Perut Kembung dan Penyebabnya

perut-kembung-dan-penyebabnya.jpg

Perut kembung umumnya ditandai dengan perut yang terasa penuh, keras dan sedikit membengkak. Perut kembung merupakan jenis keluhan pencernaan yang sering terjadi dan sering dialami oleh orang dewasa.

Gejala utama dari kondisi perut kembung biasanya cenderung samar-samar. Penderita perut kembung cenderung akan merasakan keluhan perut yang terasa tidak nyaman dan keras. Penyebab dari perut yang kembung ini adalah adanya kelebihan gas yang menyebabkan rasa sakit, sendawa yang terus menerus terjadi hingga perut yang terasa bergejolak. Biasanya, mereka yang mengalami perut kembung cenderung tidak dapat beraktivitas seperti biasa karena rasa tidak nyaman pada perut dan harus berisitirahat di rumah. Jika perut kembung sering terjadi, maka intensitas konsumsi obat-obatan pun cenderung tinggi.

Berikut ini penyebab terjadinya perut kembung:
1. Terlalu banyak menelan udara.
2. Sembelit atau sulit buang air besar.
3. Heartburn, atau perut yang terasa panas karena adanya asam lambung yang naik.
4. Kondisi irritable bowel syndrome atau gangguan pencernaan yang menyebabkan perut sering bermasalah. Salah satu gejala yang ditimbulkan adalah perut kembung.
5. Alergi terhadap produk-produk yang berbahan susu.
6. Kebiasaan makan terlalu cepat, mengunyah terburu-buru dan menelan terburu-buru.
7. Peningkatan bobot tubuh.
8. Adanya pertumbuhan bakteri dalam usus kecil yang berlebihan dan melampaui batas normal.
9. Menstruasi.
10. Adanya parasit yang menghuni bagian dalam usus atau kondisi yang disebut sebagai giardasis.
11. Bentuk atau struktur pencernaan yang tidak normal.
12. Konsumsi obat-obatan yang menimbulkan efek samping berupa perut kembung.
13. Adanya konsumsi gula pengganti sejenis fruktosa dan sorbitol yang tidak dapat ditolerir oleh perut sehingga perut bereaksi mengalami kembung.

Perut kembung terkadang juga merupakan indikasi adanya kondisi medis yang lebih serius seperti:

1. Adanya penumpukan cairan yang berkumpul di dalam rongga perut atau area ascites yang merupakan hasil dari kanker, penyakit liver, kondisi gagal ginjal, kondisi gagal jantung bawaan lahir dan adanya penyakit lainnya.

2. Kondisi penyakit celiac atau intoleransi terhadap gluten dalam gandum.

3. Kanker ovarium.

4. Adanya jumlah cairan enzim pencernaan yang diproduksi oleh pankreas yang tidak mencukupi bagi tubuh.

Untuk mencegah terjadinya perut kembung, beberapa hal yang bersifat mengubah kebiasaan dan gaya hidup dapat dilakukan sebagai berikut:

1.Jangan terbiasa mengunyah permen karet karena udara dapat tertelan masuk ke dalam lambung dan menyebabkan kembung.
2.Batasi konsumsi minuman terkarbonasi atau mengandung gas buatan tambahan.
3.Hindari makanan yang dapat menyebabkan gas menumpuk dalam pencernaan seperti sayur kol, kacang yang dikeringkan dan lentil.
4.Konsumsi makanan secara perlahan.
5.Hindari kebiasaan minum menggunakan sedotan.
6.Kurangi kelebihan bobot tubuh yang membuat berat badan dan tinggi badan tidak seimbang.
7.Konsumsi minuman dan makanan berbahan dasar susu yang bebas laktosa.

Jika keluhan perut kembung disertai juga dengan rasa sakit pada perut, feses yang berwarna kehitaman karena tercampur dengan darah, diare, rasa terbakar pada perut yang semakin menjadi-jadi, kondisi muntah dan berat badan yang susut tanpa ada sebab pasti, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Benjolan di Ketiak, Berbahayakah?

Benjolan di Ketiak, Berbahayakah?

Benjolan yang mendadak muncul tanpa sebab pada tubuh Anda tentu akan menimbulkan kekhawatiran. Salah satunya, jika timbul benjolan di ketiak, letaknya yang berdekatan dengan area payudara, umumnya akan membuat panik dan khawatir. Munculnya benjolan di ketiak, biasanya timbul akibat adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening, yang terletak di bawah lipatan lengan. Kelenjar getah bening berbentuk oval, berukuran kecil dan tersebar di seluruh tubuh. Kelenjar getah bening ini, memiliki fungsi utama dalam mengontrol dan mengatur sistem imun tubuh. Benjolan yang muncul dapat bervariasi, mulai dari yang berukuran kecil hingga benjolan berukuran besar yang mencolok. Penyebab terjadinya benjolan pada ketiak, umumnya adalah pertumbuhan jaringan yang abnormal akibat infeksi bakteri atau virus, lipomas atau jaringan lemak, reaksi alergi, reaksi kebalikan terhadap vaksin, pertumbuhan jaringan non kanker atau fibroadenoma, kanker payudara, kanker limfoma hingga kanker darah pada sumsum tulang belakang. Benjolan ketiak dapat muncul pada pria maupun wanita, namun jika terjadi pada wanita, diperlukan perhatian lebih, karena bisa jadi benjolan di ketiak merupakan kanker payudara. Karena itu, pen [...]

Abu Vulkanik dan Bahayanya

Abu Vulkanik dan Bahayanya

Terkait dengan meletusnya gunung Sinabung, di Sumatra Utara beberapa bulan lalu, penduduk sekitar berisiko terkena beberapa penyakit akibat abu vulkanik yang disemburkan oleh gunung Sinabung. Hal tersebut terulang lagi dengan meletusnya gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur yang terjadi pada Kamis malam, 13 Februari 2014, yang menyemburkan abu vulkanik dan lava. Abu vulkanik dihasilkan oleh letusan gunung berapi yang tengah erupsi. Tidak hanya abu vulkanik, gunung berapi juga memuntahkan awan panas, lava dan batuan besar yang dapat merusak sekitar. Paparan dari abu bisa sangat berbahaya bagi orangtua maupun anak-anak. Berbagai penyakit pernafasan seperti asma, emfisema, bronkitis dan paru-paru kronis lain bisa muncul akibat dari terhirupnya abu vulkanik. Ragam dan fakta tentang abu vulkanik bisa Anda simak berikut ini: 1. Abu vulkanik terdiri dari bebatuan keras maupun kecil, berpasir, potongan-potongan kecil dari kaca vulkanik, dan mineral. Jika terhirup, abu tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru seseorang dan masalah pernafasan. 2. Abu vulkanik dapat menyebabkan iritasi pada kulit seseorang 3. Iritasi mata juga salah satu hal yang disebabkan oleh abu vulkanik. [...]

Bijak Mengonsumsi Makanan Kalengan

Bijak Mengonsumsi Makanan Kalengan

Di zaman yang serba praktis seperti sekarang, tentunya semua hal bisa dibuat mudah dan praktis, termasuk makanan. Bentuknya yang ringkas, harga yang terjangkau serta kemudahannya untuk diolah, sehingga bisa langsung dinikmati, membuat banyak orang menjatuhkan pilihan untuk mengonsumsi makanan kalengan. Makanan kalengan ini memang memudahkan hidup banyak orang, terutama bagi Anda yang sibuk, tidak punya waktu untuk berlama-lama mengolah makanan. Cukup dengan membuka segel kaleng, memanaskan atau menggoreng makanan yang ada di dalam kaleng, makanan sudah langsung siap disajikan untuk dikonsumsi. Berbagai pilihan makanan pun tersedia dalam bentuk kalengan, mulai dari buah, sayuran, daging sampai makanan yang biasanya tidak tersedia dalam bentuk kalengan macam pizza. Untuk mendapatkan makanan kaleng yang siap saji, dibutuhkan banyak proses kimiawi, berikut penambahan bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan makanan. Sehingga muncul juga kekhawatiran makanan ini tidak mengandung nutrisi tinggi. Benarkah demikian? Anda tidak perlu terlalu khawatir. Meski telah mengalami proses kimiawi, bukan berarti makanan kalengan tidak menyimpan berbagai nutrisi. Kandungan nutrisinya tetap ada. Me [...]

Mencegah Serangan Virus Ebola

Mencegah Serangan Virus Ebola

Petugas kesehatan dan keluarga serta teman-teman yang kontak dengan pasien Ebola berada pada risiko tertinggi untuk turut terkena virus Ebola. Keganasan virus Ebola juga tidak bisa dianggap sepele. Oleh karena itu, ketika kasus penyakit Ebola muncul, risiko penularan pun meningkat dalam fasilitas kesehatan. Maka, petugas kesehatan harus mampu mengenali kasus Ebola, siap menggunakan protokol isolasi, penggunaan barrier, memiliki kemampuan untuk meminta tes diagnostik atau mempersiapkan sampel untuk pengiriman serta pengujian di tempat lain. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib dilakukan para petugas kesehatan saat menangani kasus virus Ebola: 1. Mengenakan pakaian pelindung seperti masker, sarung tangan, jubah, dan kacamata. 2. Menggunakan langkah-langkah pengendalian infeksi seperti peralatan sterilisasi lengkap dan penggunaan disinfektan secara rutin. 3. Mengisolasi pasien Ebola dari kontak dengan orang-orang yang tidak dilindungi. Tujuan dari teknik ini adalah menghindari kontak dengan darah atau cairan dari pasien yang terinfeksi. Pasalnya, virus ebola menyebar melalui kontak langsung. Jadi, jika seorang pasien dengan Ebola meninggal, kontak langsung dengan tubuh pasien meningg [...]

Arti Keringat di Malam Hari

Arti Keringat di Malam Hari

Berkeringat identik dengan kegiatan fisik intens, atau sebagai reaksi kepanasan akibat udara terik di siang hari. Saat Anda berkeringat di malam hari tanpa adanya udara yang panas maupun aktivitas fisik yang mengakibatkan munculnya keringat, maka terdapat berbagai kemungkinan penyakit yang harus diwaspadai. Biasanya, kondisi berkeringat di malam hari terjadi selama Anda tidur. Inilahbeberapa penyebab keluarnya keringat berlebih: 1.Mengosumsi obat-obatan yang memiliki efek samping berkeringat berlebihan. Obat-obatan seperti ini biasanya digunakan untuk mengobati depresi (antidepresan), terapi hormon, serta menurunkan level gula darah atau obat yang termasuk jenis agen hipoglikemik. 2.Menderita penyakit dengan reaksi berkeringat di malam hari, di antaranya: ?Rasa cemas yang berlebihan ?Kerusakan pada saraf otonom ?Infeksi bakteri yang dikenal dengan nama brucellosis ?Sindrom carcinoid yang merupakan efek samping dari adanya tumor yang mengandung kanker. ?Infeksi pada dinding jantung atau kondisi yang disebut sebagai endocarditis. ?HIV/AIDS. ?Penyakit Hodgkin?s atau Hodgkin?s lymphoma. ?Tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroidism. ?Kanker darah atau leukemia. ?Reaksi pada wanita yan [...]

Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Buah pisang adalah salah satu buah tropis dengan rasa lezat yang bisa dinikmati langsung ataupun diolah menjadi berbagai menu makanan. Karena itu, manfaat buah pisang, membuatnya menjadi buah yang banyak dikonsumsi orang. Tidak hanya kaya akan karbohidrat, pisang pun mengandung kalium, magnesium, vitamin C dan B6. Selain itu, pisang juga mampu membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor yang berfungsi membangun regenerasi jaringan. Tak heran, jika ibu hamil disarankan banyak mengonsumsi buah pisang. Karena asam folat dan kalium yang terkandung di dalamnya, akan membantu perkembangan janin. Nah, berikut manfaat buah pisang, menurut Food and Drug Administration (FDA): [...]

Seberapa Sering Anda harus Mencuci Rambut?

Seberapa Sering Anda harus Mencuci Rambut?

Pada sebagian orang, rambut sama seperti anggota tubuh yang lain, yang perlu dibersihkan setiap hari. Namun, ada juga yang berpendapat membersihkan rambut atau keramas tidak perlu dilakukan sering, cukup seminggu sekali. Mana di antara kedua pendapat ini yang benar? Sebenarnya seberapa sering Anda harus keramas agar rambut tetap sehat maksimal? Karena negara kita adalah negera tropis dan cenderung panas, apakah kita perlu keramas setiap hari? Atau jangan-jangan itu berbahaya dan kita cukup keramas dua kali dalam seminggu? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, Anda harus tahu dulu tentang sebum. Rambut Anda menjadi kotor dan berminyak karena alasan yang sama dengan penyebab wajah Anda berminyak dan kotor. Kelenjar di kulit memproduksi minyak yang disebut sebum. Sebum berfungsi melembapkan rambut dan menjaganya dari kekeringan. Kelenjar yang memproduksi sebum (disebut kelenjar sebasea) terletak di sebelah akar rambut di lapisan kulit yang disebut dermis. Saluran dari kelenjar sebasea berhubungan dengan folikel rambut. Inilah sebabnya sebum keluar dari kulit dan ke kulit kepala Anda. Setiap dari kita menghasilkan jumlah sebum yang berbeda. Genetika dan hormon memengaruhi berapa banyak [...]

Ingin Sehat? Kurangi Junk Food

Ingin Sehat? Kurangi Junk Food

Makanan sehat, seringkali dianggap tak menarik dan membosankan. Sebagai gantinya, konsumsi junk food kian meningkat. Padahal, semakin banyak mengonsumsi junk food, semakin tinggi risiko terkena berbagai penyakit. Sebenarnya, Anda tak perlu menghindari sama sekali makanan yang dianggap kurang sehat tersebut, melainkan mengurangi konsumsinya dan memodifikasi pola makan, agar menjadi lebih sehat bagi tubuh. Berikut lima trik yang dapat Anda coba: 1.Hindari gorengan Ganti ayam goreng dengan ayam yang dioven atau dipanggang, serta buang kulit daging. Jenis daging dan kulitnya mengandung lemak tersaturasi yang tinggi dan dapat menimbun lemak serta kolesterol. Timbunan lemak ini dapat meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan penyakit jantung lainnya. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, sebaiknya hilangkan terlebih dahulu bagian kulit sebelum Anda memasak daging ayam, serta gunakan metode pemanggangan untuk mengolah daging. 2.Selalu tambahkan buah dan sayuran Mayoritas orang cenderung mengonsumsi sedikit buah dan sayur, tapi mengonsumsi lebih banyak makanan berbahan dasar karbohidrat, seperti pasta dan sereal. Anda dapat menyiasatinya dengan menambahkan sayuran pada pa [...]

Payudara Kendur, Ini Sebabnya

Payudara Kendur, Ini Sebabnya

Payudara adalah salah satu bagian tubuh wanita yang umumnya menjadi kebanggan. Memiliki payudara yang kencang, padat, dan indah akan membuat wanita percaya diri. Sayangnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan payudara kendur dan tidak padat lagi, salah satunya karena bertambahnya usia. Selain itu, berbagai kebiasaan yang seringkali dilakukan tanpa sadar, juga berpengaruh membuat payudara kendur lho. Berikut lima kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan payudara kendur, beserta cara mengatasinya: 1.Kebiasaan memilih ukuran bra yang salah Menggunakan bra dengan ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran payudara, nantinya dapat menyebabkan payudara mengendur. Misalnya, memilih ukuran lebih kecil, agar tampilan payudara terlihat lebih penuh. Bra yang tepat, perlu memiliki fungsi lengkap untuk mengangkat payudara, tidak peduli berapapun ukuran payudara. Selalu pilih ukuran bra yang tepat. Untuk menemukan ukuran yang benar-benar sesuai dengan payudara Anda, selalu coba terlebih dahulu, agar tidak salah ukuran. Suatu studi bahkan mengungkapkan, bahwa tidak mengenakan bra sama sekali, justru akan berdampak lebih baik pada bentuk payudara, daripada memakai bra dengan ukuran yang tidak tepat. 2. [...]

Sarapan Sehat Dengan Buah

Sarapan Sehat Dengan Buah

Saat mendengar kata sarapan, biasanya yang langsung terlintas di dalam pikiran Anda adalah makanan penambah energi, berupa sereal, bubur, roti , susu, atau bahkan teh dan kopi. Jarang sekali terlintas sarapan dengan hanya mengonsumsi buah-buahan. Kalau pun Anda memasukkan buah sebagai menu sarapan, biasanya karena ada tujuan yang ingin dicapai, yaitu diet. Padahal manfaat mengonsumsi buah saat sarapan tidak hanya bisa melangsingkan tapi juga memiliki manfaat sehat yang banyak. Sarapan merupakan saat di mana tubuh memiliki kesempatan untuk diisi ulang dengan energi dan nutrisi setelah diistirahatkan pada malam harinya. Dengan mengetahui dasar dari aktivitas sarapan, maka Anda pun dapat mulai lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang benar-benar akan menunjang dan mengawali aktivitas Anda sepanjang hari. Mulailah memasukkan buah-buahan sebagai pelengkap dalam piring sarapan Anda. Penuhi satu piring sarapan Anda dengan nutrisi karbohidrat, serat, protein dan lemak yang menyehatkan menjadi satu. Pilih roti gandum utuh atau sereal gandum sebagai perwakilan pemberi asupan karbohidrat, yang juga akan menyediakan manfaat serat. Untuk protein, pilih susu rendah lemak yang dapat langsung [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *