Perhatikan Apa Saja Pantangan Diabetes

Perhatikan-Apa-Saja-Pantangan-Diabetes-Alodokter.jpg

Seorang penderita diabetes harus memerhatikan bahan makanan sehari-harinya. Misalnya, lebih memilih beras merah daripada nasi putih. Sebab, nasi putih adalah salah satu makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes, memilih asupan makanan adalah sangat penting. Sebab, ada kelompok makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi, ada juga kelompok makanan lain yang sebaiknya dihindari. Dengan demikian, penderita diabetes dapat lebih mengontrol gula darah.

Apakah Diabetes Itu?

Diabetes adalah kelainan metabolisme di mana terdapat kenaikan kadar gula darah. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau sel-sel di dalam tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin. Padahal, insulin adalah hormon yang berperan penting dalam membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Gejala-gejala yang dapat terjadi pada penderita diabetes adalah mudah lelah, cepat lapar, cepat haus, buang air kecil lebih sering daripada biasanya, mulut kering, kulit gatal, dan penglihatan kabur. Pengaturan asupan makanan adalah salah satu penanganan pada penderita diabetes selain latihan jasmani dan pemberian obat-obatan.

Pantangan Diabetes yang Harus Diperhatikan

Bagi penderita diabetes, asupan makanan sangat berpengaruh. Inilah daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi pasien diabetes.

Karbohidrat

Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai tambahan tenaga, tapi hindari mengonsumsi karbohidrat berupa nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula tapi sedikit serat.

Sebaliknya, pilih beras merah, roti gandum, ubi jalar yang dipanggang, jagung atau makanan yang terbuat dari jagung.

Protein

Pantangan diabetes berikutnya adalah daging yang digoreng, kulit unggas, keju, ikan goreng, dan tahu goreng. Para penderita diabetes bisa mendapatkan protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.

Produk susu

Produk susu yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Tapi, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi produk susu, seperti susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.

Minuman dan buah-buahan

Buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat, tetapi memiliki kadar lemak yang rendah.

Penderita diabetes sebaiknya menghindari minuman kemasan rasa buah, minuman jus buah yang sudah dicampur gula, dan buah kalengan yang sudah ditambahkan sirup gula. Selai buah yang sudah ditambahkan gula juga sebaiknya dihindari. Sebagai alternatif, pilihlah buah-buahan yang segar, jus buah asli yang tidak ditambahkan pemanis apa pun, atau selai yang tidak mengandung gula.

Penderita diabetes juga sebaiknya menghindari minum teh manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman penambah stamina (energy drink). Selain air putih, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi teh tanpa gula, kopi dengan susu rendah lemak dan pengganti gula, dan minuman coklat panas tanpa pemanis.

Sayuran

Sayuran adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan. Pilihlah sayuran yang segar. Bisa dimakan mentah atau diolah dengan cara dikukus sebentar atau dipanggang.

Hindari mengonsumsi sayuran yang ditambah saus, keju, dan mentega. Selain itu, cobalah sisihkan sayuran kalengan yang sudah ditambahkan banyak garam dari menu sehari-hari. Jika penderita diabetes memiliki tekanan darah tinggi, hindari sayuran yang sudah dijadikan acar.

Bagaimana Jika Penderita Diabetes Tetap Mengonsumsi Makanan Pantangan?

Jika penderita diabetes tetap mengonsumsi makanan yang seharusnya dipantang, gula darah dapat mengalami lonjakan. Akibatnya, bisa terjadi berbagai komplikasi, misalnya meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular dan kerusakan saraf. Penyakit kardiovaskular yang dapat diderita antara lain serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah.

Kerusakan saraf dapat menimbulkan gejala kesemutan di ujung jari kaki, mati rasa, hingga nyeri. Rasa ini dapat menyebar hingga ke kaki bagian atas. Komplikasi ini terjadi karena kadar gula yang tinggi dapat melukai dinding kapiler (pembuluh darah kecil) yang berfungsi menyehatkan saraf, terutama di bagian kaki. Jika kerusakan saraf terjadi di bagian pencernaan, dapat menyebabkan diare dan sembelit. Disfungsi ereksi juga dapat terjadi pada pria akibat adanya persarafan yang rusak.

Asupan makanan sehat dapat membantu menjaga gula darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, apabila Anda mengidap diabetes, sebaiknya hindari makanan pantangan diabetes.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ibu, Inilah 10 Cara Bebas Obesitas Anak

Ibu, Inilah 10 Cara Bebas Obesitas Anak

Oleh: dr. Nadia Octavia Persepsi orangtua bahwa anak yang gemuk itu ?sehat? atau menggemaskan tampaknya perlu lebih dicermati dan ditelaah. Karena obesitas pada anak memiliki berbagai dampak kesehatan, baik secara langsung maupun jangka panjang diantara lain: Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti kolesterol yang tinggi dan hipertensi Meningkatkan risiko untuk terjadi diabetes Meningkatkan risiko gangguan tulang, sendi, gangguan tidur (sleep apnea) dan problema sosial seperti stigmasisasi dan kepercayaan diri yang rendah Meningkatkan risiko berbagai tipe kanker seperti kanker payudara, kolon, endometrium, dan sebagainya di usia dewasanya. Oleh karena itu orangtua memiliki peranan penting untuk mencegah hal ini: 1. Fokus pada kesehatan, bukan berat badan Pengaruh sosial dan media berperan penting dalam menciptakan persepsi tersendiri bagi anak. Oleh karena itu, sebagai orangtua, berikanlah berbagai pilihan makanan yang sehat pada anak, dan biarkan anak memutuskan apakah ia sedang lapar atau kenyang dan berikan contoh yang baik dengan berolahraga dan pola makan yang sehat. 2. Peran lingkungan Orangtua dan guru memiliki peranan penting dalam membentuk pola [...]

Pro & Kontra Diet Minyak Kelapa Ala Miranda Kerr

Pro & Kontra Diet Minyak Kelapa Ala Miranda Kerr

Model Victoria's Secret, Miranda Kerr pernah mengatakan rahasia kecantikannya adalah diet minyak kelapa. Namun tak semua pakar membenarkan kiat tersebut, sebagian justru mengingatkan bahwa minyak kelapa bisa berbahaya jika diminum berlebihan.Salah seorang pakar yang meragukan manfaat diet minyak kelapa adalah Keith Ayoob, ahli nutrisi dari Albert Einstein College of Medicine. Ia mengatakan, anggapan bahwa minum minyak kelapa bisa menurunkan berat badan sulit diterima dengan akal sehat.Menurutnya, 1 sendok makan minyak kelapa mengandung 117 kalori. Jika Miranda Kerr mengatakan rutin mengonsumsi minyak kelapa 3-4 sendok makan/hari, berarti ia telah menambahkan 468 kalori di luar makanan pokok yang ia makan sehari-hari."Dengan kalori sebanyak itu, saya akan lebih memilih mengonsumsi 1 ons cokelat hitam. Kandungan nutrisi bermanfaatnya lebih banyak dari minyak kelapa dan hasilnya akan lebih memuaskan," ungkap Ayoob seperti dikutip dari ABCNews.Bukan itu saja, minyak kelapa juga termasuk salah satu sumber lemak jenuh sehingga tidak dianjurkan untuk diminum dalam jumlah terlalu banyak. Lemak jenuh yang terlalu banyak akan meningkatkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau dikenal juga se [...]

Liposuction Bisa Turunkan Berat Badan, Itu Salah

Liposuction Bisa Turunkan Berat Badan, Itu Salah

Tidak sedikit wanita yang berpikir liposuction atau penyedotan lemak bisa mengecilkan lingkar pinggang. Padahal anggapan itu keliru. Liposuction bukan untuk menurunkan berat badan. Jadi buat apa??Kalau dikatakan bahwa liposuction itu membuat orang jadi kurus itu salah. Liposuction atau tummy tuck (pengencangan perut) dipergunakan untuk body contouring (pembentukan tubuh) bukan untuk turunkan berat badan,? jelas Dr. Michael Triangto, SpOK, kepada wolipop di klinik olahraga Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Jalan Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur , Kamis (13/12/2012).Pria berumur 53 tahun itu mengatakan, bila liposuction atau tummy tuck sudah dipakai oleh banyak kalangan medis berarti ada hal baik yang bisa dimanfaatkan. Hal positif tersebut adalah body contouring untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal bukan menurunkan berat badan. Ada segelintir orang yang sudah melakukan penyedotan lemak tapi tidak bisa terlihat langsing. Beberapa kasus dikarenakan otot perutnya yang lemah sehingga otot perlu dipendekkan agar tampak lebih baik.?Misalnya liposuction nggak bisa juga karena cuma lemaknya yang diambil, tapi ternyata ototnya yang lemah, berarti ototnya harus dip [...]

5 Cara Berhenti Jadi Orang Pelupa

5 Cara Berhenti Jadi Orang Pelupa

Saat dihadapkan oleh tumpukan pekerjaan, orang seringkali menjadi ceroboh dan pelupa. Akibatnya, beberapa tugas pun terbengkalai karena lupa dikerjakan. Untuk mengatasinya, ada lima cara mudah, seperti yang dikutip dari Prevention International. Simak di sini.1. Pastikan Anda SarapanDengan memakan makanan yang tepat saat sarapan, Anda dapat menjaga sel-sel otak agar tetap sehat. Selain itu, sarapan yang mengandung omega 3, protein, dan serat juga mencegah risiko pikun karena usia. Beberapa makanan yang bisa dipilih adalah, yogurt dengan buah-buahan atau sandwich berisi telur.2. Tidur Nyenyak & Berkualitas"Tidur telah diketahui memainkan peran penting dalam konsolidasi kemampuan persepsi," ujar Pearson. Sebuah penelitian menemukan, orang yang tidak tidur setelah melakukan pelatihan, gagal menunjukkan kemampuannya dalam tugas komputer. Oleh karena itu, tidurlah dengan cukup dan berkualitas jika Anda tak ingin menjadi pelupa.3. Sering BerolahragaSebuah tim penelitian dari University of Illinois' Beckman Institute, baru-baru ini menemukan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan serta mempertajam kecepatan berpikir dan volume aktual jaringan otak. Selain itu, berjalan kaki cepat [...]

Selain Kulit, Sinar UV Juga Berbahaya Bagi Mata & Perlu Dilindungi ‘Sunblock’

Selain Kulit, Sinar UV Juga Berbahaya Bagi Mata & Perlu Dilindungi ‘Sunblock’

Banyak orang yang peduli akan pentingnya perlindungan kulit terhadap bahaya paparan sinar matahari, dengan mengoleskan sunblock atau tabir surya. Namun tampaknya masih sedikit yang tahu kalau sinar UVA dan UVB tidak hanya bisa merusak kulit tapi bagian tubuh lainnya, yaitu mata.Para ahli kesehatan mengatakan, melindungi mata dari sinar matahari sama pentingnya dengan kulit. Seperti halnya kulit yang bisa mengalami sunburn (terbakar sinar matahari), mata juga bisa terkena hal yang sama, yang juga disebut eyeburn. Teriknya sinar matahari bisa membakar permukaan teratas pada mata dan menyebabkan gangguan mata yang serius. "Kita terpapar sinar matahari lebih banyak pada saat musim panas, ketika berada di ketinggian atau perairan yang terbuka. Salju dan air bisa memantulkan cahaya termasuk sinar matahari jadi paparannya lebih banyak dan berbahaya," ujar Raj Das-Bhaumik, seorang konsultan operasi plastik khusus mata di Moorfields Eye Hospital, London, seperti dikutip dari BBC.Raj menambahkan, efek yang timbul akibat paparan sinar matahari pada mata tidak langsung bisa dirasakan, seperti sunburn pada kulit. Tapi jika dibiarkan terus menerus terkena sinarnya tanpa perlindungan, akibatny [...]

Penis Bengkok, Normal?

Penis Bengkok, Normal?

Penis yang bengkok tentu menimbulkan kekhawatiran pada kaum pria. Normalnya, penis memang sedikit bengkok. Namun, ada keadaan yang membuat penis bengkok dengan derajat bervariasi baik ke atas-bawah, maupun kiri-kanan. Keadaan ini disebut dengan Peyronie?s Disease. Ketika penis mengalami ereksi. Namu demikian pertanyaannya, kenapa penis bisa bengkok? Kenapa Penis Bisa Bengkok? Pada penis dapat dirasakan adanya plak yang keras di bawah kulit sisi yang bengkok. Penyebab tersering keadaan ini adalah trauma pada penis. Beberapa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan keadaan ini. Namun, banyak juga yang tidak diketahui penyebabnya. Faktor risiko keadaan ini adalah genetik (keturunan) atau keadaan lain yang serupa (jaringan yang mengeras sehingga menybebkan bengkok) pada tangan atau kaki (kontraktur Dupuytren). Penyebab lain dapat berupa struktur pada uretra (riwayat trauma saluran kemih) atau hipospadia. Sebagian besar orang dengan penyakit Peyronie dapat terus melanjutkan aktivitas seksualnya walau terdapat penis yang bengkok. Namun, bila derajat bengkokan lebih besar, bisa terjadi gangguan dalam mencapai kepuasan seksual. Bila Anda mengalami hal ini, jangan [...]

Bahayakah Kosmetik Selama Kehamilan?

Bahayakah Kosmetik Selama Kehamilan?

Sudah sifat naluriah wanita untuk senantiasa berusaha tampil cantik dan menarik. Semua aspek diperhatikan, dari pemilihan pakaian, perawatan tubuh, hingga kepada penggunaan kosmetik. Namun situasinya menjadi berubah ketika wanita dihadapi masa kehamilan. Dimana perubahan fisik tubuh acapkali berkonsekuensi pada pengorbanan aspek kecantikan. Belum lagi ada beberapa pendapat mengenai serba-serbi penggunaan kosmetik selama kehamilan yang membuat khawatir ibu hamil. Berikut ini ada beberapa kiat kecantikan yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan, antara lain: Kiat Cantik di Masa Hamil: Berikut ini ada beberapa kiat kecantikan yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan, antara lain: Memutihkan gigi selama kehamilan? Boleh, Dok? Peroxide yaitu kandungan yang berada dalam pemutih gigi yang aman untuk orang dewasa, namun untuk kehamilan belum diketahui. Oleh karena itu produk pemutihan gigi sebaiknya dihindari. Namun pasta gigi yang disebutkan dapat memutihkan gigi masih boleh digunakan. Hairspray dan pewarna kuku: Bisa dipakai atau tidak, Dok? Dari proses penelitian sebelumnya, ditemukan Phthalates di dalam hairspray dan pewarna kuku. Sebuh keput [...]

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang dinanti-nantikan seluruh umat muslim di dunia. Mulai dari subuh hingga magrib, seluruh umat muslim menahan lapar dan haus sebagai ibadah kepada Yang Maha Kuasa. Puasa Ramadhan sendiri dapat memberikan dampak kesehatan yang sangat beragam. Namun, bahaya pun mengintai jika puasa tidak dilakukan dengan sehat dan benar. Terutama jika konsumsi makanan saat sahur dan berbukatidak diwaspadai. Beberapa manfaat berpuasa yang baik bagi kesehatan adalah: 1. Penurunan kadar kolesterol dalam darah. Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh. 2. Penurunan berat badan yang baik. Selain bermanfaat bagi kontrol tekanan darah dan kendali kadar gula darah bagi penderita diabetes, seiring dengan terbakarnya lemak tubuh maka akan terjadi juga penurunan berat badan yang akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh. 3. Proses detoksifikasi. Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun y [...]

Awas, Cat Kuku & Karpet Bisa Sebabkan Kanker

Awas, Cat Kuku & Karpet Bisa Sebabkan Kanker

Banyak hal yang bisa bantu tingkatkan risiko terkena kanker. Misalnya saja kebiasaan mengonsumsi makanan kalengan serta penggunaan beberapa peralatan rumah tangga. Seperti yang dikutip dari thirdage, berikut tujuh produk yang bisa sebabkan kanker.1. Makanan KalengCanned Foods Safety mengatakan bahwa Bisphenol A (BPA) terkandung dalam setiap makanan kemasan. BPA merupakan zat kimia yang berbahaya bayi dan anak-anak serta merugikan kelenjar prostat. Banyak negara yang telah melarang penggunaan BPA dalam botol bayi atau botol minuman.Tapi sayangnya banyak orang yang tak tahu bahwa BPA juga digunakan dalam kaleng. Studi terbaru menemukan bahwa ternyata paparan BPA diduga lebih banyak pada makanan yang dikemas dalam kaleng, seperti sarden, sup, cornet, buah kaleng, dan lainnya.2. Minuman KemasanSebuah penelitian mengejutkan diungkapkan oleh Environmental Working Group. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa lebih dari 10 merek air minum kemasan memiliki kualitas air yang tidak jauh berbeda dengan air keran, dan beberapa diantaranya malah lebih buruk. Rata-rata 10 merek air kemasan tersebut terkontaminasi oleh arsenik dan amonia.3. Cat KukuSama seperti bensin dan pengencer cat (thi [...]

7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat 45 juta penderita kebutaan di dunia dan sepertiganya berada di Asia Tenggara. Selain itu, diperkirakan 12 orang menjadi buta setiap menit. Sedangkan di Indonesia, diperkirakan ada satu orang menjadi buta tiap menitnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran menjaga kondisi mata.Mata yang kurang sehat akan membuat Anda mengalami sakit ringan seperti gangguan konsentrasi, sakit kepala, atau masalah penglihatan. Jangan biarkan hal ini terus-menerus terjadi karena akan memperburuk keadaan mata. Untuk itu, simak tujuh langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mata, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Diet yang SeimbangUntukdapatkan mata yang sehat, lakukanlah program penurunan berat badan dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan. Perbanyak memakan makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E karenadapat meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, ikan salmon juga memberikan efek yang baik untuk mata.2. Hindari Kebiasaan Hidup BurukHindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Para ahli mengatakan, merokok bisa menyebabkan katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), dan keru [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *