Penelitian Ilmuwan RSCM demi Tingkatkan Mutu Hidup Pasien

065050100_1417688175-riset.JPG

Penelitian telah menjadi barang wajib di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), termasuk penelitian yang berkaitan dengan pengobatan secara menyeluruh (Paripurna) bagi para pasien lanjut usia. Dengan penatalaksanaan semacam ini, prosedur pengobatan pun menjadi sederhana.

Dr. dr. Czeresna Heriawan S, SpPD(K), menceritakan bahwa sebelum 1996, sembilan puluh persen pasien usia lanjut kerap mengidap lebih dari satu penyakit, yang membuat dia harus bertemu dengan lebih dari satu orang dokter. Ada yang mengidap empat macam penyakit, dan ada pula yang lebih dari itu. Belum lagi ditambah dengan penyakit penyerta lainnya.

“Misalnya, ada yang mengidap penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan regenerasi dengan penyakit penyerta jantung koroner. Karena dulu belum ada paripurna, mau tak mau pasien harus menemui satu per satu dokter sesuai dengan jenis penyakitnya,” kata dia di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Kamis (4/12/2014)

Beban lain yang harus diderita oleh para pasien adalah harus mengonsumsi lebih dari satu macam obat. “Taruhlah satu penyakit obatnya tiga macam, secara otomatis dia harus makan 12 obat,” kata Heriawan menambahkan.

Kondisi semacam ini sudah jelas sangat membahayakan diri dari pasien tersebut, plus risiko keracunan obat yang harus mereka tanggung.

“Belum soal efek samping dari obat-obatan yang mereka minum, lan berbahaya sekali,” kata dia.

Melihat kondisi memprihatinkan ini, sejumlah dokter mencari cara bagaimana menyerderhanakan pengobatan bagi pasien usia lanjut. Setelah dibahas secara bersama-sama, disepakati kalau para dokter dari masing-masing penyakit yang diidap oleh pasien tersebut harus ‘duduk bareng’ untuk menentukan pengobatan yang tepat bagi pasien.

Menurut Heriawan, dengan cara seperti ini para dokter saling mengetahui jenis obat apa yang harus diberikan kepada mereka. “Dengan duduk bersama-sama, apa pun yang mereka tahu harus saling memberikan rekomendasi, dan harus dikemukakan bersama dengan keputusan yang diambil secara bersama-sama pula,” kata dia.

Intinya, lanjut Heriawan, para dokter jadi mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasien.

“Dengan cara seperti itu juga, mereka juga akan secara bersa-sama memutuskan makanan dan minuman apa yang cocok untuk dikonsumsi, aktivitas fisik apa yang harus dilakukan, dan juga psikososial si pasien harus bagaimana,” kata Heriawan.

Ada pun efek dari tindakan semacam ini, lanjut Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), adalah mampu memperpendek lama perawatan di rumah sakit.

“Dari 14 hari menjadi 11 hari. Berkurang tiga hari saja sudah memberikan kelangsungan hidup yang baik bagi pasien,” kata dia.

Lebih lanjut Heriawan menjelaskan, cara berdiskusi semacam ini benar-benar mendatangkan manfaat yang baik bagi pasien, apalagi bagi pasien yang mengidap 10 macam penyakit.

“Kalau yang sepuluh, waktunya itu nggak cukup dan berantakan. Senin ke Poliklinik kencing manis, Selasa, Rabu sampai Sabtu ke poliklinik lainnya. Itu baru 6, nanti dilanjut lagi di hari Senin,” kata Heriawan.

Akhirnya, karena mendatangkan banyak manfaat bagi pasien usia lanjut, tindakan paripurna masih berlangsung hingga sekarang, dan diperuntukkan khusus bagi orang tua.

“Karena memang pada orang tua penyakitnya itu lebih kompleks. Biar cepat sembuh, digunakanlah cara paripurna ini,” kata Heriawan menekankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Cara Mudah Hadapi Sakit Tenggorokan

6 Cara Mudah Hadapi Sakit Tenggorokan

Hati-hati jangan sampai mengalami sakit tenggorakan di musim hujan ini. Sebab, sakit tenggorokan bisa menjadi tanda pertama influenza, efek samping dari pita suara yang menegang, atau indikasi penyakit yang lebih serius (seperti radang tenggorokan). Terlepas dari penyebabnya, saat serangan nyeri menyerang segera obati tenggorakan Anda. Mungkin Anda ingin segera buru-buru pergi ke dokter, tapi Anda juga bisa mengobatinya di rumah. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari health.com, Kamis (13/11/2014): 1. Kumur dengan Air Garam Beberapa studi telah menemukan bahwa berkumur dengan air garam yang hangat selama beberapa kali dalam sehari, dapat membantu mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan melonggarkan lendir. Air garam ini juga cocok untuk mengatasi iritasi akibat bakteri. Umumnya, dokter akan merekomendasikan untuk melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Jika rasa asin tidak begitu membuat Anda nyaman, coba tambahkan sedikit madu untuk mempermanis campuran. Ingatlah untuk buang air asin tersebut, jangan ditelan! 2. Minum Obat Batuk Jenis Sirup Obat batuk akan membantu mengobati tenggorokan Anda bahkan ketika An [...]

Pelawak, Tipe Pribadi Kreatif Tapi seperti Terganggu Jiwanya

Pelawak, Tipe Pribadi Kreatif Tapi seperti Terganggu Jiwanya

Tuntutan untuk selalu bisa menghibur penonton membuat para pelawak dan komedian harus banyak akal. Peneliti dari Universitas Oxford Berkshire Healthcare NHS Foundation bahkan menyebutkan bahwa seorang komedian memiliki tipe kepribadian dengan tingkat kreativitas yang tinggi. Seperti dikutip laman BBC, Senin (27/1/2014), peneliti menemukan unsur-unsur kreatif pada komedian sangat mirip dengan orang psikosis (gangguan jiwa).Peneliti yang mempelajari 523 komedian (404 pria dan 119 wanita) dari Inggris, Amerika Serikat dan Australia ini diminta untuk mengisi kuesioner yang dirancang untuk mengukur ciri-ciri gangguan kejiwaan pada orang sehat.Empat aspek yang diukur termasuk Unusual experiences (kepercayaan telepati dan peristiwa paranormal), Cognitive disorganisation (kesulitan memfokuskan pikiran), Introvertive anhedonia ( ketidakmampuan terhadap hubungan intim), dan Impulsive non-conformity (perilaku antisosial).Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa komedian secara signifikan memiliki skor sangat tinggi untuk ciri-ciri kepribadian ekstrovert dan introvert. Para peneliti percaya bahwa kepribadian inilah yang menunjukkan kemampuan komedian untuk menghibur.Profesor Gordon Claridge da [...]

Ibu Hamil 9 Bulan Derita Kaki Gajah

Ibu Hamil 9 Bulan Derita Kaki Gajah

PeduliSehat.info, Pandeglang Seorang ibu hamil bernama Suhartini, warga kampung Kaduguling, Desa Medong, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang mengalami penyakit kaki gajah yang menahun. Sudah empat tahun lebih penyakit kaki gajah dideritanya. Suhartini mengira penyakit ini hanya penyakit biasa yang mudah disembuhkan."Saya sudah temuin seluruh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas, sudah ke dokter, dan sudah beberapa kali ke rumah sakit. Kata dokter cuma darah tinggi. Tapi kenapa hanya satu kaki yang bengkak, nggak sembuh-sembuh," kata Suhartini di Pandeglang.Entah karena lupa atau memang tidak tahu, para pasangan cawapres yang sudah pernah datang ke Banten, seperti Hatta Rajasa dan JK tidak mengetahui adanya Ibu-ibu pengidap kaki gajah yang kini sedang dalam kondisi hamil 9 bulan."Cuma rawat di rumah ala kadarnya. Kami sudah kehilangan harapan dengan keterbatasan biaya," terang Juhra, suami dari suhartini yang mendampingi sang istri.Suhartini bersama sang suami, Juhra, sudah berusaha untuk menyembuhkan penyakit itu. Seluruh tenaga kesehatan yang ada di tingkat desa sampai kabupaten sudah di datangi. Namun hasilnya nihil.Bahkan Suhartini sudah berulangkali mendatangi RSUD Berkah [...]

Pesan Singkat Dikirimkan untuk Cegah Penyebaran MERS-CoV

Pesan Singkat Dikirimkan untuk Cegah Penyebaran MERS-CoV

PeduliSehat.info, Jeddah Pemerintah Arab Saudi terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk mencegah terjadinya penyebaran virus MERS-CoV di kalangan masyarakat. Apalagi, virus berjenis RNA ini telah menginfeksi lebih dari 500 orang di sana.Melalui Kementerian Kesehatan, pemerintah meluncurkan sebuah kampanye dengan mengirimkan ribuan pesan singkat setiap hari. Bekerjasama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pesan singkat tersebut berisikan informasi penting terkini tentang cara untuk dapat memerangi virus mematikan."Kami membutuhkan bantuan semua orang dalam melaksanakan tindakan pencegahan sederhana, untuk mencegah terjadinya penyebaran virus mematikan ini," kata Menteri Kesehatan Arab Saudi, Adel Fakeih, seperti dikutip Arab News, Jumat (23/5/2014)Kementerian Kesehatan telah melaporkan tujuh kasus baru, dan satu kematian diduga akibat korona virus. Itu berarti, jumlah korban yang meninggal sejak September 2012 menjadi 117 orang. Termasuk di dalamnya, kasus terbaru yang korbannya adalah empat orang pria. [...]

Penyakit yang Memburu Anak Muda Zaman Sekarang, Waspadalah

Penyakit yang Memburu Anak Muda Zaman Sekarang, Waspadalah

Penyakit jantung tak hanya menyerang mereka yang sudah berusia tua. Sekarang, orang muda usia di bawah 40 tahun, juga banyak yang terserang pembunuh nomor satu di dunia ini. Dr. dr. Anwar Santoso, SpJP(K), FIHAM, FACC menyebutkan, gaya hidup anak muda sekarang berbeda sekali dengan anak muda zaman dahulu. Faktor risiko seperti merokok, meningkatnya gangguan kolesterol, tekanan darah yang meninggi diderita oleh banyak anak muda zaman sekarang. "Data-data dari riset kesehatan dasar (Riskesdas) menunjukan bahwa banyak anak muda terserang gangguan ini. Kita lihat di sejumlah rumah sakit pun, justru banyak orang muda yang menderita penyakit jantung," kata Anwar dalam acara menyambut Hari Jantung Sedunia 2014 `Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak untuk Mencegah dan Mengendalikan Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah` di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, Selasa (7/10/2014) Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), prihatin dengan kondisi seperti ini sekaligus menjadi perhatian serta keprihatinan bersama sebagai anggota profesi, yang bekerjasama dengan masyarakat. "Karena PERKI sendiri memiliki kerjasama yang erat dengan Yaya [...]

Telur Rebus Setengah Matang Lebih Sehat

Telur Rebus Setengah Matang Lebih Sehat

Dari dulu, telur dianggap sebagai langkah tepat memulai hari alias sarapan. Selain kaya nutrisi penting seperti protein, riboflavin dan selenium, telur juga mudah diolah dalam berbagai cara. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi telur setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol. Faktanya, kuning telur memiliki kandungan lesitin, yang efektif menekan kadar kolesterol. Satu telur mungkin berisi 186 miligram kolesterol, namun tidak perlu khawatir jika mengonsumsinya secara teratur. Masalahnya, konsumsi telur seperti apa yang menyehatkan? Boldsky, Sabtu (16/8/2014) mengungkapkan bahwa telur rebus setengah matang lah yang paling menyehatkan. Beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa kuning telur rebus setengah matang memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Mengonsumsi telur setengah matang dipercaya mengurangi risiko kontaminasi makanan akibat bakteri salmonella. Meski sehat, para ahli kesehatan tidak menganjurkan wanita hamil dan orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah untuk sering mengonsumsi telur setengah matang karena nutrisi pada orang tersebut harus lebih banyak. Asosiasi Jantung AS (American Heart Association) menimpali, telur rebus memiliki 6,3 p [...]

12 Strategi Hadapi Penyakit Hewan yang Menular ke Manusia

12 Strategi Hadapi Penyakit Hewan yang Menular ke Manusia

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali menyiapkan 12 strategi penanganan penyakit hewan kepada manusia atau "zoonosis" untuk jangka menengah dan panjang. "Kami mengutamakan 12 strategi tersebut untuk upaya preventif sehingga tidak terjadi penularan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali drh Nata Kesuma di Denpasar, Senin seperti didikutip dari Antara, Senin (16/6/2014). Ia menyebutkan 12 strategi penanganan penyakit tersebut adalah dengan meningkatkan upaya pengendalian "zoonosis" dan penguatan koordinasi lintas sektor dalam membangun sistem tersebut. "Yang terpenting perlu adanya sinkronisasi, pembinaan, pengawasan, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan," ujarnya. Nata Kusuma menambahkan bahwa strategi lain adalah pengendalian penyakit dengan melakukan survei, melakukan identifikasi, dan eleminasi apabila diperlukan. Selain itu, pihaknya juga melakukan osialisasi kepada masyarakat untuk mencegah apabila terjadi penularan zoonosis dilingkungan tersebut. "Kami juga melakukan strategi penguatan SDM untuk menangani hal tersebut. Kemudian logistik, penelitian dan pemberdayaan masy [...]

Jangan Lakukan Ini Bila Kulit Berminyak dan Berjerawat

Jangan Lakukan Ini Bila Kulit Berminyak dan Berjerawat

Bukan salah Anda jika memiliki kulit berminyak. Meski kulit berminyak rentan berjerawat dan iritasi, namun cara mencuci muka yang benar dapat meminimalisasinya. Seperti dikutip Healthmeup, Jumat (21/11/2014) simak ulasannya apa yang boleh dikakukan dan tidak boleh dilakukan pada kulit berminyak: Jangan lakukan 1. Jangan memencet jerawat Apabila kulit berjerawat dan cenderung berminyak, jangan sekali-kali menekan jerawat. Kulit yangan yang kotor malah akan memperburuk kondisi jerawat dan menyebabkan iritasi kulit. 2. Jangan gunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak. Gunakan hanya asam salisilat dan berbahan air agar kulit tetap lembut.3. Jangan lupakan pelembap (sunblock) Mitos, bila ada yang bilang kalau kulit berjerawat tidak perlu pelembap. Tipsnya, pilihlah pelembab bebas minyak atau berbahan gel atau serum.4. Jangan sering mencuci wajahMencuci wajah Anda terlalu sering akan mengakibatkan iritasi kulit dan membuat kulit Anda lebih rentan rusak. Cuci wajah Anda tiga kali sehari dan gunakan kertas penyerap minyak ekstra.Lakukan1. Gunakan pembersih wajah berbahan Asam Salisilat dan produk Non-Comedogenic. Asam salisilat akan mengurangi kemerahan dan peradangan sedangkan p [...]

Sulit Tidur? Coba Teknik Pernapasan Ini

Sulit Tidur? Coba Teknik Pernapasan Ini

Insomnia atau sulit tidur menetap (persistent insomnia) yang paling sering menimpa seseorang di usia senja biasanya terjadi karena kenaikan berat badan yang mengganggu regulasi tubuh dari gula darah. Maka itu, gangguan tidur ini juga sering dikaitkan dengan peningkatkan risiko diabetes tipe 2. Seperti disampaikan Profesor kedokteran di University of Arizona, Andrew Weil, MD bahwa kurang tidur bagi lanjut usia dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan meningkatkan stres yang memicu tingginya tekanan darah sehingga berisiko memiliki penyakit kronis. Dengan kata lain, masalah sulit tidur ini harus segera diatasi.Untuk tidur yang lebih baik, Andrew menyarankan teknik relaksasi dengan latihan bernafas sebelum Anda tidur malam ini, seperti dikutip Prevention, Senin (8/9/2014) berikut ini:1. Buang napas melalui mulut Anda. 2. Tutup mulut dan tarik napas melalui hidung sampai hitungan ke-4 3. Tahan napas selama 7 hitungan. 4. Buang napas selama 8 hitungan. 5. Ulangi urutan tersebut sampai 3 kali. Semoga teknik pernapasan untuk menghilangkan insomnia atau sulit tidur ini dapat diterapkan di keluarga terdekat. [...]

Mahasiswi Kedokteran Lelang Keperawanan Rp 4 Miliar

Mahasiswi Kedokteran Lelang Keperawanan Rp 4 Miliar

Kaum perempuan akan memilih pria yang tepat untuk melepas keperawanannya. Tapi, Elizabeth Raine (27) seorang mahasiswi kedokteran di Amerika Serikat rela melelang keperawanannya secara online demi mendapatkan US$ 400 ribu (Rp 4 miliar). Menurutnya, cara itu yang bisa membuatnya mendapatkan uang dengan cepat. Ia pun sudah memulai membuat blog, Musings of a Virgin Whore, beberapa bulan lalu."Saya tak memiliki ikatan emosional apapun dengan keperawanan saya dan tak pernah memilikinya, sehingga saya begitu mudah melakukannya," kata Raine kepada MailOnline, Kamis (20/3/2014).Raine bisa memahami beberapa wanita menganggap kehilangan keperawanannya merupakan momen yang penting dalam hidupnya. Tapi, baginya tindakan fisik tersebut tak lebih dari sebuah transaksi bisnis."Seks adalah seks," katanya.Raine belum pernah melakukan hubungan seks dalam bentuk apapun, termasuk membiarkan seorang pria melihatnya telanjang. "Saya sudah berkencan tapi tak lebih dari dua atau tiga bulan dan tak pernah memiliki pacar karena saya tak pernah memiliki perasaan yang kuat kepada siapapun dan kepada siapa saja yang membuat saya berpikir seks lebih dari tindakan fisik," kata Raine.Raine mengakui dirinya menyuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *