Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

eskrim-anak

Siapa yang tak mengenal jenis makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang pada dasarnya disukai diberbagai kalangan. Tidak mengenal waktu yang pas untuk mengonsumsinya. Selain rasanya yang sangat menggoda, jenis makanan ini juga juga memiliki berbagai macam varian rasa yang dibalut dengan desain yang sangat menarik dengan warna yang cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan harga yang ditawarkanpun memiliki berbagai macam. Ada yang memiliki kisaran harga yang cukup mahal hingga pada kisaran yang sangat murah dan terjangkau. Pada musim panas tentunya jumlah peminat makanan ini sangatlah banyak. Namun banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan akan gizi yang terkandung didalamnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan ini merupakan jenis makanan biasa yang tidak menimbulkan banyak resiko.

Sebelum anda gemar terhadap jenis makanan yang satu ini, perlu anda ketahui jenis kandungan apa saja yang ada didalam jenis makanan ini dan apa efek yang ditimbulkan dari makanan ini terutama untuk anak-anak, dan tidak lupa kami akan membahas tentang tips tips membuat dan menyajikan eskrim yang sehat dan cantik.

Es krim merupakan jenis makanan yang mengandung berbagai macam kandungan. Dalam beberapa jenis es krim dibuat dengan menggunakan kandungan yang bernutrisi seperti susu yang mengandung vitamin, protein, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, gula dan buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin. Namun disis lain ada juga yang menggunakan bahan-bahan yang kurang baik untuk kesehatan seperti pembuatan dengan air yang kurang bersih, bahan pengawet, bahan pewarna buatan dan sebagainya. Pada dasarnya segala sesuatu yang akan dikonsumsi haruslah perlu diwaspadai tentang pembuatan dan bahan makanan pokok yang digunakan. Namun dalam garis besar, makanan dengan kondisi siap saji tidaklah memliki nilai gizi yang maksimal. Karena didalamnya kurang lebih memiliki bahan pengawet yang kurang baik untuk kesehatan tubuh baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dari zat gula yang terkandung dalam makanan es krim mampu membuat kerusakan gigi akibat pengeroposan gigi berlubang karena pada sisi balita dan anak-anak kurang terlalu peka terhadap efek ini selain itu juga beresiko menyebabkan obeisitas pada anak. Es krim juga kurang baik untuk membantu pertumbuhan anak-anak karena kandungan dan penyajian dalam bentuk dingin mampu menimbulkan penyakit amandel, batuk, flu dan juga radang tenggorokan. Selain itu untuk penyajian dalam kemasan siap saji perhatikan bahan pengawet yang ada didalamnya yang kurang baik pula untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Bagi balita maupun anak-anak yang mengonsumsi makanan jenis ini dalam jumlah yang cukup banyak akan mengganggu sistem metabolism, kesehatan dan pertumbuhan karena hal ini dipengaruhi dari tidak terkontrolnya jumlah makanan dan nutrisi sehat yang masuk dalam tubuh selain itu dengan adanya kandungan lemak pada es krim yang dapat menimbulkan rasa kenyang yang akan mengakibatkan proses masuknya makanan bernutrisi lainnya akan terhambat dan lemak sendiri memiliki kandungan kalori yang lebih dari cukup dari yang dibutuhkan.

Untuk menghindari dari hal tersebut maka disarankan untuk membuat resep eskrim sendiri yang dapat disajikan dengan cepat. Dalam sajian yang anda buat sendiri, anda dapat mencampurkan beberapa bahan yang pasti anda tau bahan-bahan yang sehat untuk anda konsumsi sendiri. Bahan-bahan yang dapat anda campurkan untuk membuat es krim sehat antara lain dengan menggunakan susu untuk pemanis dan campuran buah buahan sebagai perasa buah yang segar. Buah yang anda dapat guanakan antara lain, stowberry, nanas, anggur, jeruk apokat dan sebagainya. Dimana buah-buahan tersebut memiliki kandungan gizi yang baik terutama pada anak-anak. Selain itu anda juga dapat mengkombinasikan sayur-sayuran didalamnya seperti campuran wortel, tomat, jagung dan juga dapat mengkombinasikan dengan campuran biscuit, keju maupun campuran roti sisir sebagai varian es krim. Beberapa tips penyajian yang baik untuk anak-anak. Selain itu anda juga dapat menggunakan campuran ubi ungu sebagai campuran variasi es krim anda.

Namun meskipun es krim terbuat dari bahan-bahan yang baik untuk kesehatan, namun juga perlu diperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi dan keseimbangan nutrisi anak yang diperlukan untuk mendukung kestabilan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhannya.

Dalams mengolah makanan yang satu ini anda dapat mencoba tips sehat yang baik untuk anda sajikan untuk anak-anak dengan cara yang sangat mudah.

Varian makanan jenis ini memiliki banyak macam dan jenisnya. Anda juga dapat mencampurkan berbagai jenis macam makanan untuk membuat tampilan dan rasa yang lebih menarik. Namun sebelum itu, perlu anda persiapkan jenis makanan apa yang akan anda campurkan untuk mendukung nutrisi yang ada pada es krim anda.

Satu menu cantik yang dapat anda sajikan :
Siapkan bahan es krim
– Susu kental manis ± 200 gram (vitamin, kalsium, mineral, protein dll)
– Coklat 50 gram (protein, karbohidrat)
– Whipping Cream 500 gram + air
– Cincang buah strawberry, (kalori, protein, serat, karbohodrat vitamin C, A)
– Anggur hijau (vitamin A, B6, C K rendah lemak, zat besi dll)
– Sisir keju (kalsium, vitamin dan protein)

Cara membuat :
– Campurkan Whipping cream dan air dan selanjutnya dikocok menggunakan mixer pada kecepatan standart. (masukkan dalam kulkas)
– Campurkan bahan buah-buahan, coklat leleh dan susu
– Kemudian campurkan pada whipping cream kemudian aduk dan padatkan cream.
– Taburkan keju diatasnya dengan belahan buah-buahan

Dalam pembuatan sederhana, anda dapat menggunakan bahan-bahan yang lain yang lebih memiliki nilai yang cukup murah, seperti susu biasa dan campuran buah buahan segar seperti mangga, papaya, biscuit dan lain sebagainya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips Sehat Selama Liburan

Tips Sehat Selama Liburan

Tips sehat selama liburan dari Dr. Marbella Zumaya, seorang dokter dari Covenant Medical Group, memberikan cara untuk tetap sehat saat berlibur dan setelah berlibur serta bagaimana kembali merasa segar dan fit kembali. Saat anda akan melakukan liburan, mungkin rasa lelah saat di penerbangan, berkendara, dalam perjalanan, ataupun mendapat tempat penginapan yang tidak nyaman membuat badan menjadi tidak segar dan merasa lemas. Rancanglah jadwal penerbangan sebaik mungkin dan sesuai dengan waktu yang dimiliki. Pastikan anda memiliki waktu berlibur tidak terburu-buru agar anda memiliki waktu yang santai dan tenang. Tubuh membutuhkam waktu untuk beristirahat dan pemulihan setelah berlibur, hal ini berfungsi dengan baik untuk melawan penyakit. Penting juga untuk membawa obat-obatan, karena ini akan berguna saat sakit menyerang. Tips sehat selama berlibur lainnya, yaitu; Mabuk Diperjalanan Mabuk perjalanan seringkali menyebabkan rasa pusing dan mual. Cegah dan atasi hal ini dengan mengkonsumsi permen atau minuman jahe hangat, hal ini baik untuk mengatasi mual serta badan terasa hangat. Perbanyak Cemilan Rasa lapar tidak bisa dihindari dalam perjalanan jauh. Untuk itu bawalah c [...]

6 Fakta Menarik Tentang Menstruasi yang Belum Tentu Wanita Tahu

6 Fakta Menarik Tentang Menstruasi yang Belum Tentu Wanita Tahu

Menstruasi adalah proses yang normal terjadi pada setiap wanita dewasa atau mulai beranjak remaja. Meskipun wajar terjadi, masih banyak fakta-fakta yang mungkin belum diketahui bahkan oleh para wanita itu sendiri. Tahukah Anda, bahwa ketika menstruasi hasrat seks wanita bisa meningkat, dan darah yang keluar selama periode menstruasi tak lebih dari satu cangkir? Ketahui fakta unik lainnya tentang menstruasi, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Menstruasi Tingkatkan Gairah SeksBanyak wanita yang merasakan gairah seksnya meningkat dan mudah terangsang stimulasi seks ketika menstruasi. Saat haid, hormon progesteron dalam tubuh wanita berada dalam level terendah. Menurut para ahli, progesteron merupakan hormon yang bisa menurunkan hasrat bercinta. Jadi tak perlu heran jika saat periode haid, Anda lebih mudah terangsang hasrat seksualnya hanya karena stimulasi-stimulasi kecil. Sayangnya, bercinta ketika mens tidak disarankan karena alasan kehigienisan.2. Stres Memengaruhi Periode MenstruasiStres tidak hanya membuat Anda sulit tidur tapi juga bisa membuat periode mens tidak teratur. Ahli kandungan F. Ralph Dauterive, M.D., menjelaskan bahwa ketika menghadapi situasi yang sul [...]

Pola Makan Untuk Penyandang Autisme

Pola Makan Untuk Penyandang Autisme

Autisme adalah suatu gangguan pertumbuhan yang dialami oleh anak-anak yang ditandai dengan ketidakmampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara sosial. Untuk mengurangi gejala autisme, orangtua seringkali mencoba pilihan melalui diet khusus, Belakangan ini diet bebas gluten dan kasein mulai diminati. Bagaimana dasar diet bebas gluten & kasein bagi penderita autis? Gluten adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya). Keuntungan diet ini didasari oleh teori dimana penderita autis seringkali alergi atau hipersensitif terhadap makanan-makanan yang mengandung gluten maupun kasein. Penderita autisme memproses peptida dan protein yang dikandung oleh makanan tersebut berbeda dari orang lain. Protein ini diproses otak seperti reaksi kimia yang menyerupai opiat. Ide inilah yang digunakan diet ini untuk mengurangi gejala dan meningkatkan fungsi kognitif dan berbicara. Apa saja makanan-makanan yang mengandung gluten? Seringkali sulit menghindari makanan yang mengandung gluten karena gluten sendiri digunakan untuk memberikan struktur pada produk-produk makanan. Namun belakangan ini dapat dijumpa [...]

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Melewatkan Sarapan Sehat

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Melewatkan Sarapan Sehat

Para pakar diet dan nutrisi sangat menyarankan Anda untuk mengisi perut di pagi hari, setelah lebih kurang delapan jam 'berpuasa' ketika tidur. Sarapan memang waktu makan terpenting dalam siklus tubuh manusia agar beraktivitas dengan baik sepanjang hari.Begitu bangun tidur, kadar gula dalam darah menurun drastis akibat tubuh tak mengasup makanan maupun minuman di malam harinya. Melewatkan sarapan, bisa mengakibatkan berbagai gangguan tubuh yang bisa memengaruhi produktivitas Anda dalam menjalani kegiatan. Lalu apa yang terjadi jika seseorang 'nekat' melewatkan sarapan?Seperti dikutip dari Daily Mail, ada beberapa gejala yang bisa dialami orang yang tidak sarapan karena alasan buru-buru atau tidak sempat menyiapkan makanan:- Wajah pucat- Tubuh gemetar- Kurang energi yang berakibat kelelahan, tubuh terasa lemah dan kurangnya koordinasi- Rasa lapar hebat- Mudah marah, gelisah dan gugup- Keringat berlebihan- Sulit konsentrasi- Mudah bingungPada intinya, otak akan bekerja lebih baik jika mendapatkan asupan makanan yang mudah dicerna. Jadi jika ingin performa kerja Anda lebih baik di kantor, maka jangan pernah melewatkan sarapan. Menu sarapan pun sebaiknya tidak sembarangan. Hindari m [...]

Harapan Baru Kesuburan Wanita

Harapan Baru Kesuburan Wanita

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Di Amerika sebanyak 6,7 juta wanita menderita infertilitas, 1% diantaranya sulit untuk hamil akibat dari kurangnya kualitas dari telur mereka. Bagi beberapa wanita, ovarium (indung telur) tidak dapat memproduksi estrogen yang dibutuhkan untuk pematangan dari telur setiap bulannya sehiingga dapat memicu menopause dini. Beberapa waktu yang lalu para peneliti dari Stanford University mengembangkan suatu terobosan baru yaitu suatu teknik yang dapat membantu para wanita dalam mengatasi masalah fertilitas. Teknik baru ini dinamakan In Vitro Activation (IVA), yaitu suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengambil ovarium atau sebuah jaringan ovarium, dikeluarkan dari tubuh lalu akan disuntikkan dengan protein dan beberapa faktor lain yang secara normal dapat memicu perkembangan dari telur yang tidak matang menjadi matang. Setelah itu jaringan yang telah disiapkan itu akan dimasukkan kembali ke dalam kandung telur wanita tersebut. Sebanyak 27 wanita yang ikut serta dalam penelitian dari Stanford ini, 5 wanita berhasil memproduksi telur sehat, dan beberapa diantaranya dapat melahirkan bayi sehat. Proses ini seperti yang disebutkan dalam jurnal the Proceedings of [...]

5 Tips Mencegah Kram Kaki

5 Tips Mencegah Kram Kaki

Kekakuan pada betis yang lebih dikenal dengan kram biasanya menyerang pada malam hari. Tidak hanya otot yang kaku, kram dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.Tegang pada otot tersebut datang secara tiba-tiba, sehingga sering kali mengganggu aktifitas atau istirahat Anda. Simaklah langkah-langkah berikut untuk menghindari kram pada kaki, di lansir dari situs eHow.1. Banyak Minum Air PutihKekurangan cairan dalam tubuh adalah sebab dari banyak penyakit, termasuk kram. Minumlah 6 ? 8 gelas air putih sehari untuk menjaga kelenturan otot Anda atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan air seperti sayuran hijau atau semangka.2. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Sepatu High HeelsMengenaka high heels membuat kaki cepat lelah. Jika memang harus menggunakannya, sesekali lepaskan sepatu dan lakukan peregangan agar kaki punya kesempatan untuk istirahat. 3. Konsumsi Kalsium dan KaliumSuplemen kalsium yang banyak dipasaran dapat menjadi pilihan. Selain itu Anda bisa mencoba mengkonsumsi sayuran seperti kangkung, brokoli, serta yogurt dan susu rendah lemak untuk meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Sedangkan kalium bisa Anda dapatkan dalam pisang, alpukat, ikan, unggas dan daging.4. Ola [...]

5 Faktor Yang Buat Anda Sulit Tidur

5 Faktor Yang Buat Anda Sulit Tidur

Mengonsumsi banyak kafein, bisa menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya tidur Anda di malam hari. Namun, ternyata ada berbagai faktor lain yang bisa mempengaruhi pola tidur Anda. Ini 5 di antaranya!Seperti yang dikutip dari health, ada lima faktor yang biasanya menjadi penyebab utama kurangnya tidur seseorang. Sebelum mencari tahu solusinya, kenali lebih dalam faktor penyebabnya terlebih dulu:1. SakitDalam sebuah penelitian, 15 persen orang Amerika dilaporkan menderita penyakit kronis dan dua per tiganya dilaporkan mengalami masalah tidur. Sakit punggung, sakit kepala dan sindrom sendi rahang (masalah dengan otot rahang) merupakan penyebab utama kurangnya tidur Anda.2. StresInsomnia adalah suatu gejala dan penyebab depresi dan kecemasan. Hal ini disebabkan, otak menggunakan neurotransmitter yang sama saat tidur dan juga suasana hati. Situasi yang membuat stres seperti masalah keuangan atau rumah tangga seringkali menjadi penyebab insomnia yang bisa menjadi masalah kurangnya waktu tidur dalam jangka waktu lama.3. Jet lagTubuh dan otak Anda sudah terbiasa dengan jam internal, tidur di malam hari dan bangun di waktu pagi. Tubuh hanya bisa bertahan tiga hari ketika harus menyes [...]

Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine mengemukakan hasil sebuah penelitian dari 44.000 bayi di Amerika Serikat selama sepuluh tahun terhadap pencegahan obesitas dilihat dari berat tubuh bayi baru lahir hingga usia 24 bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa grafik pertumbuhan berat tubuh dan panjang bayi baru lahir yang digunakan dokter anak saat melakukan check up rutin, mampu menjadi acuan resiko obesitas pada bayi kemudian hari. Dalam grafik pertumbuhan ini dokter dapat menghitung persentil pertumbuhan normal pada bayi sehingga apabila bayi mengalami kenaikan lebih dari 2 persentil dalam pertumbuhan mereka sebelum berusia 2 tahun, akan meningkatkan resiko obesitas mereka pada usia 5 tahun. Bahkan mereka tetap mempunyai resiko obesitas sebanyak 75% saat berusia 10 tahun. Seperti dilansir dalam Dailymail, Elsie Taveras selaku pemimpin studi mengungkapkan bahwa hasil penelitian ini memberikan panduan spesifik dalam membantu dokter mengetahui kapan seorang bayi beresiko menjadi gemuk di kemudian hari sehingga dapat membantu membendung epidemi obesitas di tahap awal. Meskipun bayi tidak dapat diberikan terapi diet seperti or [...]

6 Tips Cepat Hamil

6 Tips Cepat Hamil

Pada prinsipnya, status kondisi tubuh calon ibu dan ayah jelas mempengaruhi proses memperoleh keturunan. Jadi, dari sekian banyak persiapan kehamilan yang dapat dilakukan, mempersiapkan kesehatan tubuh calon ayah dan calon ibu sangat penting untuk diprioritaskan. Untuk itu mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik. Berikut ini adalah 6 cara mempercepat kehamilan bagi Anda yang merencanakan kehamilan: Lakukan medical check up sebelum merencanakan kehamilan Sebelum Anda merencanakan kehamilan, dianjurkan agar Anda terlebih dahulu berkonsultasi dan melakukan medical check-up. Tanyakan kepada dokter vitamin apa saja yang sebaiknya dikonsumsi, misalnya: asam folat yang berguna untuk mencegah kelainan bawaan seperti spina bifida (kelainan saraf tulang belakang). (Baca: 5 Medical Check-up Wajib untuk Wanita) 2. Pahami Siklus Menstruasi Anda Dengan mengetahui siklus menstruasi, maka Anda juga akan dapat mengetahui periode ovulasi Anda. Pada periode ovulasi inilah, dianjurkan agar Anda dapat memfokuskan untuk hubungan seksual. Cara menghitung masa subur adalah, jika siklus menstruasi Anda normal yakni 21-35 hari, maka cara perh [...]

Bahaya Kesehatan di Balik Jus Apel

Bahaya Kesehatan di Balik Jus Apel

Jika Anda pikir jus buah adalah minuman yang sehat, sebaiknya pikir kembali. Menurut pakar kesehatan, jus buah justru bisa memiliki efek buruk terhadap kesehatan. Salah satu yang berbahaya adalah jus apel.Menurut pakar kesehatan dan nutrisi, jus apel bisa berbahaya bagi berat badan dan gigi pada anak. Jus apel dipercaya mengandung banyak kalori dan pada beberapa kasus, juga mengandung gula dan soda.Membiarkan anak meminum jus apel, sama saja seperti membiasakan anak mengonsumsi makanan manis dan menjauhkannya dari makanan serta minuman sehat. Belum lagi adanya risiko obesitas yang akan dihadapi si kecil di kemudian hari."Jus apel seperti air gula. Saya tidak akan membiarkan anak saya yang berusia 3 tahun meminum jus apel'," ujar Judith Stern, profesor dalam bidang kesehatan dan nutrisi di University of California.Belakangan ini banyak dijumapi jus yang telah dilengkapi dengan berbagai macam vitamin. Namun hal tersebut tidak memuaskan beberapa ahli gizi. Menurut mereka dengan adanya vitamin, minuman itu tetap tak bisa disebut sebagai minuman sehat."Jika tidak sehat pada awalnya, menambahkan vitamin tidak membuatnya jadi makanan atau minuman sehat. Jika minuman itu malah menambah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *