Pegagan Khasiat Alaminya Bisa Menghilangkan Jerawat Loo..

jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dihadapi oleh hampir setiap orang. Selain rasa yang kurang nyama, terkadang juga menimbulkan rasa sakit. Selain itu tentunya juga sangat menggangu penampilan. Dengan berbagai macam latar belakang yang mendukung timbulnya jerawat, penyembuhannya pun juga sangat bervariasi. Banyak kalangan remaja hingga dewasa mengalami tumbuhnya jerawat pada kulit. Terutama pada kulit wajah. Jerawat yang timbul disebabkan dari berbagai pemicu yang berbeda-beda. Ada yang mengalami tumbuhnya jerawat pada kulit karena kulit berminyak sehingga berpotensi untuk tumbuhnya jerawat, karena pola makan yang kurang sehat juga dapat menyebabkan jerawat, makanan yang biasanya menyebabkan timbulnya jerawat adalah bahan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging ayam, kacang-kacangan, susu, telur dan sabagainya. Hal lain yang dapat memicu timbulnya jerawat adalah dengan perawatan kulit yang kurang bersih. Selain itu juga dapat dipengaruhi oleh hormon yang terdapat pada diri seseorang dengan tingakatan yang berbeda-beda.

Penyembuhan tidak dapat dilakukan dengan mudah memang..

Banyak yang melakukan perawatan menggunakan dokter kecantikan dengan harga yang sangat mahal, dan juga ada pula yang menggunakan bahan kosmetik sebagai bahan penyembuhan. Namun tidak ada salahnya mencoba dengan kasiat herbal tumbuhan yang satu ini. Selain mudah didapatkan, pembuatannya pun juga sangat mudah. Namun sebelum anda menggunakannya sebagai alternative penyembuhan, maka tidak salahnya anda mengetahui tentang tumbuhan yang satu ini.
Pegagan merupakan salah satu tanaman alang-alang dan rerumputan liar yang biasa hidup didaerah perkebunan, sawah, ladang, pinggiran sungai-sungai kecil dan rerumputan. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang hidupnya menjalar dan menempel pada bagian permukaan tanah, namun Pegagan juga memiliki jenis lain dengan bentuk batang yang tidak menjalar.namun tetap memiliki bentuk daun dan tangkai daun yang sama. Biasanya tumbuhan ini hampir tidak mudah terlihat karena memiliki ukuran batang yang kecil. Pegagan memiliki ukuran daun yang cukup kecil dengan bentuk bulat hijau. Pegagan biasa hidup menyatu dengan rerumputan sehingga perlu dengan jeli untuk mendapatkannya. Namun tumbuhan ini sangat banyak tumbuh didaerah-daerah tersebut.

pegagan

Pegagan merupakan salah satu jenis tumbuhan herbal dengan banyak kandungan yang berkhasiat untuk pengobatan herbal antara lain asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi (https://id.wikipedia.org/wiki/Pegagan). Dan juga kandungan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra, kandungan anti bakteri yang juga mampu menyembuhkan luka. Kandungan ini yang digunakan sebagai kandungan yang mampu mengurangi peradangan dan timubulnya jerawat pada kulit.

Pengobatan herbal dikenal dengan biaya yang cukup terjangkau, namun dengan memilih perawatan menggunakan pengobatan herbal ini perlu anda ketahui bahwa pengobatan herbal membutuhkan proses yang cukup lama dan teratur dalam pemakaiannya. Namun pengobatan herbal jauh dari efek samping yang dapat merusak kulit seperti pengobatan menggunakan bahan kimia.

Pengobatan dan pencegahan jerawat dengan menggunakan Pegagan dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu :

1. Masker wajah

Untuk menggunakan pengobatan herbal ini anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun Pegagan hijau kira-kira cukup 20 lembar daun Pegagan. Haluskan dengan sedikir air sebagai pelarutnya. Air yang dicampurkan jangan terlalu banyak agar kandungan Pegagan dapat didapat dalam keadaan kental. Setelah daun Pegagan dihaluskan, anda dapat menggunakan sebagai masker wajah. Perlu anda perhatikan bahwa sebelum menggunakannya, pastikan permukaan kulit wajah dalam keadaan bersih (tanpa make up). Oleskan Pegagan yang sudah dihancurkan ke permukaan kulit sambil dipijat halus dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian anda dapat membersihkannya dengan air hangat.

2. Minuman herbal

Penyembuhan jerawat dengan menggunakan Pegagan juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi jus Pegagan, sedikit pahit memang namun anda dapat menambahkan madu didalamnya agar dapat mengurangi rasa pait yang ditimbulkannya. Kandungan Pegagan mampu berkhasiat melancarkan peredaran darah yang juga akan mengurangi timbulnya pembengkaan pada permukaan kulit seperti jerawat.

Penggunaan kedua jenis alternative pengolahan Pegagan ini disarankan dilakukan secara bersama-sama agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Mengurangi jenis makan-makanan yang dikonsumsi dan tetap menjaga kebersihan permukaan kulit agar dapat mendukung proses penyembuhan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Waspadai Benjolan Pada Payudara

Waspadai Benjolan Pada Payudara

Kanker payudara akan memunculkan benjolan di payudara. Namun, tidak semua benjolan pada payudara merupakan kanker. Delapan puluh persen kasus benjolan di payudara bukanlah kanker. Hal ini karena sejumlah kondisi medis lainnya dapat pula menimbulkan benjolan di payudara. Oleh karena itu, kenali perbedaan benjolan kanker dan nonkanker berikut ini. Benjolan Nonkanker Pada kasus nonkanker, benjolan di payudara merupakan pertanda kondisi berikut. Kista, merupakan kantong berisi cairan dalam jaringan payudara, sehingga menimbulkan benjolan. Jika diraba, benjolan terasa lunak. Umumnya kista dialami oleh perempuan berusia di antara 35-50 tahun. Kista yang berukuran lebih dari 2.5 cm dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada payudara. Perubahan fibrokistik, merupakan perubahan pada payudara karena ketidakstabilan hormon selama siklus menstruasi. Perubahan tersebut menimbulkan benjolan di payudara yang terasa nyeri. Selain itu, puting susu akan lebih sensitif. Kondisi ini bukanlah penyakit. Biasanya gejala terjadi ketika periode pramentruasi dan membaik ketika berlangsung atau berakhirnya menstruasi. Namun, segera periksakan ke dokter jika gejala tetap bertahan setelah selesai [...]

Jadikan Ramadhan Sarana untuk Berhenti Merokok

Jadikan Ramadhan Sarana untuk Berhenti Merokok

Bulan suci ramadhan merupakan kesempatan yang sangat baik bagi seluruh umat muslim untuk memulai gaya hidup sehat dan menjauhkan diri dari segala kebiasaan buruk, termasuk merokok. Sebagian besar perokok merasa begitu kesulitan untuk berhenti merokok sekalipun sudah diberikan informasi mengenai bahaya merokok yang bisa berujung kematian, seperti kanker paru. Namun sebetulnya mereka bisa saja berhenti merokok jika disertai niat yang kuat, contohnya saat melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Seseorang pernah berkata ?Kita tidak bisa merokok selama berpuasa. Saya menjadi berpikir jika kita bisa berhenti merokok selama satu hari penuh, tidak ada alasan bagi saya untuk tidak dapat berhenti sama sekali.? Minggu pertama bulan puasa pasti terasa lebih berat untuk menahan diri agar tidak makan, tidak minum, dan menahan hawa nafsu. Begitu juga dengan merokok, pada awalnya pasti akan kesulitan, namun seiring berjalannya waktu, Anda pasti bisa dan menjadi terbiasa. Cobalah bulatkan niat di bulan suci ini untuk berhenti merokok dan lanjutkan kebiasaan tersebut sekalipun Ramadhan sudah berakhir. Saat ini ada berbagai metode untuk berhenti merokok, seperti: Nicotine Replacement Therapy (NRT): t [...]

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

Seringkali kita memiliki rencana untuk rajin berolahraga atau menghindari makanan manis sebagai resolusi sehat tahun depan. Namun sering juga rencana itu gagal karena tak tahan dengan godaan untuk makan es krim setiap selesai makan malam, menyantap makanan cepat saji, atau lebih memilih nonton film di bioskop daripada ikut kelas aerobik.Mewujudkan resolusi sehat di tahun baru memang menjadi tantangan berat bagi sebagian besar orang. Satu-satunya cara agar bisa tercapai, adalah membuat resolusi yang realistis. Jika Anda penggemar berat donat atau croissant, jangan bersumpah untuk tidak memakannya segigit pun. Jujurlah pada diri sendiri, sesuaikan gaya hidup sehat dengan kemampuan Anda. Tidak usah membuat resolusi untuk olahraga tujuh kali dalam seminggu jika kenyataannya Anda terlalu sibuk untuk pergi ke gym.Daripada membuat resolusi yang terlalu muluk, lebih baik buat rencana yang lebih mudah dilakukan. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini lima resolusi sehat yang mudah Anda wujudkan di 2012 nanti.1. Kurangi StresStres kronis bisa menyebabkan hipertensi, melemahkan sistem imun tubuh bahkan mempersingkat harapan hidup. Sebisa mungkin, jauhkan pikiran Anda dari stres. [...]

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

Galau. Kosakata yang menghiasi keseharian generasi muda zaman sekarang. Secara medis, galau perlu diwaspadai sebagai cabang masalah kesehatan ?gangguan cemas? yang paling rendah. Jika tidak diatasi dengan baik maka kegalauan dapat menjurus kepada masalah kesehatan mental yang lebih serius dan menyulitkan seperti stres, depresi, gangguan cemas, gangguan panik dan lainnya. Untuk itu, ketika masih dalam tahapan yang paling rendah, kegalauan seseorang perlu segera ditangani. Ada banyak cara untuk mengatasi kegalauan, misalkan dengan ?curhat? (mencurahkan isi hati ? Red), konseling dengan tenaga medis, dan relaksasi. Lebih jauh lagi, bila kegalauan sudah masuk ke dalam tahap yang lebih serius maka diperlukan terapi perilaku dan juga obat-obatan untuk mengatasi kegalauan. Relaksasi sebagai salah satu metode untuk mengatasi kegalauan, dapat dilakukan sendiri. Inilah lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan. Silakan klik next untuk informasi selengkapnya. 6 Saran Dokter Mengatasi Galau Lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan adalah sebagai berikut: 1. Ambil waktu untuk tenang. Pilihlah suatu waktu setiap hari un [...]

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Tempat Tidur

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Tempat Tidur

Tidur merupakan waktu istirahat untuk organ-organ internal seperti, mata dan otak. Tidur yang berkualitas sangatlah penting karena dapat mengembalikan pasokan energi yang telah habis digunakan sehari-hari. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak lima hal yang harus dihindari ketika ingin tidur, seperti yang dikutip dari ivillage.1. Tidur dengan Perut KekenyanganMenurut Dr. Gerard Lombardo, pakar kebiasaan tidur, makan berat sebelum tidur akan memicu gangguan Refluks Gastroesofagus (RGE), dimana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan yang menyebabkan rasa mual. Hal ini jelas dapat membuat tidur tidak nyaman. Jika Anda ingin memakan camilan sebelum tidur, semangkuk sereal, roti gandum dengan selai kacang, biskuit dan keju adalah pilhan tepat."Protein berkontribusi terhadap meningkatkan kadar triptofan dan karbohidrat kompleks bantu membuat triptofan selalu ada saat tidur," ujar Dr. Lombardo.2. Menonton TV Agar NgantukTidak sedikit orang yang berpikir bahwa menonton televisi dapat mempercepat rasa ngantuk. Namun yang terjadi malah sebaliknya, kebiasaan menonton acara favorit sebelum tidur benar-benar dapat mengganggu tidur Anda. Tontonan kekerasan, siaran berita dan tontonan [...]

Para Pecandu Internet Memiliki Perubahan Pada Otaknya

Para Pecandu Internet Memiliki Perubahan Pada Otaknya

Penelitian awal menunjukkan bahwa pecandu internet memiliki perubahan pada otak yang serupa dengan yang kecanduan pada narkoba atau alkohol. Para ahli di Cina melakukan scan otak terhadap 17 anak muda pecandu internet dan mereka menemukan gangguan dalam susunan otak dari para anak muda pecandu internet ini. Mereka mengatakan bahwa penemuan ini, yang diterbitkan dalam Plos One, bisa mengarahkan pada pengobatan baru untuk perilaku adiktif. Kecanduan internet adalah gangguan klinis yang ditandai dengan penggunaan internet secara berlebihan. Sebuah tim peneliti dipimpin oleh Hao Lei dari Akademi Ilmu Pengetahuan di Wuhan, Cina, melakukan scan otak pada 35 pria dan wanita yang berusia antara 14 dan 21 tahun. Tujuh belas dari mereka yang diklasifikasikan sebagai yang memiliki gangguan kecanduan internet (IAD) berdasarkan menjawab ?ya? untuk pertanyaan-pertanyaan seperti, "Apakah Anda berulang kali gagal dalam melakukan upaya untuk mengontrol, mengurangi atau menghentikan penggunaan internet?" Scan otak MRI menunjukkan ada perubahan pada substansia alba (bagian yang mengandung serabut saraf) dari otak, pada mereka yang digolongkan sebagai pecandu internet, dibandingkan dengan yang non-pec [...]

5 Ciri Produk Perawatan Kulit yang Sehat

5 Ciri Produk Perawatan Kulit yang Sehat

Produk yang dijual di pasaran dapat menjadi efektif bila konsumen tahu produk mana yang harus dicari. Sebaiknya lakukan penelitian mengenai produk tersebut dan ketahui bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya agar dapat disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Produk yang mahal belum tentu tepat untuk jenis kulit tertentu. Jadi, perhatikan langkah berikut sebelum Anda memilih produk perawatan kulit: 1. Waspada terhadap produk yang menjanjikan hasil instan. Lakukan riset mengenai produk tersebut, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, serta ulasan mengenai produk tersebut. Anda juga dapat berdiskusi dengan dokter Anda mengenai keamanan produk tersebut. 2. Gunakan produk yang mengandung tabir surya. Melindungi kulit dari sinar matahari amatlah penting. Pelembab atau krim yang mengandung SPF minimal 30 dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dan menjaga kulit terlihat awet muda. Pilihlah tabir surya dengan spektrum luas (broad spectrum) yang memberi perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. 3. Ketika memilih pembersih, perhatikan kadar pH produk tersebut. Gunakan pembersih dengan pH seimbang (pH balanced) yang mendekati pH kulit, yaitu sekitar 5.5-6.8. B [...]

Bahaya Laser Ke Tubuh Manusia

Bahaya Laser Ke Tubuh Manusia

Laser, terobosan teknologi abad 21 ini masih perlu diawasi penggunaannya. Faktor keamanan dan potensi fatal yang dimiliki alat ini belum keseimbangan antara pemahaman yang menyeluruh dari teknologi penyinaran ini dengan keamanan serta fatalitas yang ditimbulkan jika dipaparkan kepada manusia. Terdata sudah beberapa kasus kerusakan mata yang ditimbulkan oleh laser ?pulpen cahaya?, antara lain pada seorang remaja berusia 15 tahun di Inggris September 2010 lalu, bahkan pada bulan terakhir, kasus kerusakan mata serupa pun dilaporkan karena eksposur laser pula. Laporan senada juga terjadi anak berusia tujuh tahun setelah terkena paparan laser yang sama. Hingga tim dokter di Inggris memutuskan untuk melaporkan kejadian ini. Alat penunjuk laser yang biasa digunakan untuk peralatan kantor, akademi, sekolah, bahkan pada mainan anak-anak yang dijual bebas di pasaran tersebut kini dibatasi peredarannya oleh Food and Drugs Administration (FDA) di AS. Legalnya, pointer laser yang diperbolehkan di pasaran dibatasi output 5 watt demi keamanan warga AS. Pun di beberapa negara maju lainnya telah dibentuk badan pengawas untuk penggunaan laser. Paparan pointer laser dengan intensitas tingkat tinggi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *