Nyeri Kepala Karena Kehujanan? Ini Sebabnya

sakit-kepala-pusing-hujan.jpg

?Awas jangan kena hujan-hujanan, apalagi gerimis. Nanti pusing, lho!? Mungkin Anda pernah mendengar, atau mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri? Benarkah jika kepala kita kena air hujan maka dapat menyebabkan sakit kepala atau pusing?

Belum ada penelitian yang menjabarkan hubungan sakit kepala dan pusing yang ditimbulkan akibat paparan air hujan. Namun bagaimana pun, dari penelusuran reaksi dan mekanisme tubuh dapat ditarik rantai asumsi yang logis. Berikut ini adalah kemungkinan paling kuat dari pencetus sakit kepala dan pusing akibat paparan air hujan:

1. Perubahan Suhu Tubuh yang Mendadak

?Umumnya penyebab orang menjadi sakit setelah kehujanan disebabkan oleh paparan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

Air hujan akan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala, kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin ini. Hal inilah yang membuat orang jadi sakit atau memicu sakit kepala. Penyebab lainnya adalah tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung turut mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu terjadinya sakit kepala atau penyakit infeksi lainnya.

2. Infeksi
Ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi satu sama lain yang membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.

3. Kandungan di Air Hujan

Selain itu air hujan yang turun juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga lebih bersifat asam. Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis membuat konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini semakin besar, sehingga orang bisa tetap sakit meski hanya kena gerimis.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk pencegahannya? Berikut penjelasannya:

Pencegahan Pusing & Sakit Kepala Akibat Air Hujan

  • Jika menggunakan kendaraan bermotor saat hujan sebaiknya menggunakan pakaian pelindung yang tebal seperti sweater atau jaket yang dilapisi dengan jas hujan. Serta jangan lupa mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan stamina tubuh jika sering kehujanan.

  • Beberapa penyakit yang bisa muncul setelah kehujanan seperti sakit kepala atau pusing, flu baik akibat virus atau paparan udara dingin, rentan terkena penyakit infeksi menular serta tubuh yang basah dan pakaian lembab bisa menyebabkan gatal dan jamur di kulit.

  • Disarankan segera membilas rambut yang terkena air hujan sebagai cara menghilangkan senyawa-senyawa dan gas bersifat asam yang terbawa dalam air hujan, serta mengganti pakaian yang basah agar suhu tubuh tidak semakin dingin yang membuat kekebalan tubuh makin menurun dan menghindari masalah kulit.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Makanan Penghilang Cemas

4 Makanan Penghilang Cemas

Gangguan cemas merupakan suatu bentuk gangguan yang biasanya memerlukan pengobatan medis, namun ternyata dengan diet yang tepat dan olahraga yang seimbang maka kambuhnya gangguan cemas bisa dikurangi. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu menghilangkan rasa cemas berlebihan Anda. 1. Ikan Sebuah studi kecil di Ohio State University menungkapkan bahwa pada murid-murid yang diberikan sumplement omega-3 terjadi penurunan angka kecemasan sebanyak 20% dibandingkan pada anak-anak yang hanya diberikan plasebo. Para peneliti menganjurkan agar dalam diet Anda konsumsilah lebih banyak omega-3 dengan ikan. 2. Telur Otak kita sangat membutuhkan vitamin B. Saat kita kekurangan vitamin B, dapat timbul beberapa keluhan seperti kebingungan dan kecemasan. Maka dari itu dalam diet Anda konsumsi lebih banyak telur, serta daging atau buah-buahan sitrus. Berikut beberapa makanan yang dapat menekan kecemasan lainnya: Makanan Penghilang Cemas 3. Green Tea (Teh Hijau) Teh hijau tinggi akan kandungan asam amino yang dinamakan L-theanine, yang memliki efek menenangkan tubuh. Dibuktikan bahwa mengkonsumsi L-theanine sebanyak 200 mg dapat membantu meringkankan kecemasan [...]

Musik Membuat Anda Lebih Pintar?

Musik Membuat Anda Lebih Pintar?

Beberapa manfaat musik adalah menenangkan pikiran dan membantu menambah kreativitas dalam bekerja. Apakah musik dapat membuat seseorang menjadi lebih pintar? Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Harvard baru-baru ini membuktikan bahwa musik tidak ada pengaruh terhadap kepintaran. Sebanyak 80% orang dewasa di Amerika berpikir bahwa musik dapat meningkatkan intelegensi seorang anak dikatakan Samuel Mehr dan profesor Elizabeth Spelke dari Harvard. Mitos mengenai pengaruh musik terhadap intelegensi ini bermulai saat sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 1993 pada the Journal Nature yang membahas mengenai ?The Mozart Effect? dimana disebutkan pada jurnal tersebut seseorang yang dapat memainkan alat musik berpengaruh terhadap kemampuan mereka dalam bekerja. Namun studi ini tidak lama kemudian dibatalkan dan dianggap hanya sebagai mitos. Inilah hasil penelitian Mehr... Musik Membuat Anda Lebih Pintar? Mehr dan teman-temannya melakukan penelitian untuk membuktikan hal ini dimana mereka melakukan penelitian terhadap 29 orangtua yang memiliki anak dengan usia 4 tahun. Dimana mereka memberikan pelatihan musik untuk satu kelompok dan untuk kelompok lain tida [...]

Waspada! Kerut di Kulit Tanda Tulang Mulai Keropos

Waspada! Kerut di Kulit Tanda Tulang Mulai Keropos

Wajah Anda mulai dihiasi kerutan? Waspadalah karena menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, kerutan merupakan tanda seseorang mengalami osteoporosis.Dilansir dari Genius Beauty, penelitian tersebut dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Yale. Para ilmuwan meneliti wanita yang berusia antara 40-50 tahun yang mulai memasuki masa menopause.Dalam penelitian itu, peneliti melihat pola dan lokasi kerutan di wajah dan leher. Kepadatan tulang diukur dengan ultrasound.Hasil penelitian menunjukkan, ada hubungan kuat antara kerutan dengan gejala osteoporosis. Menurut penelitian itu, semakin banyak dan jelas kerutan tersebut, semakin keropos juga tulang yang dimiliki wanita.Kulit yang halus dan lembut ditandai dengan tulang yang kuat dan sehat. Artinya wanita yang memiliki tulang sehat, cenderung tidak memiliki kerutan.Lantas bagaimana agar menjaga tulang tidak mengalami osteoporosis? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, mulailah kurangi makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Konsumsi garam berlebih atau kadar natrium yang spesifik bisa menyebabkan hilangnya kalsium sehingga tulang akan melemah dari waktu ke waktu.Kedua, kurangi konsumsi kafein. Terlalu banyak me [...]

Ini Caranya Agar Tulang Tidak Cepat Keropos

Ini Caranya Agar Tulang Tidak Cepat Keropos

Dengan adanya peningkatan kejadian osteoporosis, pencegahan tentunya akan menjadi tindakan yang efektif dan terbaik untuk mengatasi osteoporosis. Osteoporosis merupakan penipisan jaringan tulang dan hilangnya kepadatan tulang yang dapat berkembang dari waktu ke waktu.Sebagian besar wanita di seluruh negara telah atau sedang mengalami osteoporosis. Bahkan di Amerika sekitar 10 juta wanita saat ini telah mengalami osteoporosis dan 34 juta wanita lainnya berisiko osteoporosis.Osteoporosis adalah jenis yang paling umum dari penyakit tulang. Osteoporosis terjadi ketika tubuh gagal untuk membentuk tulang baru yang cukup, ketika tulang tua telah terlalu banyak dihancurkan oleh tubuh.Penyebab utama osteoporosis adalah penurunan estrogen pada wanita pada saat menopause dan penurunan testosteron pada pria.Kalsium dan fosfat adalah dua mineral yang penting untuk pembentukan tulang normal. Sepanjang usia masih muda, tubuh menggunakan mineral tersebut untuk menghasilkan mineral tulang.Jika tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium atau jika tubuh tidak menyerap kalsium yang cukup, maka produksi tulang dan jaringan tulang dapat terganggu.Ketika usia semakin tua, kalsium dan fosfat dapat diserap k [...]

Membiasakan Diri untuk Olahraga Ringan di Kantor

Membiasakan Diri untuk Olahraga Ringan di Kantor

Penelitian menemukan bahwa duduk terlalu lama, seperti saat bekerja di kantor, dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga kematian dini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga ringan di kantor. Tubuh manusia tidak didesain untuk duduk 12 jam sehari. Itulah kenapa sekadar duduk saja di kantor dapat mendatangkan sakit kepala hingga nyeri punggung. Lebih jauh lagi, duduk terlalu lama berisiko berdampak kepada kemampuan tubuh untuk mengelola kadar gula darah, tekanan darah, dan memperlambat metabolisme lemak tubuh. Kurang bergerak di tempat kerja juga tidak hanya mengakibatkan kegemukan. Orang yang bertubuh kurus, tapi kurang bergerak aktif, berisiko mengalami tulang keropos akibat osteoporosis juga. Oleh karenanya banyak orang mencari cara agar dapat melakukan olahraga ringan di kantor di sela-sela rutinitas. Penelitian menemukan bahwa bahkan sekedar 15 menit gerakan tiap hari dapat berdampak sama dengan olahraga 60 menit, terutama jika Anda dapat meningkatkan intensitas gerakan. Kuncinya adalah dengan memulainya secara perlahan-lahan, sedikit dem [...]

Pentingnya Mengetahui Tingkat Kolesterol Normal

Pentingnya Mengetahui Tingkat Kolesterol Normal

Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan sirkulasi darah yang buruk. Mengetahui kadar kolesterol dalam darah merupakan upaya pencegahan dari penyakit tersebut. Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat. Namun, tingkat kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan buruknya sirkulasi darah. Pemeriksaan kolesterol dalam darah berguna untuk mendeteksi risiko tersebut. Pemeriksaan kadar kolesterol sebaiknya dilakukan berkala agar dapat memantau kondisi kesehatan secara keseluruhan. Lantas, kapan sebaiknya kita mulai melakukan pemeriksaan kadar kolesterol? Bila Anda merokok, memiliki berat badan yang berlebih, tekanan darah tinggi, mengidap diabetes dan ada keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya mulai melakukan pemeriksaan sejak usia 20 tahun. Namun, jika Anda tidak merokok dan tidak mengidap penyakit-penyakit tersebut pemeriksaan dapat dimulai sejak usia 35 tahun. Jika hasilnya normal, Anda dapat kembali menge [...]

Tanda-tanda Penuaan Kulit yang Terjadi Akibat Terlalu Banyak Makan Gula

Tanda-tanda Penuaan Kulit yang Terjadi Akibat Terlalu Banyak Makan Gula

Kulit Anda terlihat selalu kusam, timbul kerutan atau noda kecoklatan, padahal sudah menggunakan produk perawatan mahal dan terkenal berkualitas? Mungkin masalahnya bukan pada produk yang Anda gunakan, tapi pola diet yang dijalani.Cobalah perhatikan apa saja makanan yang Anda santap setiap harinya. Apakah lebih banyak karbohidrat seperti nasi, olahan dari tepung terigu, cake, roti, permen, cokelat atau makanan bergula dan berkarbohidrat tinggi lainnya? Jika ya, maka kemungkinan besar penyebab wajah Anda terlihat kusam dan menua adalah berbagai makanan tersebut.Saat Anda mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, terutama yang berjenis karbohidrat sederhana, tubuh akan mengalami proses yang dinamakan glikasi. Seperti dikutip dari Daily Mail, proses ini terjadi ketika molekul-molekul yang terbentuk akibat kadar glukosa yang berlebihan menyangkut pada kolagen. Akibatnya kolagen jadi kehilangan kemampuannya dalam menjaga elastisitas kulit.Jaringan kolagen yang tidak sempurna akan membuat kulit jadi kendur dan menipis. Alhasil, garis-garis halus dan keriput pun bermunculan lebih cepat. Kulit kendur dan menipis biasanya lebih banyak terjadi pada bagian bawah mata, karena bagian kulit [...]

Meningkatkan Kualitas EQ Bayi dengan Tidur Bersama Ibu

Meningkatkan Kualitas EQ Bayi dengan Tidur Bersama Ibu

Sebuah penelitian terbaru menganjurkan anak untuk tidur bersama ibunya sejak lahir sampai usia 4 tahun. Penelitian yang digawangi oleh Dr Nills Bergman dari University of Cape Town, Afrika Selatan mengungkakpan tentang perkembangan optimal pada otak dan jantung bayi, sehingga mengharuskan bayi yang baru lahir hingga satu minggu awal untuk tidur diatas dada sang ibu. Ia pun menganjurkan setelah seminggu, bayi sebaiknya tetap dekat dengan sang ibu hingga usia 3 bahkan 4 tahun sebagai kunci berkembangnya kecerdasan sosial dan emosional (emotional quotient; EQ) otak bayi secara sempurna. Berdasarkan observasi pada 16 bayi saat mereka tidur, terlihat perbedaan antara mereka yang tidur di tempat tidur bayi sendiri dengan yang tidur bersama sang Ibu. Perbedaan ini menunjukkan bahwa bayi yang tidur sendiri mengalami stres jantung 3 kali lebih besar. Bahkan terlihat pola tidur mereka lebih banyak terganggu saat tidur sendirian, dimana hal ini mempengaruhi perkembangan otak mereka akibat hormon stres. Dr Bergman juga mengungkapkan bahwa dengan tidur sendiri, akan mempengaruhi hubungan yang tidak baik antara ibu dan anak, dimana akan mempengaruhi perilaku yang tidak baik saat beranjak remaja [...]

Pertolongan Pertama Mencegah Bunuh Diri

Pertolongan Pertama Mencegah Bunuh Diri

Kasus bunuh diri sulit untuk dicegah karena biasanya pelaku melakukannya secara diam-diam. Kasus bunuh diri yang terjadi di Indonesia selama tahun 2012 dan 2013 masing-masing hampir mencapai 1000 kasus. Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi pada orang-orang terdekat Anda. Apa saja langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah seseorang mengakhiri hidupnya? Seseorang yang memiliki niat bunuh diri biasanya memiliki masalah dalam hidupnya. Dia seakan sudah tidak sanggup memikul beban itu sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Biasanya hal itu dipicu oleh masalah ekonomi, tidak lulus Ujian Nasional, baru berpisah dengan pasangan, ditolak dalam pergaulan, memiliki orientasi seksual yang berbeda, atau hal lainnya. Faktor lain yang bisa memicu bunuh diri berkaitan pula dengan kondisi kesehatan mental seseorang. Mereka yang memiliki gangguan bipolar, depresi berat, pengidap anoreksia nervosa, atau memiliki gangguan kepribadian berisiko lebih tinggi melakukan bunuh diri. Mereka yang merasa sudah tidak sanggup lagi hidup akan menampakkan tanda-tanda yang merujuk pada keputusasaan seperti sering membicarakan tentang kematian, mengancam ingin bunuh diri, sering menyakiti di [...]

Awas, Racun Ada di Mana-mana!

Awas, Racun Ada di Mana-mana!

Hampir semua produk perawatan (consumer product) yang tersedia ternyata mengandung bahan kimia dan pengawet. Bagaimana kita harus menyikapinya? Hampir setiap hari kita terpapar oleh risiko dari bahan-bahan kimia yang kita telan, hirup, atau oles di kulit. Hal ini mengundang perhatian para aktivis lingkungan, ilmuwan, hingga orang biasa yang khawatir dengan efek samping bahan pengawet. "Boleh dibilang semua produk perawatan mengandung bahan beracun. Kebanyakan memang dalam jumlah sangat kecil untuk menimbulkan bahaya kesehatan. Tetapi, terkadang paparan dalam jumlah sedikit juga bisa mendatangkan dampak yang besar," kata Alan Greene, MD, guru besar klinis bidang anak dari Stanford University dan penulis buku Raising Baby Green. Ironisnya, karena produk-produk tersebut dianggap aman, penggunaannya pun tak terkendali. "Setiap hari kita terpapar oleh berbagai bentuk bahan kimia, padahal kita belum tahu apa dampaknya bagi kesehatan," kata Rebecca Sutton, PhD, senior ilmuwan dari Environmental Working Group. The Center for Disease Control (CDC), lembaga pengawasan penyakit AS, saat ini tengah memonitor kadar bahan-bahan kosmetik dan produk perawatan lain dalam darah yang dilakukan secara [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *