Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Apa Saja?

penyebab-sakit-pinggang-sebelah-kiri-apa-saja-alodokter.jpg

Sakit pinggang biasanya diderita oleh mereka yang telah memasuki usia antara 30-50 tahun. Saat tubuh semakin tua, tulang akan semakin rapuh dan massa otot menurun. Oleh karena itu, sendi-sendi seperti pinggang lebih rentan cedera dan sakit. Tapi selain akibat gangguan pada sendi, sakit pinggang bisa juga disebabkan oleh ganguan pada organ yang ada di daerah tersebut seperti ginjal.

Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Nyeri pinggang tidak hanya terbatas pada sendi tersebut tapi juga bisa menyebar hinggi ke daerah bokong, pangkal paha dan paha bagian belakang. Rasa sakit tersebut akan kian terasa menyakitkan jika bagian tersebut digerakkan. Kadang, rasa sakit pada bagian pinggang disertai kesemutan atau mati rasa pada bagian bokong atau kaki.

Sakit pinggang bisa menyebabkan kesulitan saat hendak membungkuk dan bersandar. Selain itu otot-otot di sekitar tulang belakang bisa mengalami kejang sehingga menyebabkan rasa kaku pada pinggang. Kombinasi nyeri disertai kejang bisa mengakibatkan pinggang tidak seimbang sehingga membuat postur tubuh berubah atau tidak seimbang.

Apa Saja Penyebabnya?

Pinggang sebelah kiri yang terasa sakit bisadisebabkan oleh beberapa kondisi. Yang paling sering akibat gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat sehingga menyebabkan cedera. Hal lain yang bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri antara lain:

  • Siatika

Siatika disebabkan oleh tertekannya syaraf yang menghubungkan syaraf tulang belakang dan kaki seseorang. Hal ini bisa terjadi ketika orang tersebut mengalami pergeseran cakram tulang belakangnya. Cakram tulang belakang adalah struktur di antara tulang belakang yang berfungsi untuk meresap tekanan dan mempermudah pergerakan sendi tulang belakang. Salah satu ciri umum dari siatik adalah timbulnya kesemutan atau sensasi perih yang menyertai rasa sakit.

  • Spinal spinosis

Penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya syaraf tulang belakang disebut spinal stenosis. Tekanan pada syaraf tulang belakang akibat spinal spinosis bisa menyebabkan kebas, kram, dan lemas pada bagian tubuh manapun, tergantung pada syaraf mana yang tertekan. Umumnya gejala akan bertambah parah dengan posisi berdiri dan berjalan. Penyebab utama spinal stenosis adalah degenerasi cakram tulang belakang.

  • Gangguan pada ginjal

Karena letaknya di daerah pinggang, ginjal yang mengalami gangguan bisa juga menjadi salah satu sumber sakit pinggang sebelah kiri. Sakit yang diakibatkan terganggunya organ ini akan dirasakan di antara tulang rusuk terbawah dan panggul. Gangguan ginjal apakah itu batu ginjal atau infeksi ginjal memiliki potensi membuat nyeri pada pinggang.

  • Otot tegang

Beraktivitas berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa dapat menegangkan otot. Jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan punggung luar biasa, maka otot dan ligamen di punggung bisa tertarik, menjadi tegang dan bahkan robek. Gejala umum dari tegang otot adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Beruntung, kondisi ini bisa diredakan setelah penderitanya melakukan terapi fisik dan istirahat cukup.

Pada perempuan beberapa kondisi lain yang mungkin memengaruhi munculnya rasa sakit di pinggang bagian kiri adalah kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan fibroid pada rahimdan kehamilan.

Kunjungi Dokter

Meski dalam kebanyakan kasus sakit pinggang bisa sembuh dengan sendirinya namun beberapa kasus memerlukan pemeriksaan dokter. Jika saat sakit pinggang sebelah kiri disertai dengan sulitnya mengontrol buang air kecil dan buang air besar, maka harus segera memeriksakan ke dokter.

Hal yang sama wajib dilakukan jika rasa sakit disertai kelumpuhan atau mati rasa di bagian pinggang dan kaki. Berkurangnya massa dan kekuatan otot di kedua kaki yang menyertai sakit pinggang juga memerlukan penanganan dari dokter.

Meski sepertinya sakit pinggang sebelah kiri adalah hal yang sepele, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter jika berkelanjutan dan/atau disertai gejala-gejala lain. Ini supaya penanganan sakit pinggang dapat disesuaikan dengan akar penyebabnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
11 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seksual

11 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seksual

Penyakit Menular Seksual (PMS) dapat tertularkan melalui kontak seksual baik dengan proses hubungan intim via vagina, anal, atau oral. Infeksi dapat tertular dari wanita ke wanita atau dari pria ke pria. Beberapa penyakit menular dapat disembuhkan dengan antibiotik, namun penyakit seperti HIV tidak ada pengobatan untuk menyembuhkan namun terdapat terapi untuk mengurangi gejala. Bila seseorang terinfeksi dengan PMS akan sulit terlihat, oleh karena itu sangat penting untuk memeriksakan diri bila Anda sudah pernah berhubungan intim tanpa perlindungan dengan pasangan bukan tetap. Apa saja gejala klinis yang muncul? Berikut penjelasannya: Gejala Klinis Ketika Tertular Penyakit Menular Seks Banyak yang tidak menyadari kalau mereka terinfeksi oleh PMS, termasuk beberapa wnaita yang terkena infeksi chlamydia. Bila tidak diobati, chlamydia dapat mempengaruhi fertilitas wanita. Sebanyak 50% wanita dan 10% pria yang terinfeksi dengan gonorrhea tidak ada gejala. Segera lakukan pemeriksaan jika Anda menemukan gejala-gejala berikut ini: Nyeri saat buang air kemih Gatal, rasa terbakar atau perasaan kesemutan pada alat kelamin Luka, bintik-bintik atau benjolan pada alat [...]

Antibiotik Bisa Memicu Kekebalan Bakteri

Antibiotik Bisa Memicu Kekebalan Bakteri

Sejak ditemukan antibiotik oleh Alexander Flemming pada tahun 1920-an, penggunaan antibiotik kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Namun kecenderungan yang terjadi, penggunaan antibiotik secara berlebihan justru menimbulkan kerugian. Tidak hanya bagi orang yang mengonsumsi antibiotik, pada sisi lain akan berdampak lebih luas. Ada berbagai antibiotik yang tersedia dengan beragam merek. Biasanya antibiotik dikelompokkan berdasarkan bagaimana cara kerjanya. Tiap jenis antibiotik hanya bekerja melawan bakteri atau parasit jenis tertentu. Itulah alasan antibiotik yang berbeda digunakan untuk mengobati jenis-jenis infeksi yang berbeda pula. Pemilihan Antibiotik Pilihan antibiotik tergantung pada beberapa hal, antara lain: Jenis bakteri yang dituju. Bagian mana dari bakteri yang dituju. Tujuan penggunaan untuk membunuh seluruh bakteri atau terbatas menghentikan perkembangannya. Seberapa lama antibiotik akan digunakan. Bagaimana antibiotik itu akan digunakan. Faktor-faktor lain yang memengaruhi pilihan sebuah antibiotik, termasuk seberapa parah infeksi yang terjadi, bagaimana kondisi ginjal dan hati, jadwal konsumsi serta obat lain yang menyertai, kemungkinan efek samping, dan catatan [...]

Tisu Basah Berbahaya bagi Kulit Bayi. Benarkah?

Tisu Basah Berbahaya bagi Kulit Bayi. Benarkah?

Kehadiran tisu basah mungkin membantu sebagian orang, khususnya yang memiliki bayi. Tapi, ada kekhawatiran mengenai keamanan tisu basah saat diusapkan pada kulit bayi. Tisu basah dapat dipakai menggantikan air saat membersihkan kulit bayi dari berbagai jenis kotoran seperti debu, keringat, cipratan makanan, air seni, atau tinja. Bisa dibilang, benda ini wajib ada di tas perlengkapan bayi. Sebenarnya tisu basah sama efektifnya dengan air ketika digunakan untuk membersihkan kulit bayi dari kotoran. Untuk bayi yang memiliki kulit normal, mungkin tisu basah tidak menimbulkan reaksi negatif ketika diusapkan pada kulit mereka. Namun, reaksi negatif mungkin saja timbul jika mengaplikasikan tisu basah pada kulit bayi yang sensitif. Hal itu mungkin merupakan reaksi yang ditimbulkan oleh bahan-bahan yang terkandung dalam tisu basah. Dahulu, produsen memasukkan bahan pengawet jenis paraben dan formalin pada tisu basah. Tapi setelah zat tersebut dilarang digunakan, produsen beralih ke jenis pengawet lain yaitu methylisothiazolinone (MI). Sayangnya, zat pengawet ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi seperti Ruam parah. Lecet. Gatal-gatal. Pengerasan kulit. Bengkak. Melepuh. Biasanya, are [...]

7 Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres

7 Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres

Stres tidak selalu membawa pengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang mempercepat metabolisme dan memproduksi energi dengan cepat. Tapi ketika dua hormon tersebut diproduksi berlebihan, akan memicu tubuh untuk mengeluarkan asam amino, porassium, fosfor dan magnesium dari dalam tubuh. Proses ini membuat otot melemah dan bisa mengganggu sistem imun, pencernaan dan reproduksi.Akibatnya berbagai gangguan kesehatan timbul seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, sakit kepala hingga insomnia. Jika stres sudah pada tingkat yang mengkhawatirkan bisa memicu depresi, oleh karena itu harus segera diatasi. Salah satunya dengan menambah produksi hormon serotonin dan endorphin di dalam tubuh. Keduanya merupakan hormon bahagia yang membuat tubuh lebih relaks, bahagia dan cepat tidur nyenyak. Produksi serotonin bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ini dia tipsnya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Gandum UtuhJauhi junk food, makanan olahan dan hasil proses dari pabrik. Ganti menu Anda dengan makanan yang lebih sehat seperti oatmeal, roti dan sereal gandum atau bahan makanan lain yang sebagian besar bahan [...]

Berbagai Penyebab Perut Kembung, Tak Selalu Maag dan Masuk Angin

Berbagai Penyebab Perut Kembung, Tak Selalu Maag dan Masuk Angin

Perut kembung menimbulkan rasa tidak nyaman dan umumnya terjadi ketika kadar gas di dalam perut berlebih. Penyebab perut kembung bisa bermacam-macam, misalnya karena maag, masuk angin atau adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi, sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus.Kembung juga bisa disebabkan karena gangguan pencernaan lain seperti iritasi atau infeksi usus dan sembelit. Beberapa makanan juga bisa menyebabkan timbulnya gas berlebih seperti sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi, minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung sorbitol serta fruktosa.Makanan tersebut bisa menyebabkan gas berlebih karena tidak bisa dipecah oleh enzim pencernaan di dalam usus kecil sehingga ketika mencapai usus besar yang mencerna adalah bakteri. Proses ini bisa menghasilkan lebih banyak gas dibandingkan proses pencernaan yang terjadi di usus kecil.Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung. Padahal harusnya gas-gas ini dikeluarkan sehingga tidak menumpuk di perut. Beberapa orang biasanya akan berusaha menghilangkan gas berlebih dari dalam tubuh dengan [...]

Anda Pencinta Kopi atau Pencandu Kafein?

Anda Pencinta Kopi atau Pencandu Kafein?

Tren di ibukota sedang bergeser kepada kopi sebagai gaya hidup. Jika belum lama lalu, mungkin kita hanya mengenal satu atau dua merk gerai kopi yang merupakan franchise dari Amerika Serikat, kini sudah kian banyak merk gerai kopi meramaikan pasar kopi di Indonesia. Kedai kopi menjamur di setiap sudut ibukota. lucunya, kedai-kedai ini jarang tampak sedikit pengunjung, ada saja yang membeli barang segelas kopi atau setangkap roti. Sehatkah gaya hidup kopi ini? Ada perbedaan yang nyata antara penyuka minum kopi tulen dengan ?pasien? ketergantungan kopi. Bedanya dimana? Kapan Seseorang Disebut Ketergantungan Terhadap Kafein? Sudah saatnya Anda mencermati gejala-gejala berikutnya jika Anda termasuk peminum kopi yang cukup sering: Ada toleransi terhadap kopi yang Anda minum. Dalam artian yang tadinya hanya dibutuhkan 1 gelas kopi dalam sehari untuk membuat Anda terjaga, sekarang Anda membutuhkan 2 gelas Seringkali Anda gagal saat mencoba mengurangi kebiasaan minum kopi Timbul gejala pada tubuh Anda saat Anda tidak minum kopi gejala ini dapat termanifestasi seperti rasa mudah lelah, mengantuk, dan sebagainya. Anda mengutamakan kopi dib [...]

Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes

Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes - Salah satu komplikasi tersering dari diabetes melitus (DM) adalah kaki diabetik. Pada pasien DM terdapat gangguan pada: pembuluh darah kecil (mikroangiopati) pembuluh darah besar (makroangiopati) gangguan syaraf (neuropati) Gejala adanya gangguan pada syaraf berupa rasa baal/kebas, kesemutan, rasa nyeri berkurang/tidak ada rasa nyeri sama sekali. Hilangnya sensasi pada kaki menyebabkan tekanan berulang pada kaki akhirnya terjadi kerusakan jaringan lunak. Selain itu penderita menjadi tidak peka terhadap suhu atau benda asing (seperti benda tajam) sehingga memudahkan terjadinya luka. Selain itu, gangguan pada pembuluh darah akibat kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama menyebabkan kaki tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga meningkatkan risiko terjadinya kaki diabetik pada pasien DM. Luka pada kaki diabetik lebih sulit untuk sembuh dan dapat semakin parah jika tidak segera diobati. Komplikasi utamanya adalah infeksi dan amputasi. Dari seluruh penderita diabetes, 15% menderita ulkus diabetes pada kaki, dan 12-14% dari yang menderita ulkus tersebut memerlukan amputasi. Perawatan kaki pada penderita [...]

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, namun tiap orang belum tentu mengalami penyebab sakit perut yang sama. Perbedaan penyebab tersebut ditentukan dari lokasi rasa sakit. Salah satunya sakit yang berasal dari bagian sebelah kiri perut. Penyebab rasa sakit perut sebelah kiri pun sangat beragam. Ingin tahu apa saja yang menyebabkan Anda merasakan sakit perut sebelah kiri? Bagian perut sebelah kiri kita terbagi dua, yaitu bagian atas dan bawah. Perbedaan ini turut memengaruhi penyebab rasa sakit yang Anda rasakan. Berikut ini beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas dan bawah yang tergolong lebih serius. Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas: Cedera. Infeksi ginjal. Batu ginjal. Impaksi tinja atau tinja mengeras. Usus besar yang robek. Gastritis atau radang lapisan lambung. Divertikulitis. Peradangan pankreas. Pneumonia. Serangan jantung. Kanker. Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah: Cedera. Radang usus buntu. Infeksi atau batu ginjal. Divertikulitis. Usus besar yang robek. Penyakit Crohn. Kanker. Khusus pada wanita, sakit perut sebelah kiri bagian bawah bisa disebabkan oleh: Kista ovarium. Rasa sakit karena ovulasi. Endometriosis. I [...]

Inilah 3 Penyebab Gagalnya Diet Paling Sering

Inilah 3 Penyebab Gagalnya Diet Paling Sering

Bosan dengan diet yang tidak kunjung berhasil? Atau berat badan Anda bagai ping pong yang naik turun dan tidak stabil. Hal ini dapat disebabkan oleh 3 hal yang paling sering terjadi, yakni: Karena Anda tidak memiliki target yang jelas dalam menurunkan berat badan Anda. Selain itu, banyak orang yang melakukan diet dengan cara yang salah. Anda belum mengetahui indeks masa tubuh Anda. Lalu bagaimana mengetahui berat badan ideal? Halaman berikut penjelasannya: Cara Mengetahui Berat Badan Ideal Anda Berat badan ideal dapat dihitung dengan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT didapat dengan menggunakan rumus kuadrat dari berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter. Misalkan berat badan Anda 70 kg dan tinggi badan 1,7 meter maka IMT Anda adalah 70 kg/ (1,7 m)2, yaitu 24,2 kg/m2. IMT yang ideal untuk orang Indonesia adalah 18,5-22,9, untuk IMT dibawah 18,5 berarti berat badan kurang, sedangkan IMT lebih dari 23 maka Anda mengalami obesitas. Klasifikasi IMT(kg/m2) Berat badan kurang <18,5 Kisaran normal 18,5-22,9 Berat badan lebih ? [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *