Penelitian Terbaru Bagi Penderita Hemophilia B

Hemophilia_B.jpg

Penelitian terbaru kerjasama para peneliti di Inggris dan Amerika menemukan hasil yang sangat menjanjikan bagi penderita hemophilia.

Hemophilia merupakan keadaan dimana tubuh seseorang mengalami cacat genetika pada kromosom X atau autosom mereka yang menyebabkan kekurangan faktor 8, 9 dan 11 dalam pembekuan darah. Sehingga proses pembekuan darah penderita tidak secepat manusia normal lainnya apabila terluka.

Bahkan untuk beberapa penderita hemophilia berat bisa mengalami pendarahan tiba-tiba yang apabila tidak segera dihentikan, dapat berakibat fatal hingga kematian.

Umumnya penderita hemophilia terjadi karena kerusakan kromosom X dalam gen. Dan karena pria hanya memiliki satu kromosom X dalam tubuhnya, menjadikan mereka sebagai mayoritas penderita berdasarkan keturunan. Meskipun umumnya penderita disebabkan oleh keturunan, namun ternyata 30% hemophilia didunia juga terjadi begitu saja tanpa diketahui sebabnya.

Hingga kini, pengobatan yang biasa diberikan kepada penderita hanyalah melalui suntikan tambahan faktor 8 atau transfusi rutin kriopresipitat-AHF bagi penderita Hemophilia A, tambahan faktor 9 atau transfusi plasma beku segar bagi penderita Hemophilia B dan tambahan suntikan faktor 11 bagi penderita Hemophilia C, minimal 2 kali dalam sebulan dengan biaya yang relatif besar. Selain memberikan beban biaya kepada penderita, pengobatan ini terbilang tidak menyenangkan bagi penderita karena harus melalui rasa tidak nyaman dan nyeri.

Untuk itu, hasil penelitian yang dipublikasikan New England Journal of Medicine dalam menunjukkan keberhasilan para peneliti meningkatkan faktor 9 pada penderita hemophilia B, memberikan janji tersendiri dalam pengobatan hemophilia.

Penelitian ini dilakukan dengan cara memasukkan virus adeno modifikasi kedalam tubuh penderita untuk menginfeksi sel hati sehingga mampu menghasilkan protein pembeku darah. Dari pemberian virus ini, terlehat kenaikan level faktor 9 pasien yang biasanya hanya sebanyak 1% dari jumlah pada manusia normal, dapat meningkat menjadi 2% hanya dengan dosis terendah selama 16 bulan. Bahkan penderita yang menerima dosis tertinggi, mampu memiliki 8% hingga 12% dalam 5 bulan.

Dimana hal tersebut merupakan peningkatan yang sangat berguna bagi penderita dalam menjalani kehidupan keseharian mereka seperti tidak perlu khawatir akan luka kecil akibat bercukur ataupun saat berolahraga. Kecuali apabila mereka mengalami kecelakaan besar seperti tabrakan, kejatuhan benda berat dan operasi.

Meskipun penelitian ini masih merupakan hal yang memerlukan perkembangan lebih lanjut, terlebih dalam melihat efek samping yang dapat muncul dikemudian harinya namun hasil dari penelitian ini sangat memuaskan para penderita hemophilia B dan komunitas peduli hemophilia. Dengan demikian diharapkan proses penyuntikan rutin yang harus mereka jalani dapat tergantikan.[](E)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengapa Bisa Terjadi Obesitas?

Mengapa Bisa Terjadi Obesitas?

Obesitas adalah suatu kondisi yang kompleks, memiliki dimensi sosial dan psikologi yang serius, mempengaruhi hampir semua usia dan strata sosial-ekonomi, serta mengancam ? baik di negara maju maupun negara berkembang. Menurut WHO, prevalensi obesitas di seluruh dunia meningkat lebih dari dua kali lipat antara tahun 1980 dan 2014. Pada tahun 2014 terdapat lebih dari 1,9 miliar orang dewasa (di atas 18 tahun) mengalami kelebihan berat badan. Dari jumlah tersebut lebih dari 600 juta mengalami obesitas. Secara keseluruhan, sekitar 13% dari populasi dunia dewasa (11% laki-laki dan 15% perempuan) mengalami obesitas pada tahun 2014. Bagaimana dengan Indonesia? Menurut data Riskesdas 2013, secara nasional, prevalensi obesitas sentral adalah 26.6 persen, lebih tinggi dari prevalensi pada tahun 2007 (18,8%). Obesitas sentral merupakan faktor risiko beberapa penyakit kronis seperti diabetes melitus, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, kanker, serta radang sendi. Dikatakan obesitas sentral apabila laki-laki memiliki lingkar perut >90 cm, sementara perempuan dengan lingkar perut >80 cm. Menurut pengukuran indeks massa tubuh (IMT), batas ambang IMT di Indonesia adalah sebagai ber [...]

Gangguan Psikosomatis, Ketika Pikiran Menyebabkan Penyakit Fisik

Gangguan Psikosomatis, Ketika Pikiran Menyebabkan Penyakit Fisik

Hati-hati, stres bisa menimbulkan gangguan psikosomatis. Penyakit pun bisa bermunculan atau bahkan memperparah gejala atau tanda-tanda penyakit fisik lainnya. Psikosomatis terdiri dari dua kata, pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Gangguan psikosomatis adalah penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh, di mana pikiran memengaruhi tubuh hingga penyakit muncul atau diperparah. Dengan kata lain, istilah gangguan psikosomatis digunakan untuk menyatakan penyakit fisik yang diduga disebabkan atau diperparah oleh faktor mental, seperti stres dan rasa cemas. Sedangkan dalam istilah psikologi, psikosomatis atau penyakit ?fungsional? merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan masalah pada fungsi tubuh walaupun tidak tampak kelainan pada pemeriksaan X-ray atau tes darah. Bagaimana Pikiran Memengaruhi Penyakit? Seperti diketahui, pikiran dapat menyebabkan munculnya gejala fisik. Contohnya, ketika merasa takut atau cemas bisa muncul tanda-tanda seperti denyut jantung menjadi cepat, jantung berdebar-debar (palpitasi), mual atau ingin muntah, gemetaran (tremor), berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, sakit perut, napas menjadi cepat, nyeri otot, atau nyeri punggung. Gejala [...]

Tanda-tanda Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi Lewat Kulit

Tanda-tanda Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi Lewat Kulit

Kulit tidak hanya berhubungan dengan kecantikan. Sebagai organ terbesar, kulit juga bisa mendeteksi tanda-tanda awal adanya gangguan kesehatan pada tubuh.Menurut ahli, tanda-tanda tulang rapuh, diabetes dan kekurangan vitamin bisa muncul pertama kali pada kulit. Seperti dikutip dari Huffington Post, studi yang melibatkan 114 wanita pascamenopause menemukan bahwa kerutan jelas pada wajah dan leher bisa mengindikasikan adanya peningkatan risiko tulang rapuh.Wanita dengan kerutan yang tampak jelas dan dalam, kepadatan tulangnya cenderung lebih rendah di area pinggul, tulang panggul dan tumit. Kerutan dan garis penuaan yang semakin banyak juga menunjukkan bahwa tubuh kurang memproduksi kolagen. Kolagen berhubungan erat dengan kepadatan tulang. Jika kolagen berkurang, maka kepadatan tulang juga menipis.Hormon yang bertanggungjawab terhadap produksi kolagen adalah estrogen. Selain menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, kolagen juga berfungsi mempertahankan elastisitas kulit. Ketika level estrogen pada wanita menurun karena menopause, "Kolagen pada kulit hilang, yang artinya kulit tidak lagi kencang dan elastis, dan terbentuklah kerutan," jelas Dr. Ronald Young, co-director dari Menopa [...]

Mewaspadai Menstruasi yang Tidak Normal

Mewaspadai Menstruasi yang Tidak Normal

Sehat tidaknya kondisi datang bulan dapat menjadi indikasi apakah sistem reproduksi Anda bekerja dengan baik atau tidak. Umumnya periode menstruasi wanita adalah 3-5 hari, sementara siklusnya berlangsung selama 28 hari. Namun masa menstruasi yang dialami tiap wanita memiliki karakteristik masing-masing, sehingga sulit untuk menentukan mana yang normal dan mana yang tidak. Beberapa wanita memang biasa mengalami periode menstruasi yang sangat singkat, sementara yang lain lebih panjang. Volume menstruasi beberapa wanita banyak, sementara yang lain lebih sedikit. Akan tetapi ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai karena dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan.Mewaspadai Kondisi Tertentu Mendeteksi adanya perubahan tertentu di masa menstruasi dapat mengindikasikan kemungkinan gangguan pada organ reproduksi. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan perubahan yang dapat terjadi. Jika volume menstruasi Anda lebih banyak dari biasanya Umumnya wanita mengeluarkan volume menstruasi rata-rata 30-40 ml sebulan pada masa menstruasi. Namun beberapa wanita mengeluarkan hingga lebih dari 60 ml sebulan. Kondisi ini disebut menoragia. Jika Anda sampai perlu mengganti pembalut hampir tia [...]

Jangan Khawatir, Santan Tak Selamanya Berdampak Buruk

Jangan Khawatir, Santan Tak Selamanya Berdampak Buruk

Santapan di bulan Ramadan dan Idul Fitri banyak yang terbuat dari santan. Sebut saja, kolak, gulai dan opor ayam. Tentunya hal ini membuat sebagian orang 'ngeri' karena kandungan kolestrol di dalamnya.Tapi tunggu dulu. Sebelum mengatakatan 'tidak' pada makanan khas hari raya, Anda perlu mengetahui bahwa ternyata santan tidak selamanya berikan pengaruh buruk. Makanan seperti santan dan minyak kelapa memang mengandung kolesterol, namun kolesterol baik yang dapat mengusir kolesterol jahat. Pada santan, terkandung phytosterol yang baik untuk tubuh.Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang diberikan oleh santan. Seperti yang dikutip dari ehow, ini dia manfaatnya:1. Mengandung NutrisiSantan memiliki banyak kandungan nutrisi, mulai dari vitamin, mineral dan elektrolit. Santan kaya akan zat besi, 22% dari kebutuhan harian. Selain itu santan juga mengandung magnesium, pospor, potassiun, tembaga, selenium, seng, folat dan vitamin C. Juga sejumlah vitamin lainnya; vitamin E, K, thiamin, B16, niacin, kolin, asam pantothenic dan kalsium.2. Lemak JenuhLemak jenuh yang terkandung dalam santan terbuat dari asam lemak rantai pendek hingga sedang, dan dapat berubah menjadi energi. Oleh karena it [...]

4 Kebiasaan Buruk Saat Bangun Tidur yang Buat Pagi Anda Tak Bersemangat

4 Kebiasaan Buruk Saat Bangun Tidur yang Buat Pagi Anda Tak Bersemangat

Pagi adalah waktu yang paling krusial karena bisa menentukan performa aktivitas Anda. Ketika bangun pagi diawali dengan mood dan kondisi fisik yang baik, maka aktivitas pun berjalan lancar sepanjang hari. Tapi ketika mood negatif yang menyerang, maka kemungkinan besar Anda akan tidak bersemangat. Kenapa mood bisa menjadi buruk? Ini kesalahan yang umum dilakukan, yang membuat pagi Anda menjadi lesu.1. Tergantung pada AlarmTerbangun karena alarm sebenarnya tidak terlalu baik, karena itu berarti tubuh dipaksa untuk terjaga. Akibatnya Anda merasa lemas, lesu dan masih mengantuk sehingga memencet tombol 'snooze'. Bukannya bangun pagi, Anda justru bisa kesiangan. Maka dari itu biasakanlah bangun pagi tanpa bantuan alarm. Tidurlah lebih awal sehingga Anda bisa bangun lebih pagi. Mungkin akan butuh waktu dua hingga tiga minggu sampai Anda terbiasa bangun pagi secara otomatis.2. Memeriksa PonselPonsel atau smartphone kini menjadi bagian penting bagi hampir semua orang. Biasanya, hal pertama yang kita lakukan saat membuka mata adalah memeriksa apakah ada telepon masuk, pesan teks atau notifikasi email dan sosial media. Ternyata kebiasaan ini tidak direkomendasikan oleh para psikolog. Mema [...]

Makanan Dapat Menjadi Pelindung Kulit

Makanan Dapat Menjadi Pelindung Kulit

Salah satu fungsi makanan dapat menjadi pelindung kulit, berikut adalah nama beberapa makanan yang bermanfaat kepada perlindungan kulit guna terlindung dari sinar matahari yang dapat merusak. Tanaman menghasilkan antioksidan yang tinggi dalam jaringan mereka sendiri untuk melindungi sel-sel tubuh dari kehancuran dini, seperti paparan sinar matahari, panas, udara, kelembabab dan waktu juga. Bila kita mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan, dimana secara alami akan memberikan perlindungan terhadap sel-sel tubuh kita, termasuk sel kulit. Dengan memakan, makanan tertentu terutama yang berwarna cerah sebenarnya akan membantu untuk mengurangi kerusakan pada sel kulit kita akibat paparan sinar UVA dan UVB dari sinar matahari. Ingin tahu jenis makanan yang melindungi tubuh kita dari sinar matahari? Makanan Dapat Menjadi Pelindung Kulit Ingin tahu jenis makanan yang melindungi tubuh kita dari sinar matahari? Simak pemaparan kami berikut ini: Paprika BerwarnaPaprika yang berwarna merah, kuning, hijau dan orange terlihat begitu indah ini, mengandung antioksidan yang tingi dan menjadi vitamin A dalam tubuh serta membantu melindungi sel-sel kulit deng [...]

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Kesehatan organ intim haruslah menjadi perhatian utama semua wanita. Menjaga kesehatan daerah kewanitaan bukan merupakan pekerjaan yang mudah memang. Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam perawatannya. Masalah yang paling sering muncul adalah mengenai keputihan. Keputihan sendiri dapat merupakan sesuatu yang normal terjadi. Bahkan, produksinya dapat meningkat jika seorang wanita sedang mengalami peningkatan jumlah hormon di saat sekitar masa menstruasi atau saat hamil, mendapatkan rangsangan seksual, mengalami stres atau kelelahan berlebihan, dan sedang menggunakan obat-obatan tertentu atau alat kontrasepsi. Agar daerah kewanitaan tetap sehat dan tidak terjadi masalah keputihan yang tidak normal, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: 9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina Kesehatan organ intim haruslah menjadi perhatian utama semua wanita. Menjaga kesehatan daerah kewanitaan bukan merupakan pekerjaan yang mudah memang. Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam perawatannya. Masalah yang paling sering muncul adalah mengenai keputihan. Keputihan sendiri dapat merupakan sesuatu yang normal terjadi. Bahkan, produksinya dapat meningkat jika seorang wanita [...]

6 Trik Agar Anda Lebih Sering Minum Air Putih

6 Trik Agar Anda Lebih Sering Minum Air Putih

Mencukupi asupan cairan dengan minum air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, dan membantu organ tubuh berfungsi dengan maksimal. Disarankan minum air putih sedikitnya delapan gelas sehari atau bisa lebih jika Anda cukup banyak beraktiviyas, sedang haid atau menyusui.Teori memang lebih mudah untuk diucapkan daripada dilaksanakan, karena pada kenyataannya banyak orang yang tidak memenuhi kebutuhan cairannya dengan tepat. Lupa, malas dan rasa yang hambar menjadi sejumlah alasan mengapa konsumsi air putih selalu kurang. Padahal kurang minum air putih bisa membuat tubuh lemas, kulit kering bahkan menyebabkan gangguan ginjal. Sering lupa atau malas minum air putih? Ikuti cara-cara ini agar kebutuhan air putih Anda tercukupi setiap hari.1. Beli Botol Minum Berdesain MenarikBawalah botol minum ke manapun Anda beraktivitas baik di jalan atau saat bekerja di kantor. Agar lebih semangat minum, belilah botol minum dengan desain dan warna yang Anda sukai. Tahukah Anda ada alasannya kenapa botol-botol minum dirancang dengan berbagai warna, bentuk dan motif? Yaitu agar orang tertarik untuk minum air putih dan tidak selalu lupa meminumnya kapanpun dan di manapun. 2. Sediakan Air [...]

Fakta vs Mitos: ‘Angin Duduk’

Fakta vs Mitos: ‘Angin Duduk’

Disebut sebagai angin duduk atau angina karena orang yang mengalaminya dapat meninggal secara tiba-tiba. Mungkin pada saat duduk tiba-tiba orang tersebut meninggal. ?Angin duduk? berhubungan dengan jantung. Karena tidak ada dalam istilah kedokteran, maka istilah yang mirip dengan yang dimaksud angin duduk adalah angina pectoris yang ditandai dengan rasa nyeri pada dada sebelah kiri. Teridentifikasinya istilah ini, menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD, di Jakarta, pekan lalu. Menandai sebuah koreksi besar terhadap mitos yang berkembang di masyarakat selama ini, bahwa terdapat gejala bernama ?masuk angin hebat? dan termasuk kategori yang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama. Prof. Teguh menjelaskan lebih lanjut, jika dirasa tiba-tiba nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan Gawat darurat jantung. Ingat!. Tidak boleh lebih dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhir banyak disikapi masyara [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *