Obesitas, Lalu Bagaimana?

obes2.JPG

Seseorang menjadi obese tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, melainkan justru terpicu dari berbagai macam aspek, termasuk faktor diet, faktor gaya hidup, faktor kebudayaan, faktor genetik, faktor jenis kelamin, dan faktor pola kebiasaan.

Namun faktor yang paling banyak memiliki substansi pemicu adalah pemilihan gaya hidup. Makanan siap saji (fast food), peralatan yang mempermudah kerja hingga menciptakan kebiasaan pola kerja yang inaktif dapat juga membuat tubuh kita menjadi gemuk.

Para ahli setuju bahwa di kehidupan masyarakat yang modern-stress dan pola makan gaya hidup modern seperti halnya mengkonsumsi makanan siap saji ataupun tidak mempunyai waktu berolah raga dan lainnya memicu terjadinya penumpukan lemak tubuh secara berlebihan.

Terapi tingkah laku adalah suatu metoda yang digunakan untuk mangatur ataupun memodifikasi pola makan dan aktifitas fisik dengan olahraga pada pasien obese.

Dengan demikian, terapi tersebut diharapkan dapat mengatasi hambatan-hambatan terhadap kepatuhan pasien pada pola makan sehat dengan menempuh cara terapi diet dan ataupun olahraga.

Strategi-strategi terapi ini adalah sebagai berikut: penilaian diri sendiri atau self-monitoring, kontrol stress, kontrol rangsangan (stimulus), pemecahan masalah, penatalaksanaan darurat atau contingency, perombakan kognitif (cognitive restructuring), dan dukungan sosial. Satu hal yang perlu diingat adalah strategi-strategi tersebut harus dibuat personal yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien bersangkutan yang menyangkut strategi untuk diet dan olah raga.

Perubahan yang drastis pada seorang pasien dengan pola makan normal memang sangat sulit, perasaan terhadap perampasan kesenangan yang pada akhirnya dapat menimbulkan frustasi. Pada kebanyakan kasus dapat menimbulkan peningkatan kembali berat badan.

Berikut petunjuk membantu solusi obesitas:

  1. Makan lebih sedikit lemak maksimal 30 % dari keseluruhan jumlah kalori yang dikonsumsi. Mengurangi lemak akan mengurangi asupan kalori dan memperbanyak turunnya berat badan. Hal itu juga dapat membatasi atau mencegah timbulnya ?efek salah makan?. Karena lemak adalah sumber kalori terbesar.

    Menu makanan sekarang jelas jauh berbeda dengan menu makanan pada era terdahulu. Jika era dulu makanan lebih banyak mengandung karbohidrat seperti halnya kue-kue dengan bahan utama hanya dari tepung, era modern sekarang selain tepung, juga banyak dinambahkan margarine, minyak dan jenis lemak lainnya.

    Seperti telah diketahui, lemak merupakan penghasil kalori terbesar tiap gramnya, dibandingkan sumber nutrisi lainnya seperti halnya karbohidrat dan protein.

    Maka tidak heran, bila asupan lemak yang tinggi merupakan penyebab terjadinya kelebihan asupan energi, yang bila tertimbun dapat menimbulkan kelebihan berat badan.

    Dari hasil pengamatan terlihat bahwa seseorang dengan kelebihan berat badan sangat suka makanan berlemak. Rata-rata konsumsi lemak mereka berada di atas 50% dari total kalori.

    Proses pencernaan dimulai di mulut, dimana makanan dirubah menjadi bentuk yang lebih kecil, kemudian diteruskan ke lambung. Dengan bantuan enzim, makanan di lambung dipecah menjadi komponen-komponen penyusunnya, seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

  1. Kurangi asupan kalori per hari dari pola makan biasanya (kurang lebih 600 kkal). Tubuh selalu memerlukan asupan nutrisi dasar, tidak selalu dari kuantitas asupan yang banyak. Namun lebih efektif didapat dari pola makan yang berkualitas.

    Zat gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein, karbohidrat, dan lemak. Zat-zat gizi tersebut menempati porsi vital yang dibutuhkan untuk metabolisme, membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, dan untuk mendapatkan energi.

    Selain zat gizi utama tadi, tubuh juga memerlukan mineral dan vitamin untuk mengatur cairan (elektrolit) tubuh, pertumbuhan tulang, pembentukan sel-sel darah, membantu proses metabolisme dan membentuk hormon / enzim

  1. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, paling sedikit 3 kali sehari. Memilih makanan dan minuman secara hati-hati akan membantu anda mengontrol kalori dan jumlah lemak total, lemak jenuh, kolesterol, garam, gula dan minuman beralkohol.
  1. Perbanyak aktifitas. Sebelum anda melakukan perubahan apapun pada diri anda, pastikan bahwa hal itu akan bermanfaat. Meningkatkan aktifitas fisik secara umum seperti berolahraga selama 20 menit dapat menurunkan tekanan darah, mengontrol diabetes, menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi komplikasi kesehatan lainnya yang berhubungan dengan kelebihan berat badan. Jelas lebih baik daripada anda menghabiskan 2 jam menunggu di salon atau di bengkel.

    Dengan latihan secara teratur umumnya lebih berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya dibandingkan dengan orang yang tidak berlatih secara teratur. Serta tak luput konsultasikan dengan dokter atau pakar-pakar terkait terlebih dahulu sebelum anda memulai program olah raga.

    Satu hal yang perlu dan penting diingat, satu-satunya jalan untuk menurunkan berat badan adalah untuk penggunaan energi yang lebih banyak daripada energi yang dikonsumsi.

  1. Dan yang terakhir adalah kebulatan tekad. Diperlukan kegigihan usaha dari pelaksanaan niat yang ditanamkan. Bulan puasa ini adalah momentum tepat untuk mengimplementasikan usaha ini. [] (DA)

Dikutip dari berbagai sumber.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
10 Cara Bersihkan Sayur & Buah Dari Pestisida

10 Cara Bersihkan Sayur & Buah Dari Pestisida

Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. Namun laporan kesehatan terbaru justru menemukan 67 jenis pestisida yang akhirnya membuat buah dan sayur menjadi 'kotor'.Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, memikat atau membasmi hama, penyakit dan gulma yang tidak berpengaruh pada tanaman. Pestisida seringkali disebut sebagai 'racun'. Tapi banyak petani yang menggunakan pestisida untuk mencegah kerusakan atau pembusukan.Dalam jumlah tertentu, penggunaan pestisida untuk tanaman buah dan sayur masih dapat ditolerir tubuh. Namun bila jumlahnya berlebihan, bisa membahayakan untuk kesehatan, seperti menyebabkan kanker, ADHD pada anak, gangguan sistem saraf, gangguan tiroid dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.Agar hal buruk tak terjadi pada Anda dan keluarga, ada baiknya mengetahui cara menghilangkan pestisida dari sayur dan buah yang benar. Seperti yang dikutip dari Hubpages, berikut 10 cara tersebut.1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang produk makanan, termasuk saat akan mencuci buah dan sayur.2. Cuci buah dan sayur dengan air bersih dan mengalir untuk membersihkan sisa-sisa tanah dan kotoran [...]

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Gigi rapuh dan keropos tidak hanya disebabkan oleh malasnya Anda menggosok gigi atau hobi mengonsumsi makanan manis dan lengket. Ada beberapa kebiasaan yang juga bisa membuat gigi rapuh. Ini lima kebiasaan yang harus dihindari, jika Anda ingin miliki gigi kuat sampai tua.1. Menyikat Gigi Terlalu KerasSebagian orang menganggap kebersihan gigi berawal dari seberapa sering kita menyikat gigi. Hal itu benar, tapi menyikat gigi yang dilakukan lebih dari 2 kali dalam sehari tidak baik untuk kesehatan gigi kita."Saya sudah bertemu dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan sikat gigi 20 kali dalam sehari," kata Dr. Sally Cram, ahli gigi di Washington D.C., seperti dikutip dari She knows. Terlalu sering menyikat gigi tidak akan membuat gigi Anda bersih lebih lama. Justru akan melukai gusi dan mengikis enamel gigi. Menyikat hanya perlu dua kali sehari dan yang terpenting, adalah cara Anda melakukannya. Gosoklah dengan gerakan memutar mulai dari bagian depan, samping, dalam dan geraham. Lalu gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan di antara celah gigi selama dua menit.2. Terlalu Sering Memutihkan GigiAgar gigi terlihat lebih putih biasanya kita memutihkan kulit dengan me [...]

Terbebas Alergi

Terbebas Alergi

Jika Anda memiliki semacam alergi pada debu dan wangi-wangian tertentu, liburan kali ini adalah saat yang tepat untuk Anda menata ulang dekorasi rumah sekaligus membersihkan udara di rumah Anda dari segala macam pemicu alergi pernapasan. Menurut ahli alergi Dr. Yusuf Leija, dari Gottlieb Memorial Hospital di Melrose Park, Illinois, debu dari kotak penyimpanan barang, pohon segar, pewangi ruangan, dan tanaman hidup adalah sebagian dari sekian banyak penyebab dari masalah gangguan pernapasan. Dalam liputan berita dari Universitas Sistem Kesehatan Loyola, ia menjelaskan bahwa terdapat cara tersendiri untuk mendekor rumah Anda untuk menghindari terjadinya alergi. Leija menawarkan tips berikut untuk menjaga rumah Anda bebas alergi: Hias rumah Anda dengan pohon buatan. Memang pohon-pohon pinus asli memiliki wangi yang menyenangkan, tetapi aroma yang dikeluarkannya dapat memperburuk masalah pernapasan, belum lagi debu dan binatang yang disebarkan dari pohon tersebut. Air yang menetes dari batang pohonnya juga akan menimbulkan genangan air yang dapat merugikan orang-orang beralergi pernapasan. Hindari menggunakan lilin wangi dan home fragrance oils. Wangi-wangian yang berasal dari berba [...]

Hindari Ngemil Buah Setelah Makan Besar, Ini Alasannya

Hindari Ngemil Buah Setelah Makan Besar, Ini Alasannya

Setelah makan besar, biasanya kita akan mengakhirinya dengan menyantap buah-buahan sebagai pencuci mulut. Entah itu pisang, pepaya, anggur atau jeruk. Ternyata kebiasaan ini berpotensi besar merusak gigi.Sebagian besar buah-buahan mengandung gula. Bagi gigi, gula adalah 'musuh besar' terutama jika tidak dibersihkan di malam harinya. Gula yang menempel pada permukaan gigi merupakan 'makanan' bagi bakteri di dalam mulut. Ketika gula bereaksi dengan bakteri, akan terbentuk lapisan asam yang bisa melemahkan enamel gigi dan mengikis mineral yang penting untuk menguatkan gigi, misalnya kalsium. Hal ini bisa memicu terjadinya gigi keropos, rapuh atau berlubang.Sebenarnya terbentuknya asam di dalam mulut bisa dicegah oleh tubuh dengan produksi saliva atau air liur. Saliva berfungsi menetralkan pH atau keasaman di dalam mulut dan mengembalikan kembali mineral yang hilang setelah makan. Namun proses ini belangsung cukup lama, perlu 40 menit hingga saliva melapisi gigi dan gusi dengan sempurna untuk perlindungan.Jika setelah makan besar Anda langsung mengonsumsi buah-buahan, maka saliva tidak memiliki cukup waktu untuk memperbaiki terbentuknya asam yang bisa merusak gigi. Tidak hanya buah- [...]

Para Peneliti Temukan Gen Penyebab Kebutaan Kornea

Para Peneliti Temukan Gen Penyebab Kebutaan Kornea

Para ilmuwan di Singapura, seperti dilansir oleh asianscientist.com, telah mengidentifikasi gen ketebalan kornea sentral (CCT) yang berpotensi dapat menyebabkan kebutaan seperti glaukoma. Penelitian ini dipimpin oleh para peneliti di Singapore Eye Research Institute (SERI) dan Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Penelitian (A * STAR) Genome Institute of Singapore (GIS), melibatkan 55 rumah sakit dan pusat-pusat penelitian di seluruh dunia, dan lebih dari 20.000 orang keturunan Eropa dan Asia. Temuan mereka dipublikasikan bulan Januari 2013 ini dalam jurnal Nature Genetics. CCT dikaitkan dengan kondisi mata yang berpotensi pada kebutaan seperti keratoconus, suatu kondisi di mana kornea semakin menipis dan memiliki bentuk mengerucut yang akhirnya mungkin memerlukan transplantasi. CCT diperkirakan memiliki heritabilitas hingga 95 persen dan dapat menentukan tingkat keparahan glaukoma pada seseorang dan membantu dokter dalam mengidentifikasi pasien. CCT juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya transplantasi kornea di seluruh dunia. Sebelum penelitian ini, tim Singapura telah mengidentifikasi enam CCT yang berbeda terkait lokus melalui sampel dari Singapura, Cina, India, Me [...]

Waspada Suntikan Kolagen Liar

Waspada Suntikan Kolagen Liar

Dewasa ini tidak sedikit salon kecantikan yang menawarkan jasa penyuntikan kolagen kepada para konsumennya. Masyarakat semakin dimudahkan dalam merevisi tampilan tubuh secara instan demi memuaskan usaha tampil cantik secara estetika. Namun tak pelak lagi, fenomena tersebut menambah marak juga salon kecantikan yang memberikan jasa penyuntikan kolagen tanpa ada standar keamanan medis dalam penatalaksanaannya demi mengejar keuntungan semata yang notabene, justru membahayakan nyawa para konsumen. Mungkin masih teringat beberapa tahun lalu mengemukanya kasus kematian Hilda Pasman, betapa kejamnya para penyedia jasa ?cantik ekspres liar? merebut hak jaminan keamanan dan keselamatan jiwa para konsumen. Faktor lain yang membuat praktek suntik kolagen liar menjamur di berbagai pelosok kota besar di Indonesia adalah salah satunya faktor ekonomis. Pun, di tempat penyedia jasa suntik kolagen liar memberikan biaya yang jauh lebih murah ketimbang jasa suntik kolagen resmi. Semakin didukung pula, bahan material yang mendukung proses penyuntikan semakin mudah didapatkan secara liar pula di toko-toko yang menyediakannya. Jika dahulu diperlukan standarisasi yang rumit untuk mendapatkan [...]

Manfaat Omega-3: Mitos atau Fakta?

Manfaat Omega-3: Mitos atau Fakta?

Omega-3 sering disebut sebagai bahan super yang kaya dengan manfaat. Begitu banyak perusahaan obat dan suplemen di pasaran yang mengklaim bahwa produk-produknya mengandung omega-3, kemudian dijual dengan harga mahal. Apakah nutrisi ini benar-benar bermanfaat? Asam lemak omega-3 terdiri dari tiga jenis zat. Minyak ikan mengandung asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoik (EPA), serta beberapa kacang-kacangan, biji-bijian, dan tanaman mengandung asam alfa-linolenik (ALA) yang diproses tubuh menjadi asam lemak omega-3. Selain didapat dari bahan alami, omega-3 juga banyak ditawarkan dalam bentuk suplemen. Menguak Fakta Manfaat Omega-3 Bahan makanan dan suplemen yang mengandung Omega-3 sering dipercaya menjadi sumber yang membantu melawan gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, mencegah demensia, serta berperan penting dalam perkembangan janin. Namun beberapa penelitian yang menyimpulkan hal di atas sering tidak dijalankan dengan mekanisme yang tepat. Misalnya jumlah sampel yang tidak memenuhi syarat dan waktu pengamatan yang terlalu singkat. Berikut ini adalah beberapa klaim beserta faktanya. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular Serangkaian penelitian yang dila [...]

Anak yang Berolahraga Sedikit Risiko Patah Tulang di Usia Tua

Anak yang Berolahraga Sedikit Risiko Patah Tulang di Usia Tua

Oleh: dr. Ema Anindia Studi terbaru membuktikan bahwa menganjurkan anak untuk berolahraga sejak kecil dapat memperkuat tulang anak sehingga dapat menghindari patah tulang pada usia tua. Keaktifan fisik yang diberikan saat anak sekolah seperti pelajaran olah raga yang seorang anak dapat sewaktu sekolah, sangat penting untuk melawan obesitas, namun penelitian terbaru berpendapat bahwa olahraga dapat menjaga kesehatan tulang juga. Selama 6 tahun, para peneliti dari Skane Univeristy Hospital di Swedia mengikuti 808 anak laki-laki dan anak perempuan dari usia 7 hingga 9 tahun yang dibagi menjadi 2 kelompok, dimana pada kelompok pertama anak-anak tersebut hanya diminta untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik selama 40 menit setiap harinya dan pada kelompok kedua anak-anak tersebut diminta untuk beraktivitas fisik selama 60 menit selama seminggu yang dilakukan selama jam sekolah. Lalu selanjutnya para peneliti tersebut mengikuti perkembangan tulang anak-anak tersebut serta mendokumentasi laporan mengenai patah tuang dan membandingkan hasil antar grup. Studi yang dilaporkan oleh American Orthopedic Society for Sports Medicine di Chicago, dimana mereka melaporkan bahwa selama periode [...]

7 Gejala Awal Hamil yang Aneh

7 Gejala Awal Hamil yang Aneh

Bila Anda sedang dalam masa awal kehamilan maka hormon-hormon di dalam tubuh Anda dapat berubah yang membuat munculnya banyak gejala-gejala kehamilan diluar normal. Ada beberapa wanita pada masa kehamilan yang mengalami perubahan sangat drastis dan ada yang tidak mengalami perubahan. Nah, bila Anda mengalami satu atau beberapa gejala kehamilan yang serupa dibawah ini, itu sangatlah wajar dan janganlah takut, sebab banyak wanita lain yang mengalaminya, gejala seperti apa yang paling aneh dalam kehamilan? Halaman berikut terdapat 7 gejala kehamilan yang dimaksud: Gejala Awal Hamil yang Aneh Kaki dapat ?tumbuh? hingga 10 mm, yang disebabkan oleh peregangan dari ligament (otot) dan akhirnya kaki akan kehilangan arah ? dan yang paling aneh pada gejala kehamilan ini dalah, gejala ini dapat bertahan seperti itu hingga bayi lahir. Volume dari sel-sel di otak dapat berkurang 4% akibat terjadi perubahan hormon ? namun kembali seperti semula beberapa bulan setelah kelahiran bayi. Yang membuat Ibu hamil terkadang terkesan menjadi pelupa dan berpikir sedikit lebih lama dibandingkan sewajarnya. Rambut akan berhenti rontok (akibat hormon), yang membuat kesan rambut [...]

Ini Sebabnya Obat Generik Bisa Lebih Murah

Ini Sebabnya Obat Generik Bisa Lebih Murah

Obat yang beredar di Indonesia digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu obat generik berlogo (OGB) dan obat generik bermerek (obat dagang). Namun, minat pembelian masyarakat Indonesia untuk obat generik masih tergolong rendah. Selain itu meskipun pemerintah sudah mencanangkan berbagai program untuk penggunaan obat generik agar menurunkan biaya pengobatan, tetap saja obat generik masih kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena tak dapat dihindarkan, stigma murah di masyarakat lekat dengan konotasi 'murahan' yang kerap diasosiasikan dengan kualitas dan mutu sealakadarnya. Padahal, belum tentu murah itu 'murahan'. Untuk mengetahui lebih lanjut kenapa obat generik hadir di pasaran bisa lebih murah, ada baiknya kita ketahui dulu bagaimana obat generik dibuat. Halaman berikut penjelasannya: Mengenal Obat Generik Pada tahun 1989, dengan tujuan memberikan alternatif obat bagi masyarakat, pemerintah Indonesia meluncurkan program Obat Generik Berlogo (OGB) dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, serta ketersediaan obat yang cukup. Bedanya OGB dengan obat bermerek lain adalah OGB tidak ada biaya promosi, sehingga harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan masy [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *