Penjelasan Ilmiah tentang Mimpi Buruk

what-we-know-about-dreams-01-722x406.jpg

Meski sering dikategorikan sebagai bunga tidur, mimpi bisa membuat orang merasa bahagia dan sebaliknya ketakutan. Mimpi yang berbeda-beda pada setiap orang ini, ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah oleh para ahli ilmu saraf dalam penelitiannya.

Seperti misalnya, mengapa manusia bisa bermimpi? Penulis buku ‘Dream On It: Unlock Your Dreams, Change Your Life’, Lauri Loewenberg mengungkapkan, bermimpi merupakan proses berpikir yang tana Anda sadari merupakan kelanjutan dari aktivitas harian Anda.

“Bermimpi merupakan proses berpikir dan sebenarnya merupakan kelanjutan dari pikiran Anda. Itu arus kesadaran, obrolan batin yang berjalan dan tidak berhenti setelah tertidur,” kata Lauri dalam bukunya.

Saat Anda tidur, kata Lauri, bagian otak yang bertanggung jawab untuk berpikir linear dan logika menjadi tidak aktif. Tapi daerah yang mengontrol emosi menjadi lebih aktif. Maka itu, orang biasanya ada yang bermimpi ada yang tidak, sekitar 90 menit sepanjang malam.

“Seperti kata-kata, pikiran dan perasaan yang diproses melalui bagian dari otak yang berbeda, Anda mengalami suasana berupa visual termasuk gambar, simbol, emosi dan metafora melalui mimpi saat tidur,” ungkap Lauri.

Sebuah studi yang diterbitkan belum lama ini dalam Jurnal Sleep bahkan menemukan bahwa kesedihan, rasa bersalah, kebingungan dan keengganan yang merupakan bagian dari emosi yang bisa membuat skenario mimpi buruk. Tapi jangan khawatir, meski mimpi buruk tidak menyenangkan tapi mengalami mimpi yang tidak kita inginkan tidak akan lama.

Selain itu, Ahli saraf dari University of Montreal, Antonio Zadra , PhD mengungkapkan mimpi buruk dapat diobati. Sayangnya, para profesional kesehatan mental tidak menganggap mimpi buruk masalah yang serius.

“Sebagian besar tidak menyadari bahwa mimpi buruk bisa jadi diakibatkan trauma. Cara terbaik untuk menanggapi mimpi buruk adalah memperbaiki masalah traumanya ” kata Antonio, seperti dilansir Everydayhealth, Senin (19/5/2014).

Yang menarik lagi terkait mimpi, rekan studi yang ahli ilmu saraf dari Lyon Neuroscience Research Center di Perancis, Perrine Ruby menemukan bahwa beberapa orang yang sering terbangun di tidur malamnya, cenderung dapat mengingat mimpinya dan sebagian lainnya yang tidur pulas cenderung tidak ingat mimpinya.

“Orang yang mampu mengingat mimpi mereka memiliki lebih banyak aktivitas di daerah otak yang merespon terhadap rangsangan. Inilah yang menjelaskan mengapa mereka terbangun lagi,” ujar Perrine.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Nggak Ada Nasi, Coba 6 Sumber Karbohidrat Lezat Ini

Nggak Ada Nasi, Coba 6 Sumber Karbohidrat Lezat Ini

Bagi mereka yang sedang menjaga maupun menurunkan berat badan, karbohidrat adalah hal yang sebisa mungkin dihindari. Namun perlu diingat, kita tidak bisa hidup tanpa asupan karbohidrat. Karbohidrat adalah bahan bakar tubuh termasuk otak. Mulai dari memberikan energi usus untuk bergerak mencerna makanan hingga aktivitas fisik kita lain. Bayangkan saja jika tubuh tak diberi asupan karbohidrat tentu tak memiliki energi untuk bergerak. Variasikan sumber karbohidrat yang masuk ke tubuh selain nasi dan roti. Berikut enam sumber karbohidrat dengan cita rasa lezat yang juga dipenuhi dengan serat seperti dilansir dari Huffington Post pada Senin (20/10/2014). 1. KacangHampir semua jenis kacang memiliki serat dengan sedikit gula. Satu ons kacang hitam misalnya, mengandung 7 gram karbohidrat dan 2 gram serat plus kandungan protein. 2. LabuButternut squash merupakan salah satu jenis labu yang rendah gula, tinggi serat dan karbohidrat. 3. Oatmeal Pilihan tepat jika Anda memilih oatmeal sebagai menu sarapan Anda. Serat dalam oat baik untuk kesehatan jantung yang dapat menurunkan koleseterol. 4. PopcornPopcorn berasal dari bahan baku jagung namun tidak memiliki lemak dan sodium yang b [...]

Tutup Sekolah yang Banyak Kasus Bullying

Tutup Sekolah yang Banyak Kasus Bullying

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diminta tegas untuk menutup sekolah yang tidak memiliki izin operasional dan sekolah yang banyak kasus bullying.Psikolog Tika Bisono mengatakan, sebaiknya tidak hanya kasus Taman Kanak-kanak di Jakarta International School (JIS) yang ditutup karena tidak memiliki izin operasi, melainkan juga institusi lainnya bila ditemukan tingkat bullying tinggi."Saya rasa tidak hanya JIS yang harus ditutup karena tidak punya lisensi. Sekolah yang punya lisensi pun bisa saja ditutup, kalau tingkat bullyingnya tidak karuan. Seperti STIP dan STPDN," kata Tika Bisono dalam acara `Dompet Dhuafa dan GNOTA: Move On untuk Pendidikan Anak Indonesia` ditulis Health Liputan6.com Senin (5/5/2014).Pencabutan izin beroperasi, kata Tika, menjadi momok menakutkan bagi institusi pendidikan yang besar dan banyak peminatnya. Itu bisa jadi pembelajaran buat institusi pendidikan mana saja, agar mampu mendidik dan memberi pembelajaran moral pada muridnya untuk tidak berbuat seenaknya. "Anak-anak itu nakal, maka mereka disekolahkan, agar tidak nakal dan tahu mana yang benar. Anak yang bodoh juga disekolahkan agar pintar. Jangan justru sebaliknya, semakin menjadi-jadi [...]

4 Hal yang Bikin Wajah Tampak Lelah

4 Hal yang Bikin Wajah Tampak Lelah

Wajah yang tampak lelah membuat seseorang terlihat kurang menarik. Bagaimana mau menarik jika mata yang mengendur, kulit kusam dan mata merah. Tak hanya kurang tidur yang membuat wajah Anda tampil layu seperti itu, ada hal-hal tak terduga yang membuat Anda seperti ini. Dilansir dari Men's Health, Sabtu (13/9/2014) berikut daftar pembuat wajah lelah: 1. KopiSebagian dari kita kini punya kebiasan minum kopi untuk membangunkan tubuh yang masih mengantuk. Namun jangan setiap hari, kopi membuat tubuh dehidrasi yang memicu kulit jadi keriput dan kusam. Selain itu, antioksidan yagn melindungi elastisitas kulit pun "dibubunuh" oleh kandungan dalam kopi ujar direktur ilmu kulit dan kosmetik di Columbia University, dokter Robyn Gmyrek. 2. Gula dan makanan dari tepungGula dan makanan dari tepung jika dikonsumsi berlebihan akan membuat tubuh mudah gemuk. Selain itu, juga membuat kulit jadi keriput. Produk-produk ini merusak kolagen, inilah yang menyebabkan kulit keriput. Selain itu, kulit segar pun hilang karena produk ini melemahkan sistem kekebalan tubuh. 3. AlergiAlergi terhadap sesuatu tak hanya membuat Anda bersin tapi juga membuat lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini dise [...]

Bidan Perlu `Dukun` Atasi Kematian Ibu dan Anak

Bidan Perlu `Dukun` Atasi Kematian Ibu dan Anak

Sebuah penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian kesehatan (Balitbangkes) dalam riset Etnografi Kesehatan belum lama ini mengungkapkan hal menarik. Menurut peneliti, para tenaga kesehatan seperti bidan dinilai perlu memperhatikan aspek budaya masyarakat di daerah.Seperti disampaikan Profesor Riset dari Balitbangkes Lestari Handayani bahwa budaya kesehatan pada setiap etnis di Indonesia ini harus dikaji secara ilmiah. Sayangnya, selama ini kita hanya membiarkannya saja tanpa mencari tahu maksud dan tujuan dari kebudayaan tersebut."Ada baiknya mungkin bidan atau kader kesehatan juga dibantu 'dukun' di daerah tersebut. Karena pada umumnya, tenaga kesehatan sulit diakses dan dukun lebih diterima disana," kata Lestari saat dijumpai wartawan di Kantor Kementerian Kesehatan, ditulis Selasa (30/12/2014).Lestari menyontohkan, dalam etnis jawa di Desa Dukuh Widara, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, terdapat tradisi oyog bagi ibu hamil. Tradisi oyog adalah tradisi menggoyang-goyangkan perut ibu hamil sejak usia kehamilan bulan ketiga sampai bulan kesembilan yang dilakukan dukun bayi.Menurut persepsi masyarakat, tradisi ini bermanfaat untuk mengurangi berbagai ke [...]

5 Makanan Lezat Penangkal Flu

5 Makanan Lezat Penangkal Flu

Beberapa hari belakangan cuaca tak menentu. Usai di siang hari panas terik sore hari menjadi hujan deras. Perubahan cuaca seperti ini membuat daya tahan tubuh seseorang mudah drop sehingga gejala flu muncul. Sebelum jatuh sakit, mulai nanti siapkan 5 makanan lezat berikut untuk dikonsumsi. Makanan dan minuman di dalam daftar ini menurut peneliti efektif tangkis flu dekat-dekat kita. Dilansir dari Women's Health, Kamis (25/9/2014) berikut daftarnya/ 1. TunaBerbagai sajian lezat menggunakan tuna sebagai bahan dasarnya. Mendapatkan ikan yang satu ini juga tak sulit sehingga dengan mengonsumsinya mendapatkan sumber selenium untuk membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, serta meningkatkan kekebalan tubuh. 2. JamurJamur kancing, tiram, shitake, dan aneka jamur yang bisa dikonsumsi mengandung beta glucan yang membantu tubuh lawan infeksi. 3. Ubi jalarJangan sepelekan makanan yang satu ini, ubi jalar yang juga dikenal sebagai mantang kaya Vitamin A yang mampu melawan radikal bebas sehingga kekekalan tubuh tetap terjaga. 4. Teh hijauMenikmati secangkir teh hijau panas membuat Anda mendapatkan manfaat antioksidan yang luar biasa lainnya. 5. YoghurtKandungan preb [...]

Intip Proses Pengolahan Darah di PMI Jakarta (2)

Intip Proses Pengolahan Darah di PMI Jakarta (2)

Di Palang Merah Indonesia, ada dua jenis darah yang diolah. Pertama, darah untuk pasien yang kekurangan darah seperti kecelakaan. Kedua, darah untuk penderita penyakit darah seperti thalasemia dan hemofilia yang memungkinkan seseorang untuk sering cuci darah. Berbeda dengan pengolahan darah secara umum, darah untuk pasien cuci darah harus melewati uji saring lagi untuk menjaga kemungkinan alergi pada pasien. Seperti diungkapkan Kepala Seksi Pengolahan Darah Bidang Pengolahan dan Penyimpanan Darah Unit Donor Darah PMI Provinsi DKI Jakarta, Ana Udaningrum pada Liputan6.com bahwa pemrosesan darah tidaklah mudah. Ada banyak tahap dan pengulangan karena pasien harus diberikan darah yang benar-benar sesuai. "Pada kasus penderita penyakit darah seperti thalasemia, darah harus diproses ulang dan diteliti. Hal ini dilakukan untuk mencegah alergi bagi mereka. Maka itu, darah untuk pasien yang sering cuci darah akan diproses lagi. Proses ini disebut juga washing eritrosit," kata Ana. Ana menerangkan, pada proses washing eritrosit, darah akan dicuci menggunakan NHCL melalui alat khusus. Sedangkan untuk pengolahannya, Ana memjelaskan urutannya sebagai berikut: 1. Kantung darah dipotong 2. [...]

[VIDEO] Sehatnya Susu Kacang Pengganti Susu Sapi

[VIDEO] Sehatnya Susu Kacang Pengganti Susu Sapi

Kacang almond, mede atau hazelnut memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, namun rendah kolesterol dan lemak. Kacang-kacang tersebut selama ini banyak diolah dengan coklat, kacang ini memang terkenal dengan aroma khasnya yang wangi. Nah ternyata kacang-kacang ini bisa diolah menjadi susu kacang.Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (17/2/2014), cara pembuatannya cukup mudah. Kacang hazelnut yang sudah dicuci dan direndam semalaman dibubuhi air dan diblender. Kemudian disaring dari ampasnya. Untuk memperkaya rasa bubuhi dengan garam pegunungan dan bisa pula ditambahkan dengan coklat bubuk, teh hijau, vanila atau kurma.Untuk mempertahankan kandungan nutrisinya yang tinggi, susu kacang ini diolah secara mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Susu hazelnut, almond atau mede ini aman bagi penderita alergi dan aman diminum oleh anak-anak berkebutuhan khusus. (Dan)Baca juga:7 Trik Bangkitkan `Mood` Kerja di Hari SeninLebih Dari Separuh Anak di Amerika Pecandu KafeinKata `Sarapan` Lebih Pas Dibanding `Makan Pagi` [...]

PMI DKI Sulit Dapatkan 3 Golongan Darah Ini

PMI DKI Sulit Dapatkan 3 Golongan Darah Ini

Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya kesulitan untuk mencari golongan darah A, AB, dan Rhesus negatif. Apa pasal?Kepala Bidang Pengadaan Darah Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, dr. Dian Winarti tidak bisa mengungkapkan alasannya secara gamblang. Namun yang pasti, untuk golongan darah A sendiri dinilai paling sulit untuk ditemui, sedangkan golongan darah AB memang jarang pemiliknya."PMI DKI Jakarta yang ambil darah memang kesulitan untuk golongan darah A dan AB. A paling sulit, dan AB memang jarang, jadi tidak terlalu," kata Dian Winarti, dalam acara `1.000 Kantung Darah = 3.000 Nyawa` yang berlangsung di Gedung Orang Tua (OT) Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (9/1/2013)Lebih lanjut ia mengatakan, untuk rhesus negatif memang sudah pasti sangat langka. Pemilik rhesus negatif di Indonesia memang tidak banyak. Untuk itu, PMI DKI Jakarta memiliki petugas sendiri yang piket setiap hari untuk menangani pemenuhan golongan darah ini."Begitu ada permintaan rhesus negatif, kita langsung jalan. Rhesus negatif ini sedikit pendonornya. Jadi, begitu ada yang perlu, kita langsung cari. Kita memang sudah punya listnya," kata Dian [...]

Gara-gara Punya 22 Anak, Penjual Ganja Ini Bebas Hukuman

Gara-gara Punya 22 Anak, Penjual Ganja Ini Bebas Hukuman

Seorang pria asal Springkell, Cumbria, Inggris yang kedapatan menjual narkoba akhirnya diputuskan bebas oleh hakim karena memiliki banyak anak.Raymond Hull (58) dijatuhi hukuman 18 bulan penjara setelah ia tertangkap menjual ganja. Tapi hakim akhinrya memustuskan agar Raymond mendapatkan hukuman percobaan dengan membantu pacarnya, Emma McNeil (26) merawat bayinya, Barry yang berusia tujuh bulan.Raymond diketahui memiliki 22 anak kandung dari 11 wanita berbeda. Ia mengaku tidak pernah mengejar wanita, hanya wanita yang selalu mengejarnya. "Saya hanya mencintai anak-anak. Saya tidak menyesali apa pun. Beberapa dari mereka bahkan tidak tahu aku ayah mereka. Saya orang yang easy going. Mungkin itulah sebannya mengapa wanita selalu mengejar saya. Tapi saya terpaksa menjual narkoba." kata Raymond, seperti ditulis Telegraph, Senin (13/1/2014)Raymond mengungkapkan bahwa ia memiliki lima anak dari seorang wanita, dan sembilan dari tiga wanita lain yang masing-masing memberinya anak tiga. "Saya punya dua anak dengan satu wanita dan Barry kecil dari Emma. Sementara yang lain dari wanita yang berbeda," jelasnya.Dari hasil putusan hakim, Raymond harus menjaga anaknya selama dua tahun dan tidak [...]

Suasana Akrab Bikin Ashraf Sinclair Gemari `Crossfit`

Suasana Akrab Bikin Ashraf Sinclair Gemari `Crossfit`

Suasana kekeluargaan dan persaudaraan yang dirasa selama latihan, membuat Ashraf Daniel Mohammed Sinclair (34) menyukai olahraga Crossfit. Sudah dua tahun ini suami penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) bergabung ke dalam Crossfit Equator. Ashraf mengaku dirinya sosok pria yang menyukai olahraga. Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar, pria berkebangsaan Malaysia ini aktif dalam olahraga yang melibatkan banyak orang, alias dalam bentuk tim. Misalnya saja seperti sepak bola dan basket.Sebelum resmi bergabung ke dalam Crossfit Equator, aktor beberapa sinetron ini bergabung dalam sebuah pusat kebugaran convensional (gym). Sayang, selama olahraga di pusat kebugaran itu, Ashraf merasa sangat bosan. "Selama olahraga di sana dilakukan sendiri-sendiri. Cuma pakai ipod, dan orang tidak saling perduli satu sama lain. Selain itu, kalau di gym hanya terfokus pada satu otot saja, dan tidak ada yang menyemangati kita," kata Ashraf menceritakan kepada Health Liputan6.com di Crossfit Equator, Hotel Garden, Kemang, Jakarta, ditulis Selasa (18/2/2014)Karena alasan membosankan tersebut, membuat pria blasteran Inggris dan Malaysia ini memutuskan untuk mencari alternatif olahraga lainnya. "Setelah sear [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *