Penelitian Terbaru Bagi Penderita Hemophilia B

Hemophilia_B.jpg

Penelitian terbaru kerjasama para peneliti di Inggris dan Amerika menemukan hasil yang sangat menjanjikan bagi penderita hemophilia.

Hemophilia merupakan keadaan dimana tubuh seseorang mengalami cacat genetika pada kromosom X atau autosom mereka yang menyebabkan kekurangan faktor 8, 9 dan 11 dalam pembekuan darah. Sehingga proses pembekuan darah penderita tidak secepat manusia normal lainnya apabila terluka.

Bahkan untuk beberapa penderita hemophilia berat bisa mengalami pendarahan tiba-tiba yang apabila tidak segera dihentikan, dapat berakibat fatal hingga kematian.

Umumnya penderita hemophilia terjadi karena kerusakan kromosom X dalam gen. Dan karena pria hanya memiliki satu kromosom X dalam tubuhnya, menjadikan mereka sebagai mayoritas penderita berdasarkan keturunan. Meskipun umumnya penderita disebabkan oleh keturunan, namun ternyata 30% hemophilia didunia juga terjadi begitu saja tanpa diketahui sebabnya.

Hingga kini, pengobatan yang biasa diberikan kepada penderita hanyalah melalui suntikan tambahan faktor 8 atau transfusi rutin kriopresipitat-AHF bagi penderita Hemophilia A, tambahan faktor 9 atau transfusi plasma beku segar bagi penderita Hemophilia B dan tambahan suntikan faktor 11 bagi penderita Hemophilia C, minimal 2 kali dalam sebulan dengan biaya yang relatif besar. Selain memberikan beban biaya kepada penderita, pengobatan ini terbilang tidak menyenangkan bagi penderita karena harus melalui rasa tidak nyaman dan nyeri.

Untuk itu, hasil penelitian yang dipublikasikan New England Journal of Medicine dalam menunjukkan keberhasilan para peneliti meningkatkan faktor 9 pada penderita hemophilia B, memberikan janji tersendiri dalam pengobatan hemophilia.

Penelitian ini dilakukan dengan cara memasukkan virus adeno modifikasi kedalam tubuh penderita untuk menginfeksi sel hati sehingga mampu menghasilkan protein pembeku darah. Dari pemberian virus ini, terlehat kenaikan level faktor 9 pasien yang biasanya hanya sebanyak 1% dari jumlah pada manusia normal, dapat meningkat menjadi 2% hanya dengan dosis terendah selama 16 bulan. Bahkan penderita yang menerima dosis tertinggi, mampu memiliki 8% hingga 12% dalam 5 bulan.

Dimana hal tersebut merupakan peningkatan yang sangat berguna bagi penderita dalam menjalani kehidupan keseharian mereka seperti tidak perlu khawatir akan luka kecil akibat bercukur ataupun saat berolahraga. Kecuali apabila mereka mengalami kecelakaan besar seperti tabrakan, kejatuhan benda berat dan operasi.

Meskipun penelitian ini masih merupakan hal yang memerlukan perkembangan lebih lanjut, terlebih dalam melihat efek samping yang dapat muncul dikemudian harinya namun hasil dari penelitian ini sangat memuaskan para penderita hemophilia B dan komunitas peduli hemophilia. Dengan demikian diharapkan proses penyuntikan rutin yang harus mereka jalani dapat tergantikan.[](E)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam

Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam

Bekerja di malam hari memang tak bisa dihindari bagi sebagian golongan masyarakat. Baik bagi yang memang jadwal masuk kerjanya hanya malam hari ataupun yang menggunakan jam rotasi. Berjuta-juta masyarakat di dunia memiliki jam kerja pada malam hari termasuk polisi, satpam, dokter, perawat, pilot, pelayan, disc jockey (DJ), supir truk dan banyak lagi. Berbagai masalah kesehatan dapat timbul pada pekerja yang menggunakan sistem shift. Mulai dari masalah yang disebabkan oleh perubaha gaya hidup maupun biologis tubuh. Gangguan apa sajakah yang dapat timbul pada pekerja shift (jaga) malam? Berikut penjelasannya: Gangguan apa sajakah yang dapat timbul pada pekerja shift (jaga) malam? Sebanyak 60-80% pekerja dengan menggunakan sistem shift cenderung lebih sering mengalami gangguan tidur. Mereka dapat merasa terisolasi karena kenyataan sulit berkumpul dengan keluarga dan kerabat pada jam-jam normal sehingga lebih mudah mengalami gangguan emosi dan depresi. Beberapa orang akan merasakan kesulitan untuk berolahraga dan lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji. Sekitar 80% akan merasakan kelelahan. Selain itu pekerja shift malam juga memiliki 4-5x risiko lebih tinggi [...]

10 Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan

10 Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan

Ada banyak rempah-rempah yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya cengkeh. Cengkeh yang sering digunakan sebagi bumbu masakan ternyata dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui manfaat ajaib dari cengkeh untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaatnya, seperti dikutip dari Mag for Women.1. BernutrisiCengkeh adalah sumber nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh karena mengandung vitamin hingga nutrisi yang penting, seperti kalsium dan juga magnesium. Cengkeh yang berukuran kecil ini memiliki manfaat yang besar bagi tubuh karena memiliki kandungan energi yang besar dan juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan.2. Antibakteri dan JamurCengkeh dapat menjadi cara yang alami untuk melawan bakteri yang membahayakan perut, dan melawan kuman pada mulut. Selain itu, eugenol yang terdapat pada cengkeh telah terbukti memiliki kandungan anti jamur, serta efektif dalam melawan penyakit kulit yang disebabkan oleh cacing cincin.3. Mengandung AnalgesikMinyak cengkeh sering digunakan untuk mengobati gigi dan juga eksperimen yang baru-baru ini dilakukan membuktikan cengkeh memiliki kandungan anelgesik. Jadi jika mengalami sakit pada gu [...]

Prostetik Pengganti Fungsi Retina

Prostetik Pengganti Fungsi Retina

Manusia yang mengalami kebutaan, dalam 10 tahun kedepan mampu memiliki alat bantu melihat berupa alat prostetik yang mengirimkan sinyal elektrik ke otak sebagai pengganti fungsi retina dalam melihat objek. Alat prostetik penglihatan ini berhasil diterapkan pada tikus percobaan laboratorium oleh para peneliti dari Weill Medical College of Cornell University, Amerika Serikat. Selaku pimpinan penelitian, Neuroscientist Sheila Nirenberg melaporkannya dalam seminar TEDMED di San Diego dan menjelaskan kinerja alat tersebut dalam membentuk pola elektronik ke otak sehingga otak seakan mampu melihat garis luar dari suatu bentuk benda. Hal ini merupakan hasil pemahaman para peneliti terhadap kinerja retina dalam memberikan aktifitas elektronik ke otak dimana otak akan mempretasikan aktifitas elektronik tersebut dalam melihat, mendengan dan menjangkau suatu benda. Dengan demikian, prostetik melihat ini akan menjadi alat bantu yang sangat memberikan perubahan terhadap mereka yang memiliki kebutaan maupun hilangnya penglihatan akibat rusaknya retina oleh suatu penyakit tertentu. Diharapkan pengembangan lebih lanjut dan penyelesaian alat ini dapat segera digunakan bagi mereka yang membutuhkan te [...]

Pria Lebih Rentan Kena Diabetes Daripada Wanita

Pria Lebih Rentan Kena Diabetes Daripada Wanita

Semua orang memiliki risiko terkena penyakit diabetes. Namun menurut penelitian terbaru, kemungkinan pria menderita diabetes lebih besar dibandingkan wanita.Studi terbaru itu diprakarsai oleh akademisi dari Glasgow University. Mereka menemukan bahwa pria memiliki risiko yang lebih besar terkena penyakit diabetes tipe 2 walau memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih rendah daripada wanita.Pemimpin penelitian, Profesor Naveed Sattar, dari Institute of Cardiovascular and Medical Sciences mengatakan, kelebihan berat badan adalah faktor utama yang memberikan risiko terhadap diabetes tipe 2 (diabetes karena perubahan gaya hidup). Faktor lain yang mempengaruhi adalah usia, etnis dan genetik.Penelitian yang dilakukan oleh Sattar melibatkan 51.920 pria dan 43.137 wanita. Seluruhnya merupakan pengidap diabetes tipe 2 dan umumnya memiliki IMT di atas batas kegemukan atau overweight.Hasilnya ditemukan, pria cenderung sudah terkena diabetes saat indeks massa tubuhnya belum sebesar para wanita dengan penyakit yang sama. Para pria terkena diabetes pada IMT rata-rata 31,83 kg/m2 sedangkan wanita baru mengalaminya pada IMT 33,69 kg/m2.Prof Naveed Sattar yang memimpin penelitian ini mengatakan, "P [...]

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Nyeri tenggorokan adalah peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan suara serak dan juga nyeri menelan.Nyeri tenggorokan kadang merupakan gejala awal dari munculnya infeksi saluran napas bagian atas yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus. Apakah Penyebabnya? Virus, 80% sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam. Infeksi bakteri (juga dikenal sebagai strep throat atau infeksi virus yang menyebabkan faringitis). Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap). Iritasi (misalnya merokok). Kelembapan yang rendah. Kurang asupan cairan. Udara kering. Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, di antaranya: Jika penyebabnya infeksi virus: Infeksi virus biasanya merupakan penyebab selesma (pilek) dan influenza yang kemudian mengakibatkan terjadinya radang tenggorokan. Selesma biasanya sembuh sendiri sekitar 1 minggu begitu tubuh Anda membentuk antibody melawan virus tersebut. Pengobatan dengan antibiotik tidak akan efektif untuk m [...]

Ini Bahayanya Memainkan Smartphone dengan Kepala Selalu Tertunduk

Ini Bahayanya Memainkan Smartphone dengan Kepala Selalu Tertunduk

Di era internet dan dunia digital, banyak orang yang kini tak bisa lepas dari smartphone mereka. Browsing, chatting online, ber-social media atau belanja online seakan sudah menjadi 'makanan' sehari-hari yang tidak mungkin terlewatkan.Perubahan perilaku manusia yang kini ketergantungan dengan smartphone, tablet atau aneka gadget lainnya ternyata berimbas buruk pada kesehatan tubuh terutama tulang. Hasil studi yang dimuat dalam jurnal Surgical Technology International mengungkapkan bahwa menatap smartphone terus menerus bisa menambah beban tekanan hingga 27 kg pada tulang belakang. Hal itu terjadi karena saat menatap atau memainkan smartphone, kepala cenderung menunduk dan semakin rendah atau tajam derajat kemiringannya, beban yang harus ditopang tulang belakang akan semakin besar.Menurut studi tersebut seperti dikutip dari Women's Health, orang rata-rata menghabiskan waktu dua hingga empat jam sehari 'membenamkan' kepala mereka pada smartphone. Kepala menunduk, leher menekuk dan bahu serta punggung yang menyerong ke depan menjadi postur yang paling umum pada pemakai smartphone. Postur seperti inilah yang bisa menimbulkan dampak negatif pada leher dan punggung Anda.Kepala orang d [...]

Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan tidak hanya berisiko dialami anak-anak, namun juga pada orang dewasa. Kurangnya menjaga kebersihan bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong penyebaran infeksi akibat cacing. Gejala-gejala penyakit cacingan kadang tampak samar. Namun jika tidak ditangani dengan benar, penyakit cacingan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ada tiga jenis cacing yang paling umum menyebabkan penyakit cacingan, yaitu : Cacing Pita Cacing pita atau Cestodes, dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti pita yaitu pipih dengan ruas-ruas pada seluruh tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa dapat mencapai 4,5 hingga 9 meter. Cacing pita memasuki tubuh manusia ketika tangan yang bersentuhan dengan tinja yang mengandung telur cacing berdekatan dengan mulut ataupun makan makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Selain itu, daging babi, sapi ataupun ikan yang mentah juga diketahui dapat menyebabkan masuknya cacing pita pada tubuh manusia. Cacing tersebut kemudian dapat hidup dalam usus. Gejala infeksi cacing pita antara lain sakit perut dan terkadang diikuti dengan muntah dan diare. Namun, bisa saja infeksi cacing pita tidak menimbulkan gejala atau disalahartikan sebag [...]

Minum Urin Sendiri, Amankah?

Minum Urin Sendiri, Amankah?

Anda pernah dengar terapi minum air kencing? Terdengar menjijikan? Jangan salah, terapi ini sempat mengemuka pertengahan 90-an hingga kini di sebagian kalangan untuk tujuan maksud pengobatan dengan meminum air kencing (urin) Anda sendiri di pagi hari sebelum sarapan atau di waktu lainnya yang disarankan. Minum urin sendiri atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah urophagia, merupakan sebuah kegiatan yang mungkin sudah pernah Anda dengar. Terdapat beberapa alasan mengapa seorang minum urin sendiri. Namun bagaimana pandangan medis mengenai urophagia? Sebelum kita mengenal aspek aman atau tidaknya terapi ini, ada baiknya kita telusuri terlebih dahulu aspek sejarahnya bagaimana terapi minum air kencing sendiri ini dapat mengemuka. Sejarah Urophagia Urophagia sudah dikenal sejak zaman pengobatan kuno, seperti pada pengobatan Mesir, India dan Cina. Urophagia dipercaya dapat menangani berbagai penyakit. Selain itu, penggunaan urin juga erat kaitannya dengan budaya tertentu. Budaya kuno mencatat penggunaan urin untuk penyembuhan luka atau ritual spiritual. Minum urin sendiri juga dilakukan dalam situasi darurat dimana tidak terdapat air yang aman untuk [...]

Misteri Sirsak untuk Anti Kanker

Misteri Sirsak untuk Anti Kanker

Sempat marak di beberapa milis lokal menyebutkan bahwa fakta buah sirsak yang memiliki khasiat anti-kanker tengah ditutup-tutupin oleh perusahaan farmasi skala dunia dengan motif profit. Kenyataannya, justru sekarang banyak farmasi yang berlomba-lomba yang tengah meneliti zat yang dimiliki buah sirsak. Buah sirsak sebenarnya sudah diteliti oleh Health Sciences Institute, AS. Pada tahun 2000 ditemukan bahwa buah yang dalam Spanyol disebut graviola tersebut memiliki kemampuan sebagai pembunuh alami sel kanker, bahkan hingga 10 ribu kali lebih kuat dari kemoterapi yang menggunakan zat kimia. Benarkah demikian, berikut penjelasannya: Sirsak dan Kanker? Sebuah studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan yang sudah dipublikasikan dalam the Journal of Natural Products menyatakan bahwa salah satu unsur kimia yang dimiliki buah sirsak bernama annonaceous acetogenin memiliki kemampuan memilih, membedakan, dan membunuh sel kanker yang berkembang di usus besar. Di Indonesia sendiri sirsak sudah diaplikasikan herbal secara swadaya oleh masyarakat awam dengan cara merebus 10 helai daun sirsak yang telah hijau tua dengan 3 gelas air (600 cc) hingga dibiark [...]

Baca Ini Dulu Sebelum Mengonsumsi Multivitamin

Baca Ini Dulu Sebelum Mengonsumsi Multivitamin

Diperkirakan bahwa sebagian besar orang dewasa sering mengalami kekurangan vitamin C, D, A, serta mineral kalsium dan magnesium. Mengonsumsi multivitamin dianggap sebagian orang menjadi jalan keluar yang mudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Orang yang mengonsumsi multivitamin beranggapan bahwa pola makan yang sehat sekalipun masih belum mencukupi kebutuhan tubuh akan beragam nutrisi. Jika Anda berniat mengonsumsi multivitamin secara teratur, baca dulu fakta-fakta berikut. Klaim Manfaat Multivitamin Sebuah lembaga penelitian kesehatan menyarankan untuk rutin mengonsumsi multivitamin dengan vitamin D untuk mencukupi kebutuhan tubuh harian. Jika pola makan Anda tidak kaya akan sumber kalsium dan vitamin D seperti ikan, susu, dan sayuran, maka Anda perlu mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium tersendiri. Hal ini dikarenakan pada umumnya kedua nutrisi tersebut tidak terkandung di dalam multivitamin. Penelitian menemukan bahwa pada waktu-waktu tertentu, multivitamin memang dibutuhkan untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan tubuh, antara lain: Wanita hamil perlu mengonsumsi multivitamin atau suplemen yang mengandung asam folat untuk menghindari kelainan pada bayi. Lansia mungk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *