Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Perawatan-Kemoterapi-dan-Efek-Sampingnya-alodokter.jpg

Kemoterapi atau biasa disebut kemo dikenal sebagai pengobatan kanker. Kemoterapi memiliki ragam manfaat dalam memerangi sel-sel kanker. Meski demikian, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang tidak sedikit.

Kemoterapi mungkin diberikan selama rawat inap di rumah sakit atau klinik sebagai bagian dari pengobatan rawat jalan, meski kemoterapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun proses pengobatan kemoterapi harus tetap diawasi oleh dokter dan perawat untuk mengamati kemungkinan efek samping atau adanya keputusan diperlukannya penggantian dengan obat-obatan.

Memerangi Sel-sel Berbahaya

Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium berapa, kemoterapi dapat bermanfaat untuk:

  • Meringankan gejala. Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit.
  • Mengendalikan. Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang berkembang ke bagian tubuh yang lain.
  • Menyembuhkan. Kemoterapi dapat menghancurkan semua sel kanker hingga sempurna dan ini mencegah berkembangnya kanker di dalam tubuh lagi.

Hanya saja kemoterapi juga dapat memengaruhi sel sehat yang secara normal membelah diri dengan cepat, misalnya yang berada di sekitar mulut, usus, serta rambut. Kerusakan pada sel sehat itu yang dapat mengakibatkan efek samping. Namun umumnya akan segera menghilang setelah pengobatan kemoterapi selesai.

Kapan Dilakukan Kemoterapi?

Kemoterapi terkadang dilakukan sebagai satu-satunya upaya penyembuhan kanker. Namun sering kali kemoterapi dilakukan bersama-sama dengan tindakan operasi, terapi radiasi untuk kanker, atau terapi biologis lain. Umumnya kemoterapi dilakukan pada saat:

  • Sebelum operasi atau terapi radiasi, agar ukuran tumor menjadi lebih kecil.
  • Setelah operasi atau terapi radiasi, untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa.
  • Saat dilakukan terapi radiasi dan terapi biologis, untuk memaksimalisasi efeknya.
  • Mencegah kembalinya pertumbuhan sel kanker atau penyebaran pada bagian tubuh lain.

Cara pengobatan kemoterapi dilakukan tergantung kepada jenis kanker yang diderita, terdiri dari:

  • Topikal. Digunakan melalui krim yang dioleskan pada kulit.
  • Oral. Kemoterapi dalam bentuk pil, kapsul, atau cairan yang diminum.
  • Suntik. Diberikan melalui suntikan pada otot atau lapisan lemak misalnya di lengan atau perut.
  • Intraperitoneal (IP). Kemoterapi langsung diberikan ke dalam rongga perut yang terdapat usus, hati, dan lambung di dalamnya.
  • Intra-arteri (IA). Kemoterapi langsung dimasukkan ke dalam arteri yang menyalurkan darah ke kanker.
  • Intravenous (IV). Kemoterapi langsung dimasukkan ke pembuluh darah vena.

Kemungkinan Terjadi Efek Samping

Kemoterapi merupakan pengobatan kanker yang efektif. Terbukti telah menyelamatkan jutaan jiwa. Namun kemoterapi memiliki efek samping yang tidak kecil.

Sulit untuk memprediksi seberapa berat seseorang akan mengalami efek samping dari kemoterapi sebab tiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap pengobatan tersebut.

Efek samping kemoterapi muncul karena obat-obatan tersebut tidak memiliki kemampuan membedakan sel kanker yang berkembang pesat dengan sel sehat yang secara normal juga memiliki perkembangan pesat. Misalnya sel darah, sel kulit, serta sel-sel yang ada di dalam perut sehingga kemoterapi memiliki efek negatif. Berikut adalah gejala efek samping yang bisa terjadi akibat kemoterapi:

  • Rambut rontok.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Sesak napas dan detak jantung tidak biasa akibat anemia.
  • Mual dan muntah.
  • Mimisan.
  • Kulit kering dan terasa perih
  • Gampang memar.
  • Gusi berdarah.
  • Sulit tidur.
  • Gairah seksual menurun.
  • Rasa lelah dan lemah sepanjang hari.
  • Konstipasi atau diare.

Yang penting diketahui, efek samping kemoterapi tersebut akan segera hilang setelah pengobatan selesai.

Selain itu, efek kemoterapi tidak akan menimbulkan akibat yang berbahaya bagi kesehatan. Meski pada beberapa kasus, efek samping kemoterapi bisa lebih serius dibandingkan yang lain. Misalnya tingkat sel darah putih yang menurun dengan cepat sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi. Sedapat mungkin hindari diri Anda dari orang-orang yang sakit atau terkena infeksi selama kemoterapi.

Kemoterapi untuk kanker pada sel darah atau tulang sumsum merupakan yang paling berisiko terhadap infeksi karena jenis kanker tersebut telah menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah putih. Jika mengalami gejala seperti demam, diare, muntah-muntah, sulit bernapas, sakit dada atau pendarahan, segera temui dokter.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sebagian besar proses pengobatan kemoterapi diberikan kepada pasien tanpa menginap di rumah sakit. Meski tiap orang memiliki reaksi berbeda setelah kemoterapi, namun sebagian besar merasakan letih dan lelah. Hindari menyetir kendaraan sendiri atau aktivitas yang memerlukan energi atau konsentrasi tinggi setelah sesi kemoterapi. Ajaklah anggota keluarga atau kawan untuk menemani Anda pulang setelah kemoterapi.

Banyak orang yang masih mampu bekerja selama menjalani kemoterapi, tergantung dengan jenis pekerjaan dan ketahanan tubuh masing-masing. Namun jika memungkinkan, Anda dapat bekerja dari rumah atau paruh waktu. Bicarakan kemungkinan tersebut di tempat kerja Anda atau mengambil cuti.

Terutama bagi Anda dengan anak kecil di rumah, persiapkan dan rencanakan bantuan di rumah sebelum menjalani kemoterapi.

Selama pengobatan kemoterapi, Anda harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsi obat-obat lain, termasuk obat alergi, herba, pereda nyeri, dan lainnya. Hindari konsumsi minuman keras setidaknya selama masa kemoterapi.

Mengobati penyakit berbahaya seperti kanker tidaklah mudah, termasuk saat menjalani sesi kemoterapi. Sedapat mungkin ikuti perintah dokter dan hindari hal-hal yang dapat berisiko mengganggu proses pengobatan berjalan optimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Perbedaan Antara Usia Kronologis dan Usia Biologis

Perbedaan Antara Usia Kronologis dan Usia Biologis

Usia yang tercatat di KTP disebut dengan usia kronologis, yang dihitung sejak Anda lahir ke dunia ini. Sementara itu, usia tubuh Anda yang sebenarnya disebut dengan usia biologis. Usia biologis Anda bisa saja lebih muda atau lebih tua dari usia kronologis. Seseorang yang berusia 50 tahun bisa saja memiliki usia biologis 30 tahun. Demikian pula dengan seseorang yang masih berusia 30 tahun, namun usia tubuh sebenarnya adalah 50 tahun. Proses penuaan adalah adalah hal lumrah yang akan dialami oleh semua orang. Setelah usia 30 tahun, bentuk, komposisi, dan fungsi organ-organ dalam tubuh akan mulai mengalami penurunan. Namun tidak semua orang mengalami penuaan dalam kecepatan yang sama. Jika seseorang mengalami proses penuaan yang lebih cepat, maka usia biologisnya akan lebih besar daripada usia kronologisnya. Perubahan yang terjadi di dalam tubuh contohnya adalah menurunnya massa otot, meningkatnya komposisi lemak, menurunnya metabolisme, penurunan frekuensi denyut jantung, penurunan massa tulang, peningkatan tekanan darah, berkurangnya kelenturan otot, menurunnya kapasitas oksigen paru-paru, serta penurunan fungsi motorik dan koordinasi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi penuaan. N [...]

Anak Sulit Konsentrasi

Anak Sulit Konsentrasi

Oleh: dr. Nadia Octavia Apakah ADHD itu?Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan suatu kondisi dimana seorang anak memiliki kesulitan dalam berfokus pada suatu hal dan sulit memperhatikan sesuatu. Anak dengan ADHD cenderung terlihat gelisah dan mudah sekali teralihkan perhatiannya. Hal ini membuat mereka sulit untuk fokus pada suatu tugas, baik itu dalam hal mendengarkan gurunya di kelas atau menyelesaikan pekerjaan sekolah. Apa saja gejala ADHD? Sulit fokus dan perhatian mudah teralih Gejala utama ADHD antara lain adalah ketidakmampuan untuk fokus terhadap suatu hal dan mudah teralihkan perhatiannya. Anak-anak seringkali mengalami kesulitan dalam: fokus mendengarkan seseorang yang sedang berbicara, mengikuti petunjuk atau menyelesaikan. Hiperaktif Gejala lain dari ADHD adalah ketidakmampuan untuk dapat duduk diam dan tenang. Anak-anak biasanya berlarian ataupun memanjat benda-benda, tidak teratur, bahkan saat ada di dalam ruangan. Ketika mereka diminta untuk duduk, mereka cenderung terlihat gelisah dan bergerak terus. Anak-anak dengan ADHD juga seringkali berbicara terus menerus dan sulit untuk bermain dengan tenang Impulsif Gejala keti [...]

Manfaat Telur bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Telur bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Telur tak hanya lezat dan praktis diolah menjadi berbagai macam makanan. Tapi juga kaya nutrisi seperti vitamin B, mineral dan protein. Ada satu studi yang menemukan bahwa sarapan dengan telur bisa membantu mengurangi hasrat makan makanan bergula dan berlemak saat jam makan siang, ketimbang sarapan sereal dan susu. Masih ada beberapa manfaat dan fakta lain dari telur yang mungkin belum banyak diketahui. Ini daftarnya, seperti dikutip dari Shape.1. Kuning Telur Membantu Perkembangan OtakKuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil. 2. Memicu Rasa BahagiaSelain baik untuk perkembangan otak janin, choline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. Drew Ramsey, psikiater yang khusus mempelajari diet mengatakan, ketika dicerna oleh tubuh, choline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.3. Sumber Protein yang SempurnaProtein pada telur berkualitas paling baik. Sebab kandungan protein di dalam telur mudah diserap dan langsung digunak [...]

Ini Tanda-tanda Haid Anda Tidak Normal

Ini Tanda-tanda Haid Anda Tidak Normal

Saat haid seringkali wanita merasakan nyeri di sekitar perut. Hal tersebut sebenarnya normal, namun jika Anda merasakan sakit yang berlebihan hingga sulit beraktivitas, sebaiknya Anda mulai curiga. Mungkin saja Anda memiliki masalah menstruasi yang tidak normal. Ketahui enam tanda yang menunjukkan haid Anda tidak normal, seperti dikutip About.1. Hitung Sikus HaidRata-rata siklus menstruasi perempuan yang normal adalah 21-35 hari. Jika lama menstruasi Anda lebih dari 31- 35 hari atau jangka waktu kurang dari dua minggu antara periode haid pertama dengan priode haid kedua, ada kemungkinan darah yang keluar bukan darah menstruasi.2. Berapa Lama Siklus MenstruasiBiasanya haid berlangsung selama tujuh hari. Jika Anda mengalami haid lebih dari tujuh hari, Anda perlu waspada. Mungkin saja Anda menderita mennorhagia, meningkatnya volume darah menstruasi.3. Darah Haid yang Berlebihan Waspada dengan darah haid yang terlalu banyak keluar. Banyaknya darah yang keluar membuat Anda harus mengganti pembalut setiap satu atau dua jam sehari, juga merupakan tanda-tanda Anda mengalami mennorhagia.4. Nyeri Berlebihan Anda tiba-tiba sering merasakan nyeri yang berlebihan pada perut. Rasa nyeri saat [...]

Inilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda

Inilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda

Sudah tidak jarang kita mendengar cerita orang terkena diare (mencret) akibat makan makanan pedas. Tapi apa membuat orang jera untuk memakannya lagi? Kebanyakan tidak. Justru sebagai orang Indonesia, makanan jika tidak didampingi sambal, akan seperti Terdapat berbagai macam makanan khas Indonesia yang bercita rasa pedas. Contohnya mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, seperti keripik dan ikan balado. Banyak orang beranggapan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan. Namun perlu diketahui, bahwa makan makanan pedas secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pedas pada makanan bisa didapat dari beberapa hal, yaitu cabai, jahe, dan merica. Cabai merupakan produk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan cita rasa pedas pada makanan. Dalam cabai terkandung Capsaicin, yang menyebabkan efek pedas pada makanan. Makin kecil ukuran cabai, makin pedas rasanya, karena mengandung makin banyak Capsaicin pada biji dan urat bagian dalamnya. Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh? Berikut penjelasannya: Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh? Capsaicin bermanfaat menstimulasi otak untuk [...]

Kanker Getah Bening Olga Syahputra

Kanker Getah Bening Olga Syahputra

Setelah mendapati sms dari Tika Bisono, sejumlah wartawan langsung memberitakan perihal kondisi Olga Syahputra terakhir di Singapura. Berikut adalah kutipan sms dari Tika Bisono yang dkirim ke beberapa wartawan yang terlansir di Beritasatu.com: "Info dr relawan kanker RSPP Yanthi Razalie: Rekan2 Yth, Tolong bantu mendoakan OLGA SYAHPUTRA, yang sedang terkena KANKER Getah Bening Stadium 4, sudah menyerang ke otak dan selama sebulan ini koma, sesudah menjalani kemo di RS Mount Elizabeth Singapore. Semoga ALLAH memberikan Yang Terbaik untuk Olga Syahputra, dimudahkan jalannya, dilancarkan urusannya, diredakan sakitnya, diringankan bebannya, dan jika saatnya tiba bisa khusnul khotimah, aamiiin yra. Terima kasih Salam Tika Bisono," tulis Tika Sebenarnya Apa Itu Kelenjar Getah Bening? Pada tubuh kita tersebar sedikitnya 600 kelenjar getah bening di daerah-daerah tertentu Fungsinya adalah membantu sistem pertahanan tubuh dalam meproduksi leukosit, yang menjadi faktor penentu mekanisme daya tahan tubuh. Ketika kelenjar getah bening mengalami gangguan, maka mekanisme daya tahan tubuh akan turut terganggu pula fungsinya. Kelenjar getah bening adanya di area bawah rahang (sub-mandibular), k [...]

Jangan Khawatir, Santan Tak Selamanya Berdampak Buruk

Jangan Khawatir, Santan Tak Selamanya Berdampak Buruk

Santapan di bulan Ramadan dan Idul Fitri banyak yang terbuat dari santan. Sebut saja, kolak, gulai dan opor ayam. Tentunya hal ini membuat sebagian orang 'ngeri' karena kandungan kolestrol di dalamnya.Tapi tunggu dulu. Sebelum mengatakatan 'tidak' pada makanan khas hari raya, Anda perlu mengetahui bahwa ternyata santan tidak selamanya berikan pengaruh buruk. Makanan seperti santan dan minyak kelapa memang mengandung kolesterol, namun kolesterol baik yang dapat mengusir kolesterol jahat. Pada santan, terkandung phytosterol yang baik untuk tubuh.Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang diberikan oleh santan. Seperti yang dikutip dari ehow, ini dia manfaatnya:1. Mengandung NutrisiSantan memiliki banyak kandungan nutrisi, mulai dari vitamin, mineral dan elektrolit. Santan kaya akan zat besi, 22% dari kebutuhan harian. Selain itu santan juga mengandung magnesium, pospor, potassiun, tembaga, selenium, seng, folat dan vitamin C. Juga sejumlah vitamin lainnya; vitamin E, K, thiamin, B16, niacin, kolin, asam pantothenic dan kalsium.2. Lemak JenuhLemak jenuh yang terkandung dalam santan terbuat dari asam lemak rantai pendek hingga sedang, dan dapat berubah menjadi energi. Oleh karena it [...]

‘Demam’ Orang Dewasa yang Hobi Mewarnai, Buku Gambar Kini Laris Manis

‘Demam’ Orang Dewasa yang Hobi Mewarnai, Buku Gambar Kini Laris Manis

Mewarnai buku gambar kini sedang tren di kalangan orang dewasa, khususnya wanita. Buku-buku mewarnai pun laris manis di situs belanja online. Beberapa bulan terakhir, tepatnya April 2015, dua dari daftar buku terlaris di Amazon adalah buku mewarnai.Hal yang sama juga terjadi di Booktopia, toko buku online terbesar di Australia. Menurut Head of Product dan Chief Buyer Booktopia John Purcell, penjualan buku mewarnai untuk orang dewasa ini meningkat tajam sejak dipasarkan pada Maret 2015. Kepada Business Insider, John mengatakan bahwa kini Booktopia telah memasok ratusan eksemplar buku mewarnai. Dalam sebulan, toko buku online tersebut bisa menjual hingga puluhan ribu buku saat ini."Penjualan di tahun lalu bahkan tidak ada. Jadi ada peningkatan persentase yang sangat, sangat besar di sini," ujar John.Dia menambahkan kini hampir semua perusahaan penerbit, baik besar atau kecil membuat buku mewarnai khusus dewasa. John pun memprediksi bahwa hobi mewarnai buku gambar ini akan berlangsung cukup lama, bukan sekadar tren yang 'numpang lewat'. "Saya tidak melihat tren ini akan cepat berlalu. Kan ada Natal, liburan musim panas. Di Prancis, asal mula berkembangnya tren ini, bertahan hingga [...]

Waspadalah Jika Telapak Tangan Anda Sering Berkeringat!

Waspadalah Jika Telapak Tangan Anda Sering Berkeringat!

Anda sering berkeringat berlebih meskipun cuaca sedang tidak panas atau Anda tidak sedang sehabis berolahraga atau Anda sering merasakan telapak tangan dan ketiak Anda sangat basah. Di dalam medis hal itu disebut juga dengan istilah hiperhidrosis. Hiperhidrosis biasanya dialami pada area tertentu saja seperti tangan, kaki, ketiak dan terkadang wajah. Jarang sekali dialami pada seluruh tubuh. Biasanya kondisi ini dialami setidaknya satu kali dalam seminggu tanpa adanya hal atau kondisi yang mendasari. Apa itu hiperhidrosis? Berkeringat adalah mekanisme tubuh normal untuk mendinginkan diri. Sistem saraf Anda secara otomatis memicu kelenjar keringat Anda ketika temperatur tubuh meningkat. Dalam kondisi hiperhidrosis, saraf yang bertanggung jawab untuk memicu kelenjar keringat menjadi overaktif bahkan ketika sedang tidak dibutuhkan. Lalu apakah penyebabnya hiperhidrosis? Berikut penjelasannya: Penyebab Hiperhidrosis Berikut ini adalah beberapa penyebab hiperhidrosis: Genetik Obat-obatan tertentu Menopause Gula darah yang rendah Hipertiroid Beberapa tipe kanker Serangan jantung Penyakit infeksi Kapan Anda harus mengunjungi dokter? Anda berkeringat berle [...]

Endoskop Masa Depan Sebesar Butiran Garam Pasir

Endoskop Masa Depan Sebesar Butiran Garam Pasir

Ada beberapa kelainan atau gangguan pada sistem pencernaan yang dapat diperiksa dengan alat yang disebut dengan Endoskop. Endoskop merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa bagian atau organ dalam tubuh melalui pembuluh, saluran, dan celah-celah yang sempit di beberapa bagian tubuh. Dan kini, sebuah mikrokamera baru telah dikembangkan untuk menutupi kelemahan dari endoskop yang ada. Endoskop yang ada sampai saat ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu selain harganya yang mahal, waktu yang terbuang untuk membersihkannya cukup lama, pun diperlukan kecermatan yang tinggi saat membersihkannya, karena endoskop dipakai untuk kegunaan yang berbeda-beda. Masalah ini bisa diselesaikan dengan mikrokamera baru yang telah dikembangkan oleh Fraunhofer Institute for Reliability and Microintegration (IZM) di Berlin, Jerman, bersama Awaiba GmbH, dan didukung oleh Fraunhofer Institute for Applied Optics and Precision Engineering IOF di Jena, Jerman. ?Kami dapat memproduksi mikrokamera yang begitu murah dengan teknologi kami, dimana para dokter juga dapat langsung membuang endoskop sekali pakai ini begitu selesai menggunakannya,? ujar Martin Wilke, seorang ilmuwan dari Fraunhofer Institute for R [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *