Pekan Sarapan Nasional, dari 14 sampai 21 Februari

pekan-sarapan1-140213b.jpg

Untuk pertama kalinya Pekan Sarapan Nasional (PESAN) dijalankan pada tanggal 14 sampai 20 Februari 2013. Maka mulai besok acara ini juga bakal berlangsung selama seminggu.

Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat FEMA Institut Pertanian Bogor (IPB) pemrakarsa PESAN, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS mengatakan, ide ini muncul setelah 10 tahun lalu, dia dan beberapa orang lainnya dari IPB meneliti manfaat sarapan.

“Setelah mencari tahu beberapa penelitian dari luar negeri juga, akhirnya pada tahun 2013 PESAN ini diperingati. Waktu itu dihadiri oleh Menkokesra Agung Laksono,” kata Dr. Hardinsyah dalam Media Gathering `Blue Band Sarapan Serentak 5.000 Siswa Dalam Rangka Pekan Sarapan Nasional 2014` di Aula SD Islam Al-Azhar Pusat, Jakarta Selatan, Kamis (13/2/2014).

Munculnya PESAN, menurut Hardinsyah, dilatarbelakangi oleh hasil tinjauan dari berbagai kajian yang menunjukkan bahwa 17 sampai 25 persen anak-anak dan remaja tidak biasa sarapan.

Berdasarkan Naskah Akademik PESAN tahun 2012, sebanyak 44,6 persen anak usia sekolah dasar di Indonesia mutu gizi sarapannya rendah, belum mencapai 15 persen kebutuhan gizi minimal yang dianjurkan untuk sarapan.

Karena itu “PESAN diharapkan menjadi momentum berkala untuk meningkatkan masyarakat akan pentingnya sarapan dengan gizi cukup untuk mewujudkan gizi seimbang,” kata Prof. Hardin.

Sarapan menurut Hardinsyah, berarti kegiatan makan dan minum sebelum pukul sembilan pagi untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15 sampai 30 persen kebutuhan gizi) sebagai salah satu pilar gizi seimbang dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan cerdas.

Kebiasaan sarapan juga membantu memenuhi kecukupan gizi sehari-hari. Jenis hidangan untuk makan pagi dapat dipilih dan disusun sesuai keadaan dan keinginan.

Akan lebih baik, kata Prof. Hardin, terdiri dari makanan sumber zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur.

Selain Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), PESAN juga didukung oleh Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN), dan Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI).

Blue Band Gelar Sarapan Serentak Bersama 5.000 Siswa SD
Sebagai bentuk kepedulian Blue Band pada masa depan anak-anak Indonesia, Blue Band mengajak 5.000 siswa sekolah dasar dari beberapa SD di Jakarta untuk melakukan sarapan serentak.

Kegiatan ini sekaligus menandai dimulainya Gerakan 21 Hari Sarapan Bernutrisi di sekolah-sekolah, sebagai bentuk komitmen Blue Band untuk menanamkan kebiasaan sarapan sejak dini.

“Kenapa gerakan 21 hari? Karena menurut sebuah penelitian, bila selama 21 hari kebiasaan ini secara rutin diterapkan, maka ke depannya seorang anak akan terbiasa untuk sarapan,” kata Brand Manager Blue Band, Johan Mantik.

Gerakan ini sendiri, tambah Johan, telah dimulai sejak tahun 2013 dengan tujuan untuk menginspirasi siswa sekolah dasar agar terbiasa untuk sarapan dengan gizi yang cukup dan dapat tertanam sejak dini.

(Adt/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Google Ciptakan Lensa Kontak yang Bisa Kontrol Gula Darah

Google Ciptakan Lensa Kontak yang Bisa Kontrol Gula Darah

Setelah sukses menciptakan kacamata canggih (google glass), Google kini menciptakan lensa kontak yang dapat memonitor gula darah dalam tubuh dengan sensor kecil didalamnya. Hal ini membuat penderita diabetes tak perlu lagi repot mengganti jarum dan melakukan prosedur menyakitkan. Seperti dikutip laman Mirror, Minggu (19/1/2014) cara kerja lensa kontak yang pintar ini untuk mengetahui gula darah adalah dengan membaca air mata di permukaan mata setiap detik. Menurut penciptanya, Brian Otis lensa kontak ini dikembangkan dari penggunaan tes gula darah yang mengharuskan seseorang ditusuk jarinya. "Orang-orang masih harus menusuk jarinya. Padahal ini mengganggu dan menyakitkan. Akibatnya, banyak yang malas cek gula darah."Dengan antena yang lebih tipis dari rambut, lensa kontak ini juga bisa mengirim hasil analisisnya melalui wireless yang disambungkan ke smartphone atau perangkat yang terhubung lainnya. Sementara itu, ahli diabetes dari Inggris, Simon O'Neill menyatakan kegembiraannya terhadap investasi kesehatan dalam teknologi yang mungkin dapat mengurangi potensi penderita diabetes.(Fit/Igw) [...]

Warga Tunarungu Alami Tumor Ganas di Payudaranya

Warga Tunarungu Alami Tumor Ganas di Payudaranya

PeduliSehat.info, Banten Malang betul nasib Aminah (42), warga Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tansgel) ini. Warga yang juga merupakan tuna wicara dan tuna rungu tersebut memiliki tumor ganas di tubuhnya. Sehari-hari Aminah hidup sendiri di rumahnya.Payudara sebelah kiri Aminah semakin membesar tiga minggu terakhir. Hanya Asih (32), adik kandung Aminah, yang dapat memahami kepedihan Aminah dengan bahasa tubuh semampunya. "Teteh tinggal sendiri di rumahnya. Paling saya hanya menengok pagi siang dan malam. Selebihnya dia tiduran di kamar," kata Asih ditulis Jumat (28/3/2014).Anak semata wayang Aminah telah meninggal dunia. Begitu juga dengan suaminya, yang meninggalkannya begitu saja. Alhasil, Aminah tinggal sebatang kara di dalam rumah yang hanya seluas 3x4 meter itu.Sering kali Asih memergoki Aminah tengah menangis kesakitan saat berkunjung kerumahnya. Bahkan pada malam hari, Aminah tak bisa tidur karena menahan sakit di dadanya."Katanya dadanya sesak. Payudaranya sudah mengeras dan membesar seperti bola volli,? kata Asih. Saking besarnya, payudara sebelah kiri Aminah harus ditompang dengan seutas kain yang diikatkan ke pundaknya.Pembesaran tumor di pay [...]

Puasa Berkepanjangan Tingkatkan Risiko Stroke?

Puasa Berkepanjangan Tingkatkan Risiko Stroke?

Banyak yang percaya, selain mendapatkan pahala, puasa juga dapat menghindarkan diri dari segala macam penyakit. Tapi, tahukah Anda bahwa puasa berkepanjangan justru dapat menyebabkan terjadinya stroke?Dalam pertemuan tahunan ke-60 American Academy of Neurology (AAN), yang berlangsung 12 sampai 19 April 2008 di Chicago, Amerika Serikat Para peneliti mengungkapkan bahwa puasa berkepanjangan dapat meningkatkan risiko stroke dengan tipe yang termasuk jarang. Dan mengejutkannya, puasa selama bulan Ramadan juga dapat meningkatkan hal serupa.Sebelum mengungkapkan hasilnya, terlebih dulu dilakukan penelitian selama lima tahun di rumah sakit yang ada di Iran, sebuah negara Muslim di mana puasa sudah jelas sangat dianjurkan.Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa berpuasa selama Bulan Ramadan tidak memengaruhi terjadinya stroke. Namun, dalam sebuah studi terbaru, ditemukan fakta, rata-rata yang diperiksa mengalami yang namanya cerebal trombosis sinus vena (CVST). Di mana dari 162 orang yang diperiksa, 33 orang menderita stroke saat puasa, dan 129 orang mengalami stroke saat menjalani puasa berkepanjangan di luar bulan Ramadan.Dan ini terjadi seimbang, antara pria dan wanita.CVST merupa [...]

Pangkas Sakit Kepala dengan Minum Teh

Pangkas Sakit Kepala dengan Minum Teh

Secangkir teh bukan hanya bisa menemani sore Anda yang santai. Khususnya teh hitam, kandungan polifenolnya ternyata bisa mengurangi nyeri akibat sakit kepala. Mengutip laman Womenshealth, Kamis (5/6/2014) sebuah studi di London, Inggris menemukan bahwa minum teh hitam dapat menurunkan kadar kortisol (hormon stres) Anda. Meski begitu, bila pusing yang Anda alami disertai mual dan sakit perut maka disarankan untuk minum teh yang memiliki kandungan jahe. "Teh dapat menenangkan sakit perut, sakit kepala dan menurunkan kadar stres," kata Direktur medis Headache Center Manhattan, Susan Broner, MD. Selain teh, penelitian The Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala parah. Artinya, minum lebih banyak air dapat menghalau nyeri berdenyut dalam hitungan menit. [...]

Natal Bikin Badan Anda Melar, Waspadalah

Natal Bikin Badan Anda Melar, Waspadalah

Pakar kesehatan memberi pesan kepada mereka yang merayakan Natal untuk berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang tersaji. Menurut mereka, kenaikan kalori sampai 4.000 cal kerap terjadi saat Natal berlangsung hingga Tahun Baru usai.Kalori sebesar ini hanya mampu dibakar bila mereka melakukan jogging selama tujuh jam tanpa henti dalam sehari. Yang mengejutkan, penyumbang terbesar untuk kondisi itu adalah beberapa gelas anggur dan minuman alkohol lainnya, belum termasuk daging babi bakar, steak, cookies, dan makanan manis seperti permen.Bayangkan saja, bila semua itu masuk ke dalam tubuh, berapa kalori yang akan dihasilkan dalam sehari?Melansir laman Daily Mail, Jumat (5/12/2014), the Royal Society of Public Health telah memperingatkan bahwa minuman dengan jenis alcopop mengandung kalori sebesar 237 cal, setara dengan makan sepotong pizza. Sedangkan Pina Colada, memiliki jumlah yang lebih besar, sekitar 644 cal atau setara dengan seporsi Big Mac di McDonald. [...]

Arti dan Pantangan di Balik Onde-onde Khas Imlek yang Bulat

Arti dan Pantangan di Balik Onde-onde Khas Imlek yang Bulat

Kue tradisional onde-onde sepertinya menjadi makanan khas yang ditemukan saat Imlek. Menurut Pengurus Harian Kelenteng Toa Se Bio di Petak Sembilan, Jakarta, Hartanto Widjaja kue onde-onde memiliki makna khusus."Sebenarnya tidak hanya Imlek, ada juga yang membuat onde-onde ketika doa mereka terkabul. Seperti pasangan yang sudah lama menikah belum punya anak, kemudian dia berdoa dan akhirnya diberikan. Dalam diri mereka berjanji kalau doanya terkabul maka akan membuat onde-onde. Nah itu seperti melambangkan tekad yang bulat dan rasa syukur atas apa yang diberikan Sang Pencipta," kata Hartanto, Jumat (31/1/2014).Onde-onde ternyata mempunyai hari khusus bukan hanya saat Imlek, "Hari onde-onde itu adanya di bulan Desember sekitar tanggal 20 atau 22 mengikuti tanggalan China, bisa juga terkadang tanggal 21. Sebagai simbol tekad yang bulat," kata Hartanto.Menurut Hartanto saat keluarga berduka tidak dianjurkan membuat atau menyajikan onde-onde. Hal ini juga dikatakan salah satu keturunan Tionghoa sekaligus Koki Selebriti, Chef Eddrian."Kalau ada yang meninggal keluarga atau orang terdekat pantang membuat onde-onde. Itu sudah budayanya seperti itu, dari dulu sudah dilakukan," kata Chef Ed [...]

Ortu Korban Pelecehan Seks Bakal Gugat Pengelola JIS

Ortu Korban Pelecehan Seks Bakal Gugat Pengelola JIS

Orang tua korban kekerasan seksual TPW berencana menggugat pihak pengelola Jakarta Internasional School (JIS) Jakarta Selatan terkait dugaan kelalaian. "Pasti akan kita gugat dengan mempersiapkan surat gugatannya," kata pengacara orang tua korban kekerasan seksual OC Kaligis di Markas Polda Metro Jaya, seperti dikutip Antara Kamis (17/4/2014). Kaligis mengatakan pihak sekolah terlambat menanggulangi kejadian kekerasan seksual terhadap murid taman kanak-kanak berinisial AK (6) itu. Pengacara senior itu, menyebutkan seharusnya pihak pengelola JIS memasang kamera tersembunyi di dekat kamar kecil sebelum terjadi kasus pelecehan seksual terhadap murid sekolah bertaraf internasional itu. "Ini kelalaian dari sekolah. CCTV tidak ada di situ (di dekat toilet). Baru sekarang dipasang. Setelah kejadian baru sekolah bertindak," ujar Kaligis. Kaligis menilai peristiwa kekerasan seksual yang dialami AK merupakan preseden buruk bagi dunia pendidikan di Indonesia dan salah satu peristiwa paling sadis. Pada kesempatan itu, Kaligis bersama orang tua korban bertemu dengan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Dwi Priyatno, perwakilan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Menteri [...]

Tes Pensil, Cara Tahu Payudara Perlu Diimplan atau Tidak

Tes Pensil, Cara Tahu Payudara Perlu Diimplan atau Tidak

Sejumlah wanita yang telah melahirkan dan menyusui menginginkan payudaranya `muda` lagi. Tapi, wanita kerap bingung memilih melakukan implan payudara atau prosedur pengangkatan payudara (breast lift) dengan menggunakan jaringan yang ada. Menurut American Society of Plastic Surgeons (ASPS), prosedur pengangkatan payudara naik dua kali lipat dibanding implan payudara. Kaum perempuan bisa tahu apakah ia calon yang bagus untuk prosedur pengangkatan payudara dengan tes pensil.Hal ini disampaikan Dr. David Cangello, Board Certified Plastic Surgeon and Director of Plastic Surgery JUVA Skin & Laser Center, New York, seperti dilansir Beautyworldnews, Selasa (8/4/2014).Wanita bisa melakukan tes pensil dengan menempatkan pensil di bawah payudaranya. Jika jaringan payudara bisa menahan pensil di dada menyiratkan ada sifat alami menggantung pada payudara dan bisa diperbaiki dengan pengangkatan payudara.Tapi, jika pensil jatuh berarti payudara telah kehilangan volumenya. Biasanya, kondisi ini muncul dengan dada agak datar (khususnya di bagian atas payudara). Dan sering kali memerlukan implan sehingga payudara benar-benar terlihat lebih muda. Sejak tahun 2000, operasi pengangkatan payudara m [...]

Saat Puasa, Normalnya Berat Turun 2 Kilogram

Saat Puasa, Normalnya Berat Turun 2 Kilogram

Saat puasa, seharusnya berat badan bisa berkurang sampai 2 kilogram. Tapi apa yang terjadi, sejumlah orang malah bertambah gemuk setelah puasa dan lebaran.Demikian disampaikan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc. Ia menjelaskan, saat puasa, seseorang akan kehilangan banyak karbohidrat dan protein tapi tidak lemak. "Konsumsi makanan sehat saat puasa bisa menjadi saat yang tepat untuk menurunkan berat badan sehingga tubuh lebih bugar. Saat itu, metabolisme tubuh akan mengalami perubahan dan semua organ tubuh akan menyesuaikan. Sel-sel tubuh juga akan dikondisikan untuk lebih kuat dan tubuh menjadi lebih sehat dan kebal penyakit," kata Saptawati, seperti ditulis Jumat (27/6/2014). Agar tubuh tetap bugar saat puasa, Saptawati menyarankan untuk tetap melakukan aktivitas walaupun intensitasnya bisa dikurangi. Kemudian memperhatikan asupan karbohidrat dan protein, dan minum air putih sebanyak yang kita mampu agar tubuh tetap terhidrasi. [...]

Teknologi Bayi Tabung Time Lapse Butuh Waktu Singkat

Teknologi Bayi Tabung Time Lapse Butuh Waktu Singkat

Satu lagi pencapaian tenaga medis di Indonesia dalam hal pembuahan di luar rahim wanita atau yang kita kenal dengan bayi tabung. Karena kini hasil program bayi tabung cukup menjanjikan. Meskipun bayi tabung telah dikenal lama tapi tak banyak yang mengetahui ada teknologi time lapse di Klinik Teratai RS Gading Pluit. Apa itu teknologi time lapse dalam proses pembuahan rahim? Perwakilan tim seleksi embrio klimik Teratai RS Gading Pluit Jakarta, Ahmad Muhidin menjelaskan, time lapse merupakan waktu singkat yang dibutuhkan pasangan dalam pembuahan hingga wanita siap dibuahi. "Teknologi time lapse dalam teknik reproduksi dilakukan dengan cara mempertemukan sel sperma dan sel telur. Dulu dalam tabung makanya dinamai bayi tabung. Sekarang pakai cawan hingga terjadi pembuahan. Dalam teknologi ini, pembuahan hanya makan waktu 2-5 hari hingga nanti embrio dimasukkan kembali dalam Rahim melalui Vagina," kata Ahmad saat seminar bayi tabung di Hotel Aston, Jakarta, Sabtu (26/4/2014). Ahmad menerangkan, prosedur pengambilan embrio melalui teknologi time lapse tidak perlu pembedahan di perut melainkan melalui alat vakum khusus. Selain itu, proses seleksi sperma menggunakan cawan petri yang te [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *