Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Cara Mengatasinya

penyebab-kulit-wajah-mengelupas-dan-cara-mengatasinya-alodokter.jpg

Kulit wajah mengelupas bisa terjadi karena zat-zat yang dapat merusak dan mengiritasi kulit. Selain itu juga bisa disebabkan oleh jenis kulit yang diturunkan, sinar matahari, atau penyakit.

Pengelupasan pada kulit wajah juga akan diiringi oleh pengeringan kulit, rasa gatal, iritasi dan ruam.

Berikut beberapa penyebab kulit wajah mengelupas:

Terbakar sinar matahari. Sering terkena sinar matahari bisa membuat kulit wajah mengelupas. Sebelum mengelupas, fase yang akan Anda alami yaitu kulit memerah, sakit dan panas ketika disentuh. Biasanya ini terjadi sekitar beberapa jam setelah terpapar sinar matahari. Setelah beberapa hari dari fase tersebut, lapisan kulit rusak akan mengelupas dan kulit akan sembuh dengan sendirinya. Pengelupasan ini mungkin membuat warna kulit menjadi tidak merata dan tampak seperti berpola.

Kulit kering. Buat Anda yang memiliki jenis kulit kering, risiko kulit wajah mengelupas lebih tinggi, terutama jika terus-menerus bersentuhan dengan air, sabun, dan krim yang mengandung zat keras, air panas, cuaca sangat panas dan dingin, dan sinar matahari.

Memiliki kulit kering sebenarnya tidak berbahaya, tapi ada juga yang mengalami gangguan serius seperti iktiosis. Iktiosis merupakan gangguan kulit turunan.

Alergi. Ketika kulit wajah bersentuhan dengan alergen (zat pemicu alergi), kulit bisa bereaksi. Tidak hanya pengelupasan kulit, reaksi yang ditimbulkan mungkin bisa menyebabkan gatal-gatal, ruam atau melepuh.

Efek obat-obatan. Beberapa obat-obatan seperti krim retinoid bisa membuat kulit mengelupas. Krim retinoid biasa digunakan untuk mengatasi jerawat, mengurangi kerutan, dan mencerahkan flek-flek coklat. Krim ini bekerja dengan cara mendorong sel-sel kulit untuk mati dan beregenerasi. Hasilnya, kulit lapisan atas wajah mengelupas guna membuka jalan untuk tumbuhnya sel-sel kulit baru.

Selain itu, efek obat-obatan kemoterapi juga bisa membuat kulit wajah mengelupas.

Atopik dermatitis (eksim). Kondisi ini bersifat kronis (jangka panjang) dan cenderung sering kambuh secara berkala. Penyebab eksim tidak bisa diketahui secara pasti, tapi kondisi ini kerap dihubungkan dengan kulit kering, cuaca, gangguan sistem imun, bakteri staphylococcus aureus, dan gen.

Hingga kini belum ada obat untuk menyembuhkan kondisi ini. Namun, ada perawatan yang bisa mencegah kulit mengelupas dan meringankan rasa gatal.

Cara Mengatasi Kulit Mengelupas

Mengatasi kulit wajah mengelupas disesuaikan oleh penyebabnya. Namun, secara umum, kulit mengelupas bisa ditangani dengan cara berikut ini:

  • Kompres kulit dengan air dingin.
  • Konsumsi banyak air.
  • Rutin mengoleskan pelembap, terutama sehabis mandi.
  • Minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di toko obat seperti naproxen dan ibuprofen.

Selain perawatan sederhana di atas, Anda bisa melakukan penanganan tambahan jika mengalami pengelupasan kulit wajah yang disebabkan oleh penyakit atau kondisi tertentu yang Anda alami.

  • Cara mengatasi kulit wajah mengelupas akibat alergi yaitu mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini bisa meringankan reaksi yang ditimbulkan oleh alergi.
  • Jika Anda menderita eksim, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Kemungkinan dokter akan memberikan resep krim mengandung corticosteroid, tacrolimus atau pimecrolimus. Dokter juga mungkin akan merekomendasikan terapi seperti terapi cahaya.
  • Pengelupasan kulit akibat efek obat-obatan bisa diatasi dengan cara menghentikan penggunaannya. Namun jika Anda sedang menjalani kemoterapi, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum menghentikan pengobatan.
  • Untuk mengatasi kulit wajah mengelupas akibat penyakit genetik, ada baiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Selagi kulit wajah mengelupas, jauhi kulit dari hal-hal yang dapat memperburuk kondisi kulit seperti terpapar sinar matahari, sabun, krim, losion dan kosmetik yang mengandung zat keras, air panas, serta kondisi cuaca yang ekstrem seperti sangat panas atau dingin.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menikmati Hubungan Seksual Tanpa Rasa Sakit

Menikmati Hubungan Seksual Tanpa Rasa Sakit

Rasa sakit saat berhubungan seksual kerap dirasakan oleh sebagian wanita. Jika tidak ditangani, rasa sakit itu akan kembali datang dan mengganggu aktivitas intim Anda bersama pasangan. Rasa sakit saat berhubungan seksual bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Oleh karena itu, cari tahu penyebab rasa sakit yang Anda rasakan agar bisa diatasi secepatnya. Dalam ilmu kedokteran, rasa sakit saat berhubungan seksual disebut dispareunia. Umumnya, rasa sakit yang dirasakan tiap wanita berbeda-beda. Ada yang merasa sakit saat pasangan baru memulai penetrasi. Ada juga yang merasakannya saat sudah dilakukan penetrasi mendalam. Rasa sakit yang muncul pada saat awal penetrasi bisa disebabkan oleh: Kurangnya cairan lubrikasi. Cairan ini diproduksi secara alami oleh vagina ketika wanita terangsang. Penyebab utama kurangnya lubrikasi adalah kurang pemanasan (foreplay). Namun produksi cairan lubrikasi juga akan terganggu pada wanita yang telah menopause. Pertambahan usia membuat lapisan vagina kehilangan kelembapannya sehingga membuatnya kering. Wanita yang baru melahirkan lalu menyusui juga umum mengalami hal yang sama. Faktor lain yang menghambat produksi lubrikasi adalah wanita yang men [...]

Takut Berat Badan Bertambah karena Berhenti Merokok?

Takut Berat Badan Bertambah karena Berhenti Merokok?

Menurut penelitian, merokok memang mempunyai efek yang bisa membuat tubuh menjadi kurus, tapi tidak sehat. Kondisi ini menyebabkan banyak orang tidak ingin berhenti merokok karena khawatir akan menjadi gemuk setelahnya. Namun pertambahan berat badan ini seharusnya tidak menghambat usaha untuk menjadi lebih sehat dengan berhenti merokok. Ini karena manfaat berhenti merokok sangat banyak dan signifikan. Mengapa Merokok Membuat Tubuh Kurus? Begitu menghirup asap rokok, denyut jantung Anda meningkat 10-20 kali lebih banyak dalam satu menit. Pada satu sisi, efek ini dapat menyebabkan penyakit jantung. Namun pada sisi lain, penelitian mengungkap bahwa nikotin dalam rokok meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh dan meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh, sehingga membuat berat badan berkurang. Metabolisme adalah proses tubuh merubah asupan makanan dan minuman menjadi energi. Pertambahan berat badan dapat terjadi karena ketika seseorang berhenti merokok, metabolisme tubuh kembali menjadi normal. Perubahan ini sebenarnya adalah hal yang menyehatkan karena tubuh tidak lagi dipaksa bekerja secara berlebihan. Selain meningkatkan metabolisme tubuh, nikotin yang terkandung dalam rokok jug [...]

Mengambil Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Mengambil Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Beragam rasa cokelat kini dapat dengan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan. Variasi rasa yang menggoda makin menarik minat para penggemarnya. Cokelat juga disebut-sebut memiliki manfaat kesehatan. Apa saja manfaat yang dimaksud? Kandungan utama cokelat adalah kokoa. Zat flavanol dalam kokoa memiliki efek antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan sel yang memengaruhi risiko kesehatan seperti sakit jantung. Kandungan flavanol dalam cokelat susu lebih sedikit dibandingkan cokelat hitam (dark chocolate). Menekan Risiko Penyakit Pada sebuah penelitian, disebutkan bahwa cokelat bermanfaat menghindari seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Efek-efek yang bisa didapatkan antara lain: Menurunkan tekanan darah. Rata-rata, konsumsi cokelat menekan tekanan darah sistolik hingga dua poin. Selain cokelat, beberapa makanan juga diketahui membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. Cokelat juga sekaligus dapat menurunkan LDL(low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat. Mencegah diabetes dengan memperbaiki resistansi insulin. Untuk penderita diabetes tipe 2, manfaat lain yang didapatkan adalah mem [...]

Sisi Positif dan Negatif Masturbasi

Sisi Positif dan Negatif Masturbasi

Ada banyak klaim yang menyebut bahwa masturbasi dapat menyebabkan jerawat, memengaruhi produksi sperma, hingga kegilaan. Benarkah? Ternyata masturbasi merupakan aktivitas seksual yang paling sering dilakukan di dunia ini. Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 89 persen wanita dan 95 persen pria pernah melakukannya. Masturbasi adalah tindakan merangsang diri sendiri atau orang lain dengan cara menyentuh, meraba, atau memijat organ kelamin sendiri. Tujuannya untuk mencapai kesenangan dan sensasi seperti yang dirasakan seperti saat mencapai orgasme atau klimaks pada hubungan seksual. Pria umumnya melakukannya dengan meraba penis, sementara wanita menyentuh dan memainkan klitoris serta area di sekitar vagina. Klitoris adalah tonjolan kecil pada bagian depan jalan masuk ke vagina. Sebagian besar wanita membutuhkan stimulasi klitoris untuk mencapai klimaks dalam berhubungan seksual. Klitoris memang adalah bagian yang sangat sensitif sehingga dapat mendatangkan perasaan yang kuat dan kepuasan seksual. Normalkah Melakukan Masturbasi? Dahulu masturbasi sempat disebut sebagai tanda ketidaksehatan mental. Namun kini masturbasi dipahami sebagai pilihan personal dan tergolong aktivitas norma [...]

Bahaya Merokok Shisha

Bahaya Merokok Shisha

Shisha atau biasa juga disebut hookah merupakan gaya merokok tembakau ala Timur Tengah. Cara merokok shisha berbeda dengan mengisap rokok tembakau pada umumnya. Shisha menggunakan tabung yang berisi air. Di dalam tabung itu, tembakau dipanaskan dengan ditambahkan rasa buah-buahan. Tabung shisha juga dilengkapi dengan selang untuk menghirup asap yang dihasilkannya. Saat ini tren merokok shisha sedang digandrungi masyarakat dan telah menjadi bagian dari pergaulan. Asapnya yang beraroma buah-buahan membuat orang-orang menjadi penasaran untuk mencobanya. Akhirnya merokok ?buah-buahan? ini pun dijadikan pilihan dengan alasan lebih menyehatkan ketimbang merokok tembakau biasa. Mereka pun menganggap asap shisha tidak berbahaya karena semua racun pada tembakau telah diserap oleh air. Tapi ternyata semua anggapan-anggapan itu keliru. Merokok shisha lebih berbahaya dibandingkan merokok tembakau biasa. Menurut World Health Organization (WHO), merokok shisha selama satu jam sama bahayanya seperti mengisap 100 rokok. Apa Saja Kandungan Shisha? Seperti rokok, shisha mengandung tembakau dan kandungan beracun lain seperti nikotin, tar, karbon monoksida, arsenik, dan timah. Meski kandungannya sam [...]

Relaksasi Sederhana di Rumah Bisa Mengusir Stres

Relaksasi Sederhana di Rumah Bisa Mengusir Stres

Tingkat stress yang tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti sakit kepala, gangguan cemas, dan depresi. Begitu buruknya dampak stres bagi kesehatan, sehingga Anda perlu mengelolanya dengan baik. Relaksasi bisa menjadi satu cara dalam mengatasinya. Aktivitas relaksasi tidak perlu rumit atau berbiaya mahal. Yang terpenting adalah tepat sasaran untuk mengatasi stres yang sedang diderita. Anda bisa melakukan relaksasi secara rutin di rumah, baik sendiri maupun bersama kerabat. Penyakit yang Mungkin Disebabkan oleh Stres Stres dapat menyebabkan berbagai penyakit. Bahkan nyatanya, jika Anda sudah lebih dahulu memiliki riwayat penyakit, stres dapat memperparah kondisi penyakit tersebut. Berikut ini beberapa penyakit yang diduga dapat timbul akibat stres. Sakit kepala Stres dapat menyebabkan sakit kepala pada lokasi yang berbeda-beda. Kadang-kadang di seluruh bagian, ada juga yang hanya sebelah atau biasa disebut migren. Stres disebut-sebut sebagai pemicu tersering sakit kepala. Cemas dan depresi Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang beban pekerjaannya terlampau berat lebih berisiko mengalami depresi. Agaknya, kondisi cemas dan depresi terkait dengan stres yang berlangsu [...]

Beragam Perawatan yang Ditangani Dokter Kecantikan

Beragam Perawatan yang Ditangani Dokter Kecantikan

Jasa dokter kecantikan kini makin banyak diserbu oleh para wanita yang ingin terlihat lebih cantik. Tapi tidak banyak yang tahu dengan jelas apa saja yang boleh dilakukan oleh dokter kecantikan. Dokter kecantikan merupakan dokter yang melakukan beberapa prosedur yang bertujuan meningkatkan penampilan seseorang, seperti meminimalkan tanda-tanda penuaan, membuat wajah pasien terlihat lebih cerah, dan sebagainya. Apa yang dilakukan oleh dokter kecantikan adalah apa pun prosedur yang melibatkan pembedahan seminimal mungkin atau bahkan tidak sama sekali. Jenis-jenis Perawatan yang Dilakukan Dokter Kecantikan Berikut ini adalah beberapa perawatan yang dilakukan oleh dokter kecantikan. Chemical Peel. Perawatan ini dapat membantu menghilangkan kerutan dan bekas luka pada kulit. Chemical peel menggunakan bahan kimia sebagai bagian dari proses pengelupasan lapisan atas kulit atau lapisan kulit mati. Sehingga kulit yang nantinya akan kembali tumbuh adalah kulit yang lebih muda dan lebih halus. Beberapa bahan kimia yang digunakan pada proses ini disesuaikan dengan kedalaman lapisan kulit yang ingin dicapai. Perawatan ini sendiri dapat dikombinasikan dengan perawatan lain. Dermabrasion. Pe [...]

Kondom Pria Tidak Sesederhana Kelihatannya

Kondom Pria Tidak Sesederhana Kelihatannya

Kondom untuk pria merupakan salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih karena praktis dan mudah diperoleh. Jika digunakan dengan tepat, kondom dapat mencegah kehamilan sekaligus melindungi dari infeksi menular seksual (IMS). Pada dasarnya, tujuan kondom adalah untuk mencegah kehamilan, yaitu sebagai alat penghalang fisik yang menghentikan sperma memasuki vagina dan mencapai sel telur. Bagaimana Cara Memakainya? Penggunaan kondom pria jauh lebih mudah dibandingkan kondom wanita. Selain itu, kondom pria juga hanya perlu digunakan beberapa saat sebelum melakukan hubungan intim. Buka kemasan kondom dengan hati-hati, karena kondom rentan dengan benda tajam, seperti perhiasan atau kuku. Tekan dengan telunjuk dan ibu jari untuk mengeluarkan udara yang kemungkinan terperangkap pada ujung kondom. Pasang kondom pada penis yang ereksi. Sisakan sekitar 1 cm pada ujung kondom yang tidak memiliki penampung sperma. Kondom berada pada posisi terbalik jika sulit digulirkan, segera ganti dengan kondom yang baru. Lepas kondom ketika penis masih ereksi, segera setelah selesai ejakulasi. Pegang bagian bawah kondom yang berada di bagian dasar penis untuk melepasnya. Hindari sperma tercecer deng [...]

Amankah Mengonsumsi Pil Pelangsing?

Amankah Mengonsumsi Pil Pelangsing?

Pil pelangsing akan bekerja dengan baik jika dipadukan dengan gaya hidup sehat. Anda pernah mencoba mengonsumsi pil diet dengan harapan menurunkan berat badan dengan cepat? Berhati-hatilah karena selain berat badan bisa berisiko naik kembali setelah konsumsi dihentikan, pil tertentu kemungkinan mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh. Pada tahun 2010, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik enam merek obat diet dari pasaran karena mengandung sibutramin. Bahan ini mampu meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular. Mengenali Kandungan dalam Pil Pelangsing Pil diet yang dijual bebas maupun diresepkan dokter tersedia dengan kandungan bahan dan efek yang berbeda. Sebelum membeli atau mengonsumsinya, pastikan obat tersebut terdaftar di BPOM dan perhatikan nama kandungan yang tertera pada kemasan pil. Berikut ini adalah beberapa bahan yang umumnya terkandung di dalam pil pelangsing. Bahan yang tergolong efektif Berikut ini adalah bahan-bahan yang umumnya terkandung di dalam berbagai produk pelangsing. Bahan-bahan ini diperkirakan efektif untuk menurunkan berat badan, namun bukan berarti tidak mengandung risiko. Orlistat Cara kerja: mengurangi kadar lemak yang diserap oleh tubu [...]

Segarnya Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin

Segarnya Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin

Mandi dengan air dingin adalah salah satu metode hidroterapi. Pengaplikasian kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin tiap pagi hari. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat mandi pagi dengan air dingin dapat membantu mengurangi depresi. Sebelum membahas tentang manfaat mandi pagi dengan air dingin selengkapnya, ada baiknya untuk mengenal makna hidroterapi dan depresi. Apakah Hidroterapi itu? Hidroterapi adalah sistem pengobatan yang menggunakan media air termasuk salah satu jenis naturopati. Naturopati adalah sistem pengobatan menggunakan metode-metode alami untuk memulihkan kesehatan. Air digunakan karena salah satu sifatnya yang menguntungkan dianggap mampu menyembuhkan berbagai penyakit sekaligus menjaga kesehatan.Kegiatan relaksasi juga kerap menggunakan air. Apakah Depresi itu? Depresi merupakan perasaan tertekan dan sedih yang berlangsung secara berkepanjangan sehingga penderita tidak bisa menjalani aktivitas secara normal. Perasaan tertekan ini kemungkinan adalah reaksi akibat seseorang yang merasa tidak berdaya, putus asa, ditinggalkan, sedang berjuang menghadapi kehidupan yang keras, atau perasaan-perasaan negatif lainnya. Beberapa gejala orang yang mengalami depresi adal [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *