Perempuan Muslim di Somalia Harus Disunat Jika Ingin Menikah

sunat130726a.jpg

Perempuan di Somalia selama berabad-abad memiliki tradisi sunat perempuan (Female Genital Mutilation/FGM). Jika tidak disunat, maka perempuan tak bisa menikah karena dianggap `kotor`.

Aktivis UNICEF mengkampanyekan bahaya sunat perempuan di Somalia. Sebanyak 30 remaja Somalia, baik perempuan ataupun laki-laki di Sheik Nuur Primary School, Hargeisa, sebenarnya setuju jika praktik sunat itu harus ditinggalkan. Namun, remaja ini mengungkapkan perempuan harus sunat.

“Itu tradisi kami dan jika perempuan tidak disunat dia tak diterima untuk menikah,” kata Asthma Ibrahim Jabrik (17).

Sebanyak 15 gadis yang duduk berhadapan dengan lelaki di Sheik Nuur Primary Scholl sudah mengalami sunat, pemotongan klitoris dan labia minora. Mereka semua mengatakan itu merupakan hal yang benar dilakukan.

Sunat pada perempuan datang dalam berbagai bentuk. Di Somalia, remaja menutup vaginanya dengan jahitan sampai menikah. Semua orang setuju ini harus segera diakhiri. “Saya ingin ini diberantas. Ini tradisi lama,” kata Ikram Ismail (18).

“Ketika ibu saya masih muda, tak ada yang bisa berbicara tentang hal itu secara terbuka. Tetapi, sekarang orang memahami bahwa hal itu merugikan jadi sebabnya kita membicarakan tentang hal itu,” katanya lagi seperti dikutip Dailynews, Minggu (2/3/2014).

Sunat pada perempuan bisa menyebabkan pendarahan parah dan masalah buang air kecil, kista, infeksi, infertilitas, dan komplikasi melahirkan, termasuk meningkatnya risiko kematian bayi baru lahir.

Menurut WHO, lebih dari 125 juta anak perempuan dan perempuan yang hidup saat ini di 29 negara di Afrika dan Timur Tengah telah disunat.

Di Somalia, anak perempuan harus disunat berhubungan dengan seks dan pernikahan. Pria mengharapkan menikahi wanita yang perawan. Jika perempuan tak melakukan sunat, ia dianggap najis. Itulah yang menyebabkan banyak perempuan Somalia takut jika pria tak menginginkannya menjadi istri karena belum disunat.

“Anda dijahit dan tak dibuka sampai hari pernikahan Anda,” kata Petugas Perlindungan Anak untuk UNICEF, Charity Kinya Koronya.

“Mereka mengatakan, seseorang yang terbuka, bisa dimasuki siapapun,” katanya lagi.

Sheik Khalil Abdulai Ahmed, menteri pemerintahan urusan agama mengatakan, sunat perempuan bisa menyebabkan kematian, rasa sakit, dan masalah mental.

Amina Mohamed Jirde, istri presiden Somaliland, memohon agar praktik sunat ini dihentikan. Menurutnya, sebaiknya setiap gadis dinikahi tanpa diskriminasi. “Praktik ini tidak bagus untuk gadis,” kata Jirde. “

Amran Mohamud (40) menghabiskan 15 tahun menyunat perempuan. Ia ingat betul bagaimana gadis-gadis itu tak berhenti pendarahannya. Setelah ia mengikuti kelas Tostan, ia berhenti dari profesi yang ia pelajari dari ibunya. Ia dibayar $30 dan $ 50 untuk per prosedur.

Mohamud melakukan sunat pada putri sulungnya . Tapi cucu-cucu perempuannya tidak mengalaminya. Mohamud mengatakan bahkan ibunya menentang praktek itu sekarang.

(Mel)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menkes : Banyak Makanan Enak di Indonesia Tapi Tak Bergizi

Menkes : Banyak Makanan Enak di Indonesia Tapi Tak Bergizi

Banyaknya masyarakat Indonesia yang bila sakit langsung ke rumah sakit. Ini sangat disayangkan. Menurut Menteri Kesehatan Nila Moeloek, saat ini sudah waktunya kita semua mengubah pikiran dari upaya mengobati menjadi upaya pencegahan yang lebih diutamakan. "Banyak yang sakit langsung berobat ke RS. Kelihatan sekali kalau dulu kita tidak mau menjaga kesehatan jadinya ya bablas. Jumlah pasien banyak dan menumpuk di RS. Jangan sampai gagal ginjal dulu dong. Mari edukasi ke masyarakat dan berikan pendidikan agar Anda juga hidup bersih dan sehat," kata Menkes usai serah terima jabatan di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/10/2014). Upaya lebih baik mencegah penyakit inilah yang dari disampaikan Menkes saat pertama kali ditanya wartawan apa yang seharusnya menjadi program Kementerian Kesehatan ke depan di bawah kepemimpinannya. Meski ini konsep dan ilmu lama, penyadaran ini belum juga terjadi secara masif dan menyeluruh di kalangan masyarakat Indonesia baik yang sudah berpendidikan apalagi yang kurang berpendidikan. Menkes juga menyinggung makanan Indonesia yang masuk kategori terenak di dunia, namun sayang gizinya masih meragukan. "Makanan kita masuk terenak di dunia tapi giz [...]

BPJS: Aturan Baru dibuat Untuk Menarik Masyarakat Sehat Ikut BPJS

BPJS: Aturan Baru dibuat Untuk Menarik Masyarakat Sehat Ikut BPJS

Setelah Peraturan baru yang dikeluarkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan nomor 4/2014 tentang tatacara pendaftaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menuai kontroversi karena pemberlakuan kartu aktif 7 hari. Kini muncul lagi peraturan Peraturan Direksi BPJS Pusat nomor 211/2014 yang memuat secara teknis tata cara pendaftaran peserta BPJS.Dihubungi Liputan6.com, Senin (8/12/2014), Kepala Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Irfan Humaedi menuturkan bahwa peraturan nomor 211 ini dikeluarkan BPJS memang untuk menarik masyarakat yang sehat ketimbang yang sakit."Banyak yang daftar BPJS itu kan yang sakit. Padahal kami ingin masyarakat yang sehat juga ikut. Peraturan baru ini juga menuliskan beberapa kelonggaran," kata Irfan.Menurut Irfan, di peraturan Direksi nomor 211 tahun 2014, kelonggaran yang diberikan seperti masa aktif kartu yang berlaku 7 hari ditekankan hanya untuk kelas I dan II. Sedangkan golongan Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan kelas III, masa aktif kartu langsung berlaku.Selain itu, masalah status kepesertaan pasien yang masuk Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atau RS, menurut Irfan, BPJS memberikan kesempa [...]

Hanya Mukjizat yang Bisa sembuhkan Penyakitku

Hanya Mukjizat yang Bisa sembuhkan Penyakitku

Sekilas tak disangka kalau gadis manis yang kelihatannya bugar ini ternyata menderita penyakit yang harus ditanggungnya seumur hidup. Remaja kelas 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) ini tidak tampak sebagai seorang pesakitan yang butuh dikasihani.Mufidah Amalia, namanya. Meski sakit, wajah manisnya selalu dihiasi senyum ceria. Tentu saja ini berbanding terbalik dengan apa yang sesungguhnya dirasakannya. Perempuan yang akrab dipanggil Lia ini menderita talasemia sejak usia 5 tahun."Awalnya, cuma demam biasa kemudian kulit aku pucat, kuning, ada limfa atau benjolan (getah bening) di sebelah kiri perut. Saat diperiksa di rumah sakit belum ketemu juga penyakitnya. Kemudian pindah rumah sakit baru dikasih tahu kalau aku menderita talasemia atau kelebihan zat besi," kata Lia saat diwawancarai Tim Health Liputan6.com, Jumat (4/4/2014).Sudah 11 tahun, gadis manis ini harus menjalani pengobatan rutin. Selain mengonsumsi obat setiap hari, setiap tiga minggu sekali, Lia harus transfusi darah agar tubuhnya tidak melemah."Waktu diberi tahu dokter itu usia 5 tahun sekarang sudah 6 tahun. Sampai sekarang aku harus transfusi darah 3 minggu sekali, tadinya 1 bulan sekali. Kata dokter supaya aku tidak mu [...]

Merasakan Sistem Jaminan Kesehatan di Korea Selatan

Merasakan Sistem Jaminan Kesehatan di Korea Selatan

Berbeda dengan jaminan kesehatan di sejumlah negara yang memiliki nama khusus. Di Korea Selatan, jaminan kesehatan yang wajib dimiliki warga atau pendatang yang menetap disebut juga The National Health Insurance Corporation (NHIC). Sistem jaminan kesehatan ini dioperasikan langsung dibawah kendali Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan di Korea Selatan. Menurut salah seorang warga Indonesia yang menetap di Korean Selatan selama 2 tahun dan sedang menempuh studi sekaligus penelitian, Ardiansyah Musa, jaminan kesehatan khususnya orang Indonesia di Korea, secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi 3 kelompok besar, yakni1. Pelajar/Mahasiswa asal Indonesia2. Pekerja Profesional asal Indonesia3. Pekerja non-Profesional asal IndonesiaSecara garis besar untuk ketiganya, asuransi kesehatan adalah suatu hal yang mandatory atau wajib dimiliki oleh seluruh orang (termasuk orang asing) yang tinggal di Korea. Baik asuransi yang dimiliki dengan membayar sendiri ataupun dibayarkan oleh organisasi/perusahaan tempat bernaung. Hampir seluruh permasalahan kesehatan dapat diklaim, kecuali biaya perawatan dan pengobatan gigi.Untuk lebih detailnya, Ardiansyah menjelaskan sebagai berikut: 1. Pe [...]

`Primark` Diprotes Karena Pajang Manekin Bentuk Wanita Anoreksia

`Primark` Diprotes Karena Pajang Manekin Bentuk Wanita Anoreksia

Hampir seluruh toko pakaian di dunia, baik merek terkenal maupun merek biasa, kerap memajang manekin dengan bentuk tubuh super ideal. Tidak heran bila kebanyakan wanita menginginkan bentuk tubuh yang sama persis. Sejauh bentuk yang diperlihatkan tergolong normal, mungkin tidak akan jadi masalah.Tapi, apa jadinya bila manekin yang dipajang justru mengundang kontroversi, yang membuat pihak toko harus segera menggantinya? Itulah yang kini terjadi pada toko baju merek terkenal asal Eropa, Primark.Baru-baru ini, salah satu pengunjung Primark menemukan keganjalan pada manekin yang terpajang di toko tersebut. Primark telah memajang manekin menyerupai bentuk seorang wanita yang tergolong anoreksia atau underweight, di mana tulak rusuk begitu menonjol dari dalam tubuhnya. Merasa harus memberitahu bahwa apa yang dilakukan pihak Primark adalah salah, maka pengunjung yang diketahui bernama Mel Fraser memosting foto manekin dengan setelan bikin tops ke akun jejaring sosial berbagi gambar, Instagram, dan berharap pihak Primark membaca dan meresponsnya.Dengan nama akun @Melfyx, wanita berambut hitam panjang menulis sebuah kalimat berikut, sebagai caption untuk gambar yang dipostingnya;"Dear @Prim [...]

Bahaya Konsumsi Susu Mentah

Bahaya Konsumsi Susu Mentah

Susu mentah atau raw milk begitu populer di kalangan selebritis dan masyarakat awam saat ini. Namun, semenjak lima orang anak di Inggris dilarikan ke rumah sakit karena keracunan bakteri E coli yang ada di susu mentah, Badan Pengawas Makanan pun mengeluarkan peringatan agar tidak lagi mengonsumsi susu mentah. Dengan anggapan bahwa segala sesuatu yang mentah lebih enak, baik, dan sehat, jumlah pengonsumsi susu mentah melonjak. Padahal, sebelum susu dijual untuk dikonsumsi, terlebih dahulu harus melewati proses pasteurisasi agar bakteri E coli tidak ikut masuk ke dalam susu."Para orang lanjut usia, bayi, anak-anak, wanita hamil, dan sejumlah orang dengan sistem kekebalan yang lemah, sangat rentan terhadap keracunan makanan. Kelompok ini, tidak diperbolehkan mengonsumsi susu mentah, karena belum dipanaskan," kata Chief Operating Officer (COO) the Food Satndards Agency, Andrew Rhodes seperti dikutip Daily Mail, Jumat (7/11/2014)E coli yang ditemukan di dalam kotoran sapi yang paling mungkin menyebabkan kontaminasi selama proses pemerahan. Dampak terburuk bila masuk ke dalam tubuh, akan menyebabkan diare akut, gagal ginjal, bahkan kematian. Maka itu, pilihlah susu rendah lemak yang sud [...]

4 Risiko Tak Mengenakkan bagi Pekerja Shift

4 Risiko Tak Mengenakkan bagi Pekerja Shift

Kerja shift tidak selalu menyenangkan. Bila kerja shift terjadi selama 10 tahun, maka dapat mengakibatkan gangguan fungsi otak, seperti berpikir, penalaran, dan memori. Bila dilihat, efeknya terasa biasa saja, tapi pemulihan kondisi tersebut memakan waktu selama lima tahun.Dari suatu penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Occupational & Environmental Medicine, menunjukan bahwa kerja shift memiliki dampak negatif, seperti dikutip dari Health Me Up, Jumat (7/11/2014) berikut ini; 1. Memengaruhi jam internal tubuhKondisi ini dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti kanker. Hal ini juga memengaruhi keselamatan dan produktivitas di tempat kerja.2. Perubahan hormonalSuhu tubuh, waktu tidur, dan hormon di dalam tubuh mengalami kerja dengan sistem yang cukup berantakan. 3. Penurunan kognitifPara peneliti dari Universitas Toulouse dan Swansea yang memelajari 3.000 orang yang tinggal di Prancis terkait dengan memori dan kognitif mendapatkan hasil bahwa mereka yang rutin kerja shift malam mengalami penurunan kognitif.4. Kekurangan vitamin DKarena paparan sinar matahari yang tidak memadai, maka pekerja shift malam rentan kekurangan vitamin D. Kekurangan vita [...]

Past Life Regression, Gali Masalah Hingga Ribuan Tahun Lalu (II)

Past Life Regression, Gali Masalah Hingga Ribuan Tahun Lalu (II)

Rupanya bakat menyanyi dan mencipta lagu Ami Nindita (23) sudah ada sejak dia lahir sebagai manusia bernama Ami di abad pertama, tahun 40 SM. Ami yang sebenarnya adalah nama panggilan pernah mendapatkan penghargaan di bidang musik oleh lembaga tertinggi bidang kesenian. Sayang, waktu diregresi Ami tidak menyebutkan dia ada di wilayah mana. "Yang kelihatan jelas, saya diberi penghargaan oleh seseorang yang memberi penghargaan dengan pakaian mirip jubah. Ternyata pria yang memberi penghargaan musik ini merupakan ayah Ami sekarang,"ujar Ami. Jadi, tak heran bila ayah Ami yang sekarang begitu mendukung sekali aktivitas menyanyi dan mencipta lagu Ami di saat ini. Proses regresi selanjutnya bisa Anda saksikan di video Past Life Regression, Menggali Kehidupan Ribuan Tahun Lalu part II. [...]

Wajah Muda Kay Usai Operasi Facelift Memikat Hati `Brondong`

Wajah Muda Kay Usai Operasi Facelift Memikat Hati `Brondong`

Kay Silver (56) rela merogoh US$ 5.000 (Rp 60 juta) demi facelift. Alhasil, wajah mudanya itu memikat hati brondong yang 20 tahun lebih muda darinya. Namun, Kay menyadari apapun itu prosedurnya tak ada yang bisa menghentikan proses penuaan secara alami. Pisau dokter bedah bukan jawaban untuk kebahagiaan abadi ketika bertemu brondong tersebut.Hipnoterapis dan penari perut itu sebelumnya sangat bahagia dengan hasil facelift yang membuatnya 20 tahun lebih muda dari usianya. Ia pun memiliki kekasih yang jauh lebih muda (brondong) dan cocok jadi anaknya, Dean Thomasset (37).Setelah dua tahun menjalin hubungan dengan Dean, pria itu pun mencampakkan Kay karena ia merasa Kay terlalu tua untuk memiliki anak. Kay hanya bisa membisu karena Dean memutuskan hubungan hanya beberapa hari setelah berbelanja cincin kawin.Namun, kejadian itu membuat Kay menyadari pisau dokter bukan jawaban kebahagiaan abadinya"Saya tahu ia ingin anak-anak, tapi saya pikir dia akan menerimanya jika ia tinggal dengan saya. Jadi ketika dia pergi, saya hancur," kata Kay seperti dikutip Mirror, Sabtu (4/1/2014)."Faktanya adalah saya bisa mengubah penampilan saya terlihat 20 tahun lebih muda, tapi saya tidak bisa mengubah [...]

Jatim Belum Terbebas Dari Ancaman Malaria

Jatim Belum Terbebas Dari Ancaman Malaria

Sebanyak empat Kabupaten di Jawa Timur belum terbebas dari ancaman penularan malaria. Keempat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Madiun, Pacitan, Trenggalek dan Banyuwangi.Hal tersebut diungkap berdasarkan data Dinas Kesehatan Jawa Timur sesudah dipastikan masih ada kabupaten di Jawa Timur yang belum bebas dari penularan malaria secara total.Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Jawa Timur Ansarul Fahrudda mengatakan, empat kabupaten tersebut masih ditemukan adanya penderita malaria, baik itu dibawa dari luar daerah ataupun yang berasal dari daerah itu."Mereka ada yang tertular dari luar wilayah asalnya dan ada yang memang tertular malaria di daerah asalnya," kata Ansarul, Selasa (29/4/2014), melalui telepon seluler.Ansarul menambahkan bahwa dengan masih adanya penularan malaria di empat kabupaten di Jawa Timur maka perlu dilakukan kegiatan kewaspadaan untuk mencegah penularan kembali."Di antara langkah yang dilakukan dengan menggunakan kelambu antinyamuk yang disediakan di Dinas Kesehatan semua kabupaten kota di Jawa Timur," imbuhnya.Diharapkan dengan adanya upaya-upaya pencegahan penularan malaria maka ke depan empat kabupaten yang masih belum b [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *