Perlukah Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil?

Perlukah-Konsumsi-Susu-Khusus-Ibu-Hamil.jpg

Gizi Anda selama kehamilan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Bahkan risiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung tergantung dari seberapa nutrisi yang Anda makan sehari-hari.

Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sekitar 300-400 kalori per hari. Mengonsumsi susu untuk ibu hamil diperlukan jika Anda tidak mampu mengonsumsi sumber nutrisi lain yang diperoleh dari makanan sehari-hari. Dalam kata lain, susu merupakan pelengkap nutrisi untuk ibu hamil.

Kandungan nutrisi susu untuk ibu hamil biasanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, apa saja kandungan nutrisi yang wajib ada pada susu untuk ibu hamil?

Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya:

Perlukah Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil?

  1. Kalsium

Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan konsumsi kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil juga dapat terhindar dari osteoporosis. Hal ini terjadi karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari kalsium pada ibunya.

Susu dan produk olahan lainnya merupakan sumber kalsium yang baik. Susu hamil juga dilengkapi dengan multivitamin yang penting untuk janin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin C.

Selain dari susu, sumber kalsium juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijau.

  1. Asam folat

Janin membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak untuk pembentukan sistem sarafnya. Kebutuhan asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari. Selain dari susu hamil, sumber asam folat lainnya berasal dari beras merah, sayuran hijau, dan buah-buahan.

  1. Protein

Protein merupakan zat pembangun, pembentukan darah, dan sel dalam tubuh. Protein yang dibutuhkan ibu hamil sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Selain dari susu hamil, sumber protein dapat diperoleh dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging, dan tahu.

  1. Zat besi

Zat besi berfungsi sebagai zat pembentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi risiko ibu hamil terkena anemia. Sumber zat besi bisa didapat dari hati, daging, ikan, dan sayuran. Zat besi yang diperlukan sebanyak 30-60 mg per harinya.

  1. Vitamin A

Vitamin A yang ada pada susu ibu hamil bermanfaat untuk memelihara fungsi mata, gigi, rambut, kuku, pertumbuhan tulang, serta kulit. Selain itu, vitamin A juga berfungsi sebagai imunitas dan pertumbuhan janin.

  1. Vitamin C

Vitamin C yang ada pada susu hamil akan membantu penyerapan zat besi. Fungsi vitamin C ini melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan karena banyak mengandung antioksidan.

  1. Vitamin D

Vitamin D dapat menyerap kalsium sehingga bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Selain dari susu, vitamin D bisa didapat juga dari kuning telur dan ikan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jenis-jenis Aborsi

Jenis-jenis Aborsi

Jenis-jenis aborsi lainnya terdiri atas : Missed Abortion Abortus Terapeutik Abortus Septik Abortus Berulang Missed abortion Pada kasus missed abortion, kematian janin terjadi tanpa adanya pengeluaran dari hasil konsepsi. Alasan mengapa janin yang meninggal tidak keluar masih belum jelas. Biasanya didahului dengan tanda dan gejala abortus imminens yang kemudian menghilang spontan atau menghilang setelah pengobatan. Tes kehamilan menjadi negatif, tanda-tanda kehamilan tidak ada, dan denyut jantung janin tidak dapat terdeteksi. Abortus terapeutik Abortus yang dilakukan pada usia kehamilan kurang dari 12 minggu atas pertimbangan kesehatan wanita, dimana apabila kehamilan itu dilanjutkan akan membahayakan dirinya. Misalnya pada wanita dengan kelainan jantung. Dapat juga dilakukan atas pertimbangan kelainan janin yang berat. Abortus septik Abortus spontan dapat diikuti dengan komplikasi infeksi. Infeksi dapat terjadi akibat tindakan abortus yang tidak sesuai dengan prosedur (misalnya oleh dukun). Infeksi yang terjadi pada umumnya endometritis, yang bisa berkembang menjadi parametritis dan peritonitis. Abortus berulang Abortus berulang adalah abortus y [...]

Pentingnya Imunisasi untuk Ibu Hamil

Pentingnya Imunisasi untuk Ibu Hamil

Imunisasi merupakan bentuk usaha pencegahan untuk mengurangi angka kesakitan dan angka kematian yang diakibatkan penyakit infeksi. Mungkin beberapa dari Anda masih bingung dengan istilah vaksinasi dan imunisasi.Imunisasi merupakan istilah yang lebih umum untuk proses kekebalan tubuh, sedangkan vaksinasi adalah proses imunisasi yang khusus menggunakan vaksin saja. Artinya vaksinasi adalah bagian dari imunisasi sedangkan imunisasi belum tentu merupakan vaksinasi.Pertanyaannya, apakah aman pemberian imunisasi selama masa kehamilan?Pemberian imunisasi selama masa kehamilan terbilang aman, bahkan sangat dianjurkan karena tidak hanya melindungi ibu dari berbagai macam penyakit tetapi juga bermanfaat untuk janin.Berikut adalah jenis-jenis imunisasi yang bisa diberikan selama masa kehamilan, selengkapnya pada halaman selanjutnya: Pentingnya Imunisasi untuk Ibu Hamil Berikut adalah jenis-jenis imunisasi yang [...]

Persiapan Kehamilan

Persiapan Kehamilan

Dengan mengetahui masa subur, tentu akan bermanfaat bagi pasangan yang bermasalah dalam mendapatkan keturunan, yaitu dengan cara: Menilai kejadian dan waktu terjadinya ovulasi Memprediksikan hari-hari subur yang maksimum Mengoptimalkan waktu untuk melakukan hubungan intim untuk mendapatkan kehamilan Membantu mengindentifikasi sebagian masalah infertilitas Pada pasangan yang normal, kehamilan mungkin terjadi pada setiap waktu pada masa subur tetapi hubungan intim paling mungkin akan menghasilkan kehamilan pada hari-hari di mana terdapat lendir serviks dengan kesuburan tinggi, terdapat sensasi basah atau licin pada vulva, dengan lendir serviks yang transparan dan elastis. Jumlah lendir subur paling banyak terjadi pada satu atau dua hari sebelum hari puncak dan merupakan waktu dengan tingkat kesuburan yang tinggi. Hari puncak hari terakhir ketika lendir yang subur ada sering bersamaan dengan waktu ovulasi. Pergeseran suhu menyakinkan bahwa ovulasi sedang terjadi. Pada waktu tingkat kesuburan maksimum, serviks tinggi, pendek, lurus, lembek, dan terbuka dan mengalirkan lendir yang subur.Hitunglah Masa Subur Selain perubahan fisik, masa subur ini dapat dihitung di atas kert [...]

8 Kuman yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil dan Janin

8 Kuman yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil dan Janin

Kondisi kesehatan sangat penting dijaga oleh seorang wanita saat hamil. Pada trimester pertama kehamilan, yaitu usia 0-13 minggu kehamilan merupakan periode yang paling penting untuk perkembangan bayi. Selama periode ini terjadi pembentukan organ-organ bayi seperti jantung, otak, saluran pernapasan, saluran pencernaan, anggota gerak, dan sebagainya. Adanya infeksi yang menyerang seorang wanita hamil pada trimester awal ini merupakan hal yang serius untuk ditangani. Apa sajakah kuman yang berbahaya menyerang ketika hamil? Berikut selengkapnya:1. ToxoplasmaToxoplasma merupakan parasit yang sangat berbahaya apabila menyerang ibu hamil terlebih pada trimester pertama. Toxoplasma gondii memasuki tubuh manusia melalui beberapa cara, pertama melalui konsumsi daging yang tidak matang dan mengandung kista toxoplasma. Kedua melalui konsumsi air atau sayuran yang mengandung ookista parasit. Ookista parasit biasanya dijumpai di kotoran kucing. Infeksi toxoplasma pada trimester pertama dapat menyebabkan kelainan saraf dan kebutaan pada anak.Apa kuman lainnya yang membawa risiko pada ibu hamil dan janin? Halaman berikut penjelasannya. [...]

Benarkah Posisi Seks Tertentu  Bisa Mempercepat Kehamilan?

Benarkah Posisi Seks Tertentu Bisa Mempercepat Kehamilan?

Banyak pasangan suami-istri yang mencoba berbagai posisi saat melakukan hubungan seksual, demi lekas mendapatkan keturunan. Selain itu, ada yang beranggapan bahwa seorang wanita harus orgasme agar cepat hamil. Bagaimana hal ini jika dilihat dari sisi medis?Posisi misionaris (laki-laki di atas) dan doggy style (wanita dan laki-laki berlutut kemudian penetrasi dilakukan dari belakang) dianggap sebagai dua posisi terbaik apabila Anda ingin cepat hamil. Kedua posisi tersebut diduga memudahkan perjalanan sperma dalam memasuki rahim untuk mencapai sel telur. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan kaitan antara posisi berhubungan seksual dengan terjadinya kehamilan atau dapat membuat wanita cepat hamil.Bukti sahih yang ada hanya menjelaskan posisi anatomis penis dan rahim pada posisi misionaris dan doggy style. Penelitian yang dilakukan oleh Schultz dkk. dan Faix dkk. mengatakan, pada posisi misionaris dan doggy style ujung penis berhasil mencapai ke dekat leher rahim. Dua penelitian tersebut juga meninjau posisi anatomis hubungan seksual dengan menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada posisi misionaris, posisi ujung penis [...]

Terlalu Lama di Gym Akan Mengurangi Kesuburan Wanita

Terlalu Lama di Gym Akan Mengurangi Kesuburan Wanita

Oleh : dr. Tri Rejeki Herdiana Sebuah penelitian mepublikasikan hasil yang diperoleh bahwa terlalu lama berada di gymnastium / tempat fitness dapat mengurangi kesuburan seorang wanita. Peneliti tersebut mengatakan bahwa wanita yang berolahraga terlalu keras akan meningkatkan kemungkinan sampai 3 kali untuk mengalami gangguan kesuburan. gettyimages Sementara itu, para peneliti setuju bahwa latihan fisik atau olahraga memang memiliki keuntungan kesehatan dan juga dipercaya bahwa tubuh yang berenergi akan meningkatkan kemungkinan kehamilan. Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Norwegian jurusan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan menggunakan subjek 3000 orang wanita. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa atlit wanita memiliki masalah kesuburan. Selain mereka, para wanita yang berolahraga terlalu keras atau hampir mencapai limit maksimal juga memiliki masalah yang sama. Melalui survei, para wanita diminta untuk menuliskan mengenai frekuensi, durasi, dan intensitas mengenai aktivitas fitness yang mereka lakukan antara tahun 1984-1986. Melalui follow-up 10 tahun kemudian, mereka ditanyakan mengenai ke [...]

Perubahan Kulit Ini Bisa Terjadi Selama Kehamilan

Perubahan Kulit Ini Bisa Terjadi Selama Kehamilan

Perubahan kulit selama masa kehamilan merupakan salah satu keluhan yang paling sering muncul dan meresahkan para wanita. Mengapa kondisi ini bisa terjadi?Kehamilan adalah kondisi yang kompleks dan melibatkan banyak sistem pada tubuh, antara lain sistem endokrin (hormonal), imunologis, metabolik, dan pembuluh darah. Setiap perubahan dalam sistem tersebut dapat memberikan dampak untuk kulit.Lebih dari 90% wanita hamil mengalami perubahan kulit selama masa kehamilan. Masalah kulit ini bisa berupa kelainan yang baru timbul saat hamil, maupun kelainan yang pernah diderita sebelum hamil namun kambuh dan memberat ketika hamil.Masalah kulit yang terjadi selama kehamilan dapat dibedakan atas dua macam. Pertama, masalah kulit karena perubahan fisiologis. Kedua, masalah kulit spesifik yang terjadi selama kehamilan.Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya. Perubahan Kulit Ini Bisa Terjadi Selama Kehamilan M [...]

Spiral: Cara Jitu Menghindari Kehamilan

Spiral: Cara Jitu Menghindari Kehamilan

Perencanaan keluarga merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah rumah tangga. Bagi seorang wanita, usia 20 hingga 35 tahun merupakan waktu yang tepat untuk hamil dan melahirkan karena memiliki risiko paling rendah bagi ibu dan janin yang dikandung. Setelah melahirkan, jarak terbaik antar melahirkan dengan hamil berikutnya adalah 2 hingga 4 tahun.Hal ini bertujuan agar dapat menurunkan risiko pada kehamilan dan persalinan berkutnya serta merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan kasih sayang dan perhatian orangtua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.Saat ini banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk mencegah atau merenggangkan kehamilan. Salah satu metode yang dikenal cukup efektif adalah metode alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) / intra uterine device (IUD) atau yang lebih dikenal awam dengan sebutan ?spiral?.Lalu apa yang dimaksud dengan AKDR? Berikut ini penjelasannya: Apa yang dimaksud [...]

Aborsi

Aborsi

Definisi Cara menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah ?abortus? adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan).1 Angka kejadian aborsi meningkat dengan bertambahnya usia dan terdapatnya riwayat aborsi sebelumnya. Proses abortus dapat berlangsung secara : Spontan / alamiah (terjadi secara alami, tanpa tindakan apapun) Buatan / sengaja (aborsi yang dilakukan secara sengaja), Terapeutik / medis (aborsi yang dilakukan atas indikasi medik karena terdapatnya suatu permasalahan atau komplikasi). Frekuensi terjadinya aborsi di Indonesia sangat sulit dihitung secara akurat karena banyaknya kasus aborsi buatan / sengaja yang tidak dilaporkan. Berdasarkan perkiraan dari BKBN, ada sekitar 2 juta kasus aborsi yang terjadi setiap tahunnya. Pada penelitian di Amerika Serikat terdapat 1,2 ? 1,6 juta aborsi yang disengaja dalam 10 tahun terakhir dan merupakan pilihan wanita Amerika untuk kehamilan yang tidak diinginkan. Secara keseluruhan, di seluruh dunia, aborsi adalah penyebab kematian yang paling utama dibandingkan kanker [...]

Penyakit yang Membahayakan Kehamilan  dan Cara Mengatasinya

Penyakit yang Membahayakan Kehamilan dan Cara Mengatasinya

Penyakit yang menyertai kehamilan bisa membahayakan, di antaranya infeksi saluran kemih, hiperkoagulasi, dan anemia. Gejala yang dirasakan bisa saja ringan, namun tetap tidak boleh disepelekan karena dapat menyebabkan komplikasi pada ibu dan janin. Berikut adalah beberapa penyakit yang membahayakan kehamilan:KeputihanKeputihan kerap terjadi pada wanita hamil akibat ketidakseimbangan hormon saat hamil yang akan mengubah keseimbangan kuman normal yang berada pada vagina. Akibatnya vagina terinfeksi kuman yang patogen. Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan yang tidak normal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh bakteri, jamur ataupun parasit. Keputihan pada kehamilan sering disebabkan oleh jamur. Keputihan yang tidak normal d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *