Penelitian Terbaru Bagi Penderita Hemophilia B

Hemophilia_B.jpg

Penelitian terbaru kerjasama para peneliti di Inggris dan Amerika menemukan hasil yang sangat menjanjikan bagi penderita hemophilia.

Hemophilia merupakan keadaan dimana tubuh seseorang mengalami cacat genetika pada kromosom X atau autosom mereka yang menyebabkan kekurangan faktor 8, 9 dan 11 dalam pembekuan darah. Sehingga proses pembekuan darah penderita tidak secepat manusia normal lainnya apabila terluka.

Bahkan untuk beberapa penderita hemophilia berat bisa mengalami pendarahan tiba-tiba yang apabila tidak segera dihentikan, dapat berakibat fatal hingga kematian.

Umumnya penderita hemophilia terjadi karena kerusakan kromosom X dalam gen. Dan karena pria hanya memiliki satu kromosom X dalam tubuhnya, menjadikan mereka sebagai mayoritas penderita berdasarkan keturunan. Meskipun umumnya penderita disebabkan oleh keturunan, namun ternyata 30% hemophilia didunia juga terjadi begitu saja tanpa diketahui sebabnya.

Hingga kini, pengobatan yang biasa diberikan kepada penderita hanyalah melalui suntikan tambahan faktor 8 atau transfusi rutin kriopresipitat-AHF bagi penderita Hemophilia A, tambahan faktor 9 atau transfusi plasma beku segar bagi penderita Hemophilia B dan tambahan suntikan faktor 11 bagi penderita Hemophilia C, minimal 2 kali dalam sebulan dengan biaya yang relatif besar. Selain memberikan beban biaya kepada penderita, pengobatan ini terbilang tidak menyenangkan bagi penderita karena harus melalui rasa tidak nyaman dan nyeri.

Untuk itu, hasil penelitian yang dipublikasikan New England Journal of Medicine dalam menunjukkan keberhasilan para peneliti meningkatkan faktor 9 pada penderita hemophilia B, memberikan janji tersendiri dalam pengobatan hemophilia.

Penelitian ini dilakukan dengan cara memasukkan virus adeno modifikasi kedalam tubuh penderita untuk menginfeksi sel hati sehingga mampu menghasilkan protein pembeku darah. Dari pemberian virus ini, terlehat kenaikan level faktor 9 pasien yang biasanya hanya sebanyak 1% dari jumlah pada manusia normal, dapat meningkat menjadi 2% hanya dengan dosis terendah selama 16 bulan. Bahkan penderita yang menerima dosis tertinggi, mampu memiliki 8% hingga 12% dalam 5 bulan.

Dimana hal tersebut merupakan peningkatan yang sangat berguna bagi penderita dalam menjalani kehidupan keseharian mereka seperti tidak perlu khawatir akan luka kecil akibat bercukur ataupun saat berolahraga. Kecuali apabila mereka mengalami kecelakaan besar seperti tabrakan, kejatuhan benda berat dan operasi.

Meskipun penelitian ini masih merupakan hal yang memerlukan perkembangan lebih lanjut, terlebih dalam melihat efek samping yang dapat muncul dikemudian harinya namun hasil dari penelitian ini sangat memuaskan para penderita hemophilia B dan komunitas peduli hemophilia. Dengan demikian diharapkan proses penyuntikan rutin yang harus mereka jalani dapat tergantikan.[](E)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Risiko Kesehatan dan Efek Samping Dari Terapi Pijat

Risiko Kesehatan dan Efek Samping Dari Terapi Pijat

Pijat dipercaya bisa memberikan manfaat fisik dan emosional. Mulai dari meredakan cedera otot hingga mengurangi stres dan cemas. Namun, terapi pijat juga memiliki efek samping yang berisiko pada kesehatan.Dikutip dari Live Strong, pijat pada umumnya aman. Tetapi bisa menimbulkan risiko pada sebagian orang. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dulu terutama, jika Anda sedang hamil atau mengalami pembekuan darah. Selain berkonsultasi, simak pula beberapa risiko dan efek samping terapi pijat.1. Rasa SakitBeberapa jenis teknik pijat bisa menimbulkan rasa nyeri sehari setelah melakukan pemijatan. Teknik pijat melibatkan berbagai tekanan, baik lembut dan kuat. Biasanya teknik itu bertujuan untuk mengobati luka atau jaringan otot. Pijat seharusnya tidak menyakitkan, terlepas dari apapun teknik pijatannya. Jika saat dipijat Anda merasakan sakit, sebaiknya segera beritahu terapis agar ia dapat memberikan tekanan yang bisa ditolerir oleh tubuh.2. AlergiSaat melakukan pijat, banyak terapis yang memadukannya dengan minyak pijat, lotion atau minyak aromaterapi yang ternyata bisa memicu reaksi alergi. Hal ini bisa diatasi dengan mencoba terlebih dulu minyak pijat pada [...]

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Tips Menghindari Kanker. Kanker adalah kata yang sungguh menakutkan. Begitu mendengar kata itu yang terbayang adalah kematian, umur yang pendek, penderitaan panjang, tabungan terkuras habis. Kalau memang menakutkan, apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya? Bagaimana cara pencegahannya? Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #1 1. Hentikan Tembakau Risiko terkena kanker paru-paru meningkat 23 kali pada laki-laki dan 13 kali pada wanita yang merokok. Tembakau meningkatkan risiko kanker mulut, bibir, pankreas, pita suara, cerviks, kandung kemih dan ginjal. Terbukti bila para perokok berhenti merokok dalam sehari maka risiko untuk terkena kanker dapat hilang. Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #2 2. Kurangi Paparan Sinar Matahari Bila Anda berkulit putih, dan saat terkena matahari kulit Anda mudah terbakar menunjukkan bahwa kandungan melanin di kulit Anda sedikit. Kulit terbakar ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit jenis melanoma. Melanoma carcinoma (Kanker kulit) Beberapa tips penting yang perlu diingat adalah hindari paparan sinar matahari pukul 10.00?15.00, gunakan baju yang menutupi daerah yang akan terpapar sinar matahari, gunakan kacamata hitam [...]

Obat Migren Botox Belum Memiliki Bukti Berkhasiat

Obat Migren Botox Belum Memiliki Bukti Berkhasiat

Obat anti-kerut "Botox" sepertinya tidak akan direkomendasikan untuk pengobatan migren kronis pada National Health Service (NHS) di Inggris dan Wales, kata pengawas badan obat-obatan itu. The National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE) telah menerbitkan suatu rancangan panduan yang mengatakan tidak ada cukup bukti untuk pengobatan tersebut. NICE menginginkan produsen produk ?Botox?, Allergan, untuk memberikan data yang lebih baik sebelum NICE membuat keputusan akhir di bulan Juni tahun ini. The Migraine Trust mengatakan keputusan itu mengecewakan. Migren adalah sakit kepala parah, yang sering disertai mual dan muntah. Migrain yang kronis didefinisikan sebagai sakit kepala yang terjadi setidaknya 15 hari dalam sebulan, delapan diantaranya pasti migren. Pada bulan Juli 2010, Botox telah disetujui sebagai pengobatan pencegahan untuk migrain kronis di Inggris oleh Badan Regulasi Obat-obatan dan Produk-produk Kesehatan. NICE memutuskan, apakah injeksi harus ditawarkan melalui NHS di Inggris dan Wales. ?Botox? disuntikkan ke setidaknya 31 titik di sekitar kepala dan leher setiap 12 minggu sekali. Namun, tentang bagaimana cara kerja racun saraf yang mungkin mencegah migra [...]

8 Hal yang Mempengaruhi Tidur Jadi Tidak Nyenyak

8 Hal yang Mempengaruhi Tidur Jadi Tidak Nyenyak

Mendapatkan tidur yang berkualitas tentu didambakan oleh setiap orang. Namun, masalahnya untuk bisa tidur lelap dan nyenyak terkadang sulit mendapatkannya. Bisa jadi, Anda sulit tidur karena melakukan beberapa hal berikut ini. Menurut artikel yang dilansir oleh Divine Caroline, berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan sebelum tidur.1. Olah ragaOlah raga sebenarnya adalah aktivitas yang penting bagi kesehatan, dan sebenarnya dapat memberikan kontribusi untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Tapi masalahnya, olah raga 3 jam sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat badan menjadi berkeringat, sehingga dapat membuat Anda sulit untuk tidur. Baiknya, lakukan kegiatan tersebut di pagi hari.2. Menonton TV atau Melihat KomputerPenelitian menunjukkan bahwa paparan radiasi sinar televisi atau internet dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur. Cahaya dari layar tv atau komputer dapat menghambat perkembangan melatonin, hormon yang membuat rasa ingin tidur. Matikan televisi dan komputer satu jam sebelum Anda tidur.3. Mandi dengan Air PanasSeperti halnya olahraga, mandi dengan air panas akan membantu Anda cepat tertidur di waktu yang tepat, tidak [...]

Studi: Tertawa Membuat Orang Lebih Mudah Bocorkan Rahasia

Studi: Tertawa Membuat Orang Lebih Mudah Bocorkan Rahasia

Banyak orang mengatakan tertawa adalah obat terbaik untuk mengurangi risiko terkena penyakit. Tetapi sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Human Nature menunjukkan bahwa dengan tertawa, seseorang juga dapat mengungkapkan rahasia pribadi yang dimilikinya.Penelitian yang dilakukan di University College London, Inggris ini melibatkan 122 mahasiswa yang terbagi ke dalam empat kelompok. Kelompok tersebut diperlihatkan beberapa video berdurasi 10 menit yang akan menimbulkan berbagai reaksi.Video pertama merupakan cuplikan tayangan acara komedi yang sengaja diputar untuk membangkitkan gairah tertawa. Video kedua adalah tayangan yang memperlihatkan suasana alam dan interaksi antara hewan-hewan untuk menimbulkan perasaan yang menyenangkan. Sedangkan satu video lagi dimaksudkan untuk memunculkan perasaan damai berupa tayangan permainan golf.Meskipun mereka tidak berinteraksi satu sama lain selama tayangan berlangsung, namun tontonan yang dilihat oleh empat kelompok tersebut membuktikan bahwa tertawa merupakan hal yang menular. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa tertawa 30 kali lebih banyak jika ia berada di dalam suatu perkumpulan sosial.Peneliti menemukan bahwa [...]

Tumbuh Kembang Bayi Dipengaruhi Konsistensi Mental Ibu

Tumbuh Kembang Bayi Dipengaruhi Konsistensi Mental Ibu

Sebuah penelitian di University of California berhasil menemukan bahwa keterlambatan perkembangan bayi berhubungan erat dengan keadaan mental ibu yang tidak konsisten selama hamil dan setelah melahirkan. Hal ini dipublikasikan kedalam jurnal Psychological Science dengan kesimpulan bahwa perkembangan terbaik pada bayi dapat terjadi saat ibu tidak memiliki tekanan mental (depression-free) atau ibu yang memiliki keadaan tekanan mental yang menerus atau konsisten seperti sebelum maupun sesudah melahirkan. Berbanding terbalik dengan keadaan mental ibu yang tidak konsisten, mengakibatkan perkembangan bayi menjadi melambat, baik itu keadaan mental ibu yang mengalami depresi hanya di saat kehamilan maupun yang mengalami depresi hanya setelah kelahiran. Ketidak konsisten keadaan mental ibu inilah baik saat hamil maupun setelah melahirkan, tetap mampu mempengaruhi sang bayi. Karena bayi mempunyai sensitifitas tinggi berhubungan dengan sang ibu. Sehingga konsistensi mental sang ibu menjadi penting dalam pembelajaran hidup dan kesejahteraan bayi selanjutnya. Namun demikian, menurut peneliti, Curt A. Sandman, mengemukakan bahwa hasil ini tidak berarti menganjurkan membiarkan ibu yang sedang men [...]

5 Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

5 Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Oleh: dr. Sophia B. Hage Serangan jantung adalah kondisi yang membutuhkan penanganan yang cepat dan termasuk salah satu kegawatdaruratan medis. Semakin cepat tindakan atau penanganan yang diberikan maka akan semakin besar kemungkinan penderita dapat diselamatkan. Sebelum mengambil tindakan-tindakan pertolongan, yang paling penting adalah kenali gejala dan pastikan apakah keluhan yang dialami merupakan gejala serangan jantung. Gejala serangan jantung dapat bervariasi, dari derajat yang paling ringan hingga berat. Secara umum, gejala serangan jantung adalah sebagai berikut: Nyeri dada yang bertahan selama beberapa menit (lebih dari 5 menit) atau hilang timbul, keluhan nyeri seperti ditekan atau diremas atau ditusuk. Lokasi nyeri biasanya di kiri atau di tengah dada. Nyeri dada ini sifatnya spesifik, artinya nyeri dengan karakteristik ini hampir selalu timbul pada serangan jantung. Apabila hanya ada satu gejala yang dapat Anda temukan, pastikan keluhan nyeri tersebut ada. Rasa nyeri dapat menjalar atau menjadi rasa tidak nyaman atau kesemutan di bahu, lengan atas, punggung, leher atau bahkan rahang bawah. Sulit bernapas atau napas menjadi pendek. Timbul keringat dingin. [...]

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

Seringkali kita memiliki rencana untuk rajin berolahraga atau menghindari makanan manis sebagai resolusi sehat tahun depan. Namun sering juga rencana itu gagal karena tak tahan dengan godaan untuk makan es krim setiap selesai makan malam, menyantap makanan cepat saji, atau lebih memilih nonton film di bioskop daripada ikut kelas aerobik.Mewujudkan resolusi sehat di tahun baru memang menjadi tantangan berat bagi sebagian besar orang. Satu-satunya cara agar bisa tercapai, adalah membuat resolusi yang realistis. Jika Anda penggemar berat donat atau croissant, jangan bersumpah untuk tidak memakannya segigit pun. Jujurlah pada diri sendiri, sesuaikan gaya hidup sehat dengan kemampuan Anda. Tidak usah membuat resolusi untuk olahraga tujuh kali dalam seminggu jika kenyataannya Anda terlalu sibuk untuk pergi ke gym.Daripada membuat resolusi yang terlalu muluk, lebih baik buat rencana yang lebih mudah dilakukan. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini lima resolusi sehat yang mudah Anda wujudkan di 2012 nanti.1. Kurangi StresStres kronis bisa menyebabkan hipertensi, melemahkan sistem imun tubuh bahkan mempersingkat harapan hidup. Sebisa mungkin, jauhkan pikiran Anda dari stres. [...]

Ini 4 Aktivitas yang Buat Tubuh Lebih Berenergi Saat Puasa

Ini 4 Aktivitas yang Buat Tubuh Lebih Berenergi Saat Puasa

Salah satu tantangan saat berpuasa adalah menjaga tubuh dan pikiran tetap berenergi selama seharian penuh. Tak jarang lemas, kantuk dan tak bergairah menyelesaikan pekerjaan kantor dirasakan selama berpuasa. Tidak adanya asupan makanan sejak pagi hingga menjelang maghrib memang menjadi faktor utama kenapa tubuh merasa lemas ketika berpuasa. Namun tak hanya itu saja, pola pikir pun ikut memengaruhi.Menjalani ibadah puasa dengan hati yang ikhlas dan pikiran positif juga bisa membantu Anda tetap berenergi sepanjang hari. Simak beberapa tips yang bisa dicoba agar semangat ketika berpuasa, tanpa harus mengandalkan makanan.1. Coba Terapi WarnaWarna-warna hangat seperti merah, kuning dan oranye bisa membuat Anda lebih berenergi ketimbang warna-warna dingin. Berdasarkan penelitian di Eiseman Center for Color Information & Training, warna-warna tersebut paling cepat menarik perhatian yang mengaktifkan otak. Maka dengan melihat atau mengenakan sesuatu berwarna cerah dan hangat, mood pun menjadi lebih positif dan bersemangat.Diantara warna-warna hangat, oranye diketahui sebagai warna yang paling efektif membangkitkan energi. Menurut Leatrice Eiseman, direktuf eksekutif Pantone Color In [...]

Ini Alasan Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Ini Alasan Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang enak untuk dinikmati. Bahkan beberapa tidak bisa lepas dari kopi sehingga kerap dijuluki coffee addict. Namun ada pula yang merasa perutnya melilit dan perlu segera buang air besar setelah menyeruput kopi. Efek berbeda yang dirasakan sebagian orang ini ternyata memiliki alasan. Kopi tidak hanya meningkatkan keawasan setelah meminumnya, tapi juga level keasaman di perut. Asam yang cukup tinggi ini kemudian menimbulkan reaksi pada usus yang memicu keinginan untuk buang air besar.Para peneliti awalnya mengira reaksi perut mulas itu dikarenakan efek pencahar yang ditimbulkan kafein pada kopi. Dalam percobaan yang dilakukan American Chemical Society tersebut, tiga dari 10 orang melaporkan mengalami mulas dan ingin buang air besar setelah meminum kopi. Namun ternyata kafein bukanlah penyebabnya. Kopi yang dikurangi kandungan kafeinnya tetap menimbulkan efek yang sama. Sedangkan ketika meminum minuman soda diet, responden tidak mengalami hal yang sama. Dari situ, para peneliti mengambil kesimpulan bahwa ada senyawa lain di dalam kopi yang jadi penyebabnya.Kemungkinan besar penyebabnya adalah sifat asam pada kopi yang memengaruhi perut se [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *