Penemuan Baru Vaksin AIDS

obat-aids-hiv-vaksin-imunisasi-imun-tubuh.jpg

Pada bulan April 2013, peneliti melaporkan suatu gebrakan yang dapat mengubah dunia yaitu penemuan terbaru tentang antibodi yang dapat menetralisir AIDS.

Infeksi HIV merupakan infeksi molekuler yang intensif bermulai dari saat virus menginfeksi inang baru hingga munculnya penyakit AIDS.

Perkembangan AIDS bukan karena tubuh kita tidak dapat melawan HIV, namun akibat pertahanan tubuh yang semakin melemah di saat virus tetap bertahan.

Saat ini, penelitian yang dipimpin oleh Barton Haynes, Direktur di Duke University Human Vaccine Institute di Duke University School of Medicine, berpendapat bahwa mereka menemukan jalan untuk membantu sistem imun manusia.

Dimulai saat infeksi, sistem imun kita langsung aktif dan mengeluarkan antibodi untuk menghancurkan virus HIV.

Pada minggu-minggu pertama, antibodi ini pada umumnya sukses mengeliminasi hampir semua virus namun tetap ada beberapa virus tersisa yang tidak dapat terdeteksi.

Virus-virus yang tidak terdeteksi ini, akan bermutasi dan berkembang biak sampai terbentuk antibodi baru untuk membunuh mereka.

Hingga mencapai suatu titik dimana pembunuhan dari virus memicu replikasi yang lebih banyak sampai tubuh tidak sanggup lagi melawan virus.

Lalu, bagaimana cara kerja vaksin AIDS?

Penemuan Baru Vaksin AIDS

Bagaimana cara kerja vaksin AIDS?

Seperti yang diterbitkan dalam jurnal ?Nature?, dalam penelitannya Haynes mengumpulkan dan menyimpan sampel darah dari 400 pasien, dimulai dari saat infeksi HIV.

Haynes menemukan bahwa ?neutralizing antibody? muncul setelah 14 minggu infeksi yang dapat berikatan baik dengan virus HIV.

Antibodi ini dapat menjadi senjata perang melawan virus, dan merupakan target kuat untuk pembuatan vaksin.

Haynes berkata bahwa mereka sudah menemukan cara kerja antibodinya namun yang sekarang sedang dicari adalah bagaimana cara mempergunakan antibodi ini untuk vaksin.

Dalam penelitiannya, Ia menemukan bahwa semufa individu yang terinfeksi oleh HIV, mengeluarkan antibodi ini, namun virus HIV dapat mengelabui sistem imun tubuh.

Haynes berpendapat bahwa setiap individu mempunyai cara sendiri untuk melawan HIV, saat ini Haynes dan kolega sedang melakukan peta jalur dari apa yang memicu keluarnya antibodi pada setiap individu.

Ia berharap dapat ditemukan jalur yang sama atau mirip antar individu, dimana kesamaan ini dapat menmberi harapan perkembangan vaksin.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan

Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan

Anyang-anyangan adalah masalah kesehatan yang tidak dapat disepelekan. Anyang-anyangan didefinisikan sebagai perasaan tidak lampias saat buang air kecil disertai rasa panas atau nyeri. Hal ini normalnya tidak terjadi. Pada saat buang air kecil, kantong kencing dalam keadaan penuh maka kantong kencing akan meremas air kencing keluar. Jika proses ini terganggu seperti pada gangguan saraf atau infeksi, maka proses buang air kecil dapat terganggu. Wanita, secara umum memang lebih mudah untuk terkena infeksi saluran kencing karena ukuran saluran kencingnya pendek, hanya sekitar 4 cm jika dibandingkan dengan saluran kencing pria yang dapat mencapai 12 cm. Ukuran yang pendek ini mempermudah bakteri untuk masuk dan memanjat saluran kencing wanita serta menimbulkan infeksi. Infeksi saluran kencing ini seringkali menyebabkan anyang-anyangan. Anyang-anyangan juga dapat disebabkan karena kurang minum dan dapat diatasi dengan banyak minum. Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti berikut di halaman selanjutnya: Anyang-anyangan, Masalah yang Tak Boleh Disepelekan Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti be [...]

Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah

Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah

Perabotan di rumah bisa saja menyimpan ribuan bakteri dan kuman yang bisa membahayakan tubuh. Menurut penelitian, laci sayuran dalam kulkas merupakan tempat terjorok.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, laci sayuran dapat mengandung bakteri 750 kali lipat jumlahnya dibandingkan tempat lain. Menurut para peneliti, laci sayuran mengandung bakteri yang berbahaya seperti E.coli, Salmonella dan Listeria.Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, peneliti telah melakukan percobaan terhadap 30 kulkas. Hasilnya, mereka menemukan rata-rata 7.850 unit koloni bakteri per satu centimeter persegi. Penghitungan ini menggunakan satuan cfu/cm2 atau colony-forming units per square centimeter."Fungsi lemari es adalah untuk menjaga makanan agar tetap aman dan meminimalkan kemungkinan adanya pertumbuhan bakteri serta jamur. Kinerja kulkas sangat penting ketika cuaca hangat, saat suhu lingkungan tinggi berarti ada potensi bagi bakteri untuk berkembang biak. " ujar Paul McDonnell dari Microban Europe di Cannock, Staffordshire yang memimpin penelitian.McDonnell menambahkan bahwa laci sayuran merupakan area paling kotor karena sayuran dan buah masih mengandung bakteri dari tanah, walau telah melewati pros [...]

7 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Garam Laut

7 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Garam Laut

Meski memiliki nilai gizi dan komposisi yang sama, garam laut dipercaya lebih sehat daripada garam meja. Seperti yang dikutip dari healthmango, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi garam laut. Berikut tujuh manfaatnya!1. Sistem ImunGaram laut secara alami bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu menjadikan tubuh mampu melawan virus seperti, flu, demam, alergi serta penyakit autoimun lainnya.2. DepresiGaram laut juga terbukti dapat mengobati berbagai jenis depresi. Garam laut juga bantu mempertahankan dua hormon penting, serotonin dan melatonin. Kedua hormon itu bisa membuat Anda merasa relaks dan tidur lelap di malam hari.3. Otot KejangKandungan kalium dalam garam penting untuk membantu otot untuk berfungsi dengan baik. Selain itu, garam juga bisa menjadikan tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dalam makanan. Jadi, garam sangat efektif untuk mencegah nyeri otot, kejang dan kram.4. OsteoporosisSaat kekurangan garam dan gula, tubuh 'menarik' sodium ke tulang dan hal itu bisa memicu terjadinya osteoporosis. Oleh karena itu konsumsi garam dan air secara rutin dalam jumlah yang tepat bisa bantu mencegah pengeroposan tulang.5. DiabetesGaram laut bisa bantu men [...]

3 Manfaat Kesehatan Memiliki Payudara Kecil

3 Manfaat Kesehatan Memiliki Payudara Kecil

Tak sedikit wanita yang menginginkan bentuk payudara besar dan penuh. Namun menurut penelitian, payudara kecil justru memiliki manfaat terhadap kesehatan fisik serta mental seseorang. Seperti yang dikutip dari Cosmopolitan US, berikut ini alasan mengapa payudara kecil lebih baik.1. Lebih SensitifSebuah penelitian di University of Vienna menemukan bahwa payudara berukuran besar terkadang kurang sensitif, bila dibandingkan dengan payudara kecil. "Payudara besar memiliki jaringan lemak lebih banyak ketimbang jaringan kelenjar, yang merupakan bagian paling sensitif," ujar seksolog Rachael Ross, MD, PhD.Dengan bentuk payudara kecil, kelenjar jadi lebih mudah untuk dirangsang selama foreplay. Hal itu karena, tidak adanya timbunan lemak di atas kelenjar-kelenjar tersebut. Tapi bukan berarti wanita berpayudara besar tak bisa merasakan rangsangan, hanya saja sentuhannya harus lebih kuat.2. Lebih Sehat"Memiliki payudara yang kecil akan lebih mudah mendeteksi adanya benjolan karena lapisannya lebih tipis. Selain bisa lebih mudah mendeteksi kanker, payudara yang kecil juga mengurangi risiko pegal pada leher," kata seorang onkologi Marisa Weiss.Payudara berukuran besar memiliki beban yang cu [...]

Nyamuk Gigit Orang yang Punya Bau Kaki Tak Sedap

Nyamuk Gigit Orang yang Punya Bau Kaki Tak Sedap

Sebuah studi menemukan bahwa nyamuk yang menyebarkan penyakit mematikan lebih tertarik pada beberapa jenis bakteri yang tumbuh di kaki manusia. Bakteri ini mengeluarkan bau yang sangat menarik bagi serangga sehingga meningkatkan risiko digigit nyamuk.Namun setiap individu memiliki bakteri yang berbeda-beda pada kaki mereka masing-masing. Sebagian orang punya bakteri yang memiliki perlindungan karena membawa bau mikroba tertentu hingga dapat menghalangi gigitan nyamuk.Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal online, Public Library of Science ONE diharapkan dapat menjadi cara baru untuk mencegah penyakit malaria atau penyakit lain yang berhubungan dengan serangga lain, dengan mengubah bau badan seseorang."Senyawa yang menghambat produksi mikroba aroma tubuh manusia, atau manipulasi mikroba di kulit dapat mengurangi ketertarikan nyamuk untuk menggigit manusia," ujar Penulis studi, Dr Niels Verhulst, dari Wageningen University di Belanda, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Hasil penelitian itu didapat dengan cara mengambil sampel keringat dari telapak kaki. Penelitian itu melibatkan kurang lebih 48 orang dengan jarak usia 20 hingga 64 tahun. Sebelum melakukan penelitian, para p [...]

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit. Aktivitas berjalan kaki menurut American College of Sports Medicine (ACSM) merupakan bentuk aktivitas fisik yang direkomendasikan untuk dilakukan sehari-hari. Apabila aktivitas berjalan kaki dilakukan sesuai rekomendasi ACSM, hal ini dapat membantu seseorang keluar dari pola hidup yang sedentary (tidak aktif) menjadi pola hidup yang aktif (active living). Disebutkan pula oleh ACSM bahwa melakukannya dalam frekuensi tertentu bahkan dapat menurunkan resiko terkena penyakit metabolik seperti diabetes melitus (kencing manis), kolesterol tinggi (dislipidemia), hipertensi dan penyakit jantung koroner. Supaya aktifitas berjalan kaki ini menjadi efektif dan berguna terhadap kesehatan, melakukannya minimal harus selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. Lalu adakah rekomendasi jumlah langkah yang dianjurkan untuk olahraga jalan kaki? Ada. Berikut penjelasannya: Langkah Kaki untuk Jalan Kaki Selain rekomendasi waktu, ada juga yang mempopulerkan metode penghitungan langkah yang dapat dilakukan dengan pedometer. Metode penghitungan langkah ini dipopulerkan oleh Jepang, yaitu 10.000 langkah per hari. Kedua rekomendasi tersebut pada dasar [...]

Mengantisipasi Mata Merah

Mengantisipasi Mata Merah

Mata merah memang sangat mengganggu. Bukan hanya terasa tidak nyaman, kondisi ini juga dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Mata merah cenderung mengganggu saat berkomunikasi dengan orang lain. Bukan hanya berdampak saat berinteraksi dengan orang lain, mata merah juga terasa mengganggu bagi penderitanya karena biasanya disertai rasa sakit, perih, gatal, berair, atau bahkan bengkak sehingga membuat penglihatan menjadi samar. Penyebab Mata Merah Dari luar, mata merah bisa membuat bagian putih mata Anda terlihat merah sepenuhnya atau hanya berupa garis-garis merah. Hal ini terjadi karena pembuluh darah di mata membengkak atau mata sedang mengalami iritasi. Kondisi ini bisa disebabkan juga oleh banyak hal seperti alergi, mata lelah, infeksi, luka pada mata, atau bisa juga menandakan penyakit mata yang lebih serius seperti ulkus kornea atau glaukoma. Beberapa hal umum yang menjadi penyebab mata merah: Konjungtivitis Konjungtivitis adalah salah satu infeksi mata yang paling umum dan juga menular. Penyakit ini disebabkan karena adanya peradangan di konjungtiva, yaitu lapisan jaringan tipis yang menutupi bola mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Hal ini menyebabkan pembu [...]

Melahirkan Normal Kala Wasir

Melahirkan Normal Kala Wasir

Lazim sekali bagi ibu hamil mengalami wasir. Kebanyakan, wasir akan muncul di kala hamil trimester ketiga. Penyebabnya diduga adalah karena banyak faktor pada saat kehamilan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Perubahan hormon, jumlah dan sirkulasi darah meningkat pesat, dan tekanan langsung pada pembuluh darah karena rahim yang membesar menjadi faktor-faktor yang saling berkaitan satu sama lain menyebabkan timbulnya wasir. Ketika ukuran rahim bertambah besar, tekanan pada daerah perut meningkat sehingga mengganggu aliran pembuluh balik dan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah sehingga memicu timbulnya wasir. Wasir tidak membahayakan nyawa penderitanya, namun akan membuat cemas ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Proses melahirkan normal dalam kondisi wasir memang berisiko menimbulkan perdarahan tapi masih dapat dilakukan. Dokter akan mengevaluasi kondisi Ibu dan melihat kondisi wasir dan mengevaluasi apakah persalinan normal masih dapat dilakukan atau tidak. Meski begitu, ada baiknya melakukan pencegahan supaya proses persalinan normal berjalan lancar tanpa wasir: Wasir Ketika Hendak Melahirkan Normal Meski begitu, ada baikn [...]

Ditemukan Bakteri di Handuk Kertas Baru

Ditemukan Bakteri di Handuk Kertas Baru

Handuk kertas biasa terdapat di dalam sebuah toilet, kita biasa menggunakannya setelah mencuci tangan. Ternyata, mengambil sebuah handuk kertas di dalam sebuah toilet umum dapat meninggalkan bakteri lebih banyak daripada yang kita bayangkan. Para peneliti mengatakan, mereka telah menemukan bakteri, termasuk beberapa yang diketahui sebagai penyebab penyakit, di dalam handuk kertas yang belum terpakat tersebut. Mereka juga menemukan bahwa bakteri-bakteri tersebut bisa menempel pada tangan kita setelah mencuci tangan. Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Infection Control ini tidak menemukan penyakit apapun yang berhubungan dengan penggunaan handuk kertas. Para pakar, seperti dilansir pada WebMD pada hari rabu 28 Desember 2012 mengatakan, ?temuan yang mungkin paling penting bagi orang-orang di dalam unit isolasi rumah sakit dan mereka dengan kekebalan tubuh yang lemah adalah orang-orang yang harus ekstra hati-hati tentang melakukan kontak langsung dengan kuman.? Para peneliti di Laval University in Canada melakukan tes terhadap enam merek handuk kertas komersial. Mereka menemukan bakteria di dalam ke-enam merek tersebut. Akan tetapi, handuk yang terbuat dari fiber daur [...]

Ketahui Kepribadian Wanita dari Posisi Tidurnya

Ketahui Kepribadian Wanita dari Posisi Tidurnya

Tanpa sadar, wanita tidur dengan posisi yang sama setiap malam. Tidur mereka semakin lelap dengan posisi tersebut. Menurut Robert Phipps, seorang ahli bahasa tubuh, hal itu menunjukkan kepribadiannya. Penelitian dilakukan terhadap 1.000 orang dewasa di Inggris dengan memilih posisi tidur serta meminta pendapat dari mereka.Phipps menjelaskan kalau 58 persen orang tidur dalam posisi Fetal, yaitu tidur menghadap samping dengan kaki menekuk ke atas dan kedua tangan menyatu seperti memeluk guling. Posisi ini menunjukkan kalau Anda tipe wanita pencemas atau sering khawatir. Mereka berusaha untuk mengambil zona nyaman setelah melewati hari yang menegangkan.Adapun posisi Log, 28 persen wanita terlelap dalam posisi demikian, tidur miring dengan kedua kaki dan tangan lurus membentuk angka satu. Posisi tersebut menunjukkan kalau Anda orang yang keras kepala. Anda mempunyai karakter yang cukup kaku dalam berpikir dan tidak fleksibel. Anda mungkin suka mengatur orang lain dengan tujuan pengembangan diri serta menyukai tantangan yang baru.Posisi populer ketiga adalah Yearner. Pulas dengan tangan membentang ke depan dan kaki lurus. Hal ini mengungkapkan bahwa Anda pengejar mimpi. Anda tipe ora [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *