Perlukah Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil?

Perlukah-Konsumsi-Susu-Khusus-Ibu-Hamil.jpg

Gizi Anda selama kehamilan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Bahkan risiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung tergantung dari seberapa nutrisi yang Anda makan sehari-hari.

Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sekitar 300-400 kalori per hari. Mengonsumsi susu untuk ibu hamil diperlukan jika Anda tidak mampu mengonsumsi sumber nutrisi lain yang diperoleh dari makanan sehari-hari. Dalam kata lain, susu merupakan pelengkap nutrisi untuk ibu hamil.

Kandungan nutrisi susu untuk ibu hamil biasanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, apa saja kandungan nutrisi yang wajib ada pada susu untuk ibu hamil?

Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya:

Perlukah Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil?

  1. Kalsium

Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan konsumsi kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil juga dapat terhindar dari osteoporosis. Hal ini terjadi karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari kalsium pada ibunya.

Susu dan produk olahan lainnya merupakan sumber kalsium yang baik. Susu hamil juga dilengkapi dengan multivitamin yang penting untuk janin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin C.

Selain dari susu, sumber kalsium juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijau.

  1. Asam folat

Janin membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak untuk pembentukan sistem sarafnya. Kebutuhan asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari. Selain dari susu hamil, sumber asam folat lainnya berasal dari beras merah, sayuran hijau, dan buah-buahan.

  1. Protein

Protein merupakan zat pembangun, pembentukan darah, dan sel dalam tubuh. Protein yang dibutuhkan ibu hamil sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Selain dari susu hamil, sumber protein dapat diperoleh dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging, dan tahu.

  1. Zat besi

Zat besi berfungsi sebagai zat pembentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi risiko ibu hamil terkena anemia. Sumber zat besi bisa didapat dari hati, daging, ikan, dan sayuran. Zat besi yang diperlukan sebanyak 30-60 mg per harinya.

  1. Vitamin A

Vitamin A yang ada pada susu ibu hamil bermanfaat untuk memelihara fungsi mata, gigi, rambut, kuku, pertumbuhan tulang, serta kulit. Selain itu, vitamin A juga berfungsi sebagai imunitas dan pertumbuhan janin.

  1. Vitamin C

Vitamin C yang ada pada susu hamil akan membantu penyerapan zat besi. Fungsi vitamin C ini melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan karena banyak mengandung antioksidan.

  1. Vitamin D

Vitamin D dapat menyerap kalsium sehingga bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Selain dari susu, vitamin D bisa didapat juga dari kuning telur dan ikan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Makanan Wajib Untuk Ibu Hamil

6 Makanan Wajib Untuk Ibu Hamil

Sebelum hamil, mungkin Anda selalu sarapan dengan kue kering dan secangkir latte yang cepat, mudah, dan tidak terlalu sehat tentunya. Begitu hamil, tentu Anda harus lebih berpikir dengan lebih hati-hati tentang apa yang akan Anda konsumsi, karena makanan yang Anda makan kini merupakan sumber gizi utama bagi calon bayi Anda. Selama kehamilan, Anda akan membutuhkan protein dan kalsium untuk pertumbuhan jaringan pada janin dan juga pembentukan tulang janin. Pun, Anda juga akan membutuhkan tambahan asam folat untuk mengurangi risiko bayi Anda terlahir cacat, serta lebih banyak lagi zat besi untuk membantu sel-sel darah merah dalam meneruskan oksigen ke bayi Anda. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi calon bayi, Anda perlu untuk mengkonsumsi makanan-makanan penuh nutrisi seperti berikut ini: Gandum Roti dan sereal gandum adalah makanan-makanan yang diperkaya dengan asam folat dan zat besi, kandungan serat dari makanan-makanan ini juga lebih tinggi daripada roti putih dan nasi biasa. Usahakan untuk menyertakan gandum ke dalam menu makanan Anda: oatmeal untuk sarapan, sandwich dari roti gandum untuk makan siang, dan pasta gandum atau beras merah untuk makan malam Anda. [...]

Siasati Mual dan Muntah Saat Hamil dengan Cara Ini

Siasati Mual dan Muntah Saat Hamil dengan Cara Ini

Mual dan muntah adalah bagian normal dari kehamilan. Lebih dari setengah dari semua wanita hamil menderita gejala ini. Mual dan muntah dalam kehamilan sering disebut juga morning sickness, meskipun hal ini bisa saja terjadi sepanjang hari.Apa yang sebenarnya menyebabkan mual dan muntah? Tidak ada yang tahu persis mengapa wanita hamil mengalami mual dan muntah. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh perubahan yang terjadi dalam tubuh seorang wanita hamil, seperti tingginya hormon dalam darah seorang wanita hamil.Mual dan muntah biasanya dimulai sekitar minggu keenam kehamilan dan berhenti sekitar minggu ke-12. Namun, pada beberapa wanita bisa lebih dari waktu tersebut, ada yang sampai usia kehamilan 20 minggu bahkan ada yang sampai usia akhir kehamilan.Walaupun sangat mengganggu, namun biasanya mual dan muntah tidak berbahaya bagi wanita hamil atau janin dalam kandungannya. Bagi kebanyakan wanita, rasa mual dan muntah tidak berlangsung sepanjang hari dan pada saat tertentu datangnya mual atau muntah lebih sering dirasakan saat asupan makanan dalam tubuh menurun. Tetapi, pada kasus mual muntah yang berat, seorang wanita dan janinnya dapat kekurangan nutrisi dan cairan yang dikenal dalam [...]

Kiat Mendapatkan Bayi Laki-Laki

Kiat Mendapatkan Bayi Laki-Laki

Kehadiran anak merupakan hal yang selalu dinantikan oleh semua keluarga, apa pun jenis kelaminnya. Namun, tidak jarang kita menjumpai pasangan yang mendambakan memiliki bayi berjenis kelamin tertentu. Sebelumnya, kita perlu mengetahui bahwa jenis kelamin seseorang ditentukan oleh kromosom yang dibawa oleh sperma laki-laki dan sel telur wanita. Sperma mengandung kromoson X dan Y. Sedangkan sel telur mengandung kromosom X dan X. Sel telur seorang wanita akan menyumbangkan satu kromosom X-nya, sementara sperma akan menyumbangkan satu kromoson X atau Y. Apabila kombinasi yang terjadi adalah XX maka jenis kelamin bayi adalah perempuan. Lalu, apabila kombinasi kromosom adalah XY maka jenis kelamin bayi adalah laki-laki.Jenis kelamin tertentu juga memiliki mitos tersendiri bagi beberapa suku. Anak laki-laki pada beberapa suku dipercaya dapat meneruskan nama keluarga. Lalu adakah cara yang dapat dilakukan untuk menentukan jenis kelamin bayi laki-laki? Menurut penelitian, ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memiliki bayi laki-laki.Berikut adalah beberapa kiat mendapatkan bayi laki-laki, selengkapnya pada halaman selanjutnya: [...]

Pentingnya Imunisasi untuk Ibu Hamil

Pentingnya Imunisasi untuk Ibu Hamil

Imunisasi merupakan bentuk usaha pencegahan untuk mengurangi angka kesakitan dan angka kematian yang diakibatkan penyakit infeksi. Mungkin beberapa dari Anda masih bingung dengan istilah vaksinasi dan imunisasi.Imunisasi merupakan istilah yang lebih umum untuk proses kekebalan tubuh, sedangkan vaksinasi adalah proses imunisasi yang khusus menggunakan vaksin saja. Artinya vaksinasi adalah bagian dari imunisasi sedangkan imunisasi belum tentu merupakan vaksinasi.Pertanyaannya, apakah aman pemberian imunisasi selama masa kehamilan?Pemberian imunisasi selama masa kehamilan terbilang aman, bahkan sangat dianjurkan karena tidak hanya melindungi ibu dari berbagai macam penyakit tetapi juga bermanfaat untuk janin.Berikut adalah jenis-jenis imunisasi yang bisa diberikan selama masa kehamilan, selengkapnya pada halaman selanjutnya: Pentingnya Imunisasi untuk Ibu Hamil Berikut adalah jenis-jenis imunisasi yang [...]

6 Faktor yang Mempengaruhi  Perkembangan Otak Anak

6 Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Otak Anak

Tahukah Anda bahwa perkembangan otak janin telah dimulai pada usia ketiga kehamilan? Perkembangan otak akan terus berlanjut bahkan setelah lahir. Ukuran otak anak semakin bertambah besar pada usia sebelum sekolah dan mencapai 90% ukuran otak orang dewasa pada usia 7-11 tahun.Jadi, faktor apa saja yang berperan dalam perkembangan otak janin? Berikut di antaranya: Paparan Stimulasi Motorik dan Sensorik Dengarkan lagu-lagu sejak anak di kandungan. Ketika usianya lebih besar, pengenalan lagu bertujuan untuk memperbanyak kosakata anak, sehingga anak termotivasi untuk mengucapkan kata baru. Untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar bayi, maka ciptakan permainan yang menarik yang bisa menyita perhatiannya. Ajari anak mengenal segala benda yang berada di sekitarnya dan biarkan anak menyentuh benda tersebut. Hal ini akan melatih motorik halus dan sensori anak. Obat Psikoaktif Ketergantungan pada alkohol dan narkotika memberikan pengaruh yang tidak baik pada perkembangan otak janin. Wanita yang minum alkohol saat masa kehamilan memiliki risiko lebih tinggi mengalami cacat lahir dan gangguan spektrum alkohol janin (FASD). FASD adalah nama teknis untuk gangguan janin yang dikaitka [...]

Ingin Hamil? Perhatikan Konsumsi Asam Folat Anda

Ingin Hamil? Perhatikan Konsumsi Asam Folat Anda

Hampir setiap pasangan yang baru menikah mendambakan hadirnya seorang buah hati. Namun terkadang, kehamilan yang ditunggu-tunggu tidak selalu datang dengan cepat. Sering kali kita pun belum mengetahui kapan waktu yang tepat harus meminta opini dari profesional mengenai kondisi yang kita dan pasangan alami.Menurut National Survey of Family Growth (NSFG), definisi infertilitas adalah apabila pasangan telah melakukan hubungan seksual dengan durasi 2-3 kali per minggu, tanpa menggunakan metoda kontrasepsi apa pun selama berhubungan seksual namun belum terjadi kehamilan dalam jangka waktu 12 bulan. Jika pasangan telah mencapai batasan waktu, maka sebaiknya pasangan tersebut memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu lebih lanjut adakah kondisi medis yang mendasari.Keraguan, rasa malu, dan mungkin takut, tidak jarang menghantui ketika harus memutuskan untuk ke dokter. Padahal faktanya, semakin cepat diketahui maka akan semakin cepat diatasi apabila terdapat suatu kondisi medis tertentu. Hal yang harus selalu diingat adalah bahwa fungsi reproduksi khususnya seorang wanita akan menurun seiring dengan usia. Tidak hanya wanita, pada laki-laki kesuburan akan semakin menurun sejak usia 30- [...]

7 Gangguan Gigi & Mulut pada Ibu Hamil

7 Gangguan Gigi & Mulut pada Ibu Hamil

Kehamilan merupakan suatu kedaan yang melibatkan berbagai macam perubahan pada tubuh wanita, hal ini juga terjadi didalam rongga mulut. perubahan hormon pada ibu hamil diikuti oleh perubahan dan kelainan yang terjadi disekitar rongga mulut, keadaan tersebut antara lain: Radang GusiKelainan yang paling banyak ditemukan pada ibu hamil dalam rongga mulut menyangkut kehamilan adalah keradangan gusi. Ciri-cirinya adalah gusi berwarna Fiery red, bengkak dengan permukaan lembut serta mengkilap. Gusi yang meradang ini juga mudah berdarah. Gigi GoyangKondisi mudah goyangnya gigi pada ibu hamil merupakan kondisi lanjutan akibat dari keadaan radang gusi. Mulut Kering (xerostomia)Salah satu keluhan yang dialami oleh ibu hamil adalah mulut yang terasa kering, dan hal ini dapat di kaitkan juga dengan perubahan hormon yang terjadi. Hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi hal ini adalah dengan perbanyak konsumsi air terutama air putih dan mengunyah permen karet guna merangsang keluarnya air liur. Sialorrhea atau PtyalismProduksi air liur yang berlebihan ini jarang ditemui pada wanita hamil dan biasanya dimulai pada minggu kedua atau ketiga [...]

Bolehkah Menyusui Saat Hamil?

Bolehkah Menyusui Saat Hamil?

Kehamilan bisa terjadi kapan saja, baik itu direncakan atau tidak direncanakan. Bagaimana jika kehamilan kedua terjadi di saat Anda sedang fokus memberikan ASI pada anak pertama Anda? Tentunya banyak pertanyaan yang menghinggapi Anda seperti: Apakah aman jika menyusui saat hamil? Apakah kebutuhan nutrisi janin saya terpenuhi jika saya tetap menyusui?Anda tidak perlu khawatir, pada dasarnya Anda tetap dapat meneruskan pemberian ASI pada anak disaat sedang hamil. Yang terpenting adalah asupan nutrisi dan energi yang masuk dan keluar dapat seimbang.ASI adalah sebuah cairan tanpa tanding ciptaan Allah yang memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan air susunya memiliki bentuk paling baik bagi tubuh bayi. Pada saat yang sama ASI juga sangat kaya akan sari-sari makanan yang mempercepat pertumbuhan sel-sel otak dan perkembangan sistem saraf. American Academy of Pediatrics sendiri merekomendasikan pemberian ASI minimal sampai usia anak 1 tahun.Inilah beberapa kondisi dan persyaratan yang diperlukan bagi wanita hamil untuk dapat menyusui: [...]

Penyakit yang Membahayakan Kehamilan  dan Cara Mengatasinya

Penyakit yang Membahayakan Kehamilan dan Cara Mengatasinya

Penyakit yang menyertai kehamilan bisa membahayakan, di antaranya infeksi saluran kemih, hiperkoagulasi, dan anemia. Gejala yang dirasakan bisa saja ringan, namun tetap tidak boleh disepelekan karena dapat menyebabkan komplikasi pada ibu dan janin. Berikut adalah beberapa penyakit yang membahayakan kehamilan:KeputihanKeputihan kerap terjadi pada wanita hamil akibat ketidakseimbangan hormon saat hamil yang akan mengubah keseimbangan kuman normal yang berada pada vagina. Akibatnya vagina terinfeksi kuman yang patogen. Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan yang tidak normal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh bakteri, jamur ataupun parasit. Keputihan pada kehamilan sering disebabkan oleh jamur. Keputihan yang tidak normal d [...]

Sindrom Pra-menstruasi

Sindrom Pra-menstruasi

Sindrom pre-menstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS (pre-menstruation syndrome) merupakan kumpulan gejala fisik, psikologis dan emosi yang terkait dengan proses terjadinya siklus menstruasi wanita. Sekitar 80% - 95% persen perempuan pada usia melahirkan mengalami gejala-gejala pramenstruasi yang dapat mengganggu beberapa aspek dalam kehidupannya. Gejala tersebut dapat diprediksi. Acapkali terjadi secara regular pada dua minggu periode sebelum menstruasi. Hal ini dapat hilang begitu dimulainya pendarahan, namun dapat pula berlanjut setelahnya. Sebagian kecil dari kalangan wanita antara usia 20 hingga 35 tahun dapat mengalami sindrom pra-menstruasi dengan sangat hebat pengaruhnya. Terkadang mengharuskan mereka beristirahat dari kesibukan rutinitias hariannya. Gangguan kesehatan berupa pusing, depresi, perasaan sensitif berlebihan. Gejala tersebut terjadi sekitar dua minggu sebelum haid dan seringkali dianggap hal yang lumrah bagi wanita usia produktif. Menurut suatu penelitian, sekitar 40% kaum wanita yang berada usia kisaran 14 - 50 tahun mengalami sindrom pra-menstruasi. Bahkan survey tahun 1982 di Amerika Serikat menunjukkan, PMS dialami 50% wanita dengan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *