Penelitian Terbaru Bagi Penderita Hemophilia B

Hemophilia_B.jpg

Penelitian terbaru kerjasama para peneliti di Inggris dan Amerika menemukan hasil yang sangat menjanjikan bagi penderita hemophilia.

Hemophilia merupakan keadaan dimana tubuh seseorang mengalami cacat genetika pada kromosom X atau autosom mereka yang menyebabkan kekurangan faktor 8, 9 dan 11 dalam pembekuan darah. Sehingga proses pembekuan darah penderita tidak secepat manusia normal lainnya apabila terluka.

Bahkan untuk beberapa penderita hemophilia berat bisa mengalami pendarahan tiba-tiba yang apabila tidak segera dihentikan, dapat berakibat fatal hingga kematian.

Umumnya penderita hemophilia terjadi karena kerusakan kromosom X dalam gen. Dan karena pria hanya memiliki satu kromosom X dalam tubuhnya, menjadikan mereka sebagai mayoritas penderita berdasarkan keturunan. Meskipun umumnya penderita disebabkan oleh keturunan, namun ternyata 30% hemophilia didunia juga terjadi begitu saja tanpa diketahui sebabnya.

Hingga kini, pengobatan yang biasa diberikan kepada penderita hanyalah melalui suntikan tambahan faktor 8 atau transfusi rutin kriopresipitat-AHF bagi penderita Hemophilia A, tambahan faktor 9 atau transfusi plasma beku segar bagi penderita Hemophilia B dan tambahan suntikan faktor 11 bagi penderita Hemophilia C, minimal 2 kali dalam sebulan dengan biaya yang relatif besar. Selain memberikan beban biaya kepada penderita, pengobatan ini terbilang tidak menyenangkan bagi penderita karena harus melalui rasa tidak nyaman dan nyeri.

Untuk itu, hasil penelitian yang dipublikasikan New England Journal of Medicine dalam menunjukkan keberhasilan para peneliti meningkatkan faktor 9 pada penderita hemophilia B, memberikan janji tersendiri dalam pengobatan hemophilia.

Penelitian ini dilakukan dengan cara memasukkan virus adeno modifikasi kedalam tubuh penderita untuk menginfeksi sel hati sehingga mampu menghasilkan protein pembeku darah. Dari pemberian virus ini, terlehat kenaikan level faktor 9 pasien yang biasanya hanya sebanyak 1% dari jumlah pada manusia normal, dapat meningkat menjadi 2% hanya dengan dosis terendah selama 16 bulan. Bahkan penderita yang menerima dosis tertinggi, mampu memiliki 8% hingga 12% dalam 5 bulan.

Dimana hal tersebut merupakan peningkatan yang sangat berguna bagi penderita dalam menjalani kehidupan keseharian mereka seperti tidak perlu khawatir akan luka kecil akibat bercukur ataupun saat berolahraga. Kecuali apabila mereka mengalami kecelakaan besar seperti tabrakan, kejatuhan benda berat dan operasi.

Meskipun penelitian ini masih merupakan hal yang memerlukan perkembangan lebih lanjut, terlebih dalam melihat efek samping yang dapat muncul dikemudian harinya namun hasil dari penelitian ini sangat memuaskan para penderita hemophilia B dan komunitas peduli hemophilia. Dengan demikian diharapkan proses penyuntikan rutin yang harus mereka jalani dapat tergantikan.[](E)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menu Program Diet Untuk Mempercepat Metabolisme

Menu Program Diet Untuk Mempercepat Metabolisme

Dalam program diet ini, makanan dipecah menjadi empat jenis 'kalori aktif' - makanan kenyal, makanan lezat, makanan energi, dan makanan pemanasan. Berikut adalah cara masing-masing mendorong tubuh Anda untuk membakar lebih banyak kalori. Makanan Kenyal (Daging tanpa lemak, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran utuh). Kalori ini membuat tubuh Anda bekerja langsung pada saat memakannya. Makanan tinggi protein sebenarnya sekutu terbaik Anda dalam Diet Kalori Aktif karena makanan ini membuat mulut lebih banyak bekerja untuk mengunyah dan lebih lama untuk meninggalkan perut sehingga Anda mengambil lebih banyak waktu untuk makan dan memiliki meninggalkan rasa kenyang lebih lama. Makanan Sehat (Buah, sayuran, beras merah, gandum dan sereal). Selain kenyal, Kalori Aktif ini kaya akan serat, sehingga mengambil lebih banyak ruang di perut Anda (dibandingkan dengan makanan lain dengan jumlah kalori yang sama), dan meninggalkan sedikit ruang untuk porsi kedua. Makanan yang mengambil lebih banyak waktu untuk mengunyah, secara harfiah membuat mulut bekerja lebih keras (menambahkan pembakaran kalori sebesar 10 persen. Makanan Energi (Kopi, teh hitam dan hijau, dark chocolate). Anda bi [...]

7 Mitos Masturbasi Pria

7 Mitos Masturbasi Pria

Masturbasi merupakan segala aktivitas perangsangan seksual terhadap alat reproduksi yang menyebabkan kepuasan seksual. "Benar gak sih, kalo semakin sering onani, nantinya penis jadi semakin besar?" "Benar gak sih, kalo semakin sering onani, dengkul nanti jadi kopong?" "Benar gak sih, kalo semakin sering masturbasi, badan bisa jadi cepat tinggi?" Demikianlah, banyak persepsi yang didasari mitos yang menyesatkan. Ketahuilah tidak semua pernyataan diatas adalah benar. Agaknya, dewasa ini masyarakat banyak beredar mitos-mitos mengenai masturbasi dan dampaknya. Berikut adalah beberapa penjelasan secara medis dari mitos-mitos tersebut. Mitos #1: Masturbasi Memperbesar atau Memperpanjang Ukuran Penis Benarkah semakin sering masturbasi, nantinya ukuran penis akan semakin membesar? TIDAK BENAR Masturbasi memperbesar/memperpanjang ukuran penis Hal ini tidak benar. Memang belum ada studi yang meneliti ukuran penis rata-rata orang Indonesia, dan tidak ada hasil pengukuran yang benar-benar pasti. Namun, dari berbagai sumber, dapat disimpulkan bahwa pada umumnya ukuran penis yang ditemukan pada satu wilayah regional Asia, yaitu 8-11 cm saat tidak ereksi dan 12-14 cm saat [...]

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Von Willebrand (VWF) adalah gangguan pada perdarahan yang disebabkan oleh kekurangan protein yang paling banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit turunan atau keluarga. Jenis penyakit ini disebabkan oleh masalah Von Willebrand Factor (VWF). Ini adalah protein dalam darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Gen yang membuat VWF bekerja pada dua jenis sel, yaitu : sel endotel yaitu yang melapisi pembulu darah trombosit Jika tidak terdapat cukup VWF dalam darah, atau tidak bekeja dengan baik, maka dalam proses pembekuan darah memerlukan waktu yang lebih lama. Dalam tubuh darah diangkut ke pembuluh darah. Jika ada cedara jaringan, terjadi kerusakan pembuluh darah dan akan menyebabkan kebocoran darah melalui lubang pada dinding pembuluh darah tersebut. Pembuluh dapat rusak dekat permukaan seperti saat terpotong. Atau ia dapat rusak di bagian dalam tubuh sehingga terjadi memar atau perdarahan dalam. Mengenal Penyakit Von Willebrand Trombosit adalah sel kecil yang beredar dalam darah. Setiap trombosit berukuran garis tengah kurang dari 1/10,000 centimeter. Terdapat 150 sampai 400 miliar trombosit dalam satu liter dara [...]

Empat Jenis Makanan Penambah Sperma

Empat Jenis Makanan Penambah Sperma

Jumlah sperma yang sedikit dan tidak berkualitas bisa menghambat Anda menjadi seorang ayah. Tapi hal itu mungkin bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan penambah sperma. Menurut penelitian, pola makan yang buruk bisa menurunkan produksi serta kualitas sperma Anda. Agar kinerja sperma saat proses pembuahan berjalan optimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah sperma kaya nutrisi yang bisa membantu merangsang produksi sperma yang berkualitas. Berikut 4 jenis makanan penambah sperma yang mungkin bisa meningkatkan sekaligus memperbaiki kualitas sperma Anda: Makanan dengan antioksidan yang tinggi Zat antioksidan bisa membantu meningkatkan pergerakan sperma dan mencegahnya mengalami kerusakan. Anda bisa mendapatkan asupan antioksidan dari wortel, anggur, buah beri (blueberi, stroberi, dan raspberi), sayuran hijau (bayam, selada, dan brokoli), ubi manis, kacang-kacangan, teh, dan makanan yang terbuat dari gandum. Makanan yang mengandung asam folat Asam folat adalah nama lain dari vitamin B9. Menurut penelitian, pria yang kekurangan vitamin ini sulit memproduksi sperma yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan asam folat dari sayuran hijau, sereal, kacang-kacangan, dan buah- [...]

90% Warga Inggris Terganggu Saat Ada Karyawan yang Flu Tetap Masuk Kerja

90% Warga Inggris Terganggu Saat Ada Karyawan yang Flu Tetap Masuk Kerja

Ketika terserang flu atau pilek, sebagian besar karyawan biasanya memilih tetap masuk kerja demi menunjukkan performa dan dedikasinya. Namun berbeda dengan di Inggris, karyawan yang sakit justru tidak diharapkan pergi ke kantor dan akan lebih baik jika mereka diam di rumah saja.Studi yang dilakukan Otrivine, sebuah produk khusus untuk mengatasi gangguan hidung dan saluran pernapasan menunjukkan bahwa 90 persen orang lebih mengharapkan rekan kerjanya yang sakit untuk bekerja di rumah atau istirahat total ketimbang ke kantor. Alasannya bukan sekadar simpati, tapi takut menular ke karyawan lainnya.Dari hasil studi terungkap bahwa 52 persen orang yang terserang flu tidak menutup mulut mereka ketika batuk atau bersin. Kebiasaan menyedot atau mengelap cairan hidung dengan lengan saat pilek juga dianggap menjijikan dan mengganggu bagi 44 persen orang. Itulah sebabnya mengapa banyak warga Inggris tidak suka karyawan yang sakit masuk kantor.Para karyawan yang pilek atau flu bukannya tidak sadar kalau kelakuan mereka telah mengganggu karyawan lainnya. Sedikitnya ada 46 persen pekerja mengaku suka bersin dan batuk tanpa menutupi mulut serta hidung mereka. Sebanyak 31 persen pekerja restora [...]

7 Cara Mudah Atasi Hangover Usai Pesta

7 Cara Mudah Atasi Hangover Usai Pesta

Meminum banyak minuman beralkohol saat pesta, kerap kali membuat Anda merasa pusing dan mual keesokan harinya. Inilah yang disebut hangover. Seperti yang dikutip dari Menshealth, berikut tujuh cara untuk mengatasi hangover.1. Minum AirAlkohol merupakan diuretik yang dapat membuat dehidrasi, itulah alasan mengapa Anda seringkali buang air kecil setelah meminum alkohol. Menurut Daniel K. Hall-Flavin, M.D., seorang konsultan psikiatri kecanduan di Mayo Clinic, menyarankan agar meminum setengah liter air sebelum tidur. Selain itu, ia juga merekomendasikan agar Anda memesan segelas air saat meminum bir. Hal ini berguna untuk menggantikan cairan yag hilang akibat alkohol.2. Hindari Minuman Berenergi"Meskipun efek diuretik alkohol dapat menyebabkan tubuh kehilangan elektrolit, tapi tidak harus digantikan dengan segera,"ujar Samir Zakhari, direktur divisi metabolisme dan kesehatan di National Institute. Penelitian juga menunjukkan bahwa minuman penambah energi tidak lebih baik daripada air.3. Minum Air Setelah Meminum KopiBanyak orang yang mengalami hangover dan memilih kopi untuk membuat mereka tetap terjaga di kantor. Walau kopi dapat membantu mengurangi sakit kepala dan migrain, teta [...]

Suplemen Vitamin E Bisa Tunda Pikun, Lho!

Suplemen Vitamin E Bisa Tunda Pikun, Lho!

Tentu kita paham bahwa vitamin E sama dengan vitamin lainnya memiliki efek yang baik untuk tubuh kita. Namun baru ditemukan bahwa ternyata vitamin E memiliki efek menghambat perkembangan dari penyakit pikun. Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin E memiliki keuntungan dalam memperlambat gejala pikun khusunya untuk pasien dengan bentuk penyakit yang ringan hingga sedang. Vitamin E dengan dosis 2,000 IU secara aman telah terbukti dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer (pikun) sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan di JAMA. Para peneliti dari Minneapolis VA Health Care System meneliti 613 penderita Alzheimer dengan membagi 3 kelompok. Kelompok pertama mendapat vitamin E, kelmpok kedua mendapat obat memantine (obat yang berfungsi dalam menjaga fungsi saraf pada pasien Alzheimer) dan kelompok ketiga mendapatkan placebo (obat bohongan). Setelah 2,3 tahun kelompok yang mendapatkan vitamin E menunjukkan terjadi perlambatan dalam penurunan fungsi dalam melakukan kegiatan sehari seperti membuat rencana, membuat makanan dan belanja dibandingkan dengan pasien yang mendapat placebo. Pada kelompok yang mendapat vitamin E terjadi perlambatan dalam penurunan fungsi kegiatan s [...]

Mencermati Keamanan Pembalut Wanita

Mencermati Keamanan Pembalut Wanita

Pembalut wanita sekali pakai sempat menjadi bahan pembicaraan hangat karena dikhawatirkan mengandung bahan kimia berbahaya. Sebenarnya apakah produk ini aman digunakan? Pembalut wanita adalah bahan yang digunakan untuk menyerap cairan atau darah yang keluar saat datang bulan. Pembalut yang digunakan wanita setiap datang bulan tersedia dalam berbagai merek, ukuran, jenis, dan bentuk. Beberapa bahkan menawarkan pembalut beraroma. Sebagian besar pembalut tersedia dalam bahan sekali pakai. Namun ada juga pembalut kain yang dapat digunakan berulang. Berdasarkan fungsinya terdapat beberapa jenis pembalut wanita: Panty liner: digunakan untuk menyerap lendir atau cairan vagina sehari-hari. Reguler: untuk digunakan pada hari-hari datang bulan. Super/maxi: digunakan pada hari tertentu volume haid sedang tinggi. Overnight/malam hari: biasanya berbentuk lebih panjang untuk mencegah kebocoran. Khusus untuk ibu pascamelahirkan: untuk menyerap darah yang masih keluar pascapersalinan. Apakah Pembalut Mengandung Bahan yang Berbahaya? Di Indonesia, baru-baru ini pembalut wanita sempat menjadi topik hangat. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan sejumlah merek pembalut wanita me [...]

4 Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

4 Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

Oleh: dr. Jessica Florencia Apakah Anda pernah dikejutkan dengan berita duka kematian seseorang yang begitu tiba-tiba dalam usia muda? Kematian mendadak memang tidak sering ditemui, namun kejadiannya makin sering ditemukan baik pada usia tua maupun pada usia yang semakin muda. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kematian mendadak pada usia muda yang perlu diwaspadai adalah: 1. Henti JantungKematian mendadak karena henti jantung dapat diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah: Adanya masalah pada pembuluh darah jantung baik penyumbatan maupun pembuluh darah jantung yang tidak normal Otot jantung yang menebal sehingga membuat proses pompa darah jantung menjadi sangat sulit. Adanya masalah irama jantung yang diturunkan secara genetik 2. Pecahnya Pembuluh Darah Pecahnya pembuluh darah terutama dapat disebabkan karena beberapa hal: Pelebaran pembuluh darah dan menipisnya dinding pembuluh darah, dalam dunia medis disebut dengan aneurisma. Kondisi ini dapat terjadi di pembuluh darah besar seperti di pembuluh utama jantung atau di pembuluh darah otak atau ginjal. Tekanan darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebab [...]

6 Tips Bebas Kantung Mata

6 Tips Bebas Kantung Mata

Mata merupakan salah satu tanda penuaan yang muncul paling awal. Yuk, Ikuti 6 tips di bawah ini untuk menjaga mata terlihat muda dan bebas kantung mata: 1. Jangan merokok dan selalu aplikasikan tabir surya di kulit sekitar mata. Merokok dan pajanan sinar ultraviolet melemahkan kolagen dan dapat menyebabkan munculnya keriput dan ?turunnya? kulit mata. 2. Gunakan pelembab pada area mata pada malam hari. Pelembab jenis apa pun dapat memberikan hidrasi yang diperlukan oleh area tersebut. 3. Gunakan krim vitamin A atau asam retinoid (tretinoin) sebagai regimen perawatan kulit harian. Regimen ini digunakan untuk mencegah keriput dan memperbaiki garis-garis kulit wajah yang sudah ada. 6 Tips Bebas Kantung Mata 4. Untuk mengatasi mata yang bengkak, gunakan sendok yang sudah didinginkan, potongan timun, atau kantung teh yang sudah dimasukkan ke dalam freezer. Suhu dingin yang ada dapat mengurangi pembengkakan yang ada. 5. Ganti posisi tidur. Posisi tidur dapat berkontribusi terhadap timbulnya kantung mata. Karena daya gravitasi, tidur dalam posisi miring atau tengkurap menyebabkan cairan terkumpul di bawah mata. Sebaiknya tidur dalam posisi terlentang dan gunakan ban [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *