Penelitian Ilmuwan RSCM demi Tingkatkan Mutu Hidup Pasien

065050100_1417688175-riset.JPG

Penelitian telah menjadi barang wajib di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), termasuk penelitian yang berkaitan dengan pengobatan secara menyeluruh (Paripurna) bagi para pasien lanjut usia. Dengan penatalaksanaan semacam ini, prosedur pengobatan pun menjadi sederhana.

Dr. dr. Czeresna Heriawan S, SpPD(K), menceritakan bahwa sebelum 1996, sembilan puluh persen pasien usia lanjut kerap mengidap lebih dari satu penyakit, yang membuat dia harus bertemu dengan lebih dari satu orang dokter. Ada yang mengidap empat macam penyakit, dan ada pula yang lebih dari itu. Belum lagi ditambah dengan penyakit penyerta lainnya.

“Misalnya, ada yang mengidap penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan regenerasi dengan penyakit penyerta jantung koroner. Karena dulu belum ada paripurna, mau tak mau pasien harus menemui satu per satu dokter sesuai dengan jenis penyakitnya,” kata dia di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Kamis (4/12/2014)

Beban lain yang harus diderita oleh para pasien adalah harus mengonsumsi lebih dari satu macam obat. “Taruhlah satu penyakit obatnya tiga macam, secara otomatis dia harus makan 12 obat,” kata Heriawan menambahkan.

Kondisi semacam ini sudah jelas sangat membahayakan diri dari pasien tersebut, plus risiko keracunan obat yang harus mereka tanggung.

“Belum soal efek samping dari obat-obatan yang mereka minum, lan berbahaya sekali,” kata dia.

Melihat kondisi memprihatinkan ini, sejumlah dokter mencari cara bagaimana menyerderhanakan pengobatan bagi pasien usia lanjut. Setelah dibahas secara bersama-sama, disepakati kalau para dokter dari masing-masing penyakit yang diidap oleh pasien tersebut harus ‘duduk bareng’ untuk menentukan pengobatan yang tepat bagi pasien.

Menurut Heriawan, dengan cara seperti ini para dokter saling mengetahui jenis obat apa yang harus diberikan kepada mereka. “Dengan duduk bersama-sama, apa pun yang mereka tahu harus saling memberikan rekomendasi, dan harus dikemukakan bersama dengan keputusan yang diambil secara bersama-sama pula,” kata dia.

Intinya, lanjut Heriawan, para dokter jadi mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasien.

“Dengan cara seperti itu juga, mereka juga akan secara bersa-sama memutuskan makanan dan minuman apa yang cocok untuk dikonsumsi, aktivitas fisik apa yang harus dilakukan, dan juga psikososial si pasien harus bagaimana,” kata Heriawan.

Ada pun efek dari tindakan semacam ini, lanjut Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), adalah mampu memperpendek lama perawatan di rumah sakit.

“Dari 14 hari menjadi 11 hari. Berkurang tiga hari saja sudah memberikan kelangsungan hidup yang baik bagi pasien,” kata dia.

Lebih lanjut Heriawan menjelaskan, cara berdiskusi semacam ini benar-benar mendatangkan manfaat yang baik bagi pasien, apalagi bagi pasien yang mengidap 10 macam penyakit.

“Kalau yang sepuluh, waktunya itu nggak cukup dan berantakan. Senin ke Poliklinik kencing manis, Selasa, Rabu sampai Sabtu ke poliklinik lainnya. Itu baru 6, nanti dilanjut lagi di hari Senin,” kata Heriawan.

Akhirnya, karena mendatangkan banyak manfaat bagi pasien usia lanjut, tindakan paripurna masih berlangsung hingga sekarang, dan diperuntukkan khusus bagi orang tua.

“Karena memang pada orang tua penyakitnya itu lebih kompleks. Biar cepat sembuh, digunakanlah cara paripurna ini,” kata Heriawan menekankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jelang Ramadan, BPOM Didesak Jalankan Sidak

Jelang Ramadan, BPOM Didesak Jalankan Sidak

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PPP Okky Asokawati mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meningkatkan pengawasan dan segera melakukan sidak terhadap makanan serta minuman menjelang pelaksanaan ibadah Ramadan. "Menyegerakan sidak untuk memastikan saat memasuki Ramadhan seluruh makanan dan minuman aman dan sehat," katanya dalam pernyataan pers di Jakarta, Rabu (11/6/2014). Dia menyatakan, peningkatan pengawasan dan sidak tersebut akan memberi dampak yang positif bagi masyarakat maupun para pedagang. Dengan sidak, masyarakat dapat memastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehat. Sedangkan bagi pedagang, sidak tersebut tentu menjamin barang yang didagangkan tidak bermasalah untuk dikonsumsi. Selama ini, kata mantan perawagati itu, sidak justru dilakukan saat ibadah puasa. Tentu langkah tersebut memberi dampak yang tidak nyaman bagi masyarakat. "Sikap was-was dan tidak tenang dalam menjalankan ibadah puasa tentu akan muncul. Adapun bagi pedagang, tentu akan mengganggu omzet penjualan di bulan Ramadhan," katanya. Di samping itu, kata legislator yang kembali terpilih untuk periode 2014-2019 ini, upaya BPOM melakukan pengawasan terhadap penjualan di media online ten [...]

4 Manfaat Detoks Digital

4 Manfaat Detoks Digital

Detoks yang selama ini kita kenal mengarah pada mengonsumsi sayuran dan buah-buahan guna mengeluarkan semua racun yang ada di tubuh kita. Tapi, pernahkah kita mendengar tentang detoks digital?Detoks digital adalah suatu kondisi di mana kita mematikan semua perangkat gawai baik itu ponsel, komputer, tablet, pemutar musik, maupun televisi dalam jangka waktu yang lama agar kita mampu menemukan hal-hal lain yang dapat dilakukan di kehidupan ini.Seperti kita tahu bahwa kehidupan saat ini dikelilingi oleh beragam jenis perangkat elektronik canggih yang membuat kita menghabiskan setengah dari hidup dalam sehari untuk berkutat dengan barang-barang tersebut. Biasanya, digunakan untuk bekerja dan bersosialisasi di jejaring sosial. Maka itu, penting bagi kita untuk sesekali melakukan detoks digital ini.Apa saja manfaatnya? Berikut keuntungan yang akan kita dapatkan saat melakukan detoks digital, seperti dikutip dari Health Me Up, Kamis (4/9/2014) 1. Memiliki waktu pribadi lebih lamaMenjauh sejenak dari segala perangkat elektronik yang kita miliki, membuat kualitas hidup kita mengalami peningkatan. Sebab kita akan mendapatkan waktu pribadi dan istirahat lebih lama, tanpa harus diganggu [...]

Hemofilia akan Masuk dalam Program JKN

Hemofilia akan Masuk dalam Program JKN

Penyakit hemofilia merupakan salah satu jenis penyakit yang biaya pengobatan terbilang mahal. Namun, di era BPJS, keluarga penyandang hemofilia tak perlu mencemaskan hal ini. Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, MSC, PhD mengatakan, pemerintah akan membantu para penyandang hemofilia dengan memasukan ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). "Kita menginginkan tidak hanya memikirkan bagaimana pencegahan hemofilia, tapi juga penanganan, treatment, bahkan dalam rehabilitasi. Sehingga nantinya, hidup pasien tidak hanya normal, melainkan produktif," kata Ali Ghufron dalam Kongres Nasional Hemofilia 2014 di Bandung, Jawa Barat, seperti ditulis Minggu (23/3/2014). Wamenkes menjelaskan bahwa pembiayaan pengobatan penyakit ini dikatakan bervariasi, karena tergantung jenis dan kondisinya. Apalagi bila terdapat komplikasi, maka biaya akan lebih mahal. Hemofilia merupakan kelainan perdarahan langka yang menyebabkan penderitanya mengalami perdarahan yang sulit berhenti ketika terluka. Penyakit ini dimulai dengan terjadinya pendarahan internal dalam sendi, otot dan jaringan lainnya yang menyebabkan sakit parah atau kerusakan pada sendi [...]

10 Persiapan Tes MRI Yang Jarang Diberitahu Dokter

10 Persiapan Tes MRI Yang Jarang Diberitahu Dokter

Penggunaan teknologi MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan organ di dalam tubuh bisa membantu dokter melakukan diagnosa lebih cepat. Namun, sebelum melakukan tes MRI, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan siapkan dan mungkin dokter tidak menyebutkannya, seperti: 1. Suara MRI bising dan sangat keras. Seperti ditulis laman Everydayhealth, Jumat (7/3/2014), bila perlu bawa penutup telinga sebelum Anda masuk ke tabung MRI. Karena sebagian anak-anak dan dewasa bisa takut dengan suara bising selama tes. 2. Pastikan buang air kecil sebelum tes Meskipun waktu pemeriksaan sederhana sesuai prosedur hanya 15 menit, namun tes ini bisa memakan waktu lama hingga 90 menit. Jadi lebih baik persiapkan diri untuk buang air kecil atau menyiapkan cemilan sebelum melakukan tes. 3. Minta penutup mata Rasa takut bisa saja membuat Anda cemas ketika berada dalam MRI. Untuk membantu menguranginya, minta petugas untuk menyediakan penutup mata sebelum masuk MRI. Tipsnya, cobalah untuk memikirkan hal-hal lucu, orang sekitar atau hewan peliharaan yang Anda cintai. Jika tidak mempan, beberapa orang minum obat anti-kecemasan sebelum MRI. 4. Jangan gunakan perhiasan [...]

Indonesia Belum Bisa Terapkan Toilet Transgender

Indonesia Belum Bisa Terapkan Toilet Transgender

Thailand menjadi salah satu negara yang begitu terbuka menerima kehadiran kaum waria dan transgender. Ini terlihat, sudah ada toilet yang dikhususkan bagi kaum tersebut. Bagaimana di Indonesia, apakah dapat dilakukan hal serupa?Menurut Hakim Konstitusi, Maria farida Indrati, S, di Indonesia masih belum bisa diperlakukan seperti di Thailand, dengan menyediakan toilet khusus bagi jenis kelamin 'others'. Sebab, itu akan membuat kaum tersebut semakin terpojok."Di Indonesia belum bisa diberlakukan seperti itu. Justru kasihan mereka kalau ada toilet khusus. Orang kita belum menerima perbedaan mencolok itu," kata Maria Farida dalam acara 'Diskusi Buku: Sesuai Kata Hati, Wacana Klasik Kehidupan Waria' di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, belum lama ini.Untuk itu, yang harus dilakukan oleh para waria tersebut atau para transjender adalah pergunakan toilet sesuai keinginan hati. Bila memang menganggap diri wanita seutuhnya, maka masuklah ke toilet wanita, Senin (3/3/2014). Justru yang harus diberi pengertian adalah para wanitanya, untuk menerima kehadiran para waria dan transjender tersebut. Kalau yang transjender dari wanita ke pria, masuklah ke toilet pria, dan diharapkan para pria [...]

Kadinkes DKI akan Tegur 5 RS yang Tolak Pasien KJS

Kadinkes DKI akan Tegur 5 RS yang Tolak Pasien KJS

Seorang bayi berusia 11 bulan, Muhammd Fauzan Saputra, yang menderita radang otak ditolak oleh 5 rumah sakit (RS) di Jakarta dengan alasan ruang rawat yang penuh. Kelima rumah sakit itu adalah RS Taruna, RS Tarakan, RS Harapan Kita, RS Pelni dan RS Hermina Jatinegara. Karena itu, Fauzan terpaksa dirawat di RS Royal Taruma yang tidak terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan pemerintah selama lebih dari sepekan. Akibatnya, biaya rumah sakit yang dikeluarkan oleh orangtua Fauzan yang hanya seorang penjual bubur ayam Rp 17 juta di RS tersebut. Melihat fakta tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dien Emmawati mengatakan pihaknya akan segera memberi teguran kepada 5 rumah sakit yang menolak pasien peserta Kartu Jakarta Sehat (KJS). "RS nanti kita akan tegur. Artinya RS tidak boleh menginformasikan ke pasien untuk mencari RS sendiri. Dia bisa telepon 119, dia (RS) bisa kontak saya, dia bisa kontak Kadis-nya. Harus itu. Ini memang yang masih tidak benar," ujar Dien usai mengunjungi Fauzan di RS Tarakan di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (9/5/2014). Selain itu, Pemprov DKI dalam hal ini Dinkes juga akan mengganti biaya pengobatan Fauzan yang membengkak selama berobat di RS Royal Tar [...]

Hati-hati, Anemia Intai Ibu Hamil!

Hati-hati, Anemia Intai Ibu Hamil!

Tak sedikit ibu hamil menganggap anemia sebagai hal yang wajar. Padahal, anemia merupakan gangguan serius dan harus diwaspadai, terlebih di masa kehamilan. Lantas, bagaimana cara wanita hamil menghindari anemia?Sebelumnya, para ibu hamil harus mengetahui terlebih dulu apa itu anemia. Selama ini, banyak ibu hamil salah kaprah dan menganggap bahwa anemia terjadi karena tekanan darah, padahal ini terjadi karena kurangnya sel darah merah."Tekanan darah rendah sewaktu hamil itu wajar. Ibu nggak perlu takut. Justru kalau tekanan tinggi baru takut, karena itu berbahaya dan berisiko," kata DR. Dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K) dari Departeneb Obstetri Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI) RSCM dalam acara `Nutri Talk: Membangun Landasan Bagi Kesehatan Masa Depan` di Kembang Goela, Sudirman, Jakarta, ditulis Rabu (29/1/2014)Menurut Dwiana, sel darah merah berfungsi membawa energi dan oksigen, yang mampu membuat otot lebih berenergi. Selain itu, kontraksi akan dirasa bagus, serta si jabang bayi bisa lahir dengan cepat.Ketika sel darah merah terpenuhi, lanjut Dwiana, maka kehamilan akan berjalan lancar sampai waktu persalinan itu tiba.Demi melancarkan prosesnya itu, para [...]

Tak Cuma Lezat, Mangga Juga Bisa Lawan Kanker Payudara

Tak Cuma Lezat, Mangga Juga Bisa Lawan Kanker Payudara

Meski belum diketahui dengan pasti penyebab kanker, beberapa studi menunjukkan bahwa makanan yang dimakan berperan melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker. "Bahkan diperkirakan sekitar 30% kanker dapat dicegah dengan diet dan gaya hidup sehat," tutur peneliti Dr Susanne Talcott seperti dikutip This Day Live, Kamis (17/7/2014). Betapa beruntungnya kita karena tinggal negeri tropis kaya buah. Selain kaya vitamin mengonsumsi manggaa yang banyak ditemukan di Indonesiaa membantu mencegah keganasan sel kanker payudara. Hal ini diketahui lewat penelitian yang dilakukan Dr Susanne Talcott dan rekan-rekannya dari Texas A&M University. Lewat penelitian ini diketahui bahwa mangga mengandung senyawa polifenol dalam buah ini memiliki efek antiinflamasi serta antioksidan yang dapat mencegah timbulnya penyakit kronis. Dalam uji coba terhadap tikus, polifenol mangga menekan pertumbuhan tumor kanker payudara yang berasal dari tubuh manusia. Kandungan polifenol buah mangga mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara sebesar 90%. Selain kandungan polifenolnya, mangga kaya nutrisi yang juga baik untuk tubuh. "Mangga juga kaya Vitamin A, Vitamin B6, Viamin C, Vitamin E, flavonoid sert [...]

Pria pun Gemar Bersolek

Pria pun Gemar Bersolek

Sejak David Beckham dan Brad Pitt didaulat sebagai ikon gaya hidup, sejumlah spa dan tempat perawatan kecantikan yang seharusnya dipenuhi oleh kaum wanita, justru kini didominasi oleh pria. Dari suatu penelitian yang dilakukan pekan lalu, diketahui bahwa satu dari orang tiga pria merasa nyaman dan menikmati betul perawatan kecantikan yang mereka lakukan, setidaknya satu kali dalam sebulan.Perawatan yang dilakukan para pria itu beragam; 41 persen pria melakukan pencukuran jenggot, dan 33 persen pria memilih untuk dipijat, dan satu dari sepuluh pria memilih waxing.Ketika situs Last Minute dot com melakukan tanya jawab terhadap sejumlah pria, secara terbuka mereka mengatakan melakukan perawatan sudah menjadi bagian dari hidupnya. Empat belas persen pria, mengatakan, akan melakukan perawatan tubuh ketika aka melangsungkan wawancara kerja.Dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (25/11/2014), pria asal Birmingham adalah sosok yang paling bangga terhadap penampilan mereka. [...]

Flu Burung Serang Tiga Kelurahan di Jambi

Flu Burung Serang Tiga Kelurahan di Jambi

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi kembali menemukan kasus puluhan ayam mati mendadak akibat serangan virus flu burung. Serangan flu burung diketahui sudah menyebar di tiga kelurahan di daerah ini.Hal ini diketahui setelah Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Batanghari mendapatkan laporan dari warga. Tidak menunggu lama, tim disnakan setempat langsung bergerak melakukan cek lapangan. Dari pengecekan itu, puluhan ayam yang mati positif flu burung."Awalnya, kami mendapatkan laporan warga Pasar Baru, Kecamatan Muara Bulian. Setelah dilakukan pengecekkan, kami memastikan ayam warga tersebut terinfeksi flu burung," Kata Kepala Disnakan Batanghari, Hayatul Islami di Jambi, Rabu 19 November 2014.Menurut dia, temuan unggas yang mati tersebut cukup banyak yakni mencapai 40 ekor. Setelah dipastikan terjangkit flu burung, pihak dinas bersama warga pemilik ayam langsung memusnahkan ayam tersebut.Hayatul menyebutkan, sejauh ini, kasus flu burung di Batanghari sudah ditemukan di tiga kelurahan. Diantaranya, ada di Kelurahan Pasar Baru, Kelurahan Muara Bulian dan Kelurahan Sridadi.Terkait temuan flu burung ini, ia menyatakan, pihaknya sudah melaku [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *