Penyebab Utama Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

baukakicover.jpg

Bau kaki bisa membuat seseorang tidak percaya diri, juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan orang-orang sekitar. Apa sebenarnya faktor utama penyebab bau kaki? American Chemical Society telah merilis video yang menjelaskan darimana datangnya bau mengganggu itu sekaligus cara mengatasinya.

Bau kaki disebabkan oleh bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap.

“Bau kaki bisa membuat Anda malu jika harus membuka sepatu di bagian keamanan bandara, tapi zat-zat kimia tertentu bisa membantu Anda menghilangkan baunya,” begitu seperti yang terungkap dalam video yang dilansir Daily Mail.

Kenapa seseorang bisa memiliki bau kaki? Tubuh manusia ditutupi kelenjar yang mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh ketika cuaca panas. Beberapa bagian tubuh memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi ketimbang bagian lainnya. Dan kaki, menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak kelenjar keringatnya.

“Keringat di kaki sebenarnya tidak berbau tapi berperan besar menyebabkan bau,” ungkap American Chemical Society.

Mengenakan sepatu lengkap dengan kaos kaki juga tidak membantu mengurangi bau kaki ini. Justru penggunaan kaos kaki bisa mengurangi ruang bagi kulit kaku untuk bernapas. Saat berkeringat, kai jadi lembab, menyebabkan bakteri mudah menetap dan hidup serta berkembang di dalamnya.

Saat bakteri-bakteri ini berkumpul, mereka akan mengeluarkan gas berbau menyengat. Gas itulah yang membuat aroma kaki jadi mengganggu. Ada tiga jenis gas atau kotoran yang dikeluarkan bakteri pada kaki, yaitu propanoic acid, methanethiol dan isovaleric acid.

Methanethiol membuat kaki berbau seperti belerang dan keju, dan itu diproduksi dari kulit mati. Isovaleric acid juga menebarkan aroma seperti keju dan tengik seperti cuka. Sementara propanoic acid memiliki bau kecut.

Menghilangkan bau kaki memang tidak mudah, karena berkaitan dengan keringat, sel kulit mati dan bakteri. Namun Anda bisa meminimalisir bau dengan cara yang terbilang mudah.

Dalam video tersebut disarankan untuk mencuci kaki dengan sabun antibakteri dan mengelupaskan sel kulit mati dengan scrub secara teratur. Selain itu juga selalu mengganti kaos kaki setiap selesai dikenakan dan sebaiknya pilih kaos kaki berbahan katun. Untuk sepatu, rajin-rajinlah dijemur dan semprotkan deodoran pada kaki.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Apa Manfaat Vaksinasi Hepatitis B?

Apa Manfaat Vaksinasi Hepatitis B?

Hampir 1 dari 10 orang Indonesia mengalami infeksi hepatitis B. Vaksinasi hepatitis B menjadi salah satu jenis yang wajib diberikan kepada bayi yang baru lahir. Orang dewasa pun dapat menghindari diri dari infeksi berbahaya dengan vaksinasi tersebut. Pemberian vaksin hepatitis B dimaksudkan untuk menangkal infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Vaksinasi juga dimaksudkan untuk mencegah berbagai akibat yang dapat ditimbulkan infeksi hepatitis B, seperti kanker hati dan sirosis. Vaksinasi hepatitis B dapat diberikan bersama dengan vaksin lain, selain pemberian tunggal. Vaksinasi ini dapat melindungi dari infeksi hepatitis B dalam jangka panjang, bahkan seumur hidup. Rekomendasi Vaksinasi Vaksinasi hepatitis B diharapkan dapat melindungi bayi dan anak-anak sebagai golongan yang berisiko tinggi terkena infeksi kronis. Bagi anak-anak hingga remaja berusia kurang dari 19 tahun yang belum pernah mendapatkan vaksinasi hepatitis B, direkomendasikan untuk segera mendapatkannya, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan penyebaran hepatitis terbanyak. Orang dewasa juga bukan berarti tidak berisiko terkena infeksi hepatitis B. Terdapat beberapa kondisi tertentu [...]

Nonton Video Bergambar Pepohonan, Stres Bisa Berkurang Hingga 3x Lipat

Nonton Video Bergambar Pepohonan, Stres Bisa Berkurang Hingga 3x Lipat

Banyak orang rela berwisata alam saat akhir pekan atau liburan untuk menjernihkan pikiran, menghilangkan suntuk atau sekadar mencari penyegaran setelah setiap harinya berjibaku dengan keruwetan di kota besar. Alam terbuka yang hijau dan asri memang efektif menghilangkan stres dan baik untuk kesehatan mental. Ternyata untuk mendapatkan ketenangan batin itu, Anda tak perlu jauh-jauh ke luar kota demi menikmati hijaunya alam.Melihat gambar-gambar atau video yang menampilkan keindahan alam, sudah cukup untuk memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres. Sejumlah ilmuwan menemukan, menonton video tiga dimensi bergambar jalanan di antara pepohonan rindang, bisa menurunkan tingkat stres secara signifikan. Tak perlu waktu lama, cukup dengan menyaksikannya selama enam menit sudah memberikan efek yang cukup besar.Seperti dikutip dari Daily Mail, para peneliti dari University of Illinois menemukan bahwa memperlihatkan video tiga dimensi bergambar pepohonan bisa meningkatkan pemulihan kondisi partisipan baik secara psikis maupun fisik, setelah mengalami kejadian yang membuat stres. Misalnya deadline di kantor, presentasi yang ditolak, baru saja di-PHK, putus cinta atau menghadapi masalah [...]

Buah Alpukat Ternyata Berkolesterol!

Buah Alpukat Ternyata Berkolesterol!

Oleh: dr. Adithia Kwee Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? Buah ini termasuk buah yang banyak disukai karena tekstrunya yang lembut dan rasanya yang khas. Selain rasanya yang enak, alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi yaitu berupa kolesterol. Mendengar bahwa kolesterol tinggi terkandung dalam alpukat sering membuat orang menjadi ragu untuk mengkonsumsi buah ini karena takut akan meningkatkan kadar kolesterol darahnya, terutama orang-orang yang memang sudah memiliki riwayat penyakit kolesterol. Sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan mengkonsumsi alpukat. Kolesterol yang terdapat dalam buah ini justru merupakan kolesterol baik yaitu HDL yang berfungsi untuk membantu meluruhkan kolesterol jahat yaitu LDL dari dinding pembuluh darah dan membawanya ke hati untuk dihancurkan. Kolesterol baik ini dapat pula membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Kolestrerol jahat (LDL) dan trigliserida sering membentuk plak pada dinding pembuluh darah yang nantinya lama-kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah tersebut sehingga mengkonsumsi alpukat secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Jadi, jangan takut mengkonsumsi alpukat [...]

Berlian Bantu Pertumbuhan Tulang

Berlian Bantu Pertumbuhan Tulang

Oleh: drg. Martha Mozartha Kegunaan berlian bukan lagi hanya untuk memperindah cincin atau kalung. Saat ini sedang dikembangkan berlian dalam skala yang jauh lebih kecil daripada yang terdapat pada perhiasan dan disebut sebagai nanodiamonds, untuk digunakan di dunia medis. Nanodiamonds adalah partikel yang berbahan dasar karbon, yang merupakan hasil sampingan dari proses penambangan dan penyulingan. Partikel ini berukuran nanometer, tidak kasat mata dan berukuran bulat seperti bola. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Dean Ho dari UCLA School of Dentistry bekerja sama dengan UCLA Department of Bioengineering, Northwestern University, dan peneliti dari NanoCarbon Research Institute di Jepang, belum lama ini mengembangkan penggunaan nanodiamonds untuk kemajuan dunia medis di bidang rekayasa biomedik. Peneliti dari UCLA tersebut menyatakan bahwa penggunaan nanodiamonds dapat membantu pertumbuhan tulang dan memerangi osteonekrosis, yaitu kematian tulang karena suplai darah ke tulang berkurang. Apabila osteonekrosis terjadi pada tulang rahang pasien pengguna implan gigi, maka implan gigi dapat menjadi longgar sehingga menggagalkan perawatan. Partikel nanodiamonds dapat digunakan sebagai [...]

Akhir Pekan Buat Karyawan Lebih Sehat & Bahagia

Akhir Pekan Buat Karyawan Lebih Sehat & Bahagia

Hampir semua orang senang dengan kedatangan akhir pekan, termasuk para karyawan. Akibatnya, kesehatan mereka pun berada dalam kondisi baik pada Jumat sore hingga Minggu malam.Saat akhir pekan, setiap orang bebas melakukan apapun yang ingin mereka lakukan bersama dengan dengan orang-orang tersayang. Itulah faktor yang yang mempengaruhi kesehatan seseorang pada periode akhir pekan (weekend)."Bahkan pekerja dengan status tinggi sekalipun merasa lebih sehat dan bahagia saat weekend," ujar Richard Ryan, profesor psikologi dari University of Rochester seperti dilansir Sciencedaily.Ryan mengatakan bahwa waktu luang sangat penting dan berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. "Masa luang pada waktu weekend harus benar-benar dimanfaatkan karena sebenarnya itu adalah kebutuhan psikologis dasar manusia yang erat kaitannya dengan kesehatan fisik," jelas Ryan.Ia dan rekannya sudah melakukan studi terhadap 74 orang berusia 18 hingga 62 tahun yang bekerja minimal 30 jam dalam seminggu. Selama 3 minggu, peserta survei diminta mengisi kuesioner yang menjelaskan aktivitas, keadaan serta perasaan setiap harinya seperti senang, sedih, marah, depresi, stres dan juga masalah kesehatannya seperti gang [...]

Kebutuhan Gula Tubuh: 5% Gula Dari Kalori per Hari

Kebutuhan Gula Tubuh: 5% Gula Dari Kalori per Hari

Gula merupakan suatu istilah yang digunakan untuk bahan kimia dengan rasa manis yang sering sekali digunakan dalam memasak. Gula ini merupakan golongan karbohidrat, dimana komposisinya berupa karbon, hidrogen, dan oksigen. Gula sederhana disebut sebagai monosakarida dimana di dalam ini termasuk golongan glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Gula yang sering kita gunakan di makanan merupakan golongan sukrosa. (Baca: Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula) Kita semua sudah banyak mengetahui efek dari gula terhadap kesehatan kita. Berbagai penyakit ditimbulkan akibat konsumsi gula berlebihan seperti penyakit Diabetes. Konsumsi gula yang tinggi juga dikaitkan dengan penyakit jantung, hipertensi, dan kolestrol. Sebuah pedoman baru yang terbitkan oleh WHO (World Health Organization) menyebutkan bahwa jumlah gula yang baik untuk kita konsumsi dalam sehari adalah 5% dari total kalori. (Baca: 10 Alasan Mengurangi Gula) Pedoman terbaru yang dikeluarkan oleh WHO ini diharapkan dapat melawan penyakit gigi berupa kavitas dan obesitas. Walaupun 5% total gula ini kurang masuk di akal,namun menurut dr. Francesco Brana ahli Nutrisi di WHO, target ini harus bisa dicapai oleh masyarakat. 5% gula ini be [...]

Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

Sebagian wanita senang memakai tas tangan untuk berpergian. Tidak sedikit dari mereka yang menyukai tas besar untuk menyimpan berbagai perlengkapan, seperti kosmetik atau gadget. Banyak juga wanita yang meniru gaya Victoria Beckham yang selalu tampil dengan tentengan tas besar di bahunya ke manapun.Banyak wanita tidak memperhatikan bahwa tas yang mereka bawa terlalu berat atau melebihi kapasitasnya. Ternyata hal itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Para ahli mengungkapkan bahwa berat beban tas tangan yang sering dibawa wanita bisa menyebabkan 'poshitis'.Poshitis adalah suatu kondisi di mana otot menjadi rusak serta nyeri bahu yang berkelanjutan karena membawa tas berat terlalu lama. Para ahli medis menyebut kondisi tersebut dengan nama poshitis karena terinspirasi dari Victoria Beckham. Victoria mendapat julukan 'Posh' di grup band Spice Girl.Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Halo menemukan bahwa masalah kesehatan semakin banyak dialami oleh wanita. Hal itu dikarenakan wanita modern saat ini berpergian lebih lama dari sebelumnya dengan membawa tas berat di tangannya.Brand kecantikan tersebut melakukan survei terhadap 1.500 wanita dengan usia sekitar 25 sampai 45 tahun. Hasiln [...]

Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Migrain

Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Migrain

Sakit kepala sebelah atau migrain memang tidak mematikan, namun jika tidak diatasi, akan sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas. Migrain adalah masalah neurologis yang menyebabkan rasa sakit, mual dan kepekaan terhadap cahaya. Sakit kepala ini dapat melemahkan, kadang-kadang juga didahului gangguan penglihatan, yang dikenal sebagai aura. Tidak ada salahnya menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu migrain. Apa saja? Berikut makanan dan minuman tertentu dapat memicu kekambuhan migrain, seperti dilansir Livestrong Makanana atau minuman yang merupakan produk susu umumnya dihubungkan dengan migrain. Menurut SteadyHealth, produk-produk susu mengandung histamin, yang mungkin bertanggung jawab untuk menyebabkan perubahan kimia yang mengarah ke migrain. Mengonsumsi krim asam, yogurt atau buttermilk pada khususnya dapat memicu migrain. Produk susu Pemicu migrain lainnya adalah makanan yang mengandung tyramine. Tyramine biasanya banyak terkandung dalam keju, mozzarella atau cheddar. Tyramine Makanan dari produk daging juga bisa menyebabkan migrain. Daging banyak mengandung nitrat yang terkait dengan migrain. Jika Anda menderita migrain, hindari hot dog, pepperoni, sosis, sa [...]

Mesin Bor Gigi Tanpa Rasa Sakit

Mesin Bor Gigi Tanpa Rasa Sakit

Sebuah hasil kerjasama penelitian para ahli di University of Missouri, Amerika Serikat dan perusahaan teknoligi medis, Nanova berhasil menciptakan ?Plasma Brush? untuk perawatan gigi berlubang tanpa rasa sakit. Mesin yang mampu membersihkan bagian gigi yang berlubang hanya dalam 30 detik dengan hanya memberikan sensasi rasa dingin bagi pasien, di beritakan di Dailymail Health akan segera diluncurkan ke pasaran dalam 2 tahun kedepan. Seringkali orang akan segan mendatangi dokter gigi untuk mengobati gigi berlubang mereka, diakibatkan rasa sakit dan ngilu yang dirasakan saat gigi bermasalah dibersihkan. Mesin Bor Gigi Tanpa Rasa Sakit Untuk itu mesin yang mampu membersihkan dengan cepat dan tanpa rasa sakit ini membawa harapan tersendiri tidak hanya pada para dokter gigi, namun juga kepada para pasien. Mesin yang diakui memberikan peran penting dalam 75% prosedur dalam kedokteran gigi ini telah terbukti keberhasilannya dalam membersihkan gigi dan memasang filling pada bagian yang berlubang lebih kuat dibandingkan teknik terkini yang ada saat ini. Diharapkan penelitian ini dapat segera menunjukkan bukti kuat dalam menunjukkan tidak adanya efek samping di kemudia [...]

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Kolesterol yang selama ini seakan menjadi momok bagi kesehatan, sebenarnya terdiri atas beberapa susunan jenis yang memeliki kemampuan masing-masing. Salah satunya adalah kolesterol HDL yang biasa disebut sebagai kolesterol baik. Kolesterol HDL atau High Density Lipoprotein ini, mempunyai peran dalam membersihkan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dari darah ke organ hati untuk dilakukan proses lebih lanjut, sehingga mampu menjaga jantung tetap dalam kondisi prima. Para peneliti Kaiser Permanente mengungkapkan hasil penelitian mereka pada 30,067 pasien diabetes tipe 2 berdasarkan kadar kolesterol HDL untuk melihat keterkaitan pasien dengan resiko serangan jantung atau stroke. Dari penelitian tersebut mereka menemukan bahwa setengah dari pasien memiliki kadar HDL yang rendah, dengan perbandingan dibawah 50 mg/dL untuk wanita dan dibawah 40 mg/dL untuk pria. Berdasarkan penelitian terbaru, agar mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dalam menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke pada penderita diabetes tipe 2 , HDL sangat perlu ditingkatkan dengan kadar diatas 50 mg/dL. Hal ini sesuai dengan The National Cholesterol Education Program, a project of the National Hear [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *