Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Perawatan-Kemoterapi-dan-Efek-Sampingnya-alodokter.jpg

Kemoterapi atau biasa disebut kemo dikenal sebagai pengobatan kanker. Kemoterapi memiliki ragam manfaat dalam memerangi sel-sel kanker. Meski demikian, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang tidak sedikit.

Kemoterapi mungkin diberikan selama rawat inap di rumah sakit atau klinik sebagai bagian dari pengobatan rawat jalan, meski kemoterapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun proses pengobatan kemoterapi harus tetap diawasi oleh dokter dan perawat untuk mengamati kemungkinan efek samping atau adanya keputusan diperlukannya penggantian dengan obat-obatan.

Memerangi Sel-sel Berbahaya

Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium berapa, kemoterapi dapat bermanfaat untuk:

  • Meringankan gejala. Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit.
  • Mengendalikan. Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang berkembang ke bagian tubuh yang lain.
  • Menyembuhkan. Kemoterapi dapat menghancurkan semua sel kanker hingga sempurna dan ini mencegah berkembangnya kanker di dalam tubuh lagi.

Hanya saja kemoterapi juga dapat memengaruhi sel sehat yang secara normal membelah diri dengan cepat, misalnya yang berada di sekitar mulut, usus, serta rambut. Kerusakan pada sel sehat itu yang dapat mengakibatkan efek samping. Namun umumnya akan segera menghilang setelah pengobatan kemoterapi selesai.

Kapan Dilakukan Kemoterapi?

Kemoterapi terkadang dilakukan sebagai satu-satunya upaya penyembuhan kanker. Namun sering kali kemoterapi dilakukan bersama-sama dengan tindakan operasi, terapi radiasi untuk kanker, atau terapi biologis lain. Umumnya kemoterapi dilakukan pada saat:

  • Sebelum operasi atau terapi radiasi, agar ukuran tumor menjadi lebih kecil.
  • Setelah operasi atau terapi radiasi, untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa.
  • Saat dilakukan terapi radiasi dan terapi biologis, untuk memaksimalisasi efeknya.
  • Mencegah kembalinya pertumbuhan sel kanker atau penyebaran pada bagian tubuh lain.

Cara pengobatan kemoterapi dilakukan tergantung kepada jenis kanker yang diderita, terdiri dari:

  • Topikal. Digunakan melalui krim yang dioleskan pada kulit.
  • Oral. Kemoterapi dalam bentuk pil, kapsul, atau cairan yang diminum.
  • Suntik. Diberikan melalui suntikan pada otot atau lapisan lemak misalnya di lengan atau perut.
  • Intraperitoneal (IP). Kemoterapi langsung diberikan ke dalam rongga perut yang terdapat usus, hati, dan lambung di dalamnya.
  • Intra-arteri (IA). Kemoterapi langsung dimasukkan ke dalam arteri yang menyalurkan darah ke kanker.
  • Intravenous (IV). Kemoterapi langsung dimasukkan ke pembuluh darah vena.

Kemungkinan Terjadi Efek Samping

Kemoterapi merupakan pengobatan kanker yang efektif. Terbukti telah menyelamatkan jutaan jiwa. Namun kemoterapi memiliki efek samping yang tidak kecil.

Sulit untuk memprediksi seberapa berat seseorang akan mengalami efek samping dari kemoterapi sebab tiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap pengobatan tersebut.

Efek samping kemoterapi muncul karena obat-obatan tersebut tidak memiliki kemampuan membedakan sel kanker yang berkembang pesat dengan sel sehat yang secara normal juga memiliki perkembangan pesat. Misalnya sel darah, sel kulit, serta sel-sel yang ada di dalam perut sehingga kemoterapi memiliki efek negatif. Berikut adalah gejala efek samping yang bisa terjadi akibat kemoterapi:

  • Rambut rontok.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Sesak napas dan detak jantung tidak biasa akibat anemia.
  • Mual dan muntah.
  • Mimisan.
  • Kulit kering dan terasa perih
  • Gampang memar.
  • Gusi berdarah.
  • Sulit tidur.
  • Gairah seksual menurun.
  • Rasa lelah dan lemah sepanjang hari.
  • Konstipasi atau diare.

Yang penting diketahui, efek samping kemoterapi tersebut akan segera hilang setelah pengobatan selesai.

Selain itu, efek kemoterapi tidak akan menimbulkan akibat yang berbahaya bagi kesehatan. Meski pada beberapa kasus, efek samping kemoterapi bisa lebih serius dibandingkan yang lain. Misalnya tingkat sel darah putih yang menurun dengan cepat sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi. Sedapat mungkin hindari diri Anda dari orang-orang yang sakit atau terkena infeksi selama kemoterapi.

Kemoterapi untuk kanker pada sel darah atau tulang sumsum merupakan yang paling berisiko terhadap infeksi karena jenis kanker tersebut telah menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah putih. Jika mengalami gejala seperti demam, diare, muntah-muntah, sulit bernapas, sakit dada atau pendarahan, segera temui dokter.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sebagian besar proses pengobatan kemoterapi diberikan kepada pasien tanpa menginap di rumah sakit. Meski tiap orang memiliki reaksi berbeda setelah kemoterapi, namun sebagian besar merasakan letih dan lelah. Hindari menyetir kendaraan sendiri atau aktivitas yang memerlukan energi atau konsentrasi tinggi setelah sesi kemoterapi. Ajaklah anggota keluarga atau kawan untuk menemani Anda pulang setelah kemoterapi.

Banyak orang yang masih mampu bekerja selama menjalani kemoterapi, tergantung dengan jenis pekerjaan dan ketahanan tubuh masing-masing. Namun jika memungkinkan, Anda dapat bekerja dari rumah atau paruh waktu. Bicarakan kemungkinan tersebut di tempat kerja Anda atau mengambil cuti.

Terutama bagi Anda dengan anak kecil di rumah, persiapkan dan rencanakan bantuan di rumah sebelum menjalani kemoterapi.

Selama pengobatan kemoterapi, Anda harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsi obat-obat lain, termasuk obat alergi, herba, pereda nyeri, dan lainnya. Hindari konsumsi minuman keras setidaknya selama masa kemoterapi.

Mengobati penyakit berbahaya seperti kanker tidaklah mudah, termasuk saat menjalani sesi kemoterapi. Sedapat mungkin ikuti perintah dokter dan hindari hal-hal yang dapat berisiko mengganggu proses pengobatan berjalan optimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pola Makan Penyebab Kegemukan yang Sering Diajarkan Orangtua ke Anaknya

Pola Makan Penyebab Kegemukan yang Sering Diajarkan Orangtua ke Anaknya

Orangtua adalah panutan anak-anaknya. Saat kecil, segala hal yang orangtuanya lakukan bisa dengan sangat mudah dan cepat ditiru anak. Termasuk juga kebiasaan makan dan cara Anda beraktivitas.Seringkali orangtua menurunkan pola makan tak sehatnya kepada anak secara tidak sadar. Mengonsumsi makanan tidak sehat dan tinggi kalori sejak kecil bisa berakibat kegemukan bahkan obesitas saat dia dewasa nanti. Oleh karena itu, wajib bagi para orangtua untuk mengajarkan kebiasaan makan dan gaya hidup yang sehat terhadap buah hati mereka.Namun sebelumnya, ketahui dulu pola makan tidak sehat yang sering 'diajarkan' orangtua kepada anaknya. Dan temukan solusi bagaimana mengubah kebiasaan itu menjadi lebih baik. Ini ulasannya, seperti dilansir Gal Time.1. Makan dengan Porsi Besar & Harus Dihabiskan'Makan yang banyak dan habiskan biar sehat'. Kalimat itu seringkali diutarakan orangtua kepada anaknya, dengan anggapan semakin banyak makan, makin banyak pula gizi dan nutrisi yang masuk. Namun sebenarnya itu adalah ajaran yang keliru. Faktor kecukupan gizi tidak hanya dipengaruhi oleh banyak-sedikitnya makanan, tapi apa yang Anda dan keluarga makan.Mulai dari sekarang, beri contoh pada anak And [...]

Tak Hanya Mencerahkan, Vitamin C Juga Melindungi Kulit dari Matahari

Tak Hanya Mencerahkan, Vitamin C Juga Melindungi Kulit dari Matahari

Vitamin C selama ini dikenal sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang flu atau pilek. Nutrisi ini pun berkhasiat mencerahkan kulit dan banyak dijadikan bahan dalam berbagai produk perawatan kulit. Namun yang belum banyak orang tahu, vitamin C ternyata juga cukup baik melindungi dari efek negatif paparan sinar ultraviolet.Perlindungan kulit dari luar seperti memakai tabir surya dengan SPF (perlindungan UVB) dan PA++ (perlindungan UVA) akan lebih efektif apabila asupan vitamin C yang dikonsumsi cukup. Vitamin C juga menjadi 'senjata rahasia' untuk menghindari penuaan dini. Kenapa?Dijelaskan pakar nutrisi Jacqueline Newson, vitamin C mengandung properti antioksisan yang membantu menghalangi serangan radikal bebas yang merusak sel kulit. Radikal bebas umumnya terbentuk dari faktor luar dan kebiasaan buruk seperti merokok, polusi dari lingkungan dan paparan sinar matahari yang berlebihan.Antioksidan yang terdapat dalam vitamin C juga punya kemampuan meregenerasi jenis antioksidan lain, misalnya vitamin E. Seperti diketahui, vitamin E juga merupakan elemen utama dalam pencegahan penuaan kulit sekaligus menjaga kelembabannya.Vitamin C juga [...]

Perawatan Pasca Melahirkan

Perawatan Pasca Melahirkan

Pada saat pasca kehamilan, ibu akan mengalami perubahan fisik di bagian kulit maupun di bagian alat reproduksi. Untuk itu, ibu memerlukan perawatan pasca melahirkan selama enam minggu atau 40 hari. Perawatan ini bisa dilakukan oleh ibu sesegera mungkin. Adapun beberapa hal yang perlu ibu perhatikan saat berada di masa pasca kehamilan, antara lain: Perawatan Payudara Hindari pembengkakan payudara pada masa pasca kehamilan, caranya adalah memenuhi kebutuhan bayi dengan memberikan ASI sedini mungkin dan sesuai kebutuhan bayi. Usahakan untuk tidak menggunakan bra yang menekan atau sempit. Apabila payudara terasa sakit, pijat ringan bagian payudara yang sakit dengan menggunakan breast oil dan air hangat. Pemijatan menggunakan breast oil ini juga berguna untuk merangsang kelancaran ASI dan merawat payudara ibu. Perhatikan Rahim Penciutan rahim terjadi pada hari pertama sampai hari ke-9 setelah melahirkan. Hal ini dapat diketahui dengan meraba bagian bulat agak keras di bawah pusat. Pada hari ke-10 sampai 14, rahim tidak teraba lagi. Penciutan rahim dibantu oleh oksitosin, yaitu hormon yang mengontraksikan otot-otot rahim yang keluar saat menyusui. Penciutan rahim ini terjadi kar [...]

7 Fakta dan Mitos tentang Batuk

7 Fakta dan Mitos tentang Batuk

Batuk dan pilek merupakan penyebab tersering seseorang berobat ke dokter. Sebagian besar batuk memang tidak berbahaya namun bisa sangat mengganggu. Ada banyak sekali mitos tentang batuk yang beredar di masyarakat, bahkan sering kali menimbulkan kesalahpahaman. Berikut ini adalah beberapa fakta dan mitos tentang batuk yang harus Anda ketahui: 1. Mitos: Semua batuk disebabkan oleh infeksi. Fakta: Tidak semua batuk disebabkan oleh infeksi. Batuk juga bisa disebabkan oleh alergi, adanya benda asing di saluran napas, gastro esophageal reflux disease (GERD), atau gagal jantung. 2. Mitos: Antibiotik membuat batuk lebih cepat sembuh. Fakta: Sebagian besar batuk disebabkan oleh infeksi virus, artinya pemberian antibiotik tidak akan berpengaruh apa pun. Antibiotik hanya diberikan jika batuk memang disebabkan oleh bakteri. Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kuman menjadi kebal (resisten). Berikut fakta pelurusan mitos seputar batuk lainnya selengkapnya di halaman selanjutnya. 7 Fakta dan Mitos tentang Batuk 3. Mitos: Batuk lama pasti disebabkan oleh tuberkulosis (TBC). Fakta: Ada banyak penyebab batuk kronis atau batuk [...]

Tanpa Obat, Flu Bisa Cepat Sembuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Tanpa Obat, Flu Bisa Cepat Sembuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Sakit flu disebabkan oleh virus influenza yang menimbulkan berbagai gejala seperti pilek, demam dan sakit kepala. Flu bukanlah penyakit berbahaya tapi ketika menyerang, bisa membuat stamina tubuh menurun dan sulit beraktivitas karena lemas.Penyakit ini sebenarnya tidak perlu disembuhkan dengan konsumsi obat-obatan apalagi antibiotik. Menurut pakar nutrisi dr. Johannes Chandrawinata, SpKG, flu bisa hilang dengan sendirinya asalkan cukup asupan nutrisinya."Orang yang sakit flu bisa sembuh sendiri asalkan cukup gizi. Daya tahan tubuh yang akan melawan virus tersebut," ujarnya, saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, belum lama ini.Jadi sebelum buru-buru minum obat, sebaiknya jaga dulu asupan makanan Anda. Ada beberapa jenis makanan yang efektif mempercepat penyembuhan dari serangan flu. Ini beberapa di antaranya.1. Bawah PutihBawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.2 [...]

Curhat Masalah Kantor Pada Bos Bisa Sehatkan Tubuh

Curhat Masalah Kantor Pada Bos Bisa Sehatkan Tubuh

Selain dapat membuat masalah pekerjaan jadi lebih ringan, mengeluarkan unek-unek kepada bos ternyata bisa memberikan efek baik bagi kesehatan. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian di Inggris.Hasil dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa karyawan yang memendam pikiran dan perasaannya akan mengalami perasaan gelisah, depresi dan tekanan darah tinggi. Selain itu, perasaan yang terpendam juga diklaim mampu menurunkan kemampuan otak bahkan kemunduran mental seseorang.Sebelum mendapatkan hasil di atas, para peneliti melakukan riset dengan membagi dua grup yang terdiri dari 150 manajer. Kelompok pertama mendapatkan training dan feed back (timbal balik) dari 500 karyawannya, sedangkan kelompok kedua tidak mendapatkan timbal balik. Hasilnya, manajer yang mendapat sesi timbal balik terbukti lebih disukai karyawan dan memiliki pekerja yang produktif serta sehat."Ketika seorang manajer mendapatkan feed back dari stafnya, mereka bisa mengintrospeksi gaya manajerialnya dan akan lebih efektif dalam memimpin," ujar Emma Donaldson-Feilder dalam sebuah konferensi di Brighton, Inggris seperti dikutip dari Dailytelegraph.Keuntungan yang akan didapat para karyawan itu sendiri adalah mereka bi [...]

Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Anda Menipis

Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Anda Menipis

Tahukah Anda, bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan-kebiasaan kita yang tanpa kita sadar telah mencetuskan kerontokan rambut? Berikut berapa kebiasaan-kebiasaan yang biasa kita lakukan dan ternyata menyebabkan kerontokan rambut: Mandi dengan air panasSama seperti kulit, air panas dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah. Tidak hanya "minyak asli" rambut yang berfungsi sebagai proteksi yang hilang, tetapi panas juga akan membuka pori-pori kulit kepala dan meningkatkan produksi minyak sehingga dapat merusak akar rambut. Tips: cucilah rambut dengan menggunakan temperatur sedang atau dingin. Menggunakan alat penata rambut yang panasTemperatur yang sangat panas dari alat catok ataupun hair dryer dapat merusak protein rambut dan kutikel nya. Ketika kutikel rusak, rambut Anda menjadi lebih mudah patah. Tips: batasi penggunaan alat catok ataupun hair dryer 2-3 kali seminggu saja dan mulailah dengan suhu yang tidak terlalu panas. Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Anda Menipis Tahukah Anda, bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan-kebiasaan kita yang tanpa kita sadar telah mencetuskan kerontokan rambut? Berikut berapa kebiasaan-kebiasaan [...]

Mengenal Seluk-beluk Transplantasi Ginjal

Mengenal Seluk-beluk Transplantasi Ginjal

Transplantasi ginjal atau cangkok ginjal merupakan langkah medis yang dipakai untuk menangani kondisi ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau biasa disebut gagal ginjal. Melalui metode ini, dokter akan melakukan pembedahan untuk mengganti ginjal yang telah rusak dengan ginjal sehat dari pendonor. Ginjal merupakan organ vital di tubuh yang berfungsi menyaring zat limbah dari darah lalu mengeluarkannya dalam bentuk urine. Namun ginjal yang telah rusak tidak bisa memproses hal itu. Hasilnya, zat limbah dapat menumpuk di tubuh. Jika dibiarkan kondisi ini berpotensi mengancam jiwa. Sebenarnya zat limbah bisa dikeluarkan dengan jalan cuci darah, namun metode ini bisa sangat merepotkan dan menyita waktu. Oleh karena itu, transplantasi ginjal kerap dianggap sebagai penanganan terbaik untuk gagal ginjal. Lantas, bagaimana cara mendapatkan ginjal tersebut? Salah satu caranya adalah dari pendonor yang masih hidup. Pendonor bisa dari keluarga, teman, atau siapa pun yang ingin memberikan ginjalnya dan siap hidup dengan satu ginjal di tubuhnya. Ginjal juga bisa diperoleh dari orang yang baru meninggal yang telah mewariskan organ tubuhnya untuk kepentingan medis. Kebanyakan kasus do [...]

Penyebab Timbulnya Tanda Lahir pada Bayi

Penyebab Timbulnya Tanda Lahir pada Bayi

Bayi yang baru dilahirkan kerap memiliki tanda lahir di area tertentu pada tubuhnya. Tanda lahir itu dapat berupa bercak berwarna-warni yang ukuran dan bentuknya beragam. Namun tahukah Anda kenapa ada bayi yang memilikinya, tapi ada juga yang tidak? Menurut kepercayaan masyarakat, tanda lahir akan melekat pada bayi jika sewaktu mengandung, sang ibu melihat gerhana bulan. Ada pula yang mengatakan tanda lahir disebabkan oleh masa mengidam ibu hamil yang tidak terpenuhi. Sebenarnya hingga kini penyebab melekatnya tanda lahir pada bayi masih belum bisa dipastikan. Dokter pun tidak tahu kenapa ada bayi yang memiliki tanda lahir dan ada juga yang tidak memilikinya. Jika dilihat dari sisi medis, sebagian tanda lahir disebabkan oleh pembuluh darah yang terkumpul atau tidak tumbuh normal. Sementara tanda lahir lainnya timbul karena pigmen tambahan pada kulit. Secara garis besar, tanda lahir terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanda lahir vaskular dan tanda lahir berpigmen. Tanda lahir vaskular. Tanda lahir ini disebabkan oleh pembuluh darah yang abnormal di bawah kulit. Bercak yang timbul biasanya berwarna ungu, merah muda, merah, atau biru. Kehadirannya sering dijumpai pada area wajah, leh [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *