Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

mentjos-3-130910.jpg

Kebanyakan masyarakat menganggap obat herbal dalam bentuk jamu, jamu godokan, atau kapsul racikan bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Tak sedikit pula yang menganggap obat herbal lebih aman dibanding obat berbahan kimia sintetik.

“Tidak benar bila dikatakan obat herbal 100 persen aman. Tapi, `relatif` aman dibanding obat kimia,” kata Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Ariyanto Jonosewojo, Sp.PD dalam acara ‘The 1st Health Natural Wellnes Symposium’ di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)

Maksudnya, khasiatnya tergantung dari jenis obat herbal yang dikonsumsi. “Kalau isolat atau zat aktif dari obat herbal ini diambil, maka efeknya sama seperti obat-obat kimia,” kata dia menambahkan.

Berbicara soal obat, apa pun jenisnya, sudah pasti semua itu memiliki efek samping. Dan pasien harus ingat, kalau satu jenis obat, ada yang cocok untuk orang tertentu tapi belum tentu cocok untuk pasien lainnya.

Misalnya, dalam pemberian metformin pada penyandang diabetes. Memang, metformin merupakan obat diabetes. Hanya, tidak semua cocok untuk mengonsumsinya.

“Pasien A memang diabetes, maka bisa diberi obat ini. Lalu pasien B, yang terkena diabetes dengan gangguan ginjal dan pasien C diabetes dengan gangguan vaskular, maka tidak akan cocok diberikan obat ini,” kata dia menerangkan.

Dalam pemakain obat herbal pun seperti itu. Misalnya, bawang putih. Menurut Arijanto, bawang putih berguna untuk menurunkan gula darah, kolesterol, lemak, dan mengencerkan lemak. Selagi kita tidak punya masalah kesehatan lainnya, maka sangat bagus.

“Tapi harus diingat, kalau kita sering memakai bawang putih dan ke dokter gigi mau cabut gigi, ada baiknya pasien memberitahu hal tersebut. Karena, kalau kita tidak memberitahu, maka pendarahan tidak akan berhenti-henti, dan waktu pembekuan darah akan lama,” kata Arijanto.

Maka itu, saat ini dokter gigi sering bertanya pada pasien apakah pasien menggunakan obat herbal atau tidak. Biar penanganannya lebih tepat.

Contoh lain, misalnya temulawak. Bukan tidak mungkin konsumsi temulawak selalu aman seberapa pun banyaknya. Tidak semua pasien dapat mengonsumsi temulawak dengan dosis tinggi, terlebih pasien yang mengalami kondisi tertentu seperti penderita batu ginjal.

Maka itu, aman atau tidaknya obat herbal ini, tergantung dari masing-masing pasien (individual). Karena, bisa saja pada pasien A aman, pada pasien B tidak aman.

“Tapi, dosis yang terkandung pada obat herbal tidak sebesar obat kimia. Cuma saya katakan walaupun natural, bukan berarti 100 persen aman,” kata dia menekankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Peneliti Kembangkan Pisang Super yang Mengandung Vitamin A

Peneliti Kembangkan Pisang Super yang Mengandung Vitamin A

Melihat defisiensi vitamin A yang membunuh ribuah anak di dunia dan ratusan di antaranya menderita kebutaan, peneliti pun mengembangkan pisang super yang mengandung alfa dan beta karoten.Pisang yang dibuat oleh Profesor James Dale dan timnya di Australia ini merupakan rekayasa hasil genetika.AFP melaporkan, tubuh yang mencerna pisang super ini akan mengubah alfa dan beta karoten menjadi vitamin A. Setelah lolos uji hewan, saat ini percobaan penelitian akan dilakukan kepada manusia dan pengawasannya dilakukan selama 6 minggu.Penelitian yang didukung oleh Bill dan Melinda Gates Foundation ini juga akan melihat tingkat vitamin A yang dicapai saat dicerna tubuh manusia. "Jika pisang ini mendapat lampu hijau di Uganda, tanaman mikronutrien ini dapat tumbuh di Rwanda, Kenya, dan Tanzania," kata Dale, seperti dikutip Foxnews, Selasa (17/6/2014). [...]

Madu, Obat Sakit Mata Ampuh

Madu, Obat Sakit Mata Ampuh

Madu sudah lama terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan manusia. Selain itu, madu juga dikenal sebagai obat berbagai penyakit, termasuk sebagai obat sakit mata. Manfaat madu untuk mengobati penyakit mata tersebut telah terbukti lewat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Emara M.H, Kepala Jurusan Kedokteran Mata Al-Mansura University pada tahun 1981. Dalam penelitian tersebut, madu mampu untuk mengobati peradangan kornea. Selain itu manfaat madu juga untuk mengobati mata belekan, radang kelopak dan selaput mata akibat alergi. Cara mengobati penyakit mata dengan madu sendiri cukup mudah. Tinggal teteskan madu pada pada mata sebagaimana obat mata pada umumnya. Madu yang diteteskan harus dengan pengenceran sekita 20 sampai 50 persen. Meskipun begitu, tidak sembarangan madu dapat kita gunakan sebagai obat sakit mata. Madu yang kita teteskan haruslah madu yang sudah tua atau madu yang benar-benar terjaga kualitasnya. [...]

Cara Alami Tuntaskan Sakit Tenggorokan

Cara Alami Tuntaskan Sakit Tenggorokan

Bagi jutaan orang setiap tahun, sakit tenggorokan adalah peringatan bahwa mereka akan segera terkena flu, pilek atau infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. Tapi walaupun ada banyak obat sakit tenggorokan, solusi alami sepertinya dapat membantu.Selain murah, bahan alami di rumah bisa mengobati mengurangi rasa sakit dan menghilangkan gejala awal flu. Lebih jelasnya, berikut panduan untuk mengatasi sakit tenggorokan, seperti dikutip Doctoroz, Kamis (16/10/2014).1. Akar manis (licorice)Bahan alami ini telah digunakan dalam pengobatan sakit tenggorokan, membantu menghilangkan dahak atau lendir di hidung, tenggorokan dan paru-paru selama ribuan tahun. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa berkumur dengan air mengandung licorice dapat memulihkan pasien yang memiliki masalah tenggorokan. 2. Sup ayam Catat makanan ini dalam daftar makanan pokok ketika menjadi sakit. Penelitian menunjukkan, sup ayam dapat mengurangi gejala flu dan menenangkan tenggorokan.3. Cuka apelCuka apel diduga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Keasaman cuka aple dapat meningkatkan sel darah putih sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 4. M [...]

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Selain sebagai penyegar napas, daun mint juga dikenal sebagai herbal yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Maka itu, jangan bila Anda perhatikan sejumlah produk mengandung mint seperti pasta gigi, permen karet, penyegar nafas, permen dan inhaler. Alasan di balik ini semua sebenarnya karena daun mint bisa membunuh bakteri jahat. Selain itu, daun mint juga memiliki manfaat lain, seperti dikutip Boldsky, Rabu (5/11/2014) berikut ini: 1. Mengatasi alergi Daun mint mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam rosmarinic. Asam ini efektif dalam mengurangi gejala alergi musiman. 2. Mengobati batuk Pada daun mengandung menthol. Menthol adalah dekongestan alami yang membantu untuk memecah dahak dan lendir. Dengan demikian mengonsumsi mint secara rutin dapat membersihkan rongga hidung.3. Mengatasi masalah pencernaan Manfaat kesehatan lain dari daun mint adalah meningkatkan aliran empedu sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan.4. Mengatasi Morning Sickness untuk ibu hamil Daun mint sering digunakan untuk meringankan mual ibu hamil di trimester pertama. [...]

4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

Saat sedang berpuasa, seseorang tidak akan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Selama kurun waktu tersebut, Ia juga akan tetap menjalani kesibukannya. Dengan perubahan cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh tidak prima, penyakit seperti sariawan dan demam bisa muncul dan dapat mengganggu ibadah puasa.Agar terhindar dari dua penyakit tersebut, Pakar Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB menagatakan ada 4 bahan alami yang dapat membantu mencegahnya seperti:1. ThymeBerfungsi mencegah antibakteri atau jamur dan sangat baik untuk mengobati sariawan.2. Lycorice atau akar manisAkar manis memiliki manfaat anti radang. Senyawa Glicoceerin di dalamnya dapat memberikan efek anti radang tanpa merusak lambung.3. Daun sagaDaun yang bentuknya kecil, mirip dengan daun asem atau daun putri malu ini memiliki manfaat untuk antiinflamasi. Sayangnya, biji daun saga sangat beracun. Bijinya digunakan untuk membunuh serangga. Jika dikonsumsi manusia, bisa merusak saraf.4. Alang-alangBahan alami yang sering dijumpai di pinggir jalan ini bermanfaat untuk menurunkan demam. [...]

Cara Manfaatkan Pepaya Agar Kulit Putih Bersinar

Cara Manfaatkan Pepaya Agar Kulit Putih Bersinar

Ingin punya kulit putih bersinar? Yuk manfaatkan buah pepaya. Kandungan vitamin A, E dan C serta antioksidan pada buah pepaya dapat memberikan kelembaban dan perlindungan kulit. Selain itu enzim papain yang ada dalam pepaya sering digunakan untuk membersihkan dan melembutkan kulit.Seperti dikutip dari Ehow, Jumat (11/4/2014), zat aktif dalam pepaya juga dapat membantu penyembuhan kulit. Pepaya bahkan tidak hanya bisa dimakan sebagai bahan sayur, tetapi juga dapat juga dijadikan sebagai masker wajah.Caranya tidak sulit. Cukup dengan menghancurkan pepaya hingga berbentuk krim. Kemudian campurkan susu bubuk, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan 10 sampai 15 menit. Setelah mengering kemudian bilas dengan air bersih. Masker wajah tersebut berfungsi sebagai tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. [...]

Dokter Makin Ragu Ganja Bisa Jadi Obat yang Aman

Dokter Makin Ragu Ganja Bisa Jadi Obat yang Aman

Setelah beberapa waktu sempat ada penelitian tentang manfaat ganja bagi penderita radang sendi (Artritis reumatoid), kini peneliti lain bersikeras menganggap bahwa ganja sama sekali tidak memiliki manfaat kesehatan. Seperti dikutip laman Everydayhealth, Jumat (7/3/2014) sejumlah ahli kini menyatakan tidak menyarankan penggunaan ganja bagi penderita nyeri artritis karena penelitian sebelumnya kurang terbukti kuat. Seperti disimpulkan oleh penulis studi Mary-Ann Fitzcharles, MD dan rekan, dalamkajian studi pengobatan ganja yang diterbitkan dalam Arthritis Care & Research. Peneliti juga menyebutkan tentang manfaat ganja yang belum bisa dibenarkan secara medis karena kurangnya data, ketersediaan terapi dan potensi bahaya seperti kecanduan. Sebelumnya, satu studi menemukan bahwa 80 persen pengguna ganja medis di klinik pengobatan sendi di AS menggunakan ganja untuk mengobati nyeri myofascial, nyeri yang memengaruhi otot dan jaringan. Begitu pula di Kanada, sekitar 65 persen mengatakan tenaga medis menggunakan ganja sebagai obat untuk arthritis parah. Hal inilah yang membuat pro dan kontra antara para ahli Arthritis dan pasien. Seorang rheumatologist (dokter ahli rematik) di Wash [...]

Hilangkan BT Kala Haid, Coba Bunga Saffron!

Hilangkan BT Kala Haid, Coba Bunga Saffron!

Bunga safron rasanya kurang begitu dikenal dan masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun di Amerika, bunga yang terkenal mahal ini sudah dimanfaatkan sebagai rempah-rempah penggugah selera dalam berbagai masakan.Dan ternyata, manfaat bunga safron tidak hanya mampu membuat makanan lezat. Menurut penelitian Iran?s Roozbeh Psychiatric Hospital di Tehran University of Medical Sciences, safron baik untuk para wanita yang kerap mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). Pada masa seperti ini para wanita kerap mengalami BT atau yang disebut BT (bad temper), galau atau mood jelek."Bunga yang hanya memiliki putik sedikit ini dapat mengurangi gejala depresi dan sindrom pramenstruasi (PMS) yang umumnya dialami wanita di kala haid," kata Shahin Akhondzadeh, Ph.D dikutip Eatingwell, Sabtu (15/3/2014).Para ilmuwan ini meneliti dengan melibatkan 50 wanita yang kerap mengalami gangguan PMS. Mereka diberi dua kapsul yakni safron dan plasebo masing-masing ukuran 15 mg. Pada siklus menstruasi pertama, mereka diberi kapsul saffron dan siklus yang kedua diberikan plasebo. Lebih dari tiga perempat wanita melaporkan penurunan gejala PMS dengan intensitas lebih besar ketika mengonsumsi kapsul saffr [...]

Meditasi dalam Secangkir Teh

Meditasi dalam Secangkir Teh

Di mata pecandunya, kedamaian sejati bisa ditemukan hanya dari secangkir teh. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apa makna teh di mata Anda? Mungkin sulit membayangkan maknanya karena sehari-hari kita minum segelas teh yang dibubuhi beberapa sendok gula pasir sebagai sebuah kebiasaan semata. Barangkali Anda akan menjawab biasa-biasa saja karena hal itu Anda lakukan setiap hari secara otomatis. Bahkan, dalam setiap kesempatan di tepi jalan Anda bisa minum teh dalam kemasan botol tanpa perasaan apa-apa, kecuali hilangnya rasa haus. Lain halnya bagi seorang master teh dari Jepang. Minum teh adalah bentuk meditasi. Minum teh adalah sebuah cara pelepasan atas segala kekhawatiran dalam hidup. Ada dasar filosofi yang amat dalam ini, maka menikmati secawan teh di Jepang menjadi sebentuk budaya. Bentuk meditasi itu bisa kita saksikan hingga saat ini dalam upacara minum teh. Bahkan, dapat dikatakan sebagai bentuk meditasi yang cukup rumit. Perlu keterampilan serta pelatihan khusus untuk bisa menyajikan teh dalam upacara minum teh ala Jepang. Secara sederhana di mata Diana Rosen, penulis buku Taking Time for Tea dan penggemar teh, meditasi lewat secangkir teh adalah menghentikan perhatian, me [...]

Ingin Awet Muda? Konsumsi Bahan Alami Ini

Ingin Awet Muda? Konsumsi Bahan Alami Ini

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit kencang tanpa kerut? Tidak perlu menyakiti kulit dengan operasi plastik, cukup dengan beberapa bahan alami berikut ini, dikutip Womansday, Senin (3/3/2014).1. OatMealMenu sarapan yang satu ini dilengkapi dengan asam amino dan vitamin E yang menyehatkan kulit. Kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas dapat ditangkal dengan oatmeal.2. KopiKandungan kafein dalam kopi dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan memicu senyawa untuk menyehatkan kulit sehingga dapat menunjang penampilan.3. Keju MozzarellaMakanan tinggi kalsium ini melindungi dan memperkuat enamel gigi, meningkatkan produksi air liur dan membantu melawan bakteri yang membuat gigi menguning.4. Jeruk BaliVitamin C yang ada di jeruk bali ini dapat menimgkatkan pertumbuhan kolagen yang membantu mencegah kulit kendur.5. KenariKacang yang tinggi asam lemak omega 3 ini meningkatkan kadar kelembaban di kulit serta mencegah keriput. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *