Perempuan Muslim di Somalia Harus Disunat Jika Ingin Menikah

sunat130726a.jpg

Perempuan di Somalia selama berabad-abad memiliki tradisi sunat perempuan (Female Genital Mutilation/FGM). Jika tidak disunat, maka perempuan tak bisa menikah karena dianggap `kotor`.

Aktivis UNICEF mengkampanyekan bahaya sunat perempuan di Somalia. Sebanyak 30 remaja Somalia, baik perempuan ataupun laki-laki di Sheik Nuur Primary School, Hargeisa, sebenarnya setuju jika praktik sunat itu harus ditinggalkan. Namun, remaja ini mengungkapkan perempuan harus sunat.

“Itu tradisi kami dan jika perempuan tidak disunat dia tak diterima untuk menikah,” kata Asthma Ibrahim Jabrik (17).

Sebanyak 15 gadis yang duduk berhadapan dengan lelaki di Sheik Nuur Primary Scholl sudah mengalami sunat, pemotongan klitoris dan labia minora. Mereka semua mengatakan itu merupakan hal yang benar dilakukan.

Sunat pada perempuan datang dalam berbagai bentuk. Di Somalia, remaja menutup vaginanya dengan jahitan sampai menikah. Semua orang setuju ini harus segera diakhiri. “Saya ingin ini diberantas. Ini tradisi lama,” kata Ikram Ismail (18).

“Ketika ibu saya masih muda, tak ada yang bisa berbicara tentang hal itu secara terbuka. Tetapi, sekarang orang memahami bahwa hal itu merugikan jadi sebabnya kita membicarakan tentang hal itu,” katanya lagi seperti dikutip Dailynews, Minggu (2/3/2014).

Sunat pada perempuan bisa menyebabkan pendarahan parah dan masalah buang air kecil, kista, infeksi, infertilitas, dan komplikasi melahirkan, termasuk meningkatnya risiko kematian bayi baru lahir.

Menurut WHO, lebih dari 125 juta anak perempuan dan perempuan yang hidup saat ini di 29 negara di Afrika dan Timur Tengah telah disunat.

Di Somalia, anak perempuan harus disunat berhubungan dengan seks dan pernikahan. Pria mengharapkan menikahi wanita yang perawan. Jika perempuan tak melakukan sunat, ia dianggap najis. Itulah yang menyebabkan banyak perempuan Somalia takut jika pria tak menginginkannya menjadi istri karena belum disunat.

“Anda dijahit dan tak dibuka sampai hari pernikahan Anda,” kata Petugas Perlindungan Anak untuk UNICEF, Charity Kinya Koronya.

“Mereka mengatakan, seseorang yang terbuka, bisa dimasuki siapapun,” katanya lagi.

Sheik Khalil Abdulai Ahmed, menteri pemerintahan urusan agama mengatakan, sunat perempuan bisa menyebabkan kematian, rasa sakit, dan masalah mental.

Amina Mohamed Jirde, istri presiden Somaliland, memohon agar praktik sunat ini dihentikan. Menurutnya, sebaiknya setiap gadis dinikahi tanpa diskriminasi. “Praktik ini tidak bagus untuk gadis,” kata Jirde. “

Amran Mohamud (40) menghabiskan 15 tahun menyunat perempuan. Ia ingat betul bagaimana gadis-gadis itu tak berhenti pendarahannya. Setelah ia mengikuti kelas Tostan, ia berhenti dari profesi yang ia pelajari dari ibunya. Ia dibayar $30 dan $ 50 untuk per prosedur.

Mohamud melakukan sunat pada putri sulungnya . Tapi cucu-cucu perempuannya tidak mengalaminya. Mohamud mengatakan bahkan ibunya menentang praktek itu sekarang.

(Mel)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Merasa Tidak Cantik Lagi, Wanita Italia Suntik Mati

Merasa Tidak Cantik Lagi, Wanita Italia Suntik Mati

Berbagai upaya perawatan dilakukan para wanita untuk menjadi cantik sesuai keinginan. Namun sayang saat kecantikan itu memudar akibat usia, tidak sedikit yang melakukan cara yang bisa membuat kening berkerut heran. Ada yang memilih melakukan operasi berkali-kali untuk mengembalikan kekencangan kulit ada juga yang sampai bunuh diri sangking putus asa.Seperti yang dilakukan wanita Italia bernama Oriella Cazzanello yang rela mengeluarkan kocek sebesar 10.000 euro atau sekitar Rp 161 juta untuk suntik mati di sebuah klinik di Swiss.Oriella mengakhiri hidupnya karena merasa tidak cantik lagi sehingga memutuskan untuk mendatangi klinik Euthanasia. Wanita ini menurut keluarga tidak memiliki masalah mental atau gangguan kesehatan.Dikutip Dailymail, Senin (24/2/2014) wanita sehat ini tiba-tiba menghilang dari rumahnya di Vicenza, Italia bagian Utara. Kondisi tersebut membuat keluarga melaporkan ke pihak kepolisian terkait kehilangan orang.Menurut kabar, Oriella memilih untuk melakukan suntik mati karena dirinya terbebani dengan penuaan yang membuatnya tidak cantik lagi. Keluarga Oriela mendapatkan kabar buruk, mereka menerima abu kematian yang dilengkapi sertifikat resmi lewat pos.Pihak kep [...]

Dicari 304 Tenaga Medis Untuk Rawat Pasien MERS-CoV

Dicari 304 Tenaga Medis Untuk Rawat Pasien MERS-CoV

Untuk membantu menangani kasus wabah MERS-CoV di Arab Saudi, pemerintah setempat berencana untuk merekrut 304 orang dokter spesialis dan perawat. Kementerian telah meminta sebuah perusahaan perekrutan internasional untuk menyediakan tenaga medis, yang bertugas merawat pasien MERS.Kementerian pun telah mengirimkan surat kepada perusahaan untuk menyetujui pencarian staf di bidang kesehatan. Dalam surat itu, kementerian mengatakan bahwa dokter dan konsultan yang merawat anak-anak dan orangtua, berurusan dengan penyakit menular, dan kardiologi dan spesialis, akan mendapatkan bayaran sebesar SR2,000 hari atau SR 60,000 (Rp 184,4 juta) sebulan.Sedangkan untuk yang bekerja di unit perawatan intensif dengan anak-anak dan orangtua, akan mendapatkan bayaran sebesar SR1,500 per hari atau SR45,000 (Rp 138 juta) sebulan.Sementara itu, Direktur Pusat Peziarah di Bandara, Abdulghani Al-Maliki mengatakan, belum ada ditemui pasien yang menderita penyakit menular sejak awal tahun 2014. Sedangkan untuk mencegah terjadinya penularan MERS, pemerintah pusat telah memiliki 60 orang praktisi kesehatan yang senantiasa memberikan penyuluhan kepada para pekerja di bandara. Termasuk karyawan yang bekerja di b [...]

Botox Sangat Aman dan Tanpa Efek Samping

Botox Sangat Aman dan Tanpa Efek Samping

Botox yang merupakan singkatan dari Botulinum toxin A begitu populer belakangan ini. Tak hanya kaum selebritis, masyarakat biasanya pun kepincut untuk melakukan operasi botox. Sebenarnya, apa itu botox dan mengapa banyak orang ingin melakukannya?Dermatolog asal Amerika, Dr Kiran Lohia, MD, menjelaskan, botox merupakan suntikan protein yang dilakukan secara lokal yang dapat melumpuhkan otot-otot yang berada di sekitar daerah wajah yang terbilang `rawan`. Misalnya saja dahi dan sekitar mata. Bila botox disuntikkan di daerah tersebut, maka keriput yang seharusnya sudah menghiasi wilayah wajah akan segan untuk memperlihatkan wujudnya.Dikutip dari Health Me Up, Jumat (11/7/2014), Kiran menjelaskan bahwa botox pada umumnya sangat aman untuk dilakukannya, dan tanpa efek samping. Walau pun ada efek samping, dapat dengan cepat diobati. Sebab, jika tidak segera diberikan tindakan, akan berisiko terjadinya infeksi.Dikatakan Kiran, botox biasanya berlangsung sekitar tiga bulan. Mereka yang mendapat suntikan botox secara teratur, akan melakukan kunjungan dokter lebih sering lagi. Atau dengan kata lain, kunjungan dokter mengalami peningkatan.Pada dasarnya, hal ini dikarenakan otot-otot yang meny [...]

Terkena Bakteri Langka, Gadis Ini Kehilangan 4 Anggota Tubuh

Terkena Bakteri Langka, Gadis Ini Kehilangan 4 Anggota Tubuh

Infeksi bakteri langka membuat seorang gadis berusia 9 tahun kehilangan 4 anggota tubuhnya. Sampai saat ini, gadis tersebut masih di rawat di rumah sakit hampir 2 bulan lamanya. Dilansir dari Fox News pada Senin (22/12/2014), gadis kecil yang bernama Alyssa Sippley ini awalnya menunjukkan gejala penyakit pada bulan November. Awalnya, keluarga menduga Alyssa terkena flu perut, yaitu gejala penyakit pada perut dalam langka pendek yang sebagian besar disebabkan oleh virus. Dokter kemudian mengkonfirmasi bahwa gadis ini terkena radang tenggorokan tipe A yang dapat menyebabkan darah menggumpal pada anggota tubuhnya. Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri yang langka. Alyssa kemudian dilarikan ke sebuah rumah sakit. Di sana, Alyssa menerima transfusi darah. Di rumah sakit itulah dokter terpaksa untuk mengampputasi 4 anggota tubuh Alyssa. Anggota tubuh yang diamputasi adalah kedua lengan dari siku, satu kaki seluruhnya, dan satu kaki lagi diamputasi dari bawah lutut. Amputasi ini sendiri merupakan satu-satunya cara agar bakteri tidak menyebar sampai ke bagian tubuh vital seperti jantung dan paru-paru. "Kami benar-benar berpikir bahwa kami akan kehilangan dia karena dia hanya [...]

Masih Diperlukan Dokter dan Bidan di Wilayah Perdalaman

Masih Diperlukan Dokter dan Bidan di Wilayah Perdalaman

Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 menyebutkan, angka kematian total bayi dan angka kematian ibu (AKI) masih tinggi. Untuk itu, diperlukan pembinaan agar tercipta keluarga sehat, bahagia, sejahtera, dan tidak banyak ibu dan anak yang meninggal.Ketua Yayasan Demandiri, Prof. Dr. Haryono Suyono mengatakan, diperlukan bidan dan dokter yang mau keliling masuk desa, mengajak dan memberikan penyuluhan yang baik dan tepat tentang penggunaan KB di kalangan masyarakat desa tersebut. Hanya saja, pada tahun 2000, program ini dihapuskan yang membuat 'repot' BKKBN."Padahal, pada tahun 1980-an, bidan tersebar di seluruh desa. Tapi sekarang, hanya sekitar 20 sampai 30 persen bidan yang terdapat di desa-desa. Sehingga ini yang ke depannya harus kita perbaiki," kata Haryono menjelaskan dalam acara High Level Seminar on the ICPD Beyond 2014 Review di Grand Melia, Jakarta, Selasa (1/4/2014)Menurut dia, dengan menyebarkan bidan ke setiap daerah di perdesaan, dapat mengatasi kebutuhan masyarakat di sana akan alat kontrasepsi jangka panjang. Selain itu, dapat menjamin kesehatan ibu dan terus, dan terus menyosialisasikan 4T (terlalu tua, terlalu muda, terlalu dekat jarak kelahiran, terlalu [...]

3 Cara Mandi agar Keputihan Menghilang

3 Cara Mandi agar Keputihan Menghilang

Keputihan sendiri bisa disebabkan oleh beberapa masalah seperti pertumbuhan bakteri, infeksi jamur, kebersihan organ wanita yang buruk, perubahan hormonal, atau penyakit seksual yang menular. Sebenarnya keputihan adalah hal yang normal, bahkan keputihan yang menimbulkan bau tak sedap sekali pun. Alih-alih ingin membersihkan diri dengan mandi, tetapi ternyata terdapat hal-hal yang salah ketika mandi dan bisa menyebabkan munculnya bau tak sedap akibat keputihan. Lantas apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut ulasan yang dilansir dari Wikihow, Kamis (11/12/2014): 1. Berhenti gunakan sabun Bukan berarti Anda mandi dengan menggunakan sabun, tetapi pilihlah sabun dengan kandungan yang lembut dan tidak menimbulkan bau wangi yang menyengat. Sebab, sabun seperti itu mengandung bahan kimia yang justru semakin menstimulus munculnya bau tak sedap. Pastikan juga ketika membersihkan kemaluan, jangan terlalu dekat dengan area vagina. 2. Hindari penggunaan sabun kewanitaan Ya, memang sabun kewanitaan berguna untuk menyeimbangkan bakteri yang berada di vagina. Namun, nyatanya sabun kewanitaan juga bisa memicu bakteri yang bisa memunculkan bau tak sedap ketika Anda mengalami keputihan. [...]

Balita Lumpuh Butuh Bantuan di Serang

Balita Lumpuh Butuh Bantuan di Serang

Balita penderita lumpuh anak pasangan Dian Purnama dan Agus Suryadi bernama, Dika Andriansyah (5) di Kota Serang kurang mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Banten maupun Kota Serang. "Tadinya melahirkan dengan cara divakum, lalu kena saraf. Itu kata dokter. Dari semenjak bayi. Dulunya ya mah panas dari bayinya, muntaber gitu," ujar Dadang, Kakek dari sang bayi.Dika, dalam kesehariannya tidak bisa melakukan aktivitas seperti anak normal seusianya dan hanya bisa berbaring,"Makan nya harus dikunyah dulu sampai halus, baru disuapin," terang Juwariah sang Nenek.Balita yang tinggal di Kampung Pasir Soka, Desa Kilasah, Kecamatan Kasemen, Kota Serang ini, sudah menjadi yatim semenjak usia delapan bulan karena sang Ayah meninggal dalam sebuah kecelakaan di daerah Ciawi, Bogor. Sang ayah adalah supir truk. Sedangkan sang Ibu, kini sudah menikah lagi dan memiliki anak usia 3 tahun."Berhubung ibunya udah punya suami lagi, jadi anaknya di rawat sama saya (kakek-nenek). Udah di bawa ke RSUD Serang. Harusnya di rawat nya 2 tahun,tapi uangnya dari mana gitu," terang sang Kakek kepada liputan6.com.Selain itu, Dika juga belum pernah mendapatkan bantuan apa pun dari pihak pemerintah. Sang [...]

Kaleidoskop Health Mei: MERS, Virus Mematikan dari Jazirah Arab

Kaleidoskop Health Mei: MERS, Virus Mematikan dari Jazirah Arab

Arab Saudi, tempat persinggahan ibadah umat Islam geger setelah sejumlah kasus sindrom pernapasan akut dari Timur Tengah atau MERS (Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) ditemukan. Meski bukan kasus baru karena ditemukan sejak 2012, namun virus ini terus menelan korban meninggal.Hingga 19 Mei 2014 saja, Departemen Kesehatan Arab Saudi melaporkan jumlah korban MERS yang meninggal mencapai 169 orang. Jumlah itu merupakan sebagian dari 531 kasus MERS yang ditemukan di Arab Saudi.Seperti dimuat Al-Arabiya, kasus terbaru adanya orang yang terjangkit MERS saat ini terjadi di Riyadh dan Jeddah. Karena itu, pemerintah Saudi mengimbau para warga lokal dan asing untuk berhati-hati.Arab Saudi sebelumnya juga mengimbau para lanjut usia dan anak-anak agar tidak datang ke sana. Jika memang memiliki niat beribadah, ada baiknya untuk menunda. Para jemaah juga diimbau untuk selalu mengenakan masker demi mencegah epidemi.Virus MERS dikabarkan telah menyebar ke negara lain, bahkan sampai Amerika Serikat. Menteri Kesehatan RI kala itu, Nafsiah Mboi menyatakan Indonesia masih bebas dari virus MERS yang mulai menyebar di 15 negara di dunia."Kasus MERS-CoV yang semula terjadi di Jeddah, [...]

Meski Gejalanya Sama, Ada Banyak Jenis Meningitis

Meski Gejalanya Sama, Ada Banyak Jenis Meningitis

Gejala umum meningitis atau radang selaput otak memang terlihat sama, seperti sakit kepala, demam, batuk, kaku duduk, dan radang tenggorokan. Tapi jangan salah, menurut Ahli Penyakit Dalam dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM, Dr.dr.Iris Rengganis, Sp.PD., KAI, FINASIM., tak semua meningitis dikategorikan sama. "Penyebab dan istilahnya banyak. Seperti yang banyak terjadi di Arab itu penyebabnya bakteri meningitidis. Ada juga meningitis TBC, Pneumococcus, Meningococcus, Haemophilus influenza, Staphylococcus, Escherichia coli dan Salmonella. Penyebab dari virus biasanya adalah Enterovirus. Dan dari jenis jamur, Cryptococcus neoformans dan Coccidioides immitris. Tapi secara umum, semua ini disebut meningitis saja atau radang selaput otak," ungkapnya saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (28/5/2014). Sejauh ini, kata Iris, di Indonesia telah ada vaksin meningitis. Memang untuk negara tujuan tertentu disarankan vaksin ini. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum banyak yang memiliki kesadaran untuk mencegah penyakit ini. Padahal perlu diketahui, penularan meningitis dapat terjadi melalui kontak langsung dengan pe [...]

Metode Ini Bisa Ramal Kematian Seseorang

Metode Ini Bisa Ramal Kematian Seseorang

Latihan sederhana yang disebut 'sitting rising test (SRT)` dapat membantu dokter memprediksi kapan kematian akan menghampiri seorang pasien. Memang, manusia tidak pernah tahu kapan rezeki, jodoh, bahkan kematian datang menghampiri. Namun dengan latihan STR, dokter dapat mengetahui berapa lama seorang pasien mampu bertahan hidup.Di negara barat, SRT digunakan oleh para tim medis untuk mengukur fleksibilitas dan kekuatan dari tubuh seorang pasien, dengan sistem penilaian dari 1 sampai 10. Bagi pasien yang melakukan STR kurang dari 10, maka lima kali lebih mungkin untuk meninggal dunia dalam waktu enam tahun, dibandingkan oleh mereka yang mampu mencetak poin 6 sampai 8.Dari hasil penelitian yang melibatkan 2.002 orang tua berusia 51 sampai 80 tahun dan telah dipublikasikan ke dalam European Journal of Cardiology, mereka yang tidak mampu melakukan STR setidaknya lima kali, dua kali lebih mungkin untuk meninggal dunia dalam kurun waktu enam tahun ke depan.Discover Magazine melaporkan, seorang dokter yang berasal dari Fiho University di Rio de Janeiro, Brasil, Claudio Gil Araujo telah lebih dahulu menggunakan SRT untuk menilai fleksibilitas seorang atlet, sebelum digunakan oleh dia untuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *