Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Perawatan-Kemoterapi-dan-Efek-Sampingnya-alodokter.jpg

Kemoterapi atau biasa disebut kemo dikenal sebagai pengobatan kanker. Kemoterapi memiliki ragam manfaat dalam memerangi sel-sel kanker. Meski demikian, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang tidak sedikit.

Kemoterapi mungkin diberikan selama rawat inap di rumah sakit atau klinik sebagai bagian dari pengobatan rawat jalan, meski kemoterapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun proses pengobatan kemoterapi harus tetap diawasi oleh dokter dan perawat untuk mengamati kemungkinan efek samping atau adanya keputusan diperlukannya penggantian dengan obat-obatan.

Memerangi Sel-sel Berbahaya

Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium berapa, kemoterapi dapat bermanfaat untuk:

  • Meringankan gejala. Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit.
  • Mengendalikan. Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang berkembang ke bagian tubuh yang lain.
  • Menyembuhkan. Kemoterapi dapat menghancurkan semua sel kanker hingga sempurna dan ini mencegah berkembangnya kanker di dalam tubuh lagi.

Hanya saja kemoterapi juga dapat memengaruhi sel sehat yang secara normal membelah diri dengan cepat, misalnya yang berada di sekitar mulut, usus, serta rambut. Kerusakan pada sel sehat itu yang dapat mengakibatkan efek samping. Namun umumnya akan segera menghilang setelah pengobatan kemoterapi selesai.

Kapan Dilakukan Kemoterapi?

Kemoterapi terkadang dilakukan sebagai satu-satunya upaya penyembuhan kanker. Namun sering kali kemoterapi dilakukan bersama-sama dengan tindakan operasi, terapi radiasi untuk kanker, atau terapi biologis lain. Umumnya kemoterapi dilakukan pada saat:

  • Sebelum operasi atau terapi radiasi, agar ukuran tumor menjadi lebih kecil.
  • Setelah operasi atau terapi radiasi, untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa.
  • Saat dilakukan terapi radiasi dan terapi biologis, untuk memaksimalisasi efeknya.
  • Mencegah kembalinya pertumbuhan sel kanker atau penyebaran pada bagian tubuh lain.

Cara pengobatan kemoterapi dilakukan tergantung kepada jenis kanker yang diderita, terdiri dari:

  • Topikal. Digunakan melalui krim yang dioleskan pada kulit.
  • Oral. Kemoterapi dalam bentuk pil, kapsul, atau cairan yang diminum.
  • Suntik. Diberikan melalui suntikan pada otot atau lapisan lemak misalnya di lengan atau perut.
  • Intraperitoneal (IP). Kemoterapi langsung diberikan ke dalam rongga perut yang terdapat usus, hati, dan lambung di dalamnya.
  • Intra-arteri (IA). Kemoterapi langsung dimasukkan ke dalam arteri yang menyalurkan darah ke kanker.
  • Intravenous (IV). Kemoterapi langsung dimasukkan ke pembuluh darah vena.

Kemungkinan Terjadi Efek Samping

Kemoterapi merupakan pengobatan kanker yang efektif. Terbukti telah menyelamatkan jutaan jiwa. Namun kemoterapi memiliki efek samping yang tidak kecil.

Sulit untuk memprediksi seberapa berat seseorang akan mengalami efek samping dari kemoterapi sebab tiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap pengobatan tersebut.

Efek samping kemoterapi muncul karena obat-obatan tersebut tidak memiliki kemampuan membedakan sel kanker yang berkembang pesat dengan sel sehat yang secara normal juga memiliki perkembangan pesat. Misalnya sel darah, sel kulit, serta sel-sel yang ada di dalam perut sehingga kemoterapi memiliki efek negatif. Berikut adalah gejala efek samping yang bisa terjadi akibat kemoterapi:

  • Rambut rontok.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Sesak napas dan detak jantung tidak biasa akibat anemia.
  • Mual dan muntah.
  • Mimisan.
  • Kulit kering dan terasa perih
  • Gampang memar.
  • Gusi berdarah.
  • Sulit tidur.
  • Gairah seksual menurun.
  • Rasa lelah dan lemah sepanjang hari.
  • Konstipasi atau diare.

Yang penting diketahui, efek samping kemoterapi tersebut akan segera hilang setelah pengobatan selesai.

Selain itu, efek kemoterapi tidak akan menimbulkan akibat yang berbahaya bagi kesehatan. Meski pada beberapa kasus, efek samping kemoterapi bisa lebih serius dibandingkan yang lain. Misalnya tingkat sel darah putih yang menurun dengan cepat sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi. Sedapat mungkin hindari diri Anda dari orang-orang yang sakit atau terkena infeksi selama kemoterapi.

Kemoterapi untuk kanker pada sel darah atau tulang sumsum merupakan yang paling berisiko terhadap infeksi karena jenis kanker tersebut telah menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah putih. Jika mengalami gejala seperti demam, diare, muntah-muntah, sulit bernapas, sakit dada atau pendarahan, segera temui dokter.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sebagian besar proses pengobatan kemoterapi diberikan kepada pasien tanpa menginap di rumah sakit. Meski tiap orang memiliki reaksi berbeda setelah kemoterapi, namun sebagian besar merasakan letih dan lelah. Hindari menyetir kendaraan sendiri atau aktivitas yang memerlukan energi atau konsentrasi tinggi setelah sesi kemoterapi. Ajaklah anggota keluarga atau kawan untuk menemani Anda pulang setelah kemoterapi.

Banyak orang yang masih mampu bekerja selama menjalani kemoterapi, tergantung dengan jenis pekerjaan dan ketahanan tubuh masing-masing. Namun jika memungkinkan, Anda dapat bekerja dari rumah atau paruh waktu. Bicarakan kemungkinan tersebut di tempat kerja Anda atau mengambil cuti.

Terutama bagi Anda dengan anak kecil di rumah, persiapkan dan rencanakan bantuan di rumah sebelum menjalani kemoterapi.

Selama pengobatan kemoterapi, Anda harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsi obat-obat lain, termasuk obat alergi, herba, pereda nyeri, dan lainnya. Hindari konsumsi minuman keras setidaknya selama masa kemoterapi.

Mengobati penyakit berbahaya seperti kanker tidaklah mudah, termasuk saat menjalani sesi kemoterapi. Sedapat mungkin ikuti perintah dokter dan hindari hal-hal yang dapat berisiko mengganggu proses pengobatan berjalan optimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Duduk Lama Bisa Sebabkan Penggumpalan Darah

Duduk Lama Bisa Sebabkan Penggumpalan Darah

Sebelumnya sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kematian. Kali ini, penelitian terbaru kembali mengungkap dampak negatif akibat duduk selama berjam-jam.Seperti yang dikutip dari Female First, sebuah penelitian di Amerika Serikat menjelaskan bahwa duduk terlalu lama tanpa jeda bisa memicu terjadinya penggumpalan darah yang berbahaya atau disebut Deep Vein Thrombosis (DVT). Berdasarkan penelitian tersebut, kondisi ini biasanya dialami oleh para wanita.Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal British Medical menuliskan bahwa wanita yang duduk lama tiap harinya memiliki dua hingga tiga kali risiko mengalami DVT. Mereka yang duduk dalam posisi hampir tidak bergerak selama lebih dari 41 jam tiap minggunya memiliki risiko tertinggi.Misalnya saja seperti, pekerja yang menghabiskan waktu di depan komputer dan mereka yang melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan atau pesawat. Namun penelitian juga mengatakan bahwa operasi dan pil KB juga bisa menjadi faktor pemicu DVT."Sudah mulai banyak kesadaran mengenai risiko DVT yang terjadi akibat perjalanan udara, tetapi banyak orang yang belum sadar bahwa semua jenis kegiatan yang tidak [...]

Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Sudah tidak sedikit tulisan yang menyampaikan betapa pentingnya Air susu ibu (ASI) bagi kesehatan tubuh. Baik itu bagi bayi maupun ibu. Namun ketahuilah, ASI adalah hadiah dan makanan terbaik bagi bayi, terutama pada 6 bulan pertama kehidupan. Setelah 6 bulan, diperlukan makanan tambahan untuk membantu tumbuh kembang bayi. Susu formula sekali pun tidak dapat menggantikan kehebatan ASI. Menyusui memiliki banyak manfaat kesehatan baik bagi ibu maupun bayi. Apa saja manfaatnya? Klik ?next? untuk selanjutnya. Manfaat Bagi Ibu: Berikut ini adalah manfaat menyusui bagi ibu: Hormon oksitosin yang dikeluarkan saat menyusui dapat mengembalikan Ukuran rahim lebih cepat dan mencegah perdarahan pasca melahirkan. Mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium Tidak membutuhkan susu biasa dan bisa menghemat uang karena tidak perlu membeli susu formula. Memperkuat hubungan emosional dengan bayi Membantu menurunkan berat badan karena menyusui dapat membakar sekitar 500 kalori setiap harinya ASI eksklusif bisa menjadi kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan, disebut sebagai metode amenorealaktasi (MAL) Men [...]

Bahayanya Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali

Bahayanya Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali

Meski pada prinsipnya makanan yang digoreng itu pada dasarnya tidak menyehatkan, hampir bisa dipastikan makanan yang digoreng dengan minyak goreng yang digunakan berulang berkali (jelantah) diyakini lebih berbahaya. Terkadang di rumah atau restoran pun minyak goreng di dapurnya digunakan secara berulang-ulang kali. Atau umum disebut dengan istilah jelantah. Sehatkah hal tersebut? Hal yang pasti, tidak sehat. Kenapa bisa demikian? Berikut penjelasannya. Penggunaan minyak goreng yang berulang kali mengakibatkan oksidasi dan hidrogenasi dari minyak. Dimana jika makanan yang digoreng menggunakan jelantah berpotensi menimbulkan peradangan dan kerusakan sel di tubuh jika dimakan. Lebih lanjut, kerusakan sel yang ada juga menenggarai penyakit diabetes. Bahaya Jelantah untuk Wanita yang Ingin Hamil Sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Diabetologia menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan dengan teknik masak digoreng secara rutin sebelum kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk timbul diabetes gestasional (suatu jenis kondisi diabetes yang ditemukan pada awal kehamilan). Menariknya adalah asosiasi makanan gorengan dengan timbulnya diabetes selam [...]

Otak Lelah & Tak Cukup Tidur Buat Orang Ingin Makan Junkfood

Otak Lelah & Tak Cukup Tidur Buat Orang Ingin Makan Junkfood

Kurangnya waktu istirahat terkadang membuat otak menjadi lelah dan sulit fokus. Efek samping lainnya, bisa membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori karena merasa lapar akan junkfood.Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa kebiasaan tidur seseorang memiliki hubungan dengan rasa lapar dan nafsu makan yang menyebabkan peningkatan berat badan. Tidak hanya perut, otak pun memiliki peran yang sama.Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti di Boston, kurang tidur dapat meningkatkan aktivitas pada area otak yang mencari kesenangan --termasuk kesenangan yang didapat saat memakan junkfood. Rasa lelah dan mengantuk juga dapat mengurangi aktivitas otak di arean yang berfungsi menahan nafsu makan.Dalam studinya, para peneliti di Columbia University meneliti 25 orang pria dan wanita dengan berat badan normal untuk melacak aliran darah ke dalam otak selama mereka melihat gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat. Mereka meneliti otak responden yang dibagi menjadi dua kondisi yang berbeda. Kondisi pertama, responden tidur nyenyak selama sembilan jam, sementara kondisi kedua responden hanya tidur selama empat jam.Hasilnya, gambar junk food muncul di dalam otak yang mengalami kuran [...]

Buah Alpukat Ternyata Berkolesterol!

Buah Alpukat Ternyata Berkolesterol!

Oleh: dr. Adithia Kwee Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? Buah ini termasuk buah yang banyak disukai karena tekstrunya yang lembut dan rasanya yang khas. Selain rasanya yang enak, alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi yaitu berupa kolesterol. Mendengar bahwa kolesterol tinggi terkandung dalam alpukat sering membuat orang menjadi ragu untuk mengkonsumsi buah ini karena takut akan meningkatkan kadar kolesterol darahnya, terutama orang-orang yang memang sudah memiliki riwayat penyakit kolesterol. Sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan mengkonsumsi alpukat. Kolesterol yang terdapat dalam buah ini justru merupakan kolesterol baik yaitu HDL yang berfungsi untuk membantu meluruhkan kolesterol jahat yaitu LDL dari dinding pembuluh darah dan membawanya ke hati untuk dihancurkan. Kolesterol baik ini dapat pula membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Kolestrerol jahat (LDL) dan trigliserida sering membentuk plak pada dinding pembuluh darah yang nantinya lama-kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah tersebut sehingga mengkonsumsi alpukat secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Jadi, jangan takut mengkonsumsi alpukat [...]

Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula

Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula

Gula secara alamiah dapat ditemukan di dalam susu, produk susu (laktosa) dan buah-buahan (fruktosa). Sementara itu, pemanis dibagi menjadi beberapa jenis: Gula Alkohol Acesulfame Nektar Isomalt Neotame Sari buah konsentrat Lactitol Sucralose Sirup mapel Mannitol Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang pemanis: Gula adalah sumber karbohidrat alami. Gula mengandung kalori dan dapat meningkatkan kadar gula darah; dapat ditemukan pada: gula merah, gula pasir, gula tebu, fruktosa (pada buah - buahan), dan madu. Pemanis yang kalorinya dikurangi adalah gula alkohol. Jenis pemanis ini memiliki kadar kalori setengah dari kadar gula dan dapat meningkatkan kadar gula darah, meskipun tidak setinggi karbohidrat lain. Pemanis rendah kalori adalah pemanis buatan. Pemanis ini tidak memiliki kalori dan tidak meningkatkan kadar gula darah Anda. Berikut penjelasan gula lainnya yang terdapat di produk-produk di pasaran: Banyak produk pemanis yang dijual di pasaran dan mencantumkan label-label tertentu, seperti: No sugar. Produk ters [...]

7 Cara Unik Redakan Stres, Makan Seledri Sampai Lepas Sepatu

7 Cara Unik Redakan Stres, Makan Seledri Sampai Lepas Sepatu

Stres bisa membuat seseorang panik, tidak mampu berkata-kata bahkan tidak tahu harus berbuat apa. Apa pun yang dilakukan terasa salah dan terkadang membuat kita bersikap agresif atau mungkin tidak ingin melakukan apa pun. Tubuh sebenarnya didesain untuk kembali ke keadaan normal setelah mengalami stres. Namun yang menjadi masalah, bagi kita yang hidup di era modern ini, seringkali 'serangan' stres hadir setiap waktu dan ketika tubuh mulai pulih dari stres, ada saja pemicu lain yang datang. Kabar baiknya, stres ringan bisa cepat diatasi dengan cara yang terbilang mudah. Ini beberapa teknik unik untuk segera menyingkirkan stres, seperti dikutip dari Daily Mail. 1. Cuci Tangan dengan Air Hangat Stres bisa diatasi dengan berendam air hangat, karena air hangat cukup efektif membuat tubuh dan pikiran lebih relaks. Tapi jika stres melanda saat di kantor, tentunya Anda tidak bisa langsung 'kabur' ke rumah untuk berendam air hangat. Ternyata efek relaksasi dengan air hangat juga bisa dirasakan cukup dengan mencuci tangan. Pergilah ke toilet lalu cuci tangan Anda dengan air hangat. Efeknya cukup bisa menenangkan sementara waktu meskipun tidak seefektif ketika Anda mandi. 2. Bersena [...]

Mengatasi Bau Badan

Mengatasi Bau Badan

Apakah Anda memiliki bau badan? Atau Anda mengenal teman atau saudara yang memiliki bau badan? Bau badan adalah masalah yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Rasa malu dan frustasi karena bau badan dapat mempengaruhi pergaulan sosial secara signifikan bagi penderita. Bau badan sebenarnya timbul karena bertambahnya jumlah bakteri di permukaan kulit yang mengubah hasil pembuangan tubuh lewat keringat dan minyak menjadi bau tertentu. Dengan bertambahnya keringat maka jumlah bakteri yang menyebabkan bau badan juga bertambah. Bau badan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya adalah diet, jenis kelamin, kesehatan, genetik, ras, stres lingkungan dan obat-obatan. Bau badan sendiri dapat berasal dari seluruh tubuh atau dari beberapa bagian spesifik tubuh seperti kaki atau ketiak. Untuk mengatasi bau badan, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut: Solusi Bau Badan Tidak Sedap: Untuk mengatasi bau badan, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut: Mandi yang teratur setiap hari dengan menggunakan sabun antiseptik. Jika makanan mempengaruhi bau badan Anda, hindari konsumsi makanan-makanan dengan aroma yang kuat dan beberapa bahan m [...]

Tai Chi Dapat Membantu Gangguan Keseimbangan Pada Penderita Parkinson

Tai Chi Dapat Membantu Gangguan Keseimbangan Pada Penderita Parkinson

Gerakan lambat yang terkendali dari tai chi dapat membantu gangguan keseimbangan seseorang dengan penyakit Parkinson ringan atau sedang, dan perbaikan berlangsung selama setidaknya tiga bulan. Peneliti menemukan, ?Dibandingkan dengan orang yang menerima latihan peregangan, praktisi tai chi memiliki resiko jatuh lebih sedikit, memiliki langkah lebih panjang dan keseimbangan yang lebih baik?. "Tai chi sangat cocok untuk mengatasi masalah pada pasien dengan penyakit Parkinson," kata Fuzhong Li dari Oregon Research Institute di Eugene, dan temuannya ini muncul dalam New England Journal of Medicine. Seperti dilansir dari FoxNews.com, Kamis (09/02/2012). Kesulitan berjalan dan berdiri merupakan akibat yang ditimbulkan dari Parkinson, yang diakibatkan karena kematian sel-sel otak yang menghasilkan kimia dopamin. "Kami tidak akan menghilangkan gejala. Ini bukan obat ini tidak dapat menyembuhkan penyakit.. Tapi, dalam pandangan saya, tai chi dapat memperlambat perkembangan penyakit," kata Li pada Reuters Health. Meskipun tidak semua studi setuju, penelitian lain telah menunjukkan manfaat tersebut, karena tai chi adalah latihan yang berbasis keseimbangan, tai chi dapat membantu meningkatkan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *