Nyeri Kepala Karena Kehujanan? Ini Sebabnya

sakit-kepala-pusing-hujan.jpg

?Awas jangan kena hujan-hujanan, apalagi gerimis. Nanti pusing, lho!? Mungkin Anda pernah mendengar, atau mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri? Benarkah jika kepala kita kena air hujan maka dapat menyebabkan sakit kepala atau pusing?

Belum ada penelitian yang menjabarkan hubungan sakit kepala dan pusing yang ditimbulkan akibat paparan air hujan. Namun bagaimana pun, dari penelusuran reaksi dan mekanisme tubuh dapat ditarik rantai asumsi yang logis. Berikut ini adalah kemungkinan paling kuat dari pencetus sakit kepala dan pusing akibat paparan air hujan:

1. Perubahan Suhu Tubuh yang Mendadak

?Umumnya penyebab orang menjadi sakit setelah kehujanan disebabkan oleh paparan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

Air hujan akan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala, kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin ini. Hal inilah yang membuat orang jadi sakit atau memicu sakit kepala. Penyebab lainnya adalah tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung turut mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu terjadinya sakit kepala atau penyakit infeksi lainnya.

2. Infeksi
Ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi satu sama lain yang membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.

3. Kandungan di Air Hujan

Selain itu air hujan yang turun juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga lebih bersifat asam. Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis membuat konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini semakin besar, sehingga orang bisa tetap sakit meski hanya kena gerimis.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk pencegahannya? Berikut penjelasannya:

Pencegahan Pusing & Sakit Kepala Akibat Air Hujan

  • Jika menggunakan kendaraan bermotor saat hujan sebaiknya menggunakan pakaian pelindung yang tebal seperti sweater atau jaket yang dilapisi dengan jas hujan. Serta jangan lupa mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan stamina tubuh jika sering kehujanan.

  • Beberapa penyakit yang bisa muncul setelah kehujanan seperti sakit kepala atau pusing, flu baik akibat virus atau paparan udara dingin, rentan terkena penyakit infeksi menular serta tubuh yang basah dan pakaian lembab bisa menyebabkan gatal dan jamur di kulit.

  • Disarankan segera membilas rambut yang terkena air hujan sebagai cara menghilangkan senyawa-senyawa dan gas bersifat asam yang terbawa dalam air hujan, serta mengganti pakaian yang basah agar suhu tubuh tidak semakin dingin yang membuat kekebalan tubuh makin menurun dan menghindari masalah kulit.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kapan Waktu Paling Baik Untuk Berolahraga?

Kapan Waktu Paling Baik Untuk Berolahraga?

Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun sering menjadi bahan perdebatan mengenai kapan waktu yang terbaik untuk berolahraga. Pagi, siang, atau malam hari? Profesor kedokteran olahraga, Russel Pate dari University of South Carolina mengatakan ?waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu dimana Anda dapat secara konsisten melakukannya.? Hal ini karena manfaat aktivitas fisik atau olahraga tergantung pada konsistensi. Olahraga bukan hanya mengenai waktu, tapi juga mengenai jenis, lama, dan tempat olahraga, juga dengan siapa kita berolahraga. Keempat hal tersebut dapat mempengaruhi konsistensi kita dalam berolahraga. Apakah ada perbedaan olahraga pada pagi, siang, atau sore? Berikut penjelasannya: Apakah ada perbedaan olahraga pada pagi, siang, atau sore? Ada,tapi perbedaannya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan efek olahraga yang dilakukan secara konsisten. Jika Anda bukan orang yang bisa bangun pada pagi hari, maka tidak perlu olahraga pada pagi hari. Carilah waktu dimana Anda bisa secara konsisten berolahraga minimal 3x/minggu selama minimal 30 menit pada setiap sesinya. Misalnya sore hari saat pulang kerja atau sekolah. Olahraga pada malam hari ku [...]

Super Sehat Berkat Spirulina?

Super Sehat Berkat Spirulina?

Selama ini masyarakat disuguhi oleh iklan yang menyatakan bahwa spirulina memiliki banyak manfaat. Iklan menyebutkan, spirulina bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Kandungan proteinnya yang disebut-sebut lebih tinggi daripada daging ini juga bisa memenuhi gizi Anda sehari-hari dan menjaga agar tubuh tetap sehat. Bahkan, spirulina kerap disebut sebagai superfood. Sebenarnya apa itu spirulina? Apakah benar-benar berkhasiat? Spirulina adalah salah satu spesies dari cyanobacteria, tanaman ganggang berpigmen hijau-kebiruan, yang bisa dikonsumsi manusia dan hewan. Tumbuh di perairan tropis dan subtropis yang memiliki kandungan garam tinggi. Ada beberapa spesies lain yang tumbuh di danau air tawar. Jika diolah, spirulina bisa dibuat atau dicampurkan ke dalam suplemen makanan, kosmetik, susu, sari buah, minuman serbuk, dan bahkan makanan untuk para astronot saat berada di luar angkasa. Terdapat anggapan bahwa makanan atau minuman yang mengandung spirulina akan menjadi lebih bernutrisi. Apa Saja Kandungan Spirulina? Kandungan protein pada spirulina dianggap lebih baik daripada daging dan susu. Ya, spirulina memang kaya akan protein, namun menurut penelitian, spirulina tidak lebih bai [...]

3 Menu Sarapan untuk Penderita Diabetes

3 Menu Sarapan untuk Penderita Diabetes

Makanan sangat penting untuk mengontrol diabetes, termasuk makan pagi. Sarapan yang sehat dapat menjaga gula darah Anda tetap dalam keadaan baik. Apa saja?Untuk menjaga kadar gula darah, pasien diabetes harus konsisten menjaga waktu dan porsi makan. Sarapan pada waktu yang sama setiap hari dengan jumlah makanan yang konsisten, terutama karbohidrat, dapat membantu penderita diabetes mengatur gula darah lebih baik.Karbohidrat meliputi pati, buah, susu atau yoghurt. Dokter atau ahli gizi biasanya menentukan berapa banyak yang pasien butuhkan untuk sarapan. Tapi menurut American Diabetic Association, pasien diabetes bisa sarapan sebanyak 45 sampai 60 gram. Seperti yang dikutip dari detikhealth, berikut beberapa makanan sehat yang baik untuk pasien diabetes.1. SerealSereal adalah sarapan yang sehat untuk pasien diabetes. Carilah sereal tawar dengan lebih dari 2,5 gram serat per porsi. Gunakan susu skim atau susu dengan 1 persen lemak untuk membatasi asupan kalori dan lemak jenuh. Orang dengan diabetes memiliki tingkat lebih tinggi menderita penyakit jantung sehingga harus membatasi asupan lemak jenuh. Sarapan 45 sampai 60 g karbohidrat bisa berupa tiga perempat cangkir sereal gandum [...]

Sering Pakai Earphone, Waspadai Kerusakan Permanen Telinga!

Sering Pakai Earphone, Waspadai Kerusakan Permanen Telinga!

Tahukah Anda bahwa mendengarkan lagu atau sekedar melihat-lihat video dengan gadget atau smartphone Anda melalui earphone, headphone, dan perangkat sejenis lainnya bisa membahayakan telinga Anda? Benar, berdasarkan penelitian, suara yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran Anda. Lantas, seberapa keraskah ambang batas suara yang boleh kita dengar? Jika Anda dapat mendengar suara melalui headphone atau earphone orang lain. Hal tersebut adalah indikasi bahwa suara yang didengar terlalu kencang dan akan menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran. (Baca: Headphone Berpotensi Merusak Pendengaran) Berdasarkan penelitian suara yang berada pada level 85dB (decibel, satuan volume suara) ke bawah, dinyatakan aman bagi pendengaran. Jika Anda terpaparakan suara yang rata-rata melebihi 90dB selama lebih dari 8 jam per hari, maka akan terjadi kerusakan permanen pada organ pendengaran Anda. Karena itulah pekerja di proyek bangunan atau pun bandara selalu mengenakan pelindung telinga agar mencegah terjadinya kerusakan permanen pada organ pendengaran Anda. Sebagai acuan bagi Anda, tahukah Anda bahwa sebuah bisikan di telinga memiliki kekuatan 30dB, suara lalu l [...]

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Setiap tahunnya minggu pertama di bulan Agustus selalu diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Tahun ini pekan ASI sedunia mengangkat tema ?Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan?. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), jutaan bayi meninggal setiap tahunnya di Asia Tenggara disebabkan oleh penyakit-penyakit yang sering terjadi pada masa kanak-kanak seperti diare dan pneumonia. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian ASI eksklusif. Pekan ASI Sedunia bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kekuatan ASI dalam menurunkan risiko kematian bayi baru lahir dan balita akibat penyakit-penyakit tersebut sehingga dapat membantu tercapainya salah satu target Tujuan Pembanguan Milenium/Millennium Development Goal?s (MDG?s) yaitu untuk menurunkan angka kematian anak hingga 2/3 pada tahun 2015. Menurut Anthony Lake, Executive Director of the UN Children?s Fund (UNICEF), ?Pemberian ASI pada satu jam pertama setelah melahirkan dapat mencegah satu dari lima penyebab kematian yang tidak diinginkan atau mencegah kematian 500.000 anak setiap tahunnya.? Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik bagi bayi dan balita yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan [...]

Ini lho, Manfaat Protein Sebenarnya

Ini lho, Manfaat Protein Sebenarnya

Oleh: dr. Adithia Kwee Sudah tidak sedikit sumber yang menyampaikan betapa pentingnya protein. Tapi tahukah Anda apa manfaat protein sebenarnya untuk tubuh kita? Inilah beberapa fungsi protein untuk tubuh kita: Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga angka kecukupannya harus sangat diperhatikan. Hampir semua proses kimia dalam tubuh membutuhkan protein. Berbagai molekul kecil dan ion-ion dalam tubuh diangkut oleh protein. Koordinasi keempat anggota gerak kita membutuhkan protein. Antibodi dalam tubuh kita yang berguna untuk menyerang bakteri dan virus yang masuk juga berupa protein. Protein juga berfungsi untuk menyediakan bahan-bahan yang penting peranannya untuk pertumbuhan dan memelihara jaringan tubuh, serta mengatur kelangsungan proses di dalam tubuh. Protein juga sebagai sumber energi jika keperluannya tidak dapat dipenuhi oleh karbohidrat dan lemak, untuk pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan, serta untuk membantu proses penyembuhan luka. Begitu banyak kegunaan protein untuk tubuh. Dapat terbayang apa yang akan terjadi bila tubuh kita kekurangan protein. Kebutuhan protein harus dipenuhi melalui asupan makanan kaya protein. Kebutuh [...]

Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter

Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter

Sebuah penelitian epidemiologi di Universitas Zurich, Swiss, menemukan sebuah hubungan antara rutinitas konsumsi suplemen kalsium dengan peningkatan risiko serangan jantung. Walau belum bisa memastikan hubungan patofisiologisnya, Sabine Rohrmann, PhD dan tim penelitiannya mengungkapkan terdapat peningkatan 86% risiko serangan jantung pada 24.000 pria dan wanita yang mengkonsumsi suplemen kalsium selama 11 tahun terakhir. Sekalipun angka kejadian serangan jantung pada masa pengamatan terbilang kecil, yakni 354 kasus, jumlah yang ada dianggap cukup menjelaskan hubungan pada kecenderungan yang ada. Oleh tim penelitian hal peningkatan risiko yang ada digolongkan dalam kadar moderat (sedang). Telah banyak studi mengenai kalsium yang mengemukakan hasil temuan beragam. Dari saran konsumsi kalsium yang dapat menurunkan risiko darah tinggi, menurunkan risiko obesitas dan diabetes sekaligus stroke dan bahkan penyakit jantung. Namun kini, sedikitnya sudah terdapat dua penelitian pada 2011 dan 2012 yang memicu kewaspadaan kepada suplemen kalsium yang diduga mendongkrak angka risiko serangan jantung. Selama penelitian, Rohrmann selaku asisten profesor epidemiologi penyakit kronis di Universitas [...]

Penanganan Vertigo secara Mandiri

Penanganan Vertigo secara Mandiri

Secara umum, terdapat panduan penanganan vertigo yang dapat dilakukan di rumah. Setelah memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan pengobatan, Anda tetap perlu menjaga diri untuk mengantisipasi jika mengalami serangan vertigo, maupun untuk mengurangi gejala-gejalanya selama ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi panduan penanganan. Gunakan penerangan yang baik jika Anda bangun dari tempat tidur di malam hari. Segera duduk. Jika tetap berdiri, maka Anda berisiko kehilangan keseimbangan, terjatuh, dan mengalami luka serius. Saat sedang tidur: Hindari berbaring miring bertumpu pada sisi kepala yang mengalami vertigo. Berbaringlah dengan kepala yang lebih tinggi dari tubuh, misalnya dengan menggunakan dua bantal yang ditumpuk. Bergeraklah perlahan-lahan saat bangun di pagi hari. Ambil waktu sejenak sebelum Anda bangkit dan berjalan dari tempat tidur. Hindari berbaring miring bertumpu pada sisi kepala yang mengalami vertigo. Berbaringlah dengan kepala yang lebih tinggi dari tubuh, misalnya dengan menggunakan dua bantal yang ditumpuk. Bergeraklah perlahan-lahan saat bangun di pagi hari. Ambil waktu sejenak sebelum Anda bangkit dan berjalan dari tempat tidur. Sela [...]

5 Tips Mencegah Kram Kaki

5 Tips Mencegah Kram Kaki

Kekakuan pada betis yang lebih dikenal dengan kram biasanya menyerang pada malam hari. Tidak hanya otot yang kaku, kram dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.Tegang pada otot tersebut datang secara tiba-tiba, sehingga sering kali mengganggu aktifitas atau istirahat Anda. Simaklah langkah-langkah berikut untuk menghindari kram pada kaki, di lansir dari situs eHow.1. Banyak Minum Air PutihKekurangan cairan dalam tubuh adalah sebab dari banyak penyakit, termasuk kram. Minumlah 6 ? 8 gelas air putih sehari untuk menjaga kelenturan otot Anda atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan air seperti sayuran hijau atau semangka.2. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Sepatu High HeelsMengenaka high heels membuat kaki cepat lelah. Jika memang harus menggunakannya, sesekali lepaskan sepatu dan lakukan peregangan agar kaki punya kesempatan untuk istirahat. 3. Konsumsi Kalsium dan KaliumSuplemen kalsium yang banyak dipasaran dapat menjadi pilihan. Selain itu Anda bisa mencoba mengkonsumsi sayuran seperti kangkung, brokoli, serta yogurt dan susu rendah lemak untuk meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Sedangkan kalium bisa Anda dapatkan dalam pisang, alpukat, ikan, unggas dan daging.4. Ola [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *