Penyebab Keputihan Berwarna Kuning

penyebab-keputihan-berwarna-kuning-alodokter.jpg

Keputihan merupakan salah satu kondisi yang banyak dikeluhkan oleh wanita. Keputihan yang mengalami perubahan warna perlu diwaspadai. Jika keputihan berwarna kuning, kita perlu mencari tahu penyebabnya.

Cairan vagina yang normal memiliki berwarna jernih, putih ataupun putih kekuningan. Sedangkan teksturnya beragam, mulai dari encer, lengket dan elastis, hingga tampak lebih kental dan rekat.

Kondisi yang Harus Diwaspadai

Keputihan berwarna kuning, tergolong tidak normal. Kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Gonore.

Ditandai dengan keputihan berwarna kuning ataupun keruh. Gonore juga dapat disertai perdarahan di luar siklus menstruasi, nyeri panggul dan inkontinensia urine.

  • Trikomoniasis.

Kondisi ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, atau berwarna hijau dan berbusa. Biasanya disertai dengan bau tak sedap, serta rasa nyeri dan gatal saat buang air kecil.

  • Bakteri vanginosis

Kondisi ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, atau putih dan abu-abu yang berbau amis. Penderitanya juga kemungkinan merasa gatal, dan perih di area kemaluan. Juga tampak kemerahan dan membengkak di sekitar vulva atau vagina.

  • Infeksi jamur.

Keputihan dalam kondisi tersebut tampak kuning pucat seperti keju atau berwarna putih, dengan konsistensi lebih padat. Kemungkinan disertai rasa gatal, nyeri dan pembengkakan di sekitar vulva, dan juga rasa sakit saat melakukan hubungan seksual.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk mengatasi keputihan berwarna kuning, tergantung dari penyebabnya. Infeksi jamur umumnya diobati dengan obat-obatan antijamur dalam bentuk krim atau gel yang dioleskan ke dalam vagina. Misalnya, butoconazole, clotrimazole, miconazole dan terconazole.

Pengobatan keputihan akibat bakterial vaginosis dan trikomoniasis hampir serupa yaitu menggunakan metronidazole atau tinidazole yang dikonsumsi secara oral dan krim clindamycin. Hanya saja bakterial vanginosis memerlukan bentuk krim untuk semua jenis obatnya.

Keputihan berwarna kuning yang disebabkan gonore membutuhkan pengobatan menggunakan antibiotik. Kemungkinan antibiotik yang akan diberikan adalah ceftriaxone dapat diberikan melalui suntikan intramuskular ataupun cefixime yang dikonsumsi secara oral.

Selalu konsultasikan dengan dokter, sebelum menggunakan obat-obatan untuk mengatasi keputihan berwarna kuning tersebut.

Tips Mencegah Keputihan

Sebenarnya vagina tidak perlu dicuci terlalu dalam, sebab organ tersebut memiliki mekanisme untuk menjaga kebersihannya. Justru, keputihan ataupun luka pada vagina kerap dipicu penggunaan sabun yang berlebihan..

Berikut beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya keputihan :

  • Untuk membersihkan vagina, cukup dibasuh dengan air hangat secara teratur.
  • Jika perlu, cuci dengan sabun yang lembut. Hindari penggunaan sabun dengan tambahan pengharum, produk pencuci khusus vagina, dan produk semprotan khusus wanita.
  • Hindari terlalu banyak paparan dari busa sabun mandi.
  • Keringkan dengan mengelap dari bagian depan ke belakang, guna mencegah berpindahnya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.
  • Gunakan pakaian dalam dari bahan katun.
  • Pilih celana yang tidak ketat.

Penting bagi wanita untuk selalu memperhatikan perubahan pada cairan vagina atau keputihan yang dialaminya, termasuk ketika terjadi perubahan warna, bau dan tekstur. Juga waspadai jika timbul gejala lain sekitar vagina, seperti gatal, bengkak, kemerahan atau bercak, dan perdarahan di luar siklus menstruasi.

Bila keputihan menyebabkan perubahan atau gangguan pada organ intim, segera temui dokter. Hindari penggunaan obat antibiotik tanpa petunjuk penggunaan yang tepat dari dokter untuk pengobatan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ketagihan, Wanita Ini Suka Makan dan Minum Saus Tomat Berbotol-botol

Ketagihan, Wanita Ini Suka Makan dan Minum Saus Tomat Berbotol-botol

Saus tomat merupakan bumbu penyedap untuk membuat makanan terasa lebih lezat. Bagi beberapa orang kehadiran saus tomat saat makan adalah hal wajib, tapi mungkin belum ada yang seobsesif wanita satu ini.Melissa Ibbitson telah 'kecanduan' saus tomat dan tidak bisa sehari saja absen mengonsumsinya. Setidaknya dalam sehari, wanita berusia 19 tahun ini harus makan saus tomat sebanyak tiga kali. Ia juga selalu menambahkan banyak saus tomat ke dalam setiap makanannya dan tidak akan mau masuk ke restoran yang tidak memiliki banyak stok saus berwarna merah itu. Melissa yang seorang mahasiswa teologi mengaku sudah cukup lama menggemari saus tomat. Namun ia baru mulai ketagihan saus tomat dalam empat tahun belakangan ini dan bisa menghabiskan tiga botol hanya dalam satu minggu. "Aku mulai makan saus tomat saat masih kecil dan pertamakali makan di McDonalds. Aku tidak ingat bagaimana itu bisa jadi semacam obsesi tapi sekarang aku tidak bisa hidup tanpa saus tomat," kata Melissa, seperti dikutip dari Daily Mail.Melissa juga menceritakan kalau teman-temannya kerap merasa malu saat makan bersama dengannya, sebab dia selalu meminta sedikitnya 12 sachet saus tomat untuk satu menu makanan. Wanita [...]

Madu untuk Sariawan

Madu untuk Sariawan

Madu merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Penggunaannya cukup luas, dari sebagai bagian bahan masakan sampai dijadikan obat alternatif. Pada jenis madu tertentu terkadang harganya relatif mahal, namun tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap khasiatnya membuat harga tidak begitu dipermasalahkan. Fungsi madu sebagai obat alternatif pada beberapa penyakit kian digandrungi karena juga dianggap tidak mempunyai efek samping. Lalu sesuai dengan judul artikel ini, bagaimana madu dapat bermanfaat untuk khasiat kesehatan mulut? Berikut penjelasannya: Khasiat Madu Sejak dulu madu sudah dipergunakan sebagai pembalut luka seperti luka bakar karena mataharidan sebagai obat untuk penyakit seperi diare, batuk serta radang tenggorokan. Madu mentah adalah jenis madu yang sering digunakan dalam mengobati luka. Komponenan dan kandungan madu mempunya sifat yang menguntungkan dalam proses penyembuhan luka. Sifat madu yang merupakan antiradang dan antiinfeksi menjadikan madu sebagi pertolongan pertama yang ideal dalam penyembuhan luka, berdasarkan suatu laporan menyatakan bahwa luka dua kali lebih cepat sembuh dengan penggunaan madu. Propol [...]

5 Tips Merawat Anak dengan Hemofilia

5 Tips Merawat Anak dengan Hemofilia

Hemofilia merupakan gangguan perdarahan dimana darah seorang tidak dapat membeku secara normal. Umumnya penderita Hemofilia megalami perdarahan lebih lama dibanding orang normal. Namun bukan berarti orang dengan hemofilia tidak dapat hidup selayaknya orang normal. (Baca: Anak Mudah Lebam? Waspada Hemofilia) Anak dengan hemofilia dapat tetap hidup dengan optimal, hanya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatian. Mari kita simak apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk merawat anak dengan hemofilia: 1. Berikan pelindung pada tempat tidur anak Hal ini khususnya untuk bayi atau anak kecil. Coba berikan bantalan lunak yang menutupi bagian-bagian tajam dari tempat tidur anak. Cobalah untuk mencari bagian yang berisiko membuat cedera seperti bagian sudut yang tajam, atau paku yang menempel pada tempat tidur. Tutuplah bagian-bagian tersebut dengan bantalan lunak untuk menghindari benturan pada anak. (Baca: Awas Anak Salah Tidur, Tulang Bisa Bengkok) 2. Hindari aktivitas dengan risiko cedera tinggi Salah satu penyebab perdarahan pada pasien hemofilia adalah karena cedera. Olahraga berat memiliki tingkat bahaya yang tinggi dan umumnya tidak aman untuk anak-anak yang menderita hemofil [...]

Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan & Hidung Tersumbat Pada Anak

Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan & Hidung Tersumbat Pada Anak

KlikDokter.com ? Pada anak-anak, tenggorokan dan hidung tersumbat biasanya disebabkan oleh alergi. Ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk membantu meringankan ketidaknyamanan pada anak Anda. Berikut penjelasannya: 1. Air putih dan cairan lain Salah satu solusi sederhana untuk mengatasi tenggorokan mampat adalah mengonsumsi air secara cukup, terutama air hangat. Air hangat dapat membantu melonggarkan lendir di saluran napas anak. Bila anak bosan dengan air putih, cobalah jus hangat, kaldu, atau teh tanpa kafein, seperti chamomile atau peppermint. Sup ayam juga dapat meringankan ketidaknyaman, karena bersifat anti-inflamasi dan dapat mengencerkan lendir keluar. Cara Atasi Tenggorokan & Hidung Anak Tersumbat 2. Air garam dan semprotan saline Air garam dan semprotan saline dapat membantu mengeluarkan lendir dan meringankan beberapa rasa sakit yang terkait dengan tenggorokan mampat Anda dapat membeli semprotan saline di apotek terdekat. Namun Anda juga dapat membuat larutan garam sendiri dengan mencampur setengah sendok teh garam dengan air. Catatan: air garam tidak untuk diminum tapi hanya dipakai untuk berkumur. 3. Uap Cara lain untuk membantu mengurang [...]

7 Kebiasaan Ini Perlu Dilakukan Agar Tak Mudah Gemuk di Usia Tua

7 Kebiasaan Ini Perlu Dilakukan Agar Tak Mudah Gemuk di Usia Tua

Seiring pertambahan usia, metabolisme pun melambat. Proses pembakaran kalori dan energi jadi tidak sesempurna di waktu masih berusia remaja atau awal 20 tahunan sehingga lemak jadi cepat menumpuk dan menyebabkan kegemukan. Waktu dan pertambahan usia memang tidak bisa dicegah, tapi untuk menjadi sehat dan memiliki berat tubuh ideal sampai tua, itu adalah pilihan.Sejumlah penelitian telah menemukan beberapa cara agar tubuh tetap ideal dan tidak mudah naik berat badan. Cara-cara yang telah terbukti secara ilmiah ini mungkin bisa Anda coba untuk menghindari kegemukan dan terkena berbagai penyakit di usia tua.1. Jangan Melewatkan SarapanSarapan merupakan waktu makan terpenting dalam keseharian manusia. Selain untuk menjaga tingkat energi untuk beraktivitas hingga siang hari, sarapan juga mencegah obesitas. Studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan, risiko mengalami obesitas 4,5 kali lebih besar ketimbang yang rajin makan pagi. Tidak mengonsumsi makan bernutrisi di pagi hari akan membuat perut kelaparan sebelum siang. Alhasil, Anda jadi kalap dan makan berlebihan saat makan siang. Pilihlah menu sarapan yang mengandu [...]

Penelitian: Wanita Terlalu Gemuk Berisiko Mati Muda

Penelitian: Wanita Terlalu Gemuk Berisiko Mati Muda

Memiliki tubuh gemuk, baik pria maupun wanita, memang berisiko terkena bermacam-macam penyakit. Namun menurut penelitian terbaru, wanitalah yang sebenarnya lebih berisiko meninggal di usia muda.Penelitian tersebut dipublikasikan secara online di British Medical Journal. Penelitian itu mengungkapkan obesitas menjadi faktor risiko terbesar pada kematian wanita gemuk yang tidak merokok.Ada 3.600 wanita dengan usia 45-64 tahun di Skotlandia yang menjadi responden penelitian tersebut. Seluruh responden itu tidak pernah merokok dan terus dipantau kehidupannya selama 28 tahun.Selama diteliti, 1/2 dari respoden meninggal karena terkena sakit jantung. Dari para responden yang meninggal itu, mereka yang mengalami obesitas paling banyak jumlahnya.Ahli Nutrisi dr Dian Griesel saat dimintai komentarnya soal hasil penelitian di atas, mengaku tidak terkejut. "Cukup banyak lemak mematikan dan tidak penting ada di tubuh wanita dan ini membuat jantung bekerja semakin berat dan kemampuan jantung untuk bekerja dalam jangka waktu lama pun bisa menurun," ujarnya.Griesel menjelaskan lagi, seiring waktu berjalan, kelebihan lemak di tubuh ini akan merusak fungsi tubuh seseorang. "Hingga akhirnya memicu [...]

Donat & Internet Bisa Menyebabkan Depresi

Donat & Internet Bisa Menyebabkan Depresi

Menurut seorang psikolog, Dr Rick Norris, rasa kehilangan, uang dan hubungan yang bermasalah terkenal sebagai pemicu depresi. Tetapi, seperti yang dikutip dari Daily Mail, kegiatan sehari-hari seperti mengonsumsi donut dan kecanduan internet juga bisa menurunkan mood seseorang. Berikut lima hal yang bisa sebabkan depresi.1. Cuaca panasRibuan orang menganggap cuaca yang terlalu panas membuat mereka terserang depresi. Diperkirakan 600.000 orang Inggris menderita seasonal affective disorder (SAD) atau gangguan afektif musiman tersebut. Hal itu dianggap terkait sensitivitas terhadap panas dan ketidakseimbangan hormon. Salah satu teori menyebutkan pada saat cuaca panas, tubuh lebih sedikit memproduksi hormon tiroid, inilah yang menyebabkan energi tubuh berkurang."Pada orang dengan depresi musim panas, Anda melihat penurunan nafsu makan dan insomnia. Sementara musim dingin yang nafsu makannya dan tidur meningkat," jelas Dr Alfred Lewy dari Oregon Health and Science University.Namun yang paling mencengangkan, ada analisa yang menjelaskan adanya penambahan tingkat bunuh diri pada saat cuaca panas. Terdapat lebih dari 50.000 orang bunuh diri di Inggris dan Wales antara 1993-2003. Itu men [...]

4 Cara Memilih Suplemen

4 Cara Memilih Suplemen

Oleh: dr. Nadia Octavia Banyaknya produk suplemen yang beredar di pasaran tak ayal membuat bingung kita dalam soal memilah pilih suplemen. Jangan ragu, ikuti empat tips berikut ini untuk membantu memilih suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Cermati labelnya Bacalah label produk secara cermat. Perhatikan bahan aktif dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Hindari dosis yang berlebih Anda dapat berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memilih dan menentukan dosis suplemen yang akan dikonsumsi. Perhatikan tanggal kadaluarsa Suplemen dapat memiliki penurunan potensi seiring dengan waktu terutama jika disimpan dalam suhu yang panas dan lembab. Jika suplemen tersebut tidak memiliki tanggal kadaluarsa, hindari untuk dikonsumsi atau lebih baik, jangan dibeli. Perhatikan yang Anda makan Vitamin dan mineral sudah ditambahkan ke berbagai jenis produk makanan dan minuman. Jika Anda juga mengkonsumsi suplemen, maka Anda akan memperoleh nutrisi yang berlebih. Asupan yang berlebih dapat menimbulkan efek samping. Sebagai contoh, terlalu banyak besi dapat menyebabkan mual dan muntah dan dapat merusak hati dan organ tubuh lainnya. Namun demikian, tidak selamanya tubu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *