Penyebab Utama Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

baukakicover.jpg

Bau kaki bisa membuat seseorang tidak percaya diri, juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan orang-orang sekitar. Apa sebenarnya faktor utama penyebab bau kaki? American Chemical Society telah merilis video yang menjelaskan darimana datangnya bau mengganggu itu sekaligus cara mengatasinya.

Bau kaki disebabkan oleh bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap.

“Bau kaki bisa membuat Anda malu jika harus membuka sepatu di bagian keamanan bandara, tapi zat-zat kimia tertentu bisa membantu Anda menghilangkan baunya,” begitu seperti yang terungkap dalam video yang dilansir Daily Mail.

Kenapa seseorang bisa memiliki bau kaki? Tubuh manusia ditutupi kelenjar yang mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh ketika cuaca panas. Beberapa bagian tubuh memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi ketimbang bagian lainnya. Dan kaki, menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak kelenjar keringatnya.

“Keringat di kaki sebenarnya tidak berbau tapi berperan besar menyebabkan bau,” ungkap American Chemical Society.

Mengenakan sepatu lengkap dengan kaos kaki juga tidak membantu mengurangi bau kaki ini. Justru penggunaan kaos kaki bisa mengurangi ruang bagi kulit kaku untuk bernapas. Saat berkeringat, kai jadi lembab, menyebabkan bakteri mudah menetap dan hidup serta berkembang di dalamnya.

Saat bakteri-bakteri ini berkumpul, mereka akan mengeluarkan gas berbau menyengat. Gas itulah yang membuat aroma kaki jadi mengganggu. Ada tiga jenis gas atau kotoran yang dikeluarkan bakteri pada kaki, yaitu propanoic acid, methanethiol dan isovaleric acid.

Methanethiol membuat kaki berbau seperti belerang dan keju, dan itu diproduksi dari kulit mati. Isovaleric acid juga menebarkan aroma seperti keju dan tengik seperti cuka. Sementara propanoic acid memiliki bau kecut.

Menghilangkan bau kaki memang tidak mudah, karena berkaitan dengan keringat, sel kulit mati dan bakteri. Namun Anda bisa meminimalisir bau dengan cara yang terbilang mudah.

Dalam video tersebut disarankan untuk mencuci kaki dengan sabun antibakteri dan mengelupaskan sel kulit mati dengan scrub secara teratur. Selain itu juga selalu mengganti kaos kaki setiap selesai dikenakan dan sebaiknya pilih kaos kaki berbahan katun. Untuk sepatu, rajin-rajinlah dijemur dan semprotkan deodoran pada kaki.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Memilih Susu Cair untuk Buah Hati

Memilih Susu Cair untuk Buah Hati

Kunci dalam memilih susu cair adalah ketelitian. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan baik-baik sebelum dan setelah membeli susu cair. Berikut adalah empat kiat dalam memilih susu cair untuk anak: Perhatikan kemasannya Pilihlah susu cair yang kemasannya masih baik dan tidak menggembung, karena, kemasan yang menggembung menandakan bahwa bakteri dalam kemasan susu tersebut telah berkembang dengan cepat sehingga susu seolah bertambah banyak. Apabila susu tersebut diminum, dikhawatirkan akan terjadi gangguan pencernaan pada anak. Teliti tanggal kedaluwarsa Sebelum membeli susu cair, cari tanggal kedaluwarsanya. Jika Anda tidak menemukan cantuman tanggal kedaluwarsanya, lebih baik hindari. Simpan di ruangan sejuk Simpan produk susu cair di suhu ruang sejuk. Hal ini untuk menjaga gizi dalam kandungannya tetap baik. Segera habiskan setelah kemasan dibuka Apabila Anda sudah membuka kemasan susu cair, sebaiknya langsung dihabiskan untuk mendapatkan nilai gizi maksimal. Jika Anda mengonsumsinya kembali setelah kemasan dibuka, nilai gizinya tak akan sama lagi seperti pada awal konsumsi. Hal tersebut disebabkan oleh susu cair yang diolah tanpa pengawet sehingga jika dibiarkan se [...]

Bolehkah Semprotkan Parfum Untuk Mengharumkan Miss V?

Bolehkah Semprotkan Parfum Untuk Mengharumkan Miss V?

Salah satu permasalahan di dalam tubuh wanita yang dirasa cukup meresahkan adalah munculnya aroma tak sedap yang berasal dari organ intim kewanitaan. Maka tak heran, banyak wanita yang berusaha ingin mengharumkan Miss V mereka dengan cara menyemprotkan parfum pada area genitalnya. Namun, bolehkah hal itu dilakukan?Ahli kandungan dr. Lissa Rankin memaparkan, ada beberapa wanita yang sudah terbiasa untuk menghilangkan aroma tak sedap dengan menyemprotkan parfum pada organ intimnya. Tetapi justru hal itu tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan iritasi kulit, infeksi, dan bahkan timbul jerawat."Parfum memiliki kandungan zat kimia yang keras dan alkohol, hal itu menjadikan dermatitis atau radang kulit yang tak lazim terjadi," ujarnya.Hal itu pun juga dibenarkan oleh dr. Febriansyah Darus, Sp.OG. Dokter yang berpraktik di RSPAD Gatot Soebroto itu mengatakan menyemprotkan parfum pada organ intim wanita termasuk perbuatan yang membahayakan."Bahaya ya, karena parfum mengandung alkohol nanti jadinya iritasi. Kulit gatal-gatal, kemerahan, perih, atau bisa berakibat keputihan," tutur dokter tiga anak ini saat dihubungi Wolipop, Rabu (27/5/2015).Jika Anda ingin Miss V tetap terasa wangi, d [...]

Menguak Misteri Pengalaman Mati Suri

Menguak Misteri Pengalaman Mati Suri

Mati suri dalam dunia medis sering disamakan dengan pengalaman mendekati kematian alias near death experience (NDE). Pengalaman ini sendiri sering dikategorikan ke dalam berbagai dimensi mulai dari psikologis, fisiologis, dan penjelasan transendental. Sebagian ahli memprediksi bahwa peristiwa mati suri sebagai sebuah fenomena halusinasi yang disebabkan oleh berbagai faktor fisiologis dan psikologis. Sementara para peneliti lainnya menganggap hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya kesadaran atau pikiran yang bukan berasal dari aktivitas otak. Namun hingga saat ini, fenomena mati suri belum dapat sepenuhnya dijelaskan. Bagaimana Seseorang Bisa Mengalami Mati Suri? Beberapa hal di bawah ini bisa menjelaskan kenapa mati suri bisa terjadi pada seseorang. Terkait dengan fase tidur Salah satu kemungkinan penyebab terjadinya mati suri adalah fase tidur Rapid Eye Movement (REM) atau fase nyenyak, yaitu ketika seseorang mengalami mimpi. Fase ini melibatkan adanya kelumpuhan otot utama, sistem pernapasan yang berjalan lebih cepat, dan cepatnya gerakan mata. Saat fase ini mengalami gangguan, maka seseorang mungkin mengalami kelumpuhan sementara saat bangun dari tidur. Hal lain yang mungk [...]

Olahraga Memiliki harapan Panjang Umur

Olahraga Memiliki harapan Panjang Umur

- Murah, sehat, dan memiliki harapan panjang umur. Itulah olahraga. Sebuah studi juga menemukan, mereka yang terbiasa olahraga ternyata lebih panjang umur daripada yang tidak. Bahkan, setua apapun baru memulai berolahraga, hal tersebut tetap akan memberikan efek positif, demikian ungkap sebuah studi di California. Para peneliti dari Stanford University California, menyatakan, mereka yang rutin berolahraga dapat memperpanjang umurnya selama beberapa tahun. Orang yang berumur 85 tahun dan memiliki kebiasaan berolahraga memiliki kesempatan hidup tiga kali lebih besar dari pada mereka yang tidak. Penelitian lain dari Hadassah Hebrew University Medical Center di Yerusalem, menyebutkan, jika melakukan olahraga sekurang-kurangnya empat jam seminggu, hal itu sama dampaknya dengan kegiatan berat lainnya yang berkepanjangan. Bagi orang yang tergolong sibuk seperti pebisnis, mahasiswa, profesional dan tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, berikut tips 15 menit berolahraga dalam sehari. Sediakan waktu untuk berjalan, 10-15 menit untuk berjalan seusai makan siang. Hal ini juga bermanfaat untuk menurunkan beban makanan. Jangan gunakan eskalator atau lift, pilihlah tangga manual, aga [...]

Mitos tentang Vaksin Flu

Mitos tentang Vaksin Flu

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Virus yang menyebabkan flu ada banyak sekali, oleh karena itu dikeluarkan suatu keputusan yang menyarankan agar vaksin flu dilakukan sekali setiap tahun untuk semua orang diatas usia 6 bulan. Namun di Amerika yang dikutip dari NYTimes, hanya minoritas orang yang mengikuti anjuran ini dan hanya 2/3 petugas kesehatan mendapat vaksin tahun lalu. Mengapa seperti itu? Menurut CDC (Centers for Diseases Control and Prevention), virus flu dapat terbang hampir sepanjang 1,8 meter dalam tetesan dari batuk, bersin, atau berbicara. Orang yang terinfeksi dapat menyebarkan virus sebelum mereka timbul gejala dan selama seminggu setelah sakit. Walaupun orang-orang dengan risiko tinggi mendapatkan vaksin, namun tetap mereka terkena penyakit flu bahkan ada yang berkembang menjadi pneumonia atau suatu kondisi kronis. Namun bila semakin banyak orang yang diberi imunisasi, maka akan lebih sedikit orang yang sakit dan membuat orang sekitar menjadi sehat atau yang dikenal dengan ?herd immunity? . Dr. Thomas R. Talbot dan istri, Dr. H. Keipp Talbot, dari bagian infeksi Vanderbilt University School of Medicine, baru beberapa waktu ini menjawab pertanyaan mengenai vaksin influenz [...]

Tips Keracunan Makanan

Tips Keracunan Makanan

Berikut ini adalah beberapa informasi yang bisa sangat berguna di masa depan, jika Anda dihadapi situasi lingkungan yang terdapat korban keracunan makanan. Berikut gejala-gejala yang perlu diwaspadai pada keracunan makanan: Tanda-tanda dehidrasi seperti: mulut kering, produksi urin berkurang, pusing, mata cekung; Diare; Kram perut; Muntah; Demam; BAB berdarah atau berwarna hitam. Setelah mengonsumsi makanan yang diduga terkontaminasi, dapat timbul gejala-gejala tersebut. Gejala tersebut dapat berlangsung dari 30 menit sejak makanan tersebut dikonsumsi dan bervariasi bergantung pada organisme penyebabnya. Pada kontaminasi stafilokokus (infeksi yang ditimbulkan karena terdapatnya bakteri gram positif stafilokokus) dapat terjadi dalam kurun waktu 1 jam, hingga 10 hari dalam kasus campylobacter (infeksi saluran pencernaan atau infeksi darah yang disebabkan oleah bakteri Campylobacter). Bahkan pada infeksi parasit seperti Giardia, gejala dapat berlangsung dari 1 hari hingga beberapa bulan tergantung tipe infeksinya. Berikut ini adalah pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menghindari keracunan makanan: Cara Menghindari Keracunan Makanan Pastikan bahwa [...]

Ladies, Jangan Mengeluh! Ini 5 Manfaat Dari Datang Bulan

Ladies, Jangan Mengeluh! Ini 5 Manfaat Dari Datang Bulan

Ada baiknya jika wanita tak lagi mengeluh soal datangnya menstruasi, karena ada beberapa manfaat yang bisa didapat wanita saat sedang datang bulan. Seperti yang dikutip dari detikhealt, berikut lima manfaat tersebut.1. Tubuh mengalami sinkronisasiDr Cheryl Pagel, dokter keluarga dari Banner Good Samaritan Medical Center mengungkapkan wanita yang mengalami menstruasi setiap bulannya, merupakan bukti bahwa tubuhnya melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan. Hal ini berarti tubuh berada dalam kondisi sinkron dan merupakan salah satu indikator kesehatan yang baik.2. Tubuh mengalami hal yang positifMenstruasi setiap bulan merupakan cara alami untuk mengatakan bahwa seseorang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Hal ini karena, jika seseorang memiliki tubuh yang gemuk akan menyebabkan menstruasi tidak teratur, kondisi ini akibat adanya lemak yang terakumulasi. Selain itu tubuh yang terlalu kurus juga bisa membuat menstruasi tidak teratur.3. Hidup lebih lama dan bahagiaBanyak penelitian yang menunjukkan bahwa umur wanita cenderung lebih panjang ketimbang pria. Kondisi ini karena adanya zat besi yang hilang saat menstruasi.4. Proses pembersihan tubuhMenstruasi yang datang seti [...]

Ini Dia Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Ini Dia Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Setiap kali haid tiba, sebagian besar wanita akan mengalami nyeri haid, yaitu rasa nyeri yang muncul pada hari pertama hingga hari ketiga menstruasi di bagian sekitar perut. Seringkali hal ini mengganggu aktivitas wanita sehari-hari. Untuk mengatasi nyeri haid, obat anti nyeri yang dapat dibeli bebas dapat membantu. Selain itu perubahan pola makan dan olahraga juga ditemukan dapat mencegah terjadinya nyeri haid. Untuk mencegah nyeri haid, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi: 1. Makanan tinggi kalsium, seperti kacang-kacangan, kacang almond dan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam. 2. Makanan tinggi antioksidan seperti buah-buahan (buah beri, ceri, dan sayuran seperti paprika). 3. Hindari makanan yang diolah seperti roti putih, pasta dan gula. 4. Lebih banyak mengkonsumsi daging tanpa lemak, tahu (kacang kedelai) atau kacang-kacangan. 5. Gunakan minyak zaitun atau minyak sayuran untuk memasak. 6. Beberapa wanita menemukan bahwa dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat mengurangi nyeri haid. 7. Hindari asam lemak trans seperti yang ditemukan pada makanan yang dipanggang (kue, kentang goreng, donat, makanan yang diproses (sosis, salami, dkk), margarin). 8. Hinda [...]

5 Tanda Tubuh ‘Meminta’ Anda untuk Segera Konsumsi Makanan Sehat

5 Tanda Tubuh ‘Meminta’ Anda untuk Segera Konsumsi Makanan Sehat

Mencukupi kebutuhan nutrisi sangat penting agar tubuh bisa beraktivitas dengan semestinya. Ketika pola makan Anda kurang nutrisi, jangan heran jika akan mengalami gejala-gejala aneh pada tubuh. Beberapa gejala seringkali dihubungkan dengan adanya penyakit serius namun bisa jadi itu merupakan sinyal tubuh kalau Anda perlu mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Ini tanda-tanda gangguan pada tubuh akibat kekurangan nutrisi, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Otot Tubuh Sering KramJika Anda tiba-tiba mengalami kram atau otot terasa tertarik pada beberapa bagian tubuh bahkan ketika Anda cukup aktif bergerak, bisa jadi itu merupakan tanda kekurangan magnesium. Mineral ini diperlukan untuk mengatur fungsi gerak tubuh dan organ dalam agar berjalan dengan semestinya. Tambah asupan magnesium Anda dengan makan lebih banyak pisang, almond dan sayuran berdaun hijau gelap.2. Kaki dan Tangan Terasa NgiluTulang kaki dan tangan terasa ngilu dan terkadang kaku, merupakan salah satu tanda Anda kurang mengasup vitamin B, terutama B6, B-12 dan folat. Nutrisi ini banyak terdapat pada daging sapi, ayam maupun daging kambing. Jika tidak terlalu suka makan daging, Anda bisa mendapatkannya dari [...]

Cara Mengobati Memar Mata

Cara Mengobati Memar Mata

Cara mengobati memar mata adalah dengan segera lakukan pengompresan. Hal ini guna mencegah bertambah banyaknya darah yang merembes ke jaringan. Memar mata terjadi karena benturan benda keras. Tanda yang akan terlihat adanya benjolan pada bagian yang terbentur, kadang disertai warna kebiruan. Benjol dan kebiruan disebabkan karena pembuluh darah pada bagian yang terkena benturan pecah dan darah masuk kejaringan sekitarnya. Struktur wajah dan mata sangat sesuai untuk melindungi mata dari cedera. Bola mata terdapat di dalam sebuah rongga yang dikelilingi oleh bubuhan bertulang yang kuat. Kelopak mata bisa segera menutup untuk membentuk penghalang bagi benda asing dan mata bisa mengatasi benturan yang ringan tanpa mengalami kerusakan. Meskipun demikian, mata dan struktur di sekitarnya bisa mengalami kerusakan akibat cedera. Lalu adakah kiat untuk menyamarkan ataupun mengobati mata memar? Berikut penjelasannya: Mengobati Memar Pada Mata Cedera yang terjadi pada mata bisa berupa memar akibat terkena benturan sesuatu. Mungkin tidak ada benda asing disekitar mata tetapi memar bisa terjadi di mata atau bahkan di bola matanya, bisa membuat khawatir dan terjadi kerusakan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *