Obat Batuk: Perlu atau Tidak?

Obat-Batuk-Perlu-atau-Tidak-Alodokter.jpg

Saat batuk, banyak orang buru-buru mengonsumsi berbagai obat batuk untuk meredakan kondisi ini. Padahal, umumnya batuk dapat reda dengan sendirinya dalam 3 minggu tanpa obat-obatan khusus.

Batuk bukanlah penyakit. Batuk sebenarnya adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi, seperti asap atau debu. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, batuk dapat menjadi gejala awal kondisi yang lebih serius.

Batukmu Tergolong yang Mana?

Penanganan batuk umumnya disesuaikan dengan penyebabnya. Mari kenali jenis batuk yang dikategorikan dari lama waktunya: batuk jangka pendek (akut) dan batuk jangka panjang (kronis). Berikut penjelasannya.

Batuk jangka pendek

Batuk jangka pendek umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut.

  • Infeksi saluran pernapasan atas yang berdampak kepada tenggorokan dan sinus, sehingga berisiko mengakibatkan pilek, flu, laringitis, sinusitis, atau batuk rejan.
  • Infeksi saluran pernapasan bawah yang menyebabkan gangguan pada paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Pneumonia dan bronkitis adalah contoh penyakitnya.
  • Alergi, seperti rinitis.
  • Paparan asap atau debu.
  • Gejala akut pada kondisi yang kronis, seperti serangan pada asma dan bronkitis kronis.

Batuk jangka pendek yang disebabkan infeksi virus dengan gejala yang tidak parah umumnya tidak memerlukan penanganan khusus.

Batuk jangka panjang

Batuk yang terjadi terus-menerus atau persisten terutama dapat disebabkan oleh hal-

hal berikut.

  • Kebiasaan merokok.
  • Asma.
  • Infeksi saluran pernapasan jangka panjang, seperti bronkitis kronis.
  • Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) atau iritasi tenggorokan akibat naiknya asam lambung.
  • Bronkiektasis: pelebaran saluran pernapasan dalam paru yang terjadi secara tidak normal.

Perlukah Obat Batuk?

Sebenarnya penggunaan obat batuk tidak selalu direkomendasikan karena belum ada cukup bukti medis yang menyatakan obat-obatan tersebut dapat meredakan batuk dan mengeluarkan dahak lebih baik dari perawatan alami di rumah (home remedies). Ada juga beberapa keterbatasan obat batuk yang jarang menjadi perhatian orang.

  • Obat batuk yang mengandung parasetamol tidak boleh dikonsumsi berlebihan dan tidak dapat dikonsumsi lagi bersamaan dengan parasetamol dari obat lain.
  • Obat batuk sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari dua minggu tanpa resep dokter.
  • Pengidap diabetes sebaiknya memeriksa kadar kandungan gula dalam obat batuk.
  • Selain tidak semua obat cocok untuk tiap orang, obat batuk dan flu yang dijual bebas di pasaran sebaiknya tidak diberikan kepada anak di bawah enam tahun. Anak usia 6-12 tahun hanya dapat mengonsumsi obat batuk bebas jika diresepkan dokter.

Di samping itu, obat-obatan ini ternyata tidak lebih efektif jika dibandingkan dengan perawatan alami yang kita dapat lakukan sendiri di rumah, yaitu:

Minum air yang cukup

Infeksi saluran pernapasan seperti flu dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan dahak yang menyebabkan batuk. Minum air yang cukup dapat membantu meredakan dahak dan menjaga tenggorokan tetap lembab.

Konsumsi minuman hangat dengan ditambahkan lemon

Konsumsi paduan air hangat, madu, dan lemon untuk menyamankan tenggorokan. Madu dan lemon relatif aman diberikan kepada anak sebagai pengobatan batuk. Meski demikian, madu hanya dapat diberikan pada balita di atas usia satu tahun.

Mandi air hangat

Uap yang keluar dari air hangat dapat membantu meredakan batuk dan membuang ingus, termasuk batuk yang berasal dari alergi.

Menjauhkan penyebab iritasi

Batuk dapat disebabkan oleh bahan tertentu yang terhirup dari udara, seperti asap rokok hingga semprotan parfum. Jauhkan diri dari bahan-bahan ini untuk menghindari batuk.

Oleskan balsam mentol

Balsam mentol tidak menyembuhkan batuk, melainkan dapat membantu melegakan tenggorokan dan meredakan hidung yang buntu karena flu.

Istirahat di rumah.

Istirahat cukup adalah kunci dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk batuk.

Tangani langsung penyebab batuk

Inti dari penanganan batuk adalah mencari penyebab dan mengobati berdasarkan penyebab tersebut. Kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Batuk yang disebabkan asma, dapat ditangani dengan steroid inhalasi. Batuk yang disebabkan infeksi bakteri dapat ditangani dengan antibiotik. Sedangkan batuk karena alergi dapat ditangani dengan menghindari sumber penyebab alergi. Sementara batuk yang diakibatkan rokok tentu bisa diredakan dengan berhenti merokok.

Jika batuk tidak kunjung reda setelah tiga minggu, segera periksakan diri ke dokter, terutama jika merasakan gejala-gejala seperti batuk yang menjadi makin parah, terdapat darah keluar bersama batuk, sesak napas, nyeri dada, berat badan turun secara tidak normal, serta adanya benjolan pada leher.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Sebabnya Kenapa Minuman Bersoda Tidak Sehat

Inilah Sebabnya Kenapa Minuman Bersoda Tidak Sehat

Sebabnya adalah konsumsi minuman ringan yang mengandung soda dan gula tentunya menambah asupan kalori bagi tubuh. Kalori berlebih pada tubuh akan menjadi timbunan lemak di tubuh. Jika demikian terbiasa minum minuman bersoda, akumulasi lemak akan sering menimbun dan menyebabkan kegemukan (obesitas). Sebagaimana kita ketahui bersama, obesitas juga merupakan biang kerok masalah kesehatan lebih luas. Dari penyakit jantung, hipertensi, diabetes, stroke dan penyakit degeneratif lainnya. Apa saja bahayanya minum minuman bersoda? Simak penjelasan poteni penyakit-penyakitnya sebagai berikut. Diabetes Mellitus Beberapa jurnal kedokteran menyatakan bahwa pengkonsumsi minuman manis bersoda memiliki potensi dua kali lebih besaruntuk terkena diabetes mellitus tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kebiasaan ini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Framingham Heart Study, pria dan wanita yang mengkonsumsi satu atau lebih minuman bersoda setiap hari, akan memiliki peningkatan potensi gangguan metabolisme gula darah sebesar 25% dan sindroma metabolic sebesar 50%. Penyakit Jantung Penggemar minuman bersoda cenderung memiliki berat badan b [...]

Serba-serbi Menarik Tentang Deodoran yang Belum Tentu Anda Tahu

Serba-serbi Menarik Tentang Deodoran yang Belum Tentu Anda Tahu

Semua manusia berkeringat dan berpotensi memiliki bau badan tak sedap. Untuk mencegahnya, deodoran atau antiperspiran menjadi andalan agar bau badan tidak 'menyerbak' dan mengganggu orang sekitar. Meskipun dipakai hampir semua orang, mungkin hanya sedikit yang tahu serba-serbi soal deodoran. Berikut ini kami rangkum fakta-fakta menarik tentang deodoran yang belum tentu Anda tahu.1. Deodoran Sudah Dikenal Sejak Zaman Mesir KunoKerajaan Mesir Kuno menemukan metode mandi dengan wewangian dan kerap menggosokkan parfum ke ketiak mereka. Dikutip dari Huffington Post, deodoran bermerek pertama di dunia diciptakan pada 1888 dan diberi nama Mum.2. Deodoran Membunuh BakteriBau badan sebenarnya bukan berasal dari keringat manusia. Bahkan keringat yang keluar hampir tidak berbau. Faktor yang membuat bau badan tidak sedap adalah bakteri yang bereaksi dengan keringat pada kulit. Fungsi deodoran adalah membunuh bakteri penyebab bau badan.3. Antiperspiran Tidak Menghentikan Keluarnya KeringatSaat memakai deodoran berlabel antiperspiran, ketiak tidak akan basah dalam waktu lama. Hal itu terjadi bukan karena produksi keringat berhenti tapi kandungan aluminum di dalam antiperspiran yang mengurangi [...]

7 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

7 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak. Namun, tidak hanya aromanya yang menggoda, ternyata kayu manis juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Seperti yang dilansir Care2, berikut tujuh manfaat kayu manis bagi kesehatan :1. Mengontrol Gula DarahSejumlah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis ternyata dapat mengatur kadar gula darah sehingga kayu manis merupakan makanan yang tepat untuk para penderita diabetes dan hypoglycemic. Kayu manis juga dapat menstabilkan suasana hati dan energi dalam tubuh.2. Mengurangi Kadar Kolesterol JahatKayu manis dapat mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL). Selama ini, LDL dikenal berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan obesitas. Dengan mengonsumsi kayu manis, Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.3. Anti InfeksiKayu manis memiliki komponen anti-infeksi yang natural. Dalam beberapa penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan beberapa jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.4. Meringankan Sakit pad [...]

Benarkah Vitamin E Dapat Mencerahkan Kulit?

Benarkah Vitamin E Dapat Mencerahkan Kulit?

Vitamin E merupakan antioksidan larut lemak yang paling banyak ditemukan pada kulit manusia. Pada kulit, kadar vitamin E di lapisan epidermis lebih tinggi dari lapisan dermis. Karena sifatnya yang larut lemak, vitamin E dapat menembus ke semua lapisan kulit dan ikut menjaga kelembaban kulit. Vitamin E terakumulasi dalam kelenjar sebasea, kemudian diteruskan ke permukaan kulit melalui sebum. Oleh karena itu, kadar vitamin E lebih tinggi pada individu yang memproduksi sebum lebih banyak, misalnya pada jenis kulit berminyak. Kadar vitamin E pada kulit dapat berkurang. Salah satunya akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari, yang menurunkan jumlah vitamin E pada lapisan terluar kulit. Faktor lainnya adalah usia. Semakin bertambah usia seseorang, konsentrasi vitamin E dalam epidermis ikut menurun. Peran utama vitamin E pada kulit adalah sifat antioksidannya yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Molekul dalam vitamin E dapat menyerap cahaya spektrum UVB, namun efek tabir surya dari vitamin E dianggap terbatas karena tidak dapat menyerap sinar UVA (cahaya dalam panjang gelombang yang lebih tinggi dari sinar UVB). Dengan demikian, efek protektif utama dari vitamin E adal [...]

Mendeteksi Kelainan Kromosom pada Bayi dalam Kandungan

Mendeteksi Kelainan Kromosom pada Bayi dalam Kandungan

Tes deteksi kelainan kromosom pada bayi dapat membantu orangtua menyiapkan penanganan tepat secara lebih dini. Meski bagaimanapun Anda berusaha menjaga calon bayi di dalam kandungan tetap sehat, nyatanya tetap ada hal-hal di luar kendali yang dapat terjadi. Salah satunya adalah kelainan kromosom yang dapat mengakibatkan penyakit-penyakit tertentu. Apa Itu Kelainan Kromosom? Kromosom adalah struktur yang mengandung unsur-unsur genetika manusia. Kromosom diwariskan oleh sperma dan sel telur orangtua kepada bayi mereka. Tiap manusia dalam kondisi normal memiliki 46 kromosom, tapi ada kalanya terjadi situasi ketika bayi menerima kromosom dalam jumlah yang lebih banyak atau lebih sedikit. Misalnya pada anak dengan sindrom Down yang memiliki 47 kromosom. Risiko terjadinya kelainan pada genetika bayi makin meningkat seiring bertambahnya usia ibu hamil. Kelainan kromosom juga telah menyebabkan setidaknya 50 persen keguguran di masa awal kehamilan. Memeriksakan kehamilan sejak dini dengan tes-tes tertentu dapat membantu mendeteksi kelainan tersebut. Tes Diagnosis Tes diagnosis yang didahului dengan pemeriksaan awal pada umumnya dapat dilakukan di usia kehamilan 11-20 minggu. Dengan menget [...]

Mengenal Infeksi Chlamydia

Mengenal Infeksi Chlamydia

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Chlamydia merupakan salah satu infeksi menular seksual yang paling umum ditemukan yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini biasanya ditularkan melalui aktivitas seksual. Seorang perempuan memiliki risiko tertular sebesar 25% saat berhubungan intim dengan laki-laki yang terinfeksi. Bakteri Chlamydia menginfeksi sel epitel yang berbentuk kolom sehingga remaja perempuan memiliki risiko tinggi tertular karena adanya daerah peralihan squamocolumnar pada serviks bagian luar hingga menginjak usia dewasa. Infeksi ini dapat menyebar karena tidak sering tidak menimbulkan gejala sehingga dapat mudah ditularkan. Faktanya, sekitar 75% perempuan dan 50% laki-laki mengalami infeksi chlamydia namun tidak menunjukkan gejala. Bila ada, gejala umumnya terdapat pada satu hingga minggu pertama setelah kontak. Infeksi alat kelamin merupakan gambaran klinis yang paling sering timbul. Sekitar 40% perempuan dan 20% laki-laki memiliki infeksi chlamydia yang disertai infeksi gonorea. Di bawah ini adalah gejala-gejala yang dapat timbul pada infeksi chlamydia: Gejala chlamydia pada perempuan: Keputihan yang berbau Perdarahan atau flek di luar waktu haid [...]

Ini Dia Bahayanya Pil Jamu ‘Aborsi’

Ini Dia Bahayanya Pil Jamu ‘Aborsi’

Ada begitu banyak kehamilan yang tidak diinginkan terjadi di sekitar kita dan seringkali kehamilan tersebut berusaha untuk diakhiri dengan usaha-usaha pribadi yang berbahaya seperti misalnya dengan mengkonsumsi jamu peluruh kandungan. Bahan-bahan yang banyak beredar luas adalah jamu peluruh atau obat-obatan yang tidak diketahui bahan aktifnya atau bahkan obat-obatan yang sudah diketahui memang dapat menyebabkan pengeluaran calon bayi dalam kandungan dan kemudian diramu dalam bentuk jamu dan disalahgunakan. Pengunaan bahan-bahan ini bukan hanya dapat mematikan calon bayi di dalam kandungan namun juga dapat membahayakan kesehatan sang Ibu. Salah satu obat yang sering digunakan untuk menggugurkan kandungan adalah misoprostol. Obat ini sering disalahgunakan dan dipakai untuk menggugurkan kehamilan yang tidak diinginkan. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa obat ini dapat membahayakan wanita yang mengkonsumsinya juga. Gejala-gejala Keguguran Metode pengguguran kandungan ini menyebabkan gejala yang mirip dengan keguguran alami, seperti kram yang berat dan perdarahan vagina yang terjadi bersamaan dengan keluarnya jaringan dan darah yang menggumpal keluar dar [...]

Risiko Penyakit Serius di Balik Kulit Gatal

Risiko Penyakit Serius di Balik Kulit Gatal

Kulit gatal atau pruritus adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Namun jika terjadi dalam waktu lama dan diiringi gejala lain, kondisi tersebut dapat menjadi indikasi penyakit yang lebih serius seperti gangguan ginjal. Gatal dapat terasa pada area tertentu atau seluruh tubuh. Kulit kemerahan atau ruam adalah gejala yang sering mengiringi rasa gatal. Pada umumnya kondisi ini dapat reda dengan sendirinya, atau hilang setelah ditangani dengan obat-obatan bebas. Namun ada kalanya, gatal tidak kunjung reda dan berisiko menjadi gejala awal adanya kondisi yang lebih serius. Faktor di Balik Gatal Mengenali penyebab gatal penting untuk menentukan langkah penanganan. Selain gigitan serangga yang menjadi penyebab gatal paling umum, ada banyak hal lain yang dapat menjadi pemicu gatal, yaitu: Penyakit atau kondisi kulit tertentu, seperti eksim, kudis, psoriasis, folikulitis, prurigo. Rasa gatal umumnya muncul pada area kulit tertentu seperti iritasi kulit, kulit merah, hingga bintik merah. Kulit kering (xerosis) dapat diduga menjadi penyebab rasa gatal. Kondisi ini biasanya teridentifikasi jika tidak ada bintik merah atau perubahan lain yang tampak pada permukaan kulit. Kulit kering umumn [...]

Mengenal Usus Turun dan Pencegahannya

Mengenal Usus Turun dan Pencegahannya

Usus turun atau hernia disebabkan oleh kombinasi dari tekanan dan melemahnya otot. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kondisi ini. Usus turun bisa terjadi apabila usus menekan bagian otot atau jaringan ikat yang lemah di sekitarnya. Hernia bisa termasuk penyakit bawaan dari lahir atau berkembang di kemudian hari, khususnya pada anak-anak dengan dinding perut lemah. Risiko usus turun meningkat seiring bertambahnya usia seseorang dan lebih sering menjangkiti kaum pria daripada wanita. Pencegahan Usus Turun Usus turun kebanyakan tidak bisa dicegah, terutama pada bayi dan anak-anak. Namun, tekanan pada dinding perut pada orang dewasa bisa dikurangi guna mencegah usus turun atau hernia menjadi lebih parah. Bagaimana caranya? Anda disarankan mengikuti praktik gaya hidup sehat seperti ini: Melakukan olahraga untuk memperkuat otot-otot perut. Menurunkan berat badan jika Anda memiliki kelebihan berat badan atau mengalami Kelebihan berat badan menyebabkan tekanan perut yang lebih besar dan meningkatkan risiko usus turun. Berat badan yang sehat dapat dicapai dengan menjalankan pola makan sehat dan olahraga. Disarankan untuk berdiskusi dengan dokter terleb [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *