Penderitaan Wanita Berpayudara Besar: Gatal-gatal dan Bau Badan

tinawilliams.jpg

Tidak sedikit wanita yang mendambakan punya payudara besar. Kenyataannya payudara besar tak selalu seindah bayangan. Seperti dialami wanita asal Inggris ini. Gara-gara payudaranya terlalu besar dia jadi merasakan gatal dan bau badan.

Tina Williams memperingatkan pada wanita yang tidak merasa puas dengan payudara mereka. Menurutnya payudara besar justru bisa menimbulkan masalah sendiri.

Wanita 62 tahun itu memiliki payudara besar karena keturunan. Begitu besarnya, hingga ketika berat badannya tidak terlalu gemuk pun dia harus memakai cup D.

Payudara besar itu awalnya tidak mendatangkan masalah untuknya. Hingga 20 tahun lalu saat usianya melewati 40 tahun, dia menemukan bercak kemerahan di bawah payudaranya.

“Luka kemerahan itu bisa menjadi sangat sakit dan kadang berdarah. Saat malam aku sampai mengangkat cup braku karena begitu menyakitkan,” ujar Tina, pensiunan PNS asal Sheffield, seperti dikutip Daily Mail.

Penderitaan yang dialami Tina itu dinamai intertrigo. Intertrigo merupakan kondisi yang umumnya dialami wanita berpayudara besar atau ketika payudara mulai kendur. Kondisi tersebut biasanya bermula dari iritasi di payudara bagian bawah. Iritasi ini disebabkan karena area tersebut terlalu lembab. Bakteri atau jamur pun bisa tumbuh pada area kulit yang lembab tersebut. Iritasi kemerahan yang terjadi pada bagian bawah payudara bisa berdampak menjadi infeksi.

Gejala yang dialami penderita intertrigo biasanya mereka merasakan kesakitan di bagian bawah payudara. Masalah ini juga dapat menyebabkan bau badan, karena timbulnya jamur atau bakteri di bawah payudara tersebut.

“Baunya bisa jadi sangat buruk dan mandi atau memakai krim tertentu belum tentu bisa menghilangkan bau itu. Aku memilih memakai banyak parfum,” kata Tina.

Untuk mengatasi masalahnya, Tina biasanya menggunakan bedak tabur di bawah payudaranya agar tetap kering. Namun ternyata apa yang dilakukannya itu tetap belum bisa membantu karena dia tetap mengalami iritasi.

Dia pun berkonsultasi ke dokter dan diberi obat krim anti jamur. Obat tersebut cukup membantu mengatasi bau badan, namun tidak benar-benar menyembuhkan ruam yang muncul di bawah payudaranya.

Dr Graham Johnston, konsultan dermatologis di Leicester Royal Infimary Inggris mengatakan, intertrigo menjadi hal yang semakin umum ketika wanita memiliki ukuran payudara semakin besar. “Tapi masalah ini lebih berkaitan dengan bentuk payudara bukan ukurannya. Bahkan orang dengan payudara kecil bisa mengalaminya jika kendur dan menggaruk kulitnya,” ujar Dr Graham.

Masalah intertrigo ini menurut Dr Graham banyak dialami wanita ketika usia semakin menua dan setelah punya anak. “Payudara menjadi kendur dan kulit pun menipis mengikuti usia, sehingga menjadi sensitif. Ukuran bra yang tidak tepat bisa membuat kulit lecet. Kulit jadi kemerahan dan gatal karena keringat dan lecet tersebut,” jelasnya lagi.

(eny/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine mengemukakan hasil sebuah penelitian dari 44.000 bayi di Amerika Serikat selama sepuluh tahun terhadap pencegahan obesitas dilihat dari berat tubuh bayi baru lahir hingga usia 24 bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa grafik pertumbuhan berat tubuh dan panjang bayi baru lahir yang digunakan dokter anak saat melakukan check up rutin, mampu menjadi acuan resiko obesitas pada bayi kemudian hari. Dalam grafik pertumbuhan ini dokter dapat menghitung persentil pertumbuhan normal pada bayi sehingga apabila bayi mengalami kenaikan lebih dari 2 persentil dalam pertumbuhan mereka sebelum berusia 2 tahun, akan meningkatkan resiko obesitas mereka pada usia 5 tahun. Bahkan mereka tetap mempunyai resiko obesitas sebanyak 75% saat berusia 10 tahun. Seperti dilansir dalam Dailymail, Elsie Taveras selaku pemimpin studi mengungkapkan bahwa hasil penelitian ini memberikan panduan spesifik dalam membantu dokter mengetahui kapan seorang bayi beresiko menjadi gemuk di kemudian hari sehingga dapat membantu membendung epidemi obesitas di tahap awal. Meskipun bayi tidak dapat diberikan terapi diet seperti or [...]

7 Penyebab Kenapa Badan Terasa Lemas Terus-terusan

7 Penyebab Kenapa Badan Terasa Lemas Terus-terusan

Anda pernah merasa lemas seharian? Bahkan sampai-sampai Anda tidak ada semangat sekali untuk beraktivitas. Jika demikian, sudah saatnya Anda menyimak artikel ini untuk penjelasan medisnya. Pada umumnya, kondisi lemas dan lelah banyak dikaitkan oleh indikasi dari penyakit-penyakit. Namun sebelum lebih jauh berbicara soal potensi gejala penyakit, sebetulnya ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan kenapa kita bisa lemas dan lelah seharian. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa badan kita terasa lemas dan lelah terus-terusan: Penyebab Lemas-lemas #1: Apa Yang Kita Makan Mengkonsumsi kafein dan gula dapat menjadi bumerang bagi kesehatan. Pasalnya kafein dan gula justru dapat membuat Anda semakin lelah dan lemas-lemas. Tak luput pula, terdapat sederet risiko kesehatan lainnya yang ditimbulkan kafein dan gula. Daripada mengkonsumsi gula dan kopi lebih baik Anda mengkonsumsi buah, sayur, dan protein. Dengan mengkonsumsi makanan sehat maka rasa lelah Anda dapat berkurang. Dengan diet yang baik juga, resiko untuk terjadi obesitas berkurang, dimana obesitas menjadi kontributor besar sebagai penyebab kelelahan. Penyebab Lemas-lemas [...]

10 Solusi Bau Kaki

10 Solusi Bau Kaki

Kaki dan tangan memiliki kelenjar keringat dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lain. Masalah bau kaki merupakan suatu hal yang tidak nyaman bagi semua orang. Bau kaki disebabkan oleh dua hal: Penggunaan sepatu, dan keluarnya keringat dari kaki. Interaksi antara keringat dan bakteri yang terdapat dalam sepatu dan kaus kaki menimbulkan bau. Karena itu, upaya untuk mengurangi bau kaki harus melibatkan penanganan dari keringat dan sepatu. Bau kaki atau keringat berlebih juga dapat disebabkan oleh suatu kondisi yang diturunkan yang disebut hiperhidrosis. Keadaan ini umumnya terdapat pada laki-laki. Stres, beberapa obat, asupan cairan, dan perubahan hormonal juga dapat meningkatkan jumlah keringat yang dihasilkan oleh tubuh. Secara umum, bau kaki dapat dikontrol dengan beberapa langkah pencegahan: Penanganan dan Pencegahan Bau Kaki: Secara umum, bau kaki dapat dikontrol dengan beberapa langkah pencegahan: Selalu gunakan kaus kaki ketika menggunakan sepatu tertutup Hindari penggunaan kaus kaki dari bahan nilon atau sepatu plastik. Gunakan sepatu yang terbuat dari kulit, kanvas atau materi lain yang dapat membiarkan kaki bernapas. [...]

Kapan Diperlukan Operasi Amandel Pada Anak?

Kapan Diperlukan Operasi Amandel Pada Anak?

Radang amandel dalam bahasa medis disebut dengan tonsilitis. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit di tenggorokan. Tidak semua sakit tenggorokan berujung pada operasi amandel, termasuk pada anak. Operasi amandel harus memenuhi kriteria tertentu sebelum dilaksanakan. Operasi amandel atau tonsilektomi merupakan tindakan bedah untuk mengambil massa dari jaringan limfoid (tonsil) yang berada pada mulut bagian belakang. Pada anak-anak, umumnya tindakan ini dilakukan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan yang kambuhan. Sebelum menyetujui, orangtua sebaiknya bertanya kemungkinan prosedur pengobatan lain, tanpa harus menjalani operasi amandel. Jika dokter memberi rekomendasi operasi amandel pada anak, jangan segan minta keterangan lengkap mengenai risiko komplikasi dan kemungkinan manfaat yang diperoleh. Kriteria yang Harus Dipenuhi Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melaksanakan operasi amandel pada anak : Infeksi tenggorokan berupa radang amandel atau infeksi tenggorokan oleh streptokokus, terjadi setidaknya tujuh kali dalam satu tahun atau, Terjadi lima kali infeksi tenggorokan selama dua tahun berturut-turut atau, Terjadi tiga kali infeksi tenggorokan selama tig [...]

Makan Permen Mint Justru Bikin Bau Mulut Tambah Parah, Kenapa?

Makan Permen Mint Justru Bikin Bau Mulut Tambah Parah, Kenapa?

Saat mulut serasa berbau tak sedap, memakan permen mint biasanya dianggap sebagai solusi cepat dan praktis untuk membuat napas lebih segar. Namun ternyata sifatnya hanya sementara. Mengulum permen mint justru berpotensi membuat bau mulut bertambah parah. Kenapa bisa?Dokter bedah gigi Leong Hon Chiew mengatakan bahwa seperti produk permen pada umumnya, kebanyakan permen mint tinggi kandungan gulanya. Makanan yang mengandung gula akan memicu pertumbuhan bakteri yang bisa membuat mulut bertambah bau.Jika tetap ingin makan permen mint untuk menyegarkan napas --meskipun hanya sementara-- Leong menyarankan untuk menghindari konsumsi permen mint setelah makan malam. Seringkali setelah makan malam dan mengulum permen, orang tidak akan minum air putih dalam waktu lama."Karena mereka ingin rasa segar (dari permen mint) bertahan lebih lama. Tapi itu justru membuat mulut dan tenggorokan kering dan merangsang pertumbuhan bakteri," ujar Leong, seperti dikutip dari Men's Health.Mengganti permen mint bergula dengan produk yang berlabel non-sugar pun tidak selalu efektif. Xylitol, pemanis buatan yang biasa digunakan dalam permen karet dan permen bebas gula memang bukan gula dan tidak menimbulkan [...]

6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

Kelapa adalah salah satu buah yang populer di Indonesia. Dengan iklim tropisnya, mudah sekali menemukan pohon kelapa di hampir seluruh penjuru Indonesia. Bahkan di daerah pedesaan, setiap keluarga setidaknya memiliki pohon kelapa di halaman atau perkebunan mereka. Salah satu yang bisa dirasakan manfaat dari buah kelapa adalah airnya. Air kelapa dikenal memiliki rasa menyegarkan yang bisa menghilangkan dahaga setelah beraktivitas berat atau kepanasan. Tapi apakah Anda tahu kalau air kelapa juga memiliki manfaat lain selain mengusir haus? Berikut 8 manfaat air kelapa yang mungkin belum Anda ketahui: 6 Manfaat Sehat Air Kelapa Sebagai menu diet Kandungan lemak dan kalori dalam air kelapa tergolong rendah, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir akan kenaikan berat badan ketika mengkonsumsinya. Selain itu, air kelapa dapat menjadi sumber energi cepat karena kandungan karbohidrat sederhana yang dapat dicerna tubuh dengan segera. Mengatasi keluhan pencernaan Jika Anda memiliki keluhan pencernaan seperti mual dan muntah atau diare, minumlah air kelapa. Air kelapa dapat membantu mengurangi gejala karena tidak menyebabkan mual, kembung dan nyaman dikonsums [...]

Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Pernahkah Anda merasa nyeri pada pergelangan tangan Anda setelah mengetik dalam waktu lama? Atau pernahkah Anda mengalami rasa seperti kesemutan pada jari-jari tangan Anda setelah mengendarai motor dalam jarak jauh? Bila Anda mengalami hal seperti di atas, mungkin Anda terkena CTS. Apakah itu CTS ? CTS merupakan singkatan dari Carpal Tunnel Syndrome. Carpal berarti pergelangan tangan. Pergelangan ini dikelilingi sekelompok jaringan lunak yang berfungsi menyangga persendian. Ruang sempit antara jaringan lunak dan tulang-tulang pergelangan disebut carpal tunnel. Pada terowongan karpal inilah terdapat serabut saraf yang mempersarafi tangan kita. Sindrom terowongan karpal ini terjadi bila terjadi peningkatan tekanan atau terjadi penekanan saraf di pergelangan tangan. Apa itu carpal tunnel syndrome? Berikut penjelasannya: Carpal Tunnel Syndrome Bila terjadi penekanan pada saraf tersebut maka dapat timbul rasa nyeri, sensasi seperti terbakar, atau rasa kesemutan terutama pada jari-jari tangan. Nyeri yang ditimbulkan terjadi terutama pada malam hari yang sering membuat penderita terbangun dari tidur karena merasakan sakit. Posisi saat bekerja menggunakan tangan da [...]

Kenali Perbedaan Kram Perut yang Normal dan Perlu Dikhawatirkan Saat Haid

Kenali Perbedaan Kram Perut yang Normal dan Perlu Dikhawatirkan Saat Haid

Rasa sakit atau nyeri saat hari pertama haid dialami banyak wanita. Kondisi ini terbilang normal, apabila rasa sakit masih bisa ditoleransi dan tidak berlangsung lama. Tapi apabila mengalami kram hebat hingga keluar keringat dingin setiap kali haid, bisa jadi tanda kalau ada masalah pada organ reproduksi Anda. Kenali rasa sakit saat Anda haid, untuk mengetahui apakah itu termasuk normal atau berada di kondisi yang mengkhawatirkan.1. Kram NormalKram normal saat hari pertama menstruasi biasanya terasa di perut bagian bawah. Dikutip dari Cosmopolitan USA, rasa sakit cenderung ringan, seperti ingin buang air besar dan umumnya tidak berlangsung lama. Sekitar dua sampai lima jam. Apabila sakit sudah tak tertahankan, Anda bisa meminum obat pereda rasa sakit agar bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi hindari konsumsi obat jangka panjang dan terus menerus, karena efeknya kurang baik bagi kesehatan.2. Kista pada OvariumJika Anda mengalami kram sehingga sulit untuk bergerak, diikuti dengan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, sebaiknya segera periksakan ke ginekolog. Ada kemungkinan terdapat kista di ovarium Anda. Jika dideteksi sejak dini, penanganannya bisa lebih mudah. Namun un [...]

Hii! Merokok Buat Kulit Wanita Jadi Abu-abu dan Tumbuh Rambut di Wajah

Hii! Merokok Buat Kulit Wanita Jadi Abu-abu dan Tumbuh Rambut di Wajah

Semua orang tahu kebiasaan merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Dalam jangka panjang, merokok bisa menyebabkan kanker mulut juga paru-paru. Tapi yang tidak banyak orang tahu, menghisap rokok secara terus menerus juga membuat tampilan kulit wanita menjadi abu-abu dan tumbuh rambut halus di sekitar wajah. Sementara pada pria, gerak sperma akan menjadi lamban.Untuk menyosialisasikan dampak buruk merokok, para dokter di Finlandia mengembangkan sebuah website interaktif yang diharapkan bisa membuat masyarakat sadar dengan seketika. Website tersebut bernama Tobacco Body dan dibuat bekerjasama dengan Cancer Society of Finland untuk menunjukkan kerusakan-kerusakan tubuh yang disebabkan dari merokok.Dalam website tersebut ditunjukkan berbagai gambar sebelum dan setelah wanita/pria mengonsumsi rokok. Mulai dari timbulnya noda-noda pada wajah, peningkatan risiko terkena maag, semua diperlihatkan lewat foto-foto yang cukup mengerikan.Pada wanita, hal paling mengganggu yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok adalah tumbuhnya rambut-rambut halus pada wajah dan tangan. Dalam website juga berisi penjelasan apa yang akan terjadi pada tubuh Anda jika kebiasaan buruk ini tidak dihentikan."Para [...]

7 Penyebab Perut Kembung

7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi. Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung. Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung. Penyebab Perut Kembung #1: Stres Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti: kembung, konstipasi, diare dan nyeri perut. Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung. Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung. Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter men [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *