Orang dengan HIV/AIDS Minta Diikutkan sebagai Penerima KIS

Ilustrasi-HIV1-11.06.14-Johan.jpg

Pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Jokowi dan JK baru saja meluncurkan tiga ?kartu sakti? yaitu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan KIS (Kartu Indonesia Sehat). Orang dengan HIV (ODHA) menyambut baik lahirnya KIS ini dan menghimbau agar KIS juga mengakomodir Orang dengan HIV sebagai penerima manfaat.

Dari penjelasan yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan, KIS merupakan kepanjangan dari skema PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang ada dalam JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dengan dua added valuenya adalah perluasan cakupan penerima dengan mengikutsertakan kelompok yang secara sosial termarginalkan serta dengan perluasan cakupan paket manfaat dengan menanggung komponen yang sebelumnya tidak ditanggung dalam JKN.

Selama ini, banyak ODHA yang berasal dari kelompok tidak mampu masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses JKN melalui PBI. Hal ini khususnya dikarenakan ada persoalan administrasi kependudukan yang juga kelompok ini punyai. Selain itu, banyak komponen perawatan dan pengobatan bagi ODHA yang selama ini juga diluar dari pertanggungan skema JKN sehingga untuk komponen-komponen ini ODHA masih diharuskan membayar dari kantung sendiri.

Semangat peluncuran KIS ini direspon positif oleh LSM Indonesia AIDS Coalition (IAC), sebuah LSM yang berbasiskan ODHA. Lahirnya KIS diharapkan melengkapi skema PBI dengan mengakomodir kelompok masyarakat yang selama ini mengalami kendala administratif untuk mendaftarkan dirinya menjadi PBI dalam JKN.

Selain itu, KIS juga diharapkan dapat menanggung komponen layanan yang selama ini dibutuhkan oleh ODHA namun belum bisa ditanggung oleh JKN seperti misalnya tes CD4, tes Viral Load dan beberapa obat untuk infeksi penyerta AIDS.

?Kami yakin KIS ini bisa menjadi salah satu peluang pendanaan bagi program penanggulangan AIDS yang selama ini masih sangat bergantung pada donor. Dengan mengakomodir ODHA serta komponen layanan yang dibutuhkan, kita bisa tekan infeksi HIV secara drastis dan juga mengurangi tingkat kematian pada ODHA?, kata Aditya Wardhana, Direktur Eksekutif dari LSM IAC.

Selama ini tidak bisa dipungkiri bahwa dengan tersediannya layanan pengobatan pada ODHA bukan saja menurunkan tingkat kematian pada ODHA namun juga mampu menurunkan tingkat infeksi HIV baru. Penelitian terbaru mengatakan bahwa ODHA yang mendapatkan terapi dan tingkat virus dalam tubuhnya rendah itu 96% menurunkan potensi penularan dari dirinya ke orang lain.

?Target dari KIS kan memang kelompok yang oleh pemerintah dikenal dengan nama Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau dengan kata lain adalah kelompok yang susah dijangkau dengan akses konvensional. Saya yakin pemerintahan Jokowi juga sudah memikirkan cara-cara non-konvensional untuk tetap mampu memberikan akses KIS kepada kelompok ini.? tambah Aditya.

Harapan terbesar ODHA terhadap KIS adalah skema ini kedepan juga akan mengakomodir komponen obat ARV yang selama ini digunakan untuk terapi HIV guna menekan jumlah virus dalam tubuh. Adanya jaminan pembiayaan obat ARV ini akan menjadi kunci keberhasilan Indonesia dalam menghadapi epidemic AIDS.

LSM IAC optimis jika KIS ini lebih diperjelas lagi dengan aturan dan petunjuk yang lebih secara specific menerangkan siapa target penerima manfaatnya serta paket manfaat juga mengakomodir layanan AIDS termasuk obat ARV maka visi kita untuk menurunkan dan membalikan laju epidemic sekaligus menurunkan tingkat kematian akibat AIDS bisa pelan-pelan terwujud.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Risiko Skizofrenia pada Pria Lebih Tinggi Ketimbang Wanita

Risiko Skizofrenia pada Pria Lebih Tinggi Ketimbang Wanita

Skizofrenia atau salah satu penyakit gangguan jiwa berat ternyata paling banyak dialami oleh pria ketimbang wanita. Seperti disampaikan Ketua Seksi Skizofrenia Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia yang juga Kepala Departemen Psikiatri di RS Cipto Mangunkusumo, dr. A. A. Ayu AgungKusumawardhani, SpKJ (K) bahwa wanita cukup beruntung dalam hal ini mengingat hormon estrogen melindungi wanita dari sejumlah penyakit termasuk skizofrenia. Tapi sayangnya, penyakit ini mudah muncul pada pria. "Perempuan beruntung punya hormon estrogen yang agak protektif sehingga kecenderungan penyakit skizofrenia lebih lama atau pada usia 20 tahun keatas. Tapi pada laki-laki, penyakit ini bisa menyerang di usia 17-18 tahun. Ini membuat mereka kesulitan menyelesaikan pendidikan menengah dan kehilangan kesempatan untuk memiliki keterampilan," katanya. Oleh sebab itu, kata Ayu, penting bagi siapapun untuk deteksi dini. Karena jika pasien segera diperiksa dan minum obat, maka kerusakan otak bisa diminimalisir. "Kalau mau disetarakan, penderita skizofrenia itu seperti penderita Diabetes Melitus. Kalau DM, mereka harus minum obat terus menerus agar gula darahnya terkontrol. Sedangkan skizo [...]

Tes Darah Bakal Bisa Deteksi Kanker

Tes Darah Bakal Bisa Deteksi Kanker

Jika saat ini deteksi kanker memerlukan serangkaian tes. Ke depannya, para ilmuwan di Inggris berharap dapat melakukan sekali tes darah untuk mengetahui sel kanker. Mengutip laman Nydailynews, Selasa (4/11/2014), peneliti saat ini sedang mendeteksi 800 senyawa dalam darah pasien kanker. Penelitian ini penting karena sel-sel kanker berkembang dengan cepat bahkan sebelum pasien memiliki tumor. "Sebuah tes darah tunggal ini diharapkan bisa langkah awal untuk deteksi dini kanker sehingga cara ini dapat meningkatkan kesembuhan pasien," kata penulis utama studi, yang juga profesor patologi di University of Warwick Medical School di Inggris , Ian Cree.Hasil penelitian yang melibatkan review 19.000 karya ilmiah ini akan diumumkan pada acara Konferensi National Cancer Research Institute Cancer di Liverpool, Inggris, Minggu ini. [...]

Perbanyak Stok, PMI Sulteng Targetkan 12 Ribu Kantong Darah

Perbanyak Stok, PMI Sulteng Targetkan 12 Ribu Kantong Darah

PeduliSehat.info, Palu Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Sulawesi Tengah (Sulteng) bertekad untuk meningkatkan jumlah stok darahnya menjadi 12 ribu kantong darah sepanjang 2014.Kepala Bagian Tata Usaha PMI cabang Sulteng Kasman menyatakan, peningkatan stok darah dilakukan karena tingginya permintaan darah dari pasien di sejumlah rumah sakit yang ada di Sulteng."Terkhusus rumah sakit di Palu yang paling banyak permintaan darah. Makanya, kami bertekad sepanjang tahun ini harus mendapat stok darah yang banyak," jelas Kasman kepada Liputan6.com di Palu, ditulis Minggu (11/5/2014).Untuk merealisasikan target ini, PMI cabang Sulteng akan mengoptimalkan seluruh unit kendaraan operasional yang ada. Nantinya kendaraan tersebut akan ditempatkan di sejumlah pusat-pusat keramaian seperti di beberapa mal dan pusat keramaian lainnya di dalam kota. Itu guna memberikan kesempatan kepada masyarakat secara langsungyang hendak mendonorkan darahnya ke PMI cabang Sulteng."Kami akan gunakan sistem jemput bola. Siapa tahu selama ini banyak masyarakat yang sangat ingin mendonorkan darahnya tapi minim pengetahuan dan kesempatan. Makanya itu dengan adanya nanti unit yang jalan disitu kami berikan kesempa [...]

Replika Janin Dalam Kandungan Kini Bisa Anda Dapatkan

Replika Janin Dalam Kandungan Kini Bisa Anda Dapatkan

Melihat janin bergerak di dalam perut melalui layar USG (ultrasonografi) mungkin sudah biasa, tapi kini sebuah perusahaan membuat patung janin 4 dimensi agar ibu hamil dapat memiliki janin yang ada di dalam kandungannya sebelum melahirkan.Perusahaan berbasis teknologi di California ini mengaku, mengubah model janin dalam bentuk nyata bukanlah tujuan utama perusahaan."Tujuan utama kami adalah untuk membawa senyum wajah orangtua, kakek-nenek dan anggota keluarga lainnya ketika mengingat hari lahirnya," tulis laman perusahaan Indiegogo, seperti dilansir Nydailynews, Minggu (19/1/2014).Yang menarik, meskipun patung janin ini bukan ada untuk pertama kalinya, tapi patung janin ini telah digunakan untuk produk prenatal. Dan lagi, tak hanya patung janin dalam perut ibu hamil yang dijual tapi juga patung janin selebriti seperti Kim Kardashian dan lainnya.Patung-patung janin ini juga disebutkan tersedia dalam tiga ukuran. Ukuran 8 inci seharga Rp 7 juta, ukuran setengah 4 inci seharga Rp 4 jutaan dan untuk ukuran mini 2 inci seharga kurang lebih Rp 2 jutaan. Dan yang terpenting, jenis kelamin bayi harus jelas. (Fit/Igw) [...]

6 Tanda Tubuh Kurang Zinc

6 Tanda Tubuh Kurang Zinc

Meski tubuh hanya membutuhkan sedikit namun bukan berarti Anda melupakannya. Zinc yang juga dikenal dengan sebutan seng, merupakan mineral yang penting bagi tubuh. "Tubuh hanya membutuhkan zinc sekitar delapan miligram per hari, sehingga sering diabaikan orang. Padahal zat besi memengaruhi tubuh Anda bekerja," tutur Amanda Bontempo, MS, RD. Salah satu fungsi penting zinc adalah membawa oksigen ke sel-sel darah. Berikut gejala jika tubuh kurang zinc seperti dilansir dari laman Women's Health, Kamis (24/7/2014). 1. Luka Lambat SembuhJika otot sakit sesudah berolahraga atau muncul memar yang lama hilang bisa jadi kurang zinc. "Kekurangan zinc memperlambat penyembuhan luka," tutur Bontempo. 2. Kemampuan Membaui BerkurangZinc berperan penuh membantu seseorang mempersepsi aroma yang ada. Jika orang di sekitar Anda mampu membaui harumnya masakan namun Anda tidak, bisa jadi karena faktor kurang zinc. 3. Mudah Sakit"Bila tak mendapatkan cukup zinc, daya tahan tubuh terganggu," tutur Bontempo. 4. Lama Beradaptasi dengan Perubahan CahayaDari terang menuju gelap, mata akan membiasakan diri dalam keadaan tersebut. Kekurangan zinc mengganggu proses ini sehingga butuh adaptasi yang lam [...]

Sehari Bersama Tegar Septian si Mantan Pengamen Cilik

Sehari Bersama Tegar Septian si Mantan Pengamen Cilik

Cita-citaku menjadi orang kayaDulu ku susah sekarang alhamdulillahBersyukurlah pada Yang Maha KuasaMemberi jalan untukku semuaHidupku dulunya seorang pengamenPulang malam selalu bawa uang recehanMengejar cita-cita paling muliaMembantu keluarga dirumahDua bait lagu di atas seperti menggambarkan kehidupan pengamen cilik bernama Tegar Septian.Kemarin, Jumat 10 Januari tim Health Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk mengikuti aktivitasnya mulai dari apartemen sampai sirkuit motorcross.Pagi pukul 08.00 sampai 10.30 merupakan jadwal Tegar sekolah. Walau hanya di apartemen dan bukan di gedung sekolah, antusias belajar mantan pengamen ini tinggi."Hari ini belajar Bahasa Inggris, tadi ujian juga. Paling susah itu pendidikan kewarganegaraan, kalau bahasa Inggris dan matematika mudah," kata Tegar saat ditemui di apartemennya bilangan Grogol, Jakarta Barat.Ditemani gurunya, Anggre dari Sun Homeschooling, Tegar berusaha mengikuti pelajaran mengenal anggota tubuh."Kalau hari ini belajar mengenal nama anggota tubuh yang ada di wajah, seperti mata, telinga, alis. Tegar termasuk orang yang pintar mengikuti mata pelajaran, dia cepat menangkap pelajarannya," kata Anggre yang sabar mengajarkan Te [...]

KPAI Percepat Proses Pemulihan Luka Batin Korban Pelecehan JIS

KPAI Percepat Proses Pemulihan Luka Batin Korban Pelecehan JIS

Trauma mendalam dirasakan bocah AK (6), korban tindak pelecehan seksual yang dilakukan petugas kebersihan di Jakarta International School (JIS) yang terletak di kawasan elit Pondok Indah, Jakarta Selatan.Melihat kondisi AK, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bergerak cepat untuk menyembuhkan luka batin yang dirasakan bocah lucu itu."Agar bisa ngobrol banyak sama dia, kita ajak dia untuk masuk ke dalam dunianya dulu," kata Sekretaris KPAI, Erlinda kepada Health Liputan6.com di JIS, Jakarta, Kamis (17/4/2014)Menurut Erlinda, ini penting mengingat AK berasal dari lingkungan yang hangat dan keluarga bahagia. Maka itu, KPAI berusaha untuk mengajak AK berinteraksi tanpa mengingatkan apa yang sempat dialaminya."Untuk saat ini, kita sedang melakukan terapi untuk melupakan kejadian yang sangat menyakitkan itu," kata Erlinda menambahkan.Untuk memperlancar penyembuhan luka batin yang dirasakan AK, KPAI tak bekerja seorang diri, melainkan bekerja sama dengan mitra terkait seperti psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi."Petugas psikolog datang bersama kami, come visit. Yah, walaupun belum sempurna semua pengerjaannya," kata Erlinda.Yang jelas, tambah Erlinda, bocah AK masih trauma un [...]

Buktikan Bukan Penyebab MERS, Peternak Ciumi Unta

Buktikan Bukan Penyebab MERS, Peternak Ciumi Unta

Para ilmuwan meyakini unta di Arab Saudi menjadi sumber penularan utama Middle East Respiratory Syndrome coronavirus (MERS-CoV) . Penyakit baru ini telah menyebabkan ratusan korban meninggal dunia. Tapi, ada satu tempat di mana MERS tak menakuti-nakuti orang. Di sana, unta malah diciumin sebagai respons dari MERS.Tempat tersebut memang menjadi munculnya infeksi pertama kali pada 2012 dan hingga kini sudah tercatat lebih dari 500 kasus yang ditemukan.Padahal menteri kesehatan Arab Saudi sudah memperingatkan masyarakat untuk menjauhi daging mentah unta dan susu unta untuk menghindari penyakit. Tapi, sejumlah peternak unta menolak peringatan tersebut. Beberapa peternak secara terbuka menantang klaim bahwa unta sebagai sumber dari virus yang mematikan itu. Seorang peternak Arab Saudi memosting video klip dirinya yang memeluk dan mencium unta sambil bermain-main."Jangan bersin di wajahku," kata peternak di sebuah video klip dari GulfNews dan dikutip Liputan6.com, Senin (19/5/2014)."Mereka mengatakan unta yang membawa virus Korona," kata pria itu dengan sinis.Berbeda lagi dengan pria yang memosting foto dirinya yang mencium seekor unta dengan mulutnya untuk membuktikan bahwa hewan yang s [...]

Setiap Gonggongan Anjing Punya Makna

Setiap Gonggongan Anjing Punya Makna

Memiliki hewan peliharaan seperti anjing menjadi kesenangan tersendiri untuk sebagian orang. Tidak sedikit yang menjadikannya sebagai media penghilang stres dengan bermain bersama atau sekadar melihat tingkah pola mereka. Namun, tidak sedikit juga yang jengkel ketika anjing mereka kerap menggongong tanpa henti. Menurut Organisasi Penyelamat Hewan di Indonesia, Animal Defender, gonggongan anjing selalu punya makna. "Jangan dulu kesal ataupun langsung menghukum mereka bila anjing tidak berhenti menggongong. Setiap gonggongan anjing itu punya arti maka itu perlu pengetahuan dan kedekatan yang baik dengan mereka," kata Ketua Animal Defender, Doni Herdaru, Kamis (20/3/2014).Doni mengatakan menjadi pemilik hewan peliharaan berarti berperan sebagai orangtua bukan majikan. "Perilaku anjing akan mudah diketahui ketika pemiliknya menganggap heean peliharaan mereka sebagai anggota keluarga," kata Doni saat ditemui dalam Konferensi Pers Cesar Millan Live, ditulis Kamis (20/3/2014).Gonggongan anjing bisa berarti ungkapan protes mereka karena tidak diperhatikan. "Gonggongan itu kan emosi yang menumpuk di dalam diri anjing. Beda loh gonggongan yang memanggil dengan yang protes. Kalau dia terus me [...]

Perjuangan RW Melahirkan Bayi Sitok Srengenge

Perjuangan RW Melahirkan Bayi Sitok Srengenge

Walaupun dengan kondisi memprihatinkan, RW si korban kasus asusila penyair Sitok Srengenge terus berjuang untuk bisa melahirkan bayi perempuan nan cantik dengan selamat. Bayi cantik itu lahir pada Jumat 31 Januari 2014 pukul 21.15 WIB."Bayinya perempuan cantik, lahir bertepatan dengan imlek. RW kuat dan berjuang melahirkannya. Keluarga berbahagia, bersukacita," kata Dosen UI sekaligus Pendamping RW, Saras Dewi saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Sabtu (1/2/2014).Menurut Saras, RW memiliki kendala saat melahirkan. "Detailnya saya diminta keluarga untuk tidak menceritakan. Maaf ya, memang kendalanya RW keadaannya kurus sekali ketika melahirkan, tp ia tetap berjuang," kata Saras.Seperti diberitakan sebelumnya, RW masih merasaka trauma yang mendalam. "Mungkin karena pikiran dan trauma jadi RW itu berat badannya terus turun tapi janin sehat hanya kecil. Ya kecil karena kondisi berat badan sang ibu terus menurun. Tapi sejauh pantauan kami bayi sehat tidak ada gangguan apapun," kata Saras dalam perbincangan sebelumnya.Ditemani orang tua, saudara, pengacara, dan sahabat-sahabat, RW akhirnya mampu dengan selamat melahirkan bayi perempuan.Tak Gugat MateriMenurut pengakuan Kuasa Hukum RW, Iw [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *