Penemuan Baru Vaksin AIDS

obat-aids-hiv-vaksin-imunisasi-imun-tubuh.jpg

Pada bulan April 2013, peneliti melaporkan suatu gebrakan yang dapat mengubah dunia yaitu penemuan terbaru tentang antibodi yang dapat menetralisir AIDS.

Infeksi HIV merupakan infeksi molekuler yang intensif bermulai dari saat virus menginfeksi inang baru hingga munculnya penyakit AIDS.

Perkembangan AIDS bukan karena tubuh kita tidak dapat melawan HIV, namun akibat pertahanan tubuh yang semakin melemah di saat virus tetap bertahan.

Saat ini, penelitian yang dipimpin oleh Barton Haynes, Direktur di Duke University Human Vaccine Institute di Duke University School of Medicine, berpendapat bahwa mereka menemukan jalan untuk membantu sistem imun manusia.

Dimulai saat infeksi, sistem imun kita langsung aktif dan mengeluarkan antibodi untuk menghancurkan virus HIV.

Pada minggu-minggu pertama, antibodi ini pada umumnya sukses mengeliminasi hampir semua virus namun tetap ada beberapa virus tersisa yang tidak dapat terdeteksi.

Virus-virus yang tidak terdeteksi ini, akan bermutasi dan berkembang biak sampai terbentuk antibodi baru untuk membunuh mereka.

Hingga mencapai suatu titik dimana pembunuhan dari virus memicu replikasi yang lebih banyak sampai tubuh tidak sanggup lagi melawan virus.

Lalu, bagaimana cara kerja vaksin AIDS?

Penemuan Baru Vaksin AIDS

Bagaimana cara kerja vaksin AIDS?

Seperti yang diterbitkan dalam jurnal ?Nature?, dalam penelitannya Haynes mengumpulkan dan menyimpan sampel darah dari 400 pasien, dimulai dari saat infeksi HIV.

Haynes menemukan bahwa ?neutralizing antibody? muncul setelah 14 minggu infeksi yang dapat berikatan baik dengan virus HIV.

Antibodi ini dapat menjadi senjata perang melawan virus, dan merupakan target kuat untuk pembuatan vaksin.

Haynes berkata bahwa mereka sudah menemukan cara kerja antibodinya namun yang sekarang sedang dicari adalah bagaimana cara mempergunakan antibodi ini untuk vaksin.

Dalam penelitiannya, Ia menemukan bahwa semufa individu yang terinfeksi oleh HIV, mengeluarkan antibodi ini, namun virus HIV dapat mengelabui sistem imun tubuh.

Haynes berpendapat bahwa setiap individu mempunyai cara sendiri untuk melawan HIV, saat ini Haynes dan kolega sedang melakukan peta jalur dari apa yang memicu keluarnya antibodi pada setiap individu.

Ia berharap dapat ditemukan jalur yang sama atau mirip antar individu, dimana kesamaan ini dapat menmberi harapan perkembangan vaksin.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
8 Penyebab Batuk Kronis

8 Penyebab Batuk Kronis

Ketika Anda memiliki keluhan batuk selama berminggu-minggu, bagaimana Anda tahu apakah itu hanyalah flu yang ringan ataukah ternyata lebih serius? Sebuah batuk kronis didefinisikan sebagai batuk yang berlangsung selama lebih dari 8 minggu. Berikut adalah 8 penyebab timbulnya batuk kronis seperti dilansir dalam health.com: 1. Asma dan Alergi. Asma adalah penyakit penyakit paru-paru kronis dimana saluran udara di paru-paru rentan terhadap inflamasi dan pembengkakan. Asma biasanya terjadi pada masa kanak-kanak. Pemicunya pun berbeda pada setiap orang, seperti olahraga, pilek, asap rokok, dan iritasi udara lainnya, serta makanan tertentu. Biasanya penderita asma juga memiliki alergi. 2. Chronic obstructive pulmonary disease (Penyakit paru-paru obstruktif kronis). Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan batuk yang mengganggu adalah PPOK. kondisi paru-paru yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema. PPOK terjadi ketika saluran udara dan kantung udara di paru-paru menjadi meradang atau rusak, paling sering disebabkan oleh merokok dan lebih sering terjadi setelah usia 45. Pada penderita PPOK, paru-paru menghasilkan lendir berlebih, yang kemudian tubuh akan secara refleks mencoba untuk m [...]

Ini yang Terjadi Jika Anda Mencampur Minuman Energi dengan Susu

Ini yang Terjadi Jika Anda Mencampur Minuman Energi dengan Susu

Konsumsi minuman berenergi telah lama dikenal luas dan marak dilakukan oleh banyak kalangan. Sebagian orang merasa sangat terbantu dengan mengonsumsi minuman ini, sebagian yang lain merasa ragu dengan efek sampingnya. Tren terbaru adalah mencampurnya dengan minuman lain. Pencampurannya dengan alkohol telah cukup terkenal di luar negeri, namun hal ini telah diyakini berbahaya dan tidak menyehatkan. Bagaimana dengan pencampurannya dengan susu? ?Minuman energi? adalah minuman yang umumnya mengandung kafein, taurin, vitamin, suplemen herbal, gula maupun pemanis buatan. Minuman ini menjanjikan peningkatan energi, performa, stamina, dan konsentrasi. Akibat kandungan kafein dan gula yang tinggi inilah minuman ini diyakini dapat memberikan efek-efek yang diharapkan tersebut. Kafein menyebabkan terlepasnya hormon yang memberikan kondisi ?waspada? dan ?terjaga?, serta mempengaruhi pusat kebahagiaan di otak. Dari kafein inilah orang-orang yang mengonsumsi minuman berenergi mendapatkan perasaan awas, segar, dan berstamina. Namun bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, akan muncul efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Lalu apa yang terjadi jika dicampur dengan susu? Apakah justru ja [...]

10 Mitos Kehamilan Terkait Makanan

10 Mitos Kehamilan Terkait Makanan

Kehamilan adalah keajaiban Tuhan. Sang Pencipta menyapa kita lewat proses kehamilan dan perkembangan janin yang sangat rumit dan mencengangkan. Berita kehamilan pastinya membawa kemeriahan tersendiri dalam keluarga. Namun, seringkali, seiring antusiasme keluarga dan orang terdekat terhadap kehamilan, berkembanglah mitos-mitos seputar kehamilan. Banyak sekali mitos-mitos mengenai kehamilan yang beredar di masyarakat. Kali ini, kita akan membahas mitos-mitos seputar kehamilan yang berkaitan dengan asupan makanan Ibu Hamil. Pasalnya, justru lebih banyak pendapat yang menyesatkan dan mitos salah yang berlawanan dengan fakta kesehatan ibu hamil dan makanannya. Apa saja mitos makanan selama kehamilan yang sering beredar? Mitos 1: Makan yang Banyak Selagi Hamil Karena Untuk 2 Orang Ini merupakan mitos yang menjebak. Ibu hamil memang perlu memperhatikan asupan makanannya, namun tidak boleh berlebihan. Asupan makanan dan berat badan Ibu dan janin tetap harus dikontrol agar bayi tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Peningkatan berat badan ibu hamil dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) normal berkisar antara 12-15 kg, sedangkan bagi mereka dengan IMT lebih atau obesitas [...]

Ini Dia, 3 Makanan Berlemak Kaya Nutrisi

Ini Dia, 3 Makanan Berlemak Kaya Nutrisi

Siapa bilang popcorn hanya akan membuat ukuran pinggang Anda bertambah besar? Sebuah studi menungkapkan bahwa ada tiga makanan berlemak yang kaya nutrisi. Apa sajakah itu?Sayuran dan buah kerap kali menjadi solusi untuk dapatkan asupan nutrisi lengkap. Namun ternyata, ada tiga camilan lezat (dan berlemak) yang kaya akan nutrisi. Ini dia tiga camilan tersebut, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Keju cheddarMenurut ahli gizi, Deepshikha Agarwal, "Keju adalah sumber kalsium, dan juga merupakan sumber fosfor yang baik untuk gigi dan tulang yang kuat. Selain itu keju juga mampu meningkatkan kinerja otak anak."Kandungan zinc yang terkandung di dalam keju baik untuk kulit, kekebalan tubuh dan kesuburan. Selain itu, riboflavin, vitamin B12 dan vitamin A berguna untuk kesehatan mata dan memberikan tambahan energi. Satu potong keju setelah makan akan menetralisasi kadar asam di mulut dan meningkatkan produksi air liur yang membantu mencegah kerusakan gigi. Namun jangan lupakan kandungan lemak yang tinggi di dalam keju, jangan mengonsumsinya secara berlebihan.2. Selai kacangCamilan ini merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik untuk kesehatan usus dan juga mengandung fol [...]

Penyakit Hati Masih Bisa Dicegah, Lakukan dari Sekarang

Penyakit Hati Masih Bisa Dicegah, Lakukan dari Sekarang

Hati berperan penting menjaga tubuh tetap sehat dengan mengeluarkan racun dari tubuh yang masuk bersama makanan dan minuman. Hati memproduksi cairan empedu yang selain berfungsi membantu memecah lemak dari makanan, juga mampu menyimpan glukosa yang nantinya mendukung penyediaan energi bagi tubuh. Oleh karenanya, apa pun bentuk gangguan yang menimpa organ ini dapat berisiko mengganggu sistem pengeluaran racun dari dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, pada akhirnya berisiko mendatangkan penyakit yang membahayakan nyawa. Sayangnya, banyak kebiasaan sehari-sehari manusia yang berisiko menyebabkan gangguan pada hati. Mulai perhatikan makanan Anda dari sekarang dan cermati juga kondisi-kondisi yang menyimpan risiko seperti berikut ini. Terlalu banyak konsumsi gula Hati membutuhkan fruktosa, yaitu salah satu jenis gula, untuk memproduksi lemak. Tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi gula olahan dan pemanis buatan dari sari pati jagung dengan kadar fruktosa tinggi, maka dapat menyebabkan penumpukan yang berisiko menyebabkan penyakit hati. Jenis gula ini umumnya terdapat pada minuman soda, permen, dan kue manis. Risiko ini bahkan dapat terjadi pada orang yang tidak mengalami kelebiha [...]

Tips Sahur yang Sehat

Tips Sahur yang Sehat

Konsumsilah makanan yang dicerna dalam jangka waktu lama dibandingkan mengonsumsi makanan yang cepat dicerna. Makanan yang dicerna dalam jangka waktu lama atau sekitar 8 jam pencernaan diantaranya adalah karbohidrat kompleks (gandum, beras merah). Sedangkan makanan yang cepat dicerna (3-4 jam) dan sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat sederhana Perbanyak makan sayuran karena sayuran mengandung serat yang cukup lama dicerna sehingga menimbulkan rasa kenyang lebih lama Tingkatkan asupan cairan dalam jumlah cukup (3-4 gelas air) Jangan minum minuman yang mengandung kafein karena bersifat diuretik dan dapat menimbulkan keluhan sakit kepala akibat dari efek adiksi Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral Hindari makanan yang digoreng (deep fried) karena dapat menimbulkan keluhan kesehatan seperti mual, heart burn, kembung, dan peningkatan berat badan Konsumsilah makanan dan minuman dalam jumlah cukup dan seimbang [...]

Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat dengan 5 Hal Ini

Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat dengan 5 Hal Ini

Jika Anda merasa sering lupa menaruh barang dan kesulitan mengingat nama orang yang baru saja ditemui, sebaiknya harus waspada karena hal tersebut adalah salah satu tanda dari penurunan daya ingat di usia dini. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kemampuan mengingat Anda. Seperti apa?1. KonsentrasiInformasi yang disampaikan untuk pertama kali biasanya tidak pernah tertanam dengan tepat di dalam ingatan. Untuk itu diperlukan sedikit konsentrasi untuk mengingatnya agar bisa mendapat manfaat lainnya. Pilihlah suasana yang tenang dan nyaman agar terbebas dari gangguan sekitar yang bisa memecah konsentrasi.2. Menulis atau MerekamCara lain untuk membantu diri Anda dalam meningkatkan ingatan adalah dengan menulis atau merekam poin-poin penting pada suatu perbincangan. Menulis terbukti lebih efektif daripada hanya sekedar membaca atau mendengarkan. Selalu siapkan notebook atau alat perekam saat Anda berada di tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan atau ketika ingin bertemu rekan bisnis.3. Bagi Berdasarkan KelompokMengorganisir sesuatu berdasarkan kelompoknya membuat memori menghafal lebih muda. Itulah sebabnya kita sering sekali memb [...]

6 Cara Cegah Kaki Lecet Saat Pakai Ankle Boots

6 Cara Cegah Kaki Lecet Saat Pakai Ankle Boots

Meski Indonesia tidak memiliki musim gugur, ankle boots tetap pantas diaplikasikan. Apalagi item itu pantas diterapkan demi melengkapi berbagai gaya busana bohemian. Terlihat stylish diterapkan, jenis sepatu ini belum tentu nyaman ketika dikenakan. Terkadang boots kerap menimbulkan luka lecet terutama di bagian belakang pergelangan kaki karena gesekan. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir mengenakan boots. Karena luka lecet bisa dicegah dengan enam cara berikut:1. Pilih Ukuran PasLecet tidak hanya disebabkan karena sepatu masih baru. Sepatu yang sudah lama dikenakan juga masih bisa menimbulkan luka jika Anda salah memilih ukurannya. Untuk itu, cara utama dalam mencegah kaki lecet karena pakai boots adalah dengan mengetahui ukuran terbaik untuk kaki Anda.Setiap brand mungkin memiliki cara pengukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu itu, ada baiknya untuk selalu mencoba sepatu sebelum membelinya. Jika boots Anda ternyata kekecilan, coba lakukan pelonggaran. Dilansir Style Caster, Anda bisa membasahi kapas dengan alkohol lalu gosokkan di bagian dalam sepatu. Kemudian pakai sepatu itu untuk berjalan selama satu setengah jam dengan mengenakan dua kaus kaki. Langkah ini bisa membuatn [...]

4 Cara Agar Tidak Mudah Haus Ketika Puasa

4 Cara Agar Tidak Mudah Haus Ketika Puasa

Haus adalahsatugejala tubuh kita ketika mengalami kekurangan cairan. Mutlak, untuk mengatasi haus adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan, yakni dengan minum atau bahkan makan. Tapi apa daya jika sedang berpuasa, dimana minum dan makan baru dapat dilakukan hanya ketika matahari tidak di singasananya. Ada beberapa caranya, tapi sebelum itu kita harus tahu lebih dahulu bahayanya jika kekurangan cairan. Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat membutuhkan cairan dan elektrolit untuk mempertahankan kelangsungan fungsi tubuh. Apabila tidak terpenuhi maka dapat mempengaruhi organ tubuh terutama ginjal. Fungsi cairan adalah sebagai berikut: � Mempertahankan panas tubuh dan pengaturan temperatur tubuh. � Mengankut nutrisi, hormon dan protein ke sel. � Membawa hasil sisa metabolisme. � Mempertahankan tekanan hidrostatik dalam sistem kardiovaskuler. � Pembentuk struktur tubuh � Sebagai sarana metabolisme sel Lalu bagaimana dengan kebutuhan cairan saat kita berpuasa? 4 Cara Agar Tidak Mudah Haus Ketika Puasa Haus adalahsatugejala tubuh kita ketika mengalami kekurangan cairan. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *