Penanganan Bencana dan Pasca Bencana

tsunami-1.jpg

Bagi yang ingin memberi bantuan dapat langsung ke alamat kami:

Jl. Cilandak I No.2, Cilandak Barat

Jakarta Selatan 12430

Telp: (021)-75909338

Berbagai bencana datang menghampiri Indonesia, diantaranya adalah bencana alam tsunami disertai gempa berskala 7,2 skala Richter (SR) yang melanda Mentawai lepas pantai Sumatera Barat, Senin (25/10). Selain itu, bencana alam Gunung Merapi meletus terjadi di Yogyakarta, Selasa (26/10).

Korban jiwa di Mentawai yang masih terhitung saat ini adalah sebanyak 112 orang dinyatakan tewas, 502 lainnya dinyatakan hilang, dan 4.000 keluarga mengungsi. Sedangkan korban jiwa atas meletusnya gunung berapi mencapai hingga 25 orang. Sebanyak 14 orang kini dirawat dan 5.000 jiwa mengungsi ke sejumlah barak.

Sampai saat ini proses evakuasi korban meletusnya Gunung Merapi dari beberapa wilayah masih terus dilakukan sukarelawan dan tim Tanggap Darurat Bencana. Sejumlah bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pun telah tiba di Kecamatan Cikakap, Kabupaten Mentawai. Namun bantuan tenda, selimut, obat-obatan serta alat-alat untuk membantu evakuasi korban belum bisa disalurkan ke lokasi-lokasi yang diperkirakan paling parah terkena tsunami, seperti daerah Kecamatan Siberut dan Sipora karena tidak bisa ditempuh melalui darat, sedangkan gelombang laut masih tinggi dan transportasinya terbatas.

Tindakan Medis

Letusan gunung api menghasilkan gas vulkanik, lava dan aliran pasir serta batu panas, lahar, tanah longsor, gempa bumi, abu letusan, awan panas (piroklastik). Dampak yang dihasilkan dari abu letusan gunung berapi antara lain; permasalahan pernapasan, kesulitan penglihatan, pencemaran sumber air bersih, badai listrik, gangguan kerja mesin dan kendaraan bermotor, kerusakan atap, kerusakan ladang dan lingkungan sekitar, kerusakan infrastruktur seperti jalan dan bandar udara.

Sedangkan gempa yang disertai tsunami banyak mengakibatkan kematian dan luka-luka karena terseret arus tsunami. Selain itu, bagi yang selamat dari gempa dan tsunami banyak yang mengalami trauma dan stress. Pasca tsunami juga dapat menyebabkan banjir, pencemaran air bersih dan perusakan sarana. Banjir tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare dan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Untuk itu, berikut adalah panduan pertolongan pertama pada korban bencana saat terjadi bencana:

  1. Carilah tempat perlindungan yang aman.
  2. Jika bencana tersebut berupa gunung api meletus, Hindari daerah rawan bencana seperti lereng gunung, lembah, aliran sungai kering dan daerah aliran lahar. Hindari tempat terbuka, lindungi diri dari abu letusan.
  3. Jika bencana tersebut berupa gempa, cari tempat yang aman di bawah tempat tidur atau meja yangkuat dan tunggu gempa berhenti. Jika gempa sudah berhenti, periksa anggota keluarga dan carilah tempat yang aman. Jika sudah aman, berpindahlah ke tempat yang terbuka, jauh dari pepohonan besar atau bangunan. Waspada akan kemungkinan gempa susulan.
  4. Jika bencana tersebut gempa yang disertai tsunami, maka segeralah berlari mencari tempat yang tinggi untuk berlindung.
  5. Saat memilih alat penerangan, pilihlah lampu senter. Jangan gunakan api, lilin, atau yang mengandung gas.
  6. Kenakan pakaian yang bisa melindungi tubuh, seperti baju lengan panjang, celana panjang, topi dan lainnya.
  7. Jika terjadi bencana gunung berapi, lindungi mata dari debu ? bila ada gunakan pelindung mata seperti kaca mata renang atau apapun yang bisa mencegah masuknya debu ke dalam mata.
  8. Jangan memakai lensa kontak saat gunung berapi meletus.
  9. Pakai masker atau kain untuk menutupi mulut dan hidung dari abu letusan gunung berapi.
  10. Saat turunnya abu gunung api usahakan untuk menutup wajah dengan kedua belah tangan.
  11. Periksa adanya luka. Setelah menolong diri, bantu menolong mereka yang telruka atau terjebak. Hubungi petugas yang menangani bencana, kemudian berikan pertolongan pertama jika memungkinkan. Jangan coba memindahkan mereka yang luka serius karena justru bisa memperparah luka.

Sedangkan berikut ini adalah panduan tindakan pasca bencana:

  1. Cari tempat penampungan/ evakuasi.
  2. Jauhi wilayah yang terkena hujan abu.
  3. Bersihkan atap dari timbunan abu karena beratnya bisa merusak atau meruntuhkan atap bangunan.
  4. Lindungi diri Anda dari ancaman tidak langsung dengan memakai celana panjang, baju lengan panjang, sepatu yang kuat, dan jika mungkin juga sarung tangan. Ini akan melindungi Anda dari luka akibat barang-barang yang pecah.
  5. Pembersihan. Singkirkan barang-barang yang mungkin berbahaya, termasuk pecahan gelas, kaca dan obat-obatan yang tumpah.
  6. Gunakan air bersih untuk mencuci piring, mandi, minum, dan sebagainya. Jangan gunakan air yang tercemar.
  7. Sebelum air digunakan harus direbus terlebih dahulu, kurang lebih 7 menit.
  8. Jika tidak ada air bersih akibat tsunami, air bisa diolah dengan menggunakan klorin atau yodium atau dengan mencampur 4 tetes klorin pemutih pakaian tanpa pewangi dalam 2 liter air. Campur dengan baik, dan biarkan di bawah sinar matahari selama 30 menit.
  9. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum memasak atau makan, setelah buang air, setelah melakukan pembersihan, setelah menangani apa saja yang telah tercemar air banjir.
  10. Jangan biarkan anak-anak bermain di air banjir.
  11. Waspada terhadap bencana susulan.[] (JF&JRA)

Pos Penanggulangan

Adapun pos-pos penanggulangan bantuan bencana sebagai berikut:

  • Info POSKO Mentawai:
  1. Telkom Sikakap 0759-322000, 322200, lokasi tsunami Kec.Malakopak & Dusun Muntei blm terjangkau fastel.
  2. Siberut 0759-21000, 35500
  • Posko siaga di beberapa desa di sekitar Merapi:
  1. Tim Siaga Desa Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah: Sukarno (HP: 0818 04122218)
  2. Tim Siaga Desa Jrakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah: Jumadi (HP: 0817 0630 375)
  3. Tim Siaga Desa Klakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah: Pomo (HP: 08191543 9447), Jumarno (HP: 0878 3412 3330)
  4. Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa Krinjing, Dukun, Magelang, Jawa Tengah: Sartono (HP: 0819 0387 2562)
  5. Kepala Desa Sumber, Dukun, Magelang, Jawa Tengah: Maryono (HP: 0817 4109151)
  6. Kepala Desa Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Jawa Tengah: Yatin (HP: 0857 29318157)?
  7. Radio Komunitas Lintas Merapi, Desa Sidomulyo, Klaten: Sukiman (HP: 081578063198)
  8. Radio Komunitas Sor Sengon, Desa Wonogondang, Sleman: Bambang (HP: 08174114001)
  9. Radio Komunitas Suara Merapi, Desa Kemusuk, Boyolali: Boim (HP: 081227944912) Slam (085647116591)
  • Donasi Bantuan Kemanusiaan:
  1. Donasi Bencana Umum. Bank Mandiri KCP Jakarta Krakatau Steel, No.Rekening 070-00-0011601-7, a/n Palang Merah Indonesia
  2. Donasi Bencana Umum. Bank Rakyat Indonesia (BRI) KC Jakarta Pancoran. No.Rek 0390-01-000030-3, a/n Palang Merah Indonesia

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tak hanya Redakan Pilek dan Pegal, Ini 6 Kegunaan Lain Balsem Gosok

Tak hanya Redakan Pilek dan Pegal, Ini 6 Kegunaan Lain Balsem Gosok

Balsem gosok kerap digunakan untuk meredakan berbagai gangguan kesehatan ringan. Mulai dari tenggorokan gatal, pilek, sakit perut, mual, sakit kepala juga pegal-pegal. Kandungan menthol-nya pun bermanfaat melegakan hidung tersumbat hingga menghilangkan gatal karena digigit serangga.Ternyata balsem atau yang juga dikenal dengan sebutan vapour rub ini memiliki fungsi lain. Ini enam kegunaan lain balsem yang terbuat dari campuran menthol, camphor, minyak eucalyptus, minyak daun cedar, minyak nutmeg dan thymol ini.1. Mengusir NyamukMengusir nyamuk tak harus selalu menggunakan obat semprotk pembasmi nyamuk yang berbahaya bagi pernapasan karena kandungan bahan kimianya. Anda bisa terhindar dari gigitan nyamuk dengan mengoleskan balsem di beberapa area tubuh. Oleskan pada leher, tangan, kaki serta bagian tubuh lain yang tak tertutup pakaian dengan balsem gosok. Nyamuk benci dengan aroma yang menyengat, salah satunya menthol. Dengan aroma menthol di tubuh Anda, serangga penghisap darah itu pun akan enggan mendekat. Vapour rub juga bisa meringankan gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk. Caranya cukup dengan mengoleskan balsem ke area yang tergigit.2. Merawat Jamur pada Jari KakiKarena t [...]

6 Makanan Wajib untuk Optimalkan Kesehatan Wanita

6 Makanan Wajib untuk Optimalkan Kesehatan Wanita

Berbeda jenis kelamin, beda pula asupan makanannya. Tahukan Anda bahwa ada beberapa makanan yang dapat mengoptimalkan kesehatan wanita, ketimbang dikonsumsi pria? Seperti yang dikutip dari She Know, berikut enam pilihan makanan yang wajib dikonsumsi para kaum hawa.1. YogurtYoughurt rendah lemak mengandung protein yang sangat tinggi, rendah lemak dan juga bakteri sehat 'probiotik' yang dapat menjaga fungsi usus secara efisien. Dengan memasukan yogurt ke dalam menu makanan, berarti Anda bantu meringankan gejala sindrom iritasi usus dan gangguan pencernaan lainnya. Manfaat lainnya, terhindar dari infeksi miss V.Yoghurt kaya akan kalsium yang penting bagi wanita untuk bantu menjaga kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, yoghurt dapat mengurangi gekala PMS seperti perut kembung dan rasa cemas. Pilihlan yoghurt rendah lemak yang kemudian ditambah dengan makanan antioksidan seperti buah berry, kacang almond dan buah lainnya.2. Ikan Salmon, Sarden dan MakarelBeberapa jenis ikan tertentu kaya akan zat besi, kalsium, dan vitamin D yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita. Asam lemak omega 3 dalam ikan salmon dapat memaksimalkan fungsi otak dan saraf. Manfaat vitamin D pada ika [...]

Belanja Sambil Beramal untuk Peduli Kanker Payudara di Plaza Indonesia

Belanja Sambil Beramal untuk Peduli Kanker Payudara di Plaza Indonesia

Oktober menjadi bulan peduli kanker payudara yang dikampanyekan di seluruh dunia. Indonesia tak terkecuali. Sejak awal bulan, sederet program berkaitan dengan kanker payudara digelar berbagai pihak.Plaza Indonesia, termasuk pihak yang ikut menggelar acara terkait dengan kampanye peduli kanker payudara ini. Bekerjasama dengan Yayasan Love Pink, mall yang berada di kawasan Jl. Thamrin, Jakarta Pusat ini mengadakan program Pink Day dan bazaar amal.Pink Da?y diadakan pada 17 Oktober dengan mengajak pengunjung Plaza Indonesia untuk menggunakan busana berwarna pink. Mereka yang datang dengan memakai busana tersebut akan mendapatkan diskon 40% untuk makan malam di restoran yang ada di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Selain itu pengunjung juga berkesempatan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 200 ribu dengan pembelanjaan minimum Rp 3 juta. Baca Juga: 50 Inspirasi Batik Modern http://wolipop.detik.com/thespotlight/batikmodern/Setelah Pink Day, program gerakan pedu?li kanker payudara berlanjut dengan acara bazaar amal. Brand-brand di bawa naungan Mitra Adi Perkasa akan memberikan diskon khusus pada 27-29 Oktober 2015. Dan pada 30-31 Oktober akan ada bazaar barang-barang milik para public fi [...]

Ini Penyebab Wanita Takut Nonton Film Horor

Ini Penyebab Wanita Takut Nonton Film Horor

Baru-baru ini, sebuah studi mengungkapkan mengapa wanita lebih takut nonton film horor ketimbang pria. Peneliti dari University College London mendapati bahwa, kemampuan wanita yang lebih tinggi dari pria dalam mengantisipasi sebuah adeganlah yang membuat ia merasa lebih ketakutan saat menonton film horor. Ketika ia mulai merasa ada peringatan akan masuknya adegan kejam atau menakutkan, otak wanita seketika merespon dengan tindakan. Sedangkan pada pria, mereka lebih tenang hingga adegan menakutkan tersebut benar-benar terjadi.Studi dilakukan terhadap 30 pria dan wanita. Aktivitas otak mereka dipelajari dengan cara memperlihatkan adegan yang baik dan buruk, seperti pemandangan yang menenangkan hingga adegan kekerasan. Ekspresi wajah mereka juga dipelajari sebelum memasuki tes memori, seperti dikutip dari Dailymail.Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa antisipasi dari sebuah adegan buruk yang akan terjadi, spontan membuat wanita melakukan aksi tertentu, namun tidak pada pria. Misalnya saat adegan seorang penjahat yang diam-diam mengintip korbannya, seorang wanita sudah menggerakkan tubuhnya di kursi, sedangkan pria hanya diam saja sampai adegan penjahat tersebut melakukan aksi [...]

Inilah Daftar Penyakit Sendi yang Sering Muncul

Inilah Daftar Penyakit Sendi yang Sering Muncul

Apakah Anda mengetahui bahwa ada lebih dari satu jenis radang sendi? Pada faktanya ada 100 jenis radang sendi. Radang sendi ini di Amerika mengenai 46 juta orang dan angka ini diprediksi dapat terus naik hingga 67 juta orang pada tahun 2030. Banyak sekali orang mencoba-coba pengobatan yang tidak seusai hingga hanya memiliki efek kecil terhadap radang sendi mereka. Nah, apa saja sih jenis radang sendi yang paling sering muncul ? Apa itu osteoarthritis (OA)? Osteoarthritis atau biasa disebut penyakit sendi degeneratif merupakan penyakit radang sendi yang paling sering muncul. Penyakit ini timbul akibat penggunaan sendi yang berlebihan. Penyakit ini dapat diperberat oleh kondisi obesitas, penuaan serta beberapa jenis olahraga. Penyakit ini sering timbul pada daerah tulang yang menangung berat badan seperti pada lutut, pinggul, kaki dan tulang belakang. Keluhan dapat memberat dalam waktu bulanan hingga tahun. Keluhan utama adalah nyeri pada sendi. Pada penyakit ini kartilago (sebuah jaringan yang menutupi semua tulang ditubuh yang berfungsi sebagai bantalan) dapat rusak. Dengan pertambahan kerusakan, sendi akan sangat nyeri bila digerakkan. Apa itu Rheumatoid Athritis (RF)? Rheumat [...]

4 Alasan Pentingnya Makan Sayur Tiap Hari

4 Alasan Pentingnya Makan Sayur Tiap Hari

Umumnya orang tidak suka makan sayuran hijau karena rasanya cenderung hambar dan dianggap kurang nikmat ketimbang daging-dagingan atau buah-buahan. Padahal sayuran memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh dan wajib dikonsumsi setiap hari. Ini alasannya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Melawan Radikal BebasSayuran hijau kaya akan vitamin K dan klorofil yang membantu darah lebih baik menyalurkan oksigen ke seluruh sel tubuh serta melawan radikal bebas yang merusak. Sawi, bayam, kangkung dan sejenisnya juga bersifat alkali yaitu menjaga tingkat pH tubuh agar tetap stabil. Tidak terlalu asam juga tidak terlalu basa. Level pH yang tidak seimbang bisa mendatangkan berbagai penyakit.2. Mencegah Bau MulutRajin makan sayuran juga bisa mencegah bau mulut dan aroma tubuh tidak sedap karena kandungan klorofilnya yang tinggi. Klorofil berfungsi sebagai detoks tubuh termasuk mengeluarkan racun penyebab bau badan dan mulut. Jadi jika Anda memiliki bau mulut atau badan tidak sedap, konsumsilah satu hingga tiga porsi sayur tiap hari. Semakin pekat atau gelap warna hijaunya, maka kandungan klorofil makin tinggi.3. Kaya MineralSayuran hijau kaya akan mineral dan bisa memenuhi [...]

Model Cantik Curhat Kehilangan Kaki Gara-gara Pakai Pembalut Tampon

Model Cantik Curhat Kehilangan Kaki Gara-gara Pakai Pembalut Tampon

Model asal California, Lauren Wasser sama sekali tidak menyangka hidupnya berubah drastis hanya karena pemakaian tampon saat haid. Lauren harus kehilangan salah satu kakinya akibat infeksi dari pemakaian tampon tersebut.Dalam wawancara dengan majalah People, Lauren pun menceritakan mengenai peristiwa tragis yang dialaminya pada Oktober 2012 lalu. Saat itu dia merasa kurang enak badan. Dia kemudian memeriksakan diri ke rumah sakit. Dan menurut dokter dia hampir kehilangan nyawanya karena suhu tubuhnya saat tiba di rumah sakit sudah mencapai 107 derajat.Model dengan tinggi 180 cm itu didiagnosa dokter terkena TTS atau Toxic Shock Syndrome, infeksi bakteri yang terjadi akibat pemakaian tampon terlalu lama. Infeksi yang dialaminya sudah begitu serius sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari gangrene (kematian pada jaringan yang terjadi karena kehilangan suplai darah), luka pada kaki kiri hingga amputasi pada kaki kanannya. Amputasi pada kaki kanannya harus dilakukan agar nyawanya bisa diselamatkan.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 "Aku rasanya ingin bunuh diri saat sudah pulang ke rumah. Tiba-tiba saja aku tidak punya kaki, aku duduk di kursi roda, kakiku [...]

Sehatnya Berjalan Kaki

Sehatnya Berjalan Kaki

Sehatnya berjalan kaki di pagi hari maupun di sore hari. Berjalan kaki juga membuat tubuh menjadi bugar dan fit. Namun, sekarang ini dengan kesibukan orang-orang perkotaan yang sulit mendapatkan waktu luang untuk bekerja dengan alasan yang sama yaitu sibuk. Kini, tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga dengan alasan sibuk. Para ahli kesehatan telah menemukan olahraga yang murah, meriah, ringan dan tidak perlu membuang banyak waktu sekaligus amat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu berjalan kaki. American Journal of Kidney Diseases dan Duke University Medical Center, dalam penelitian terbarunya, menyatakan bahwa berjalan kaki 30 menit sehari bisa mencegah metabolik sindrom (faktor risiko terhadap penyakit jantung, diabetes, dan troke termasuk obesitas di bagian perut, serta tekanan darah tinggi. Secara singkat, mereka menyatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari, yang dilakukan secara teratur setiap hari bisa membuat badan kita sehat, antaranya; Mengurangi bahaya risiko terkena kanker payudara sebesar 10-30 persen Membuat tidur lebih nyenyak karena tubuh akan terasa nyaman setelah digerakan (namun jangan dilakukan 2jam sebelum tidur) Membuat kita merasa lebih [...]

Ini Makanan yang Porsinya Perlu Ditambah Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Ini Makanan yang Porsinya Perlu Ditambah Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Makan sahur sangat penting agar tubuh tidak lemas dan kuat berpuasa lebih dari 12 jam lamanya. Makanan yang dikonsumsi saat sahur pun haruslah lengkap kandungan nutrisinya, tapi dalam jumlah yang cukup alias tidak berlebihan.Elemen nutrisi harus terpenuhi mulai dari karbohidrat, protein, serat juga vitamin dan dalam jumlah yang seimbang. Dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG menjelaskan, dalam satu piring berukuran sedang harus terdapat sedikitnya 1/4 karbohidrat dari nasi putih atau nasi merah, 1/4 protein, 2/3 sayur dan satu butir buah.Saat sahur, jumlah protein bisa diperbanyak agar perut terasa kenyang dan energi juga bertahan lebih lama. Misalnya saja Anda sudah makan satu potong dada ayam sebagai lauk, maka bisa menambah protein dengan sebutir telur rebus, bisa juga sepotong tahu atau tempe. Dokter yang berpraktik di Melinda Hospital, Bandung ini mengatakan bahwa protein cenderung lambat dicerna tubuh."Protein membuat kenyang terasa lebih lama dibandingkan karbohidrat. Itu bantu kurangi rasa lapar," ujarnya saat diwawancara Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).Sebagai tambahan energi, dokter Johannes juga menyarankan untuk minum susu sesaat sebelum waktu imsak. Su [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *