Pentingnya DHA dan AA untuk Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya-DHA-untuk-Tumbuh-Kembang-Anak.jpg

DHA dan AA termasuk zat gizi yang sering diutamakan dalam promosi susu atau makanan anak. Apakah keduanya memang benar-benar terbukti bermanfaat untuk perkembangan otak dan tubuh? Mari kita kenali lebih dalam!

DHA (docosahexaenoic acid) merupakan asam lemak rantai panjang, suatu asam lemak tidak jenuh yang menjadi area penelitian yang sangat menarik selama 30 tahun terakhir. DHA yang ditemukan pada ASI ini memiliki peran penting dalam struktur dan fungsi jaringan saraf, terutama jaringan saraf retina mata dan otak. Dan ternyata, terdapat akumulasi DHA yang signifikan pada jaringan saraf dan pertumbuhan otak janin selama trimester akhir serta 2 tahun pertama kehidupan.

Tak hanya pada ASI, AA dan DHA bisa didapat dari sumber nutrisi lainnya dari makanan sehari-hari seperti telur, ikan dan lainnya.

Pada trimester akhir, otak mengalami pertumbuhan sebanyak 260%, kemudian selama tahun pertama kehidupan otak melanjutkan pertumbuhan sebanyak 175%. Selanjutnya, pada tahun kedua otak tumbuh sebanyak 18%. Diketahui bahwa selama periode-periode ini DHA akan sangat banyak terakumulasi dalam jaringan otak, dan akumulasi ini tidak ditemukan pada jenis asam lemak lainnya.

Berikut adalah berbagai makanan yang menjadi sumber DHA:

  • ASI
  • Ikan seperti salmon, makerel, dan tuna
  • Minyak ikan
  • Daging merah
  • Telur
  • Beberapa bentuk alga (ganggang)

Dalam sebuah studi yang mengukur Mental Development Index (MDI) atau penilaian persepsi, kognisi, bahasa, sosial dan keterampilan anak, ditemukan bahwa bayi cukup umur yang diberikan susu yang memiliki DHA, memiliki skor MDI lebih tinggi dibandingkan grup anak yang tidak diberikan suplemen.

Lalu, bagaimana dengan AA?

AA merupakan komponen yang penting dalam perkembangan tubuh anak, terutama untuk imunitas, pembekuan darah, dan berbagai fungsi vital lain. Seperti DHA, AA juga dapat ditemukan pada ASI serta sumber makanan lain yakni daging merah, telur, dan susu.

Nah, dengan membaca fakta di atas, kecukupan asupan DHA dan AA sedari kehamilan hingga setelah lahir sudah tidak diragukan manfaatnya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Apa Saja Penyebab Sakit Kepala Bagian Depan?

Apa Saja Penyebab Sakit Kepala Bagian Depan?

Sakit kepala dapat terasa di berbagai lokasi kepala. Salah satu yang kerap dikeluhkan adalah sakit kepala bagian depan. Untuk mengatasi dengan tuntas, sebaiknya Anda mencari tahu penyebab sakit kepala bagian depan yang Anda alami. Ada beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala bagian depan, antara lain: Sinusitis Salah satu penyebab yang paling umum dari sakit kepala bagian depan adalah sinusitis. Gejala lain yang mungkin dirasakan, seperti sakit di sekitar wajah atau gigi. Tidak jarang wajah terasa sakit saat ditekan, terutama di bagian bawah mata atau di samping hidung. Sinusitis akut umumnya dipicu oleh pilek atau alergi, sementara sinusitis kronis biasanya berasal dari sinusitis akut yang tidak ditangani dengan tepat, alergi, ataupun penggunaan obat dekongestan yang berlebihan. Sakit kepala tegang (tension headache) Sakit kepala tegang sering dikeluhkan di kepala bagian depan atau bisa juga pada bagian samping kepala. Saat otot pada kepala dan leher mengencang, kemudian pembuluh darah kepala melebar, saat itulah dirasakan sakit kepala tegang. Sakit kepala tegang digambarkan sebagaimana sakit saat ditekan atau diremas dengan sangat kencang. Ada kemungkinan rasa sakit berpindah [...]

Jangan Sepelekan Batuk yang Anda Alami

Jangan Sepelekan Batuk yang Anda Alami

Batuk merupakan respons tubuh yang normal untuk mengeluarkan iritan atau benda asing yang berada di tenggorokan atau saluran napas. Iritan tersebut akan menstimulasi saraf di otak untuk merangsang batuk. Udara di paru-paru akan dipaksa untuk keluar dengan tekanan tinggi. Batuk dapat terjadi secara disengaja (volunter) atau refleks tubuh secara langsung (involunter). Berdasarkan waktunya, batuk dibagi menjadi batuk akut dan kronik. Normalnya batuk akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 2 minggu, jika batuk menetap sebaiknya segera periksakan ke dokter karena bisa jadi Anda memiliki penyakit serius. Berikut ini adalah beberapa penyebab batuk berdasarkan waktunya: Batuk akut Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) seperti influenza, laryngitis, faringitis, sinusitis. Infeksi saluran pernapasan bawah (ISPB) seperti bronkitis, pneumonia. Alergi. Fase akut dari penyakit asma atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Terhirup iritan seperti debu dan asap rokok. Tersedak. Batuk kronik Asma. Alergi. Pertusis. Bronkitis kronik, bronkiektasis. Efek dari obat anti hipertensi golongan angiotensin-converting enzyme inhibitor (ACE-inhibitor). Tanda dari penyakit [...]

5 Makanan & Minuman yang Bisa Cegah Kanker Payudara

5 Makanan & Minuman yang Bisa Cegah Kanker Payudara

Satu dari 10 wanita diperkirakan menderita kanker payudara, yang disebabkan oleh gaya hidup modern. Untuk menghindarinya, mulailah membiasakan diri menjaga kesehatan payudara dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat.Menjaga payudara agar tetap sehat bukanlah hal yang sulit. Cukup dengan mengonsumsi lima makanan yang kaya nutrisi ini, maka Anda pun akan mendapatkan payudara yang sehat. Seperti yang dikutip dari eatingwell, ini dia makanan dan minuman yang penting bagi kesehatan payudara Anda.1. BrokoliMenurut penelitian dari University of Michigan, Sulforafana, yaitu senyawa dalam brokoli dapat mengurangi jumlah sel induk kanker payudara (yang menyebabkan kanker menyebar dan kambuh) pada tikus. Para peneliti juga menyarankan agar mengonsumsi brokoli mentah, karena memasak atau merebusnya hanya akan membuat kandungan Sulforafana rusak.2. Ikan SalmonRutin mengonsumsi suplemen minyak ikan selama minimal 10 tahun dapat memperkecil risiko terkena karsinoma duktal --jenis yang paling umum dari kanker payudara--, menurut penelitian yang dilakukan oleh Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. Lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan dipercaya bisa mengurangi peradanga [...]

6 Langkah Mengusir Rasa Gelisah yang Berlebihan

6 Langkah Mengusir Rasa Gelisah yang Berlebihan

Hampir semua orang pernah mengalami situasi yang kadang bisa membuat cemas atau gelisah. Ada yang bisa mengatasinya dengan mudah, ada pula yang justru tenggelam dalam kegelisahan yang berlebihan sehingga bisa memicu depresi. Jangan biarkan kegelisahan menghantui Anda terus menerus. Cobalah beberapa langkah mudah ini untuk mengatasi kecemasan Anda, seperti dikutip dari Real Simple.1. Katakan Hal yang Membuat Cemas Berulang-ulang Sampai BosanKetika takut naik lift, Anda harus menghadapi ketakutan tersebut dengan berulang kali naik lift itu sampai Anda bosan. Awalnya mungkin akan merasa panik, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa menghadapi hal tersebut. Begitu juga dalam mengatasi kecemasan, cobalah untuk mengatakan hal yang membuat Anda khawatir berulang-ulang sampai bosan. Maka otak akan merespon hal tersebut sehingga perlahan-lahan kecemasan Anda itu akan hilang.2. Alihkan Pikiran ke Hal-hal MenyenangkanKadang Anda terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak. Anda yakin perasaan tersebut dapat memicu terjadinya bencana atau masalah besar. Abaikan perasaan tersebut, karena semakin Anda memikirkannya, justru musibah itu bisa hadir dari pikiran Anda sendiri. Alihkanl [...]

Minuman Terbuat dari Tinja Asal Korea Ini Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Minuman Terbuat dari Tinja Asal Korea Ini Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Pengobatan tradisional kerap menjadi alternatif pilihan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Di Korea, ada obat tradisional, anggur beras yang mengandung tinja. Wine atau anggur ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.Wine beras asal Korea ini dikenal dengan nama Ttongsul. Minuman beralkohol ini sedikit berbeda dengan wine yang dinikmati orang pada umumnya karena mengandung bahan baku spesial yaitu tinja anak-anak.Minuman ini tidak banyak dinikmati di Korea Selatan. Bahkan wine ini hampir punah pada tahun 60-an karena tidak banyak yang tahu cara pembuatannya. Seorang reporter dari VICE, media yang kerap membuat seri dokumenter menelusuri jejak minuman tradisional Korea ini. Dia menemui dokter yang mengklaim sebagai salah satu dari sedikit orang yang tahu bagaimana cara membuat anggur dari tinja tersebut. Dokter bernama Dr Lee Chang Soo itu mengungkapkan dia menggunakan bahan baku spesial untuk membuat wine yang juga obat tradisional ini. Penggunaan wine yang mengandung tinja tersebut sebagai obat ini banyak digunakan oleh orang Korea zaman dulu. Seperti untuk menyembuhkan luka, tulang yang patah hingga epilepsi. Kini tidak banyak lagi orang yang mengonsumsi wine beras de [...]

6 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Tanpa Bantuan Obat

6 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Tanpa Bantuan Obat

Cuaca yang tidak menentu bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit seperti flu atau demam. Untuk itu, Anda perlu meningkatkan sistem imun dengan makan sehat dan mengasup nutrisi yang cukup.Kesampingkan dulu meminum suplemen atau obat penguat daya tahan tubuh di apotek, tapi lakukan dengan cara alami seperti yang disarankan praktisi kesehatan holistik Dr Prasanna Kerur dari Ayush Wellness Spa, seperti dikutip dari Female First.1. Makanlah secukupnya, konsumsi makanan yang baru dimasak dan mudah dicerna. Hindari mengonsumsi produk susu olahan dan gandum berlebihan dengan memperbanyak sayur dan buah-buahan seperti jeruk, lobak, paprika, apel dan stroberi.2. Teh bisa bantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya. Jika bosan dengan teh hijau, teh hitam atau oolong, Anda bisa mencoba membuat teh herbal sendiri yang mengandung jahe, kunyit atau kayu manis. Untuk teh herbal, minumlah 3-4 cangkir sehari.3. Jika mulai timbul gejala flu atau pilek, redakan dengan membuat minuman yang terdiri dari campuran bubuk kunyit dan madu. Campur bersama secangkir air hangat dan minum dua kali sehari.4. Minyak almond dan wijen bisa menjadi perisai Anda me [...]

Bahan Kimia Pada Kemasan Plastik Bisa Picu Obesitas

Bahan Kimia Pada Kemasan Plastik Bisa Picu Obesitas

Makanan cepat saji serta gaya hidup buruk seringkali menjadi 'tersangka utama' pada kasus obesitas. Namun kini ada faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terkena obesitas. Apakah itu?Zat kimia yang digunakan dalam membuat kemasan plastik, serngkali dikaitkan dengan risiko kanker dan bahkan diberi label zat beracun di Kanada. Kini zat tersebut juga diketahui juga berkaitan dengan kenaikan berat badan serta diabetes.Zat itu adalah bisphenol A (BPA), bahan kimia yang umum digunakan untuk membuat botol plastik. Seperti dikutip dari detikhealth, BPA merupakan endocrine disruptor yang dapat mempengaruhi aktivitas hormon normal di dalam tubuh. Sebuah laporan yang diterbitkan pekan lalu menunjukkan bahwa BPA bisa 'menipu' tubuh untuk meningkatkan lebih banyak lemak. Selain itu, BPA juga dapat membuat bertambahnya produksi insulin (cara tubuh mengatur lemak dan karbohidrat). Jika terlalu banyak insulin, tubuh menjadi 'kebal' terhadap dampaknya, yaitu kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2.Angel Nadal, seorang ahli BPA di Miguel Hernendez University, Spanyol mengatakan," Ketika Anda memakan sesuatu dengan BPA, itu akan memberitahu organ bahwa Anda memakan lebih banyak daripada yang A [...]

7 Cara Aneh untuk Redakan Rasa Sakit

7 Cara Aneh untuk Redakan Rasa Sakit

Mengobati rasa sakit tidak harus selalu menggunakan obat-obatan. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan ada tujuh cara alami yang aneh namun efektif mengurangi rasa nyeri. Seperti yang dikutip dari prevention, ini dia delapan cara tersebut.1. Mengeluarkan Sumpah SerapahMengeluarkan kata sumpah serapah memang bukan hal yang baik, tapi jika dilakukan pada saat yang tepat justru bermanfaat. Para ilmuwan dari Keele University menemukan bahwa membiarkan seseorang melontarkan sumpah serapah bisa memiliki efek penghilang rasa sakit yang kuat, terutama bagi orang yang tidak biasa melakukannya.Detak jantung akan dipercepat ketika seseorang mengulang kata-kata makian sehingga menunjukkan peningkatan agresi yang akan menurunkan kelemahan dari tubuh. Kondisi ini akan membuat seseorang lebih toleran terhadap rasa sakit.2. Memandangi Foto Orang yang DicintaiIni dibuktikan lewat sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA) dengan melibatkan 25 wanita. Mereka mendapatkan rangsangan panas yang cukup menyakitkan sekaligus diperlihatkan foto sebuah kursi, orang yang tidak dikenal dan foto kekasih mereka. Dari tes ini, para partisipan mengaku [...]

Meminum Obat Ketika Puasa

Meminum Obat Ketika Puasa

Bagi Anda yang sedang melalui masa pengobatan dan dianjurkan untuk meminum obat berdosis 3 kali dalam sehari, maka waktu yang ideal bagi tubuh Anda menerima obat tersebut adalah pada waktu berbuka puasa, malam hari sebelum tidur, dan setelah makan sahur. Jika berdosis 2 kali diminum dalam sehari, maka akan lebih mudah diminum ketika berbuka dan setelah sahur. Namun jika untuk dosis satu kali dalam sehari, Anda bebas menentukan waktu yang tepat, namun harus dilakukan secara konsisten pada interval yang dipilih. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *