Nyeri Kepala Karena Kehujanan? Ini Sebabnya

sakit-kepala-pusing-hujan.jpg

?Awas jangan kena hujan-hujanan, apalagi gerimis. Nanti pusing, lho!? Mungkin Anda pernah mendengar, atau mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri? Benarkah jika kepala kita kena air hujan maka dapat menyebabkan sakit kepala atau pusing?

Belum ada penelitian yang menjabarkan hubungan sakit kepala dan pusing yang ditimbulkan akibat paparan air hujan. Namun bagaimana pun, dari penelusuran reaksi dan mekanisme tubuh dapat ditarik rantai asumsi yang logis. Berikut ini adalah kemungkinan paling kuat dari pencetus sakit kepala dan pusing akibat paparan air hujan:

1. Perubahan Suhu Tubuh yang Mendadak

?Umumnya penyebab orang menjadi sakit setelah kehujanan disebabkan oleh paparan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

Air hujan akan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala, kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin ini. Hal inilah yang membuat orang jadi sakit atau memicu sakit kepala. Penyebab lainnya adalah tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung turut mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu terjadinya sakit kepala atau penyakit infeksi lainnya.

2. Infeksi
Ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi satu sama lain yang membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.

3. Kandungan di Air Hujan

Selain itu air hujan yang turun juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga lebih bersifat asam. Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis membuat konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini semakin besar, sehingga orang bisa tetap sakit meski hanya kena gerimis.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk pencegahannya? Berikut penjelasannya:

Pencegahan Pusing & Sakit Kepala Akibat Air Hujan

  • Jika menggunakan kendaraan bermotor saat hujan sebaiknya menggunakan pakaian pelindung yang tebal seperti sweater atau jaket yang dilapisi dengan jas hujan. Serta jangan lupa mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan stamina tubuh jika sering kehujanan.

  • Beberapa penyakit yang bisa muncul setelah kehujanan seperti sakit kepala atau pusing, flu baik akibat virus atau paparan udara dingin, rentan terkena penyakit infeksi menular serta tubuh yang basah dan pakaian lembab bisa menyebabkan gatal dan jamur di kulit.

  • Disarankan segera membilas rambut yang terkena air hujan sebagai cara menghilangkan senyawa-senyawa dan gas bersifat asam yang terbawa dalam air hujan, serta mengganti pakaian yang basah agar suhu tubuh tidak semakin dingin yang membuat kekebalan tubuh makin menurun dan menghindari masalah kulit.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita karena Terlalu Fokus Diet Sehat

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita karena Terlalu Fokus Diet Sehat

Kini gaya hidup sehat tidak lagi hanya menjadi tren tapi juga kebutuhan. Hampir semua orang berlomba-lomba untuk selalu menjaga pola makannya demi hidup sehat. Sayangnya, beberapa orang hanya fokus dengan makanan sehat sehingga melakukan kesalahan sepele yang akan memengaruhi kesehatan Anda. Apa saja kesalahan yang dimaksud? Berikut tujuh kesalahan yang tanpa sadar sering dilakukan karena terlalu fokus dengan diet sehat.1. Mengabaikan StresTidak hanya makanan, Anda perlu mengatasi rasa stres. Beberapa orang memiliki mendiamkan saja atau mengabaikan stres. Beban pikiran yang terlalu berat perlu diatasi dengan pergi berlibur atau melakukan hal-hal menyenangkan. Dr. Frank Lipman, seorang Integrative & Functional Medicine Physician, mengatakan bahwa stres bisa menimbulkan masalah kesehatan."Stres terkait dengan banyak masalah kesehatan seperti tidur terganggu, berat badan, hingga rasa lelah berlebihan," tutur Dr. Lipman.Ia pun menyarankan untuk berolahraga seperti melakukan yoga untuk menghilangkan stres. Selain itu, Anda bisa mencari kegiatan yang akan membuat tubuh lebih rileks. 2. Kurangnya Me TimeLipman menuturkan bahwa beberapa pria dan wanita terlalu sibuk dengan diet seha [...]

Pakai Kacamata Bisa Timbulkan Jerawat, Ini Cara Perawatannya yang Benar

Pakai Kacamata Bisa Timbulkan Jerawat, Ini Cara Perawatannya yang Benar

Sering tumbuh jerawat di dahi, sekitar pipi atau hidung? Jika Anda pengguna kacamata, bisa jadi kacamata Anda penyebabnya. Penyimpanan dan perawatan kacamata yang kurang tepat memang bisa menimbulkan jerawat. Agar terhindar dari masalah kulit akibat pemakaian kacamata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.1. Bersihkan Kacamata Secara BerkalaBingkai kacamata berpotensi menumpuk bakteri dan kotoran yang bisa menyebabkan jerawat, maka penting untuk membersihkannya minimal satu kali sehari. Marni Bessler, dokter mata asal New Jersey menyarankan untuk mengelap kacamata Anda dengan kain halus yang sudah dibasahi campuran air dan sabun. Menggunakan alkohol atau tisu basah juga bisa menjadi alternatif.2. Gunakan Kosmetik Bebas MinyakDermatologis Chynna Steele mengatakan, tekanan dari bingkai kacamata akan menutupi pori-pori kulit dan bisa membuat kosmetik apapun yang Anda kenakan menjadi komedogenik (menyumbat pori-pori).Maka dari itu, selalu gunakan produk yang non-komedogenik yang bebas minyak dan terbuat dari partikel-partikel lebih kecil sehingga tidak mudah menyumbat pori. "Make-up mineral bisa jadi pilihan terbaik karena dia transparan dan ringan," ujar Chynna seperti dikutip [...]

Kenali Perbedaan Kram Perut yang Normal dan Perlu Dikhawatirkan Saat Haid

Kenali Perbedaan Kram Perut yang Normal dan Perlu Dikhawatirkan Saat Haid

Rasa sakit atau nyeri saat hari pertama haid dialami banyak wanita. Kondisi ini terbilang normal, apabila rasa sakit masih bisa ditoleransi dan tidak berlangsung lama. Tapi apabila mengalami kram hebat hingga keluar keringat dingin setiap kali haid, bisa jadi tanda kalau ada masalah pada organ reproduksi Anda. Kenali rasa sakit saat Anda haid, untuk mengetahui apakah itu termasuk normal atau berada di kondisi yang mengkhawatirkan.1. Kram NormalKram normal saat hari pertama menstruasi biasanya terasa di perut bagian bawah. Dikutip dari Cosmopolitan USA, rasa sakit cenderung ringan, seperti ingin buang air besar dan umumnya tidak berlangsung lama. Sekitar dua sampai lima jam. Apabila sakit sudah tak tertahankan, Anda bisa meminum obat pereda rasa sakit agar bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi hindari konsumsi obat jangka panjang dan terus menerus, karena efeknya kurang baik bagi kesehatan.2. Kista pada OvariumJika Anda mengalami kram sehingga sulit untuk bergerak, diikuti dengan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, sebaiknya segera periksakan ke ginekolog. Ada kemungkinan terdapat kista di ovarium Anda. Jika dideteksi sejak dini, penanganannya bisa lebih mudah. Namun un [...]

3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum. Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang. Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian. Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi? 3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum. Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang. Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yan [...]

Tidak Hanya Lezat, Ini Manfaat Sehat Rumput Laut

Tidak Hanya Lezat, Ini Manfaat Sehat Rumput Laut

Bagi penggemar makanan Jepang, tentu Anda mengenal salah satu menunya yang cukup populer, yaitu chuka wakame. Makanan ini disantap sebagai appetizer, terbuat dari jenis rumput laut yang terkenal di Jepang. Bentuknya panjang dengan tekstur kenyal, dan biasanya diberi bumbu khusus dengan rasa gurih asam yang lezat.Secara umum, rumput laut ini dinamakan kelp yang masih termasuk dalam keluarga alga atau ganggang. Tanaman ini tumbuh di perairan dangkal air asin. Selain rasanya lezat, rumput laut khas Jepang ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja?1. Kaya NutrisiKelp mengandung 46 jenis mineral, 11 vitamin dan 16 asam amino. Beberapa nutrisi yang banyak dikandung rumput laut ini di antaranya vitamin A, kalsium, niacin, iodine, zat besi, potassium, fosfor, dan sebagainya. Rumput laut juga kaya akan serat yang baik bagi pencernaan.2. Mengatur Fungsi TiroidKarena mengandung banyak iodin, atau lebih dikenal dengan yodium, rumput laut ini berkhasiat mengatur fungsi kelenjar tiroid. Yodium juga bisa menyeimbangkan produksi hormon tiroid yang bertugas mengatur metabolisme tubuh dan menjaga tingkat energi.3. Membantu Penurunan Berat BadanSalah satu fungsi utama kelenjar tiro [...]

22 Merek Lipstik yang Mengandung Racun Timbal

22 Merek Lipstik yang Mengandung Racun Timbal

Tubuh memang bisa menoleransi racun timbal yang masuk tidak lebih dari 100 ppm (parts per million). Tapi untuk amannya, semua barang atau makanan yang digunakan manusia idealnya tidak mengandung timbal atau plumbum (Pb) yang berbahaya bagi kesehatan. Tak cuma mainan anak, timbal juga dipakai di perona bibir alias lipstik.Badan pengawas pangan dan obat-obatan di Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) baru-baru ini telah meluncurkan program bertajuk 'Kampanye untuk Kosmetika yang Aman'. Badan ini melakukan analisis penelitian mengenai kandungan timbal dalam lipstik. FDA ingin agar konsumen tahu bahwa 400 jenis lipstik dari berbagai merek telah teruji positif mengandung timbal.Timbal adalah logam beracun yang telah dilarang penggunaannya dalam cat sejak tahun 1978. Timbal dapat merusak koneksi saraf dan menyebabkan gangguan peredaran darah serta otak. Paparan timbal untuk jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan sakit perut. Timbal dapat mempengaruhi hampir setiap organ dan sistem dalam tubuh, dan efek dari timbal yang masuk lewat pernapasan sama dengan yang masuk karena ditelan."Menyadari bahwa tidak ada tingkat aman dari paparan timbal, kami perlu me [...]

Konsumsi Apel Dapat Mencegah Penyakit!

Konsumsi Apel Dapat Mencegah Penyakit!

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayur-sayuran dapat menurunkan risiko penyakit kronik, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah dan kanker. Kuncinya terletak pada zat-zat fitokimia seperti phenolics, flavonoid dan carotenoids, yang terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran yang berperan dalam mengurangi risiko kejadian penyakit kronik. Apel merupakan buah dikonsumsi secara luas dan merupakan buah yang kaya zat fitokimia. Konsumsi buah Apel dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berbagai penelitian epidemiologi telah menunjukkan bahwa konsumsi buah Apel dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, asma dan diabetes. Apel juga telah diketahui mengandung zat-zat fitokimia seperti quercetin, catechin, phloridzin dan chlorogenic acid yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Hal ini dapat membantu memperlambat proses penuaan. Apa saja manfaat apel bagi kesehatan, berikut penjelasan selengkapnya: Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan #1: Anti-Kanker Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah Apel dapat menurunkan risiko terjadinya kanker, terutama kanke [...]

Pentingnya DHA dan AA untuk Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya DHA dan AA untuk Tumbuh Kembang Anak

DHA dan AA termasuk zat gizi yang sering diutamakan dalam promosi susu atau makanan anak. Apakah keduanya memang benar-benar terbukti bermanfaat untuk perkembangan otak dan tubuh? Mari kita kenali lebih dalam! DHA (docosahexaenoic acid) merupakan asam lemak rantai panjang, suatu asam lemak tidak jenuh yang menjadi area penelitian yang sangat menarik selama 30 tahun terakhir. DHA yang ditemukan pada ASI ini memiliki peran penting dalam struktur dan fungsi jaringan saraf, terutama jaringan saraf retina mata dan otak. Dan ternyata, terdapat akumulasi DHA yang signifikan pada jaringan saraf dan pertumbuhan otak janin selama trimester akhir serta 2 tahun pertama kehidupan. Tak hanya pada ASI, AA dan DHA bisa didapat dari sumber nutrisi lainnya dari makanan sehari-hari seperti telur, ikan dan lainnya. Pada trimester akhir, otak mengalami pertumbuhan sebanyak 260%, kemudian selama tahun pertama kehidupan otak melanjutkan pertumbuhan sebanyak 175%. Selanjutnya, pada tahun kedua otak tumbuh sebanyak 18%. Diketahui bahwa selama periode-periode ini DHA akan sangat banyak terakumulasi dalam jaringan otak, dan akumulasi ini tidak ditemukan pada jenis asam lemak lainnya. Berikut adalah berba [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *