Ortu Korban Pelecehan Seks Bakal Gugat Pengelola JIS

jis2.jpg

Orang tua korban kekerasan seksual TPW berencana menggugat pihak pengelola Jakarta Internasional School (JIS) Jakarta Selatan terkait dugaan kelalaian.

“Pasti akan kita gugat dengan mempersiapkan surat gugatannya,” kata pengacara orang tua korban kekerasan seksual OC Kaligis di Markas Polda Metro Jaya, seperti dikutip Antara Kamis (17/4/2014).

Kaligis mengatakan pihak sekolah terlambat menanggulangi kejadian kekerasan seksual terhadap murid taman kanak-kanak berinisial AK (6) itu.

Pengacara senior itu, menyebutkan seharusnya pihak pengelola JIS memasang kamera tersembunyi di dekat kamar kecil sebelum terjadi kasus pelecehan seksual terhadap murid sekolah bertaraf internasional itu.

“Ini kelalaian dari sekolah. CCTV tidak ada di situ (di dekat toilet). Baru sekarang dipasang. Setelah kejadian baru sekolah bertindak,” ujar Kaligis.

Kaligis menilai peristiwa kekerasan seksual yang dialami AK merupakan preseden buruk bagi dunia pendidikan di Indonesia dan salah satu peristiwa paling sadis.

Pada kesempatan itu, Kaligis bersama orang tua korban bertemu dengan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Dwi Priyatno, perwakilan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar.

Irjen Polisi Dwi Priyatno menuturkan pihaknya akan menuntaskan kasus kekerasan seksual terhadap AK.

Selain itu, Dwi menyatakan Polda Metro Jaya akan mengedepankan upaya pencegahan agar tidak terjadi kembali tindak kekerasan seksual terhadap murid taman kanak-kanak.

“Polri akan mempunyai polisi siswa, polisi sahabat anak,” ungkap mantan Kapolda Jawa Tengah itu.

Sejauh ini, polisi telah menetapkan dua tersangka kekerasan seksual terhadap AK, yakni Agun dan Awan yang bekerja sebagai petugas kebersihan di JIS.

Polisi juga sedang mendalami dugaan keterlibatan dua orang pria berinisial ZA dan AN, serta seorang wanita berinisial AF yang dicurigai sebagai pelaku, namun statusnya masih sebagai saksi.

Tersangka Awan dan Agun dikenakan Pasal 82 UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Toilet Lindungi Wanita India dari Perkosaan

Toilet Lindungi Wanita India dari Perkosaan

Jumlah kasus perkosaan yang terus meningkat di India terus dikecam dunia. Belum lama ini sebuah perkampungan kumuh kembali membuat geger masyarakat India, dua orang remaja dengan brutalnya memperkosa seorang gadis. Menurut para ahli, kasus ini dipicu oleh jumlah toilet yang minim di beberapa wilayah miskin di India. Seperti dikutip Huffingtonpost, Jumat (5/9/2014), pada 14 Mei lalu seorang gadis diperkosa dan digantung di pohon mangga saat ia hendak buang air kecil. Ia dicegat seorang pria dan akhirnya mengalami hal yang tidak senonoh.Associated Press melaporkan, penduduk India terus protes dan menyalahkan polisi yang lamban menangani kasus perkosaan yang semakin banyak. Laporan media setempat menujukkan, setiap 30 menit seorang wanita di India diperkosa dan lebih sering dialami perempuan miskin karena buang air kecil di tempat terbuka.Saat ini, Bank Dunia mencatat, ada lebih dari 600 juta orang (lebih dari 53 persen dari populasi) yang tidak memiliki akses ke toilet pribadi. Hal ini membuat seorang perempuan rentan buang air kecil atau buang air besar pada larut malam atau di waktu gelap."Tidak adanya toilet di rumah-rumah, terutama di daerah pedesaan menjadi latar belakang tingg [...]

Pria pun Gemar Bersolek

Pria pun Gemar Bersolek

Sejak David Beckham dan Brad Pitt didaulat sebagai ikon gaya hidup, sejumlah spa dan tempat perawatan kecantikan yang seharusnya dipenuhi oleh kaum wanita, justru kini didominasi oleh pria. Dari suatu penelitian yang dilakukan pekan lalu, diketahui bahwa satu dari orang tiga pria merasa nyaman dan menikmati betul perawatan kecantikan yang mereka lakukan, setidaknya satu kali dalam sebulan.Perawatan yang dilakukan para pria itu beragam; 41 persen pria melakukan pencukuran jenggot, dan 33 persen pria memilih untuk dipijat, dan satu dari sepuluh pria memilih waxing.Ketika situs Last Minute dot com melakukan tanya jawab terhadap sejumlah pria, secara terbuka mereka mengatakan melakukan perawatan sudah menjadi bagian dari hidupnya. Empat belas persen pria, mengatakan, akan melakukan perawatan tubuh ketika aka melangsungkan wawancara kerja.Dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (25/11/2014), pria asal Birmingham adalah sosok yang paling bangga terhadap penampilan mereka. [...]

Stigma Negatif Masih Dirasakan Pasien Bibir Sumbing

Stigma Negatif Masih Dirasakan Pasien Bibir Sumbing

Pasien dengan kondisi celah bibir dan langit-langit (CBL) masih hidup dengan stigma buruk dari masyarakat. Olokan serta cacian masih sering diterima orang dengan kondisi ini ketika bersosialisasi dengan orang lain. Bahkan di televisi, entah disadari atau tidak oleh para pekerja seninya, kondisi dengan suara yang terdengar sengau dijadikan 'senjata' untuk memancing gelak tawa para penonton yang menyaksikannya.Diakui mantan orang dengan kondisi CBL, Nidhal Syarifa (28) bahwa stigma dan pandangan miring terhadap orang yang memiliki kondisi sama seperti dirinya tidak hanya berasal dari orang yang berada di luar lingkungannya, melainkan juga berasal dari orangtua sendiri. Tidak sedikit orangtua yang belum mampu menerima kenyataan bahwa anak yang lahir dari rahimnya memiliki kondisi seperti itu."Sama seperti autisme, masih ada orangtua yang tidak bisa menerima kenyataan bahwa anaknya lahir dengan kondisi seperti ini," kata Nidal kepada Health-Liputan6.com di Bandung, ditulis pada Senin (8/9/2014)Nidhal yang telah lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran (FKG-UNPAD) dan tengah bertugas di Puskesmas Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi sebagai dokter gig [...]

Pekerja Perempuan Merasa Tak Nyaman dengan Bos Wanita?

Pekerja Perempuan Merasa Tak Nyaman dengan Bos Wanita?

Jenis kelamin ternyata bisa berpengaruh dalam pekerjaan di kantor. Dua wanita cenderung kurang bisa bekerja sama dibandingkan dua pria ketika salah satunya lebih berkuasa dibanding yang lain. Dengan kata lain, masalah muncul dalam situasi di mana salah satu perempuan lebih kuat dibanding yang lain.Tampaknya, masalah ini tak terjadi ketika perempuan memiliki tingkat yang sama. Para peneliti mengatakan dalam Jurnal Current Biology, kurangnya kepercayaan bisa datang dari kedua arah. "Studi ini tidak menunjukkan apakah penurunan kerjasama antara perempuan jika status yang berbeda, karena pangkat yang lebih tinggi atau yang lebih rendah," kata peneliti."Namun temuan kami konsisten dengan hasil yang menunjukkan perempuan yang statusnya lebih rendah bisa menjadi tak nyaman bekerja sama dengan atasan mereka," ujarnya.Temuan ini bertentangan dengan kepercayaan bahwa perempuan secara alami akan saling membantu dengan sesamanya, sedangkan pria terlalu kompetitif dengan satu sama lainnya.Para peneliti mengatakan, pria bisa mengesampingkan perbedaan mereka dalam rangka membentuk aliansi. Namun, perempuan paling nyaman dengan orang-orang yang berada dalam tingkat yang sama."Pertanyaan yang ingin [...]

Dianggap Jual Makanan Tak Sehat, Kios Gadis 11 Tahun Ditutup

Dianggap Jual Makanan Tak Sehat, Kios Gadis 11 Tahun Ditutup

Hati gadis berusia 11 tahun, Chelsea Ruderforth, dari Bunbury, Australia Selatan, begitu hancur karena tak bisa berjualan jus jeruk dan cupcake di kios yang dibangunnya. Kiosnya itu ditutup karena dinilai menjual produk yang tak sehat dan mengancam keselamatan. Chelsea mendirikan kios di pinggir jalan, menjualkan limun buatan sendiri, cupcake, dan lemon meringue pie. Menurut sang ibu Marissa, putrinya itu sedang mengumpulkan uang untuk natal."Ini adalah hari yang menyedihkan ketika seorang anak tak bisa mengumpulkan uang tambahan dengan menjual beberapa cupcake dan lemon," kata Marissa seperti dilansir ABCPerth, Rabu (24/12/2014).Marissa menjelaskan, hati putrinya hancur ketika petugas dewan kota menutup kios. Saat itu Chelsea sedang mendirikan tenda untuk kiosnya. Dewan Kota mengetahui kios milik Chelsea itu setelah keluarga Ruderforth mempromosikan kiosnya di media sosial beberapa hari sebelum didirikan. Dan seorang anggota masyarakat kemudian melaporkan kios itu ke dewan.Manajer Kesehatan Lingkungan Sarah Upton mengatakan, ketika petugas tiba untuk menutup kiosnya, Chelsea belum selesai merapikan dagangannya."Kota ini benar-benar menerima keluhan tentang jenis produk makanan yan [...]

Indonesia Alami Kelangkaan Radioisotop

Indonesia Alami Kelangkaan Radioisotop

Sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia tengah mengalami kelangkaan radioisotop. Padahal, radioisotop dapat dimanfaatkan untuk diagnosa dan terapi dari suatu penyakit.Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto, menceritakan,"Saya baru saja pulang dari Australia untuk menghadiri Forum Kerjasama Nuklir Negara Asia. Memang, di banyak negara di Asia, termasuk Indonesia, ada kelangkaan radioisotop."Karena negara kita memiliki reaktor nuklir, lanjut Djarot, Indonesia sangat diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih, paling tidak pada regional Asia. Sebab, reaktor nuklir ini yang menghasilkan radioisotop."Kalau radioisotop dimasukkan ke dalam tubuh, dapat mengetahui aliran darah atau ketidakberesan pada jantung, atau untuk mencari tahu di mana posisi adanya kanker," kata Djarot di Kantor Pusat BATAN, Lantai 2, Gedung A, Jalan KH. Abdul Rokhim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (21/11/2014)Lebih lanjut dia mengatakan, hingga beberapa tahun lalu, semua produksi radioisotop dilakukan di dalam negeri, untuk digunakan di sejumlah rumah sakit yang memiliki kedokteran nuklir di Indonesia. "Namun, karena supply dari PT Inuki atau PT Nuklir Indo [...]

Selain ICMI, BPJS Kesehatan Juga Gandeng KWI dan PGI

Selain ICMI, BPJS Kesehatan Juga Gandeng KWI dan PGI

Setelah resmi bekerjasama dengan lembaga amil zakat dalam rangka implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk warga miskin yang tidak terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI), BPJS Kesehatan juga menggandeng Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) serta Persekutuan Gereja-gereja Indonesia. Seperti diungkapkan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris, hingga kini baru ada tiga organisasi keagamaan yang telah bergabung untuk membantu warga miskin yang belum tergabung PBI. "Masalahnya gereja mungkin punya daftar penerima bantuan tertulis. Tapi mesjid belum ada karena semua warga miskin masih ditampung. Maka itu nanti mengatur gereja dan ICMI. Untuk paketnya terserah mereka. Yang jelas kita terima perorang per bulan Rp 25.500," kata Fahmi saat ditemui di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta ditulis Jumat (25/4/2014). Sebelumnya, Fahmi mengatakan, skema bantuan untuk masyarakat miskin untuk saat ini akan ditanggung oleh lembaga amil zakat. Ini karena Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) atau Lembaga Amil zakat telah memiliki data-data masyarakat yang belum ditanggung dan akan memilih kembali calon peserta mana saja yang berhak menerima dana zakat. [...]

Mahasiswa Unibraw Temukan Alat Pengukur Usia Biologis

Mahasiswa Unibraw Temukan Alat Pengukur Usia Biologis

Tim MicroUB 1 dari Jurusan Teknik Elektro FT UB meraih juara tiga dalam kategori Medical Electronic and Assistive Technology pada kompetisi Lomba Cipta Elektroteknik Nasional ke-18 (LCEN XVIII) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (HIMATEKTRO FTI ITS) selama dua hari, dari 24 hingga 25 Mei. Tim MicroUB 1 membuat alat Pendeteksi Usia Biologis Sebagai Penentu Program Diet Bagi Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 dan Obesias. Alat ini bekerja dengan cara, pengguna dipersilahkan duduk di kursi kemudian alat akan membaca berat badan dan tinggi lutut yang akan dikonversi menjadi tinggi badan. Kemudian data yang diambil tadi dihubungkan secara serial ke komputer. Pada komputer, data langsung dimasukkan ke software yang dibuat. Kemudian data seperti umur kronologis atau umur sesungguhnya juga dimasukkan. Setelah selesai, akan keluar hasil berupa usia biologis. Usia biologis adalah usia yang menunjukkan seberapa sehat penggunanya. Jika usia biologis lebih muda dari usia sesungguhnya, maka dikatakan sehat, apabila sebaliknya, maka kurang sehat atau risiko mendapat penyakit akibat gaya hidup semaki [...]

Sekarang, Parasetamol Bukan untuk Hilangkan Nyeri Punggung

Sekarang, Parasetamol Bukan untuk Hilangkan Nyeri Punggung

Pemberian parasetamol sebagai pengobatan lini pertama biasanya disarankan para dokter untuk menangani terjadinya sakit punggung bagian bawah, terlebih bila serangan begitu menyakitkan. Akan tetapi, National Health Service (NHS) menganjurkan agar pasien tidak melakukannya.Nyeri punggung bagian bawah diduga memengaruhi dua dari lima orang, yang dipicu oleh postur tubuh yang buruk, cara membungkuk dan mengangkat sebuah benda dengan gerakan yang salah. Dalam banyak kasus, banyak pasien yang memercayai parasetamol dapat menangani kondisi tersebut begitu cepat.Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris memperlihatkan, pemberian parasetamol tidak berpengaruh pada nyeri punggung, meski perawatan semacam ini banyak direkomendasikan oleh tim medis. Dari percobaan yang dilakukan, menunjukan bahwa obat penghilang rasa sakit tidak membantu penderita pulih lebih cepat, mengurangi rasa sakit, atau memperbaiki kualitas tidur dan kualitas hidup pasien.Para peneliti merekomendasikan agar para dokter menasihati pasien untuk beristirahat dan memperbaiki postur tubuh mereka, dan meyakinkan bahwa mereka akan lebih baik tanpa obat-obatan. Sebab, pemberian parasetamol dalam dosis cukup tinggi, berbahaya [...]

5 Hal Buruk yang Rentan Dialami Tentara

5 Hal Buruk yang Rentan Dialami Tentara

Penderitaan yang dirasakan seorang tentara tidak hanya terjadi selama di medan perang. Bertahun-tahun usai peperangan pun mereka masih merasakan sakit dan menderita. Bahkan, seringkali para pejuang ini memerlukan perawatan jangka panjang akibat dampak fisik dan psikologis yang dialami akibat perang.Inilah yang dialami seorang pejuang selama hidupnya, baik selama perang dan sesudah perang berakhir, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (19/8/2014): 1. Post traumatic stress disorder (PTSD)Kondisi yang juga dikenal sebagai `shell shock` adalah kondisi psikologis yang dapat disebabkan oleh stres yang terjadi secara konstan selama berada di pertempuran. Gejala dari PTSD adalah mimpi buruk, kurang konsentrasi, mudah marah, dan sulit tidur. 2. RinduBerada di negara asing, terutama jika Anda terluka, dapat menyebabkan mereka merasa sendiri. Bila ini terjadi berkepanjangan, dapat menyebabkan masalah mental yang cukup berat. 3. Kurangnya perawatan medisSelama perang, sebagian besar tentara menerima sedikit atau tidak sama sekali dalam hal perawatan medis. Kurangnya kepedulian terhadap kesehatan para tentara, membuat kesehatan mental mereka akhirnya terganggu. Setiap bangsa harus b [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *