Perut Kembung dan Penyebabnya

perut-kembung-dan-penyebabnya.jpg

Perut kembung umumnya ditandai dengan perut yang terasa penuh, keras dan sedikit membengkak. Perut kembung merupakan jenis keluhan pencernaan yang sering terjadi dan sering dialami oleh orang dewasa.

Gejala utama dari kondisi perut kembung biasanya cenderung samar-samar. Penderita perut kembung cenderung akan merasakan keluhan perut yang terasa tidak nyaman dan keras. Penyebab dari perut yang kembung ini adalah adanya kelebihan gas yang menyebabkan rasa sakit, sendawa yang terus menerus terjadi hingga perut yang terasa bergejolak. Biasanya, mereka yang mengalami perut kembung cenderung tidak dapat beraktivitas seperti biasa karena rasa tidak nyaman pada perut dan harus berisitirahat di rumah. Jika perut kembung sering terjadi, maka intensitas konsumsi obat-obatan pun cenderung tinggi.

Berikut ini penyebab terjadinya perut kembung:
1. Terlalu banyak menelan udara.
2. Sembelit atau sulit buang air besar.
3. Heartburn, atau perut yang terasa panas karena adanya asam lambung yang naik.
4. Kondisi irritable bowel syndrome atau gangguan pencernaan yang menyebabkan perut sering bermasalah. Salah satu gejala yang ditimbulkan adalah perut kembung.
5. Alergi terhadap produk-produk yang berbahan susu.
6. Kebiasaan makan terlalu cepat, mengunyah terburu-buru dan menelan terburu-buru.
7. Peningkatan bobot tubuh.
8. Adanya pertumbuhan bakteri dalam usus kecil yang berlebihan dan melampaui batas normal.
9. Menstruasi.
10. Adanya parasit yang menghuni bagian dalam usus atau kondisi yang disebut sebagai giardasis.
11. Bentuk atau struktur pencernaan yang tidak normal.
12. Konsumsi obat-obatan yang menimbulkan efek samping berupa perut kembung.
13. Adanya konsumsi gula pengganti sejenis fruktosa dan sorbitol yang tidak dapat ditolerir oleh perut sehingga perut bereaksi mengalami kembung.

Perut kembung terkadang juga merupakan indikasi adanya kondisi medis yang lebih serius seperti:

1. Adanya penumpukan cairan yang berkumpul di dalam rongga perut atau area ascites yang merupakan hasil dari kanker, penyakit liver, kondisi gagal ginjal, kondisi gagal jantung bawaan lahir dan adanya penyakit lainnya.

2. Kondisi penyakit celiac atau intoleransi terhadap gluten dalam gandum.

3. Kanker ovarium.

4. Adanya jumlah cairan enzim pencernaan yang diproduksi oleh pankreas yang tidak mencukupi bagi tubuh.

Untuk mencegah terjadinya perut kembung, beberapa hal yang bersifat mengubah kebiasaan dan gaya hidup dapat dilakukan sebagai berikut:

1.Jangan terbiasa mengunyah permen karet karena udara dapat tertelan masuk ke dalam lambung dan menyebabkan kembung.
2.Batasi konsumsi minuman terkarbonasi atau mengandung gas buatan tambahan.
3.Hindari makanan yang dapat menyebabkan gas menumpuk dalam pencernaan seperti sayur kol, kacang yang dikeringkan dan lentil.
4.Konsumsi makanan secara perlahan.
5.Hindari kebiasaan minum menggunakan sedotan.
6.Kurangi kelebihan bobot tubuh yang membuat berat badan dan tinggi badan tidak seimbang.
7.Konsumsi minuman dan makanan berbahan dasar susu yang bebas laktosa.

Jika keluhan perut kembung disertai juga dengan rasa sakit pada perut, feses yang berwarna kehitaman karena tercampur dengan darah, diare, rasa terbakar pada perut yang semakin menjadi-jadi, kondisi muntah dan berat badan yang susut tanpa ada sebab pasti, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Khasiat Nanas Bagi Tubuh

Khasiat Nanas Bagi Tubuh

Tampilan buah nanas yang kuning menyegarkan, menjadi ciri khas sajian segar khas iklim tropis yang juga menyehatkan. Tanpa banyak diketahui, buah nanas juga mengandung berbagai nutrisi menyehatkan untuk tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin dan secukupnya. Berikut ini berbagai manfaat kesehatan yang terkandung di dalam buah nanas. 1.Nanas mengandung separuh dari kadar asupan harian vitamin CVitamin C merupakan salah satu antioksidan yang diperlukan tubuh untuk melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.Dengan memenuhi separuh dari kadar asupan harian yang direkomendasikan bagi tubuh, vitamin C dapat menjadi nutrisi pelindung tubuh dari penyakit jantung dan sakit pada persendian. 2.Untuk kekuatan tulang Buah nanas memiliki nutrisi baik bagi tulang yang seringkali tidak disadari keberadaannya. Di dalam buah nanas, terdapat sekitar 75% dari total rekomendasi asupan harian mineral mangan, yang penting untuk memperkuat tulang serta jaringan-jaringannya. Konsumsi mangan yang teratur dapat mencegah timbulnya kondisi osteoporosis pada wanita yang baru saja memasuki masa menopause. 3.Untuk kesehatan mata Buah nanas memiliki kandungan yang dapat mengurangi risiko terjadinya macu [...]

Mandi Matahari, Ini Manfaatnya

Mandi Matahari, Ini Manfaatnya

Selama ini Anda mungkin banyak mendapatkan saran untuk seminal mungkin terpapar sinar matahari. Kanker kulit adalah salah satu mengapa sebaiknya Anda menghindari matahari. Padahal, sinar matahari menyimpan banyak manfaat kesehatan alami yang tidak mungkin dapat digantikan oleh medium apapun, dan manusia memerlukannya. Meski banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa sinar matahari berpotensi besar menyebabkan penyakit kanker kulit, namun jarang ada penelitian yang sanggup mengonfirmasi maupun menyediakan bukti, sinar mataharilah penyebab kanker kulit. Manfaat utama sinar matahari bagi kesehatan terletak pada kekayaan vitamin D alami yang ada di dalamnya. Kadar vitamin D dalam tubuh yang tinggi dan dominan, akan membantu meningkatkan imunitas tubuh terhadap penyakit, serta menurunnya risiko mengalami tekanan darah tinggi, diabetes, stroke maupun serangan jantung. Sedangkan kekurangan vitamin D yang bersumber dari matahari, meningkatkan risiko kita menderita berbagai macam penyakit hingga mencapai 1000 persen. Bagi Anda yang kurang menyukai paparan sinar matahari karena berbagai alasan, suplemen yang mengandung vitamin D kini memang sudah tersedia di pasaran. Namun, suplemen tersebut [...]

Obat untuk Gatal Tanpa Ruam

Obat untuk Gatal Tanpa Ruam

Bila Anda mengalami gatal tanpa ruam, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengobati rasa gatal tanpa ruam. Yaitu: 1. Lebih banyak minum air dan makan buah-buahan, kecuali selain mangga dan nanas. 2.Rajinlah mengonsumsi sayuran berdaun hijau dan kurangi makanan yang digoreng, berminyak, cepat saji, telur, dan daging merah. 3. Gunakan pelembap kulit sekali atau dua kali sehari pada area yang gatal. 4. Gunakan krim atau losion antigatal yang dapat diperoleh di apotek. 5. Jangan menggaruk agar tidak timbul luka. Selain itu, potong kuku pendek atau gunakan sarung tangan untuk mencegah garukan yang menimbulkan luka. 6. Berikan kompres dingin di area yang gatal untuk menutupi area tersebut agar tidak bisa digaruk. 7. Mandi air dingin. 8. Kenakan pakaian lembut dan berbahan katun agar kulit tidak iritasi. 9. Gunakan sabun dan detergen yang tidak ditambahkan pewangi atau pewarna.Bilas beberapa kali hingga air sabun dan air sabun pada cucian benar-benar hilang. Sementara itu, untuk pengobatan medis dan terapi dalam mengatasi gatal tanpa ruam, berikut pilihannya: 1. Antihistamin yang langsung dioleskan pada area yang gatal. 2. Krim corticosteroid yang dioleskan pada area yang gatal [...]

10 Cara Menghilangkan Ngantuk yang Efektif

10 Cara Menghilangkan Ngantuk yang Efektif

Merasa ngantuk karena harus masuk kantor pada pagi hari? Atau, Anda berangkat lebih pagi demi menghindari kemacetan? Mengantuk di pagi hari dapat membuat Anda kehilangan konsentrasi dan mengganggu pekerjaan. Mengantuk juga berbahaya bila Anda sedang menyetir atau menaiki transportasi umum. Untung saja, ada cara menghilangkan ngantuk di pagi hari selain memperbaiki pola tidur harian seperti berikut ini: Kafein Kafein yang biasanya didapatkan dari kopi dan teh akan memicu fight or flight response. Alhasil, kafein bisa membuat Anda tidak ngantuk atau terjaga dengan mengoptimalkan metabolisme tubuh karena jantung memompa darah lebih cepat. Kafein dalam jumlah cukup juga sanggup meningkatkan konsentrasi, refleks, dan kemampuan mengingat. Namun, jika kafein dikonsumsi berlebihan, Anda bisa mengalami sakit kepala, gelisah, dan sulit tidur. Guarana Guarana adalah tanaman dari Brazil yang efeknya lebih kuat daripada kopi. Guarana bisa dikonsumi dalam bentuk energy bar, minuman berenergi, serta suplemen berbentuk tablet. Pastikan Anda mengonsumsi guarana secukupnya, ya! Air Menciprati wajah dengan air dingin dan mandi dengan air dingin adalah cara menghilangkan ngantuk yang bisa memba [...]

Ciri Tahi Lalat Berpotensi Menjadi Kanker

Ciri Tahi Lalat Berpotensi Menjadi Kanker

Konon katanya, tahi lalat merupakan pemanis wajah. Namun, tak semua tahi lalat membuat kita semakin manis. Faktanya tahi lalat dapat juga berbahaya dan berpotensi menjadi kanker. Kanker yang dimaksudkan di sini merupakan jenis kanker kulit, yang akan semakin meningkat potensinya apabila terdapat riwayat serupa pada keluarga (perkembangan tahi lalat menjadi kanker). Lakukan pemeriksaan fisik secara rutin untuk mendeteksi munculnya tahi lalat baru terlebih jika terdapat riwayat melanoma/ kanker kulit pada keluarga. Pemeriksaan fisik secara rutin dianjurkan setidaknya sekali dalam sebulan. Meskipun mayoritas tahi lalat bersifat jinak dan tidak berpotensi mengalami perubahan ke arah keganasan, namun tahi lalat yang timbul pada usia dewasa dan memiliki tampilan yang berbeda dari tahi lalat pada umumnya lah yang perlu diwaspadai. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memeriksa tahi lalat: 1.Asymmetry (bentuk) : evaluasi apakah tahi lalat Anda memiliki bentuk yang asimetris atau tidak berimbang antara kedua sisinya. 2.Border (tepi) : tahi lalat dengan tepi yang tidak regular, kasar permukaannya, dan tampak kabur membutuhkan evaluasi lebih lanjut akan kemungkinan per [...]

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Kesuburan dan kesehatan sperma, adalah hal faktor penting untuk keberhasilan pembuahan, selain kualitas sel telur yang baik. Bukan hanya kuantitas sperma yang cukup, namun juga kualitas yang baik dari setiap sel sperma yang berenang menuju sel telur. Sperma pria akan selalu diproduksi dalam tubuh pria yang sehat. Yang pertama dan terutama dari keberhasilan kehamilan adalah sperma yang sehat yang bertemu dengan sel telur yang rutin dihasilkan setiap bulan. Kualitas sperma pada pria diukur dari jumlah sperma, bentuk sperma atau morfologi sperma serta mobilitas atau kemampuan berenang sperma. Jumlah sperma pada sperma berkualitas ditentukan oleh jumlah sperma yang ada dalam volume mani pria. Jumlah sperma yang normal dalam air mani adalah sekitar 15 juta per mililiter atau bahkan lebih. Setiap berejakulasi, sekitar 4 juta sperma ada di dalam air mani yang keluar. Semakin banyak jumlahnya, semakin besar kesempatan mengandung pada wanita. Penentuan kualitas sperma pria yang kedua, dilihat dari bentuk dan ukuran dari masing-masing sperma. Sperma yang normal memiliki kepala oval dan ekor panjang, namun ada kalanya, sperma memiliki kekurangan, seperti kepala yang tidak oval sempurna dan ek [...]

Fakta dan Mitos Selulit

Fakta dan Mitos Selulit

Selulit memang bukan suatu penyakit yang harus Anda sembuhkan. Meski begitu, keberadaan selulit membuat si pemiliknya tidak nyaman dan sangat mengganggu penampilan. Selulit merupakan gumpalan kecil yang ada pada permukaan kulit (terlihat seperti kulit jeruk Sunkist). Namun, jangan menggunakan kosmetik atau obat-obatan yang berbahaya untuk menghilangan selulit tersebut. Berikut beberapa mitos dan fakta mengenai selulit: 1.Mitos: Selulit disebabkan oleh racun yang ada pada tubuh Anda Pada beberapa produk obat yang dijual bebas di pasaran mengklaim dapat mengatasi dan menghilangkan kotoran dan racun yang ada di dalam tubuh, termasuk selulit. Padahal selulit terjadi karena adanya timbunan lemak yang mendorong melalui lapisan serat kolagen atau jaringan ikat yang terjadi di bawah kulit. Selulit umumnya terjadi di bokong, sekitar paha, lengan, perut, dan tempat-tempat lainnya. Jika Anda kurang bergerak atau tidak melakukan aktivitas fisik maka lemak akan semakin menumpuk dan menyebabkan sirkulasi yang buruk. dr. Cheryl Karcher, doter kulit dari New York City menegaskan kembali bahwa selulit bukan terbentuk karena racun. 2.Fakta: Wanita lebih banyak yang mengalami selulit daripada pria Wa [...]

Honey Lemon Shot, Ini Manfaatnya

Honey Lemon Shot, Ini Manfaatnya

Honey lemon shot adalah tren terbaru gaya hidup sehat yang dipopulerkan oleh beauty blogger, Alodita. Sesuai namanya, honey lemon shot memadukan kesegaran sari lemon dan madu. Minuman satu teguk ini juga dianggap sebagai sarapan berenergi. Bagi Anda yang sering mengalami reaksi alergi (rhinitis) berupa flu dan radang tenggorokan ketika bangun di pagi hari, honey lemon shot bisa menjadi solusi yang sehat dan alami. Menurut Alodita, manfaat honey lemon shot yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Apakah Anda ingin mencoba membuat honey lemon shot? Inilah resep honey lemon shot. Bahan: � buah lemon impor. 1 sendok makan madu organik. Cara Membuat: Siapkan gelas sloki berukuran kecil. Tuangkan 1 sendok makan madu ke dalamnya. Jika Anda ingin lebih manis, tambahkan 1 sendok madu lagi. Peras sari lemon ke dalam gelas. Campurkan hingga rata. Minumlah honey lemon shot ini secara rutin setiap pagi sebelum mengonsumsi apa pun. Lalu, minum segelas air hangat. Tunggulah sekitar setengah jam sebelum Anda akan menyantap sarapan. Sebenarnya, lemon lokal pun tidak masalah bila memang lemon impor tidak tersedia [...]

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Siapa tak kenal cokelat? Rasanya yang lezat, membuat cokelat disukai banyak orang. Tapi, tak sedikit orang yang beranggapan bahwa cokelat bisa menyebabkan gigi berlubang ataupun menyebabkan kulit berjerawat. Padahal, nyatanya cokelat mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh lho. Cokelat berasal dari tanaman cocoa yang memiliki kandungan flavonoids yang tinggi. Flavonoids adalah bahan alami yang ada pada tanaman. Flavonoids bekerja efektif melindungi tanaman dari racun dan memperbaiki kerusakan sel. Hingga cocoa diolah menjadi cokelat yang siap dikonsumsi, flavonoids masih tersimpan degan baik di dalamnya. Bagi tubuh manusia, flavonoids berfungsi sebagai antioksidan. Flavonoids di dalam cokelat sama dengan flavonoids yang ada di dalam buah dan sayuran lainnya. Dengan peran antioksidannya yang melindungisel-sel tubuh dari radikal bebas. Di dalam cokelat, jenis flavonoids yang terkandung adalah flavanols. Selain mengandung antioksidan, flavanols juga memberikan manfaat kesehatan bagi pembuluh darah, dengan menurunkan tekanan darah, memperbaiki aliran darah ke jantung dan otak, serta menciptakan sel-sel dalam darah yang tidak lengket dan mudah membeku. Flavanols juga ter [...]

Mencegah Serangan Virus Ebola

Mencegah Serangan Virus Ebola

Petugas kesehatan dan keluarga serta teman-teman yang kontak dengan pasien Ebola berada pada risiko tertinggi untuk turut terkena virus Ebola. Keganasan virus Ebola juga tidak bisa dianggap sepele. Oleh karena itu, ketika kasus penyakit Ebola muncul, risiko penularan pun meningkat dalam fasilitas kesehatan. Maka, petugas kesehatan harus mampu mengenali kasus Ebola, siap menggunakan protokol isolasi, penggunaan barrier, memiliki kemampuan untuk meminta tes diagnostik atau mempersiapkan sampel untuk pengiriman serta pengujian di tempat lain. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib dilakukan para petugas kesehatan saat menangani kasus virus Ebola: 1. Mengenakan pakaian pelindung seperti masker, sarung tangan, jubah, dan kacamata. 2. Menggunakan langkah-langkah pengendalian infeksi seperti peralatan sterilisasi lengkap dan penggunaan disinfektan secara rutin. 3. Mengisolasi pasien Ebola dari kontak dengan orang-orang yang tidak dilindungi. Tujuan dari teknik ini adalah menghindari kontak dengan darah atau cairan dari pasien yang terinfeksi. Pasalnya, virus ebola menyebar melalui kontak langsung. Jadi, jika seorang pasien dengan Ebola meninggal, kontak langsung dengan tubuh pasien meningg [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *