Perhatikan Hal-hal Berikut Jika Anda Mengalami Pelecehan Seksual

perhatikan-hal-hal-berikut-jika-anda-mengalami-pelecehan-seksual-alodokter.jpg

Mengalami pelecehan seksual merupakan sebuah mimpi buruk bagi semua orang. Karena alasan malu dan takut disalahkan, akhirnya korban memilih diam dan menyimpan tragedi memilukan tersebut seorang diri. Padahal penting untuk mendapat bala bantuan jika Anda mengalami pelecehan seksual.

Pelecehan seksual adalah sebuah aktivitas seks yang dilakukan secara paksa. Aktivitas ini bisa berupa pemerkosaan, seks oral, seks anal, mencium, dan meraba-raba tubuh.

Korban pelecehan seksual mungkin akan mengalami luka fisik dan batin usai kejadian memilukan ini seperti:

  • Terkena penyakit menular seksual.
  • Kehamilan yang tidak diinginkan.
  • Peradangan vagina atau vaginitis.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Nyeri panggul kronis.
  • Vaginismus.
  • Gangguan hasrat untuk kontak seksual.
  • Infeksi pada vagina atau anus.
  • Sering menangis.
  • Mengalami gangguan tidur.
  • Depresi.
  • Bunuh diri.

Agar terhindar dari hal-hal di atas, segera bertindak dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini:

Ceritakan kepada orang terdekat. Di saat seperti ini, Anda tidak bisa menanggung semua beban seorang diri. Ceritakan dan lepaskan semua keluh-kesah Anda kepada orang-orang terdekat, baik keluarga atau sahabat.

Memeriksakan kesehatan. Anda tidak tahu seperti apa kondisi kesehatan pelaku. Bisa saja dia mengidap penyakit berbahaya yang dapat ditularkan kepada Anda. Oleh karena itu, segera kunjungi rumah sakit untuk memeriksakan diri.

Anda disarankan untuk mengecek apakah Anda tertular penyakit menular seksual dan mendapat perawatan berkaitan dengan kondisi tersebut. Lakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala agar kondisi tersebut tidak berkembang.

Anda juga akan dites untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Kebanyakan wanita diberikan pil kontrasepsi yang dapat menurunkan risiko Anda untuk hamil. Tes HIV rutin yang dilakukan setiap tiga hingga enam bulan juga akan Anda jalani.

Ikuti konseling. Usai mengalami pelecehan seksual, Anda disarankan mendapatkan konseling guna menyembuhkan diri dari sisi kejiwaan Anda. Pelecehan seksual merupakan pengalaman yang bisa membuat seseorang mengalami trauma.

Melaporkan kejadian pada pihak berwenang. Mungkin Anda malu atau takut jika ada banyak pihak yang mengetahui kondisi yang Anda alami. Namun, melaporkan kepada penegak hukum sangat disarankan guna memberi pelajaran pada pelaku dan kejadian ini tidak terulang pada orang lain.

Berikut hal yang perlu Anda lakukan ketika ingin melaporkan kejadian pelecahan seksual kepada polisi:

  • Segera lakukan pemeriksaan forensik.
  • Siapkan semua barang bukti, seperti pakaian atau kain sprei. Disarankan untuk tidak mencuci benda tersebut setelah kejadian. Jika Anda menemukan barang-barang milik pelaku yang tertinggal, Anda bisa menyimpannya sebagai barang bukti.
  • Ceritakan segala hal yang terjadi saat pelecehan seksual dilakukan seperti tempat, waktu, ciri-ciri pelaku (atau jika Anda kenal dengan pelakunya, Anda bisa menyebutkan namanya), dan apa saja yang dikatakan oleh pelaku.

Tidak mudah memang melupakan kejadian yang naas ini. Dan merupakan hal wajar jika Anda mengalami depresi berat usai mengalami pelecehan seksual. Tapi Anda tidak bisa terus-menerus hidup dalam kesedihan. Bangkit dan yakinlah tiap peristiwa pasti ada hikmahnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Bahayanya Jika Terlalu Banyak Tidur

Ini Bahayanya Jika Terlalu Banyak Tidur

Tidur cukup yang berkualitas adalah salah satu kunci hidup sehat. Orang dewasa dianjurkan tidur minimal tujuh jam di malam hari, sementara balita dan anak-anak bisa lebih lama sekitar 10 hingga 12 jam. Kurang tidur bisa menimbulkan berbagai penyakit mulai dari hipertensi, obesitas hingga penyakit jantung, namun terlalu banyak tidur juga tidak berdampak baik bagi kesehatan. Ini sejumlah kerugian jika Anda terlalu lama berbaring di kasur, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Meningkatkan Risiko DepresiDalam hasil studi yang dilakukan di 2014, peneliti menemukan bahwa durasi tidur yang terlalu lama bisa meningkatkan risiko depresi. Orang dewasa yang tidur antara tujuh hingga sembilan jam hanya memiliki risiko menderita depresi 27 persen, sementara responden yang tidur hingga sembilan jam atau lebih risiko lebih besar hingga 49 persen. 2. Bisa Merusak OtakSebuah studi di 2012 mengungkapkan, tidur kurang atau terlalu lama bisa memperparah dan mempercepat kerusakan fungsi otak. Kondisi ini bisa lebih parah dialami wanita paruh baya. Wanita yang tidur lebih dari sembilan jam setiap malamnya (atau kurang dari lima jam) menunjukkan adanya perubahan pada otak, yaitu menua lebih cepat h [...]

Hati-hati, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Ngantuk di Siang Hari

Hati-hati, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Ngantuk di Siang Hari

Makanan adalah sumber energi, tapi beberapa di antaranya justru bisa menyerap energi dan membuat kita mengantuk. Cari tahu makanan apa saja yang membuat seseorang mengantuk. Dikutip dari Fitsugar, berikut ini makanan yang membuat Anda tidak bisa berhenti menguap.1. Makanan BerlemakTeorinya sederhana, lemak lebih susah dicerna. Organ pencernaan membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk mencernanya, oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kemungkinan Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang.2. Minuman BerenergiMinuman khusus seperti ini biasanya mangandung gula tinggi dan juga kafein. Beberapa lama setelah minum, gula darah kembali turun dan menyebabkan kehausan dan tenaga kosong. Lebih baik konsumsi air putih jika lain kali kehausan daripada minum minuman penambah energi tapi jadi malas dan mengantuk.3. Sarapan dengan Makanan ManisGula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakaran [...]

7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita. Kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada ananda buah hati Anda. Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda, umumnya melibatkan kombinasi pelembab dan steroid oles. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika. Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur. Hindari sabun dan shampoo yang keras. Sabun dapat membuat eksim bertambah parah. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo tan [...]

7 Manfaat Kesehatan Ketika Punya Anak

7 Manfaat Kesehatan Ketika Punya Anak

Kehadiran anak memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan menikah. Tak hanya membuat rumah ramai, memiliki anak ternyata juga memberikan manfaat kesehatan. Berikut tujuh manfaat yang didapat ketika Anda menjadi orangtua, seperti dilansir Foxnews.1. Turunkan Tekanan DarahSebuah studi terbaru yang dilakukan di Brigham Young University menemukan bahwa menjadi orangtua benar-benar dapat membantu menurunkan tekanan darah. Peneliti mempelajari 200 pria dan wanita menikah untuk memonitor tekanan darah selama 24 jam dan menemukan bahwa pasangan yang memiliki anak, secara signifikan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tanpa keturunan.2. Mental Lebih StabilAnggapan bahwa tingkah laku anak terkadang membuat orangtua menjadi 'gila', tampaknya tak selalu benar. Para peneliti di Taiwan?s Mental Health Foundation mengklaim bahwa anak-anak bisa membuat orangtua tetap stabil secara mental."Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki anak lebih bahagia, memiliki kepuasan yang lebih besar dan kesejahteraan emosional daripada yang tanpa anak," kata Tom Yang, peneliti utama studi tersebut.3. Aktif BergerakAnak-anak seringkali terlibat dalam jenis kegiatan akt [...]

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Kenapa wanita lebih mudah menangis daripada pria? Ternyata bukan karena sifat wanita yang cengeng, tapi anatomi tubuh dan faktor biologis yang membuatnya begitu. Masih ada beberapa fakta menarik lain tentang wanita yang belum tentu Anda tahu. Simak uraiannya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Indra Penciuman yang Lebih TajamTahukah Anda, wanita lebih mahir mendeteksi aroma dibandingkan pria? Peneliti indra penciuman Pamela Dalton, PhD, mengatakan bahwa wanita di usia produktif memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengenali aroma meskipun dalam konsentrasi yang paling kecil.Menurutnya, hal ini dikarenakan hormon estrogen yang biasanya lebih tinggi ketimbang remaja perempuan dan wanita usia paruh baya. Peneliti dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia ini juga menemukan kalau wanita bisa mengidentifikasi ketika seseorang --terutama kekasih mereka-- sedang stres hanya dengan mencium aroma pakaiannya.2. Wanita Lebih Merasakan Sakit Daripada PriaSebuah studi baru-baru ini menemukan, ketika pria dan wanita menderita gangguan penyakit yang sama --kanker, sakit punggung atau infeksi-- wanita lebih merasakan sakit yang signifikan. Para peneliti dari Stanford University [...]

Tiga Keping Cokelat Setiap Hari untuk Jaga Kesehatan Jantung

Tiga Keping Cokelat Setiap Hari untuk Jaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dari melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil, tapi ketika rutin dilakukan manfaatnya akan dirasakan dalam jangka panjang. Mulai dari berhenti merokok, rajin olahraga juga menghindari makanan tinggi lemak dan tinggi gula. Selain tiga hal tersebut, makan cokelat juga jadi kebiasaan yang baik bagi jantung.Telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat biji cokelat bagi kesehatan, terutama jantung. Associate Professor Davod Cameron-Smith mengatakan, beberapa produk yang terbuat dari cokelat memberi pengaruh positif yang cukup signifikan terhadap tekanan darah jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat. "Biji cokelat yang belum diproses kaya akan antioksidan yang disebut polifenol. Dalam beberapa jam setelah mengonsumsi cokelat, tekanan darah Anda bisa menurun dan berlangsung selama tiga hingga enam jam," tutur David, seperti dikutip dari ABC Australia.David juga menjelaskan, konsumsi cokelat untuk mendapatkan manfaat kesehatan tak perlu berlebihan. Dalam 50 gram dark chocolate atau bubuk cokelat berkualitas sudah mengandung cukup polifenol untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun yang menjadi masalah, kebanyakan produk cokelat yang dij [...]

Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Beberapa dekade terakhir oatmeal semakin popular untuk dijadikan bagian asupan sehari-hari. Hal ini bukan tanpa alasan, selain rasanya yang enak, oatmeal juga memiliki manfaat kesehatan yang sudah terbukti. Mari kita lihat apa saja manfaat kesehatan dari oatmeal. Apa itu oatmeal? Oatmeal adalah makanan yang diolah dari biji-bijian dan memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Sejarah oatmeal sudah tercatat cukup panjang, khususnya dari daratan Eropa. Oatmeal tercatat berkembang di daerah Skotlandia, dimana tanaman ini cocok tumbuh di daerah tersebut. Berbagai jenis makanan turunan oatmeal juga ditemukan di daerah tersebut. Apa saja manfaat oatmeal bagi kesehatan? Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Apa saja manfaat oatmeal bagi kesehatan? � Menurunkan kolesterol Oatmeal dapat menurunkan kolesterol dengan menurunkan absorpsi kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan absorbsi kolesterol ini. � Menurunkan risiko tekanan darah tinggi Konsumsi oatmeal secara teratur juga dapat mengurangi risiko seorang terkena tekanan darah tinggi. Penurunan kejadian tekanan darah [...]

Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami?

Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami?

Bukan hanya artis, masyarakat awam pun kini semakin banyak yang ingin memiliki gigi yang putih untuk membuat tampilan senyum lebih menarik. Gigi yang mengalami perubahan warna, disebut juga diskolorasi gigi, dapat dirawat dengan perawatan pemutihan gigi (dental bleaching). Perawatan ini umumnya dilakukan dengan menggunakan bahan kimia, seperti hidrogen peroksida. Bahan kimia yang digunakan pada prosedur dental bleaching ternyata dapat menyebabkan efek samping, di antaranya gigi menjadi sensitif dan iritasi pada gusi. Maka dari itu banyak penelitian yang mencoba mencari bahan alami sebagai alternatif bahan kimia pemutih gigi. Buah stroberi disebut-sebut sebagai salah satu cara alami yang dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Klik next untuk melanjutkan. Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami? Dari penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini mengungkapkan bahwa buah belimbing juga berpotensi untuk dijadikan bahan pemutih gigi. Belimbing yang digunakan dalam penelitian ini adalah belimbing wuluh atau disebut juga belimbing asam (Averrhoa bilimbi), yang banyak digunakan dalam berbagai masakan tradisional Indonesia. Buah ini mengandung asam oksalat dan peroksida, [...]

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Apakah Anda pernah atau sering merasakan pusing setelah makan? Mungkin Anda mengalami Postprandial Hypotension yaitu tekanan darah yang tiba-tiba rendah setelah makan. Hal ini terjadi pada sepertiga wanita dan pria di dunia. Apa yang terjadi dalam tubuh saat kita makan? Ketika kita makan, di dalam tubuh kita terjadi interaksi kerja antara berbagai sistem termasuk di antaranya adalah sistem pencernaan, sistem persarafan dan sistem peredaran darah (jantung dan pembuluh darah). Pada saat terjadi proses pencernaan, aliran darah difokuskan pada daerah lambung dan usus kecil. Agar mekanisme ini tidak mengganggu aliran darah ke otak, kaki dan bagian tubuh lainnya, jantung akan berdetak lebih cepat dan pembuluh darah di daerah saluran pencernaan akan mengecil. Pada beberapa orang, mekanisme ini tidak berjalan dengan baik sehingga tekanan darah menjadi rendah di bagian lain tubuh kecuali sistem pencernaan. Hal ini dapat menimbulkan keluhan: - Pusing - Gangguan penglihatan - Mual - Pingsan - Nyeri dada Dan bahkan pada kondisi yang cukup berat dapat menyebabkan terjadinya stroke kecil. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *