Obat Batuk: Perlu atau Tidak?

Obat-Batuk-Perlu-atau-Tidak-Alodokter.jpg

Saat batuk, banyak orang buru-buru mengonsumsi berbagai obat batuk untuk meredakan kondisi ini. Padahal, umumnya batuk dapat reda dengan sendirinya dalam 3 minggu tanpa obat-obatan khusus.

Batuk bukanlah penyakit. Batuk sebenarnya adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi, seperti asap atau debu. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, batuk dapat menjadi gejala awal kondisi yang lebih serius.

Batukmu Tergolong yang Mana?

Penanganan batuk umumnya disesuaikan dengan penyebabnya. Mari kenali jenis batuk yang dikategorikan dari lama waktunya: batuk jangka pendek (akut) dan batuk jangka panjang (kronis). Berikut penjelasannya.

Batuk jangka pendek

Batuk jangka pendek umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut.

  • Infeksi saluran pernapasan atas yang berdampak kepada tenggorokan dan sinus, sehingga berisiko mengakibatkan pilek, flu, laringitis, sinusitis, atau batuk rejan.
  • Infeksi saluran pernapasan bawah yang menyebabkan gangguan pada paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Pneumonia dan bronkitis adalah contoh penyakitnya.
  • Alergi, seperti rinitis.
  • Paparan asap atau debu.
  • Gejala akut pada kondisi yang kronis, seperti serangan pada asma dan bronkitis kronis.

Batuk jangka pendek yang disebabkan infeksi virus dengan gejala yang tidak parah umumnya tidak memerlukan penanganan khusus.

Batuk jangka panjang

Batuk yang terjadi terus-menerus atau persisten terutama dapat disebabkan oleh hal-

hal berikut.

  • Kebiasaan merokok.
  • Asma.
  • Infeksi saluran pernapasan jangka panjang, seperti bronkitis kronis.
  • Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) atau iritasi tenggorokan akibat naiknya asam lambung.
  • Bronkiektasis: pelebaran saluran pernapasan dalam paru yang terjadi secara tidak normal.

Perlukah Obat Batuk?

Sebenarnya penggunaan obat batuk tidak selalu direkomendasikan karena belum ada cukup bukti medis yang menyatakan obat-obatan tersebut dapat meredakan batuk dan mengeluarkan dahak lebih baik dari perawatan alami di rumah (home remedies). Ada juga beberapa keterbatasan obat batuk yang jarang menjadi perhatian orang.

  • Obat batuk yang mengandung parasetamol tidak boleh dikonsumsi berlebihan dan tidak dapat dikonsumsi lagi bersamaan dengan parasetamol dari obat lain.
  • Obat batuk sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari dua minggu tanpa resep dokter.
  • Pengidap diabetes sebaiknya memeriksa kadar kandungan gula dalam obat batuk.
  • Selain tidak semua obat cocok untuk tiap orang, obat batuk dan flu yang dijual bebas di pasaran sebaiknya tidak diberikan kepada anak di bawah enam tahun. Anak usia 6-12 tahun hanya dapat mengonsumsi obat batuk bebas jika diresepkan dokter.

Di samping itu, obat-obatan ini ternyata tidak lebih efektif jika dibandingkan dengan perawatan alami yang kita dapat lakukan sendiri di rumah, yaitu:

Minum air yang cukup

Infeksi saluran pernapasan seperti flu dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan dahak yang menyebabkan batuk. Minum air yang cukup dapat membantu meredakan dahak dan menjaga tenggorokan tetap lembab.

Konsumsi minuman hangat dengan ditambahkan lemon

Konsumsi paduan air hangat, madu, dan lemon untuk menyamankan tenggorokan. Madu dan lemon relatif aman diberikan kepada anak sebagai pengobatan batuk. Meski demikian, madu hanya dapat diberikan pada balita di atas usia satu tahun.

Mandi air hangat

Uap yang keluar dari air hangat dapat membantu meredakan batuk dan membuang ingus, termasuk batuk yang berasal dari alergi.

Menjauhkan penyebab iritasi

Batuk dapat disebabkan oleh bahan tertentu yang terhirup dari udara, seperti asap rokok hingga semprotan parfum. Jauhkan diri dari bahan-bahan ini untuk menghindari batuk.

Oleskan balsam mentol

Balsam mentol tidak menyembuhkan batuk, melainkan dapat membantu melegakan tenggorokan dan meredakan hidung yang buntu karena flu.

Istirahat di rumah.

Istirahat cukup adalah kunci dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk batuk.

Tangani langsung penyebab batuk

Inti dari penanganan batuk adalah mencari penyebab dan mengobati berdasarkan penyebab tersebut. Kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Batuk yang disebabkan asma, dapat ditangani dengan steroid inhalasi. Batuk yang disebabkan infeksi bakteri dapat ditangani dengan antibiotik. Sedangkan batuk karena alergi dapat ditangani dengan menghindari sumber penyebab alergi. Sementara batuk yang diakibatkan rokok tentu bisa diredakan dengan berhenti merokok.

Jika batuk tidak kunjung reda setelah tiga minggu, segera periksakan diri ke dokter, terutama jika merasakan gejala-gejala seperti batuk yang menjadi makin parah, terdapat darah keluar bersama batuk, sesak napas, nyeri dada, berat badan turun secara tidak normal, serta adanya benjolan pada leher.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita Lebih Rentan Dehidrasi

Wanita Lebih Rentan Dehidrasi

Air putih adalah pelarut universal dan merupakan nutrisi utama yang mengandung semua mineral. Air merupakan zat yang paling penting bagi tubuh kita, karena 70-80 persen organ tubuh manusia terdiri dari air. Air memiliki banyak fungsi bagi tubuh, antara lain : untuk mengatur suhu tubuh sebagai pelumas sendi, melindungi organ dan jaringan tubuh, melembabkan jaringan mulut, mata dan hidung serta mencegah sembelit dan masih banyak lagi manfaatnya. Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi, yang akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh, termasuk pada tingkat kinerja, kognitif dan mood seseorang. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Lawrence Armstrong, PhD, menyimpulkan bahwa wanita lebih rentan dengan tingkat dehidrasi 1,3 persen terhadap dampak negatif dehidrasi pada kinerja, kognitif dan mood dibandingkan dengan pria. Penelitian pertama yang dilakukan oleh Lawrence Armstrong, PhD melibatkan 26 pria dan 25 wanita dewasa sehat dengan usia 20-30 tahun. Para partisipan diminta untuk melakukan treadmill sebanyak 3x40 menit pada suhu ruangan kerja dan diminta untuk menyelesaikan tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan dehidrasi sebesar 1,5per [...]

Tips Membaca Hasil Laboratorium

Tips Membaca Hasil Laboratorium

Begini situasinya: Anda baru saja direkomendasikan oleh dokter untuk melakukan pemeriksaan di laboratorium. Tapi begitu hasilnya keluar berupa print-out, bingungnya setengah mati. Jangankan untuk mengerti, untuk mengetahui satu istilah kata pun saja dalam lembaran tersebut sering juga kita dibuat pusing, yang notabene, hasil laboratorium tidak melulu dijelaskan oleh operator atau penyerah dokumen hasil lab. Padahal, akan sangat indah jika kita sudah berbekal informasi sebelum menyerahkan hasil lab ke dokter kembali. Pasalnya, akan sangat berguna setiap Anda melakukan pemeriksaan darah untuk general check-up, ataupun ketika kerabat Anda melakukan pemeriksaan darah. Namun tetap saja, berbagai parameter laboratorium dalam lembaran hasil lab mungkin terkesan asing. Namun tidak perlu khawatir, dalam artikel kali ini yuk kita kenali beberapa parameter dasar laboratorium yang cukup umum diperiksa. Bagaimana cara membaca hasil laboratorium? Klik 'next' untuk mengenali beberapa patokan membaca hasil laboratorium. 1. Cara Membaca Darah Perifer Lengkap Hemoglobin (Hb): nilai normal 14,0-16,0 g/dl. Hb yang rendah dapat menunjukkan anemia atau sel darah merah rendah. Anem [...]

7 Manfaat Citrus dan Alasan Anda Harus Konsumsi Tiap Hari

7 Manfaat Citrus dan Alasan Anda Harus Konsumsi Tiap Hari

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis atau grapefruit tidak hanya memiliki rasa yang segar dan kaya vitamin tapi juga punya banyak manfaat lainnya. Mulai dari khasiatnya untuk menjaga kesehatan hingga menambah rasa pada makanan atau minuman. Ini manfaat mengonsumsi buah citrus setiap hari, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Penambah Rasa AlamiHindari menambahkan gula, sirup atau saus botolan pada makanan/minuman Anda jika ingin hidup sehat dan tetap ramping. Sebagai gantinya, Anda bisa memakai buah citrus untuk dressing salad, bumbu daging/ikan, jus atau smoothies. Perasan lemon misalnya, bisa menambah kesegaran pada minuman teh bahkan air putih Anda.2. Rendah GulaKeluarga citrus merupakan salah satu jenis buah yang rendah kandungan fruktosa atau gulanya. Rata-rata buah yang termasuk dalam citrus diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol tingkat insulin.3. Kaya Vitamin CSemua buah citrus sudah tentu kaya Vitamin C. Seperti diketahui, vitamin ini memiliki banyak manfaat seperti anti penuaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kulit. Selain itu juga bisa membuat mood Anda jadi lebih baik dan bahkan memban [...]

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi dapat membantu menenangkan anak dan mengurangi rasa takut terhadap vaksinasi. Berikut adalah beberapa tips agar Anda tidak kesulitan untuk mengajak anak Anda melakukan vaksinasi: Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi [...]

5 Gejala Stroke

5 Gejala Stroke

Stres yang berakumulasi dapat menjuruskan tubuh yang semula sehat menjadi terpapar penyakit degeneratif. Kolesterol akibat stres dan hipertensi akibat stres merupakan dua kunci pencetus serangan stroke. Stroke dapat terjadi kapan saja, dan dimana saja. Stroke merupakan gangguan neurologis akibat tersumbatnya pembuluh darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah yang ada di otak (stroke hemoragik). Otak adalah organ yang berfungsi mengatur fungsi dari berbagai organ yang lain. Jadi ketika terjadi gangguan pada otak, akan berdampak pada fungsi organ lain. Gangguan akibat stroke dapat dibatasi dengan deteksi yang cepat dan penanganan yang tepat. Mari kita kenali berbagai gejala awal dari gangguan stroke: 5 Gejala Stroke 1. Kelemahan pada wajah, tangan atau kaki pada satu sisi tubuh. Salah satu fungsi otak adalah mengatur kekuatan otot. Bagian otak tertentu mengatur bagian tubuh yang berbeda. Apabila bagian otak tertentu terganggu maka akan menimbulkan gangguan pada bagian tubuh yang diatur oleh bagian otak tersebut. Salah satu gejala yang umum dialami oleh pasien stroke adalah kelemahan tubuh. Pasien stroke akan mengeluh bicara menjadi pelo, atau mata tid [...]

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Siapa bilang cokelat tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan maupun penampilan? Nyatanya, sebuah studi mengungkapkan bahwa cokelat ternyata lebih sehat ketimbang jus buah.Penelitian dari Hershey Centre for Health & Nutrition di Amerika mengungkapkan bahwa dark chocolate dalam bentuk bubuk mengandung lebih banyak anti-oksidan dan polifenol, yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker dan serangan jantung. Berdasarkan laporan dari jurnal Chemistry Central, cokelat juga dapat mecegah kerusakan sel-sel sehat.Dalam studi tesebut, peneliti melakukan percobaan dengan membandingkan satu porsi dark chocolate, biji cokelat dengan jus buah yang dipercaya kaya akan kandungan oksigennya seperti acai berry, cranberry dan buah pome. Hasilnya, dark chocolate dan biji cokelat memiliki kandungan anti-oksidan dan flavanol yang lebih tinggi dari pada jus buah tersebut.Anti oksidan yang terkandung di biji cokelat dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit-penyakit seperti kanker dan sakit jantung koroner. Senyawa tersebut juga bisa mencegah penuaan. Sedangkan flavanol, meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi stres pada jantung.Dengan adanya hasil peneltian ini, bukan berarti [...]

Awas, Nyeri Pada Ibu Jari Karena BlackBerry

Awas, Nyeri Pada Ibu Jari Karena BlackBerry

Apakah belakangan ini Anda sering merasakan nyeri pada ibu jari? Jika ya, mungkin saja Anda terkena penyakit baru yang sedang banyak dialami yaitu, 'BlackBerry Thumb'.Apakah yang dimaksud dengan penyakit 'BlackBerry Thumb' tersebut? Seperti yang dikutip dari Times of India, merupakan nama yang diberikan untuk cidera regangan berulang yang disebabkan oleh pemakaian ponsel berlebihan ketika mengirim email, chat atau sms."Blackberry atau PDA bisa menyebabkan tendonitis (peradangan atau iritasi dan pembengkakan pada tendon di bahu) akibat ibu jari mengetik di atas keypad yang kecil. Masalahnya adalah orang melakukan aktivitas yang sama untuk periode lama padahal tubuh tidak diciptakan untuk melakukan hal seperti itu. Penyakit ini baru bisa dirasakan setelah penggunaan smartphone jangka panjang," ujar Kristen Crowe, seorang terapis, seperti yang dikutip dari usnews.Margot Miller, presiden dari American Physical Therapy Association's Occupational Health Special Interest Group menambahkan, "Karena keypad smartphone sangat kecil dan ibu jari merupakan jari yang yang paling cekatan lalu ditambah dengan kebiasaan mengirim pesan. Maka itulah yang menyebabkan cidera."Gejala 'BlackBerry Thum [...]

Rasakan Manfaat Buah Kiwi Setelah 14 Hari Mengonsumsinya

Rasakan Manfaat Buah Kiwi Setelah 14 Hari Mengonsumsinya

Menurut riset, sebanyak 93,6 persen penduduk Indonesia dengan usia lebih dari 10 tahun kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Padahal buah-buahan memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kesehatan tubuh. Hal itu dipaparkan oleh pakar gizi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, Sp.GK.Kiwi, merupakan salah satu dari buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Dokter yang tergabung dalam Pengurus PDGKI (Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia) itu juga menjelaskan, buah kiwi mengandung vitamin dan serat yang tinggi sehingga bisa memperlancar saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mencegah lingkar pinggang membesar."Wanita yang ingin langsing makan serat yang banyak karena serat dari buah itu kalorinya tidak tinggi. Dalam buah kiwi tidak hanya serat tapi juga memiliki vitamin C yang dua kali lebih tinggi daripada jeruk dan vitamin E yang lima kali lebih tinggi dibanding apel makanya bagus buat tubuh," tutur Fiastuti saat workshop Zespri Kiwifruit di Club House, Ecopark Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Selasa (30/4/2013).Oleh karena itu, perusahaan kiwi asal New Zealand, Zespri, ingin mengajak masyarakat Indonesia makan buah secar [...]

7 Tips Menjaga Kesuburan

7 Tips Menjaga Kesuburan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Usia merupakan faktor penting bila akan membahas mengenai kehamilan, terutama bagi wanita, namun ada beberapa hal yang Anda dapat lakukan untuk menjaga ferilitas Anda. Dibawah ini merupakan 7 tips menjaga kesuburan yang diberikan oleh Profesor William Ledger seorang profesor ahli kandungan dari University of Sheffield. 1. Usia dan Fertilitas Usia memang sangat penting dalam membahas kesuburan. Di jaman sekarang banyak yang menunda kehamilan, namun sebenarnya fertilitas menurun dengan meningkatnya usia. Pria dan wanita sangat subur pada usia 20 tahun-an. Terutama pada wanita, kesuburan akan menurun saat usia meningkat, dan menurun cepat setelah usia 35 tahun. Penyebabnya ada banyak, namun penyebab paling sering adalah kualitas dari telur yang dikeluarkan oleh indung telur. Kesuburan pria juga menurun dengan menambahnya usia terutama di usia 40 tahun namun banyak pria yang masih dapat memiliki anak diatas usia 50 tahun. 2. Hindari PMS (Penyakit Menular Seksual) Penyakit menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhea dapat merusak tuba falopi seorang wanita, yang mengakibatkan sulit menjadi hamil. 3. Hindari merokok Wanita yang merokok 20 batang sehari [...]

Mendeteksi Kelainan Kromosom pada Bayi dalam Kandungan

Mendeteksi Kelainan Kromosom pada Bayi dalam Kandungan

Tes deteksi kelainan kromosom pada bayi dapat membantu orangtua menyiapkan penanganan tepat secara lebih dini. Meski bagaimanapun Anda berusaha menjaga calon bayi di dalam kandungan tetap sehat, nyatanya tetap ada hal-hal di luar kendali yang dapat terjadi. Salah satunya adalah kelainan kromosom yang dapat mengakibatkan penyakit-penyakit tertentu. Apa Itu Kelainan Kromosom? Kromosom adalah struktur yang mengandung unsur-unsur genetika manusia. Kromosom diwariskan oleh sperma dan sel telur orangtua kepada bayi mereka. Tiap manusia dalam kondisi normal memiliki 46 kromosom, tapi ada kalanya terjadi situasi ketika bayi menerima kromosom dalam jumlah yang lebih banyak atau lebih sedikit. Misalnya pada anak dengan sindrom Down yang memiliki 47 kromosom. Risiko terjadinya kelainan pada genetika bayi makin meningkat seiring bertambahnya usia ibu hamil. Kelainan kromosom juga telah menyebabkan setidaknya 50 persen keguguran di masa awal kehamilan. Memeriksakan kehamilan sejak dini dengan tes-tes tertentu dapat membantu mendeteksi kelainan tersebut. Tes Diagnosis Tes diagnosis yang didahului dengan pemeriksaan awal pada umumnya dapat dilakukan di usia kehamilan 11-20 minggu. Dengan menget [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *