Pertolongan Pertawa Pada Situasi Gawat Darurat yang Perlu Anda Tahu

pertolongan-pertama-gawat-darurat-pingsan.jpg

Situasi gawat darurat tidak mengenal tempat dan waktu. Kecelakaan lalu lintas atau serangan jantung, bisa saja terjadi di rumah ataupun di jalan raya. Mengingat pentingnya langkah-langkah awal dalam menyelamatkan hidup korban, mari kita kenali apa saja langkah-langkah yang dapat kita lakukan ketika bertemu pasien dengan keadaan gawat darurat.

  1. Penurunan kesadaran (Pingsan)
  • Ketika ada korban yang tiba-tiba terjatuh dan mengalami penurunan kesadaran, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa pasien berada pada lingkungan yang aman. Misal jika sedang berada di tengah keramaian lalu lintas, angkat pasien ke daerah aman untuk diberikan pertolongan (kecuali pada keadaan kecelakaan atau trauma).
  • Pastikan bahwa pasien tidak sadar, jika benar pasien tidak sadar maka panggil bantuan dengan menghubungi nomor darurat atau rumah sakit terdekat.
  • Apabila Anda pernah berpartisipasi pada pelatihan bantuan hidup dasar, maka dapat dilakukan perabaan pada arteri nadi karotis, jika tidak teraba, lanjutkan dengan kompresi dada.
  • Jika keadaan nadi pasien teraba, rebahkan pasien dengan dengan posisi miring ke kiri (dengan catatan bahwa pasien bukan pasien trauma). Memiringkan tubuh pasien dapat menjaga ruang pernapasan korban, posisi ini disebut posisi mantap (recovery position).

2. Pertolongan Pertama Pada Kejang Anak

  • Pindahkan anak ke tempat yang aman seperti kasur yang jauh dari benda benda keras dan tajam.
  • Miringkan posisi kepala ke salah satu sisi untuk mencegah anak tersedak.
  • Jangan memasukkan apapun ke dalam mulut selama anak kejang, termasuk memasukkan sendok, makanan, minuman maupun obat obatan.
  • Untuk pemeriksaan lebih lengkap, secepatnya bawa ke rumah sakit terdekat.

3. Pertolongan Pertama Ketika Mimisan

  • Berlawanan dengan kebiasaan yang umum dilakukan, jangan posisikan orang yang sedang mimisan dengan posisi tidur. Hal ini dapat menyebabkan darah masuk ke rongga tenggorokan dan tersedak. Posisikan tubuh dalam keadaan condong ke depan.
  • Lakukan penekanan pada bagian hidung tepat dibawah tulang hidung selama kurang lebih 10 menit.
  • Jika keluhan tidak membaik dan darah banyak yang mengalir, konsultasikan dengan dokter atau unit gawat darurat terdekat, untuk dicari penyebab dan dilakukan penanganan yang lebih tepat seperti pemasangan sumbatan tampon.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Berbagai Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Banyak dari kita melupakan pentingnya minum dua liter atau delapan gelas air putih setiap hari, apalagi untuk Anda yang berada di kantor ber-AC seharian. Padahal air putih berperan penting untuk kesehatan tubuh. Tidak dipungkiri kalau terkadang minum air putih bisa sangat membosankan. Siasati kebosanan ini dengan menambahkan irisan atau perasan lemon. Selain rasanya yang segar, air lemon banyak memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh, seperti yang dirangkum dari Times Of India.1. Perawatan KulitBeberapa produk perawatan kulit yang menjanjikan kulit kencang dan bersinar banyak dijual dengan harga mahal dipasaran. Untuk memangkas biaya belanja produk kecantikan, cobalah air perasan lemon agar kulit sehat dan bersinar. Selain itu ekstrak lemon bermanfaat mengurangi penuaan, komedo dan keriput. 2. Masalah PencernaanSering mengalami masalah pencernaan? Atasi dengan air hangat dan lemon. Air lemon dapat membantu memurnikan darah, mengurangi racun dari tubuh, dan mengurangi risiko timbulnya masalah pencernaan seperti sembelit. Agar hasilnya efektif, minumlah air lemo hangat setiap pagi, setelah bangun tidur3. Pembersih DarahMakanan cepat saji, junk food, makanan berbahan pe [...]

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang dinanti-nantikan seluruh umat muslim di dunia. Mulai dari subuh hingga magrib, seluruh umat muslim menahan lapar dan haus sebagai ibadah kepada Yang Maha Kuasa. Puasa Ramadhan sendiri dapat memberikan dampak kesehatan yang sangat beragam. Namun, bahaya pun mengintai jika puasa tidak dilakukan dengan sehat dan benar. Terutama jika konsumsi makanan saat sahur dan berbukatidak diwaspadai. Beberapa manfaat berpuasa yang baik bagi kesehatan adalah: 1. Penurunan kadar kolesterol dalam darah. Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh. 2. Penurunan berat badan yang baik. Selain bermanfaat bagi kontrol tekanan darah dan kendali kadar gula darah bagi penderita diabetes, seiring dengan terbakarnya lemak tubuh maka akan terjadi juga penurunan berat badan yang akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh. 3. Proses detoksifikasi. Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun y [...]

Hati-Hati, Asma Bisa Menyebabkan Kematian

Hati-Hati, Asma Bisa Menyebabkan Kematian

Banyak orang berpikir bahwa asma adalah gangguan pernafasan ringan dimana pasien hanya mengeluh perasaan sesak ringan. Namun perlu Anda ketahui bahwa serangan asma berat dapat mengancam nyawa. Jadi mari kita kenali lebih jauh mengenai serangan asma. Apa itu Asma? Asma adalah gangguan pernafasan yang ditandai dengan serangan sesak nafas. Asma disebabkan karena saluran udara mengecil atau adanya cairan mukus yang banyak. Pernafasan pasien akan lebih sulit karena saluran udara yang lebih kecil. Pernafasan pasien juga akan menimbulkan bunyi sebagai akibat dari benturan aliran udara dengan saluran udara yang kecil. Bagaimana Asma menyebabkan kematian? Berikut penjelasannya: Bagaimana Asma menyebabkan kematian? Asma menyebabkan kematian dengan menyumbat aliran pernafasan. Walaupun umumnya serangan asma adalah serangan yang ringan, dalam beberapa kasus dapat terjadi serangan asma berat. Serangan asma berat dapat menyebabkan sumbatan saluran nafas yang begitu berat dan menghalangi udara masuk ke alveoli paru-paru, sel yang berperan dalam pertukaran udara. Ketika sumbatan saluran nafas begitu berat, seorang pasien asma akan mengalami serangan sesak nafas yang berat. A [...]

Keistimewaan Sehatnya Yoghurt

Keistimewaan Sehatnya Yoghurt

Apakah Anda termasuk penggemar yoghurt ? Ya, siapa yang tidak mengenal yoghurt. Minuman yang rasanya asam ini sekarang sudah sangat dekat di telinga masyarakat. Minuman yang termasuk produk olahan susu ini mulai banyak dijual dengan berbagai merk dan mudah didapat. Beraneka rasa yang ditawarkan membuat penikmat yoghurt semakin bertambah dari waktu ke waktu. Selain rasanya yang asam dan membuat segar ternyata yoghurt memiliki banyak keistimewaan. Meskipun begitu, ada beberapa kalangan yang tidak menyukai rasa asamnya padahal yoghurt sangat bagus untuk kesehatan. 1. Keistimewaan Kandungan Yoghurt Kita tentu tahu bahwa yoghurt merupakan hasil olahan susu. Berarti dengan mengkonsumsi yoghurt, sama saja kita mengkonsumsi protein hewani, yaitu sekitar 9 gram perotein dalam 6 ons yoghurt. Selain protein, nutrisi lain juga terkandung di dalamnya, seperti kalsium, vitamin B2, vitamin B12, potassium, dan magnesium. 2. Keistimewaan Meningkatkan Pertahanan Tubuh Dan yang tidak bisa kita lupakan adalah adanya kandungan probiotik di dalam yoghurt. Probiotik adalah bakteri baik yang secara normal terdapat dalam sistem saluran cerna manusia. Dengan kita mengonsumsi bakteri baik ini, tentunya da [...]

Katabolisme, Cara Kerja Tubuh dalam Menghasilkan Energi

Katabolisme, Cara Kerja Tubuh dalam Menghasilkan Energi

Berkat energi, kita bisa menjalani segala aktivitas sehari-hari. Namun pernahkah Anda berpikir bagaimana cara tubuh memproduksi energi? Energi pada tubuh dihasilkan oleh proses biokimia bernama katabolisme. Secara garis besar, proses biokimia yang terjadi dalam tubuh kita dinamakan metabolisme. Reaksi metabolisme sendiri terbagi dua, yaitu katabolisme dan anabolisme. Katabolisme adalah proses memecah molekul-molekul kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, kebanyakan diubah menjadi energi. Bentuk sederhana ini kemudian disintesis menjadi molekul-molekul yang lebih kompleks oleh reaksi anabolisme. Reaksi Katabolisme di Tubuh Bingung dengan cara kerja katabolisme? Berikut penjelasannya. Di dalam tubuh terdapat protein. Reaksi katabolisme akan menyederhanakan bentuk protein menjadi asam amino. Asam amino ini dioksidasi menjadi urea dan karbondioksida. Reaksi ini menghasilkan energi. Selain memecah protein, katabolisme juga bisa memecah karbohidrat kompleks (polisakarida) menjadi karbohidrat sederhana (glukosa, fruktosa, dan ribosa). Karbohidrat sederhana ini akan dipecah lagi melalui sebuah reaksi yang dinamakan glikolisis. Dari reaksi inilah energi dihasilkan. Sedangkan lemak [...]

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, namun tiap orang belum tentu mengalami penyebab sakit perut yang sama. Perbedaan penyebab tersebut ditentukan dari lokasi rasa sakit. Salah satunya sakit yang berasal dari bagian sebelah kiri perut. Penyebab rasa sakit perut sebelah kiri pun sangat beragam. Ingin tahu apa saja yang menyebabkan Anda merasakan sakit perut sebelah kiri? Bagian perut sebelah kiri kita terbagi dua, yaitu bagian atas dan bawah. Perbedaan ini turut memengaruhi penyebab rasa sakit yang Anda rasakan. Berikut ini beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas dan bawah yang tergolong lebih serius. Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas: Cedera. Infeksi ginjal. Batu ginjal. Impaksi tinja atau tinja mengeras. Usus besar yang robek. Gastritis atau radang lapisan lambung. Divertikulitis. Peradangan pankreas. Pneumonia. Serangan jantung. Kanker. Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah: Cedera. Radang usus buntu. Infeksi atau batu ginjal. Divertikulitis. Usus besar yang robek. Penyakit Crohn. Kanker. Khusus pada wanita, sakit perut sebelah kiri bagian bawah bisa disebabkan oleh: Kista ovarium. Rasa sakit karena ovulasi. Endometriosis. I [...]

Benarkah Spa Vagina Ratus Dapat Meningkatkan Performa Ranjang?

Benarkah Spa Vagina Ratus Dapat Meningkatkan Performa Ranjang?

Pernah dengar tentang ?ratus?? Spa vagina yang konon diturunkan dari jaman Majapahit dengan teknik penguapan ini memang diperkaya mempunyai banyak manfaat oleh beberapa kalangan.Tapi benarkah tindakan menguapi daerah kewanitaan dengan menggunakan ramuan tradisional ini bisa memberikan dampak positif pada kesehatan? Bahkan di beberapa penyelenggaraan praktiknya, ratus spa vagina diklaim dapat membuat vagina mampu berperforma meningkatkan kebahagiaan rumah tangga dan semakin mudah memuaskan suami. Mungkin tidak. Hingga saat ini tidak ada satu pun jurnal medis yang membenarkan mitos ini menjadi sebuah fakta. Bahkan beberapa ahli kebidanan dan kandungan melarang pasiennya melakukan terapi ratus. Lebih jauh, dari sudut pandang medis ditemukan kekhawatiran dampak dari proses ratus yang ada. Berikut adalah efek samping dari ratus yang dapat membahayakan kesehatan: Dampak dari Ratus: Berikut adalah efek samping dari ratus yang dapat membahayakan kesehatan: 1. Luka Bakar Uap panas yang digunakan dapat mengakibatkan luka bakar di daerah sensitif, terutama bagi mereka yang memiliki dasar kulit peka. 2. Jamur Jamur merupakan organisme yang menyukai tempat hangat dan l [...]

Mouth Guard, Si Pelindung Mulut

Mouth Guard, Si Pelindung Mulut

Oleh: drg. Martha Mozartha Atlet olahraga yang banyak melibatkan kontak fisik rentan untuk mengalami trauma pada gigi. Sebut saja olahraga tinju, rugby, football, dan olahraga lainnya yang beresiko tinggi untuk terjadi kecelakaan pada wajah, mulut dan sekitarnya. Untuk melindungi gigi dan jaringan lunak jika kecelakaan tak terhindarkan, dibuatlah alat yang disebut mouth guard. Umumnya atlet di cabang olahraga tertentu diharuskan untuk memakai alat ini, dan ada juga sekolah-sekolah yang mewajibkan murid-murid menggunakan mouth guard pada saat pelajaran olahraga tertentu. Selain penggunaan di bidang olahraga, mouth guard juga memiliki kegunaan di bidang medis. Alat ini dapat digunakan sebagai splint pada penderita kelainan sendi rahang (temporomandibular/TMJ disorder) dan bruxism. Bruxism adalah kebiasaan buruk mengerat tidur tanpa sadar terutama saat tidur malam, dan dapat menyebabkan permukaan gigi menjadi aus. Oleh karena itu mouth guard digunakan untuk melindungi gigi. Alat ini umumnya terbuat dari material plastik. Ada beberapa jenis mouth guard yang dapat digunakan: Stock/Ready made mouth guard. Jenis ini sudah dibuat di pabrik dengan berbagai ukuran tapi tidak [...]

5 Tips Mudah Redakan Sakit Punggung

5 Tips Mudah Redakan Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Dikutip dari Health, 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami sakit punggung beberapa kali dalam hidup mereka. Bahkan 5 dari 10 orang tercatat menderita sakit punggung setiap tahunnya.Rasa sakit pada punggung, baik yang ringan atau kronis tentunya akan menghambat aktivitas karena Anda tidak bisa bergerak bebas. Banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit punggung. Beberapa di antaranya posisi duduk yang kurang tepat, trauma otot karena cedera atau kecelakaan, juga peradangan karena penyakit tulang seperti arthritis.Untuk menyembuhkan sakit punggung, terutama yang sudah akut memang diperlukan perawatan medis dari dokter. Tapi Anda bisa meredakan rasa sakitnya dengan lima tips yang dikutip dari Lifemojo berikut ini. 1. KalsiumKalsium membantu membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis pada tulang belakang. Jika sakit pada punggung belum terlalu parah, biasakan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, sayuran berdaun hijau, wijen, keju, yoghurt dan ragi. Tulang ikan juga merupakan sumber kalsium. Untuk mengonsumsinya, masak dengan cara dipresto atau pepes agar tulangnya lunak dan bisa dimakan.2 [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *