Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

eskrim-anak

Siapa yang tak mengenal jenis makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang pada dasarnya disukai diberbagai kalangan. Tidak mengenal waktu yang pas untuk mengonsumsinya. Selain rasanya yang sangat menggoda, jenis makanan ini juga juga memiliki berbagai macam varian rasa yang dibalut dengan desain yang sangat menarik dengan warna yang cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan harga yang ditawarkanpun memiliki berbagai macam. Ada yang memiliki kisaran harga yang cukup mahal hingga pada kisaran yang sangat murah dan terjangkau. Pada musim panas tentunya jumlah peminat makanan ini sangatlah banyak. Namun banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan akan gizi yang terkandung didalamnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan ini merupakan jenis makanan biasa yang tidak menimbulkan banyak resiko.

Sebelum anda gemar terhadap jenis makanan yang satu ini, perlu anda ketahui jenis kandungan apa saja yang ada didalam jenis makanan ini dan apa efek yang ditimbulkan dari makanan ini terutama untuk anak-anak, dan tidak lupa kami akan membahas tentang tips tips membuat dan menyajikan eskrim yang sehat dan cantik.

Es krim merupakan jenis makanan yang mengandung berbagai macam kandungan. Dalam beberapa jenis es krim dibuat dengan menggunakan kandungan yang bernutrisi seperti susu yang mengandung vitamin, protein, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, gula dan buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin. Namun disis lain ada juga yang menggunakan bahan-bahan yang kurang baik untuk kesehatan seperti pembuatan dengan air yang kurang bersih, bahan pengawet, bahan pewarna buatan dan sebagainya. Pada dasarnya segala sesuatu yang akan dikonsumsi haruslah perlu diwaspadai tentang pembuatan dan bahan makanan pokok yang digunakan. Namun dalam garis besar, makanan dengan kondisi siap saji tidaklah memliki nilai gizi yang maksimal. Karena didalamnya kurang lebih memiliki bahan pengawet yang kurang baik untuk kesehatan tubuh baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dari zat gula yang terkandung dalam makanan es krim mampu membuat kerusakan gigi akibat pengeroposan gigi berlubang karena pada sisi balita dan anak-anak kurang terlalu peka terhadap efek ini selain itu juga beresiko menyebabkan obeisitas pada anak. Es krim juga kurang baik untuk membantu pertumbuhan anak-anak karena kandungan dan penyajian dalam bentuk dingin mampu menimbulkan penyakit amandel, batuk, flu dan juga radang tenggorokan. Selain itu untuk penyajian dalam kemasan siap saji perhatikan bahan pengawet yang ada didalamnya yang kurang baik pula untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Bagi balita maupun anak-anak yang mengonsumsi makanan jenis ini dalam jumlah yang cukup banyak akan mengganggu sistem metabolism, kesehatan dan pertumbuhan karena hal ini dipengaruhi dari tidak terkontrolnya jumlah makanan dan nutrisi sehat yang masuk dalam tubuh selain itu dengan adanya kandungan lemak pada es krim yang dapat menimbulkan rasa kenyang yang akan mengakibatkan proses masuknya makanan bernutrisi lainnya akan terhambat dan lemak sendiri memiliki kandungan kalori yang lebih dari cukup dari yang dibutuhkan.

Untuk menghindari dari hal tersebut maka disarankan untuk membuat resep eskrim sendiri yang dapat disajikan dengan cepat. Dalam sajian yang anda buat sendiri, anda dapat mencampurkan beberapa bahan yang pasti anda tau bahan-bahan yang sehat untuk anda konsumsi sendiri. Bahan-bahan yang dapat anda campurkan untuk membuat es krim sehat antara lain dengan menggunakan susu untuk pemanis dan campuran buah buahan sebagai perasa buah yang segar. Buah yang anda dapat guanakan antara lain, stowberry, nanas, anggur, jeruk apokat dan sebagainya. Dimana buah-buahan tersebut memiliki kandungan gizi yang baik terutama pada anak-anak. Selain itu anda juga dapat mengkombinasikan sayur-sayuran didalamnya seperti campuran wortel, tomat, jagung dan juga dapat mengkombinasikan dengan campuran biscuit, keju maupun campuran roti sisir sebagai varian es krim. Beberapa tips penyajian yang baik untuk anak-anak. Selain itu anda juga dapat menggunakan campuran ubi ungu sebagai campuran variasi es krim anda.

Namun meskipun es krim terbuat dari bahan-bahan yang baik untuk kesehatan, namun juga perlu diperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi dan keseimbangan nutrisi anak yang diperlukan untuk mendukung kestabilan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhannya.

Dalams mengolah makanan yang satu ini anda dapat mencoba tips sehat yang baik untuk anda sajikan untuk anak-anak dengan cara yang sangat mudah.

Varian makanan jenis ini memiliki banyak macam dan jenisnya. Anda juga dapat mencampurkan berbagai jenis macam makanan untuk membuat tampilan dan rasa yang lebih menarik. Namun sebelum itu, perlu anda persiapkan jenis makanan apa yang akan anda campurkan untuk mendukung nutrisi yang ada pada es krim anda.

Satu menu cantik yang dapat anda sajikan :
Siapkan bahan es krim
– Susu kental manis ± 200 gram (vitamin, kalsium, mineral, protein dll)
– Coklat 50 gram (protein, karbohidrat)
– Whipping Cream 500 gram + air
– Cincang buah strawberry, (kalori, protein, serat, karbohodrat vitamin C, A)
– Anggur hijau (vitamin A, B6, C K rendah lemak, zat besi dll)
– Sisir keju (kalsium, vitamin dan protein)

Cara membuat :
– Campurkan Whipping cream dan air dan selanjutnya dikocok menggunakan mixer pada kecepatan standart. (masukkan dalam kulkas)
– Campurkan bahan buah-buahan, coklat leleh dan susu
– Kemudian campurkan pada whipping cream kemudian aduk dan padatkan cream.
– Taburkan keju diatasnya dengan belahan buah-buahan

Dalam pembuatan sederhana, anda dapat menggunakan bahan-bahan yang lain yang lebih memiliki nilai yang cukup murah, seperti susu biasa dan campuran buah buahan segar seperti mangga, papaya, biscuit dan lain sebagainya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita yang Implan Payudara Rentan Bunuh Diri

Wanita yang Implan Payudara Rentan Bunuh Diri

Sepertinya terdapat korelasi antara implan payudara dan keinginan bunuh diri pada seseorang. Menurut penelitian, wanita yang memasang implan payudara, hampir tiga kali lebih mungkin melakukan bunuh diri daripada mereka yang tidak mengenakan payudara palsu.Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Plastic Surgery memperkuat penelitian lain yang menunjukkan bahwa wanita yang melakukan pembesaran payudara memiliki risiko bunuh diri. Penelitian tersebut dibuktikan oleh para peneliti dari Amerika Serikat.Loren Lipworth dari the Vanderbilt University Medical Center di Tennessee, Amerika bersama rekannya meneliti 3.327 wanita Swedia yang memasang implan payudara antara tahun 1965 dan 1993. Mereka pun meneliti surat kematian dari wanita yang telah melakukan operasi payudara.Hasilnya, hanya 24 wanita yang ingin melakukan bunuh diri setelah 19 tahun memakai implan. Namun sebenarnya, risiko itu tiga kali lebih besar jika dilihat dari jumlah populasi penelitian. Para peneliti menulis, peningkatan risiko bunuh diri tidak terlalu jelas sampai 10 tahun setelah implan.Menurut Lipworth, beberapa wanita yang memasang implan payudara kemungkinan memiliki masalah kejiwaan pada awalnya. [...]

Kegawat Daruratan Gigi

Kegawat Daruratan Gigi

Ada beberapa hal menyangkut kedaruratan gigi yang akan dibahas pada tulisan ini, yaitu: Gigi patah Gigi tanggal Sakit gigi Gigi Patah Jika gigi anda patah, maka pertolongan pertama yang dapat diberikan antara lain: Kompres area gigi yang patah dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin. Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan Patahan gigi disimpan, dimasukkan ke dalam wadah yang di dalamnya terdapat susu cair atau bungkus gigi dengan kain basah Segera ke dokter gigi Gigi Tanggal Pertolongan pertama pada gigi yang tanggal dibedakan menurut usia gigi, apakah termasuk gigi susu atau gigi permanen. Pada anak-anak kurang dari 7 tahun (gigi susu), jika terjadi patah gigi dapat dilakukan kompres dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada tempat gigi yang tanggal. Jika anak mau, dapat diberikan es batu untuk dikulum di mulut untuk mengurangi pembengkakan. Pada orang dewasa (gigi permanen), gigi yang tanggal dapat dipasang kembali jika kurang dari 20 menit segera pergi ke dokter gigi. Adapun pertolongan pertamanya antara lain: Pegang gigi yang tanggal pada mahkotanya dan bukan pada akarnya Jangan bersihkan gigi atau menggosoknya de [...]

10 Makanan Yang Perlu Dikontrol Konsumsinya Agar Terhindar Dari Penyakit

10 Makanan Yang Perlu Dikontrol Konsumsinya Agar Terhindar Dari Penyakit

Makanan merupakan suatu asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Apalagi makanan yang banyak mengandung vitamin, protein dan klasium yang sangat banyak diperlukan oleh tubuh. Pada kalangan masyarakat umumnya, kurang memperhatikan tetang seberapa banyak kandungan vitamin, protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Karena pada dasaranya jumlah kebutuhan kandungan vitamin, protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tiap manusia memiliki jumlah yang berbeda-beda. Makanan yang dikonsumsi harus memiliki kandungan yang benar-benar diperlukan oleh tubuh karena jika salah mengonsumsi maka hasil akhirnya bisa membuat diri anda menjadi tidak sehat akibat terjadinya penolakan dalam tubuh dengan adanya nutrisi yang justru dapat merusak sistem kekebalan tubuh anda. Pembahasan ini sebenarnya pembahasan tentang cara mengonsmsi makanan sehat dengan baik sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Karena banyak terjadi dimasyarakat yang tidak mengenali kondisinya sendiri sehingga mengonsumsi makanan yang sembarangan sehingga dapat dapat menambah buruk bagi kesehatannya. Makanan yang sehat merupakan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin tinggi seperti nasi, sayur-sayuran, bua [...]

Berawal dari Rencana Diet, Wanita Ini Sukses Berbisnis Susu Almond

Berawal dari Rencana Diet, Wanita Ini Sukses Berbisnis Susu Almond

Tidak hanya bisa disantap untuk camilan sehat, kacang almond kini banyak diolah menjadi susu. Minuman ini dipercaya rendah lemak dan bebas kolestrol sehingga aman dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang diet dan memiliki intoleransi laktosa sehingga tidak bisa meminum susu hewani. Selain itu, mengonsumsi susu almond juga telah menjadi tren yang banyak dilakoni oleh para pecinta gaya hidup sehat.Melihat maraknya orang-orang yang mengonsumsi susu almond, seorang wanita yang berdomisili di Jakarta, Prafieta tertarik untuk menjadikan susu almond ini sebagai peluang usahanya. Pada Desember 2014, wanita 27 tahun ini mendirikan Mylkinc, sebuah brand minuman yang menjual berbagai minuman sehat, termasuk susu almond.Prafieta yang memiliki intoleransi laktosa sehingga tidak bisa mengonsumsi susu hewani ini awalnya hanya iseng bereksperimen di dapur kecilnya. Tanpa disangka, susu almond buatannya terasa enak."Aku coba meramu sendiri di dapur dan pakai resep sendiri. Kebetulan aku lagi diet juga, jadi aku nggak pakai gula. Ternyata rasanya enak, akhirnya aku coba jualan di bazar-bazar, alhamdulillah responnya bagus dan aku makin percaya diri untuk buka toko," tuturnya saat berbincang denga [...]

Flossing Setelah Menyikat, Adakah Manfaatnya untuk Cegah Kerusakan Gigi?

Flossing Setelah Menyikat, Adakah Manfaatnya untuk Cegah Kerusakan Gigi?

Flossing setelah menyikat gigi disarankan sebagian orang dan pakar kesehatan untuk menjaga kesehatan mulut serta gigi secara menyeluruh. Menyikat gigi saja memang tidak cukup untuk mencegah penyakit gusi dan kerusakan gigi, karena tidak bisa membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.Seperti diketahui, sisa makanan yang tidak dibersihkan akan menimbulkan penumpukan plak pada gigi. Plak merupakan bakteri yang menempel pada email gigi, yang dipicu oleh karbohidrat yang kita makan. Jika dibiarkan menumpuk terlalu lama, bakteri-bakteri ini akan merusak permukaan gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Metode flossing pertamakali diperkenalkan oleh seorang dokter gigi asal New Orleans, Levi Spear Parmly. Ia merekomendasikan penggunaan benang sutera untuk membersihkan sela-sela gigi pada 1815. Berbagai penelitian membuktikan bahwa flossing bisa mengurangi penumpukan plak di sela-sela gigi dan batas antara email gigi dan gusi. Tapi cukup efektifkah mencegah risiko pengeroposan gigi dan gingivitis atau radang gusi?Bisa ya, bisa tidak. Penelitian yang dipublikasikan oleh Cochrane Collaboration pada 2012 mengungkapkan, flossing bisa membantu meminimalisir kerusakan gigi pada anak-anak, [...]

Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah Belum Tentu Lebih Sehat

Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah Belum Tentu Lebih Sehat

Pada label kemasan makanan, biasanya terdapat keterangan indeks glikemik. Namun, informasi ini ternyata tidak dapat dijadikan satu-satunya acuan untuk menjalankan pola makan sehat. Indeks glikemik (IG) adalah sistem peringkat makanan yang mengandung karbohidrat. Angka ini menjadi indkator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Angka indeks glikemik kadang dapat ditemukan pada label kemasan makanan atau dapat dicek pada laman kesehatan di internet. Indeks Glikemik Rendah dan Tinggi Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan karbohidrat yang diproses secara cepat oleh tubuh dan menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Hal ini dikarenakan karbohidrat tertentu memang lebih mudah dan lebih cepat dicerna tubuh menjadi gula yang digunakan tubuh sebagai sumber energi. Beberapa jenis makanan yang indeks glikemiknya tinggi adalah kentang, nasi putih, gula, roti putih, dan minuman bersoda dan yang manis. Sedangkan makanan dengan indeks glikemik rendah dan sedang adalah makanan yang dicerna tubuh secara perlahan dan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap. Contoh makanan tersebut antara lain kacang-kacangan, buah- [...]

Tak hanya Redakan Pilek dan Pegal, Ini 6 Kegunaan Lain Balsem Gosok

Tak hanya Redakan Pilek dan Pegal, Ini 6 Kegunaan Lain Balsem Gosok

Balsem gosok kerap digunakan untuk meredakan berbagai gangguan kesehatan ringan. Mulai dari tenggorokan gatal, pilek, sakit perut, mual, sakit kepala juga pegal-pegal. Kandungan menthol-nya pun bermanfaat melegakan hidung tersumbat hingga menghilangkan gatal karena digigit serangga.Ternyata balsem atau yang juga dikenal dengan sebutan vapour rub ini memiliki fungsi lain. Ini enam kegunaan lain balsem yang terbuat dari campuran menthol, camphor, minyak eucalyptus, minyak daun cedar, minyak nutmeg dan thymol ini.1. Mengusir NyamukMengusir nyamuk tak harus selalu menggunakan obat semprotk pembasmi nyamuk yang berbahaya bagi pernapasan karena kandungan bahan kimianya. Anda bisa terhindar dari gigitan nyamuk dengan mengoleskan balsem di beberapa area tubuh. Oleskan pada leher, tangan, kaki serta bagian tubuh lain yang tak tertutup pakaian dengan balsem gosok. Nyamuk benci dengan aroma yang menyengat, salah satunya menthol. Dengan aroma menthol di tubuh Anda, serangga penghisap darah itu pun akan enggan mendekat. Vapour rub juga bisa meringankan gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk. Caranya cukup dengan mengoleskan balsem ke area yang tergigit.2. Merawat Jamur pada Jari KakiKarena t [...]

14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah

14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah

Dalam hidupnya, 8 dari 10 orang pasti pernah mengalami nyeri punggung bawah. Nyeri tersebut dapat bervariasi mulai dari nyeri ringan, nyeri tumpul, nyeri yang persisten, nyeri berat dan nyeri yang mengganggu aktivitas. (Baca: Kebiaasaan-kebiasaan Salah Penyebab Nyeri Pinggang) Nyeri punggung bawah dapat membatasi mobilitas dan mengganggu fungsi tubuh sehari-hari. Karena keluhan ini merupakan keluhan yang paling sering terjadi, maka sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan keluhan ini. Apa saja yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah? Aktivitas berlebihan yang menyebabkan ketegangan pada bagian punggung bawah atau aktivitas dengan posisi yang tidak tepat (misalnya: mengangkat benda berat secara tiba-tiba atau berulang, pajanan getaran pada daerah punggung untuk waktu yang cukup lama). Trauma, kecelakaan atau patah tulang. Gangguan pada tulang belakang (sebagai contoh: peregangan otot dan ligamen di sekitar tulang belakang yang terlalu berlebihan atau efek penuaan). Infeksi. Adanya pertumbuhan massa yang abnormal, sepeti tumor. Obesitas (biasanya pada orang dengan berat badan berlebih dapat terjadi tekanan be [...]

Yuk, Mengenal Jenis Teh & Manfaatnya

Yuk, Mengenal Jenis Teh & Manfaatnya

Di negara seperti China, Thailand dan Jepang, teh menjadi minuman sehari-hari bagi para penduduknya. Alasannya, karena tradisi dan manfaat baik yang ditawarkan teh pada kesehatan tubuh. Tiap jenis teh memiliki manfaat yang berbeda-beda. Misalnya, teh hijau yang dapat melangsingkan dan teh chamomile berguna untuk mengurangi stress. Namun tidak hanya dua jenis teh itu saja yang memiliki dampak positif. Berdasarkan perkembangan saat ini, makin banyak produsen yang berlomba-lomba untuk menemukan manfaat untuk setiap teh. Berikut adalah jenis-jenis teh dan manfaatnya, dilansir dari situs Health Me Up.Teh OolongTeh hasil fermentasi ini sangat terkenal akan kasiatnya menurunkan berat badan. Selain itu teh oolong juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat, mengurangi tekanan darah, mencegah kerusakan gigi, dan baik untuk kulit karena mengandung banyak antioksidan. Para penderita penyakit jantung dan diabetes sangat dianjurkan untuk meminum teh oolong secara teratur.Teh PeppermintTeh dari tumbuhan Pudina atau yang biasa dikenal dengan peppermint ini adalah sejenis teh herbal untuk mengobati sakit perut. Pengujian secara klinis telah membuktikan bahwa teh peppermint dapat menimbulk [...]

Sudahkah Anda Menggunakan Mouse dengan Benar?

Sudahkah Anda Menggunakan Mouse dengan Benar?

Apakah Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer? Apakah Anda sering main game dengan laptop Anda? Jika jawabannya ya dan Anda pernah atau sedang mengalami nyeri pada lengan atau pergelangan tangan, bisa jadi Anda mengalami mouse elbow atau yang dikenal di dunia medis dengan istilah epicondylitis overuse injury. Apakah itu epikondilitis dan apa penyebabnya? Mouse elbow atau epikondilitis merupakan suatu bentuk cedera akibat penggunaan otot atau tendon yang berlebih dan menyebabkan degenerasi serta stress berulang pada lengan bawah dan pergelangan tangan Anda, seperti misalnya memindahkan dan mengklik menggunakan mouse. Nyeri dapat terjadi pada bagian luar dari pergelangan tangan Anda ataupun lengan bawah Anda. Dengan stress yang berulang dan repetitif, Anda dapat mengalami nyeri pada otot dan tendon bahkan saat beristirahat, yang dapat menyebabkan kelemahan dalam melemahnya kekuatan genggaman tangan. Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut? Berikut penjelasannya. Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut? Es Gunakan es pada pergelangan tangan untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Aplikasikan 2-3 kali sehari selama 15-20 menit. Pereganga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *