Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

eskrim-anak

Siapa yang tak mengenal jenis makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang pada dasarnya disukai diberbagai kalangan. Tidak mengenal waktu yang pas untuk mengonsumsinya. Selain rasanya yang sangat menggoda, jenis makanan ini juga juga memiliki berbagai macam varian rasa yang dibalut dengan desain yang sangat menarik dengan warna yang cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan harga yang ditawarkanpun memiliki berbagai macam. Ada yang memiliki kisaran harga yang cukup mahal hingga pada kisaran yang sangat murah dan terjangkau. Pada musim panas tentunya jumlah peminat makanan ini sangatlah banyak. Namun banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan akan gizi yang terkandung didalamnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan ini merupakan jenis makanan biasa yang tidak menimbulkan banyak resiko.

Sebelum anda gemar terhadap jenis makanan yang satu ini, perlu anda ketahui jenis kandungan apa saja yang ada didalam jenis makanan ini dan apa efek yang ditimbulkan dari makanan ini terutama untuk anak-anak, dan tidak lupa kami akan membahas tentang tips tips membuat dan menyajikan eskrim yang sehat dan cantik.

Es krim merupakan jenis makanan yang mengandung berbagai macam kandungan. Dalam beberapa jenis es krim dibuat dengan menggunakan kandungan yang bernutrisi seperti susu yang mengandung vitamin, protein, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, gula dan buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin. Namun disis lain ada juga yang menggunakan bahan-bahan yang kurang baik untuk kesehatan seperti pembuatan dengan air yang kurang bersih, bahan pengawet, bahan pewarna buatan dan sebagainya. Pada dasarnya segala sesuatu yang akan dikonsumsi haruslah perlu diwaspadai tentang pembuatan dan bahan makanan pokok yang digunakan. Namun dalam garis besar, makanan dengan kondisi siap saji tidaklah memliki nilai gizi yang maksimal. Karena didalamnya kurang lebih memiliki bahan pengawet yang kurang baik untuk kesehatan tubuh baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dari zat gula yang terkandung dalam makanan es krim mampu membuat kerusakan gigi akibat pengeroposan gigi berlubang karena pada sisi balita dan anak-anak kurang terlalu peka terhadap efek ini selain itu juga beresiko menyebabkan obeisitas pada anak. Es krim juga kurang baik untuk membantu pertumbuhan anak-anak karena kandungan dan penyajian dalam bentuk dingin mampu menimbulkan penyakit amandel, batuk, flu dan juga radang tenggorokan. Selain itu untuk penyajian dalam kemasan siap saji perhatikan bahan pengawet yang ada didalamnya yang kurang baik pula untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Bagi balita maupun anak-anak yang mengonsumsi makanan jenis ini dalam jumlah yang cukup banyak akan mengganggu sistem metabolism, kesehatan dan pertumbuhan karena hal ini dipengaruhi dari tidak terkontrolnya jumlah makanan dan nutrisi sehat yang masuk dalam tubuh selain itu dengan adanya kandungan lemak pada es krim yang dapat menimbulkan rasa kenyang yang akan mengakibatkan proses masuknya makanan bernutrisi lainnya akan terhambat dan lemak sendiri memiliki kandungan kalori yang lebih dari cukup dari yang dibutuhkan.

Untuk menghindari dari hal tersebut maka disarankan untuk membuat resep eskrim sendiri yang dapat disajikan dengan cepat. Dalam sajian yang anda buat sendiri, anda dapat mencampurkan beberapa bahan yang pasti anda tau bahan-bahan yang sehat untuk anda konsumsi sendiri. Bahan-bahan yang dapat anda campurkan untuk membuat es krim sehat antara lain dengan menggunakan susu untuk pemanis dan campuran buah buahan sebagai perasa buah yang segar. Buah yang anda dapat guanakan antara lain, stowberry, nanas, anggur, jeruk apokat dan sebagainya. Dimana buah-buahan tersebut memiliki kandungan gizi yang baik terutama pada anak-anak. Selain itu anda juga dapat mengkombinasikan sayur-sayuran didalamnya seperti campuran wortel, tomat, jagung dan juga dapat mengkombinasikan dengan campuran biscuit, keju maupun campuran roti sisir sebagai varian es krim. Beberapa tips penyajian yang baik untuk anak-anak. Selain itu anda juga dapat menggunakan campuran ubi ungu sebagai campuran variasi es krim anda.

Namun meskipun es krim terbuat dari bahan-bahan yang baik untuk kesehatan, namun juga perlu diperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi dan keseimbangan nutrisi anak yang diperlukan untuk mendukung kestabilan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhannya.

Dalams mengolah makanan yang satu ini anda dapat mencoba tips sehat yang baik untuk anda sajikan untuk anak-anak dengan cara yang sangat mudah.

Varian makanan jenis ini memiliki banyak macam dan jenisnya. Anda juga dapat mencampurkan berbagai jenis macam makanan untuk membuat tampilan dan rasa yang lebih menarik. Namun sebelum itu, perlu anda persiapkan jenis makanan apa yang akan anda campurkan untuk mendukung nutrisi yang ada pada es krim anda.

Satu menu cantik yang dapat anda sajikan :
Siapkan bahan es krim
– Susu kental manis ± 200 gram (vitamin, kalsium, mineral, protein dll)
– Coklat 50 gram (protein, karbohidrat)
– Whipping Cream 500 gram + air
– Cincang buah strawberry, (kalori, protein, serat, karbohodrat vitamin C, A)
– Anggur hijau (vitamin A, B6, C K rendah lemak, zat besi dll)
– Sisir keju (kalsium, vitamin dan protein)

Cara membuat :
– Campurkan Whipping cream dan air dan selanjutnya dikocok menggunakan mixer pada kecepatan standart. (masukkan dalam kulkas)
– Campurkan bahan buah-buahan, coklat leleh dan susu
– Kemudian campurkan pada whipping cream kemudian aduk dan padatkan cream.
– Taburkan keju diatasnya dengan belahan buah-buahan

Dalam pembuatan sederhana, anda dapat menggunakan bahan-bahan yang lain yang lebih memiliki nilai yang cukup murah, seperti susu biasa dan campuran buah buahan segar seperti mangga, papaya, biscuit dan lain sebagainya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine mengemukakan hasil sebuah penelitian dari 44.000 bayi di Amerika Serikat selama sepuluh tahun terhadap pencegahan obesitas dilihat dari berat tubuh bayi baru lahir hingga usia 24 bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa grafik pertumbuhan berat tubuh dan panjang bayi baru lahir yang digunakan dokter anak saat melakukan check up rutin, mampu menjadi acuan resiko obesitas pada bayi kemudian hari. Dalam grafik pertumbuhan ini dokter dapat menghitung persentil pertumbuhan normal pada bayi sehingga apabila bayi mengalami kenaikan lebih dari 2 persentil dalam pertumbuhan mereka sebelum berusia 2 tahun, akan meningkatkan resiko obesitas mereka pada usia 5 tahun. Bahkan mereka tetap mempunyai resiko obesitas sebanyak 75% saat berusia 10 tahun. Seperti dilansir dalam Dailymail, Elsie Taveras selaku pemimpin studi mengungkapkan bahwa hasil penelitian ini memberikan panduan spesifik dalam membantu dokter mengetahui kapan seorang bayi beresiko menjadi gemuk di kemudian hari sehingga dapat membantu membendung epidemi obesitas di tahap awal. Meskipun bayi tidak dapat diberikan terapi diet seperti or [...]

Cara Mengobati Memar Mata

Cara Mengobati Memar Mata

Cara mengobati memar mata adalah dengan segera lakukan pengompresan. Hal ini guna mencegah bertambah banyaknya darah yang merembes ke jaringan. Memar mata terjadi karena benturan benda keras. Tanda yang akan terlihat adanya benjolan pada bagian yang terbentur, kadang disertai warna kebiruan. Benjol dan kebiruan disebabkan karena pembuluh darah pada bagian yang terkena benturan pecah dan darah masuk kejaringan sekitarnya. Struktur wajah dan mata sangat sesuai untuk melindungi mata dari cedera. Bola mata terdapat di dalam sebuah rongga yang dikelilingi oleh bubuhan bertulang yang kuat. Kelopak mata bisa segera menutup untuk membentuk penghalang bagi benda asing dan mata bisa mengatasi benturan yang ringan tanpa mengalami kerusakan. Meskipun demikian, mata dan struktur di sekitarnya bisa mengalami kerusakan akibat cedera. Lalu adakah kiat untuk menyamarkan ataupun mengobati mata memar? Berikut penjelasannya: Mengobati Memar Pada Mata Cedera yang terjadi pada mata bisa berupa memar akibat terkena benturan sesuatu. Mungkin tidak ada benda asing disekitar mata tetapi memar bisa terjadi di mata atau bahkan di bola matanya, bisa membuat khawatir dan terjadi kerusakan [...]

Kehamilan Kosong atau Blighted Ovum

Kehamilan Kosong atau Blighted Ovum

Blighted ovum (BO) atau disebut kehamilan kosong. Terjadi ketika sel telur berhasil dibuahi namun tidak berkembang menjadi embrio. Sel tetap membentuk kantung janin (gestational sac) namun konsepsi (pembuahan) tidak berkembang menjadi sebuah embrio. Hasil konsepsi akan terus tertanam di dalam rahim dan memberikan sinyal kepada otak bahwa terdapat konsepsi di dalam rahim sehingga hormon kehamilan tetap akan dihasilkan dan kehamilan akan terus berkembang menjadi kehamilan biasa, ibu hamil merasa benar ? benar hamil dengan ditambah adanya hasil test pack yang positif. Pada kehamilan normal perkembangan janin dapat terlihat pada pemeriksaan USG transvaginal sekitar umur 5-6 minggu, sedangkan pada pemeriksaan USG abdomen terlihat pada usia kehamilan 6-7 minggu. Diagnosa Kehamilan kosong akan terdeteksi jika pada saat kehamilan 8 minggu dilakukan pemeriksaan USG abdomen dan di dalam kantung janin tidak terdapat embrio atau tidak adanya detak jantung janin pada saat pemeriksaan Doppler. Jika hasil USG di usia 8 minggu sudah terdeteksi dan tidak ditemukan adanya perdarahan pervaginal, biasanya dokter akan memberikan pilihan untuk menunggu beberapa hari atau minggu untuk mengulang pemeriks [...]

Rajin Makan Semangka Atasi Hipertensi dan Kurangi Risiko Serangan Jantung

Rajin Makan Semangka Atasi Hipertensi dan Kurangi Risiko Serangan Jantung

Selain rasanya yang segar dan membantu menghilangkan dahaga, semangka juga disebut-sebut bisa meningkatkan libido pada pria. Bahkan menurut penelitian dari A&M Fruit Vegetables Improvement di Amerika Serikat, efek semangka hampir menyamai Viagra.Ternyata manfaat buah dengan rasa manis segar ini tidak sampai di situ. Penelitian terbaru menunjukkan kalau semangka juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dengan kelebihan berat badan serta menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension tersebut mengungkapkan, semangka paling baik dimakan untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko gangguan jantung, terutama saat cuaca dingin. Disebutkan dalam penelitian tersebut, serangan jantung lebih banyak terjadi kala udara dingin karena membuat organ dalam bekerja lebih keras untuk membuat tubuh tetap hangat.Untuk menghangatkan tubuh, tekanan darah pun ditingkatkan dan kondisi ini membuat jantung juga berdetak lebih kencang. Kondisi ini membuat orang lebih berisiko terkena serangan jantung atau stroke. Dengan konsumsi semangka, ditemukan penurunan tekanan darah dan detak jantung yang lebih tenang set [...]

10 Alasan Mengurangi Gula

10 Alasan Mengurangi Gula

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Gula di kopi dan teh pagi hari. Tambah gula lagi di makanan penutup makan siang Anda. Semakin tambah gula lagi di soft drink kesukaan Anda di siang bolong sebagai pemuas dahaga. Tambah lagi gula di kue tiramisu sore hari. Masih tambah lagi gula di minuman Anda di malam hari ketika nongkrong dengan teman-teman. Dan belum lagi ditambah kandungan gula yang terdapat di makanan Anda lainnya. Tanpa sadar Anda telah mengkonsumsi gula dalam sehari 2x melebihi batas yang cukup diperlukan tubuh. Berbahayakah? Jelas berbahaya, ini 10 alasannya: Gula dapat membuat Adiksi Menurut Dr. Robert Lustig seorang endocrinologist, gula dapat menstimulasi otak mengeluarkan dopamin sama dengan proses adiksi yang ditimbulkan oleh kokain dan heroin. Oleh karena itu, saat kita mengkonsumsi gula kita akan merasa ?ketagihan untuk mengkonsumsi gula lagi?. Terlalu banyak Gula meningkatkan risiko KankerSebuah protokol yang diterbitkan oleh American Cancer Society menyebutkan bahwa ada hubungan antara gula dengan peningkatan obesitas dan insulin yang dapat meningkatkan risiko kanker. Gula buruk untuk JantungStudi menunjukkan bahwa gula yang tinggi akan membentuk ka [...]

Dapatkah Cokelat Menyebabkan Jatuh Cinta?

Dapatkah Cokelat Menyebabkan Jatuh Cinta?

Di dalam khazanah medis, jatuh cinta pada tubuh manusia difaktori oleh hormon oksitosin. Hormon oksitosin yang mencetuskan perasaan terbuka, saling mendukung, menerbitkan kasih sayang dan atribut romantika lainnya. Lalu, bagi Anda yang akrab dengan suasana Valentine, cokelat dirutinkan menjadi kado dan simbol kasih sayang yang diberikan kepada orang yang disayangi. Pertanyaannya, kenapa cokelat? Apa karena cokelat menyebabkan jumlah hormon oksitosin di dalam tubuh meningkat, sehingga memunculkan perasaan jatuh cinta? Berikut penjelasannya: Cokelat + Valentine = Jatuh Cinta? Jawabnya, hal ini masih diteliti melalui azas medis. Karena belum lengkap literatur yang menyebutkan ada makanan atau minuman khusus yang dapat melepaskan produksi hormon oksitosin secara signifikan, sehingga Anda sekonyong-konyong langsung jatuh cinta setelah memakan dan meminumnya. Namun demikian, yang jelas oksitosin dapat diterbitkan melalui stimulasi kasih sayang di tubuh. Contohnya seperti sentuhan, belaian, memberikan hadiah, rasa kepedulian, rasa empati, rasa simpati dan kasih sayang. Jadi kesimpulannya, untuk menumbuhkan cinta seseorang adalah memancing jumlah hormon oksitosin yang [...]

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi dapat membantu menenangkan anak dan mengurangi rasa takut terhadap vaksinasi. Berikut adalah beberapa tips agar Anda tidak kesulitan untuk mengajak anak Anda melakukan vaksinasi: Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi [...]

Perawatan untuk Kebotakan

Perawatan untuk Kebotakan

Kebotakan menjadi isu tersendiri bagi sebagian orang. Kebotakan umumnya terjadi pada akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an. Kira-kira sebanyak 50% pria mengalami masalah kebotakan hingga berakhir pada usia 50 tahunan. Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi. Apa saja penanganannya, Perawatan untuk Kebotakan Kebotakan menjadi isu tersendiri bagi sebagian orang. Kebotakan umumnya terjadi pada akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an. Kira-kira sebanyak 50% pria mengalami masalah kebotakan hingga berakhir pada usia 50 tahunan. Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi. Apa saja penanganannya, Perawatan Kebotakan #1: Minoxidil Suatu jenis obat yang dijual bebas di pasaran dan telah disetujui oleh FDA. Kerjanya adalah dengan menstimulasi pertumbuhan rambut. � Efektivitas: Minoxidil ternyata terbukti bermanfaat untuk 2 diantara 3 pria. Obat ini sangat efektif bagi Anda yang berusia dibawah 40 tahun atau bagi Anda yang [...]

Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

Sebagian wanita senang memakai tas tangan untuk berpergian. Tidak sedikit dari mereka yang menyukai tas besar untuk menyimpan berbagai perlengkapan, seperti kosmetik atau gadget. Banyak juga wanita yang meniru gaya Victoria Beckham yang selalu tampil dengan tentengan tas besar di bahunya ke manapun.Banyak wanita tidak memperhatikan bahwa tas yang mereka bawa terlalu berat atau melebihi kapasitasnya. Ternyata hal itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Para ahli mengungkapkan bahwa berat beban tas tangan yang sering dibawa wanita bisa menyebabkan 'poshitis'.Poshitis adalah suatu kondisi di mana otot menjadi rusak serta nyeri bahu yang berkelanjutan karena membawa tas berat terlalu lama. Para ahli medis menyebut kondisi tersebut dengan nama poshitis karena terinspirasi dari Victoria Beckham. Victoria mendapat julukan 'Posh' di grup band Spice Girl.Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Halo menemukan bahwa masalah kesehatan semakin banyak dialami oleh wanita. Hal itu dikarenakan wanita modern saat ini berpergian lebih lama dari sebelumnya dengan membawa tas berat di tangannya.Brand kecantikan tersebut melakukan survei terhadap 1.500 wanita dengan usia sekitar 25 sampai 45 tahun. Hasiln [...]

Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil

Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil

Dampak buruk stres pada ibu hamil akan menyebabkan tekanan darah tinggi yang umumnya dilatarbelakangi oleh keadaan stres selama masa kehamilan menjadi sebab utama di dunia kematian ibu dan janin. Perempuan hamil lebih tinggi berisiko stroke, 2,4 kali lebih besar daripada yang perempuan tidak hamil. Hal ini dikemukakan di jurnal kesehatan perempuan oleh peneliti Loyola di University Health System, Amerika. ?Diagnosis dari hasil penelitian dan identifikasi perempuan hamil berisiko stroke dianjurkan untuk melakukan terapi dari awal masa kehamilan dan hasil klinis menunjukkan tekanan darahnya normal, jika dilakukan dengan rutin,? ujar Loyola. Klik next untuk melanjutkan. Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil Kehamilan identik dengan naiknya tekanan darah tinggi termasuk pre-eklampsia, eklampsia dan penyakit yang jarang ditemui namun serius, disebut sindroma HELLP (hemolisis, peningkatan enzim hati dan jumlah trombosit rendah). Pre-eklampsia atau sering disebut toksemia ini adalah suatu kondisi yang bisa dialami oleh setiap perempuan hamil. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya tekanan darah yang diikuti oleh peningkatan kadar protein di dalam urine. Perempuan ham [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *