Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Cara Mengatasinya

penyebab-kulit-wajah-mengelupas-dan-cara-mengatasinya-alodokter.jpg

Kulit wajah mengelupas bisa terjadi karena zat-zat yang dapat merusak dan mengiritasi kulit. Selain itu juga bisa disebabkan oleh jenis kulit yang diturunkan, sinar matahari, atau penyakit.

Pengelupasan pada kulit wajah juga akan diiringi oleh pengeringan kulit, rasa gatal, iritasi dan ruam.

Berikut beberapa penyebab kulit wajah mengelupas:

Terbakar sinar matahari. Sering terkena sinar matahari bisa membuat kulit wajah mengelupas. Sebelum mengelupas, fase yang akan Anda alami yaitu kulit memerah, sakit dan panas ketika disentuh. Biasanya ini terjadi sekitar beberapa jam setelah terpapar sinar matahari. Setelah beberapa hari dari fase tersebut, lapisan kulit rusak akan mengelupas dan kulit akan sembuh dengan sendirinya. Pengelupasan ini mungkin membuat warna kulit menjadi tidak merata dan tampak seperti berpola.

Kulit kering. Buat Anda yang memiliki jenis kulit kering, risiko kulit wajah mengelupas lebih tinggi, terutama jika terus-menerus bersentuhan dengan air, sabun, dan krim yang mengandung zat keras, air panas, cuaca sangat panas dan dingin, dan sinar matahari.

Memiliki kulit kering sebenarnya tidak berbahaya, tapi ada juga yang mengalami gangguan serius seperti iktiosis. Iktiosis merupakan gangguan kulit turunan.

Alergi. Ketika kulit wajah bersentuhan dengan alergen (zat pemicu alergi), kulit bisa bereaksi. Tidak hanya pengelupasan kulit, reaksi yang ditimbulkan mungkin bisa menyebabkan gatal-gatal, ruam atau melepuh.

Efek obat-obatan. Beberapa obat-obatan seperti krim retinoid bisa membuat kulit mengelupas. Krim retinoid biasa digunakan untuk mengatasi jerawat, mengurangi kerutan, dan mencerahkan flek-flek coklat. Krim ini bekerja dengan cara mendorong sel-sel kulit untuk mati dan beregenerasi. Hasilnya, kulit lapisan atas wajah mengelupas guna membuka jalan untuk tumbuhnya sel-sel kulit baru.

Selain itu, efek obat-obatan kemoterapi juga bisa membuat kulit wajah mengelupas.

Atopik dermatitis (eksim). Kondisi ini bersifat kronis (jangka panjang) dan cenderung sering kambuh secara berkala. Penyebab eksim tidak bisa diketahui secara pasti, tapi kondisi ini kerap dihubungkan dengan kulit kering, cuaca, gangguan sistem imun, bakteri staphylococcus aureus, dan gen.

Hingga kini belum ada obat untuk menyembuhkan kondisi ini. Namun, ada perawatan yang bisa mencegah kulit mengelupas dan meringankan rasa gatal.

Cara Mengatasi Kulit Mengelupas

Mengatasi kulit wajah mengelupas disesuaikan oleh penyebabnya. Namun, secara umum, kulit mengelupas bisa ditangani dengan cara berikut ini:

  • Kompres kulit dengan air dingin.
  • Konsumsi banyak air.
  • Rutin mengoleskan pelembap, terutama sehabis mandi.
  • Minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di toko obat seperti naproxen dan ibuprofen.

Selain perawatan sederhana di atas, Anda bisa melakukan penanganan tambahan jika mengalami pengelupasan kulit wajah yang disebabkan oleh penyakit atau kondisi tertentu yang Anda alami.

  • Cara mengatasi kulit wajah mengelupas akibat alergi yaitu mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini bisa meringankan reaksi yang ditimbulkan oleh alergi.
  • Jika Anda menderita eksim, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Kemungkinan dokter akan memberikan resep krim mengandung corticosteroid, tacrolimus atau pimecrolimus. Dokter juga mungkin akan merekomendasikan terapi seperti terapi cahaya.
  • Pengelupasan kulit akibat efek obat-obatan bisa diatasi dengan cara menghentikan penggunaannya. Namun jika Anda sedang menjalani kemoterapi, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum menghentikan pengobatan.
  • Untuk mengatasi kulit wajah mengelupas akibat penyakit genetik, ada baiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Selagi kulit wajah mengelupas, jauhi kulit dari hal-hal yang dapat memperburuk kondisi kulit seperti terpapar sinar matahari, sabun, krim, losion dan kosmetik yang mengandung zat keras, air panas, serta kondisi cuaca yang ekstrem seperti sangat panas atau dingin.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Seks Oral yang Aman Seperti Apa?

Seks Oral yang Aman Seperti Apa?

Banyak pasangan melakukan seks oral sebagai foreplay karena bisa merangsang dan meningkatkan gairah sebelum ke puncak klimaks. Pada wanita, seks oral berguna untuk merangsang cairan lubrikasi keluar secara alami dari vagina sehingga penetrasi bisa nyaman dan tidak menyakitkan. Namun, sebelum melakukannya, ada hal-hal penting mengenai status keamanan seks oral yang perlu Anda ketahui. Seks oral merupakan kegiatan yang melibatkan mulut dengan daerah genital. Menjilat atau mengulum alat kelamin seperti penis atau vagina merupakan aktivitas seks yang dilakukan dengan pasangan. Tidak hanya itu, seks oral pada anus kerap pula dilakukan beberapa pasangan. Mengenai status keamanannya, seks oral lebih aman dibandingkan kegiatan seks yang melibatkan alat kelamin dengan alat kelamin. Meski begitu, seks oral tidak selalu aman karena risiko tertular penyakit tetap ada. Hingga saat ini belum terlalu jelas berapa orang yang terkena penyakit melalui seks oral. Demi kepentingan publik, peringatan keamanan saat melakukan seks oral wajib disebarkan. Risiko Tertular Penyakit Menular Seksual (PMS) Sangat sulit memastikan risiko pastinya karena kebanyakan orang yang melakukan seks oral juga melakuka [...]

Tidak Perlu Bertubuh Lentur untuk Ikut Yoga

Tidak Perlu Bertubuh Lentur untuk Ikut Yoga

Ketika lelah dengan rutinitas harian yang membuat stres, Anda merasa butuh sebuah olah tubuh rutin yang tidak hanya menyehatkan, tapi juga membuat Anda lebih rileks. Yoga adalah jawabannya. Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik pelakunya. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga. Olah tubuh ini telah dipraktikkan sejak 5000 tahun lalu di India dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi. Sejuta Manfaat Yoga untuk Tubuh Tidak sekadar menjadi olah tubuh, yoga ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika masih merasa enggan mempraktikkan yoga, mungkin daftar manfaat berikut ini dapat membuat Anda berubah pikiran. Sarana relaksasi. Berlatih yoga berarti membiasakan memfokuskan perhatian dan pernapasan. Sebagai hasilnya, sejumlah penelitian membuktikan bahwa yoga dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres, menjadikan mood lebih stabil. Yoga pun dapat membuat pelakunya mempersepsikan diri dengan lebih baik. Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Gerakan-gerakan yoga dilakukan dengan meregangkan otot-otot, sehingga memudahkan pel [...]

Sekedar Lelah atau Sedang Sakit ?

Sekedar Lelah atau Sedang Sakit ?

Anda sering merasa lelah, padahal sudah cukup istirahat? Hati-hati. Bisa saja menjadi gejala penyakit serius. Merasa letih setelah beraktivitas panjang atau saat tubuh sedang kurang sehat adalah hal yang biasa. Namun ada baiknya untuk memeriksakan diri jika Anda terus-menerus merasa lelah, meski sudah tidur sebanyak delapan jam sehari. Secara medis, kelelahan dapat menjadi pertanda adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Berikut ini adalah 10 penyakit yang salah satu gejalanya adalah keletihan. Depresi Pada beberapa kasus, depresi dan kecemasan bisa meluruhkan semangat dan membuat Anda mengalami keletihan yang tidak tertahankan. Selain lelah, depresi bisa membuat Anda mengalami kurang tidur, merasa tidak berharga, mengalami gangguan pola makan, dan dapat memicu gejala penyakit serius. Anemia Anemia defisiensi besi adalah kondisi saat produksi sel darah merah menurun. Kondisi ini menyebabkan pengidapnya merasa lelah terus-menerus. Anemia dialami oleh sekitar 5% pria dan wanita pascamenopause, tapi lebih banyak dialami oleh wanita yang sedang menstruasi atau hamil. Pengidap anemia akan mudah letih, tidak bertenaga, dan merasa otot-ototnya berat. Penyakit ini dapat dideteksi dengan [...]

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Ada di Sini

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Ada di Sini

Rambut yang sehat akan terlihat berkilau karena lapisan kutikula rambut yang datar dapat memantulkan cahaya. Sebaliknya, ketika rusak, rambut bisa terlihat kusam, terasa kering dan bahkan bercabang. Sebenarnya apa yang terjadi pada rambut rusak dan bagaimana cara mengatasi rambut bercabang? Rambut terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan dalam atau medulla, lalu cortex atau lapisan yang mengelilingi medulla, dan lapisan paling luar yang paling keras atau kutikula yang bertugas melindungi lapisan dalam rambut. Lapisan kutikula yang datar melindungi lapisan dalam rambut dari sinar matahari, panas, zat klorin, dan semua bahan berbahaya lainnya. Bagian kutikula rambut lebih sensitif terhadap kerusakan. Bila bagian kutikula rusak, bagian dalam rambut menjadi tak terlindungi. Rambut bisa patah ketika ada titik pada rambut yang menebal atau melemah. Rambut yang patah dapat terjadi dekat kulit kepala, sehingga rambut tidak bisa tumbuh panjang. Rambut juga bisa patah pada bagian ujungnya, inilah yang biasa disebut dengan rambut bercabang. Berikut adalah beberapa cara mengatasi rambut bercabang Memotong ujung rambut secara rutin tiap 6-8 minggu. Bila tidak dipotong, percabangan bisa meram [...]

Minuman Elektrolit: Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

Minuman Elektrolit: Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

Pasti Anda sudah sering melihat iklan produk minuman yang mengandung elektrolit di layar kaca. Dalam iklannya, produsen mengklaim minuman mengandung elektrolit bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Contohnya kehilangan cairan tubuh akibat kelelahan usai berolahraga. Apa yang dimaksud dengan minuman elektrolit dan apa manfaatnya bagi tubuh? Elektrolit adalah mineral bermuatan listrik yang ada pada tubuh manusia. Elektrolit bisa ditemukan di dalam darah, keringat, air seni, dan cairan tubuh lainnya. Zat-zat yang disebut sebagai elektrolit, antara lain sodium, kalsium, bikarbonat, dan potasium. Kadar elektrolit dalam tubuh bisa berkurang. Hal tersebut bisa terjadi karena tubuh berkeringat secara berlebihan usai berolahraga, atau ketika sedang muntah dan diare. Kondisi ini bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi dan ketidakseimbangan mineral. Dalam kasus tersebut, minum air putih saja tidak cukup mengembalikan kadar elektrolit di dalam tubuh. Diperlukan minuman yang mengandung elektrolit agar tubuh kembali ke kadar air dan mineral yang normal. Ganti Cairan Tubuh dengan Minuman Elektrolit Ketika berolahraga berat, tubuh bisa kehilangan banyak cairan. Menenggak minuman elektrolit, [...]

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak kelapa cukup beragam, baik untuk keperluan memasak maupun keperluan perawatan tubuh. Manfaat minyak kelapa secara medis hingga kini masih diteliti. Meski, klaim tentang manfaat minyak kelapa hingga kini belum terbukti 100 persen, tapi penggunaannya kian populer di masyarakat. Minyak kelapa menurut beberapa penelitian diperkirakan dapat berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa kemungkinan manfaat yang bisa didapat dari minyak kelapa. Untuk Kesehatan Minyak kelapa yang baik adalah yang murni atau virgin coconut oil (VCO), bukan minyak olahan. VCO diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi. Hal ini bertujuan agar kandungan alaminya, seperti senyawa phenolic, tidak rusak. Oleh karena itu, minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan. Selain itu, senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat dan kaprat dapat menjadi pemicu pertumbuhan probiotik di dalam pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat. Berikut beberapa kemungkinan manfaat minyak kelapa bagi kesehatan. Untuk diet. Anda dapat menggunakan VCO sebagai minyak ketika memasak atau dimasukkan ke dalam salad. Kandungan d [...]

Beberapa Manfaat Yogurt yang Bisa Didapat

Beberapa Manfaat Yogurt yang Bisa Didapat

Sebagai sebuah produk yang dibuat dari proses fermentasi susu oleh bakteri, yogurt amat populer di masyarakat. Manfaat yogurt sendiri merupakan salah satu alasan kepopuleran minuman ini. Yogurt sendiri digolongkan sebagai minuman probiotik. Probiotik sendiri diartikan sebagai organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai akan memberikan manfaat kesehatan atau disebut ?bakteri yang baik? untuk pencernaan. Karena yogurt berasal dari bakteri dan juga susu, maka manfaatnya diprediksi kian berlipat. Mengacu pada hal tersebut, siapa pun yang mengonsumsi yogurt akan mendapatkan dosis protein hewani, sekitar 1,5 gram protein per ons yogurt. Selain itu, terdapat juga beberapa mineral yang akrab dalam produk susu seperti kalsium, vitamin B2, B12, kalium, dan magnesium. Seperti Apa Manfaat Yogurt Bagi Tubuh? Bakteri ?baik? sebenarnya telah eksis dalam sistem pencernaan manusia. Tapi yogurt menyediakan bakteri baik dari luar guna membantu mengoptimalkan yang sudah ada dalam pencernaan. Mengingat hal tersebut, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari minuman ini? Mencegah osteoporosis Salah satu manfaat yang mungkin didapat dari mengonsumsi yogurt adalah menjauhkan seseoran [...]

Mengungkap Mitos Insomnia

Mengungkap Mitos Insomnia

Beberapa hal seputar tidur dipercaya menjadi faktor penyebab maupun solusi yang dapat meredam insomnia. Padahal hal-hal tersebut tidak selalu benar. Berikut ini adalah beberapa di antaranya. Mitos 1: Menonton TV dapat membantu proses tidur. Peningkatan kadar hormon melatonin dalam otak menjelang waktu tidur dapat memudahkan Anda jatuh tertidur. Namun suara dan sinar dari layar TV atau komputer justru dapat mengurangi kadar melatonin. Sebagai gantinya, Anda dapat mendengarkan musik berirama pelan yang dapat membantu Anda rileks dan tidur. Mitos 2: Tubuh Anda akan terbiasa dengan jam tidur yang makin sedikit. Mitos ini sangat berbahaya karena terus-menerus mengalami kurang tidur dapat membuat tubuh kelelahan dan mengalami masalah ringan hingga serius seperti risiko kecelakaan saat berkendara, menurunnya performa dalam pekerjaan, hingga masalah kesehatan serius. Anda dapat membiasakan jadwal untuk tidur lebih singkat, tetapi tubuh Anda tetap membutuhkan jam tidur yang cukup, yaitu 7-8 jam untuk orang dewasa. Mitos 3: Anda dapat mengganti jam tidur yang hilang. Satu-satunya cara untuk ?menebus? waktu tidur yang hilang adalah dengan mengatur ulang jadwal aktivitas Anda, terutama jam t [...]

Sisi Positif dan Negatif Masturbasi

Sisi Positif dan Negatif Masturbasi

Ada banyak klaim yang menyebut bahwa masturbasi dapat menyebabkan jerawat, memengaruhi produksi sperma, hingga kegilaan. Benarkah? Ternyata masturbasi merupakan aktivitas seksual yang paling sering dilakukan di dunia ini. Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 89 persen wanita dan 95 persen pria pernah melakukannya. Masturbasi adalah tindakan merangsang diri sendiri atau orang lain dengan cara menyentuh, meraba, atau memijat organ kelamin sendiri. Tujuannya untuk mencapai kesenangan dan sensasi seperti yang dirasakan seperti saat mencapai orgasme atau klimaks pada hubungan seksual. Pria umumnya melakukannya dengan meraba penis, sementara wanita menyentuh dan memainkan klitoris serta area di sekitar vagina. Klitoris adalah tonjolan kecil pada bagian depan jalan masuk ke vagina. Sebagian besar wanita membutuhkan stimulasi klitoris untuk mencapai klimaks dalam berhubungan seksual. Klitoris memang adalah bagian yang sangat sensitif sehingga dapat mendatangkan perasaan yang kuat dan kepuasan seksual. Normalkah Melakukan Masturbasi? Dahulu masturbasi sempat disebut sebagai tanda ketidaksehatan mental. Namun kini masturbasi dipahami sebagai pilihan personal dan tergolong aktivitas norma [...]

Senyum Cantik dengan Veneer Gigi

Senyum Cantik dengan Veneer Gigi

Gigi cantik dan putih bisa Anda dapatkan dan pamerkan. Ini semua berkat veneer gigi. Veneer gigi adalah prosedur kecantikan dari kedokteran gigi untuk membantu meningkatkan warna, bentuk, dan posisi gigi serta memperbaiki gigi yang gompal. Veneer gigi terbuat dari lapisan tipis porselen yang dipasang untuk menutupi permukaan depan gigi. Veneer gigi dapat bertahan hingga bertahun-tahun sebelum akhirnya rusak atau terkelupas dan perlu diganti. Veneer biasanya digunakan untuk memperbaiki gigi yang berubah warna, patah, rusak, tidak sejajar, tidak rata, tidak teratur bentuknya, atau yang memiliki celah. Ada dua jenis veneer, yaitu yang terbuat dari porselen atau bahan komposit resin. Veneer porselen lebih tahan lama, tidak mudah berubah warna, dan lebih mirip gigi asli dibanding veneer resin yang lebih tipis. Prosedur Veneer Biasanya dibutuhkan tiga kali kunjungan ke dokter gigi untuk memasang veneer gigi, yaitu sekali untuk konsultasi dan dua kali untuk membuat dan memasangkan veneer. Prosedur pemasangan veneer gigi antara lain: Dokter gigi akan memeriksa apakah gigi terdapat Enamel atau lapisan terluar gigi akan dikikis sedikit (sekira 0,5 millimeter) untuk mempersiapkan tempat ba [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *