Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

kulit jari tangan mengelupas

Adakah sebagian dari Anda yang mengalami pengelupasan kulit jari dengan sendirinya? Pengelupasan kulit jari tangan ini sudah lumrah dan umum dialami oleh sebagian besar orang. Pada area ujung sekitar jari memang merupakan area yang sensitif, jika tidak dirawat dengan baik, maka kulit jari tangan mengelupas pada Anda. Penyebab kulit jari tangan mengelupas ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
1. Eksim
2. Sunburn atau paparan sinar matahari yang begitu intens
3. Psoriasis merupakan kelainan kulit yang menyebabkan pengganti atau pembaharuan pada kulit.
4. Suhu rendah atau dingin yang begitu ekstrem yang menyebabkan pengerutan pada kulit serta pengelupasan
5. Penggunaan bahan kimia
6. Pencucian tangan yang terkalu sering
7. Alergi, kekurangan vitamin B, diabetes dan lain lain.

Gejala kulit jari tangan mengelupas umumnya di derita oleh sebagian besar orang. Namun bagi beberapa orang yang menderita gangguan kulit, misalnya eksim dan psoriasis akan mengalami pengelupasan secara terus menerus, sehingga menyebabkan kondisi kulit lebih sensitif. Selanjutnya ketika mencuci dengan menggunakan sabun yang keras atau obat salep akan menyebabkan kulit sekitar ujung jari menjadi kering. Kondisi parah lainnya adalah timbul warna merah, bintik serta rasa gatal. Pada tahap kondisi ini Anda lebih baik berkonsultasi langsung kepada dokter untuk menyembuhkannya.

Pengelupasan yang terjadi pada kulit jari tangan ini sering kali di anggap sepele dan bukan masalah yang besar. Namun, tanpa disadari jika ini berlangsung terus menerus makan akan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Selain pengelupasan, Anda juga akan merasakan rasa gatal serta pedih pada area kulit yang terkelupas. Untuk mengatasi kulit jari tangan mengelupas Anda perlu melakukan perawatan pada area kulit jari tangan Anda, sehingga dapat mengatasi pengelupasan kulit jari tangan ini. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk pencegahan pengelupasan jari kulit.

1. Menggunakan air hangat
Air hangat memiliki banyak manfaat sebagai solusi untuk menghadapi kulit yang bermasalah. Cara kerja air hangat ini adalah menyerap ke dalam kulit. Selain itu tambahan madu dan minyak zaitun dapat melembabkan kulit Anda.

2. Menggunakan pelembab secara rutin
Kulit jari tangan yang sering kali mengelupas di sebabkan oleh kondisi kulit yang kering serta bersisik. Dengan menggunakan pelembab pada kulit, maka kulit jari akan lebih terawat. Gunakan setiap Anda selesai mencuci tangan.

3. Menggunakan mentimun
Mentimun di kenal sebagai bahan alami yang memiliki manfaat untuk mencegah peradangan dan penyembuhan pada kulit yang terluka. Cukup iris mentimun, kemudian oleskan pada daerah kulit yang mengelupas. Secara cepat akan mengatasi iritasi pada sel-sel kulit rusak. Hal ini akan mengurangi iritasi pada kulit Anda.

4. Menggunakan minyak zaitun
Kandungan omega 3 serta asam lemak esensial pada minyak zaitun dikenal bermanfaat bagi kulit serta seluruh sistem dalam tubuh. Cukup degan menambahkan minyak zaitun ke dalam air saat Anda mencuci tangan Anda sudah bisa melakukan pencegahan kulit jari tangan mengelupas.

5. Menjauhi konsumsi beberapa minuman
Minuman minuman beralkohol, softdrink, serta minuman tinggi kafein dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Maka dari itu hindarilah minuman minuman jenis ini untuk kulit Anda yang bersinar dan lembab.

Selain cara mengatasi kulit jari tangan mengelupas di sekitar jari tangan tadi, Anda pun dapat mencoba dengan merendam tangan dalam susu hangat. Perawatan menggunakan susu ini seringkali dianggap sebagai jenis perawatan mewah. Dengan cara mencampurkan satu sendok susu disertai madu, Anda sudah bisa membuat pelembab alami untuk merawat kulit jari Anda. Oleskan pada bagian kulit jari tangan, serta lakukan pemijatan dengan lembut. Hal ini akan membantu Anda menjaga kelambapan kulit. Cara lainnya adalah dengan merendamkan jari jari tangan Anda ke dalam susu hangat yang telah di seduh selama 10 menit setiap harinya, setelah itu bilas lah dengan air bersih. Anda bisa menambahkan pelembab yang mengandung vitamin E untuk menyempurnakan perawatan pada kulit jari Anda.

Gel yang terkandung dalam tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Saat di sentuh kan dengan bagian kulit maka akan menghadirkan suasana dingin. Hal ini dapat menyejukkan kulit jari tangan Anda yang tengah terkelupas serta dirasa sakit. Dengan mengoleskan lidah buaya maka, kulit Anda dapat memiliki kelembapan serta bisa melindungi kulit jari tangan mengelupas. Lakukanlah perawatan ini dengan mengoleskan lidah buaya pada area kulit yang iritasi setiap hari. Selain itu Anda juga bisa meminumnya dengan bentuk jus lidah buaya sebanyak dua sendok untuk memperbaiki kesehatan kulit dari dalam. Namun, jika Anda tengah hamil, maka tidak di rekomendasi kan untuk meminum jus lidah buaya.

Alternatif penyembuhan lainnya adalah dengan menggunakan jus Mint. Tumbuhan mint dikenal sebagai tumbuhan obat yang dapat mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah untuk mengobati kulit jari tangan mengelupas. Fungsi jus mint ini adalah sebagai pelembab alami yang membantu perawatan pada kondisi kulit yang tidak begitu baik, salah satunya adalah eksim atau radang kulit. Jus mint sangat menyegarkan bila di hirup. Untuk perawatan menggunakan jus mint ini Anda cukup mengoleskan nya pada bagian kulit yang iritasi, biarkan semalaman, dan keesokan harinya Anda bilas dengan menggunakan air suam suam kuku.

Buah pisang adalah salah satu buah yang paling banyak di gemari dan manfaatnya yang begitu banyak. Selain buah nya yang enak, kulit pisang pun memiliki manfaat yang banyak, diantaranya adalah dapat melembabkan kulit. Anda bisa menambahkan krim asam, gula dan minyak zaitun untuk perawatan kulit jari tangan mengelupas. Hal ini dapat membantu penyembuhan kulit menjadi lebih cepat.
1. Campur daging pisang matang, krim asam, gula bubuk dan satu sendok minyak zaitun. Jika pun tidak ada pisang, maka Anda bisa menggunakan bahan lain, misalnya buah alpukat,
2. Aduk hingga merata
3. Setelah tercampur semua, oleskan pada kulit yang terkena itritasi/mengelupas selama 30 menit.
4. Setelah selesai cuci tangan
5. Akan lebih maksimal jika Anda menambahkan vitamin E sebagai pelembab di akhir.

Alternatif penyembuhan dengan menggunakan bahan bahan alami di atas, dapat Anda gunakan sebagai referensi bagi Anda untuk mengatasi kulit jari tangan mengelupas. Beberapa tips tambahan lainnya untuk mengatasi kondisi tersebut diantaranya:
1. Minumlah air putih mineral setiap hari
2. Menggunakan produk pelembab, seperti lotion atau minyak zaitun
3. Tidak terlalu sering mencuci dengan menggunakan tangan
4. Saat mencuci piring, gunakan lah sarung tangan khusus untuk menghindari bersentuhan langsung dengan bahan kimia.
5. Makan lah makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E.

Cara ini aman dan efektif untuk membantu Anda lebih sehat dalam merawat kulit. Tetap lakukan secara terus menerus untuk hasil yang maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sering Susah Tidur? 5 Makanan Ini Bisa Membantu Anda!

Sering Susah Tidur? 5 Makanan Ini Bisa Membantu Anda!

Gejala susah tidur sering sekali kita rasakan, walaupun badan dan pikiran sudah lelah tetapi belum tentu mudah untuk tidur. Jika Anda sering mengalaminya, lima makanan ini akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Apa saja makanannya? Simak di sini, seperti dikuip dari She Knows.1. Ayam Kalkun (Turkey)Makanan ini kaya akan amino acid tryptophan yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang tenang dan nyenyak. Tryptohan itu sendiri tidak akan membuat Anda mengantuk melainkan dapat membantu otak untuk memproduksi serotonin yang diperlukan untuk tidur dan relaksasi.2. Mashed PotatoesMengonsumsi kentang dipercaya tidak akan membuat kadar glukosa darah Anda tinggi dan dapat mengeliminasi asam yang sering memblok tryptophan. Buatlah mashed potatoes dengan susu rendah lemak untuk merangsang tubuh mendapatkan tidur yang sehat.3. PisangBuah yang satu ini bisa dibilang sebagai obat tidur alami karena mengandung melantonin dan tryptophan yang akan menghasilkan serotonin untuk membantu merangsang otak dan membantu Anda tertidur. Pisang juga mengandung magnesium yang diketahui berguna untuk relaksasi dan bisa menghilangkan ketegangan fisik, serta stress.4. SusuJika mempunyai [...]

Agar Tetap Bisa Tidur 8 Jam Setiap Hari Walau Sibuk Bekerja

Agar Tetap Bisa Tidur 8 Jam Setiap Hari Walau Sibuk Bekerja

Tidak sedikit orang bekerja mempunyai tidur yang cukup setiap hari. Padahal kurangnya jam tidur bisa meningkatkan risiko obesitas serta darah tinggi. Sudahkah Anda mendapatkan tidur 8 jam sehari?Sebuah studi menemukan hanya 1 dari 3 orang Amerika yang mendapatkan tidur cukup setiap malam. National Sleep Foundation mengungkapkan, 16% orang dewasa memiliki tidur kurang dari 6 jam saat malam hari sedangkan penelitian menunjukkan agar terhindar dari obesitas, tekanan darah tinggi, serta penyakit lainnya butuh 7 hingga 8 jam tidur per hari.Untuk mengatasi hal itu, ada empat cara yang bisa diterapkan sesuai saran dari Susan Zafarlotfi, PhD, direktur dari Sleep-Wake Disorders di Hackensack University Medical Center, Amerika.1. Matikan Televisi, Komputer, & HandphoneCahaya dari televisi, komputer, dan handphone akan membuat Anda sulit tidur. "Cahaya mencegah pelepasan melatonin (hormon natural yang diproduksi tubuh untuk mengembalikan jam tidur biologis Anda)," ujar Zafarlotfi. Makanya, Anda disarankan untuk mematikan televisi, komputer, serta tidak menggunakan handphone satu jam sebelum terlelap. Tidak lupa mematikan lampu kamar anak Anda serta disarankan menggunakan lampu 60 watt. [...]

6 Aktivitas Sebelum Tidur yang Membuat Anda Sulit Terlelap

6 Aktivitas Sebelum Tidur yang Membuat Anda Sulit Terlelap

Mendapatkan tidur yang berkualitas selama delapan jam tentu didambakan setiap orang. Namun, untuk bisa tidur lelap dan nyenyak terkadang sulit didapatkan. Ada beberapa faktor di luar hal medis (insomnia, sleep apnea atau mendengkur) yang bisa membuat seseorang kekurangan waktu dan sulit tidur. Hindari enam hal ini, jika Anda ingin tidur nyenyak selama delapan jam, seperti dikutip dari Divine Caroline.1. Melihat Layar Komputer/TV yang MenyalaPaparan radiasi sinar televisi atau internet dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur. Cahaya dari layar tv atau komputer dapat menghambat perkembangan melatonin, hormon yang membuat rasa ingin tidur. Matikan televisi dan komputer satu jam sebelum Anda tidur.2. Mandi Air PanasMandi dengan air panas akan membantu Anda cepat tertidur di waktu yang tepat, tidak ketika Anda akan tidur. Jika ingin mandi air panas, atur suhu air agar tidak terlalu panas. Air yang terlalu panas akan membuat kulit berkeringat dan akhirnya susah tidur. Sebelum tidur, pastikan tubuh Anda sudah kembali ke suhu semula.3. Terlalu Banyak MinumTerlalu banyak minum sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur. Sebab saat tidur tubuh akan bekerja menyerap nutrisi dan menya [...]

Sering Gemetar? Waspada Gejala Parkinson

Sering Gemetar? Waspada Gejala Parkinson

Bila Anda mengenal petinju Muhammad Ali, barangkali Anda pernah mendengar penyakit yang dialaminya, yaitu penyakit Parkinson. Gejala yang dialami salah satunya adalah sering gemetar dan langkah kaki menjadi pendek. Perlu diketahui, penyakit ini umum menyerang orang-orang yang telah lanjut usia, karena penyakit ini terkait dengan proses penuaan. Meskipun begitu, bukan berarti kondisi ini tidak dapat ditangani. Marilah kita lebih mengenal penyakit ini. Penyakit Parkinson sendiri disebabkan oleh adanya gangguan kimiawi yang berperan dalam sistem saraf di otak. Akibat adanya gangguan senyawa kimia di otak ini, kerja otak, terutama yang berfungsi dalam memperhalus berbagai gerakan tubuh dan otot akan terganggu. Akibatnya gerakan penderita cenderung kasar dan lambat. Penyakit ini menyebabkan gangguan dalam proses gerak. Dalam kasus petinju, gangguan tersebut disebabkan oleh risiko pekerjaannya yang sering menerima benturan di daerah kepala. Halaman berikut menjelaskan apa saja gejala-gejala awal Parkinson. Gejala Awal Parkinson Namun, pada lansia, tanpa terjadinya kerusakan akibat benturan, telah terjadi proses penuaan sel-sel saraf, yang mengakibatkan gangguan p [...]

Deteksi Dini Kanker, Inilah Cara Mendeteksi Berdasarkan Jenisnya

Deteksi Dini Kanker, Inilah Cara Mendeteksi Berdasarkan Jenisnya

Deteksi Dini Kanker Berdasarkan Jenisnya. Kanker adalah kata yang sungguh menakutkan. Begitu mendengar kata itu yang terbayang adalah kematian, umur yang pendek, penderitaan panjang, tabungan terkuras habis. Kalau memang menakutkan, apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya? Bagaimana cara pencegahannya? Mungkin yang terbayang adalah banyak makan sayur dan buah, hidup teratur, jaga berat badan ideal, pantang merokok. Betul sekali dan lakukanlah. Namun disayangkan, banyak yang tahu tapi juga tidak melakukannya. Tahukah Anda kanker adalah penyakit kronis? Kanker tidak timbul mendadak. Kanker timbul dari satu sel yang berkembang biak secara tidak terkendali, dari sangat kecil, makin lama makin banyak, hingga membesar, dan umumnya setelah menimbulkan gangguan, barulah terdeteksi. Dan itu butuh waktu cukup panjang. Tapi mengapa mereka yang terkena kanker umumnya terdeteksi di tahap yang lanjut? Adakah terpikir apabila terdeteksi di awal, maka kanker bisa diatasi dengan tingkat ketahanan hidup yang tinggi? Dengan kata lain, kanker itu dapat dicegah dengan deteksi dini. Di Indonesia, 70% kanker terdeteksi di stadium lanjut. Hal ini berlaku untuk sebagian besar kanker baik kanker [...]

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Von Willebrand (VWF) adalah gangguan pada perdarahan yang disebabkan oleh kekurangan protein yang paling banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit turunan atau keluarga. Jenis penyakit ini disebabkan oleh masalah Von Willebrand Factor (VWF). Ini adalah protein dalam darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Gen yang membuat VWF bekerja pada dua jenis sel, yaitu : sel endotel yaitu yang melapisi pembulu darah trombosit Jika tidak terdapat cukup VWF dalam darah, atau tidak bekeja dengan baik, maka dalam proses pembekuan darah memerlukan waktu yang lebih lama. Dalam tubuh darah diangkut ke pembuluh darah. Jika ada cedara jaringan, terjadi kerusakan pembuluh darah dan akan menyebabkan kebocoran darah melalui lubang pada dinding pembuluh darah tersebut. Pembuluh dapat rusak dekat permukaan seperti saat terpotong. Atau ia dapat rusak di bagian dalam tubuh sehingga terjadi memar atau perdarahan dalam. Mengenal Penyakit Von Willebrand Trombosit adalah sel kecil yang beredar dalam darah. Setiap trombosit berukuran garis tengah kurang dari 1/10,000 centimeter. Terdapat 150 sampai 400 miliar trombosit dalam satu liter dara [...]

Fakta Tentang Susu Botol

Fakta Tentang Susu Botol

Botol plastik memang lebih ringan dibandingkan botol kaca dan tidak dapat pecah. Namun, botol plastik seringkali tidak dapat bertahan lama. Dahulu, beberapa orangtua cenderung lebih memilih botol kaca dibandingkan botol plastik untuk menghindari suatu bahan kimia yang disebut bisphenol A (BPA) yang terkandung dalam botol plastik. Yang Perlu Diketahui tentang Dot Kebanyakan dot terbuat dari silikon atau latex dan memiliki beragam bentuk serta memiliki aliran cairan yang berbeda-beda tergantung dari ukuran lubangnya. Periksalah dot secara berkala dan gantilah jika terdapat bagian yang sobek atau berubah warna. Sterilkan Botol Sebelum Digunakan Sebelum digunakan, rendamlah botol dan dot di dalam air panas selama 5 menit untuk mencegah resiko infeksi. Setelah digunakan, Anda dapat mencuci dengan sabun dan air hangat. Suhu Hangat atau Suhu Ruangan? Anda boleh memberikan anak Anda susu dengan suhu ruangan. Namun, jika anak Anda lebih suka susu yang hangat, Anda bisa merendam botol yang telah terisi susu di dalam air hangat selama 1-2 menit. Jangan gunakan microwave. Kocoklah botol terlebih dahulu sebelum diberikan kepada anak dan teteskan lebih dahulu pada jari Anda untuk mengetahui suhu [...]

4 Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

4 Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

Oleh: dr. Jessica Florencia Apakah Anda pernah dikejutkan dengan berita duka kematian seseorang yang begitu tiba-tiba dalam usia muda? Kematian mendadak memang tidak sering ditemui, namun kejadiannya makin sering ditemukan baik pada usia tua maupun pada usia yang semakin muda. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kematian mendadak pada usia muda yang perlu diwaspadai adalah: 1. Henti JantungKematian mendadak karena henti jantung dapat diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah: Adanya masalah pada pembuluh darah jantung baik penyumbatan maupun pembuluh darah jantung yang tidak normal Otot jantung yang menebal sehingga membuat proses pompa darah jantung menjadi sangat sulit. Adanya masalah irama jantung yang diturunkan secara genetik 2. Pecahnya Pembuluh Darah Pecahnya pembuluh darah terutama dapat disebabkan karena beberapa hal: Pelebaran pembuluh darah dan menipisnya dinding pembuluh darah, dalam dunia medis disebut dengan aneurisma. Kondisi ini dapat terjadi di pembuluh darah besar seperti di pembuluh utama jantung atau di pembuluh darah otak atau ginjal. Tekanan darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebab [...]

Suplemen Vitamin E Bisa Tunda Pikun, Lho!

Suplemen Vitamin E Bisa Tunda Pikun, Lho!

Tentu kita paham bahwa vitamin E sama dengan vitamin lainnya memiliki efek yang baik untuk tubuh kita. Namun baru ditemukan bahwa ternyata vitamin E memiliki efek menghambat perkembangan dari penyakit pikun. Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin E memiliki keuntungan dalam memperlambat gejala pikun khusunya untuk pasien dengan bentuk penyakit yang ringan hingga sedang. Vitamin E dengan dosis 2,000 IU secara aman telah terbukti dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer (pikun) sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan di JAMA. Para peneliti dari Minneapolis VA Health Care System meneliti 613 penderita Alzheimer dengan membagi 3 kelompok. Kelompok pertama mendapat vitamin E, kelmpok kedua mendapat obat memantine (obat yang berfungsi dalam menjaga fungsi saraf pada pasien Alzheimer) dan kelompok ketiga mendapatkan placebo (obat bohongan). Setelah 2,3 tahun kelompok yang mendapatkan vitamin E menunjukkan terjadi perlambatan dalam penurunan fungsi dalam melakukan kegiatan sehari seperti membuat rencana, membuat makanan dan belanja dibandingkan dengan pasien yang mendapat placebo. Pada kelompok yang mendapat vitamin E terjadi perlambatan dalam penurunan fungsi kegiatan s [...]

Kebiasaan Sehari-hari yang Mempengaruhi Penampilan

Kebiasaan Sehari-hari yang Mempengaruhi Penampilan

Memiliki kulit yang sehat tak hanya berasal dari produk yang Anda gunakan setiap hari. Hal-hal dan keputusan-keputusan yang Anda lakukan setiap hari, apa yang Anda makan, kemana Anda pergi, apa yang sedang Anda rasakan, ternyata juga mempengaruhi penampilan kulit Anda. Pola makan Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan bebas kusam? Perhatikan asupan makanan Anda. Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup dan mengurangi konsumsi lemak dan karbohidrat dapat membuat kulit Anda tetap sehat seiring dengan proses penuaan. Oleh karena itu, ubahlah pola makan Anda mulai sekarang. Kurangi konsumsi lemak, karbohidrat dan gula berlebih yang dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda. Vitamin Krim anti aging Anda mungkin sudah mengandung vitamin C atau E. Namun asupan dari luar saja ternyata tidak cukup. Perbanyak konsumsi anti oksidan seperti buah, sayuran dan ikan untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas. Selain itu antioksidan juga bisa memperlambat terjadinya proses penuaan dini pada kulit. Olahraga Mungkin Anda sudah tahu manfaat baik dari berolahraga rutin. Tak hanya baik untuk kesehatan Anda secara menyeluruh, tetapi juga untuk kesehatan kulit Anda. Olahr [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *