Perut Kembung dan Penyebabnya

perut-kembung-dan-penyebabnya.jpg

Perut kembung umumnya ditandai dengan perut yang terasa penuh, keras dan sedikit membengkak. Perut kembung merupakan jenis keluhan pencernaan yang sering terjadi dan sering dialami oleh orang dewasa.

Gejala utama dari kondisi perut kembung biasanya cenderung samar-samar. Penderita perut kembung cenderung akan merasakan keluhan perut yang terasa tidak nyaman dan keras. Penyebab dari perut yang kembung ini adalah adanya kelebihan gas yang menyebabkan rasa sakit, sendawa yang terus menerus terjadi hingga perut yang terasa bergejolak. Biasanya, mereka yang mengalami perut kembung cenderung tidak dapat beraktivitas seperti biasa karena rasa tidak nyaman pada perut dan harus berisitirahat di rumah. Jika perut kembung sering terjadi, maka intensitas konsumsi obat-obatan pun cenderung tinggi.

Berikut ini penyebab terjadinya perut kembung:
1. Terlalu banyak menelan udara.
2. Sembelit atau sulit buang air besar.
3. Heartburn, atau perut yang terasa panas karena adanya asam lambung yang naik.
4. Kondisi irritable bowel syndrome atau gangguan pencernaan yang menyebabkan perut sering bermasalah. Salah satu gejala yang ditimbulkan adalah perut kembung.
5. Alergi terhadap produk-produk yang berbahan susu.
6. Kebiasaan makan terlalu cepat, mengunyah terburu-buru dan menelan terburu-buru.
7. Peningkatan bobot tubuh.
8. Adanya pertumbuhan bakteri dalam usus kecil yang berlebihan dan melampaui batas normal.
9. Menstruasi.
10. Adanya parasit yang menghuni bagian dalam usus atau kondisi yang disebut sebagai giardasis.
11. Bentuk atau struktur pencernaan yang tidak normal.
12. Konsumsi obat-obatan yang menimbulkan efek samping berupa perut kembung.
13. Adanya konsumsi gula pengganti sejenis fruktosa dan sorbitol yang tidak dapat ditolerir oleh perut sehingga perut bereaksi mengalami kembung.

Perut kembung terkadang juga merupakan indikasi adanya kondisi medis yang lebih serius seperti:

1. Adanya penumpukan cairan yang berkumpul di dalam rongga perut atau area ascites yang merupakan hasil dari kanker, penyakit liver, kondisi gagal ginjal, kondisi gagal jantung bawaan lahir dan adanya penyakit lainnya.

2. Kondisi penyakit celiac atau intoleransi terhadap gluten dalam gandum.

3. Kanker ovarium.

4. Adanya jumlah cairan enzim pencernaan yang diproduksi oleh pankreas yang tidak mencukupi bagi tubuh.

Untuk mencegah terjadinya perut kembung, beberapa hal yang bersifat mengubah kebiasaan dan gaya hidup dapat dilakukan sebagai berikut:

1.Jangan terbiasa mengunyah permen karet karena udara dapat tertelan masuk ke dalam lambung dan menyebabkan kembung.
2.Batasi konsumsi minuman terkarbonasi atau mengandung gas buatan tambahan.
3.Hindari makanan yang dapat menyebabkan gas menumpuk dalam pencernaan seperti sayur kol, kacang yang dikeringkan dan lentil.
4.Konsumsi makanan secara perlahan.
5.Hindari kebiasaan minum menggunakan sedotan.
6.Kurangi kelebihan bobot tubuh yang membuat berat badan dan tinggi badan tidak seimbang.
7.Konsumsi minuman dan makanan berbahan dasar susu yang bebas laktosa.

Jika keluhan perut kembung disertai juga dengan rasa sakit pada perut, feses yang berwarna kehitaman karena tercampur dengan darah, diare, rasa terbakar pada perut yang semakin menjadi-jadi, kondisi muntah dan berat badan yang susut tanpa ada sebab pasti, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kecelakaan Lalu Lintas: Penyakit Tidak Menular. Benarkah?

Kecelakaan Lalu Lintas: Penyakit Tidak Menular. Benarkah?

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu kejadian yang tidak terduga, tidak direncanakan dan tidak diharapkan yang terjadi di jalan raya. Kecelakaan lalu lintas juga bisa diakibatkan dari suatu kesalahan akitivitas manusia di jalan raya. Akibat dari kecelakaan lalu lintas sendiri yakni luka, sakit, cacat tubuh, kerugian baik pada manusia, barang maupun lingkungan. Banyak yang belum menyadari, kecelakaan lalu lintas itu sendiri ternyata merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang mempengaruhi semua sektor kehidupan dan menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kecelakaan lalu lintas termasuk ke dalam penyakit tidak menular. Seperti yang kita ketahui, penyakit tidak menular (PTM) merupakan salah satu masalah kesehatan yang menjadi perhatian nasional maupun global. Masalah PTM pada akhirnya tidak hanya menjadi masalah kesehatan saja, tapi sudah masuk ke dalam ranah kecelakaan lalu lintas. Indonesia sendiri mempunyai catatan kelam kecelakaan lalu lintas jalan raya. Dalam tiga tahun terakhir 2010-2012 setidaknya pada setiap tahunnya sebanyak delapan puluhan jiwa tewas sia-sia di jalan raya. Angka kecelakaan tersebut merupakan 2,1% dari angka kematian global, dan [...]

Bebas Sakit dengan Sabun Antibakteri

Bebas Sakit dengan Sabun Antibakteri

Setiap hari, Anda tanpa sadar menyentuh berbagai tempat bersarangnya kuman. Sebut saja, tangga, pegangan di bis, tombol lift, pintu, keyboard komputer, hingga tangan orang lain. Kuman lalu menyebar saat Anda melakukan kontak dengan orang lain. Bahkan menyentuh mata, hidung, dan mulut sendiri bisa mengakibatkan penyebaran kuman. Lingkungan sekitar kian hari semakin kotor dan dicemari polusi, sehingga mempermudah penyebaran kuman penyebab penyakit. Beberapa rumah sakit ternama di 6 kota besar di Indonesia mengungkapkan bahwa terdapat 5 penyakit umum sering diderita yaitu batuk, diare, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), flu, dan demam. Selain tercemar polusi, 5 penyakit ini makin rentan menyerang seseorang yang tinggal di daerah berpenduduk padat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada tahun 2011, kasus penyakit diare di Indonesia meningkat hingga 37% dari tahun 2000 ? 2010. Oleh karena itu, penduduk yang tinggal di kota besar makin rentan sakit. Apalagi penyebaran penyakit ini bisa melalui udara maupun kontak fisik. Di sinilah pentingnya memberikan perlindungan ekstra bagi keluarga dan diri sendiri dari kuman. Misalnya, memastikan hanya mengonsumsi air minum yang bersih, me [...]

Mengatasi Sulit Tidur

Mengatasi Sulit Tidur

Bagaimana mengatasisulit tidur ? atau selalu baru mulai tidur diatas jam 12 malam? Berbahayakah kebiasaan ini bagi kesehatan kita? Berikut ulasannya tentang tidur dan bagaimana mengatasi masalah sulit tidur Anda. Ya, kurang tidur tentunya dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh (immune system) seseorang.Fakta dari penelitian mengatakan, bahwa seseorang yang kurang tidur dan kualitas tidurnya juga buruk, akan lebih mudah sakit ketika terpapar virus seperti common cold (flu). Kurang tidur juga bisa mempengaruhi kecepatan penyembuhan dari suatu penyakit. Selama tidur, sistem kekebalan tubuh melepas proteincytokines, zat inilah yang akan ditingkatkan oleh tubuh ketika terjadi infeksi, peradangan (inflamasi) atau saat seseorang sedang stres. Intinya, jika kurang tidur, bisa menurunkan kadar zat pelindung ini. Sebaiknya, tubuh memang harus mendapatkan istirahat dalam jumlah yang cukup untuk melawan penyakit. Jika gangguan tidur (sleep disorder) ini terjadi dalam jangka panjang, bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah (cardiovascular). Orang dewasa, setidaknya membutuhkan waktu tidur 7-8 jam, remaja membutuhkan tidur sel [...]

10 Pasangan Makanan Sehat

10 Pasangan Makanan Sehat

Pernah mendengar istilah "dua lebih baik daripada satu"? Ternyata hal ini juga berlaku dalam hal kesehatan dan makanan bernutrisi. Satu makanan yang dipadankan dengan makanan lain, selain lebih nikmat, kadang lebih maksimal dalam memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, ketimbang satu macam saja. Berikut ini beberapa kombinasi makanan sehat yang dapat menjadi pilihan Anda. 1.Tomat dan kacang-kacangan Olahan yang mencampurkan tomat dan kacang-kacangan dapat membantu menaikkan kadar zat besi dalam tubuh untuk fungsi otak dan otot yang lebih baik. Tubuh manusia pada kondisi normal akan menyerap 33 persen zat besi yang berasal dari tumbuhan dibandingkan dengan zat besi yang ada di dalam daging. Penyerapan zat besi dapat semakin maksimal jika didampingi dengan sumber vitamin C seperti tomat. 2.Teh hijau dan air perasan lemon Saat dikonsumsi secara bersamaan, dosis antioksidan catechins dari teh hijau dan lemon yang dilipatgandakan. Antioksidan ini terbukti menjaga kesehatan jantung, apalagi dengan tambahan jus lemon untuk memecahkan catechins di dalam pencernaan sehingga lebih mudah diserap tubuh. 3.Yogurt dan pisang Yogurt dan pisang merupakan makanan utama setelah berolahraga u [...]

5 Hal yang Perlu Anda Tanya ke Apoteker

5 Hal yang Perlu Anda Tanya ke Apoteker

Salah satu orang penting yang harus diikutsertakan ke dalam tim kesehatan Anda adalah seseorang yang selama ini mungkin Anda enggan ajak bicara: Apoteker atau ahli farmasi di apotik terdekat. Banyak orang berpikir apoteker hanyalah petugas peramu resep dokter. Tapi sebenarnya, apoteker menawarkan berbagai layanan perawatan yang dibutuhkan oleh pasien. "Apoteker dapat melihat seluruh gambaran di sekitar obat pasien yang mungkin tidak disadari pihak lain," kata Scott A. Fields, MD, MHA, profesor dan wakil ketua departemen kedokteran keluarga di Oregon Health & Science University ( OHSU) School of Medicine. "Rata-rata pasien bertemu apoteker tiga sampai 10 kali lebih sering dibanding bertemu dokter," kata Brad Tice, PharmD, pemimpin produk untuk manajemen terapi pengobatan di Cardinal Health, sebuah perusahaan layanan kesehatan di Dublin, Ohio. "Jadi dialog antara apoteker dan pasien sangat penting bagi kesehatan pasien secara keseluruhan," Yen Pham, RPh, direktur pelayanan farmasi di Oregon Health & Science University menyetujui. Apoteker dapat memainkan peran penting dalam kepatuhan pasien terhadap petunjuk pemakaian obat yang diberikan oleh dokter, seperti yang ditunjukkan [...]

Demam, Ini Sebabnya

Demam, Ini Sebabnya

Demam bisa muncul tiba-tiba tanpa diketahui sebabnya. Seseorang disebut demam ketika suhu tubuhnya meningkat di atas 38 C. Demam umumnya terjadi sebagai perlawanan tubuh terhadap infeksi yang menyerang tubuh. Umumnya penyebab demam bisa diketahui setelah tiga hari, melalui pemeriksaan darah. Demam biasanya disertai beberapa gejala seperti; sakit kepala, nyeri otot, menggigil, lemas, pusing, dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa penyebab demam dan efek sampingnya: 1. Demam akibat virus Demam akibat virus adalah jenis demam yang paling sering dialami oleh orang dewasa. Biasanya, tidak hanya demam, penderitanya juga akan mengalami hidung meler, sakit tenggorokan, batuk, suara serak dan rasa sakit pada otot. Selain itu, virus juga dapat menyebabkan terjadinya diare, muntah dan rasa tidak nyaman pada perut. Demam akibat virus, akan sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah konsumsi obat yang mengandung decongestan dan obat anti demam yang tidak memerlukan resep. Tidak diperlukan antibiotik dalam proses penyembuhan demam akibat virus. Jika disertai diaredan mual, segera ganti cairan tubuh dengan mengonsumsi minuman elektrolit. Demam yang diakibatkan virus ini [...]

Popcorn Camilan Sehat

Popcorn Camilan Sehat

Di luar dugaan, banyak yang tidak pernah menyangka jika makanan ringan yang sering jadi teman nonton ini adalah camilan yang sebenarnya sehat bagi tubuh. Popcorn, atau berondong jagung, menyimpan nutrisi bagi tubuh dan memiliki cita rasa yang enak, tidak kalah dari keripik maupun kue. Di dalam popcorn, terdapat nutrisi dari biji-bijian berupa jagung, serta manfaat serat dan antioksidan. Namun, popcorn yang sudah ditambahi banyak taburan garam, olesan mentega yang memiliki lemak trans serta gula dan penambah rasa dapat mengubah popcorn yang menyehatkan menjadi makanan yang tidak sehat. Popcorn termasuk jenis camilan sehat berkat keberadaan beberapa aspek nutrisi berikut: 1.Whole grain atau biji-bijian utuh Di dalam biji-bijian utuh ini terdapat bagian katul biji, bagian yang disebut germ dan bagian yang disebut endosperm. Bagian germ dari biji-bijian mengandung minyak menyehatkan, vitamin E, protein, banyak sekali vitamin B dan mineral. Sementara itu, bagian bran atau katul mengandung banyak serat dan vitamin B, mineral, protein serta antioksidan. Terakhir pada bagian endosperm, terdapat kandungan zat tepung yang kaya protein dan serat. Karena terbuat dari biji-bijian jagung, popcor [...]

Cara Sehat Menggunakan Toilet Umum

Cara Sehat Menggunakan Toilet Umum

Menggunakan toilet umum ? Tidak ada tempat senyaman rumah. Hal yang sama berlaku untuk toilet. Tapi apa daya, kita tidak bisa selalu menggunakan toilet di rumah. Saat bepergian, mau tak mau kita harus menggunakan toilet umum untuk menuntaskan urusan biologis. Jika mau jujur, pasti ada keraguan di benak kita mengenai higienitas toilet umum. Tak perlu dipaparkan mengapa, semua tahu penyebabnya. Lalu, bagaimana seharusnya kita memandang toilet umum, terutama bagaimana agar kita tidak tercemar kuman yang berasal dari sana? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai tips penggunaan toilet umum yang dapat Anda terapkan. Seberapa kotorkah toilet umum ? Ketika Anda menyiram kotoran sesudah BAB, semua 'hal-hal buruk' lenyap. Penelitian menemukan bahwa model toilet duduk, karena ada penutupnya, tak terlalu terkontaminasi kuman (dudukannya). Sedangkan model toilet tak berpenutup menghasilkan 500 sampai beberapa ribu bakteri di setiap sentimeter persegi area sekitarnya, tergantung pada seberapa sering toilet itu dibersihkan. Bagaimana agar kita tetap bersih setelah menggunakan toilet umum ? Bersihkan dudukan toilet dengan tisu yang tersedia atau tisu milik Anda sendiri. Itu akan memberikan sedik [...]

Arti Keringat di Malam Hari

Arti Keringat di Malam Hari

Berkeringat identik dengan kegiatan fisik intens, atau sebagai reaksi kepanasan akibat udara terik di siang hari. Saat Anda berkeringat di malam hari tanpa adanya udara yang panas maupun aktivitas fisik yang mengakibatkan munculnya keringat, maka terdapat berbagai kemungkinan penyakit yang harus diwaspadai. Biasanya, kondisi berkeringat di malam hari terjadi selama Anda tidur. Inilahbeberapa penyebab keluarnya keringat berlebih: 1.Mengosumsi obat-obatan yang memiliki efek samping berkeringat berlebihan. Obat-obatan seperti ini biasanya digunakan untuk mengobati depresi (antidepresan), terapi hormon, serta menurunkan level gula darah atau obat yang termasuk jenis agen hipoglikemik. 2.Menderita penyakit dengan reaksi berkeringat di malam hari, di antaranya: ?Rasa cemas yang berlebihan ?Kerusakan pada saraf otonom ?Infeksi bakteri yang dikenal dengan nama brucellosis ?Sindrom carcinoid yang merupakan efek samping dari adanya tumor yang mengandung kanker. ?Infeksi pada dinding jantung atau kondisi yang disebut sebagai endocarditis. ?HIV/AIDS. ?Penyakit Hodgkin?s atau Hodgkin?s lymphoma. ?Tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroidism. ?Kanker darah atau leukemia. ?Reaksi pada wanita yan [...]

Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Buah pisang adalah salah satu buah tropis dengan rasa lezat yang bisa dinikmati langsung ataupun diolah menjadi berbagai menu makanan. Karena itu, manfaat buah pisang, membuatnya menjadi buah yang banyak dikonsumsi orang. Tidak hanya kaya akan karbohidrat, pisang pun mengandung kalium, magnesium, vitamin C dan B6. Selain itu, pisang juga mampu membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor yang berfungsi membangun regenerasi jaringan. Tak heran, jika ibu hamil disarankan banyak mengonsumsi buah pisang. Karena asam folat dan kalium yang terkandung di dalamnya, akan membantu perkembangan janin. Nah, berikut manfaat buah pisang, menurut Food and Drug Administration (FDA): [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *