Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

kulit jari tangan mengelupas

Adakah sebagian dari Anda yang mengalami pengelupasan kulit jari dengan sendirinya? Pengelupasan kulit jari tangan ini sudah lumrah dan umum dialami oleh sebagian besar orang. Pada area ujung sekitar jari memang merupakan area yang sensitif, jika tidak dirawat dengan baik, maka kulit jari tangan mengelupas pada Anda. Penyebab kulit jari tangan mengelupas ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
1. Eksim
2. Sunburn atau paparan sinar matahari yang begitu intens
3. Psoriasis merupakan kelainan kulit yang menyebabkan pengganti atau pembaharuan pada kulit.
4. Suhu rendah atau dingin yang begitu ekstrem yang menyebabkan pengerutan pada kulit serta pengelupasan
5. Penggunaan bahan kimia
6. Pencucian tangan yang terkalu sering
7. Alergi, kekurangan vitamin B, diabetes dan lain lain.

Gejala kulit jari tangan mengelupas umumnya di derita oleh sebagian besar orang. Namun bagi beberapa orang yang menderita gangguan kulit, misalnya eksim dan psoriasis akan mengalami pengelupasan secara terus menerus, sehingga menyebabkan kondisi kulit lebih sensitif. Selanjutnya ketika mencuci dengan menggunakan sabun yang keras atau obat salep akan menyebabkan kulit sekitar ujung jari menjadi kering. Kondisi parah lainnya adalah timbul warna merah, bintik serta rasa gatal. Pada tahap kondisi ini Anda lebih baik berkonsultasi langsung kepada dokter untuk menyembuhkannya.

Pengelupasan yang terjadi pada kulit jari tangan ini sering kali di anggap sepele dan bukan masalah yang besar. Namun, tanpa disadari jika ini berlangsung terus menerus makan akan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Selain pengelupasan, Anda juga akan merasakan rasa gatal serta pedih pada area kulit yang terkelupas. Untuk mengatasi kulit jari tangan mengelupas Anda perlu melakukan perawatan pada area kulit jari tangan Anda, sehingga dapat mengatasi pengelupasan kulit jari tangan ini. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk pencegahan pengelupasan jari kulit.

1. Menggunakan air hangat
Air hangat memiliki banyak manfaat sebagai solusi untuk menghadapi kulit yang bermasalah. Cara kerja air hangat ini adalah menyerap ke dalam kulit. Selain itu tambahan madu dan minyak zaitun dapat melembabkan kulit Anda.

2. Menggunakan pelembab secara rutin
Kulit jari tangan yang sering kali mengelupas di sebabkan oleh kondisi kulit yang kering serta bersisik. Dengan menggunakan pelembab pada kulit, maka kulit jari akan lebih terawat. Gunakan setiap Anda selesai mencuci tangan.

3. Menggunakan mentimun
Mentimun di kenal sebagai bahan alami yang memiliki manfaat untuk mencegah peradangan dan penyembuhan pada kulit yang terluka. Cukup iris mentimun, kemudian oleskan pada daerah kulit yang mengelupas. Secara cepat akan mengatasi iritasi pada sel-sel kulit rusak. Hal ini akan mengurangi iritasi pada kulit Anda.

4. Menggunakan minyak zaitun
Kandungan omega 3 serta asam lemak esensial pada minyak zaitun dikenal bermanfaat bagi kulit serta seluruh sistem dalam tubuh. Cukup degan menambahkan minyak zaitun ke dalam air saat Anda mencuci tangan Anda sudah bisa melakukan pencegahan kulit jari tangan mengelupas.

5. Menjauhi konsumsi beberapa minuman
Minuman minuman beralkohol, softdrink, serta minuman tinggi kafein dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Maka dari itu hindarilah minuman minuman jenis ini untuk kulit Anda yang bersinar dan lembab.

Selain cara mengatasi kulit jari tangan mengelupas di sekitar jari tangan tadi, Anda pun dapat mencoba dengan merendam tangan dalam susu hangat. Perawatan menggunakan susu ini seringkali dianggap sebagai jenis perawatan mewah. Dengan cara mencampurkan satu sendok susu disertai madu, Anda sudah bisa membuat pelembab alami untuk merawat kulit jari Anda. Oleskan pada bagian kulit jari tangan, serta lakukan pemijatan dengan lembut. Hal ini akan membantu Anda menjaga kelambapan kulit. Cara lainnya adalah dengan merendamkan jari jari tangan Anda ke dalam susu hangat yang telah di seduh selama 10 menit setiap harinya, setelah itu bilas lah dengan air bersih. Anda bisa menambahkan pelembab yang mengandung vitamin E untuk menyempurnakan perawatan pada kulit jari Anda.

Gel yang terkandung dalam tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Saat di sentuh kan dengan bagian kulit maka akan menghadirkan suasana dingin. Hal ini dapat menyejukkan kulit jari tangan Anda yang tengah terkelupas serta dirasa sakit. Dengan mengoleskan lidah buaya maka, kulit Anda dapat memiliki kelembapan serta bisa melindungi kulit jari tangan mengelupas. Lakukanlah perawatan ini dengan mengoleskan lidah buaya pada area kulit yang iritasi setiap hari. Selain itu Anda juga bisa meminumnya dengan bentuk jus lidah buaya sebanyak dua sendok untuk memperbaiki kesehatan kulit dari dalam. Namun, jika Anda tengah hamil, maka tidak di rekomendasi kan untuk meminum jus lidah buaya.

Alternatif penyembuhan lainnya adalah dengan menggunakan jus Mint. Tumbuhan mint dikenal sebagai tumbuhan obat yang dapat mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah untuk mengobati kulit jari tangan mengelupas. Fungsi jus mint ini adalah sebagai pelembab alami yang membantu perawatan pada kondisi kulit yang tidak begitu baik, salah satunya adalah eksim atau radang kulit. Jus mint sangat menyegarkan bila di hirup. Untuk perawatan menggunakan jus mint ini Anda cukup mengoleskan nya pada bagian kulit yang iritasi, biarkan semalaman, dan keesokan harinya Anda bilas dengan menggunakan air suam suam kuku.

Buah pisang adalah salah satu buah yang paling banyak di gemari dan manfaatnya yang begitu banyak. Selain buah nya yang enak, kulit pisang pun memiliki manfaat yang banyak, diantaranya adalah dapat melembabkan kulit. Anda bisa menambahkan krim asam, gula dan minyak zaitun untuk perawatan kulit jari tangan mengelupas. Hal ini dapat membantu penyembuhan kulit menjadi lebih cepat.
1. Campur daging pisang matang, krim asam, gula bubuk dan satu sendok minyak zaitun. Jika pun tidak ada pisang, maka Anda bisa menggunakan bahan lain, misalnya buah alpukat,
2. Aduk hingga merata
3. Setelah tercampur semua, oleskan pada kulit yang terkena itritasi/mengelupas selama 30 menit.
4. Setelah selesai cuci tangan
5. Akan lebih maksimal jika Anda menambahkan vitamin E sebagai pelembab di akhir.

Alternatif penyembuhan dengan menggunakan bahan bahan alami di atas, dapat Anda gunakan sebagai referensi bagi Anda untuk mengatasi kulit jari tangan mengelupas. Beberapa tips tambahan lainnya untuk mengatasi kondisi tersebut diantaranya:
1. Minumlah air putih mineral setiap hari
2. Menggunakan produk pelembab, seperti lotion atau minyak zaitun
3. Tidak terlalu sering mencuci dengan menggunakan tangan
4. Saat mencuci piring, gunakan lah sarung tangan khusus untuk menghindari bersentuhan langsung dengan bahan kimia.
5. Makan lah makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E.

Cara ini aman dan efektif untuk membantu Anda lebih sehat dalam merawat kulit. Tetap lakukan secara terus menerus untuk hasil yang maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Indonesia Ranking 3 Penderita Kusta Terbanyak di Dunia

Indonesia Ranking 3 Penderita Kusta Terbanyak di Dunia

Oleh dr. Alvin Nursalim Indonesia menempati urutan ketiga terbanyak penderita kusta di dunia. Dengan jumlah penderita sebanyak 18,994 orang di tahun 2012, mengikuti Brazil di urutan kedua yang memiliki angka penderita sebanyak 33.303 orang pada tahun 2012, dan India di urutan pertama dunia yang berjumlah 134,752 penderita. Demikian data yang dipaparkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) edisi terakhirnya (2013). Mendengar kata Kusta, bagai momok tersendiri di telinga sebagian masyarakat. Padahal layaknya manusia lainnya, penyandang Kusta juga memerlukan perhatian dan pengobatan yang layak. Bulan Januari kembali mengingatkan kita akan pentingnya merangkul dan mengani kasus Kusta dengan baik, karena pada tanggal 27 Januari diperingati sebagai hari Kusta sedunia. Mari kita kenal lebih jauh tentang penyakit satu ini. Apa itu penyakit Kusta?Kusta adalah penyakit yang disbebkan oleh infeksi Mycobacterium leprae. Kusta menyerang berbagai bagian tubuh, diantaranya saraf, dan kulit. Nama lain dari penyakit ini adalah Lepra atau Morbus Hansen. Kusta umumnya ditemukan pada negara berkembang, seperti Indonesia. Apa saja gejala dari penyakit Kusta?Kusta terkenal sebagai penyakit yang paling ditakuti [...]

Riset: Stres Hilang Berkat Kehadiran Sahabat

Riset: Stres Hilang Berkat Kehadiran Sahabat

Apakah Anda punya sahabat? Menurut riset yang dilakukan di Amerika Serikat, kehadiran sahabat terbukti menurunkan level stres seseorang.Penelitian tersebut dilakukan oleh tim dari Cincinnati Children?s Hospital Medical Centre. Dalam penelitian itu, 100 anak berusia 10-12 tahun dilibatkan.Ratusan anak itu diminta mengisi diara lima kali sehari selama empat hari masa sekolah. Mereka kemudian diminta memberikan skor tentang perasaan mereka selama 20 menit terakhir.Para responden anak-anak itu juga ditanya apakah mereka sendirian atau bersama orangtua, saudara kandung, sahabat, pacar, teman sekelas, guru, orang asing atau orang-orang lainnya. 100 responden tersebut kemudian diminta contoh air liurnya untuk mengukur tingkat hormon stres, kortisol.Dari penelitian itu ditemukan, kehadiran sahabat, terbukti mampu membuat responden melalui masa-masa yang tidak menyenangkan. Sahabat membuat produksi hormon kortisol para responden itu menurun. Sementara saat para responden itu meghadapi masa stres dan tidak ada sahabat untuk berbagi, produksi hormon kortisolnya naik. Meskipun penelitian ini dilakukan pada anak-anak, para peneliti mengatakan penelitian mereka juga bisa berlaku pada orang de [...]

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Anda sudah melahirkan, tapi kedua kaki masih terasa bengkak dan ukuran sepatu tidak kunjung kembali seperti semula? Apakah kondisi ini berbahaya? Kaki bengkak atau edema tungkai ini sebenarnya adalah hal yang normal dan umumnya akan mereda dalam waktu kurang lebih 10 hari. Mengapa Dapat Terjadi Kaki Bengkak? Kaki bengkak disebabkan oleh adanya beberapa perubahan dalam tubuh oleh karena proses kehamilan dan kelahiran, antara lain: Penumpukan cairan di dalam tubuh Pada saat kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormone estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan retensi atau penumpukan cairan di tubuh, termasuk pada tungkai. Rahim yang membesar Rahim yang kian membesar dapat menekan pembuluh vena di kaki sehingga aliran darah balik dari bagian-bagian bawah tubuh menjadi terhambat. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa terjadi penumpukan cairan di tungkai pada saat kehamilan. Setelah melahirkan, rahim mendorong darah ke bagian bawah tubuh. Akibatnya perlu beberapa hari setelah persalinan untuk pembengkakan pada kaki mereda. Cairan infus Selama proses persalinan, terutama jika menjalani caesar, Anda barangkali juga menerima cairan infus sehingga jumla [...]

6 Anjuran Kesehatan yang Klise, Tapi Terbukti Benar Secara Ilmiah

6 Anjuran Kesehatan yang Klise, Tapi Terbukti Benar Secara Ilmiah

Sebagian dari Anda mungkin ingat di kala kecil, ibunda sering melarang bermain keluar saat hujan turun karena bisa terkena pilek. Ada pula 'orang dulu' yang mengatakan kalau sering makan pisang saat hamil akan melahirkan bayi laki-laki, banyak-banyaklah makan sup ayam agar flu cepat sembuh, dan masih banyak lagi anjuran lainnya. Anjuran orangtua zaman dulu kerap disepelekan karena dianggap mitos, klise dan kurang masuk akal. Tapi sejumlah penelitian telah membuktikan ada beberapa yang berdasarkan fakta dan telah terbukti kebenarannya.1.'Jangan Hujan-hujanan, Nanti Pilek'Tubuh yang basah dan kedinginan, jika dibiarkan terlalu lama memang bisa memicu pilek, hal itu telah dibuktikan berdasarkan penelitian dari Cardiff University, Inggris. Penelitian melibatkan dua kelompok responden, kelompok pertama diminta merendam kaki mereka ke dalam baskom berisi es batu selama 20 menit. Sedangkan kelompok kedua memasukkan kaki mereka ke baskom kosong. Empat atau lima hari kemudian, hampir 30 persen responden yang merendam kakinya dalam baskom es batu mengalami gejala pilek. Jumlah ini jauh lebih besar ketimbang kelompok kedua yang hanya sembilan persen."Terkena hawa dingin terutama di area ka [...]

Waspadai 9 Gejala Kanker Serviks!

Waspadai 9 Gejala Kanker Serviks!

Setiap perempuan berisiko terkena kanker leher rahim dan di Indonesia hampir setiap jam terdapat 1 perempuan yang meninggal akibat kanker serviks. Hal ini terjadi karena kesadaran yang kurang pada para wanita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Pasalnya, pada tahap awal, kanker leher rahim tidak menimbulkan gejala atau keluhan sama sekali. Pada tahap awal ini, pemeriksaan pada daerah serviks menjadi sangat penting untuk mendeteksi adanya perubahan yang terjadi pada daerah serviks. Gejala dan keluhan akan muncul ketika kanker serviks telah berada pada stadium yang lebih lanjut. Hal tersebut tentunya amat perlu diwaspadai para wanita. Apa saja berbagai gejala kanker serviks? Waspadai 9 Gejala Kanker Serviks! Keputihan kronik yang berbau dan bercampur darah. Perdarahan yang terjadi di luar masa menstruasi. Periode menstruasi yang terjadi lebih berat dan lebih lama daripada biasanya. Perdarahan yang terjadi setelah masa menopause. Perdarahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual. Perdarahan yang terjadi setelah pemeriksaan panggul atau pembersihan vagina (douching). Nyeri di daerah panggul. Nyeri saat mel [...]

5 Gangguan Kesehatan yang Rentan Dialami Wanita

5 Gangguan Kesehatan yang Rentan Dialami Wanita

5 Gangguan Kesehatan yang Lebih Rentan Dialami Wanita Daripada Pria (health - karina)Pria dan wanita berbeda secara biologis sehingga memiliki kondisi kesehatan yang berbeda pula. Ada beberapa penyakit yang cenderung lebih berbahaya bagi wanita dibandingkan pria. Berikut adalah penyakit-penyakit yang rentan diderita wanita dan cara mencegahnya, seperti dilansir iDiva.1. OsteoporosisSetelah menopause, wanita kehilangan massa tulang lebih cepat daripada pria karena mengalami perubahan hormon dalam tubuh. Untuk mencegahnya, mulailah mengonsumsi 4-5 gelas susu per hari disertai dengan gerakan yang melatih fisik Anda.2. DepresiMenurut psikolog Dr Anirudh Kamar, perubahan konstan pada hormon estrogen dan progesteron serta produksi serotonin (hormon kegembiraan) yang sedikit dari otak wanita dapat membuat mereka lebih mudah terserang depresi. Untuk mencegahnya, luangkan sedikit waktu untuk memanjakan diri atau lakukan meditasi setiap harinya.3. Penyakit Seksual MenularPerubahan hormonal menyebabkan naik-turunnya berat badan secara terus-menerus yang mengganggu sistem imun tubuh. Hal ini membuat wanita lebih rentan terkena penyakit seksual menular.4. Penyakit JantungRata-rata wanita men [...]

4 Mitos dan Fakta Unik Upil

4 Mitos dan Fakta Unik Upil

Pasti sebagian besar dari Anda pernah merasa hidung Anda terasa ada benda asing dan ternyata benda tersebut adalah kotoran hidung atau upil. Namun tahukah Anda bahwa upil merupakan produk normal tubuh dan juga berperan dalam pertahanan kesehatan hidung. Mari kita simak, apa saja fakta dan mitos ngupil? Ketahui lebih jauh selanjutnya dengan klik tombol ?next?. 1. Mitos: Upil adalah kotoran hidung dan tidak memiliki manfaat Fakta: Upil adalah hasil pengeringan mukus/lendir hidung. Lendir hidung merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh dalam menyaring berbagai partikel asing atau debu yang berbahaya bagi tubuh. Umumnya, ketika kita bernafas, terdapat berbagai partikel debu yang akan masuk. Debu ini akan tersaring pada lendir hidung dan menjaga saluran pernafasan dari berbagai partikel asing. Klik tombol 'next' untuk selanjutnya. 2. Mitos: Upil dan lendir merupakan pertanda infeksi hidung Fakta: Upil dan lendir tetap akan ada meskipun tubuh dalam keadaan sehat. Namun jumlah lendir yang dikeluarkan akan lebih banyak pada keadaan peradangan hidung atau rhinitis. Lendir hidung umumnya diproduksi untuk melubrikasi rongga hidung, sehingga jum [...]

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Kadar gula darah tinggi tak hanya berpengaruh pada kesehatan saja. Menurut penelitian terbaru, level gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan wajah seseorang tampak lebih tua dari usianya.Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leiden University Medical Centre dan Unilever R&D telah menemukan adanya hubungan antara kadar gula darah manusia dengan dengan usia wajah (facial age). Penelitian ini merupakan inisiatif dari Netherlands Consortium for Healthy Ageing yang bertujuan memahami bagaimana kesehatan dapat dipertahankan saat usia seseorang bertambah.Penelitian yang dilakukan di Belanda ini melibatkan lebih dari 600 pria dan wanita yang melakukan tes terhadap kadar gula darah (tanpa puasa) dan kemudian difoto. 60 orang pengamat lantas diminta memberikan perkiraan mereka terhadap usia para peserta peneliti tersebut berdasarkan foto mereka. Usia yang sebenarnya kemudian dibandingkan dengan hasil pengamatan tadi.Penelitian yang merupakan penelitian pertama kali itu, mengetahui bahwa orang berusia antara 50- 70 tahun dengan kadar gula tinggi tampak lebih tua dari mereka yang berkadar gula darah lebih rendah dengan usia yang sama. Hasil dari penelitian itu memperlihatkan, jika ses [...]

Dampak Hujan Asam terhadap Kesehatan

Dampak Hujan Asam terhadap Kesehatan

Beberapa daerah di Indonesia terindikasi mengalami hujan asam. Meski sifatnya masih berupa dugaan, tidak ada salahnya mengetahui seluk-beluk hujan asam, terutama efeknya terhadap kesehatan. Secara kasat mata hujan asam terlihat sama seperti hujan pada umumnya. Yang membedakan adalah kandungan yang terdapat pada tiap tetesan airnya. Hujan asam terjadi akibat adanya pembuangan senyawa sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke udara di sekitar kita. Kedua zat ini dapat terakumulasi di udara dan bereaksi dengan molekul air di atmosfer sehingga menghasilkan hujan dengan kadar asam tinggi. Dengan kata lain, tiap tetesan air hujan ini mengandung zat asam. Keberadaan zat sulfur dioksida dan nitrogen oksida dipicu oleh kegiatan sehari-hari manusia, seperti asap pembuangan dari penggunaan kendaraan bermotor, pembangkit tenaga listrik, dan penggunaan batu bara sebagai tenaga listrik. Selain itu, sambaran petir dan letusan gunung berapi juga turut berkontribusi terhadap kehadiran kedua zat ini. Efek langsung hujan asam terhadap kesehatan sebenarnya tidak ada. Anda masih aman jika terguyur atau terkena percikan air hujan asam. Namun, partikel yang dihasilkan oleh hujan asam, seperti sulfur dioks [...]

Persiapan Mudik Wanita Hamil

Persiapan Mudik Wanita Hamil

Lebaran sebentar lagi tiba dan Anda tentu sudah bersiap-siap untuk mudik. Namun pada lebaran tahun ini, ada sesuatu yang spesial pada diri Anda, yaitu Anda sedang hamil! Apa saja yang perlu diketahui sebelum Anda pergi berlibur? Beberapa wanita biasanya memilih untuk tidak bepergian jauh saat 12 minggu pertama kehamilan karena seringkali mengalami mual dan kelelahan yang berlebih. Selain itu risiko untuk terjadi keguguran juga lebih tinggi pada trimester pertama. Banyak wanita hamil yang memilih untuk pergi liburan pada trimester kedua kehamilan, yaitu antara 4-6 bulan. Berikut tips-tips nya untuk Anda. Persiapan Mudik Wanita Hamil Lebaran sebentar lagi tiba dan Anda tentu sudah bersiap-siap untuk mudik. Namun pada lebaran tahun ini, ada sesuatu yang spesial pada diri Anda, yaitu Anda sedang hamil! Apa saja yang perlu diketahui sebelum Anda pergi berlibur? Beberapa wanita biasanya memilih untuk tidak bepergian jauh saat 12 minggu pertama kehamilan karena seringkali mengalami mual dan kelelahan yang berlebih. Selain itu risiko untuk terjadi keguguran juga lebih tinggi pada trimester pertama. Banyak wanita hamil yang memilih untuk pergi liburan pada trimester [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *