Obat Batuk: Perlu atau Tidak?

Obat-Batuk-Perlu-atau-Tidak-Alodokter.jpg

Saat batuk, banyak orang buru-buru mengonsumsi berbagai obat batuk untuk meredakan kondisi ini. Padahal, umumnya batuk dapat reda dengan sendirinya dalam 3 minggu tanpa obat-obatan khusus.

Batuk bukanlah penyakit. Batuk sebenarnya adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi, seperti asap atau debu. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, batuk dapat menjadi gejala awal kondisi yang lebih serius.

Batukmu Tergolong yang Mana?

Penanganan batuk umumnya disesuaikan dengan penyebabnya. Mari kenali jenis batuk yang dikategorikan dari lama waktunya: batuk jangka pendek (akut) dan batuk jangka panjang (kronis). Berikut penjelasannya.

Batuk jangka pendek

Batuk jangka pendek umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut.

  • Infeksi saluran pernapasan atas yang berdampak kepada tenggorokan dan sinus, sehingga berisiko mengakibatkan pilek, flu, laringitis, sinusitis, atau batuk rejan.
  • Infeksi saluran pernapasan bawah yang menyebabkan gangguan pada paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Pneumonia dan bronkitis adalah contoh penyakitnya.
  • Alergi, seperti rinitis.
  • Paparan asap atau debu.
  • Gejala akut pada kondisi yang kronis, seperti serangan pada asma dan bronkitis kronis.

Batuk jangka pendek yang disebabkan infeksi virus dengan gejala yang tidak parah umumnya tidak memerlukan penanganan khusus.

Batuk jangka panjang

Batuk yang terjadi terus-menerus atau persisten terutama dapat disebabkan oleh hal-

hal berikut.

  • Kebiasaan merokok.
  • Asma.
  • Infeksi saluran pernapasan jangka panjang, seperti bronkitis kronis.
  • Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) atau iritasi tenggorokan akibat naiknya asam lambung.
  • Bronkiektasis: pelebaran saluran pernapasan dalam paru yang terjadi secara tidak normal.

Perlukah Obat Batuk?

Sebenarnya penggunaan obat batuk tidak selalu direkomendasikan karena belum ada cukup bukti medis yang menyatakan obat-obatan tersebut dapat meredakan batuk dan mengeluarkan dahak lebih baik dari perawatan alami di rumah (home remedies). Ada juga beberapa keterbatasan obat batuk yang jarang menjadi perhatian orang.

  • Obat batuk yang mengandung parasetamol tidak boleh dikonsumsi berlebihan dan tidak dapat dikonsumsi lagi bersamaan dengan parasetamol dari obat lain.
  • Obat batuk sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari dua minggu tanpa resep dokter.
  • Pengidap diabetes sebaiknya memeriksa kadar kandungan gula dalam obat batuk.
  • Selain tidak semua obat cocok untuk tiap orang, obat batuk dan flu yang dijual bebas di pasaran sebaiknya tidak diberikan kepada anak di bawah enam tahun. Anak usia 6-12 tahun hanya dapat mengonsumsi obat batuk bebas jika diresepkan dokter.

Di samping itu, obat-obatan ini ternyata tidak lebih efektif jika dibandingkan dengan perawatan alami yang kita dapat lakukan sendiri di rumah, yaitu:

Minum air yang cukup

Infeksi saluran pernapasan seperti flu dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan dahak yang menyebabkan batuk. Minum air yang cukup dapat membantu meredakan dahak dan menjaga tenggorokan tetap lembab.

Konsumsi minuman hangat dengan ditambahkan lemon

Konsumsi paduan air hangat, madu, dan lemon untuk menyamankan tenggorokan. Madu dan lemon relatif aman diberikan kepada anak sebagai pengobatan batuk. Meski demikian, madu hanya dapat diberikan pada balita di atas usia satu tahun.

Mandi air hangat

Uap yang keluar dari air hangat dapat membantu meredakan batuk dan membuang ingus, termasuk batuk yang berasal dari alergi.

Menjauhkan penyebab iritasi

Batuk dapat disebabkan oleh bahan tertentu yang terhirup dari udara, seperti asap rokok hingga semprotan parfum. Jauhkan diri dari bahan-bahan ini untuk menghindari batuk.

Oleskan balsam mentol

Balsam mentol tidak menyembuhkan batuk, melainkan dapat membantu melegakan tenggorokan dan meredakan hidung yang buntu karena flu.

Istirahat di rumah.

Istirahat cukup adalah kunci dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk batuk.

Tangani langsung penyebab batuk

Inti dari penanganan batuk adalah mencari penyebab dan mengobati berdasarkan penyebab tersebut. Kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Batuk yang disebabkan asma, dapat ditangani dengan steroid inhalasi. Batuk yang disebabkan infeksi bakteri dapat ditangani dengan antibiotik. Sedangkan batuk karena alergi dapat ditangani dengan menghindari sumber penyebab alergi. Sementara batuk yang diakibatkan rokok tentu bisa diredakan dengan berhenti merokok.

Jika batuk tidak kunjung reda setelah tiga minggu, segera periksakan diri ke dokter, terutama jika merasakan gejala-gejala seperti batuk yang menjadi makin parah, terdapat darah keluar bersama batuk, sesak napas, nyeri dada, berat badan turun secara tidak normal, serta adanya benjolan pada leher.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Histeria Konversi: Stres yang Bisa Bikin Lumpuh dan Buta

Histeria Konversi: Stres yang Bisa Bikin Lumpuh dan Buta

Setelah menghilangkan cek senilai 1 miliar rupiah di kantornya, keesokan harinya tiba-tiba Joni lumpuh dan tidak dapat berjalan. Joni panik dan bingung akan kelumpuhannya yang tiba-tiba ini. (Baca: 5 Gejala Stroke) Dalam dunia medis, terutama ilmu psikiatri, atau ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia, dikenal salah satu penyakit yang disebut histeria konversi. Dahulu lebih dikenal dengan nama histeria saja. Pada penderita histeria konversi, seseorang tidak mampu menahan beban mentalnya, atau beban pikirannya, sehingga terjadi konversi menjadi gejala fisik. (Baca: Stres Sebabkan Kebotakan) Gejala fisik ini bisa berupa kebutaan mendadak, kelumpuhan mendadak, dan beberapa gejala lain. Si penderita betul-betul merasa dirinya lumpuh atau buta, jadi penderita tidak memalsukan keadaannya, hal ini berbeda dengan koruptor yang diundang ke persidangan dan berpura-pura sakit, atau seorang pembantu rumah tangga yang berpura-pura tuli demi terhindar dari kewajibannya, kedua hal ini memiliki istilah lain, yaitu malingering. Malingering tidak sama dengan histeria konversi. Pada penderita histeria konversi, dokter tidak akan menemukan kelainan secara fisik sehingga kasus ini seringkali membingun [...]

Mitos-mitos Keliru Seputar Membersihkan Gigi dengan Mouthwash

Mitos-mitos Keliru Seputar Membersihkan Gigi dengan Mouthwash

Membersihkan gigi secara rutin setiap hari penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain rajin, cara yang dilakukan saat membersihkannya juga harus benar. Sayangnya banyak mitos seputar kesehatan gigi yang belum terbukti kebenarannya, tapi dipercaya banyak orang. Survei yang dilakukan TePe, brand produk perawatan gigi dan gusi menunjukkan masih banyak orang yang tidak memahami cara menjaga kesehatan mulut yang benar. Ada 20 persen responden yang mengaku hanya menyikat gigi satu kali sehari. Sementara anjuran dari dokter adalah dua kali sehari; pagi dan malam sebelum tidur. Salah satu mitos yang palinh sering keliru adalah cara penggunaan mouthwash atau obat kumur. Banyak orang menganggap fungsi dan kandungan di dalam setiap produk mouthwash sama. Padahal obat kumur mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Sehingga penggunaannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Beberapa produk mouthwash ada yang mengandung bahan yang mungkin tidak cocok untuk semua orang. Orang yang mengalami kekeringan pada mulut, sariawan atau gigi dan mulut sensitif sebaiknya tidak menggunakan mouthwash yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol pada mouthwash akan [...]

Kebersihan Gigi Menurunkan Resiko Pneumonia

Kebersihan Gigi Menurunkan Resiko Pneumonia

Penyakit pernapasan akibat infeksi kuman di paru-paru atau pneumonia, diperkirakan diawali oleh berkembang biaknya bakteri dan kuman yang tidak terkontrol dalam mulut sehingga kebersihan gigi dan gusi menjadi faktor penting dalam menurunkan resiko terserang pneumonia menurut hasil penelitian para ilmuwan dari Yale University, Amerika Serikat. Berdasarkan penelitian terhadap 37 pasien pneumonia selama sebulan, terlihat terjadinya perubahan komposisi bakteri dalam mulut secara siknifikan semenjak awal berkembangnya pneumonia di area pernapasan mereka. Hal ini membawa konklusi tersendiri bagi pimpinan penelitian, Dr. Samit Joshi bahwa dengan menemukan hal ini, sudah selayaknya kita dapat mencegah pneumonia dikemudian hari dengan menjaga bakteri dalam mulut, seperti dilansir dalam dailymail health (28/12). Dengan demikian penelitian yang dipresentasikan di The Infectius Disease Society of America ini mendukung hasil penelitian sebelumnya yang menghubungkan bahwa segala macam penyakit pernapasan akibat infeksi bakteri dikarenakan terhubungnya pernapasan dengan mulut dan tenggorokan yang memungkinkan masuk ke dalam paru-paru, akibat terdapatnya kerusakan pada gusi dan gigi. Bahkan sejala [...]

Minum Kopi 4 Kali Sehari, Wanita Jauh dari Depresi

Minum Kopi 4 Kali Sehari, Wanita Jauh dari Depresi

Satu lagi penelitian tentang manfaat kopi dilakukan. Kali ini peneliti di Universitas Harvard membuktikan minum kopi empat kali sehari membuat wanita terhindar dari depresi.Seperti dikutip dari Daily Mail, para peneliti di Universitas Harvard meneliti 51 ribu wanita selama 10 tahun. Mereka membandingkan berapa banyak kopi yang diminum dan risiko depresi dari para responden tersebut.Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Medicine Association itu ditemukan, kafein yang ada di kopi bekerja seperti obat anti depresi. Kafein menghentikan produksi beberapa hormon, seperti serotonin.Penelitian tersebut juga mengungkapkan, kopi bisa meningkatkan perasaan bahagia. Tak hanya itu kopi juga membantu seseorang mendapatkan energi lebih dalam jangka waktu yang cukup lama.Dalam penelitiannya, para peneliti juga menanyakan pada puluhan ribu responden itu tentang berapa kali mereka minum teh, alkohol dan makan cokelat setiap harinya. Responden juga ditanya apakah mereka olahraga atau tidak.Peneliti menemukan ternyata kopi lah yang pengaruhnya paling besar dalam menurunkan tingkat depresi responden. "Hasil penelitian kami mendukung efek protektif dari kafein yang bisa menurunk [...]

Ketika Bayi Tidak Henti-hentinya Menyusu

Ketika Bayi Tidak Henti-hentinya Menyusu

Jika Anda merasa bayi Anda selalu menyusu, ingin menempel trus dan tidak pernah kenyang janganlah khawatir, mungkin bayi Anda sedang dalam masa Growth Spurt. Growth spurt adalah percepatan pertumbuhan yang merupakan suatu fase dimana pertumbuhan bayi akan mengalami percepatan sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Apakah kondisi ini hanya terjadi pada bayi ASI? Jawabannya tidak. Kondisi ini dapat terjadi pada bayi ASI atau bayi yang minum SUFOR. Waktu ? waktu terjadi growth spurt Bayi baru lahir Bayi berusia 1 minggu, Bayi berusia 3 minggu, Bayi berusia 4- 6 minggu, Bayi berusia 3 bulan - 6 bulan. Lamanya berkisar dua sampai tiga hari. Tanda bayi mengalami growth spurt Bayi lebih sering menyusu sepanjang hari. Setiap 1 jam atau 30 menit Bayi tampak selalu haus dan tidak pernah kenyang Bayi sering bangun di malam hari dan rewel Setelah 2-3 hari bayi akan sering tidur dan tampak tenang Tips untuk ibu yang bayi nya sedang mengalami growth spurt Mengikuti kemauan bayi Ibu makan yang banyak Jangan berpikiran ASI Anda tidak cukup, karena pikiran negative akan mengganggu kerja oksitosin untuk menghasilkan ASI Jika bayi istirahat, A [...]

Olahraga untuk Atasi Nyeri Punggung Bawah

Olahraga untuk Atasi Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah merupakan salah satu masalah medis yang banyak dikeluhkan oleh orang dewasa dan merupakan penyebab terbanyak disabilitas pada usia produktif. Penyebab tersering nyeri punggung bawah adalah masalah pada otot yang menyangga tulang belakang. Olahraga sederhana dan menjaga posisi tubuh yang baik biasanya dapat membantu mengurangi nyeri punggung bawah. Meskipun, dalam beberapa kondisi membutuhkan pengobatan bahkan operasi. Tentang Nyeri Pinggang & Punggung Bawah Nyeri punggung bawah merupakan salah satu masalah medis yang banyak dikeluhkan oleh orang dewasa dan merupakan penyebab terbanyak disabilitas pada usia produktif. Penyebab tersering nyeri punggung bawah adalah masalah pada otot yang menyangga tulang belakang. Olahraga sederhana dan menjaga posisi tubuh yang baik biasanya dapat membantu mengurangi nyeri punggung bawah. Meskipun, dalam beberapa kondisi membutuhkan pengobatan bahkan operasi. Olahraga untuk Nyeri Punggung Bawah Otot punggung, perut dan kaki yang kuat dapat menyokong tulang belakang lebih baik, mengurangi tekanan pada diskus spinalis, dan mencegah cedera. Kurang olahraga akan memicu hilangnya f [...]

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Meski sebenarnya sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, namun kondisi ini sering membuat tidak nyaman dan resah. Bagaimana cara mengatasinya? Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi. Menangani Keputihan Tidak Normal Keputihan yang normal sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Yang perlu dijaga adalah agar keputihan tidak berubah menjadi tidak normal. Perubahan ini dapat disebabkan beberapa hal seperti: infeksi vaginosis bakterial, penggunaan antibiotik, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi parasit trikomoniasis, ataupun infeksi jamur. Tanda dari keputihan yang tidak normal adalah perubahan warna dan konsistensi, adanya bau, dan adanya gatal atau nyeri. Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri seperti: Kompres dingin [...]

Holistic Medical Center, Memelihara Kesehatan Mulai dari Tingkat Sel

Holistic Medical Center, Memelihara Kesehatan Mulai dari Tingkat Sel

Kesehatan tubuh seseorang secara menyeluruh datangnya dari sel. Ketika sel-sel tubuh normal dan beraktivitas dengan semestinya maka kualitas hidup akan bagus. Tapi begitu terjadi kerusakan atau ada yang tidak normal di dalam sel, efeknya seperti domino. Kerusakan itu akan merambat ke organ-organ vital, syaraf dan sistem fungsi tubuh. Hal itulah yang mendasari tujuan didirikannya Holistic Medical Centre (HMC), sebuah pusat pemeliharaan kesehatan yang berada di Bangkok, Thailand. Menargetkan kalangan kelas menengah atas dan ekspat sebagai konsumen, HMC hadir sebagai solusi untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dengan cara memonitor kondisi kesehatan, tindakan pencegahan terhadap penyakit dan meningkatkan gaya hidup yang lebih sehat."Tujuan kami mengedukasi customer bahwa memelihara kesehatan itu mudah. Setiap orang pasti ingin memberikan keluarga atau orang-orang terdekatnya yang terbaik tapi mereka tidak bisa melakukan apa-apa jika kesehatan mereka sangat buruk. Jadi kami mengedukasi bagaimana merawat dan menjaga diri mereka sendiri, sehingga mereka juga bisa mengajarkannya kepada keluarga mereka," jelas Marketing Director HMC Denjai Mukdapludthikul, saat wolipop mengu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *