Perlukah Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil?

Perlukah-Konsumsi-Susu-Khusus-Ibu-Hamil.jpg

Gizi Anda selama kehamilan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Bahkan risiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung tergantung dari seberapa nutrisi yang Anda makan sehari-hari.

Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sekitar 300-400 kalori per hari. Mengonsumsi susu untuk ibu hamil diperlukan jika Anda tidak mampu mengonsumsi sumber nutrisi lain yang diperoleh dari makanan sehari-hari. Dalam kata lain, susu merupakan pelengkap nutrisi untuk ibu hamil.

Kandungan nutrisi susu untuk ibu hamil biasanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, apa saja kandungan nutrisi yang wajib ada pada susu untuk ibu hamil?

Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya:

Perlukah Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil?

  1. Kalsium

Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan konsumsi kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil juga dapat terhindar dari osteoporosis. Hal ini terjadi karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari kalsium pada ibunya.

Susu dan produk olahan lainnya merupakan sumber kalsium yang baik. Susu hamil juga dilengkapi dengan multivitamin yang penting untuk janin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin C.

Selain dari susu, sumber kalsium juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijau.

  1. Asam folat

Janin membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak untuk pembentukan sistem sarafnya. Kebutuhan asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari. Selain dari susu hamil, sumber asam folat lainnya berasal dari beras merah, sayuran hijau, dan buah-buahan.

  1. Protein

Protein merupakan zat pembangun, pembentukan darah, dan sel dalam tubuh. Protein yang dibutuhkan ibu hamil sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Selain dari susu hamil, sumber protein dapat diperoleh dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging, dan tahu.

  1. Zat besi

Zat besi berfungsi sebagai zat pembentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi risiko ibu hamil terkena anemia. Sumber zat besi bisa didapat dari hati, daging, ikan, dan sayuran. Zat besi yang diperlukan sebanyak 30-60 mg per harinya.

  1. Vitamin A

Vitamin A yang ada pada susu ibu hamil bermanfaat untuk memelihara fungsi mata, gigi, rambut, kuku, pertumbuhan tulang, serta kulit. Selain itu, vitamin A juga berfungsi sebagai imunitas dan pertumbuhan janin.

  1. Vitamin C

Vitamin C yang ada pada susu hamil akan membantu penyerapan zat besi. Fungsi vitamin C ini melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan karena banyak mengandung antioksidan.

  1. Vitamin D

Vitamin D dapat menyerap kalsium sehingga bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Selain dari susu, vitamin D bisa didapat juga dari kuning telur dan ikan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Depresi Pasca Melahirkan Pada Pria?

Depresi Pasca Melahirkan Pada Pria?

Oleh : dr. Riska Ismailia Puteri Iskandar Depresi yang biasa terjadi pada ibu baru melahirkan atau dikenal dengan dengan post partum depression ternyata dapat dialami juga oleh para pria atau sang suami. Depresi pasca melahirkan tidak hanya sekedar baby blues syndrome atau perasaan sedih sesaat yang dialami setelah melahirkan. Depresi pasca melahirkan merupakan kondisi depresi berat yang seringkali ditandai dengan perasaan kesedihan atau kosong, menarik diri dari teman dan keluarga, dan merasa gagal, bahkan ingin bunuh diri. Perasaan ini dapat bermulai dua atau tiga minggu setelah persalinan dan dapat berlangsung hingga setahun atau lebih jika tidak ditangani. Seringkali keadaan ini dialami oleh para wanita, tetapi ternyata pria juga dapat mengalaminya. Efek nya pun tidak hanya berdampak pada sang ayah sendiri, tetapi juga mengganggu sang ibu dan bahkan anak mereka. Gejala yang dialami para pria tersebut berupa rasa cemas, sedih dan menarik diri, mengalami kesulitan saat tidur hingga keinginan untuk bunuh diri. Menurut dr. Paul G. Ramchadani, seorang psikiater dari University of Oxford di Inggris yang melakukan penelitian pada 26.000 orang tua, seperti dilaporkan oleh The Lancet pa [...]

Telat, Tapi Kok Hasil Test Pack Negatif?

Telat, Tapi Kok Hasil Test Pack Negatif?

Terlambat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun demikian diperlukan langkah lebih lanjut untuk memastikannya. Karena pada kenyataannya siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Tentunya setiap perempuan pun memiliki keunikan siklus masing-masing. Dalam arti kata lain berbeda-beda.Penyebab tidak haid ada banyak sekali, jadi dipastikan belum tentu juga sebuah tanda kehamilan. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain: Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia) Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30 Malnutrisi (kurang gizi) Stres psikologis Atlet Kekurangan vitamin K Penggunaan obat-obatan tertentu Kelainan pembekuan darah Gangguan hormon tiroid Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun [...]

Kenali Komplikasi yang Sering Menyertai Kehamilan

Kenali Komplikasi yang Sering Menyertai Kehamilan

Kehamilan merupakan anugerah bagi setiap wanita. Namun pada beberapa kondisi, kehamilan yang dialami seorang wanita bukanlah tanpa risiko. Beberapa kehamilan dapat mengalami gejala yang tidak wajar dan menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu, pemeriksaan kehamilan secara rutin sangatlah penting untuk memastikan kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Apa sajakah komplikasi dalam kehamilan itu?Kehamilan KembarKehamilan kembar dapat diartikan dengan seorang wanita hamil uang membawa lebih dari satu bayi (kembar, kembar tiga, kembar empat, dsb). Mengapa kehamilan kembar dianggap sebagai gejala hamil yang menimbulkan komplikasi? Sebab kehamilan kembar meningkatkan risiko persalinan prematur, diabetes gestasional, dan tekanan darah tinggi pada kehamilan.Pre-eklampsiaPre-eklampsia ditemukan pada sekitar 3-5% kehamilan pada negara berkembang. Pre-eklampsia merupakan salah satu penyebab utama kematian pada ibu hamil. Wanita dengan pre-eklampsia memiliki gejala hamil berupa tekanan darah yang tinggi dan salah satu gejala di bawah: Retensi cairan (bengkak) yang bisa ditemukan pada kaki atau tangan. Protein di urin. jumlah trombosit yang rendah (di bawah 100.000/ul). Penuru [...]

Jenis-jenis Aborsi

Jenis-jenis Aborsi

Jenis-jenis aborsi lainnya terdiri atas : Missed Abortion Abortus Terapeutik Abortus Septik Abortus Berulang Missed abortion Pada kasus missed abortion, kematian janin terjadi tanpa adanya pengeluaran dari hasil konsepsi. Alasan mengapa janin yang meninggal tidak keluar masih belum jelas. Biasanya didahului dengan tanda dan gejala abortus imminens yang kemudian menghilang spontan atau menghilang setelah pengobatan. Tes kehamilan menjadi negatif, tanda-tanda kehamilan tidak ada, dan denyut jantung janin tidak dapat terdeteksi. Abortus terapeutik Abortus yang dilakukan pada usia kehamilan kurang dari 12 minggu atas pertimbangan kesehatan wanita, dimana apabila kehamilan itu dilanjutkan akan membahayakan dirinya. Misalnya pada wanita dengan kelainan jantung. Dapat juga dilakukan atas pertimbangan kelainan janin yang berat. Abortus septik Abortus spontan dapat diikuti dengan komplikasi infeksi. Infeksi dapat terjadi akibat tindakan abortus yang tidak sesuai dengan prosedur (misalnya oleh dukun). Infeksi yang terjadi pada umumnya endometritis, yang bisa berkembang menjadi parametritis dan peritonitis. Abortus berulang Abortus berulang adalah abortus y [...]

Trimester kedua

Trimester kedua

Trimester kedua merupakan tahapan paling nyaman di dalam 3 jenjang kehamilan. Keluhan-keluhan Ibu akan menghilang dan selera makan Ibu kembali normal. Yang paling menyenangkan di trimester ini adalah Ibu dapat merasakan gerakan janin. Berat badan Ibu akan mulai bertambah dan orang di sekitar Ibu akan menyadari bahwa Ibu sedang hamil. Minggu 14 : Lihat Jenis Kelamin Janin Anda Janin : Panjang janin dari kepala ke bokong saat ini berkisar 80 ? 93 mm dengan perkiraan berat badan hampir 25 - 45 gram. Janin Ibu sekarang sudah mulai belajar membuat ekspresi di dalam rahim. Menyipit, berkerenyit, menyeringai, dan bahkan menghisap jempolnya. Berkat impuls atau rangsangan dari otaknya, otot wajah janin sudah dapat bekerja menghasilkan berbagai macam ekspresi wajah. Akhir minggu ini, lengan janin akan tumbuh dengan ukuran yang proporsional sesuai dengan panjang badannya dan janin akan bergerak lebih aktif. Hati janin akan mulai membentuk cairan empedu, pankreas mulai menghasilkan insulin, dan limpa janin sudah membantu menghasilkan sel darah merah. Leher janin akan bertambah panjang dan membantu kepala janin untuk berposisi lebih tegak. Ketika lahir nanti, ukuran kepala bayi ha [...]

Trimester Ketiga

Trimester Ketiga

Trimester ini adalah trimester terakhir dari kehamilan. Janin Ibu sedang berada di dalam tahap penyempurnaan dan akan semakin bertambah besar, besar, dan besar sampai memenuhi seluruh rongga rahim. Semakin besar janin maka akan semakin terasa seluruh pergerakan yang dilakukan olehnya. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan tanda-tanda kegawatan seperti tanda kelahiran prematur. Konsumsilah asupan nutrisi yang bergizi dan juga jaga asupan cairan untuk janin Ibu. Trimester terakhir ini akan diwarnai dengan peningkatan frekuensi ke kamar mandi, sesak karena tekanan di diafragma, dan heartburn. Jangan lupa untuk merencanakan dengan matang persiapan untuk prosesi persalinan nantinya. Minggu 27 : Janin : Minggu ini adalah awal dari trimester ketiga. Sekarang berat janin mencapai 900 -1000 g dengan panjang janin dari kepala ke tumit sekitar 34 cm. Janin makan dan tidur teratur, membuka dan menutup matanya, serta menghisap jarinya. Otak janin berkembang sangat progresif. Telinga janin masih diliputi oleh verniks kaseosa yang melindungi janin dari cairan ketuban sehingga suara yang mereka dengar masih berdengung. Apabila janin lahir minggu ini, kemungkinan be [...]

Benarkah Ibu Hamil Harus Makan Banyak?

Benarkah Ibu Hamil Harus Makan Banyak?

Seringkali wanita hamil dibuat bingung dengan pendapat masyarakat yang menyatakan bahwa seorang wanita hamil harus makan banyak, dikarenakan kebutuhan makanannya saat hamil harus mencukupi dua orang, yaitu dirinya dan janin yang dikandungnya. Apakah hal itu benar?Kebutuhan kalori orang dewasa secara umum adalah 25-30 kal/kgBB. Selama enam bulan pertama kehamilan yaitu selama trimester pertama dan trimester kedua kehamilan, kebutuhan kalori yang dibutuhkan adalah sekitar 2000 kalori. Hal ini tidak jauh lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan kalori seorang wanita sebelum hamil.Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan, yaitu trimester ketiga kehamilan, seorang wanita hamil akan membutuhkan kalori tambahan sekitar 200 kalori per hari, menjadi sekitar 2.200 kalori per hari. Rekomendasi nilai kalori ini didasarkan pada ukuran rata-rata setiap orang. Tetapi, sebenarnya jumlah kalori yang dibutuhkan wanita hamil ditentukan oleh faktor berat badan, aktivitas, dan jenis kehamilan kembar atau tidak.Lalu, bagaimanakah menu makanan sehat untuk ibu hamil agar bayinya dapat berkembang optimal? [...]

Sindrom Pra-menstruasi

Sindrom Pra-menstruasi

Sindrom pre-menstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS (pre-menstruation syndrome) merupakan kumpulan gejala fisik, psikologis dan emosi yang terkait dengan proses terjadinya siklus menstruasi wanita. Sekitar 80% - 95% persen perempuan pada usia melahirkan mengalami gejala-gejala pramenstruasi yang dapat mengganggu beberapa aspek dalam kehidupannya. Gejala tersebut dapat diprediksi. Acapkali terjadi secara regular pada dua minggu periode sebelum menstruasi. Hal ini dapat hilang begitu dimulainya pendarahan, namun dapat pula berlanjut setelahnya. Sebagian kecil dari kalangan wanita antara usia 20 hingga 35 tahun dapat mengalami sindrom pra-menstruasi dengan sangat hebat pengaruhnya. Terkadang mengharuskan mereka beristirahat dari kesibukan rutinitias hariannya. Gangguan kesehatan berupa pusing, depresi, perasaan sensitif berlebihan. Gejala tersebut terjadi sekitar dua minggu sebelum haid dan seringkali dianggap hal yang lumrah bagi wanita usia produktif. Menurut suatu penelitian, sekitar 40% kaum wanita yang berada usia kisaran 14 - 50 tahun mengalami sindrom pra-menstruasi. Bahkan survey tahun 1982 di Amerika Serikat menunjukkan, PMS dialami 50% wanita dengan [...]

Ingin Memiliki Keturunan vs. Haid Tak Lancar

Ingin Memiliki Keturunan vs. Haid Tak Lancar

Oleh: dr. Jessica Florencia Tanya: saya adalah wanita yg sudah menikah 2x dan bercerai dengan suami yg pertama dapat anak 1 sekarang umur putri sy sdh 12 tahun,dan skrg sy sdh menikah lg dengan dengan seorang pria duda beranak 2 dr yg jauh lebih tua dr umur saya,umur suami skrg 50 thun,sekitar kurang lebih 5 tahun kmi menikah tapi belum dikaruniai anak lagi.be2rpa bln terakhir ini haid saya tidak lancar,N sering mengalami keputihan.mohon dari saran dokter untuk memberikan solusi...TKS. Jawab: Ibu/Saudari yang Terhormat.Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi PeduliSehat.info. Apakah selama ini siklus haid Anda normal? Berapa hari siklus menstruasi Anda? Bagaimana karakteristik keputihan Anda? Siklus haid yang tidak lancar memang dapat mempengaruhi kesuburan Anda. Saya memahami kekhawatiran Ibu, dan keinginan Ibu dan suami untuk memiliki buah hati. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Jika Anda dan suami sudah menikah lebih dari 1 tahun dan [...]

Merokok Mengurangi Tingkat Kesuburan pada Wanita

Merokok Mengurangi Tingkat Kesuburan pada Wanita

Memiliki keturunan merupakan keinginan hampir setiap pasangan suami istri. Namun tidak semua pasangan memiliki kemudahan dalam mendapatkan keturunan. Menurut data penelitian, sebesar 10-15% pasangan suami istri mengalami keadaan yang dinamakan infertilitas atau kesulitan memiliki keturunan setelah berhubungan seksual secara rutin dalam jangka waktu minimal 1 tahun tanpa menggunakan kontrasepsi. Apa saja yang dapat mempengaruhi kesuburan pasangan suami istri? Berbagai gaya hidup diduga memiliki peran dalam kesuburan, seperti nutrisi, berat badan, stres psikologis, penggunaan obat-obatan, alkohol, kafein, dan rokok.Sebenarnya apa dampak yang terjadi pada kesuburan wanita yang merokok? Selain bahaya kanker, sistem pernapasan, dan kelainan jantung pembuluh darah, rokok pada seorang wanita juga memberikan dampak yang dapat merugikan kesuburan wanita tersebut. Whitcomb, dkk mengatakan bahwa merokok pada sistem reproduksi dapat menyebabkan antara lain selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *