Perlukah Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil?

Perlukah-Konsumsi-Susu-Khusus-Ibu-Hamil.jpg

Gizi Anda selama kehamilan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Bahkan risiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung tergantung dari seberapa nutrisi yang Anda makan sehari-hari.

Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sekitar 300-400 kalori per hari. Mengonsumsi susu untuk ibu hamil diperlukan jika Anda tidak mampu mengonsumsi sumber nutrisi lain yang diperoleh dari makanan sehari-hari. Dalam kata lain, susu merupakan pelengkap nutrisi untuk ibu hamil.

Kandungan nutrisi susu untuk ibu hamil biasanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, apa saja kandungan nutrisi yang wajib ada pada susu untuk ibu hamil?

Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya:

Perlukah Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil?

  1. Kalsium

Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan konsumsi kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil juga dapat terhindar dari osteoporosis. Hal ini terjadi karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari kalsium pada ibunya.

Susu dan produk olahan lainnya merupakan sumber kalsium yang baik. Susu hamil juga dilengkapi dengan multivitamin yang penting untuk janin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin C.

Selain dari susu, sumber kalsium juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijau.

  1. Asam folat

Janin membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak untuk pembentukan sistem sarafnya. Kebutuhan asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari. Selain dari susu hamil, sumber asam folat lainnya berasal dari beras merah, sayuran hijau, dan buah-buahan.

  1. Protein

Protein merupakan zat pembangun, pembentukan darah, dan sel dalam tubuh. Protein yang dibutuhkan ibu hamil sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Selain dari susu hamil, sumber protein dapat diperoleh dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging, dan tahu.

  1. Zat besi

Zat besi berfungsi sebagai zat pembentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi risiko ibu hamil terkena anemia. Sumber zat besi bisa didapat dari hati, daging, ikan, dan sayuran. Zat besi yang diperlukan sebanyak 30-60 mg per harinya.

  1. Vitamin A

Vitamin A yang ada pada susu ibu hamil bermanfaat untuk memelihara fungsi mata, gigi, rambut, kuku, pertumbuhan tulang, serta kulit. Selain itu, vitamin A juga berfungsi sebagai imunitas dan pertumbuhan janin.

  1. Vitamin C

Vitamin C yang ada pada susu hamil akan membantu penyerapan zat besi. Fungsi vitamin C ini melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan karena banyak mengandung antioksidan.

  1. Vitamin D

Vitamin D dapat menyerap kalsium sehingga bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Selain dari susu, vitamin D bisa didapat juga dari kuning telur dan ikan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Cara Agar ASI Anda Berlimpah

Cara Agar ASI Anda Berlimpah

Anda merasa produksi ASI kurang? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Yang perlu Anda tanyakan, apakah benar produksi ASI tidak cukup ataukah ada hal-hal lain yang menghambat produksi ASI?Penyebab Kurangnya Produksi ASIPada dasarnya, seorang ibu akan dianugerahi dengan jumlah ASI yang cukup untuk bayinya, meski kebanyakan ibu merasa produksi ASI-nya kurang, terutama para ibu baru.Payudara ibu akan menyesuaikan produksinya dengan kebutuhan bayi. Di sinilah hukum demand dan supply berlaku. Semakin sering dan banyak ibu menyusui, akan semakin banyak pula produksi ASI ibu.Namun produksi ASI ini dapat berkurang sementara jika frekuensi menyusui berkurang. Hal ini dapat disebabkan oleh kelelahan, ibu sakit, puting lecet, atau perlekatan yang kurang benar dari bayi. Selain itu, beberapa obat juga dapat mengurangi produksi ASI.Pada sedikit wanita, produksi ASI yang kurang memang disebabkan oleh kelainan hormon tertentu seperti tiroid. Pada sebagian wanita dengan riwayat operasi payudara, produksi ASI juga dapat berkurang jika prosedur tersebut merusak kelenjar penghasil susu atau salurannya.Namun pada sebagian besar ibu yang mengalami problem dalam menyusui, pada umumnya masalah terlet [...]

4 Penyebab Flek Saat Kehamilan

4 Penyebab Flek Saat Kehamilan

Masa kehamilan merupakan waktu yang memerlukan perhatian khusus. Terdapat banyak gangguan selama proses kehamilan yang dapat mengancam nyawa sang bayi dan ibu. Flek selama kehamilan merupakan keluhan yang memerlukan pemeriksaan yang teliti. Apa saja berbagai kemungkinan penyebab flek selama kehamilan?Berikut ini beberapa potensi indikasi dari munculnya flek selama kehamilan:1. Ancaman keguguranFlek selama kehamilan dapat menjadi sebuah tanda adanya gangguan pada kandungan Anda. Bisa saja ini merupakan tanda akan terjadinya pengeluaran janin atau akrab disebut dengan istilah keguguran. Keguguran atau abortus merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan adanya perdarahan dan ancaman pengeluaran janin pada usia kehamilan muda. Keluhan lain yang dialami oleh pasien adalah adanya nyeri perut yang merupakan tanda kontraksi rahim.2. Kehamilan anggurKehamilan anggur atau mola hidatodisa merupakan pertumbuhan abnormal dari trofoblas. Trofoblas merupakan bagian normal yang ditakdirkan menjadi plasenta. Trofoblas dapat berkembang dan membelah terus menerus dalam jumlah yang berlebihan. Mola dapat mengandung janin (mola parsial) atau tidak terdapat janin di dalamnya (mola komplit). Pe [...]

Nutrisi Kehamilan

Nutrisi Kehamilan

Satu hal yang paling penting untuk mendukung keberhasilan kehamilan Anda adalah persiapan asupan nutrisi yang tepat untuk tubuh sang calon ibu. Karena dengan memberikan nutrisi yang tepat dan baik untuk tubuh sebelum kehamilan, maka akan memberi keuntungan kesehatan bukan hanya untuk anda, tapi juga untuk persiapan bayi yang sehat kelak. Kesehatan Anda sebelum kondisi hamil akan memberi pengaruh negatif atau positif terhadap tubuh anda. Untuk itu mempersiapkan tubuh anda sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik. Penting juga untuk mengetahui berat badan ideal bagi tubuh Anda dalam mempersiapkan kehamilan Anda. Karena apapun kondisi berat badan Anda; normal, tidak terlalu berat ataupun terlalu kurus akan berhubungan dengan situasi kehamilan yang sehat dan kesuburan yang terbaik. Nutrisi makanan yang baik dalam mempersiapkan kehamilan: Folic acid atau Folat. Merupakan zat vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan sereal. Dpat juga ditemukan pada buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Atau anda dapat mengkonsumsi dari vitamin tambahan anda sehari hari. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari. Cara makan yang sehat. Begitu [...]

Perubahan Kulit Ini Bisa Terjadi Selama Kehamilan

Perubahan Kulit Ini Bisa Terjadi Selama Kehamilan

Perubahan kulit selama masa kehamilan merupakan salah satu keluhan yang paling sering muncul dan meresahkan para wanita. Mengapa kondisi ini bisa terjadi?Kehamilan adalah kondisi yang kompleks dan melibatkan banyak sistem pada tubuh, antara lain sistem endokrin (hormonal), imunologis, metabolik, dan pembuluh darah. Setiap perubahan dalam sistem tersebut dapat memberikan dampak untuk kulit.Lebih dari 90% wanita hamil mengalami perubahan kulit selama masa kehamilan. Masalah kulit ini bisa berupa kelainan yang baru timbul saat hamil, maupun kelainan yang pernah diderita sebelum hamil namun kambuh dan memberat ketika hamil.Masalah kulit yang terjadi selama kehamilan dapat dibedakan atas dua macam. Pertama, masalah kulit karena perubahan fisiologis. Kedua, masalah kulit spesifik yang terjadi selama kehamilan.Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya. Perubahan Kulit Ini Bisa Terjadi Selama Kehamilan M [...]

Amankah Naik Pesawat Saat Hamil?

Amankah Naik Pesawat Saat Hamil?

Para ibu hamil sering mempertanyakan cara menjaga kehamilan, terutama pada trimester pertama. Ini berlaku untuk perjalanan dengan menggunakan pesawat. Mungkin banyak teman atau saudara Anda yang mewanti-wanti apabila Anda ingin bepergian lewat udara. Takut keguguran, takut mabuk udara, dan lain-lainnya masih menjadi alasan ketakutan yang dominan.Sebenarnya, apakah naik pesawat selama masa kehamilan dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin?Pada umumnya, perjalanan menggunakan pesawat terbilang aman bagi mereka yang memiliki catatan kehamilan yang sehat. Namun, janganlah lupa untuk tetap mengecek kesehatan Anda kepada dokter sebelum terbang.Apabila kehamilan Anda berisiko tinggi, mungkin Anda akan diberikan peringatan oleh dokter ? bahkan perjalanan Anda menggunakan jenis kendaraan apa pun akan dilarang, terutama setelah 36 minggu kehamilan.Berikut adalah lima hal yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin bepergian menggunakan pesawat selama masa kehamilan: Cek kebijakan pesawat mengenai perjalanan udara selama kehamilan, karena pedoman untuk wanita hamil bisa berbeda-beda untuk setiap tujuan. Pertimbangkan untuk memesan tempat duduk pada sisi lorong agar memudahkan Anda saat i [...]

4 Bahan Kimia yang Berbahaya Buat Ibu Hamil

4 Bahan Kimia yang Berbahaya Buat Ibu Hamil

Saat hamil tentunya banyak kegiatan atau rutinitas yang biasanya Anda lakukan menjadi pertimbangan sebelum dilakukan terutama jika kegiatan tersebut bersinggungan dengan bahan kimiawi. Bahan kimia tersebut dapat mengandung solvent.Solvent adalah zat kimia yang berguna untuk melarutkan atau mengencerkan zat kimia yang lain. Terkadang solvent ini dapat menimbulkan efek beracun (toksikasi) pada wanita hamil. Toksik adalah zat yang bila dapat memasuki tubuh dalam keadaan cukup dan secara konsisten dapat menyebabkan fungsi tubuh menjadi tidak normal.Solvent bisa masuk ke dalam tubuh dengan cara : Inhalasi. Dengan cara menghirup uap dan asap dari solvent Kulit. Solvent terpapar ke kulit dan kemudian di absorbsi oleh tubuh Digestive. Tanpa sengaja menelan solvent Berikut bahan kimiawi yang dapat perlu diperhatikan paparannya saat sedang hamil.: Cat Dinding Biasanya dengan datangnya anggota baru di kelua [...]

Penyebab Perdarahan Pada Kehamilan Muda

Penyebab Perdarahan Pada Kehamilan Muda

Proses kehamilan adalah waktu yang membawa banyak suka cita dalam keluarga. Proses kehamilan merupakan waktu dimana bayi berkembang. Tentunya bayangan memegang sesosok buah hati di dekapan selalu berada di pikiran sang ayah dan bunda.Namun, selama sembilan bulan proses mengandung juga memiliki berbagai risiko, salah satunya adalah perdarahan selama proses kehamilan Masa pada kehamilan dibagi menjadi 3 periode, menggunakan istilah trimester (3 bulan).Proses kehamilan yang paling rentan terhadap gangguan adalah trimester pertama kehamilan. Pada trimester awal (3 bulan pertama) seringkali muncul permasalahan dari kehamilan yang tidak normal. Permasalahan tersebut antara lain abortus, kehamilan ektopik, dan mola hidatidosa.Berikut penjelasannya satu persatu:1. AbortusAbortus atau yang akrab disebut dengan keguguran adalah suatu keadaan dimana janin terancam untuk mati dan keluar dari kandungan. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi sampai gangguan darah. Gejala awal yang umumnya diawali adalah nyeri perut yang disertai perdarahan pervaginam. Tidak semua kejadian abortus harus diakhiri. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai keadaan dimana janin masih dapat di [...]

Perawatan Gigi Ibu Hamil

Perawatan Gigi Ibu Hamil

Oleh: drg. Arni Maharani Kehamilan adalah suatu kondisi penuh keindahan yang diikuti oleh berbagai macam perubahan pada tubuh, tidak terkecuali pada rongga mulut. Perawatan serta tindakan medis yang meliputi kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil seyogyanya harus dilakukan, karena gangguan yang terjadi disekitarnya berdampak pada kesehatan ibu serta perkembangan janin. Berbagai macam kondisi yang terjadi pada ibu hamil menempatkan mereka pada risiko-risiko tertentu yang menyangkut kesehatan rongga mulut dan gigi. Perubahan hormon yang terjadi menyebabkan gusi menjadi bengkak dan mudah berdarah, hal ini merupakan keradangan gusi (gingivitis) yang apabila tidak ditanggulangi maka dikhawatirkan berdampak buruk. Semua jenis tindakan medis gigi yang tidak mendesak lebih baik ditunda sampai pada trimester 2 atau waktu sesudah melahirkan. Perawatan gigi dan mulut diklinik Dalam kondisi hamil pun Anda tetap harus kontrol kedokter gigi dan jangan tunggu sampai ada keluhan. Beritahukan kepada dokter gigi bahwa Anda sedang hamil, karena ini akan menjadi bahan pertimbangan dokter gigi dalam mengambil tindakan. Beritahukan semua jenis serta dosis obat dan vitamin yang sedang dikonsu [...]

Kenali Komplikasi yang Sering Menyertai Kehamilan

Kenali Komplikasi yang Sering Menyertai Kehamilan

Kehamilan merupakan anugerah bagi setiap wanita. Namun pada beberapa kondisi, kehamilan yang dialami seorang wanita bukanlah tanpa risiko. Beberapa kehamilan dapat mengalami gejala yang tidak wajar dan menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu, pemeriksaan kehamilan secara rutin sangatlah penting untuk memastikan kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Apa sajakah komplikasi dalam kehamilan itu?Kehamilan KembarKehamilan kembar dapat diartikan dengan seorang wanita hamil uang membawa lebih dari satu bayi (kembar, kembar tiga, kembar empat, dsb). Mengapa kehamilan kembar dianggap sebagai gejala hamil yang menimbulkan komplikasi? Sebab kehamilan kembar meningkatkan risiko persalinan prematur, diabetes gestasional, dan tekanan darah tinggi pada kehamilan.Pre-eklampsiaPre-eklampsia ditemukan pada sekitar 3-5% kehamilan pada negara berkembang. Pre-eklampsia merupakan salah satu penyebab utama kematian pada ibu hamil. Wanita dengan pre-eklampsia memiliki gejala hamil berupa tekanan darah yang tinggi dan salah satu gejala di bawah: Retensi cairan (bengkak) yang bisa ditemukan pada kaki atau tangan. Protein di urin. jumlah trombosit yang rendah (di bawah 100.000/ul). Penuru [...]

Serba-serbi Kehamilan Kembar

Serba-serbi Kehamilan Kembar

Sesorang yang mengalami kehamilan kembar seringkali tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik, namun juga dapat diperoleh dari fertilisasi secara in vitro. Ketika Anda terdiagnosa kehamilan kembar, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut:Bagaimana kehamilan kembar terbentuk?Kembar fraternal, yaitu salah satu jenis yang tersering, terjadi ketika dua sel telur yang berbeda dibuahi oleh dua sperma yang berbeda. Masing-masing janin memiliki plasenta dan kantung amnion sendiri. Secara genetis, mereka tak ubahnya bagai saudara kandung saja.Sedangkan kembar identik terjadi ketika satu sel telur yang telah dibuahi terpisah dan berkembang menjadi 2 janin yang berbeda. Kembar identik mungkin berbagi plasenta yang sama namun kantung amnionnya berbeda. Secara genetis, kedua bayi tersebut identik. Sedangkan pada kehamilan kembar 3 atau lebih dapat berupa kembar fraternal, identik atau kombinasi keduanya.Jika mengalami kehamilan kembar, apa yang harus saya lakukan? Simak halaman berikutnya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *