‘Nyemil’ Saat Malam Hari Membuat Gemuk?

nyemil-malam-bahaya.jpg

Apakah Anda termasuk orang yang suka mengkonsumsi camilan saat malam hari? Bila jawabannya adalah ‘iya’, maka mulai saat ini sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum membuka sekantong keripik atau mengunyah sebatang coklat. Sebuah penelitian kembali menegaskan bahwa terdapat kemungkinan tubuh kita lebih banyak mengubah makanan menjadi lemak saat malam hari.

Penelitian yang diterbitkan oleh majalah Current Biology bulan lalu menemukan bahwa kemampuan tikus putih dalam mengontrol kadar gula darah berubah-ubah sepanjang hari. Selain itu, mereka juga menemukan apabila terjadi gangguan dalam jam biologis tikus, yang mencakup fase tidur dan bangun, akan menyebabkan mereka menyimpan lebih banyak lemak.

Penemuan baru ini dapat membantu menjelaskan mengapa pekerja dengan jam kerja tidak beraturan atau jadwal shift (shift workers) mempunyai risiko lebih besar terhadap diabetes dan obesitas. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa karyawan dengan jadwal kerja shift mengalami kenaikan berat badan yang lebih besar daripada karyawan pada umumnya dan memiliki kemungkinan lebih besar terkena diabetes.

Nyemil di Malam Hari Sebabkan Kegemukan?

Carl Johnson, salah satu penulis penellitian di atas yang berasal dari Vanderbilt University mengatakan bahwa perubahan jam biologis dapat mengakibatkan gangguan metabolisme. Gangguan ini menyebabkan adanya kecenderungan tubuh untuk menyimpan lemak meskipun jumlah kalori atau jenis makanan yang dikonsumsi sama dengan di pagi atau siang hari. Beliau lebih lanjut mengatakan bahwa yang penting diperhatikan bukan saja apa yang kita makan, tetapi kapan kita makan.

Penelitian-penelitian sebelum ini menunjukkan bahwa pada populasi tikus (hewan malam atau nokturnal) akan terjadi kenaikan lemak yang lebih besar apabila mereka makan di pagi hari, meskipun jumlah kalori yang dimakan sama. Untuk lebih memahami tentang hal ini, Johhnson dan tim menguji bagaimana tubuh tikus memproses makanan selama siklus 24 jam. Hormon insulin berfungsi membantu gula dalam darah untuk masuk ke dalam sel tubuh sehingga dapat digunakan sebagai energi. Saat masih terdapat sinar matahari, dimana normalnya tikus tidak makan, reaksi tubuh mereka terhadap hormon insulin kurang responsif. Kemudian, diduga bahwa kandungan gula yang tidak berubah menjadi energi akan diubah menjadi lemak.

Selain itu,ketika para peneliti mengganggu jam biologis tikus dengan menempatkan mereka di cahaya merah redup sepanjang hari, maka populasi tikus tersebut mengalami tanda-tanda resistensi insulin. Hal ini berarti jaringan tubuh mereka tidak bereaksi terhadap sinyal insulin untuk mengambil gula yang terkandung dalam darah, sehingga mereka semakin gendut. Pada manusia, resistensi insulin juga dihubungkan dengan diabetes dan penyakit jantung.

Penemuan ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan atau camilan di malam hari dapat berefek buruk bagi manusia dibandingkan mengkonsumsi makanan yang sama pada siang hari.

Satchinanda Panda, seorang ahli biologi dari Salk Institute di La Jolla, California, Amerika Serikat menyatakan bahwa hasil penelitian ini sangat menarik. Beliau tidak terlibat dalam penelitian ini, akan tetapi beliau mengatakan penelitian ini merupakan salah satu penelitian yang pertama kali menyimpulkan adanya ritme sirkadian atau jam biologis dari sifat sensitifitas insulin pada hewan. Beliau menambahkan bahwa tidak mustahil hal yang sama terjadi pada manusia.

Karena penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa manusia memiliki ritme harian dalam kadar gula darah mereka, tidak mengejutkan apabila sensitivitas insulin pun meningkat dan menurun sepanjang hari.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Merusak Mood Anda Seharian

3 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Merusak Mood Anda Seharian

Pagi yang buruk bisa terjadi pada siapapun, termasuk Anda. Mungkin Anda terjebak kemacetan saat berangkat kerja, atau lupa membawa payung saat hujan turun. Itu tentu saja tak bisa dihindari. Tapi ada hal-hal yang bisa dihindari agar aktivitas di pagi hari dijalani lebih semangat dan berenergi. Jauhkan diri Anda dari tiga hal ini, seperti dikutip dari Women's Health Mag.1. Minum Kopi Terlalu PagiEnergi akan meningkat secara alami saat Anda bangun tidur, sehingga jika setelah itu Anda langsung minum kopi, maka akan terjasi lonjakan energi dalam tubuh yang membuat Anda gelisah.Waktu terbaik minum kopi adalah 1-2 jam setelah bangun, tepatnya di atas pukul 09.00 karena saat itu energi Anda mulai menurun sehingga kopi mampu mempertahankan energi sampai sore.2. Sarapan Terlalu SedikitKombinasi buah berry dan yogurt terdengar sangat sehat untuk sarapan, namun makanan ini tidak cukup membuat Anda kenyang sampai jam makan berikutnya. Kurangnya nutrisi dalam sarapan akan membuat Anda terus merasa lapar, sehingga bisa kalap saat makan siang. Perbanyaklah porsi sarapan pagi dengan sedikitnya 15 gram protein, 2,5 gram serat, karbohidrat kompleks dan lemak sehat.3. Mengecek EmailSegera tinggal [...]

Merokok Saat Hamil Rentan Lahirkan Bayi Gangguan Jantung

Merokok Saat Hamil Rentan Lahirkan Bayi Gangguan Jantung

Semua orang tahu bahwa merokok bukanlah kebiasaan baik, terutama bagi wanita hamil. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita hamil yang merokok cenderung melahirkan bayi dengan gangguan jantung bawaan.Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa ibu hamil yang merokok pada trimester pertama, 20 persen hingga 70 persen kemungkinan besar bayinya akan terlahir dengan gangguan jantung bawaan. Seperti dikutip dari Times of India, gangguan jantung bawaan ini adalah jenis yang paling umum dari kelainan lahir dan berkontribusi sekitar 30 persen kematian bayi dari kelainan lahir setiap tahunnya.Penelitian yang dilakukan U.S. Center for Disease Control and Prevention (CDC) yang diterbitkan pada jurnal Pediatrics, menemukan adanya hubungan antara paparan tembakau dan beberapa jenis kelainan pada bayi. Kelainan tersebut seperti, hambatan aliran darah dari sisi kanan jantung ke paru-paru (hambatan saluran keluar ventrikel kanan) dan bukaan antara ruang atas dari jantung (atria septal cacat)."Wanita perokok mesti berpikir untuk menghentikan kebiasaan merokok dan bila mereka dinyatakan hamil maka mereka harus segera menghentikan kebiasaan tersebut, "ujar Direktur CDC Thomas R. Frieden."Berhas [...]

6 Tips Cepat Hamil

6 Tips Cepat Hamil

Pada prinsipnya, status kondisi tubuh calon ibu dan ayah jelas mempengaruhi proses memperoleh keturunan. Jadi, dari sekian banyak persiapan kehamilan yang dapat dilakukan, mempersiapkan kesehatan tubuh calon ayah dan calon ibu sangat penting untuk diprioritaskan. Untuk itu mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik. Berikut ini adalah 6 cara mempercepat kehamilan bagi Anda yang merencanakan kehamilan: Lakukan medical check up sebelum merencanakan kehamilan Sebelum Anda merencanakan kehamilan, dianjurkan agar Anda terlebih dahulu berkonsultasi dan melakukan medical check-up. Tanyakan kepada dokter vitamin apa saja yang sebaiknya dikonsumsi, misalnya: asam folat yang berguna untuk mencegah kelainan bawaan seperti spina bifida (kelainan saraf tulang belakang). (Baca: 5 Medical Check-up Wajib untuk Wanita) 2. Pahami Siklus Menstruasi Anda Dengan mengetahui siklus menstruasi, maka Anda juga akan dapat mengetahui periode ovulasi Anda. Pada periode ovulasi inilah, dianjurkan agar Anda dapat memfokuskan untuk hubungan seksual. Cara menghitung masa subur adalah, jika siklus menstruasi Anda normal yakni 21-35 hari, maka cara perh [...]

5 Ciri Pria Idaman Para Wanita

5 Ciri Pria Idaman Para Wanita

Sehatnya sebuah hubungan tidak dapat diluputkan bagaimana kita dapat membina karakter diri. Setali tiga uang, pada kunci pernikahan yang sukses adalah adanya komunikasi yang baik antar suami dan istri. Karena memiliki karakter diri yang mumpuni otomatis tak luput juga dari kemampuan komunikasi yang baik. Karena dalam rumah tangga yang baik, terdapat juga jalinan komunikasi yang terbangun dengan lancar. Namun potret ideal pernikahan tersebut adakalanya terbentur dengan keterbatasan karakter. Contohnya ada kalanya dimana istri enggan mengatakan apa yang dirasakan dan membuat sang suami bingung, ataupun malah bisa sebaliknya, suami memilih diam ketimbang membicarakan masalah yang mengganjal. Benturan masalah karakter orang ini, berkaitan dengan hasil dari sebuah penelitian, terdapat beberapa karakter pria yang diharapkan oleh wanita. Artikel ini akan mengungkap apa saja ciri pria yang wanita harapkan. Halaman berikutnya penjelasannya. Ciri Karakter: 1. Pria yang perhatian Wanita menghargai pria yang perhatian, khususnya saat wanita sedang murung. Berikanlah pasangan Anda dukungan dengan merangkulnya. Sekedar memberikan tisue merupakan gerak tubuh yang baik. 2. [...]

Belum Tua Kok Sudah Beruban?

Belum Tua Kok Sudah Beruban?

Uban atau rambut putih pada kulit berwarna atau rambut abu-abu pada kulit putih memang menimbulkan masalah estetika di segala usia. Uban pada usia lanjut dianggap memang sudah seharusnya terjadi. Namun, terkadang pada usia dewasa muda uban juga ditemukan. Uban atau poliosis atau kanitis adalah perubahan warna rambut menjadi putih. Hal ini disebabkan berkurang atau menghilangnya pigmen melamin di dalam korteks rambut. Secara umum terdapat dia bentuk kanitis, yaitu : 1. Kanitis Bawaan yaitu kanitis yang timbul sejak lahir, biasanya hanya mengenai seikat rambut saja namun juga dapat seluruh rambut. Sering menyertai penderita albino dan vitiligo. 2. Kanitis Didapat Kanitis didapat bisa dibedakan atas : Kanitis senilis : berubahnya warna rambut menjadi putih karena usia lanjut, proses pembentukan melanin menurun sejalan dengan penambahan usia Kanitis prematur : berubahnya warna rambut menjadi putih dimulai pada usia muda, biasanya merupakan penyakit bawaan Kanitis areata : perubahan rambut menjadi uban pada satu daerah saja Penyebab dari kanitis prematur dapat dicetuskan oleh beberapa hal, halaman berikut penjelasannya: Penyebab dari kanitis prematur dapat dice [...]

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Leandra Beccera Lumbreras, begitulah nama wanita asal Meksiko yang mengklaim sebagai wanita tertua di dunia itu. Leandra baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-127.Seperti dikutip CNN Meksiko, Leandra mengaku usianya mencapai 27 tahun saat Perang Dunia 1 pecah. Dan ketika Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy tewas ditembak, usianya sudah 75 tahun. Dan saat Tembok Berlin roboh, umurnya sudah 100 tahun.Usia 127 tahun menurut teman dan keluarga dicapai Leandra pada Minggu (31/8/2014). Artinya wanita tersebut lahir pada 31 Agustus 1887. Sayangnya pencapaian dari Leandra ini tidak bisa dicatat secara resmi di Guinness Book of Records karena tak memiliki akte kelahiran yang bisa menjadi bukti resmi mengenai usianya. Akte kelahirannya hilang saat dia pindah rumah 40 tahun lalu.Hidup panjang umur, Leandra sudah melihat banyak hal dalam hidupnya. Hal itu termasuk menyaksikan bagaimana lima anak dan beberapa cucunya meninggal lebih dulu darinya. Saat ini dia memiliki 73 cicit dan 55 piut (keturunan setelah cicit).Apa resep panjang umur Leandra? Menurut keluarganya, wanita yang tinggal di Zapopan, Meksiko ini selalu makan sehat, ngemil cokelat dan cukup tidur. Hingga dua tahun lalu [...]

Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Menabung kalsium untuk kesehatan tulang sangatlah penting untuk masa depan nanti. Asupan kalsium mempengaruhi pencapaian massa tulang puncak dan juga zat ini mampu dengan baik mempertahankan kerangka tulang sepanjang hidup. Kalsium adalah zat gizi yang penting, yang melibatkan sangat banyak proses metabolisis dan memberikan kekuatan mekanis pada tulang. Sebanyak 90 persen beban tubuh menempel dan disanggah oleh tulang. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Tulang yang menjadi pilar utama tubuh juga berfungsi melindungi jantung, paru-paru, otak dan organ lainnya dari luka akibat benturan. Apalagi ada fakta yang menyebutkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan tulang hanya terjadi sampai usaia 20 tahun, sedangkan mulai usia 30 tahun proses pertumbuhan tulang akan menurun, kalah dengan proses perusakannya. Fakta inilah yang sering ditekankan oleh para ahli medis kesehatan tulang agar kita serius menjaga kesehatan tulang, salah satunya dengan cara menabung kalsium sejak dini. Tulang merupakan jaringan yang hidup sangat dinamis dan akan selalu mengalami proses perusakan serta pembentukan kembali. Berkurangnya pembentukan massa tulang juga dipengaruhi oleh [...]

Tips Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Si Kecil

Tips Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Si Kecil

Batuk pilek pada anak pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus yang tidak berbahaya dan tidak memerlukan antibitoik, kecuali pada kondisi tertentu. Sebagai orang tua, Anda dapat memberikan obat yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter yang disebut obat over-the-counter (OTC). Namun akan lebih baik jika Anda memeriksakan anak Anda ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat. The Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan pernyataan bahwa OTC aman digunakan untuk anak-anak di atas usia 4 tahun. Untuk anak di bawah 4 tahun pemberian obat batuk harus sesuai resep dokter. FDA mengatakan produk tersebut tidak boleh diberikan untuk anak yang berusia di bawah 4 tahun untuk mencegah adanya risiko dan efek samping yang serius dan membahayakan bagi anak. Berikut ini adalah tips dalam memilih obat batuk untuk anak Anda, selengkapnya di halaman selanjutnya: Tips Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Si Kecil Berikut ini adalah tips dalam memilih obat batuk untuk anak Anda: Jangan pernah memberikan obat batuk dewasa untuk anak Anda Anda dapat membeli obat batuk yang dapat dibeli tanpa resep dokter untuk anak di atas usia 4 tahun. Pastikan obat ditutup rapat s [...]

Ini Jumlah Konsumsi Gula yang Disarankan untuk Cegah Gigi Rusak dan Kegemukan

Ini Jumlah Konsumsi Gula yang Disarankan untuk Cegah Gigi Rusak dan Kegemukan

Terlalu banyak konsumsi gula bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari kerusakan pada gigi, kegemukan atau obesitas hingga diabetes. World Health Organization (WHO) menyarankan, konsumsi gula sebaiknya hanya 10 persen dari total angka kebutuhan kalori per harinya.Namun efek konsumsi gula kini semakin mengkhawatirkan, sehingga baru-baru ini WHO mengusulkan rekomendasi baru. Konsumsi gula sebaiknya hanya lima persen dari keseluruhan energi yang masuk ke tubuh. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Public Health bahkan menyarankan jumlah yang lebih ekstrem lagi, yaitu hanya tiga persen.Penelitian yang dilakukan University College London dan London Scool of Hygiene and Tropical Medicine menyatakan, gerakan 'pangkas konsumsi gula' penting dilakukan setelah para peneliti melihat efek buruknya terhadap kesehatan gigi dan biaya yang diperlukan untuk merawatnya. Menurut mereka, gula adalah faktor utama penyebab kerusakan dan pembusukan gigi. Maka dari itu mengurangi konsumsi gula menjadi hanya tiga atau lima persen per hari juga akan mencegah kerusakan gigi pada anak-anak hingga dua kali lipat. Para peneliti, seperti dikutip dari BBC juga menyarankan, untuk prod [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *