Perhatikan Apa Saja Pantangan Diabetes

Perhatikan-Apa-Saja-Pantangan-Diabetes-Alodokter.jpg

Seorang penderita diabetes harus memerhatikan bahan makanan sehari-harinya. Misalnya, lebih memilih beras merah daripada nasi putih. Sebab, nasi putih adalah salah satu makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes, memilih asupan makanan adalah sangat penting. Sebab, ada kelompok makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi, ada juga kelompok makanan lain yang sebaiknya dihindari. Dengan demikian, penderita diabetes dapat lebih mengontrol gula darah.

Apakah Diabetes Itu?

Diabetes adalah kelainan metabolisme di mana terdapat kenaikan kadar gula darah. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau sel-sel di dalam tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin. Padahal, insulin adalah hormon yang berperan penting dalam membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Gejala-gejala yang dapat terjadi pada penderita diabetes adalah mudah lelah, cepat lapar, cepat haus, buang air kecil lebih sering daripada biasanya, mulut kering, kulit gatal, dan penglihatan kabur. Pengaturan asupan makanan adalah salah satu penanganan pada penderita diabetes selain latihan jasmani dan pemberian obat-obatan.

Pantangan Diabetes yang Harus Diperhatikan

Bagi penderita diabetes, asupan makanan sangat berpengaruh. Inilah daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi pasien diabetes.

Karbohidrat

Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai tambahan tenaga, tapi hindari mengonsumsi karbohidrat berupa nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula tapi sedikit serat.

Sebaliknya, pilih beras merah, roti gandum, ubi jalar yang dipanggang, jagung atau makanan yang terbuat dari jagung.

Protein

Pantangan diabetes berikutnya adalah daging yang digoreng, kulit unggas, keju, ikan goreng, dan tahu goreng. Para penderita diabetes bisa mendapatkan protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.

Produk susu

Produk susu yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Tapi, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi produk susu, seperti susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.

Minuman dan buah-buahan

Buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat, tetapi memiliki kadar lemak yang rendah.

Penderita diabetes sebaiknya menghindari minuman kemasan rasa buah, minuman jus buah yang sudah dicampur gula, dan buah kalengan yang sudah ditambahkan sirup gula. Selai buah yang sudah ditambahkan gula juga sebaiknya dihindari. Sebagai alternatif, pilihlah buah-buahan yang segar, jus buah asli yang tidak ditambahkan pemanis apa pun, atau selai yang tidak mengandung gula.

Penderita diabetes juga sebaiknya menghindari minum teh manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman penambah stamina (energy drink). Selain air putih, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi teh tanpa gula, kopi dengan susu rendah lemak dan pengganti gula, dan minuman coklat panas tanpa pemanis.

Sayuran

Sayuran adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan. Pilihlah sayuran yang segar. Bisa dimakan mentah atau diolah dengan cara dikukus sebentar atau dipanggang.

Hindari mengonsumsi sayuran yang ditambah saus, keju, dan mentega. Selain itu, cobalah sisihkan sayuran kalengan yang sudah ditambahkan banyak garam dari menu sehari-hari. Jika penderita diabetes memiliki tekanan darah tinggi, hindari sayuran yang sudah dijadikan acar.

Bagaimana Jika Penderita Diabetes Tetap Mengonsumsi Makanan Pantangan?

Jika penderita diabetes tetap mengonsumsi makanan yang seharusnya dipantang, gula darah dapat mengalami lonjakan. Akibatnya, bisa terjadi berbagai komplikasi, misalnya meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular dan kerusakan saraf. Penyakit kardiovaskular yang dapat diderita antara lain serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah.

Kerusakan saraf dapat menimbulkan gejala kesemutan di ujung jari kaki, mati rasa, hingga nyeri. Rasa ini dapat menyebar hingga ke kaki bagian atas. Komplikasi ini terjadi karena kadar gula yang tinggi dapat melukai dinding kapiler (pembuluh darah kecil) yang berfungsi menyehatkan saraf, terutama di bagian kaki. Jika kerusakan saraf terjadi di bagian pencernaan, dapat menyebabkan diare dan sembelit. Disfungsi ereksi juga dapat terjadi pada pria akibat adanya persarafan yang rusak.

Asupan makanan sehat dapat membantu menjaga gula darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, apabila Anda mengidap diabetes, sebaiknya hindari makanan pantangan diabetes.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
20 Cara Menghargai Tubuh Sendiri

20 Cara Menghargai Tubuh Sendiri

Sumber : kompas.com Apakah Anda cukup puas dengan tubuh sendiri? Bila kurang puas, ikuti saran dari Margo Maine, Ph.D berikut ini: Tubuh Anda adalah ciptaan Tuhan yang luar biasa, mulailah untuk menghargainya. Buat daftar yang mencantumkan hal-hal yang dapat dilakukan tubuh Anda. Baca dan tambah terus daftar itu. Sadari apa yang bisa dilakukan tubuh Anda setiap hari. Ingatlah bahwa tubuh adalah instrumen kehidupan, bukan sekadar hiasan Buatlah daftar orang-orang yang Anda kagumi: orang yang banyak menyumbang hal positif dalam hidup Anda, di masyarakat dan di dunia. Perhatikan apakah penampilan fisik mereka tampak penting dalam menunjang kesuksesan dan pencapaiannya. Berjalanlah dengan kepala diangkat, didukung rasa percaya diri. Jangan biarkan berat badan atau postur tubuh menghalang i Anda menikmati kegiatan yang disukai. Pakailah baju yang nyaman, disukai dan terasa enak di tubuh. Hitung berkat yang Anda terima, bukan kemalangan-kemalangan. Pikirkan hal-hal lain yang bisa dicapai dengan waktu dan energi yang dihabiskan untuk mengkhawatirkan badan dan penampilan. Jadilah sahabat serta pendukung, bukan musuh bagi tubuh sendiri. Pikirkan bahwa kulit Anda ber [...]

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena di daerah anus. (Baca: Menikmati Hidup Bebas Wasir) Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu. Ingin duduk, salah. Berdiri pun salah. Nah, sebelum bertambah parah, sebaiknya Anda kenali dulu gejala-gejala wasir: Terjadi pendarahan saat buang air besar/kecil Darah berwarna merah muda menetes dari lubang anus Ada benjolan di anus saat BAB Rasa gatal di sekeliling anus Sebenarnya, hampir semua orang pernah kena wasir. Nah supaya tak kena kedua kalinya, beberapa adalah penyebabnya: Faktor genetika Sembelit atau Diare Hipertensi Obesitas Kehamilan Kurang makanan tinggi serat Kurang minum air putih Kini Anda sudah mengetahui gejala dan penyebab kondisi wasir, tidak akan sulit untuk melakukan pencegahannya, bukan? di laman website kami.[](HM/DA) Baca juga: Menikmati Hidup Bebas Wasir Pertolongan Pertama Ketika Wasir Datang [...]

Hilangkan Stres, Mewarnai Buku Gambar Jadi Tren di Kalangan Wanita Dewasa

Hilangkan Stres, Mewarnai Buku Gambar Jadi Tren di Kalangan Wanita Dewasa

Mewarnai buku bergambar biasanya dilakukan dan menjadi tugas sekolah anak-anak. Tapi kini muncul tren, tidak hanya anak-anak yang suka mewarnai buku gambar tapi juga orang dewasa khususnya wanita.Buku-buku gambar khusus orang dewasa pun laris manis. Di situs belanja Amazon misalnya, berada di deretan produk paling banyak dibeli dan menjadi populer di Inggris juga Prancis.'The Secret Garden', buku menggambar karya ilustrator Johanna Basford bisa dibilang menjadi pionir munculnya tren mewarnai di kalangan orang dewasa ini. Sejak diluncurkan pada 2013, The Secret Garden telah terjual lebih dari 1,4 juta kopi dan berada di urutan ketujuh sebagai buku terlaris di Amazon.Buku bertitel 'Adult Coloring Book; Stress Relieving Patterns' juga terbilang laris manis dan berada di urutan keempat sebagai buku terlaris. Peran media sosial pun semakin memopulerkan tren ini.Ada sekitar 66 ribuan postingan di Instagram dengan hashtag #colouringbook, yang kebanyakan menampilkan foto hasil karya mereka mewarnai gambar-gambar di buku tersebut. Buku menggambar khusus orang dewasa ini sebenarnya tak berbeda dengan buku gambar anak-anak.Esensi utamanya adalah memberi warna pada ilustrasi gambar hitam-pu [...]

Tips Mencegah Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam

Tips Mencegah Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam

Risiko yang ditimbulkan oleh pekerjaan shift malam perlu perhatian lebih. Tidak mungkin bila tidak ada pekerja yang bekerja shift malam. Bayangkan saja jika Anda malam hari sakit atau kecelakaan namun tidak ada dokter, perawat dan polisi yang bertugas? Tentu akan menjadi masalah besar. Meskipun bekerja dengan jadwal shift merupakan faktor risiko bagi beberapa penyakit, namun hal tersebut hanyalah satu dari beberapa penyebab. Bila Anda memiliki tubuh yang sehat dan prima sejak awal, maka risiko yang Anda miliki akan lebih rendah. (Baca: Gangguan Kesehatan Pada Pekerja Shift Malam) Bekerja dengan jam kerja yang berlawanan dengan siklus tidur alami akan menyebabkan gangguan tidur dan juga kelelahan kronis, yang nantinya dapat berkontribusi menyebabkan gangguan mood, menurunkan refleks dan kemampuan kognitif serta membuat seseorang lebih rentan terkenan penyakit. Tentu saja hal tersebut tak serta merta membuat Anda yang bekerja shift malam memutuskan untuk berhenti. Karena tidak perlu khawatir, bila Anda bekerja dengan jadwal shift, ada beberapa hal yang dapat Anda ikuti untuk terhindar dari gangguan kesehatan: Ada beberapa hal yang dapat Anda ikuti untuk terhindar [...]

Pembalut Herbal Bisa Cegah Kanker Serviks?

Pembalut Herbal Bisa Cegah Kanker Serviks?

Wanita pada umumnya selalu memakai pembalut dengan merek yang sama saat sedang haid karena merasa nyaman dengan brand tersebut. Seiring berkembangnya teknologi dan medis pilihan pembalut kini tidak hanya nyaman tapi sehat. Bahkan kabarnya ada pembalut yang bisa mencegah kanker, benarkah?Menurut dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), jika ada pembalut seperti itu berarti kandungan di dalamnya berasal dari bahan-bahan alami atau herbal. Herbal memang baik untuk kesehatan tapi tidak bisa dikatakan ampuh mencegah kanker serviks."Herbal sangat higienis, tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan kimiawi. Saya kira masuk akal saja tapi nggak harus pakai juga artinya dia lebih sedikit terkontaminasi dengan bahan kimia lainnya, tapi kalau dibilang dia mencegah nggak juga," papar dokter Frits kepada wolipop, Rabu (1/5/2013).Dokter yang juga menjabat sebagai Kasubdin Pelayanan Kesehatan Mabes TNI AU itu menambahkan, semua pembalut fungsinya sama. Hanya saja perlu diperhatikan izin dan daftar konsumennya untuk mengetahui aman tidaknya merek tersebut. Jangan lupa memperhatikan kemasan pembalut itu sendiri, sudah rusak atau belum.Pria lulusan Fakultas Kedokteran Un [...]

4 Penyebab Perut Terasa Sakit Saat Menstruasi

4 Penyebab Perut Terasa Sakit Saat Menstruasi

Saat haid seringkali wanita merasakan nyeri di sekitar perut. Hal tersebut sebenarnya normal, namun jika Anda merasakan sakit yang berlebihan hingga sulit beraktivitas, sebaiknya Anda mulai curiga. Mungkin saja Anda memiliki masalah menstruasi yang tidak normal. Ini beberapa faktor penyebab sakit saat menstruasi, seperti dikutip dari Refinery 29. 1. KramHampir semua wanita mengalami kram pada perut saat menstruasi dan biasanya muncul sesaat sebelum atau hari pertama haid. Kram biasanya berlangsung satu hingga tiga hari, penyebabnya karena kontraksi pada rahim. Jika kontraksi pada rahim terlalu intens, bisa mendorong pembuluh darah akibatnya suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan timbullah rasa kram yang mengganggu."Wanita muda yang baru datang bulan mungkin akan lebih sensitif merasakan kram perut, sebab rahim mereka lebih kecil dibandingkan wanita usia dewasa yang mungkin pernah hamil sebelumnya," ujar dr. Vanessa Cullins, vice president external medical affairs di Planned Parenthood Federation of America, seperti dikutip dari Refinery 29.Dr. Cullins menyarankan untuk mengurangi kram perut dengan mandi air hangat, mengompres perut dengan kantung air panas dan istir [...]

Sikap Orangtua Terhadap Pelecehan Seksual pada Anak

Sikap Orangtua Terhadap Pelecehan Seksual pada Anak

Pelecehan seksual pada anak adalah kejahatan. Seiring kita berusaha untuk mencegah hal ini untuk terjadi, dalam kehidupan nyata, seringkali hal-hal yang tidak diinginkan tetap terjadi. Berdasar data dari National?s Children Advocacy Center di Amerika Serikat, pelecehan seksual pada anak terjadi 75 kali lebih banyak dari pada kanker pada anak. Berdasarkan data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia, pada tahun 2013 saja, terdapat 925 kasus pelecehan seksual anak yang dilaporkan. Bukan jumlah yang sedikit. Bagaimana orangtua harus bersikap jika menghadapi pelecehan seksual pada anak? Sikap Orangtua Terhadap Pelecehan Seksual pada Anak Pelecehan seksual pada anak adalah kejahatan. Seiring kita berusaha untuk mencegah hal ini untuk terjadi, dalam kehidupan nyata, seringkali hal-hal yang tidak diinginkan tetap terjadi. Berdasar data dari National?s Children Advocacy Center di Amerika Serikat, pelecehan seksual pada anak terjadi 75 kali lebih banyak dari pada kanker pada anak. Berdasarkan data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia, pada tahun 2013 saja, terdapat 925 kasus pelecehan seksual anak yang dilaporkan. Bukan jumlah yang sedikit. Bagaimana orangtua har [...]

Ternyata Ada Risiko Kontrasepsi Tubektomi bagi Wanita

Ternyata Ada Risiko Kontrasepsi Tubektomi bagi Wanita

Salah satu metode kontrasepsi permanen bagi wanita yaitu tubektomi. Sebelum memutuskan untuk menjalaninya ketahui dulu risiko-risikonya. Tubektomi atau ligasi tuba dilakukan dengan memotong atau menutup tuba falopi sehingga sel telur tidak masuk ke rahim, sekaligus menghalangi sperma ke tuba falopi. Proses tubektomi dapat dilakukan kapan saja, termasuk yang dilakukan setelah persalinan normal ataupun caesar. Relatif Aman Tubektomi digolongkan sebagai prosedur yang aman dengan risiko komplikasi kurang dari 1 persen. Meski demikian, sebagaimana prosedur operasi, tetap ada risiko ketika dilakukan anastesi. Selain itu, terdapat pula risiko pendarahan atau infeksi saat dilakukan tindakan tubektomi. Risiko lain dari prosedur tubektomi yaitu kerusakan usus, kantung kemih, dan pembuluh darah utama. Nyeri pada panggul atau perut yang berkelanjutan juga dapat terjadi. Penutupan tuba falopi yang tidak sempurna pada saat tubektomi dapat menyebabkan kehamilan yang berisiko menjadi kehamilan ektopik. Hal ini tergolong berbahaya dan harus segera mendapat penanganan. Beberapa kondisi meningkatkan risiko komplikasi tubektomi, seperti : Pernah menjalani operasi panggul atau perut sebelumnya. Obesi [...]

Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Mata berkantung membuat tampilan wajah tampak lesu dan mengantuk, seperti baru bangun tidur. Kantung mata umumnya merupakan gangguan kesehatan ringan pada mata dan biasanya bisa hilang sendiri atau dengan perawatan alami.Meskipun bukan kondisi kesehatan yang serius, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dan cara menghilangkan kantung mata. Ini tipsnya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. MenangisMenangis adalah penyebab paling umum terbentuknya kantung di bawah mata dan sekitarnya karena penumpukan cairan di kelenjar kecil area kelopak mata. Kantung mata ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, atau bisa dikompres air dingin agar lebih cepat kempis.2. Pilek, Flu fan Infeksi SinusPilek, flu, atau gangguan kesehatan lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan juga bisa menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata. Akibatnya, timbullah kantung mata yang mengganggu penampilan.3. Kurang Tidur dan KelelahanTidak mendapat tidur berkualitas yang cukup dan terlalu lama bekerja di depan komputer bisa menyebabkan kelelahan. Lelah akan memicu terjadinya tekanan pada mata sehingga membuat bagian bawah mata sedikit bengkak, seperti berkantung.4. Pola DietTerlalu banyak mengasup yodium y [...]

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Sel-sel kulit telah dikonversi langsung ke dalam sel yang berkembang menjadi komponen utama dari otak, oleh para peneliti mempelajari tikus di California. Percobaan, yang dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, melewatkan tahap sel induk dalam prosesnya. Para peneliti mengatakan mereka senang dengan pengobatan medis yang potensial ini. Akan tetapi, tes lebih jauh diperlukan sebelum teknik tersebut dapat digunakan pada kulit manusia. Sel induk, yang dapat menjadi semua jenis spesialis sel lainnya dari otak ke tulang, yang diperkirakan memiliki harapan besar dalam berbagai perawatan. Banyak percobaan yang sudah dilakukan, seperti pada pasien stroke atau bentuk-bentuk kebutaan khusus. Salah satu pertanyaan besar untuk merealisasikan percobaan ini di lapangan adalah dimana caranya untuk mendapatkan sel-sel tersebut. Ada keprihatinan etis di sekitar sel induk embrionik dan pasien akan perlu untuk mengambil obat imunosupresan karena setiap jaringan sel induk tidak akan saling cocok dengan sendirinya. Sebuah metode alternatif adalah dengan mengambil sel-sel kulit dan memprogram ulang mereka ke dalam sel batang yang diinduksi. Ini bisa dibuat dari sel pasien sendi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *