Peluk Orang Tersayang 8 Kali Sehari, Hidup Jadi Lebih Sehat Lahir Batin

couplehugcover.jpg

Pelukan bukan hanya ungkapan kasih sayang. Salah satu bentuk sentuhan fisik ini memiliki efek yang lebih besar dari sekadar membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.

Psikolog Melly Puspita Sari, Psi, M, NPLm Psychologist menyebutkan, pelukan yang dilakukan minimal delapan kali sehari bisa membuat hidup lebih sehat. Tapi Melly menegaskan, sebaiknya jangan selalu menghitung dan terpaku pada jumlah pelukan karena ketika pelukan menjadi sebuah kebutuhan, sebanyak apapun frekuensinya tidak akan menjadi masalah.

“Menurut penelitian yang disebutkan oleh Kathleen Keating dalam bukunya ‘The Hug Therapy’, empat kali pelukan bisa mempertahankan hidup. 12 kali pelukan untuk kesehatan dan kebahagiaan,” tutur psikolog lulusan Universitas Muhammadiyah Malang ini, saat talkshow ‘Berbagi Pelukan Melalui Kelembutan Molto Ulta Pure’ di Piscator, Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2013).

Berdasarkan penelitian dari University of North Carolina, Amerika Serikat, pelukan bisa menurunkan kadar hormon stres (kortisol) sekaligus meningkatkan hormon oksitosin yang mampu memberikan perasaan tenang. Ketenangan dan kenyamanan yang dirasakan saat berpelukan, otomatis juga mengurangi stres. Seperti diketahui, stres merupakan akar dari segala penyakit dan ketegangan. Maka semakin sering dipeluk, orang juga akan semakin sehat baik secara mental maupun fisik.

Dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh psikolog Dr Karen Grewen kepada 38 pasangan, diketahui pasangan yang berpelukan selama 20 detik kadar kortisolnya menjadi rendah dan oksitosin meningkat. “Efeknya terjadi lebih signifikan pada wanita. Manfaat pelukan juga kurangi potensi penyakit jantung,” terang Melly yang juga penulis buku ‘The Miracle Of Hug’.

Sementara itu pelukan yang diberikan pada orang dengan kondisi tubuh tidak sehat, kekebalan tubuhnya akan meningkat. Dampak positif pelukan akan lebih efektif apabila dilakukan dengan cara yang tepat.

“Sama-sama rangkulkan tangan saat pelukan, rasakan aliran energi. Bayangkan jika pelukan tersebut adalah pelukan terakhir,” tutur Melly.

Peluklah orang yang Anda sayangi sambil tersenyum. Hal itu akan membuat kebahagiaan lebih terasa saat berpelukan. Peluklah orang tersayang Anda sesering mungkin dan lakukan dengan tulus, sepenuh hati sampai menemukan titik kenyamanan.

“Saat berpelukan jangan langsung dilepas. Apalagi pada orang yang tidak terbiasa dipeluk. Tahan beberapa detik sampai dia merasa nyaman,” saran Melly.

Selain pelukan, sentuhan lain seperti memegang tangan, meremas bahu atau mengusap kepala juga punya efek yang sama untuk menimbulkan perasaan senang dan menyamankan. “Prinsipnya adalah sentuhan. Ketika disentuh ada sensori yang menyamankan,” kata Melly.

(hst/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hindari Makanan Ini Saat Sarapan!

Hindari Makanan Ini Saat Sarapan!

Kita semua kini tahu betapa pentingnya sarapan di pagi hari untuk kesehatan Anda sehari penuh dan kebaikan kesehatan tubuh jangka panjang. Dimana kita pun sudah tahu juga, menu yang kita makan selama 45 menit setelah kita bangun pagi adalah yang menentukan kondisi tubuh juga terpenting. (Baca: 5 Alasan untuk Sarapan) Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, memberi tenaga untuk aktivitas fisik yang akan kita lakukan hari itu, dan dapat pula menurunkan kadar kolesterol kita. Sarapan terutama sangat bagus untuk anak-anak dan remaja. Tapi sudah tahukah Anda, bahwa sebenarnya ada menu makanan yang biasa kita makan ternyata disarankan untuk dihindari ketika sarapan? Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini ada beberapa menu yang sebaiknya Anda hindari ketika sarapan: 1. Hindari Sereal Rendah Serat Ketika Sarapan Sereal yang tinggi karbohidrat dan gula dan rendah serat dapat mengakibatkan gula darah Anda naik dengan cepat dan kemudiaan akan cepat turun juga. Hal ini akan menyebabkan Anda mudah lapar dan moody. Menurut Prof dr R. Bambang Wirjatmadi MS MCN PhD SpGK, staf pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair, makanan atau minuman instan memang bisa dijadi [...]

Stroke Infarct: Ketika Pipa di Otak Macet

Stroke Infarct: Ketika Pipa di Otak Macet

Oleh: dr. Dianika Putri Puspitasari KLIKDOTER.com - Stroke merupakan penyakit yang menjadi momok bagi semua orang. Berdasarkan data dari The Global Burden of Disease (GBD), stroke menempati peringkat kedua penyebab kematian tertinggi setelah penyakit jantung iskemik. Stroke merupakan penyebab utama kecacatan pada dewasa. Lebih dari separuh penderita stroke yang bertahan hidup memerlukan bantuan orang lain untuk mampu melakukan aktivitas harian. Stroke mengakibatkan disabilitas yang jauh lebih besar dibanding penyakit kronis lain. Stroke dapat digolongkan menjadi 2 yaitu: stroke perdarahan stroke infarct Apa itu Stroke Infarct? Adalah kondisi dimana terdapat kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Bagaimana Bisa Terjadi? Glukosa dan oksigen dialirkan melalui aliran darah yang melewati pembuluh darah otak. Jika pembuluh darah diibaratkan sebagai pipa, adanya hambatan pada pipa bisa mengganggu jalannya aliran darah. Hambatan pada pipa pembuluh darah di otak bisa terjadi akibat adanya kerak yang kita sebut sebagai atherosklerosis, penyempitan pipa (stenosis), tidak terbentuknya pipa secara sempurna (aplasia & [...]

7 Penyebab Perut Kembung

7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi. Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung. Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung. Penyebab Perut Kembung #1: Stres Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti: kembung, konstipasi, diare dan nyeri perut. Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung. Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung. Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter men [...]

4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

? Hasil pemeriksaan kesehatan menyebutkan Anda memiliki masalah kolesterol? Pastinya kemudian akan terpikirkan bagaimana cara untuk menjaga makan. Simak empat makanan berikut ini yang dapat membantu usaha Anda menyusun menu diet menurunkan kolesterol Anda. 1. Oatmeal dan makanan tinggi serat Oatmeal mengandung seratyang mudah dicerna yang dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol ?jahat?. Serat yang mudah dicerna ini juga dapat ditemukan pada apel, pir dan buah prune. Makanan yang tinggi serat dapat menurunkan penyerapan kolesterol ke dalam peredaran darah. Dengan mengonsumsi 5 hingga 10gram serat sehari maka dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL Anda. Klik next untuk tahu berbagai makanan lainnya. 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol 2. Ikan dan asam lemak omega 3 Mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penimbunan plak yang dapat berujung pada serangan jantung, stroke dan kematian.American Heart Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi ikan dalam satu minggu. Asam lemak omega 3 tertinggi dapat ditemukan pada ikan: Mackarel Sarden Salmon Tuna Nam [...]

5 Akibat Karena Darah Tinggi

5 Akibat Karena Darah Tinggi

Yuk, kita mengenal lebih jauh mengenai ancaman bahaya karena hipertensi. Banyak penderita hipertensi menganggap remeh penyakitnya, karena mayoritas penderita hipertensi tidak mengalami keluhan apa-apa. Sebagian kecil mengalami keluhan pusing, sakit kepala, dan leher terasa tegang. Karena keluhan tidak terasa berat, hipertensi sering kali dipandang sebelah mata. Mengenal bahaya hipertensi sangat diperlukan agar penderita hipertensi memiliki motivasi yang kuat untuk menghindari komplikasi hipertensi. Komplikasi hipertensi meningkat seiring dengan peningkatan tekanan darah. Halaman berikut ini merupakan komplikasi dari hipertensi: Dampak dari Hipertensi 1. Penyakit Jantung: Penyakit Jantung Koroner, Gagal Jantung. Penyakit Jantung Koroner disebabkan karena timbul plak pada pembuluh darah koroner (atherosklerosis). Bila terjadi gangguan pada plak (pecah), maka dapat terjadi sumbatan pada pembuluh darah koroner yang menyebabkan serangan jantung dan kematian mendadak. Penderita penyakit jantung koroner biasanya mengeluhkan nyeri dada seperti tertimpa benda berat pada bagian tengah dada dan dapat menjalar ke lengan kiri. Gagal Jantung terjadi karena otot jantung men [...]

7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita. Kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada ananda buah hati Anda. Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda, umumnya melibatkan kombinasi pelembab dan steroid oles. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika. Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur. Hindari sabun dan shampoo yang keras. Sabun dapat membuat eksim bertambah parah. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo tan [...]

Ini Alasan Kopi Susu Tak Baik untuk Kesehatan Gigi

Ini Alasan Kopi Susu Tak Baik untuk Kesehatan Gigi

Kopi susu kerap kali menjadi 'teman' agar tidak mengantuk saat sibuk bekerja. Namun di balik kenikmatannya itu, kopi susu ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan gigi Anda.Pakar kesehatan gigi Heidi Hackett percaya, minuman ini memicu perkembangan karies pada gigi. Mayoritas pasiennya yang minum kopi susu berjam-jam di depan komputer lebih cenderung mengalami gangguan pada gigi.Paparan kronis terhadap laktosa atau gula susu, memberikan bakteri dalam mulut kemampuan untuk berkembang biak lebih banyak. Menurut Heidi, laktosa menjadi bahan bakar cair yang membantu metabolisme bakteri.Seperti yang dikutip dari Geniusbeauty, karies bisa terjadi karena dipicu dari Streptococcus mutans. Bakteri ini mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam. Kemudian, asam mengorosi enamel sehingga menyebabkan gigi berlubang.Oleh sebab itu, Heidi menyarankan agar menghabiskan segelas kopi susu dalam waktu 15 menit. saja. Tetapi bila kopi susu dikonsumsi dengan frekuensi sangat sering atau sepanjang hari, maka kesehatan gigi bisa terancam karena bakteri.Untuk atasi masalah itu, jangan lupa untuk meminum air putih setelah meminum kopi susu untuk mengurangi bakteri berkembang di gigi. Hal ini dikarenakan [...]

Tips Kurangi Rasa Sakit Pasca Pakai Sepatu High Heels

Tips Kurangi Rasa Sakit Pasca Pakai Sepatu High Heels

Bagi wanita yang tidak terbiasa, memakai sepatu high heel bisa sangat menyiksa. Kaki bisa sakit dan pegal berkepanjangan. Bagaimana agar nyaman dan kaki pun tetap sehat?Ahli kesehatan kaki Stephen Strain asal London memberikan beberapa tipsnya soal bagaimana agar wanita tetap bisa memiliki kaki yang sehat meski sering memakai high heels. Sebelum membeberkan tips tersebut, ia lebih dulu menjelaskan kenapa sepatu high heels bisa membuat kaki wanita sangat sakit.Seperti dikutip dari Daily Mail, semakin jarang Anda memakai sepatu jenis tersebut dan makin tinggi hak sepatu itu, semakin sakit juga kaki Anda nantinya. Otot betis berkontraksi saat kaki berjalan dengan sepatu ini. Pergelangan kaki juga jadi berada beberapa inchi di atas tanah, sehingga otot betis jadi harus lebih bekerja keras. Sama seperti olahraga, jika otot kita belum terbiasa, sesudah melakoni aktivitas tersebut tentu badan akan terasa sakit keesokan harinya. Hal serupa berlaku pada sepatu high heels.Strain mengatakan sangat penting memiliki sepatu high heels yang bisa dipakai dengan nyaman dan benar. Sepatu tersebut sebaiknya memiliki tempat untuk ujung kaki bergerak. Kalaupun sepatu itu ujungnya lancip, bagian ters [...]

Manfaat ASI Bagi Bayi dan Ibu

Manfaat ASI Bagi Bayi dan Ibu

ASI adalah gizi paling lengkap bagi bayi. ASI memiliki jumlah lemak, gula, air, dan protein yang tepat untuk pertumbuhan bayi dan perkembangannya. Kebanyakan bayi lebih mudah mencerna ASI daripada susu formula serta banyak risiko kesehatan bagi bayi yang tidak diberi ASI. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa, bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan lebih, dapat mengembangkan berbagai penyakit menular, termasuk infeksi telinga, diare, penyakit pernafasan dan memiliki riwayat sering sakit. Serta, bayi yang tidak diberi ASI memiliki 21 persen lebih tingkat kematian. Studi di American Academy of Pediatrics, menunjukkan, bahwa bayi yang tidak diberi ASI memiliki tingkat kematian yang tinggi, dan tingkat lebih tinggi terkena leukemia, kelebihan berat badan dan obesitas, tingkat kolesterol serta asma. Selain menjauhkan bayi dari berbagai penyakit, ASI memberikan keuntungan lebih pada bayi dengan nilai tes IQ-nya lebih tinggi dibanding bayi yang tidak diberi ASI ekslusif serta ASI memiliki antibodi untuk membantu melindungi bayi dari bakteri dan virus. Keuntungan Memberikan ASI Eksklusif untuk Bayi ASI tidak hanya bermanfaat bagi bayi, namun juga berm [...]

Hepatitis dan Penularannya

Hepatitis dan Penularannya

Sampai saat ini, begitu banyak kerancuan yang beredar di tengah masyarakat mengenai penyakit hepatitis, salah satunya adalah bagaimana penyakit ini ditularkan. Perlu Anda ketahui, hepatitis disebabkan oleh beberapa varian virus, karena itu terdapat hepatitis A, B , C, D, E. Tidak banyak yang mengetahui hepatitis D dan E, kedua jenis ini memang jarang namun terdapat di negara kita. (Baca: Hepatitis Mengintai) Hepatitis A menginfeksi manusia melalui makanan yang dimasukkan lewat mulut, virus ini menyerang saluran pencernaan sehingga penderita akan mengalami diare saat terinfeksi, penularan hepatitis A ini mungkin terjadi saat dua orang makan melalui media yang sama. Kabar baik untuk Anda, ketika sistem imun Anda sedang prima, seringkali kita tidak sadar bahwa kita telah terinfeksi hepatitis A, namun kemudian tubuh kita membentuk kekebalan yang abadi terhadap virus ini. Hepatitis B adalah hepatitis yang cukup ditakuti, mengapa demikian? Hepatitis B Adalah Hepatitis yang Cukup Ditakuti, Mengapa Demikian? Hepatitis jenis ini dapat menyerang anak-anak maupun dewasa, ketika menyerang anak-anak, penyakit ini biasanya bersifat menahun dan sukar disembuhkan, hepatitis [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *