Penjelasan Ilmiah tentang Mimpi Buruk

what-we-know-about-dreams-01-722x406.jpg

Meski sering dikategorikan sebagai bunga tidur, mimpi bisa membuat orang merasa bahagia dan sebaliknya ketakutan. Mimpi yang berbeda-beda pada setiap orang ini, ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah oleh para ahli ilmu saraf dalam penelitiannya.

Seperti misalnya, mengapa manusia bisa bermimpi? Penulis buku ‘Dream On It: Unlock Your Dreams, Change Your Life’, Lauri Loewenberg mengungkapkan, bermimpi merupakan proses berpikir yang tana Anda sadari merupakan kelanjutan dari aktivitas harian Anda.

“Bermimpi merupakan proses berpikir dan sebenarnya merupakan kelanjutan dari pikiran Anda. Itu arus kesadaran, obrolan batin yang berjalan dan tidak berhenti setelah tertidur,” kata Lauri dalam bukunya.

Saat Anda tidur, kata Lauri, bagian otak yang bertanggung jawab untuk berpikir linear dan logika menjadi tidak aktif. Tapi daerah yang mengontrol emosi menjadi lebih aktif. Maka itu, orang biasanya ada yang bermimpi ada yang tidak, sekitar 90 menit sepanjang malam.

“Seperti kata-kata, pikiran dan perasaan yang diproses melalui bagian dari otak yang berbeda, Anda mengalami suasana berupa visual termasuk gambar, simbol, emosi dan metafora melalui mimpi saat tidur,” ungkap Lauri.

Sebuah studi yang diterbitkan belum lama ini dalam Jurnal Sleep bahkan menemukan bahwa kesedihan, rasa bersalah, kebingungan dan keengganan yang merupakan bagian dari emosi yang bisa membuat skenario mimpi buruk. Tapi jangan khawatir, meski mimpi buruk tidak menyenangkan tapi mengalami mimpi yang tidak kita inginkan tidak akan lama.

Selain itu, Ahli saraf dari University of Montreal, Antonio Zadra , PhD mengungkapkan mimpi buruk dapat diobati. Sayangnya, para profesional kesehatan mental tidak menganggap mimpi buruk masalah yang serius.

“Sebagian besar tidak menyadari bahwa mimpi buruk bisa jadi diakibatkan trauma. Cara terbaik untuk menanggapi mimpi buruk adalah memperbaiki masalah traumanya ” kata Antonio, seperti dilansir Everydayhealth, Senin (19/5/2014).

Yang menarik lagi terkait mimpi, rekan studi yang ahli ilmu saraf dari Lyon Neuroscience Research Center di Perancis, Perrine Ruby menemukan bahwa beberapa orang yang sering terbangun di tidur malamnya, cenderung dapat mengingat mimpinya dan sebagian lainnya yang tidur pulas cenderung tidak ingat mimpinya.

“Orang yang mampu mengingat mimpi mereka memiliki lebih banyak aktivitas di daerah otak yang merespon terhadap rangsangan. Inilah yang menjelaskan mengapa mereka terbangun lagi,” ujar Perrine.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Terlalu Banyak Tidur Saat Puasa Bikin Mudah Pikun

Terlalu Banyak Tidur Saat Puasa Bikin Mudah Pikun

Meski puasa, waktu tidur malam berkurang. Tapi bukan berarti sepanjang hari Anda bisa tidur terus. Memang, tidur sangat penting demi menjaga kesehatan. Tapi sebuah penelitian di Inggris justru menemukan dampak buruk orang yang terlalu banyak tidur.Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Warwick, Inggris menemukan bahwa tidur kurang dari enam jam dan lebih dari 8 jam sehari berisiko memiliki masalah otak.Seperti dikutip laman News, Senin (30/6/2014), peneliti melibatkan 9.000 pria dan wanita yang berusia 50-64 tahun dan 64-89 tahun untuk meneliti risiko melemahnya otak saat seseorang terlalu banyak tidur. "Mengoptimalkan tidur pada usia yang lebih tua dapat membantu menunda penurunan fungsi otak serta mencegah risiko demensia. Sebaliknya, tidur lebih dari delapan jam berisiko penurunan fungsi otak," kata peneliti Profesor Francesco Cappuccio.Penulis studi, Dr Michelle Miller mengatakan, tidur sebaiknya dilakukan enam sampai delapan jam untuk menghindari risiko obesitas, hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan stroke. Yang menarik, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Plos One ini mengungkapkan risiko penyakit akibat kebanyakan tidur juga terkait dengan depresi, [...]

Uji Coba Vaksin Ebola Dihentikan Sementara

Uji Coba Vaksin Ebola Dihentikan Sementara

Ilmuwan dari University of Geneva memutuskan untuk menghentikan uji coba vaksin Ebola pada Kamis (11/12/2014) waktu setempat. Hal ini disebabkan karena empat relawan melaporkan rasa sakit pada sendi tangan dan kaki. Rumah sakit yang bekerjsama dalam uji coba vaksin ini menyatakan bahwa langkah ini merupakan tindakan pencegahan dari hal-hal yang tidak diinginkan setelah relawan diinjeksi 10-15 hari sebelumnya. Sebelum empat relawan ini mengalami nyeri sendi, pada tanggal 2 Desember relawan yang telah melakukan vaksinasi sebelumnya juga mengalami efek samping serius. Para peneliti Genewa melaporkan bahwa beberapa relawan menderita demam ringan. Uji coba vaksin ini merupakan salah satu cara untuk menghasilkan vaksin yang mampu memerangi virus mematikan ini. Hingga kini, virus Ebola telah menyebabkan kematian lebih dari 6 ribu orang di Afrika Barat. "Semua relawan baik-baik saja dan sedang dipantau secara teratur oleh tim medis," terang rumah sakit dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari laman Daily Mail pada Jumat (12/12/2014). Tim peneliti dari Genewa ini pun tetap saling berhubungan dengan tim peneliti lain dengan misi yang sama untuk mencari vaksin Ebola. Seperti dari AS, Je [...]

Minum 2 Gelas Air Putih Sebelum Makan Biar Ramping

Minum 2 Gelas Air Putih Sebelum Makan Biar Ramping

Obesitas merupakan penyakit multifaktoral yang terjadi akibat penimbunan jaringan lemak tubuh secara berlebihan, sehingga dapt mengganggu kesehatan. Pada obesitas, air tubuh total lebih rendah dibandingkan orang tidak obesitas. Ini karena kandungan air di dalam sel lemak lebih rendah daripada kandungan air di dalam sel otot.Dalam kasus ini, para pakar kesehatan dalam buku ?Air Bagi Kesehatan? edisi kedua tahun 2012 yang disusun oleh pakar gizi seperti DR. Dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS, DR. Dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dan Dr. Sudung O. Pardede, Sp.A (K) memberikan tips bagi penyandang obesitas untuk menurunkan berat badan dengan langkah mudah."Penyandang obesitas sebaiknya mengonsumsi 2 gelas air lebih banyak dibandingkan kondisi normal. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa asupan air putih yang lebih banyak dapat meningkatkan oksidasi (pembakaran lemak)," katanya, ditulis Jumat (25/7/2014).Menurut keempat ahli tersebut, minum 2 gelas air 1-2 jam sebelum makan (makan siang dan makan malam) dapat menurunkan berat badan. Hal ini juga telah dilakukan penelitiannya. Tapi catat, jenis minuman yang sesuai adalah air putih dan [...]

Makanan Enak untuk Kesehatan Jantung

Makanan Enak untuk Kesehatan Jantung

Untuk memperkecil risiko penyakit jantung, biasanya orang berusaha dengan susah payah. Misalnya, dengan cara olahraga atau menghindari jenis makanan tertentu. Tetapi, tahukah Anda kalau merawat kesehatan jantung juga dapat dilakukan dengan makanan enak ini? Berikut adalah makanan enak yang dapat menjaga kesehatan jantung seperti dilansir dari Health pada Selasa (14/10/2014). Snack bar. Snack bar yang baik memiliki setidaknya 5 gram protein, 3 gram serat, gula kurang dari 10 gram, dan kalori yang kurang dari 200 gram. Anda dapat memakannya sambil mengerjakan rugas. Sup. Pastikan bahwa kalori dalam satu porsi tidak lebih dari 200 gram dan usahakan sertakan protein di dalamnya sebanyak 5-10 gram. Nasi dan pasta. Pilih nasi dan pasta yang tinggi serat. Pastikan juga pasta terbuat dari gandum 100%. Idealnya, Anda harus mendapat asupan serat dari makanan ini 25-35 gram sehari. Saus salad. Pilih saus salad yang terbuat dari minyak zaitun seperti vinaigrettes daripada mayones. Yogurt. Pilih yogurt yang rendah lemak dan minimal mengandung 6 gram protein. Anda juga dapat menambahkan yogurt dengan buah-buahan yang Anda suda. Itu dia 5 makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Jangan l [...]

Tampil Topless, Model Kampanye Menyusui Dikecam

Tampil Topless, Model Kampanye Menyusui Dikecam

Meski Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mewajibkan semua wanita untuk menyusui anaknya hingga enam bulan pertama. Tapi di Meksiko ternyata hanya ada 14 persen ibu yang menyusui ekslusif. Hal ini membuat beberapa selebritis setempat mengumbar payudaranya untuk kampanye menyusui. Sayangnya, aksi sejumlah aktris tersebut justru mendapat kecaman dari berbagai ibu di Meksiko. Seperti dikutip laman Nydailynews, Selasa (27/5/2014), ibu di Meksiko beralasan, kampanye tersebut tidak mencerminkan seorang ibu yang hendak menyusui. "Iklan tersebut hanya menggambarkan seorang wanita berkulit terang berpose provokatif. Selain itu, mereka topless dan hanya ditutupi dengan spanduk bertuliskan 'No le des la espalda, dale Pecho' (Jangan berikan mereka punggungmu, tapi berikan ASI)," tulis laporan media setempat. Sejumlah protes juga dilayangkan di jejaring sosial, twitter. Mereka menyayangkan selera buruk pengiklan untuk kampanye ASI. [...]

5 Pilihan Junk Food yang Sehat

5 Pilihan Junk Food yang Sehat

Junk Food atau makanan cepat saji merupakan makanan yang paling susah dihindari di dunia saat ini. Kenikmatan rasa dari makanan ini membuat kita terlena dan tak lupa akan bahaya makanan ini. Terutama, pada yang berusia di antara 20-30 tahun, junk food menjadi pilihan cepat agar meminimalisir waktu makan. Usirlah rasa khawatir dari otak Anda. Berikut beberapa pilihan junk food yang sehat seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Jumat (26/12/2014): 1. Salad Potongan daging ayam atau sapi dan beberapa jenis sayuran merupakan nutrisi yang baik. Semakin banyak sayuran dalam salad akan semakin membuat Anda kenyang dan sehat. 2. Wraps Makanan asal India ini menjadi salah satu junk food yang sehat. Tak perlu khawatir dengan banyaknya daging atau keju karena akan diimbangi dengan bentuknya yang cukup kecil, bungkus roti, dan banyaknya sayuran. 3. Sandwich Memesan sandwich dengan roti gandum , selada, tomat, dan sedikit daging sebagai tambahan rasa asin bisa menjaid pilihan junk food sehat. 4. Vegetarian Selalu ada pilihan untuk para vegetarian, sekali pun untuk junkfood. Jika memiliki burger misalnya, pilihanya vegetarian burger. Mungkin akan terasa bosan bagi [...]

Anda Pelupa? Mungkin ini Penyebabnya!

Anda Pelupa? Mungkin ini Penyebabnya!

Apakah Anda pelupa? Kalau keseringan tentu Anda harus waspadai. Dan meski ada banyak faktor penyebab, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Neuroscience Letters menunjukkan ada varian pada gen DRD2 yang tampaknya dikaitkan dengan penyakit satu ini.Setiap orang memiliki salah satu dari dua varian gen DRD2. Perbedaannya hanya satu huruf dalam kode genetik. Beberapa orang memiliki varian sitosin (C), sementara yang lain memiliki varian Timin (T). Para peneliti ingin melihat bagaimana satu varian dikaitkan dengan kelupaan.Seperti dilansir HuffingtonPost, Kamis (2/4/2014), untuk mengujinya, peneliti menganalisa gen DRD2 dari 500 peserta penelitian. Peserta juga menjawab survei tentang lupanya (seperti seberapa sering mereka lupa kuncinya dan namanya).Sebagian besar peserta penelitian yakni tiga perempatnya memiliki varian gen timin. Sedangkan seperempat lainnya memiliki varian gen sitosin.Para peneliti menemukan hubungan antara lupa dan varian gen timin dari DRD2. Sementara, varian gen sitosin tampaknya memiliki efek perlindungan terhadap kelupaan.Dr Sebastian Markett dari University of Bonn menjelaskan, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kelupa [...]

Tergiur Operasi Implan Murah, Payudara Nicole Justru Mengendur

Tergiur Operasi Implan Murah, Payudara Nicole Justru Mengendur

Harga lebih murah memang mudah memikat. Termasuk urusan biaya operasi kecantikan. Nicole Burnett (30) termasuk yang tergiur dengan harga murah operasi payudara di luar negeri. Tapi sayang, hasilnya tak seperti yang diinginkan.Pekerja Call Center dari Glasgow, Inggris, ini menceritakan, operasi diskonan tersebut tak hanya membuat payudaranya kendur dengan dua ukuran berbeda, tapi juga membuatnya menderita infeksi yang begitu parah. Ujung-ujungnya implan yang dipasang di payudaranya harus diangkat.Masalah yang dialami Nicole bermula ketika ukuran payudaranya turun menjadi tiga ukuran setelah berat badannya juga turun. Ia merasa tak bahagia dan malu dengan aset barunya yang kecil. "Saya pergi ke gym dan memakai bra busa serta memakai sport bra di atasnya sehingga orang-orang tak menyadari payudara saya yang kendur," kata Nicole seperti dilansir MailOnline, Jumat (14/3/2014).Nicole tak pernah melepas branya termasuk di malam hari. Soalnya, ketika ia melepasnya, Nicole merasa payudaranya kendur seperti nenek-nenek.Nicole memutuskan melakukan implan payudara ke luar negeri karena harga yang tersedia di Inggris begitu tinggi yakni sekitar 5.000 Poundsterling (Rp 94 juta) atau lebih. Ia ke [...]

Suka Cita Imlek di Mediterania Gajah Mada

Suka Cita Imlek di Mediterania Gajah Mada

Perayaan tahun baru Cina tidak berlangsung hanya satu hari saja, masyarakat keturunan Tionghoa bersukacita hingga hari Cap Gomeh.Para pejabat pun ikut serta memeriahkan Imlek di Mediterania Gajah Mada Jl Gajah Mada (depan Hotel Mercure) Jakarta atau depan halte bus Way Olimo, Jakarta Kota."Ada sekitar 15 pejabat, diantaranya Akbar Tanjung, Sutiyoso dan pejabat lainnya. Perayaan Imlek bersama di Apartemen Mediterania Gajah Mada hari minggu 2 Febuari 2014 jam 2 siang," kata salah satu panitia penyelenggara, Chef Eddrian.Menurut Chef Eddrian acara akan dimeriahkan dengan tim barongsai juara dunia, Barongsai Wongpak.Selain itu juga ada opera seribu wajah dari China, musik tradisional dan tarian tradisional China."Ada juga pembagian angpau buat anak-anak dan orangtua. Acara akan dibawakan Mc Fredy Su (Radio Cakrawala ) dan miss Aple dari China," ujar Chef Eddrian Tjhia.(Mia/Igw) [...]

Rokok Ini Bantu Anda Hentikan Kebiasaan Merokok

Rokok Ini Bantu Anda Hentikan Kebiasaan Merokok

Konseptor barang unik asal Taiwan, Tseng Yi Wen menciptakan rokok yang membantu perokok menghentikan kebiasaan buruknya. Kok bisa? Ya, meski berisi tembakau, tapi rokok ini didesain untuk orang yang ingin berhenti merokok. Medical Daily melaporkan Kamis (5/6/2014), Tseng mengaku, ia pertama kali tertarik membuat rokok ini setelah kakeknya meninggal akibat kanker karena merokok. "Ketika itu pertama kalinya saya merasa kehilangan keluarga tersayang yang sakit karena kecanduan rokok tapi saya todak bisa berbuat apa-apa," kata Tseng. Lebih jelasnya, Tseng mengungkapkan rokok yang dibuatnya terdiri dari beberapa paket tergantung kebiasaan si perokok. 1. Tobacco-Luck Rokok ini berisi sebungkus rokok yang secara bertahap semakin sedikit isi tembakau. 2. Tobacco-Sharing Paket ini berisi rokok panjang yang bisa dibagi dua. Dua perokok dapat berbagi rokok tanpa satu sama lain harus membeli ukuran biasa. 3. Tobacco-Trace Setiap puntung rokok dalam paket ini memiliki nomor khusus. Harapan Tseng, setiap orang yang merokok menggunakan rokok ini akan dibuat malu dan bila Ia buang sampah sembarangan, nomor tersebut bisa dilacak secara online. 4.Tobacco day Untuk paket ini, perokok bisa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *