Penting Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memilih Personal Trainer

olahraga.jpg

Kebanyakan orang lebih memilih berolahraga di pusat kebugaran dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Mereka juga tidak segan-segan untuk mengeluarkan kocek lebih demi memiliki pelatih pribadi atau yang lebih sering disebut dengan personal trainer. Mempunyai pelatih pribadi dapat membuat Anda lebih termotivasi dalam berolahraga hingga lebih cepat mencapai sasaran yang dituju.

Tidak hanya itu saja, pelatih pribadi juga bisa membantu dalam memaksimalkan waktu latihan, mencegah timbulnya cedera serta melihat sejauh mana keberhasilan yang diraih. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih personal trainer.

1. Identitas
Seorang personal trainer yang baik selayaknya harus mampu menunjukkan sertifikasi keahlian mereka. Untuk mendapatkannya, para pelatih biasanya harus lulus dari serangkaian ujian yang diadakan oleh organisasi olahraga yang terakreditasi. Di Amerika misalnya, The American Council on Exercise (ACE), the National Academy of Sports Medicine (NASM) atau the National Strength and Conditioning Association (NSCA). Hal ini diperlukan untuk memastikan mereka telah memenuhi standar profesionalisme dan kompetensi dari agar dapat dipercaya.

2. Pengalaman
Memilih personal trainer hendaknya yang sudah mempunyai pengalaman dalam menangani para kliennya. Personal trainer yang berpengalaman biasanya lebih cepat tanggap dalam menentukan latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Sebaiknya jangan sungkan untuk mengobrol-ngobrol lebih dulu dengan calon personal trainer sebelum memilih yang terbaik.

3. Kepribadian
Jika Anda mempunyai watak yang keras dan sulit diatur, seleksi para personal trainer sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengannya. Pilihlah yang bisa mengimbangi kepribadian Anda dan secara tegas serta disiplin mampu mengontrol Anda dalam melakukan latihan.

4. Filosofi
Carilah personal trainer yang mempunyai pikiran yang sepaham dengan Anda. Jangan sampai di tengah jalan Anda berselisih paham dengannya hanya karena Anda lebih suka berlari di atas treadmill ketimbang naik sepeda statis. Bicarakan padanya apa yang membuat Anda merasa nyaman dan tidak nyaman sehingga personal trainer dapat mengerti kemauan Anda.

5. Keahlian
Jika Anda berolahraga di pusat kebugaran dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, sebaiknya carilah personal trainer yang ahli dalam bidang ini hingga target yang dimiliki bisa tercapai berkat bantuannya. Apabila tidak selektif dalam memilihnya, salah-salah Anda justru mendapat personal trainer yang justru berpengalaman di bidang pembentukkan badan.

6. Biaya
Sebelum memutuskan untuk memilih personal trainer, sebaiknya pikirkan matang-matang berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin menyewa jasa mereka. Jangan sampai anggaran biaya Anda tidak sesuai dengan daftar biaya yang ditentukan. Cara mengatasinya adalah, mungkin Anda bisa menyewa personal trainer dengan beberapa teman atau keluarga Anda dan menjalani latihan bersama-sama.

7. Ketersediaan Waktu
Jangan sungkan untuk menanyakan jadwal personal trainer agar bisa menyesuaikannya dengan jadwal Anda. Pilih waktu yang tepat untuk memulai latihan, entah di pagi hari atau sore hari setelah bekerja. Tentukan juga berapa kali Anda akan latihan selama seminggu.

8. Lokasi
Maraknya pusat kebugaraan yang tersebar di seluruh penjuru kota memudahkan kita untuk memilih pusat kebugaran. Carilah salah satunya yang paling dekat dari lokasi kantor atau rumah untuk memudahkan Anda dalam berolahraga. Pusat kebugaran sekarang ini umumnya berada di dalam pusat perbelanjaan karena aksesnya lebih mudah dijangkau.

9. Kemajuan
Sebaiknya, carilah personal trainer yang secara bertahap selalu mengukur kemampuan dari tiap latihan sehingga Anda dapat melihat kemajuan dan kerja keras Anda membuahkan hasil. Personal trainer juga memastikan Anda untuk tetap konsisten dalam melakukan latihan sehingga usaha yang Anda lakukan tidak sia-sia.

10. Reputasi
Setelah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, bukan hanya anda yang senang namun juga para personal trainer. Mereka juga merasa kerja keras mereka berhasil dan tidak sia-sia. Secara tidak langsung, hal ini turut mendongkrak reputasi para personal trainer dan membuka peluang mereka untuk lebih banyak mendapatkan klien.

(int/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Derita Lisa Brown, Selalu Kelaparan karena Sindrom Pencernaan Langka

Derita Lisa Brown, Selalu Kelaparan karena Sindrom Pencernaan Langka

Lisa Brown tidak mengalami gangguan makan seperti anoreksia maupun bulimia. Namun wanita berusia 32 tahun ini selalu kelaparan. Bobotnya turun drastis, dari 63 kg menjadi kurang dari 40 kg dalam lima tahun dan tubuhnya pun sangat kurus hingga tampak hanya tulang belulang.Lisa bukannya tidak mau makan, tapi ia mengidap sindrom langka yang membuat tubuhnya tidak mau mencerna makanan. Akibatnya wanita asal Wisconsin, Amerika Serikat ini merasa terus kelaparan.Penyakit yang diidap Lisa disebut superior mesenteric artery syndrome (SMAS), kondisi yang membuat sebagian usus kecilnya terperangkap di antara dua pembuluh arteri. Akibatnya, makanan tidak bisa melewati sistem pencernaan dan tubuhnya dengan baik.Lima tahun sudah Lisa berjuang mencari solusi untuk mengatasi penyakitnya itu. Ia pun berbagi kisahnya lewat YouTube yang menceritakan bagaimana usahanya menghadapi SMAS dengan harapan bisa mendapatkan dana pengobatan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap sindrom langka tersebut.Saat ini Lisa sedang menjalani perawatan di The Cleveland Clinic. Perawatan tersebut menggunakan sebuah sistem canggih yang memungkinkan nutrisi-nutrisi yang penting bagi tubuh dialirkan langsung ke usus keci [...]

Memilah Langkah Mencegah Perut Begah

Memilah Langkah Mencegah Perut Begah

Perut begah setelah mengonsumsi makanan tertentu memang membuat tidak nyaman. Meski pada umumnya kondisi ini tidak berisiko, namun perut begah yang terasa secara terus?menerus dapat menjadi gejala penyakit berbahaya. Perut begah umumnya disebabkan oleh angin yang tertelan atau gas yang terbentuk saat proses mencerna makanan. Pengidap gangguan ini sering merasa perutnya begah, terutama setelah acara makan besar atau setelah acara perayaan tertentu yang membuat frekuensi dan porsi makan kita bertambah. Untuk mencegah kondisi ini, biasakan untuk membatasi makanan berlemak, serta mulai mengonsumsi makanan kaya serat dan prebiotik. Angin yang tertelan ini dapat terjadi karena beberapa penyebab. Berikut kelompok penyebabnya beserta solusi yang dapat diterapkan. Konstipasi Jika konstipasi atau sembelit adalah masalah yang menjadi penyebab Anda merasakan perut begah, cobalah untuk: Mengonsumsi banyak cairan dan makanan kaya serat. Lebih banyak bergerak aktif, seperti berjalan kaki 20-30 menit tiap hari dapat memperlancar kerja usus. Intoleransi makanan Intoleransi terhadap makanan tertentu dapat menyebabkan perut begah ketika ada gas dari makanan yang terjebak dalam perut, usus ti [...]

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Tips Menghindari Kanker. Kanker adalah kata yang sungguh menakutkan. Begitu mendengar kata itu yang terbayang adalah kematian, umur yang pendek, penderitaan panjang, tabungan terkuras habis. Kalau memang menakutkan, apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya? Bagaimana cara pencegahannya? Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #1 1. Hentikan Tembakau Risiko terkena kanker paru-paru meningkat 23 kali pada laki-laki dan 13 kali pada wanita yang merokok. Tembakau meningkatkan risiko kanker mulut, bibir, pankreas, pita suara, cerviks, kandung kemih dan ginjal. Terbukti bila para perokok berhenti merokok dalam sehari maka risiko untuk terkena kanker dapat hilang. Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #2 2. Kurangi Paparan Sinar Matahari Bila Anda berkulit putih, dan saat terkena matahari kulit Anda mudah terbakar menunjukkan bahwa kandungan melanin di kulit Anda sedikit. Kulit terbakar ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit jenis melanoma. Melanoma carcinoma (Kanker kulit) Beberapa tips penting yang perlu diingat adalah hindari paparan sinar matahari pukul 10.00?15.00, gunakan baju yang menutupi daerah yang akan terpapar sinar matahari, gunakan kacamata hitam [...]

Miliki Asuransi Kesehatan dari Sekarang

Miliki Asuransi Kesehatan dari Sekarang

Memiliki asuransi kesehatan sejak muda dapat menghemat banyak pengeluaran untuk pengobatan saat terserang penyakit. Hanya 30 persen penduduk Indonesia yang memiliki asuransi. Sebagian besar masih membayar biaya kesehatannya sendiri dari tabungan. Padahal inflasi biaya kesehatan mencapai 10-15 persen per tahun akibat meningkatnya harga obat, peralatan, dan honor dokter. Memiliki asuransi kesehatan sejak masih muda sebenarnya mendatangkan banyak keuntungan. Umumnya tidak memerlukan pemeriksaan kesehatan karena dianggap lebih sedikit berisiko sakit. Jumlah premi yang perlu dibayarkan relatif lebih kecil dibandingkan dengan yang baru mulai berasuransi di usia lanjut. Anda yang belum memiliki asuransi kesehatan dapat memeriksa pilihan produk dan mencari-cari informasi dari sekarang. Fasilitas Asuransi Kesehatan dari Kantor Anda yang bekerja tetap, sebaiknya periksa dahulu fasilitas kesehatan yang disediakan oleh kantor. Umumnya perusahaan memberikan asuransi kesehatan untuk rawat inap bagi pekerjanya. Teliti dahulu apakah asuransi kesehatan yang diberikan dari kantor tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda: Adakah penyakit tertentu yang tidak dijamin? Beberapa asuransi tidak menjamin [...]

5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Buah mengkudu (morinda citrifolia) merupakan buah yang banyak hidup dengan baik didaerah sekitar kita. Buah ini memiliki jenis pohon yang sangat kuat dengan daun yang cukup lebat dengan ukuran yang cukup besar. Pertumbuhannyapun tidak membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Jenis pohon ini juga mampu menghasilkan banyak buah. Buah mengkudu biasa hidup secara liar, karena pada dasarnya buah ini memiliki tampilan yang kurang menarik ditambahkan bau menyengat dan rasa pahit masam yang cukup kuat. Sehingga banyak kalangan masyarakaat mengabaikan bahkan tidak memperhatikan buah tersebut. Kebanyakan hanya menganggap bahwa buah ini adalah buah yang tidak ada manfaatnya. Karena jika dilihat secara kasat mata buah ini kurang memikat untuk dikonsumsi. Bahkan tidak jarang banyak yang sangat tidak menyukai bau yang dihasilkan dari buah tersebut. Buah ini memiliki tekstur yang cukup keras saat buah pada usia muda dengan warna kulit hijau mengkilat. Permukaan kulitnya memiliki totol-totol bulat diseluruh permukaan kulitnya. Saat masa masaknya buah ini akan berubah warna menjadi putih sedikit kekuningan dan totol-totol dipermukaan kulitnya dengan tekstur daging yang cukup lembut. Pada saat b [...]

Ini Alasan Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Ini Alasan Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang enak untuk dinikmati. Bahkan beberapa tidak bisa lepas dari kopi sehingga kerap dijuluki coffee addict. Namun ada pula yang merasa perutnya melilit dan perlu segera buang air besar setelah menyeruput kopi. Efek berbeda yang dirasakan sebagian orang ini ternyata memiliki alasan. Kopi tidak hanya meningkatkan keawasan setelah meminumnya, tapi juga level keasaman di perut. Asam yang cukup tinggi ini kemudian menimbulkan reaksi pada usus yang memicu keinginan untuk buang air besar.Para peneliti awalnya mengira reaksi perut mulas itu dikarenakan efek pencahar yang ditimbulkan kafein pada kopi. Dalam percobaan yang dilakukan American Chemical Society tersebut, tiga dari 10 orang melaporkan mengalami mulas dan ingin buang air besar setelah meminum kopi. Namun ternyata kafein bukanlah penyebabnya. Kopi yang dikurangi kandungan kafeinnya tetap menimbulkan efek yang sama. Sedangkan ketika meminum minuman soda diet, responden tidak mengalami hal yang sama. Dari situ, para peneliti mengambil kesimpulan bahwa ada senyawa lain di dalam kopi yang jadi penyebabnya.Kemungkinan besar penyebabnya adalah sifat asam pada kopi yang memengaruhi perut se [...]

Awas! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kematian

Awas! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kematian

Banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa kurang tidur bisa merusak kesehatan. Namun ternyata ada fakta yang lebih mengejutkan lagi, kurang tidur juga bisa membunuh Anda.Dikutip dari askmen, semakin hari waktu tidur orang dewasa semakin sedikit. Belum lagi dengan kebiasaan meminum kafein yang membuat Anda sulit tidur nyenyak. Kurang tidur erat kaitannya dengan kelelahan fisik dan mental yang bisa mempercepat kematian. Berikut lima dampak mematikan dari kurang tidur.1. Tewas dalam kecelakaan mobilDiperkirakan terjadi 100 ribu kecelakaan lalu lintas akibat mengantuk atau tertidur saat mengemudi. Hal tersebut menyebabkan tingkat kematian mencapai 1500 dan korban luka-luka yang tak terhitung tiap tahunnya.2. Tewas di tempat kerjaTidak memiliki waktu tidur yang cukup akan mempengaruhi performa kerja sehingga bisa berdampak pada jenjang karir Anda selanjutnya. Dampak kematian terburuk bisa terjadi jika bekerja dengan alat berat, sebab Anda berisiko membuat diri atau orang lain mengalami kecelakaan kerja yang bisa menyebabkan kematian.3. Tewas karena depresiTidur yang berkualitas merupakan kunci utama untuk dapat berpikir jernih dan merasa rileks. Kurangnya waktu tidur bisa buat And [...]

Kuning Telur Bisa Menaikkan Kolesterol, Mitos Atau Fakta?

Kuning Telur Bisa Menaikkan Kolesterol, Mitos Atau Fakta?

Ada banyak mitos yang berdear mengenai makanan yang dikonsumsi tiap harinya. Ada beberapa makanan dengan reputasi buruk dan baik namun tak sesuai kenyataan. Berikut empat mitos tersebut, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost.1. Keju tidak baik bagi kesehatanJawabannya tergantung dari keju jenis apa yang Anda konsumsi. Ada keju kemasan, keju olahan, dan ada juga keju Eropa dan keju tradisional dari sapi pemakan rumput. Keju Eropa atau keju tradisional dari sapi yang memakan rumput memiliki kadar lemak omega-3 (anti-inflamasi) yang lebih tinggi yang baik untuk Anda.Keju merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Tetapi, keju yang dihasilkan dari sapi yang diberi hormon pertumbuhan dan antibiotik, malah dapat mengganggu kesehatan. Sesuai dengan mitos, keju ini sebaiknya dihindari.2. Telur membuat kolesterol Anda naikYang menarik dari mitos ini adalah banyak orang menghindari makan kuning telur telur, tetapi tetap memakan kue kering kemasan. Penelitian jangka panjang tidak menemukan hubungan antara konsumsi telur dan penyakit jantung.Penelitian menemukan bahwa lemak trans yang digunakan untuk memperpanjang jangka waktu makanan, memiliki hubungan dengan penyakit jantung. Jadi [...]

Waktu Tepat untuk Menyikat Gigi

Waktu Tepat untuk Menyikat Gigi

Perawatan gigi yang baik dimulai dari tepat waktu untuk menyikat gigi. Penyikatan gigi di pagi hari dapat dilakukan setelah sarapan. Ada baiknya diberi jarak kira-kira 1/2 jam antara sarapan dengan menggosok gigi terutama bila saat sarapan Anda mengkonsumsi makanan yang asam atau yang mengandung karbohidrat. Hal ini dikarenakan pada saat makan, pH air liur Anda turun sehingga keasaman dalam mulut meningkat. Penyikatan gigi yang dilakukan pada saat kondisi mulut asam berpotensi lebih besar untuk mengerosi atau mengabrasi gigi, ditambah lagi pasta gigi umumnya bersifat abrasif. [...]

5 Asupan Makanan yang Bantu Wanita Kurangi Risiko Kanker Payudara

5 Asupan Makanan yang Bantu Wanita Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kini gaya hidup sehat tidak hanya menjadi tren tapi juga kebutuhan. Kesadaran setiap wanita untuk menjaga kesehatan semakin tinggi. Oleh karena itu, tak heran bila semakin banyak wanita yang melakukan diet bukan hanya untuk menurunkan berat namun juga demi menangkal penyakit berbahaya.Salah satunya kanker payudara yang sangat ditakuti semua wanita. Menurut penelitian, satu dari sepuluh wanita menderita kanker payudara karena asupan makanan yang kurang sehat. Para wanita kemudian disarankan agar melakukan diet buah dan sayuran yang bisa mengurangi risiko kanker tersebut. Berikut lima asupan makanan yang bagus untuk kesehatan payudara wanita.1. BrokoliBrokoli diklaim bisa menghilangkan sel kanker payudara. Seorang profesor ilmu Farmasi dari Universitas Michigan, Duxin Sun, mengatakan bahwa kandungan dalam brokoli bisa mencegah kanker. "Senyawa dalam brokoli yang dikenal dengan sulforaphane telah dipelajari sebelumnya. Studi ini menunjukan bahwa senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan sel kanker payudara," tutur Duxin. Sebagai objek percobaan, peneliti menggunakan tikus berkanker payudara yang sudah diberikan sulforphane. Mereka memantau jumlah sel kanker dalam [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *