Pegagan Khasiat Alaminya Bisa Menghilangkan Jerawat Loo..

jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dihadapi oleh hampir setiap orang. Selain rasa yang kurang nyama, terkadang juga menimbulkan rasa sakit. Selain itu tentunya juga sangat menggangu penampilan. Dengan berbagai macam latar belakang yang mendukung timbulnya jerawat, penyembuhannya pun juga sangat bervariasi. Banyak kalangan remaja hingga dewasa mengalami tumbuhnya jerawat pada kulit. Terutama pada kulit wajah. Jerawat yang timbul disebabkan dari berbagai pemicu yang berbeda-beda. Ada yang mengalami tumbuhnya jerawat pada kulit karena kulit berminyak sehingga berpotensi untuk tumbuhnya jerawat, karena pola makan yang kurang sehat juga dapat menyebabkan jerawat, makanan yang biasanya menyebabkan timbulnya jerawat adalah bahan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging ayam, kacang-kacangan, susu, telur dan sabagainya. Hal lain yang dapat memicu timbulnya jerawat adalah dengan perawatan kulit yang kurang bersih. Selain itu juga dapat dipengaruhi oleh hormon yang terdapat pada diri seseorang dengan tingakatan yang berbeda-beda.

Penyembuhan tidak dapat dilakukan dengan mudah memang..

Banyak yang melakukan perawatan menggunakan dokter kecantikan dengan harga yang sangat mahal, dan juga ada pula yang menggunakan bahan kosmetik sebagai bahan penyembuhan. Namun tidak ada salahnya mencoba dengan kasiat herbal tumbuhan yang satu ini. Selain mudah didapatkan, pembuatannya pun juga sangat mudah. Namun sebelum anda menggunakannya sebagai alternative penyembuhan, maka tidak salahnya anda mengetahui tentang tumbuhan yang satu ini.
Pegagan merupakan salah satu tanaman alang-alang dan rerumputan liar yang biasa hidup didaerah perkebunan, sawah, ladang, pinggiran sungai-sungai kecil dan rerumputan. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang hidupnya menjalar dan menempel pada bagian permukaan tanah, namun Pegagan juga memiliki jenis lain dengan bentuk batang yang tidak menjalar.namun tetap memiliki bentuk daun dan tangkai daun yang sama. Biasanya tumbuhan ini hampir tidak mudah terlihat karena memiliki ukuran batang yang kecil. Pegagan memiliki ukuran daun yang cukup kecil dengan bentuk bulat hijau. Pegagan biasa hidup menyatu dengan rerumputan sehingga perlu dengan jeli untuk mendapatkannya. Namun tumbuhan ini sangat banyak tumbuh didaerah-daerah tersebut.

pegagan

Pegagan merupakan salah satu jenis tumbuhan herbal dengan banyak kandungan yang berkhasiat untuk pengobatan herbal antara lain asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi (https://id.wikipedia.org/wiki/Pegagan). Dan juga kandungan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra, kandungan anti bakteri yang juga mampu menyembuhkan luka. Kandungan ini yang digunakan sebagai kandungan yang mampu mengurangi peradangan dan timubulnya jerawat pada kulit.

Pengobatan herbal dikenal dengan biaya yang cukup terjangkau, namun dengan memilih perawatan menggunakan pengobatan herbal ini perlu anda ketahui bahwa pengobatan herbal membutuhkan proses yang cukup lama dan teratur dalam pemakaiannya. Namun pengobatan herbal jauh dari efek samping yang dapat merusak kulit seperti pengobatan menggunakan bahan kimia.

Pengobatan dan pencegahan jerawat dengan menggunakan Pegagan dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu :

1. Masker wajah

Untuk menggunakan pengobatan herbal ini anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun Pegagan hijau kira-kira cukup 20 lembar daun Pegagan. Haluskan dengan sedikir air sebagai pelarutnya. Air yang dicampurkan jangan terlalu banyak agar kandungan Pegagan dapat didapat dalam keadaan kental. Setelah daun Pegagan dihaluskan, anda dapat menggunakan sebagai masker wajah. Perlu anda perhatikan bahwa sebelum menggunakannya, pastikan permukaan kulit wajah dalam keadaan bersih (tanpa make up). Oleskan Pegagan yang sudah dihancurkan ke permukaan kulit sambil dipijat halus dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian anda dapat membersihkannya dengan air hangat.

2. Minuman herbal

Penyembuhan jerawat dengan menggunakan Pegagan juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi jus Pegagan, sedikit pahit memang namun anda dapat menambahkan madu didalamnya agar dapat mengurangi rasa pait yang ditimbulkannya. Kandungan Pegagan mampu berkhasiat melancarkan peredaran darah yang juga akan mengurangi timbulnya pembengkaan pada permukaan kulit seperti jerawat.

Penggunaan kedua jenis alternative pengolahan Pegagan ini disarankan dilakukan secara bersama-sama agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Mengurangi jenis makan-makanan yang dikonsumsi dan tetap menjaga kebersihan permukaan kulit agar dapat mendukung proses penyembuhan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penelitian: Wanita Terlalu Gemuk Berisiko Mati Muda

Penelitian: Wanita Terlalu Gemuk Berisiko Mati Muda

Memiliki tubuh gemuk, baik pria maupun wanita, memang berisiko terkena bermacam-macam penyakit. Namun menurut penelitian terbaru, wanitalah yang sebenarnya lebih berisiko meninggal di usia muda.Penelitian tersebut dipublikasikan secara online di British Medical Journal. Penelitian itu mengungkapkan obesitas menjadi faktor risiko terbesar pada kematian wanita gemuk yang tidak merokok.Ada 3.600 wanita dengan usia 45-64 tahun di Skotlandia yang menjadi responden penelitian tersebut. Seluruh responden itu tidak pernah merokok dan terus dipantau kehidupannya selama 28 tahun.Selama diteliti, 1/2 dari respoden meninggal karena terkena sakit jantung. Dari para responden yang meninggal itu, mereka yang mengalami obesitas paling banyak jumlahnya.Ahli Nutrisi dr Dian Griesel saat dimintai komentarnya soal hasil penelitian di atas, mengaku tidak terkejut. "Cukup banyak lemak mematikan dan tidak penting ada di tubuh wanita dan ini membuat jantung bekerja semakin berat dan kemampuan jantung untuk bekerja dalam jangka waktu lama pun bisa menurun," ujarnya.Griesel menjelaskan lagi, seiring waktu berjalan, kelebihan lemak di tubuh ini akan merusak fungsi tubuh seseorang. "Hingga akhirnya memicu [...]

Tes Alergi Belum Tentu Akurat

Tes Alergi Belum Tentu Akurat

Penelitian yang dipublikasikan di The Journal Pediatrics, Amerika Serikat mengungkapkan tes alergi yang dilakukan di lab belum tentu memberikan hasil akurat. Meskipun tes alergi yang seringkali diadakan mampu membenarkan kecurigaan pasien terhadap alergi salah satu jenis makanan dan bahan tertentu, namun kenyataannya hal tersebut tidak menjadikan hasil mutlak. Tes alergi di lab biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui tes darah dan penggunaan alat penusuk yang diberikan sedikit bahan yang dicurigai mampu memberikan efek alergi pada kulit. Pada saat seseorang menjalani tes alergi, 8% anak-anak yang menjalani tes tersebut akan mendapatkan hasil positif memiliki alergi namun kenyataannya hanya 1% yang benar-benar menunjukkan gejala fisik terhadap alergi yang dimaksud. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa cara terbaik melihat alergi seseorang adalah melalui percobaan langsung memakan jenis makanan yang dicurigai, dalam pengawasan pengobatan dokter dan dengan dosis yang sedikit pula. Sehingga dapat menunjukkan hasil nyata sebagai the gold standard dalam mendiagnosa alergi makanan, seperti dilansir dalam ABC News (26/12). Bahkan Dr. Robert Wood spesialis alergi di Johns Hop [...]

Menangani Anak dengan Disabilitas Fisik

Menangani Anak dengan Disabilitas Fisik

Disabilitas fisik dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Hal ini dapat terjadi sejak lahir atau pada saat pertumbuhan. Anak dengan disabilitas perlu belajar agar menjadi lebih siap dalam menjalani hidupnya. Oleh karena itu, orang tua juga perlu mengumpulkan banyak informasi mengenai disabilitas dan apa yang perlu diperhatikan dalam menemani dan mengajarkan anak dengan disabilitas. Disabilitas secara umum merupakan istilah yang digunakan kepada seseorang yang mengalami cacat atau keterbatasan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Disabilitas fisik terjadi dikarenakan adanya penurunan kemampuan bagian tubuh, hilangnya fungsi bagian tubuh, atau mengalami gangguan dengan struktur tubuh. Agar tidak terlalu mengalami kesulitan dalam menjalani kegiatan sehari-hari, seorang anak dengan disabilitas fisik memerlukan perhatian dan pengajaran khusus. Hal-hal seperti mengajarkan makan, pergi ke toilet, dan sebagainya dapat menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Meski begitu, bukan berarti mengajarkan anak dengan disabilitas fisik tidak bisa menyenangkan. Menangani Anak dengan Disabilitas Fisik Ketika diagnosis mengenai kondisi anak Anda sudah jelas, Anda perlu mengumpulkan berag [...]

5 Rahasia Sehat di Balik Manisnya Cokelat

5 Rahasia Sehat di Balik Manisnya Cokelat

Selama ini mungkin Anda selalu berusaha untuk menghindari konsumsi cokelat karena takut berat badan bertambah. Tetapi pada kenyataanya, dibalik rasanya yang nikmat, cokelat justru banyak memberikan manfaat baik untuk tubuh. Berikut enam alasan mengapa cokelat baik untuk kesehatan, seperti yang dikutip dari Beliefnet.1. Menurunkan tingkat kolesterolSebuah studi di Jepang menunjukkan bahwa meminum bahan dasar cokelat, biji kokoa alami dapat memperbaiki tingkat koleksterol Anda. Orang yang meminum cokelat dua kali sehari selama beberapa minggu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol bail (HDL).2. Menurunkan tekanan darahSebuah penelitian pada tahun 2007 di Jerman mengungkapkan bahwa memakan seperempat ons dark chocolate atau cokelat hitam, setiap hari selama 18 minggu bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik tanpa meningkatkn berat badan. Baru-baru ini para ilmuwan di Yale University juga melaporkan bahwa mengonsumsi satu chocolate bar cokelat hitam atau dua cangkir bubuk cokelat dapat mengurangi tekanan darah dan memperbaiki fungsi pembuluh darah pada orang dewasa yang memiliki masalah kelebihan berat badan.3. Meningkatkan sirkulasi darahMem [...]

Sikap Memaafkan Bisa Atasi Stres & Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Sikap Memaafkan Bisa Atasi Stres & Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Idul Fitri memiliki makna yang mendalam bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Di hari yang fitri, pintu maaf terbuka bagi setiap orang. Saling memaafkan pun menjadi tradisi yang wajib dilakukan untuk menghapuskan perasaan buruk seperti dendam dan iri hati.Namun tahukah Anda, memaafkan kesalahan juga bisa mengatasi stres dan mengurangi risiko sakit jantung? Penelitian di Stanford menemukan, dalam sebuah studi dari 259 orang yang menerima pelatihan mengenaik sikap memaafkan, 70% dari mereka mengalami penurunan perasaan sakit hati, 27% telah mengurangi gejala fisik dari stres, dan 15% memiliki tekanan emosional yang lebih rendah.Selain memaafkan, ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar beban pikiran Anda berkurang. Simak 10 cara lainnya untuk kurangi stres yang dikutip dari Prevention International.1. Selalu OptimisUngkapan 'orang yang optimis lebih lama hidup dibanding mereka yang pesimis', sepertinya benar. Berdasarkan penelitian 30 tahun terhadap 1.100 orang, ditemukan bahwa pria dan wanita berumur antara 65 sampai 85 tahun, 77% mereka yang optimis memiliki risiko sakit jantung yang lebih rendah dibanding orang yang pesimis.2. Mencari Aktifitas LainBos Anda yang selalu mem [...]

Minuman Mengandung Kafein Lebih Disukai Remaja

Minuman Mengandung Kafein Lebih Disukai Remaja

Para peneliti menemukan bahwa banyak remaja menyukai minuman yang dicampur atau ditambahkan kafein di dalamnya. Penelitian ini dikembangkan oleh The Society for Study of Ingestive Behavior (SSIB), dimana penelitian ini masuk ke dalam semua aspek perilaku makanan dan minuman, yang dimana ditambahkan kafein membuat para remaja tertarik dan menyukainya. "Produsen Soda mengklaim bahwa kafein ditambahkan ke produk mereka untuk meningkatkan rasa namun, mayoritas orang yang mencoba tidak dapat merasakan perbedaan rasa antara soda berkafein dan soda non-kafein. Hal ini menyebabkan kita mencurigai bahwa kafein dapat ditambahkan ke minuman untuk alasan lain,? kata peneliti Jennifer Temple, Ph.D. Lanjutnya, ?dugaan kami menyatakan, bahwa remaja yang sudah sering mengkonsumsi atau baru mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, akan ingin meminumnya lagi dan lagi. Berbeda dengan remaja yang baru meminum minuman tanpa kafein, maka akan menunjukkan tidak adanya perubahan dalam selera mereka.? Untuk menguji teori ini, remaja berusia 12-17 tahun beberapa kali harus mengunjungi laboratorium. Setiap kunjungan, mereka yang minum soda sampel minuman baru dan diberi nilai sesuai dengan keinginan mer [...]

Ini 7 Benda yang Penuh Kuman di Tempat Umum

Ini 7 Benda yang Penuh Kuman di Tempat Umum

Benda-benda di tempat umum yang terlihat bersih, ternyata bisa menyimpan jutaan kuman dan bakteri berbahaya. Bahkan, yang biasa kita pegang sekalipun seperti daftar menu atau tempat sabun. Dikutip dari Care2, berikut ini 7 benda yang menjadi tempat paling favorit bagi kuman untuk bersarang.1. Daftar Menu di RestoranSaat di restoran, tentunya pengunjung harus melihat menu sebelum memesan makanan. Masalahnya, daftar menu di restoran ternyata menyimpan banyak kuman. Sebuah penelitian yang dirilis Journal of Medical Virology, virus-virus penyebar flu dan demam bisa menempel di permukaan yang keras selama 18 jam. Bayangkan saja, jika di sebuah restoran ada ratusan pengunjung setiap harinya. Kita tidak tahu apakah mereka sedang dalam kondisi sehat atau tidak. Secara tidak sadar, pengunjung yang terserang flu mungkin saja telah menularkan penyakit pada Anda lewat daftar menu yang dipegangnya. Untuk mencegah penyebaran penyakit, jaga jangan sampai daftar menu menyentuh piring atau sendok-garpu; cuci tangan setelah memesan atau pakai gel antiseptik.2. Irisan LemonIrisan lemon atau buah lainnya sering ditambahkan di pinggiran gelas agar minuman terlihat cantik. Tapi hiasan cantik ini tern [...]

Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Tentu Anda pernah mendengar keuntungan dari berolahraga saat hamil seperti tidur yang lebih baik, lebih bertenaga, dan membantu suasana hati. Sangat baik bila saat hamil Anda melakukan olahraga ringan seperti jalan atau berenang. Namun ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya Anda hindari saat Anda hamil. Beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari adalah: � Olahraga untuk mengurangi berat badan Selama Anda hamil memang ada keumgkinan Anda menambah berat badan sebanyak 10 ? 15 kg. Hal ini memang dapat membuat Anda merasa buruk namun sebaiknya Anda mengurangi berat badan itu setelah melahirkan. Selama Anda mengkonsumsi makanan yang sehat, penambahan berat badan selama hamil merupakan tanda bahwa perkembangan janin Anda baik. (Baca: Olahraga Mengurangi Berat Badan Setelah Melahirkan) � Olahraga Kontak Olahraga berat seperti sepakbola dan basket sebaiknya dihindari karena memliki risiko untuk mengenai perut Anda. Hindari olahraga ini terutama setelah trimester pertama. � Olahraga dengan risiko Jatuh Olahraga yang membutuhkan keseimbangan seperti berselancar, atau bersepeda sebaiknya dihindari oleh karena dengan bertambah besar [...]

Tetap Sejahtera Saat Sakit di Usia Senja

Tetap Sejahtera Saat Sakit di Usia Senja

Seiring dengan banyaknya risiko penyakit yang diderita, orang lanjut usia (lansia) adalah kelompok yang paling membutuhkan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan diperlukan agar tabungan yang sudah dikumpulkan seumur hidup tidak habis untuk biaya berobat di masa tua. Umumnya perusahaan asuransi hanya memberikan pertanggungan hingga usia 65 tahun. Mereka yang baru mendaftar asuransi di usia tua, umumnya lebih merasa terbebani karena premi yang dibayar berkali-kali lipat dibandingkan pengguna yang sudah berasuransi sejak muda. Selain itu, karena dianggap lebih berisiko dibandingkan anak muda, lansia perlu menjalani pemeriksaan kesehatan yang kadang-kadang membuat aplikasi mereka tidak disetujui pihak asuransi. Oleh karenanya, ketika membeli asuransi untuk lansia, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan. Awali dengan memeriksa kelengkapan pertanggungan Ketika membeli asuransi untuk balita atau dewasa muda, orang-orang pada umumnya kurang begitu memperhatikan kelengkapan biaya kesehatan yang ditanggung karena merasa masih sehat. Namun dalam pemilihan asuransi kesehatan lansia, perlu dipastikan kelengkapan mencakup seluruh kebutuhan yang meliputi: Biaya rawat jalan: biaya ko [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *