Obat Batuk: Perlu atau Tidak?

Obat-Batuk-Perlu-atau-Tidak-Alodokter.jpg

Saat batuk, banyak orang buru-buru mengonsumsi berbagai obat batuk untuk meredakan kondisi ini. Padahal, umumnya batuk dapat reda dengan sendirinya dalam 3 minggu tanpa obat-obatan khusus.

Batuk bukanlah penyakit. Batuk sebenarnya adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi, seperti asap atau debu. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, batuk dapat menjadi gejala awal kondisi yang lebih serius.

Batukmu Tergolong yang Mana?

Penanganan batuk umumnya disesuaikan dengan penyebabnya. Mari kenali jenis batuk yang dikategorikan dari lama waktunya: batuk jangka pendek (akut) dan batuk jangka panjang (kronis). Berikut penjelasannya.

Batuk jangka pendek

Batuk jangka pendek umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut.

  • Infeksi saluran pernapasan atas yang berdampak kepada tenggorokan dan sinus, sehingga berisiko mengakibatkan pilek, flu, laringitis, sinusitis, atau batuk rejan.
  • Infeksi saluran pernapasan bawah yang menyebabkan gangguan pada paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Pneumonia dan bronkitis adalah contoh penyakitnya.
  • Alergi, seperti rinitis.
  • Paparan asap atau debu.
  • Gejala akut pada kondisi yang kronis, seperti serangan pada asma dan bronkitis kronis.

Batuk jangka pendek yang disebabkan infeksi virus dengan gejala yang tidak parah umumnya tidak memerlukan penanganan khusus.

Batuk jangka panjang

Batuk yang terjadi terus-menerus atau persisten terutama dapat disebabkan oleh hal-

hal berikut.

  • Kebiasaan merokok.
  • Asma.
  • Infeksi saluran pernapasan jangka panjang, seperti bronkitis kronis.
  • Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) atau iritasi tenggorokan akibat naiknya asam lambung.
  • Bronkiektasis: pelebaran saluran pernapasan dalam paru yang terjadi secara tidak normal.

Perlukah Obat Batuk?

Sebenarnya penggunaan obat batuk tidak selalu direkomendasikan karena belum ada cukup bukti medis yang menyatakan obat-obatan tersebut dapat meredakan batuk dan mengeluarkan dahak lebih baik dari perawatan alami di rumah (home remedies). Ada juga beberapa keterbatasan obat batuk yang jarang menjadi perhatian orang.

  • Obat batuk yang mengandung parasetamol tidak boleh dikonsumsi berlebihan dan tidak dapat dikonsumsi lagi bersamaan dengan parasetamol dari obat lain.
  • Obat batuk sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari dua minggu tanpa resep dokter.
  • Pengidap diabetes sebaiknya memeriksa kadar kandungan gula dalam obat batuk.
  • Selain tidak semua obat cocok untuk tiap orang, obat batuk dan flu yang dijual bebas di pasaran sebaiknya tidak diberikan kepada anak di bawah enam tahun. Anak usia 6-12 tahun hanya dapat mengonsumsi obat batuk bebas jika diresepkan dokter.

Di samping itu, obat-obatan ini ternyata tidak lebih efektif jika dibandingkan dengan perawatan alami yang kita dapat lakukan sendiri di rumah, yaitu:

Minum air yang cukup

Infeksi saluran pernapasan seperti flu dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan dahak yang menyebabkan batuk. Minum air yang cukup dapat membantu meredakan dahak dan menjaga tenggorokan tetap lembab.

Konsumsi minuman hangat dengan ditambahkan lemon

Konsumsi paduan air hangat, madu, dan lemon untuk menyamankan tenggorokan. Madu dan lemon relatif aman diberikan kepada anak sebagai pengobatan batuk. Meski demikian, madu hanya dapat diberikan pada balita di atas usia satu tahun.

Mandi air hangat

Uap yang keluar dari air hangat dapat membantu meredakan batuk dan membuang ingus, termasuk batuk yang berasal dari alergi.

Menjauhkan penyebab iritasi

Batuk dapat disebabkan oleh bahan tertentu yang terhirup dari udara, seperti asap rokok hingga semprotan parfum. Jauhkan diri dari bahan-bahan ini untuk menghindari batuk.

Oleskan balsam mentol

Balsam mentol tidak menyembuhkan batuk, melainkan dapat membantu melegakan tenggorokan dan meredakan hidung yang buntu karena flu.

Istirahat di rumah.

Istirahat cukup adalah kunci dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk batuk.

Tangani langsung penyebab batuk

Inti dari penanganan batuk adalah mencari penyebab dan mengobati berdasarkan penyebab tersebut. Kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Batuk yang disebabkan asma, dapat ditangani dengan steroid inhalasi. Batuk yang disebabkan infeksi bakteri dapat ditangani dengan antibiotik. Sedangkan batuk karena alergi dapat ditangani dengan menghindari sumber penyebab alergi. Sementara batuk yang diakibatkan rokok tentu bisa diredakan dengan berhenti merokok.

Jika batuk tidak kunjung reda setelah tiga minggu, segera periksakan diri ke dokter, terutama jika merasakan gejala-gejala seperti batuk yang menjadi makin parah, terdapat darah keluar bersama batuk, sesak napas, nyeri dada, berat badan turun secara tidak normal, serta adanya benjolan pada leher.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seks

3 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seks

Perilaku seks bebas adalah faktor pemicu utama sebagai menularnya penyakit infeksi menular seks (IMS). Jika dirincikan, sesuai data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, faktor risiko penularan HIV terbanyak adalah berikut ini: Heteroseksual, yakni berkontribusi 58,7% Injecting drug users (IDU) 17,5% Penularan perinatal 2,7& Homoseksual sebanyak 2,3 persen% Lebih lanjut sebagaimana kita ketahui salah, satu konsekuensi awal dari perilaku seks bebas adalah terpapar penyakit menular seks. Infeksi Menular Seksual (IMS), dalam dunia medis diartikan sebagai semua infeksi yang ditularkan melalui aktivitas seksual, termasuk HIV/AIDS. Masalah kesehatan ini akhir-akhir ini mengkhawatirkan karena makin banyak kejadiannya, dapat menyebabkan kemandulan dan sangat mudah ditularkan lewat perilaku seksual yang tidak bertanggung jawab seperti berganti-ganti pasangan. Untuk itu pengenalan gejala menjadi sangat penting agar dapat segera mencari pertolongan medis. Infeksi Menular Seksual pada pria maupun wanita dapat dengan mudah dikenali lewat 3 gejala: 3 Gejala Tertular Penyakit Menular Seks Infeksi Menular Seksual pada pria maupun wanita dapat dengan mudah dike [...]

Ditemukan Anti Kanker Baru

Ditemukan Anti Kanker Baru

Pada pertemuan pertemuan American Society of Clinical Oncology yang berakhir Minggu (5/6) lalu telah mengemukakan beberapa obat sebagai anti kanker terbaru yang memberikan titik cerah harapan penderita kanker payudara dan kanker kulit. Eribulin Untuk Kanker Payudara Nama obat Eribulin diperkenalkan pada pertemuan tersebut sebagai obat baru untuk pengobatan kanker payudara. Obat ini ditemukan oleh tim peneliti dari Universitas Leads, Inggris. Tim peneliti menyampaikan terdapat peningkatan angka harapan hidup pada pasien yang menjalani kemoterapi dan menerima pengobatan Eribulin sebanyak dua setengah bulan lebih lama dibandingkan pasien yang hanya menjalani kemoterapi. Eribulin berasal dari bunga karang laut yang diyakini melalui riset memiliki kemampuan menghentikan sel terbelah hingga dapat menekan risiko kematian. Walau masih tengah dalam proses pengajuan perizinan hingga 30 September 2011 mendatang kepada Badan Obat dan Makanan Amerika (FDA), hingga saat ini Eribulin masih tengah diteliti lebih lanjut oleh produsen obat Eisai untuk harapan pengobatan baru kepada pasien kanker prostat dan kanker paru-paru. Vemurafenib & Ipilimumab untuk Kanker Kulit Nell Barrie dari Cancer Re [...]

Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine mengemukakan hasil sebuah penelitian dari 44.000 bayi di Amerika Serikat selama sepuluh tahun terhadap pencegahan obesitas dilihat dari berat tubuh bayi baru lahir hingga usia 24 bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa grafik pertumbuhan berat tubuh dan panjang bayi baru lahir yang digunakan dokter anak saat melakukan check up rutin, mampu menjadi acuan resiko obesitas pada bayi kemudian hari. Dalam grafik pertumbuhan ini dokter dapat menghitung persentil pertumbuhan normal pada bayi sehingga apabila bayi mengalami kenaikan lebih dari 2 persentil dalam pertumbuhan mereka sebelum berusia 2 tahun, akan meningkatkan resiko obesitas mereka pada usia 5 tahun. Bahkan mereka tetap mempunyai resiko obesitas sebanyak 75% saat berusia 10 tahun. Seperti dilansir dalam Dailymail, Elsie Taveras selaku pemimpin studi mengungkapkan bahwa hasil penelitian ini memberikan panduan spesifik dalam membantu dokter mengetahui kapan seorang bayi beresiko menjadi gemuk di kemudian hari sehingga dapat membantu membendung epidemi obesitas di tahap awal. Meskipun bayi tidak dapat diberikan terapi diet seperti or [...]

5 Tanda Utama Orang Bisa Bunuh Diri

5 Tanda Utama Orang Bisa Bunuh Diri

Sekarang ini kasus depresi meningkat tajam oleh karena himpitan beban ekonomi, masalah sosial dan banyak lagi. (Baca: CALEG Rawan Depresi & Stres) Seringkali kasus depresi tersebut dapat berujung tragis dengan bunuh diri. Ketahui tanda-tandanya berikut ini, terutama pada orang-orang tersayang Anda: Putus Asa Mereka yang terlihat putus asa dan pesimis dalam menjalani masa depan bisa jadi merupakan suatu tanda dari perilaku depresi dan beresiko untuk bunuh diri. Perasaan putus asa tersebut bila dibiarkan dapat berlanjut menjadi keinginan untuk bunuh diri. (Baca: Depresi & Bunuh Diri) Rasa percaya diri yang rendah Perasaan kurang percaya diri pastinya pernah dialami oleh para remaja dan orang dewasa. Namun ucapan seperti: "sepertinya tidak ada orang yang akan merindukan saya jika saya meninggal" atau "tidak ada lagi yang peduli dengan saya", mengindikasikan kecendrungan kuat untuk resiko bunuh diri. Jika ada orang-orang terdekat Anda yang mengalami hal ini, berikanlah dukungan atau cari bantuan medis profesional. (Baca: Begadang, Remaja Jadi Cenderung Bunuh Diri) Tanda Orang Dapat Bunuh Diri Berikut beberapa tanda lainnya orang dapat bunuh diri [...]

Hati-hati, Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Mandi Air Panas

Hati-hati, Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Mandi Air Panas

Mandi air panas dipercaya bisa membantu tubuh dan pikiran lebih relaks, terutama setelah berjibaku dengan banyaknya pekerjaan di kantor seharian. Ada pula yang mandi air panas untuk menghilangkan rasa lelah atau memang sudah jadi kebiasaan.Terlalu sering mandi air panas, sebenarnya kurang baik bagi kesehatan kulit. Ditambah lagi ada sebagian orang yang mengatur suhu airnya terlalu panas sehingga berisiko menimbulkan iritasi.Dokter spesialis kulit Sejal Shah, M.D., menyatakan bahwa temperatur air yang ideal cukup yang suam-suam kuku saja. Sejal mengatakan memang tidak ada aturan harus berapa suhu air yang digunakan untuk mandi. Tapi dermatologist yang berbabis di New York ini menyarankan, sebaiknya di bawah 43 derajat Celcius. Angka tersebut bukanlah ukuran pasti karena harus disesuaikan juga dengan kondisi kulit.Ikuti insting Anda, apabila suhu di bawah 43 derajat tetap membuat tak nyaman atau kulit berubah jadi kemerahan maka mungkin itu terlalu panas untuk Anda. Jika itu yang terjadi turunkan lagi suhu air mandi."Air panas menghilangkan minyak alami pada kulit yang memicu kekeringan, kulit gatal bahkan eczema (eksim)," jelas Sejal seperti dikutip dari Women's Health Mag.Tidak [...]

Hadir di Indonesia, Semprotan Mulut Alami Ini Diklaim Bisa Cegah Flu

Hadir di Indonesia, Semprotan Mulut Alami Ini Diklaim Bisa Cegah Flu

Penyakit flu bisa membuat Anda tidak bisa beraktivitas. Oleh karena itu, ketika sudah merasa gejala flu mulai menyerang tubuh sebaiknya segera diobati dengan minuman herbal seperti perasan lemon hangat atau obat. Di zaman yang semakin praktis, flu tak hanya bisa dicegah dengan mengonsumsi minuman racikan dan obat saja namun kini sudah ada semprotan mulut yang dapat menjadi antivirus untuk mengatasi penyakit ringan tersebut.Spartan merupakan salah satu produk mouthspray alami yang mampu mencegah flu. Mengandung bahan-bahan dasar dari alam seperti rumput laut dan ekstrak tanaman Cistus atau dikenal sebagai Pink Rock Rose, produk penyemprot mulut yang dirilis oleh perusahaan farmasi Indonesia PT Interbat itu diklaim ampuh untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit.Rumput laut yang dipilih adalah jenis Kappaphycus dan kemudian dikembangkan melalui penelitian bersama perusahaan Indonesia dan Jerman. Formulasi dari rumput laut yang telah dikembangkan itu diberi nama Alskinova."Belum ada orang Indonesia yang mengelola rumput laut segar untuk menjadi produk. Kini kita telah berhasil membuat antivirus spray," tutur Dr. Rudy Susilo, PhD, selaku Pharmacologist dan Phytochemist dari B [...]

7 Gejala Fungsi Jantung Menurun

7 Gejala Fungsi Jantung Menurun

Tentu saja kita mengetahui gejala-gejala yang dapat muncul pada penyakit jantung. Namun, ada beberapa gejala yang dapat muncul pada penderita sebelum mereka terdiagnosa penyakit jantung. Banyak penelitian yang berusaha mencari ?warning signs? yang mungkin muncul pada penderita penyakit jantung. Jonathan Goldstein, MD seorang cardiologist dari Goldstein of Saint Michael?s Medical Center di New Jersey, mengatakan bahwa jantung merupakan suatu organ otot besar yang berada di dalam tubuh, dan bila sudah mulai ada kelainan maka dapat muncul beberapa gejala. Nah, cobalah untuk membaca narasi dibawah ini, namun ini hanya merupakan penelitian, untuk kepastian tentu harus dilakukan pemeriksaan jantung oleh ahli jantung. 1. Gangguan Seksual: Mayo Clinic pernah menerbitkan studi yang meneliti pria usia 40 ? 49 yang menderita disfungsi ereksi dan menemukan bahwa pada para penderita disfungsi seksual terjadi peningkatan risiko untuk menderita penyakit jantung menjadi dua kali lipat. Pada wanita terjadi kondisi dimana susah terjadinya orgasme, kedua hal ini disebakan oleh kurangnya aliran darah ke bagian genitalia yang mungkin disebabkan oleh pengerasan arteri. 2. Mengorok: Para [...]

Kapan Anda Memerlukan Medical Check Up?

Kapan Anda Memerlukan Medical Check Up?

Medical check-up pada kebanyakan masyarakat Indonesia masih merupakan kegiatan yang mahal dan seringkali dianggap membuang-buang uang. Padahal dengan kita melakukan medical check-up secara dini dan rutin, kita dapat menghemat pengeluaran untuk biaya pengobatan di kemudian hari. Makin bertambahnya usia, banyak hal yang dapat terjadi. Jadi dengan melakukan medical check-up dini dan rutin, kita dapat mencegah hal-hal yang dapat terjadi di kemudian hari. Kapan kita mulai makukan medical check up ? Sedini mungkin kita mulai melakukan medical check-up dianjurkan terutama pada usia 35 tahun keatas, baik mempunyai keluhan ataupun tidak. Karena pada usia itu, proses penuaan mulai terjadi , tapi bukan berarti dibawah usia 35 tahun tidak perlu medical check-up, tetap diperlukan terutama bagi yang mempunyai banyak keluhan. Apa saja yang perlu diperiksa ? Setiap rumah sakit mempunyai unit-unit medical check-up, dan tiap rumah sakit mengemas pemeriksaan-pemeriksaan tersebut dalam bentuk paket?paket. Bila Anda baru pertama kali melakukan medical check-up pilihlah paket yang dapat mengetahui kondisi tubuh Anda secara keseluruhan. Dimana didalam paket tersebut terdapat pemeriksaan fis [...]

Menghalau Flu dengan Makanan Sederhana

Menghalau Flu dengan Makanan Sederhana

Sakit flu sering kali menyebabkan penderitanya menjadi tidak berselera makan. Tapi sebenarnya ada cara jitu untuk menghadapinya. Melalui asupan makanan dan minuman yang tepat, gejala flu dapat lebih mudah diatasi. Saat flu, tubuh makin membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang, termasuk vitamin dan mineral. Sebab tubuh membutuhkan energi yang banyak untuk menciptakan sel imunitas dalam jumlah besar demi melawan virus yang masuk ke tubuh. Memanfaatkan Asupan Nutrisi Meski selera makan Anda terganggu, pastikan asupan nutrisi dan cairan tubuh tetap terjaga. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan makan lebih sering, namun dalam porsi yang lebih kecil. Beberapa jenis makanan yang dapat memberikan tubuh energi ekstra guna meringankan gejala-gejala flu, antara lain: Minum air putih secukupnya untuk menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi jus buah. Minum perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit. Teh hangat yang ditambahkan dengan madu dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, sekaligus melegakan saluran pernapasan yang tersumbat. Minuman yang terbuat dari jahe dapat membantu mencegah tubuh dari dehidrasi, sekaligus meredakan mual serta [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *