Penting Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memilih Personal Trainer

olahraga.jpg

Kebanyakan orang lebih memilih berolahraga di pusat kebugaran dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Mereka juga tidak segan-segan untuk mengeluarkan kocek lebih demi memiliki pelatih pribadi atau yang lebih sering disebut dengan personal trainer. Mempunyai pelatih pribadi dapat membuat Anda lebih termotivasi dalam berolahraga hingga lebih cepat mencapai sasaran yang dituju.

Tidak hanya itu saja, pelatih pribadi juga bisa membantu dalam memaksimalkan waktu latihan, mencegah timbulnya cedera serta melihat sejauh mana keberhasilan yang diraih. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih personal trainer.

1. Identitas
Seorang personal trainer yang baik selayaknya harus mampu menunjukkan sertifikasi keahlian mereka. Untuk mendapatkannya, para pelatih biasanya harus lulus dari serangkaian ujian yang diadakan oleh organisasi olahraga yang terakreditasi. Di Amerika misalnya, The American Council on Exercise (ACE), the National Academy of Sports Medicine (NASM) atau the National Strength and Conditioning Association (NSCA). Hal ini diperlukan untuk memastikan mereka telah memenuhi standar profesionalisme dan kompetensi dari agar dapat dipercaya.

2. Pengalaman
Memilih personal trainer hendaknya yang sudah mempunyai pengalaman dalam menangani para kliennya. Personal trainer yang berpengalaman biasanya lebih cepat tanggap dalam menentukan latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Sebaiknya jangan sungkan untuk mengobrol-ngobrol lebih dulu dengan calon personal trainer sebelum memilih yang terbaik.

3. Kepribadian
Jika Anda mempunyai watak yang keras dan sulit diatur, seleksi para personal trainer sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengannya. Pilihlah yang bisa mengimbangi kepribadian Anda dan secara tegas serta disiplin mampu mengontrol Anda dalam melakukan latihan.

4. Filosofi
Carilah personal trainer yang mempunyai pikiran yang sepaham dengan Anda. Jangan sampai di tengah jalan Anda berselisih paham dengannya hanya karena Anda lebih suka berlari di atas treadmill ketimbang naik sepeda statis. Bicarakan padanya apa yang membuat Anda merasa nyaman dan tidak nyaman sehingga personal trainer dapat mengerti kemauan Anda.

5. Keahlian
Jika Anda berolahraga di pusat kebugaran dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, sebaiknya carilah personal trainer yang ahli dalam bidang ini hingga target yang dimiliki bisa tercapai berkat bantuannya. Apabila tidak selektif dalam memilihnya, salah-salah Anda justru mendapat personal trainer yang justru berpengalaman di bidang pembentukkan badan.

6. Biaya
Sebelum memutuskan untuk memilih personal trainer, sebaiknya pikirkan matang-matang berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin menyewa jasa mereka. Jangan sampai anggaran biaya Anda tidak sesuai dengan daftar biaya yang ditentukan. Cara mengatasinya adalah, mungkin Anda bisa menyewa personal trainer dengan beberapa teman atau keluarga Anda dan menjalani latihan bersama-sama.

7. Ketersediaan Waktu
Jangan sungkan untuk menanyakan jadwal personal trainer agar bisa menyesuaikannya dengan jadwal Anda. Pilih waktu yang tepat untuk memulai latihan, entah di pagi hari atau sore hari setelah bekerja. Tentukan juga berapa kali Anda akan latihan selama seminggu.

8. Lokasi
Maraknya pusat kebugaraan yang tersebar di seluruh penjuru kota memudahkan kita untuk memilih pusat kebugaran. Carilah salah satunya yang paling dekat dari lokasi kantor atau rumah untuk memudahkan Anda dalam berolahraga. Pusat kebugaran sekarang ini umumnya berada di dalam pusat perbelanjaan karena aksesnya lebih mudah dijangkau.

9. Kemajuan
Sebaiknya, carilah personal trainer yang secara bertahap selalu mengukur kemampuan dari tiap latihan sehingga Anda dapat melihat kemajuan dan kerja keras Anda membuahkan hasil. Personal trainer juga memastikan Anda untuk tetap konsisten dalam melakukan latihan sehingga usaha yang Anda lakukan tidak sia-sia.

10. Reputasi
Setelah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, bukan hanya anda yang senang namun juga para personal trainer. Mereka juga merasa kerja keras mereka berhasil dan tidak sia-sia. Secara tidak langsung, hal ini turut mendongkrak reputasi para personal trainer dan membuka peluang mereka untuk lebih banyak mendapatkan klien.

(int/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
9 Tips Agar Tetap Sehat Selama Puasa

9 Tips Agar Tetap Sehat Selama Puasa

Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan dan pola tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik. Simak sembilan tips sehat selama puasa seperti yang dikutip dari About.1. Sebelum mulai berpuasa, ada baiknya untuk mengonsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.2. Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa.3. Hindari mengonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari.4. Ketika udara semakin panas dan terik, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan [...]

Susu UHT, amankah untuk Anak?

Susu UHT, amankah untuk Anak?

Anak di atas usia 1 tahun membutuhkan susu sebagai sumber kalsium selain makanan. Susu yang tergolong aman untuk dikonsumsi adalah susu UHT, karena tidak mengandung bahan-bahan pengawet. Mengapa bisa demikian? Susu UHT adalah susu yang diproses dengan menggunakan teknologi Ultra High Temperature (UHT), sekitar 140 derajat celcius selama 2-4 detik. Pemanasan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme, baik pembusuk maupun patogen. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk menjaga nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma, dan rasa yang relatif tidak berubah. Kemasan 6 lapis yang digunakan susu UHT mampu melindungi susu dari udara luar, cahaya, kelembaban, aroma luar, dan bakteri. Alhasil, dalam kemasan tertutup, susu UHT bisa tahan disimpan sampai 10 bulan tanpa bahan pengawet tanpa perlu dimasukkkan ke dalam lemari pendingin. Namun, begitu kemasannya telah dibuka, harus disimpan ke dalam lemari pendingin dan jangan lebih dari 5 hari. Bila dibiarkan dalam suhu ruang, susu akan menjadi asam dalam beberapa jam Saat ini, banyak sekali jenis susu yang beredar di pasaran dengan berbagai varian dan rasa. Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak Anda, pilihlah su [...]

Bahayanya Jika Tidak Cuci Sprei dan Kasur Secara Rutin

Bahayanya Jika Tidak Cuci Sprei dan Kasur Secara Rutin

Ingatkah kapan terakhir kali Anda mengganti sprei tempat tidur atau mencuci bantal? Banyak orang yang mengabaikan kebersihan tempat tidur, padahal mereka menggunakannya baik di siang maupun malam hari. Jika Anda atau anggota keluarga rentan terhadap alergi atau sering mengalami gatal-gatal dan kulit kemerahan, maka bisa jadi biang keladinya berasal dari tempat tidur yang Anda tiduri setiap hari. Bukan asal membersihkan saja, tapi ini beberapa langkah yang tepat untuk menjaga kebersihannya.1. Sprei dan SelimutSetiap harinya, kulit manusia mengalami regenerasi dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Proses pergantian sel kulit mati dengan yang baru biasanya terjadi di malam hari. Meskipun tidak terlihat, sel-sel kulit mati yang rontok bisa menempel dan tertinggal di tempat tidur. Selain itu ketika kita tidur, tubuh juga mengeluarkan keringat yang membuat sprei lembab. Sel kulit mati, keringat dan permukaan yang lembab merupakan tempat favorit kuman, kutu dan bakteri berkumpul.Meskipun tidak terlalu membahayakan, kutu atau serangga yang bersarang di tempat tidur mengeluarkan kotoran yang menjadi pemicu alergi. Akibatnya mata bisa merah dan gatal-gatal, peradangan pada hidung hingg [...]

Hati-Hati, Asma Bisa Menyebabkan Kematian

Hati-Hati, Asma Bisa Menyebabkan Kematian

Banyak orang berpikir bahwa asma adalah gangguan pernafasan ringan dimana pasien hanya mengeluh perasaan sesak ringan. Namun perlu Anda ketahui bahwa serangan asma berat dapat mengancam nyawa. Jadi mari kita kenali lebih jauh mengenai serangan asma. Apa itu Asma? Asma adalah gangguan pernafasan yang ditandai dengan serangan sesak nafas. Asma disebabkan karena saluran udara mengecil atau adanya cairan mukus yang banyak. Pernafasan pasien akan lebih sulit karena saluran udara yang lebih kecil. Pernafasan pasien juga akan menimbulkan bunyi sebagai akibat dari benturan aliran udara dengan saluran udara yang kecil. Bagaimana Asma menyebabkan kematian? Berikut penjelasannya: Bagaimana Asma menyebabkan kematian? Asma menyebabkan kematian dengan menyumbat aliran pernafasan. Walaupun umumnya serangan asma adalah serangan yang ringan, dalam beberapa kasus dapat terjadi serangan asma berat. Serangan asma berat dapat menyebabkan sumbatan saluran nafas yang begitu berat dan menghalangi udara masuk ke alveoli paru-paru, sel yang berperan dalam pertukaran udara. Ketika sumbatan saluran nafas begitu berat, seorang pasien asma akan mengalami serangan sesak nafas yang berat. A [...]

Mengapa Kita Gemar Membuat Foto Selfie?

Mengapa Kita Gemar Membuat Foto Selfie?

Tren fotografi dunia saat ini sedang dipenuhi oleh foto-foto ?selfie?. Kita dapat menemukan foto ?selfie? di foto profil smartphone, foto profil berbagai media sosial atau di koleksi foto berbagai akun sosial media. Sebagai kosakata terpopuler tahun 2013 versi Oxford Dictionary, ?selfie? sendiri diartikan sebagai suatu foto diri sendiri yang diambil oleh kamera digital, kamera smartphone atau webcam yang akan diunggah ke berbagai media sosial di dunia maya. Mengambil foto ?selfie? jaman sekarang menjadi semakin mudah karena adanya perkembangan dunia digital yang sangat pesat. Tren ini menjadi semakin mendunia dan terkenal bahkan di kalangan para pemimpin dunia. Sebenarnya, mengapa kita begitu terobsesi untuk mengambil foto ?selfie?? Apa yang sebenarnya terjadi dalam pikiran kita sehingga kita begitu tertarik untuk mengambil foto ?selfie? dan membagikannya di berbagai media sosial di dunia maya? Salah satu penjelasan datang dari Ahli Ilmu Saraf, James Kilner dari University College London. Menurutnya, dalam keseharian kita, kita sebenarnya lebih banyak memperhatikan dan menginterpretasikan wajah dan ekspresi wajah orang lain. Kita belajar mengenai ekspresi wajah dari orang lain dan [...]

Keputihan Saat Hamil

Keputihan Saat Hamil

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Pertanyaan: Dok saya mau menanyakan apakah saat hamil dan terjadi keputihan normal untuk kandungan? jika harus dilakukan pengobatan, pengobatan apakah yang harus saya jalani? Mohon informasinya. Terima kasih Jawaban: Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, [...]

Minuman Mengandung Kafein Lebih Disukai Remaja

Minuman Mengandung Kafein Lebih Disukai Remaja

Para peneliti menemukan bahwa banyak remaja menyukai minuman yang dicampur atau ditambahkan kafein di dalamnya. Penelitian ini dikembangkan oleh The Society for Study of Ingestive Behavior (SSIB), dimana penelitian ini masuk ke dalam semua aspek perilaku makanan dan minuman, yang dimana ditambahkan kafein membuat para remaja tertarik dan menyukainya. "Produsen Soda mengklaim bahwa kafein ditambahkan ke produk mereka untuk meningkatkan rasa namun, mayoritas orang yang mencoba tidak dapat merasakan perbedaan rasa antara soda berkafein dan soda non-kafein. Hal ini menyebabkan kita mencurigai bahwa kafein dapat ditambahkan ke minuman untuk alasan lain,? kata peneliti Jennifer Temple, Ph.D. Lanjutnya, ?dugaan kami menyatakan, bahwa remaja yang sudah sering mengkonsumsi atau baru mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, akan ingin meminumnya lagi dan lagi. Berbeda dengan remaja yang baru meminum minuman tanpa kafein, maka akan menunjukkan tidak adanya perubahan dalam selera mereka.? Untuk menguji teori ini, remaja berusia 12-17 tahun beberapa kali harus mengunjungi laboratorium. Setiap kunjungan, mereka yang minum soda sampel minuman baru dan diberi nilai sesuai dengan keinginan mer [...]

9 Kebiasaan Penyebab Gemuk

9 Kebiasaan Penyebab Gemuk

Bila mengurangi berat badan merupakan hal mudah, maka tidak akan ada banyak orang yang kelebihan berat badan. Namun pada kenyataannya mengurangi berat badan merupakan hal yang cukup sulit bukan? Tentu kentang goreng akan lebih nikmat dibandingkan dengan salad, atau ayam lebih gurih dan nikmat kalau digoreng bukan? Di sisi lain, memiliki berat badan yang ideal akan membuat tubuh merasa lebih nyaman dibandingkan dengan kelebihan berat badan. Oleh karena itu ada baiknya kita merubah pola hidup berubah menjadi kebiasaan hidup sehat. Namun untuk memulainya, pernahkah Anda tersadar sebetulnya banyak sekali kebiasaan-kebiasaan keseharian yang ternyata justru malah membuat tubuh menjadi mudah gemuk. Simak lebih lanjut 9 kebiasaan berikut ini: Kebiasaan 1 : Buruknya persiapan Mempersiapkan diri Anda dengan makanan yang sehat seperti sayur, buah, lemak yang sehat dan kabohidrat dengan bahan gandum. Maksud dari mempersiapkan adalah menyediakan bahan-bahan ini di lemari es atau lemari makanan di rumah, serta mempersiapkan bekal dari rumah. Selalu ingat ?kelemahan? Anda, bila ?kelemahan? Anda adalah makanan dan minuman manis yang kaya akan kalori, siapkanlah buah yang dapa [...]

Aturan Makan Malam Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Tak Naik

Aturan Makan Malam Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Tak Naik

Tidak sedikit orang yang justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Hal ini terjadi karena pola makan salah yang cenderung kalap terutama saat berbuka. Agar tetap sehat dan tidak makin gemuk, Anda bisa mencoba metode food combining.Food combining mengenal padu-padan yang cocok atau tidak cocok untuk setiap unsur makanan. Bagaimana menjalaninya saat Ramadan? Anda bisa membaca ulasannya di sini.Asyiknya food combining ini, tidak seperti metode penurunan berat badan lainnya, Anda bisa makan apapun hingga kenyang. Namun untuk makannya, Anda harus sesuai aturan dari food combining tersebut. Sama seperti orang pada umumnya, pelaku food combining juga tetap makan malam saat puasa. Dijelaskan praktisi yoga dan food combining Erikar Lebang dalam bukunya Food Combining di Bulan Ramadan, waktu makan malam paling ideal saat Ramadan adalah sebelum salat Isya atau setelah Tarawih.Waktu yang tersedia untuk makan malam ini tidaklah panjang. Setelah salat Magrib hingga menjelang Isya, Anda hanya punya waktu sekitar 30-45 menit. Sedangkan jika makan setelah Tarawih, waktu yang Anda punya juga tidak terlalu berbeda. Oleh karena sempitnya waktu makan ini, Erikar pun menyarankan untuk menyede [...]

Mengenal Berbagai Jenis Flu

Mengenal Berbagai Jenis Flu

Kebanyakan orang berpikir flu itu merupakan satu jenis penyakit yang disebabkan oleh satu jenis virus. Padahal kenyataannya, virus influenza ada 3 jenis, yaitu virus A, B, dan C. Flu atau influenza merupakan virus yang sangat menular dan menginfeksi saluran napas. Virus flu paling sering ditularkan melalui droplet yaitu partikel-partikel yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau bicara. Droplet tersebut dapat masuk ke mukosa mulut atau hidung orang yang berada di sekitarnya dan kemudian masuk ke paru-paru. Selain itu, kita juga bisa terkena flu karena memegang benda yang terkontaminasi virus flu kemudian menyentuh mulut atau hidung. Di Amerika Serikat, flu menjadi menyebabkan 49.000 orang meninggal dan 200.000 orang harus rawat inap setiap tahunnya. Untuk mencegah penyakit ini, kita harus menjaga jarak dengan orang yang terinfeksi flu, mencuci tangan sesering mungkin, dan melakukan vaksinasi. Apa perbedaan dari setiap jenis flu? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikut. Mengenal Berbagai Jenis Flu Apa perbedaan dari setiap jenis flu? Virus A Virus influenza tipe A ditularkan melalui binatang, misalnya unggas. Virus jenis ini dapat bermu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *