Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

mentjos-3-130910.jpg

Kebanyakan masyarakat menganggap obat herbal dalam bentuk jamu, jamu godokan, atau kapsul racikan bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Tak sedikit pula yang menganggap obat herbal lebih aman dibanding obat berbahan kimia sintetik.

“Tidak benar bila dikatakan obat herbal 100 persen aman. Tapi, `relatif` aman dibanding obat kimia,” kata Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Ariyanto Jonosewojo, Sp.PD dalam acara ‘The 1st Health Natural Wellnes Symposium’ di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)

Maksudnya, khasiatnya tergantung dari jenis obat herbal yang dikonsumsi. “Kalau isolat atau zat aktif dari obat herbal ini diambil, maka efeknya sama seperti obat-obat kimia,” kata dia menambahkan.

Berbicara soal obat, apa pun jenisnya, sudah pasti semua itu memiliki efek samping. Dan pasien harus ingat, kalau satu jenis obat, ada yang cocok untuk orang tertentu tapi belum tentu cocok untuk pasien lainnya.

Misalnya, dalam pemberian metformin pada penyandang diabetes. Memang, metformin merupakan obat diabetes. Hanya, tidak semua cocok untuk mengonsumsinya.

“Pasien A memang diabetes, maka bisa diberi obat ini. Lalu pasien B, yang terkena diabetes dengan gangguan ginjal dan pasien C diabetes dengan gangguan vaskular, maka tidak akan cocok diberikan obat ini,” kata dia menerangkan.

Dalam pemakain obat herbal pun seperti itu. Misalnya, bawang putih. Menurut Arijanto, bawang putih berguna untuk menurunkan gula darah, kolesterol, lemak, dan mengencerkan lemak. Selagi kita tidak punya masalah kesehatan lainnya, maka sangat bagus.

“Tapi harus diingat, kalau kita sering memakai bawang putih dan ke dokter gigi mau cabut gigi, ada baiknya pasien memberitahu hal tersebut. Karena, kalau kita tidak memberitahu, maka pendarahan tidak akan berhenti-henti, dan waktu pembekuan darah akan lama,” kata Arijanto.

Maka itu, saat ini dokter gigi sering bertanya pada pasien apakah pasien menggunakan obat herbal atau tidak. Biar penanganannya lebih tepat.

Contoh lain, misalnya temulawak. Bukan tidak mungkin konsumsi temulawak selalu aman seberapa pun banyaknya. Tidak semua pasien dapat mengonsumsi temulawak dengan dosis tinggi, terlebih pasien yang mengalami kondisi tertentu seperti penderita batu ginjal.

Maka itu, aman atau tidaknya obat herbal ini, tergantung dari masing-masing pasien (individual). Karena, bisa saja pada pasien A aman, pada pasien B tidak aman.

“Tapi, dosis yang terkandung pada obat herbal tidak sebesar obat kimia. Cuma saya katakan walaupun natural, bukan berarti 100 persen aman,” kata dia menekankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Bahan Alami Pencegah Jerawat

4 Bahan Alami Pencegah Jerawat

Jerawat pada wajah memang mengganggu penampilan. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam untuk mencegahnya. Bahan alami berikut ini dapat membantu mencegah munculnya jerawat dikutip dari Allwomenstalk, Jumat (11/4/2014)1. OreganoBahan alami yang satu ini menjadi rahasia kelezatan pasta dan pizza yang sering digunakan di negara Amerika dan Eropa. Di Indonesia, sudah banyak supermarket yang menjual oregano sehingga tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya.Oregano bermanfaat mengurangi jerawat yang ada pada kulit wajah atau beberapa tempat lainnya seperti punggung atau bagian leher. Gunakan oregano sebagai obat luar dengan menaburkannya pada makanan atau dicampurkan ke dalam makanan. Selain untuk mengurangi jerawat, oregano juga dapat melancarkan pencernaan.2. Daun PepayaRasa pahit dari daun pepaya dipercaya dapat membantu mencuci darah yang kotor. Dengan demikian dapat membantu mengurangi jerawat yang ada, konsumsi daun pepaya yang direbus beberapa kali dalam seminggu. Dengan mengonsumsi daun pepaya secara rutin membuat kulit menjadi bersih, sehat, dan halus.3. Daun MintDaun mint memiliki kandungan klorofil yang dapat mengatasi inflamasi atau peradangan pada kulit. [...]

Selada Air, si Pengusir Kanker

Selada Air, si Pengusir Kanker

Selada air tergolong keluarga brassica. Tanaman air ini telah dikomersialkan sejak abad 18. Begitu banyak zat gizi yang dikandungnya, seperti vitamin C, betakaroten, kalsium, zat besi, juga antioksidan. Menurut tulisan Xenophon dari Yunani, mengonsumsi selada air mentah dalam jumlah banyak sangat bermanfaat bagi pekerja berat. Sementara ahli herbal dari Eropa menganjurkan mengonsumsinya karena dapat membantu membersihkan darah dan memiliki efek stimulasi pada kerja limpa, hati, dan empedu. Berbagai penelitian, menurut ahli gizi kuliner Toeti Sunardi juga menunjukkan bahwa selada air bermanfaat bagi kesehatan, karena mengandung zat besi, vitamin C, betakaroten, dan phytonutrient sebagai antioksidan. Pada penelitian terhadap perokok, asap tembakau penyebab kanker paru yang disebut NNK (Nicotine Derived Nitrosamine Ketone), mampu dikeluarkan sebagian dengan mengonsumsi 50 gr selada air, 3 kali sehari. Ini adalah efek dari isothyocynate yang ada pada selada air. Juga disebabkan adanya kemampuan enzim dalam mengeluarkan zat penyebab kanker. Sekali mengonsumsi selada air sebanyak 50 gr, akan memberi zat pertahanan 5-10 mgr.Selada air juga mengandung sejumlah antioksidan, yang mengurang [...]

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

Program detoksifikasi yang sering disingkat detoks kini sedang jadi tren. Para selebriti dan ahli kesehatan sepertinya sedang ramai-ramai menyebarkan virus detoks. Detoks sendiri berfungsi membersihkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk detoks tubuh, namun belum tentu cocok dan sehat untuk tubuh sendiri. Anda tak perlu mengikuti program detoks yang macam-macam karena tubuh sendiri sudah mampu membersihkan tubuh. Namun, Anda bisa membantu kerja organ tubuh membersihkan tubuh lebih baik dengan 8 makanan terbaik berikut ini seperti dikutip dari laman fitnea (30/6). 1. AlpukatTak perlu merasa bersalah untuk menikmati buah yang satu ini meski kandungan lemak nabatinya tinggi. Alpukat mengandung antioksidan yang lengkap termasuk glutathione. Kandungan ini akan membantu mengelurakkan racun berbahaya dari tubuh. 2.CranberiCranberi sangat baik untuk mencegah infeksi saluran kemih juga menyingkirkan racun dalam tubuh. 3. KubisJangan meremehkan manfaat kubis. Kandungan belerang dalam kubis berperan mendorong keluar bahan kimia yang tidak dibutuhkan tubuh. Ada juga kandungan sulfur dalam kubis untuk membersihkan tubuh dari bahan pestisida yang [...]

Arang Kayu Bikin Kulit Muka Mulus dan Bebas Jerawat

Arang Kayu Bikin Kulit Muka Mulus dan Bebas Jerawat

Arang (Charcoal) menjadi bahan alami terbaru di dunia kecantikan. Arang dipuji karena bisa menyelamatkan kulit. Tapi, ini bukan seperti bayangan Anda yang langsung menerapkannya ke wajah Anda. Melainkan penggunaan arang di beberapa produk kecantikan.Arang sempurna untuk pori-pori tersumbat, jerawat, dan kulit yang tak rata. Dengan menggunakan arang bisa menarik keluar kotoran dan minyak dari pori-pori. Tapi bagaimana cara kerja arang?Seperti dilansir Tv3.ie, Kamis (20/3/2014), arang pada dasarnya merupakan pendetoksifikasi yang kuat yang sudah digunakan sejak zaman kuno. Arang aktif yang terbuat dari kayu hangus atau bahan nabati ini sangat efektif membersihkan kulit, sebagai disinfektan, dan penyerap minyak.Arang aktif bisa menyerap 100 sampai 200 kali kotoran yang menyumbat pori-pori, menghilangkan sel-sel mati dari lapisan atas kulit Anda dan membuatnya menjadi halus serta bercahaya.Meskipun terlihat aneh mencuci muka dengan pembersih berwarna hitam, Biore Deep Pore Cleanser Charcoal bisa mencerahkan kulit Anda ketika menambahkan air. Para peneliti di Biore menemukan, pembersih ini bisa menghilangkan kotoran dalam 30 detik bukannya sampai 2 menit seperti yang dilakukan pembersih [...]

5 Makanan yang Pas untuk yang Sedang Kemoterapi

5 Makanan yang Pas untuk yang Sedang Kemoterapi

Asupan makanan selama menjalani kemoterapi bermanfaat untuk mencegah pasien terhindar dari rasa mual dan lelah berkepanjangan. Kemoterapi adalah suatu upaya untuk membunuh sel-sel kanker dengan mengganggu fungsi reproduksi sel. Kemoterapi merupakan cara pengobatan kanker dengan cara memberikan zat atau obat yang memiliki khasiat membunuh sel kanker.Di bawah ini terdapat sejumlah makanan sehat yang harus dikonsumsi selama melakukan kemoterapi, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (30/9/2014) : TelurMakanan kaya vitamin B dan protein akan membuat pasien kemoterapi menjadi lebih sehat. Kandungan selenium pada telur membantu mengurangi efek setelah kemoterapi. Selain itu, kuning telur mengandung vitamin D dan E, yang dapat membantu melindungi tubuh dari racun akibat obat dari kanker. JaheJahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi mual dan muntah yang disebabkan kemoterapi. Untuk itu, tambahkan jahe ke dalam makanan yang disantap atau ke dalam secangkir teh yang diminum setiap hari. SayuranKale, bayam, selada, merupakan sumber zat besi yang baik, dan mengandung vitamin A, E, dan K. Nutrisi ini membantu sel-sel darah merah yang membuat hemoglobin dan mengedar [...]

Kesempatan Indonesia Internasionalkan Jamu

Kesempatan Indonesia Internasionalkan Jamu

Dalam kunjungan ke Jenewa mengikuti pertemuan penelitian di WHO minggu ini, saya mendapat informasi dari Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di Jenewa bahwa Indonesia (diwakili PTRI) menjadi Ketua Like Minded Countries (LMC) ?yang membahas Genetic Resources, Traditional Knowledge, Folklore (GRTKF). Pembahasan di tingkat PBB di Jenewa dikabarkan masih cukup ketat dan membutuhkan waktu diskusi panjang. Dalam kaitan dengan kesehatan, database jamu dan tanaman obat kita (yang dimiliki Balitbangkes) mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu bahan diskusi GRTKF di UN Geneve ini, seperti hasil Ristoja, koleksi herbarium nasional yang sudah terdaftar, dan masih banyak lagi. Saya akan koordinasikan hal ini di tanah air, lalu komunikasikan dengan PTRI Jenewa. ?Saat ini kita juga sedang dalam proses memulai penelitian Randomozed Case Control Trial (RCT) tentang 3 saintifikasi Jamu, yaitu untuk jamu untuk osteoarthritis, dispepsia dan hemorhoid. Pelatihan para 94 dokter yang akan menjadi pelaksana (utamanya di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur) telah selesai pada minggu lalu. Randomisasi untuk penelitian ini akan kami lakukan terpusat, artinya bisa saja 1 dokter mendapat plasebo saja [...]

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Demi membantu para pecandu minuman keras menghentikan kebiasaannya, National Health Service (NHS) menawarkan sejenis obat sekali minum yang bermanfaat untuk mengekang rasa candu tersebut. Saat ini, obat dengan jenis Namefene sedang diuji di National Institute of Health and Care Excellence (Nice).Dengan adanya Namefene, produsen obat Lundbeck memprediksi, akan membawa keuntungan bagi 600.00 jiwa di seluruh Inggris dan Wales, yang merasa sulit untuk lepas dari kebiasaan buruk tersebut. Para ahli mengatakan, obat yang bermanfaat untuk membantu para pecandu mengurangi rasa candunya terhadap alkohol dengan mengendalikan mekanisme di dalam otak, bisa didapatkan bila mereka meminta resep pada dokter. Direktur Teknologi Kesehatan Evaluasi Centre Nice, Profesor Carole Longson, mengatakan bahwa kecanduan alkohol adalah masalah yang serius bagi hampir seluruh masyarakat di London dan Wales. "Mereka yang bisa diresepkan Nalmefene merupakan langkah awal bagi pecandu untuk berjuang melawan kecanduannya terhadap minuman keras, dengan mengunjungi dokter terlebih dulu, dan mengambil obat ini dalam program terapi yang sedang dijalaninya," kata Carole seperti dikutip Daily Mail, Kamis (10/7/2014) [...]

Jangan Sembarangan Minum Obat Campuran Herbal dan Kimia!

Jangan Sembarangan Minum Obat Campuran Herbal dan Kimia!

Demi mempercepat penyembuhan, tak jarang kita menggabungkan pemakaian obat entah dua-duanya obat berbahan kimia sintentik atau herbal, atau obat berbahan kimia sintetik digabung dengan obat herbal. Parahnya, tidak semua obat kimia sintetik cocok bila dikombinasi dengan obat herbal. Demikian disampaikan Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewoyo, Sp. PD dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014) "Misalnya saja, ada orang beranggapan bahwa mengonsumsi statin bersamaan dengan obat herbal hasilnya lebih bagus. Tapi, penelitian tidak menyebutkan hal itu," ujar Arijanto menjelaskan. Arijanto mengatakan, penelitian menunjukan, konsumsi obat herbal secara bersamaan dengan statin menghasilkan efek yang buruk. "Justru hasilnya akan lebih baik, jika obat herbal tidak dikonsumsi secara bersamaan dengan statin," katanya menambahkan. Mengapa demikian? Karena, di dalam obat herbal, ada tanin yang mengikat zat aktif dari obat-obat statin tersebut, sehingga tidak akan bekerja maksimal. Maka itu, untuk menyiasatinya, Arijanto menganjurkan, konsumsi obat herbal di pagi hari d [...]

Mencari Obat Keputihan? Coba 5 Obat Herbal Ini

Mencari Obat Keputihan? Coba 5 Obat Herbal Ini

Salah satu gejala kesehatan yang sering muncul pada kaum hawa adalah keputihan. Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan kekuningan dari vagina. Meskipun ada keputihan yang wajar seperti keputihan fisiologis, tetapi ada juga keputihan yang berbahaya, yaitu keputihan patologis. Bagaimana cara mengobati keputihan ini? Berikut beberapa obat herbal yang dapat mengobati keputihan seperti yang dilansir dari Organic Facts, Kamis (9/10/2014): 1. Daun Jambu Rebus daun jambu biji dalam air sekitar 1 liter selama setengah jam. Setelah itu, biarkan hingga dingin dan oleskan pada vagina. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati iritasi pada vagina. 2. Biji Ketumbar Rendam 10 gram biji ketumbar dalam 100 ml air selama satu malam. Setelah satu malam, air tersebut harus langsung diminum. Untuk meminumnya, perut Anda harus benar-benar kosong. 3. Aloe Vera Aole vera atau lidah buaya dipotong pada bagian ujung lalu ambil daging lidah buayanya. Daging lidah buaya kemudian direbus. Anda harus meminumnya selagi hangat sebanyak dua kali sehari. 4. Air Rebusan Beras Sisihkan air rebusan beras sekitar setengah gelas. Kemudian, campurkan air beras tersebut dengan sedikit garam. Jika s [...]

Ramuan Penghancur Batu Ginjal

Ramuan Penghancur Batu Ginjal

Bersyukurlah jika sampai saat ini Anda tidak bermasalah saat buang air kecil. Bersarangnya batu di ginjal sebagai salah satu sumber masalah sebaiknya memang dicegah. Beragam tanaman obat yang mudah dijumpai di sekitar kita, bisa dimanfaatkan. Siapa pun pasti tak ingin merasakan perih saat buang air kecil sebagai salah satu pertanda ada batu yang bersarang di ginjal. Kalau keadaan itu sudah terjadi, konsultasi ke dokter ahli sudah pasti harus segera dilakukan. Keluhan dan gangguan saat buang air kecil sebenarnya bisa dicegah. Salah satunya dengan memanfaatkan beragam ramuan herba atau tanaman berkhasiat obat secara teratur. Saat ini banyak tanaman obat yang terbukti mampu mengurangi atau setidaknya sebagai pelengkap pengobatan batu ginjal oleh dokter. Berdasarkan beberapa penelitian atau uji klinis yang pernah dilakukan, beberapa tumbuhan diyakini bermanfaat sebagai solusi alami gangguan batu ginjal. Di antaranya daun tempuyung (Sonchus arvensis L.), daun kumis kucing (Orthosiphom stamineus Benth), daun keji beling (Strobilanthus crispus Bl), akar alang-alang (Imperata cylindrica), dan daun pegagan (Centella asiatica). Fungsi ginjal sangat kompleks dan vital meliputi filtrasi, ek [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *