Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

eskrim-anak

Siapa yang tak mengenal jenis makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang pada dasarnya disukai diberbagai kalangan. Tidak mengenal waktu yang pas untuk mengonsumsinya. Selain rasanya yang sangat menggoda, jenis makanan ini juga juga memiliki berbagai macam varian rasa yang dibalut dengan desain yang sangat menarik dengan warna yang cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan harga yang ditawarkanpun memiliki berbagai macam. Ada yang memiliki kisaran harga yang cukup mahal hingga pada kisaran yang sangat murah dan terjangkau. Pada musim panas tentunya jumlah peminat makanan ini sangatlah banyak. Namun banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan akan gizi yang terkandung didalamnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan ini merupakan jenis makanan biasa yang tidak menimbulkan banyak resiko.

Sebelum anda gemar terhadap jenis makanan yang satu ini, perlu anda ketahui jenis kandungan apa saja yang ada didalam jenis makanan ini dan apa efek yang ditimbulkan dari makanan ini terutama untuk anak-anak, dan tidak lupa kami akan membahas tentang tips tips membuat dan menyajikan eskrim yang sehat dan cantik.

Es krim merupakan jenis makanan yang mengandung berbagai macam kandungan. Dalam beberapa jenis es krim dibuat dengan menggunakan kandungan yang bernutrisi seperti susu yang mengandung vitamin, protein, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, gula dan buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin. Namun disis lain ada juga yang menggunakan bahan-bahan yang kurang baik untuk kesehatan seperti pembuatan dengan air yang kurang bersih, bahan pengawet, bahan pewarna buatan dan sebagainya. Pada dasarnya segala sesuatu yang akan dikonsumsi haruslah perlu diwaspadai tentang pembuatan dan bahan makanan pokok yang digunakan. Namun dalam garis besar, makanan dengan kondisi siap saji tidaklah memliki nilai gizi yang maksimal. Karena didalamnya kurang lebih memiliki bahan pengawet yang kurang baik untuk kesehatan tubuh baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dari zat gula yang terkandung dalam makanan es krim mampu membuat kerusakan gigi akibat pengeroposan gigi berlubang karena pada sisi balita dan anak-anak kurang terlalu peka terhadap efek ini selain itu juga beresiko menyebabkan obeisitas pada anak. Es krim juga kurang baik untuk membantu pertumbuhan anak-anak karena kandungan dan penyajian dalam bentuk dingin mampu menimbulkan penyakit amandel, batuk, flu dan juga radang tenggorokan. Selain itu untuk penyajian dalam kemasan siap saji perhatikan bahan pengawet yang ada didalamnya yang kurang baik pula untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Bagi balita maupun anak-anak yang mengonsumsi makanan jenis ini dalam jumlah yang cukup banyak akan mengganggu sistem metabolism, kesehatan dan pertumbuhan karena hal ini dipengaruhi dari tidak terkontrolnya jumlah makanan dan nutrisi sehat yang masuk dalam tubuh selain itu dengan adanya kandungan lemak pada es krim yang dapat menimbulkan rasa kenyang yang akan mengakibatkan proses masuknya makanan bernutrisi lainnya akan terhambat dan lemak sendiri memiliki kandungan kalori yang lebih dari cukup dari yang dibutuhkan.

Untuk menghindari dari hal tersebut maka disarankan untuk membuat resep eskrim sendiri yang dapat disajikan dengan cepat. Dalam sajian yang anda buat sendiri, anda dapat mencampurkan beberapa bahan yang pasti anda tau bahan-bahan yang sehat untuk anda konsumsi sendiri. Bahan-bahan yang dapat anda campurkan untuk membuat es krim sehat antara lain dengan menggunakan susu untuk pemanis dan campuran buah buahan sebagai perasa buah yang segar. Buah yang anda dapat guanakan antara lain, stowberry, nanas, anggur, jeruk apokat dan sebagainya. Dimana buah-buahan tersebut memiliki kandungan gizi yang baik terutama pada anak-anak. Selain itu anda juga dapat mengkombinasikan sayur-sayuran didalamnya seperti campuran wortel, tomat, jagung dan juga dapat mengkombinasikan dengan campuran biscuit, keju maupun campuran roti sisir sebagai varian es krim. Beberapa tips penyajian yang baik untuk anak-anak. Selain itu anda juga dapat menggunakan campuran ubi ungu sebagai campuran variasi es krim anda.

Namun meskipun es krim terbuat dari bahan-bahan yang baik untuk kesehatan, namun juga perlu diperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi dan keseimbangan nutrisi anak yang diperlukan untuk mendukung kestabilan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhannya.

Dalams mengolah makanan yang satu ini anda dapat mencoba tips sehat yang baik untuk anda sajikan untuk anak-anak dengan cara yang sangat mudah.

Varian makanan jenis ini memiliki banyak macam dan jenisnya. Anda juga dapat mencampurkan berbagai jenis macam makanan untuk membuat tampilan dan rasa yang lebih menarik. Namun sebelum itu, perlu anda persiapkan jenis makanan apa yang akan anda campurkan untuk mendukung nutrisi yang ada pada es krim anda.

Satu menu cantik yang dapat anda sajikan :
Siapkan bahan es krim
– Susu kental manis ± 200 gram (vitamin, kalsium, mineral, protein dll)
– Coklat 50 gram (protein, karbohidrat)
– Whipping Cream 500 gram + air
– Cincang buah strawberry, (kalori, protein, serat, karbohodrat vitamin C, A)
– Anggur hijau (vitamin A, B6, C K rendah lemak, zat besi dll)
– Sisir keju (kalsium, vitamin dan protein)

Cara membuat :
– Campurkan Whipping cream dan air dan selanjutnya dikocok menggunakan mixer pada kecepatan standart. (masukkan dalam kulkas)
– Campurkan bahan buah-buahan, coklat leleh dan susu
– Kemudian campurkan pada whipping cream kemudian aduk dan padatkan cream.
– Taburkan keju diatasnya dengan belahan buah-buahan

Dalam pembuatan sederhana, anda dapat menggunakan bahan-bahan yang lain yang lebih memiliki nilai yang cukup murah, seperti susu biasa dan campuran buah buahan segar seperti mangga, papaya, biscuit dan lain sebagainya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ngorok Menurunkan Produktivitas Kerja

Ngorok Menurunkan Produktivitas Kerja

Seluruh perusahaan di dunia kini memiliki isu baru yang mengancaman penurunan profit tahunannya. Isu bermuara pada sektor penurunan produktivitas kinerja karyawan yang diakibatkan gangguan pola tidur oleh pernapasan (sleep apnea). Hal ini mengemuka pada sebuah presentasi dari program SLEEP 2011, 25thAnnual Meeting of the Associated Professional Sleep Societies, LLC (APSS) yang dilangsungkan di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Senin (13/06) lalu. Dimana para penelitian menyarankan kepada perusahaan-perusahaan besar agar bisa menyelamatkan jutaan dolar dalam hal produktivitas yang hilang dengan memperhatikan karyawan yang memiliki risiko terkena sleep apnea. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa perusahaan besar di Florida bisa menghemat sekitar 136 juta dolar dalam produktivitas kerja karyawan. Lebih dari 10 tahun penelitian menyarankan, agar karyawan berisiko sleep apnea untuk mengambil langkah pengobatan dengan Continuous Positive Airway Pressure (SPAP) terapi. Menurut Dr. Clelia Lima, seorang perawat keluarga praktisi di Universitas Nursing Central Florida di Orlando, bahwa definisi kinerja seperti sering mengantuk yang berlebihan, cepat marah, kurang konsentrasi dan vitali [...]

Tidak Semua Yoghurt Sehat, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Membeli

Tidak Semua Yoghurt Sehat, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Membeli

Yoghurt dianggap sebagai penganan sehat dan alternatif pengganti camilan yang lebih 'ramah' terhadap kesehatan tubuh. Minuman dengan rasa asam yang creamy ini juga jadi pilihan makanan untuk diet penurunan berat badan karena rendah kalori. Namun tak semua produk yoghurt di pasaran memiliki kandungan sehat dan rendah kalori serta lemak. Banyak yoghurt yang ternyata mengandung gula, lemak dan perasa buatan yang berlebihan. Belum lagi pengawet dan pewarna artifisial. Jika Anda memfavoritkan yoghurt sebagai makanan sehat, sebaiknya pilih dengan seksama agar tak terjebak memilih yoghurt yang tidak sehat. Ini enam hal yang penting diperhatikan, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Less Is MoreYoghurt yang baik umumnya terbuat hanya dari susu murni dan dua jenis bakteri hidup baik, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus yang mengubah susu menjadi yoghurt melalui fermentasi. Di luar itu, menurut pakar nutrisi Caroline Kaufman, RDN, sedikit tambahan perasa, gula atau buah asli masih baik. Jauhi produk-produk yang memiliki daftar panjang pada bahan-bahannya dan banyak nama yang terdengar asing seperti hydrogenated oils dan pemanis buatan.2. Mengandung KalsiumYoghurt me [...]

Pelukan Tak Hanya Menyamankan, Tapi Juga Memperkuat Otot

Pelukan Tak Hanya Menyamankan, Tapi Juga Memperkuat Otot

Pelukan sebagai bentuk ungkapan rasa sayang tidak hanya bisa membuat perasaan menjadi nyaman. Dengan mendapatkan pelukan dari orang dekat, bisa meningkatkan kesehatan tulang, memperlambat otot yang lemah karena usia yang menua bahkan mencegah obesitas.Saat berpelukan tubuh akan memproduksi hormon oksitosin, yang dilepaskan sebagai respon dari sentuhan fisik. Hormon ini selain menimbulkan perasaan nyaman dan bahagia ternyata juga membantu memperbaiki kerusakan otot.Hormon oksitosin telah lama digunakan untuk proses induksi pada wanita hamil saat akan melahirkan. Tapi studi yang dilakukan oleh University of California menunjukkan bahwa hormon ini juga bermanfaat memperlambat terjadinya kerusakan otot.Oksitosin kerap dihubungkan dengan hormon yang memengaruhi pola pengasuhan ibu, keterikatan sosial, kelahiran bayi dan seks. Hormon ini juga penting untuk menjaga kesehatan serta pemulihan otot pasca cedera atau ketika otot melemah, terutama pada orang lanjut usia (lansia). Level oksitosin cukup tinggi pada anak-anak, namun seiring bertambahnya usia hormon ini akan menurun. Padahal, oksitosin tetap diperlukan sampai tua untuk menjaga jaringan tubuh tetap sehat.Selain terapi hormon, se [...]

Sikap Positif Buat Wanita Lebih Panjang Umur

Sikap Positif Buat Wanita Lebih Panjang Umur

Hidup tanpa emosi negatif seperti rasa iri dan dengki, tak hanya membuat kehidupan Anda jadi lebih bahagia. Dikutip dari times of india, sebuah penelitian mengungkap, ternyata sikap positif juga bisa membuat Anda lebih panjang umur.Sebuah studi mengenai kebahagiaan dan kesehatan menemukan bahwa wanita yang memiliki sifat optimis, kemungkinan meninggal akibat serangan jantung lebih rendah 30 persen.Menurut hasil penelitian yang dinamakan ?Women?s Health Initiative? itu, rasa marah dan cemas yang berlebihan telah lama diketahui dapat mengganggu fungsi jantung karena stabilitasnya berubah. Selain itu, kemarahan dan kecemasan juga mempercepat penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan peradangan.Oleh karena itu, ketua tim peneliti, Hilary A. Tindle, MD merekomendasikan betapa pentingnya berpikir optimis dan positif. Sikap positif pun bisa didapatkan dengan cara mudah, seperti rekreasi, menonton film atau liburan.Selain itu, membangun sebuah hubungan persahabatan, meditasi dan membuat diri Anda lebih berarti untuk orang lain juga bisa membuat Anda jauh lebih berguna dan bahagia. Jadi mulai sekarang cobalah untuk selalu jalani hidup dengan sikap positif untuk hidup lebih lama.(eya/hs [...]

Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

Tes deteksi HIV sebaiknya dilakukan oleh tiap orang yang mencurigai dirinya tertular HIV tanpa menunggu kemunculan gejala-gejala tertentu. Agar dapat mendeteksi HIV dengan tepat, tes deteksi HIV perlu dilakukan pada waktu yang tepat. Umumnya, virus HIV baru akan terdeteksi dalam tubuh empat minggu setelah terjadi pajanan terhadap virus ini. Banyak orang masih merasa enggan untuk melakukan tes HIV karena stigma yang ada terhadap penyakit ini. Padahal, makin cepat terdeteksi dan ditangani, maka makin efektif hasil pengobatan HIV. Selain itu, dengan mengetahui status HIV, penderitanya dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus ini. Siapa yang Sebaiknya Memeriksakan Diri? Sebagian pengidap tidak menyangka bahwa virus HIV telah bersarang dalam tubuh mereka karena tidak merasakan gejala apa-apa. Ibu hamil juga disarankan untuk memeriksakan diri dengan tes HIV, sehingga yang terdeteksi positif dapat menjalani pengobatan sedini mungkin dan mengurangi risiko penyebaran virus kepada bayinya. Berikut ini adalah kelompok orang yang dikategorikan berisiko mengidap HIV. Mengidap TB, hepatitis atau penyakit menular seksual seperti herpes, sifilis, klamidia, trikomoniasis, ata [...]

Tak Sekadar Usir Bosan, Ini Manfaat Mewarnai untuk Orang Dewasa

Tak Sekadar Usir Bosan, Ini Manfaat Mewarnai untuk Orang Dewasa

Mewarnai buku gambar dipercaya bisa membantu menghilangkan kejenuhan hingga meredakan stres. Setidaknya itu yang diakui para orang dewasa yang menjadikan aktivitas ini sebagai hobi barunya.Seperti pengalaman Amelia Ayu Kinanti, seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta. Kepada Wolipop, wanita 30 tahun ini merasa lebih relaks ketika mewarnai buku bergambar."Kalau lagi kebanyakan kerjaan kan otak mumet, jadi berhenti dulu buat mewarnai buku. Jadinya relaks, nggak kaku, nggak mumet. Pikiran jadi jernih," ujar wanita yang biasa disapa Ayu ini ketika berbincang dengan Wolipop lewat telepon, Selasa (29/9/2015).Tidak hanya untuk relaksasi, mewarnai buku gambar juga dipercaya melatih kemampuan motorik dan otak agar bisa lebih fokus. Benarkah demikian? Ini pendapat sejumlah ahli.Di awal tahun '90-an, para dokter telah mempelajari efek mewarnai bagi kesehatan mental. Psikiater Carl Jung seperti dikutip dari Fox News kerap memberikan terapi mewarnai untuk menenangkan dan membuat pikiran para pasiennya lebih terfokus. Sekarang ini, teknik Carl masih direkomendasikan oleh para dokter untuk mengatasi kegelisahan. Aktivitas mewarnai juga bisa mengurasi rasa takut dan cemas. Psikolog Dr. Ben [...]

Tidak Hanya Kurang Serat, Ini Penyebab Lain Anda Sulit BAB

Tidak Hanya Kurang Serat, Ini Penyebab Lain Anda Sulit BAB

Sembelit, konstipasi atau sulit buang air besar tidak selalu dikarenakan kurangnya asupan serat dari sayur dan buah. Ada sejumlah penyebab lain yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Ini empat penyebab paling umum terjadinya sembelit, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. StresAnda bisa saja mengalami masalah pencernaan akibat stres berkepanjangan. Saat stres, sistem syaraf pada usus besar juga ikut terpengaruh sehingga menyebabkan kontraksi pada perut berkurang. Hal ini mengakibatkan Anda lebih jarang merasakan keinginan untuk buang air besar dan pengeluaran racun-racun serta sisa makanan yang tidak tercerna pun terhambat.2. Berhenti Olahraga RutinOrang yang rutin berolahraga, lalu berhenti melakukan rutinitasnya juga bisa mengalami susah buang air besar. Mengubah rutinitas yang telah terbiasa dialami tubuh akan memengaruhi berbagai sistem syaraf dan itu bisa membuat usus juga berubah dalam memproses makanan. Olahraga secara rutin adalah hal baik, jadi sebaiknya jangan dihentikan karena akan lebih banyak hal negatif yang akan Anda alami. Mulai dari kegemukan hingga sembelit contohnya.3. DehidrasiAir sangat penting agar tubuh bisa terus menjalankan fungsi organn [...]

Varises Saat Hamil

Varises Saat Hamil

Keluhan varises atau melebarnya pembuluh darah hingga terlihat dari permukaan kulit merupakan salah satu keluhan yang tidak jarang dikeluhkan oleh perempuan yang sedang hamil. Keluhan ini biasanya akan mulai muncul di trimester kedua kehamilan. Selain pembengkakan di daerah kaki, biasanya yang membuat perempuan makin kecewa terhadap penampilannya adalah melihat kakinya sekarang dihiasi gambaran biru pembuluh darah yang terlihat menonjol. Kondisi varises ini terjadi pada 40% perempuan hamil sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila kondisi ini pun terjadi pada Anda. Bagaimana varises terjadi? Varises muncul akibat gabungan beberapa faktor, di antaranya adalah: - Adanya hormon-hormon kehamilan di aliran darah. - Peningkatan volume darah saat hamil. Jadi, wajarkah hal ini terjadi? Halaman berikut penjelasannya: Normalkah Muncul Varises Ketika Hamil? Kedua hal tersebut di atas menyebabkan dinding pembuluh darah melebar dari ukuran seharusnya. Pelebaran ini menyebabkan katup yang terdapat di dalam pembuluh darah tidak dapat menutup dengan sempurna. Katup ini berfungi untuk mencegah aliran darah yang kembali ke jantung untuk turun ke bagian ujung tubuh se [...]

Awas! Perawatan Salon Bisa Tularkan Penyakit Kulit

Awas! Perawatan Salon Bisa Tularkan Penyakit Kulit

Semua wanita pasti senang mengunjungi salon kecantikan untuk melakukan perawatan tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa salon juga bisa jadi tempat yang membahayakan kesehatan?Seperti yang dikutip dari ourvanity, iritasi, jerawat, kulit kemerahan dan infeksi merupakan risiko kesehatan yang umum didapat dari salon kecantikan. Walau begitu, bukan berarti Anda tak bisa menyiasati hal tersebut. Seperti yang dikutip dari ourvanity, ada baiknya jika Anda mengetahui bahaya di balik salon kecantikan dan cara menghindarinya.1. Manicure & Pedicure SalonMenicure merupakan salah satu perawatan kecantikan dengan risiko bahaya kesehatan paling tinggi. Bakteri, jamur, bahkan penyakit Hepatitis C bisa tertular lewat penggunaan peralatan manicure atau pedicure yang tidak steril atau terapis yang ceroboh.Untuk menghindari hal itu, perhatikan dengan seksama peralatan manikur yang digunakan. Sebelum memulai manicure atau pedicure, pastikan terapis Anda mensterilkan peralatannya di depan mata Anda. Jika tak juga yakin dengan kebersihannya, membawa peralatan manicure atau pedicure sendiri merupakan pilihan yang bijak.2. Hairdressing SalonSalon untuk rambut juga berpontensi memberikan risiko terhadap ke [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *