 minggu sebelum program penurunan berat badan, bagi Anda yang menyusui disarankan menunggu hingga bayi Anda berusia setidaknya 2 bulan. Terlalu cepat menurunkan berat badan dapat mempengaruhi produksi air susu ibu. Menyusui dapat membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga Anda akan takjub melihat penurunan berat badan Anda saat menyusui. Penurunan berat badan yang ideal setelah melahirkan adalah 1.5 pons atau sekitar 680 gr per minggu. Penurunan dengan jumlah tersebut tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Anda dapat mengikutinya dengan cara mengurangi 500 kalori asupan Anda per hari. Tentunya Anda disarankan b [...]

Ribuan Bakteri Menempel pada Poli Bib

Ribuan Bakteri Menempel pada Poli Bib

Oleh: drg. Martha Mozartha Para dokter gigi tampaknya harus lebih serius memperhatikan kesterilan alat-alat yang digunakan di kliniknya. Bukan hanya seluruh hand instruments yang baru saja digunakan untuk merawat pasien yang harus disterilkan, tapi juga barang yang terlihat sepele seperti rantai dan klip penjepit dental bib. Dental bib, atau disebut juga poli bib, adalah semacam apron atau celemek yang dipakai di leher untuk menutupi dada pasien saat sedang duduk di kursi gigi. Celemek ini digunakan agar pakaian pasien tidak terkena percikan air atau kotoran lainnya saat sedang menjalani perawatan. Dental bib tersebut dipasang di leher pasien dengan menggunakan penjepit atau klip yang terhubung dengan rantai agar celemek tidak mudah lepas dari leher pasien. Penelitian yang baru saja dipublikasikan ini dilakukan oleh ilmuwan dari Tufts University School of Dental Medicine dan Forsyth Institute. Mereka menemukan ribuan bakteri yang menempel pada permukaan klip polibib yang dipakai oleh pasien. Meski jumlahnya menurun secara signifikan setelah disterilkan dengan prosedur disinfeksi standar, 40% klip dan rantai polibib masih mengandung bakteri aerob maupun anaerob pada permukaannya. Pa [...]

Pentingnya Mencuci Tangan

Pentingnya Mencuci Tangan

Oleh: dr. Nadia Octavia Tentu Anda sudah pasti tahu bahwa mencuci tangan merupakan suatu cara terbaik dalam pencegahan penyakit. Mungkin selama ini Anda sudah rajin mencuci tangan, baik menggunakan sabun dan air maupun menggunakan hand sanitizer. Namun tahukah Anda kapan dan bagaimana mencuci tangan dengan baik? Kapankah harus mencuci tangan? Selalu cucilah tangan sebelum: Menyiapkan makanan Makan Merawat luka, memberikan obat, atau merawat orang sakit Memasang atau melepas lensa kontak Selalu cucilah tangan setelah: Menyiapkan makan, terutama daging mentah atau unggas Menggunakan toilet atau mengganti popok Memegang binatang peliharaan Membuang ingus, batuk, atau bersin menggunakan tangan Merawat luka atau merawat orang sakit Membersihkan sampah, bahan kimia tanaman atau rumah, atau apapun yang mungkin terkontaminasi Bagaimana mencuci tangan yang baik? Mencuci tangan yang terbaik adalah menggunakan air dan sabun. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: Basahi tangan dengan air mengalir Berikan sabun cair, batang ataupun bubuk Biarkan hingga berbusa Gosok tangan Anda hingga setidaknya 20 detik. Ingatlah selalu untuk menggosok seluruh pe [...]

Terapi Warna untuk Kurangi Stres dan Mood Labil pada Wanita Hamil

Terapi Warna untuk Kurangi Stres dan Mood Labil pada Wanita Hamil

Kehamilan merupakan proses hidup terindah bagi wanita. Tapi di waktu yang sama, wanita bisa mengalami depresi, emosi yang labil dan darah tinggi karena kehamilan. Umumnya, wanita akan mengonsumsi obat untuk mengatasi gejala tersebut. Tapi sebenarnya gejala tidak mengenakkan saat hamil bisa diatasi tanpa obat yang mungkin bisa menimbulkan efek samping pada janin, yaitu dengan terapi warna.Ya, warna bisa digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan gejala negatif pada masa kehamilan. Warna apa saja yang bisa dijadikan terapi bagi wanita hamil? Ginekolog Dr. Poornima Ramakrishna memaparkannya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. OranyeWarna perpaduan kuning dan merah ini bisa membangkitkan energi dan punya efek memberi rasa nyaman. Oranye juga membantu membuat rahim ibu hamil terasa hangat. Selain itu, oranye juga membangkitkan semangat ketika wanita merasa depresi dan kesepian, dua gejala yang kerap dialami wanita selama hamil. Warna oranye bisa diterapkan pada salah satu dinding kamar tidur.2. BiruSeperti oranye, warna biru juga punya efek menyamankan dan menenangkan. Warna biru akan membantu wanita tetap tenang dan mood-nya terkontrol selama fase aktif dalam masa kehamilan. Bi [...]

Nyeri Saat Berhubungan Intim

Nyeri Saat Berhubungan Intim

Nyeri saat berhubungan intim di dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah dispareunia. Nyeri ini dapat terjadi saat penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) di awal, pertengahan, ketika orgasme, maupun ketika hubungan intim sudah selesai. Tentunya hal ini sangat mengganggu bagi pasangan suami istri. Dispareunia (nyeri saat berhubungan intim) ini dapat disebabkan oleh beberapa hal: Berkurangnya hormon estrogen yang menyebabkan vagina menjadi kering Kurang 'foreplay' atau 'pemanasan' sehingga lubrikasi (pelicin) pada vagina kurang Vaginismus atau kontraksi pada otot vagina yang umumnya disebabkan karena trauma atau perasaan takut Endometriosis atau pertumbuhan endometrium (lapisan rahim) di luar rahim Infeksi pada vagina Infeksi pada serviks (mulut rahim) sehingga ketika terjadi penetrasi dalam maka akan timbul rasa nyeri] Peradangan pada panggul yang dapat diakibatkan oleh infeksi pada saluran reproduksi dan panggul Bagaimana cara mengatasi nyeri saat berhubungan intim? Bagaimana cara mengatasi nyeri saat berhubungan intim? Beberapa cara yang dapat dilakukan mengatasi nyeri saat berhubungan intim: Lakukan rangsangan seksual (foreplay) yang ade [...]

Obat Cacing dan Efek Sampingnya

Obat Cacing dan Efek Sampingnya

Penyakit cacingan disebabkan oleh cacing parasit yang hidup dan mengambil makanan dari dalam tubuh seseorang. Penyakit ini dapat diatasi dengan meminum obat cacing. Penyakit cacingan kebanyakan terjadi di negara beriklim tropis atau negara berkembang dengan makanan dan air yang tidak terjaga kebersihannya. Cacingan bisa diobati dengan meminum obat cacing atau disebut juga anthelmintic. Beberapa contoh obat cacing adalah mebendazole, praziquantel, niclosamide, piperazine, dan pyrantel. Mebendazole Biasa digunakan untuk mengobati infeksi cacing gelang, cacing tambang, cacing keremi atau cacing kerawit, cacing cambuk, dan infeksi cacing lainnya. Obat cacing ini bekerja dengan mencegah cacing menyerap gula (glukosa) tubuh. Hasilnya, cacing akan kehilangan energi lalu mati. Harap berhati-hati ketika ingin mengonsumsi obat ini bagi orang yang menderita penyakit Crohn, penyakit liver, dan kolitis ulseratif. Sebaiknya, penderita wanita menyusui dan anak-anak di bawah usia 2 tahun berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Disarankan untuk menghentikan konsumsi mebendazole jika mengalami reaksi alergi (seperti pembengkakan bibir, lidah atau wajah, sesak napas, tenggo [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *