Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

kulit jari tangan mengelupas

Adakah sebagian dari Anda yang mengalami pengelupasan kulit jari dengan sendirinya? Pengelupasan kulit jari tangan ini sudah lumrah dan umum dialami oleh sebagian besar orang. Pada area ujung sekitar jari memang merupakan area yang sensitif, jika tidak dirawat dengan baik, maka kulit jari tangan mengelupas pada Anda. Penyebab kulit jari tangan mengelupas ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
1. Eksim
2. Sunburn atau paparan sinar matahari yang begitu intens
3. Psoriasis merupakan kelainan kulit yang menyebabkan pengganti atau pembaharuan pada kulit.
4. Suhu rendah atau dingin yang begitu ekstrem yang menyebabkan pengerutan pada kulit serta pengelupasan
5. Penggunaan bahan kimia
6. Pencucian tangan yang terkalu sering
7. Alergi, kekurangan vitamin B, diabetes dan lain lain.

Gejala kulit jari tangan mengelupas umumnya di derita oleh sebagian besar orang. Namun bagi beberapa orang yang menderita gangguan kulit, misalnya eksim dan psoriasis akan mengalami pengelupasan secara terus menerus, sehingga menyebabkan kondisi kulit lebih sensitif. Selanjutnya ketika mencuci dengan menggunakan sabun yang keras atau obat salep akan menyebabkan kulit sekitar ujung jari menjadi kering. Kondisi parah lainnya adalah timbul warna merah, bintik serta rasa gatal. Pada tahap kondisi ini Anda lebih baik berkonsultasi langsung kepada dokter untuk menyembuhkannya.

Pengelupasan yang terjadi pada kulit jari tangan ini sering kali di anggap sepele dan bukan masalah yang besar. Namun, tanpa disadari jika ini berlangsung terus menerus makan akan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Selain pengelupasan, Anda juga akan merasakan rasa gatal serta pedih pada area kulit yang terkelupas. Untuk mengatasi kulit jari tangan mengelupas Anda perlu melakukan perawatan pada area kulit jari tangan Anda, sehingga dapat mengatasi pengelupasan kulit jari tangan ini. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk pencegahan pengelupasan jari kulit.

1. Menggunakan air hangat
Air hangat memiliki banyak manfaat sebagai solusi untuk menghadapi kulit yang bermasalah. Cara kerja air hangat ini adalah menyerap ke dalam kulit. Selain itu tambahan madu dan minyak zaitun dapat melembabkan kulit Anda.

2. Menggunakan pelembab secara rutin
Kulit jari tangan yang sering kali mengelupas di sebabkan oleh kondisi kulit yang kering serta bersisik. Dengan menggunakan pelembab pada kulit, maka kulit jari akan lebih terawat. Gunakan setiap Anda selesai mencuci tangan.

3. Menggunakan mentimun
Mentimun di kenal sebagai bahan alami yang memiliki manfaat untuk mencegah peradangan dan penyembuhan pada kulit yang terluka. Cukup iris mentimun, kemudian oleskan pada daerah kulit yang mengelupas. Secara cepat akan mengatasi iritasi pada sel-sel kulit rusak. Hal ini akan mengurangi iritasi pada kulit Anda.

4. Menggunakan minyak zaitun
Kandungan omega 3 serta asam lemak esensial pada minyak zaitun dikenal bermanfaat bagi kulit serta seluruh sistem dalam tubuh. Cukup degan menambahkan minyak zaitun ke dalam air saat Anda mencuci tangan Anda sudah bisa melakukan pencegahan kulit jari tangan mengelupas.

5. Menjauhi konsumsi beberapa minuman
Minuman minuman beralkohol, softdrink, serta minuman tinggi kafein dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Maka dari itu hindarilah minuman minuman jenis ini untuk kulit Anda yang bersinar dan lembab.

Selain cara mengatasi kulit jari tangan mengelupas di sekitar jari tangan tadi, Anda pun dapat mencoba dengan merendam tangan dalam susu hangat. Perawatan menggunakan susu ini seringkali dianggap sebagai jenis perawatan mewah. Dengan cara mencampurkan satu sendok susu disertai madu, Anda sudah bisa membuat pelembab alami untuk merawat kulit jari Anda. Oleskan pada bagian kulit jari tangan, serta lakukan pemijatan dengan lembut. Hal ini akan membantu Anda menjaga kelambapan kulit. Cara lainnya adalah dengan merendamkan jari jari tangan Anda ke dalam susu hangat yang telah di seduh selama 10 menit setiap harinya, setelah itu bilas lah dengan air bersih. Anda bisa menambahkan pelembab yang mengandung vitamin E untuk menyempurnakan perawatan pada kulit jari Anda.

Gel yang terkandung dalam tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Saat di sentuh kan dengan bagian kulit maka akan menghadirkan suasana dingin. Hal ini dapat menyejukkan kulit jari tangan Anda yang tengah terkelupas serta dirasa sakit. Dengan mengoleskan lidah buaya maka, kulit Anda dapat memiliki kelembapan serta bisa melindungi kulit jari tangan mengelupas. Lakukanlah perawatan ini dengan mengoleskan lidah buaya pada area kulit yang iritasi setiap hari. Selain itu Anda juga bisa meminumnya dengan bentuk jus lidah buaya sebanyak dua sendok untuk memperbaiki kesehatan kulit dari dalam. Namun, jika Anda tengah hamil, maka tidak di rekomendasi kan untuk meminum jus lidah buaya.

Alternatif penyembuhan lainnya adalah dengan menggunakan jus Mint. Tumbuhan mint dikenal sebagai tumbuhan obat yang dapat mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah untuk mengobati kulit jari tangan mengelupas. Fungsi jus mint ini adalah sebagai pelembab alami yang membantu perawatan pada kondisi kulit yang tidak begitu baik, salah satunya adalah eksim atau radang kulit. Jus mint sangat menyegarkan bila di hirup. Untuk perawatan menggunakan jus mint ini Anda cukup mengoleskan nya pada bagian kulit yang iritasi, biarkan semalaman, dan keesokan harinya Anda bilas dengan menggunakan air suam suam kuku.

Buah pisang adalah salah satu buah yang paling banyak di gemari dan manfaatnya yang begitu banyak. Selain buah nya yang enak, kulit pisang pun memiliki manfaat yang banyak, diantaranya adalah dapat melembabkan kulit. Anda bisa menambahkan krim asam, gula dan minyak zaitun untuk perawatan kulit jari tangan mengelupas. Hal ini dapat membantu penyembuhan kulit menjadi lebih cepat.
1. Campur daging pisang matang, krim asam, gula bubuk dan satu sendok minyak zaitun. Jika pun tidak ada pisang, maka Anda bisa menggunakan bahan lain, misalnya buah alpukat,
2. Aduk hingga merata
3. Setelah tercampur semua, oleskan pada kulit yang terkena itritasi/mengelupas selama 30 menit.
4. Setelah selesai cuci tangan
5. Akan lebih maksimal jika Anda menambahkan vitamin E sebagai pelembab di akhir.

Alternatif penyembuhan dengan menggunakan bahan bahan alami di atas, dapat Anda gunakan sebagai referensi bagi Anda untuk mengatasi kulit jari tangan mengelupas. Beberapa tips tambahan lainnya untuk mengatasi kondisi tersebut diantaranya:
1. Minumlah air putih mineral setiap hari
2. Menggunakan produk pelembab, seperti lotion atau minyak zaitun
3. Tidak terlalu sering mencuci dengan menggunakan tangan
4. Saat mencuci piring, gunakan lah sarung tangan khusus untuk menghindari bersentuhan langsung dengan bahan kimia.
5. Makan lah makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E.

Cara ini aman dan efektif untuk membantu Anda lebih sehat dalam merawat kulit. Tetap lakukan secara terus menerus untuk hasil yang maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Faktor yang Memicu Terjadinya Mimpi Buruk

6 Faktor yang Memicu Terjadinya Mimpi Buruk

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan atau indra lainnya pada saat tidur. Mimpi lebih sering terjadi jika seseorang tidur yang disertai dengan gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM).Berdasarkan United States National Library of Medicine, ada beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya mimpi buruk, seperti dikutip detikHealth, yaitu: 1. Kecemasan dan stress 2. Alkohol 3. Obat-obatan 4. Kandungan lemak pada makanan 5. Kondisi fisik yang sedang sakit 6. Perubahan gaya hidup yang terlalu drastis.Ilmuwan mencoba untuk mengungkapkan makna di balik mimpi-mimpi buruk yang bisa mengganggu tidur dan membuat orang menjadi panik. Ilmuwan percaya mimpi buruk tidak secara langsung berhubungan dengan kehidupannya saat terjaga, tapi lebih kepada pencerminan emosi atau masalah yang tengah dihadapinya.Terdapat lima tema mimpi buruk yang paling umum yaitu terjatuh, dikejar-kejar sesuatu yang menakutkan, merasa lumpuh, terlambat menghadiri sesuatu dan kematian orang yang dicintai.Selain itu kehilangan gigi atau rambut juga bisa menjadi mimpi yang tidak menyenangkan terutama untuk anak-anak muda.Sebuah laporan dalam jurna [...]

Facebook Bisa Buat Orang Khawatirkan Bentuk Tubuh

Facebook Bisa Buat Orang Khawatirkan Bentuk Tubuh

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuka Facebook tidak hanya dapat berdampak buruk bagi produktivitas Anda saja. Menurut penelitian, kebiasaan itu bisa membahayakan kesehatan Anda juga.Dalam survei, ditemukan bahwa ada 51 persen dari pengguna Facebook yang merasa terlalu khawatir dengan tubuhnya setelah melihat foto diri mereka di situs jejaring sosial itu. Hasil survei tersebut didapat dari The Center for Eating Disorders."Facebook membuat orang menghabiskan waktu lebih banyak untukmengkritik tubuh mereka sendiri dan berharap mereka tampak seperti orang lain," ujar Direktur 'The Center for Eating Disorders', Dr Harry Brandt dalam laporannya."Dalam era teknologi modern dan akses yang konstan yang bisa didapat dari SmartPhone, itu membuat orang susah menghapus diri dari imej dan pemicu lainnya yang mempromosikan citra tubuh negatif, rendah diri dan akhirnya mengalami gangguan makan," tambah Brandt lagi.80 persen dari peserta survei yang berusia 14 hingga 40 tahun itu, mengatakan bahwa mereka "minimal sehari sekali" membuka situs jejaring Facebook. Sehingga tak mungkin bagi mereka untuk tidak melihat fotonya sendiri atau foto teman-temannya.Penelitian juga menemukan, 44% orang [...]

Ini Alasan Kenapa Tidak Disarankan Makan Terlalu Malam

Ini Alasan Kenapa Tidak Disarankan Makan Terlalu Malam

Para pakar kesehatan dan nutrisi menyarankan untuk makan malam di bawah pukul 19.00 atau 20.00. Bahkan beberapa pegiat gaya hidup sehat mengungkapkan, sebaiknya tidak makan berat setelah pukul 18.00. Apa alasannya? Dan apa dampak negatifnya bila Anda makan malam di atas pukul 22.00 atau bahkan di tengah malam? Ini uraiannya seperti dikutip dari Health Me Up.1. Berat Badan IdealSaat makan malam, kemungkinan Anda untuk menyantap banyak makanan lebih besar terutama jika di siang harinya aktivitas cukup melelahkan. Menyantap makan malam lebih dini akan memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk mencernanya, dan membakar kalori. Aktivitas yang Anda lakukan setelah makan malam seperti menonton TV, menyiapkan kamar untuk tidur, mandi atau membaca buku bisa membakar kalori meskipun tidak terlalu signifikan. Sementara jika Anda langsung tidur setelah makan, pembakaran kalori akan lebih sedikit.Kalori yang tidak terbakar akan diubah menjadi trigliserda, jenis lemak ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu lemak yang menumpuk juga akan menyebabkan kelebihan berat badan hingga kegemukan.Baca Juga: 50 Momen Menghebokan dari Pekan Mode Dunia 2. Kesehatan Pencernaa [...]

Duh, Jomblo yang Tinggal Sendirian Lebih Berisiko Mengalami Kegemukan

Duh, Jomblo yang Tinggal Sendirian Lebih Berisiko Mengalami Kegemukan

Bagi sebagian orang, memiliki status single merupakan 'anugerah' tersendiri. Tanpa pasangan atau anak, artinya hidup penuh kebebasan bisa dinikmati. Tapi tak selamanya menjadi jomblo menguntungkan, terutama untuk urusan menjaga berat badan.Studi terbaru mengungkapkan bahwa para jomblo lebih berisiko menjalani diet tidak sehat dan mengalami kegemukan. Hal itu diungkapkan para peneliti dari Queensland University of Technology di Australia. Pria atau wanita single yang hidup sendiri cenderung kurang memiliki keahlian mengolah bahan makanan. Selain itu tidak adanya pasangan untuk diajak berbelanja bersama, membuat mereka juga malas memasak sendiri.Akibatnya mereka jadi sering mengonsumsi makanan dalam kemasan, makanan siap saji atau makan di luar yang tidak bisa dikontrol jumlah kalorinya. Hasil studi juga mengungkapkan bahwa pria single yang tinggal sendiri lebih berisiko menjalani pola makan tidak sehat ketimbang wanita. Penelitian dilakukan dengan menganalisa 41 hasil studi. Tujuannya adalah untuk mengetahui korelasi antara orang-orang yang hidup sendiri dengan pola asupan nutrisi mereka."Kami menemukan bahwa orang yang tinggal sendirian, variasi makanannya lebih rendah. Konsumsi [...]

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat wortel bagi kesehatan? tentu orang langsung menjawab bahwa wortel bagus untuk mata. Tapi sebenarnya selain itu, wortel yang tinggi beta-karoten dapat membantu dalam pembentukan kulit. Tanaman sayur yang mempunyai nama latin dacus carota ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Wortel juga membantu mencegah dan mengobati jerawat ketika diserutkan dan ditempelkan di kulit muka. Wortel juga baik untuk meningkatkan penglihatan dan baik untuk wanita hamil. Jus wortel juga baik untuk kencing manis serta bertindak sebagai racun yang hebat. Manfaat wortel yang jelas untuk kesehatan tubuh, adalah; Jerawat dan Bekas Jerawat Minum jus wortel setiap hari dapat mencegah jerawat. Beta karoten membantu dalam penyembuhan jaringan yang terluka dan membantu masa pertumbuhan sel-sel baru pada kulit. Wortel juga membantu keluarnya racun dari tubuh dan membersihkan hati. Wortel juga memuliki banyak anti-oksidan di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mata Tingginya beta-karoten dalam wortel membantu melindungi mata dan meningkatkan kejernihan mata. Karoten juga sangat baik untuk kesehatan mata dan menjaganya. Kandungan karoten di dalam wortel membantu menc [...]

Tujuh Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tujuh Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali untuk kesehatan mata. Banyak cara sederhana untuk melakukannya. Beberapa langkah mudah berikut ini bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Rutin Memeriksakan Mata Tua, muda, pria, wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali agar penglihatan selalu sehat dan terlindungi. Orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Ini berguna untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan penambahan usia, seperti glaukoma dan katarak. Bahkan pada usia antara 6-12 bulan, mata anak sudah harus diperiksa untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat memengaruhi kemampuan belajarnya. Cari tahu pula tentang riwayat kesehatan mata keluarga. Mengapa? Karena banyak penyakit atau masalah mata yang diturunkan dari orang tua ke anak. Selain itu, ada penyakit yang dapat dideteksi dengan pemeriksaan mata, contohnya diabetes dan tekanan darah tinggi. Dengan pemeriksaan rutin, berbagai penyakit mata dan gejalanya dapat terdeteksi lebih dini. Pengobatannya pun tentu akan lebih mudah. Mengonsumsi Makanan Bergizi Penelitian men [...]

5 Langkah Menghindari Stres

5 Langkah Menghindari Stres

Oleh: dr. Alvin Nursalim Pak Mujidin, 60 tahun adalah seorang pengusaha sukses. Sepintas, kehidupannya terlihat sempurna dan sering kali membuat tetangganya terkagum. Rumah mewah dan kendaraan mewah menjadi bagian hidupnya yang tidak terpisahkan. Tak pelak lagi, semua orang yang melihat akan menilai bahwa pak Mujidin adalah orang yang sukses. Namun, pak Mujidin memendam perasaan stres akibat tekanan tinggi pada pekerjaannya. Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, beban pekerjaannya menyebabkan pak Mujidin lelah secara fisik dan mental. Suatu pagi, ketika sedang bersiap untuk kerja, pak Mujidin merasakan nyeri dada yang tidak tertahankan bagai tertimpa benda berat. Hal ini mmbuatnya pingsan dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Dokter jantung mengatakan bahwa pak Mujidin menderita penyakit jantung koroner, sebuah penyakit yang menyerang pembuluh darah jantung. Dua buah pembuluh darah jantung pak Mujidin sudah tertutup hampir 60%. Hal inilah yang menyebabkan nyeri dada yang dialami pak Mujidin. Ilustrasi kasus diatas merupakan kisah yang menggambaran kehidupan urban yang sering dialami oleh masyarakat. Stres, yang diakibatkan oleh tekanan pekerjaan atau masalah keluarg [...]

Kecanduan, Wanita Ini Makan 1/2 Ton Masker untuk Wajah

Kecanduan, Wanita Ini Makan 1/2 Ton Masker untuk Wajah

Masker biasanya digunakan wanita untuk membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Namun tidak dengan wanita asal California ini. Dia justru kecanduan memakan masker. Sudah 1/2 ton masker dimakannya.Masker biasanya digunakan wanita untuk membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Namun tidak dengan wanita asal California ini. Dia justru kecanduan memakan masker. Wanita bernama Natasha itu kecanduan memakan masker wajah sejak tujuh tahun lalu. Jika dihitung, sudah sekitar 1/2 ton masker dimakannya dari dulu hingga sekarang.Kecanduan Natasha makan masker ini terungkap dalam salah satu episode acara yang tayang di TLC, 'My Strange Addiction'. Tampil dalam acara tersebut, wanita 40 tahun menjelaskan kenapa dia suka makan masker."Rasanya luar biasa, seperti batu-batuan bahas dan itu selalu membuatku senang. Aku memang orang yang menyukai bau-bauan tanah," katanya seperti dikutip Daily Mail.Setiap harinya Natasha mengonsumsi setoples masker. Dia seringkali mengganti konsumsi makanannya dengan masker wajah tersebut. Terkadang, dia juga ngemil masker wajah dengan mencelupkan keripik kentang ke dalam larutan masker."Baunya aku suka dan teksturnya di mulutku. Kasarnya pasir yang beruba [...]

Nyaman Memakai Gigi Palsu

Nyaman Memakai Gigi Palsu

Selain mengganggu proses mengunyah makanan dan berbicara, gigi yang tidak lengkap juga bisa mengurangi estetika wajah seseorang. Namun tenang saja karena masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan gigi palsu. Tertarik mengisi kekosongan di mulut dengan gigi palsu? Baca dulu informasinya di bawah ini. Gigi palsu adalah gigi tiruan yang dapat dilepas-pasang. Terbuat dari bahan plastik atau logam yang diproduksi khusus agar sesuai gigi dan gusi asli, gigi palsu dapat memberi efek tampilan yang alami. Jenis-jenis Gigi Palsu Ada dua tipe gigi palsu, yaitu gigi palsu lengkap dan gigi palsu parsial. Gigi Palsu Lengkap Gigi palsu jenis ini digunakan jika semua gigi Anda hilang. Gigi palsu lengkap ada yang dapat dibuat ?segera? dan dipasang setelah gigi Anda dicabut. Karena pembuatannya yang cepat, gigi palsu ini memerlukan penyesuaian lebih lama di mulut karena gusi dan tulang di bawah gigi yang sudah dicabut biasanya akan mengecil. Maka biasanya gigi ini hanya dijadikan solusi sementara. Tapi ada pula yang pemasangannya harus menunggu dua hingga tiga bulan pasca mencabut gigi atau setelah jaringan gusi sembuh. Jenis ini dinamakan gigi palsu lengkap ?konvensional? dan bisa dipasan [...]

Cara yang Benar Makan & Masak Sayuran, Stroberi dan Tomat

Cara yang Benar Makan & Masak Sayuran, Stroberi dan Tomat

Anda biasa memasak sayur bayam dengan merebusnya? Atau akrab dengan terbiasa memotong buah untuk disantap? Sebaiknya mulai merubah kebiasaan tersebut, karena jika demikian Anda selama ini memasak dan makan dengan cara yang salah. (Baca: 5 Kebiasaan Makan di Restoran yang Menyebabkan Kegemukan) Simak beberapa cara memasak dan makan yang sebaiknya dianjurkan secara kesehatan berikut ini: Cara yang Benar Memasak Sayuran Kesalahan Anda : Merebus / Microwave Cara yang Benar : Kukus Mengkukus merupakan cara yang tepat untuk membantu mempertahankan nutrisi anti-kanker yang ada di dalam brokoli sesuai dengan penelitian dari University of Illinois. Sulforaphane (kandungan anti-kanker) ada dalam jumlah yang tinggi di sayuran brokoli, kol, kubis, dan argula. Enzim myrosinase merupakan enzim yang penting untuk mencerna kandungan diatas dapat hilang bila metode masak yang dilakukan salah. (Baca: Mengolah Makanan Sehat yang Benar) Mengkukus dengan panas yang rendah tidak dapat merusak myrosinase. Baiknya adalah mengkukus brokoli menggunakan keranjang 3 -4 menit saja untuk memicu keluarnya kandungan anti-kanker tersebut. Cara yang Benar Makan Strawb [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *