Penanganan Bencana dan Pasca Bencana

tsunami-1.jpg

Bagi yang ingin memberi bantuan dapat langsung ke alamat kami:

Jl. Cilandak I No.2, Cilandak Barat

Jakarta Selatan 12430

Telp: (021)-75909338

Berbagai bencana datang menghampiri Indonesia, diantaranya adalah bencana alam tsunami disertai gempa berskala 7,2 skala Richter (SR) yang melanda Mentawai lepas pantai Sumatera Barat, Senin (25/10). Selain itu, bencana alam Gunung Merapi meletus terjadi di Yogyakarta, Selasa (26/10).

Korban jiwa di Mentawai yang masih terhitung saat ini adalah sebanyak 112 orang dinyatakan tewas, 502 lainnya dinyatakan hilang, dan 4.000 keluarga mengungsi. Sedangkan korban jiwa atas meletusnya gunung berapi mencapai hingga 25 orang. Sebanyak 14 orang kini dirawat dan 5.000 jiwa mengungsi ke sejumlah barak.

Sampai saat ini proses evakuasi korban meletusnya Gunung Merapi dari beberapa wilayah masih terus dilakukan sukarelawan dan tim Tanggap Darurat Bencana. Sejumlah bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pun telah tiba di Kecamatan Cikakap, Kabupaten Mentawai. Namun bantuan tenda, selimut, obat-obatan serta alat-alat untuk membantu evakuasi korban belum bisa disalurkan ke lokasi-lokasi yang diperkirakan paling parah terkena tsunami, seperti daerah Kecamatan Siberut dan Sipora karena tidak bisa ditempuh melalui darat, sedangkan gelombang laut masih tinggi dan transportasinya terbatas.

Tindakan Medis

Letusan gunung api menghasilkan gas vulkanik, lava dan aliran pasir serta batu panas, lahar, tanah longsor, gempa bumi, abu letusan, awan panas (piroklastik). Dampak yang dihasilkan dari abu letusan gunung berapi antara lain; permasalahan pernapasan, kesulitan penglihatan, pencemaran sumber air bersih, badai listrik, gangguan kerja mesin dan kendaraan bermotor, kerusakan atap, kerusakan ladang dan lingkungan sekitar, kerusakan infrastruktur seperti jalan dan bandar udara.

Sedangkan gempa yang disertai tsunami banyak mengakibatkan kematian dan luka-luka karena terseret arus tsunami. Selain itu, bagi yang selamat dari gempa dan tsunami banyak yang mengalami trauma dan stress. Pasca tsunami juga dapat menyebabkan banjir, pencemaran air bersih dan perusakan sarana. Banjir tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare dan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Untuk itu, berikut adalah panduan pertolongan pertama pada korban bencana saat terjadi bencana:

  1. Carilah tempat perlindungan yang aman.
  2. Jika bencana tersebut berupa gunung api meletus, Hindari daerah rawan bencana seperti lereng gunung, lembah, aliran sungai kering dan daerah aliran lahar. Hindari tempat terbuka, lindungi diri dari abu letusan.
  3. Jika bencana tersebut berupa gempa, cari tempat yang aman di bawah tempat tidur atau meja yangkuat dan tunggu gempa berhenti. Jika gempa sudah berhenti, periksa anggota keluarga dan carilah tempat yang aman. Jika sudah aman, berpindahlah ke tempat yang terbuka, jauh dari pepohonan besar atau bangunan. Waspada akan kemungkinan gempa susulan.
  4. Jika bencana tersebut gempa yang disertai tsunami, maka segeralah berlari mencari tempat yang tinggi untuk berlindung.
  5. Saat memilih alat penerangan, pilihlah lampu senter. Jangan gunakan api, lilin, atau yang mengandung gas.
  6. Kenakan pakaian yang bisa melindungi tubuh, seperti baju lengan panjang, celana panjang, topi dan lainnya.
  7. Jika terjadi bencana gunung berapi, lindungi mata dari debu ? bila ada gunakan pelindung mata seperti kaca mata renang atau apapun yang bisa mencegah masuknya debu ke dalam mata.
  8. Jangan memakai lensa kontak saat gunung berapi meletus.
  9. Pakai masker atau kain untuk menutupi mulut dan hidung dari abu letusan gunung berapi.
  10. Saat turunnya abu gunung api usahakan untuk menutup wajah dengan kedua belah tangan.
  11. Periksa adanya luka. Setelah menolong diri, bantu menolong mereka yang telruka atau terjebak. Hubungi petugas yang menangani bencana, kemudian berikan pertolongan pertama jika memungkinkan. Jangan coba memindahkan mereka yang luka serius karena justru bisa memperparah luka.

Sedangkan berikut ini adalah panduan tindakan pasca bencana:

  1. Cari tempat penampungan/ evakuasi.
  2. Jauhi wilayah yang terkena hujan abu.
  3. Bersihkan atap dari timbunan abu karena beratnya bisa merusak atau meruntuhkan atap bangunan.
  4. Lindungi diri Anda dari ancaman tidak langsung dengan memakai celana panjang, baju lengan panjang, sepatu yang kuat, dan jika mungkin juga sarung tangan. Ini akan melindungi Anda dari luka akibat barang-barang yang pecah.
  5. Pembersihan. Singkirkan barang-barang yang mungkin berbahaya, termasuk pecahan gelas, kaca dan obat-obatan yang tumpah.
  6. Gunakan air bersih untuk mencuci piring, mandi, minum, dan sebagainya. Jangan gunakan air yang tercemar.
  7. Sebelum air digunakan harus direbus terlebih dahulu, kurang lebih 7 menit.
  8. Jika tidak ada air bersih akibat tsunami, air bisa diolah dengan menggunakan klorin atau yodium atau dengan mencampur 4 tetes klorin pemutih pakaian tanpa pewangi dalam 2 liter air. Campur dengan baik, dan biarkan di bawah sinar matahari selama 30 menit.
  9. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum memasak atau makan, setelah buang air, setelah melakukan pembersihan, setelah menangani apa saja yang telah tercemar air banjir.
  10. Jangan biarkan anak-anak bermain di air banjir.
  11. Waspada terhadap bencana susulan.[] (JF&JRA)

Pos Penanggulangan

Adapun pos-pos penanggulangan bantuan bencana sebagai berikut:

  • Info POSKO Mentawai:
  1. Telkom Sikakap 0759-322000, 322200, lokasi tsunami Kec.Malakopak & Dusun Muntei blm terjangkau fastel.
  2. Siberut 0759-21000, 35500
  • Posko siaga di beberapa desa di sekitar Merapi:
  1. Tim Siaga Desa Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah: Sukarno (HP: 0818 04122218)
  2. Tim Siaga Desa Jrakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah: Jumadi (HP: 0817 0630 375)
  3. Tim Siaga Desa Klakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah: Pomo (HP: 08191543 9447), Jumarno (HP: 0878 3412 3330)
  4. Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa Krinjing, Dukun, Magelang, Jawa Tengah: Sartono (HP: 0819 0387 2562)
  5. Kepala Desa Sumber, Dukun, Magelang, Jawa Tengah: Maryono (HP: 0817 4109151)
  6. Kepala Desa Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Jawa Tengah: Yatin (HP: 0857 29318157)?
  7. Radio Komunitas Lintas Merapi, Desa Sidomulyo, Klaten: Sukiman (HP: 081578063198)
  8. Radio Komunitas Sor Sengon, Desa Wonogondang, Sleman: Bambang (HP: 08174114001)
  9. Radio Komunitas Suara Merapi, Desa Kemusuk, Boyolali: Boim (HP: 081227944912) Slam (085647116591)
  • Donasi Bantuan Kemanusiaan:
  1. Donasi Bencana Umum. Bank Mandiri KCP Jakarta Krakatau Steel, No.Rekening 070-00-0011601-7, a/n Palang Merah Indonesia
  2. Donasi Bencana Umum. Bank Rakyat Indonesia (BRI) KC Jakarta Pancoran. No.Rek 0390-01-000030-3, a/n Palang Merah Indonesia

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Trik Tahan Nafsu Makan Makanan Tinggi Lemak dan Kalori

Trik Tahan Nafsu Makan Makanan Tinggi Lemak dan Kalori

Tidak sedikit wanita yang menjalani program diet ketat demi mendapatkan bentuk tubuh ideal. Beberapa dari mereka mengeluhkan berat badan yang seringkali bertambah karena tidak bisa menahan nafsu makan. Bukan makanan berat yang sulit dikendalikan justru camilan tinggi lemak dan kalori seperti keripik, gorengan, hingga cokelat. Bagi Anda yang sulit mengontrol nafsu untuk mengonsumsi camilan tinggi lemak, berikut tujuh trik untuk mengatasinya.1. Alihkan ke Camilan Rendah LemakAhli diet olahraga di Memorial Hermann Sports Medicine Institute, Houston, Roberta Anding, MS, RD, mengatakan bahwa ketika tubuh tidak mengonsumsi makanan lebih dari lima jam maka gula darah akan turun dan nafsu makan mulai meningkat. Di saat itulah biasanya para wanita mencari camilan yang tinggi lemak dan kalori. Roberta menyarankan agar menggantinya dengan camilan rendah lemak, misalnya buah persik, 15 anggur, popcorn, atau lima biskuit pretzel.2. Mengonsumsi Makanan BerproteinUntuk menghindari 'ngidam' makanan tinggi lemak sebaiknya cari camilan berprotein seperti ikan, telur, atau keju rendah lemak. "Protein dapat membantu mengontrol pola gula darah Anda dan membantu membuat tubuh merasa lebih kenyang den [...]

Indonesia Siaga H7N9

Indonesia Siaga H7N9

Indonesia Siaga H7N9 Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pemerintah Indonesia sudah siap siaga mencegah peredaran virus flu burung H7N9. Saat ditemui usai membuka Hari Kesehatan Dunia, Minggu, 7 April 2013, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan bahwa koordinasi antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah sudah dilakukan. Menurut beliau, infeksi virus ini lebih mematikan dibandingkan dengan virus yang sudah beredar sebelumnya. Dinas kesehatan daerah telah diinstruksikan untuk waspada bila ada unggas yang mati. Kehebohan ini bermula dari Cina di mana virus ini sudah menginfeksi 18 orang (yang dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium), 6 diantaranya meninggal dunia, 10 sakit berat, dan 2 kasus ringan. Delapan dari kasus-kasus tersebut ditemukan di Propinsi Shanghai, enam dari Proponsi Jiangsu, tiga dari Propinsi Zhejiang, dan satu dari Propinsi Ahui. Lebih dari 530 orang yang berkontak dekat dengan pasien-pasien ini dimonitor ketat. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa hingga tanggal 6 April 2013, terdapat 18 kasus infeksi influenza A H7N9 di Cina yang telah dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium, termasuk 6 [...]

Pria Insomnia Memiliki Tingkat Angka Kematian

Pria Insomnia Memiliki Tingkat Angka Kematian

Oleh : dr. Jessica Florencia Seringkali kita menganggap remeh insomnia sebagai masalah yang hanya berpengaruh terhadap kesehatan mental. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa insomnia dapat memberikan dampak secara fisik.Sebuah studi yang telah dilakukan selama 14 tahun dan melibatkan 1741 pria dan juga wanita menunjukkan bahwa pria yang memiliki insomnia memiliki risiko angka kematian 4 kali lebih besar dari pada pria yang memiliki siklus tidur normal selama 6 jam. Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti di Penn State, dr. Alexandros N. Vgontzas dan rekan-rekannya. Angka kematian bahkan meningkat hingga 7 kali lipat, jika pria yang insomnia tersebut memiliki penyakit diabetes atau hipertensi. Peningkatan angka kematian ini ditemukan pada mereka yang mengaku mengalami insomnia dan ketika diperiksa di laboratorium tidur menunjukkan bahwa mereka hanya tidur kurang dari 6 jam setiap harinya. Mereka yang mengaku tidak mengalami insomnia namun tidur kurang dari 6 jam setiap harinya tidak menunjukkan peningkatan risiko kematian. Begitu juga dengan mereka yang mengaku mengalami insomnia namun tidur lebih dari 6 jam setiap harinya. dr. Alexandros N. Vgont [...]

Tips Mencegah Timbulnya Stretchmark

Tips Mencegah Timbulnya Stretchmark

Sepanjang masa kehamilan, kulit ibu hamil akan merasakan berbagai masalah, salah satunya adalah stretchmark. Stretchmark atau dalam bahasa medisnya disebut dengan Stretch Gravidanum merupakan trauma bekas peregangan berlebihan pada kulit. Awalnya berupa guratan kemerahan dan lama kelamaan menjadi garis berwarna keputihan hingga kecoklatan, tergantung pada warna asli kulit. Stretchmark memang mengurangi keindahan kulit pada ibu, namun ternyata riset membuktikan bahwa timbulnya stretchmark dapat dicegah. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinya stretchmark pada kulit ibu hamil: Konsumsilah protein yang cukup dan istirahatlah yang cukup. Selain bermanfaat bagi janin, protein juga berperan untuk meregenerasi sel termasuk sel kulit. Jaga berat badan Anda sesuai dengan perkembangan janin. Penambahan berat badan secara cepat dan berlebihan hanya akan memperparah kondisi stretchmark. Mulailah menjaga kelembapan kulit semenjak awal kehamilan. Oleskan pelembab khusus ibu hamil ke seluruh tubuh minimal dua kali sehari, khususnya bagian perut, lengan atas, paha, dan panggul. Hal ini berguna untuk mencegah sobeknya kolagen akibat perkembangan lapisan dermis saa [...]

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Air ketuban memungkinkan janin mengambang dalam kantong ketuban semasa dalam kandungan sehingga janin dapat bergerak. Cairan yang berwarna jernih kekuningan ini juga memberi ruang untuk tumbuh kembang janin. Saat pemeriksaan kehamilan, volume air ketuban secara rutin akan diperiksa untuk mengetahui apakah masih dalam kadar normal, terlalu banyak, atau terlalu sedikit. Ini karena jumlah air mencerminkan kondisi kesehatan janin. Pemeriksaan dilakukan menggunakan ultrasonografi (USG). Air ketuban atau amnion berguna sebagai bantalan yang melindungi janin dari cedera luar atau gerakan mendadak. Amnion juga berguna menjaga suhu di sekeliling janin agar tetap hangat dan stabil. Fungsi lainnya adalah membantu tulang, otot, sistem pencernaan, dan paru-paru janin untuk dapat tumbuh dengan baik. Ketika kehamilan berusia 8,5 bulan, volume ketuban biasanya berada pada kisaran 800 mililiter (mL). Pada usia kehamilan 10 bulan, volume air ketuban sekitar 600 mL. Berikut beberapa kondisi air ketuban. Air ketuban Terlalu Banyak Secara medis, kondisi ini dinamakan polihidramnion. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa faktor risiko berikut berkaitan dengan terjadinya polihidramn [...]

Wanita Berperut Buncit Berisiko Mudah Migrain

Wanita Berperut Buncit Berisiko Mudah Migrain

Tahukah Anda bahwa orang yang memiliki lemak berlebih pada perutnya memiliki kemungkinan terkena migrain lebih mudah ketimbang mereka yang berperut rata? Penelitian yang dilakukan terhadap 22.211 anak muda dan orang dewasa di Amerika Serikat menunjukkan, orang yang memiliki berat badan berlebih atau perut buncit ternyata berisiko lebih tinggi terkena penyakit migrain.Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang lebih mudah terkena migrain, yaitu usia, jenis kelamin dan bagaimana cara tubuh mendistribusikan lemak. Orang yang berusia 20 sampai 50 tahun dan memiliki lingkar pinggang yang besar, cenderung lebih mudah terkena migrain dibandingkan dengan orang yang memiliki lingkar pinggang kecil.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah, wanita yang memiliki lemak berlebih di bagian perut memiliki risiko terkena migrain sebesar 37 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak, yaitu sebesar 29 persen. Sedangkan pada pria berusia 20 sampai 55 tahun dengan lemak berlebih di perut sebesar 20 persen, dibandingkan dengan yang tidak sebesar 16 persen.Bagi wanita dan pria yang berusia di atas 55 tahun, total lemak tubuhnya sudah tidak dapat dihubungkan lagi dengan migrain. Kare [...]

Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat

Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat

Kita semua tahu bahwa ikan sangat baik untuk tubuh karena mengandung omega-3, protein, vitamin, dan mineral. Mengkonsumsi ikan dikatakan dapat menurunkan risiko stroke dan Serangan jantung. Namun seringkali kita kesulitan memilih ikan yang bagus. Selain itu, banyak juga ikan yang sudah terkontaminasi merkuri dan dapat menyebabkan kerusakan pada saraf dan ginjal. Ikan yang tidak dimasak dengan baik juga dapat menyebabkan keracunan. Bagaimana cara memilih ikan ketika membeli agar tercegah dari bahaya kesehatan yang ada? Hal yang Dapat Dilakukan Ketika Membeli Ikan: Tips saat membeli ikan: Belilah ikan di tempat yang terpercaya Pilihlah ikan yang disimpan di dalam pendingin atau kotak es Tanyakan kepada penjual mana ikan yang paling terakhir sampai Jangan beli ikan yang berbau tidak sedap / amis dan tidak bersih, tukar dengan ikan yang segar Setelah membeli ikan, segera bawa pulang ke rumah dan masukan ke dalam kulkas. Berikut ini adalah jenis makanan laut yang paling aman dikonsumsi menurut Food and Drug Association (FDA) karena memiliki kandungan merkuri paling kecil: tuna kaleng, udang, salmon, kepiting, lele, kerang, ikan cod, [...]

5 Tips Mudah Redakan Sakit Punggung

5 Tips Mudah Redakan Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Dikutip dari Health, 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami sakit punggung beberapa kali dalam hidup mereka. Bahkan 5 dari 10 orang tercatat menderita sakit punggung setiap tahunnya.Rasa sakit pada punggung, baik yang ringan atau kronis tentunya akan menghambat aktivitas karena Anda tidak bisa bergerak bebas. Banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit punggung. Beberapa di antaranya posisi duduk yang kurang tepat, trauma otot karena cedera atau kecelakaan, juga peradangan karena penyakit tulang seperti arthritis.Untuk menyembuhkan sakit punggung, terutama yang sudah akut memang diperlukan perawatan medis dari dokter. Tapi Anda bisa meredakan rasa sakitnya dengan lima tips yang dikutip dari Lifemojo berikut ini. 1. KalsiumKalsium membantu membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis pada tulang belakang. Jika sakit pada punggung belum terlalu parah, biasakan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, sayuran berdaun hijau, wijen, keju, yoghurt dan ragi. Tulang ikan juga merupakan sumber kalsium. Untuk mengonsumsinya, masak dengan cara dipresto atau pepes agar tulangnya lunak dan bisa dimakan.2 [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *