Penting Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memilih Personal Trainer

olahraga.jpg

Kebanyakan orang lebih memilih berolahraga di pusat kebugaran dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Mereka juga tidak segan-segan untuk mengeluarkan kocek lebih demi memiliki pelatih pribadi atau yang lebih sering disebut dengan personal trainer. Mempunyai pelatih pribadi dapat membuat Anda lebih termotivasi dalam berolahraga hingga lebih cepat mencapai sasaran yang dituju.

Tidak hanya itu saja, pelatih pribadi juga bisa membantu dalam memaksimalkan waktu latihan, mencegah timbulnya cedera serta melihat sejauh mana keberhasilan yang diraih. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih personal trainer.

1. Identitas
Seorang personal trainer yang baik selayaknya harus mampu menunjukkan sertifikasi keahlian mereka. Untuk mendapatkannya, para pelatih biasanya harus lulus dari serangkaian ujian yang diadakan oleh organisasi olahraga yang terakreditasi. Di Amerika misalnya, The American Council on Exercise (ACE), the National Academy of Sports Medicine (NASM) atau the National Strength and Conditioning Association (NSCA). Hal ini diperlukan untuk memastikan mereka telah memenuhi standar profesionalisme dan kompetensi dari agar dapat dipercaya.

2. Pengalaman
Memilih personal trainer hendaknya yang sudah mempunyai pengalaman dalam menangani para kliennya. Personal trainer yang berpengalaman biasanya lebih cepat tanggap dalam menentukan latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Sebaiknya jangan sungkan untuk mengobrol-ngobrol lebih dulu dengan calon personal trainer sebelum memilih yang terbaik.

3. Kepribadian
Jika Anda mempunyai watak yang keras dan sulit diatur, seleksi para personal trainer sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengannya. Pilihlah yang bisa mengimbangi kepribadian Anda dan secara tegas serta disiplin mampu mengontrol Anda dalam melakukan latihan.

4. Filosofi
Carilah personal trainer yang mempunyai pikiran yang sepaham dengan Anda. Jangan sampai di tengah jalan Anda berselisih paham dengannya hanya karena Anda lebih suka berlari di atas treadmill ketimbang naik sepeda statis. Bicarakan padanya apa yang membuat Anda merasa nyaman dan tidak nyaman sehingga personal trainer dapat mengerti kemauan Anda.

5. Keahlian
Jika Anda berolahraga di pusat kebugaran dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, sebaiknya carilah personal trainer yang ahli dalam bidang ini hingga target yang dimiliki bisa tercapai berkat bantuannya. Apabila tidak selektif dalam memilihnya, salah-salah Anda justru mendapat personal trainer yang justru berpengalaman di bidang pembentukkan badan.

6. Biaya
Sebelum memutuskan untuk memilih personal trainer, sebaiknya pikirkan matang-matang berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin menyewa jasa mereka. Jangan sampai anggaran biaya Anda tidak sesuai dengan daftar biaya yang ditentukan. Cara mengatasinya adalah, mungkin Anda bisa menyewa personal trainer dengan beberapa teman atau keluarga Anda dan menjalani latihan bersama-sama.

7. Ketersediaan Waktu
Jangan sungkan untuk menanyakan jadwal personal trainer agar bisa menyesuaikannya dengan jadwal Anda. Pilih waktu yang tepat untuk memulai latihan, entah di pagi hari atau sore hari setelah bekerja. Tentukan juga berapa kali Anda akan latihan selama seminggu.

8. Lokasi
Maraknya pusat kebugaraan yang tersebar di seluruh penjuru kota memudahkan kita untuk memilih pusat kebugaran. Carilah salah satunya yang paling dekat dari lokasi kantor atau rumah untuk memudahkan Anda dalam berolahraga. Pusat kebugaran sekarang ini umumnya berada di dalam pusat perbelanjaan karena aksesnya lebih mudah dijangkau.

9. Kemajuan
Sebaiknya, carilah personal trainer yang secara bertahap selalu mengukur kemampuan dari tiap latihan sehingga Anda dapat melihat kemajuan dan kerja keras Anda membuahkan hasil. Personal trainer juga memastikan Anda untuk tetap konsisten dalam melakukan latihan sehingga usaha yang Anda lakukan tidak sia-sia.

10. Reputasi
Setelah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, bukan hanya anda yang senang namun juga para personal trainer. Mereka juga merasa kerja keras mereka berhasil dan tidak sia-sia. Secara tidak langsung, hal ini turut mendongkrak reputasi para personal trainer dan membuka peluang mereka untuk lebih banyak mendapatkan klien.

(int/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan yang Dapat Membuat Anda Cepat Terlihat Tua

Makanan yang Dapat Membuat Anda Cepat Terlihat Tua

?You are what you eat,? demikian ungkapan populer yang sering kita dengar. Karena tidak dapat dipungkiri, apa yang kita pilih sebagai menu makan, menentukan kesehatan jiwa dan raga. Jika Anda terbiasa makan makanan tinggi lemak dan gula berlebih, niscaya tubuh Anda berisiko menjadi obesitas, diabetes, gangguan kolesterol, gagal jantung bahkan kematian. Namun sebaliknya, jika Anda memilih menu yang menyehatkan tubuh, maka akan kecil sekali kemungkinan Anda mengalami obesitas, diabetes, hipertensi dan berbagai penyakit degeneratif lainnya. Anda akan cenderung merasa sehat dan bugar. Sama halnya jika Anda menjaga pola makan untuk urusan penampilan tubuh. Pasalnya, ada beberapa menu makanan yang dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda seharusnya. Nah, bagi Anda yang ingin tampil muda lebih lama ada baiknya menghindari beberapa menu makanan berikut ini: Makanan yang Membuat Anda Cepat Tua: Gula Ada beberapa alasan kenapa makanan yang tinggi akan gula dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Saat ada banyak gula di dalam tubuh Anda, gula tersebut akan mengikatkan diri dengan kolagen yang membuat kulit menjadi semakin tidak lentur. Dimana keadaan tidak l [...]

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

Mencuci tangan setelah dari toilet sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri atau kuman penyebab penyakit. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kebiasaan sehat ini.Menurut hasil studi terbaru, hanya 5 persen orang yang mencuci tangan dengan benar dan cukup lama untuk membunuh kuman penyebab infeksi, setelah menggunakan toilet atau kamar mandi. Artinya, ada 95 orang yang tidak mencuci tangannya dengan tepat. Sementara 33 persen cuci tangan, tapi tidak menggunakan sabun dan 10 persen responden bahkan tidak membersihkannya sama sekali.Studi yang dilakukan dengan mengobservasi perilaku 3.749 orang di toilet umum ini juga menemukan, wanita lebih peduli terhadap kebersihan tangan mereka ketimbang pria. Ada 15 persen pria yang tidak mencuci tangannya setelah dari kamar mandi. Sedangkan wanita hanya 7 persen.Carl Borchgrevink, associate professor of hospitality business dari Michigan State University yang memimpin penelitian mengatakan kalau penemuan ini cukup mengejutkan. Sebab dalam penelitian sebelumnya menunjukkan kalau kesadaran orang untuk menjaga kebersihan tangannya meningkat.Para peneliti yang mengadakan observasi di toilet yang terdapat di bar, restoran at [...]

Sering Susah Tidur? 5 Makanan Ini Bisa Membantu Anda!

Sering Susah Tidur? 5 Makanan Ini Bisa Membantu Anda!

Gejala susah tidur sering sekali kita rasakan, walaupun badan dan pikiran sudah lelah tetapi belum tentu mudah untuk tidur. Jika Anda sering mengalaminya, lima makanan ini akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Apa saja makanannya? Simak di sini, seperti dikuip dari She Knows.1. Ayam Kalkun (Turkey)Makanan ini kaya akan amino acid tryptophan yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang tenang dan nyenyak. Tryptohan itu sendiri tidak akan membuat Anda mengantuk melainkan dapat membantu otak untuk memproduksi serotonin yang diperlukan untuk tidur dan relaksasi.2. Mashed PotatoesMengonsumsi kentang dipercaya tidak akan membuat kadar glukosa darah Anda tinggi dan dapat mengeliminasi asam yang sering memblok tryptophan. Buatlah mashed potatoes dengan susu rendah lemak untuk merangsang tubuh mendapatkan tidur yang sehat.3. PisangBuah yang satu ini bisa dibilang sebagai obat tidur alami karena mengandung melantonin dan tryptophan yang akan menghasilkan serotonin untuk membantu merangsang otak dan membantu Anda tertidur. Pisang juga mengandung magnesium yang diketahui berguna untuk relaksasi dan bisa menghilangkan ketegangan fisik, serta stress.4. SusuJika mempunyai [...]

Ibu, Waspada 6 Gejala Serius Pada Bayi Ini

Ibu, Waspada 6 Gejala Serius Pada Bayi Ini

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Kehadiran buah hati yang sudah dinanti-nanti memang merupakan saat yang indah. Pengalaman yang serba baru dialami oleh ayah dan bunda kadang dapat menimbulkan rasa cemas. Perhatikan enam gejala di bawah ini yang perlu segera ditangani. Bibir berubah menjadi biru (sianosis).Kondisi ini disebut juga dengan sianosis (cyanosis) yaitu kekurangan oksigen dalam darah. Segera bawa bayi ke sarana kesehatan terdekat. Bayi terlihat sesak napas.Sesak napas pada bayi ditandai dengan frekuensi napas yang cepat, terdapat retraksi (bagian yang masuk ke dalam) pada sela iga dan bawah iga, serta cuping hidung yang kembang kempis. Selain itu dapat terdengar suara merintih dari bayi. Demam di atas 38?C (suhu rektal). Demam pada anak bayi baru lahir tidak spesifik, dapat disebabkan oleh influenza hingga meningitis sehingga harus dievaluasi segera. Kulit semakin terlihat kuning.Tidak semua kondisi kuning pada bayi berbahaya. Sebagian dapat disebabkan oleh proses yang normal dan akan hilang sendiri. Namun, bila kuning semakin bertambah perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut. Kuning pada bayi disebabkan oleh kadar bilirubin yang tinggi dalam darah. [...]

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Tahukah Anda bahwa sering mendengarkan musik memiliki hubungan dengan depresi? Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Seperti yang dikutip dari discovery, peneliti menganggap bahwa kebiasaan mendengarkan musik lebih sering dilakukan oleh remaja. Dalam sebuah penelitian yang diprakarsai oleh Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine, para peneliti menemukan adanya hubungan antara gangguan depresi utama atau biasa disebut depresi klinis dengan kebiasaan mendengarkan musik pada 106 remaja.Penelitian ini dilakukan dnegan cara menelpon 46 remaja yang didiagnosis menderita depresi dan sedang dalam pengobatan. Dengan menjawab secara langsung, para remaja tersebut melaporkan kegiatan apa yang sedang mereka lakukan, apakah sedang menggunakan internet, menonton TV atau film, mendengarkan musik, bermain video games atau membaca buku.Hasilnya, para peneliti menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik dengan depresi. Orang yang cenderung mengalami depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Alasan mengapa remaja lebih senang mendengarkan musik saat depresi mungkin bel [...]

Ingin Bebas Stres? Cukupi Zat Besi!

Ingin Bebas Stres? Cukupi Zat Besi!

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Sunnybrook Research Institute, Universitas Toronto dan dipublikasikan pada jurnal Biological Psychiatry, kadar zat besi yang rendah di dalam darah memiliki hubungan dengan depresi. Studi ini menganalisa konsentrasi zat besi dalam darah pada 1643 pasien depresi dan 804 pasien non-depresi yang diambil dari 17 penelitian. Berdasarkan penelitian ini, sebagian besar pasien depresi memiliki kadar zat besi yang lebih rendah dibandingkan pasien non-depresi. Semakin rendah kadar zat besi maka semakin berat derajat depresi. Meskipun studi ini tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat secara langsung, hubungan antara kadar zat besi dan depresi dapat dijelaskan secara ilmiah. Zat besi dibutuhkan untuk oksigenasi dan produksi energi pada parenkim otak, serta sintesis neuro-transmiter dan myelin (serat syaraf). Zat besi juga memiliki efek sebagai antioksidan, yang menjaga keseimbangan fungsi endokrin, sistem imun, dan fungsi kognitif. Selain itu, zat besi juga memegang peranan penting dalam mengatur sirkuit glutamatergik kortikal dan hipokampus yang mengatur afektif / perilaku. Depresi dapat menyerang siapa saja dan pada usia [...]

Inilah Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Inilah Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Jantung dan pembuluh darah (sistem kardiovaskular) merupakan sistem yang kompleks. Jika diumpamakan, jantung berperan seperti reservoir dan pompa utama air, dan pembuluh darah berperan seperti pipa-pipa air yang menyalurkan air bersih ke berbagai area yang membutuhkan. Apabila terdapat masalah dengan jantung, maka suplai darah ke berbagai organ tubuh juga ikut terganggu, sehingga dapat menimbulkan gejala baik pada jantung maupun pada bagian tubuh yang menerima aliran darahnya. Indikator kesehatan jantung dapat diketahui dari ada tidaknya gejala terkait, pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan. Selain nyeri dada yang khas, beberapa gejala berikut juga dapat menunjukkan adanya masalah pada jantung: 1. Kelelahan Rasa lelah terus-menerus dapat menandakan gangguan pada jantung. Keluhan ini lebih sering dirasakan oleh wanita. Rasa lelah yang dimaksud terasa amat berat, berbeda dengan rasa lelah sehabis melakukan aktivitas sehari-hari. Keluhan ini dapat berlangsung beberapa hari sebelum terjadi serangan jantung. 2. Keringat yang berlebihan Gangguan jantung juga perlu dicurigai apabila saat beristirahat, sedang duduk santai, cuaca tidak sedang panas, atau tidak melakukan aktivitas [...]

Global Diabetes Forum 2014: Indonesia No.7 Terbanyak Penderita Gula Darah

Global Diabetes Forum 2014: Indonesia No.7 Terbanyak Penderita Gula Darah

Sedikitnya 8,5 juta penduduk Indonesia adalah penderita diabetes. Angka tersebut disampaikan oleh Ketua PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) Prof. dr. Sidhartawan Soegondo, PhD., FACE. pada kesempatan jumpa pers Global Diabetes Forum 2014 yang diselenggarakan oleh Kalbe pada Sabtu (18/1) di Kuta, Bali. Hal yang lebih mengkhawatirkannya lagi, 70% dari angka tersebut sebelumnya tidak menyadari kalau dirinya memiliki kadar gula darah yang tinggi. ?Mereka (penderita diabetes ?Red) kebanyakan datang ketika gejala sudah muncul, ya kesemutan, luka susah sembuh, sering pusing, gampang capek, tangan kaki bengkak-bengkak. Dan sedihnya lagi, mereka tidak sadar kalau itu adalah diabetes yang mengancam jiwa,? jelas Prof. Sidhartawan. Hal senada disampaikan oleh dr. Saukhat M. Sadikot, Elected President IDF (International Diabetic Federation) pada kesempatan yang sama, ?Pada dua tahun yang lalu, India merupakan negara dalam urutan nomor pertama terbanyak penderita diabetes di dunia. Namun kini ?prestasi? itu diraih oleh China dan menggeser India ke urutan kedua. Setiap 7 detik satu orang meninggal dunia karena diabetes. Itu baru yang terdeteksi dan terdata, dan saya yakin ada masih banyak kor [...]

Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

Golongan darah tiap individu tidak sama. Perbedaan golongan darah dikelompokkan kepada tipe A, B, AB, atau O. Status rhesus (Rh) darah pun bisa tergolong negatif atau positif. Perbedaan-perbedaan tersebut perlu diperhatikan dalam penggunaan darah di dunia medis. Baik bagi Anda untuk mengetahui karakteristik tersebut, mengingat darah memiliki peranan penting pada tubuh. Golongan darah seseorang ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen pada sel darah merah dan plasma darah . Antigen berfungsi seperti tanda pengenalan sel tubuh Anda. Ini supaya tubuh bisa membedakan sel tubuh sendiri dari sel yang berasal dari luar tubuh. Jika sel dengan antigen berlawanan masuk ke dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan mulai perlawanan terhadap sel yang dianggap asing tersebut dan memproduksi antibodi. Ada dua teknik yang kerap dipakai untuk mengelompokkan darah, yaitu menggunakan sistem ABO dan rhesus (Rh). Kedua sistem ini bisa sangat membantu jika Anda ingin melakukan transfusi darah. Melalui sistem ABO, Anda bisa mengetahui golongan darah Anda, apakah A, B, AB atau O. Jika Anda memiliki golongan darah A, maka Anda memiliki antigen A pada sel darah merah dan memproduksi antib [...]

Kebiasaan Kurang Tidur Bikin Penyakit!

Kebiasaan Kurang Tidur Bikin Penyakit!

Oleh: dr. Adithia Kwee Tidak sedikit penelitian yang telah memaparkan ditemukan hubungan tidak langsung antara kurang tidur dengan beberapa potensi risiko pada kondisi penyakit degeneratif, seperti: Obesitas, Diabetes tipe 2, Gangguan jantung. Namun demikian, bukti yang menyebutkan bahwa kondisi ini benar-benar langsung disebabkan karena kurang tidur sayangnya masih sedikit. Akan tetapi, pada awal 2013 sebuah penelitian diterbitkan oleh Sleep Researche Centre dan koleganya di Universitas Surrey mengklaim bahwa mereka menemukan hubungannya secara langsung. Mereka menemukannya dengan cara melihat bagaimana tidur ternyata merubah gen seseorang. Karena pada dasarnya setiap sel dalam tubuh manusia memuat informasi berupa DNA, informasi dalam DNA inilah yang berubah akibat kurang tidur. Senada dengan penelitian tersebut, sebuah studi lain menyebutkan bahwa kurang tidur selama dua hari berturut turut menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Para peneliti percaya bahwa dalam waktu lama, maka kurang tidur berpengaruh pada gangguan jantung. Penelitian ini diuji terhadap 8 orang dewasa dengan rentang usia dari 20?35 tahun. Mereka hanya diizinkan tidur selama 4 jam setiap h [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *