Peluk Orang Tersayang 8 Kali Sehari, Hidup Jadi Lebih Sehat Lahir Batin

couplehugcover.jpg

Pelukan bukan hanya ungkapan kasih sayang. Salah satu bentuk sentuhan fisik ini memiliki efek yang lebih besar dari sekadar membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.

Psikolog Melly Puspita Sari, Psi, M, NPLm Psychologist menyebutkan, pelukan yang dilakukan minimal delapan kali sehari bisa membuat hidup lebih sehat. Tapi Melly menegaskan, sebaiknya jangan selalu menghitung dan terpaku pada jumlah pelukan karena ketika pelukan menjadi sebuah kebutuhan, sebanyak apapun frekuensinya tidak akan menjadi masalah.

“Menurut penelitian yang disebutkan oleh Kathleen Keating dalam bukunya ‘The Hug Therapy’, empat kali pelukan bisa mempertahankan hidup. 12 kali pelukan untuk kesehatan dan kebahagiaan,” tutur psikolog lulusan Universitas Muhammadiyah Malang ini, saat talkshow ‘Berbagi Pelukan Melalui Kelembutan Molto Ulta Pure’ di Piscator, Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2013).

Berdasarkan penelitian dari University of North Carolina, Amerika Serikat, pelukan bisa menurunkan kadar hormon stres (kortisol) sekaligus meningkatkan hormon oksitosin yang mampu memberikan perasaan tenang. Ketenangan dan kenyamanan yang dirasakan saat berpelukan, otomatis juga mengurangi stres. Seperti diketahui, stres merupakan akar dari segala penyakit dan ketegangan. Maka semakin sering dipeluk, orang juga akan semakin sehat baik secara mental maupun fisik.

Dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh psikolog Dr Karen Grewen kepada 38 pasangan, diketahui pasangan yang berpelukan selama 20 detik kadar kortisolnya menjadi rendah dan oksitosin meningkat. “Efeknya terjadi lebih signifikan pada wanita. Manfaat pelukan juga kurangi potensi penyakit jantung,” terang Melly yang juga penulis buku ‘The Miracle Of Hug’.

Sementara itu pelukan yang diberikan pada orang dengan kondisi tubuh tidak sehat, kekebalan tubuhnya akan meningkat. Dampak positif pelukan akan lebih efektif apabila dilakukan dengan cara yang tepat.

“Sama-sama rangkulkan tangan saat pelukan, rasakan aliran energi. Bayangkan jika pelukan tersebut adalah pelukan terakhir,” tutur Melly.

Peluklah orang yang Anda sayangi sambil tersenyum. Hal itu akan membuat kebahagiaan lebih terasa saat berpelukan. Peluklah orang tersayang Anda sesering mungkin dan lakukan dengan tulus, sepenuh hati sampai menemukan titik kenyamanan.

“Saat berpelukan jangan langsung dilepas. Apalagi pada orang yang tidak terbiasa dipeluk. Tahan beberapa detik sampai dia merasa nyaman,” saran Melly.

Selain pelukan, sentuhan lain seperti memegang tangan, meremas bahu atau mengusap kepala juga punya efek yang sama untuk menimbulkan perasaan senang dan menyamankan. “Prinsipnya adalah sentuhan. Ketika disentuh ada sensori yang menyamankan,” kata Melly.

(hst/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

Putus cinta tak selamanya menyakitkan. Menurut penelitian, putus cinta bisa memberikan manfaat kesehatan baik secara fisik ataupun mental. Apa saja manfaat di balik kandasnya hubungan asmara?Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota pada tahun 2003 terhadap 92 siswa, mengungkapkan bahwa ada pertumbuhan pribadi yang terjadi setelah putus cinta. Beberapa diantanya, menjadi sosok yang lebih percaya diri dan mengetahui apa yang diingingkan."Setelah hubungan berakhir, kita tidak perlu lagi membenarkan mengapa kita harus bersama orang lain, dan ini memungkinkan kita untuk melihat beberapa hal lebih jelas," ujat Ty Tashiro, salah satu peneliti.Sebuah studi Northwestern University menemukan bahwa setelah putus cinta orang cenderung menjadi bingung. Tetapi hal itu tak sepenuhnya buruk. "Perubahan spesifik itu berasal dari kesadaran ingin mencari pengganti pasangan. Jadi tak heran, orang menjadi lebih ramah dan menyenangkan setelah putus cinta," kata Erica Slotter, penulis studi.Seperti yang dikutip dari She Knows, berikut lima manfaat kesehatan di balik putus cinta:1. Lebih TenangSaa kekasih tak lagi di samping, Anda jadi bisa memiliki waktu untuk menemukan kesenangan [...]

Pilek? Enaknya Makan 6 Menu Ini Biar Cepat Sembuh!

Pilek? Enaknya Makan 6 Menu Ini Biar Cepat Sembuh!

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami pilek alias flu dalam hidupnya. Flu seakan bukan hal yang aneh lagi. Flu atau influenza sendiri disebabkan oleh virus dan dibutuhkan imunitas tubuh yang tinggi untuk memeranginya. Tapi tahukah Anda, sebetulnya ada makanan dan minuman yang tepat sekali untuk dikonsumsi ketika kita pilek? Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu percepat kesembuhan, antara lain: Sup ayamKonsumsi semangkuk sup ayam memberikan manfaat lebih dari sekedar efek menenangkan. Pada tahun 2000, sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh American College of Chest Physicians membuktikan bahwa sup ayam mengandung efek anti peradangan yang dapat meredakan gejala flu dan meningkatkan imunitas tubuh. Susu dan makanan kaya vitamin DMakanan yang kaya akan vitamin D seperti susu dan sereal dapat membantu memerangi flu. Pada suatu studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital pada tahun 2009, mereka yang mengkonsumsi makanan kaya vitamin D cenderung jarang mengalami flu dibandingkan dengan yang tidak. 6 Makanan Agar Pilek Cepat Sembuh Hampir setiap orang pasti pernah mengalami p [...]

Tidak Selalu karena Ngantuk dan Lelah, Ini Penyebab Lain Orang Suka Menguap

Tidak Selalu karena Ngantuk dan Lelah, Ini Penyebab Lain Orang Suka Menguap

Menguap pasti berarti Anda mengantuk? Belum tentu. Menguap tidak selalu mengindikasikan kalau Anda kurang tidur, bosan, lelah atau sesuatu yang menular (seseorang yang melihat orang lain menguap cenderung akan menguap juga setelahnya).Studi terbaru menemukan bahwa penyebab sebenarnya orang menguap adalah karena otak yang terlalu panas. Benarkah?Sekelompok peneliti dari University of Vienna, Austria mengetes partisipan yang berasal dai Austria dan Arizona untuk memeriksa aktivitas mereka setiap harinya. Mereka menemukan bahwa satu-satunya prediksi yang signifikan mengenai penyebab orang menguap adalah temperatur.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa para responden cenderung lebih sering menguap ketika berada di ruangan yang temperaturnya tinggi atau panas, atau saat mereka merasa kegerahan. Sedangkan faktor-faktor lainnya seperti seks, musim, usia, kelembaban, durasi yang dihabiskan di luar ruangan dan jumlah waktu tidur di malam sebelumnya tidak memiliki efek yang signifikan terhadap kebiasaan menguap ini.Seperti dikutip dari CNN, para peneliti menyimpulkan bahwa menguap merupakan hasil dari aktivitas otak yang bereaksi ketika suhu pada tubuh memanas. Temperatur yang naik akan [...]

5 Alasan Gigi yang Hilang Harus Diganti dengan Gigi Tiruan

5 Alasan Gigi yang Hilang Harus Diganti dengan Gigi Tiruan

Prinsip perawatan kedokteran gigi modern saat ini adalah bersifat konservatif, yaitu gigi asli yang ada harus sebisa mungkin dipertahankan. Namun pada kondisi dimana gigi sudah tidak bisa dirawat lagi maka pencabutan adalah pilihan terakhir. Nah, setelah gigi dicabut, apakah lantas dibiarkan saja? Idealnya, gigi asli yang hilang harus diganti dengan gigi tiruan. Namun kenyataannya, orang-orang masih banyak yang mengabaikannya. Mungkin karena banyak orang menganggap kehilangan satu-dua gigi tidak masalah dan tidak berbahaya, asal masih bisa mengunyah. Padahal gigi yang hilang dan tidak diganti akan menimbulkan dampak baik jangka pendek maupun jangka panjang. Simak penjelasan berikut. 5 Alasan Gigi yang Hilang Harus Diganti dengan Gigi Tiruan Berikut penjelasannya: Gigi ?ompong? tentu akan mengganggu estetika, terutama apabila gigi yang hilang adalah gigi depan. Gigi bagian belakang pun masih akan tetap terlihat saat kita sedang tertawa lebar. Gigi yang hilang tentu mengurangi kenyamanan saat mengunyah dan menggigit makanan, apalagi jika yang hilang adalah gigi geraham. Ketidaknyamanan tersebut dapat membuat orang mengunyah hanya di satu sisi, dimana g [...]

Selain Kulit, Sinar UV Juga Berbahaya Bagi Mata & Perlu Dilindungi ‘Sunblock’

Selain Kulit, Sinar UV Juga Berbahaya Bagi Mata & Perlu Dilindungi ‘Sunblock’

Banyak orang yang peduli akan pentingnya perlindungan kulit terhadap bahaya paparan sinar matahari, dengan mengoleskan sunblock atau tabir surya. Namun tampaknya masih sedikit yang tahu kalau sinar UVA dan UVB tidak hanya bisa merusak kulit tapi bagian tubuh lainnya, yaitu mata.Para ahli kesehatan mengatakan, melindungi mata dari sinar matahari sama pentingnya dengan kulit. Seperti halnya kulit yang bisa mengalami sunburn (terbakar sinar matahari), mata juga bisa terkena hal yang sama, yang juga disebut eyeburn. Teriknya sinar matahari bisa membakar permukaan teratas pada mata dan menyebabkan gangguan mata yang serius. "Kita terpapar sinar matahari lebih banyak pada saat musim panas, ketika berada di ketinggian atau perairan yang terbuka. Salju dan air bisa memantulkan cahaya termasuk sinar matahari jadi paparannya lebih banyak dan berbahaya," ujar Raj Das-Bhaumik, seorang konsultan operasi plastik khusus mata di Moorfields Eye Hospital, London, seperti dikutip dari BBC.Raj menambahkan, efek yang timbul akibat paparan sinar matahari pada mata tidak langsung bisa dirasakan, seperti sunburn pada kulit. Tapi jika dibiarkan terus menerus terkena sinarnya tanpa perlindungan, akibatny [...]

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Premenstrual Syndrome atau PMS jadi hal yang menghantui wanita setiap bulan. Ketika mengalaminya mood cenderung menjadi kacau. Apakah Anda kerap bertanya-tanya, kenapa wanita harus merasakan PMS yang sebenarnya mengganggu ini? Simak jawabannya di sini.Konsultan seks wolipop dr. Vanda Mustika menjelaskan PMS merupakan gejala fisik dan emosional yang berhubungan dengan siklus menstruasi. PMS biasanya dimulai pada pertengahan siklus atau 14 hari setelah hari pertama menstruasi (pada siklus yang normal) dan hilang 1-2 hari setelah menstruasi berikutnya.Apa yang dirasakan wanita saat PMS, bisa dilihat dari gejala fisik dan psikis. Gejala fisik yang dirasakan wanita saat PMS di antaranya kembung, rasa kencang dan nyeri di payudara, sulit buang air besar atau diare, sakit kepala, sensitif terhadap suara dan sinar, serta rasa ingin makan terus. Adapun gejala yang timbul secara psikis atau emosional seperti rasa bingung, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, sedih dan putus asa, tegang ataupun cemas, kehilangan ataupun peningkatan libido, mood yang berubah-ubah, perasaan bersalah atau tidak percaya diri dan gangguan tidur (bisa berlebihan atau sulit tidur).Kenapa wanita harus merasakan PMS y [...]

4 Cara Bebas Stres Dengan Meningkatkan Endorphine

4 Cara Bebas Stres Dengan Meningkatkan Endorphine

Dalam kehidupan kita kini, kerap kali kita menghadapi tekanan dari berbagai tugas sehari-hari. Senyawa tubuh endorphine bertugas dalam meningkatkan rasa senang dalam jiwa seorang manusia. Karena itu, untuk mengurangi tingkat stres hidup, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan kadar endorphine tubuh. Apa saja beberapa hal sederhana yang dapat meningkatkan endorphine? 1. Olahraga Olahraga merupakan cara yang efektif untuk mengurangi tekanan dalam hidup Anda. Olahraga bukan saja baik bagi kesehatan, namun olah raga juga dapat meningkatkan kadar endorphine dan akhirnya akan menyebabkan peningkatan mood seseorang. Sebuah penelitian mempelajari kadar endorphine atlit saat istirahat dan setelah melakukan lari selama dua jam. Ternyata setelah berlari selama dua jam, atlit tersebut memiliki kadar endorphine yang lebih tinggi. Jika Anda jarang berlari, ternyata berbagai jenis olahraga sedang sampai berat seperti angkat beban, dan aerobik juga dapat memberikan efek yang sama. 2. Konsumsi cokelat Walaupun belum didukung bukti yang luas, namun konsumsi cokelat dapat meningkatkan mood seseorang. Cokelat mengandung lebih dari tiga ratus senyawa kimiawi yang mempengaruhi keb [...]

7 Makanan untuk Cegah Serangan Flu di Musim Hujan

7 Makanan untuk Cegah Serangan Flu di Musim Hujan

Kunci dari mencegah serangan flu adalah menjaga pencernaan tetap sehat dan lancar. Ketika sistem pencernaan sehat, akan lebih mudah mengolah makanan dan menyalurkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi ke seluruh tubuh. Alhasil, tubuh jadi kebal terhadap racun dan menghancurkan bakteri serta virus. Ini tujuh makanan pencegah flu saran dari praktisi gaya hidup sehat Dr Helen Lee, seperti dikutip dari Beliefnet.1. JaheMinyak volatil di dalam jahe berfungsi menghangatkan, membantu tubuh lebih banyak berkeringat. Efek tersebut bisa meredakan demam ringan dan menghilangkan racun. Jahe juga meningkatkan metabolisme tubuh, sementara efek hangatnya membantu mengatasi mual, memperbaiki gangguan pada saluran pencernaan, paru-paru dan sesak napas. Herbal ini juga berefek membersihkan toksin. Tambahkan potongan jahe segar ke dalam minuman teh atau bisa dimakan sendiri. Jika ingin melegakan tenggorokan, campurkan teh, jahe dan madu.2. Bawang PutihAllicin, bahan aktif yang terkandung dalam bawang putih berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri alami. Bawang putih bisa membersihkan liver --organ yang bertugas membersihkan darah. Aliran darah yang melewati liver setiap tiga menit akan dipr [...]

4 Jenis Makanan untuk Kulit

4 Jenis Makanan untuk Kulit

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kulit Anda merupakan suatu organ pada tubuh yang penting selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari.Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit. 1. Sayur dan Buah-buahan Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda. Bayam, merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda. Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan o [...]

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Menurut data World Health Organization (WHO), masalah gangguan kesehatan jiwa di seluruh dunia memang sudah menjadi masalah yang sangat serius. WHO (2001) menyataan, palig tidak, ada satu dari empat orang di dunia mengalami masalah mental. WHO memperkirakan ada sekitar 450 juta orang di dunia yang mengalami gangguan kesehatan jiwa. Stress kian meningkat dalam masyarakat di era modern. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya perang, konflik, lilitan krisis ekonomi berkepanjangan. Stress yang berkepsanjangan dapat menyebabkan gangguan kejiwaan. Tentunya stress dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena pasokanan makanan yang jauh dari sehat dan bergizi hanya akan mengancam seseorang dari resiko obesitas. Menurut pakar nutrisi, David Zinczenko, tubuh meminta pasokan kalori secara alami ketika kita mengalami stress. Pasokan kalori itu sengaja dipersiapkan tubuh untuk menghadapi tekanan yang dialami seseorang. Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk mencegah seseorang dari stres: Beberapa Makanan Pencegah Stres: Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *