Penjelasan Ilmiah tentang Mimpi Buruk

what-we-know-about-dreams-01-722x406.jpg

Meski sering dikategorikan sebagai bunga tidur, mimpi bisa membuat orang merasa bahagia dan sebaliknya ketakutan. Mimpi yang berbeda-beda pada setiap orang ini, ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah oleh para ahli ilmu saraf dalam penelitiannya.

Seperti misalnya, mengapa manusia bisa bermimpi? Penulis buku ‘Dream On It: Unlock Your Dreams, Change Your Life’, Lauri Loewenberg mengungkapkan, bermimpi merupakan proses berpikir yang tana Anda sadari merupakan kelanjutan dari aktivitas harian Anda.

“Bermimpi merupakan proses berpikir dan sebenarnya merupakan kelanjutan dari pikiran Anda. Itu arus kesadaran, obrolan batin yang berjalan dan tidak berhenti setelah tertidur,” kata Lauri dalam bukunya.

Saat Anda tidur, kata Lauri, bagian otak yang bertanggung jawab untuk berpikir linear dan logika menjadi tidak aktif. Tapi daerah yang mengontrol emosi menjadi lebih aktif. Maka itu, orang biasanya ada yang bermimpi ada yang tidak, sekitar 90 menit sepanjang malam.

“Seperti kata-kata, pikiran dan perasaan yang diproses melalui bagian dari otak yang berbeda, Anda mengalami suasana berupa visual termasuk gambar, simbol, emosi dan metafora melalui mimpi saat tidur,” ungkap Lauri.

Sebuah studi yang diterbitkan belum lama ini dalam Jurnal Sleep bahkan menemukan bahwa kesedihan, rasa bersalah, kebingungan dan keengganan yang merupakan bagian dari emosi yang bisa membuat skenario mimpi buruk. Tapi jangan khawatir, meski mimpi buruk tidak menyenangkan tapi mengalami mimpi yang tidak kita inginkan tidak akan lama.

Selain itu, Ahli saraf dari University of Montreal, Antonio Zadra , PhD mengungkapkan mimpi buruk dapat diobati. Sayangnya, para profesional kesehatan mental tidak menganggap mimpi buruk masalah yang serius.

“Sebagian besar tidak menyadari bahwa mimpi buruk bisa jadi diakibatkan trauma. Cara terbaik untuk menanggapi mimpi buruk adalah memperbaiki masalah traumanya ” kata Antonio, seperti dilansir Everydayhealth, Senin (19/5/2014).

Yang menarik lagi terkait mimpi, rekan studi yang ahli ilmu saraf dari Lyon Neuroscience Research Center di Perancis, Perrine Ruby menemukan bahwa beberapa orang yang sering terbangun di tidur malamnya, cenderung dapat mengingat mimpinya dan sebagian lainnya yang tidur pulas cenderung tidak ingat mimpinya.

“Orang yang mampu mengingat mimpi mereka memiliki lebih banyak aktivitas di daerah otak yang merespon terhadap rangsangan. Inilah yang menjelaskan mengapa mereka terbangun lagi,” ujar Perrine.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mahasiswa Kena Penyakit Kronis Akibat Screen Time

Mahasiswa Kena Penyakit Kronis Akibat Screen Time

Mahasiswa zaman sekarang tak sedikit yang kecanduan berada di depan layar. Akibat screen time inilah para pemuda yang terkena penyakit kronis. Mulai dari obesitas, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, osteoporosis, osteoartritis, hingga kanker.Demikian yang disampaikan Spesialis Kedokteran Olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr Ade Jeanne D. L. Tobing, Sp.KO, dalam acara Peluncuran Baru Zespri SunGold Kiwifruit di Rumah Ranadi, Jeruk Purut, Jakarta, Senin (2/6/2014)."Screen time adalah lamanya waktu seseorang melihat layar atau video game atau komputer atau apa pun itu yang berhubungan dengan gadget. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa populasi terbanyak yang melakukan screen time ini adalah mahasiswa," kata Ade Jeanne menjelaskan.Dalam sehari, kata dokter bertubuh subur ini, para mahasiswa itu mampu menghabiskan screen time selama 5 jam per harinya. Belum lagi ketika mahasiswa itu justru menggunakan waktu istirahatnya untuk memulihkan kondisi tubuhnya untuk melakukan screen time ini."Anggaplah saat jam 7 ada diskusi kecil di kelas, lalu masuk ke diskusi besar dijadikan waktu untuk `istirahat`. Ketika jam 12 istirahat, malah digunakan untuk screen time [...]

Ayo, Siapa Berani 30 Hari Tanpa Rokok?

Ayo, Siapa Berani 30 Hari Tanpa Rokok?

Kampanye nasional antitembakau baru saja digaungkan oleh Kementerian Kesehatan RI bersama World Lung Foundation dengan meluncurkan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang menampilkan kisah nyata korban rokok. Dalam ILM ini, korban rokok yang menyebabkan lubang di tenggorkannya-Manat Hiras Pandjaitan menuturkan testimoni pribadi yang jujur dan gamblang tanpa skenario untuk menggugah kesadaran masyarakat terhadap bahaya merokok.Sebagai bagian dari upaya pemerintah pengendalian tembakau dan peluncuran iklan layanan masyarakat ini sejumlah generasi muda mengajak dan menantang semua orang untuk menjadi bagian dari kampanye bertema 'Berhenti Menikmati Rokok Sebelum Rokok Menikmati Anda'.Jika Pandjaitan saja bisa lantang menyuarakan kisah nyatanya sebagai korban rokok ke banyak orang, setiap individu pasti memiliki kekuatan atas dirinya sendiri dan dapat menginspirasi orang lain apapun caranya.Untuk itu, ikuti tantangan #30HariTanpaRokok yang terbuka bagi seluruh perokok aktif maupun pasif yang dimulai pada 10 Oktober 2014 -10 November 2014. Setiap hal baik yang Anda bagikan dalam tantangan #30HariTanpaRokok akan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang serupa. Jadi, berani keren dan [...]

Kenapa Ada Tirakatan dan Mandi Keris di Malam Tahun Baru Islam

Kenapa Ada Tirakatan dan Mandi Keris di Malam Tahun Baru Islam

Ketika Tahun Baru Islam dimulai atau tahun baru hijrah (malam tanggal 1 Muharram) datang, kebanyakan orang Jawa melakukan tradisi ?tirakatan? diikuti dengan kegiatan doa akhir tahun dan awal tahun. Tak heran bila di banyak tempat kita temui banyak kegiatan yang terkait dengan kegiatan yang terkait dengan sembahyang dan praktik-praktik tirakat. Lantas, apa makna kegiatan ini.Guru Besar Ilmu Tasawuf IAIN Walisongo Semarang & Direktur Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Tasawuf (LEMBKOTA) Kota Semarang Prof. Dr. HM. Amin Syukur, MA. menyebutkan, ?tirakatan,? berasal dari bahasa Arab: taroka, yatruku, tarakan-tirakatan (telah meninggalkan, sedang/ akan meninggalkan, tinggalan). Kata ini berubah menjadi bahasa Indonesia/Jawa menjadi ?tirakatan?.Pada malam Muharram atau disebut malam Suro, di berbagai tempat misalnya di kelurahan, kecamatan, kabupaten/ kota banyak orang melaksanakannya kegiatan dengan caranya masing-masing. Ada yang membaca Alquran, berzanji bersama-sama, manaqib (sejarah) Syekh Abdul Qadir al-Jailani, bahkan ada yang kungkum di sungai, mencuci keris, mencuci kereta Kencana dan sebagainya dengan niat dan tujuannya masing-masing.Tirakat dalam dunia tasawuf disebut juga s [...]

Ahli Kesehatan Kini Menggambarkan Lama Duduk Sebagai ‘Rokok’

Ahli Kesehatan Kini Menggambarkan Lama Duduk Sebagai ‘Rokok’

Mungkin sekarang Anda belum merasakan akibat dari duduk terlalu lama. Tapi para ahli kesehatan kini mulai sibuk mengampanyekan bahaya duduk sebagai 'rokok' karena dapat membahayakan kesehatan. Mengutip laman Mirror, Sabtu (12/4/2014), penelitian di Ingris mengungkapkan, rata-rata orang duduk selama 8 sampai 9 jam sehari. Dalam jangka waktu tersebut, ahli kesehatan menilai duduk dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, kanker usus, masalah otot dan punggung, deep vein thrombosis (pembekuan darah), tulang rapuh, depresi dan bahkan demensia. "Duduk lama itu bagaikan bom waktu kesehatan yang dapat meledak dan merugikan kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah mengidentifikasi duduk sebagai penyebab obesitas nomer satu. Dan obesitas telah disepakati sebagai penyakit," ujar para ahli. "Kita merekomendasikan orang dewasa setidaknya bergerak selama 150 menit seminggu, atau 30 menit dalam lima hari. Itu sudah cukup untuk mendapatkan manfaat utama dari olahraga teratur," tulis WHO. Hal senada juga diungkapkan pakar olahraga, Dr John Buckley dari Chester University. Ia menyampaikan, latihan lebih dari 30 menit dengan bersepeda ke tempat kerja dan rumah cukup bermanfaa [...]

Video Anak Agar Jaga 4 Bagian Tubuh untuk Hindari Pelecehan Seks

Video Anak Agar Jaga 4 Bagian Tubuh untuk Hindari Pelecehan Seks

Anak-anak rawan menjadi korban pelecehan seksual. Orangtua sebaiknya sejak dini mengajarkan anak-anaknya untuk bisa menjaga dirinya. Orangtua mulai dengan mengingatkan ada empat bagian tubuh yang tak boleh disentuh siapapun, kecuali ibunya.Seperti yang dikutip Liputan6.com dari video Childline di India, Jumat (16/5/2014), anak-anak harus membedakan sentuhan yang membuatnya nyaman serta sentuhan yang berbahaya."Kita mempunyai empat daerah (zona) pribadi di tubuh kita yang tak boleh disentuh orang dan juga tidak boleh sentuh bagian di tubuh orang lain juga," begitu pesan dari Childline.Apa sajakah keempat bagian tersebut?1. Mulut2. Dada3. Bagian di antara kaki (alat kelamin)4. Pantat"Ini semua adalah bagian pribadimu. Hanya orang paling dekat denganmu seperti mamamu yang boleh lihat atau sentuh bagian pribadi kamu."Childline menggambarkan perbedaan sentuhan yang nyaman dan berbahaya. Sentuhan yang terasa nyaman seperti ketika ibu memeluk anak. Sementara, ketika ibu memegang bagian pribadi tersebut ketika mandi dimaksudkan untuk kebersihan. Dan ketika dokter sedang memeriksa bagian pribadi, tapi harus ditemani ibu atau bapak, biasanya untuk kesehatan."Jika orang yang peduli dan sayang [...]

Jangan Keliru Ada Darah Jika Pakai Tisu Toilet Bermotif

Jangan Keliru Ada Darah Jika Pakai Tisu Toilet Bermotif

Tisu toilet kini ada yang bermotif dengan tinta berwarna. Menurut dokter, tinta merah di tisu toilet bisa menyembunyikan kondisi medis yang berbahaya.Tisu bergambar atau berdesain dengan tinta merah bisa terlihat seperti darah saat basah. Padahal, jejak darah di toilet menjadi salah satu tanda paling umum dari kanker usus besar.Demikian disampaikan Ahli Bedah Kolorektal Dr Guy Nash dari Poole Hospital, di Inggris, dalam jurnal BMJ Case Reports seperti dikutip LiveScience, Senin (20/1/2014)."Pasien-pasien yang berdarah akan melewatkan darah sebenarnya dan mereka yang tak berdarah akan melaporkan keliru ada darah di toilet," kata Dr Nash.Menurut National Cancer Institute, kanker usus besar atau kanker kolorektal, berkembang dalam sel-sel yang melapisi usus besar ( kolon ) atau rektum. Kondisi ini menyebabkan sekitar 50.000 kematian di Amerika Serikat pada tahun 2013 . Hanya beberapa orang yang mengalami gejala awal.Dr Nash mengatakan, ia melihat seperti darah di toiletnya, tapi ternyata itu gambar hati merah di tisu toilet. Dia menjelaskan, produsen dan masyarakat harus menyadari risiko ini. "Dalam pandangan saya, para pembuat tak bertanggung jawab dengan tidak mempertimbangkan ini," [...]

Fachmi Idris: Pendaftaran Online BPJS Hindari Calo

Fachmi Idris: Pendaftaran Online BPJS Hindari Calo

Hampir setahun BPJS Kesehatan berjalan, ada banyak perubahan yang dilakukan. Ada yang sudah tercapai semisal jumlah kepersertaan, namun ada juga yang belum dicapai untuk mencapai cakupan semesta di tahun 2019. Lebih jelasnya, berikut penuturan Direktur BPJS Kesehatan, Fachmi Idris saat wawancara khusus dengan Liputan6.com. [...]

80 Persen Miras Dijual di Toko dan Minimarket

80 Persen Miras Dijual di Toko dan Minimarket

Peredaran dan konsumsi minuman keras (miras) di Indonesia cukup mengkhawatirkan. Setidaknya demikian data hasil survei Gerakan Nasional Anti Miras (GeNAM) secara online di 48 kabupaten/kota di Indonesia menyebutkan.Ketua Umum Gerakan Nasional Anti Miras, Fahira Idris mengatakan bahwa dari 1.102 responden yang diwawancarai, sebesar 80 persen menyatakan miras dijual di toko dan minimarket di lingkungan tempat dia tinggal. "Ini artinya, miras dijual bebas kepada anak-anak dan remaja di bahwa usia 21 tahun yang jelas-jelas menurut Permendag 43/2009 dilarang," kata Fahira Idris saat peluncuran buku 'Say: No, Thanks' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (3/3/2014)Lemahnya regulasi dan penindakkan hukum, lanjut Fahira, serta ditambah kurangnya pengawasan masyarakat terhadap perederan miras di Indonesia, sudah sampai tahap yang sungguh memprihatikan. Menurut dia, hampir setiap hari di media massa diberitakan tindakan kriminal dan kematian akibat miras dan banyaknya pelaku dan korbannya adalah anak-anak remaja."Indonesia pun kehilangan satu generasi akibat miras," kata dia menambahkan. [...]

5 Manfaat Pacaran Jarak Jauh

5 Manfaat Pacaran Jarak Jauh

Siapa bilang menjalin hubungan cinta jarak jauh itu banyak ruginya. Menurut studi baru dengan menjalin hubungan Long Distance Relationship (LDR) dapat membuat hati semakin dekat. Dikutip Yourtango, Senin (6/1/2014) studi yang dilakukan Queens University menunjukan pasangan yang pacaran jarak jauh, saat menikah hatinya akan semakin dekat.Menurut Psikolog dan Peneliti, Emma Dargie pasangan merasakan hubungan LDR, saat menikah akan menjadi pasangan yang lebih intim. "Orang-orang yang hubungan jarak jauh, saat menikah akan lebih mengalami kepuasan, keintiman dan komunikasi yang lebih lancar," katanya.Berikut ini lima manfaat dari hubungan LDR, yaitu :1. Komunikasi yang Lebih BaikStudi Cornell University yang diterbitkan awal tahun ini dalam Journal of Communication menyatakan pasangan LDR akan menghubungi satu sama lain sekitar tiga atau empat kali sehari dan itu lebih intim dan baik dibandingkan yang lainnya.2. Interaksi Lebih BermaknaStudi yang sama melaporkan interaksi yang lebih bermakna terjalin pada pasangan yang berhubungan jarak jauh. Komunikasi tersebut lebih membangkitkan pikiran dan perasaan yang lebih dibandingkan pasangan lainnya. Selain itu pasangan LDR akan lebih terbuka [...]

Hanya Pecandu Kere yang Nge-Fly Pakai Obat Batuk

Hanya Pecandu Kere yang Nge-Fly Pakai Obat Batuk

Pecandu selalu memiliki banyak cara agar bisa nge-fly (mabuk obat) tanpa harus menggunakan putaw, shabu, atau ganja. Para pecandu itu bisa menggunakan obat batuk yang mengandung zat dekstrometorfan tunggal untuk melampiaskan hasratnya itu.Menurut Mantan Direktur Pengawasan Obat NAFZA BPOM, dr. Danardi Sosrosumihardjo, SpKJ (K), pecandu yang memilih nge-fly menggunakan obat batuk masuk ke dalam tingkatan terendah. Sebab, hanya pecandu yang tidak memiliki uanglah yang mau melakukannya."Biasanya kalau tidak pecandu pemula, ya pecandu kere (miskin). Sama kayak gembel yang mau nge-fly tapi ngelem aibon," kata Danardi saat dihubungin Health Liputan6.com, Kamis (5/6/2014)Pecandu yang pemikirannya tidak rasional, memilih obat batuk untuk nge-fly karena tersugesti bahwa jenis obat ini berasal dari golongan yang sama dengan heroin dan morfin. Padahal, meski berasal dari pohon yang sama, tapi sifat dan manfaatnya jauh berbeda."Dekstro ini sebenarnya bermanfaat. Kalau digunakan dengan dosis yang tepat, bermanfaat untuk menyembuhkan batuk dan menekan panas. Tapi di tangan para pecandu, obat yang seharusnya diminum 3 kali 1, justru diminum 20 atau 40 kali 1 dalam sehari," kata dia menerangkan. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *