Penelitian Terbaru Bagi Penderita Hemophilia B

Hemophilia_B.jpg

Penelitian terbaru kerjasama para peneliti di Inggris dan Amerika menemukan hasil yang sangat menjanjikan bagi penderita hemophilia.

Hemophilia merupakan keadaan dimana tubuh seseorang mengalami cacat genetika pada kromosom X atau autosom mereka yang menyebabkan kekurangan faktor 8, 9 dan 11 dalam pembekuan darah. Sehingga proses pembekuan darah penderita tidak secepat manusia normal lainnya apabila terluka.

Bahkan untuk beberapa penderita hemophilia berat bisa mengalami pendarahan tiba-tiba yang apabila tidak segera dihentikan, dapat berakibat fatal hingga kematian.

Umumnya penderita hemophilia terjadi karena kerusakan kromosom X dalam gen. Dan karena pria hanya memiliki satu kromosom X dalam tubuhnya, menjadikan mereka sebagai mayoritas penderita berdasarkan keturunan. Meskipun umumnya penderita disebabkan oleh keturunan, namun ternyata 30% hemophilia didunia juga terjadi begitu saja tanpa diketahui sebabnya.

Hingga kini, pengobatan yang biasa diberikan kepada penderita hanyalah melalui suntikan tambahan faktor 8 atau transfusi rutin kriopresipitat-AHF bagi penderita Hemophilia A, tambahan faktor 9 atau transfusi plasma beku segar bagi penderita Hemophilia B dan tambahan suntikan faktor 11 bagi penderita Hemophilia C, minimal 2 kali dalam sebulan dengan biaya yang relatif besar. Selain memberikan beban biaya kepada penderita, pengobatan ini terbilang tidak menyenangkan bagi penderita karena harus melalui rasa tidak nyaman dan nyeri.

Untuk itu, hasil penelitian yang dipublikasikan New England Journal of Medicine dalam menunjukkan keberhasilan para peneliti meningkatkan faktor 9 pada penderita hemophilia B, memberikan janji tersendiri dalam pengobatan hemophilia.

Penelitian ini dilakukan dengan cara memasukkan virus adeno modifikasi kedalam tubuh penderita untuk menginfeksi sel hati sehingga mampu menghasilkan protein pembeku darah. Dari pemberian virus ini, terlehat kenaikan level faktor 9 pasien yang biasanya hanya sebanyak 1% dari jumlah pada manusia normal, dapat meningkat menjadi 2% hanya dengan dosis terendah selama 16 bulan. Bahkan penderita yang menerima dosis tertinggi, mampu memiliki 8% hingga 12% dalam 5 bulan.

Dimana hal tersebut merupakan peningkatan yang sangat berguna bagi penderita dalam menjalani kehidupan keseharian mereka seperti tidak perlu khawatir akan luka kecil akibat bercukur ataupun saat berolahraga. Kecuali apabila mereka mengalami kecelakaan besar seperti tabrakan, kejatuhan benda berat dan operasi.

Meskipun penelitian ini masih merupakan hal yang memerlukan perkembangan lebih lanjut, terlebih dalam melihat efek samping yang dapat muncul dikemudian harinya namun hasil dari penelitian ini sangat memuaskan para penderita hemophilia B dan komunitas peduli hemophilia. Dengan demikian diharapkan proses penyuntikan rutin yang harus mereka jalani dapat tergantikan.[](E)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Berbagai Manfaat Jambu Biji

Berbagai Manfaat Jambu Biji

Jambu biji memiliki nutrisi yang cukup baik, yaitu memiliki zat anti kanker, menurunkan tekanan darah, dan membantu pengobatan demam berdarah. Indonesia adalah Negara agraris penghasil buah tropis. Salah satu jenis buah tropis adalah jambu biji. Orang terkadang memandang sebelah mata dengan buah tropis yang satu ini. Padahal dilihat dari kandungan gizinya, jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Tak Cuma itu, jambu biji juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan sebagai anti kanker. Halaman berikut menjelaskan berbagai macam manfaat buah jambu biji: Jambu Biji Mengandung Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk Selama ini masyarakat sering mendapatkan informasi bahwa sumber vitamin C banyak terdapat didalam buah jeruk. Padahal jika dilihat dari kandungan vitamin C, jambu biji dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Setiap 100 gr jambu biji mengandung 87 mg vitamin C, sedangkan jeruk hanya mengandung 49 mg. Bahkan dibandingkan buah impor seperti apel atau anggur, kandungan vitamin C jambu biji puluhan kali lipat jumlahnya. Menurut daftar Analisis Bahan Makanan (1992), apel hanya mengandung vitamin C sebanyak 5 mg/100 gr dan anggur hanya men [...]

Sering Susah Tidur? 5 Makanan Ini Bisa Membantu Anda!

Sering Susah Tidur? 5 Makanan Ini Bisa Membantu Anda!

Gejala susah tidur sering sekali kita rasakan, walaupun badan dan pikiran sudah lelah tetapi belum tentu mudah untuk tidur. Jika Anda sering mengalaminya, lima makanan ini akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Apa saja makanannya? Simak di sini, seperti dikuip dari She Knows.1. Ayam Kalkun (Turkey)Makanan ini kaya akan amino acid tryptophan yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang tenang dan nyenyak. Tryptohan itu sendiri tidak akan membuat Anda mengantuk melainkan dapat membantu otak untuk memproduksi serotonin yang diperlukan untuk tidur dan relaksasi.2. Mashed PotatoesMengonsumsi kentang dipercaya tidak akan membuat kadar glukosa darah Anda tinggi dan dapat mengeliminasi asam yang sering memblok tryptophan. Buatlah mashed potatoes dengan susu rendah lemak untuk merangsang tubuh mendapatkan tidur yang sehat.3. PisangBuah yang satu ini bisa dibilang sebagai obat tidur alami karena mengandung melantonin dan tryptophan yang akan menghasilkan serotonin untuk membantu merangsang otak dan membantu Anda tertidur. Pisang juga mengandung magnesium yang diketahui berguna untuk relaksasi dan bisa menghilangkan ketegangan fisik, serta stress.4. SusuJika mempunyai [...]

Awas! Perawatan Salon Bisa Tularkan Penyakit Kulit

Awas! Perawatan Salon Bisa Tularkan Penyakit Kulit

Semua wanita pasti senang mengunjungi salon kecantikan untuk melakukan perawatan tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa salon juga bisa jadi tempat yang membahayakan kesehatan?Seperti yang dikutip dari ourvanity, iritasi, jerawat, kulit kemerahan dan infeksi merupakan risiko kesehatan yang umum didapat dari salon kecantikan. Walau begitu, bukan berarti Anda tak bisa menyiasati hal tersebut. Seperti yang dikutip dari ourvanity, ada baiknya jika Anda mengetahui bahaya di balik salon kecantikan dan cara menghindarinya.1. Manicure & Pedicure SalonMenicure merupakan salah satu perawatan kecantikan dengan risiko bahaya kesehatan paling tinggi. Bakteri, jamur, bahkan penyakit Hepatitis C bisa tertular lewat penggunaan peralatan manicure atau pedicure yang tidak steril atau terapis yang ceroboh.Untuk menghindari hal itu, perhatikan dengan seksama peralatan manikur yang digunakan. Sebelum memulai manicure atau pedicure, pastikan terapis Anda mensterilkan peralatannya di depan mata Anda. Jika tak juga yakin dengan kebersihannya, membawa peralatan manicure atau pedicure sendiri merupakan pilihan yang bijak.2. Hairdressing SalonSalon untuk rambut juga berpontensi memberikan risiko terhadap ke [...]

Makan Serangga Dapat Mencegah Kegemukan Badan

Makan Serangga Dapat Mencegah Kegemukan Badan

Baru-baru ini sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan bahwa konsumsi serangga memberikan efek kesehatan yang baik. Sumber nutrisi di dalam serangga ternyata baik bagi kesehatan dan dapat membantu mencegah obesitas. Belahan dunia Afrika dan Asia merupakan wilayah percontohan yang telah menunjukkan bahwa konsumsi serangga tidak berbahaya. Serangga seperti belalang, rayap semut telah diolah sedemikian rupa oleh bangsa Afrika dan Asia menjadi makanan yang garing dan renyah serta bernutrisi tinggi. Di beberapa negara Asia dan Afrika, serangga memang merupakan makanan ringan tradisional yang umum dijual di pinggir jalan sebagai makanan cemilan pinggir jalan yang gurih dan terjangkau. Dan percaya atau tidak, ternyata serangga dilaporkan oleh Organisasi Makanan dan Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of The United Nations, FAO UN) sebagai sumber nutrisi protein setinggi daging sapi dan menyehatkan. Berikut penjelasannya: Serangga Ternyata Berprotein Tinggi Organisasi Makanan dan Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of The United Nations, FAO UN) melaporkan ba [...]

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berpuasa

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berpuasa

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar di kala berpuasa, asupan makanan yang kita konsumsi saat berbuka dan saat sahur haruslah bergizi dan seimbng. Asupan makanan tersebut harus tepat dengan metode memasak yang baik sehingga dapat dikemas menjadi sumber energi sepanjang hari dan menjadikan tubuh tetap fit dan tidak lemas. Di bawah ini terdapat jenis makanan dan metode memasak yang disarankan di kala sahur dan berbuka dan yang sebaiknya dihindari: Makanan yang Dihindari Alternatif Makanan Sehat Makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak dan sangat panas (deep fried food), seperti snak gorengan (pisang goreng, tahu, tempe) Karbohidrat kompleks yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama seperti nasi merah, kentang, roti gandum, roti yang dipanggang, kacang-kacangan. Sayuran yang banyak mengandung serat juga dicerna lebih lama dan menimbulkan perasaan kenyang Makanan dengan kadar gula tinggi seperti kolak, biji salak, es teler, es buah, coklat, cake dalam jumlah berlebihan Makanan yang dipanggang, ditumis, dikukus, atau direbus lebih baik dibandingkan makanan yang digoreng Makanan dengan kadar lemak tinggi seperti kulit ayam, jerohan, santan, da [...]

6 Makanan yang Bisa Atasi Berbagai Tipe Bad Mood

6 Makanan yang Bisa Atasi Berbagai Tipe Bad Mood

Ada banyak tipe mood buruk yang dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari rasa kesal, sedih, stres hingga marah. Namun ada cara menyenangkan untuk mengatasinya, yaitu dengan makan.Tenang, jangan terburu panik! Makanan-makanan 'penghilang' mood buruk ini terbukti menyehatkan dan tak membuat berat badan naik secara drastis. Seperti yang dikutip dari womansday, ini dia enam makanan dan minuman yang bisa bantu atasi berbagai tipe 'bad mood'.1. Stres: Dark ChocolatePara ahli kesehatan mengatakan bahwa dark chocolate dapat membantu mengurangi hormon stres. Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Swiss dalam Journal of Proteome Research, menemukan bahwa memakan sepotong kecil dark chocolate dapat menurunkan tingkat kortisol --hormon stres-- dan kolamin, mengurangi kecemasan, serta menambah energi.2. Lesu & Tak Bisa Berkonsentrasi : Bayam"Lupakan kopi dan makanlah salad bayam. Tingginya kadar homocysteine --asam amino yang diproduksi tubuh-- berhubungan dengan kerusakan pembuluh darah, dan menggangu aliran darah ke otak sehingga membuat Anda lesu, lambat memproses atau mengingat informasi," ujar Dr. Joanna Dolgoff, MD penulis buku 'Red Light, Green Light, Eat Right'. Cara [...]

Gara-gara Anjing, Wanita Ini Sembuh dari Anoreksia

Gara-gara Anjing, Wanita Ini Sembuh dari Anoreksia

Tricia Webb merupakan wanita asal Inggris yang mengidap anoreksia cukup parah. Wanita berusia 35 tahun itu benar-benar kurus kering bagaikan tengkorak terbungkus kulit. Hii!Saat itu berat badan Tricia hanya 28,35 kg. Iapun harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami kolaps. Bahkan, tulang-tulangnya yang rapuh tak mampu lagi menahan bobot tubuhnya itu. Wanita berambut pendek ini juga pernah mematahkan tulang bahunya sendiri dan pingsan. Namun kini, hidup Tricia sudah berubah total. Ia berhasil menambah berat tubuhnya sebanyak 18 kg. Tricia pun sudah keluar dari rumah sakit selama satu bulan terakhir ini. Sembuhnya Tricia dari penyakit anoreksia ini ternyata gara-gara empat ekor anjingnya yang berjenis Cavalier King Charles spaniels. Bagaimana bisa?"Anjing-anjing saya ini mengubah hidup saya. Mereka menyelamatkan saya dari kematian," jelas Tricia yang sudah 20 tahun berjuang melawan anoreksia, seperti dikutip dari Daily Mail. Keempat anjing Tricia berusia antara 7 - 9 tahun. Anjing-anjingnya itu bernama Tyler, Bodie, Max, dan Sam. Tricia mengaku, bahwa binatang peliharaannya itu merupakan alasannya untuk hidup. "Tanpa kunjungan rutin mereka (keempat anjingnya) ke pusat rehabil [...]

Ini Sebabnya Obat Generik Bisa Lebih Murah

Ini Sebabnya Obat Generik Bisa Lebih Murah

Obat yang beredar di Indonesia digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu obat generik berlogo (OGB) dan obat generik bermerek (obat dagang). Namun, minat pembelian masyarakat Indonesia untuk obat generik masih tergolong rendah. Selain itu meskipun pemerintah sudah mencanangkan berbagai program untuk penggunaan obat generik agar menurunkan biaya pengobatan, tetap saja obat generik masih kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena tak dapat dihindarkan, stigma murah di masyarakat lekat dengan konotasi 'murahan' yang kerap diasosiasikan dengan kualitas dan mutu sealakadarnya. Padahal, belum tentu murah itu 'murahan'. Untuk mengetahui lebih lanjut kenapa obat generik hadir di pasaran bisa lebih murah, ada baiknya kita ketahui dulu bagaimana obat generik dibuat. Halaman berikut penjelasannya: Mengenal Obat Generik Pada tahun 1989, dengan tujuan memberikan alternatif obat bagi masyarakat, pemerintah Indonesia meluncurkan program Obat Generik Berlogo (OGB) dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, serta ketersediaan obat yang cukup. Bedanya OGB dengan obat bermerek lain adalah OGB tidak ada biaya promosi, sehingga harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan masy [...]

Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Dihindari Saat Malam Hari

Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Dihindari Saat Malam Hari

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu seseorang untuk tidur lebih lelap. Namun juga ada makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa akan membuat Anda makin gemuk dan berisiko terkena penyakit. Seperti yang dikutip dari All Women Stalk, berikut daftar makanan dan minuman tersebut.Makanan dan Minuman yang Boleh Dikonsumsi1. Air mineralRasa haus suka diikuti dengan rasa lapar. Jadi sebelum Anda membuka lemari es atau lemari makanan, ada baiknya meminum satu sampai dua gelas air putih terlebih dahulu. Tunggu selama sekitar 10 menit, jika perut Anda masih terasa lapar, baru Anda bisa memakan camilan.2. SusuTriptofan dan asam amino yang terkandung dalam susu dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Pada dasarnya triptofan membantu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh, serotonin inilah yang memberikan rasa kantuk dan merilekskan tubuh. Sebagai bonusnya, Anda pun dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan mengonsumsi susu. Jangan lupa untuk memilih susu yang rendah lemak.3. Kacang-kacanganMakanan yang kaya akan antioksidan ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak ada lagi bangun tengah malam karena kelaparan. Kacang juga memban [...]

Untuk Manusia, Lebih Baik Susu Sapi  atau Susu Kacang?

Untuk Manusia, Lebih Baik Susu Sapi atau Susu Kacang?

Air susu ibu (ASI) tak diragukan lagi memiliki komponen paling sempurna sebagai makanan utama bagi bayi. Sampai saat ini belum ada makanan atau minuman pengganti lain untuk bayi, yang dapat memberikan gizi sebaik ASI. Fungsi bahan komponen ASI sangat beragam, yakni sebagai anti-infeksi, anti-radang, zat untuk pertumbuhan, dan prebiotik. Selain itu, ASI memiliki kandungan nutrisi yang dinamis, artinya kandungan nutrisinya akan berubah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi seiring pertumbuhannya. Anjuran pemberian ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan, artinya bayi tidak mendapat makanan apapun selain ASI sampai dengan usia 6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi akan mendapat makanan padat sebagai pendamping ASI. Pemberian ASI kemudian diteruskan sampai anak berusia 2 tahun. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pada usia 2 tahun Si Kecil dapat diberikan susu selain ASI sebagai asupan tambahan.Susu yang berada di pasaran umumnya berasal dari sapi. Selain itu, susu yang bisa dikonsumsi oleh manusia ada yang berasal kambing, domba, kuda, banteng, dan unta. Namun susu dari sumber lain selain sapi tidak banyak diproduksi secara massal sehingga sulit didapatkan di pasaran. Bagaimana d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *