Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Perawatan-Kemoterapi-dan-Efek-Sampingnya-alodokter.jpg

Kemoterapi atau biasa disebut kemo dikenal sebagai pengobatan kanker. Kemoterapi memiliki ragam manfaat dalam memerangi sel-sel kanker. Meski demikian, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang tidak sedikit.

Kemoterapi mungkin diberikan selama rawat inap di rumah sakit atau klinik sebagai bagian dari pengobatan rawat jalan, meski kemoterapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun proses pengobatan kemoterapi harus tetap diawasi oleh dokter dan perawat untuk mengamati kemungkinan efek samping atau adanya keputusan diperlukannya penggantian dengan obat-obatan.

Memerangi Sel-sel Berbahaya

Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium berapa, kemoterapi dapat bermanfaat untuk:

  • Meringankan gejala. Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit.
  • Mengendalikan. Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang berkembang ke bagian tubuh yang lain.
  • Menyembuhkan. Kemoterapi dapat menghancurkan semua sel kanker hingga sempurna dan ini mencegah berkembangnya kanker di dalam tubuh lagi.

Hanya saja kemoterapi juga dapat memengaruhi sel sehat yang secara normal membelah diri dengan cepat, misalnya yang berada di sekitar mulut, usus, serta rambut. Kerusakan pada sel sehat itu yang dapat mengakibatkan efek samping. Namun umumnya akan segera menghilang setelah pengobatan kemoterapi selesai.

Kapan Dilakukan Kemoterapi?

Kemoterapi terkadang dilakukan sebagai satu-satunya upaya penyembuhan kanker. Namun sering kali kemoterapi dilakukan bersama-sama dengan tindakan operasi, terapi radiasi untuk kanker, atau terapi biologis lain. Umumnya kemoterapi dilakukan pada saat:

  • Sebelum operasi atau terapi radiasi, agar ukuran tumor menjadi lebih kecil.
  • Setelah operasi atau terapi radiasi, untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa.
  • Saat dilakukan terapi radiasi dan terapi biologis, untuk memaksimalisasi efeknya.
  • Mencegah kembalinya pertumbuhan sel kanker atau penyebaran pada bagian tubuh lain.

Cara pengobatan kemoterapi dilakukan tergantung kepada jenis kanker yang diderita, terdiri dari:

  • Topikal. Digunakan melalui krim yang dioleskan pada kulit.
  • Oral. Kemoterapi dalam bentuk pil, kapsul, atau cairan yang diminum.
  • Suntik. Diberikan melalui suntikan pada otot atau lapisan lemak misalnya di lengan atau perut.
  • Intraperitoneal (IP). Kemoterapi langsung diberikan ke dalam rongga perut yang terdapat usus, hati, dan lambung di dalamnya.
  • Intra-arteri (IA). Kemoterapi langsung dimasukkan ke dalam arteri yang menyalurkan darah ke kanker.
  • Intravenous (IV). Kemoterapi langsung dimasukkan ke pembuluh darah vena.

Kemungkinan Terjadi Efek Samping

Kemoterapi merupakan pengobatan kanker yang efektif. Terbukti telah menyelamatkan jutaan jiwa. Namun kemoterapi memiliki efek samping yang tidak kecil.

Sulit untuk memprediksi seberapa berat seseorang akan mengalami efek samping dari kemoterapi sebab tiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap pengobatan tersebut.

Efek samping kemoterapi muncul karena obat-obatan tersebut tidak memiliki kemampuan membedakan sel kanker yang berkembang pesat dengan sel sehat yang secara normal juga memiliki perkembangan pesat. Misalnya sel darah, sel kulit, serta sel-sel yang ada di dalam perut sehingga kemoterapi memiliki efek negatif. Berikut adalah gejala efek samping yang bisa terjadi akibat kemoterapi:

  • Rambut rontok.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Sesak napas dan detak jantung tidak biasa akibat anemia.
  • Mual dan muntah.
  • Mimisan.
  • Kulit kering dan terasa perih
  • Gampang memar.
  • Gusi berdarah.
  • Sulit tidur.
  • Gairah seksual menurun.
  • Rasa lelah dan lemah sepanjang hari.
  • Konstipasi atau diare.

Yang penting diketahui, efek samping kemoterapi tersebut akan segera hilang setelah pengobatan selesai.

Selain itu, efek kemoterapi tidak akan menimbulkan akibat yang berbahaya bagi kesehatan. Meski pada beberapa kasus, efek samping kemoterapi bisa lebih serius dibandingkan yang lain. Misalnya tingkat sel darah putih yang menurun dengan cepat sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi. Sedapat mungkin hindari diri Anda dari orang-orang yang sakit atau terkena infeksi selama kemoterapi.

Kemoterapi untuk kanker pada sel darah atau tulang sumsum merupakan yang paling berisiko terhadap infeksi karena jenis kanker tersebut telah menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah putih. Jika mengalami gejala seperti demam, diare, muntah-muntah, sulit bernapas, sakit dada atau pendarahan, segera temui dokter.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sebagian besar proses pengobatan kemoterapi diberikan kepada pasien tanpa menginap di rumah sakit. Meski tiap orang memiliki reaksi berbeda setelah kemoterapi, namun sebagian besar merasakan letih dan lelah. Hindari menyetir kendaraan sendiri atau aktivitas yang memerlukan energi atau konsentrasi tinggi setelah sesi kemoterapi. Ajaklah anggota keluarga atau kawan untuk menemani Anda pulang setelah kemoterapi.

Banyak orang yang masih mampu bekerja selama menjalani kemoterapi, tergantung dengan jenis pekerjaan dan ketahanan tubuh masing-masing. Namun jika memungkinkan, Anda dapat bekerja dari rumah atau paruh waktu. Bicarakan kemungkinan tersebut di tempat kerja Anda atau mengambil cuti.

Terutama bagi Anda dengan anak kecil di rumah, persiapkan dan rencanakan bantuan di rumah sebelum menjalani kemoterapi.

Selama pengobatan kemoterapi, Anda harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsi obat-obat lain, termasuk obat alergi, herba, pereda nyeri, dan lainnya. Hindari konsumsi minuman keras setidaknya selama masa kemoterapi.

Mengobati penyakit berbahaya seperti kanker tidaklah mudah, termasuk saat menjalani sesi kemoterapi. Sedapat mungkin ikuti perintah dokter dan hindari hal-hal yang dapat berisiko mengganggu proses pengobatan berjalan optimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hati-hati, Pakai Bra Kekecilan Bisa Sebabkan Sakit Punggung!

Hati-hati, Pakai Bra Kekecilan Bisa Sebabkan Sakit Punggung!

Mengenakan ukuran bra yang salah, tidak hanya dapat membuat penampilan payudara jadi tak karuan. Bra yang kekecilan bisa memicu terjadinya sakit pada punggung. Kok bisa?"Hampir 70 persen wanita menggunakan bra dengan ukuran yang salah dan kebanyakan dari mereka mengeluh sakit punggung dan mengalami disfungsi segmen pada tulang belakangnya," kata pakar kesehatan Dr Andrew Kirschner, seperti yang dikutip dari Glamour.Ditambahkan Andrew, banyak wanita yang menyepelekan masalah bra dan tidak pernah menyesuaikan dengan ukuran payudara sebenarnya. Mereka pikir, mengenakan bra dengan ukuran yang lebih kecil bisa membuat penampilan semakin seksi."Ukuran yang sekarang dipakai biasanya adalah ukuran beberapa tahun yang lalu, padahal payudara wanita umumnya membesar seiring bertambahnya umur, terutama setelah memiliki anak. Wanita jarang melakukan re-fitting ukuran atau bentuk bra, padahal aktivitas yang berbeda memerlukan bra yang beda pula," tutur Andrew.Untuk itu, Andrew menyarankan agar para wanita memakai bra yang sesuai (tidak kekecilan atau kebesaran) serta menanyakan pada pakar kesehatan mengenai bra seperti apa yang cocok untuk aktivitas tertentu."Jangan karena ingin payudaranya y [...]

Minum Susu Semasa Remaja Dapat Mengurangi Kerentanan Terhadap Diabetes Tipe 2

Minum Susu Semasa Remaja Dapat Mengurangi Kerentanan Terhadap Diabetes Tipe 2

Segelas susumungkin telah membuat Anda banyak dimarahi ketika masa anak-anak. Dan segelas susu juga membuat Anda untuk melakukan kegiatan nakal, yaitu suka diam-diam memberikan susu tersebut pada kucing peliharaan Anda atau membuangnya dari jendela. Segelas susu mungkin telah membuat Anda menekan hidung Anda dengan cara yang khas untuk menyampaikan ketidaksukaan Anda. Seorang ibu dulu menjadi musuh terburuk Anda pada saat itu. Tapi Anda akan tidak menyadari bahwa segelas susu setiap hari bisa melindungi Anda dari diabetes tipe 2. Para peneliti di Universitas Harvard menyatakan bahwa minum susu selama remaja dapat menurunkan risiko untuk terkena diabetes tipe 2 pada seorang wanita. Remaja yang minum susu kebanyakan melakukan kebiasaan yang sama ketika mereka menjadi dewasa. Dan kebiasaan seumur hidup ini telah dikaitkan dengan risiko 43 persen lebih rendah untuk terserang diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak minum susu. Para peneliti memeriksa pola konsumsi makanan remaja dan dewasa dan risiko kesehatan di lebih dari 37.000 wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi susu paling banyak ketika dewasa dan produk susu ketika remaja ditemukan ber [...]

Gigi Sensitif Bisa ‘Mati’ Jika Terlalu Lama Diabaikan

Gigi Sensitif Bisa ‘Mati’ Jika Terlalu Lama Diabaikan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, bekerjasama dengan Pepsodent dan Synovate, 65 persen masyarakat Indonesia memiliki gigi sensitif. Namun banyak yang kurang mempedulikan masalah tersebut karena dianggap tidak berbahaya.Setengah dari responden yang menderita gigi sensitif mengaku tidak melakukan tindakan apapun untuk menanggulangi masalah ini. Hanya sekitar 19 persen orang yang sudah memeriksakan ke dokter gigi dan 6 persen yang cukup peduli untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.Padahal, jika gigi sensitif dibiarkan terus menerus tanpa ada perawatan, akibatnya bisa fatal. "Gigi bisa mati," ucap Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta, Rabu (5/06/2013).Gigi sensitif umumnya disebabkan karena dentin (batas antara gigi dan gusi di bawah email) yang terbuka. Ketika dentin terbuka, rangsangan dari makanan/minuman asam, panas, dingin atau manis akan langsung mengenai pulpa (berbentuk seperti ruangan pada gigi, berisi pembuluh darah dan syaraf-syaraf). "Kalau pulpa terus-terusan dirangsang a [...]

Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Kanker Kulit

Takut terkena kanker kulit? Anda bisa mengatasinya dengan khasiat dari teh hijau. Para ilmuwan menemukan bahwa teh hijau bisa membantu atasi kanker kulit. Tim dari University of Strathclyde menjelaskan kalau 40 persen tumor hilang dengan menggunakan senyawa yang disebut epigallocatechin gallate.Teh hijau memang memiliki sifat anti-kanker, dan ekstrak ini sudah diteliti sejak lama. Namun, para peneliti baru saja berhasil menyembuhkan tumor dengan khasiat teh hijau. Hal itu ditunjukkan dengan adanya tes laboratorium pada orang yang terkena kanker kulit. Kanker mereka sembuh hingga 40 persen setelah sebulan pengobatan dengan teh hijau."Hasil ini merupakan kabar baik bagi kami dan berharap bisa menjadi pengobatan alternatif terbaru untuk melawan kanker kulit," ujar Dr. Christine Dufes, selaku ketua penelitian sekaligus dosen senior di Strathclyde Institute of Pharmacy and Biomedical Sciences, seperti dikutip dari Times of India.Dufes juga menjelaskan kalau metode dengan menggunakan ekstrak teh hijau membantu mengurangi ukuran tumor setiap hari. Bahkan, dalam beberapa kasus, tumor para penderita benar-benar hilang. Penelitian ini pun sudah dipublikasikan dalam jurnal Nanomedicine.Men [...]

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Nyeri tenggorokan adalah peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan suara serak dan juga nyeri menelan.Nyeri tenggorokan kadang merupakan gejala awal dari munculnya infeksi saluran napas bagian atas yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus. Apakah Penyebabnya? Virus, 80% sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam. Infeksi bakteri (juga dikenal sebagai strep throat atau infeksi virus yang menyebabkan faringitis). Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap). Iritasi (misalnya merokok). Kelembapan yang rendah. Kurang asupan cairan. Udara kering. Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, di antaranya: Jika penyebabnya infeksi virus: Infeksi virus biasanya merupakan penyebab selesma (pilek) dan influenza yang kemudian mengakibatkan terjadinya radang tenggorokan. Selesma biasanya sembuh sendiri sekitar 1 minggu begitu tubuh Anda membentuk antibody melawan virus tersebut. Pengobatan dengan antibiotik tidak akan efektif untuk m [...]

Bahaya Jatuh Cinta Bagi Penderita Jantung Serius

Bahaya Jatuh Cinta Bagi Penderita Jantung Serius

Ketika seseorang yang sedang jatuh cinta melihat pujaan hatinya, jantung akan berdegup kencang karena hormon adrenalinnya. Orang yang jatuh cinta memiliki detak jantung yang hampir sama dengan orang yang berlari. Oleh karena itu, orang dengan masalah jantung serius jadi sangat berbahaya ketika jatuh cinta, seperti yang dikutip dari detikhealth.Sebenarnya apa yang jantung dan otak lakukan saat orang jatuh cinta?Timothy Loving, asisten profesor ekologi manusia di University of Texas, Austin menjelaskan bahwa proses ketertarikan berkaitan erat dengan gejolak fisiologis. Secara umum, hal tersebut diawali dengan peningkatan denyut jantung, keringat, dan lainnya."Ketika seseorang melihat kekasihnya dan hatinya mulai berdegup, itu disebabkan oleh adrenalin," kata Dr Reginald Ho, elektrofisiologis jantung dan profesor kedokteran dari RS Thomas Jefferson University di Philadelphia, Pennsylvania.Otak mengirimkan sinyal ke kelenjar adrenal yang kemudian mengeluarkan hormon seperti adrenalin, epinefrin dan norepinefrin. Kemudian hormon-hormon tersebut mengalir melalui darah dan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan lebih kuat. Jadi jangan heran jika orang yang jatuh cinta memiliki de [...]

Ganasnya Efek Polusi Udara Akibat Kabut Asap

Ganasnya Efek Polusi Udara Akibat Kabut Asap

Salah satu bencana yang rutin mengunjungi sebagian wilayah negara kita adalah kabut asap. Kabut asap sendiri menandakan bahwa tingkat polusi udara sudah tidak biasa. Banyak hal yang bisa memicu kemunculan kabut asap. Di kota-kota besar, sumber utama pembentuk kabut asap adalah asap kendaraan bermotor dan industri. Umumnya, kejadian ini muncul saat musim kemarau tiba. Sementara bencana kabut asap yang menimpa sebagian Sumatera dan Kalimantan umumnya disebabkan oleh pembakaran lahan. Kabut asap merupakan jenis polusi udara yang dihasilkan dari campuran beberapa gas dan partikel yang bereaksi dengan sinar matahari. Gas-gas yang terlibat dalam proses ini adalah karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NO2), sulfur oksida (SO2), senyawa organik volatil (VOC), dan ozon. Sementara itu, partikel-partikel yang terdapat dalam kabut asap adalah asap itu sendiri, debu, pasir, dan serbuk sari. Seberapa Bahaya Kabut Asap Untuk Kita? Berikut adalah efek jangka pendek akibat tinggal di lingkungan dengan kualitas udara yang buruk seperti kabut asap. Susah bernapas dan kerusakan paru-paru Banyaknya konsentrasi asap di udara akan membuat kita sulit bernapas dan merusak paru-pa [...]

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

Mata adalah jendela dunia. Dengan mata, berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harusnya menjadi priorits utama kita. Apalagi jika kita sering bekerja dengan layar digital dalam waktu cukup lama. Praktikkanlah beberapa tips di bawah ini untuk senantiasa menjaga kesehatan mata Anda! 1. Sering bekerja dengan komputer? Sering melihat layar digital dalam waktu lama? Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ?tersiksa?. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. (Baca: 7 Cara Medis Menjaga Mata Tetap Fresh) Gunakan layar penggelap dan aturlah kecerahan layar digital Anda sehingga tidak terlalu memberatkan mata Anda. 2. Gunakan kacamata surya! Radiasi sinar matahari dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata surya yang melindungi Anda dari UV-A dan UV-B. Topi atau paying juga dapat membantu melindungi mata Anda [...]

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Seiring dengan perkembangan jaman, semakin marak kita melihat orang-orang yang memiliki tato di tubuh. Ada beberapa jenis tato yang sekarang ada di dunia, ada tato untuk kecantikan seperti tato alis dan tato bibir. Ada juga tato adat, biasanya digunakan untuk pertanda dalam suatu adat tertentu. Ada tato professional, tato yang sering dilakukan oleh banyak orang, yaitu tato yang digambar oleh seniman tato. Tato merupakan suatu tanda atau desain yang dibuat pada kulit Anda dengan pigmen-pigmen yang dimasukkan melalui tusukan pada lapisan atas kulit. Biasanya para seniman tato menggunakan mesin yang serupa dengan mesin jahit dengan 1 atau lebih jarum untuk menusuk kulit. Pada setiap tusukan, jarum-jarum tersebut akan memasukkan tetesan tinta. Proses tersebut berlangsung tanpa dilakukan anestesi sehingga dapat menimbulkan perdarahan dan rasa nyeri. Tahukah Anda, sebenarnya ada risiko dan konsekuensi kesehatan tubuh yang dapat ditimbulkan jika melakukan pembuatan tato? Efek Samping dari Membuat Tato Berikut terlampir juga beberapa efek samping dari tato : Infeksi: Pada keadaan yang sangat buruk, misalnya menggunakan jarum bekas, Anda bisa memiliki resiko tertul [...]

5 Ciri Produk Perawatan Kulit yang Sehat

5 Ciri Produk Perawatan Kulit yang Sehat

Produk yang dijual di pasaran dapat menjadi efektif bila konsumen tahu produk mana yang harus dicari. Sebaiknya lakukan penelitian mengenai produk tersebut dan ketahui bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya agar dapat disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Produk yang mahal belum tentu tepat untuk jenis kulit tertentu. Jadi, perhatikan langkah berikut sebelum Anda memilih produk perawatan kulit: 1. Waspada terhadap produk yang menjanjikan hasil instan. Lakukan riset mengenai produk tersebut, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, serta ulasan mengenai produk tersebut. Anda juga dapat berdiskusi dengan dokter Anda mengenai keamanan produk tersebut. 2. Gunakan produk yang mengandung tabir surya. Melindungi kulit dari sinar matahari amatlah penting. Pelembab atau krim yang mengandung SPF minimal 30 dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dan menjaga kulit terlihat awet muda. Pilihlah tabir surya dengan spektrum luas (broad spectrum) yang memberi perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. 3. Ketika memilih pembersih, perhatikan kadar pH produk tersebut. Gunakan pembersih dengan pH seimbang (pH balanced) yang mendekati pH kulit, yaitu sekitar 5.5-6.8. B [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *