Perlukah Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil?

Perlukah-Konsumsi-Susu-Khusus-Ibu-Hamil.jpg

Gizi Anda selama kehamilan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Bahkan risiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung tergantung dari seberapa nutrisi yang Anda makan sehari-hari.

Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sekitar 300-400 kalori per hari. Mengonsumsi susu untuk ibu hamil diperlukan jika Anda tidak mampu mengonsumsi sumber nutrisi lain yang diperoleh dari makanan sehari-hari. Dalam kata lain, susu merupakan pelengkap nutrisi untuk ibu hamil.

Kandungan nutrisi susu untuk ibu hamil biasanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, apa saja kandungan nutrisi yang wajib ada pada susu untuk ibu hamil?

Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya:

Perlukah Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil?

  1. Kalsium

Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan konsumsi kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil juga dapat terhindar dari osteoporosis. Hal ini terjadi karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari kalsium pada ibunya.

Susu dan produk olahan lainnya merupakan sumber kalsium yang baik. Susu hamil juga dilengkapi dengan multivitamin yang penting untuk janin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin C.

Selain dari susu, sumber kalsium juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijau.

  1. Asam folat

Janin membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak untuk pembentukan sistem sarafnya. Kebutuhan asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari. Selain dari susu hamil, sumber asam folat lainnya berasal dari beras merah, sayuran hijau, dan buah-buahan.

  1. Protein

Protein merupakan zat pembangun, pembentukan darah, dan sel dalam tubuh. Protein yang dibutuhkan ibu hamil sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Selain dari susu hamil, sumber protein dapat diperoleh dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging, dan tahu.

  1. Zat besi

Zat besi berfungsi sebagai zat pembentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi risiko ibu hamil terkena anemia. Sumber zat besi bisa didapat dari hati, daging, ikan, dan sayuran. Zat besi yang diperlukan sebanyak 30-60 mg per harinya.

  1. Vitamin A

Vitamin A yang ada pada susu ibu hamil bermanfaat untuk memelihara fungsi mata, gigi, rambut, kuku, pertumbuhan tulang, serta kulit. Selain itu, vitamin A juga berfungsi sebagai imunitas dan pertumbuhan janin.

  1. Vitamin C

Vitamin C yang ada pada susu hamil akan membantu penyerapan zat besi. Fungsi vitamin C ini melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan karena banyak mengandung antioksidan.

  1. Vitamin D

Vitamin D dapat menyerap kalsium sehingga bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Selain dari susu, vitamin D bisa didapat juga dari kuning telur dan ikan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenaikan Berat Badan Selama Hamil yang Normal

Kenaikan Berat Badan Selama Hamil yang Normal

Sekilas mendengar kalimat tersebut, mungkin menyisakan pertamyaan mendasar pada diri Anda. Memang benar bahwa wanita yang sedang hamil sebagian gizinya akan digunakan untuk pertumbuhan janin yang sedang dikandungnya. Masalahnya, berapa banyak kenaikan berat yang masih wajar selama hamil?Pandangan masyarakat umum ini sangat perlu untuk diluruskan. Terkadang pandangan masyarakat yang salah terhadap hal ini menyebabkan wanita hamil menjadi makan secara berlebihan. Hal ini menyebabkan peningkatan berat badan secara berlebihan yang berujung pada masalah kesehatan lain selama kehamilan dan setelah kehamilan.Menurut Institute of Medicines (IOM) Amerika Serikat, anjuran kenaikan berat badan dilihat berdasarkan kondisi status gizi wanita tersebut sebelum hamil. Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan kurang ( IMT < 18.5 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 12.5-18 kg Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan normal ( IMT 18.5 kg/m2-24.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah sekitar 11.5-16 kg Apabila sebelum hamil memilki status berat badan berlebih (IMT 25 kg/m2-29.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan ada [...]

Serba-serbi Kehamilan Kembar

Serba-serbi Kehamilan Kembar

Sesorang yang mengalami kehamilan kembar seringkali tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik, namun juga dapat diperoleh dari fertilisasi secara in vitro. Ketika Anda terdiagnosa kehamilan kembar, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut:Bagaimana kehamilan kembar terbentuk?Kembar fraternal, yaitu salah satu jenis yang tersering, terjadi ketika dua sel telur yang berbeda dibuahi oleh dua sperma yang berbeda. Masing-masing janin memiliki plasenta dan kantung amnion sendiri. Secara genetis, mereka tak ubahnya bagai saudara kandung saja.Sedangkan kembar identik terjadi ketika satu sel telur yang telah dibuahi terpisah dan berkembang menjadi 2 janin yang berbeda. Kembar identik mungkin berbagi plasenta yang sama namun kantung amnionnya berbeda. Secara genetis, kedua bayi tersebut identik. Sedangkan pada kehamilan kembar 3 atau lebih dapat berupa kembar fraternal, identik atau kombinasi keduanya.Jika mengalami kehamilan kembar, apa yang harus saya lakukan? Simak halaman berikutnya. [...]

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Jika Ingin Cepat Hamil

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Jika Ingin Cepat Hamil

Jika Anda dalam program kesuburan untuk segera mendapatkan keturunan, maka ada beberapa hal berikut ini yang penting adanya guna Anda ketahui. Pasalnya, Anda tidak dapat meluputkan dan menyepelekan hal-hal berikut ini jika bicara soal kesehatan reproduksi, pada khususnya wanita.Walaupun tidak dapat dipungkiri, untuk memungkinkan kehamilan diperlukan pemeriksaan Kesuburan dari dua belah pihak, yakni antara pihak perempuan dan pria. Pada pihak pria, perlu ditelulusuri terlebih dahulu apakah sperma yang ada memiliki kemampuan untuk memungkinkan pembuahan ke ovum, atau tidak. (Baca: 5 Tips Sperma Sehat) Kenali Siklus Haid Anda Mengenal siklus haid Anda dapat membantu Anda cepat hamil. Fase pertama siklus adalah hari pertama haid Anda. Tubuh Anda mengeluarkan hormon yang dapat menstimulasi telur (ovum) untuk tumbuh dalam folikel yang terdapat pada ovarium (indung telur) Anda. Pada hari ke 2 hingga ke 14 [...]

Inilah Penyebab Susah Hamil Pada Wanita

Inilah Penyebab Susah Hamil Pada Wanita

Penyebab susah hamil Menurut penelitian, sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan.Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu: belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi.Apabila telah memenuhi kriteria infertilitas primer di atas, maka perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mencari penyebabnya, baik dari pihak suami maupun istri.Jika dari pihak wanita sudah menjalankan pemeriksaan USG rahim, diperlukan pemeriksaan lain seperti HSG ataupun kadar hormon. Inilah Penyebab Susah Hamil Namun tentunya kedua jenis hormon tersebut dilakukan jika diperlukan dan jika dicurigai adanya kelainan yang mengarah kesana.Selain dari sisi wanita, suami juga perlu menjalani beberapa pemeriksaan seperti anatomi organ reproduksi dan analisis sperma. Pemeriksaan analisis sperma dapat menjadi acuan informasi mengenai kesehatan sperma. Selain beragam pemeriksaan untuk mengetahui kesehatan organ reproduksi istri dan suami, tentunya yang perlu dila [...]

Bolehkah Wanita Hamil Memelihara Binatang?

Bolehkah Wanita Hamil Memelihara Binatang?

Bagi Anda pencinta binatang yang sedang hamil, tentu terkadang ada rasa kekhawatiran tersendiri jika dekat-dekat dengan binatang peliharaan Anda. Tak pelak lagi kerap muncul pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut.Sebetulnya apa sih bahayanya memelihara binatang di rumah bagi ibu yang sedang hamil? Apakah ada binatang tertentu yang harus saya hindari?Pasalnya, kita sendiri sudah akrab dengan beberapa isu potensi gangguan kehamilan yang diakibatkan oleh beberapa bakteri maupun virus yang didatangkan dari binatang peliharaan. Contohnya toksoplasma.Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa binatang yang harus disikapi dengan bijaksana berkaitan dengan kondisi kehamilan, diantaranya: Anjing Secara umumnya, jika kebersihan anjing Anda terjaga dengan baik, maka tidak akan menjadi masalah bagi Anda maupun perkembangan bayi Anda di dalam janin. Namun demikian, berhati-hatilah pada g [...]

Mengapa Angka Kematian Ibu Hamil dan Melahirkan Masih Tinggi?

Mengapa Angka Kematian Ibu Hamil dan Melahirkan Masih Tinggi?

Menurunkan angka kematian ibu merupakan salah satu tujuan dari Millenium Development Goal (MDG). Namun kenyataannya saat ini Indonesia menghadapi kemunduran dalam mencapai tersebut.Target MDGs Indonesia adalah menurunkan angka kematian setelah melahirkan menjadi 102 per 100.000 kelahiran hidup di akhir tahun 2015. Pada tahun 2012,Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) menunjukkan bahwa angka kematian ibu adalah 359 kematian per 100.000 kelahiran hidup, angka ini meningkat dari 220 kematian per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2010, menurut United Nations Population Fund (UNFPA).Secara global, sekitar 80 persen kematian ibu disebabkan komplikasi kehamilan, terutama disebabkan oleh pendarahan,infeksi,aborsi yang tidak aman, preeklampsia, dan eklampsia. Aborsi yang tidak aman menyumbang sebesar 13 persen kematian ibu di seluruh dunia dan 16 persen di wilayah Asia Tenggara yang memiliki undang-undang aborsi yang sangat ketat, termasuk Indonesia.Pendarahan hebat dapat menyebabkan kematian dalam 10 menit, namun hal ini sebenarnya dapat dihindari jika ibu mendapat pemeriksaan teratur selama kehamilannya.Pemeriksaan selama kehamilan terlebih pada trimester ketiga kehamilan merup [...]

Sindrom Pra-menstruasi

Sindrom Pra-menstruasi

Sindrom pre-menstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS (pre-menstruation syndrome) merupakan kumpulan gejala fisik, psikologis dan emosi yang terkait dengan proses terjadinya siklus menstruasi wanita. Sekitar 80% - 95% persen perempuan pada usia melahirkan mengalami gejala-gejala pramenstruasi yang dapat mengganggu beberapa aspek dalam kehidupannya. Gejala tersebut dapat diprediksi. Acapkali terjadi secara regular pada dua minggu periode sebelum menstruasi. Hal ini dapat hilang begitu dimulainya pendarahan, namun dapat pula berlanjut setelahnya. Sebagian kecil dari kalangan wanita antara usia 20 hingga 35 tahun dapat mengalami sindrom pra-menstruasi dengan sangat hebat pengaruhnya. Terkadang mengharuskan mereka beristirahat dari kesibukan rutinitias hariannya. Gangguan kesehatan berupa pusing, depresi, perasaan sensitif berlebihan. Gejala tersebut terjadi sekitar dua minggu sebelum haid dan seringkali dianggap hal yang lumrah bagi wanita usia produktif. Menurut suatu penelitian, sekitar 40% kaum wanita yang berada usia kisaran 14 - 50 tahun mengalami sindrom pra-menstruasi. Bahkan survey tahun 1982 di Amerika Serikat menunjukkan, PMS dialami 50% wanita dengan [...]

2 Kunci Agar Hamil Bayi Perempuan

2 Kunci Agar Hamil Bayi Perempuan

Penentuan jenis kelamin sering kali menjadi topik yang hangat diperbincangkan ketika seorang ibu sedang hamil. Terutama bagi pasangan suami-istri yang telah memiliki anak laki-laki, biasanya mereka mendambakan anak perempuan agar ?sepasang?, bahkan mereka melakukan hubungan seksual dalam posisi tertentu sebagai salah satu program atau cara mendapatkan bayi perempuan.Secara harfiah, kemungkinan memiliki anak laki-laki dan anak perempuan sama besarnya, yaitu 50:50. Satu kromosom X ibu akan dipasangkan dengan satu kromosom ayah, nah di sinilah penentuan itu terjadi. Apabila kromosom yang diberikan ayah adalah X, maka anak perempuanlah jadinya. Namun apabila kromosom yang diberikan ayah adalah Y, maka akan melahirkan anak laki-laki.Lalu, apakah sebenarnya jenis kelamin anak bisa direncanakan? Pada beberapa penelitian menyebutkan bahwa jenis kelamin tertentu cenderung terjadi pada beberapa kondisi tertentu. Contohnya: musim saat diketahui hamil, kapan terjadinya pembuahan, makanan yang dikonsumsi ibu saat persiapan kehamilan, kondisi fisik ibu, dan kehidupan seksual ibu saat perencanaan kehamilan.Pada suku tertentu, memiliki anak perempuan merupakan sebuah keharusan. Alasannya, anak per [...]

8 Kuman yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil dan Janin

8 Kuman yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil dan Janin

Kondisi kesehatan sangat penting dijaga oleh seorang wanita saat hamil. Pada trimester pertama kehamilan, yaitu usia 0-13 minggu kehamilan merupakan periode yang paling penting untuk perkembangan bayi. Selama periode ini terjadi pembentukan organ-organ bayi seperti jantung, otak, saluran pernapasan, saluran pencernaan, anggota gerak, dan sebagainya. Adanya infeksi yang menyerang seorang wanita hamil pada trimester awal ini merupakan hal yang serius untuk ditangani. Apa sajakah kuman yang berbahaya menyerang ketika hamil? Berikut selengkapnya:1. ToxoplasmaToxoplasma merupakan parasit yang sangat berbahaya apabila menyerang ibu hamil terlebih pada trimester pertama. Toxoplasma gondii memasuki tubuh manusia melalui beberapa cara, pertama melalui konsumsi daging yang tidak matang dan mengandung kista toxoplasma. Kedua melalui konsumsi air atau sayuran yang mengandung ookista parasit. Ookista parasit biasanya dijumpai di kotoran kucing. Infeksi toxoplasma pada trimester pertama dapat menyebabkan kelainan saraf dan kebutaan pada anak.Apa kuman lainnya yang membawa risiko pada ibu hamil dan janin? Halaman berikut penjelasannya. [...]

Terlalu Lama di Gym Akan Mengurangi Kesuburan Wanita

Terlalu Lama di Gym Akan Mengurangi Kesuburan Wanita

Oleh : dr. Tri Rejeki Herdiana Sebuah penelitian mepublikasikan hasil yang diperoleh bahwa terlalu lama berada di gymnastium / tempat fitness dapat mengurangi kesuburan seorang wanita. Peneliti tersebut mengatakan bahwa wanita yang berolahraga terlalu keras akan meningkatkan kemungkinan sampai 3 kali untuk mengalami gangguan kesuburan. gettyimages Sementara itu, para peneliti setuju bahwa latihan fisik atau olahraga memang memiliki keuntungan kesehatan dan juga dipercaya bahwa tubuh yang berenergi akan meningkatkan kemungkinan kehamilan. Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Norwegian jurusan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan menggunakan subjek 3000 orang wanita. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa atlit wanita memiliki masalah kesuburan. Selain mereka, para wanita yang berolahraga terlalu keras atau hampir mencapai limit maksimal juga memiliki masalah yang sama. Melalui survei, para wanita diminta untuk menuliskan mengenai frekuensi, durasi, dan intensitas mengenai aktivitas fitness yang mereka lakukan antara tahun 1984-1986. Melalui follow-up 10 tahun kemudian, mereka ditanyakan mengenai ke [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *