Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Cara Mengatasinya

penyebab-kulit-wajah-mengelupas-dan-cara-mengatasinya-alodokter.jpg

Kulit wajah mengelupas bisa terjadi karena zat-zat yang dapat merusak dan mengiritasi kulit. Selain itu juga bisa disebabkan oleh jenis kulit yang diturunkan, sinar matahari, atau penyakit.

Pengelupasan pada kulit wajah juga akan diiringi oleh pengeringan kulit, rasa gatal, iritasi dan ruam.

Berikut beberapa penyebab kulit wajah mengelupas:

Terbakar sinar matahari. Sering terkena sinar matahari bisa membuat kulit wajah mengelupas. Sebelum mengelupas, fase yang akan Anda alami yaitu kulit memerah, sakit dan panas ketika disentuh. Biasanya ini terjadi sekitar beberapa jam setelah terpapar sinar matahari. Setelah beberapa hari dari fase tersebut, lapisan kulit rusak akan mengelupas dan kulit akan sembuh dengan sendirinya. Pengelupasan ini mungkin membuat warna kulit menjadi tidak merata dan tampak seperti berpola.

Kulit kering. Buat Anda yang memiliki jenis kulit kering, risiko kulit wajah mengelupas lebih tinggi, terutama jika terus-menerus bersentuhan dengan air, sabun, dan krim yang mengandung zat keras, air panas, cuaca sangat panas dan dingin, dan sinar matahari.

Memiliki kulit kering sebenarnya tidak berbahaya, tapi ada juga yang mengalami gangguan serius seperti iktiosis. Iktiosis merupakan gangguan kulit turunan.

Alergi. Ketika kulit wajah bersentuhan dengan alergen (zat pemicu alergi), kulit bisa bereaksi. Tidak hanya pengelupasan kulit, reaksi yang ditimbulkan mungkin bisa menyebabkan gatal-gatal, ruam atau melepuh.

Efek obat-obatan. Beberapa obat-obatan seperti krim retinoid bisa membuat kulit mengelupas. Krim retinoid biasa digunakan untuk mengatasi jerawat, mengurangi kerutan, dan mencerahkan flek-flek coklat. Krim ini bekerja dengan cara mendorong sel-sel kulit untuk mati dan beregenerasi. Hasilnya, kulit lapisan atas wajah mengelupas guna membuka jalan untuk tumbuhnya sel-sel kulit baru.

Selain itu, efek obat-obatan kemoterapi juga bisa membuat kulit wajah mengelupas.

Atopik dermatitis (eksim). Kondisi ini bersifat kronis (jangka panjang) dan cenderung sering kambuh secara berkala. Penyebab eksim tidak bisa diketahui secara pasti, tapi kondisi ini kerap dihubungkan dengan kulit kering, cuaca, gangguan sistem imun, bakteri staphylococcus aureus, dan gen.

Hingga kini belum ada obat untuk menyembuhkan kondisi ini. Namun, ada perawatan yang bisa mencegah kulit mengelupas dan meringankan rasa gatal.

Cara Mengatasi Kulit Mengelupas

Mengatasi kulit wajah mengelupas disesuaikan oleh penyebabnya. Namun, secara umum, kulit mengelupas bisa ditangani dengan cara berikut ini:

  • Kompres kulit dengan air dingin.
  • Konsumsi banyak air.
  • Rutin mengoleskan pelembap, terutama sehabis mandi.
  • Minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di toko obat seperti naproxen dan ibuprofen.

Selain perawatan sederhana di atas, Anda bisa melakukan penanganan tambahan jika mengalami pengelupasan kulit wajah yang disebabkan oleh penyakit atau kondisi tertentu yang Anda alami.

  • Cara mengatasi kulit wajah mengelupas akibat alergi yaitu mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini bisa meringankan reaksi yang ditimbulkan oleh alergi.
  • Jika Anda menderita eksim, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Kemungkinan dokter akan memberikan resep krim mengandung corticosteroid, tacrolimus atau pimecrolimus. Dokter juga mungkin akan merekomendasikan terapi seperti terapi cahaya.
  • Pengelupasan kulit akibat efek obat-obatan bisa diatasi dengan cara menghentikan penggunaannya. Namun jika Anda sedang menjalani kemoterapi, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum menghentikan pengobatan.
  • Untuk mengatasi kulit wajah mengelupas akibat penyakit genetik, ada baiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Selagi kulit wajah mengelupas, jauhi kulit dari hal-hal yang dapat memperburuk kondisi kulit seperti terpapar sinar matahari, sabun, krim, losion dan kosmetik yang mengandung zat keras, air panas, serta kondisi cuaca yang ekstrem seperti sangat panas atau dingin.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Di Balik Kegurihannya, Terdapat Manfaat Kacang yang Melimpah

Di Balik Kegurihannya, Terdapat Manfaat Kacang yang Melimpah

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa rutin memakan kacang berkaitan dengan tingginya harapan hidup. Hal ini dikarenakanterdapat dugaan bahwa manfaat kacang dapat menurunkan risiko kematian akibat berbagai penyakit tertentu. Semua jenis kacang memiliki manfaat yang hampir sama bagi kesehatan. Asam lemak tak jenuh dan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya,penting untuk tubuh. Untuk sebuah camilan yang menyehatkan, kacang mudah didapatkan dan aman dikonsumsi kapan saja. Kandungandan Manfaat Kacang yang Baik untuk Kesehatan Selain asam lemak tidak jenuh, kacang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Nutrisi-nutrisi tersebut antara lain: L-arginin Arginin adalah asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat. Fungsi oksida nitrat adalah untuk melebarkan pembuluh darah. Dengan kata lain, arginin dapat membantu dinding arteri lebih elastis dan mengurangi risiko terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah. Sterol Sterol bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Produk-produk lain, seperti margarin, sering ditambahkan sterol agar lebih menyehatkan, tapi justru kacang sudah mengandung sterol secara alami. Serat Salah satu manfaat serat bagi kesehatan [...]

Apakah Makanan Pedas Menyebabkan Sakit Maag?

Apakah Makanan Pedas Menyebabkan Sakit Maag?

Hampir tidak ada bukti ilmiah kuat yang dapat mengonfirmasi bahwa makanan pedas menyebabkan sakit maag. Banyak orang mengira makanan pedas akan menyebabkan inflamasi pada organ pencernaan. Padahal sebenarnya hal ini sama sekali belum terbukti. Asal Rasa Pedas Rasa pedas yang Anda rasakan tiap kali menyantap makanan yang mengandung cabai berasal dari zat kimia di dalamnya yang disebut dengan capsaicin. Zat ini mengaktifkan reseptor yang menyampaikan pesan ke otak untuk menerjemahkan sensasi pedas. Meski begitu, rasa pedas dari capsaicin tidak menyebabkan sakit maag. Mengenal Penyebab Sakit Maag Sakit maag terjadi ketika keasaman lambung tidak seimbang sehingga menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan atau luka pada lapisan dinding lambung. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori atau H. pylori sehingga mengakibatkan nyeri ulu hati, rasa kembung, dan nyeri lambung. Orang yang mengonsumsi makanan pedas akan merasakan nyeri. Rasa nyeri ini bisa serupa dengan rasa nyeri ketika sakit maag sedang kambuh. Tapi, rasa nyeri akibat makanan pedas bukanlah disebabkan oleh gangguan pada keasaman lambung seperti dalam kondisi sakit maag. Pada nyatanya, bahan kimia c [...]

Tidak Sulit Menyamarkan Selulit

Tidak Sulit Menyamarkan Selulit

Selulit bukan diakibatkan oleh kelebihan berat badan. Semua orang, termasuk yang kurus sekalipun, dapat memiliki selulit. Selulit adalah guratan menyerupai kulit jeruk yang umumnya terlihat pada paha, lengan, pinggul, bokong, dan perut. Pada kondisi yang lebih parah, selulit membuat kulit tampak bergelombang. Tetapi selulit yang ringan hanya akan tampak jika kulit dicubit atau ditarik. Selulit disebabkan oleh tumpukan lemak di antara jaringan ikat fibrosa kulit dan lapisan otot di bawahnya. Pertambahan lemak mendorong kulit ke atas, sementara jaringan ikat terus menekan ke bawah. Kondisi inilah yang menyebabkan permukaan kulit tampak bergelambir dan tidak rata. Selulit umumnya bisa disamarkan atau dikurangi, tapi agak sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Beberapa faktor membuat orang lebih berisiko mengalami selulit seperti pertambahan berat badan, pertambahan usia, faktor genetis, pasca-persalinan, pola makan buruk, perubahan hormon, dehidrasi, serta kurang aktif bergerak. Meski terdengar seperti istilah medis, selulit sebenarnya adalah kondisi yang tidak berbahaya dan sangat umum dialami kebanyakan wanita dan sebagian kecil pria. Selulit menjadi masalah karena membuat banyak wan [...]

Manisnya Nutrisi di Dalam Manfaat Ubi Jalar

Manisnya Nutrisi di Dalam Manfaat Ubi Jalar

Ubi jalar atau dikenal juga dengan ketela rambatternyata mengandung nutrisi yang dapat membantu untuk melawan beberapa penyakit. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ubi jalar dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Masih banyak manfaat lain dari ubi jalar, terutama yang berkaitan dengan penambahan energi pada tubuh, peningkatan imunitas tubuh, dan penurunan berat badan. Ubi jalar dapat diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dimakan dengan cara dihaluskan. Makanan ini sudah terasa manis alami, sehingga dapat disantap tanpa penambahan gula. Kandungan Nutrisi pada Ubi Jalar Seharusnya setiap orang memasukkan makanan ini dalam daftar makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari. Sebab, makanan ini mengandung banyak vitamin A yang tinggi, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Selain itu juga mengandung 37 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. Ubi jalar ukuran sedang yang sudah dipanggang hanya memiliki 105 kalori, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Kandungan nutrisi penting lainnya pada ubi jalar yaitu 28 persen mangan, 16 persen vitamin B-6, dan 15 persen potasium. Selain itu, ubi ja [...]

Bahan Kimia di Balik Cat Rambut

Bahan Kimia di Balik Cat Rambut

Mewarnai rambut bisa membuat penampilan seseorang terlihat berbeda. Tidak heran jika pada akhirnya banyak orang yang mengubah warna rambutnya. Hal itu ditunjang pula oleh tren warna rambut yang datang silih berganti pada tiap tahunnya. Di balik itu semua, keamanan cat rambut masih dipertanyakan. Menurut penelitian, bahan-bahan kimia pada cat rambut bisa membahayakan kesehatan penggunanya. Jenis Cat Rambut dan Komposisinya Umumnya, jenis cat rambut terdiri dari permanen, semipermanen, dan temporer. Bahan kimia utama yang digunakannya pun berbeda-beda. Cat rambut permanen Cara ini paling digemari oleh masyarakat karena dapat memberi efek warna rambut permanen (tahan lama) dengan memakai teknik pewarnaan oksidasi. Oksidator yang dipakai biasanya hidrogen peroksida dan amonia. Kombinasi antara hidrogen peroksida dan senyawa utama lainnya (1,4-diaminobenzena atau 4-aminofenol) dapat memudarkan warna asli rambut sehingga menjadi kanvas kosong yang bisa diwarnai apa saja. Sementara amonia berfungsi membuka pori-pori rambut sehingga warna bisa melekat dan mempercepat reaksi pewarnaan pada rambut. Cat rambut semipermanen Cat rambut jenis ini memiliki kandungan hidrogen peroksida atau amo [...]

Apakah Aman Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Ear Candle?

Apakah Aman Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Ear Candle?

Kotoran telinga yang jarang dibersihkan akan mengganggu kenyamanan. Ear candle adalah satu pilihan untuk membersihkannya. Tetapi apakah ada efek sampingnya? Akhir-akhir ini ear candle banyak dipilih untuk membersihkan kotoran telinga karena dianggap lebih praktis dan lebih bersih. Para penyedia perawatan telinga ini juga mengklaim penggunaan ear candle dapat memberikan efek relaksasi bahkan diduga dapat menyembuhkan sinusitis, sakit kepala, kanker, dan memperlancar peredaran darah. Sayangnya, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa hal ini dapat efektif membersihkan kotoran telinga. Bahkan, beberapa artikel kesehatan menyebutkan ear candle justru dapat menyebabkan kotoran telinga masuk lebih dalam dan menimbulkan cedera baik di dalam telinga maupun di luar. Akibat Penggunaan Ear candle Penggunaan ear candle dapat menimbulkan beberapa akibat yang dapat membahayakan. Berikut ini adalah beberapa cedera atau risiko perawatan ear candle: Telinga tersumbat oleh lelehan lilin Infeksi telinga bagian luar Hilangnya pendengaran yang bersifat sementara Kerusakan atau berlubangnya gendang telinga Masuknya abu ke dalam gendang telinga Luka bakar pada gendang telinga, dan telinga bagian d [...]

Susah Bangun Tidur? Coba Dulu Tips Ini

Susah Bangun Tidur? Coba Dulu Tips Ini

Mata berat seperti dilem ketika bangun tidur di pagi hari tidak hanya masalah bagi satu orang. Susah bangun tidur bisa diatasi jika Anda tahu bagaimana caranya. Pernah mengalami pasang banyak jam alarm fisik maupun di telepon selular dengan suara lantang tapi tetap susah dan malas bangun tidur? Susah bangun tidur tak hanya membuang-buang waktu, tapi juga bisa membuat Anda terlambat datang ke kantor, kampus, sekolah, atau kegiatan lainnya. Beberapa langkah di bawah ini mungkin bisa mengatasi kesulitan bangun tidur Anda. Kenali jam tubuh sendiri Tubuh membuat perubahan untuk mengantisipasi Anda yang ingin tidur. Hal ini dilakukan dengan cara seperti menurunkan suhu tubuh dan detak jantung, satu atau dua jam sebelum tidur. Selain itu, tubuh pun melepaskan melatonin ke dalam aliran darah. Kegiatan ini akan memuncak pada pukul 3-4 pagi dan setelah itu tubuh mulai proses bangun tidur. Pada pukul 4-6 pagi, kebanyakan orang justru sedang tidur dengan lelapnya. Bangun tidur pada jam-jam tersebut pun akan terasa sangat sulit. Jika jadwal tidur Anda kacau atau tidak konsisten, Anda mungkin tidak tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tidur secara alami. Dianjurkan untuk m [...]

Cara Tidur Nyenyak Ternyata Tidak Sulit

Cara Tidur Nyenyak Ternyata Tidak Sulit

Kualitas tidur malam yang baik akan membuat Anda merasa segar keesokan harinya. Untuk mendapatkan tidur berkualitas, mari cari tahu mengenai bagaimana cara tidur nyenyak. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan tidur terkait dengan menurunnya daya berpikir dan memproses informasi. Kekurangan tidur juga terkait erat dengan kejadian kecelakaan kerja. Lebih jauh lagi, jika dibiarkan dalam jangka panjang, kurang tidur diasosiasikan dengan meningkatnya risiko serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Setidaknya Ada Empat Penyebab Sulit Tidur Jika Anda mengalami sulit tidur, dianjurkan untuk mengetahui penyebabnya. Tujuannya agar Anda mudah mengantisipasi kondisi ini. Beberapa hal yang terkait dengan kesulitan tidur antara lain: Stres Tidak bisa dimungkiri, permasalahan hidup seperti konflik dalam rumah tangga atau urusan pekerjaan dapat membuat Anda stres. Masalah semacam itu seperti terus-menerus berputar dan menempati ruang di kepala dan membuat Anda terus memikirkannya. Anda dapat menjadi lebih lama terjaga dan menjadi sulit tidur. Usia Memasuki usia 40 tahun, pada umumnya muncul kecenderungan perubahan pola tidur. Jika pada usia sebelumnya dapat tidur n [...]

Ambil Sejumlah Manfaat Wortel dari Resep Ini

Ambil Sejumlah Manfaat Wortel dari Resep Ini

Wortel, sayuran berwarna oranye ini banyak digemari, baik karena rasanya yang manis maupun manfaatnya yang melimpah. Wortel diketahui kaya akan antioksidan yang berperan penting mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Bahkan, pada awalnya wortel dibudidayakan sebagai tanaman obat. Mau tahu apa saja hal-hal positif yang terkandung di dalamnya? Berikut adalah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh. Pencegah Kanker Kandungan karotenoid dalam wortel merupakan antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas dipercaya dapat memicu beberapa penyakit kronis seperti kanker, serta mempercepat penuaan dini. Sebuah penelitian menemukan bahwa diet yang kaya akan beta-karoten, yaitu salah satu jenis karotenoid, untuk lelaki muda dapat membantu mencegah sel kanker prostat. Selain itu, konsumsi wortel juga dikaitkan dengan proteksi terhadap terjadinya kanker usus besar. Sebuah studi mengungkapkan bahwa perokok yang tidak mengonsumsi wortel memiliki risiko kanker paru-paru tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang rutin mengonsumsi wortel, setidaknya sekali dalam seminggu. Namun demikian, bila Anda adalah perokok, mengonsumsi wortel [...]

Meredupnya Gairah Mengganggu Seksualitas Suami Istri

Meredupnya Gairah Mengganggu Seksualitas Suami Istri

Gairah seksual merupakan faktor terpenting dalam kehidupan seksualitas suami-istri. Penurunan atau hilangnya gairah tersebut tentu dapat mengganggu hubungan. Namun apa sajakah penyebabnya dan bagaimana mengatasinya? Redupnya gairah seksual atau libido umumnya muncul secara bertahap, jarang yang terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini umumnya berkembang dalam jangka waktu beberapa bulan. Mendeteksi Sejak Dini Jangan salah, frekuensi aktivitas seksual tidak dapat menjadi ukuran dari gairah seksual suami-istri. Berbagai hal yang terjadi dalam rumah tangga bisa saja menghalangi aktivitas tersebut. Namun, jika hubungan seksual Anda lebih sedikit dari frekuensi pasangan pada umumnya, yaitu sekitar satu kali dalam seminggu, ada baiknya Anda menelaah lebih lanjut mengenai hal tersebut. Para ahli menyebutkan, permasalahan semacam ini lebih baik ditangani secepatnya. Ada beberapa indikasi yang menandakan seorang pria kemungkinan tengah mengalami hal tersebut. Pertama, pria merasa seks tidak lagi menjadi saat yang dinantikan untuk mendekatkan diri dengan pasangan dan hanya menjadi bagian dari rutinitas. Selain itu, indikasi lain seperti semakin berkurangnya pikiran atau fantasi seks terhadap [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *