Penyebab Utama Gigi Terasa Ngilu Setiap Kali Minum Air Es

sensitif.jpg

Sering merasakan nyeri atau ngilu menusuk pada gigi setiap kali mengonsumsi makanan/minuman panas, dingin atau terlalu asam? Bisa jadi pertanda gigi Anda sensitif.

Gigi sensitif atau dentine hypersensitivity adalah rasa nyeri yang timbul akibat terbukanya lapisan dentin (batas antara gigi dan gusi) di bawah email gigi. Dengan terbukanya dentin, maka rangsangan dari makanan atau minuman akan langsung menuju syaraf dan menyebabkan nyeri. Ada beberapa faktor yang membuat gigi sensitif, dan umumnya karena kebiasaan menggosok gigi atau pemilihan sikat gigi yang salah.

“Gosok gigi terlalu kuat yang menekan gigi dan gusi, juga penggunaan sikat gigi yang bulunya terlalu keras dan kaku adalah beberapa penyebab gigi sensitif,” ujar Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (5/06/2013).

Menggosok terlalu kuat akan membuat dentin gigi terbuka, juga membuat email gigi mengalami penipisan. Hal yang sama juga terjadi apabila Anda menggunakan sikat gigi yang terlalu kaku.

Selain itu, peradangan gusi yang diakibatkan karang gigi juga bisa menyebabkan terjadinya gigi sensitif. Hal ini kerap terjadi ketika pembersihan karang gigi yang terlalu tebal.

Saat dibersihkan, bagian yang terkena karang akan membuka sehingga terbentuk semacam celah. Dengan kata lain, gusi jadi menyusut. Ketika email terbuka, semua rangsangan yang masuk, baik itu dari makanan manis, panas, dingin atau bahkan terpaan angin akan langsung mengenai syaraf dan membuat ngilu atau nyeri.

Gigi sensitif juga terjadi akibat penuaan, karena lapisan email yang menyusut seiring bertambahnya usia. Penyebab lainnya adalah bleaching, kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur dan proses bleaching atau pemutihan gigi yang terlalu sering.

Dokter gigi yang akrab disapa Rini ini memberikan tips untuk mencegah gigi sensitif. Gosoklah gigi secara lembut dari arah gusi ke gigi, dikombinasikan dengan gerakan memutar seperti massage. Pilih sikat gigi berbulu lembut dan halus, serta hindari mengonsumsi makanan/minuman esktrem (soda, cuka, lemon) terlalu sering.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tanda-Tanda Anak Kekurangan Nutrisi dari Susu

Tanda-Tanda Anak Kekurangan Nutrisi dari Susu

Kalsium dan vitamin D memiliki peran penting bagi pertumbuhan serta perkembangan anak. Kedua asupan tersebut dapat diperoleh dari susu dan produk olahan susu lainnya. Jika anak kurang asupan makanan disertai minimnya asupan susu, hal tersebut bisa menimbulkan gangguan nutrisi dan meningkatkan risiko terjadinya riketsia. Riketsia merupakan penyakit yang dapat menyebabkan tulang menjadi lunak, sehingga anak menjadi kesulitan untuk tumbuh tinggi, kesulitan untuk menekuk kaki, serta mengalami kelemahan pada bagian otot. Ikuti panduan nutrisi ini, sebagai rekomendasi asupan susu sesuai dengan kategori umur: Anak usia 2-3 tahun disarankan minum 2 gelas susu (473 ml) dalam sehari Anak usia 4-8 tahun disarankan minum 2 gelas susu (591 ml) dalam sehari Anak usia 9 tahun ke atas disarankan minum 3 gelas susu (710 ml) dalam sehari Kalsium Kalsium merupakan zat terpenting untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mengontrol otot serta saraf di dalam tubuh. Tanda-tanda anak kekurangan kalsium di dalam tubuh adalah badan terasa lemas, kaku otot, nafsu makan menurun, serta mengalami gangguan irama jantung. Asupan kalsium per hari yang dianjurkan untuk anak berusia 1-3 tahun adalah s [...]

Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Berhubungan seksual setelah melahirkan mungkin merupakan hal terakhir yang Anda pikirkan. Ketahuilah hal-hal berikut sebelum Anda memulai hubungan seks setelah melahirkan. Setelah bayi saya lahir, kapan saya boleh berhubungan seksual? Baik Anda melahirkan secara normal maupun caesar, tubuh Anda sama-sama membutuhkan waktu penyembuhan. Para ahli menganjurkan untuk menunggu setidaknya 4-6 minggu setelah melahirkan untuk serviks dapat menutup, perdarahan postpartum berhenti dan laserasi atau robekan menyembuh. Apakah akan terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah melahirkan? Setelah melahirkan, terutama jika Anda menyusui, vagina Anda akan cenderung menjadi kering dan nyeri, terutama setelah melahirkan secara normal akan terjadi penurunan kekuatan otot vagina yang dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Untuk mengembalikan kekuatan otot dasar panggul, cobalah melakukan senam kegel. Apakah saya perlu menggunakan kontrasepsi? Hubungan Seksual Setelah Melahirkan Anda sebaiknya menggunakan kontrasepsi (bahkan jika Anda sedang menyusui), kecuali Anda berharap segera hamil kembali. Para ahli menganjurkan untuk menggunakan metode barrier seperti kondom dan spermi [...]

5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

Putus cinta tak selamanya menyakitkan. Menurut penelitian, putus cinta bisa memberikan manfaat kesehatan baik secara fisik ataupun mental. Apa saja manfaat di balik kandasnya hubungan asmara?Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota pada tahun 2003 terhadap 92 siswa, mengungkapkan bahwa ada pertumbuhan pribadi yang terjadi setelah putus cinta. Beberapa diantanya, menjadi sosok yang lebih percaya diri dan mengetahui apa yang diingingkan."Setelah hubungan berakhir, kita tidak perlu lagi membenarkan mengapa kita harus bersama orang lain, dan ini memungkinkan kita untuk melihat beberapa hal lebih jelas," ujat Ty Tashiro, salah satu peneliti.Sebuah studi Northwestern University menemukan bahwa setelah putus cinta orang cenderung menjadi bingung. Tetapi hal itu tak sepenuhnya buruk. "Perubahan spesifik itu berasal dari kesadaran ingin mencari pengganti pasangan. Jadi tak heran, orang menjadi lebih ramah dan menyenangkan setelah putus cinta," kata Erica Slotter, penulis studi.Seperti yang dikutip dari She Knows, berikut lima manfaat kesehatan di balik putus cinta:1. Lebih TenangSaa kekasih tak lagi di samping, Anda jadi bisa memiliki waktu untuk menemukan kesenangan [...]

Tak Selalu Mengganggu, Ini Manfaat Kesehatan Punya Bulu di Seluruh Tubuh

Tak Selalu Mengganggu, Ini Manfaat Kesehatan Punya Bulu di Seluruh Tubuh

Memiliki bulu-bulu di sekitar tubuh bagi sebagian wanita merupakan salah satu hal yang cukup mengganggu penampilan. Tak heran mereka rutin melakukan perawatan tubuh seperti waxing atau mencukur bulu. Tetapi ternyata, bulu-bulu atau rambut halus tersebut memiliki manfaat dari segi kesehatan.Pakar biologi di University of Bradford Inggris, Des Tobin menuturkan, memiliki rambut di bagian tubuh penting untuk mempertahankan kesehatan kulit. "Setiap folikel rambut tidak hanya memproduksi serat rambut, tetapi juga memiliki pembuluh darah, saraf, dan lemak," ujarnya.Folikel rambut pada tubuh juga diperkaya dengan sel-sel induk yang tidak akan pernah kekurangan kapasitas untuk memperbaharui diri mereka. Sehingga bisa membantu menyembuhkan kondisi kulit apabila terjadi luka.Tobin mengatakan, luka pada tubuh bagian luar lebih cepat sembuh karena terdapat folikel rambut yang lebih besar dan banyak, dibandingkan dengan luka pada dalam tubuh. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan regenerasi sel yang dibawa oleh aliran darah.Demikian pula pada kulit kepala yang sudah tidak ditumbuhi dengan rambut. Ia kurang mampu mengatasi goresan luka atau memar akibat benturan karena kurangnya folikel y [...]

Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah

Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah

Kurang darah atau dalam dunia medis disebut dengan anemia merupakan kondisi yang disebabkan karena menurunnya jumlah sel darah merah. Sel darah merah yang mengandung komposisi hemoglobin, berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh sel tubuh manusia. Kekurangan sel darah merah ini akan mempengaruhi proses transportasi oksigen dan karbondioksida dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan gejala dan tanda sebagai berikut: Lesu dan lemas Cepat lelah Jantung berdebar-debar tanpa sebab yang jelas atau pada saat berolah raga Napas yang terengah-engah, terutama pada saat berolah raga Sulit berkonsentrasi Pusing Sakit kepala Pucat Kesemutan atau kedinginan pada tangan dan kaki Sulit tidur Apa saja penyebab munculnya anemia? Klik next. Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah Bila gejala dan tanda tersebut sudah dialami dalam waktu cukup lama, maka perlu dilakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah. Jika kadar hemoglobin rendah maka diagnosis anemia dapat ditegakkan. Anemia sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal seperti: Kekurangan zat besi, Kekurangan vitamin B-12, Penya [...]

Kalap Santap Makanan Saat Buka Puasa, Waspadai Akibat yang Ditimbulkan Ini

Kalap Santap Makanan Saat Buka Puasa, Waspadai Akibat yang Ditimbulkan Ini

Selain sebagai kewajiban beribadah bagi umat Islam, puasa sebulan penuh sebenarnya merupakan salah satu cara detoksifikasi. Tubuh 'diistirahatkan' dari makan berlebihan yang tinggi kalori serta lemak, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih baik. Selain untuk kesehatan, puasa juga bisa membantu turunkan berat badan berlebih.Namun kenyataan yang terjadi, justru banyak orang yang berat badannya bertambah bahkan berpotensi mengalami berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga serius. Penyebabnya, tidak lain karena pola makan ketika berpuasa cenderung tidak sehat.Umumnya orang Indonesia lebih memilih berbuka dengan gorengan ketimbang buah segar, kolak ketimbang kurma, es campur daripada air putih bahkan sebagian membatalkan puasanya dengan sepiring nasi lengkap dengan lauknya. Belum lagi berbagai jenis es, makanan manis atau makanan dengan kandungan garam dan gula tinggi. Menjelang Hari Raya, pola makan bisa semakin tidak terkontrol. Ketupat, opor ayam, sambal goreng hati, gulai, rendang, semua makanan berlemak dan berkolesterol tinggi yang tersaji di meja. Jarang kita menemukan lalapan, sayur bening atau sajian sayuran lain saat Lebaran. Jangan lewatkan juga kue-kue [...]

Tidur Tingkatkan Kecerdasan Anak

Tidur Tingkatkan Kecerdasan Anak

Oleh: dr. Cesilia Handayani Tidur merupakan salah satu rangsang bagi tumbuh kembang otak. Saat tidur di produksi hormon pertumbuhan untuk memulihkan tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh, membangun otot dan jaringan pendukung. Fluktuasi produksi hormon ini dipengaruhi oleh cahaya, adanya cahaya bisa menghambat pelepasan hormon sehingga produksinya lebih banyak pada malam hari. Penelitian menunjukkan bahwa tidur dapat meningkatkan kewaspadaan, menurunkan stress, serta meningkatkan fungsi kognitif terutama pada anak, termasuk perhatian, memori, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Seperti kita ketahui bayi dan anak-anak terbiasa tidur siang. Pada bayi misalnya bila tidak tidur siang akan rewel dan sering menangis. Akan tetapi tidur di malam hari jauh lebih bermanfaat dalam meningkatkan fungsi berpikir pada anak. Anak yang bisa tidur malam lebih lama memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang lebih banyak tidur siang karena anak yang lebih banyak tidur siang akan mengurangi waktu tidurnya di malam hari. Jadi diusahakan untuk mengurangi waktu tidur siang pada anak dan memperpanjang waktu tidur malamnya. Berilah anak kesempatan untuk beraktivitas da [...]

Varises Saat Hamil

Varises Saat Hamil

Keluhan varises atau melebarnya pembuluh darah hingga terlihat dari permukaan kulit merupakan salah satu keluhan yang tidak jarang dikeluhkan oleh perempuan yang sedang hamil. Keluhan ini biasanya akan mulai muncul di trimester kedua kehamilan. Selain pembengkakan di daerah kaki, biasanya yang membuat perempuan makin kecewa terhadap penampilannya adalah melihat kakinya sekarang dihiasi gambaran biru pembuluh darah yang terlihat menonjol. Kondisi varises ini terjadi pada 40% perempuan hamil sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila kondisi ini pun terjadi pada Anda. Bagaimana varises terjadi? Varises muncul akibat gabungan beberapa faktor, di antaranya adalah: - Adanya hormon-hormon kehamilan di aliran darah. - Peningkatan volume darah saat hamil. Jadi, wajarkah hal ini terjadi? Halaman berikut penjelasannya: Normalkah Muncul Varises Ketika Hamil? Kedua hal tersebut di atas menyebabkan dinding pembuluh darah melebar dari ukuran seharusnya. Pelebaran ini menyebabkan katup yang terdapat di dalam pembuluh darah tidak dapat menutup dengan sempurna. Katup ini berfungi untuk mencegah aliran darah yang kembali ke jantung untuk turun ke bagian ujung tubuh se [...]

Cara Mencegah Kanker dengan Banyak Bergerak

Cara Mencegah Kanker dengan Banyak Bergerak

Tubuh yang bergerak secara aktif terbukti bisa mengurangi risiko kanker. Awal tahun 2014, World Health Organization (WHO) mencatat bahwa kurangnya aktivitas fisik adalah penyebab keempat tertinggi kematian di dunia. Duduk terus-menerus selama berjam-jam tiap hari adalah faktor risiko utama penyebab penyakit-penyakit tidak menular, seperti sakit jantung, diabetes, dan kanker. Sekitar 3,2 juta orang di seluruh dunia meninggal tiap tahun karena kurang aktif bergerak. Kurangnya aktivitas luar rumah di kota-kota besar, umumnya disebabkan oleh tingginya polusi udara akibat asap kendaraan, padatnya lalu lintas, kekhawatiran terhadap tindak kriminal, dan kurangnya sarana untuk berjalan seperti trotoar atau taman. Aktif bergerak tidak selalu harus diartikan berolahraga. Aktivitas fisik bisa berupa pergerakan tubuh yang memerlukan energi, seperti halnya bermain, berjalan-jalan, membersihkan rumah. Aktivitas Fisik sebagai Cara Mencegah Kanker Selain membuat tubuh tetap sehat, aktivitas fisik dapat mengurangi risiko penyakit. Orang yang tidak aktif bergerak memiliki peluang risiko 20-30 persen lebih tinggi untuk meninggal karena penyakit tidak menular seperti kanker jika dibandingkan dengan [...]

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mungkin Anda sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga Anda supaya tetap sehat. Kabar baiknya lagi adalah: diet yang sehat dapat membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan. Bahkan beberapa makanan tersebut dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti: Alzheimer, diabetes, serta penyakit jantung. Berikut diantaranya: Buah?buahan dan sayuran Mengurangi risiko kebutaan di usia 65 tahun atau lebih. Sayuran dan buah-buahan seperti: bayam, kembang kol, jagung, jeruk, dan wortel kaya akan vitamin c, zinc dan beta karoten yang baik untuk mata. Anggur, terutama anggur merah kaya akan antioksidan (resveratrol) yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Sayur-sayuran berwarna kuning dan hijau mengandung vitamin C yang berguna untuk peremajaan kulit. Makanan lainnya yang dapat membantu Anda awet muda lainnya adalah: Makanan yang Membuat Awet Muda Lainnya: Gandum. Dengan mengkonsumsi gandum yang kaya akan serat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Ikan. Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan memiliki fungsi untuk mencegah penuaan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *