Penyebab Utama Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

baukakicover.jpg

Bau kaki bisa membuat seseorang tidak percaya diri, juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan orang-orang sekitar. Apa sebenarnya faktor utama penyebab bau kaki? American Chemical Society telah merilis video yang menjelaskan darimana datangnya bau mengganggu itu sekaligus cara mengatasinya.

Bau kaki disebabkan oleh bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap.

“Bau kaki bisa membuat Anda malu jika harus membuka sepatu di bagian keamanan bandara, tapi zat-zat kimia tertentu bisa membantu Anda menghilangkan baunya,” begitu seperti yang terungkap dalam video yang dilansir Daily Mail.

Kenapa seseorang bisa memiliki bau kaki? Tubuh manusia ditutupi kelenjar yang mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh ketika cuaca panas. Beberapa bagian tubuh memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi ketimbang bagian lainnya. Dan kaki, menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak kelenjar keringatnya.

“Keringat di kaki sebenarnya tidak berbau tapi berperan besar menyebabkan bau,” ungkap American Chemical Society.

Mengenakan sepatu lengkap dengan kaos kaki juga tidak membantu mengurangi bau kaki ini. Justru penggunaan kaos kaki bisa mengurangi ruang bagi kulit kaku untuk bernapas. Saat berkeringat, kai jadi lembab, menyebabkan bakteri mudah menetap dan hidup serta berkembang di dalamnya.

Saat bakteri-bakteri ini berkumpul, mereka akan mengeluarkan gas berbau menyengat. Gas itulah yang membuat aroma kaki jadi mengganggu. Ada tiga jenis gas atau kotoran yang dikeluarkan bakteri pada kaki, yaitu propanoic acid, methanethiol dan isovaleric acid.

Methanethiol membuat kaki berbau seperti belerang dan keju, dan itu diproduksi dari kulit mati. Isovaleric acid juga menebarkan aroma seperti keju dan tengik seperti cuka. Sementara propanoic acid memiliki bau kecut.

Menghilangkan bau kaki memang tidak mudah, karena berkaitan dengan keringat, sel kulit mati dan bakteri. Namun Anda bisa meminimalisir bau dengan cara yang terbilang mudah.

Dalam video tersebut disarankan untuk mencuci kaki dengan sabun antibakteri dan mengelupaskan sel kulit mati dengan scrub secara teratur. Selain itu juga selalu mengganti kaos kaki setiap selesai dikenakan dan sebaiknya pilih kaos kaki berbahan katun. Untuk sepatu, rajin-rajinlah dijemur dan semprotkan deodoran pada kaki.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Anda perlu waspada dengan setiap gejala yang muncul pada tubuh. Bisa jadi hal tersebut mengarah kepada penyakit serius. Seperti yang dikutip dari mayoclinic, berikut tujuh gejala yang tak boleh diabaikan.1. Turunnya Berat Badan Secara DrastisMenurunnya berat badan tanpa perlu usaha yang besar mungkin terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Sayangnya hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada yang salah pada kesehatan Anda.Jika Anda kehilangan hingga 10 persen dari berat badan selama enam bulan terakhir, segera konsultasikan pada dokter. Penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti tiroid yang terlalu aktif, diabetes, depresi, penyakit hati, atau kanker.2. Demam Tinggi & BerkepanjanganDemam bukan selalu berarti tanda bahwa tubuh Anda sedang tidak sehat. Deman memiliki peran penting dalam memerangi infeksi. Namun jika demam yang Anda alami lebih dari tiga hari, Anda harus memeriksakannya ke dokter. Dalam beberapa kasus, demam tinggi lebih dari 39,4 C dan berkepanjangan bisa disebabkan oleh gejala kanker ganas.3. Sesak NapasSesak napas dapat disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis kronis, asma, pneumonia, gump [...]

Sembuhkan Lecet dan Luka Ringan dengan 4 Bahan Dapur Ini

Sembuhkan Lecet dan Luka Ringan dengan 4 Bahan Dapur Ini

Luka tersayat pisau, lecet karena terjatuh atau tersengat lebah tidak harus selalu diatasi dengan obat penyembuh luka yang banyak beredar di apotek atau toko farmasi. Jika kehabisan obat antiseptik, luka serta rasa sakit ringan bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah. Syeda Kirain Zahra Hussain, seorang terapis nutrisi holistik dan konsultan kesehatan dari Amerika Serikat memberikan beberapa tips sembuhkan luka tanpa obat, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Luka SayatanJari yang tersayat pisau saat memotong bahan-bahan makanan di dapur, atau lecet karena terjatuh bisa disembuhkan dengan madu. Selain kaya nutrisi, madu murni juga berkhasiat sebagai desinfektan. Oleskan sedikit madu murni pada bagian yang luka, diamkan selama beberapa menit lalu tutupi sayatan dengan plester luka. Ulangi mengoleskannya beberapa kali dalam sehari.2. Serangan Koloni LebahKadang nasib sial bisa terjadi, Anda diserang koloni lebah karena tak sengaja mengusik sarangnya. Sengatan koloni lebah menimbulkan sakit yang sangat mengganggu dan terasa panas. Setelah diserang koloni lebah, redakan sakit dengan mandi air dingin yang telah dicampur secangkir oatmeal. Perawatan i [...]

Apa Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan?

Apa Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan?

Sering merasakan sakit kepala sebelah kanan? Maka Anda sepatutnya waspada karena jika terus terjadi dan tak kunjung sembuh, bisa jadi terdapat potensi penyakit kronis. Sakit kepala tidak selalu terasa pada seluruh bagian organ. Terkadang nyeri hanya terasa pada bagian depan, belakang, samping kiri, atau kanan kepala. Perbedaan posisi sakit kepala dapat membedakan penyebab terjadinya nyeri. Sakit kepala sebelah kanan dapat disebabkan oleh begitu banyak hal yang terkadang sulit untuk didiagnosis. Berikut beberapa penyebab yang dapat dideteksi, yaitu: Migrain kronis. Kondisi ini terjadi ketika seseorang memiliki riwayat migrain yang terjadi berulang dengan gejala sebagai berikut: Dirasakan pada satu atau dua sisi kepala. Menyebabkan rasa nyeri berdenyut sedang hingga parah. Diperparah oleh aktivitas fisik harian. Dapat menyebabkan sensitivitas berlebihan pada cahaya dan suara, serta timbul rasa mual dan muntah. Hemicrania continua. Sakit kepala yang ditandai dengan gejala sebagai berikut: Dirasakan hanya pada satu sisi kepala. Terjadi dari hari ke hari secara terus menerus. Dapat menjadi parah dengan gejala menyerupai migrain. Kondisi ini dapat menyebabkan: hidung tersumbat atau [...]

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Nyeri tenggorokan adalah peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan suara serak dan juga nyeri menelan.Nyeri tenggorokan kadang merupakan gejala awal dari munculnya infeksi saluran napas bagian atas yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus. Apakah Penyebabnya? Virus, 80% sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam. Infeksi bakteri (juga dikenal sebagai strep throat atau infeksi virus yang menyebabkan faringitis). Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap). Iritasi (misalnya merokok). Kelembapan yang rendah. Kurang asupan cairan. Udara kering. Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, di antaranya: Jika penyebabnya infeksi virus: Infeksi virus biasanya merupakan penyebab selesma (pilek) dan influenza yang kemudian mengakibatkan terjadinya radang tenggorokan. Selesma biasanya sembuh sendiri sekitar 1 minggu begitu tubuh Anda membentuk antibody melawan virus tersebut. Pengobatan dengan antibiotik tidak akan efektif untuk m [...]

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Disadari Berbahaya Bagi Kesehatan

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Disadari Berbahaya Bagi Kesehatan

Beberapa kebiasaan sehari-hari bisa menyebabkan gangguan kesehatan tanpa Anda sadari. Menyilangkan kaki saat duduk atau memakai jeans yang terlalu ketat mungkin terdengar sepele namun kebiasaan tersebut bisa meningkatkan risiko terkena penyakit tertentu. Ini enam kebiasaan tak sehat yang sebaiknya Anda hindari, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Menyilangkan Kaki Terlalu Lama Saat DudukBerdasarkan penelitian, duduk dengan kaki menyilang bisa meningkatkan tekanan darah. Menyilangkan kaki saat duduk bisa meningkatkan tekanan darah systolic (tekanan ketika jantung berdetak sambil memompa darah) hingga 7 persen, dan tekanan darah dialostic (tekanan antara saat jantung berdetak dan detak berikutnya) 2 persen. Sebaiknya hindari menyilangkan kaki di lutut lebih dari 15 menit dan jangan duduk dengan posisi sama dan di tempat yang sama lebih dari 45 menit. Sesekali berdiri dan berjalanlah, baik itu ke toilet, pantry untuk mengambil minum atau sekadar menyapa rekan kerja di meja lain.2. Tidur dengan Posisi Tengkurap Sepanjang MalamPosisi tengkurap memang lebih memudahkan orang untuk cepat tertidur, namun tidur terlalu lama dalam posisi ini sebaiknya tidak dilakukan. Leher akan [...]

Antidepresan Tidak Pengaruhi Pertumbuhan Janin

Antidepresan Tidak Pengaruhi Pertumbuhan Janin

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh peneliti Northwestern Medicine menemukan bahwa obat antidepresan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) yang dikonsumsi oleh perempuan selama kehamilan tidak mempengaruhi pertumbuhan bayi. Selama ini terdapat kekhawatiran bahwa pengobatan andidepresan selama kehamilan dapat menghambat pertumbuhan anak pada satu tahun pertama. Penelitian-penelitian terdahulu mengindikasikan adanya hambatan pertumbuhan janin dari ibu hamil yang mengalami depresi. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu hamil yang mendapatkan terapi SSRI selama kehamilannya memiliki berat, panjang, dan lingkar kepala yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang tidak memiliki masalah depresi dan tidak mengkonsumsi obat antidepresan. Selain itu, pertumbuhan bayi dari ibu yang mengalami depresi namun tidak mendapatkan pengobatan juga tidak jauh berbeda dengan populasi umum. Penelitian ini dipublikasikan pada tanggal 20 Maret 2013 di The American Journal of Psychiatry. ?Sebagian besar perempuan ingin mengetahui efek penyakit depresi dan/atau pengobatannya terhadap kehamilan, tidak han [...]

Serba-serbi Stroke

Serba-serbi Stroke

Jika Anda tinggal di sekitar ibukota Jakarta atau Tangerang, Anda akan melihat iklan salah satu rumah sakit di wilayah Tangerang ketika melintas di sebuah jalan tol, di iklan itu tertulis ?in stroke, time is brain? yang artinya dalam kasus stroke, waktu berarti bagi penyelamatan otak, semakin lambat ditangani, kerusakan jaringan otak yang terjadi akan semakin signifikan dan menimbulkan kematian. Apa itu Stroke Sesungguhnya? Anda tentu pernah mendengar penyakit jantung koroner, yang tak lain adalah penyakit jantung dimana pembuluh darah yang memperdarahi jantung tidak dapat melakukan tugasnya karena tersumbat, sehingga penderita akan mengalami gagal jantung, karena si jantung yang tidak memperoleh oksigen akan serta merta mogok kerja menyuplai darah ke tubuh Anda. Nah jika Anda memahami penyakit jantung koroner, tidak sulit bagi Anda untuk mengerti apa yang sesungguhnya terjadi pada penyakit stroke. Pada stroker, pembuluh darah yang tersumbat adalah yang memperdarahi otak, apa yang kemudian muncul sebagai gejala pada pasien tinggal bergantung pada daerah otak mana yang tidak mendapat suplai darah dengan baik, jika pembuluh darah yang terlibat bertugas menyuplai otak yang fungsinya [...]

Studi: Dihormati Lebih Membahagiakan Daripada Punya Harta Banyak

Studi: Dihormati Lebih Membahagiakan Daripada Punya Harta Banyak

Harta melimpah tidak selamanya bisa membuat orang bahagia. Menurut penelitian terbaru, perasaan dihormati dan dihargai justru buat orang lebih bahagia ketimbang memiliki status sosial dan ekonomi tinggi (mencakup pendidikan tinggi dan kekayaan)."Salah satu alasan mengapa uang tidak bisa membeli kebahagian adalah karena orang cepat beradaptasi dengan tingkat pendapatan baru atau kekayaan. Pemenang lotere, misalnya, awalnya senang namun kembali pada tingkat kebahagiaan awal dengan cepat," jelas peneliti Cameron Anderson, seorang ilmuwan psikologi di Haas School of Business yang ada di University of California, Amerika."Ada kemungkinan bahwa dihormati, memberikan pengaruh dan diterima secara sosial selalu bisa membahagiakan seseorang," tambah Anderson yang penelitiannya dipublikasikan dalam jurnal 'Psychological Science'.Penelitian Anderson dibagi menjadi empat studi terpisah. Dalam salah studi, peneliti menghitung 'status sociometric' dari 80 mahasiswa yang memiliki kegiatan sosial. Dalam penelitiannya, status mereka dipertimbangkan mulai dari bagaimana rekan-rekan mereka menilai secara sosial, posisi kepemimpinan hingga kesejahteraan faktor sosial.Hasilnya, para peserta penelitia [...]

Khasiat Kunyit untuk Tubuh: Sembuhkan Luka Bakar & Melangsingkan

Khasiat Kunyit untuk Tubuh: Sembuhkan Luka Bakar & Melangsingkan

Kunyit tak hanya bisa digunakan sebagai pelezat masakan. Jenis rempah-rempah ini juga berkhasiat menyembuhkan dan menjaga kesehatan Anda secara holistik. Ini dia manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, seperti dikutip dari iDiva.1. Menyembuhkan Luka Bakar RinganKunyit bisa membantu mempercepat penyembuhan pada luka tersayat dan luka bakar ringan. Selain itu, kunyit juga memberi efek sejuk dan menenangkan kulit yang terluka. "Kunyit bersifat sebagai antiseptik yang mencegah luka semakin parah karena infeksi bakteri," ujar Dr Deepali Shastri, pakar pengobatan ayurveda asal Mumbai.Campur kunyit yang sudah diparut dengan air bersih sampai terbentuk seperti pasta. Lalu tempelkan pada bagian yang terkena luka. Sebaiknya diaplikasikan dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.2. Melegakan PernapasanPernapasan yang terasa sesak karena tersumbat dahak bisa diatasi dengan susu yang dicampur sedikit kunyit. Menurut Dr Shastri, "Kunyit melegakan pernapasan dengan berfungsi sebagai anti peradangan. Dia juga bagus untuk mengatasi pembengkakan di organ internal."3. Melangsingkan TubuhKunyit membantu mengatasi masalah pencernaan, dan berdampak pada penurunan berat badan yang leb [...]

Cara Mencegah Rabun Senja dengan Wortel

Cara Mencegah Rabun Senja dengan Wortel

Sayuran warna oranye ini memilki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, yaitu sebesar 12000 Sl. Wortel juga memiliki banyak kandungan zat lain di dalamnya, antara lain kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan vitamin C.Wortel disebut-sebut sebagai sayuran yang baik untuk mata. Kandungan karoten dan vitamin A mampu membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah.Sebuah penelitian di bidang kesehatan kembali mengungkap manfaat lain wortel. Dan menemukan bahwa ternyata wortel tak hanya baik untuk penglihatan, wortel pun bisa membuat seseorang tampil lebih menarik dan tampak sehat, seperti yang dikutip dari Times of India.Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita dan pria yang kulitnya memiliki cahaya kuning dianggap lebih menarik dan sehat. Cahaya kuning tersebut timbul dari pigmen kuning yang biasa disebut karotenoid.Karotenoid memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit serta serta memberikan rona pada wajah. Karotenoid bisa ditemukan dalam sayur dan buah-buahan seperti wortel dan plum.Menurut peneliti Ian Stephen, mengonsumsi wortel selama dua bulan saja sudah bisa memberikan hasil yang signifikan. Hal i [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *