Penderitaan Wanita Berpayudara Besar: Gatal-gatal dan Bau Badan

tinawilliams.jpg

Tidak sedikit wanita yang mendambakan punya payudara besar. Kenyataannya payudara besar tak selalu seindah bayangan. Seperti dialami wanita asal Inggris ini. Gara-gara payudaranya terlalu besar dia jadi merasakan gatal dan bau badan.

Tina Williams memperingatkan pada wanita yang tidak merasa puas dengan payudara mereka. Menurutnya payudara besar justru bisa menimbulkan masalah sendiri.

Wanita 62 tahun itu memiliki payudara besar karena keturunan. Begitu besarnya, hingga ketika berat badannya tidak terlalu gemuk pun dia harus memakai cup D.

Payudara besar itu awalnya tidak mendatangkan masalah untuknya. Hingga 20 tahun lalu saat usianya melewati 40 tahun, dia menemukan bercak kemerahan di bawah payudaranya.

“Luka kemerahan itu bisa menjadi sangat sakit dan kadang berdarah. Saat malam aku sampai mengangkat cup braku karena begitu menyakitkan,” ujar Tina, pensiunan PNS asal Sheffield, seperti dikutip Daily Mail.

Penderitaan yang dialami Tina itu dinamai intertrigo. Intertrigo merupakan kondisi yang umumnya dialami wanita berpayudara besar atau ketika payudara mulai kendur. Kondisi tersebut biasanya bermula dari iritasi di payudara bagian bawah. Iritasi ini disebabkan karena area tersebut terlalu lembab. Bakteri atau jamur pun bisa tumbuh pada area kulit yang lembab tersebut. Iritasi kemerahan yang terjadi pada bagian bawah payudara bisa berdampak menjadi infeksi.

Gejala yang dialami penderita intertrigo biasanya mereka merasakan kesakitan di bagian bawah payudara. Masalah ini juga dapat menyebabkan bau badan, karena timbulnya jamur atau bakteri di bawah payudara tersebut.

“Baunya bisa jadi sangat buruk dan mandi atau memakai krim tertentu belum tentu bisa menghilangkan bau itu. Aku memilih memakai banyak parfum,” kata Tina.

Untuk mengatasi masalahnya, Tina biasanya menggunakan bedak tabur di bawah payudaranya agar tetap kering. Namun ternyata apa yang dilakukannya itu tetap belum bisa membantu karena dia tetap mengalami iritasi.

Dia pun berkonsultasi ke dokter dan diberi obat krim anti jamur. Obat tersebut cukup membantu mengatasi bau badan, namun tidak benar-benar menyembuhkan ruam yang muncul di bawah payudaranya.

Dr Graham Johnston, konsultan dermatologis di Leicester Royal Infimary Inggris mengatakan, intertrigo menjadi hal yang semakin umum ketika wanita memiliki ukuran payudara semakin besar. “Tapi masalah ini lebih berkaitan dengan bentuk payudara bukan ukurannya. Bahkan orang dengan payudara kecil bisa mengalaminya jika kendur dan menggaruk kulitnya,” ujar Dr Graham.

Masalah intertrigo ini menurut Dr Graham banyak dialami wanita ketika usia semakin menua dan setelah punya anak. “Payudara menjadi kendur dan kulit pun menipis mengikuti usia, sehingga menjadi sensitif. Ukuran bra yang tidak tepat bisa membuat kulit lecet. Kulit jadi kemerahan dan gatal karena keringat dan lecet tersebut,” jelasnya lagi.

(eny/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kelas Yoga Ini Khusus Ajarkan Wanita Agar Nyaman Berjalan Pakai Stiletto

Kelas Yoga Ini Khusus Ajarkan Wanita Agar Nyaman Berjalan Pakai Stiletto

Stiletto bisa membuat pemakainya terlihat lebih seksi dan anggun. Namun mengenakan sepatu dengan sol meruncing ke bawah ini bukan tanpa pengorbanan. Tidak sedikit wanita yang harus menahan sakit, terutama di ujung jari dan tumitnya saat memakai stiletto atau high heels. Hubungan wanita dan high heels pun seperti love-hate relationship, menyakitkan tapi juga disukai.Kondisi ini rupanya memunculkan ide bagi Yamuna Zake, seorang instruktur yoga yang berbasis di New York City. Ia membuka kelas untuk melatih bagian tubuh yang lebih spesifik, yaitu kaki.Wanita berusia 59 tahun ini menawarkan kelas latihan kaki yang membantu para pesertanya belajar bagaimana berjalan memakai stiletto berhak tinggi. Kelas berdurasi satu jam itu bertujuan mengajarkan para wanita agar bisa berjalan lebih anggun dengan high heels. Untuk melakukan yoga ini, diperlukan alat bantu berupa dua bola setengah lingkaran dengan gerigi di seluruh permukaannya.Kelas yoga stiletto bentukan Yamuna ini pertama kali diperkenalkan tahun lalu dan popularitasnya segera melesat di kalangan wanita. Terutama wanita yang cukup mampu membeli stiletto mahal, tapi hanya menyimpannya di rak sepatu karena tidak tahu cara memakainya [...]

7 Sebab Anda Merasa Lapar Setelah Makan

7 Sebab Anda Merasa Lapar Setelah Makan

Apakah Anda tetap merasa lapar setelah makan banyak? Jika ya, maka jangan khawatir karena hal ini adalah normal. Kondisi terus merasa lapar ini bisa disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Seperti yang dikutip dari Menshealth, berikut tujuh alasan mengapa Anda tetap merasa lapar walau sudah makan.1. Meminum banyak sodaSoda, es teh dan minuman manis lainnya memiliki kandungan sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS) terbesar. Sebuah penelitian dari University of California menunjukkan bahwa fruktosa dapat membuat otak menginginkan makanan lebih banyak walau sebenarnya perut Anda sudah kenyang. Fruktosa bekerja dengan menghambat kemampuan tubuh menggunakan 'leptin', hormon kekenyangan yang memberitahu Anda ketika sudah makan banyak.2. Memakan makanan kalengBanyak makanan kaleng yang dijual di pasaran mengandung bahan kimia bisphanol-A atau BPA tinggi. Food and Drug Administration mengatakan bahwa kandungan BPA tinggi merupakan bahan kimia yang dapat memberikan kerugian untuk tubuh. Menurut Harvard University, terlalu banyak mengonsumsi BPA dapat menyebabkan hormon leptin yang tak normal sehingga menyebabkan rasa lapar yang terus menerus dan obesitas.3. Makan sedikit saat sarapanSeb [...]

Ini Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Mood Sedang Negatif

Ini Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Mood Sedang Negatif

Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahan mood itu, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat bisa menjadi solusinya.Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahan mood itu, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat bisa menjadi solusinya. Dilansir dari Sheknows, berikut beberapa nutrisi yang tepat untuk mengatasi suasana hati.1. Nutrisi saat sedang sedihKetika Anda sedang sedih, cobalah mengonsumsi makanan ringan yang rendah protein, rendah lemak tapi tinggi karbohidrat. Alasannya karena ketika makanan tinggi karbohidrat tidak terhambat oleh protein atau lemak, maka asam amino triptophan akan meningkat di otak dan berubah menjadi serotonin, yaitu neurotransmiter yang menstimulasi suasana hati dan membatasi keinginan makan (carving). Anda bisa mengonsumsi, popcorn, havermut polos dengan sedikit susu dan madu, serta bagel (sejenis donat) dengan irisan pisang.2. Nutrisi saat sedang depresiPerasaan tertekan dan depresi bisa diredakan makanan yang kaya dengan omega-3, yang banyak ditemukan dalam lemak sehat yaitu lemak i [...]

Jempol Kaki Anda Bengkak? Hati-Hati Gout

Jempol Kaki Anda Bengkak? Hati-Hati Gout

Gout atau sering disebut dengan ?penyakit asam urat?, adalah suatu keadaan dimana asam urat mengendap dan membentuk krsital pada sendi-sendi Anda. Gout adalah penyebab peradangan sendi utama pada pria diatas 30 tahun. Salah satu tempat utama pengendapan asam urat adalah pangkal jempol kaki. Jadi, jika pangkal jempol Anda nyeri dan bengkak, salah satu penyebabnya bisa saja artritis gout. Gout dan ciri-cirinya Gout ditandai dengan serangan nyeri sendi berulang, baik pada sendi kecil dan sendi besar. Sendi yang paling sering terkena adalah pangkal jempol kaki. Sendi ini disebut ?podagra gout? karena merupakan sendi yang khas pada serangan gout. Selain serangan pada sendi, seseorang dengan kadar asam urat yang tinggi dapat mengalami tofus. Tofus adalah adanya endapan kristal urat yang dapat dijumpai pada permukaan kulit berupan benjolan. Selain beberapa keluhan tersebut, seorang pasien juga dapat mengalami endapan kristal urat pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal. Bagaimana cara penanganan gout? Pada dasarnya, terdapat beberapa prinsip utama dalam penanganan gout. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan diet rendah purin. Purin adalah bahan mentah yang diubah menja [...]

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Ingin hidup lebih lama? Maka konsumsilah banyak sayur dan buah setiap hari. Studi terbaru menemukan, orang yang makan tujuh sajian sayur dan buah dalam sehari, risiko kematiannya bisa berkurang hingga 42 persen. Antara sayur dan buah, ternyata sayuran yang lebih penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh.Seperti dikutip dari CNN, para peneliti di Inggris menganalisa data lebih dari 65 ribu orang dewasa yang berusia 35 tahun ke atas. Mereka sebelumnya menjadi partisipan dalam Health Surveys for England (HSE) untuk sebuah studi yang dilakukan antara tahun 2001 dan 2008. Peneliti HSE menanyakan kepada partisipan bagaimana konsumsi sayur dan buah mereka selama 24 jam. Kecukupan porsi sayur dan buah yang disarankan Department of Health di Inggris, diperkirakan antara 80 gram per sajian. Hasilnya diketahui bahwa rata-rata partisipan mengonsumsi 3,8 sajian buah dan sayur per hari. Wanita yang berusia lebih dewasa dan tidak merokok cenderung makan makanan sehat ini lebih banyak dibandingkan kelompok partisipan lainnya. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayur dan buah memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Dari temuan tersebut [...]

Riset: Punya Bokong Besar Baik untuk Kesehatan

Riset: Punya Bokong Besar Baik untuk Kesehatan

Tidak sedikit wanita yang benci dengan bentuk bokong besar. Namun menurut penelitian, bokong berukuran besar justru baik untuk kesehatan. Mengapa?Para peneliti di Oxford University menemukan bahwa lemak yang berada pada tubuh bagian bawah dapat memangkas kadar kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan koleksterol baik (HDL) yang melindungi tubuh dari pengerasan pembuluh darah. Namun peneliti menegaskan, area tubuh bagian bawah yang baik menyimpan lemak itu adalah paha dan bokong, bukan pada perut.Hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, menunjukkan bahwa manfaat dari memiliki bokong berukuran besar bisa mengurangi risiko terkena diabetes. Lemak gluteofemoral, tersimpan di bagian bahwa tubuh dan bertindak sebagai buffer (penyangga), menyapu bersih radang lemak yang bisa menyebabkan efek berbahaya di mana saja.Profesor Jimmy Bell, Kepala Pencitraan Metabolik dan Molekular di Hammersmith Hospital NHS Trust, menjelaskan bahwa lemak bisa datang dalam dua bentuk, yakni yang 'baik' dan 'buruk'. Menurutnya, lemak di bagian bawah tubuh meluruh lebih lambat dari lemak di perut.Orang dengan bokong serta paha besar memiliki tingkat inflamasi senyawa yang diseb [...]

Gimana Sih, Payudara yang Normal?

Gimana Sih, Payudara yang Normal?

Ketika Anda menemukan benjolan pada payudara Anda, pastinya yang terlintas pertama di pikiran Anda adalah kanker. Hal tersebut sepenuhnya dapat dimengerti. Namun faktanya adalah benjolan yang ditemukan pada wanita usia 20-an dan awal 50-an, hampir 90% adalah jinak. Namun bagaimana pun Anda tetap harus waspada. Bagaimanakah jaringan payudara yang normal? Payudara terdiri atas berbagai jaringan dengan konsistensi yang beragam. Jaringan glandular yang terdapat pada bagian atas dan terluar dari payudara, bersifat lunak pada perabaan dan nodular. Jaringan payudara akan berubah seiring dengan usia, namun biasanya akan mengandung lemak lebih banyak dan kepadatannya berkurang. Kapan saya harus memeriksakan diri ke dokter? Kapan Harus Memeriksakan Diri ke Dokter? Segeralah berkonsultasi ke dokter jika: Anda menemukan benjolan yang baru atau terasa 'aneh' Benjolan yang tidak hilang hingga siklus menstruasi selanjutnya Benjolan yang bertambah besar Perubahan kulit pada payudara, misalnya: menjadi kemerahan, berlekuk, dan sebagainya Perubahan pada puting payudara, misalnya: masuk ke dalam atau menjadi mendatar Terdapat cairan yang keluar dari puting (de [...]

6 Gangguan Mental pada Anak

6 Gangguan Mental pada Anak

Oleh: dr. Nadia Octavia Gangguan mental pada anak acapkali sulit diketahui oleh orang tua. Alhasil, anak yang seharusnya mendapatkan perawatan menjadi luput perhatian. Perkaya khazanah Anda seputar gangguan mental pada anak melalui paparan berikut ini: Gangguan mental apa saja yang dapat terjadi pada anak? Kecemasan (Ansietas) Anak yang memiliki gangguan obsesif kompulsif, post traumatic stress disorder dan fobia sosial seringkali mengalami ansietas/kecemasan yang mengganggu aktivitas sehari-hari Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD)Gangguan ini ditandai dengan kesulitan memusatkan perhatian, hiperaktif dan perilaku impulsif AutismeAutisme merupakan suatu masalah perkembangan yang serius yang seringkali terlihat pada anak-anak, biasanya sebelum usia 3 tahun. Hal ini mempengaruhi kemampuan anak untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain Gangguan makan Gangguan makan seperti anoreksia nervosa, bulimia nervosa dan binge-eating disorder merupakan suatu kondisi yang serius. Anak seringkali memiliki preokupasi pikiran dengan makanan adn berat badan sehingga tidak dapat berkonsentrasi pada hal lain Gangguan mood Depresi dan [...]

Menonton Video Porno Berpotensi Gangguan Jiwa

Menonton Video Porno Berpotensi Gangguan Jiwa

Banyak pendapat ahli bermunculan, dari ahli agama sampai ahli pendidikan dan perkembangan anak menanggapi masalah peredaran pornografi dan video porno di Indonesia. Sesuatu yang bukan konsumsi publik menjadi terbuka segamblangnya di media internet yang saat ini sudah merambah ke desa-desa. Belum lagi kekhawatiran sebagian orang tua tentang anaknya yang juga bisa menikmati tontonan tak layak usia anak ini. Semua karena akses internet saat ini begitu mudah. Sebagai seorang psikiater saya lebih menyoroti tentang beberapa istilah yang dipakai di ruang publilk oleh para ahli. Ada istilah yang kemudian muncul yaitu Scopophilia. Istilah ini sebenarnya jarang digunakan di dalam ranah ilmu kedokteran jiwa. Di dalam manual diagnostik gangguan jiwa terbitan The American Psychiatric Association istilah Voyeurism adalah istilah yang sama dengan Scopophilia. Apa itu Scopophilia? Dan bagaimana video porno dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang? Berikut penjelasannya: Voyeurisme atau Scopophilia, Apakah Kita Termasuk Di Dalamnya? Dalam buku teks Kaplan & Sadock's Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry, 10th Edition (2007) disebutkan bahw [...]

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

HPV atau human papillomavirus merupakan penyakit menular seksual yang paling sering terjadi. Terdapat sekitar 40 tipe HPV dan ditularkan melalui kontak seksual. Kebanyakan infeksi HPV tidak memberikan gejala namun merupakan penyebab utama kanker serviks (HPV tipe 16 dan 18). Apakah vaksin HPV itu? Vaksin HPV merupakan vaksin inaktif yang dilemahkan dan dapat melindungi dari 4 tipe virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks dan genital warts. Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim Siapakah yang perlu mendapatkan vaksin HPV dan kapan? Vaksin HPV dianjurkan bagi mereka yang akan menikah, pernah ataupun akan melakukan kontak seksual secara aktif. Vaksin ini juga dianjurkan bagi mereka yang berisiko tinggi terkena infeksi HPV: Pertama kali berhubungan seks pada usia sangat muda Partner seksual yang berganti-ganti Memiliki partner seksual yang suka berganti-ganti pasangan Jika wanita tersebut telah terinfeksi virus HPV, vaksin ini tidak dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut. Dosis pemberian dibagi dalam 3 dosis: 0, 2 dan 6 bulan. Apakah wanita hamil boleh diberikan vaksin HPV? Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *