Penting Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memilih Personal Trainer

olahraga.jpg

Kebanyakan orang lebih memilih berolahraga di pusat kebugaran dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Mereka juga tidak segan-segan untuk mengeluarkan kocek lebih demi memiliki pelatih pribadi atau yang lebih sering disebut dengan personal trainer. Mempunyai pelatih pribadi dapat membuat Anda lebih termotivasi dalam berolahraga hingga lebih cepat mencapai sasaran yang dituju.

Tidak hanya itu saja, pelatih pribadi juga bisa membantu dalam memaksimalkan waktu latihan, mencegah timbulnya cedera serta melihat sejauh mana keberhasilan yang diraih. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih personal trainer.

1. Identitas
Seorang personal trainer yang baik selayaknya harus mampu menunjukkan sertifikasi keahlian mereka. Untuk mendapatkannya, para pelatih biasanya harus lulus dari serangkaian ujian yang diadakan oleh organisasi olahraga yang terakreditasi. Di Amerika misalnya, The American Council on Exercise (ACE), the National Academy of Sports Medicine (NASM) atau the National Strength and Conditioning Association (NSCA). Hal ini diperlukan untuk memastikan mereka telah memenuhi standar profesionalisme dan kompetensi dari agar dapat dipercaya.

2. Pengalaman
Memilih personal trainer hendaknya yang sudah mempunyai pengalaman dalam menangani para kliennya. Personal trainer yang berpengalaman biasanya lebih cepat tanggap dalam menentukan latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Sebaiknya jangan sungkan untuk mengobrol-ngobrol lebih dulu dengan calon personal trainer sebelum memilih yang terbaik.

3. Kepribadian
Jika Anda mempunyai watak yang keras dan sulit diatur, seleksi para personal trainer sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengannya. Pilihlah yang bisa mengimbangi kepribadian Anda dan secara tegas serta disiplin mampu mengontrol Anda dalam melakukan latihan.

4. Filosofi
Carilah personal trainer yang mempunyai pikiran yang sepaham dengan Anda. Jangan sampai di tengah jalan Anda berselisih paham dengannya hanya karena Anda lebih suka berlari di atas treadmill ketimbang naik sepeda statis. Bicarakan padanya apa yang membuat Anda merasa nyaman dan tidak nyaman sehingga personal trainer dapat mengerti kemauan Anda.

5. Keahlian
Jika Anda berolahraga di pusat kebugaran dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, sebaiknya carilah personal trainer yang ahli dalam bidang ini hingga target yang dimiliki bisa tercapai berkat bantuannya. Apabila tidak selektif dalam memilihnya, salah-salah Anda justru mendapat personal trainer yang justru berpengalaman di bidang pembentukkan badan.

6. Biaya
Sebelum memutuskan untuk memilih personal trainer, sebaiknya pikirkan matang-matang berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin menyewa jasa mereka. Jangan sampai anggaran biaya Anda tidak sesuai dengan daftar biaya yang ditentukan. Cara mengatasinya adalah, mungkin Anda bisa menyewa personal trainer dengan beberapa teman atau keluarga Anda dan menjalani latihan bersama-sama.

7. Ketersediaan Waktu
Jangan sungkan untuk menanyakan jadwal personal trainer agar bisa menyesuaikannya dengan jadwal Anda. Pilih waktu yang tepat untuk memulai latihan, entah di pagi hari atau sore hari setelah bekerja. Tentukan juga berapa kali Anda akan latihan selama seminggu.

8. Lokasi
Maraknya pusat kebugaraan yang tersebar di seluruh penjuru kota memudahkan kita untuk memilih pusat kebugaran. Carilah salah satunya yang paling dekat dari lokasi kantor atau rumah untuk memudahkan Anda dalam berolahraga. Pusat kebugaran sekarang ini umumnya berada di dalam pusat perbelanjaan karena aksesnya lebih mudah dijangkau.

9. Kemajuan
Sebaiknya, carilah personal trainer yang secara bertahap selalu mengukur kemampuan dari tiap latihan sehingga Anda dapat melihat kemajuan dan kerja keras Anda membuahkan hasil. Personal trainer juga memastikan Anda untuk tetap konsisten dalam melakukan latihan sehingga usaha yang Anda lakukan tidak sia-sia.

10. Reputasi
Setelah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, bukan hanya anda yang senang namun juga para personal trainer. Mereka juga merasa kerja keras mereka berhasil dan tidak sia-sia. Secara tidak langsung, hal ini turut mendongkrak reputasi para personal trainer dan membuka peluang mereka untuk lebih banyak mendapatkan klien.

(int/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Awas, Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Tulang Belakang Rusak Permanen

Awas, Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Tulang Belakang Rusak Permanen

Terlalu sering menggunakan smartphone bisa berakibat fatal bagi tulang belakang Anda. Berdasarkan penelitian, rata-rata orang memakai smartphone 110 kali sehari, dan itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tulang leher hingga punggung.Saat membaca pesan teks atau main game di smartphone, tablet dan gadget sejenisnya, kepala cenderung menunduk dan condong ke depan dan bisa menambah tekanan serta beban pada tulang belakang. Kondisi inilah yang membuat seseorang merasa pegal dan sakit di leher setelah memakai ponsel dalam waktu lama.Dr. Matt Herba mengatakan makin banyak pasien, terutama anak-anak yang mengeluh menderita sakit pada lehernya. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menjadi permanen."Studi menunjukkan ketika kepala condong ke depan, akan menambah beban hingga 4,5 kg pada tulang belakang," ujar Dr. Herba yang seorang ahli urut tulang di Florida, seperti dilansir Daily Mail.Ia menambahkan, anak muda zaman sekarang banyak yang menderita sakit leher akibat asyik memainkan ponsel atau smartphone mereka. Terlalu banyak menunduk bisa memicu kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tulang rawan dan jaringan di antara ruas-ruas tulang belakang. Para dokter gigi spesiali [...]

Holistic Medical Center, Memelihara Kesehatan Mulai dari Tingkat Sel

Holistic Medical Center, Memelihara Kesehatan Mulai dari Tingkat Sel

Kesehatan tubuh seseorang secara menyeluruh datangnya dari sel. Ketika sel-sel tubuh normal dan beraktivitas dengan semestinya maka kualitas hidup akan bagus. Tapi begitu terjadi kerusakan atau ada yang tidak normal di dalam sel, efeknya seperti domino. Kerusakan itu akan merambat ke organ-organ vital, syaraf dan sistem fungsi tubuh. Hal itulah yang mendasari tujuan didirikannya Holistic Medical Centre (HMC), sebuah pusat pemeliharaan kesehatan yang berada di Bangkok, Thailand. Menargetkan kalangan kelas menengah atas dan ekspat sebagai konsumen, HMC hadir sebagai solusi untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dengan cara memonitor kondisi kesehatan, tindakan pencegahan terhadap penyakit dan meningkatkan gaya hidup yang lebih sehat."Tujuan kami mengedukasi customer bahwa memelihara kesehatan itu mudah. Setiap orang pasti ingin memberikan keluarga atau orang-orang terdekatnya yang terbaik tapi mereka tidak bisa melakukan apa-apa jika kesehatan mereka sangat buruk. Jadi kami mengedukasi bagaimana merawat dan menjaga diri mereka sendiri, sehingga mereka juga bisa mengajarkannya kepada keluarga mereka," jelas Marketing Director HMC Denjai Mukdapludthikul, saat wolipop mengu [...]

Mandi Malam & Rematik: Tidak Berhubungan

Mandi Malam & Rematik: Tidak Berhubungan

PeduliSehat.info ? ?Jangan mandi malam-malam, bisa kena rematik!? - Pernah dengar seseorang dimarahi ketika akan beranjak mandi pada malam hari? Anda dan saya sangat kemungkinan akrab dengan kalimat tersebut, terutama jika di Indonesia. Lalu bagaimana sudut pandang dunia kedokteran terhadap mandi malam dan rematik? Mari kita simak. Mitos: Rematik disebabkan mandi malam hari.Fakta: SALAH. Entah telah berapa tahun lamanya masyarakat awam telah menganut paham yang sangat keliru. Bertanyalah pada setiap orang yang Anda temui dan mereka akan mengangguk setuju bahwa mandi malam hari tidaklah baik untuk tubuh. Rematik adalah penyakit dimana terjadi peradangan pada persendian, dan terdapat ratusan jenis rematik yang telah ditemukan, salah satu yang tersering adalah Rheumatoid arthritis, jenis lainnya antara lain Systemic Lupus Erythematosus , Ankylosing Spondylitis,dan Goutarthritis. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun, yang artinya system kekebalan tubuh kita menyerang tubuh kita sendiri, dalam hal ini terutama bagian persendian, sehingga si penderita akan merasakan nyeri pada sendi yang terkena. "Jangan khawatir, rematik hanyalah penyakit manula dan orang s [...]

Pertolongan Pertama Mencegah Bunuh Diri

Pertolongan Pertama Mencegah Bunuh Diri

Kasus bunuh diri sulit untuk dicegah karena biasanya pelaku melakukannya secara diam-diam. Kasus bunuh diri yang terjadi di Indonesia selama tahun 2012 dan 2013 masing-masing hampir mencapai 1000 kasus. Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi pada orang-orang terdekat Anda. Apa saja langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah seseorang mengakhiri hidupnya? Seseorang yang memiliki niat bunuh diri biasanya memiliki masalah dalam hidupnya. Dia seakan sudah tidak sanggup memikul beban itu sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Biasanya hal itu dipicu oleh masalah ekonomi, tidak lulus Ujian Nasional, baru berpisah dengan pasangan, ditolak dalam pergaulan, memiliki orientasi seksual yang berbeda, atau hal lainnya. Faktor lain yang bisa memicu bunuh diri berkaitan pula dengan kondisi kesehatan mental seseorang. Mereka yang memiliki gangguan bipolar, depresi berat, pengidap anoreksia nervosa, atau memiliki gangguan kepribadian berisiko lebih tinggi melakukan bunuh diri. Mereka yang merasa sudah tidak sanggup lagi hidup akan menampakkan tanda-tanda yang merujuk pada keputusasaan seperti sering membicarakan tentang kematian, mengancam ingin bunuh diri, sering menyakiti di [...]

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

Amenorrhea adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita, bisa bersifat sementara atau menetap. Sedangkan oligomenorrhea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Keduanya merupakan suatu terminologi untuk gangguan haid atau haid yang tidak teratur. Amenorrhea sendiri dibagi menjadi primer dan sekunder. Amenorrhea primer terjadi pada wanita yang belum mengalami menstruasi pada usia 16 tahun, bisa disebabkan oleh kelainan genetik atau kondisi medis tertentu. Sedangkan amenorrhea sekunder terjadi ketika tidak terjadinya siklus menstruasi dalam 3 kali siklus berturut-turut dalam kurun periode lebih dari 6 bulan. Hal ini dapat disebabkan oleh ketidaksuburan atau osteoporosis. Apa saja penyebab haid tidak teratur? Haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh: Kondisi genetis seperti dysgenesis gonad, turner syndrome, congenital adrenal hyperplasia atau PCOS Pubertas atau hampir menopause Penggunaan kontrasepsi Obat-obatan tertentu Perubahan gaya hidup seperti olahraga berlebih, penurunan atau peningkatan berat badan ekstrim, stress Gangguan hormonal Kondisi abnormalitas [...]

Telapak Kaki Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Telapak Kaki Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jangan remehkan jika telapak kaki Anda terasa sakit. Bisa jadi rasa sakit itu menjadi tanda adanya gangguan kesehatan dalam diri Anda. Untuk mengetahui penyebabnya, kita harus mengetahui telapak kaki bagian mana yang sakit. Selain itu, penting juga mengetahui bagaimana dan kapan rasa sakit tersebut muncul untuk mempermudah diagnosis dan pengobatannya. Kondisi Yang Mungkin Merupakan Sumber Sakit Telapak kaki sakit bisa disebabkan oleh bentuk struktur alami dari telapak kaki itu sendiri. Otot, ligamen, tulang, kulit, saraf, dan bagian lainnya yang terganggu juga bisa menjadi sebab dari munculnya rasa sakit. Berikut adalah penyebab-penyebab umum sakit pada telapak kaki sakit: Metatarsalgia Rasa sakit seperti terbakar atau nyeri pada bagian depan kaki secara medis biasa disebut metatarsalgia. Jenis gangguan ini akan memburuk jika penderitanya berjalan. Keadaan akan semakin memburuk jika penderitanya kelebihan berat badan, melakukan olahraga berat, dan memakai sepatu ketat dalam jangka waktu yang lama. Gangguan ini patut diwaspadai oleh para orangtua karena kelompok umur mereka rentan akan metatarsalgia. Kebanyakan kasus metatarsalga dapat dengan mudah ditangani dengan obat pereda [...]

Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Banyaknya kegiatan anak, mulai dari bersekolah hingga bercengkerama dengan teman-temannya, menyebabkan ia membutuhkan porsi makanan yang mampu menyediakan asupan energi yang cukup. Untuk itu, selain asupan dari makanan utama, kita juga perlu memberikan cemilan sehat untuk anak. Cemilan sehat untuk anak perlu disiapkan untuk memberikan bahan bakar yang cukup bagi mereka menjalani aktivitas yang padat. Berkat cemilan sehat, tingkat energi dan pikiran bisa tetap terjaga. Umumnya, anak-anak menyukai cemilan yang didominasi oleh kandungan lemak, gula, dan garam. Untuk mengalihkan kegemaran anak dari jenis cemilan semacam itu, orang tua harus melakukannya secara bertahap. Perubahan secara bertahap ini akan memudahkan mereka dan termasuk Anda sendiri dalam mengubah kebiasaan anak. Tujuannya adalah agar anak dapat merasakan perubahan tanpa mereka sadari. Mulailah dengan membatasi asupan cemilan untuk anak, misalnya menjadi hanya dua kali sehari, pagi satu dan sore satu. Jangan lupa untuk mengawasi jumlah makanan ringan yang dikonsumsi. Anak-anak biasanya menyukai cokelat yang sayangnya mengandung banyak lemak dan gula. Oleh sebab itu, usahakan agar mereka tidak terlalu banyak mengonsumsi [...]

Para Peneliti Temukan Gen Penyebab Kebutaan Kornea

Para Peneliti Temukan Gen Penyebab Kebutaan Kornea

Para ilmuwan di Singapura, seperti dilansir oleh asianscientist.com, telah mengidentifikasi gen ketebalan kornea sentral (CCT) yang berpotensi dapat menyebabkan kebutaan seperti glaukoma. Penelitian ini dipimpin oleh para peneliti di Singapore Eye Research Institute (SERI) dan Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Penelitian (A * STAR) Genome Institute of Singapore (GIS), melibatkan 55 rumah sakit dan pusat-pusat penelitian di seluruh dunia, dan lebih dari 20.000 orang keturunan Eropa dan Asia. Temuan mereka dipublikasikan bulan Januari 2013 ini dalam jurnal Nature Genetics. CCT dikaitkan dengan kondisi mata yang berpotensi pada kebutaan seperti keratoconus, suatu kondisi di mana kornea semakin menipis dan memiliki bentuk mengerucut yang akhirnya mungkin memerlukan transplantasi. CCT diperkirakan memiliki heritabilitas hingga 95 persen dan dapat menentukan tingkat keparahan glaukoma pada seseorang dan membantu dokter dalam mengidentifikasi pasien. CCT juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya transplantasi kornea di seluruh dunia. Sebelum penelitian ini, tim Singapura telah mengidentifikasi enam CCT yang berbeda terkait lokus melalui sampel dari Singapura, Cina, India, Me [...]

Tidur Berlebihan Bisa Sebabkan Stroke

Tidur Berlebihan Bisa Sebabkan Stroke

Selama ini yang banyak dipermasalahkan orang adalah bahaya kurang tidur. Tapi tidur berlebihan juga berbahaya bagi tubuh salah satunya bisa membuat tubuh menjadi lelah dan berisiko terkena stroke.Banyak orang berpikir tidur berlebih saat akhir pekan merupakan bonus bagi tubuh, sehingga orang berusaha untuk menikmati hal tersebut dan berpikir akan merasa lebih baik setelahnya. Tetapi menurut, Dr Daniel Kripke, direktur Scripps Clinic Sleep Center di La Jolla, California mengungkapkan bahwa terlalu banyak tidur saat akhir pekan tidak akan membuat seseorang merasa lebih baik."Orang yang tidak mendapatkan tidur cukup baik itu kurang atau berlebih berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas, perubahan berat badan, penurunan produktivitas serta terganggunya sistem kekebalan tubuh," ujar Kripke, seperti dikutip dari CNN.Orang yang biasa tidur sedikit pada hari kerja (sekitar 5 jam) dan tidur berlebih saat akhir pekan yaitu lebih dari 8 jam, akan merasa lelah pada beberapa fungsi tubuhnya sehingga membutuhkan waktu peregangan yang lebih lama ketika bangun tidur. Hal ini biasanya dinamakan 'sleep drunkenness'."Jika 'sleep drunkenness' sangat parah bisa membuat orang sulit untuk mengambil k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *