Orang dengan HIV/AIDS Minta Diikutkan sebagai Penerima KIS

Ilustrasi-HIV1-11.06.14-Johan.jpg

Pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Jokowi dan JK baru saja meluncurkan tiga ?kartu sakti? yaitu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan KIS (Kartu Indonesia Sehat). Orang dengan HIV (ODHA) menyambut baik lahirnya KIS ini dan menghimbau agar KIS juga mengakomodir Orang dengan HIV sebagai penerima manfaat.

Dari penjelasan yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan, KIS merupakan kepanjangan dari skema PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang ada dalam JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dengan dua added valuenya adalah perluasan cakupan penerima dengan mengikutsertakan kelompok yang secara sosial termarginalkan serta dengan perluasan cakupan paket manfaat dengan menanggung komponen yang sebelumnya tidak ditanggung dalam JKN.

Selama ini, banyak ODHA yang berasal dari kelompok tidak mampu masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses JKN melalui PBI. Hal ini khususnya dikarenakan ada persoalan administrasi kependudukan yang juga kelompok ini punyai. Selain itu, banyak komponen perawatan dan pengobatan bagi ODHA yang selama ini juga diluar dari pertanggungan skema JKN sehingga untuk komponen-komponen ini ODHA masih diharuskan membayar dari kantung sendiri.

Semangat peluncuran KIS ini direspon positif oleh LSM Indonesia AIDS Coalition (IAC), sebuah LSM yang berbasiskan ODHA. Lahirnya KIS diharapkan melengkapi skema PBI dengan mengakomodir kelompok masyarakat yang selama ini mengalami kendala administratif untuk mendaftarkan dirinya menjadi PBI dalam JKN.

Selain itu, KIS juga diharapkan dapat menanggung komponen layanan yang selama ini dibutuhkan oleh ODHA namun belum bisa ditanggung oleh JKN seperti misalnya tes CD4, tes Viral Load dan beberapa obat untuk infeksi penyerta AIDS.

?Kami yakin KIS ini bisa menjadi salah satu peluang pendanaan bagi program penanggulangan AIDS yang selama ini masih sangat bergantung pada donor. Dengan mengakomodir ODHA serta komponen layanan yang dibutuhkan, kita bisa tekan infeksi HIV secara drastis dan juga mengurangi tingkat kematian pada ODHA?, kata Aditya Wardhana, Direktur Eksekutif dari LSM IAC.

Selama ini tidak bisa dipungkiri bahwa dengan tersediannya layanan pengobatan pada ODHA bukan saja menurunkan tingkat kematian pada ODHA namun juga mampu menurunkan tingkat infeksi HIV baru. Penelitian terbaru mengatakan bahwa ODHA yang mendapatkan terapi dan tingkat virus dalam tubuhnya rendah itu 96% menurunkan potensi penularan dari dirinya ke orang lain.

?Target dari KIS kan memang kelompok yang oleh pemerintah dikenal dengan nama Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau dengan kata lain adalah kelompok yang susah dijangkau dengan akses konvensional. Saya yakin pemerintahan Jokowi juga sudah memikirkan cara-cara non-konvensional untuk tetap mampu memberikan akses KIS kepada kelompok ini.? tambah Aditya.

Harapan terbesar ODHA terhadap KIS adalah skema ini kedepan juga akan mengakomodir komponen obat ARV yang selama ini digunakan untuk terapi HIV guna menekan jumlah virus dalam tubuh. Adanya jaminan pembiayaan obat ARV ini akan menjadi kunci keberhasilan Indonesia dalam menghadapi epidemic AIDS.

LSM IAC optimis jika KIS ini lebih diperjelas lagi dengan aturan dan petunjuk yang lebih secara specific menerangkan siapa target penerima manfaatnya serta paket manfaat juga mengakomodir layanan AIDS termasuk obat ARV maka visi kita untuk menurunkan dan membalikan laju epidemic sekaligus menurunkan tingkat kematian akibat AIDS bisa pelan-pelan terwujud.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Praktis Pilih Bra yang Tepat Ukuran

Cara Praktis Pilih Bra yang Tepat Ukuran

Hampir setiap wanita kesulitan menemukan bra yang pas. Wanita terkadang terlalu malu menghabiskan waktu berlama-lama untuk mencoba bra. Akhirnya, wanita memakai bra yang tak pas dan ini tak hanya buruk untuk estetika tapi juga kesehatannya.Bra yang tak pas bisa merusak jaringan payudara Anda. Dan jika tak mendukung dengan benar, Anda bisa mengalami masalah punggung, terutama yang memiliki payudara besar. Wanita jadi membentuk lekukan besar di bahunya dan tekanan konstan bisa menyebabkan migrain. Selain itu, bra yang tak pas bisa merobek ligamen di dalam payudara.Ini sebenarnya tak hanya soal ukuran dan cup. Payudara juga memiliki berbagai ukuran."Bra yang menutup seluruh jaringan payudara akan mengubah kehidupan mereka," kata Anya Merryfield, Brand Manager di Rose and Thorne Lingerie seperti dikutip IndiaHealth, Kamis (9/1/2014).Berikut beberapa tips yang bisa membantu wanita menemukan bra yang pas:1. Bra yang tepat harus pasTapi bukan berarti harus terlalu ketat. Anda harus bisa memasukkan dua jari di bawah band (tali lebar yang melingkarkan bra dari depan atau dada ke belakang atau punggung) untuk kenyamanan. Jika bagian belakang bra naik ke atas atau tali bahu turun sepanjang ha [...]

Remaja Hamil di Luar Nikah dan Pemakai Narkoba Berkurang

Remaja Hamil di Luar Nikah dan Pemakai Narkoba Berkurang

Pemerintah London, Inggris, tampaknya tengah berbahagia melihat fenomena yang terjadi di kalangan remajanya. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir terjadi penurunan yang cukup signifikan pada remaja yang mencoba ganja atau obat-obatan terlarang. Tak hanya itu, penurunan pun terjadi pada kehamilan remaja perempuan di sana. Padahal, hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.Selain ketersedian kontrasepsi implan dan suntikan jangka panjang, sejumlah analisa percaya bahwa kehamilan remaja mengalami penurunan, karena mereka mulai tersadar betapa pentingnya pendidikan di masa depan. Itulah yang membuat mereka mulai terpikir untuk menyelesaikan pendidikannya agar dapat mencapai karir yang diinginkan. Sedangkan masyarakat percaya bahwa kondisi ini terjadi karena munculnya media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Path, yang membuat jutaan remaja lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kamar, ketimbang harus berkerumun di jalanan.Dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (25/7/2014) temuan ini didasarkan pada kuesioner yang diisi oleh 5.000 orang murid berusia antara 11 sampai 15 tahun, yang dilakukan selama pelajaran sekolah tengah berlangsung. Survei ini sengaja dirancang sedemikia [...]

Anak Ingin Negosiasi ke Ortu Saat Ancam Kabur dari Rumah

Anak Ingin Negosiasi ke Ortu Saat Ancam Kabur dari Rumah

Orangtua mungkin pernah mendengar anaknya mengancam akan kabur dari rumah karena kesal dengan ayah ibunya. Sebenarnya, ancaman kabur dari rumah itu sebagai upaya negosiasi anak kepada orangtuanya."Itu sebagai negosiasi dengan berharap lawannya bisa turun emosinya dan menaikkan harga dirinya," kata Psikolog Lembaga Terapan Psikologi UI Muhammad Rizal, Psi, saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Jumat (21/2/2014).Rizal menjelaskan, proses negosiasi ini tak hanya dilakukan anak-anak. Orang dewasa juga bisa melakukannya. Karena di dalam diri setiap orang itu ada temperamen anak-anak yang suka manipulatif."Di diri kita itu ada tiga temperamen yakni orangtua, dewasa, dan anak-anak. Jadi tergantung pada konteksnya kapan muncul," ujar Rizal.Rizal mencontohkan, ketika seorang dewasa muncul tempramen anak-anak bisa saja saat di kantor mengancam resign saat berdebat dengan bosnya. Dan anak-anak pun bisa bertempramen orangtua saat mengingatkan agar orangtuanya hati-hati. "Tempramen dewasa itu umumnya pertukaran informasi. Dan temperamen orangtua bisanya ngayomi, penuh nasihat, dan marah-marah.Tapi, ancaman kabur itu sebagai negosiasi mungkinkan orang tersebut benar-benar akan me [...]

Kebiasaan Berbahaya yang Membunuh Mimpi

Kebiasaan Berbahaya yang Membunuh Mimpi

Hidup tanpa mimpi bagaikan burung tanpa sayap yang tak bisa terbang. Untuk mencapai impian, kita harus menjaga hati dan pikiran. Tapi, tanpa disadari kebiasaan sehari-hari di dalam hidup ini bisa menjadi pembunuh mimpi tersebut.Kebiasaan dan pola perilaku begitu erat dengan kepribadian yang menjadi sifat yang melekat. Ini yang bisa membuat kita lemah dan rapuh sehingga akan mudah beralasan untuk melepas impian. Apabila kebiasaan Anda itu menjauhkan dari impian, berhati-hatilah. Anda perlu melepas kebiasan tersebut.Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membunuh impian di dalam hidup ini seperti dilansir LifeHack, Rabu (2/4/2014):1. Ketakutan yang tak diketahuiKarakteristik. Orang ini selalu dikelilingi berbagai jenis ketakutan seperti takut ditolak, takut berpisah atau kehilangan, penghinaan, dan takut punah. Ketakutan yang selalu ada di dalam pikiran mencegah seseorang mengambil langkah-langkah menuju mimpinya seperti mengambil risiko dan orang ini selalu menikmati zona kenyamanan sendiri.Ketakutan yang tak diketahui merupakan kondisi pikiran dari masa kecil kita. Misalnya saja, orangtua terus menerus mengatakan kepada anaknya agar tak pergi ke luar jika ada seorang pria janggut put [...]

Satu Lagi Jemaah Haji Asal Bantul Diduga Terinfeksi Flu Burung

Satu Lagi Jemaah Haji Asal Bantul Diduga Terinfeksi Flu Burung

Usai menunaikan ibadah haji seorang jamaah asal Bantul K (95) langsung dibawa ke Rumah Sakit RSUP Sardjito. Pasalnya K mengalami panas tinggi dan sesak napas. Takut terkena penyakit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS - Cov) yang sedang melanda daerah pelaksanaan ibadah haji, keluarga lalu membawa K ke Sardjito. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Paru RS Sardjito, Sumardi mengatakan satu orang dari Bantul terkena gejala penyakit seperti MERS-Cov. Namun ia menegaskan penyakit yang diidap K masih berupa gejala atau Suspect MERS Cov. "Itu lain. Kalo Mers-Cov bukan seperti itu. Sementara suspect saja," ujar Sumardi kepada liputan6.com Kamis (30/10/2014).K diperiksa pada Senin (27/10) malam. Sumardi mengatakan pasien saat ini dalam kondisi stabil. Pasien berada dalam ruang isolasi Melati 5 RSUP Sardjito Yogyakarta. "Stabil sekarang di ruang isolasi," ujwrnya.Sumardi menjelaskan saat ini pihak rumah sakit masih mengawasi kondisi pasien. Pemberian obat-obatan standar penganganan virus dan perkembangan kesehatan terus dicatat oleh rumah sakit. "Masih dalam pengawasan kita," ujwrnya.Pihak RS mengimbau kepada jemaah haji yang baru pulang untuk memeriksakan diri untuk [...]

Kerap Mendengkur Pas Tidur, Waspadai Serangan Jantung

Kerap Mendengkur Pas Tidur, Waspadai Serangan Jantung

Pasangan atau anggota keluarga mendengkur saat tidur? Daripada membangunkannya, mungkin lebih baik Anda awasi dengkurannya dulu. Pasalnya, dengkuran saat tidur bisa membuat terputusnya napas saat tidur.Seperti disebutkan dalam buku yang ditulis oleh para ahli di bidang teknologi pangan dan nutrisi, Nutrifood yang berjudul 101 Mitos Kesehatan bahwa kondisi dengkuran yang memutus napas disebut juga Obstructive Sleep Apnea (OSA). Kondisi ini dapat menyerang jantung dan stroke dalam waktu lama."Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang terkena OSA dapat membuat Anda terkena serangan jantung lebih tinggi 40 persen dibandingkan dengan orang yang tidurnya nyenyak. Salah satu faktor risiko dari OSA mereka yang mengalami obesitas dan sering mengalami OSA saat tidur," tulis buku tersebut.Berita baiknya, menurunkan berat badan ternyata adalah strategi yang tepat untuk mengurangi dengkuran sekaligus menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, serta risiko terkena diabetes.Namun, tidak mengalami OSA belum tertentu bebas dari bahaya serangan jantung, buku ini memperingatkan. Studi oleh Henry Ford Hospital di Amerika Serikat menemukan kalau dengkuran tanpa OSA pun ternyata berhubungan dengan [...]

7 Makanan yang Bikin Asam Lambung Naik, Hindarilah

7 Makanan yang Bikin Asam Lambung Naik, Hindarilah

Hampir semua orang mungkin pernah mengalami asam lambung menaik atau refluks asam (refluks gastroesofagus). Tapi banyak yang tidak sadar atau cenderung mengabaikannya. Padahal asam lambung bisa dipicu dari makanan di malam hari dan menyebabkan rasa tidak nyaman seperti nyeri dan rasa terbakar di bagian perut, ulu hati hingga dada serta asam mulut.Seperti dikutip laman Prevention, Senin (8/9/2014) Laringologi dari New York City, Jamie Koufman, MD mengatakan, faktor risiko asam lambung sejauh ini paling sering diakibatkan oleh makan malam yang tidak baik, seperti: 1. Alkohol Mnegonsumsi alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan refluks asam yang mengganggu lambung dan kerongkongan. 2. Soda Sudah jelas bahwa minuman bersoda lebih asam daripada minuman apapun. Plus, karbonasi dalam minuman bersoda dapat meningkatkan tekanan perut. 3. Makanan berlemak Selain makanan berat yang mengandung minyak, makanan berlemak disini termasuk es krim, kue, dan keju. 4. Cokelat Selain tinggi lemak, cokelat juga mengandung stimulan yang disebut theobromine, yang apabila dikonsumsi di malam hari dapat meningkatkan refluks asam. 5. Kacang Meskipun fakta menyebutkan bahwa kacang menyehatkan [...]

BPOM: Tidak Mudah Awasi Penjual Takjil Saat Puasa

BPOM: Tidak Mudah Awasi Penjual Takjil Saat Puasa

Tak terasa bulan Ramadan tinggal beberapa minggu lagi. Belajar dari pengalaman tahun 2013, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan pengawasan pangan jajanan pada buka puasa atau takjil justru paling sulit dilakukan.Kepala Badan POM, Roy Sparingga mengatakan, pengawasan penjual takjil tidak mudah karena usaha ini menyebar bahkan sampai ke penjual rumahan. Kesempatan ini juga yang dimanfaatkan penjual tidak bertanggung jawab untuk memasukkan bahan berbahaya pada makanan."Pengawasan takjil tidak mudah karena menyebar dan siapa saja boleh menjualnya. Jadi tolong masyarakat hati-hati. Karena tahun lalu masih ditemukan zat pewarna tekstil rhodamin pada makanan dan formalin pada mi basah, tahu dan lainnya," kata Roy, ditulis Jumat (13/6/2014).Roy mengingatkan, jenis pangan jajanan buka puasa yang tidak memenuhi ketentuan pada 2013 mencakup kudapan, makanan ringan, es, mi, lauk pauk, minuman berwarna, bubur, jelly atau agar-agar dan bakso. /Abd [...]

Menstruasi Bukan Buang Darah Kotor

Menstruasi Bukan Buang Darah Kotor

Orang dulu menyebut menstruasi dengan pengeluaran darah kotor. Padahal, selama proses itu yang keluar justru darah bersih atau sel darah merah, bukan sebaliknya."Tidak ada itu darah kotor. Menstruasi adalah siklus bulanan yang terjadi secara fisiologis. Ditandai dengan keluarnya darah dari rahim akibat luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah," kata Spesialis Gizi Klinis Departemen Gizi FKUI-RSCM, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK dalam acara 'Tetap Fit Selama Menstruasi' di Hotel Akmani, Jakarta, ditulis Minggu (25/5/2014)Dalam siklus ini, lanjutnya, wanita akan kehilangan pasokan darah bersih yang mengandung hemoglobin. Dan bila kehilangan banyak zat besi akan membuatnya lemas sepanjang hari.Untuk usia awal terjadinya menstruasi, biasanya terjadi pada usia pubertas yaitu 12-13 tahun. Tapi, di zaman moderen usia awal terjadinya menstruasi mengalami percepatan yakni pada usia 8 sampai 9 tahun.Adapun gejala saat menstruasi di antaranya nyeri perut (kram), pusing berkunang-kunang, lemas, letih, lesu, lelah, tidak bertenaga, pucat, dan emosi menjadi tidak stabil atau sensitif.(Adt/Mel) [...]

Wanita Ini Sulit Cari Bra untuk Payudaranya yang Membesar Jadi 32G

Wanita Ini Sulit Cari Bra untuk Payudaranya yang Membesar Jadi 32G

Payudara yang besar membuat seseorang kesulitan menemukan ukuran bra yang pas. Inilah yang dialami mantan model Hannah Sadowska yang memiliki ukuran bra 32G. Namun, ia tak putus asa dengan merancang bra.Desain Hannah ini ditujukan untuk prajurit wanita, pemadam kebakaran, dan polisi.Hannah (33) tak menemukan bra yang pas setelah operasi pembesaran payudara enam tahun lalu. Sebelumnya ukuran bra miliknya 32 C dan bertambah menjadi 32 G dengan harapan bisa menjadi model.Hannah baru merasakan kesulitan menemukan bra tang pas ketika berlari. Bra olahraga yang dikenakannya tak bisa memberikan dukungan yang cukup untuk buah dadanya yang lebih besar.Ia pun ingin mewujudkan ambisinya dengan memulai bisnis online bra olahraga dengan merek Little Miss Run Riot.Hannah berharap desainnya itu bisa menarik minat wanita yang memperbesar payudaranya dan melakukan aktivitas berbahaya seperti anggota kepolisian, petugas pemadam kebakaran, atau angkatan bersenjata.Orangtua tunggal dari Wrexham itu menjelaskan, ketika kuliah di Glyndwr University, ia senang berlari. Tapi ia tak pernah berhasil menemukan bra olahraga yang benar sejak membesarkan buah dadanya. "Jadi saya pikir saya ingin memulai bisnis [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *