Penting Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memilih Personal Trainer

olahraga.jpg

Kebanyakan orang lebih memilih berolahraga di pusat kebugaran dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Mereka juga tidak segan-segan untuk mengeluarkan kocek lebih demi memiliki pelatih pribadi atau yang lebih sering disebut dengan personal trainer. Mempunyai pelatih pribadi dapat membuat Anda lebih termotivasi dalam berolahraga hingga lebih cepat mencapai sasaran yang dituju.

Tidak hanya itu saja, pelatih pribadi juga bisa membantu dalam memaksimalkan waktu latihan, mencegah timbulnya cedera serta melihat sejauh mana keberhasilan yang diraih. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih personal trainer.

1. Identitas
Seorang personal trainer yang baik selayaknya harus mampu menunjukkan sertifikasi keahlian mereka. Untuk mendapatkannya, para pelatih biasanya harus lulus dari serangkaian ujian yang diadakan oleh organisasi olahraga yang terakreditasi. Di Amerika misalnya, The American Council on Exercise (ACE), the National Academy of Sports Medicine (NASM) atau the National Strength and Conditioning Association (NSCA). Hal ini diperlukan untuk memastikan mereka telah memenuhi standar profesionalisme dan kompetensi dari agar dapat dipercaya.

2. Pengalaman
Memilih personal trainer hendaknya yang sudah mempunyai pengalaman dalam menangani para kliennya. Personal trainer yang berpengalaman biasanya lebih cepat tanggap dalam menentukan latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Sebaiknya jangan sungkan untuk mengobrol-ngobrol lebih dulu dengan calon personal trainer sebelum memilih yang terbaik.

3. Kepribadian
Jika Anda mempunyai watak yang keras dan sulit diatur, seleksi para personal trainer sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengannya. Pilihlah yang bisa mengimbangi kepribadian Anda dan secara tegas serta disiplin mampu mengontrol Anda dalam melakukan latihan.

4. Filosofi
Carilah personal trainer yang mempunyai pikiran yang sepaham dengan Anda. Jangan sampai di tengah jalan Anda berselisih paham dengannya hanya karena Anda lebih suka berlari di atas treadmill ketimbang naik sepeda statis. Bicarakan padanya apa yang membuat Anda merasa nyaman dan tidak nyaman sehingga personal trainer dapat mengerti kemauan Anda.

5. Keahlian
Jika Anda berolahraga di pusat kebugaran dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, sebaiknya carilah personal trainer yang ahli dalam bidang ini hingga target yang dimiliki bisa tercapai berkat bantuannya. Apabila tidak selektif dalam memilihnya, salah-salah Anda justru mendapat personal trainer yang justru berpengalaman di bidang pembentukkan badan.

6. Biaya
Sebelum memutuskan untuk memilih personal trainer, sebaiknya pikirkan matang-matang berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin menyewa jasa mereka. Jangan sampai anggaran biaya Anda tidak sesuai dengan daftar biaya yang ditentukan. Cara mengatasinya adalah, mungkin Anda bisa menyewa personal trainer dengan beberapa teman atau keluarga Anda dan menjalani latihan bersama-sama.

7. Ketersediaan Waktu
Jangan sungkan untuk menanyakan jadwal personal trainer agar bisa menyesuaikannya dengan jadwal Anda. Pilih waktu yang tepat untuk memulai latihan, entah di pagi hari atau sore hari setelah bekerja. Tentukan juga berapa kali Anda akan latihan selama seminggu.

8. Lokasi
Maraknya pusat kebugaraan yang tersebar di seluruh penjuru kota memudahkan kita untuk memilih pusat kebugaran. Carilah salah satunya yang paling dekat dari lokasi kantor atau rumah untuk memudahkan Anda dalam berolahraga. Pusat kebugaran sekarang ini umumnya berada di dalam pusat perbelanjaan karena aksesnya lebih mudah dijangkau.

9. Kemajuan
Sebaiknya, carilah personal trainer yang secara bertahap selalu mengukur kemampuan dari tiap latihan sehingga Anda dapat melihat kemajuan dan kerja keras Anda membuahkan hasil. Personal trainer juga memastikan Anda untuk tetap konsisten dalam melakukan latihan sehingga usaha yang Anda lakukan tidak sia-sia.

10. Reputasi
Setelah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, bukan hanya anda yang senang namun juga para personal trainer. Mereka juga merasa kerja keras mereka berhasil dan tidak sia-sia. Secara tidak langsung, hal ini turut mendongkrak reputasi para personal trainer dan membuka peluang mereka untuk lebih banyak mendapatkan klien.

(int/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
6 Makanan yang Merusak Kesehatan Kulit

6 Makanan yang Merusak Kesehatan Kulit

Apapun jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh bisa memengaruhi tampilan di luar. Ada beberapa makanan yang bisa melembabkan, menghaluskan serta mencegah kulit dari kerusakan. Tapi ada pula makanan yang bisa merusak kecantikan kulit.Meskipun efeknya tidak terlalu signifikan, tapi dalam jangka panjang akan terlihat. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. "Semua dermatologist sependapat bahwa diet sehat akan memperkuat sistem daya tahan tubuh dan juga sedikit berpengaruh pada kondisi kulit," ujar Dr. Bobby Buka, seorang dermatologist yang praktek di New York City, seperti dikutip dari Huffington Post.Lalu apa saja makanan yang dapat merusak kesehatan kulit, yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya?1. GaramPernah bangun tidur dengan mata sembap dan agak bengkak? Kemungkinan karena di siang atau malam harinya Anda mengonsumsi terlalu banyak garam. Kadar garam yang berlebihan bisa menyebabkan penumpukan cairan, yang berakibat pembengkakan pada tubuh. Karena kulit di sekitar mata sangat tipis, area tersebut lebih mudah bengkak. Efek kelebihan garam biasanya dipengaruhi faltor usia. Biasanya banyak terjadi di usia 30an ke atas.2. Makanan LautMakanan laut seperti [...]

Rahasia yang Tidak Boleh Anda Sembunyikan dari Dokter

Rahasia yang Tidak Boleh Anda Sembunyikan dari Dokter

Saat mengkonsultasikan penyakit yang dirasakan kepada dokter, terkadang ada beberapa hal yang tidak ingin Anda katakan dengan jujur karena mungkin merasa malu atau takut menerima kenyataan. Padahal, hal yang Anda sembunyikan tersebut bisa saja menjadi lebih berbahaya jika terlambat ditangani.Berikut adalah hal yang harus Anda katakan secara jujur saat berkonsultasi dengan dokter seperti dikutip dari Health Me Up.1. Konsumsi Vitamin atau SuplemenVitamin dan suplemen kesehatan yang dijual bebas di pasaran membuat masyarakat mudah membelinya tanpa anjuran dokter sehingga terkesan aman dikonsumsi. Padahal, suplemen dapat mengakibatkan gejala-gejala tertentu yang mengganggu proses pengobatan. Jamu herbal yang biasa digunakan untuk meningkatkan ingatan dapat mempengaruhi pengobatan tekanan darah. Sedangkan kalsium yang banyak dikonsumsi oleh wanita dapat mengurangi tingkat penyerapan terhadap antibiotik.2. Buang Air BerdarahBuang air tentunya adalah topik yang bersifat pribadi dan tidak ingin dibahas sekalipun dengan dokter pribadi Anda. Namun jika mengalami buang air yang mengandung darah, sebaiknya Anda langsung konsultasikan kepada dokter karena hal tersebut adalah gejala kanker ko [...]

5 Cara Mengatasi Depresi Akibat Lupus

5 Cara Mengatasi Depresi Akibat Lupus

Penyakit lupus dapat memberikan dampak yang cukup besar terhadap kesehatan emosi dan mental penderitanya. Kesulitan berkonsentrasi, sulit tidur, rasa sedih dan cemas, mudah marah, perubahan mood yang tiba-tiba, perubahan kepribadian, stres dan depresi merupakan beberapa masalah emosi dan mental yang dapat terjadi pada penderita lupus, yang sebagian besar adalah wanita. Masalah-masalah emosi dan mental dapat muncul sebagai dampak dari proses penyakitnya sendiri atau juga efek dari pengobatan. (Baca: Apakah Penderita Lupus Bisa Hamil?) Jika masalah mental dan emosi mengganggu keseharian penderita lupus maka dokter yang merawat perlu mengetahui hal ini sehingga dapat menentukan tindak lanjut tertentu seperti mencoba mengganti pengobatan atau memberikan pengobatan untuk mengatasi depresi dan kecemasan berlebih. Selain itu, dokter juga akan memberikan bantuan konseling untuk mengatasi masalah mental dan emosi penderita. Selain bantuan dokter, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan sendiri oleh penderita agar dapat mengendalikan kesehatan emosi dan mentalnya. Wanita, Lupus dan Mengatasi Depresi Penyakit lupus dapat memberikan dampak yang cukup besar terhadap kes [...]

Bekerja Lebih Dari 11 Jam Bisa Bahayakan Jantung

Bekerja Lebih Dari 11 Jam Bisa Bahayakan Jantung

Apakah Anda temasuk orang yang 'workaholic' dan gemar kerja lembur? Sebaiknya waspada, karena menurut penelitian, hal tersebut bisa berakibat buruk bagi kesehatan jantung Anda.Penelitian terbaru yang dilakukan di University College London menjelaskan bahwa karyawan yang setiap hari bekerja lebih dari 11 jam lebih rentan mengalami serangan jantung. Risikonya sekitar 67 persen lebih tinggi dibandingkan karyawan yang bekerja 7-8 jam/hari.Kesimpulan itu diperoleh setelah para peneliti melakukan pengamatan terhadap 7.000 pegawai negeri sipil di London. Dalam pengamatan yang dilakukan selama 11 tahun tersebut, 192 orang mengalami serangan jantung dan sebagian besar karena bekerja lebih dari 11 jam/hari.Indeks massa tubuh (IMT), usia, tekanan darah dan kadar kolesterol memang mempengaruhi risiko serangan jantung. Namun stres akibat kerja lembur bisa meningkatkan risikonya sebesar lima persen dan diperkirakan memicu serangan jantung pada 6.000 orang/tahun di seluruh dunia."Kami telah melihat bahwa bekerja terlalu lama dapat dikaitkan dengan peningkatan luar biasa mengenai risiko penyakit jantung," ujar Profesor Mika Kivimaki yang memimpin penelitian tersebut, seperti yang dikutip dari T [...]

Ini Akibatnya Jika Aborsi Sembarangan

Ini Akibatnya Jika Aborsi Sembarangan

Hingga saat ini aborsi yang tidak aman masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang menjadi perhatian dunia. Aborsi yang tidak aman adalah suatu prosedur mengakhiri kehamilan yang dilakukan oleh orang yang tidak berpengalaman di bidangnya maupun lingkungan dengan standar medis yang minim. Dengan semakin berkembangnya zaman dan pergaulan bebas semakin banyak pula kasus aborsi yang dijumpai terutama di kota-kota besar di Indonesia. Setiap tahunnya 42 juta wanita di dunia melakukan aborsi akibat kehamilan yang tidak diinginkan dan sekitar 20 juta diantaranya melakukan aborsi yang tidak aman terutama di negara-negara berkembang. Aborsi yang tidak aman merupakan salah satu penyebab kematian ibu hamil (13%), sekitar 680 ribu wanita setiap tahunnya meninggal akibat aborsi yang tidak aman. Saat ini pemerintah Indonesia masih merundingkan peraturan pemerintah mengenai aborsi yang aman. Peraturan ini masih menjadi kontroversi bagi sebagian besar pihak dikarenakan di Indonesia aborsi masih menjadi permasalahan yang dianggap tabu dan menyangkut norma-norma sosial dan agama yang ada. PP Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi ini diantaranya mengatur masalah aborsi bagi perempuan ha [...]

Prinsip Olahraga saat Hamil

Prinsip Olahraga saat Hamil

Prinsip Olahraga saat Hamil Oleh: dr. Sophia B. Hage Kehamilan adalah kondisi yang menyebabkan perubahan fisiologis pada tubuh seorang wanita. Perubahan fisiologis ini dapat menyebabkan perubahan respon tubuh terhadap olahraga, akan tetapi perubahan ini tidak diharapkan menjadi hambatan bagi seorang ibu untuk berolahraga. Penting untuk diingat oleh para ibu hamil bahwa tujuan berolahraga saat hamil bukanlah untuk menurunkan berat badan ibu. Tujuannya adalah mempertahankan tingkat kebugaran ibu hamil seperti sebelum hamil sehingga dapat mempersiapkan kondisi fisik ibu hamil untuk menjalani proses persalinan dengan baik. Prinsip olahraga saat hamil: Lakukan olahraga secara teratur Perhatikan intensitas olahraga/latihan fisik: start LOW go SLOW, sesuai rekomendasi Hentikan olahraga sebelum kelelahan Perhatikan suhu tubuh Anda: rehidrasi 500 ml/jam, pakaian ringan, lingkungan sejuk. Hentikan olahraga secara bertahap: turunkan intensitas perlahan-lahan Lakukan olahraga yang mudah atau biasa Anda lakukan Hentikan olahraga bila Anda mengalami tanda-tanda bahaya dan segera konsultasikan dengan dokter Tanda-tanda bahaya: Perdarahan melalui vagina Keluarnya cairan seperti ke [...]

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

Mencuci tangan setelah dari toilet sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri atau kuman penyebab penyakit. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kebiasaan sehat ini.Menurut hasil studi terbaru, hanya 5 persen orang yang mencuci tangan dengan benar dan cukup lama untuk membunuh kuman penyebab infeksi, setelah menggunakan toilet atau kamar mandi. Artinya, ada 95 orang yang tidak mencuci tangannya dengan tepat. Sementara 33 persen cuci tangan, tapi tidak menggunakan sabun dan 10 persen responden bahkan tidak membersihkannya sama sekali.Studi yang dilakukan dengan mengobservasi perilaku 3.749 orang di toilet umum ini juga menemukan, wanita lebih peduli terhadap kebersihan tangan mereka ketimbang pria. Ada 15 persen pria yang tidak mencuci tangannya setelah dari kamar mandi. Sedangkan wanita hanya 7 persen.Carl Borchgrevink, associate professor of hospitality business dari Michigan State University yang memimpin penelitian mengatakan kalau penemuan ini cukup mengejutkan. Sebab dalam penelitian sebelumnya menunjukkan kalau kesadaran orang untuk menjaga kebersihan tangannya meningkat.Para peneliti yang mengadakan observasi di toilet yang terdapat di bar, restoran at [...]

Cantik dan Awet Muda dengan Terapi Oksigen Hiperbarik

Cantik dan Awet Muda dengan Terapi Oksigen Hiperbarik

Banyak manusia yang mendambakan dapat tampil muda untuk selamanya. Banyak kiat yang mengantarkan keinginan orang-orang yang ingin tampil demikian, apapun resikonya dijalani selama bisa berhasil tampil sesuai dengan kehendaknya, tampil cantik menarik bagi kaum perempuan, menawan dan gagah bagi kaum lelaki, sepanjang hidup hingga hayat tidak lagi terkandung badan. Cara yang paling bijaksana mendapatkan esensi kecantikan yang optimal adalah memuaskan tuntutan kebutuhan yang dibutuhkan kulit manusia. Dengan demikian, memenuhi kebutuhan kesehatan kulit, maka usaha tampil menarik dan menawan seumur hidup akan semakin mudah dijalani dengan hasil yang lebih memuaskan. Pada dasarnya kulit senantiasamembutuhkan oksigen untuk tetap sehat. Karena reaksi oksigen pada jaringan kulit dapat membantu produksi kolagen, elastin dan produk lain yang dibutuhkan oleh kulit manusia untuk mendapatkan kulit yang sehat. Ketika tubuh manusia menjalani proses penuaan, apa yang terjadi pada organ dalam kita adalah sirkulasi pembuluh kapiler memburuk yang acapkali menyebabkan pasokan oksigen dan gizi untuk mencapai sel kulit berkurang. Jika dibiarkan, kondisi yang ada akan menyebabkan dehidrasi kulit. Ketika ma [...]

Diciptakan, Permen Mengandung Bakteri yang Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Diciptakan, Permen Mengandung Bakteri yang Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Makan permen terlalu sering sebaiknya dihindari untuk mencegah kerusakan gigi. Kandungan gula yang tinggi di dalam penganan manis ini bisa menyebabkan gigi berlubang, apabila gigi tidak disikat setelah memakannya. Tapi ada satu permen yang justru bisa menjaga kesehatan gigi.Permen ini bisa membunuh bakteri dan kuman jahat di dalam mulut. Permen diciptakan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri yang menempel di permukaan gigi. Bakteri tersebut memicu penipisan pada email gigi sehingga gigi keropos dan berlubang.Bagaimana cara permen bekerja? Seperti dikutip dari Daily Mail, permen bebas gula ini mengandung bakteri baik probiotik (lactobacillus paracasei) untuk melawan bakteri jahat (streptococcus mutans). Ketika permen dihisap, bakteri baik ini akan lepas dan masuk ke dalam air liur. Kemudian bakteri baik akan 'mengunci' bakteri jahat dengan membentuk gumpalan yang mengurangi kemampuan bakteri jahat untuk menempel di permukaan gigi. Akhirnya bakteri jahat tertelan bersama air liur dan keluar dari tubuh lewat air seni atau keringat.Bakteri baik yan terdapat dalam permen ini sama dengan bakteri yang banyak ditemukan pada yoghurt dan minuman probiotik. Lactobacillus merupakan kelomp [...]

8 Tips Mencegah Virus MERS

8 Tips Mencegah Virus MERS

Virus MERS baru saja ditemukan dan langsung memakan korban jiwa di Timur Tengah. Faktor pencetus penyebaran MERS hingga memakan korban adalah lambatnya penanganan dan rendahnya pengetahuan cara pencegahan virus MERS. Bagaimana cara pencegahan virus strain baru ini? Tips Mencegah Virus MERS Virus MERS baru saja ditemukan dan langsung memakan korban jiwa di Timur Tengah. Faktor pencetus penyebaran MERS hingga memakan korban adalah lambatnya penanganan dan rendahnya pengetahuan cara pencegahan virus MERS. Bagaimana cara pencegahan virus strain baru ini? Tips Mencegah Virus MERS 1. Cuci Tangan Virus MERS menyebar melalui udara (airborne disease), mirip seperti penyebarannya virus influenza. Droplet (bulir air mikro) virus MERS yang bertebaran di udara dapat dengan mudah hinggap dari benda ke benda. Salah satu pencegahan penyebaran dan infeksi virus MERS adalah dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan tangan. Senantiasalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Sedahsyat apapun cairan pembersih tangan gel, tidak dapat menggantikan hasil kebersihan tangan yang didapat dengan mencuci tangan. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *