Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

mentjos-3-130910.jpg

Kebanyakan masyarakat menganggap obat herbal dalam bentuk jamu, jamu godokan, atau kapsul racikan bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Tak sedikit pula yang menganggap obat herbal lebih aman dibanding obat berbahan kimia sintetik.

“Tidak benar bila dikatakan obat herbal 100 persen aman. Tapi, `relatif` aman dibanding obat kimia,” kata Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Ariyanto Jonosewojo, Sp.PD dalam acara ‘The 1st Health Natural Wellnes Symposium’ di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)

Maksudnya, khasiatnya tergantung dari jenis obat herbal yang dikonsumsi. “Kalau isolat atau zat aktif dari obat herbal ini diambil, maka efeknya sama seperti obat-obat kimia,” kata dia menambahkan.

Berbicara soal obat, apa pun jenisnya, sudah pasti semua itu memiliki efek samping. Dan pasien harus ingat, kalau satu jenis obat, ada yang cocok untuk orang tertentu tapi belum tentu cocok untuk pasien lainnya.

Misalnya, dalam pemberian metformin pada penyandang diabetes. Memang, metformin merupakan obat diabetes. Hanya, tidak semua cocok untuk mengonsumsinya.

“Pasien A memang diabetes, maka bisa diberi obat ini. Lalu pasien B, yang terkena diabetes dengan gangguan ginjal dan pasien C diabetes dengan gangguan vaskular, maka tidak akan cocok diberikan obat ini,” kata dia menerangkan.

Dalam pemakain obat herbal pun seperti itu. Misalnya, bawang putih. Menurut Arijanto, bawang putih berguna untuk menurunkan gula darah, kolesterol, lemak, dan mengencerkan lemak. Selagi kita tidak punya masalah kesehatan lainnya, maka sangat bagus.

“Tapi harus diingat, kalau kita sering memakai bawang putih dan ke dokter gigi mau cabut gigi, ada baiknya pasien memberitahu hal tersebut. Karena, kalau kita tidak memberitahu, maka pendarahan tidak akan berhenti-henti, dan waktu pembekuan darah akan lama,” kata Arijanto.

Maka itu, saat ini dokter gigi sering bertanya pada pasien apakah pasien menggunakan obat herbal atau tidak. Biar penanganannya lebih tepat.

Contoh lain, misalnya temulawak. Bukan tidak mungkin konsumsi temulawak selalu aman seberapa pun banyaknya. Tidak semua pasien dapat mengonsumsi temulawak dengan dosis tinggi, terlebih pasien yang mengalami kondisi tertentu seperti penderita batu ginjal.

Maka itu, aman atau tidaknya obat herbal ini, tergantung dari masing-masing pasien (individual). Karena, bisa saja pada pasien A aman, pada pasien B tidak aman.

“Tapi, dosis yang terkandung pada obat herbal tidak sebesar obat kimia. Cuma saya katakan walaupun natural, bukan berarti 100 persen aman,” kata dia menekankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Madu, Obat Sakit Mata Ampuh

Madu, Obat Sakit Mata Ampuh

Madu sudah lama terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan manusia. Selain itu, madu juga dikenal sebagai obat berbagai penyakit, termasuk sebagai obat sakit mata. Manfaat madu untuk mengobati penyakit mata tersebut telah terbukti lewat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Emara M.H, Kepala Jurusan Kedokteran Mata Al-Mansura University pada tahun 1981. Dalam penelitian tersebut, madu mampu untuk mengobati peradangan kornea. Selain itu manfaat madu juga untuk mengobati mata belekan, radang kelopak dan selaput mata akibat alergi. Cara mengobati penyakit mata dengan madu sendiri cukup mudah. Tinggal teteskan madu pada pada mata sebagaimana obat mata pada umumnya. Madu yang diteteskan harus dengan pengenceran sekita 20 sampai 50 persen. Meskipun begitu, tidak sembarangan madu dapat kita gunakan sebagai obat sakit mata. Madu yang kita teteskan haruslah madu yang sudah tua atau madu yang benar-benar terjaga kualitasnya. [...]

Biji Tomat, Sahabat bagi Jantung Anda

Biji Tomat, Sahabat bagi Jantung Anda

Tak hanya buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung betakaroten yang bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh manusia, biji tomat yang biasanya dibuang ketika diolah menjadi makanan ternyata mengandung zat penting bagi tubuh. Bagi Anda yang suka membuang biji tomat hendaknya tahu bahwa biji tomat ternyata baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh par ilmuwan dari Aberdeen Rowet Institute, Inggris, Senin (22/9/2014) menyebutkan bahwa biji tomat dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Lendir yang membungkus biji tomat bisa mengurangi risiko penggumpalan darah. Bahkan khasiat biji tomat ini sama efektif dengan aspirin. Penemuan ini melibatkan 43 orang selama tujuh bulan. Dalam penelitian tersebut, khasiat biji tomat dibandingkan dengan aspirin. ?Kami menemukan jika ektrak biji tomat memiliki khasiat yang sama seperti aspirin. Bahkan tanpa efek samping. Sedangkan aspirin memiliki efek samping seperti pendarahan pada perut,? ucap Stephen Moon dari Prvoxis, produsen yang memproduksi ektrak biji tomat. Jadi, jangan buang biji tomat ya. Lebih baik makan saja, toh tidak pahit bahkan enak. [...]

Arang Kayu Bikin Kulit Muka Mulus dan Bebas Jerawat

Arang Kayu Bikin Kulit Muka Mulus dan Bebas Jerawat

Arang (Charcoal) menjadi bahan alami terbaru di dunia kecantikan. Arang dipuji karena bisa menyelamatkan kulit. Tapi, ini bukan seperti bayangan Anda yang langsung menerapkannya ke wajah Anda. Melainkan penggunaan arang di beberapa produk kecantikan.Arang sempurna untuk pori-pori tersumbat, jerawat, dan kulit yang tak rata. Dengan menggunakan arang bisa menarik keluar kotoran dan minyak dari pori-pori. Tapi bagaimana cara kerja arang?Seperti dilansir Tv3.ie, Kamis (20/3/2014), arang pada dasarnya merupakan pendetoksifikasi yang kuat yang sudah digunakan sejak zaman kuno. Arang aktif yang terbuat dari kayu hangus atau bahan nabati ini sangat efektif membersihkan kulit, sebagai disinfektan, dan penyerap minyak.Arang aktif bisa menyerap 100 sampai 200 kali kotoran yang menyumbat pori-pori, menghilangkan sel-sel mati dari lapisan atas kulit Anda dan membuatnya menjadi halus serta bercahaya.Meskipun terlihat aneh mencuci muka dengan pembersih berwarna hitam, Biore Deep Pore Cleanser Charcoal bisa mencerahkan kulit Anda ketika menambahkan air. Para peneliti di Biore menemukan, pembersih ini bisa menghilangkan kotoran dalam 30 detik bukannya sampai 2 menit seperti yang dilakukan pembersih [...]

Jadi, Kedelai Itu Menyehatkan atau Bikin Kanker?

Jadi, Kedelai Itu Menyehatkan atau Bikin Kanker?

Kedelai yang dibuat dari tanaman kedelai beberapa tahun terakhir memang menjadi perdebatan di kalangan medis. Karena sejumlahpenelitian menyebutkan, konsumsi rutin kedelai terkait dengan kanker pada wanita. Sebaliknya, menilik dari manfaat gizinya, kedelai kaya omega-3, vitamin B, seng, besi, lemak tak jenuh, serat, fitokimia dan antioksidan yang bisa mengurangi risiko kanker.Seperti disampaikan pakar urologi dari Lenox Hill Hospital di New York City, Dr David B. Samadi bahwa kedelai mengandung isoflavon, yang di dalam tubuh diubah menjadi fitoestrogen. Masalahnya, fitoestrogen mirip dengan hormon estrogen yang dimiliki wanita."Namun, efek dari kedelai yang kontroversial, bisa memicu aktivitas sel kanker dan membloknya. Kedelai dapat melakukan keduanya. Karena estrogen manusia dan kedelai melalui phytoestrogen (fitoestrogen) sangat mirip. Sel-sel manusia juga tidak bisa membedakan antara keduanya. Beberapa peneliti percaya bahwa fitoestrogen kedelai dapat menyebabkan pertumbuhan kanker payudara karena kesamaannya dengan estrogen manusia. Di sisi lain, beberapa percaya kedelai dapat mencegah kanker payudara," jelasnya, seperti diberitakan Foxnews, Kamis (20/11/2014).Kontroversi kede [...]

Peneliti Kembangkan Pisang Super yang Mengandung Vitamin A

Peneliti Kembangkan Pisang Super yang Mengandung Vitamin A

Melihat defisiensi vitamin A yang membunuh ribuah anak di dunia dan ratusan di antaranya menderita kebutaan, peneliti pun mengembangkan pisang super yang mengandung alfa dan beta karoten.Pisang yang dibuat oleh Profesor James Dale dan timnya di Australia ini merupakan rekayasa hasil genetika.AFP melaporkan, tubuh yang mencerna pisang super ini akan mengubah alfa dan beta karoten menjadi vitamin A. Setelah lolos uji hewan, saat ini percobaan penelitian akan dilakukan kepada manusia dan pengawasannya dilakukan selama 6 minggu.Penelitian yang didukung oleh Bill dan Melinda Gates Foundation ini juga akan melihat tingkat vitamin A yang dicapai saat dicerna tubuh manusia. "Jika pisang ini mendapat lampu hijau di Uganda, tanaman mikronutrien ini dapat tumbuh di Rwanda, Kenya, dan Tanzania," kata Dale, seperti dikutip Foxnews, Selasa (17/6/2014). [...]

9 Alasan Kenapa Liza Natalia Doyan Ngemil Seledri

9 Alasan Kenapa Liza Natalia Doyan Ngemil Seledri

Seperti Jennifer Aniston dan Gwyneth Paltrow, aktris dan instruktur zumba Liza Natalia ternyata gemar mengonsumsi seledri sebagai kudapan. Menurut pemeran FTV Enyak Gue Dangduter ini, seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. "Saya suka nyemil seledri yang batangnya besar, dipake mayonaise. Enak banget itu. Kalau mau pakai saus sambal juga enak. Itu kan cemilan bermanfaat yang bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh, detoks, banyak deh manfaatnya," kata wanita kelahiran Jakarta, 18 Februari 1976 pada Liputan6.com. Sebelumnya, para pakar kesehatan setuju bahwa seledri memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti dikutip Care2, Selasa (13/5/2014) misalnya, beberapa manfaat seledri sebagai berikut: 1. Mengandung sedikit kalori Satu tangkai besar mengandung hanya 10 kalori. Jadi, tunggu apalagi tambahkan seledri ke dalam daftar belanjaan Anda dan menikmatinya di salad atau sup. 2. Seledri mengurangi peradangan Jika Anda menderita nyeri sendi, infeksi paru-paru, asma, atau jerawat, makan lebih banyak seledri akan sangat membantu. 3. Mengurangi stres Ya, mineral dalam seledri, terutama magnesium, dan minyak esensial di dalamnya pernah diteliti dapat menenangkan sistem saraf ya [...]

Atasi Kerutan dan Selulit dengan Minyak Zaitun

Atasi Kerutan dan Selulit dengan Minyak Zaitun

Semakin bertambah usia, kerutan pada wajah semakin terlihat dan membuat banyak wanita tidak percaya diri. Tak heran bila banyak yang menghabiskan dana lebih untuk memperlambat proses penuaan dini.Menurut anak dari cucu Raja Surakarta Hadiningrat ke-10 Sri Susuhunan Paku Buwono X l sekaligus Presiden Direktur PT. Mustika Ratu, Tbk, Putri Kuswisnu Wardani, merawat kecantikan tidak butuh biaya mahal. "Saat ini semua orang sepertinya ingin kembali ke perawatan alami dengan menggunakan tanaman herbal agar tubuh fit dan cantik. Tidak perlu mahal supaya cantik. Smakin bertambah usia, kerutan kan semakin terlihat nah biasanya orang Keraton itu menggunakan minyak zaitun," kata Putri, ditulis Jumat (21/2/2014).Putri yang sudah terbiasa dengan perawatan tubuh tradisional asli Keraton Solo ini mengatakan penggunaan minyak zaitun secara rutin dapat menghilangkan kerutan dan selulit."Biasanya kalau kerutan itu bisa membuat selulit semakin terlihat. Nah pakai minyak zaitun setelah mandi. Biasanya pemakaiannya itu pagi dan malam hari secara rutin," kata Putri.Minyak zaitun memiliki kandungan utama yaitu vitamin E dan oleic acid, yang keduanya memiliki banyak khasiat untuk kulit. Oleic acid dapat m [...]

Ingin Awet Muda? Konsumsi Bahan Alami Ini

Ingin Awet Muda? Konsumsi Bahan Alami Ini

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit kencang tanpa kerut? Tidak perlu menyakiti kulit dengan operasi plastik, cukup dengan beberapa bahan alami berikut ini, dikutip Womansday, Senin (3/3/2014).1. OatMealMenu sarapan yang satu ini dilengkapi dengan asam amino dan vitamin E yang menyehatkan kulit. Kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas dapat ditangkal dengan oatmeal.2. KopiKandungan kafein dalam kopi dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan memicu senyawa untuk menyehatkan kulit sehingga dapat menunjang penampilan.3. Keju MozzarellaMakanan tinggi kalsium ini melindungi dan memperkuat enamel gigi, meningkatkan produksi air liur dan membantu melawan bakteri yang membuat gigi menguning.4. Jeruk BaliVitamin C yang ada di jeruk bali ini dapat menimgkatkan pertumbuhan kolagen yang membantu mencegah kulit kendur.5. KenariKacang yang tinggi asam lemak omega 3 ini meningkatkan kadar kelembaban di kulit serta mencegah keriput. [...]

Dahsyatnya Kombinasi Madu dan Cuka untuk Obat

Dahsyatnya Kombinasi Madu dan Cuka untuk Obat

Ada peribahasa yang menyebutkan bahwa madu lebih menarik perhatian lalat daripada cuka. Itu cocok untuk metafora tentang bagaimana sikap orang. Meski demikian, peribahasa itu tidak cocok jika dihubungkan dengan healing properties yang sama-sama dimiliki madu dan cuka. Madu dan cuka adalah perangkat dapur yang sangat berguna untuk mengobati banyak penyakit. Dan keduanya juga bisa dipakai untuk mengobati luka. Jadi, jika suatu hari Anda mengalami luka, sebelum mendatangi lemari obat, cobalah cek lemari dapur. Mereka yang biasa menggunakan home remedies suka memakai madu untuk menyem�buhkan luka. Ada beberapa alasan untuk itu. Pertama, madu yang dioleskan di atas luka bertindak sebagai barrier untuk melindungi luka dari dunia luar, mencegah infeksi. Mungkin agak tidak masuk akal, sebab madu melekat di semua benda yang disentuhnya. Kalau diperhatikan, debu dan sebagainya akan melekat di permukaan madu dan tidak mungkin menembus masuk ke luka. Selain itu, madu juga menghilangkan rasa sakit karena sifatnya sebagai antiradang alamiah. Di lain pihak, madu juga membuat luka tetap lembab saat proses penyembuhan, namun tidak menghambat proses tersebut. Simpan juga cukaCuk [...]

5 Rempah Pencegah Kanker

5 Rempah Pencegah Kanker

Tidak sedikit yang masih percaya dengan obat herbal atau rempah-rempah guna meningkatkan kesehatan. Lima rempah yang dikutip dari Dummies, Jumat (14/2/2014) ini dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.1. JaheJahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati segala sesuatu dari pilek hingga sembelit. Jahe dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk bubuk (bumbu jahe) atau manisan.Dengan mengonsumsi jahe dapat membantu memberikan kenyamanan pada perut dan menghilangkan rasa mual. Jahe juga dapat menjadi pelengkap untuk pengobatan kanker.2. RosemaryTanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Masakan mediterania banyak yang menggunakan herbal ini untuk menambah rasa pada sup atau masakan olahan daging. Banyak yang percaya rosemary dapat mencegah kanker, para peneliti sedang melakukan pengujian terkait hal itu.Rosemary dapat membantu proses detoksifikasi, melancarkan saluran pencernaan, menghilangkan kembung, dan meningkatkan nafsu makan.3. KunyitKandungan curcumin yang ada pada kunyit memberikan manfaat sebagai anti-inflamasi atau peradangan serta bersifat anti oksidan yang dapat melindungi diri dari perkembangan kanker.Selain [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *