Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

eskrim-anak

Siapa yang tak mengenal jenis makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang pada dasarnya disukai diberbagai kalangan. Tidak mengenal waktu yang pas untuk mengonsumsinya. Selain rasanya yang sangat menggoda, jenis makanan ini juga juga memiliki berbagai macam varian rasa yang dibalut dengan desain yang sangat menarik dengan warna yang cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan harga yang ditawarkanpun memiliki berbagai macam. Ada yang memiliki kisaran harga yang cukup mahal hingga pada kisaran yang sangat murah dan terjangkau. Pada musim panas tentunya jumlah peminat makanan ini sangatlah banyak. Namun banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan akan gizi yang terkandung didalamnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan ini merupakan jenis makanan biasa yang tidak menimbulkan banyak resiko.

Sebelum anda gemar terhadap jenis makanan yang satu ini, perlu anda ketahui jenis kandungan apa saja yang ada didalam jenis makanan ini dan apa efek yang ditimbulkan dari makanan ini terutama untuk anak-anak, dan tidak lupa kami akan membahas tentang tips tips membuat dan menyajikan eskrim yang sehat dan cantik.

Es krim merupakan jenis makanan yang mengandung berbagai macam kandungan. Dalam beberapa jenis es krim dibuat dengan menggunakan kandungan yang bernutrisi seperti susu yang mengandung vitamin, protein, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, gula dan buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin. Namun disis lain ada juga yang menggunakan bahan-bahan yang kurang baik untuk kesehatan seperti pembuatan dengan air yang kurang bersih, bahan pengawet, bahan pewarna buatan dan sebagainya. Pada dasarnya segala sesuatu yang akan dikonsumsi haruslah perlu diwaspadai tentang pembuatan dan bahan makanan pokok yang digunakan. Namun dalam garis besar, makanan dengan kondisi siap saji tidaklah memliki nilai gizi yang maksimal. Karena didalamnya kurang lebih memiliki bahan pengawet yang kurang baik untuk kesehatan tubuh baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dari zat gula yang terkandung dalam makanan es krim mampu membuat kerusakan gigi akibat pengeroposan gigi berlubang karena pada sisi balita dan anak-anak kurang terlalu peka terhadap efek ini selain itu juga beresiko menyebabkan obeisitas pada anak. Es krim juga kurang baik untuk membantu pertumbuhan anak-anak karena kandungan dan penyajian dalam bentuk dingin mampu menimbulkan penyakit amandel, batuk, flu dan juga radang tenggorokan. Selain itu untuk penyajian dalam kemasan siap saji perhatikan bahan pengawet yang ada didalamnya yang kurang baik pula untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Bagi balita maupun anak-anak yang mengonsumsi makanan jenis ini dalam jumlah yang cukup banyak akan mengganggu sistem metabolism, kesehatan dan pertumbuhan karena hal ini dipengaruhi dari tidak terkontrolnya jumlah makanan dan nutrisi sehat yang masuk dalam tubuh selain itu dengan adanya kandungan lemak pada es krim yang dapat menimbulkan rasa kenyang yang akan mengakibatkan proses masuknya makanan bernutrisi lainnya akan terhambat dan lemak sendiri memiliki kandungan kalori yang lebih dari cukup dari yang dibutuhkan.

Untuk menghindari dari hal tersebut maka disarankan untuk membuat resep eskrim sendiri yang dapat disajikan dengan cepat. Dalam sajian yang anda buat sendiri, anda dapat mencampurkan beberapa bahan yang pasti anda tau bahan-bahan yang sehat untuk anda konsumsi sendiri. Bahan-bahan yang dapat anda campurkan untuk membuat es krim sehat antara lain dengan menggunakan susu untuk pemanis dan campuran buah buahan sebagai perasa buah yang segar. Buah yang anda dapat guanakan antara lain, stowberry, nanas, anggur, jeruk apokat dan sebagainya. Dimana buah-buahan tersebut memiliki kandungan gizi yang baik terutama pada anak-anak. Selain itu anda juga dapat mengkombinasikan sayur-sayuran didalamnya seperti campuran wortel, tomat, jagung dan juga dapat mengkombinasikan dengan campuran biscuit, keju maupun campuran roti sisir sebagai varian es krim. Beberapa tips penyajian yang baik untuk anak-anak. Selain itu anda juga dapat menggunakan campuran ubi ungu sebagai campuran variasi es krim anda.

Namun meskipun es krim terbuat dari bahan-bahan yang baik untuk kesehatan, namun juga perlu diperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi dan keseimbangan nutrisi anak yang diperlukan untuk mendukung kestabilan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhannya.

Dalams mengolah makanan yang satu ini anda dapat mencoba tips sehat yang baik untuk anda sajikan untuk anak-anak dengan cara yang sangat mudah.

Varian makanan jenis ini memiliki banyak macam dan jenisnya. Anda juga dapat mencampurkan berbagai jenis macam makanan untuk membuat tampilan dan rasa yang lebih menarik. Namun sebelum itu, perlu anda persiapkan jenis makanan apa yang akan anda campurkan untuk mendukung nutrisi yang ada pada es krim anda.

Satu menu cantik yang dapat anda sajikan :
Siapkan bahan es krim
– Susu kental manis ± 200 gram (vitamin, kalsium, mineral, protein dll)
– Coklat 50 gram (protein, karbohidrat)
– Whipping Cream 500 gram + air
– Cincang buah strawberry, (kalori, protein, serat, karbohodrat vitamin C, A)
– Anggur hijau (vitamin A, B6, C K rendah lemak, zat besi dll)
– Sisir keju (kalsium, vitamin dan protein)

Cara membuat :
– Campurkan Whipping cream dan air dan selanjutnya dikocok menggunakan mixer pada kecepatan standart. (masukkan dalam kulkas)
– Campurkan bahan buah-buahan, coklat leleh dan susu
– Kemudian campurkan pada whipping cream kemudian aduk dan padatkan cream.
– Taburkan keju diatasnya dengan belahan buah-buahan

Dalam pembuatan sederhana, anda dapat menggunakan bahan-bahan yang lain yang lebih memiliki nilai yang cukup murah, seperti susu biasa dan campuran buah buahan segar seperti mangga, papaya, biscuit dan lain sebagainya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Debat Ganja Sebagai Anti Nyeri

Debat Ganja Sebagai Anti Nyeri

Di Inggris baru-baru ini, ide ganja (cannabis sativa) untuk digunakan sebagai anti nyeri kembali meramaikan dunia medis. Kendati legalitas penggunaannya masih dilarang di beberapa negara, tidak menjadikan penelitian dari University College London berhenti. Pakar pengobatan nyeri University College London, Tony Dickenson mengemukakan dengan merokok ganja dengan pipa efektif untuk meredakan nyeri pada pasien yang menderita kerusakan saraf. Lebih lanjut ditemukan indikasi pada pasien adanya perbaikan kualitas tidur dan peredaan terhadap kecemasan. Namun demikian, para peneliti harus melakukan kajian lebih lanjut, hal ini dikarenakan dampak dari ganja tersebut masih terbilang potensi kecil. Mengkonsumsi ganja dapat mempengaruhi perubahan struktur otak. Nah lho? Berikut ini penjelasannya: Ganja : Abnormalitas Struktur Otak Walau demikian, masih perlu dipertimbangkan mengenai ancaman paparan ganja dalam waktu yang lama dan jumlah yang banyak. Yakni berkaitan dengan abnormalitas struktur otak. Peneliti dari Universitas Melbourne, Australia, menemukan bahwa hipokampus dan amygdala (salah satu bagian di otak), berukuran lebih kecil pada pengguna ganja berat dibandingka [...]

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya!

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya!

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya! Dengan semakin banyaknya perempuan muda mencari operasi untuk memangkas, memahat dan menyempurnakan wilayah pribadi mereka, tren "desainer vagina" pun semakin diminati. Namun, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Obstetrics and Gynaecology, banyak perempuan melakukannya tanpa sepenuhnya paham akan resiko dari prosedur tersebut. Wanita paling sering mencari labioplasty (pemangkasan kembali labia yang menonjol, yang memakan biaya besar karena mereka beranggapan bahwa penampilan fisik mereka menimbulkan rasa malu dan rasa tidak nyaman di depan pasangan seksual, atau bahwa jaringan yang berlebihan menyebabkan ketidaknyamanan fisik yang dirasakan mereka. Namun, penulis mengatakan, analisis sementara mereka berdasarkan dari 40 artikel penelitian tentang prosedur labioplasty mengungkapkan bahwa kebanyakan pasien melaporkan kepuasan dengan hasil dan hanya sedikit yang mengeluhkan adanya komplikasi. Telah ada sedikit penelitian mengenai efek jangka panjang dari operasi ini, termasuk bagaimana operasi ini dapat mempengaruhi masa depan seksual kepuasan atau apakah operasi ini akan memunculkan komplikasi potensial lainnya pada saat [...]

Pelajari CPR untuk Selamatkan Nyawa Seseorang

Pelajari CPR untuk Selamatkan Nyawa Seseorang

Cardiopulmonary resuscitation atau CPR merupakan teknik kompresi dada dan pemberian napas buatan untuk orang-orang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. Kondisi tersebut biasanya dialami oleh orang yang tenggelam atau terkena serangan jantung. Berhentinya detak jantung memengaruhi peredaran darah yang mengandung oksigen ke otak dan organ vital lainnya. Hal ini bisa memicu kerusakan otak yang dapat mengakibatkan seseorang meninggal dalam hitungan menit. Namun dengan pemberian CPR, darah beroksigen bisa kembali mengalir ke otak dan seluruh tubuh. Orang Awam Bisa Memberikan CPR Tidak hanya dokter atau tenaga terlatih yang bisa memakai teknik CPR untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Anda sebagai orang awam pun bisa melakukannya. Meski begitu, teknik CPR yang bisa Anda berikan bisa berbeda dibandingkan teknik dokter atau tenaga terlatih. Teknik pemberian CPR pada umumnya terdiri dari tiga langkah, yaitu: Langkah pertama: Tekan atau kompresi dada Cara melakukannya dengan membaringkan tubuh seseorang di atas permukaan yang keras. Lalu Anda bisa berlutut di samping leher dan bahu orang itu. Letakkan satu telapak tangan Anda di atas dada bagian tengahnya, tepatnya di antara put [...]

Mata Kedutan Bisa Jadi Gejala Penyakit Saraf

Mata Kedutan Bisa Jadi Gejala Penyakit Saraf

Orang yang mengalami kedutan sering disebut-sebut sedang dipergunjingkan orang lain. Padahal kondisi yang dianggap biasa ini sebenarnya dapat menjadi gejala adanya penyakit yang lebih serius. Mata kedutan, yang dalam bahasa medisnya disebut blefarospasme, adalah gerakan berulang kelopak mata bagian atas yang terjadi secara spontan dan tiba-tiba. Gerakan ini terjadi setidaknya beberapa detik sekali dan berlangsung selama kurang lebih 1-2 menit. Gerakan yang terjadi pada otot mata ini biasanya terjadi pada kedua mata. Kedutan sebenarnya tidak terasa menyakitkan dan dapat hilang dengan sendirinya, namun dapat juga terasa mengganggu dan dapat datang dan pergi selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Tiga Tipe Mata Kedutan Sebagian orang merasakannya sebagai hal yang ringan, sementara sebagian lagi merasakan kedutan yang keras dan sangat mengganggu. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa jenis kedutan berdasarkan tingkat keparahan dan gejala penyertanya. Umumnya mata kedutan dapat dibedakan menjadi tiga kategori berikut. Kedutan minor Kedutan minor umumnya tidak nyeri dan tidak berbahaya. Kedutan minor umumnya muncul terkait dengan gaya hidup, seperti kelelahan, kurang istirahat, [...]

GBS dan Polio: Penyebab Lumpuh Kaki pada Anak

GBS dan Polio: Penyebab Lumpuh Kaki pada Anak

GBS atau Guillain-Barr� syndrome dan penyakit polio sama-sama bisa membuat penderitanya menjadi lumpuh. Namun kedua penyakit ini disebabkan oleh dua hal yang berbeda. GBS dan polio adalah penyakit yang dapat menyerang anak-anak. Dua penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada kaki. Guillain-Barr� syndrome (GBS) Guillain-Barr� syndrome (GBS) atau sindrom Guillain-Barr� adalah gangguan langka pada sistem saraf. GBS membuat kerusakan saraf, otot melemah, dan mati rasa atau kesemutan di kaki, lengan, wajah, dan bagian tubuh lainnya. Kaki lemah dan kesemutan biasanya menjadi gejala awal GBS. Pada kebanyakan kasus, kelemahan otot terjadi secara khas, yaitu dimulai dari kaki dan kemudian menyebar ke tangan dan wajah. Penyebab pasti GBS belum diketahui namun para ahli berpendapat bahwa GBS terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang saraf. GBS sering didahului oleh penyakit menular, seperti infeksi pernapasan. Kebanyakan penderita GBS harus dirawat di rumah sakit guna mendapatkan perawatan. Penyakit langka ini dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian. GBS belum dapat disembuhkan sepenuhnya, namun gejala dan la [...]

Usia 20-an Kenapa Tubuh Jadi Lebih Cepat Gemuk? Ini 6 Penyebabnya

Usia 20-an Kenapa Tubuh Jadi Lebih Cepat Gemuk? Ini 6 Penyebabnya

Banyak wanita yang mengeluhkan tubuhnya lebih cepat gemuk ketika melewati usia 20 tahun, ketimbang saat masih remaja. Ya, berat badan memang kerap kali menjadi permasalahan yang banyak dialami wanita ketika usianya sudah 25 tahun ke atas. Kenapa?1. Hormon Tidak SeimbangLewat dari usia 25 tahun biasanya akan terjadi ketidakseimbangan hormon. Misalnya penurunan hormon pertumbuhan yang berfungsi menjaga massa otot. Ketika hormon turun, otomatis massa otot juga turun, metabolisme pun tak bekerja dengan seharusnya juga ditambah aktivitas yang biasanya berkurang di usia ini. Solusinya, lakukan olahraga angkat beban untuk mengembalikan jumlah hormon.2. Kurang OlahragaIngatkah ketika masih SMP atau SMA, Anda biasanya rutin berolahraga setidaknya satu minggu sekali di sekolah? Karena tuntutan pekerjaan, banyak orang menjadikannya alasan untuk tidak berolahraga karena merasa terlalu sibuk dan tak punya waktu. Padahal, olahraga tetap disarankan untuk menjaga kebugaran dan kestabilan metabolisme tubuh.Padahal aktivitas fisik tidak harus selalu dilakukan dengan fitnes di gym, tapi pilih kegiatan yang Anda sukai. Kegiatan itu bisa berupa main tennis, bersepeda atau bermain bersama anak. Bahka [...]

5 Ciri Produk Perawatan Kulit yang Sehat

5 Ciri Produk Perawatan Kulit yang Sehat

Produk yang dijual di pasaran dapat menjadi efektif bila konsumen tahu produk mana yang harus dicari. Sebaiknya lakukan penelitian mengenai produk tersebut dan ketahui bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya agar dapat disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Produk yang mahal belum tentu tepat untuk jenis kulit tertentu. Jadi, perhatikan langkah berikut sebelum Anda memilih produk perawatan kulit: 1. Waspada terhadap produk yang menjanjikan hasil instan. Lakukan riset mengenai produk tersebut, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, serta ulasan mengenai produk tersebut. Anda juga dapat berdiskusi dengan dokter Anda mengenai keamanan produk tersebut. 2. Gunakan produk yang mengandung tabir surya. Melindungi kulit dari sinar matahari amatlah penting. Pelembab atau krim yang mengandung SPF minimal 30 dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dan menjaga kulit terlihat awet muda. Pilihlah tabir surya dengan spektrum luas (broad spectrum) yang memberi perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. 3. Ketika memilih pembersih, perhatikan kadar pH produk tersebut. Gunakan pembersih dengan pH seimbang (pH balanced) yang mendekati pH kulit, yaitu sekitar 5.5-6.8. B [...]

Redakan Radang Sendi dengan Aerobik

Redakan Radang Sendi dengan Aerobik

Berjalan kaki pada pagi hari, terutama jika disertai udara yang segar, amatlah baik untuk kesehatan jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Bagi penderita radang sendi, rutinitas berjalan kaki dapat membantu mengurangi nyeri pada sendi. Selain berjalan kaki, masih banyak jenis olahraga lain yang sangat bermanfaat untuk penderita radang sendi. Berikut di antaranya: 1. Latihan aerobik. Aktivitas ini melibatkan kelompok otot besar tubuh, dengan cara repetitif dan berirama. Latihan aerobik memperbaiki fungsi jantung, paru-paru, otot, serta sirkulasi darah. Khusus untuk penderita radang sendi, latihan ini membantu kontrol berat badan, perbaikan mood, kualitas tidur, dan vitalitas tubuh. Latihan aerobik yang dapat dilakukan penderita radang sendi adalah latihan yang bersifat low impact, antara lain: Berjalan kaki, di luar maupun di dalam ruangan dengan treadmill. Bersepeda, di luar maupun di dalam ruangan dengan sepeda statis. Dansa aerobik. Olahraga air, seperti berenang atau hidroterapi. Rekomendasi waktu latihan aerobik adalah sekitar 150 menit sehari (waktu total dalam seminggu, dapat dibagi dalam beberapa periode waktu atau hari), dengan intensitas sedang, setiap minggunya. 2 [...]

Model Cantik Curhat Kehilangan Kaki Gara-gara Pakai Pembalut Tampon

Model Cantik Curhat Kehilangan Kaki Gara-gara Pakai Pembalut Tampon

Model asal California, Lauren Wasser sama sekali tidak menyangka hidupnya berubah drastis hanya karena pemakaian tampon saat haid. Lauren harus kehilangan salah satu kakinya akibat infeksi dari pemakaian tampon tersebut.Dalam wawancara dengan majalah People, Lauren pun menceritakan mengenai peristiwa tragis yang dialaminya pada Oktober 2012 lalu. Saat itu dia merasa kurang enak badan. Dia kemudian memeriksakan diri ke rumah sakit. Dan menurut dokter dia hampir kehilangan nyawanya karena suhu tubuhnya saat tiba di rumah sakit sudah mencapai 107 derajat.Model dengan tinggi 180 cm itu didiagnosa dokter terkena TTS atau Toxic Shock Syndrome, infeksi bakteri yang terjadi akibat pemakaian tampon terlalu lama. Infeksi yang dialaminya sudah begitu serius sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari gangrene (kematian pada jaringan yang terjadi karena kehilangan suplai darah), luka pada kaki kiri hingga amputasi pada kaki kanannya. Amputasi pada kaki kanannya harus dilakukan agar nyawanya bisa diselamatkan.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 "Aku rasanya ingin bunuh diri saat sudah pulang ke rumah. Tiba-tiba saja aku tidak punya kaki, aku duduk di kursi roda, kakiku [...]

Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Pernapasan dari Segi Medis

Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Pernapasan dari Segi Medis

Cordyceps merupakan sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Pada awalnya, herba ini dianggap memiliki kandungan nutrisi yang efektif dipakai sebagai penambah stamina. Saat ini, cordyceps juga diklaim dapat meringankan gangguan pernapasan dan berbagai kondisi lainnya. Cordyceps sinensis dikenal sebagai tanaman obat tradisional kuno yang banyak digunakan di Tibet sejak abad 15. Tumbuhan ini adalah jamur yang melekat sebagai parasit pada ulat dan berasal dari dataran tinggi Sikkim Utara, India. Herba ini mulai diteliti setelah ditengarai dapat memberikan manfaat pada hewan ternak. Selanjutnya cordyceps digunakan sebagai obat herba yang dikonsumsi terpisah maupun dipadukan dengan tanaman herba lain untuk menangani berbagai penyakit. Melalui penelitian di laboratorium, bahan ini kemudian dikembangkan menjadi suplemen. Cordyceps mengandung banyak nutrisi, seperti protein, asam amino esensial, peptida, vitamin (B1, B2, B12, E, K), asam lemak, dan zat-zat lain. Cordyceps kemungkinan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel-sel dan bahan kimia tertentu. Jamur ini juga mungkin dapat memerangi sel kanker dan memperkecil ukuran t [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *