Penyebab Utama Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

baukakicover.jpg

Bau kaki bisa membuat seseorang tidak percaya diri, juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan orang-orang sekitar. Apa sebenarnya faktor utama penyebab bau kaki? American Chemical Society telah merilis video yang menjelaskan darimana datangnya bau mengganggu itu sekaligus cara mengatasinya.

Bau kaki disebabkan oleh bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap.

“Bau kaki bisa membuat Anda malu jika harus membuka sepatu di bagian keamanan bandara, tapi zat-zat kimia tertentu bisa membantu Anda menghilangkan baunya,” begitu seperti yang terungkap dalam video yang dilansir Daily Mail.

Kenapa seseorang bisa memiliki bau kaki? Tubuh manusia ditutupi kelenjar yang mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh ketika cuaca panas. Beberapa bagian tubuh memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi ketimbang bagian lainnya. Dan kaki, menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak kelenjar keringatnya.

“Keringat di kaki sebenarnya tidak berbau tapi berperan besar menyebabkan bau,” ungkap American Chemical Society.

Mengenakan sepatu lengkap dengan kaos kaki juga tidak membantu mengurangi bau kaki ini. Justru penggunaan kaos kaki bisa mengurangi ruang bagi kulit kaku untuk bernapas. Saat berkeringat, kai jadi lembab, menyebabkan bakteri mudah menetap dan hidup serta berkembang di dalamnya.

Saat bakteri-bakteri ini berkumpul, mereka akan mengeluarkan gas berbau menyengat. Gas itulah yang membuat aroma kaki jadi mengganggu. Ada tiga jenis gas atau kotoran yang dikeluarkan bakteri pada kaki, yaitu propanoic acid, methanethiol dan isovaleric acid.

Methanethiol membuat kaki berbau seperti belerang dan keju, dan itu diproduksi dari kulit mati. Isovaleric acid juga menebarkan aroma seperti keju dan tengik seperti cuka. Sementara propanoic acid memiliki bau kecut.

Menghilangkan bau kaki memang tidak mudah, karena berkaitan dengan keringat, sel kulit mati dan bakteri. Namun Anda bisa meminimalisir bau dengan cara yang terbilang mudah.

Dalam video tersebut disarankan untuk mencuci kaki dengan sabun antibakteri dan mengelupaskan sel kulit mati dengan scrub secara teratur. Selain itu juga selalu mengganti kaos kaki setiap selesai dikenakan dan sebaiknya pilih kaos kaki berbahan katun. Untuk sepatu, rajin-rajinlah dijemur dan semprotkan deodoran pada kaki.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Para Peneliti Temukan Gen Penyebab Kebutaan Kornea

Para Peneliti Temukan Gen Penyebab Kebutaan Kornea

Para ilmuwan di Singapura, seperti dilansir oleh asianscientist.com, telah mengidentifikasi gen ketebalan kornea sentral (CCT) yang berpotensi dapat menyebabkan kebutaan seperti glaukoma. Penelitian ini dipimpin oleh para peneliti di Singapore Eye Research Institute (SERI) dan Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Penelitian (A * STAR) Genome Institute of Singapore (GIS), melibatkan 55 rumah sakit dan pusat-pusat penelitian di seluruh dunia, dan lebih dari 20.000 orang keturunan Eropa dan Asia. Temuan mereka dipublikasikan bulan Januari 2013 ini dalam jurnal Nature Genetics. CCT dikaitkan dengan kondisi mata yang berpotensi pada kebutaan seperti keratoconus, suatu kondisi di mana kornea semakin menipis dan memiliki bentuk mengerucut yang akhirnya mungkin memerlukan transplantasi. CCT diperkirakan memiliki heritabilitas hingga 95 persen dan dapat menentukan tingkat keparahan glaukoma pada seseorang dan membantu dokter dalam mengidentifikasi pasien. CCT juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya transplantasi kornea di seluruh dunia. Sebelum penelitian ini, tim Singapura telah mengidentifikasi enam CCT yang berbeda terkait lokus melalui sampel dari Singapura, Cina, India, Me [...]

Model Cantik Curhat Kehilangan Kaki Gara-gara Pakai Pembalut Tampon

Model Cantik Curhat Kehilangan Kaki Gara-gara Pakai Pembalut Tampon

Model asal California, Lauren Wasser sama sekali tidak menyangka hidupnya berubah drastis hanya karena pemakaian tampon saat haid. Lauren harus kehilangan salah satu kakinya akibat infeksi dari pemakaian tampon tersebut.Dalam wawancara dengan majalah People, Lauren pun menceritakan mengenai peristiwa tragis yang dialaminya pada Oktober 2012 lalu. Saat itu dia merasa kurang enak badan. Dia kemudian memeriksakan diri ke rumah sakit. Dan menurut dokter dia hampir kehilangan nyawanya karena suhu tubuhnya saat tiba di rumah sakit sudah mencapai 107 derajat.Model dengan tinggi 180 cm itu didiagnosa dokter terkena TTS atau Toxic Shock Syndrome, infeksi bakteri yang terjadi akibat pemakaian tampon terlalu lama. Infeksi yang dialaminya sudah begitu serius sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari gangrene (kematian pada jaringan yang terjadi karena kehilangan suplai darah), luka pada kaki kiri hingga amputasi pada kaki kanannya. Amputasi pada kaki kanannya harus dilakukan agar nyawanya bisa diselamatkan.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 "Aku rasanya ingin bunuh diri saat sudah pulang ke rumah. Tiba-tiba saja aku tidak punya kaki, aku duduk di kursi roda, kakiku [...]

Jangan Buang Biji Alpukat, Ini Khasiatnya untuk Kesehatan

Jangan Buang Biji Alpukat, Ini Khasiatnya untuk Kesehatan

Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, buah dengan citarasa creamy ini juga memiliki lemak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung serta sebagai makanan diet untuk bantu turunkan berat badan. Ternyata tidak hanya daging buahnya yang bermanfaat. Biji alpukat pun menyimpan banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan bagian buah yang seringkali terbuang ini disebut-sebut justru lebih sehat ketimbang daging alpukatnya sendiri. Biji alpukat memiliki lebih banyak antioksidan, dan seratnya juga lebih banyak ketimbang oatmeal.Sejumlah dokter juga mengatakan kalau biji alpukat berkhasiat menurunkan kolesterol dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit. Karena kandungan serat larutnya yang tinggi, biji alpukat pun bisa mengurangi masalah pada pencernaan dan usus. Ini fakta-fakta kesehatan lainnya dari biji alpukat, seperti dikutip dari Live Strong.1. Kaya AntioksidanSebuah studi yang dilakukan National University of Singapore pada 2003 menemukan bahwa diantaranya biji buah lainnya seperti mangga, asam atau nangka, biji alpukat memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih besar. Alpukat kemungkinan menyimpan 7 [...]

Jalan Sehat 25 Menit Sehari Bisa Memperpanjang Usia Hingga 7 Tahun

Jalan Sehat 25 Menit Sehari Bisa Memperpanjang Usia Hingga 7 Tahun

Olahraga dengan intensitas sedang seperti jalan sehat atau bersepeda santai tidak hanya membuat pikiran lebih segar dan tubuh lebih bugar. Studi terbaru mengungkapkan, olahraga jenis ini juga bisa memperlambat proses penuaan dan memperpanjang harapan hidup hingga tujuh tahun, apabila dilakukan secara rutin.Fakta terbaru ini datang dari tim peneliti di Saarland University, Jerman. Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa olahraga intensitas sedang secara rutin bisa menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung ketika berusia 50-an dan 60-an tahun.Tim peneliti telah merekrut responden pria dan wanita berusia antara 30 hingga 60 tahun. Semua responden kondisi tubuhnya sehat, tidak merokok tapi belum pernah berolahraga secara rutin.Para responden kemudian diikutkan program latihan rutin selama enam bulan. Apa yang terjadi? Setelah enam bulan ditemukan adanya perubahan faktor-faktor penyebab penuaan di dalam darah. Sel tubuh perlahan-lahan 'bergotong royong' memperbaiki DNA. Membuatnya lebih muda.Baca Juga: 50 Inspirasi Model Kebaya "Olahraga bisa menambah umur Anda tiga hingga tujuh tahun. Olahraga adalah anti-depresan, meningkatkan fungsi kognitif dan sekarang terbukti memper [...]

Yuk Lari! Riset Membuktikan Olahraga Lari Bisa Cegah Penyakit Jantung

Yuk Lari! Riset Membuktikan Olahraga Lari Bisa Cegah Penyakit Jantung

Lari atau jogging kini menjadi olahraga yang tren di kalangan anak muda. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, berlari dapat dilakukan secara rutin dengan waktu yang fleksibel dan kalori yang dikeluarkan pun lebih maksimal. Tak hanya membakar kalori, lari pun memiliki manfaat kesehatan.Menurut penelitian yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Ilmu Kardiologi di Amerika Serikat, berlari dengan kecepatan yang konstan atau tidak berubah dalam waktu beberapa menit dapat mencegah risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Penelitian yang dalam waktu 15 tahun ini dilakukan kepada lebih dari 55.000 orang dewasa berusia antara 18 sampai 100 tahun. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kesehatan mereka secara keseluruhan, meliputi apakah mereka berolahraga dan berapa lama mereka hidup.Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang rutin olahraga lari memiliki risiko kematian sebesar 45% lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular dibanding orang-orang yang jarang berlari. Faktanya para pelari rata-rata bisa bertahan hidup tiga tahun lebih lama daripada mereka yang tidak berlari. Riset ini juga melihat usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, merokok dan kebias [...]

Hepatitis Mengintai

Hepatitis Mengintai

Kebiasaan buruk berbagi makanan dan minuman dengan teman perlu diwaspadai terlebih dengan maraknya kasus penyebaran penyakit hepatitis A yang mulai dianggap sebagai kejadian luar biasa (KLB) di beberapa daerah di Jawa Barat. Mewabahnya kasus hepatitis A tahun ini pertama kali muncul di akhir Oktober dengan lebih dari 40 mahasiswa Universitas Parahyangan Bandung positif mengidap penyakit hepatitis A. Tidak lama berselang, hari Senin kemarin (7/11) telah dikabarkan bahwa daerah Depok juga sudah terserang virus yang sama. Sebanyak lebih dari 70 siswa dan guru SMKN 2 Depok beserta beberapa buruh disekitar sekolah mengalami gejala mata kuning, tubuh lemas dan kulit menguning yang menandakan mereka terjangkit penyakit hepatitis dan 68 dari mereka positif terjangkit hepatitis A. Meskipun kasus mewabahnya hepatitis A baru terlihat di dua tempat, namun penyebaran penyakit ini mampu meluas apabila tidak dilakukan pencegahan sedini mungkin. Sehingga lokalisasi pengidap tidak hanya sebagai cara menanggulangi KLB namun juga dilakukan upaya pemantauan ketat dan penyuluhan oleh Dinas Kesehatan dan Badan Pengendali Penyakit & Penyehatan Lingkungan (P2PL). Dari kedua kasus ini meskipun belum di [...]

Tips Sehat Menghadapi Cuaca Panas

Tips Sehat Menghadapi Cuaca Panas

Tahukah Anda bahwa saat ini suhu udara saat siang hari bisa mencapai 39-40 derajat celcius? Peningkatan suhu udara menjadi sangat panas dapat mempengaruhi metabolisme tubuh kita. Selain itu suhu udara yang panas dapat membuat kulit kering dan kehilangan kandungan air didalam lapisan kulit. Berikut faktor risiko jika terjadi peningkatan suhu udara Dehidrasi Lambatnya penanganan dehidrasi akan memicu Heat cramps yaitu suatu keadaan akibat terpapar panas dan tubuh kekurangan elektrolit melalui keringat sehingga mengakibatkan otot menjadi spasme (kram). Heat exhaustion, yaitu kelelahan akibat terpapar panas sehingga tubuh kehilangan caoran karena banyak mengeluarkan keringat, tekanan darah menurun, sakit kepala, mual, gangguan penglihatan dan pingsan jika tidak segera ditangani. Heat stroke, yaitu suatu keadaan yang mengancam jiwa dimana suhu tubuh mencapai lebih dari 40 derajat atau lebih. Siapa saja yang berpotensi untuk mengalami gangguan kesehatan saat terjadi peningkatan suhu udara yang tinggi secara tiba-tiba? Berikut penjelasannya: Orang-orang yang Rentan Mudah Terancam Cuaca Panas: Siapa saja yang berpotensi untuk mengalami gangguan kesehata [...]

Tanpa Obat, Flu Bisa Cepat Sembuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Tanpa Obat, Flu Bisa Cepat Sembuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Sakit flu disebabkan oleh virus influenza yang menimbulkan berbagai gejala seperti pilek, demam dan sakit kepala. Flu bukanlah penyakit berbahaya tapi ketika menyerang, bisa membuat stamina tubuh menurun dan sulit beraktivitas karena lemas.Penyakit ini sebenarnya tidak perlu disembuhkan dengan konsumsi obat-obatan apalagi antibiotik. Menurut pakar nutrisi dr. Johannes Chandrawinata, SpKG, flu bisa hilang dengan sendirinya asalkan cukup asupan nutrisinya."Orang yang sakit flu bisa sembuh sendiri asalkan cukup gizi. Daya tahan tubuh yang akan melawan virus tersebut," ujarnya, saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, belum lama ini.Jadi sebelum buru-buru minum obat, sebaiknya jaga dulu asupan makanan Anda. Ada beberapa jenis makanan yang efektif mempercepat penyembuhan dari serangan flu. Ini beberapa di antaranya.1. Bawah PutihBawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.2 [...]

Apa yang Dimaksud dengan Fisioterapi?

Apa yang Dimaksud dengan Fisioterapi?

Fisioterapi adalah proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian penilaian, diagnosis, perlakuan, dan aktivitas pencegahan. Tujuan dari dilakukannya fisioterapi adalah mengembalikan fungsi tubuh setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, maka fisioterapi dapat diprioritaskan untuk mengurangi dampaknya. Kapan Anda Membutuhkan Perawatan Fisioterapi? Beberapa kondisi pasien yang bisa dibantu dengan perawatan fisioterapi berdasarkan sistem tubuh, dibedakan menjadi empat: Neurologi Beberapa kondisi terkait neurologi atau sistem syaraf adalah stroke, multiple sclerosis, dan penyakti Parkinson. Gangguan syaraf akibat penyakit-penyakit tersebut bisa mengganggu fungsi tubuh, seperti susah bicara, susah berjalan, dan menurunnya kinerja tangan. Neuromusculoskeletal Kondisi yang diakibatkan oleh gangguan neuromusculoskeletal atau gangguan otot pada kerangka tubuh antara lain saat ada sakit pinggang belakang, nyeri otot, cedera karena olahraga, dan arthritis. Kardiovaskular Gangguan sistem kardiovaskular yang bisa dibantu dengan fisioterapi adalah penyakit jantung kronis dan rehabilitasi pascaserangan jantun [...]

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Gejala Flu Tidak Ganggu Aktivitas

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Gejala Flu Tidak Ganggu Aktivitas

Di musim hujan seperti sekarang ini, daya tahan tubuh mudah menurun. Sehingga virus seperti influenza lebih rentan masuk ke tubuh. Sebelum penyakit ini menghambat aktivitas Anda, ada baiknya mengikuti lima tips ini untuk meredakan gejala flu dengan cepat, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Obat Batuk yang TepatKetika tenggorokan mulai gatal dan batuk mulai menyerang, segera minum obat batuk yang sesuai. Umumnya ada dua jenis obat batuk yaitu, untuk batu berdahak dan batuk tidak berdahak. Dengan memilih jenis yang tepat, maka penyembuhan pun akan lebih cepat.2. Makan Makanan Hangat dan PedasMakanan pedas yang mengandung cabai, bawang putih, lada hitam dan rempah lainnya dapat membantu melegakan tenggorokan dan mengurangi produksi lendir, sehingga Anda lebih mudah bernapas. Perbanyak pula makanan berkuah yang hangat, karena panas dapat membantu mengurangi bakteri berbahaya dalam tubuh.3. Uap PanasIni adalah pengobatan termudah yang dapat Anda lakukan ketika sedang flu. Cukup siapkan air panas dalam sebuah baskom, kemudian tambahkan minyak aromaterapi untuk membantu menghilangkan lendir sehingga pernapasan pun lebih lega.4. Perbanyak Buah dan SayurKonsumsi makanan yang kaya vitam [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *