Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

mentjos-3-130910.jpg

Kebanyakan masyarakat menganggap obat herbal dalam bentuk jamu, jamu godokan, atau kapsul racikan bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Tak sedikit pula yang menganggap obat herbal lebih aman dibanding obat berbahan kimia sintetik.

“Tidak benar bila dikatakan obat herbal 100 persen aman. Tapi, `relatif` aman dibanding obat kimia,” kata Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Ariyanto Jonosewojo, Sp.PD dalam acara ‘The 1st Health Natural Wellnes Symposium’ di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)

Maksudnya, khasiatnya tergantung dari jenis obat herbal yang dikonsumsi. “Kalau isolat atau zat aktif dari obat herbal ini diambil, maka efeknya sama seperti obat-obat kimia,” kata dia menambahkan.

Berbicara soal obat, apa pun jenisnya, sudah pasti semua itu memiliki efek samping. Dan pasien harus ingat, kalau satu jenis obat, ada yang cocok untuk orang tertentu tapi belum tentu cocok untuk pasien lainnya.

Misalnya, dalam pemberian metformin pada penyandang diabetes. Memang, metformin merupakan obat diabetes. Hanya, tidak semua cocok untuk mengonsumsinya.

“Pasien A memang diabetes, maka bisa diberi obat ini. Lalu pasien B, yang terkena diabetes dengan gangguan ginjal dan pasien C diabetes dengan gangguan vaskular, maka tidak akan cocok diberikan obat ini,” kata dia menerangkan.

Dalam pemakain obat herbal pun seperti itu. Misalnya, bawang putih. Menurut Arijanto, bawang putih berguna untuk menurunkan gula darah, kolesterol, lemak, dan mengencerkan lemak. Selagi kita tidak punya masalah kesehatan lainnya, maka sangat bagus.

“Tapi harus diingat, kalau kita sering memakai bawang putih dan ke dokter gigi mau cabut gigi, ada baiknya pasien memberitahu hal tersebut. Karena, kalau kita tidak memberitahu, maka pendarahan tidak akan berhenti-henti, dan waktu pembekuan darah akan lama,” kata Arijanto.

Maka itu, saat ini dokter gigi sering bertanya pada pasien apakah pasien menggunakan obat herbal atau tidak. Biar penanganannya lebih tepat.

Contoh lain, misalnya temulawak. Bukan tidak mungkin konsumsi temulawak selalu aman seberapa pun banyaknya. Tidak semua pasien dapat mengonsumsi temulawak dengan dosis tinggi, terlebih pasien yang mengalami kondisi tertentu seperti penderita batu ginjal.

Maka itu, aman atau tidaknya obat herbal ini, tergantung dari masing-masing pasien (individual). Karena, bisa saja pada pasien A aman, pada pasien B tidak aman.

“Tapi, dosis yang terkandung pada obat herbal tidak sebesar obat kimia. Cuma saya katakan walaupun natural, bukan berarti 100 persen aman,” kata dia menekankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Resep Antimual bagi Wanita Hamil

Resep Antimual bagi Wanita Hamil

Mual yang dialami wanita hamil pada trimester pertama memang mengganggu. Apalagi jika rasa itumual muncul saat tengah berada di tempat umum atau keramaian.Untuk mencegah mual saat hamil, Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB memberikan tips mudah yang bisa dilakukan ibu hamil."Cuci jahe dan keprok hingga keluar minyak atisiri di dalamnya. Campur jahe dengan air hangat dan ditambah madu. Biarkan selama beberapa saat dan minum," kata Abrijanto saat ditemui di Demang resto, ditulis Jumat (11/7/2014).Cara ini, kata Abrijanto efektif untuk menghilangkan rasa mual. Dan semua orang boleh mencobanya bukan hanya ibu hamil. "Resep ini juga sering dibuat wanita hamil di Jerman," katanya. [...]

Jamur Cordyceps, Mengatasi Gangguan Napas Hingga Impotensi

Jamur Cordyceps, Mengatasi Gangguan Napas Hingga Impotensi

China sangat dikenal dengan pengobatan herbalnya. Berbagai jenis pengobatan lahir di sana. Salah satu tumbuhan yang bermanfaat untuk pengobatan itu adalah cordyceps. Cordyceps (juga disebut dengan Cordyceps sinensis) merupakan jamur yang tumbuh liar di daerah Barat Daya Cina. Dalam bahasa China, tumbuhan tersebut dinamakan Dong Chong Yia Cao atau winter warm summer grass, yang berarti herbal musim dingin dengan kehangatan musim panas. Cordyceps merupakan herbal yang sering digunakan pada pengobatan Cina. Tumbuhan tersebut umumnya ditemukan pada ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut di Cina, Tibet, dan Nepal. Namun, cordyceps liar yang berasal dari Tibet yang disebut-sebut sebagai tumbuhan terbaik. Mengandung Nukleotida Secara umum, jamur yang diambil dan dimanfaatkan biasanya dikumpulkan dari jamur liar. Beberapa literatur menunjukkan bahwa cordyceps liar sangat kaya akan beberapa komponen penting. Namun, kandungan aktif tersebut justru berbeda pada cordyceps yang telah dibudidayakan. Karena itu, cordyceps dibiarkan tumbuh secara liar dan tidak dibudidayakan seperti jamur atau tanaman obat lainnya. Karena liar dan jumlah yang sangat jarang serta sulit ditemukan membu [...]

5 Makanan yang Pas untuk yang Sedang Kemoterapi

5 Makanan yang Pas untuk yang Sedang Kemoterapi

Asupan makanan selama menjalani kemoterapi bermanfaat untuk mencegah pasien terhindar dari rasa mual dan lelah berkepanjangan. Kemoterapi adalah suatu upaya untuk membunuh sel-sel kanker dengan mengganggu fungsi reproduksi sel. Kemoterapi merupakan cara pengobatan kanker dengan cara memberikan zat atau obat yang memiliki khasiat membunuh sel kanker.Di bawah ini terdapat sejumlah makanan sehat yang harus dikonsumsi selama melakukan kemoterapi, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (30/9/2014) : TelurMakanan kaya vitamin B dan protein akan membuat pasien kemoterapi menjadi lebih sehat. Kandungan selenium pada telur membantu mengurangi efek setelah kemoterapi. Selain itu, kuning telur mengandung vitamin D dan E, yang dapat membantu melindungi tubuh dari racun akibat obat dari kanker. JaheJahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi mual dan muntah yang disebabkan kemoterapi. Untuk itu, tambahkan jahe ke dalam makanan yang disantap atau ke dalam secangkir teh yang diminum setiap hari. SayuranKale, bayam, selada, merupakan sumber zat besi yang baik, dan mengandung vitamin A, E, dan K. Nutrisi ini membantu sel-sel darah merah yang membuat hemoglobin dan mengedar [...]

Obati Jerawat dengan Obat Herbal Ini

Obati Jerawat dengan Obat Herbal Ini

Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit. Selain membuat kita kurang percaya diri, jerawat juga membuat kita tidak nyaman. Untuk mengobati jerawat itu banyak yang melakukan perawatan wajah yang cukup mahal. Padahal, kita memiliki obat herbal yang bisa menjadi obat jerawat ampuh, aloe vera. Cara mengolah aloe vera sendiri cukup mudah seperti dikutip the Self Sufficient Living, Kamis (9/10/2014). Pertama, Anda hanya perlu untuk untuk memotong daun dari bawah dan tunggu cairan kuning yang keluar hingga selesai. Setelah itu, cuci daun dan potong seluruh kulit daun sehingga hanya menyisakan gel lidah buayanya saja. Hancurkan gel tersebut dan campur dengan beberapa tetes lemon. Gel tersebut kemudian siap untuk dioleskan ke seluruh bagian wajah anda. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Masker wajah alami yang masih ada dapat Anda simpan di kulkas untuk perawatan selanjutnya. Bagaimana, mudah bukan menjadikan obat herbal aloe vera sebagai obat jerawat? Sepertinya Anda tidak sabar untuk mencobanya, ya. [...]

Kedokteran China Kuno Juga Ilmiah

Kedokteran China Kuno Juga Ilmiah

Para ilmuwan China sendiri terus melakukan riset, sehingga melahirkan obat-obatan berbahan alami dengan kombinasi baru untuk mengatasi berbagai penyakit ringan, semisal gangguan lambung hingga penyakit berat dan menakutkan seperti kanker dan gangguan pembuluh darah, termasuk stroke. Sebelum sebuah obat tradisional dipasarkan, para ilmuwan China juga melakukan percobaan untuk menemukan efektivitas obat dan menentukan dosis yang tepat bagi pasien dengan kasus tertentu (studi klinis). Mereka pun melakukan serangkaian riset praklinis, percobaan dengan binatang dan percobaan klinis di rumah sakit, seperti dilakukan para ilmuwan Barat. Sebagai gambaran, salah satu pengujian obat gangguan pembuluh darah adalah mempersiapkan sejumlah pasien yang dilengkapi pemeriksaan MRI atau CT-scan. Ada yang infark, pecah pembuluh darah, hipertensi, diabetes, dan lain-lain. Pasien yang berbeda-beda kasusnya itu (tetapi semua menderita gangguan pembuluh darah) diberi kapsul obat tertentu selama beberapa waktu. Mereka rutin diperiksa darah, urin, lemak darah, gula darah, fungsi lever dan ECG sebelum dan sesudah pengobatan. Efek terapi kemudian dievaluasi, sehingga diperoleh kesimpulan. Dari gambaran t [...]

Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang umumnya ditambahkan ke masakan di Indonesia. meski bentuknya kecil cengkeh menyimpan nutrisi seperti vitamin dan mineral seperti yodium, kalsium, fosfor, dan besi. Cengkeh bisa memberikan lebih banyak manfaat ke tubuh Anda tak hanya membuat makanan menjadi lebih lezat.Berikut 8 alasan agar Anda menambahkan cengkeh di dalam diet harian Anda seperti dikutip Health.India, Rabu (12/2/2014):1. Menurunkan gula darah dan obat diabetesMenurut sebuah penelitian yang dipimpin Dr Alam Khan pada 2006, cengkeh bisa menurunkan gula darah dan mengontrol diabetes. Cengkeh bisa menginduksi aktivitas insulin, seperti dalam tubuh yang membantu resistensi insulin sehingga meningkatkan kadar gula darah seseorang.Penelitian ini juga menunjukkan, makan cengkeh secara teratur membantu menjaga diabetes normal.Tips: Jika Anda menderita diabetes dan ingin menjaga kadar gula darah Anda di bawah kontrol, cobalah makan cengkeh setiap hari. Atau Anda bisa mencoba mengonsumsi sekitar 10 gram bubuk cengkeh dengan air hangat, pada waktu perut kosong setiap harinya. 2. Membantu memperbaiki pencernaanCengkeh bisa meningkatkan kemampuan Anda mencerna makanan. Ini juga menjadi sala [...]

4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

Saat sedang berpuasa, seseorang tidak akan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Selama kurun waktu tersebut, Ia juga akan tetap menjalani kesibukannya. Dengan perubahan cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh tidak prima, penyakit seperti sariawan dan demam bisa muncul dan dapat mengganggu ibadah puasa.Agar terhindar dari dua penyakit tersebut, Pakar Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB menagatakan ada 4 bahan alami yang dapat membantu mencegahnya seperti:1. ThymeBerfungsi mencegah antibakteri atau jamur dan sangat baik untuk mengobati sariawan.2. Lycorice atau akar manisAkar manis memiliki manfaat anti radang. Senyawa Glicoceerin di dalamnya dapat memberikan efek anti radang tanpa merusak lambung.3. Daun sagaDaun yang bentuknya kecil, mirip dengan daun asem atau daun putri malu ini memiliki manfaat untuk antiinflamasi. Sayangnya, biji daun saga sangat beracun. Bijinya digunakan untuk membunuh serangga. Jika dikonsumsi manusia, bisa merusak saraf.4. Alang-alangBahan alami yang sering dijumpai di pinggir jalan ini bermanfaat untuk menurunkan demam. [...]

5 Bumbu Dapur Pendongkrak Stamina

5 Bumbu Dapur Pendongkrak Stamina

Tak sekadar menyenangkan lidah, bumbu-bumbu yang ada di dapur punya manfaat lebih dari hal tersebut. Berbagai kandungan penting di dalamnya mampu membuat bagian tubuh bekerja lebih baik hingga menangkal aneka penyakit datang sehingga membuat Anda lebih sehat dan panjang umur. Berikut daftar lima bumbu dapur yang bisa membuat tubuh senatiasa sehat dan panjang umur seperti dikutip dari buku Rahasia Terkini Awet Sehat karya dokter Phaidon Toruan M.M. dan dokter Widya Murni, MARS pada Sabtu (25/10/2014). 1. Cabai Bumbu pedas ini kaya kapsaicin yang memiliki sifat vasodilator atau melebarkan pembuluh darah. Lalu, cabai rawit mengandung antioksidan, Vitamin C dan A. Rasa pedas yang ditangkap lidah merangsang otak mengeluarkan endorfin yang mengurangi rasa sakit dan timbul perasaan lebih sehat. 2. Bawang putih Usai makan bawang putih mulut memang bau tajam namun kandungan senyawa aliin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan tekanan darah. 3. Bawang merah Pelezat makanan yang satu ini jangan ragukan lagi kandungan hebat di dalamnya. Ada kalsium, zat besi, fosfor, Vitamin A dan C, Bahkan, bawang merah mengandung 'antibio [...]

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

Buah kesemek merupakan salah satu buah berwarna oranye yang kaya akan nutrisi dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, buah kesemek bisa didapat hanya saat musim gugur dan musim dingin saja. Berikut ini manfaat yang akan didapat bila rutin mengonsumsi buah kesemek, seperti dikutip Health Me Up, Senin (10/11/2014)1. Lindungi mataKesemek kaya vitamin A, yang membantu melindungi mata. Selain mencegah kerusakan retina, katarak, dan berkaitan dengan usia degenerasi makula, juga dapat membantu memperkuat bagian mata lain.2. Cegah kankerBuah kesemek yang dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. 3. Awet mudaKesemek pun memiliki banyak nutrisi yang mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh, dan memperlambat proses penuaan.4. Tingkatkan kekebalan tubuhMakan buah kesemek membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi. Sebab, buah ini sarat dengan sifat anti-inflamasi.5. Menurunkan berat badanKesemek yang merupakan buah rendah kalori dan lemak, juga memiliki banyak serat, sehingga mampu memuaskan rasa lapar dan membuat kita kenyang lebih lama. Individu yang mengonsumsi buah kes [...]

Dahsyatnya Kombinasi Madu dan Cuka untuk Obat

Dahsyatnya Kombinasi Madu dan Cuka untuk Obat

Ada peribahasa yang menyebutkan bahwa madu lebih menarik perhatian lalat daripada cuka. Itu cocok untuk metafora tentang bagaimana sikap orang. Meski demikian, peribahasa itu tidak cocok jika dihubungkan dengan healing properties yang sama-sama dimiliki madu dan cuka. Madu dan cuka adalah perangkat dapur yang sangat berguna untuk mengobati banyak penyakit. Dan keduanya juga bisa dipakai untuk mengobati luka. Jadi, jika suatu hari Anda mengalami luka, sebelum mendatangi lemari obat, cobalah cek lemari dapur. Mereka yang biasa menggunakan home remedies suka memakai madu untuk menyem�buhkan luka. Ada beberapa alasan untuk itu. Pertama, madu yang dioleskan di atas luka bertindak sebagai barrier untuk melindungi luka dari dunia luar, mencegah infeksi. Mungkin agak tidak masuk akal, sebab madu melekat di semua benda yang disentuhnya. Kalau diperhatikan, debu dan sebagainya akan melekat di permukaan madu dan tidak mungkin menembus masuk ke luka. Selain itu, madu juga menghilangkan rasa sakit karena sifatnya sebagai antiradang alamiah. Di lain pihak, madu juga membuat luka tetap lembab saat proses penyembuhan, namun tidak menghambat proses tersebut. Simpan juga cukaCuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *