Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Perawatan-Kemoterapi-dan-Efek-Sampingnya-alodokter.jpg

Kemoterapi atau biasa disebut kemo dikenal sebagai pengobatan kanker. Kemoterapi memiliki ragam manfaat dalam memerangi sel-sel kanker. Meski demikian, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang tidak sedikit.

Kemoterapi mungkin diberikan selama rawat inap di rumah sakit atau klinik sebagai bagian dari pengobatan rawat jalan, meski kemoterapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun proses pengobatan kemoterapi harus tetap diawasi oleh dokter dan perawat untuk mengamati kemungkinan efek samping atau adanya keputusan diperlukannya penggantian dengan obat-obatan.

Memerangi Sel-sel Berbahaya

Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium berapa, kemoterapi dapat bermanfaat untuk:

  • Meringankan gejala. Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit.
  • Mengendalikan. Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang berkembang ke bagian tubuh yang lain.
  • Menyembuhkan. Kemoterapi dapat menghancurkan semua sel kanker hingga sempurna dan ini mencegah berkembangnya kanker di dalam tubuh lagi.

Hanya saja kemoterapi juga dapat memengaruhi sel sehat yang secara normal membelah diri dengan cepat, misalnya yang berada di sekitar mulut, usus, serta rambut. Kerusakan pada sel sehat itu yang dapat mengakibatkan efek samping. Namun umumnya akan segera menghilang setelah pengobatan kemoterapi selesai.

Kapan Dilakukan Kemoterapi?

Kemoterapi terkadang dilakukan sebagai satu-satunya upaya penyembuhan kanker. Namun sering kali kemoterapi dilakukan bersama-sama dengan tindakan operasi, terapi radiasi untuk kanker, atau terapi biologis lain. Umumnya kemoterapi dilakukan pada saat:

  • Sebelum operasi atau terapi radiasi, agar ukuran tumor menjadi lebih kecil.
  • Setelah operasi atau terapi radiasi, untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa.
  • Saat dilakukan terapi radiasi dan terapi biologis, untuk memaksimalisasi efeknya.
  • Mencegah kembalinya pertumbuhan sel kanker atau penyebaran pada bagian tubuh lain.

Cara pengobatan kemoterapi dilakukan tergantung kepada jenis kanker yang diderita, terdiri dari:

  • Topikal. Digunakan melalui krim yang dioleskan pada kulit.
  • Oral. Kemoterapi dalam bentuk pil, kapsul, atau cairan yang diminum.
  • Suntik. Diberikan melalui suntikan pada otot atau lapisan lemak misalnya di lengan atau perut.
  • Intraperitoneal (IP). Kemoterapi langsung diberikan ke dalam rongga perut yang terdapat usus, hati, dan lambung di dalamnya.
  • Intra-arteri (IA). Kemoterapi langsung dimasukkan ke dalam arteri yang menyalurkan darah ke kanker.
  • Intravenous (IV). Kemoterapi langsung dimasukkan ke pembuluh darah vena.

Kemungkinan Terjadi Efek Samping

Kemoterapi merupakan pengobatan kanker yang efektif. Terbukti telah menyelamatkan jutaan jiwa. Namun kemoterapi memiliki efek samping yang tidak kecil.

Sulit untuk memprediksi seberapa berat seseorang akan mengalami efek samping dari kemoterapi sebab tiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap pengobatan tersebut.

Efek samping kemoterapi muncul karena obat-obatan tersebut tidak memiliki kemampuan membedakan sel kanker yang berkembang pesat dengan sel sehat yang secara normal juga memiliki perkembangan pesat. Misalnya sel darah, sel kulit, serta sel-sel yang ada di dalam perut sehingga kemoterapi memiliki efek negatif. Berikut adalah gejala efek samping yang bisa terjadi akibat kemoterapi:

  • Rambut rontok.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Sesak napas dan detak jantung tidak biasa akibat anemia.
  • Mual dan muntah.
  • Mimisan.
  • Kulit kering dan terasa perih
  • Gampang memar.
  • Gusi berdarah.
  • Sulit tidur.
  • Gairah seksual menurun.
  • Rasa lelah dan lemah sepanjang hari.
  • Konstipasi atau diare.

Yang penting diketahui, efek samping kemoterapi tersebut akan segera hilang setelah pengobatan selesai.

Selain itu, efek kemoterapi tidak akan menimbulkan akibat yang berbahaya bagi kesehatan. Meski pada beberapa kasus, efek samping kemoterapi bisa lebih serius dibandingkan yang lain. Misalnya tingkat sel darah putih yang menurun dengan cepat sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi. Sedapat mungkin hindari diri Anda dari orang-orang yang sakit atau terkena infeksi selama kemoterapi.

Kemoterapi untuk kanker pada sel darah atau tulang sumsum merupakan yang paling berisiko terhadap infeksi karena jenis kanker tersebut telah menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah putih. Jika mengalami gejala seperti demam, diare, muntah-muntah, sulit bernapas, sakit dada atau pendarahan, segera temui dokter.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sebagian besar proses pengobatan kemoterapi diberikan kepada pasien tanpa menginap di rumah sakit. Meski tiap orang memiliki reaksi berbeda setelah kemoterapi, namun sebagian besar merasakan letih dan lelah. Hindari menyetir kendaraan sendiri atau aktivitas yang memerlukan energi atau konsentrasi tinggi setelah sesi kemoterapi. Ajaklah anggota keluarga atau kawan untuk menemani Anda pulang setelah kemoterapi.

Banyak orang yang masih mampu bekerja selama menjalani kemoterapi, tergantung dengan jenis pekerjaan dan ketahanan tubuh masing-masing. Namun jika memungkinkan, Anda dapat bekerja dari rumah atau paruh waktu. Bicarakan kemungkinan tersebut di tempat kerja Anda atau mengambil cuti.

Terutama bagi Anda dengan anak kecil di rumah, persiapkan dan rencanakan bantuan di rumah sebelum menjalani kemoterapi.

Selama pengobatan kemoterapi, Anda harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsi obat-obat lain, termasuk obat alergi, herba, pereda nyeri, dan lainnya. Hindari konsumsi minuman keras setidaknya selama masa kemoterapi.

Mengobati penyakit berbahaya seperti kanker tidaklah mudah, termasuk saat menjalani sesi kemoterapi. Sedapat mungkin ikuti perintah dokter dan hindari hal-hal yang dapat berisiko mengganggu proses pengobatan berjalan optimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Ini Kerugian Memiliki Kuku Panjang Bagi Kesehatan

Ini Kerugian Memiliki Kuku Panjang Bagi Kesehatan

Sebagian wanita senang memanjangkan kuku agar terlihat lebih feminin dan mudah untuk dibentuk maupun dihias. Tapi jika tidak benar memeliharanya, kuku panjang bisa menjadi sumber penyakit dan penyebab terjadinya gangguan kesehatan.Menurut studi terbaru yang dilakukan Infectious Disease Society of America, kuku yang panjangnya melebihi tiga milimeter dari ujung jari bisa menyimpan bakteri dan jamur berbahaya. Kebanyakan orang hanya fokus pada kulit tangan serta sela-sela jari saat mencuci tangan, tapi kerap mengabaikan kuman-kuman di bawah kuku mereka.Seperti dikutip dari Health Me Up, banyak orang tidak membersihkan tangan dan kukunya dengan benar. Sedikitnya diperlukan waktu 15 detik untuk mencuci tangan dan membersihkan bagian bawah kuku agar benar-benar terhindar dari kuman berbahaya.Mencuci tangan dengan benar sangatlah penting, karena tangan merupakan organ tubuh manusia yang paling banyak terkena kontak langsung dengan puluhan bahkan ratusan benda setiap harinya. Baik di rumah saat memasak, membersihkan lantai, mencuci piring, memegang remote control atau bersalaman dengan orang lain, memencet tombol eskalator, menyentuh kursi bus hingga memegang uang kertas.Selain pada ta [...]

Awas, Terlalu Sering Buka Facebook Bisa Buat Depresi

Awas, Terlalu Sering Buka Facebook Bisa Buat Depresi

Apakah Anda termasuk orang yang gemar meng-update status Twitter dan membuka akun Facebook tiap saat? Jika ya, berhati-hatilah karena menurut penelitian, kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Misalnya saja seperti, kecanduan akan obat-obatan terlarang dan alkohol, hingga depresi dan melambatnya keterampilan kognitif seseorang.Namun peneliti juga mengatakan bahwa situs jejaring sosial juga memberikan efek positif. Berikut beberapa dampak positif serta negatif Facebook dan Twitter, seperti yang dikutip dari healthmeup.1. Jumlah Teman di Facebook Berkaitan dengan Struktur OtakMenurut penelitian terbaru di University College London, orang-orang yang punya banyak teman di jejaring sosial cenderung memiliki grey matter atau area di otak besar yang lebih besar. Bagian otak ini berhubungan dengan kemampuan berinteraksi dengan lingkungan sosial. Dilihat dari ukuran atau volume grey matter, maka seharusnya perbedaan jumlah teman akan teramati baik di internet maupun di dunia nyata. Asumsi ini juga terbukti benar dalam penelitian itu, berdasarkan hasil pengamatan terhadap sedikitnya 125 mahasiswa.2. Facebook Bisa Buat DepresiPenelitian yang dilakukan oleh Stony Brook Univers [...]

Makanan yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Makanan yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Cuaca yang tidak menentu seringkali membuat daya tahan tubuh menurun dan terserang penyakit. Jangan dulu meminum tablet vitamin atau suplemen tubuh untuk memperkuat sistem imun tubuh. Dikutip dari Times of India, cara terbaik untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan penuh nutrisi penting. Apa saja?1. Bawang PutihSelama berabad-abad, bawang putih telah menjadi komponen penting pada hampir setiap resep makanan. Namun, efek menguntungkan bawang putih tidak hanya menambah rasa pada makanan. Kerabat dekat bawang-bawangan ini telah lama digunakan sebagai penguat imunitas karena kandungan nutrisinya, anti-jamur dan antiseptik. Penelitian menunjukkan, jika dimakan mentah, bawang putih mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit pilek, batuk dan infeksi pada dada. Ini dikarenakan bawang putih merupakan sumber tinggi vitamin (C, B1, dan B6), mineral (fosfat dan zat besi) dan sulfoksida yang dikenal akan kemampuan antibakterinya.2. IkanAsam lemak omega 3 yang banyak ditemukan terutama pada ikan laut seperti salmon, tuna dan makarel adalah penguat imunitas penting yang membantu menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Disarankan bagi anak Anda untu [...]

Manfaat Air Kelapa

Manfaat Air Kelapa

Oleh: dr. Nadia Octavia Apa yang terkandung di dalam air kelapa? Air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Air kelapa murni (tanpa campuran bahan lain) mengandung 5.45 kalori, 1.3gr gula, 61mg potassium dan 5.45mg sodium. Air kelapa mengandung kadar gula yang lebih rendah jika dibandingkan dengan minuman berenergi, soda dan beberapa jus buah. Jika ingin mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan, pilihlah air kelapa yang tidak memiliki perasa, tanpa tambahan gula atau jus sehingga memiliki efek yang maksimal tanpa tambahan kalori yang signifikan. Air kelapa dan olahraga Air kelapa baik dikonsumsi setelah berolahraga untuk mengganti cairan yang hilang dibandingkan dengan konsumsi minuman berenergi atau air. Suatu studi yang diterbitkan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa air kelapa dapat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga sama baiknya dengan minuman berenergi dan lebih baik daripada air mineral. Suatu studi lain menyebutkan bahwa air kelapa dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk rehidrasi cairan dan gangguan pencernaan yang timbul seperti mual, kembung ataupun gangguan lambung [...]

Dengar Lagu ‘Galau’ Saat Patah Hati Justru Membuat Orang Lebih Bahagia

Dengar Lagu ‘Galau’ Saat Patah Hati Justru Membuat Orang Lebih Bahagia

Lagu-lagu 'galau' milik Adele, Bruno Mars atau Sinead O'Connor ternyata tidak membuat pendengarnya bertambah galau saat putus cinta. Banyak orang yang mendengarkan lagu dengan tema dan nada mellow justru agar mereka merasa lebih bahagia.Hasil penelitian di Jepang telah membuktikan hal itu. Dari hasil studi, mendengarkan musik ballad dan bertempo lambat bisa memicu timbulnya emosi positif. Para peneliti dari Tokyo University mengklaim, hal ini terjadi karena musik bertema sedih bisa mengingatkan orang akan film-film atau situasi romantis. Perasaan romantis ini akan membuat orang merasa lebih bahagia secara signifikan.Penelitian bertujuan untuk mencari penjelasan kenapa orang senang mendengarkan lagu sedih. Ai Kawakami dan beberapa koleganya dari departemen Arts and the RIKEN Brain Science Institute di Tokyo University telah mengadakan studi terhadap 44 responden. Beberapa di antaranya merupakan musisi dan non-musisi. Para responden diminta mendengarkan dua jenis musik yang didefinisikan sebagai 'musik sedih' dan 'musik bahagia'. Kemudian setiap partisipan harus menggunakan beberapa padanan kata kunci untuk menilai persepsi mereka antara musik yang didengarkan dan tingkat emosi me [...]

Memilih Perawatan Rambut  Sesuai dengan Masalah

Memilih Perawatan Rambut Sesuai dengan Masalah

Rambut merupakan sebuah mahkota yang tak ternilai, namun kadang sering kali disepelekan kehadirannya. Jangan lupa, masalah pada rambut bisa mengganggu aktivitas sekaligus menimbulkan rasa tidak percaya diri. Ingat bukan, betapa terganggunya Anda ketika rambut Anda berketombe atau rusak karena bahan kimia pada cat. Menyadari akan pentingnya kesehatan rambut, Johnny Andrean Salon Premium menawarkan serangkaian perawatan rambut yang disebut JA Treatment Premium untuk mempercantik rambut serta membuatnya tampak lebih indah dan sehat. ?Johnny Andrean Salon ingin memberikan pelayanan yang terbaik, yang mendukung mereka yang ingin tetap tampil gaya tanpa harus takut mengalami kerusakan rambut,? ungkap Amadea Pradella, Brand Manager dari Johnny Andrean Salon, pada peluncuran cabang kedua Johnny Andrean Premium Salon di Grand Indonesia, Kamis (2/7/2015) lalu. Serangkaian JA Treatment Premium dihadirkan untuk berbagai jenis masalah rambut. Perawatan yang dimaksud yakni meliputi Anti Hair Loss, Anti Dandruff, Scalp Detox, Dry & Damage, Smooth serta Color Treatment. Sangat beragam, bukan? Selain dari segi pelayanan yang lebih baik daripada yang sudah ada sebelumnya, produk yang digunakan p [...]

Cara Menyembuhkan Penyakit yang Datang Pasca Putus Cinta

Cara Menyembuhkan Penyakit yang Datang Pasca Putus Cinta

Putus cinta tidak hanya menyebabkan seseorang merasa galau dan sedih. Pada sebagian orang patah hati juga menimbulkan rasa sakit fisik, mulai dari rasa nyeri di dada hingga diare. Kok bisa? Lalu bagaimana cara menyembuhkannya?Seperti yang dikutip dari msnbc, para peneliti mengerti bahwa masalah percintaan dapat memicu perubahan dalam otak yang mempengaruhi kesehatan seseorang. Edward Smith, seorang psikolog dari Universitas India dan rekannya, menemukan bahwa rasa sakit emosional yang kuat dapat mengaktifkan saraf yang sama seperti rasa sakit pada fisik.Sakit fisik pasca putus cinta bisa dialami orang dalam berbagai cara. Ada yang merasakan nyeri pada dada, flu, insomnia, atau pencernaan kurang lancar seperti diare. Apabila Anda pengidap asma, bukannya tak mungkin langsung mengalami serangan asma. Punya masalah usus besar? Maka bersiap-siaplah untuk bolak-balik ke toilet. Berikut ini beberapa penyakit yang 'berasal' dari sakit hati.1. Tekanan & Ritme Jantung Tidak NormalKetika respon jantung dipicu oleh keputusan untuk berpisah, tubuh mengirimkan banyak hormon kortisol dan adrenalin. "Setiap kali adrenalin meningkat, denyut jantung bisa menjadi lebih cepat dari biasanya, ber [...]

Suntik Botox Bisa Obati Kanker?

Suntik Botox Bisa Obati Kanker?

Penggunaan botox dalam dunia kecantikan memang sudah biasa. Umumnya cairan ini disuntikkan pada bagian wajah yang mengendur dan ingin dikencangkan. Selain itu, botox juga handal dalam mengatasi keringat berlebihan. Namun, tahukah Anda jika botox juga memiliki kemungkinan menyelamatkan nyawa seorang pasien kanker?Penelitian yang baru-baru ini ?dilakukan mengatakan demikian. Dikutip dari BCC, sebuah riset yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa botox dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker perut. Studi yang dipublikasi di Science Translational Medicine itu juga menyebutkan botox pun dapat membuat kerja kemoterapi menjadi lebih responsif.Meski begitu, lembaga Cancer Research UK mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk menyatakan cairan ijeksi tersebut bisa menyelamatkan nyawa seorang pasien kanker perut. Apalagi botox kerap diduga sebagai pemicu salah satu penyakit kanker lain.?Namun, seorang peneliti bernama Dr Timothy Wang memiliki pendapat yang berbeda. Ia setuju dengan penitian yang menunjukkan bahwa botox memang akan memiliki manfaat jika disuntikan pada kanker atau tumor perut. Walau mungkin tidak benar-benar menyembuhkan, cairan itu akan membantu pasien dalam tahap [...]

Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Minuman Ringan dan Cara Membatasinya

Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Minuman Ringan dan Cara Membatasinya

Saat cuaca panas, minuman ringan yang disajikan dingin memang dapat menyegarkan tenggorokan yang memacu semangat dan stamina ketika beraktivitas. Namun sebaiknya, batasi diri saat meminumnya karena minuman bersoda atau yang kadar gulanya tinggi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.Sebuah studi menunjukkan bahwa meminum soda atau minuman ringan bisa meningkatkan risiko kegemukan, kerusakan pada gigi dan kurangnya kepadatan tulang. Minuman ringan mempunyai kalori cukup tinggi yang menyulitkan penurunan berat badan sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung bahkan kanker.Menurut National Heart Foundation di Australia, di dalam satu kaleng kemasan minuman bersoda dapat membuat berat badan naik sebanyak 6,75 kilogram per tahun. Bukan hanya minuman ringan atau minuman bersoda, minuman lain yang tinggi akan kadar gula seperti minuman olahraga, minuman berenergi juga menimbulkan dampak negatif apabila dikonsumsi terlalu sering.Dalam sebuah penelitian yang dilakukan dalam rangka kampanye bertema The Rethink Sugary Drink di Australia, dijelaskan bahwa terdapat lebih kurang 16 bungkus gula pada satu botol 600 mililiter minuman manis. Menurut data statistik, diketa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *