Efek Samping Pemberian Vaksin Tidak Menyebabkan Autisme

efek samping vaksin autisme

Sebanyak 10% orangtua akan melewati atau mengundur-undur vaksin rutin untuk anak, karena ketakutan akibat anaknya yang mendapat terlalu banyak vaksin dalam waktu yang sangat dekat.

Studi terbaru menemukan bahwa anak yang mendapatkan vaksin sesuai dengan jadwal penuh tidak ada hubungannya dengan resiko autisme.

Geraldine Dawson, chief science officer Talk of autism, mengatakan bahwa studi baru ini merupakan hal yang sangat penting dalam dunia medis dan hal yang dapat menghapus kekhawatiran orangtua hampir satu dunia.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Pediatrics, merupakan studi terbaru dari hampir 20 studi terdahulu yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara jumlah vaksin yang diterima oleh anak pada masa kecil, atau jumlah vaksin yang anak dapat dalam satu hari dengan autisme.

Studi ini juga merupakan studi pertama yang dapat meluruskan ketakutan banyak orang mengenai pemberian vaksin multipel yang katanya dapat menstimulasi sistem imun anak yang berlebihan sehingga ditakutkan dapat menimbulkan masalah jangka panjang. Sejarahnya 20 tahun yang lalu, anak dijadwalkan untuk vaksin terhadap 9 penyakit namun saat ini tercatat ada 14 penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, menurut pendapat dari CDC (Center for Disease Control and Prevention).

Pemberian Vaksin Tidak Menyebabkan Autisme

Walaupun pada masa yang akan datang, anak akan mendapat lebih banyak suntikan namun vaksin yang baru akan lebih baik untuk sistem imun karena hanya menggunakan sedikit antigen untuk mengstimulasi sistem imun untuk mengeluarkan antibodi yang nantinya akan memblokade infeksi.

Akibat perubahan baru ini, anak berusia 2 tahun yang melakukan vaksin lengkap sesuai jadwal akan terekspos dengan 315 antigen, dan hanya merupakan jumlah yang cukup sedikit dibandingkan dengan berjuta-juta mikroba yang dapat terekspos oleh bayi pada saat kelahiran.

Penelitian ini membenarkan penelitian sebelumnya tahun 2012, membandingkan bayi yang mendapat vaksin lengkap hingga tahun-tahun pertama kehidupan dengan bayi yang tidak melengkapi jadwal vaksin. Para peneliti tidak menemukan perbedaan neuropsikologikal, seperti kegagapan ataupun nilai test IQ yang lebih rendah antar 2 kelompok.

Seperti yang dikemukakan oleh Michael Smith, seorang spesialis infeksi pediatrik di University of Louisville School of Medicine, tidak ada gunanya menunda pemberian vaksin karena saat kita menunda, kita hanya meningkatkan risiko anak terkena infeksi.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Cara Menyikat yang Benar agar Mulut dan Gigi Bersih Maksimal

Ini Cara Menyikat yang Benar agar Mulut dan Gigi Bersih Maksimal

Memelihara kesehatan mulut dan gigi merupakan langkah awal dan penting untuk menjaga agar tubuh sehat secara keseluruhan. Namun kenyataannya banyak yang mengabaikan dan menganggap sepele rutinitas menyikat gigi.Asalkan sudah menyikat gigi tiap hari, dianggap sudah cukup untuk menjaga kesehatan gigi. Padahal cara yang salah dalam menyikat gigi akan membuat plak, sisa makanan serta kuman tetap bersarang di mulut dan gigi Anda. Dr Peter Alldrit dari komite kesehatan mulut Australian Dental Association mengatakan, sebagian besar orang menyikat gigi secara asal dan acak tanpa memerhatikan gerakan dan cara yang benar."Gerakkan sikat dengan cara yang sistematis. Jangan menyikat secara asal ke semua bagian gigi. Mulailah dari satu area, lalu bergerak secara perlahan ke area lainnya. Lakukan dengan gerakan yang terarah sehingga semua bagian gigi bersih secara total," jelas Dr Peter, seperti dikutip dari ABC Australia.Gosoklah gigi secara lembut dari arah gusi ke gigi, dikombinasikan dengan gerakan memutar seperti pijatan. Selain itu pemilihan sikat gigi dan cara menyimpannya juga perlu diperhatikan. Ini beberapa tips dari Dr Peter untuk menjaga kesehatan gigi Anda.- Selalu gunakan bulu s [...]

5 Penyakit Fisik & Mental yang Disebabkan Stres Berkepanjangan

5 Penyakit Fisik & Mental yang Disebabkan Stres Berkepanjangan

Stres bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mental juga fisik. Hampir semua orang sudah tahu hal itu. Namun mungkin banyak yang belum tahu kondisi kesehatan apa yang akan terganggu apabila stres dibiarkan berkepanjangan. Seperti dikutip dari Fit Sugar, ini berbagai penyakit dan gangguan kesehatan yang bisa dialami akibat stres akut.1. Sering SakitJika Anda terus-terusan mudah sakit, ada kemungkinan stres yang jadi penyebabnya. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian untuk melihat adanya hubungan antara stres akut dan tingkat daya tahan tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa beberapa hormon stres yang dikeluarkan tubuh bisa memengaruhi kemampuan kelenjar thymus untuk menstimulasi dan mengatur aktivitas sel darah putih. Terganggunya aktivitas ini di dalam sel tubuh, berakibat menurunnya daya tahan tubuh untuk melawan penyakit.2. Penyakit JantungSebuah penelitian di Belanda yang memeriksa level hormon cortisol pada orang tua menemukan, stres secara signifikan meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti tersumbatnya pembuluh darah atau jantung.3. ObesitasPenderita stres kronis cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat untu [...]

Meningkatkan Kepuasan Hidup? Ini Tipsnya

Meningkatkan Kepuasan Hidup? Ini Tipsnya

Meningkatkan kepuasaan hidup itu susah-susah gampang. Kepuasan hidup itu ukurannya subjektif, ini berbeda dengan kebahagiaan. Kepuasaan hidup mencerminkan pengalaman hidup atau bagaimana seseorang merasakan tentang kehidupan secara keseluruhan, lebih ke jangka panjang daripada sekarang. Sementara itu mendapatkan kepuasaan hidup tidak mudah dan tidak sulit sebenarnya. Biasa yang kita temui, jika seseorang ditanya atau dinilai kepuasan hidupnya, hampir menjawabnya dengan jawaban yang negatif. Maka kita harus merubahnya dengan, bagaimana saya dapat meningkatkan kepuasan hidup?. Penelitian juga menganjurkan untuk seseorang memiliki kepuasan hidup yang positif karena akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara jangka panjang. Ada beberapa tips meningkatkan kepuasaan hidup, diantaranya: Perubahan Pekerjaan Kebanyakan pria bekerja dan sebagian besar orang-orang bergantung pada pekerjaan mereka sebagai sumber utama pendapatan. Tapi berkarir juga ada dalam cara lain. Banyak dari kita dan di jaman ini, pekerjaan adalah segalanya, karena dengan bekerja mengidentifikasikan sebagai sumber utama dan status sosial sebagai manusia. Jadi semakin anda puas dalam pekerjaan, maka kepuasan hid [...]

Kondom Tingkatkan Kesehatan Vagina?

Kondom Tingkatkan Kesehatan Vagina?

?Apakah kondom dapat meningkatkan kesehatan vagina?? Pertanyaan ini menjadi dasar sebuah penelitian yang dilakukan di Cina mengenai hubungan penggunaan kondom dan adanya bakteri ?baik? di vagina. Pada vagina yang sehat terdapat jumlah bakteri ?baik? dan ?jahat? dalam jumlah seimbang. Ketidakseimbangan jumlah bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi umum yang disebut vaginosis bakterialis (VB). Gejala umum VB adalah adanya keputihan yang berbau amis. Penelitian yang dilakukan oleh Liyan Ma dan kawan-kawan ini melibatkan 164 perempuan sehat yang berusia antara 18?45 tahun pada tahun 2010 dan diterbitkan dalam jurnal PLOS One. Mereka menemukan bahwa perempuan yang menggunakan kondom memiliki kadar bakteri lactobacilli yang lebih tinggi dibandingkan perempuan yang menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim (intrauterine device ? IUD) atau spiral. Para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan kondom dapat mencegah VB. Manfaat Kondom untuk Vagina Adanya bakteri lactobacilli ini dipikirkan dapat mencegah infeksi dalam vagina karena memproduksi asam laktat dan hydrogen peroksida (H2O2) yang dapat melindungi vagina dari kuman yang ?jahat? atau patogen. Lactobaci [...]

Mencermati Penyebab Batuk Pada Bayi

Mencermati Penyebab Batuk Pada Bayi

Ketika bayi Anda batuk, hal tersebut bisa terdengar memprihatikan. Apalagi jika batuk pada bayi mengganggu kenyamanannya. Umumnya, batuk pada bayi akan mereda dengan sendirinya setelah dua minggu, namun bukan berarti Anda bisa menganggapnya remeh. Orang tua perlu mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis batuk dan tanda-tanda jika telah terjadi perkembangan penyakit atau bahkan komplikasi. Mengenali Jenis Batuk Sebagaimana orang dewasa, bayi dapat mengalami batuk kering atau batuk berdahak. Batuk kering merupakan upaya menghilangkan gangguan yang terjadi karena rasa gatal pada bagian belakang tenggorokan. Ini terjadi karena adanya pembengkakan pada tenggorokan dan saluran pernapasan. Batuk kering biasanya menjadi gejala terjangkitnya pilek atau flu. Bayi memiliki kemungkinan mengalami pilek hingga delapan kali per tahun. Namun jangan khawatir karena seiring waktu kekebalan tubuh si kecil akan meningkat. Sementara itu, batuk berdahak merupakan upaya alami untuk mengeluarkan dahak dari paru-paru. Batuk pada bayi juga bisa saja diikuti dengan gejala-gejala lain, seperti demam, hidung tersumbat, radang tenggorokan, mata merah, tidak nafsu makan, dan rewel. Selain itu bisa muncul [...]

Tetap Fit Setelah Begadang

Tetap Fit Setelah Begadang

Pekerjaan yang menumpuk atau ada pertandingan klub sepakbola kesayangan pada dini hari mungkin memaksa Anda harus begadang. Padahal, di pagi harinya Anda harus menjalani aktivitas seperti biasa. Tenang, Anda masih bisa menjalani berbagai kegiatan dengan tubuh fit meski tidak mendapat waktu tidur cukup pada malam harinya. Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, Anda disarankan untuk tidur malam selama delapan jam. Meski begitu, ada beberapa orang yang membutuhkan waktu tidur lebih banyak dan juga lebih sedikit. Ketika begadang, otomatis jam tidur Anda berkurang drastis. Hal ini dapat memengaruhi fungsi tubuh Anda, khususnya otak. Di pagi harinya, kemungkinan Anda akan diserang oleh rasa kantuk yang luar biasa. Tidak hanya itu, daya konsentrasi Anda pun dapat menurun karena tubuh tidak mendapat waktu istirahat yang cukup. Menurut beberapa penelitian, kinerja tubuh orang yang begadang semalaman kemungkinan sama dengan seseorang yang sedang mabuk. Jika Anda tidak punya pilihan lain selain begadang, tapi tetap ingin fit pada pagi hari hingga aktivitas harian berakhir, coba ikuti tips di bawah ini: Konsumsi kafein. Mengonsumsi minuman mengandung kafein seperti kopi atau minuman berener [...]

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Hampir semua orang pernah mengalami rasa cemas yang berlebihan. Baik itu karena masalah kantor yang belum juga teratasi, problem keuangan, persoalan rumah tangga dan sebagainya. Jangan biarkan kegelisahan menghantui Anda terus menerus karena bisa memicu depresi. Cobalah beberapa tips mudah ini untuk mengatasi kecemasan Anda, yang dikutip dari Real Simple.1. Katakan Berulang Kali Hal yang Membuat Anda KhawatirKetika takut naik lift, Anda harus menghadapi ketakutan tersebut dengan berulangkali naik lift itu sampai Anda bosan. Awalnya mungkin akan merasa panik, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa menghadapi hal tersebut. Begitu juga dalam mengatasi kecemasan, cobalah untuk mengatakan hal yang membuat Anda khawatir berulang-ulang sampai bosan. Maka otak akan merespon hal tersebut sehingga perlahan-lahan kecemasan Anda itu akan hilang.2. Abaikan Rasa GelisahKadang Anda terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak. Anda yakin perasaan tersebut dapat memicu terjadinya bencana atau masalah besar. Abaikan perasaan tersebut, karena semakin Anda memikirkannya, justru musibah itu bisa hadir dari pikiran Anda sendiri.3. Anggap Rasa Gelisah Seperti Cerita DramaBukan menyarankan [...]

5 Tanda Anda Membutuhkan Karbohidrat Lebih Banyak

5 Tanda Anda Membutuhkan Karbohidrat Lebih Banyak

Kadang kita terlalu menggangap karbohidrat sebagai sesuatu yang buruk karena sering dikatikan dengan penambahan berat badan serta kalori kosong. Namun ternyata karbohidrat merupakan jenis makanan yang esensial untuk tubuh. The Dietary Guidelines for Americans memberikan rekomendasi bahwa anak-anak dan dewasa membutuhkan 45-46% karbohidrat dari total sehari dalam sehari. Hindari karbohidrat yang terlalu manis dan perbanyak karbohidrat yang berasal dari kacang-kacangna, buah, dan banyak lagi. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda kekurangan karbohidrat. 5 Tanda Anda Membutuhkan Karbohidrat Lebih Banyak Kadang kita terlalu menggangap karbohidrat sebagai sesuatu yang buruk karena sering dikatikan dengan penambahan berat badan serta kalori kosong. Namun ternyata karbohidrat merupakan jenis makanan yang esensial untuk tubuh. The Dietary Guidelines for Americans memberikan rekomendasi bahwa anak-anak dan dewasa membutuhkan 45-46% karbohidrat dari total sehari dalam sehari. Hindari karbohidrat yang terlalu manis dan perbanyak karbohidrat yang berasal dari kacang-kacangna, buah, dan banyak lagi. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa An [...]

Target MDGs Indonesia – Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, SpM (K)

Target MDGs Indonesia – Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, SpM (K)

Perkembangan Pencapaian Millenium Development Goals Indonesia Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millenium Development Goals, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM (K) memaparkan proses pencapaian target MDGs Indonesia dan hambatan-hambatannya. [...]

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit yang ditandai dengan adanya komedo dan benjolan peradangan kulit pada tempat-tempat tertentu. Tempat-tempat yang biasanya sering terdapat jerawat adalah wajah, bahu, dada bagian atas dan punggung bagian atas. Kadang-kadang dapat juga terdapat pada leher, lengan atas dan bokong. Usia, ras, faktor keturunan, makanan dan cuaca/musim dapat secara tidak langsung memicu terjadinya jerawat. Pengaruh Makanan pada JerawatMelalui pengamatan dr. Alan R. Shalita, profesor dermatologi di pusat kedokteran SUNY Downstate, New York, konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat mempengaruhi kontrol hormonal pada jerawat sehingga jerawat dapat membaik. Kadar gula dalam darah yang terkontrol dapat memperbaiki kondisi berjerawat. Selain itu, produk susu dan juga makanan berlemak sebaiknya juga dihindari. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit sehingga memicu terjadinya jerawat. Pengaruh makanan terhadap jerawat ini memang masih banyak diperdebatkan dan seringkali ditemukan hasilnya individual, namun, jika setelah dicoba dalam jangka waktu t [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *