Obat Batuk: Perlu atau Tidak?

Obat-Batuk-Perlu-atau-Tidak-Alodokter.jpg

Saat batuk, banyak orang buru-buru mengonsumsi berbagai obat batuk untuk meredakan kondisi ini. Padahal, umumnya batuk dapat reda dengan sendirinya dalam 3 minggu tanpa obat-obatan khusus.

Batuk bukanlah penyakit. Batuk sebenarnya adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi, seperti asap atau debu. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, batuk dapat menjadi gejala awal kondisi yang lebih serius.

Batukmu Tergolong yang Mana?

Penanganan batuk umumnya disesuaikan dengan penyebabnya. Mari kenali jenis batuk yang dikategorikan dari lama waktunya: batuk jangka pendek (akut) dan batuk jangka panjang (kronis). Berikut penjelasannya.

Batuk jangka pendek

Batuk jangka pendek umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut.

  • Infeksi saluran pernapasan atas yang berdampak kepada tenggorokan dan sinus, sehingga berisiko mengakibatkan pilek, flu, laringitis, sinusitis, atau batuk rejan.
  • Infeksi saluran pernapasan bawah yang menyebabkan gangguan pada paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Pneumonia dan bronkitis adalah contoh penyakitnya.
  • Alergi, seperti rinitis.
  • Paparan asap atau debu.
  • Gejala akut pada kondisi yang kronis, seperti serangan pada asma dan bronkitis kronis.

Batuk jangka pendek yang disebabkan infeksi virus dengan gejala yang tidak parah umumnya tidak memerlukan penanganan khusus.

Batuk jangka panjang

Batuk yang terjadi terus-menerus atau persisten terutama dapat disebabkan oleh hal-

hal berikut.

  • Kebiasaan merokok.
  • Asma.
  • Infeksi saluran pernapasan jangka panjang, seperti bronkitis kronis.
  • Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) atau iritasi tenggorokan akibat naiknya asam lambung.
  • Bronkiektasis: pelebaran saluran pernapasan dalam paru yang terjadi secara tidak normal.

Perlukah Obat Batuk?

Sebenarnya penggunaan obat batuk tidak selalu direkomendasikan karena belum ada cukup bukti medis yang menyatakan obat-obatan tersebut dapat meredakan batuk dan mengeluarkan dahak lebih baik dari perawatan alami di rumah (home remedies). Ada juga beberapa keterbatasan obat batuk yang jarang menjadi perhatian orang.

  • Obat batuk yang mengandung parasetamol tidak boleh dikonsumsi berlebihan dan tidak dapat dikonsumsi lagi bersamaan dengan parasetamol dari obat lain.
  • Obat batuk sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari dua minggu tanpa resep dokter.
  • Pengidap diabetes sebaiknya memeriksa kadar kandungan gula dalam obat batuk.
  • Selain tidak semua obat cocok untuk tiap orang, obat batuk dan flu yang dijual bebas di pasaran sebaiknya tidak diberikan kepada anak di bawah enam tahun. Anak usia 6-12 tahun hanya dapat mengonsumsi obat batuk bebas jika diresepkan dokter.

Di samping itu, obat-obatan ini ternyata tidak lebih efektif jika dibandingkan dengan perawatan alami yang kita dapat lakukan sendiri di rumah, yaitu:

Minum air yang cukup

Infeksi saluran pernapasan seperti flu dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan dahak yang menyebabkan batuk. Minum air yang cukup dapat membantu meredakan dahak dan menjaga tenggorokan tetap lembab.

Konsumsi minuman hangat dengan ditambahkan lemon

Konsumsi paduan air hangat, madu, dan lemon untuk menyamankan tenggorokan. Madu dan lemon relatif aman diberikan kepada anak sebagai pengobatan batuk. Meski demikian, madu hanya dapat diberikan pada balita di atas usia satu tahun.

Mandi air hangat

Uap yang keluar dari air hangat dapat membantu meredakan batuk dan membuang ingus, termasuk batuk yang berasal dari alergi.

Menjauhkan penyebab iritasi

Batuk dapat disebabkan oleh bahan tertentu yang terhirup dari udara, seperti asap rokok hingga semprotan parfum. Jauhkan diri dari bahan-bahan ini untuk menghindari batuk.

Oleskan balsam mentol

Balsam mentol tidak menyembuhkan batuk, melainkan dapat membantu melegakan tenggorokan dan meredakan hidung yang buntu karena flu.

Istirahat di rumah.

Istirahat cukup adalah kunci dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk batuk.

Tangani langsung penyebab batuk

Inti dari penanganan batuk adalah mencari penyebab dan mengobati berdasarkan penyebab tersebut. Kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Batuk yang disebabkan asma, dapat ditangani dengan steroid inhalasi. Batuk yang disebabkan infeksi bakteri dapat ditangani dengan antibiotik. Sedangkan batuk karena alergi dapat ditangani dengan menghindari sumber penyebab alergi. Sementara batuk yang diakibatkan rokok tentu bisa diredakan dengan berhenti merokok.

Jika batuk tidak kunjung reda setelah tiga minggu, segera periksakan diri ke dokter, terutama jika merasakan gejala-gejala seperti batuk yang menjadi makin parah, terdapat darah keluar bersama batuk, sesak napas, nyeri dada, berat badan turun secara tidak normal, serta adanya benjolan pada leher.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sehatkah Menjadi Vegetarian ?

Sehatkah Menjadi Vegetarian ?

Oleh: dr. Adithia Kwee Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak pula orang beralih menjadi seorang vegetarian. Seorang vegetarian adalah seseorang yang mengkonsumsi makanan terutama yang berasal dari tumbuhan seperti buah dan sayur. Namun ada beberapa vegetarian yang masih mengkonsumsi telur dan produk susu. Terdapat 4 tipe vegetarian, Lacto-ovo vegetarian yang masih mengkonsumsi telur dan produk susus tetapi tidak mengkonsumsi daging dan ikan, Lacto vegetarian yang masih mengkonsumsi produk susu tetapi tidak mengkonsumsi telur, daging, dan ikan, Ovo vegetarian yang masih mengkonsumsi telur tetapi tidak mengkonsumsi produk susu, daging, dan ikan, Vegan yang sama sekali tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti telur, produk susu, daging, dan ikan Menjadi vegetarian memang terbukti banyak manfaatnya. Menjadi vegetarian terbukti dapat memperpanjang angka harapan hidup. Selain itu, menjadi vegetarian juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit kronik seperti obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, kencing manis, darah tinggi, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan konstipasi. Namun harus diperhatikan pula, bahwa [...]

Risiko Radang Payudara Pada Implan Payudara Silikon

Risiko Radang Payudara Pada Implan Payudara Silikon

Proses implan silikon pada payudara memiliki faktor risiko. Isu utama adalah risiko pecahnya implan payudara silikon, yang antara lain akibat pembentukan jaringan parut di dalam payudara. Jika timbul rasa nyeri diikuti perubahan kontur atau bentuk payudara, maka jaringan parut yang timbul tersebut harus segera diatasi. Jaringan parut tercipta akibat dari kapsul fibrosa yang membentuk jaringan parut disekitar implan yang ditanamkan. Keadaan dapat kian parah jika terdapat kebocoran gel silikon yang dapat menyebabkan peradangan pada kapsul fibrosa. Sebagaimana keadaan deformasi dan rasa nyeri yang ditimbulkan ialah akibat lanjutan dari pembentukan jaringan parut tambahan yang ada di payudara. Bagaimanapun untuk memperkecil risiko dari proses implan payudara silikon adalah dilakukannya pemantauan payudara secara rutin ketika usia implan payudara silikon sudah menginjak tahun ketiga. Namun untuk lebih pastinya, cermatilah gejala-gejala berikut ini untuk menambah pengetahuan guna lebih preventif: Ini Dia Risiko Perbesar Payudara Namun untuk lebih pastinya, cermatilah gejala-gejala berikut ini untuk menambah pengetahuan guna lebih preventif: Dirasa terdapat sensa [...]

Wajah Kembali Muda dengan Metode PRP

Wajah Kembali Muda dengan Metode PRP

Oleh: Poppy Arifin Akhir-akhir ini sering muncul iklan dari klinik-klinik kecantikan yang marak menawarkan terapi terbaru, yakni dengan menggunakan darah yang disebut Platelet Rich Plasma (PRP). Terapi ini ditujukan mencegah terjadinya penuaan pada kulit muka. Sebenarnya apakah PRP itu?Darah terdiri dari cairan yang disebut plasma dan juga komponen kecil dan padat seperti sel darah merah, sel darah putih, dan platelet. PRP merupakan plasma darah yang kaya akan platelet, mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) dan sitokin. Kulit yang cantik, halus,mulus dan lembut di tunjang oleh adanya serat kolagen . Seiring pertambahan usia, elastisitas kolagen tersebut akan menurun sehingga kulit akan terlihat kendur dan timbul keriput. Penambahan growth factor pada kulit yang mulai menua, dapat meningkatkan pertumbuhan kulit, meningkatkan elastisitas jaringan kolagen dan memacu proses regenerasi sel. Proses pengerjaan PRP dilakukan dengan cara mengambil darah melalui intravena sebanyak 30-60ml (sesuai kebutuhan). Sampel darah yang telah dimasukkan ke dalam tabung yang kemudian disentrifugasi (diputar dengan kecepatan tinggi dalam mesin khusus), sehingga akan memisahkan pla [...]

5 Gejala Stroke

5 Gejala Stroke

Stres yang berakumulasi dapat menjuruskan tubuh yang semula sehat menjadi terpapar penyakit degeneratif. Kolesterol akibat stres dan hipertensi akibat stres merupakan dua kunci pencetus serangan stroke. Stroke dapat terjadi kapan saja, dan dimana saja. Stroke merupakan gangguan neurologis akibat tersumbatnya pembuluh darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah yang ada di otak (stroke hemoragik). Otak adalah organ yang berfungsi mengatur fungsi dari berbagai organ yang lain. Jadi ketika terjadi gangguan pada otak, akan berdampak pada fungsi organ lain. Gangguan akibat stroke dapat dibatasi dengan deteksi yang cepat dan penanganan yang tepat. Mari kita kenali berbagai gejala awal dari gangguan stroke: 5 Gejala Stroke 1. Kelemahan pada wajah, tangan atau kaki pada satu sisi tubuh. Salah satu fungsi otak adalah mengatur kekuatan otot. Bagian otak tertentu mengatur bagian tubuh yang berbeda. Apabila bagian otak tertentu terganggu maka akan menimbulkan gangguan pada bagian tubuh yang diatur oleh bagian otak tersebut. Salah satu gejala yang umum dialami oleh pasien stroke adalah kelemahan tubuh. Pasien stroke akan mengeluh bicara menjadi pelo, atau mata tid [...]

6 Zat di Produk Kecantikan Rambut yang Berbahaya bagi Kesehatan

6 Zat di Produk Kecantikan Rambut yang Berbahaya bagi Kesehatan

Setiap wanita tentunya ingin memiliki rambut yang sehat, indah dan berkilau. Penggunaan produk perawatan dan penataan rambut seperti shampo, kondisioner, serum , mousse atau hairspray pun kerap digunakan untuk mendapatkan tampilan rambut yang menarik.Namun yang perlu dicermati, beberapa produk rambut mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan. Dr. Nipun Jain, Senior Consultant in Dermatology dari Sri Balaji Action Medical Institute, New Delhi, menyarankan agar selalu membaca label pada kemasan terlebih dahulu sebelum membeli produk. Seperti dikutip dari Times of India, ini daftar zat kimia pada produk rambut yang sebaiknya dihindari.1. Isopropyl alcoholBahan pelarut ini biasa ditemukan pada produk pewarna rambut dan lotion. Jika terlalu sering terhirup bisa menyebabkan pusing, sakit kepala dan mual.2. Propylene glycolZat ini umumnya digunakan sebagai bahan dasar pada shampo dan conditioner. Propylene glycol mudah meresap ke dalam kulit dan bisa mengikis protein pada kulit. Penggunaan jangka panjang bisa membuat kulit kering dan kendur.3. Polyethylene glycolSering digunakan untuk produk-produk pembersih dan merupakan zat berbasis petroleum atau minyak t [...]

Jangan Murung, Yuk Tertawa dan Rasakan 5 Manfaatnya Ini

Jangan Murung, Yuk Tertawa dan Rasakan 5 Manfaatnya Ini

Liburan long weekend semakin menyenangkan jika dihabiskan dengan bergembira bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Tertawa bersama mereka bukan hanya bisa membuat hati tenang, tapi juga berdampak positif pada kesehatan. Saat tertawa, Anda juga bisa sekaligus berolahraga. Sebenarnya apa saja manfaat tertawa untuk kesehatan? Berikut ini uraiannya seperti dikutip dari berbagai sumber:1. Tertawa sebagai olahragaTertawa merupakan tindakan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah Anda mengalami peregangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa Anda akan benapas lebih cepat.Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akan membuat peredaran darah jauh lebih lancar.2. Meningkatkan imunTahukah Anda bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal flu. Rendahnya tingkat stres dapat memperkuat kekebalan tubuh.Sebuah studi menunjukan bahwa antibodi mampu memerangi infeksi yang ada dalam tubuh saat tertawa. Hal itu disebabkan karena kadar oksigen meningkat ketika Anda tertawa.3. Baik untuk hatiPenelitian di California, Amerika Seri [...]

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Pola Makan Manula

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Pola Makan Manula

Menjadi tua pasti akan dialami oleh semua orang. Perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh seseorang karena proses penuaan otomatis akan berdampak pada perubahan pola hidup terutama pola makan. Perubahan apa saja yang terjadi pada orang lanjut usia atau lansia? Makanan yang diperuntukkan bagi lansia harus mengandung zat gizi dari makanan yang beraneka ragam, yang terdiri dari zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur karena lansia juga membutuhkan asupan gizi seimbang. Porsi makan lansia harus diperhatikan. Jangan terlalu kenyang dalam sekali makan. Porsi makan hendaknya diatur merata dalam satu hari sehingga dapat makan lebih sering dengan porsi yang kecil. Bila terdapat kesulitan mengunyah karena gigi rusak atau gigi palsu kurang baik, maka makanan yang diberikan harus lunak/lembek atau dicincang. Lansia dianjurkan untuk banyak minum dan kurangi garam. Dengan banyak minum dapat memperlancar pengeluaran sisa makanan, dan menghindari makanan yang terlalu asin akan memperingan kerja ginjal serta mencegah kemungkinan terjadinya darah tinggi. Batasi makanan yang manis-manis atau gula, minyak dan makanan yang berlemak seperti santan, mentega dll. Hal [...]

7 Cara Cepat Menghilangkan Stres

7 Cara Cepat Menghilangkan Stres

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Stres dalam kesehatan dikenal sebagai pencetus sederet penyakit-penyakit degeneratif. Tidak sedikit bagaimana beragam penelitian mengemukakan terdapat hubungan erat antara stres dengan kolesterol, hipertensi, pola tidur, pola makan yang mengakibatkan diabetes dan lainnya. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk menjaga diri guna senantiasa terjauh dari stres. Simaklah beberapa 7 tips bebas stres berikut ini: 1. Meditasi Meditasi merupakan cara yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Ada 3 cara cepat untuk memulai meditasi yaitu: Pergilah ke tempat yang tenang dan sepi, Tutup mata Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan pikiran Anda dari tubuh. Dalam meditasi Anda, Anda dapat secara bebas memikirikan atau membayangkan segala pikiran yang nyaman termasuk yang bukan realita. Tidak ada kecemasan disini, tidak ada deadline, tidak ada tekanan atau kesakitan. Selama proses relaksasi, Anda dapat menarik harapan baru dan melepaskan segala kecemasan dan rasa takut Anda. 2. Berolahraga Olahraga memegang peran penting dalam segala elemen dalam tubuh, dari meningkatkan sirkulasi tubuh hingga memperkuat jantung. Namun olahraga juga merupakan penghilang s [...]

Tidur dan Teknologi Tidak Berbaur

Tidur dan Teknologi Tidak Berbaur

Russell Rosenberg PhD, kepala pelaksana jajak pendapat dan direktur The Atlanta School of Sleep Medicine and Techonology, menyatakan penggunaan ponsel, komputer dan video game sebelum tidur dan tengah malam ternyata telah menyita banyak sekali jatah waktu beristirahat. ?Tidur dan teknologi tidak berbaur, jajak pendapat tahun ini memusatkan perhatian pada tekonologi dan alat elektronik yang digunakan masyarakat, alat-alat yang sangat mudah ditemukan di mana-mana,? ujarnya. Pembahasan tidak berhenti dalam mengungkap pengaruh teknologi terhadap durasi tidur, jajak pendapat juga menemukan begitu banyak orang Amerika yang tidak senang dengan kualitas tidur mereka. Tercatat sepertiga orang dewasa di AS tidur kurang dari tujuh jam dalam sehari, dan fakta itu menempatkan mereka pada risiko gangguan kesehatan yang serius. Hasil dari penelitian menemukan bahwa paparan cahaya yang didapatkan orang dari layar komputer atau alat lain sebaiknya dikurangi sebelum tidur. Cahaya dapat menghambat hormon pengirim sinyal ke otak yang memerintahkan tubuh beristirahat. Hormon itu disebut melatonin. Alat Elektronik Mengganggu Istirahat Rosenberg juga mengatakan bahwa alasan lain wa [...]

Target MDGs Indonesia – Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, SpM (K)

Target MDGs Indonesia – Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, SpM (K)

Perkembangan Pencapaian Millenium Development Goals Indonesia Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millenium Development Goals, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM (K) memaparkan proses pencapaian target MDGs Indonesia dan hambatan-hambatannya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *