Penting Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memilih Personal Trainer

olahraga.jpg

Kebanyakan orang lebih memilih berolahraga di pusat kebugaran dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Mereka juga tidak segan-segan untuk mengeluarkan kocek lebih demi memiliki pelatih pribadi atau yang lebih sering disebut dengan personal trainer. Mempunyai pelatih pribadi dapat membuat Anda lebih termotivasi dalam berolahraga hingga lebih cepat mencapai sasaran yang dituju.

Tidak hanya itu saja, pelatih pribadi juga bisa membantu dalam memaksimalkan waktu latihan, mencegah timbulnya cedera serta melihat sejauh mana keberhasilan yang diraih. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih personal trainer.

1. Identitas
Seorang personal trainer yang baik selayaknya harus mampu menunjukkan sertifikasi keahlian mereka. Untuk mendapatkannya, para pelatih biasanya harus lulus dari serangkaian ujian yang diadakan oleh organisasi olahraga yang terakreditasi. Di Amerika misalnya, The American Council on Exercise (ACE), the National Academy of Sports Medicine (NASM) atau the National Strength and Conditioning Association (NSCA). Hal ini diperlukan untuk memastikan mereka telah memenuhi standar profesionalisme dan kompetensi dari agar dapat dipercaya.

2. Pengalaman
Memilih personal trainer hendaknya yang sudah mempunyai pengalaman dalam menangani para kliennya. Personal trainer yang berpengalaman biasanya lebih cepat tanggap dalam menentukan latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Sebaiknya jangan sungkan untuk mengobrol-ngobrol lebih dulu dengan calon personal trainer sebelum memilih yang terbaik.

3. Kepribadian
Jika Anda mempunyai watak yang keras dan sulit diatur, seleksi para personal trainer sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengannya. Pilihlah yang bisa mengimbangi kepribadian Anda dan secara tegas serta disiplin mampu mengontrol Anda dalam melakukan latihan.

4. Filosofi
Carilah personal trainer yang mempunyai pikiran yang sepaham dengan Anda. Jangan sampai di tengah jalan Anda berselisih paham dengannya hanya karena Anda lebih suka berlari di atas treadmill ketimbang naik sepeda statis. Bicarakan padanya apa yang membuat Anda merasa nyaman dan tidak nyaman sehingga personal trainer dapat mengerti kemauan Anda.

5. Keahlian
Jika Anda berolahraga di pusat kebugaran dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, sebaiknya carilah personal trainer yang ahli dalam bidang ini hingga target yang dimiliki bisa tercapai berkat bantuannya. Apabila tidak selektif dalam memilihnya, salah-salah Anda justru mendapat personal trainer yang justru berpengalaman di bidang pembentukkan badan.

6. Biaya
Sebelum memutuskan untuk memilih personal trainer, sebaiknya pikirkan matang-matang berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin menyewa jasa mereka. Jangan sampai anggaran biaya Anda tidak sesuai dengan daftar biaya yang ditentukan. Cara mengatasinya adalah, mungkin Anda bisa menyewa personal trainer dengan beberapa teman atau keluarga Anda dan menjalani latihan bersama-sama.

7. Ketersediaan Waktu
Jangan sungkan untuk menanyakan jadwal personal trainer agar bisa menyesuaikannya dengan jadwal Anda. Pilih waktu yang tepat untuk memulai latihan, entah di pagi hari atau sore hari setelah bekerja. Tentukan juga berapa kali Anda akan latihan selama seminggu.

8. Lokasi
Maraknya pusat kebugaraan yang tersebar di seluruh penjuru kota memudahkan kita untuk memilih pusat kebugaran. Carilah salah satunya yang paling dekat dari lokasi kantor atau rumah untuk memudahkan Anda dalam berolahraga. Pusat kebugaran sekarang ini umumnya berada di dalam pusat perbelanjaan karena aksesnya lebih mudah dijangkau.

9. Kemajuan
Sebaiknya, carilah personal trainer yang secara bertahap selalu mengukur kemampuan dari tiap latihan sehingga Anda dapat melihat kemajuan dan kerja keras Anda membuahkan hasil. Personal trainer juga memastikan Anda untuk tetap konsisten dalam melakukan latihan sehingga usaha yang Anda lakukan tidak sia-sia.

10. Reputasi
Setelah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, bukan hanya anda yang senang namun juga para personal trainer. Mereka juga merasa kerja keras mereka berhasil dan tidak sia-sia. Secara tidak langsung, hal ini turut mendongkrak reputasi para personal trainer dan membuka peluang mereka untuk lebih banyak mendapatkan klien.

(int/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ditolak Naik Roller Coaster, Wanita Ini Pangkas Berat 44 Kg

Ditolak Naik Roller Coaster, Wanita Ini Pangkas Berat 44 Kg

Wanita ini merasa malu karena saat kencan dengan kekasihnya, ia yang gemuk gagal naik roller coaster. Gara-gara itu ia pun kini sukses menurunkan berat badannya 44,5 kg.Alison Bell itulah nama wanita yang langsung berusaha keras memangkas bobot tubuhnya setelah ditolak naik roller coaster. Saat itu, ia ditolak, karena sabuk pengamanan di roller coaster tersebut tidak mampu mengunci tubuhnya yang terlalu gemuk.Wanita 25 tahun itu pun akhirnya hanya bisa menunggu, sementara pacarnya Andrew bisa naik roller coaster. Keduanya berkencan di Valley Theme Park, North Yorkshire, Inggris.Dikutip dari Daily Mail, Alison yang saat itu memiliki berat badan 107 kg, tidak sanggup lagi menahan malu. Penolakan di arena roller coaster itu langsung membuatnya termotivasi untuk menurunkan berat badannya.Kini, Alison sukses menurunkan berat badannya hingga 44,5 kg. Ia yang dulunya memiliki ukuran 20, kini bisa memakai busana berukuran 10.Wanita asal Lesmahagow, Inggris itu butuh waktu 3,5 tahun itu memangkas 44,5 kg itu. Lebih membahagiakannya lagi, tahun depan kekasihnya akan menikahinya."Aku tahu aku selalu gemuk, tapi insiden roller coaster itu adalah penghinaan terakhir untukku," katanya.Insiden [...]

Beras Merah dan Anti-Stroke

Beras Merah dan Anti-Stroke

Perlu kita ketahui beras merah dan anti stroke mempunyai keterkaitan. Suatu studi di Universitas Negara Bagian Lousiana, AS, menemukan bahwa minyak dedak dari beras merah bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Manfaat kesehatan dari beras merah adalah seratnya, secangkir beras merah mampu menyediakan 14% setiap hari. Serat ini telah terbukti menurunkan kolesterol tinggi, juga menghambat aterosklerosis. Serat beras merahpun berperan dalam mengontrol tinggi gula darah, sehingga menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Menurut riset Dr. Rui Hai Liu dari Universitas Cornell, seperti halnya buah-buahan dan sayuran, beras merah juga mengandung fenolik, salah satunya zat antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas pemicu kanker. Angka aktivitas antioksidan beras merah menurut hasil riset tersebut adalah 56, sementara brokoli 80, bayam 81, apel 98, pisang 65, jagung 181, dan gandum77. Magnesium, yang terkandung dalam beras merah, menurut beberapa studi mampu menurunkan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migran, dan menurunkan risiko serangan jantung serta stroke. Beras Merah dan Anti-Stroke Magnesium yang ada diber [...]

Lakukan Kiat Ini Jika Sendi Meradang

Lakukan Kiat Ini Jika Sendi Meradang

Mereka yang menderita artritis atau radang sendi dapat beraktivitas secara normal dan mengontrol penyakitnya apabila prinsip perawatan artritis dilakukan dengan baik. Tujuan perawatan artritis adalah untuk mengontrol nyeri, meminimalisasi kerusakan sendi, memperbaiki atau menjaga fungsi sendi dan kualitas hidup. Perawatan artritis meliputi terapi farmakologik (dengan menggunakan obat-obatan), terapi nonfarmakologik (terapi fisik, penggunaan alat bantu, edukasi dan dukungan terhadap pasien, penurunan berat badan, nutrisi yang baik dan diet seimbang), serta pembedahan. Meskipun artritis merupakan kondisi yang kronik dan dapat terkontrol, dapat timbul episode akut nyeri, peradangan, dan kekakuan sendi, yang disebut juga flare. Hal ini sering didapati pada artritis rematoid. Gejala tersebut bisa timbul setelah adanya infeksi, merokok, atau ketika pasien sedang mengalami stres. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan bila nyeri tersebut datang kembali: Seimbangkan waktu beraktivitas dan waktu beristirahat Istirahat dapat membantu mengatasi nyeri artritis, namun istirahat yang terlalu panjang juga dapat memperlama nyeri yang dirasakan. Dokter atau terapis dapat membantu memodifika [...]

Fakta Seputar Tomcat

Fakta Seputar Tomcat

Meningkatnya kesadaran publik seputar ancaman yang disebabkan serangga dikenal sebagai Tomcat, telah mendistorsikan beberapa fakta seputar dampak dari serangga yang dikenal dengan nama lokal, semut semai. Berikut adalah fakta medis seputar dampak dari semut semai alias tomcat, antara lain: Serangga semut semai tidak mematikan. Serangga ini berhabitat alami di persawahan. Predator alaminya adalah wereng dan kepik. Jika habitatnya menghilang, maka serangga ini akan berkomunal di tempat yang terang dan hangat. Tomcat memang memiliki cairan beracun, namun tidak mematikan. Semut semai menyebarkan racunnya dengan cara menyemprotkan ke arah datangnya ancaman. Dampak yang ditimbulkan adalah gejala kemerahan dan muncul bintil-bintil 24-36jam pasca paparan. Sensasi yang dirasakan adalah panas dan gatal. Pertolongan pertama bisa dilakukan dengan membasuh dengan cairan sabun atau air bersih dengan aliran satu arah. Tidak menyebabkan herpes Pada beberapa sebaran informasi di berbagai media disebutkan serangan serangga ini menyebabkan herpes. Ini salah besar. Memang adanya gejala yang ditimbulkan sangat mirip dengan herpes, namun iritasi kulit yang ada bisa ditangani tidak sama dengan penang [...]

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya!

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya!

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya! Dengan semakin banyaknya perempuan muda mencari operasi untuk memangkas, memahat dan menyempurnakan wilayah pribadi mereka, tren "desainer vagina" pun semakin diminati. Namun, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Obstetrics and Gynaecology, banyak perempuan melakukannya tanpa sepenuhnya paham akan resiko dari prosedur tersebut. Wanita paling sering mencari labioplasty (pemangkasan kembali labia yang menonjol, yang memakan biaya besar karena mereka beranggapan bahwa penampilan fisik mereka menimbulkan rasa malu dan rasa tidak nyaman di depan pasangan seksual, atau bahwa jaringan yang berlebihan menyebabkan ketidaknyamanan fisik yang dirasakan mereka. Namun, penulis mengatakan, analisis sementara mereka berdasarkan dari 40 artikel penelitian tentang prosedur labioplasty mengungkapkan bahwa kebanyakan pasien melaporkan kepuasan dengan hasil dan hanya sedikit yang mengeluhkan adanya komplikasi. Telah ada sedikit penelitian mengenai efek jangka panjang dari operasi ini, termasuk bagaimana operasi ini dapat mempengaruhi masa depan seksual kepuasan atau apakah operasi ini akan memunculkan komplikasi potensial lainnya pada saat [...]

Lupakan Obat Juga Es Krim, Ini Makanan Sehat yang Bisa Hilangkan Stres

Lupakan Obat Juga Es Krim, Ini Makanan Sehat yang Bisa Hilangkan Stres

Saat stres, kesal, marah atau gelisah, wanita cenderung lari ke makanan manis dan enak, yang sayangnya, sebagian besar adalah junk food. Es krim, cokelat, cookies, pop corn dengan butter atau keripik kentang memang seringkali jadi 'pelarian' yang dipercaya bisa menyingkirkan mood negatif.Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa makanan tersebut sebenarnya hanya memberi ketenangan dan perasaan senang sementara. Lebih buruknya lagi, kalori, lemak serta gula yang terkandung di dalamnya berpotensi membuat orang kegemukan, kolesterol tinggi bahkan obesitas bila dikonsumsi terus menerus."Beberapa nutrisi bisa meningkatkan mood, tapi makanan berlemak bisa membuat fungsi tubuh menurun karena lemak tinggi sulit dicerna tubuh," ujar Marisa Moore, R.D.N., pakar nurtisi dari Atlanta dan juru bicara Acedemy of Nutrition and Dietetics seperti dikutip dari Shape.Sebelum lari ke junk food yang bisa membahayakan kesehatan, utamakan dulu untuk mencari empat makanan ini untuk menghilangkan stres. Selain khasiatnya yang bisa meningkatkan mood positif juga lebih sehat bagi tubuh.1. AlpukatBuah dengan rasa dan tekstur creamy ini merupakan sumber vitamin B6 dan folic acid. Keduanya telah tebukti b [...]

Waspada Gejala Mudah Lelah!

Waspada Gejala Mudah Lelah!

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda sudah cukup tidur selama 8 jam namun masih merasa lelah, berhati-hatilah terlebih lagi jika hal tersebut disertai dengan gejala lain seperti: Nyeri kepala/pusing berputar Mata buram Penurunan atau peningkatan berat badan secara tiba-tiba Badan atau kaki bengkak Susah BAB Insomnia Depresi Berikut adalah 10 kondisi medis yang dapat menyebabkan Anda mudah lelah: Penyakit Celiac Merupakan suatu kondisi medis karena intoleransi makanan dimana tubuh Anda menjadi sensitif terhadap gluten yang biasanya terkandung pada roti, kue dan sereal. Selain mudah lelah, gejala-gejala penyakit celiac antara lain: diare, anemia dan penurunan berat badan. Anemia Salah satu kondisi medis yang paling sering mengakibatkan tubuh mudah lelah adalah anemia defisiensi besi. Hal ini biasanya menyerang wanita hamil atau sedang menstruasi yang banyak. Biasanya orang yang mengalami anemia defisiensi besi, tanpa melakukan hal apapun akan merasakan mudah lelah dan berat pada otot. Chronic fatigue syndrome Chronic fatigue syndrome atau myalgia encephalomyelitis merupakan suatu kondisi sering mudah lelah dan parah yang berlangsung sela [...]

7 Makanan Sumber Gula yang Tidak Anda Ketahui

7 Makanan Sumber Gula yang Tidak Anda Ketahui

Badan kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) menegaskan bahwa rekomendasi kebutuhan tubuh akan gula adalah 5% dari total asupan kebutuhan kalorinya. Semisal kebutuhan kalori tubuh adalah 2000 kalori, maka kebutuhan gulanya adalah 25,8 gram per hari. (Baca: Kebutuhan Gula Tubuh: 5% Dari Kalori per Hari) Hal ini memang sulit untuk dicapai namun bila dapat terpenuhi maka seseorang dapat terhindar dari konsekuensi kesehatan seperti obesitas dan kerusakan gigi. Panduan terbaru ini lebih ketat daripada panduan sebelumnya yang menyarankan konsumsi gula terbatas hanya 10% dari total asupan kalori tubuh. Namun, WHO menegaskan bahwa semakin sedikit konsumsi gula seseorang maka makin baik dampaknya bagi kesehatan. (Baca: 10 Alasan Mengurangi Gula) Permen dan kue-kue manis mungkin lebih mudah untuk dihindari karena kita sudah mengetahui bahwa makanan-makanan tersebut manis. Namun, ada beberapa makanan lain yang sepertinya tidak manis namun mengandung kandungan gula yang cukup tinggi. 1. Kismis Makanan yang dikeringkan menyebabkan kandungan gulanya menjadi lebih tinggi. Satu cangkir kismis mengandung 97,66 gram gula yang mencapai 4x kebutuhan gula sesuai rekomendasi WHO. Tanpa disa [...]

Periksa Kuku Anda! Waspadai Jika Ada 8 Tanda Ini

Periksa Kuku Anda! Waspadai Jika Ada 8 Tanda Ini

Saat melakukan perawatan manikur/pedikur, memotong atau mewarnai kuku, sempatkanlah memperhatikan kondisi kuku Anda. Apakah ada perubahan warna, mudah patah atau permukaannya kasar? Kuku bisa menjadi indikator kondisi kesehatan Anda, apakah semuanya baik-baik saja atau ada gangguan fungsi organ. Anda patut waspada dan sebaiknya segera periksakan ke dokter apabila menemukan satu dari delapan tanda berikut ini pada kuku, seperti dikutip dari Times of India.1. Kuku CekungPermukaan kuku seperti melengkung ke dalam akibat penipisan. Ini biasa terjadi pada orang yang mengalami psoriasis, yaitu penyakit kulit yang menimbulkan ruam-ruam merah pada kulit. Bisa juga karena ada gangguan pada jaringan kulit dan tanda awal alopecia (kerontokan rambut).2. Kuku Menguning atau MenebalOrang yang memiliki kuku kuning, menebal dan rapuh biasanya karena mengalami infeksi jamur. Umumnya disebabkan karena gaya hidup yang tidak higienis atau membiarkan luka terlalu lama di kutikula kuku.3. Kuku PucatKuku yang sehat berwarna merona atau agak pink. Tapi jika kuku berwarna pucat, menandakan Anda mengalami anemia atau kurang darah. Tapi apabila kuku sangat pucat, sebaiknya periksa ke dokter karena bisa ju [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *