Penyebab Radang Tenggorokan

penyebab-radang-tenggorokan.jpg

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang dapat menyerang segala kalangan usia namun risiko terjadinya radang tenggorokan akan lebih besar pada beberapa orang yaitu anak-anak, perokok, penderita alergi dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Radang tenggorokan merupakan rasa sakit, gatal atau iritasi yang terjadi di tenggorokan. Si penderita juga umumnya akan mengalami kesulitan menelan makanan dan cairan dan rasa sakit akan bertambah parah saat mencoba menelan. Namun gejala lainnya juga meliputi tenggorokan kering, pembengkakan kelenjar di bagian leher, bercak putih di tonsil dan suara serak.

Penyebab radang tenggorokan dapat terjadi akibat infeksi virus, infeksi bakteria, dan juga penyebab lainnya. Mari kita lihat satu demi satu penyebab radang tenggorokan ini.

Infeksi Virus
Sebagian besar radang tenggorokan dipicu oleh infeksi-infeksi yang diakibatkan oleh virus. Beberapa penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan adalah:
?Campak
?Cacar air
?Mononukleosis
?Common cold
?Flu atau Influenza
?Infeksi pada pita suara
?Penyakit gondok
?Herpangina
Virus-virus yang menyebabkan penyakit infeksi di atas antara lain: rhinovirus, coronavirus, virus parainfluenza, virus flu tipe A dan B, adenovirus, virus herpes simpleks tipe 1 dan juga virus Epstein-Barr.

Infeksi Bakteria
Infeksi yang disebabkan oleh bakteria bisa juga menjadi penyebab radang tenggorokan. Beberapa tipe infeksi karena bakteri antara lain:
?Radang tenggorokan yang disertai oleh demam yang disebabkan oleh bakteri Streptococcal
?Difteri yang merupakan penyakit saluran pernapasan yang sangat menular
?Batuk rejan yang merupakan penyakit yang terjadi di selaput lendir pernapasan
?Infeksi seperti tonsilitis, abses peritonsiliar, epiglotiitis, uvulitis, gonorea atau kencing nanah, klamidia.

Penyebab Radang Tenggorokan Lainnya
Penyebab lainnya yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan antara lain:
?Alergi
Alergi terhadap bulu hewan, debu, serbuk sari, dan jamur dapat menyebabkan radang tenggorokan.

?Kekeringan
Udara kering di dalam ruangan terutama di musim dingin ketika bangunan dipanaskan dapat menyebabkan tenggorokan terasa kasar dan gatal terutama pagi hari ketika pertama kali bangun. Bernapas melalui mulut juga dapat menyebabkan tenggorookan kering dan serak

?Iritasi
Polusi udara bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan secara berkelanjutan. Polusi di dalam ruangan seperti asap rokok atau kimia juga bisa menyebabkan radang tenggorokan kronis. Mengunyah tembakau, meminum alkohol dan memakan makanan pedas juga bisa mengiritasi tenggorokan.

?Tegang otot
Anda bisa menegangkan otot di bagian tenggorokan Anda sama seperti anda menegangkan otot bagian tangan atau kaki Anda. Berteriak saat pertandingan olahraga, mencoba berbicara pada seseorang pada lingkungan yang berisik atau berbicara dalam jangka waktu yang panjang tanpa istirahat juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan dan suara serak.

?GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)
GERD merupakan gangguan sistem pencernaan dimana cairan asam lambung atau isi lambung lainnya naik kembali ke esofagus. Gejala lainnya dapat meliputi rasa terbakar di ulu hati, suara serak, ada rasa terganjal di tenggorokan, dan juga regurgitasi isi perut.

?Infeksi HIV atau AIDS
Radang tenggorokan dan gejala seperti flu lainnya juga terkadang muncul setelah seseorang terinfeksi dengan HIV. Penderita HIV positif juga bisa menderita radang tenggorokan kronis karena infeksi sekunder.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sakit Tenggorokan Hilang Secara Instan

Sakit Tenggorokan Hilang Secara Instan

Udara kering dan penuh polusi, pola makan berminyak dan flu dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Untuk meredakannya, Anda bisa mengonsumsi obat rekomendasi dokter atau mencoba cara-cara alami seperti berikut ini. 1. Bersihkan Bersihkan tenggorokan Anda dengan cara berkumur dengan air garam. Menurut Student Health Services di University of Connecticut seperti dikutip oleh situs Health Line,air garam mampu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi sekresi lendir dan membunuh bakteri penyebab gatal tenggorokan. Pilihan lain: Berkumur dengan cairan asam cuka apel organik. Cairan cuka asam apel mengandung senyawa antibakteri untuk membantu menyembuhkan infeksi tenggorokan. Cuka asam apel yang diminum dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan sel-T yang berfungsi meningkatkan kekebalan dan melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. 2.Cegah Pencegahan adalah obat terbaik sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus. Misalnya Anda merasa sakit tenggorokan di pagi hari, bisa jadi itu karena Anda bernapas dengan mulut saat sedang tidur. Akibatnya, tenggorokan jadi terasa kering. Hal ini juga bisa memicu terjadinya refluks asam (pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkonga [...]

Mudik Nyaman Bebas Sakit Tenggorokan

Mudik Nyaman Bebas Sakit Tenggorokan

Mudik adalah momen yang paling ditunggu menjelang Lebaran. Demi bisa mudik ke kampung halaman dan bertemu sanak keluarga, banyak yang rela bermacet-macetan di jalan. Bahkan demi mudik berjalan lancar, persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Namun, seringkali yang luput dari perhatian banyak orang adalah mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap bugar saat mudik. Padahal, kesehatan adalah modal penting sukses tidaknya mudik Anda. Tidak mau kan, mudik terpaksa batal gara-gara kesehatan Anda mendadak terganggu? Kalau pun Anda merasa tidak punya masalah dengan kesehatan, tapi perjalanan mudik bisa membuat Anda rentan terserang penyakit, lho. Salah satu penyakit yang mudah menyerang para pemudik adalah sakit tenggorokan. Dehidrasi, kelelahan, polusi di jalan, makanan yang terjaga kesehatan dan kebersihannya, serta kurangnya tubuh bergerak, membuat imunitas tubuh menurun. Dan penyakit yang mudah menyerang saat kondisi tubuh Anda drop adalah radang tenggorokan. Radang tenggorokan itu biasanya disebabkan oleh virus. Meski begitu, bakteri juga bisa jadi penyebab radang tenggorokan. Ciri-ciri Anda terserang radang tenggorokan adalah sakit, merah, panas, sulit menelan, gatal, suara serak dan b [...]

Cara Mengurangi Risiko Bahaya Kabut Asap

Cara Mengurangi Risiko Bahaya Kabut Asap

Kabut asap masih melanda beberapa kota di Indonesia. Pekatnya kabut asap membuat aktivitas masyarakat seakan terhenti. Bayak sudah yang menjadi korban akibat kabut asap. Penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) mengancam ribuan masyarakat yang terpapar kabut asap. Berbagai upaya pemadaman kebakaran hutan terus dilakukan, namun belum juga membuahkan hasil optimal. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kabut asap dan mengapa berbahaya bagi kesehatan. Bagaimana kabut asap dapat memengaruhi kesehatan? Bagaimana asap dapat memengaruhi kesehatan tergantung pada beberapa faktor, misalnya lama waktu paparan, berapa banyak asap yang terisap, status kesehatan individu, dan konsentrasi asap yang diisap. Asap terbangun dari beberapa komponen. Material paling membahayakan dari asap kebakaran hutan adalah partikel-partikel kecil yang disebut partikulat. Partikulat bisa menyebabkan sulit bernapas dan batuk-batuk. Juga dapat memperburuk kondisi jantung dan paru-paru. Siapa yang paling berisiko terhadap bahaya kabut asap? Anak-anak,orang tua, dan orang dengan gangguan jantung atau paru-paru seperti asma, bronkitis kronis, emfisema, dan penyakit jantung lebih sensitif terhadap e [...]

Usir Batuk di Malam Hari

Usir Batuk di Malam Hari

Pernahkah Anda mendadak mengalami batuk di malam hari, padahal di siang hari, Anda merasa baik-baik saja? Atau batuk dan tenggorokan gatal yang Anda rasakan, seakan makin intens di malam hari? Tak hanya Anda, banyak orang yang mengalami hal yang sama. Meski hal sering dikira sebagai kepercayaan dan sugesti belaka, namun pada dasarnya terdapat penjelasan medis mengenai kondisi batuk yang semakin intens di malam hari. Batuk merupakan salah satu gejala dari adanya penyakit flu dan sebenarnya dapat segera pulih dengan banyak meminum air putih, mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, dan obat jenis decongestant atau penghilang hidung tersumbat, yang diikuti dengan banyak beristirahat. Saat batuk terjadi karena flu, tubuh Anda mengalami infeksi sehingga dibutuhkan lebih banyak istirahat dari biasanya. Meski demikian, dengan batuk yang semakin intens di malam hari, istirahat menjadi semakin sulit dilakukan. Beberapa alasan terjadinya batuk yang semakin menjadi-jadi di malam hari antara lain: 1.Adanya daya tarik bumi saat tubuh terbaring telentang membuat reflux gastroesophageal menanjak naik karena adanya kubangan lendir yang tercipta dengan posisi berbaring dan memicu timbulnya batuk. Un [...]

Redakan Panas Dalam Pemicu Radang Tenggorokan

Redakan Panas Dalam Pemicu Radang Tenggorokan

Panas dalam merupakan keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Panas dalam bukanlah suatu penyakit melainkan suatu kondisi di mana tubuh mengalami panas yang berlebihan, terutama di sistem pencernaan. Panas dalam bisa disebabkan karena kekurangan vitamin C, kurang mengonsumsi serat, tubuh mengalami dehidrasi, mengonsumsi berlebihan makanan yang berlemak seperti gorengan, atau bahkan karena cuaca panas. Tidak seimbangnya mengonsumsi makanan yang bersifat panas dan dingin juga bisa menjadi penyebab munculnya gejala panas dalam. Makanan yang bersifat panas antara lain gorengan, cabai, lemak, daging dan lainnya. Sedangkan sayuran dan buah-buahan dimasukkan dalam jenis makanan dingin. Dalam dunia medis tidak dikenal istilah panas dalam. Hanya saja, banyak orang yang telanjur menganggap bahwa gejala-gejala yang timbul, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, tenggorokan kering, tenggorokan gatal, bersin-bersin, gangguan pencernaan dan tubuh meriang, adalah gejala panas dalam. Untuk mengobati panas dalam sebenarnya mudah saja, tergantung dari keluhan yang Anda rasakan. Jika gejalanya ada di tenggorokan, maka yang diobati adalah tenggorokannya. Rasa nyeri, gatal dan iritasi yang terjadi [...]

Bebas Gatal Pada Tenggorokan

Bebas Gatal Pada Tenggorokan

Tenggorokan gatal? Pasti sangat mengganggu. Aktivitas juga jadi terganggu gara-gara tenggorokan tidak bisa diajak kompromi. Memang sih, gatal pada tenggorokan bukan keluhan penyakit serius, namun bila tidak kunjung hilang rasa gatalnya, tentunya bikin kita stres. Gatal pada tenggorokan biasanya disertai juga dengan batuk. Kedua kondisi ini kerap datang secara bersamaan yang disebabkan oleh berbagai penyakit atau kondisi kesehatan. Mengapa tenggorokan bisa gatal? Di dalam tenggorokan ada selaput lendir yang terdiri dari beberapa susunan syaraf. Keberadaan lendir tersebut untuk melindungi ujung-ujung syaraf dan dinding bagian dalam tenggorokan. Lendir itu sendiri diproduksi oleh kelenjar kecil yang terdapat pada selaput lendir. Jika lendir itu mengering atau kelenjar tidak menghasilkan lendir yang cukup, ujung-ujung syaraf tenggorokan akan mengalami iritasi sehingga muncullah rasa gatal pada tenggorokan. Kelenjar tidak menghasilkan lendir yang cukup sehingga berakibat gatal, karena beberapa hal di antaranya alergi, batuk pilek, asma, infeksi di saluran pernapasan, juga iritasi karena terpapar debu atau debu kering. Di negara berikim tropis seperti Indonesia, penyebabnya kebanyakan ad [...]

Sakit Saat Menelan, Ini Sebabnya

Sakit Saat Menelan, Ini Sebabnya

Sakit saat menelan? Keluhan ini memang termasuk umum, setiap orang pasti pernah mengalaminya. Meski bukan termasuk penyakit berat, namun sangat mengganggu. Pasalnya, akibat lanjutan dari keluhan ini adalah Anda akan menjadi mudah sakit karena Anda jadi tidak nafsu makan, sehingga daya tahan tubuh menurun. Padahal tubuh membutuhkan nutrisi- yang didapat dari makanan, untuk meningkatkan imunitasnya terhadap penyakit. Pada kasus yang lebih serius, rasa sakit saat menelan seringkali menimbulkan penyakit lain, seperti dysphagia, yaitu masalah yang timbul pada tenggorokan, atau kerongkongan yang menyebabkan pasien mengalami kesulitan dalam menelan. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang dewasa, bayi dan orang yang memiliki masalah pada otak atau sistem saraf. Biasanya sakit saat menelan dihubungkan dengan keluhan radang tenggorokan. Selain itu, batuk kering juga seringkali menyebabkan rasa sakit saat menelan. Radang tenggorokan memang dapat membuat Anda mengalami nyeri, luka dan iritasi. Kondisi tersebut yang membuat Anda merasa sakit saat menelan sesuatu. Sedangkan sakit menelan karena batuk kering disebabkan tidak adanya lendir di tenggorokan sehingga mengakibatkan tenggorokan Anda m [...]

Usir Alergi di Pagi Hari dengan Strepsils

Usir Alergi di Pagi Hari dengan Strepsils

Bangun pagi di hari dengan tenggorokan gatal dan hidung tersumbat? Anda tidak sendiri. Banyak sekali penderita alergi di pagi hari yang juga mengalami hal yang sama. Penyebab utama dari kondisi ini adalah alergi, namun pemicu alergi ini biasanya adalah keberadaan makhluk kecil di kasur yang mendiami bantal dan selimut Anda. Makhluk kecil ini hidup dari sel-sel kulit mati yang tertinggal di tempat tidur. Mereka mendiami kasur dan bantal tempat tidur Anda. Kutu kasur akan merajalela di tempat tidur yang jarang terkena cahaya, hangat dan lembap. Zat-zat yang dibuang oleh kutu kasur dan pembusukan sel-sel mati secara tidak disadari menumpuk, memicu reaksi alergi pada manusia yang mendiami tempat tidur tersebut, dan menghirup zat-zat yang dikeluarkan oleh kutu kasur. Penyebab lain dari terjadinya alergi di pagi hari adalah debu. Alergi pada debu dapat masuk ke aliran darah dan mengaktifkan respons imun yang mulai merangsang tubuh untuk mengalami berbagai gejala alergi di pagi hari. Akibatnya, tenggorokan yang serak disertai dengan mata berair, hidung berair dan bersin dapat dialami di pagi hari. Agar sesak napas, hidung tersumbat dan tenggorokan gatal di pagi hari dapat segera diatasi, [...]

Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Tenggorokan Anda

Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Tenggorokan Anda

Sakit tenggorokan kerap dianggap penyakit ringan penyerta flu saja. Faktanya, menurut ilmu kedokteran, sakit tenggorokan tidak bisa diremehkan karena bisa menyumbat jalan napas karena tonsil membesar pada jenis sakit tenggorokan tonsillitis. Bahkan bisa memicu pneumonia atau radang paru pada sakit tenggorokan jenis laringitis yang sudah kronis. Laringitis adalah peradangan pita suara akibat jamur, virus atau bakteri. Penyebab paling umum dari sakit tenggorokan adalah virus. Sakit tenggorokan karena virus seringkali disertai dengan gejala flu seperti hidung berlendir, batuk, mata merah atau berair dan bersin-bersin. Virus mudah menyerang jika pertahanan tubuh kita lemah. Pertahanan tubuh lemah seringkali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, yang sayangnya masih banyak diterapkan oleh masyarakat kita seperti: 1.Merokok Satu batang rokok mengandung sekitar 4.000 senyawa kimia yang 40 di antaranya bersifat racun. Racun-racun ini mengakibatkan banyak efek negatif terhadap kesehatan seperti kanker, paru-paru, gangguan kesehatan janin, kulit kusam, gangguan hormon, termasuk penurunan daya tahan tubuh yang menyebabkan bakteri, jamur dan virus mudah masuk dan berkembang. Anda perlu: [...]

Obat Sakit Tenggorokan

Obat Sakit Tenggorokan

Sebelum membahas obat sakit tenggorokan, sebaiknya mengetahui tentang sakit tenggorokan itu sendiri. Sakit tenggorokan, seringkali muncul sebagai pertanda awal terserang flu. Tenggorokan akan terasa gatal dan sakit saat menelan. Selain itu, suara juga akan menjadi serak. Sakit tenggorokan seperti ini, biasanya disebabkan oleh virus. Namun, tak selamanya sakit tenggorokan terjadi karena flu atau virus, sakit tenggorokan bisa juga disebabkan oleh bakteri. Pada tiga hari pertama, Anda bisa melakukan pengobatan berikut, untuk meringankan gejala. 1.Meminum obat anti radang Obat ini juga dapat dengan mudah diperoleh di apotek dan berlabelkan NSAID atau non-steroidal anti-inflammatory drug. Jenis obat-obatan ini, dapat meredakan bengkak yang menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan membantu meredakan demam. 2.Kumur dengan air garam Larutan air garam hangat yang digunakan untuk berkumur beberapa kali dalam sehari, dapat mengencerkan dahak dan meredakan bengkak di tenggorokan, sekaligus membilas bakteri. Larutkan setengah sendok teh garam di dalam secangkir air. Tambahkan madu jika rasa asinnya terasa mengganggu. Berkumur dan jangan telan airnya. 3.Permen pereda sakit tenggorokan atau sempr [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *