Penting Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memilih Personal Trainer

olahraga.jpg

Kebanyakan orang lebih memilih berolahraga di pusat kebugaran dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Mereka juga tidak segan-segan untuk mengeluarkan kocek lebih demi memiliki pelatih pribadi atau yang lebih sering disebut dengan personal trainer. Mempunyai pelatih pribadi dapat membuat Anda lebih termotivasi dalam berolahraga hingga lebih cepat mencapai sasaran yang dituju.

Tidak hanya itu saja, pelatih pribadi juga bisa membantu dalam memaksimalkan waktu latihan, mencegah timbulnya cedera serta melihat sejauh mana keberhasilan yang diraih. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih personal trainer.

1. Identitas
Seorang personal trainer yang baik selayaknya harus mampu menunjukkan sertifikasi keahlian mereka. Untuk mendapatkannya, para pelatih biasanya harus lulus dari serangkaian ujian yang diadakan oleh organisasi olahraga yang terakreditasi. Di Amerika misalnya, The American Council on Exercise (ACE), the National Academy of Sports Medicine (NASM) atau the National Strength and Conditioning Association (NSCA). Hal ini diperlukan untuk memastikan mereka telah memenuhi standar profesionalisme dan kompetensi dari agar dapat dipercaya.

2. Pengalaman
Memilih personal trainer hendaknya yang sudah mempunyai pengalaman dalam menangani para kliennya. Personal trainer yang berpengalaman biasanya lebih cepat tanggap dalam menentukan latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Sebaiknya jangan sungkan untuk mengobrol-ngobrol lebih dulu dengan calon personal trainer sebelum memilih yang terbaik.

3. Kepribadian
Jika Anda mempunyai watak yang keras dan sulit diatur, seleksi para personal trainer sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengannya. Pilihlah yang bisa mengimbangi kepribadian Anda dan secara tegas serta disiplin mampu mengontrol Anda dalam melakukan latihan.

4. Filosofi
Carilah personal trainer yang mempunyai pikiran yang sepaham dengan Anda. Jangan sampai di tengah jalan Anda berselisih paham dengannya hanya karena Anda lebih suka berlari di atas treadmill ketimbang naik sepeda statis. Bicarakan padanya apa yang membuat Anda merasa nyaman dan tidak nyaman sehingga personal trainer dapat mengerti kemauan Anda.

5. Keahlian
Jika Anda berolahraga di pusat kebugaran dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, sebaiknya carilah personal trainer yang ahli dalam bidang ini hingga target yang dimiliki bisa tercapai berkat bantuannya. Apabila tidak selektif dalam memilihnya, salah-salah Anda justru mendapat personal trainer yang justru berpengalaman di bidang pembentukkan badan.

6. Biaya
Sebelum memutuskan untuk memilih personal trainer, sebaiknya pikirkan matang-matang berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin menyewa jasa mereka. Jangan sampai anggaran biaya Anda tidak sesuai dengan daftar biaya yang ditentukan. Cara mengatasinya adalah, mungkin Anda bisa menyewa personal trainer dengan beberapa teman atau keluarga Anda dan menjalani latihan bersama-sama.

7. Ketersediaan Waktu
Jangan sungkan untuk menanyakan jadwal personal trainer agar bisa menyesuaikannya dengan jadwal Anda. Pilih waktu yang tepat untuk memulai latihan, entah di pagi hari atau sore hari setelah bekerja. Tentukan juga berapa kali Anda akan latihan selama seminggu.

8. Lokasi
Maraknya pusat kebugaraan yang tersebar di seluruh penjuru kota memudahkan kita untuk memilih pusat kebugaran. Carilah salah satunya yang paling dekat dari lokasi kantor atau rumah untuk memudahkan Anda dalam berolahraga. Pusat kebugaran sekarang ini umumnya berada di dalam pusat perbelanjaan karena aksesnya lebih mudah dijangkau.

9. Kemajuan
Sebaiknya, carilah personal trainer yang secara bertahap selalu mengukur kemampuan dari tiap latihan sehingga Anda dapat melihat kemajuan dan kerja keras Anda membuahkan hasil. Personal trainer juga memastikan Anda untuk tetap konsisten dalam melakukan latihan sehingga usaha yang Anda lakukan tidak sia-sia.

10. Reputasi
Setelah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, bukan hanya anda yang senang namun juga para personal trainer. Mereka juga merasa kerja keras mereka berhasil dan tidak sia-sia. Secara tidak langsung, hal ini turut mendongkrak reputasi para personal trainer dan membuka peluang mereka untuk lebih banyak mendapatkan klien.

(int/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Muda Anemia, Tua Demensia

Muda Anemia, Tua Demensia

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Sebuah penelitian yang dilakukan di Ajou University School of Medicine, Korea Selatan dan beberapa pusat studi di Amerika Serikat menemukan hubungan antara anemia dan kejadian demensia pada orang lanjut usia (usia 70 ? 79 tahun). Pada penelitian ini, 2550 lansia diobservasi selama 10 tahun. Lansia yang memiliki masalah anemia pada awal penelitian memiliki kecenderungan lebih tinggi mengalami demensia. Anemia disebabkan oleh penurunan kadar sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, dan memiliki berbagai faktor risiko penyebab seperti kurangnya zat besi, ulkus lambung, penyakit ginjal kronis, dan lain-lain. ?Anemia merupakan kondisi yang umum ditemukan pada lansia dan terjadi pada sekitar 23% orang dewasa berusia 65 tahun atau lebih,? ujar Dr. Kristine Yaffe, peneliti utama yang juga merupakan seorang dokter psikiatri di University of California, San Francisco. Pemeriksaan laboratorium darah untuk mendeteksi adanya anemia dilakukan pada awal studi. Peserta penelitian kemudian menjalani tes-tes kognitif selama durasi penelitian. Hampir � dari 400 orang dengan anemia pada penelitian ini mengalami demensia. Para peneliti menegaskan bahwa [...]

Bentol-bentol Merah Saat Hamil

Bentol-bentol Merah Saat Hamil

Oleh: dr. Jessica Florencia Bentol-bentol merah saat hamil? Biduran saat hamil? Gatal-gatal menyiksa saat hamil? Mungkin saja, Ibu mengalami suatu kondisi yang disebut dengan Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPP). PUPPP adalah suatu kelainan kulit yang biasanya muncul pada bulan-bulan terakhir kehamilan dan tidak membahayakan janin. Keluhan ini termasuk keluhan kulit kedua terbanyak yang dialami oleh Ibu hamil selama kehamilan. Ibu hamil akan mengeluhkan munculnya bentol-bentol merah yag sangat gatal dimulai dari daerah perut, kemudian menyebar ke daerah bokong, paha dan bahkan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Biasanya, keluhan akan menghilang 4-6 minggu setelah persalinan dan sebagian besar tidak kambuh dengan penggunaan kontrasepsi ataupun kehamilan berikutnya. PUPPP menjadi sangat mengganggu karena rasa gatal yang dirasakan Ibu hamil. Pada trimester ketiga masa kehamilan, Ibu akan mengalami banyak perubahan kondisi tubuh. Gatal-gatal karena PUPPP dapat menambah rasa frustasi bagi Ibu, meningkatkan rasa kuatir dan mengganggu jam tidur. Untuk itu, PUPPP perlu segera ditangani dengan tepat dan cepat. Penanganan PUPPP Untuk mengatasi rasa gatal karena PUPPP, I [...]

Akupuntur Dari Sisi Medis

Akupuntur Dari Sisi Medis

Oleh: dr. Alvin Nursalim Akupuntur adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum pada titik tertentu pada tubuh. Akupuntur merupakan teknik pengobatan tradisional Cina, namun akhir-akhir ini mulai mendapatkan tempat dalam kedokteran barat. Menurut ajaran ilmu akupunktur, pengobatan akupuntur akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan baik untuk mengobati rasa sakit. Bahkan dewasa ini telah berkembang akupuntur untuk pengobatan gagal ereksi pada pria. Apa itu akupuntur?Akupuntur melibatkan penusukan jarum yang tipis ke dalam kulit pada berbagai titik strategis di kulit. Teori akupuntur didasarkan pada pengobatan tradisional Cina yang telah digunakan selama ribuan tahun lamanya Bagaimana prosedur akupuntur?Sebuah jarum tipis akan dimasukkan secara perlahan pada berbagai titik yang terletak pada seluruh tubuh Anda. Praktisi akupuntur akan memberitahukan bagian mana dari tubuh Anda yang akan ditusuk jarum. Kadang daerah tusukan terletak jauh dari lokasi nyeri yang Anda rasakan. Dalam sekali prosedur pengobatan akupuntur dapat digunakan sebanyak lima sampai 20 jarum. Jarum yang ditusukkan juga dapat dimanipulasi menggunakan listrik. Apa saja kegunaan akupuntur?Akupuntur dapat digun [...]

6 Alasan Berat Badan Tidak Juga Turun

6 Alasan Berat Badan Tidak Juga Turun

Apakah Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan tapi tak kunjung turun? Atau Anda merasa diet selalu gagal, walaupun sudah menjalankannya dengan benar? Masalahnya mungkin berkaitan dengan kesehatan Anda! Yuk, intip masalah kesehatan apa saja yang dapat mempengaruhi berat badan seperti dikutip dari Idiva.1. Kurang TidurKurangnya waktu tidur dapat mempengaruhi hormon tubuh untuk bekerja secara benar. Hal ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh yang akan mengakibatkan kenaikan berat badan. Jika Anda tidak tidur, tubuh Anda tidak bisa mencerna makanan secara normal. Selain itu, orang yang menderita insomnia biasanya sering makan di malam hari atau minum kopi yang akan membuat masalah lebih buruk.Tips: Coba untuk menjalankan rutinitas waktu tidur yang sehat minimal enam atau tujuh jam perhari. Lupakan konsumsi kafein diatas jam empat sore dan hindarkan main gadget atau menonton TV sebelum tidur.2. DepresiKebanyakan orang mempunyai hubungan emosional dengan makanan. Jadi ketika depresi mereka cenderung makan lebih banyak. Dan efek dari obat anti depresi akan membuat nafsu makan bertambah.Tips: Jika sedang depresi coba untuk kontrol nafsu makan dan jika ingin, makanlah makanan [...]

Mendengkur Bisa Dikaitkan dengan Risiko Penyakit Berbahaya

Mendengkur Bisa Dikaitkan dengan Risiko Penyakit Berbahaya

Mendengkur sering dianggap sebagai kebiasaan buruk yang lumrah dialami seseorang saat sedang tidur. Suara yang ditimbulkannya biasa mengganggu pasangan atau teman sekamar. Namun ternyata dengkuran, yang merupakan salah satu gejala utama apnea tidur/sleep apnea, bisa dikaitkan dengan adanya peningkatan risiko kondisi yang berbahaya. Mendengkur umumnya lebih banyak dialami pria, terutama dengan berat badan di atas rata-rata ideal. Sebagian orang yang memiliki kelebihan berat badan cenderung mengidap sleep apnea dengan ciri-ciri utamanya adalah mendengkur. Kondisi ini kemungkinan diakibatkan oleh kelebihan massa yang mengumpul di sekitar leher, menjadikan orang tersebut kesulitan bernapas di malam hari. Sebagian orang bisa jadi memiliki amandel besar yang dapat mempersempit jalan napas sehingga menyebabkan dengkuran saat tidur. Riwayat keluarga yang mendengkur dan mengonsumsi minuman keras juga dapat meningkatkan risiko mendengkur. Seiring pertambahan usia, dengkuran bisa menjadi makin parah. Pada kasus tertentu, penelitian menemukan bahwa mendengkur dapat dihubungkan kepada peningkatan risiko berbagai kondisi dan penyakit yang berbahaya, yaitu: Gangguan pernapasan Orang yang serin [...]

Kecanduan, Wanita Ini Makan 1/2 Ton Masker untuk Wajah

Kecanduan, Wanita Ini Makan 1/2 Ton Masker untuk Wajah

Masker biasanya digunakan wanita untuk membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Namun tidak dengan wanita asal California ini. Dia justru kecanduan memakan masker. Sudah 1/2 ton masker dimakannya.Masker biasanya digunakan wanita untuk membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Namun tidak dengan wanita asal California ini. Dia justru kecanduan memakan masker. Wanita bernama Natasha itu kecanduan memakan masker wajah sejak tujuh tahun lalu. Jika dihitung, sudah sekitar 1/2 ton masker dimakannya dari dulu hingga sekarang.Kecanduan Natasha makan masker ini terungkap dalam salah satu episode acara yang tayang di TLC, 'My Strange Addiction'. Tampil dalam acara tersebut, wanita 40 tahun menjelaskan kenapa dia suka makan masker."Rasanya luar biasa, seperti batu-batuan bahas dan itu selalu membuatku senang. Aku memang orang yang menyukai bau-bauan tanah," katanya seperti dikutip Daily Mail.Setiap harinya Natasha mengonsumsi setoples masker. Dia seringkali mengganti konsumsi makanannya dengan masker wajah tersebut. Terkadang, dia juga ngemil masker wajah dengan mencelupkan keripik kentang ke dalam larutan masker."Baunya aku suka dan teksturnya di mulutku. Kasarnya pasir yang beruba [...]

Efek Positif Video Games Bagi Anak

Efek Positif Video Games Bagi Anak

Apakah bermain video games baik untuk anak? Para orangtua seringkali ketakutan jika anaknya bermain video games karena berbagai alasan. Video games dikatakan hanya membuang waktu dan membuat anak menjadi bodoh. Namun, ahli psikologi mengatakan sebenarnya video games memiliki banyak manfaat yang membuat anak cerdas. Bermain video games dapat mempengaruhi otak, sama halnya seperti membaca, bermain piano, atau membaca peta. Saat bermain video games otak membutuhkan konsentrasi penuh yang akan merangsang neurotransmitter seperti dopamin yang akan memperkuat memori. Apa saja efek positif video games? � Melatih otak dan mental Saat bermain video games, butuh keterampilan, kemampuan berpikir abstrak dan cara berpikir yang baik agar bisa memenangkan permainan. Beberapa keterampilan yang bisa didapat yaitu: o Melatih problem solving dan logika o Melatih koordinasi tangan-mata, motorik halus, dan kemampuan spasial o Mengikuti instruksi dan membuat rencana o Berpikir cepat, membuat analisa dan keputusan dengan cepat o Strategi dan antisipasi o Memperkuat memori dan konsentrasi o Berani mengambil risiko dan melatih cara menghadapi tantangan � Mengenalkan anak [...]

Pria Insomnia Memiliki Tingkat Angka Kematian

Pria Insomnia Memiliki Tingkat Angka Kematian

Oleh : dr. Jessica Florencia Seringkali kita menganggap remeh insomnia sebagai masalah yang hanya berpengaruh terhadap kesehatan mental. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa insomnia dapat memberikan dampak secara fisik.Sebuah studi yang telah dilakukan selama 14 tahun dan melibatkan 1741 pria dan juga wanita menunjukkan bahwa pria yang memiliki insomnia memiliki risiko angka kematian 4 kali lebih besar dari pada pria yang memiliki siklus tidur normal selama 6 jam. Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti di Penn State, dr. Alexandros N. Vgontzas dan rekan-rekannya. Angka kematian bahkan meningkat hingga 7 kali lipat, jika pria yang insomnia tersebut memiliki penyakit diabetes atau hipertensi. Peningkatan angka kematian ini ditemukan pada mereka yang mengaku mengalami insomnia dan ketika diperiksa di laboratorium tidur menunjukkan bahwa mereka hanya tidur kurang dari 6 jam setiap harinya. Mereka yang mengaku tidak mengalami insomnia namun tidur kurang dari 6 jam setiap harinya tidak menunjukkan peningkatan risiko kematian. Begitu juga dengan mereka yang mengaku mengalami insomnia namun tidur lebih dari 6 jam setiap harinya. dr. Alexandros N. Vgont [...]

Penderitaan Wanita yang Alergi WiFi dan Sinyal Elektronik

Penderitaan Wanita yang Alergi WiFi dan Sinyal Elektronik

Saat ini, ketergantungan orang terhadap internet membuat kehadiran WiFi sangat dicari. Namun tidak dengan wanita asal Inggris satu ini. Wanita berusia 63 tahun bernama Mary Coales tersebut tidak mau pergi ke tempat-tempat umum yang memiliki fasilitas WiFi. Bisa dibilang ia sangat alergi dengan jaringan internet tanpa kabel tersebut. Pada saat pertemuan penting seperti ingin mendatangi dokter pun ia harus menunggu gilirannya di luar rumah sakit agar tidak berlama-lama berada di ruangan ber-WiFI. Mengapa demikian?Mary ternyata merupakan salah satu orang yang memiliki sindrom langka bernama Electromagnetic Hypersensitivity intolerance Syndrome (EHS). Yang berarti wanita lulusan Cambridge University tersebut akan menderita sakit jika terkena radiasi dari alat elektronik. Mary yang merupakan mantan staff penerbangan itu kerap merasakan sakit yang tak tertahankan pada area mulut ketika terpapar sinyal elektronik. Dengan banyaknya orang yang membawa telepon genggam serta tempat yang memasang WiFi, Mary pun merasa sangat tersiksa. Ia jadi tak bisa pergi ke sembarang tempat selain ke rumah teman yang WiFi-nya bisa dimatikan.Untuk melindungi dari dari WiFi serta sinyal yang membahayakan, [...]

Jangan Sembarangan Menggunakan Tetes Mata

Jangan Sembarangan Menggunakan Tetes Mata

Apakah Anda sering mengalami mata merah? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi mata merah? Apakah Anda termasuk orang yang sering menggunakan tetes mata untuk mengatasi hal tersebut? Apakah sebelum menggunakan obat tetes mata Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter? (Baca: 9 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat) Mata merah sering terjadi di sekitar kita. Pada umumnya, orang yang sering mengalami mata merah adalah orang yang bekerja di luar ruangan sehingga sering terpapar dengan debu dan sinar matahari. Hal tersebut juga sering terjadi pada orang-orang yang matanya sensitif atau memiliki alergi. Mata merah sering pula disertai rasa gatal. Bila hanya karena iritasi ringan dan alergi, pertahanan tubuh kita mampu untuk mengatasi hal tersebut sehingga tidak dibutuhkan obat tetes mata apapun. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam) Lain hal nya bila yang terjadi adalah peradangan hebat. Pada kasus seperti ini dibutuhkan tetes mata yang mengandung zat anti radang contohnya seperti kortikosteroid. Namun dalam penggunaan obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid harus berhati-hati. Obat ini tidak boleh digunakan sembarangan apalagi dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan tetes m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *