Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Apa Saja?

penyebab-sakit-pinggang-sebelah-kiri-apa-saja-alodokter.jpg

Sakit pinggang biasanya diderita oleh mereka yang telah memasuki usia antara 30-50 tahun. Saat tubuh semakin tua, tulang akan semakin rapuh dan massa otot menurun. Oleh karena itu, sendi-sendi seperti pinggang lebih rentan cedera dan sakit. Tapi selain akibat gangguan pada sendi, sakit pinggang bisa juga disebabkan oleh ganguan pada organ yang ada di daerah tersebut seperti ginjal.

Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Nyeri pinggang tidak hanya terbatas pada sendi tersebut tapi juga bisa menyebar hinggi ke daerah bokong, pangkal paha dan paha bagian belakang. Rasa sakit tersebut akan kian terasa menyakitkan jika bagian tersebut digerakkan. Kadang, rasa sakit pada bagian pinggang disertai kesemutan atau mati rasa pada bagian bokong atau kaki.

Sakit pinggang bisa menyebabkan kesulitan saat hendak membungkuk dan bersandar. Selain itu otot-otot di sekitar tulang belakang bisa mengalami kejang sehingga menyebabkan rasa kaku pada pinggang. Kombinasi nyeri disertai kejang bisa mengakibatkan pinggang tidak seimbang sehingga membuat postur tubuh berubah atau tidak seimbang.

Apa Saja Penyebabnya?

Pinggang sebelah kiri yang terasa sakit bisadisebabkan oleh beberapa kondisi. Yang paling sering akibat gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat sehingga menyebabkan cedera. Hal lain yang bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri antara lain:

  • Siatika

Siatika disebabkan oleh tertekannya syaraf yang menghubungkan syaraf tulang belakang dan kaki seseorang. Hal ini bisa terjadi ketika orang tersebut mengalami pergeseran cakram tulang belakangnya. Cakram tulang belakang adalah struktur di antara tulang belakang yang berfungsi untuk meresap tekanan dan mempermudah pergerakan sendi tulang belakang. Salah satu ciri umum dari siatik adalah timbulnya kesemutan atau sensasi perih yang menyertai rasa sakit.

  • Spinal spinosis

Penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya syaraf tulang belakang disebut spinal stenosis. Tekanan pada syaraf tulang belakang akibat spinal spinosis bisa menyebabkan kebas, kram, dan lemas pada bagian tubuh manapun, tergantung pada syaraf mana yang tertekan. Umumnya gejala akan bertambah parah dengan posisi berdiri dan berjalan. Penyebab utama spinal stenosis adalah degenerasi cakram tulang belakang.

  • Gangguan pada ginjal

Karena letaknya di daerah pinggang, ginjal yang mengalami gangguan bisa juga menjadi salah satu sumber sakit pinggang sebelah kiri. Sakit yang diakibatkan terganggunya organ ini akan dirasakan di antara tulang rusuk terbawah dan panggul. Gangguan ginjal apakah itu batu ginjal atau infeksi ginjal memiliki potensi membuat nyeri pada pinggang.

  • Otot tegang

Beraktivitas berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa dapat menegangkan otot. Jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan punggung luar biasa, maka otot dan ligamen di punggung bisa tertarik, menjadi tegang dan bahkan robek. Gejala umum dari tegang otot adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Beruntung, kondisi ini bisa diredakan setelah penderitanya melakukan terapi fisik dan istirahat cukup.

Pada perempuan beberapa kondisi lain yang mungkin memengaruhi munculnya rasa sakit di pinggang bagian kiri adalah kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan fibroid pada rahimdan kehamilan.

Kunjungi Dokter

Meski dalam kebanyakan kasus sakit pinggang bisa sembuh dengan sendirinya namun beberapa kasus memerlukan pemeriksaan dokter. Jika saat sakit pinggang sebelah kiri disertai dengan sulitnya mengontrol buang air kecil dan buang air besar, maka harus segera memeriksakan ke dokter.

Hal yang sama wajib dilakukan jika rasa sakit disertai kelumpuhan atau mati rasa di bagian pinggang dan kaki. Berkurangnya massa dan kekuatan otot di kedua kaki yang menyertai sakit pinggang juga memerlukan penanganan dari dokter.

Meski sepertinya sakit pinggang sebelah kiri adalah hal yang sepele, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter jika berkelanjutan dan/atau disertai gejala-gejala lain. Ini supaya penanganan sakit pinggang dapat disesuaikan dengan akar penyebabnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ayo Cegah Kanker Serviks!

Ayo Cegah Kanker Serviks!

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Januari merupakan bulan yang diperingati dunia sebagai bulan kewaspadaan kanker serviks. Kanker ini merupakan salah satu kanker yang sangat berbahaya dan mematikan karena letaknya yang agak terselubung dan tidak memberi gejala sama sekali di stadium awal. Di Indonesia, hampir setiap jam terdapat kematian 1 orang wanita karena kanker serviks. Untuk itu pengertian terhadap penyakit ini, cara mendeteksi dini dan pencegahannya adalah faktor penting dalam mencegah kematian wanita karena kanker serviks. Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: Hindari rokok, baik merokok secara aktif maupun pasif. Jangan melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan atau berganti-ganti pasangan. Jika Anda atau pasangan Anda sedang menderita infeksi menular seksual, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu sampai infeksi tersebut sudah ditangani dan terobati tuntas. Hindari hubungan seksual di usia muda (di bawah 20 tahun). Lakukan pemeriksaan deteksi dini secara rutin. Tes Pap sebaiknya dilakukan wajib dan rutin setiap 3 tahun sekali pada wanita usia 21-65 tahun. Mendapatkan vaksin untuk melawan HPV. Vaksin melaw [...]

Manfaat Olahraga Yoga

Manfaat Olahraga Yoga

Oleh: dr. Sophia B. Hage PeduliSehat.info- Yoga adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang usianya cukup tua. Yoga yang kita kenal saat ini dan dipraktekkan secara umum adalah bentuk aktivitas fisik yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan postur. Aspek-aspek yang menjadi fokus dari latihan fisik melalui yoga adalah latihan kekuatan otot dan fleksibilitas daripada latihan aerobik. Inilah keunikan atau perbedaan yoga sebagai bentuk olahraga apabila dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Saat melakukan olahraga berenang atau jogging, aspek ketahanan aerobik atau ketahanan jantung paru sangat dominan dilatih. Sedangkan pada yoga, yang menjadi aspek penting bukanlah ketahanan jantung paru akan tetapi kekuatan otot, ketahanan otot dan fleksibilitas atau kelenturan. Hal ini bukan berarti aspek aerobik atau ketahanan jantung paru kita tidak dilatih, akan tetapi proporsi manfaatnya akan lebih besar untuk aspek yang lebih dominan.Yoga sebenarnya memiliki banyak jenis, beberapa diantaranya yang cukup populer adalah asthanga, hatha, iyengar dan bikram yoga. Meskipun masing-masing jenis memiliki kekhususan tertentu, akan tetapi secara umum manfaatnya kurang lebi [...]

Hindari Pemberian Susu Formula Pada Saat Bencana

Hindari Pemberian Susu Formula Pada Saat Bencana

Warga yang berada di lokasi pasca bencana penting untuk mengetahui himbauan dalam menghindari pemberian asupan susu formula pada balita pada situasi darurat. Sesuai dengan kebijakan yang disepakati oleh tiga lembaga pembinaan kesehatan balita yakni, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Unicef, dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang mengemukakan prioritas pemberian ASI pada balita pada khususnya dalam situasi darurat pasca bencana. Sebagaimana yang terkutip dalam lembaran Rekomendasi tentang PEMBERIAN MAKAN BAYI PADA SITUASI DARURAT PERNYATAAN BERSAMA UNICEF WHO IDAI tertanggal 7 Januari 2005; Menyusui menjadi lebih penting karena sangat terbatasnya sarana untuk penyiapan susu formula, seperti air bersih, bahan bakar dan kesinambungan ketersediaan susu formula dalam jumlah yang memadai. Disebutkan pula melanjuti butir kebijakan tersebut, pemberian susu formula akan meningkatkan risiko terjadinya diare, kekurangan gizi dan kematian bayi. Jika pun terdapa tbentuk sumbangan susu formula dari donor, maka distribusi maupun penggunaannya harus di monitor oleh tenaga yang terlatih dan terbatas, sesuai dengan beberapa prinsip dibawah ini: Susu formula hanya boleh diberika [...]

Tidak Semua Yoghurt Sehat, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Membeli

Tidak Semua Yoghurt Sehat, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Membeli

Yoghurt dianggap sebagai penganan sehat dan alternatif pengganti camilan yang lebih 'ramah' terhadap kesehatan tubuh. Minuman dengan rasa asam yang creamy ini juga jadi pilihan makanan untuk diet penurunan berat badan karena rendah kalori. Namun tak semua produk yoghurt di pasaran memiliki kandungan sehat dan rendah kalori serta lemak. Banyak yoghurt yang ternyata mengandung gula, lemak dan perasa buatan yang berlebihan. Belum lagi pengawet dan pewarna artifisial. Jika Anda memfavoritkan yoghurt sebagai makanan sehat, sebaiknya pilih dengan seksama agar tak terjebak memilih yoghurt yang tidak sehat. Ini enam hal yang penting diperhatikan, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Less Is MoreYoghurt yang baik umumnya terbuat hanya dari susu murni dan dua jenis bakteri hidup baik, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus yang mengubah susu menjadi yoghurt melalui fermentasi. Di luar itu, menurut pakar nutrisi Caroline Kaufman, RDN, sedikit tambahan perasa, gula atau buah asli masih baik. Jauhi produk-produk yang memiliki daftar panjang pada bahan-bahannya dan banyak nama yang terdengar asing seperti hydrogenated oils dan pemanis buatan.2. Mengandung KalsiumYoghurt me [...]

3 Fakta Minuman Bersoda Sebabkan Anak Agresif

3 Fakta Minuman Bersoda Sebabkan Anak Agresif

Minuman pemanis merupakan salah satu penyebab dari obesitasdi dunia, namun beberapa studi saat ini mengaitkan minuman bersoda dengan kelainan perilaku pada remaja dan anak-anak. Simak 3 fakta berikut ini yang dikutip dari beberapa jurnal penelitian di seluruh dunia, antara lain: 1. Fakta#1: Anak Sulit Konsentrasi Karena Minuman Bersoda Diantara anak?anak usia 5 tahun, mereka yang mengkonsumsi minuman bersoda terjadi peningkatan perilaku agresif, penarikan diri, dan sulitnya untuk konsentrasi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi soda. Disebutkan bahwa minuman bersoda mengandung air berkarbonasi, sirup jagung dengan kadar fruktosa yang tinggi, aspartame, sodium benzoate, asam sitrat atau fosfor, dan sering juga kafein, yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang secara umum. Silakan klik next untuk tahu dua fakta lainnya. 3 Fakta Minuman Bersoda Sebabkan Anak Agresif 2. Fakta #2: 5 Kaleng Soda Dalam Sepekan Remaja Berperilaku Kasar Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2011 di Injury Prevention Journal menemukan bahwa remaja yang mengkonsumsi 5 kaleng soda setiap minggu dibuktikan memiliki kecenderungan membawa sejata dan berperilaku lebih kasar ter [...]

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Meski sebenarnya sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, namun kondisi ini sering membuat tidak nyaman dan resah. Bagaimana cara mengatasinya? Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi. Menangani Keputihan Tidak Normal Keputihan yang normal sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Yang perlu dijaga adalah agar keputihan tidak berubah menjadi tidak normal. Perubahan ini dapat disebabkan beberapa hal seperti: infeksi vaginosis bakterial, penggunaan antibiotik, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi parasit trikomoniasis, ataupun infeksi jamur. Tanda dari keputihan yang tidak normal adalah perubahan warna dan konsistensi, adanya bau, dan adanya gatal atau nyeri. Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri seperti: Kompres dingin [...]

Duduk Lama Bisa Sebabkan Penggumpalan Darah

Duduk Lama Bisa Sebabkan Penggumpalan Darah

Sebelumnya sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kematian. Kali ini, penelitian terbaru kembali mengungkap dampak negatif akibat duduk selama berjam-jam.Seperti yang dikutip dari Female First, sebuah penelitian di Amerika Serikat menjelaskan bahwa duduk terlalu lama tanpa jeda bisa memicu terjadinya penggumpalan darah yang berbahaya atau disebut Deep Vein Thrombosis (DVT). Berdasarkan penelitian tersebut, kondisi ini biasanya dialami oleh para wanita.Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal British Medical menuliskan bahwa wanita yang duduk lama tiap harinya memiliki dua hingga tiga kali risiko mengalami DVT. Mereka yang duduk dalam posisi hampir tidak bergerak selama lebih dari 41 jam tiap minggunya memiliki risiko tertinggi.Misalnya saja seperti, pekerja yang menghabiskan waktu di depan komputer dan mereka yang melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan atau pesawat. Namun penelitian juga mengatakan bahwa operasi dan pil KB juga bisa menjadi faktor pemicu DVT."Sudah mulai banyak kesadaran mengenai risiko DVT yang terjadi akibat perjalanan udara, tetapi banyak orang yang belum sadar bahwa semua jenis kegiatan yang tidak [...]

Benarkah Parfum & Produk Kecantikan Bisa Buat Orang Sakit?

Benarkah Parfum & Produk Kecantikan Bisa Buat Orang Sakit?

Setiap harinya, hampir semua wanita menggunakan parfum dan produk kecantikan. Namun ada penelitian yang mengungkapkan bahwa produk perawatan itu bisa merugikan kesehatan. Benarkah?Dikutip dari Prevention internasional, sebuah penelitian terbaru dari University of Rochester menemukan bahwa semakin banyak produk kecantikan yang digunakan maka semakin banyak pula kandungan kimia yang muncul pada urin mereka. Mengapa hal itu dirasa penting?Alasannya karena beberapa produk kecantikan dan produk rumah tangga diketahui mengandung bisphenol A (BPA) dan phthalates, zat yang dapat menyebabkan cacat lahir pada tikus dan juga dipercaya mengakibatkan masalah sama pada manusia."Adanya penelitian ini benar-benar menunjukkan seberapa sering kita menggunakan produk perawatan pribadi kepada tubuh dan kita mengekspos diri terhadap kandungan yang ada di dalam produk itu, "ujar Lauren Parlett, penulis penelitian dan seorang kandidat kedokteran untuk Department of Public Health Sciences di University of Rochester.Dalam penelitiannya, Parlett menguji hubungan antara penggunaan produk kecantikan dan tingkat zat kimia pada tubuh secara keseluruhan kepada beberapa wanita di Amerika. Penelitian yang sama [...]

5 Makanan Penghambat Penuaan

5 Makanan Penghambat Penuaan

Proses penuaan merupakan proses yang tidak dapat dicegah. Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan, entah terlihat dari luar tubuh ataupun proses penuaan yang terjdi di dalam tubuh. Ternayata menurut beberapa penelitian, proses penuaan ini bisa lho kita bantu cegah. Pencegahan penuaan bisa dengan makanan, ataupun dengan cara lain seperti olahraga. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang dibuktikan dapat menghambat proses penuaan. Minyak Zaitun (Olive Oil) Banyak peneliti yang menyebutkan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun bertanggung jawab dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Minyak zaitun juga mengandung polyphenols yang merupakan sumber anti-oksidan yang kuat untuk mencegah proses penuaan. Yogurt Yogurt kaya akan kandungan kalsium yang membantu melawan osteoporosis dan mengandung ?bakteri baik? yang membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi peningkatan risiko penyakit usus akibat penuaan. Ikan Ikan merupakan sumber omega-3 yang tinggi yang berguna mencegah gumpalan kolestrol di pembuluh darah serta membantu melindungi jantung terhadao kelainan irama jantung. Kacang Kacang merupakan makanan yang tin [...]

Curhat Masalah Kantor Pada Bos Bisa Sehatkan Tubuh

Curhat Masalah Kantor Pada Bos Bisa Sehatkan Tubuh

Selain dapat membuat masalah pekerjaan jadi lebih ringan, mengeluarkan unek-unek kepada bos ternyata bisa memberikan efek baik bagi kesehatan. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian di Inggris.Hasil dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa karyawan yang memendam pikiran dan perasaannya akan mengalami perasaan gelisah, depresi dan tekanan darah tinggi. Selain itu, perasaan yang terpendam juga diklaim mampu menurunkan kemampuan otak bahkan kemunduran mental seseorang.Sebelum mendapatkan hasil di atas, para peneliti melakukan riset dengan membagi dua grup yang terdiri dari 150 manajer. Kelompok pertama mendapatkan training dan feed back (timbal balik) dari 500 karyawannya, sedangkan kelompok kedua tidak mendapatkan timbal balik. Hasilnya, manajer yang mendapat sesi timbal balik terbukti lebih disukai karyawan dan memiliki pekerja yang produktif serta sehat."Ketika seorang manajer mendapatkan feed back dari stafnya, mereka bisa mengintrospeksi gaya manajerialnya dan akan lebih efektif dalam memimpin," ujar Emma Donaldson-Feilder dalam sebuah konferensi di Brighton, Inggris seperti dikutip dari Dailytelegraph.Keuntungan yang akan didapat para karyawan itu sendiri adalah mereka bi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *