‘Nyemil’ Saat Malam Hari Membuat Gemuk?

nyemil-malam-bahaya.jpg

Apakah Anda termasuk orang yang suka mengkonsumsi camilan saat malam hari? Bila jawabannya adalah ‘iya’, maka mulai saat ini sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum membuka sekantong keripik atau mengunyah sebatang coklat. Sebuah penelitian kembali menegaskan bahwa terdapat kemungkinan tubuh kita lebih banyak mengubah makanan menjadi lemak saat malam hari.

Penelitian yang diterbitkan oleh majalah Current Biology bulan lalu menemukan bahwa kemampuan tikus putih dalam mengontrol kadar gula darah berubah-ubah sepanjang hari. Selain itu, mereka juga menemukan apabila terjadi gangguan dalam jam biologis tikus, yang mencakup fase tidur dan bangun, akan menyebabkan mereka menyimpan lebih banyak lemak.

Penemuan baru ini dapat membantu menjelaskan mengapa pekerja dengan jam kerja tidak beraturan atau jadwal shift (shift workers) mempunyai risiko lebih besar terhadap diabetes dan obesitas. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa karyawan dengan jadwal kerja shift mengalami kenaikan berat badan yang lebih besar daripada karyawan pada umumnya dan memiliki kemungkinan lebih besar terkena diabetes.

Nyemil di Malam Hari Sebabkan Kegemukan?

Carl Johnson, salah satu penulis penellitian di atas yang berasal dari Vanderbilt University mengatakan bahwa perubahan jam biologis dapat mengakibatkan gangguan metabolisme. Gangguan ini menyebabkan adanya kecenderungan tubuh untuk menyimpan lemak meskipun jumlah kalori atau jenis makanan yang dikonsumsi sama dengan di pagi atau siang hari. Beliau lebih lanjut mengatakan bahwa yang penting diperhatikan bukan saja apa yang kita makan, tetapi kapan kita makan.

Penelitian-penelitian sebelum ini menunjukkan bahwa pada populasi tikus (hewan malam atau nokturnal) akan terjadi kenaikan lemak yang lebih besar apabila mereka makan di pagi hari, meskipun jumlah kalori yang dimakan sama. Untuk lebih memahami tentang hal ini, Johhnson dan tim menguji bagaimana tubuh tikus memproses makanan selama siklus 24 jam. Hormon insulin berfungsi membantu gula dalam darah untuk masuk ke dalam sel tubuh sehingga dapat digunakan sebagai energi. Saat masih terdapat sinar matahari, dimana normalnya tikus tidak makan, reaksi tubuh mereka terhadap hormon insulin kurang responsif. Kemudian, diduga bahwa kandungan gula yang tidak berubah menjadi energi akan diubah menjadi lemak.

Selain itu,ketika para peneliti mengganggu jam biologis tikus dengan menempatkan mereka di cahaya merah redup sepanjang hari, maka populasi tikus tersebut mengalami tanda-tanda resistensi insulin. Hal ini berarti jaringan tubuh mereka tidak bereaksi terhadap sinyal insulin untuk mengambil gula yang terkandung dalam darah, sehingga mereka semakin gendut. Pada manusia, resistensi insulin juga dihubungkan dengan diabetes dan penyakit jantung.

Penemuan ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan atau camilan di malam hari dapat berefek buruk bagi manusia dibandingkan mengkonsumsi makanan yang sama pada siang hari.

Satchinanda Panda, seorang ahli biologi dari Salk Institute di La Jolla, California, Amerika Serikat menyatakan bahwa hasil penelitian ini sangat menarik. Beliau tidak terlibat dalam penelitian ini, akan tetapi beliau mengatakan penelitian ini merupakan salah satu penelitian yang pertama kali menyimpulkan adanya ritme sirkadian atau jam biologis dari sifat sensitifitas insulin pada hewan. Beliau menambahkan bahwa tidak mustahil hal yang sama terjadi pada manusia.

Karena penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa manusia memiliki ritme harian dalam kadar gula darah mereka, tidak mengejutkan apabila sensitivitas insulin pun meningkat dan menurun sepanjang hari.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Atas

Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Atas

Pernah merasakan perut mulas atau perih setelah makan di bagian atas? Ketahui berbagai kemungkinan penyebabnya agar bisa menghindari kondisi ini. Biasanya, sakit perut bagian atas terjadi ketika seseorang langsung berbaring sesudah menyantap makanan. Hal itu menyebabkan gas yang ada di lambung terdesak ke atas melalui tenggorokan. Selain itu, beberapa kondisi medis bisa juga menyebabkan gejala ini. Selain merasakan mulas atau sensasi terbakar, sakit perut bagian atas bisa terjadi berbarengan dengan gejala lain yang terkait masalah pencernaan. Beberapa gejala tersebut antara lain: Perut kembung Nyeri dada bagian atas Sendawa Susah buang air besar Diare Mual Jika Anda mengalami sakit perut bagian atas yang disertai nyeri dada, dada sesak atau tertekan, dan denyut jantung lebih cepat dari biasanya, bisa jadi itu adalah tanda serangan jantung. Tanda lainnya adalah jika sakit perut bagian atas menyebar menuju bahu dan lengan, sistem pernapasan terganggu, serta muntah darah atau cairan hitam menyerupai warna kopi. Jika mengalaminya, segera minta pertolongan kepada ahli medis agar tidak berdampak fatal. Apa Saja Kemungkinan Penyebabnya? Agar bisa menghindari diri dari sakit perut di [...]

Bahaya Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Bahaya Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Anda pecinta sepatu hak tinggi? Banyak wanita gemar menggunakan sepatu hak tinggi atau lazim dikenal dengan istilah high-heels. Namun, penggunaan sepatu jenis ini dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan kaki. Mulai dari pertumbuhan kalus, nyeri kaki sampai gangguan pertumbuhan kuku kaki. Apa saja bahaya dari menggunakan sepatu berhak tinggi? Terdapat beberapa bahaya dari menggunakan sepatu hak tinggi, seperti: 1. Nyeri Tumit Nyeri tumit dan mata kaki merupakan salah satu keluhan yang paling umum ditemui. Penggunaan dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada daerah telapak kaki. Hal ini akan menyebabkan nyeri setelah seharian menggunakan sepatu hak tinggi. 2. Cedera otot Hak tinggi berpotensi menyebabkan cedera otot, khususnya jika sepatu yang Anda gunakan adalah sepatu degan ukuran yang kecil. Selain itu, cedera dapat terjadi akibat ketidakseimbangan tubuh ketika berjalan. Seseorang lebih rentan untuk jatuh dengan menggunakan sepatu hak tinggi dibandingkan sepatu tanpa hak. 3. Perubahan postur tubuh Penggunaan hak tinggi menyebabkan perubahan posisi tubuh. Seseorang dapat berjalan dengan posisi yang tidak seimbang dan menyebabkan tulang belakang yang tidak sejajar, yang pada akh [...]

Awas, Cat Kuku & Karpet Bisa Sebabkan Kanker

Awas, Cat Kuku & Karpet Bisa Sebabkan Kanker

Banyak hal yang bisa bantu tingkatkan risiko terkena kanker. Misalnya saja kebiasaan mengonsumsi makanan kalengan serta penggunaan beberapa peralatan rumah tangga. Seperti yang dikutip dari thirdage, berikut tujuh produk yang bisa sebabkan kanker.1. Makanan KalengCanned Foods Safety mengatakan bahwa Bisphenol A (BPA) terkandung dalam setiap makanan kemasan. BPA merupakan zat kimia yang berbahaya bayi dan anak-anak serta merugikan kelenjar prostat. Banyak negara yang telah melarang penggunaan BPA dalam botol bayi atau botol minuman.Tapi sayangnya banyak orang yang tak tahu bahwa BPA juga digunakan dalam kaleng. Studi terbaru menemukan bahwa ternyata paparan BPA diduga lebih banyak pada makanan yang dikemas dalam kaleng, seperti sarden, sup, cornet, buah kaleng, dan lainnya.2. Minuman KemasanSebuah penelitian mengejutkan diungkapkan oleh Environmental Working Group. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa lebih dari 10 merek air minum kemasan memiliki kualitas air yang tidak jauh berbeda dengan air keran, dan beberapa diantaranya malah lebih buruk. Rata-rata 10 merek air kemasan tersebut terkontaminasi oleh arsenik dan amonia.3. Cat KukuSama seperti bensin dan pengencer cat (thi [...]

Jangan Malas Jalan Kaki! Ini Manfaat Kesehatan yang Akan Anda Dapat

Jangan Malas Jalan Kaki! Ini Manfaat Kesehatan yang Akan Anda Dapat

Berjalan kaki biasanya dianggap sebagai solusi untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kalori, namun ternyata manfaat berjalan kaki tidak sebatas membuat tubuh lebih langsing saja. Berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit tiap harinya memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Ini dia empat alasan sehat kenapa berjalan kaki perlu dilakukan secara rutin, seperti dikutip dari Lifemojo.1. Meningkatkan Kemampuan OtakUntuk memulai berjalan kaki, Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu lari. Anda bisa berjalan di taman, teras, atau di atas treadmill dan kapan saja. Pagi, siang, sore atau bahkan larut malam setelah makan malam. Mulailah berjalan selama 10 hingga 15 menit, kemudian tingkatkan waktu Anda secara bertahap. Perlu diketahui juga, berjalan kaki juga bisa meningkatkan kemampuan otak. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Council of Aging, berjalan kaki 45 menit tiap harinya dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan kewaspadaan.2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan StrokeBerjalan selama 30 hingga 45 menit setiap hari bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu mengatur denyut jantung. Hal ini juga baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) da [...]

6 Cara Bangun Mood Seks

6 Cara Bangun Mood Seks

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Hubungan seksual suami istri seringkali menemukan titik-titik jenuh dan mengakibatkan hilangnya mood untuk berhubungan intim. Hal ini dapat disiasati dengan banyak hal yang memerlukan kerja sama dari antara kedua belah pihak. Untuk menyegarkan kembali hubungan intim suami istri, beberapa tips ini dapat dilakukan: Temukan masalahnya Hilangnya mood untuk berhubungan intim dapat disebabkan karena banyak hal. Untuk itu, menemukan permasalahannya adalah yang utama agar solusinya dapat tepat dan sesuai. Beberapa penyebab yang sering ditemui adalah kebosanan, rasa sakit saat berhubungan intim, dan rasa lelah. Masing-masing perlu diatasi dengan solusi yang tepat. Menciptakan suasana romantis Hubungan intim suami-istri dapat menjadi suatu kegiatan rutin yang monoton dan terkesan kewajiban yang harus dilakukan. Untuk itu, suasana romantis seperti makan malam romantis, menonton film berdua saja, keluar rumah di tengah malam berdua untuk mencari makanan kecil, berolahraga bersama, atau hal-hal lain yang dapat dilakukan berdua saja dan membangun suasana romantis dapat dicoba. Melakukan hal-hal yang dulu pernah dilakukan saat pacaran juga dapat memba [...]

Cegah Anemia dengan Makanan Penambah Darah

Cegah Anemia dengan Makanan Penambah Darah

Sering merasa lemas dan letih? Mungkin tubuh Anda kurang darah. Untuk itu, mengonsumsi makanan penambah darah yang kaya zat besi dapat menjadi solusi. Penurunan sel darah merah dalam tubuh umumnya disebabkan oleh kekurangan zat besi. Dengan kurangnya zat besi, tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup hemoglobin, yaitu substansi dalam sel darah merah yang berperan membawa oksigen ke jaringan tubuh. Oleh karenanya, kekurangan zat besi dapat menyebabkan Anda merasa lelah dan lemas. Sumber Zat Besi Penambah Darah Terdapat dua bentuk zat besi yang diserap tubuh dari makanan yang Anda konsumsi, yaitu: Heme: berasal dari hemoglobin. Umumnya terdapat di dalam bahan makanan hewani seperti daging unggas, daging merah, dan ikan. Non-heme: terdapat dalam bahan makanan nabati seperti kentang, sayuran berdaun hijau, antara lain bayam, biji-bijian seperti wijen, dan buah-buahan kering, seperti kismis. Zat besi heme lebih mudah diserap tubuh dibandingkan zat besi non-heme yang berasal dari sumber nabati. Penyerapan juga akan lebih mudah jika makanan yang mengandung zat besi dikonsumsi dengan dukungan vitamin C yang banyak terdapat di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran seperti tomat, jeruk, [...]

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Pernahkah suara Anda tiba-tiba serak setelah melakukan aktivitas tertentu? Sebenarnya, mengapa suara bisa mengalami serak? Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya: Kelelahan bersuara merupakan adaptasi negatif pembentukan suara pada orang-orang yang sering menggunakan suara dalam jangka waktu lama tanpa kelainan patologis pada laring. Kelelahan bersuara biasanya ditandai dengan perubahan kualitas suara, rasa tidak nyaman saat bersuara, dan adanya keterbatasan penggunaan suara. Karenanya, suara yang lelah biasanya akan terdengar serak atau parau. Penyebab utama kelelahan bersuara adalah penggunaan suara yang berlebihan, berbicara di lingkungan yang bising, dan faktor stres. Berbicara dengan suara yang keras dapat meningkatkan frekuensi vibrasi pita suara yang apabila berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kekakuan pada pita suara. Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Cara Atasi Suara Serak Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Menghindari berbicara terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Bila berbicara di ruangan yang besar atau di antara banyak orang lebih baik menggunakan [...]

Apa Bedanya Flu dan Sinusitis?

Apa Bedanya Flu dan Sinusitis?

Ketika Anda mengalami hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala, apakah Anda bisa membedakan hal tersebut disebabkan oleh flu atau sinusitis? Untuk orang awam, flu dan sinusitis memang sulit dibedakan. Sinusitis pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri pada rongga sinus. Sinus adalah rongga yang terdapat di dalam tulang pipi, dekat mata, dahi, dan hidung. Sedangkan flu biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang menyebkan produksi lendir hidung bertambah. Berikut ini adalah perbedaan antara flu dan sinusitis: Flu Sinusitis Gejala Demam, sakit kepala Sakit tenggorokan Pilek dengan lendir berwarna jernih Bersin-bersin, hidung tersumbat Gejala utama muncul di daerah hidung Nyeri di sekitar wajah, mata, atau dahi, terutama jika ditekan Nyeri bertambah saat sujud Sakit kepala Hidung tersumbat Demam Lendir dari hidung berwarna kuning atau hijau Bau mulut Penyebab Virus Bakteri Lama gejala Menghilang dalam 3-5 hari Menetap sampai 1 minggu atau lebih, bahkan berbulan-bulan Pengobatan Istirahat cukup [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *