Nyeri Kepala Karena Kehujanan? Ini Sebabnya

sakit-kepala-pusing-hujan.jpg

?Awas jangan kena hujan-hujanan, apalagi gerimis. Nanti pusing, lho!? Mungkin Anda pernah mendengar, atau mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri? Benarkah jika kepala kita kena air hujan maka dapat menyebabkan sakit kepala atau pusing?

Belum ada penelitian yang menjabarkan hubungan sakit kepala dan pusing yang ditimbulkan akibat paparan air hujan. Namun bagaimana pun, dari penelusuran reaksi dan mekanisme tubuh dapat ditarik rantai asumsi yang logis. Berikut ini adalah kemungkinan paling kuat dari pencetus sakit kepala dan pusing akibat paparan air hujan:

1. Perubahan Suhu Tubuh yang Mendadak

?Umumnya penyebab orang menjadi sakit setelah kehujanan disebabkan oleh paparan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

Air hujan akan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala, kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin ini. Hal inilah yang membuat orang jadi sakit atau memicu sakit kepala. Penyebab lainnya adalah tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung turut mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu terjadinya sakit kepala atau penyakit infeksi lainnya.

2. Infeksi
Ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi satu sama lain yang membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.

3. Kandungan di Air Hujan

Selain itu air hujan yang turun juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga lebih bersifat asam. Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis membuat konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini semakin besar, sehingga orang bisa tetap sakit meski hanya kena gerimis.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk pencegahannya? Berikut penjelasannya:

Pencegahan Pusing & Sakit Kepala Akibat Air Hujan

  • Jika menggunakan kendaraan bermotor saat hujan sebaiknya menggunakan pakaian pelindung yang tebal seperti sweater atau jaket yang dilapisi dengan jas hujan. Serta jangan lupa mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan stamina tubuh jika sering kehujanan.

  • Beberapa penyakit yang bisa muncul setelah kehujanan seperti sakit kepala atau pusing, flu baik akibat virus atau paparan udara dingin, rentan terkena penyakit infeksi menular serta tubuh yang basah dan pakaian lembab bisa menyebabkan gatal dan jamur di kulit.

  • Disarankan segera membilas rambut yang terkena air hujan sebagai cara menghilangkan senyawa-senyawa dan gas bersifat asam yang terbawa dalam air hujan, serta mengganti pakaian yang basah agar suhu tubuh tidak semakin dingin yang membuat kekebalan tubuh makin menurun dan menghindari masalah kulit.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sering Kesemutan? Ini Penyebabnya

Sering Kesemutan? Ini Penyebabnya

Setelah duduk bersila dalam waktu lama, tiba-tiba Anda tidak bisa merasakan apa pun pada kaki Anda atau seperti mati rasa. Kondisi ini dinamakan kesemutan atau dalam istilah medisnya disebut parestesia. Penyebab terjadinya kesemutan beragam, ada yang bersifat sementara dan ada pula yang sifatnya berkepanjangan. Penyebab Kesemutan Sementara Kesemutan sementara terjadi ketika ada anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu lama. Hal ini membuat pasokan darah ke saraf di daerah itu menjadi terhambat. Anda bisa merasakan kesemutan pada kaki setelah duduk bersila atau memakai sepatu terlalu kecil. Kesemutan pada tangan juga dapat dirasakan, misalnya ketika tidur dengan posisi kepala menindih lengan. Karena bersifat sementara, kondisi ini bisa mereda dengan sendirinya jika Anda membebaskan area yang kesemutan dari tekanan, seperti meluruskan kaki setelah duduk bersila atau melepaskan tangan yang tertindih. Dengan begitu aliran darah akan kembali lancar. Selain tekanan, penyebab kesemutan sementara bisa disebabkan oleh dehidrasi dan hiperventilasi, yaitu kondisi pada saat Anda bernapas terlalu cepat. Penyebab lain adalah penyakit Raynaud. Penyakit ini memengaruhi pasokan darah ke a [...]

Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Anak?

Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Anak?

Kalsium adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Kalsium memiliki banyak fungsi, di antaranya untuk membangun tulang dan gigi, menjaga fungsi saraf dan otot, membantu proses pembekuan darah, dan mengaktifkan enzim yang diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi. Makanan utama yang mengandung kalsium adalah susu dan produk turunannya, seperti yoghurt, keju, mentega, dan lain-lain. Susu dan produk turunannya tersebut berkontribusi terhadap 70 hingga 80 persen kebutuhan kalsium harian. Sekitar 240 ml susu atau yoghurt ?setara dengan 425 gram keju ? mengandung 300 mg kalsium. Selain susu, ada pula jenis makanan lain yang juga mengandung kalsium, yaitu tahu, roti gandum, lobak, bayam, polong-polongan, kacang-kacangan, dan susu kedelai. Beberapa produk makanan jadi seperti jus dan sereal juga telah difortifikasi dengan kalsium. Berikut adalah angka kebutuhan kalsium untuk anak berdasarkan usia, menurut Institute of Medicine: Usia 1-3 tahun: 700 miligram per hari Usia 4-8 tahun: 1000 miligram per hari Usia 9-18 tahun: 1300 miligram per hari Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), asupan kalsium a [...]

4 Tips Puasa Penderita Maag

4 Tips Puasa Penderita Maag

Maag atau sering disebut sebagai gastritis merupakan suatu proses peradangan atau inflamasi pada dinding yang melapisi lambung. Komplikasi dari maag dapat menyebabkan suatu penyakit luka pada lambung yang disebut sebagai Ulkus Gaster. Ulkus gaster ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara produksi asam lambung dengan mekanisme pertahanan dinding lambung. Apabila terjadi maag, maka dapat timbul beberapa gejala seperti perasaan tidak enak pada bagian perut sebelah kiri, mual, kembung, muntah, perasaan penuh dan sesak serta terkadang nyeri perut. Beberapa tindakan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang berujung pada maag ketika berpuasa, diantaranya seperti langsung tidur tepat setelah sahur, merokok sesaat setelah berbuka puasa atau mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak saat buka puasa. Para individu yang menderita maag diharapkan untuk berbuka puasa dengan jumlah yang sedikit namun sering, seperti mengkonsumsi makanan yang ringan terdahulu saat berbuka puasa. Saat berbukaatau sahur puasa coba hindari minuman yang mengandung kopi dan soda, serta hindari minuman yang terlalu manis sebab akan memicu rasa haus. Bila maag sudah berat, dapat juga konsumsi o [...]

6 Makanan yang Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

6 Makanan yang Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Terlalu banyak kolesterol di dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak sehat misalnya terlalu banyak konsumsi makanan berlemak juga bergula. Jadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kolesterol adalah mengubah pola makan jadi lebih sehat.Seperti dikutip dari ABC Australia, beberapa makanan yang harus dibatasi adalah yang telah mengalami banyak proses pengolahan seperti biskuit, cake serta makanan tinggi lemak. Di samping itu penerapan pola makan yang sehat bisa dilakukan dengan cara memasukkan lebih banyak makanan bernutrisi. Ini dia rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kolesterol tetap stabil dan jantung pun sehat.1. OatmealOatmeal kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Saat berada di dalam tubuh, serat larut akan bekerjasama dengan bile acid, asam yang ada di sistem pencernaan --terbuat dari kolesterol-- dan mengeluarkannya. Ketimbang bubur ayam, coba ganti menu sarapan Anda dengan bubur oatmeal yang tak kalah rasa lezatnya.2. ApelBuah yang manis renyah ini sangat baik untuk dikonsumsi tiap hari sebagai camil [...]

Benarkah Vitamin E Dapat Mencerahkan Kulit?

Benarkah Vitamin E Dapat Mencerahkan Kulit?

Vitamin E merupakan antioksidan larut lemak yang paling banyak ditemukan pada kulit manusia. Pada kulit, kadar vitamin E di lapisan epidermis lebih tinggi dari lapisan dermis. Karena sifatnya yang larut lemak, vitamin E dapat menembus ke semua lapisan kulit dan ikut menjaga kelembaban kulit. Vitamin E terakumulasi dalam kelenjar sebasea, kemudian diteruskan ke permukaan kulit melalui sebum. Oleh karena itu, kadar vitamin E lebih tinggi pada individu yang memproduksi sebum lebih banyak, misalnya pada jenis kulit berminyak. Kadar vitamin E pada kulit dapat berkurang. Salah satunya akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari, yang menurunkan jumlah vitamin E pada lapisan terluar kulit. Faktor lainnya adalah usia. Semakin bertambah usia seseorang, konsentrasi vitamin E dalam epidermis ikut menurun. Peran utama vitamin E pada kulit adalah sifat antioksidannya yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Molekul dalam vitamin E dapat menyerap cahaya spektrum UVB, namun efek tabir surya dari vitamin E dianggap terbatas karena tidak dapat menyerap sinar UVA (cahaya dalam panjang gelombang yang lebih tinggi dari sinar UVB). Dengan demikian, efek protektif utama dari vitamin E adal [...]

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Ladies, kapan terakhir kali Anda membongkar tas kosmetik dan menyortir peralatan makeup yang lama tak terpakai? Sebagian wanita punya kebiasaan membeli kosmetik baru meskipun koleksi alat makeup lama masih cukup banyak. Alhasil karena terlalu lama tidak dipakai, kosmetik pun jadi kedaluwarsa.Meski begitu, masih ada saja yang menyimpan bahkan menggunakannya tanpa sadar akan bahaya yang mengintai. Sebuah tes laboratorium yang dilakukan di London ini mungkin akan membuat para wanita segera menyingkirkan peralatan kosmetiknya yang sudah tak layak pakai. Produk makeup yang sudah lama ternyata menyimpan bakteri berbahaya, salah satunya bakteri penyebab meningitis (radang selaput otak) yang mematikan yaitu enterococcus faecils.Para peneliti dari London Metropolitan University telah memeriksa lima produk kosmetik seperti blush-on, foundation dan lip gloss dan menemukan bahwa mereka menyimpan banyak bakteri berbahaya.Selain enterococcus faecalis, peralatan kosmetik kedaluwarsa juga menyimpan bakteri berbahaya lainnya yaitu eubacterium yang bisa menyebabkan bacterial vaginosis (ketidakseimbangan flora dan bakteri pada Miss V) dan aeronoma, penyebab gastroenteritis dan infeksi pada luka. T [...]

10 Tips Cemilan Sehat Anak

10 Tips Cemilan Sehat Anak

Waktu mengemil merupakan waktu yang paling disukai bagi semua anak-anak dan bahkan orang dewasa. Cemilan yang sehat dapat membantu anak Anda untuk tetap kenyang sepanjang hari dan juga dapat memberikan energi tambahan serta nutrisi penting. Tapi cemilan tidak bisa sembarangan cemilan untuk diberikan ke buah hati. Pasalnya, salah menu bisa-bisa malah menuai masalah kesehatan lebih rumit lagi. Misalnya, porsi snack atau pilihan menu snack yang berlemak dan berkalori malah membuat anak jadi kegemukan atau obesitas, yang juntrungannya malah-malah membuat anak berisiko mengalami gangguan jantung dan bahkan diabetes. Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk memastikan menu cemilan sehat untuk anak? 10 Tips Cemilan Sehat Anak Waktu mengemil merupakan waktu yang paling disukai bagi semua anak-anak dan bahkan orang dewasa. Cemilan yang sehat dapat membantu anak Anda untuk tetap kenyang sepanjang hari dan juga dapat memberikan energi tambahan serta nutrisi penting. Tapi cemilan tidak bisa sembarangan cemilan untuk diberikan ke buah hati. Pasalnya, salah menu bisa-bisa malah menuai masalah kesehatan lebih rumit lagi. Misalnya, porsi snack atau pilihan menu snack yang ber [...]

Berdamai Dengan Asam Urat

Berdamai Dengan Asam Urat

Oleh: dr. Febiansyah Ibrahim Arthiritis Rheumatoid atau yang akrab dengan istilah awam penyakit Rematik, merupakan salah satu penyakit rematik yang paling sering. Tidak hanya pada usia lanjut namun dapat juga mengenai usia muda. Anda yang mengalami penyakit ini pasti sulit menjalani kegiatan sehari-hari dengan ada nya nyeri, deformitas sendi, dan mungkin sudah menyerah dan menggunakan kursi roda. Tips-tips dibawah ini dapat membantu anda untuk mengurangi gejala diatas dan dapat menjalani kegiatan sehari-hari tanpa dihambat oleh rematik. Konsultasi kan penyakit arthritis rheumatoid anda dengan dokter ahli reumatologi. Hal ini sangat penting untuk menentukan pengobatan mana yang tepat untuk anda. Apabila anda sudah mendapatkan pengobatan yang tepat, tetap teruskan obat-obatan sesuai dengan indikasi. Jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan orang lain bila sedang mengalami nyeri atau lainnya. Tetap melakukan olah raga. Olah raga merupakan satu hal yang penting untuk menjaga anda tetap mobil (bergerak). Saat anda menggerakkan sendi, anda sudah menjaga sendi anda kuat dan fleksibel Gunakan alat bantu bila perlu. Untuk usia lanjut disarankan untuk menggunakan tongkat pada sendi y [...]

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

Amenorrhea adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita, bisa bersifat sementara atau menetap. Sedangkan oligomenorrhea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Keduanya merupakan suatu terminologi untuk gangguan haid atau haid yang tidak teratur. Amenorrhea sendiri dibagi menjadi primer dan sekunder. Amenorrhea primer terjadi pada wanita yang belum mengalami menstruasi pada usia 16 tahun, bisa disebabkan oleh kelainan genetik atau kondisi medis tertentu. Sedangkan amenorrhea sekunder terjadi ketika tidak terjadinya siklus menstruasi dalam 3 kali siklus berturut-turut dalam kurun periode lebih dari 6 bulan. Hal ini dapat disebabkan oleh ketidaksuburan atau osteoporosis. Apa saja penyebab haid tidak teratur? Haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh: Kondisi genetis seperti dysgenesis gonad, turner syndrome, congenital adrenal hyperplasia atau PCOS Pubertas atau hampir menopause Penggunaan kontrasepsi Obat-obatan tertentu Perubahan gaya hidup seperti olahraga berlebih, penurunan atau peningkatan berat badan ekstrim, stress Gangguan hormonal Kondisi abnormalitas [...]

Tips Berolahraga yang Aman Selama Kehamilan

Tips Berolahraga yang Aman Selama Kehamilan

Mempertahankan rutinitas olahraga selama kehamilan dapat membantu Anda tetap sehat serta memperbaiki postur tubuh dan mengurangi beberapa ketidaknyamanan seperti sakit punggung dan kelelahan. Ada penelitian bahwa berolahraga dapat mencegah diabetes gestasional (diabetes yang berkembang selama kehamilan), menghilangkan stres, dan membangun lebih banyak stamina yang dibutuhkan untuk persalinan. Olahraga apa yang aman selama masa kehamilan? Olahraga yang paling aman adalah berenang, jalan cepat, bersepeda dalam ruangan, dan aerobik ringan. Tenis dan badminton umumnya aman, tetapi perubahan keseimbangan selama kehamilan dapat mempengaruhi gerakan olahraga. Jogging juga diperbolehkan asal tidak dilakukan secara berlebihan. Olahraga apa yang harus dihindari selama masa kehamilan? Olahraga yang berpotensi membuat jatuh seperti menunggang kuda Olahraga softball, sepak bola, basket, dan voli Olahraga yang membutuhkan gerakan melompat-lompat secara berlebihan Siapa saja yang tidak dianjurkan untuk berolahraga? Berikut penjelasannya: Siapa saja yang tidak dianjurkan untuk berolahraga? Bila Anda memiliki masalah medis seperti asma, jantung, atau diabetes, olahraga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *