Penyebab Keputihan Berwarna Kuning

penyebab-keputihan-berwarna-kuning-alodokter.jpg

Keputihan merupakan salah satu kondisi yang banyak dikeluhkan oleh wanita. Keputihan yang mengalami perubahan warna perlu diwaspadai. Jika keputihan berwarna kuning, kita perlu mencari tahu penyebabnya.

Cairan vagina yang normal memiliki berwarna jernih, putih ataupun putih kekuningan. Sedangkan teksturnya beragam, mulai dari encer, lengket dan elastis, hingga tampak lebih kental dan rekat.

Kondisi yang Harus Diwaspadai

Keputihan berwarna kuning, tergolong tidak normal. Kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Gonore.

Ditandai dengan keputihan berwarna kuning ataupun keruh. Gonore juga dapat disertai perdarahan di luar siklus menstruasi, nyeri panggul dan inkontinensia urine.

  • Trikomoniasis.

Kondisi ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, atau berwarna hijau dan berbusa. Biasanya disertai dengan bau tak sedap, serta rasa nyeri dan gatal saat buang air kecil.

  • Bakteri vanginosis

Kondisi ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, atau putih dan abu-abu yang berbau amis. Penderitanya juga kemungkinan merasa gatal, dan perih di area kemaluan. Juga tampak kemerahan dan membengkak di sekitar vulva atau vagina.

  • Infeksi jamur.

Keputihan dalam kondisi tersebut tampak kuning pucat seperti keju atau berwarna putih, dengan konsistensi lebih padat. Kemungkinan disertai rasa gatal, nyeri dan pembengkakan di sekitar vulva, dan juga rasa sakit saat melakukan hubungan seksual.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk mengatasi keputihan berwarna kuning, tergantung dari penyebabnya. Infeksi jamur umumnya diobati dengan obat-obatan antijamur dalam bentuk krim atau gel yang dioleskan ke dalam vagina. Misalnya, butoconazole, clotrimazole, miconazole dan terconazole.

Pengobatan keputihan akibat bakterial vaginosis dan trikomoniasis hampir serupa yaitu menggunakan metronidazole atau tinidazole yang dikonsumsi secara oral dan krim clindamycin. Hanya saja bakterial vanginosis memerlukan bentuk krim untuk semua jenis obatnya.

Keputihan berwarna kuning yang disebabkan gonore membutuhkan pengobatan menggunakan antibiotik. Kemungkinan antibiotik yang akan diberikan adalah ceftriaxone dapat diberikan melalui suntikan intramuskular ataupun cefixime yang dikonsumsi secara oral.

Selalu konsultasikan dengan dokter, sebelum menggunakan obat-obatan untuk mengatasi keputihan berwarna kuning tersebut.

Tips Mencegah Keputihan

Sebenarnya vagina tidak perlu dicuci terlalu dalam, sebab organ tersebut memiliki mekanisme untuk menjaga kebersihannya. Justru, keputihan ataupun luka pada vagina kerap dipicu penggunaan sabun yang berlebihan..

Berikut beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya keputihan :

  • Untuk membersihkan vagina, cukup dibasuh dengan air hangat secara teratur.
  • Jika perlu, cuci dengan sabun yang lembut. Hindari penggunaan sabun dengan tambahan pengharum, produk pencuci khusus vagina, dan produk semprotan khusus wanita.
  • Hindari terlalu banyak paparan dari busa sabun mandi.
  • Keringkan dengan mengelap dari bagian depan ke belakang, guna mencegah berpindahnya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.
  • Gunakan pakaian dalam dari bahan katun.
  • Pilih celana yang tidak ketat.

Penting bagi wanita untuk selalu memperhatikan perubahan pada cairan vagina atau keputihan yang dialaminya, termasuk ketika terjadi perubahan warna, bau dan tekstur. Juga waspadai jika timbul gejala lain sekitar vagina, seperti gatal, bengkak, kemerahan atau bercak, dan perdarahan di luar siklus menstruasi.

Bila keputihan menyebabkan perubahan atau gangguan pada organ intim, segera temui dokter. Hindari penggunaan obat antibiotik tanpa petunjuk penggunaan yang tepat dari dokter untuk pengobatan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Berikan Kopi untuk Obat Anak Kejang!

Jangan Berikan Kopi untuk Obat Anak Kejang!

Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat mengenai masalah kesehatan. Salah satunya adalah mitos menegani pemberian kopi pada bayi dapat mencegah terjadi kejang. Indonesia merupakan negara yang kaya akan warisan adat dan budaya. Di wilayah pedalaman di Indonesia, mitos-mitos tentang kesehatan seperti ini masih banyak terjadi. Tidak dipungkiri pula kemungkinan saja hal ini masih dilakukan di kota-kota besar. Kopi mengandung kafein yang diserap di seluruh jaringan tubuh. Secara umum, kafein dapat meningkatkan nadi dan tekanan darah. Kopi menyebabkan terganggunya penyerapan zat besi di saluran pencernaan bayi. Zat besi dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan serta pembentukan sel darah merah. Risiko anemia meningkat pada bayi yang diberikan kopi. Gangguan pencernaan dapat pula dijumpai pada bayi dan anak yang diberikan kopi karena kopi bersifat iritatif yang dapat menyebabkan perlukaan pada saluran cerna. Kafein mempengaruhi sistem saraf otak. Kafein dapat membuat gelisah, mengganggu siklus tidur dan mood seseorang terutama anak. Pada anak yang memiliki masalah kecemasan, kafein dapat meningkatkan rasa cemas. Bahaya Kopi untuk Anak Hingga saat ini bel [...]

Ini Berbagai Khasiat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh

Ini Berbagai Khasiat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh

Minyak ikan dianggap sebagai salah satu bahan makanan super karena mengandung asam lemak esensial omega-3 yang memiliki banyak khasiat. Mulai dari menstabilkan tekanan darah, mencegah peradangan, membantu kinerja otot hingga meningkatkan daya tahan tubuh.Tapi seberapa besar manfaat minyak ikan untuk menjaga kesehatan tubuh? Benarkah khasiatnya bisa 'seajaib' itu? Seperti dikutip dari ABC Australia, minyak ikan banyak digunakan untuk merawat berbagai kondisi tubuh tertentu. Kandungan omega-3 yang tinggi dipercaya bisa mencegah penyakit jantung, mengurangi kadar lemak dalam darah, baik untuk diabetes, meringankan radang sendi hingga membantu menyembuhkan asthma.Asam lemak omega-3 bisa didapatkan dari banyak jenis ikan-ikanan. Di antara jenis ikan, ada beberapa yang terhitung paling tinggi omega-3 nya seperti salmon, mackerel, sarden dan tuna. Minyak ikan juga tersedia dalam bentuk sirup dan kapsul yang biasanya bisa didapatkan lewat apotek atau supermarket.Ada sejumlah fakta ilmiah yang membuktikan kalau omega-3 yang berasal dari minyak ikan sangat berdampak positif bagi kesehatan. The Heart Foundation di Australia merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi sedikitnya 500 mg [...]

Satu dari 4 Pria Ingin Pasangan Memiliki Gigi Sempurna

Satu dari 4 Pria Ingin Pasangan Memiliki Gigi Sempurna

Sebuah survei yang dilakukan di London baru-baru ini mengungkapkan betapa pentingnya penampilan seorang wanita di mata pasangannya. Survei ini dilakukan oleh VoucherCodesPro.co.uk dan melibatkan 1.248 pria Inggris. Menurut survei yang dirilis di MailOnline tersebut, meskipun mayoritas peserta survei menyatakan puas dengan penampilan pasangan ternyata 1 dari 4 responden menginginkan pasangannya untuk menjalani pembedahan kosmetik. Di antara responden tersebut, mayoritas pria (57%) menginginkan pasangan menjalani liposuction (sedot lemak), diikuti dengan breast enlargement (pembesaran payudara) dan dental surgery (perawatan gigi). Satu dari 4 Pria Ingin Pasangan Memiliki Gigi Sempurna Dari sejumlah responden yang menginginkan pasangan menjalani pembedahan untuk meningkatkan penampilannya, hanya 12% yang menyatakan bahwa mereka mengungkapkan keinginan tersebut pada pasangannya. Sebanyak 52 % hanya menyimpan keinginan ini dalam hati dengan alasan tidak ingin membuat pasangannya kecewa atau marah, atau dengan alasan menghindari pertengkaran (23%). Tampaknya memang telah terjadi pergeseran trend pada perawatan gigi. Dahulu perawatan di bidang kedokteran gigi lebih [...]

Vitamin D dan Penderita Kanker

Vitamin D dan Penderita Kanker

Tiga dari empat penderita kanker menunjukkan kondisi kekurangan vitamin D kadar dalam darahnya. Demikian sebuah studi yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan the American Society for Radiation Oncology (ASTRO) oleh Thomas Churilla, MS. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa vitamin D memiliki kemampuan anti-tumor yang turut mencegah berkembang dan menyebarnya sel kanker pada gen. Dari 160 contoh darah penderita kanker, 42% mengalami kekurangan vitamin D pada darah yaitu sekitar 20-30 nanograms per milliliter (ng/mL) dan 32% mengalami penurunan vitamin D dibawah 20 ng/ml. Vitamin D dan Penderita Kanker Semakin tinggi tingkat kanker dan jenis kanker yang diderita juga turut andil. Hal ini membawa beberapa pendapat menganggap menurunnya ataupun rendahnya vitamin D pada pasien kanker tingkat lanjut, bisa jadi hanya dikarenakan kurangnya pasien terpapar oleh sinar matahari, untuk itu dilakukannya penelitian dengan menggunakan suplemet vitamin D dosis tinggi yaitu 50.000 international units (IU) per delapan minggu, atau sekitar 900 IU perhari dibandingkan dosis umum yang sekitar 600IU perhari. Seperti yang kita semua ketahui, vitamin D merupakan salah satu vitami [...]

Penggunaan Sel Induk Untuk Sembuhkan Luka Yang Diakibatkan Serangan Jantung

Penggunaan Sel Induk Untuk Sembuhkan Luka Yang Diakibatkan Serangan Jantung

Kerusakan yang disebabkan oleh serangan jantung telah disembuhkan menggunakan sel induk yang dikumpulkan dari jantung pasien itu sendiri, menurut dokter di Amerika Serikat. Serangan jantung terjadi ketika organ tersebut kekurangan oksigen, seperti ada bekuan yang memblokir aliran darah ke jantung. Ketika jantung melakukan proses penyembuhan, otot yang mati digantikan dengan jaringan parut, tetapi karena jaringan ini tidak memiliki detak seperti otot jantung, kemampuan untuk memompa darah ke seluruh tubuh jadi berkurang. Dokter di seluruh dunia sedang mencari cara "regenerasi" jantung untuk menggantikan jaringan parut dengan otot yang berdetak. Sel induk, yang dapat berubah menjadi sel khusus jenis lain, menjadi kandidat kuat untuk percobaan yang akan dilakukan ini. Percobaan ini, di Cedars-Sinai Heart Institute, dirancang untuk menguji keamanan dari menggunakan sel induk yang diambil dari jantung si pasien serangan jantung. Dalam waktu satu bulan setelah terkena serangan jantung, tabung dimasukkan ke pembuluh darah di leher pasien dan didorong ke bawah ke jantung untuk mengambil sampel jaringan jantung. Sampel yang diambil kira-kira sebanyak "setengah ukuran dari sebuah kismis?. Sa [...]

Hati-hati, Tatanan Rambut Bisa Buat Anda Sakit Kepala

Hati-hati, Tatanan Rambut Bisa Buat Anda Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya disebabkan oleh stres, rendahnya tekanan darah atau akibat mengonsumsi minuman beralkohol. Namun ternyata, sakit kepala juga bisa dipicu oleh gaya rambut dan beberapa hal lain yang tidak terduga. Seperti yang dikutip dari Prevention International, berikut beberapa hal 'mengejutkan' yang ternyata bisa menjadi penyebab sakit kepala.1. Salmon dan KejuMenurut Alexander Mauskop, MD, director of the New York Headache Center, makanan yang melalui proses fermentasi, diasapi, dikeringkan atau makanan yang jika disimpan semakin lama menjadi semakin enak (misalnya, wine dan keju) cenderung mengandung sulfit, yang dapat membuat pembuluh darah melebar sehingga menyebabkan sakit kepala.2. Tatanan RambutMenurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di The City of London Migraine Clinic, lebih dari separuh wanita mengalami sakit kepala karena tatanan rambut yang terlalu ketat dan berat. Biasanya tatanan rambut seperti sanggul dan ponytail menjadikan kulit kepala tertarik sehingga menyebabkan ketegangan.3. Akhir PekanSetelah lelah bekerja seminggu penuh, Anda biasanya menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur di akhir pekan. Jika itu dilakukan, artinya Anda juga membu [...]

6 Faktor yang Memicu Terjadinya Mimpi Buruk

6 Faktor yang Memicu Terjadinya Mimpi Buruk

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan atau indra lainnya pada saat tidur. Mimpi lebih sering terjadi jika seseorang tidur yang disertai dengan gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM).Berdasarkan United States National Library of Medicine, ada beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya mimpi buruk, seperti dikutip detikHealth, yaitu: 1. Kecemasan dan stress 2. Alkohol 3. Obat-obatan 4. Kandungan lemak pada makanan 5. Kondisi fisik yang sedang sakit 6. Perubahan gaya hidup yang terlalu drastis.Ilmuwan mencoba untuk mengungkapkan makna di balik mimpi-mimpi buruk yang bisa mengganggu tidur dan membuat orang menjadi panik. Ilmuwan percaya mimpi buruk tidak secara langsung berhubungan dengan kehidupannya saat terjaga, tapi lebih kepada pencerminan emosi atau masalah yang tengah dihadapinya.Terdapat lima tema mimpi buruk yang paling umum yaitu terjatuh, dikejar-kejar sesuatu yang menakutkan, merasa lumpuh, terlambat menghadiri sesuatu dan kematian orang yang dicintai.Selain itu kehilangan gigi atau rambut juga bisa menjadi mimpi yang tidak menyenangkan terutama untuk anak-anak muda.Sebuah laporan dalam jurna [...]

Baca Ini Dulu Sebelum Anda Makan Ikan!

Baca Ini Dulu Sebelum Anda Makan Ikan!

Ikan sangat lekat dengan budaya makan sehari-hari kita. Baik itu ikan mas, gurame, lele hingga salmon digemari oleh semua masyarakat Indonesia. Namun bagi Anda penggemar ikan, ada baiknya Anda membaca ini dulu. Nutrisi pada ikan Ikan yang berlemak seperti salmon, mackarel, tuna, tenggiri dan sardin kaya akan omega 3 yang dapat membantu mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah. Ikan juga kaya akan protein namun rendah lemak jenuh dan kolesterol. Secara umum, sepotong ikan dapat mengandung setidaknya 20 gr protein (yaitu 1/3 dari angka kecukupan gizi per hari untuk dewasa), <160 kalori dan <100 mg kolesterol. Selain itu ikan juga merupakan sumber berbagai vitamin seperti vitamin A, B dan D. Ikan juga mengandung iodine (terutama pada ikan laut), zat besi dan kalsium (dapat ditemukan pada tulang ikan yang bisa dimakan seperti sarden dan salmon). Bagaimana cara memasak ikan yang baik? Berikut penjelasannya: Bagaimana cara memasak ikan yang baik? Cara kita memasak ikan sangat mempengaruhi kualitas gizinya, misalnya kandungan lemaknya. Seperti contohnya, dibandingkan Anda menggoreng ikan, Anda dapat mengukusnya. Dengan mengukus, Anda dapat mengurangi lem [...]

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Anda sudah melahirkan, tapi kedua kaki masih terasa bengkak dan ukuran sepatu tidak kunjung kembali seperti semula? Apakah kondisi ini berbahaya? Kaki bengkak atau edema tungkai ini sebenarnya adalah hal yang normal dan umumnya akan mereda dalam waktu kurang lebih 10 hari. Mengapa Dapat Terjadi Kaki Bengkak? Kaki bengkak disebabkan oleh adanya beberapa perubahan dalam tubuh oleh karena proses kehamilan dan kelahiran, antara lain: Penumpukan cairan di dalam tubuh Pada saat kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormone estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan retensi atau penumpukan cairan di tubuh, termasuk pada tungkai. Rahim yang membesar Rahim yang kian membesar dapat menekan pembuluh vena di kaki sehingga aliran darah balik dari bagian-bagian bawah tubuh menjadi terhambat. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa terjadi penumpukan cairan di tungkai pada saat kehamilan. Setelah melahirkan, rahim mendorong darah ke bagian bawah tubuh. Akibatnya perlu beberapa hari setelah persalinan untuk pembengkakan pada kaki mereda. Cairan infus Selama proses persalinan, terutama jika menjalani caesar, Anda barangkali juga menerima cairan infus sehingga jumla [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *