Penelitian Terbaru Bagi Penderita Hemophilia B

Hemophilia_B.jpg

Penelitian terbaru kerjasama para peneliti di Inggris dan Amerika menemukan hasil yang sangat menjanjikan bagi penderita hemophilia.

Hemophilia merupakan keadaan dimana tubuh seseorang mengalami cacat genetika pada kromosom X atau autosom mereka yang menyebabkan kekurangan faktor 8, 9 dan 11 dalam pembekuan darah. Sehingga proses pembekuan darah penderita tidak secepat manusia normal lainnya apabila terluka.

Bahkan untuk beberapa penderita hemophilia berat bisa mengalami pendarahan tiba-tiba yang apabila tidak segera dihentikan, dapat berakibat fatal hingga kematian.

Umumnya penderita hemophilia terjadi karena kerusakan kromosom X dalam gen. Dan karena pria hanya memiliki satu kromosom X dalam tubuhnya, menjadikan mereka sebagai mayoritas penderita berdasarkan keturunan. Meskipun umumnya penderita disebabkan oleh keturunan, namun ternyata 30% hemophilia didunia juga terjadi begitu saja tanpa diketahui sebabnya.

Hingga kini, pengobatan yang biasa diberikan kepada penderita hanyalah melalui suntikan tambahan faktor 8 atau transfusi rutin kriopresipitat-AHF bagi penderita Hemophilia A, tambahan faktor 9 atau transfusi plasma beku segar bagi penderita Hemophilia B dan tambahan suntikan faktor 11 bagi penderita Hemophilia C, minimal 2 kali dalam sebulan dengan biaya yang relatif besar. Selain memberikan beban biaya kepada penderita, pengobatan ini terbilang tidak menyenangkan bagi penderita karena harus melalui rasa tidak nyaman dan nyeri.

Untuk itu, hasil penelitian yang dipublikasikan New England Journal of Medicine dalam menunjukkan keberhasilan para peneliti meningkatkan faktor 9 pada penderita hemophilia B, memberikan janji tersendiri dalam pengobatan hemophilia.

Penelitian ini dilakukan dengan cara memasukkan virus adeno modifikasi kedalam tubuh penderita untuk menginfeksi sel hati sehingga mampu menghasilkan protein pembeku darah. Dari pemberian virus ini, terlehat kenaikan level faktor 9 pasien yang biasanya hanya sebanyak 1% dari jumlah pada manusia normal, dapat meningkat menjadi 2% hanya dengan dosis terendah selama 16 bulan. Bahkan penderita yang menerima dosis tertinggi, mampu memiliki 8% hingga 12% dalam 5 bulan.

Dimana hal tersebut merupakan peningkatan yang sangat berguna bagi penderita dalam menjalani kehidupan keseharian mereka seperti tidak perlu khawatir akan luka kecil akibat bercukur ataupun saat berolahraga. Kecuali apabila mereka mengalami kecelakaan besar seperti tabrakan, kejatuhan benda berat dan operasi.

Meskipun penelitian ini masih merupakan hal yang memerlukan perkembangan lebih lanjut, terlebih dalam melihat efek samping yang dapat muncul dikemudian harinya namun hasil dari penelitian ini sangat memuaskan para penderita hemophilia B dan komunitas peduli hemophilia. Dengan demikian diharapkan proses penyuntikan rutin yang harus mereka jalani dapat tergantikan.[](E)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Minuman Sehat Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Minuman Sehat Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Mengonsumsi minuman sehat dapat membantu Anda yang sedang menjalankan program diet, karena dapat membantu mengurangi asupan kalori dalam tubuh dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Minuman ringan di dalam kemasan, minuman cepat saji di dalam sachet, dan produk-produk minuman berenergi sudah menjadi konsumsi sehari-hari yang disukai semua lapisan masyarakat.Tapi ketahuilah bahwa kelompok minuman tersebut umumnya kurang cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet karena kebanyakan mengandung gula dalam jumlah tinggi.Maka dari itu, label nutrisi pada minuman kemasan semacam itu perlu selalu diperhatikan untuk mengetahui kandungan minuman tersebut. Air Putih, Minuman yang Menyehatkan Sebagai permulaan, air putih dianggap sebagai minuman alami yang ideal. Salah satu kelebihannya adalah tidak mengandung gula, sehingga mengurangi risiko berat badan bertambah. Kelebihan lain adalah tidak berdampak kepada kerusakan gigi. Selain tidak mengandung kalori yang berisiko menyebabkan kegemukan, air putih justru membantu proses pencernaan sebagai faktor pendukung program diet mengurangi berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan adanya penambahan konsumsi air sebanyak 1,5 [...]

Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

Tes deteksi HIV sebaiknya dilakukan oleh tiap orang yang mencurigai dirinya tertular HIV tanpa menunggu kemunculan gejala-gejala tertentu. Agar dapat mendeteksi HIV dengan tepat, tes deteksi HIV perlu dilakukan pada waktu yang tepat. Umumnya, virus HIV baru akan terdeteksi dalam tubuh empat minggu setelah terjadi pajanan terhadap virus ini. Banyak orang masih merasa enggan untuk melakukan tes HIV karena stigma yang ada terhadap penyakit ini. Padahal, makin cepat terdeteksi dan ditangani, maka makin efektif hasil pengobatan HIV. Selain itu, dengan mengetahui status HIV, penderitanya dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus ini. Siapa yang Sebaiknya Memeriksakan Diri? Sebagian pengidap tidak menyangka bahwa virus HIV telah bersarang dalam tubuh mereka karena tidak merasakan gejala apa-apa. Ibu hamil juga disarankan untuk memeriksakan diri dengan tes HIV, sehingga yang terdeteksi positif dapat menjalani pengobatan sedini mungkin dan mengurangi risiko penyebaran virus kepada bayinya. Berikut ini adalah kelompok orang yang dikategorikan berisiko mengidap HIV. Mengidap TB, hepatitis atau penyakit menular seksual seperti herpes, sifilis, klamidia, trikomoniasis, ata [...]

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Ingin hidup lebih lama? Maka konsumsilah banyak sayur dan buah setiap hari. Studi terbaru menemukan, orang yang makan tujuh sajian sayur dan buah dalam sehari, risiko kematiannya bisa berkurang hingga 42 persen. Antara sayur dan buah, ternyata sayuran yang lebih penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh.Seperti dikutip dari CNN, para peneliti di Inggris menganalisa data lebih dari 65 ribu orang dewasa yang berusia 35 tahun ke atas. Mereka sebelumnya menjadi partisipan dalam Health Surveys for England (HSE) untuk sebuah studi yang dilakukan antara tahun 2001 dan 2008. Peneliti HSE menanyakan kepada partisipan bagaimana konsumsi sayur dan buah mereka selama 24 jam. Kecukupan porsi sayur dan buah yang disarankan Department of Health di Inggris, diperkirakan antara 80 gram per sajian. Hasilnya diketahui bahwa rata-rata partisipan mengonsumsi 3,8 sajian buah dan sayur per hari. Wanita yang berusia lebih dewasa dan tidak merokok cenderung makan makanan sehat ini lebih banyak dibandingkan kelompok partisipan lainnya. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayur dan buah memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Dari temuan tersebut [...]

Ini Posisi yang Paling Ideal untuk Tidur

Ini Posisi yang Paling Ideal untuk Tidur

Tidur di malam hari merupakan salah satu faktor penting untuk memiliki tubuh yang sehat. Saat tidur, posisi pun bisa menentukan apakah Anda akan bangun dalam keadaan segar atau kesakitan di pagi hari. Berikut posisi tidur paling ideal. Posisi tidur terlentang dianggap sebagai posisi yang paling baik. Posisi tersebut mencegah sakit punggung dan leher. Posisi itu juga dapat membuat seorang wanita tetap cantik karena mencegah keriput dan menjaga bentuk payudara."Tidur dengan posisi terlentang lebih memudahkan orang untuk menjaga posisi kepala, leher dan tulang belakang di posisi netral," ujar Steven Diamant seorang ahli tulang di New York City, seperti dikutip Fox News.Sementara menurut Dr. Dee Anna Glaser dari Saint Louis University, tidur terlentang mencegah kerut di wajah karena saat tidur tidak ada yang menekan bagian tersebut. Posisi terlentang juga dapat mendukung payudara dengan baik sehingga mengurangi risiko payudara kendur atau turun.Namun meski dianggap sebagai posisi tidur paling ideal, Anda yang suka tidur terlentang harus mewaspadai efek mendengkur dan sulit bernapas. Dr. John Shneerson dari Sleep Centre di Papworth Hospital, Cambridge mengungkapkan dalam posisi terse [...]

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Timbunan lemak di perut tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Perut buncit dapat terjadi pada siapapun, tidak hanya pada mereka yang memiliki tubuh yang gemuk. Seseorang yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) normal dengan bentuk tubuh seperti apel dan lingkar pinggang (waist circumference) yang lebar juga harus berhati-hati. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Cardiology, lebih dari 70% pasien jantung dengan lingkar pinggang yang lebar meninggal pada saat penelitian dibanding pasien dengan lingkar perut yang lebih kecil. Selain itu, lingkar pinggang menjadi prediktor yang lebih kuat dibandingkan indeks massa tubuh dalam menentukan risiko penyakit kardiovaskular. Lemak tubuh terdiri dari dua jenis, yaitu lemak visceral dan subkutan. Lemak subkutan adalah lemak yang terdapat di bawah kulit. Sedangkan lemak visceral terdapat di dalam perut dan mengelilingi organ-organ vital seperti hati, jantung, dan ginjal. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa lemak visceral yang berlebihan (obesitassentral) dapat menyebabkan sindrom metabolik, meningkatkan risiko penyakit diabetes melitus, hipertensi [...]

Merelakan Payudara Diangkat Guna Kurangi Risiko Kanker

Merelakan Payudara Diangkat Guna Kurangi Risiko Kanker

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Payudara. Dua buah penonjolan hemisfer di atas dada yang mengantungi kumpulan jaringan lemak, pembuluh darah, ujung-ujung saraf yang sensitif, serta kelenjar-kelenjar penghasil susu manusia. Pada satu sisi, mereka memiliki sifat keibuan, sebagai simbol kekuatan. Di sisi lain, mereka seduktif, seksual. Dengan peran ganda tersebut, eksistensi payudara masih diasosiasikan dengan feminitas. Bagaimana bila kemudian seorang harus kehilangan payudaranya tersebut? Apakah berarti ia menjadi ?kurang? wanita? Pertanyaan tersebut dijawab tegas oleh Angelina Jolie. Aktris yang pernah dinobatkan menjadi wanita tercantik di dunia itu memilih untuk merelakan kedua buah dadanya diangkat untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Ia menjalani mastektomi ganda pada tanggal 16 Februari 2013 setelah pemeriksaan genetik menunjukkan adanya mutasi gen BRCA (BReast CAncer) 1 dan 2 dalam tubuhnya. Mutasi gen ini diwarisi dari neneknya yang menderita kanker ovarium serta ibunya yang pernah menderita kanker payudara dan meninggal karena kanker ovarium. Dengan diangkatnya kedua payudaranya, risiko Angelina menderita hal yang sama pun turun dari 87% menjadi di bawah 5%. Ia me [...]

Obat Anti Nyeri sebelum Olahraga: Baik atau Buruk?

Obat Anti Nyeri sebelum Olahraga: Baik atau Buruk?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Mengkonsumsi obat anti nyeri atau painkillers seperti ibuprofen untuk mencegah nyeri setelah olahraga bukan hal yang asing bagi populasi atlet. Bahkan beberapa atlet berpikir bahwa hal ini dapat meningkatkan performa saat berolahraga karena menghilangkan nyeri. Akan tetapi, tindakan ini justru dapat menimbulkan bahaya menurut penelitian baru yang diterbitkan di Medicine & Science in Sports & Exercise. Penelitian yang dilakukan di Belanda oleh dr. Kim van Wijck, seorang residen bedah di ORBIS Medical Center, Masstricht, mempertanyakan penggunaan obat anti inflamasi ibuprofen sebelum dan sesudah olahraga. Hasilnya menunjukkan bahwa ibuprofen justru menimbulkan cedera setelah olahraga di usus halus pada laki-laki sehat yang terlatih dalam melakukan olahraga endurance. Dalam penelitian ini, van Wijck mengevaluasi 9 laki-laki sehat yang aktif berolahraga dengan usia rata-rata 27 tahun. Para subyek penelitian menghabiskan waktu 3 hingga 10 jam per minggu melakukan olahraga endurance. Van Wijck sebelumnya telah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga mempunyai efek menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan. Selain itu, obat anti inflamasi [...]

Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Leher Cepat Keriput

Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Leher Cepat Keriput

Smartphone kini jadi salah satu kebutuhan primer di kalangan masyarakat perkotaan. Saat berjalan, di mobil, kantor bahkan menjelang tidur banyak yang tidak bisa lepas dari gadget yang satu ini.Secara konstan memandang layar smartphone setiap hari ternyata memberikan dampak negatif pada kulit, yaitu membuatnya lebih cepat menua. Saat menggunakan smartphone, kepala otomatis akan selalu menunduk dan itu akan menyebabkan terjadinya pembentukan keriput serta garis-garis halus di sekitar leher.Keriput pada leher dan dagu yang disebabkan oleh pemakaian smartphone dan komputer ini disebut Techneck dan bisa membuat tampilan wajah terlihat lebih tua dan kurang menarik. Seperti yang diungkapkan Dean Nathanson, Managing Director CACI --klinik khusus facelift tanpa operasi-- para penggila teknologi kini mulai menyadari terbentuknya kerutan di sekitar leher yang bisa mengganggu penampilan. Meski begitu, kebiasaan menggunakan smartphone terlalu sering tampaknya tidak akan berkurang."Kita adalah bangsa pekerja keras dan tidak bisa lepas dari mengecek e-mail, membaca e-book atau social media. Itu adalah hal yang sangat normal sekarang ini," ujar Dean, seperti dikutip dari Daily Mail.Selain menye [...]

Terapi Warna untuk Kurangi Stres dan Mood Labil pada Wanita Hamil

Terapi Warna untuk Kurangi Stres dan Mood Labil pada Wanita Hamil

Kehamilan merupakan proses hidup terindah bagi wanita. Tapi di waktu yang sama, wanita bisa mengalami depresi, emosi yang labil dan darah tinggi karena kehamilan. Umumnya, wanita akan mengonsumsi obat untuk mengatasi gejala tersebut. Tapi sebenarnya gejala tidak mengenakkan saat hamil bisa diatasi tanpa obat yang mungkin bisa menimbulkan efek samping pada janin, yaitu dengan terapi warna.Ya, warna bisa digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan gejala negatif pada masa kehamilan. Warna apa saja yang bisa dijadikan terapi bagi wanita hamil? Ginekolog Dr. Poornima Ramakrishna memaparkannya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. OranyeWarna perpaduan kuning dan merah ini bisa membangkitkan energi dan punya efek memberi rasa nyaman. Oranye juga membantu membuat rahim ibu hamil terasa hangat. Selain itu, oranye juga membangkitkan semangat ketika wanita merasa depresi dan kesepian, dua gejala yang kerap dialami wanita selama hamil. Warna oranye bisa diterapkan pada salah satu dinding kamar tidur.2. BiruSeperti oranye, warna biru juga punya efek menyamankan dan menenangkan. Warna biru akan membantu wanita tetap tenang dan mood-nya terkontrol selama fase aktif dalam masa kehamilan. Bi [...]

6 Nutrisi Vital untuk Wanita

6 Nutrisi Vital untuk Wanita

Sehat badan kita sangat diperankan oleh seberapa baik kandungan nutrisi-nutrisi di tubuh. Kadar nutrisi yang ada pun sangat diperankan oleh pola asupan makanan dan minuman yang kita miliki. Meskipun pada prinsipnya sama, kebutuhan nutrisi tubuh dapat dibedakan berdasarkan pada jenis kelamin. Pasalnya, selain memang dibedakan berdasarkan kondisi fisik tubuh, kebutuhan nutrisi dan tujuan fungsinya pun turut berbeda berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Khusus pada wanita, nutrisi penting yang dibutuhkan banyak mengambil tujuan fungsi untuk kesehatan tubuh wanita yang berbeda dengan pria. Apa saja kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan, berikut paparan lebih jelasnya: Nutrisi Penting untuk Wanita #1: Kalsium Kalsium dibutuhkan tubuh untuk membangun tulang. Kalsium dibutuhkan wanita pada semua jenis umur. Produk-produk susu seperti susu soya dan buah-buahan merupakan sumber protein yang baik. Wanita dibawah usia 50 tahun, hamil atau menyusui membutuhkan sebanyak 1.000 mg kalsium per hari. Wanita diatas 50 tahun membutuhkan 1.200 mg kalsium dalam sehari. Hal ini sama dengan 3 gelas susu rendah lemak, atau yogurt. Karena kondisi hormon, gaya hidup dan faktor fisiolo [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *