Penanganan Bencana dan Pasca Bencana

tsunami-1.jpg

Bagi yang ingin memberi bantuan dapat langsung ke alamat kami:

Jl. Cilandak I No.2, Cilandak Barat

Jakarta Selatan 12430

Telp: (021)-75909338

Berbagai bencana datang menghampiri Indonesia, diantaranya adalah bencana alam tsunami disertai gempa berskala 7,2 skala Richter (SR) yang melanda Mentawai lepas pantai Sumatera Barat, Senin (25/10). Selain itu, bencana alam Gunung Merapi meletus terjadi di Yogyakarta, Selasa (26/10).

Korban jiwa di Mentawai yang masih terhitung saat ini adalah sebanyak 112 orang dinyatakan tewas, 502 lainnya dinyatakan hilang, dan 4.000 keluarga mengungsi. Sedangkan korban jiwa atas meletusnya gunung berapi mencapai hingga 25 orang. Sebanyak 14 orang kini dirawat dan 5.000 jiwa mengungsi ke sejumlah barak.

Sampai saat ini proses evakuasi korban meletusnya Gunung Merapi dari beberapa wilayah masih terus dilakukan sukarelawan dan tim Tanggap Darurat Bencana. Sejumlah bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pun telah tiba di Kecamatan Cikakap, Kabupaten Mentawai. Namun bantuan tenda, selimut, obat-obatan serta alat-alat untuk membantu evakuasi korban belum bisa disalurkan ke lokasi-lokasi yang diperkirakan paling parah terkena tsunami, seperti daerah Kecamatan Siberut dan Sipora karena tidak bisa ditempuh melalui darat, sedangkan gelombang laut masih tinggi dan transportasinya terbatas.

Tindakan Medis

Letusan gunung api menghasilkan gas vulkanik, lava dan aliran pasir serta batu panas, lahar, tanah longsor, gempa bumi, abu letusan, awan panas (piroklastik). Dampak yang dihasilkan dari abu letusan gunung berapi antara lain; permasalahan pernapasan, kesulitan penglihatan, pencemaran sumber air bersih, badai listrik, gangguan kerja mesin dan kendaraan bermotor, kerusakan atap, kerusakan ladang dan lingkungan sekitar, kerusakan infrastruktur seperti jalan dan bandar udara.

Sedangkan gempa yang disertai tsunami banyak mengakibatkan kematian dan luka-luka karena terseret arus tsunami. Selain itu, bagi yang selamat dari gempa dan tsunami banyak yang mengalami trauma dan stress. Pasca tsunami juga dapat menyebabkan banjir, pencemaran air bersih dan perusakan sarana. Banjir tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare dan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Untuk itu, berikut adalah panduan pertolongan pertama pada korban bencana saat terjadi bencana:

  1. Carilah tempat perlindungan yang aman.
  2. Jika bencana tersebut berupa gunung api meletus, Hindari daerah rawan bencana seperti lereng gunung, lembah, aliran sungai kering dan daerah aliran lahar. Hindari tempat terbuka, lindungi diri dari abu letusan.
  3. Jika bencana tersebut berupa gempa, cari tempat yang aman di bawah tempat tidur atau meja yangkuat dan tunggu gempa berhenti. Jika gempa sudah berhenti, periksa anggota keluarga dan carilah tempat yang aman. Jika sudah aman, berpindahlah ke tempat yang terbuka, jauh dari pepohonan besar atau bangunan. Waspada akan kemungkinan gempa susulan.
  4. Jika bencana tersebut gempa yang disertai tsunami, maka segeralah berlari mencari tempat yang tinggi untuk berlindung.
  5. Saat memilih alat penerangan, pilihlah lampu senter. Jangan gunakan api, lilin, atau yang mengandung gas.
  6. Kenakan pakaian yang bisa melindungi tubuh, seperti baju lengan panjang, celana panjang, topi dan lainnya.
  7. Jika terjadi bencana gunung berapi, lindungi mata dari debu ? bila ada gunakan pelindung mata seperti kaca mata renang atau apapun yang bisa mencegah masuknya debu ke dalam mata.
  8. Jangan memakai lensa kontak saat gunung berapi meletus.
  9. Pakai masker atau kain untuk menutupi mulut dan hidung dari abu letusan gunung berapi.
  10. Saat turunnya abu gunung api usahakan untuk menutup wajah dengan kedua belah tangan.
  11. Periksa adanya luka. Setelah menolong diri, bantu menolong mereka yang telruka atau terjebak. Hubungi petugas yang menangani bencana, kemudian berikan pertolongan pertama jika memungkinkan. Jangan coba memindahkan mereka yang luka serius karena justru bisa memperparah luka.

Sedangkan berikut ini adalah panduan tindakan pasca bencana:

  1. Cari tempat penampungan/ evakuasi.
  2. Jauhi wilayah yang terkena hujan abu.
  3. Bersihkan atap dari timbunan abu karena beratnya bisa merusak atau meruntuhkan atap bangunan.
  4. Lindungi diri Anda dari ancaman tidak langsung dengan memakai celana panjang, baju lengan panjang, sepatu yang kuat, dan jika mungkin juga sarung tangan. Ini akan melindungi Anda dari luka akibat barang-barang yang pecah.
  5. Pembersihan. Singkirkan barang-barang yang mungkin berbahaya, termasuk pecahan gelas, kaca dan obat-obatan yang tumpah.
  6. Gunakan air bersih untuk mencuci piring, mandi, minum, dan sebagainya. Jangan gunakan air yang tercemar.
  7. Sebelum air digunakan harus direbus terlebih dahulu, kurang lebih 7 menit.
  8. Jika tidak ada air bersih akibat tsunami, air bisa diolah dengan menggunakan klorin atau yodium atau dengan mencampur 4 tetes klorin pemutih pakaian tanpa pewangi dalam 2 liter air. Campur dengan baik, dan biarkan di bawah sinar matahari selama 30 menit.
  9. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum memasak atau makan, setelah buang air, setelah melakukan pembersihan, setelah menangani apa saja yang telah tercemar air banjir.
  10. Jangan biarkan anak-anak bermain di air banjir.
  11. Waspada terhadap bencana susulan.[] (JF&JRA)

Pos Penanggulangan

Adapun pos-pos penanggulangan bantuan bencana sebagai berikut:

  • Info POSKO Mentawai:
  1. Telkom Sikakap 0759-322000, 322200, lokasi tsunami Kec.Malakopak & Dusun Muntei blm terjangkau fastel.
  2. Siberut 0759-21000, 35500
  • Posko siaga di beberapa desa di sekitar Merapi:
  1. Tim Siaga Desa Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah: Sukarno (HP: 0818 04122218)
  2. Tim Siaga Desa Jrakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah: Jumadi (HP: 0817 0630 375)
  3. Tim Siaga Desa Klakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah: Pomo (HP: 08191543 9447), Jumarno (HP: 0878 3412 3330)
  4. Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa Krinjing, Dukun, Magelang, Jawa Tengah: Sartono (HP: 0819 0387 2562)
  5. Kepala Desa Sumber, Dukun, Magelang, Jawa Tengah: Maryono (HP: 0817 4109151)
  6. Kepala Desa Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Jawa Tengah: Yatin (HP: 0857 29318157)?
  7. Radio Komunitas Lintas Merapi, Desa Sidomulyo, Klaten: Sukiman (HP: 081578063198)
  8. Radio Komunitas Sor Sengon, Desa Wonogondang, Sleman: Bambang (HP: 08174114001)
  9. Radio Komunitas Suara Merapi, Desa Kemusuk, Boyolali: Boim (HP: 081227944912) Slam (085647116591)
  • Donasi Bantuan Kemanusiaan:
  1. Donasi Bencana Umum. Bank Mandiri KCP Jakarta Krakatau Steel, No.Rekening 070-00-0011601-7, a/n Palang Merah Indonesia
  2. Donasi Bencana Umum. Bank Rakyat Indonesia (BRI) KC Jakarta Pancoran. No.Rek 0390-01-000030-3, a/n Palang Merah Indonesia

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

Mata adalah jendela dunia. Dengan mata, berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harusnya menjadi priorits utama kita. Apalagi jika kita sering bekerja dengan layar digital dalam waktu cukup lama. Praktikkanlah beberapa tips di bawah ini untuk senantiasa menjaga kesehatan mata Anda! 1. Sering bekerja dengan komputer? Sering melihat layar digital dalam waktu lama? Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ?tersiksa?. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. (Baca: 7 Cara Medis Menjaga Mata Tetap Fresh) Gunakan layar penggelap dan aturlah kecerahan layar digital Anda sehingga tidak terlalu memberatkan mata Anda. 2. Gunakan kacamata surya! Radiasi sinar matahari dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata surya yang melindungi Anda dari UV-A dan UV-B. Topi atau paying juga dapat membantu melindungi mata Anda [...]

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Nyeri tenggorokan adalah peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan suara serak dan juga nyeri menelan.Nyeri tenggorokan kadang merupakan gejala awal dari munculnya infeksi saluran napas bagian atas yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus. Apakah Penyebabnya? Virus, 80% sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam. Infeksi bakteri (juga dikenal sebagai strep throat atau infeksi virus yang menyebabkan faringitis). Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap). Iritasi (misalnya merokok). Kelembapan yang rendah. Kurang asupan cairan. Udara kering. Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, di antaranya: Jika penyebabnya infeksi virus: Infeksi virus biasanya merupakan penyebab selesma (pilek) dan influenza yang kemudian mengakibatkan terjadinya radang tenggorokan. Selesma biasanya sembuh sendiri sekitar 1 minggu begitu tubuh Anda membentuk antibody melawan virus tersebut. Pengobatan dengan antibiotik tidak akan efektif untuk m [...]

6 Makanan Penghilang Rasa Pedas

6 Makanan Penghilang Rasa Pedas

Terlalu banyak makan cabai atau sambal membuat mulut Anda terasa terbakar. Banyak orang yang menetralkan rasa pedas dengan minum air mineral. Padahal cara tersebut salah, malah membuat rasa panas tersebar ke seluruh mulut. Seperti dilansir eHow, ini dia tipsnya untuk mengatasi rasa panas di mulut setelah makan pedas. 1. Susu atau Produk Susu LainnyaSusu, yogurt dan keju dapat menghilangkan rasa pedas. Hal itu karena kandungan lemak dalam produk susu dapat menetralkan rasa panas di mulut. 2. GulaHamburkan gula pada lidah lalu hisap selama 30 detik. Gula akan menyerap rasa pedas di mulut. 3. NasiMakan beberapa sendok nasi ketika Anda merasa sangat kepedasan. Butiran nasi dapat menarik rasa pedas di mulut. 4. Jeruk NipisPotong jeruk nipis dan hisaplah. Jeruk Nipis dipercaya dapat mendinginkan lidah yang terasa terbakar. 5. Selai KacangMakan selai kacang juga dapat membantu menetralkan rasa pedas. Sama seperti produk susu, selai kacang mengandung lemak yang dapat 'mendinginkan' mulut. 6. Jus BuahEfek dari makan pedas juga bisa membuat kepala terasa pusing. Jika sudah begitu berarti Anda sangat dehidrasi. Untuk mengatasinya segera minum jus buah untuk menetralkan pedas dan meredakan [...]

Studi: Kunyit Bisa Singkirkan Ingatan Menakutkan dari Otak

Studi: Kunyit Bisa Singkirkan Ingatan Menakutkan dari Otak

Kunyit merupakan bumbu rempah yang banyak digunakan dalam pengolahan berbagai masakan mulai dari kari ayam, soto, sup ikan kakap bumbu kuning atau gulai. Selain melezatkan masakan dan baik bagi kesehatan, kunyit ternyata juga bisa membantu menghilangkan ingatan negatif.Curcumin, zat yang memberikan warna kuning pada akar kunyit bisa mencegah ingatan negatif atau memori yang menakutkan tersimpan di dalam otak. Menurut hasil studi, zat ini juga melenyapkan ingatan yang membuat seseorang takut. Penemuan ini diharapkan bisa dimanfaatkan dalam terapi pengobatan pada orang yang menderita gangguan mental.Seperti dikutip dari Daily Mail, para psikolog dari City University of New York melakukan percobaan terhadap tikus. Tikus-tikus percobaan itu diperdengarkan suara tertentu yang membuat mereka panik dan ketakutan. Saat ketakutan, hewan pengerat biasanya akan terdiam dan tidak bergerak. Beberapa jam kemudian suara yang sama kembali dinyalakan. Tikus yang sebelumnya diberi makan makanan biasa tidak bergerak saat mendengar suara tersebut. Sementara kelompok tikus yang telah makan kunyit tetap bergerak, hal ini mengindikasikan kalau memori menakutkan pada otak mereka telah terhapus."Penemua [...]

Tertarik Merelaksasi Tubuh dengan Minyak Atsiri?

Tertarik Merelaksasi Tubuh dengan Minyak Atsiri?

Anda pasti sudah tidak asing mendengar kata aromaterapi. Ya, terapi yang mengeluarkan aroma harum ini kerap dijadikan pilihan untuk merelaksasi tubuh, terutama bagi kaum hawa. Aroma harum tersebut bersumber dari minyak atsiri. Benarkah minyak yang berasal dari sari tanaman tersebut bisa membantu Anda merelaksasi tubuh? Bagian tanaman yang dijadikan bahan baku pembuatan minyak atsiri terdiri dari batang tanaman, bunga, daun, kulit kayu, biji, atau akar tumbuhan. Setelahnya bahan-bahan tersebut disuling sehingga menghasilkan uap. Uap tanaman ini kemudian mengembun dan kembali menjadi cairan yang kemudian dikumpulkan pada sebuah wadah. Sebutan lain minyak atsiri adalah minyak aromatik, minyak esensial, atau minyak eterik. Kegunaan Minyak Atsiri Minyak atsiri pada aromaterapi digunakan untuk merelaksasi tubuh karena sepertinya minyak ini bekerja dengan cara merangsang reseptor bau di hidung. Setelah itu reseptor mengirim pesan melalui sistem saraf ke bagian otak yang mengontrol emosi, yaitu sistem limbik. Biasanya minyak atsiri yang dipakai untuk merelaksasi tubuh berasal dari tanaman lavender, kamomil, melati, mawar, bergamot, kayu cendana, dan vanila. Namun, masih banyak tanaman la [...]

Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus

Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus

Penelitian terbaru akhirnya dapat menunjukkan dengan pasti jenis dan takaran asupan serat alami bagi kesehatan tubuh khususnya dalam menurunkan resiko kanker usus pada manusia. Apabila selama ini kita telah sering mendengar manfaat dan kebutuhan serat dalam makanan sehari-hari, tentu kita akan selalu beranggapan bahwa serat alami tersebut cukup dari buah dan sayuran semata. Namun kenyataannya, berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam the British Medical Journal menemukan bahwa asupan serat alami dari gandum dan biji-bijian lebih mempunyai khasiat dalam mencegah berbagai penyakit khususnya di usus. Para peneliti dari Imperial College London, Inggris ini menemukan bahwa hanya dengan asupan 10 gram gandum dan biji-bijian sehari, telah mampu meningkatkan kebutuhan serat alami tubuh sekaligus menurunkan resiko terkena kanker usus sebanyak 10%. Berbanding terbalik dengan hasil 25 studi sebelumnya yang hanya menggunakan buah serta sayuran. Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus Meskipun buah dan sayuran juga mempunyai serat alami yang baik bagi tubuh, namun kadar dan khasiatnya tidak memberikan perubahan pada penurunan resiko ka [...]

Cinta yang Romantis = Obat Anti Nyeri

Cinta yang Romantis = Obat Anti Nyeri

Siapa yang tidak pernah sakit kepala? Hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala setidaknya satu kali dalam hidupnya layaknya jerawat yang menghampiri semua orang dalam satu waktu kehidupannya. Dengan demikian, pada dasarnya semua orang pasti pernah merasakan nyeri. Dunia medis mengatasi nyeri dengan obat anti nyeri, termasuk di dalamnya adalah obat-obat golongan opioid (kokain). Seringkali kokain juga disalahgunakan untuk kegiatan rekreasi karena efeknya yang dapat menimbulkan perasaan senang. Tapi, tahukah Anda bahwa cinta yang romantis dapat memberikan efek yang sama seperti kokain dalam mengatasi nyeri? Sebuah penelitian bersama antara State University of New York (SUNY) dan Stanford University Medical Center in California menunjukkan bahwa oleh kokain dan perasaan cinta romantis memicu aktivitas otak di daerah yang sama. Daerah yang teraktivasi ini memicu produksi suatu senyawa kimia yang disebut dengan dopamin. Dopamin inilah yang menyebabkan rasa senang. Dan, daerah otak yang teraktivasi beserta dengan dopamin merupakan faktor yang penting dalam penanganan nyeri. Fakta ini menjadi suatu titik terang untuk penanganan nyeri di masa depan yang lebih terarah dan spesifik. [...]

Usir Takut Sebelum Operasi Angkat Payudara, Wanita Ini Ber-Gangnam Style

Usir Takut Sebelum Operasi Angkat Payudara, Wanita Ini Ber-Gangnam Style

Menjalani operasi pengangkatan payudara atau mastektomi bukan momen menyenangkan bagi para wanita pengidap penyakit kanker atau tumor payudara. Namun seorang mantan pasien bernama Doretta Norris tak mau menghadapinya dengan kemurungan. Demi mengusir rasa gugup dan takut sesaat sebelum melakukan operasi pengangkatan dua payudaranya, wanita asal Amerika Serikat ini memilih menghibur diri dengan menari sambil diiringi lagu Gangnam Style.Doretta telah menderita penyakit kanker beberapa tahun lalu. Namun setelah dokter menemukan tumor di sebelah kanan payudara pada November 2013, dia memutuskan untuk mengangkat keduanya. Terinspirasi dari seorang mantan pasien kanker lain yang melakukan hal serupa, wanita ini meminta pada dokter bedah agar para staf menari bersama daripada melakukan meditasi sesaat sebelum tindakan.Dalam sebuah video berdurasi dua menit yang diunggah oleh pihak rumah sakit ke situs Youtube pada Juni 2014 lalu, terlihat bagaimana Dorreta dan para perawat menari dengan gembira. Sesaat setelah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Piedmont Henry tersebut keluar ruangan untuk menuju ruang operasi, para perawat sudah berbaris dan menunggunya. Beberapa saat kemudian terdengar [...]

Awas, Terlalu Lama Nonton TV Picu Risiko Diabetes

Awas, Terlalu Lama Nonton TV Picu Risiko Diabetes

Menonton televisi menjadi salah satu pilihan untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Namun sebaiknya, jangan terlalu lama menontonnya karena riset terbaru menunjukkan bahwa terlalu banyak duduk di depan TV dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.Seseorang yang rutin duduk di depan TV setiap jamnya dapat meningkatkan risiko terkena diabetes sebanyak 3,4 persen. Para peneliti percaya bahwa terlalu banyak duduk dan tidak bergerak dapat membuat berat badan naik. Hal ini adalah salah satu faktor yang dapat memicu munculnya diabetes.Penelitian ini melibatkan 3.234 pria dan wanita berusia di atas 25 tahun yang memiliki kelebihan berat badan. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan bagaimana cara mencegah mereka agar tidak terkena diabetes tipe 2.Kemudian para partisipan dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diberikan obat metformin, yaitu obat untuk penderita diabetes tipe 2, khususnya untuk orang-orang dengan kelebihan berat badan dan fungsi ginjalnya normal. Kelompok lainnya tidak diberikan obat, hanya diharuskan untuk meningkatkan tingkat aktivitas mereka, dan kelompok terakhir diberikan tablet placebo, yaitu tablet dengan kandungan gula dan susu yang mirip denga [...]

Apa Itu Obat Generik Berlogo?

Apa Itu Obat Generik Berlogo?

Salah satu golongan obat yang dikenal luas oleh masyarakat adalah obat generik. Banyak orang yang menganggap obat generik sebagai obat kelas dua, atau kurang berkhasiat ketimbang obat bermerek. Ada pula yang menyalahartikan obat generik sebagai obat bagi kaum tak mampu. Obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti. Ada dua jenis obat generik, yaitu obat generik bermerek dagang dan Obat Generik Berlogo (OGB) yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya. Apa itu Obat Generik Berlogo? Berikut penjelasannya: Apa itu Obat Generik Berlogo? Obat Generik Berlogo (OGB) merupakan program Pemerintah Indonesia yang diluncurkan pada 1989 dengan tujuan memberikan alternatif obat bagi masyarakat, yang dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, serta ketersediaan obat yang cukup. Bedanya OGB dengan obat bermerek lain adalah OGB tidak ada biaya promosi, sehingga harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan masyarakat. OGB mudah dikenali dari logo lingkaran hijau bergaris-garis putih dengan tulisan "Generik" di bagian tengah lingkaran. Logo tersebut menunjukan bahwa OGB [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *