Penderitaan Wanita Berpayudara Besar: Gatal-gatal dan Bau Badan

tinawilliams.jpg

Tidak sedikit wanita yang mendambakan punya payudara besar. Kenyataannya payudara besar tak selalu seindah bayangan. Seperti dialami wanita asal Inggris ini. Gara-gara payudaranya terlalu besar dia jadi merasakan gatal dan bau badan.

Tina Williams memperingatkan pada wanita yang tidak merasa puas dengan payudara mereka. Menurutnya payudara besar justru bisa menimbulkan masalah sendiri.

Wanita 62 tahun itu memiliki payudara besar karena keturunan. Begitu besarnya, hingga ketika berat badannya tidak terlalu gemuk pun dia harus memakai cup D.

Payudara besar itu awalnya tidak mendatangkan masalah untuknya. Hingga 20 tahun lalu saat usianya melewati 40 tahun, dia menemukan bercak kemerahan di bawah payudaranya.

“Luka kemerahan itu bisa menjadi sangat sakit dan kadang berdarah. Saat malam aku sampai mengangkat cup braku karena begitu menyakitkan,” ujar Tina, pensiunan PNS asal Sheffield, seperti dikutip Daily Mail.

Penderitaan yang dialami Tina itu dinamai intertrigo. Intertrigo merupakan kondisi yang umumnya dialami wanita berpayudara besar atau ketika payudara mulai kendur. Kondisi tersebut biasanya bermula dari iritasi di payudara bagian bawah. Iritasi ini disebabkan karena area tersebut terlalu lembab. Bakteri atau jamur pun bisa tumbuh pada area kulit yang lembab tersebut. Iritasi kemerahan yang terjadi pada bagian bawah payudara bisa berdampak menjadi infeksi.

Gejala yang dialami penderita intertrigo biasanya mereka merasakan kesakitan di bagian bawah payudara. Masalah ini juga dapat menyebabkan bau badan, karena timbulnya jamur atau bakteri di bawah payudara tersebut.

“Baunya bisa jadi sangat buruk dan mandi atau memakai krim tertentu belum tentu bisa menghilangkan bau itu. Aku memilih memakai banyak parfum,” kata Tina.

Untuk mengatasi masalahnya, Tina biasanya menggunakan bedak tabur di bawah payudaranya agar tetap kering. Namun ternyata apa yang dilakukannya itu tetap belum bisa membantu karena dia tetap mengalami iritasi.

Dia pun berkonsultasi ke dokter dan diberi obat krim anti jamur. Obat tersebut cukup membantu mengatasi bau badan, namun tidak benar-benar menyembuhkan ruam yang muncul di bawah payudaranya.

Dr Graham Johnston, konsultan dermatologis di Leicester Royal Infimary Inggris mengatakan, intertrigo menjadi hal yang semakin umum ketika wanita memiliki ukuran payudara semakin besar. “Tapi masalah ini lebih berkaitan dengan bentuk payudara bukan ukurannya. Bahkan orang dengan payudara kecil bisa mengalaminya jika kendur dan menggaruk kulitnya,” ujar Dr Graham.

Masalah intertrigo ini menurut Dr Graham banyak dialami wanita ketika usia semakin menua dan setelah punya anak. “Payudara menjadi kendur dan kulit pun menipis mengikuti usia, sehingga menjadi sensitif. Ukuran bra yang tidak tepat bisa membuat kulit lecet. Kulit jadi kemerahan dan gatal karena keringat dan lecet tersebut,” jelasnya lagi.

(eny/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Terobosan Terbaru: Awet Muda dengan Darah Sendiri

Terobosan Terbaru: Awet Muda dengan Darah Sendiri

Platelet Rich Plasma atau yang lebih dikenal dengan PRP merupakan terapi dengan mengambil darah dari pasien sendiri. PRP telah lama digunakan sejak tahun 1987 untuk mempercepat penyembuhan pada gigi, kasus ortopedi dan tindakan bedah plastik. Kemudian dalam beberapa tahun berlakangan, PRP juga memberikan manfaat untuk peremajaan wajah. Apakah itu terapi PRP? PRP adalah suatu terapi dengan mengambil darah dari pasien sendiri, sama seperti saat Anda mengambil darah untuk pemeriksaan laboratorium. Darah sebanyak kurang lebih 15-30 cc diambil dari pembuluh darah vena. Darah tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mesin sentrifugasi khusus untuk memisahkan antara sel darah merah, plasma yang kaya akan platelet (PRP) dan plasma. Plasma yang kaya akan growth factor ini kemudian diaplikasikan pada wajah melalui injeksi ataupun dioleskan secara langsung. Apa saja keuntungan terapi PRP? Karena menggunakan darah Anda sendiri, tentu saja dapat meminimalisir efek samping terjadinya alergi dan reaksi hipersensitivitas. Dalam bidang dermatologi (kulit), PRP dapat memberikan efek peremajaan pada kulit seperti meningkatkan tekstur dan warna kulit, mengurangi kerutan, meningkatkan produksi kolagen dan [...]

Benarkah Ekstrak Kulit Manggis Menyehatkan?

Benarkah Ekstrak Kulit Manggis Menyehatkan?

Saat ini kita sering melihat dan mendengar tentang ekstrak kulit manggis dan khasiatnya dari berbagai media. Mungkin Anda akan bertanya, apa benar kulit manggis itu memiliki khasiat yang didukung fakta medis? Apakah sebenarnya ekstrak kulit manggis tersebut? Amankah bila kita mengonsumsinya? Untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut ini adalah ulasan medis mengenai kulit manggis dan penelusuran dasar penelitiannya yang ditemui. Mari kita mengenal lebih jauh ekstrak kulit manggis di berbagai belahan dunia. Bagian kulit buah, daging buah, daun, dan kulit akar manggis telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional. Khususnya bagian kulit buah, yang telah digunakan sejak lama dalam dunia pengobatan tradisional untuk: mengencerkan dahak, pengobatan radang kandung kemih (Cystitis), diare, disentri, demam, serta pengobatan untuk penyakit kulit seperti eksim dan pruritus. Di Amerika Serikat, manggis umumnya dikonsumsi dalam bentuk jus, atau dalam bentuk kapsul atau tablet oral, dan sering dikombinasikan dengan ekstrak herbal lainnya. Di Asia, bagian kulit manggis sering digunakan sebagai bahan minuman teh. Bagaimana di Asia [...]

Ini Cara Masak yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Ini Cara Masak yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Cara memasak ternyata bisa memengaruhi kondisi kulit seseorang. Mengolah makanan dengan cara memanggang, membuat kulit lebih cepat keriput dibandingkan mengukusnya.Sebuah scanner teknologi baru telah mengungkap kerusakan kulit yang terjadi akibat memasak dengan cara panggang dan goreng. Alat scanner tersebut memeriksa kondisi kesehatan kulit dengan cara mengukur tingkat Advannced Glycation End-products (AGEs) dalam tubuh. AGEs merupakan senyawa yang bersifat merusak. Dalam konsentrasi tinggi, AGEs bisa mempercepat penuaan kulit dan biasanya terbentuk ketika makanan dimasak dalam temperatur tinggi --disebabkan reaksi antara karbohidrat (gula dan pati) dan protein atau lemak bersuhu tinggi.Seperti halnya indeks massa tubuh dan tekanan darah, tingkat AGEs juga menjadi penanda kondisi kesehatan. Penting untuk mengetahui level AGEs karena membantu Anda memilih gaya hidup yang lebih sehat. Penelitian yang dilakukan Morinda --brand penyedia produk kesehatan asal Amerika-- menunjukkan bahwa AGEs diserap ke dalam tubuh melalui makanan. Jika terlalu banyak, senyawa ini akan menyebabkan keriput dan kulit mengendur karena kerusakan kolagen dan elastin, dua komponen yang membuat kulit terlih [...]

5 Ciri Produk Perawatan Kulit yang Sehat

5 Ciri Produk Perawatan Kulit yang Sehat

Produk yang dijual di pasaran dapat menjadi efektif bila konsumen tahu produk mana yang harus dicari. Sebaiknya lakukan penelitian mengenai produk tersebut dan ketahui bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya agar dapat disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Produk yang mahal belum tentu tepat untuk jenis kulit tertentu. Jadi, perhatikan langkah berikut sebelum Anda memilih produk perawatan kulit: 1. Waspada terhadap produk yang menjanjikan hasil instan. Lakukan riset mengenai produk tersebut, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, serta ulasan mengenai produk tersebut. Anda juga dapat berdiskusi dengan dokter Anda mengenai keamanan produk tersebut. 2. Gunakan produk yang mengandung tabir surya. Melindungi kulit dari sinar matahari amatlah penting. Pelembab atau krim yang mengandung SPF minimal 30 dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dan menjaga kulit terlihat awet muda. Pilihlah tabir surya dengan spektrum luas (broad spectrum) yang memberi perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. 3. Ketika memilih pembersih, perhatikan kadar pH produk tersebut. Gunakan pembersih dengan pH seimbang (pH balanced) yang mendekati pH kulit, yaitu sekitar 5.5-6.8. B [...]

Lebih Jauh Tentang Penyakit Jantung Koroner

Lebih Jauh Tentang Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung yang paling umum terjadi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi ketika pasokan darah yang kaya oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak pada arteri koroner. Pada dinding pembuluh arteri dapat terjadi kondisi ateroskelosis, yaitu penumpukan kolesterol dan substansi lainnya yang semakin bertambah sehingga mempersempit ruang arteri. Tumpukan ini disebut plak. Sejatinya plak sudah bersarang di dinding arteri sejak seseorang masih muda. Makin tinggi usia seseorang, makin menumpuk plak di lokasi yang sama. Plak sendiri mengeluarkan zat kimia yang membuat dinding bagian dalam dari pembuluh menjadi lengket. Pada saat bersamaan, darah memuat sel-sel inflamasi, lipoprotein, dan kalsium. Zat-zat ini kemudian akan menempel di dinding pembuluh darah sehingga membuat timbunan plak makin banyak. Makin besar plak, makin sempit arteri koroner sehingga suplai darah kaya oksigen ke jantung kian menipis. Plak juga dapat pecah dan kemudian menyumbat sebagian besar hingga seluruh aliran darah pada pembuluh arteri. Bila hambatan aliran darah ini terjadi pada arteri koroner, maka dapat terjadi serangan jantung. Sebenarnya, pembuluh darah atau arteri yang mengalami [...]

Para Peneliti Temukan Gen Penyebab Kebutaan Kornea

Para Peneliti Temukan Gen Penyebab Kebutaan Kornea

Para ilmuwan di Singapura, seperti dilansir oleh asianscientist.com, telah mengidentifikasi gen ketebalan kornea sentral (CCT) yang berpotensi dapat menyebabkan kebutaan seperti glaukoma. Penelitian ini dipimpin oleh para peneliti di Singapore Eye Research Institute (SERI) dan Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Penelitian (A * STAR) Genome Institute of Singapore (GIS), melibatkan 55 rumah sakit dan pusat-pusat penelitian di seluruh dunia, dan lebih dari 20.000 orang keturunan Eropa dan Asia. Temuan mereka dipublikasikan bulan Januari 2013 ini dalam jurnal Nature Genetics. CCT dikaitkan dengan kondisi mata yang berpotensi pada kebutaan seperti keratoconus, suatu kondisi di mana kornea semakin menipis dan memiliki bentuk mengerucut yang akhirnya mungkin memerlukan transplantasi. CCT diperkirakan memiliki heritabilitas hingga 95 persen dan dapat menentukan tingkat keparahan glaukoma pada seseorang dan membantu dokter dalam mengidentifikasi pasien. CCT juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya transplantasi kornea di seluruh dunia. Sebelum penelitian ini, tim Singapura telah mengidentifikasi enam CCT yang berbeda terkait lokus melalui sampel dari Singapura, Cina, India, Me [...]

7 Cara Terhindar dari Naiknya Asam Lambung

7 Cara Terhindar dari Naiknya Asam Lambung

Naiknya asam lambungatau dalam medis GERD atau gastroesophageal reflux disease, merupakan suatu kondisi dimana terjadinya regurgitasi (regurgitasi adalah naiknya makanan dari kerongkongan atau lambung tanpa disertai oleh rasa mual maupun kontraksi otot perut yang sangat kuat -Red) balik ke dalam tenggorokan sebagian cairan atau makanan yang bercampur dengan asam lambung. Penyebabnya antara lain makan terlalu banyak, obesitas ataupun kehamilan. Hal ini biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti rasa terbakar dalam dada, mual, muntah atau rasa "asam" di dalam mulut. Bagaimana tipsnya agar terhindar dari GERD? 1. Tips Terhindar Asam Lambung: Mengunyah Permen Karet Ternyata permen karet tidak hanya membantu masalah bau mulut, tapi sekaligus dapat membantu Anda dalam masalah GERD. Pada esensinya bukan permen karetnya yang berkhasiat dalam menurunkan level asam lambung, tapi sebetulnya adalah aktivitas mengunyah yang Anda lakukan selama permen karet di mulut Anda. Hal ini dikarenakan dengan mengunyah permen karet, maka akan meningkatkan produksi air liur (alkaline saliva) yang dapat berfungsi untuk menetralisir asam lambung dan menekan risiko kejadian regurgita [...]

Wonder Woman Jadi Bintang Iklan Kanker Payudara

Wonder Woman Jadi Bintang Iklan Kanker Payudara

Iklan untuk membuat wanita sadar akan bahayanya kanker payudara dibuat menarik di sebuah negara di Afrika. Iklan tersebut menggunakan sejumlah superwoman sebagai model, misalnya Wonder Woman.Iklan itu diluncurkan oleh Associacao da Luta Contra o Cancer di Mozambique. Dalam iklan tersebut sejumlah superhero wanita yang jadi bintangnya adalah Wonder Woman, Storm, She-Hulk dan Catwoman.Seperti dikutip NY Daily News, seniman Maisa Chaves lah yang membuat iklan tersebut. Maisa menampilkan para superhero wanita dengan baju 'seragam' mereka dan tampak tengah memeriksa payudara."Kalau bicara soal kanker payudara, tidak ada pengecualian entah itu wanita atau wanita super. Semua wanita harus memeriksa sendiri payudaranya setiap bulan. Lawan bersama-sama musuh ini dan tentu saja bicara dengan dokter Anda," begitu isi kampanye tersebut.Sebelumnya Associacao da Luta Contra o Cancer juga menampilkan iklan yang sangat menarik untuk menyadarkan para wanita soal bahaya kanker payudara. Dalam iklan terdahulu, asosiasi tersebut memperlihatkan gambar payudara yang di dalamnya ada laba-laba dan kecoa."Lebih dari 80% benjolan yang muncul adalah kanker jinak. Jadi jangan takut. Lakukan pemeriksaan pay [...]

Gara-gara Wanita Ini, Orang Dewasa Kini Terkena Demam Mewarnai

Gara-gara Wanita Ini, Orang Dewasa Kini Terkena Demam Mewarnai

Mewarnai buku gambar seperti masa kanak-kanak dulu kini menjadi ?virus? di kalangan orang dewasa, khususnya kaum Hawa. Para wanita yang terkena virus ini berpergian kemanapun dengan membawa buku gambar dan pensil mewarnai. Virus mewarnai ini rupanya juga bermula dari seorang wanita yang buku gambar karyanya saat ini sudah terjual jutaan kopi di seluruh dunia. Siapa dia?Johanna Basford itulah nama wanita asal Skotlandia yang menjadikan aktivitas mewarnai buku gambar jadi tren untuk orang dewasa. Awalnya pada 2011, Johanna diminta penerbit Laurence King untuk membuat buku mewarnai anak-anak. Namun saat itu, wanita lulusan desain tekstil ini justru menyarankan membuat buku mewarnai untuk orang dewasa. Kepada sang penerbit, dia mengatakan, selama bertahun-tahun bekerja sebagai seniman dan ilustrator khusus mewarnai, dia melihat banyak kliennya yang ingin sekali mewarnai hasil karyanya.Saran Johanna itu pun diterima pihak penerbit. Mereka kemudian mencetak buku mewarnai untuk orang dewasa karya Johanna berjudul Secret Garden: An Inky Treasure Hunt and Coloring Book sebanyak 13 ribu kopi pada 2013. Tidak disangka, setelah dirilis, buku tersebut laris-manis. Hingga kini, seperti dikuti [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *