Penjelasan Ilmiah tentang Mimpi Buruk

what-we-know-about-dreams-01-722x406.jpg

Meski sering dikategorikan sebagai bunga tidur, mimpi bisa membuat orang merasa bahagia dan sebaliknya ketakutan. Mimpi yang berbeda-beda pada setiap orang ini, ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah oleh para ahli ilmu saraf dalam penelitiannya.

Seperti misalnya, mengapa manusia bisa bermimpi? Penulis buku ‘Dream On It: Unlock Your Dreams, Change Your Life’, Lauri Loewenberg mengungkapkan, bermimpi merupakan proses berpikir yang tana Anda sadari merupakan kelanjutan dari aktivitas harian Anda.

“Bermimpi merupakan proses berpikir dan sebenarnya merupakan kelanjutan dari pikiran Anda. Itu arus kesadaran, obrolan batin yang berjalan dan tidak berhenti setelah tertidur,” kata Lauri dalam bukunya.

Saat Anda tidur, kata Lauri, bagian otak yang bertanggung jawab untuk berpikir linear dan logika menjadi tidak aktif. Tapi daerah yang mengontrol emosi menjadi lebih aktif. Maka itu, orang biasanya ada yang bermimpi ada yang tidak, sekitar 90 menit sepanjang malam.

“Seperti kata-kata, pikiran dan perasaan yang diproses melalui bagian dari otak yang berbeda, Anda mengalami suasana berupa visual termasuk gambar, simbol, emosi dan metafora melalui mimpi saat tidur,” ungkap Lauri.

Sebuah studi yang diterbitkan belum lama ini dalam Jurnal Sleep bahkan menemukan bahwa kesedihan, rasa bersalah, kebingungan dan keengganan yang merupakan bagian dari emosi yang bisa membuat skenario mimpi buruk. Tapi jangan khawatir, meski mimpi buruk tidak menyenangkan tapi mengalami mimpi yang tidak kita inginkan tidak akan lama.

Selain itu, Ahli saraf dari University of Montreal, Antonio Zadra , PhD mengungkapkan mimpi buruk dapat diobati. Sayangnya, para profesional kesehatan mental tidak menganggap mimpi buruk masalah yang serius.

“Sebagian besar tidak menyadari bahwa mimpi buruk bisa jadi diakibatkan trauma. Cara terbaik untuk menanggapi mimpi buruk adalah memperbaiki masalah traumanya ” kata Antonio, seperti dilansir Everydayhealth, Senin (19/5/2014).

Yang menarik lagi terkait mimpi, rekan studi yang ahli ilmu saraf dari Lyon Neuroscience Research Center di Perancis, Perrine Ruby menemukan bahwa beberapa orang yang sering terbangun di tidur malamnya, cenderung dapat mengingat mimpinya dan sebagian lainnya yang tidur pulas cenderung tidak ingat mimpinya.

“Orang yang mampu mengingat mimpi mereka memiliki lebih banyak aktivitas di daerah otak yang merespon terhadap rangsangan. Inilah yang menjelaskan mengapa mereka terbangun lagi,” ujar Perrine.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pengobatan Terbaik bagi Pasien Gagal Ginjal

Pengobatan Terbaik bagi Pasien Gagal Ginjal

Terapi pengganti ginjal berupa dialisis atau cuci darah seringkali diperlukan oleh pasien gagal ginjal yang sudah berada pada tahap akhir, dan telah melakukan pengobatan atau mengalami keterlambatan diagnosa. Meski dialisis dapat memperpanjang hidup pasien, namun akan memengaruhi kualitas hidupnya. Selain itu, pasien yang telah berada pada tahap dialisis, berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular, bahkan kematian. Menurut Spesialis Ginjal dari Gleneagles Hospital, Singapura, Dr. Roger Tan, salah satu cara agar kelangsungan hidup pasien gagal ginjal mengalami peningkatan adalah dengan melakukan transplantasi ginjal. "Sejauh ini, transplantasi ginjal adalah pilihan pengobatan terbaik untuk pasien stadium akhir gagal ginjal, karena dapat meningkatkan kualitas hidup mereka setelah transplantasi," kata dia ditulis Health-Liputan6.com pada Jumat (5/12/2014)Lebih lanjut dia menjelaskan kalau transplantasi ginjal menawarkan hasil kelangsungan hidup terbaik sebesar 90 persen atau lebih terhadap pasien yang telah menjani prosedur pasca transplantasi dengan baik. "Namun, hanya sebagian kecil pasien gagal ginjal menjalani transplantasi, karena sejumlah alasan seperti kurangnya donor, ket [...]

Kaleidoskop Health Februari: Dunia Melarang Sunat Perempuan

Kaleidoskop Health Februari: Dunia Melarang Sunat Perempuan

Sunat hanya milik anak laki-laki, setidaknya itulah garis besar yang dapat diambil dari pelarangan sunat bagi perempuan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak 1997.Kontroversi khitan pada perempuan yang mencuat kembali setelah dicabutnya Peraturan Menteri Kesehatan tahun 2010 yang mengatur tentang praktik sunat perempuan beberapa waktu lalu dianggap seksolog memang perlu. Karena hal tersebut tidak akan ada pengaruhnya saat wanita dewasa dan berhubungan intim.Seksolog dari bagian Andrologi dan Seksologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Prof Dr dr Wimpie Pangalila Sp And FAACS menyampaikan bahwa peraturan tersebut memang dirasa tidak perlu karena pengertian sunat perempuan di Indonesia saja tidak jelas."Sunat pada perempuan itu nggak jelas. Beda dengan pria yang harus membuang kulit yang menutup penis. Pada perempuan apa yang dipotong? Sunat perempuan tidak ada," kata Prof Wimpie saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (25/2/2014).Prof Wimpie menegaskan, permasalahan sunat perempuan ini dalam dunia kedokteran tidak dikenal. Dan hal ini mencuat karena banyak orang turut campur dan masalah budaya."Kedokteran tidak mengenal sunat perempuan. Kalau ini masalah bud [...]

5 Cara Perawatan Kulit dan Rambut Pakai Air Kelapa

5 Cara Perawatan Kulit dan Rambut Pakai Air Kelapa

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit dan rambut yang senantiasa sehat. Daripada mengeluarkan uang berlebih untuk biaya perawatan di salon, lebih baik menggunakan air kelapa yang tergolong murah dan mudah ditemukan.Ya! Air kelapa yang kaya akan mineral seperti zink, selenium, kalsium, magnesium, fosfor dan sejumlah vitamin seperti C, E, B1, B3, B5 dan B6 dipercaya dapat mempercantik kulit dan membuat rambut lebih halus dan juga sehat.Lantas, bagaimana cara menggunakan air kelapa untuk perawatan kulit dan rambut? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari laman Health Me Up, Sabtu (27/12/2014) 1. Parut kelapaParutlah kelapa sehingga menghasilkan 70 gram parutan kelapa lalu taruhlah di dalam mengkok. Lalu, tambahkan 1,5 cangkir air panas dan aduklah secara bersama-sama. Setelah itu, ambil kain untuk menyaring kelapa yang sudah diparut dan simpan hasil parutan ke dalam kulkas. 2. Pijat menggunakan santan yang telah diperasJika memiliki kulit kering, taruhlah santan di atasnya dan pijatlah dalam gerakan melingkat. Diamkan selama setengah jam dan kemudian bilaslah. Coba bandingkan antara kulit yang dulu dengan kulit Anda yang sekarang. 3. Untuk kulit terbakarSantan memiliki sifa [...]

Bayi Pertama yang Punya Tiga Orangtua di Akta Kelahiran

Bayi Pertama yang Punya Tiga Orangtua di Akta Kelahiran

Seorang bayi di Vancouver menjadi anak pertama di British Columbia yang memiliki tiga orangtua di akta kelahirannya. Bayi berusia tiga bulan bernama Della Wolf Kangro Wiley Richards merupakan putri dari orangtua lesbian dan teman prianya."Rasanya benar-benar alami dan mudah, seperti keluarga lain," kata ayah biologis Shawn Kangro seperti dikutip CBC, Rabu (26/2/2014)."Ini tak seperti ada sesuatu yang aneh," ujarnya.Dalam Family Law Act di British Columbia, pada tahun lalu memungkinkan memiliki tiga atau lebih orangtua. Keluarga Della merupakan yang pertama kalinya dan menyelesaikan akta kelahirannya pada pekan lalu. Cerita bermula ketika Danielle Wiley dan istrinya , Anna Richards, dihadapkan masalah bagaimana untuk hamil. "Kami beruda, dari awal menginginkan ada ayah yang bisa berpartisipasi,"Saya tahu banyak pasangan lesbian lainnya yang tak menginginkannya. Mereka ingin donor anonim. Tapi kami berdua menyukai gagasan seseorang bisa terlibat dan siapa yang bisa menjadi sosok ayah bagi anak-anak kami," kata Wiley.Shawn Kangro, teman lama Richard tampaknya menjadi pilihan yang pas. "Ketika Anna dan Danielle mendekati saya, saya langsung berpikir saya akan mengatakan ya, meskipun [...]

Rupanya Ada 2 Jenis Barongsai, si Garang dan si Manis

Rupanya Ada 2 Jenis Barongsai, si Garang dan si Manis

Perayaan imlek tahun ini yang jatuh pada 31 Januari disambut meriah oleh semua masyarakat keturunan Tionghoa. Mulai dari pernak-pernih sampai kebudayaan Cina seperti barongsai menghiasi klenteng dan pusat-pusat perbelanjaan.Sekilas bentuk barongsai memang tidak berbeda. Semuanya menyerupai singa. Namun menurut Pembina Tim Barongsai Kun Seng Keng Indonesia, Deni, barongsai yang dipakai di Indonesia memiliki dua tipe."Barongsai itu dibagi dua yaitu Foshan dan Hok Shan. Bentuk karakter wajahnya berbeda satu sama lain," kata Deni saat ditemui Tim Liputan6.com di Jakarta, ditulis Rabu (29/1/2014).Tim barongsai yang diketuai Andreas Sofiandi ini kerap menampilkan Hok Shan saat perayaan imlek atau kegiatan lainnya seperti pernikahan atau peresmian kantor."Kalau Foshan itu bentuk mulutnya melengkung ke atas, kepalanya besar dan tanduknya runcing. Sementara Hok Shan bentuk mulutnya seperti bebek, lebih berbulu dan ujung tanduknya bulat melingkar serta badannya lebih pendek dan lebih ringan dari Foshan," kata Deni.Hok Shan ditampilkan dalam pesta rakyat tradisional China karena menurut Deni, tim barongsai ingin memunculkan sosok barongsai yang menggemaskan dan menghibur."Kalau Foshan, lebih [...]

8 Masalah yang Muncul Jika Sering Pakai Celana Dalam Ketat

8 Masalah yang Muncul Jika Sering Pakai Celana Dalam Ketat

Kaum hawa agar terlihat langsing banyak yang memilih mengenakan celana shapewear yang ketat agar tubuhnya berbentuk. Tapi, celana dalam tersebut bisa buruk buat tubuh Anda.Berbagai celana shapewear kini dijual di pasaran. Mulai dari celana besar Bridget Jones, celana pendek selutut, hingga shapewear yang sedang tren di Inggris. Hampir setiap wanita memiliki pakaian dalam yang menghilangkan tonjolan di tubuhnya.Biasanya, celana yang membuat siluet di pakaian berbahan jatuh itu hanya dikenakan di acara-acara khusus. Namun, banyak wanita yang memakainya setiap hari.Dengan melonjaknya pemakaian celana ketat tersebut, ahli medis memperingatkan bahwa penggunaan celana ketat dalam jangka panjang sangat buruk. Dokter telah menghubungkan shapewear dengan kondisi seperti trombosis vena, masalah punggung dan juga kanker seperti dikutip Dailymail, Jumat (6/2/2014): 1. Refluks AsamKonsultan Kolorektal dan Dokter Bedah Umum di London Clinic, Jonathan Wilson, mengatakan, perut berada di antara pusar dan tulang dada. Penggunaan celana shapewear yang ketat bisa menekan pada organ-orang di bawahnya.Tekanan pada perut ini bisa mendorong asam naik ke atas ke kerongkongan. "Jika Anda tak memiliki masa [...]

Tak Perlu Takut Tertular DBD

Tak Perlu Takut Tertular DBD

Penularan virus Demam Berdarah Dengue (DBD) bisa terjadi apabila ada nyamuk sebagai media (vektor) yang menularkannya. Alasan tersebut membuat orang tidak perlu khawatir bila berdekatan dengan pasien DBD dalam satu ruangan.Demikian penjelasan yang disampaikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI dalam acara `#BetterU: Waspadai Kebocoran Plasma Saat DBD` di Jakarta, ditulis Rabu (11/6/2014)"Yang menjadi persoalan adalah bila satu orang saja terkena demam berdarah dan ada nyamuk perantaranya maka dapat menularkan ke mana-mana," kata Leonard.Karena nyamuk Aedes aegypti memiliki sifat sifat multiple bite, tambah Leonard, maka nyamuk akan mencari mangsa untuk dapat digigt sehingga membuatnya merasa kenyang. "Multiple bite yakni menggigit selama beberapa hari sampai nyamuk itu kenyang. Kalau tidak kenyang, maka nyamuk akan terus mencari," kata Leonard.Pada akhirnya akan dirasa wajar bila di dalam satu rumah bisa satu sampai dua orang kena DBD karena radiusnya tidak melebihi 100 meter persegi.Namun, bila di dalam satu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan dua orang anak, dan yang menderita DBD adalah anak pertama dan s [...]

Meski Biaya Klaim ke BPJS Kecil, RS Tak Boleh Turunkan Kualitas Layanan

Meski Biaya Klaim ke BPJS Kecil, RS Tak Boleh Turunkan Kualitas Layanan

BPJS Kesehatan tidak menampik adanya Rumah Sakit yang mengalami untung dan rugi sejak Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berlaku. Namun Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan, Fadjri Adinur menegaskan, RS yang mengalami defisit atau kerugian tidak boleh menurunkan kualitas RS. "Untuk mencegah kerugian, RS mestinya harus berusaha lebih efisien dalam mengendalikan biaya dan mutu. InaCBGs (tarif paket yang berlaku di RS ) juga mendorong RS untuk tidak membolehkan pasien dipulangkan sebelum sembuh atau ada pemeriksaan yang sebenarnya nggak perlu dilakukan. Jadi RS jangan sampai menurunkan kualitas," kata Fadjri saat temu media evaluasi 3 bulan JKN di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (12/3/2014). Menurut Fadjri, RS tidak boleh memiliki pikiran bahwa klaim RS sama seperti dulu (fee for service). Karena kalau masih memiliki pikiran dulu, RS akan kesulitan dan tidak menutup kemungkinan akan rugi. Fadjri menyontohkan, misalnya ada dua orang yang sama dengan keluhan tipes. Orang pertama bukan peserta BPJS, rawat inap 5 hari dan bayar sesuai ditagihkan. Orang kedua dengan kepersertaan BPJS Kesehatan, biaya RS nya akan dirata-ratakan dengan 1000 pasien lain yang tipes. Artinya, tarif ya [...]

Tiap Tahun, Penderita Pikun Mencapai 7,7 Juta

Tiap Tahun, Penderita Pikun Mencapai 7,7 Juta

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, kasus baru demensia (pikun) didiagnosa setiap 4 detik dengan jumlah kasus baru setiap tahunnya mencapai 7,7 juta. Jumlah ini diperkirakan meningkat dua kali lipat setiap 20 tahun yaitu 115,4 juta kasus di tahun 2050. "Karena itu menjelang Hari Alzheimer sedunia pada 21 September, penting bagi kita semua berefleksi dan merenungkan berbagai isu kritis kesehatan yang dapat terjadi pada diri kita masing-masing baik langsung atau tidak pada satu waktu dalam hidup kita,"ujar Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia DY Suharya, dalam surat elektroniknya ke redaksi Liputan6.com, Kamis (18/9/2014). Di kawasan Asia Pasifik, kata Suharya, jumlah kasus demensia diperkirakan meningkat dari 13,7 juta menjadi 64,6 juta pada tahun 2050. Di Indonesia, situasinya menjadi lebih sulit dengan rendahnya tingkat diagnosa serta meningkatnya jumlah lansia. Saat ini, kata Suharya, Indonesia memiliki populasi lansia lima terbesar di dunia, yaitu sekitar 10 persen dari total penduduk (25 juta lansia). [...]

BPJS Resmi Gandeng Dompet Dhuafa Jamin Kesehatan Difabel

BPJS Resmi Gandeng Dompet Dhuafa Jamin Kesehatan Difabel

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan resmi menandatangai kesepakatan dengan Dompet Dhuafa untuk menjamin masyarakat miskin yang tidak terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI), termasuk kaum difabel."Premi masyarakat miskin dan tidak mampu yang belum masuk PBI APBN atau APBD (Jamkesda) akan ditanggung oleh lembaga zakat. Lembaga zakat ini juga akan memvalidasi kembali calon-calon peserta mana saja yang benar-benar berhak ditanggung oleh dana zakat," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris di sela-sela acara perayaan HUT 46 BPJS Kesehatan di Hotel Bidakara, Jakarta, ditulis Jumat (18/7/2014).Menurut Fahmi, ada dua mekanisme pembiayaan kelompok masyarakat tersebut. Pertama, lembaga zakat akan membiayai langsung peserta tersebut. Kedua, lembaga zakat akan mencarikan pemberi zakat atau muzaki kepada peserta yang belum terdaftar sebagai PBI. Adapun premi yang dibayar minimal Rp 25.500 atau setara dengan premi kelas III peserta mandiri.Ditemui di tempat yang sama, Ketua Dewan Jaminan Sosial (DJSN) Chazali Situmorang juga menyambut baik pendanaan zakat ini oleh Dompet Dhuafa. Menurutnya, walaupun pemerintah sudah menyiapkan angaran untuk 86,4 juta jiwa masyara [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *