Pekan Sarapan Nasional, dari 14 sampai 21 Februari

pekan-sarapan1-140213b.jpg

Untuk pertama kalinya Pekan Sarapan Nasional (PESAN) dijalankan pada tanggal 14 sampai 20 Februari 2013. Maka mulai besok acara ini juga bakal berlangsung selama seminggu.

Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat FEMA Institut Pertanian Bogor (IPB) pemrakarsa PESAN, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS mengatakan, ide ini muncul setelah 10 tahun lalu, dia dan beberapa orang lainnya dari IPB meneliti manfaat sarapan.

“Setelah mencari tahu beberapa penelitian dari luar negeri juga, akhirnya pada tahun 2013 PESAN ini diperingati. Waktu itu dihadiri oleh Menkokesra Agung Laksono,” kata Dr. Hardinsyah dalam Media Gathering `Blue Band Sarapan Serentak 5.000 Siswa Dalam Rangka Pekan Sarapan Nasional 2014` di Aula SD Islam Al-Azhar Pusat, Jakarta Selatan, Kamis (13/2/2014).

Munculnya PESAN, menurut Hardinsyah, dilatarbelakangi oleh hasil tinjauan dari berbagai kajian yang menunjukkan bahwa 17 sampai 25 persen anak-anak dan remaja tidak biasa sarapan.

Berdasarkan Naskah Akademik PESAN tahun 2012, sebanyak 44,6 persen anak usia sekolah dasar di Indonesia mutu gizi sarapannya rendah, belum mencapai 15 persen kebutuhan gizi minimal yang dianjurkan untuk sarapan.

Karena itu “PESAN diharapkan menjadi momentum berkala untuk meningkatkan masyarakat akan pentingnya sarapan dengan gizi cukup untuk mewujudkan gizi seimbang,” kata Prof. Hardin.

Sarapan menurut Hardinsyah, berarti kegiatan makan dan minum sebelum pukul sembilan pagi untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15 sampai 30 persen kebutuhan gizi) sebagai salah satu pilar gizi seimbang dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan cerdas.

Kebiasaan sarapan juga membantu memenuhi kecukupan gizi sehari-hari. Jenis hidangan untuk makan pagi dapat dipilih dan disusun sesuai keadaan dan keinginan.

Akan lebih baik, kata Prof. Hardin, terdiri dari makanan sumber zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur.

Selain Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), PESAN juga didukung oleh Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN), dan Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI).

Blue Band Gelar Sarapan Serentak Bersama 5.000 Siswa SD
Sebagai bentuk kepedulian Blue Band pada masa depan anak-anak Indonesia, Blue Band mengajak 5.000 siswa sekolah dasar dari beberapa SD di Jakarta untuk melakukan sarapan serentak.

Kegiatan ini sekaligus menandai dimulainya Gerakan 21 Hari Sarapan Bernutrisi di sekolah-sekolah, sebagai bentuk komitmen Blue Band untuk menanamkan kebiasaan sarapan sejak dini.

“Kenapa gerakan 21 hari? Karena menurut sebuah penelitian, bila selama 21 hari kebiasaan ini secara rutin diterapkan, maka ke depannya seorang anak akan terbiasa untuk sarapan,” kata Brand Manager Blue Band, Johan Mantik.

Gerakan ini sendiri, tambah Johan, telah dimulai sejak tahun 2013 dengan tujuan untuk menginspirasi siswa sekolah dasar agar terbiasa untuk sarapan dengan gizi yang cukup dan dapat tertanam sejak dini.

(Adt/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Pertanyaan Penting Sebelum Menjalani Operasi

5 Pertanyaan Penting Sebelum Menjalani Operasi

Para ahli mengatakan bahwa menurunkan berat badan, berhenti merokok dapat mengurangi kemungkinan komplikasi saat menjalani prosedur operasi apa saja. Karena itu, Anda disarankan menanyakan hal berikut pada dokter sebelum menjalani operasi. Seperti disampaikan pakar bedah dan usus besar, dr. Robert Cima bahwa sebelum menyetujui menjalani operasi, tanyakan terlebih dahulu kondisi Anda untuk pemilihan pengobatan. "Tubuh Anda, penyakit Anda. Anda harus merasa nyaman sebelum menjalani operasi." Lebih lanjut, berikut pertanyaan yang perlu Anda ketahui dari dokter seperti dikutip Everydayhealth, Selasa (18/3/2014) 1. Apakah ada sertifikat dalam melakukan prosedur ini? Adanya sertifikasi bedah berarti ahli bedah dianggap memenuhi syarat untuk melakukan operasi. "Seorang ahli bedah secara resmi diakui oleh lembaga serta badan penyelenggara nasional untuk melakukan praktek, kompetensi dan latar belakang operasi," ungkapnya. 2. Apakah akan membantu jika saya menurunkan berat badan sebelum operasi? "Obesitas dapat meningkatkan risiko komplikasi. latihan ini tidak dianjurkan untuk semua pasien dijadwalkan untuk menjalani operasi. Menurunkan berat badan, lanjut CIma, dapat membantu memba [...]

Maju Mundur Gaya Syahrini Ditiru Arie Untung untuk Ajari Anak

Maju Mundur Gaya Syahrini Ditiru Arie Untung untuk Ajari Anak

Zaman kini mengasuh anak dengan gaya keras atau diktator sudah tidak relevan. Gaya pola asuh yang menyenangkan dipilih presenter Arie Untung (38) terhadap kedua buah hatinya. Termasuk saat mengajak anak-anaknya mencuci tangan menggunakan sabun. "Jangan buat mencuci tangan dengan sabun sebagai paksaan, tapi buat sebagai kebiasaan sehat dalam keluarga" ujar Arie saat ditemui dalam acara 'Menuju 70 Juta Tangan Indonesia Sehat' di Gedung SMESCO, Jakarta pada Rabu (22/10/2014). Jika mencuci tangan dengan sabun sambil menyanyikan lagu "Happy Birthday" sudah membosankan bagi anak-anak, bisa ajak anak menyanyikan lagu yang sedang terkenal. Arie Untung pun mencontohkan dengan lagu pendek "Maju Mundur" milik Syahrini yang kini sedang jadi perbincangan hangat di dunia maya. Pada akun Instagram penyanyi Syahrini memang mengunggah video saat ia berada di dekat Menara Eiffel, Paris dengan lirik berbunyi "maju mundur cantik, maju mundur cantik...". Namun Arie sedikit mengubahnya menjadi "maju mundur bersih, maju mundur bersih, bersih..." sehingga pas dengan gerakan cuci tangan menggunakan sabun. Pada saat menyanyikan lagu tersebut di atas panggung, putri keduanya pun mengikuti ny [...]

Ini Alasan Orang Dewasa Tak Ingat Masa Bayinya

Ini Alasan Orang Dewasa Tak Ingat Masa Bayinya

Siapakah yang masih ingat dengan masa-masa bayi? Umumnya, orang dewasa begitu sulit mengingat kenangannya di masa kecil terutama sebelum usia tiga tahun. Ternyata, itu semua ada alasannya.Peneliti menemukan, pertumbuhan sel otak baru yang menghapus kenangan kita di masa kecil. Ketika usia seseorang bertambah, pertumbuhan sel baru secara efektif menimpa yang sudah ada. Alhasil, kebanyakan orang tak bisa mengingat apa yang terjadi ketika ia berusia dua atau tiga tahun.Katherine Akers, pemimpin penelitian di Neurobiology Laboratory, Hospital for Sick Children, Toronto, bersama dengan rekan-rekan dari University of Toronto dan Fujita Health University di Toyoake, Jepang, menggunakan tikus dalam penelitian ini. Mereka menemukan mekanisme yang mendasari tak mengingatnya masa kecil dikenal dengan amnesia infantil, yang dipublikasikan dalam Jurnal Science. "Kebanyakan kita biasanya tak ingat banyak hal tentang apa yang terjadi ketika berusia 2 atau 3 tahun," kata Akers seperti dilansir aaas.org, Senin (12/5/2014).Akers mencontohkan, ketika anak berumur tiga tahun ia akan antusias menceritakan tentang perjalanannya ke kebun binatang. Tapi, begitu berusia 5 tahun ia tak mengingatnya karena k [...]

Obat Kimia untuk Sariawan Tidak Dianjurkan

Obat Kimia untuk Sariawan Tidak Dianjurkan

Dalam mengobati sariawan atau dalam istilah medis dikenal dengan Stomatitis Aphtosa Recurrent (SAR) ternyata tidak dianjurkan menggunakan obat-obatan yang berbahan kimia. Mengapa? Menurut ahli penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, DR. drg. Harum Sasanti Yudoyono, Sp.PM sariawan pada dasarnya bisa sembuh sendiri (self limiting disease) jadi tidak perlu obat kimia. Hanya saja sifatnya yang bisa ulang kambuh dan nyeri di bagian mulut seringkali membuat tidak tahan. "Tidak ada obat yang menyembuhkan dan membuat sariawan tidak muncul kembali. Yang ada obat untuk meringankan saat sakit. Itupun tidak menjamin untuk tidak kambuh lagi," kata Harum saat temu media di acara peluncuran tablet herbal untuk sariawan, Kuldon Sariawan di Fx, Sudirman-Jakarta, ditulis Kamis (17/4/2014). Harum mengungkapkan, saat ini banyak obat yang mengklaim dapat menyembuhkan sariawan padahal obat kimia yang dijual bebas di warung atau apotek tidak dapat menjamin sariawan dapat muncul kembali. "Hati-hati memilih obat sariawan yang dapat dibeli bebas. Bila salah, sariawan bukannya sembuh malah bisa jadi kronis," ungkap Harum. Lebih lanjut Harum menjelaskan, obat k [...]

Biaya Mahal, Anak-anak Sekolah Ini Pilih Jadi Buruh

Biaya Mahal, Anak-anak Sekolah Ini Pilih Jadi Buruh

Anak putus sekolah dan memilih bekerja di Kabupaten Cirebon, Jabar, karena mahalnya biaya pedidikan meski dana bantuan operasional sekolah cukup tinggi.Anwar, salah seorang pengusaha rotan di Cirebon, kepada wartawan, seperti dikutip dari Antara Jumat (2/5/2014) mengatakan, sebanyak 1300 buruh harian di pabriknya rata-rata hanya lulusan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, mereka memilih bekerja karena tidak ada biaya akibat mahalnya biaya sekolah.Anak-anak usia mulai dari 15 tahun hingga 17 tahun, kata dia, terpaksa menjadi buruh anyam karena berpendidikan rendah, alasan mereka tidak mampu melanjutkan sekolah karena mahalnya biaya.Setelah lulus Sekolah Menengah Pertama, mereka belajar ngayam dan kerja buruh lainnya untuk membantu biaya keluarga, semestinya melanjutkannya ke Sekolah Menengah Umum.Wartanto pengusaha makanan ringan mengaku, ratusan buruh harian di pabriknya hanya enam orang lulus Sekolah Menengah Umum, sisanya mereka hanya keluar SD dan SMP.Mereka tidak bisa melanjutkan sekolah, kata dia, terpaksa memilih bekerja sebagai buruh harian lepas tanpa ikatan kerja, karena bekerja di perusahaan resmi hanya berijazah.Sementara itu Sukron salah seorang buruh harian lep [...]

Bank Dunia Dorong Pencegahan Kekerasan pada Perempuan dan Anak

Bank Dunia Dorong Pencegahan Kekerasan pada Perempuan dan Anak

Bank Dunia mendorong adanya kerja sama dengan lembaga pembangunan dan institusi finansial internasional lainnya untuk memainkan peran dalam pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak. "Kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak adalah kebiadaban," kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis. Untuk itu, ujar Jim Yong Kim, hal tersebut membutuhkan perhatian segera sebagai bentuk pelanggaran dari hak asasi manusia yang mendasar di berbagai belahan dunia. Ia mengingatkan bahwa penderitaan yang dialami individu itu juga bakal membebani beban ekonomi baik terhadap keluarga, komunitas, maupun kondisi ekonomi secara keseluruhan. Presiden Bank Dunia menyatakan lembaga pembangunan dan institusi finansial internasional sebenarnya memiliki peran dan posisi yang unik guna mencegah kekerasan yang dinilai telah mewabah secara global ini. Peran tersebut dapat dilakukan dengan mencegah dan mengatasi kekerasan terhadap perempuan dan anak baik seperti di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah untuk menjangkau program kemitraan guna membagi keahlian untuk membagi praktik dan mempromosikan investasi dalam strategi guna menceg [...]

`Taman Jomblo`, Ajang Eksis Para Bujangan

`Taman Jomblo`, Ajang Eksis Para Bujangan

Meski sebenarnya Taman Jomblo yang dibangun Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, tidak khusus untuk para jomblo, tapi dengan adanya taman tersebut para jomblo seperti mendapatkan wadah untuk apresiasi diri.Demikian diungkapkan Psikologis Klinis Anak Universitas Padjajaran (UNPAD), Nira Wulansari, MPsi kepada Health Liputan6.com di Bandung baru-baru ini."Kalau misalnya taman ini dibilang untuk jomblo enggak juga, ya. Banyak variasinya. Tapi, buat remaja yang belum punya pasangan, ketika ke sini seperti mendapatkan satu wadah untuk bisa mengapresiasi diri," kata Nira ditulis Senin (13/1/2014)Lebih lanjut Nira menuturkan, selain para remaja itu dapat mengapresiasi diri, remaja tersebut juga berharap siapa tahu dengan bertandang ke Taman Jomblo tersebut ia akan mendapatkan jodoh. "Wallahuwaalam. Insya Allah. Mudah-mudahan," kata Nira menambahkan.Di mata Nira, saat ini memang ada pergeseran ekspresi di kalangan para jomblo. Mereka yang tadinya malu-malu, sekarang begitu ekspresif mengungkapkan diri dan terang-terangan mengaku lajang. Nira menilai, pergeseran ini masih wajar dan positif."Kalau dulu malu banget mengakui jomblo. Kalau sekarang, oke-oke saja. Itu karena remaja lebih ekspresif me [...]

Kun Seng Keng, Barongsai Indonesia si Juara Dunia

Kun Seng Keng, Barongsai Indonesia si Juara Dunia

Barongsai merupakan salah satu warisan kebudayaan China yang sudah sangat melekat dengan masyarakt Indonesia. "Barongsai mulai diakui keberadaannya oleh pemerintah itu tahun 1998 di eranya Gus Dur. Sebelumnya hanya tampil sembunyi-sembunyi di daerah," kata Pembina Tim Kun Seng Keng (KSK), Denny Kurniawan.Salah satu tim yang sudah melanglang buana tampil di berbagai negara yaitu Tim Barongsai Kun Seng Keng. Pelatih dan Pemain Tim Barongsai Kun Seng Keng Indonesia, Michael berbagi cerita tentang sejarah berdirinya Kun Seng Keng.Kun Seng Keng didirikan pada tahun 1989. Di tahun yang sama memenangkan sebuah pertandingan di Malaysia dan mendapat gelar Malaysian Championship.Salah satu juri yang dipanggil "Master Siow" atau "Siow Sifu" diminta Ketua Kun Seng Keng, Tan Chong untuk melatih anak buahnya.Saat itu Master Siow setuju untuk mengajar Kun Seng Keng (KSK) pada 1992 yang bertepatan dengan acara pertandingan international di Hong Kong. "Namun sayang, KSK saat itu belum punya dana yang cukup membiayai dirinya sendiri. Tan sendirilah yang akhirnya membiayai. Atas keberaniannya, KSK dapat bertanding di Hong Kong. Membayar tiket pesawat, dan lain lain," kata michael.Setelah sampai di te [...]

Hati-hati Kerap Batal di Minggu Pertama Puasa

Hati-hati Kerap Batal di Minggu Pertama Puasa

Minggu pertama puasa Ramadan merupakan masa-masa terberat bagi sebagian orang yang melaksanakannya. Diare, menjadi penyebab terbesar tidak sedikitnya orang yang batal menjalankan ibadah puasa di minggu pertama pelaksanaannya. Diare pada saat berpuasa, umumnya timbul di pagi hari.Demikian pemaparan Ketua Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia, Dr Ari Fahrial Syam dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis pada Sabtu (28/6/2014)Menurut Dr Ari, penyebab utama diare adalah konsumsi makanan yang tidak tepat. Baik saat sahur, maupun berbuka. Makanan terlalu pedas dan asam, menjadi pencetus terjadinya diare."Belum lagi makanan yang dicurigai sudah tercemar dan tetap dikonsumsi, menjadi penyebab kenapa pasien yang batal tersebut mengalami diare," kata Dr Ari.Maka itu, Dr Ari menyarankan, agar kita pintar dalam memilih menu apa saja yang layak untuk dikonsumsi selama berpuasa. Jangan sampai, karena salah salah dalam memilih menu, Anda batal berpuasa dan harus menggantinya setelah puasa usai.Selain diare, tambah Dr Ari, nyeri ulu hati merupakan kondisi yang sering dikelukan oleh pasien yang sedang berpuasa di awal-awal waktu pelaksanaannya. Nyeri ulu hati memang ti [...]

Rahasia Bugar dan Seksi Para Model Seksi Victoria’s Secret (I)

Rahasia Bugar dan Seksi Para Model Seksi Victoria’s Secret (I)

Dalam pagelaran Victoria's Secret Fashion Show yang berlangsung di London, Inggris, pada Selasa (2/12/2014) malam, para Victoria's Secret Angels tampil begitu cantik, seksi, dan menawan dalam memeragakan enam tema pakaian dalam, yaitu Gilded Angels, Exotic Traveler, Fairy Tale, Dream Girls, University of Pink, dan Angel Ball.Penampilan sejumlah model seperti Alessandra Ambrosio, Karlie Kloss, Adriana Lima, dan Doutzen Kroes berhasil memukau banyak mata yang duduk di bangku penonton. Bahkan, dengan tinggi badan, tubuh yang kencang, dan paras cantik yang mereka miliki, berhasil membuat sejumlah wanita iri.Padahal, mendapatkan bentuk tubuh seperti mereka bukan perkara mudah. Setidaknya, mereka harus rutin melakukan aktivitas fisik di pusat kebugaran. Bahkan, Adriana Lima rutin melakukan olahraga cukup ekstrem, yaitu tinju.Melansir laman Daily Mail, Rabu (3/12/2014), terdapat sejumlah latihan fisik yang dilakukan oleh Victoria's Secret Angels, yang mungkin dapat ditiru agar dapat memiliki bentuk tubuh yang sama seperti mereka; 1. Alessandra AmbrosioAlessandra merupakan model yang cukup lama menjabat sebagai Angels dalam pagelaran busana dalam tersebut. Bahkan saat menjadi Angels pa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *