Perut Kembung, Penyakit yang Sering Dianggap Masuk Angin

059225300_1412139131-01102014-obesitas.jpg

Siapa yang tidak kenal dengan masuk angin? Penyakit ini begitu populer di kalangan masyarakat. Tidak jarang, saat perut kembung dan diikuti dengan sendawa, seseorang akan langsung menyimpulkan bahwa dirinya terkena masuk angin.

Memang, perut kembung dan sendawa adalah gejala paling umum untuk masuk angin. Tetapi, tahukah Anda bahwa dalam kamus kedokteran, tidak ada istilah masuk angin. Meskipun begitu, perut kembung sebagai salah satu gejala seseorang dianggap masuk angin memang ada penjelasan medisnya.

Dilansir dari Emedicine Health, Selasa (16/12/2014), perut kembung adalah suatu kondisi dimana adanya kelebihan gas di saluran pencernaan seperti esofagus, lambung, usus kecil dan usus besar. Kelebihan gas pada saluran pencernaan tersebut dapat berasal dari dua sumber, yaitu dari peningkatan konsumsi gas dan peningkatan produksi gas.

Peningkatan konsumsi gas dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi minuman bersoda dan permen karet sehingga udara ikut tertelan. Sedangkan untuk produksi gas berasal dari sumber makanan yang dapat menghasilkan gas. Sumber makanan ini biasanya mengandung karbohidrat seperti kacang, bawang dan anggur merah.

Jadi, sebab perut kembung yang dianggap sama dengan masuk angin tersebut bukanlah berasal dari angin yang masuk dari luar ke dalam butuh sebagaimana yang dipahami sebagai “masuk angin”. Lalu, bagaimana mengatasi perut kembung?

Untuk dapat mengatasi perut kembung, maka terlebih dahulu harus diketahui apa penyebab perut kembung tersebut.

Sebelumnya telah dijelaskan beberapa sebab dari perut kembung. Jika perut kembung disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu, maka cara mengatasinya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan itu dalam waktu tertentu.

Meskipun begitu, secara umum untuk mengatasi perut kembung seseorang dapat menggunakan obat tertentu. Obat untuk mengatasi perut kembung adalah obat yang mengandung zat simetikon, yaitu zat yang dapat melarutkan gelembung gas. Zat ini dapat ditemukan di semua obat mag.

Hal yang perlu diketahui, perut kembung juga mungkin saja merupakan gejala awal dari penyakit lain yang lebih serius. Misalnya penyakit tifus, liver bahkan usus buntu.

Untuk itu, jika perut kembung tidak kunjung sembuh dan justru bertambah parah, atau jika perut kembung diikuti dengan muntah, diare, turunnya berat badan atau ada darah saat BAB, maka sebaiknya Anda segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Anak 12 Tahun Ini Sudah Derita Diabetes Tipe-2

Anak 12 Tahun Ini Sudah Derita Diabetes Tipe-2

Seorang anak 12 tahun didiagnosis diabetes tipe 2. Dia dianggap sering mengonsumsi makanan cepat saji setiap hari selama tiga bulan di China.Laporan ini ditulis Chinadaily, tepat di hari Diabetes sedunia, Jumat (14/11/2014). Menurut petugas medis setempat, anak laki-laki yang kegemukan ini dijuluki Linlin. Dokter di Rumah Sakit Daping, China, Yan Zhencheng mengatakan bahwa jumlah kasus diabetes anak memang meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Rumah sakit tersebut bahkan menerima 4.500 pasien diabetes setiap bulan, 10 persen di antaranya adalah remaja."Alasan utama tingginya insiden diabetes adalah terlalu banyak konsumsi gula, makanan tinggi lemak dan kurang olahraga. Maka itu, orang tua harus memberi contoh bagi anak-anak untuk mengonsumsi makanan sehat, dan menyediakan makanan yang sehat dan seimbang di rumah. Dan tegas mengatakan tidak untuk makanan cepat saji dan minuman berkarbonasi," kata Yan.Yan menambahkan, pencegahan diabetes pada anak harus dimulai sejak kehamilan dengan mengendalikan berat badan dan melakukan olahraga secara teratur. [...]

RS Royal Progress Luncurkan Royal Sport Medicine Center

RS Royal Progress Luncurkan Royal Sport Medicine Center

Sebagai aset negara, sudah semestinya atlet Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Rumah Sakit Royal Progress meluncurkan Royal Sport Medicine Center atau pusat pelayanan atlet pertama di Indonesia. Meski berfokus pada layanan kesehatan untuk membantu pemulihan atlet yang cedera, tapi Royal Sport Medicine Center juga menerima pasien dengan cedera akibat olahraga dari segala umur, baik profesional dan hobi, orang yang sehat dan ingin meningkatkan kesehatannya serta orang yang memiliki kondisi khusus (diabetes, hipertensi.dan sebagainya). "Royal Medicine Sport ini merupakan solusi medis terbaik dan berkelanjutan (one stop service) untuk mendukung dan meningkatkan performa atlet dan pelaku olahraga untuk bisa kembali ke aktivitasnya dan meningkatkan gaya hidup sehat," kata Ahli bedah tulang, dr. Bobby N Nelwan SpOT pada wartawan saat jumpa pers di RS Royal Progress di Sunter, Jakarta, Sabtu (27/9/2014). Bobby menuturkan, ada tiga jenis pelayanan yang dapat dilakukan di pusat medis tersebut yakni pelayanan untuk menangani cedera akibat olahraga, pelayanan untuk meningkatkan performa atlet dan pelaku gaya hidup sehat. "Pelayanan untuk [...]

Selain Fisik, Mental Capres-Cawapres pun Harus Dicek

Selain Fisik, Mental Capres-Cawapres pun Harus Dicek

Selain kesehatan fisik, kondisi mental pun tak luput dari pemeriksaan yang dilakukan pasangan capres-cawapres saat melakukan tes kesehatan. Pemeriksaan mental dinilai sangat perlu, karena tak mungkin, negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipimpin oleh seorang yang memiliki `gangguan mental`.Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng Muhammad Faqih, MH mengatakan, IDI memang menyarankan agar para seluruh calon pejabat negara untuk melakukan pemeriksaan mental. Semua ini dilakukan, karena kelak pemimpin itu yang akan menentukan kebijakan dan keputusan untuk mengambil sebuah tindakan."Karena tes ini tergolong sulit, maka untuk memeriksakan mereka harus menggunakan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI). Jangan-jangan, banyak pejabat kita yang psikopat. Jelas dong, ini berbahaya untuk warganya," kata Daeng dalam acara `Konferensi Pers Peluncuran Univadis` di Restoran Seribu Rasa, Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta, Kamis (22/5/2014)Daeng menjelaskan, MMPI sudah banyak digunakan di beberapa negara. Dan hasilnya, sangatlah memuaskan. Maka itu, IDI sangat menyarankan untuk melakukan tes ini demi menciptakan Indonesia yang lebih baik. Seorang psikopa [...]

Begini Rahasia Indahnya Tarian Barongsai

Begini Rahasia Indahnya Tarian Barongsai

Gerakan yang selaras dengan iringan musik, membuat penampilan barongsai semakin menarik. Kekompakan para pemain menjadikan tiap gerakan barongsai terlihat menari indah."Setiap gerakan barongsai itu punya makna. Semua ekspresi kehidupan digambarkan oleh barongsai seperti senang, mengantuk, sedih, emosi, berani dan lain-lain," kata Pembina Tim Barongsai Kun Seng Keng Indonesia, Denny Kurniawan, ditulis Rabu (29/1/2014). Menurut Pemain dan Pelatih tim barongsai Kun Seng Keng, Michael menjaga kekompakan memang kunci permainan barongsai."Kunci keberhasilan dalam sebuah permainan barongsai ialah kedekatan individu antartim. Dan kerja keras, saling mempercayai, mendukung, dan menyayangi," kata Michael. Agar kompak pemain harus rela hal-hal yang sulit dan senang bersama, serta juga menyelesaikan masalah di dalam tim secara bersama-sama. Ini menjaga kedekatan emosi antarindividu. "Dalam sebuah latihan pun kami telah melatih kebersamaan, mulai dari membereskan barang bersama. Menghormati yang lebih tua dengan panggilan tertentu," kata Michael. Selain itu, Denny menambahkan, latihan menjadi kunci penting keberhasilan. "Rutin latihan itu sangat diperlukan, juara dunia pun kalau tidak latihan s [...]

Anggota DPR : Gambar Seram di Bungkus Rokok Tak Efektif

Anggota DPR : Gambar Seram di Bungkus Rokok Tak Efektif

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menegaskan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012, mulai 24 Juni ini, semua Industri rokok wajib mencantumkan gambar peringatan dalam kemasan rokok. Ketua Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning menerangkan pencantuman peringatan gambar tersebut tidak akan berdampak banyak. "Sudah ada gambar orang kanker paru-paru, yang seram-seram itu sudah lama. Menurut aku sih tidak berdampak," imbuh Ribka di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/6/2014). Ia menilai hampir semua perokok tahu bahayanya dan tetap tak mengurangi niat mereka. Oleha karena itu, politisi PDIP itu menilai pencantuman gambar tak efektif. "Kalau mau berkurang, berkurang lebih dulu. Semua sudah tahu efek rokok, kalau aku lihat tak efektif," tegas Ribka. Bila tak mencantumkan gambar seram di bungkus rokok hari ini, Menkes Nafsiah Mboi mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009, sanksi untuk industri rokok dalam negeri dan impor mencakup pidana 5 tahun dan denda paling banyak 500 juta rupiah. Selain itu, seperti tertera di PP 109 tahhun 2012, sanksi admistratif berupa terguran lisan, teguran tertulis, penarikan produk, rekomendasi penghentian semenetara kegiatan dan atau rekomenda [...]

Makan Keju Sebelum Tidur Bikin Mimpi Buruk

Makan Keju Sebelum Tidur Bikin Mimpi Buruk

Selain kaya kalsium, keju yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang ini juga memiliki kandungan tinggi fosfor dan mineral. Tapi jangan salah, sebuah penelitian menunjukkan jika keju dimakan pada malam hari bisa membuat Anda mimpi buruk.Penelitian yang disponsori oleh British Cheese Board ini tidak main-main. Karena menurut peneliti, keju benar-benar dapat memengaruhi tidur malam Anda. Ini karena keju dapat berisi berbagai jenis jamur yang dapat memiliki efek psikoaktif juga bahan kimia yang disebut tyramine dalam keju atau yang telah dikenal sebagai neurotransmitter.Dalam lama yang dikutip dari Everydayhealth, Jumat (10/1/2014), para peneliti menemukan bahwa berbagai jenis keju bahkan bisa berpegaruh pada berbagai jenis mimpi, seperti berikut ini:1. Blue cheeseBlue cheese dapat membuat Anda memiliki mimpi paling aneh termasuk berbicara hewan, melihat buaya menjadi vegetarian dan anak kucing menjadi prajurit. 2. Cheddar Jenis keju ini dapat membuat Anda bermimpi seperti seorang penari. 3. Leicester Keju ini dapat membangkitkan mimpi masa lalu dan menciptakan mimpi tentang masa depan 4. Cheshire Inilah jenis keju yang dinilai paling baik karena tidak menyebabkan mimpi buruk tapi ak [...]

Awas, Smartphone Bisa Buat Anak Patah Tulang

Awas, Smartphone Bisa Buat Anak Patah Tulang

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari Yale Economics Department menunjukkan bahwa smartphone berisiko meningkatkan patah tulang pada anak. Bagaimana bisa? Seperti dilansir dari The New York Times pada Jumat (14/11/2014), hal ini dapat terjadi karena kontribusi orang tua. Penggunaan smartphone yang semakin meluas membuat orang tua teralihkan dari menjaga anak-anak mereka ketika bermain. Mereka lebih sibuk bermain dengan smartphone-nya sendiri. Hal inilah yang membuat anak berisiko patah tulang lebih tinggi. Penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan patah tulang sebesar 10 persen pada anak, terutama mereka yang berada di bawah 6 tahun. Sedikitnya anak yang berumur lebih dari 6 tahun yang terkena patah tulang sendiri disebabkan karena anak pada usia tersebut sangat jarang bermain di taman kota. Penelitian ini sendiri mengambil sampel dari anak-anak yang bermain di taman kota bersama orang tuanya. Sampel tersebut diambil dari data yang terdapat pada National Electronic Injury Surveillance System yang dijalankan oleh Consumer Product Safety Commission atau Komisi Keamanan Produk Konsumen. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan para orang tua tidak lagi terlalu fo [...]

Siswa TK JIS Masih Trauma dan Butuh Psikolog

Siswa TK JIS Masih Trauma dan Butuh Psikolog

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mendesak pihak TK Jakarta International School (JIS) bertanggung jawab dalam kasus pelecehan seksual yang dialami murid TK Internasional kawasan Pondok Indah pada 21 Maret 2014 lalu. Hingga kini bocah A (6) masih trauma dan membutuhkan psikolog. "Kami terus berupaya agar anak ini tidak terganggu ke depannya dari masalah-masalah yang merugikannya. Kami akan mendekatkan diri dengan sang anak untuk pemulihan. Sampai saat ini sang anak masih mengalami trauma dan butuh psikolog," kata Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, Rabu (16/4/2014). Menurut Arist, tanggung jawab yang harus dibebankan ke pihak sekolah tak cukup hanya pemulihan kondisi korban, tapi ada hal lainnya. "Kalau sekolah mau bertanggung jawab memulihkan kondisi pasien, itu belum cukup. Pihak sekolah harus bertanggung jawab pidananya juga karena ini melibatkan anak sebagai korbannya," katanya. Arist meminta pihak sekolah untuk cepat menyelesaikan kasus ini dan bertanggung jawab kepada seluruh murid agar kasus tidak berulang."Jangan hanya sekolahnya saja bertaraf internasional, tetapi sistem dan orang di dalamnya harus profesional. Pihak sekolah harus bertanggung jawab kalau [...]

Top 5 Health, Si Gelang Warna-Warni Pemicu Kanker Jadi Tren

Top 5 Health, Si Gelang Warna-Warni Pemicu Kanker Jadi Tren

Tren Loom band atau karet kecil warna warni yang bisa dirangkai menjadi beragam aksesori seperti gelang, kalung dan lainnya tengah menjadi perdebatan di kalangan medis. Pasalnya, peritel mainan Loom band (karet gelang), The Entertainer, mengumumkan penarikan semua produk Loom band karena aksesoris ini mengandung zat berbahaya yang bisa memicu risiko kanker pada akhir Agustus lalu.Pembahasan mengenai Loom Band ini cukup menarik pembaca setia Health - Liputan6.com. Disamping itu, masih banyak berita terpopuler lain edisi Senin 1 September 2014:1. Loom Band, Karet Gelang Warna Warni Ditarik Karena Risiko KankerDikatakan juru bicara dari British Assay Office, dalam pengujian itu menunjukkan adanya pemakaian phthalates yang melebihi batas wajar untuk digunakan di dalam produk kerajinan semacam loom band ini. 2. Loom Band si Karet Pemicu Kanker, Ngetop Karena Ulah Pesohor IniLoom band ditemukan oleh seorang pria yang memiliki dua orang anak, Cheong Choong Ng, di Amerika Serikat pada 2013 silam. Kala itu, perusahaan miliknya bernama `Rainbow Looms` mampu menjual empat juta kit seluruh produk loom band, termasuk plastic loom, crochet hook, dan bands itu sendiri. 3. Ada Kanker, di Balik In [...]

Kak Seto : Harus Ada Gerakan Nasional Lawan Kekerasan pada Anak

Kak Seto : Harus Ada Gerakan Nasional Lawan Kekerasan pada Anak

Pemerhati anak Seto Mulyadi yang akrab dipanggil Kak Seto mengatakan bahwa kasus kekerasan terhadap anak-anak pada saat ini sudah semakin mengkhawatirkan. "Ini bukan lagi kekerasan melainkan sudah kekejaman," kata Kak Seto kepada Antara di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (1/5/2014). Seto menegaskan, pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat harus melakukan sesuatu guna meminimalkan kasus kekerasan terhadap anak. Dia memberi contoh kasus dugaan kekerasan seksual terhadap murid Jakarta International School. "Kita jangan membiarkan kasus seperti itu kembali terulang," katanya. Kak Seto mengatakan dirinya tidak ingin kasus serupa terjadi di tempat lain. "Jangan sampai terjadi kasus serupa, karena sekolah seharusnya menjadi tempat yang aman bagi anak-anak," katanya. Menurut dia, kasus tersebut merupakan bentuk kekejaman terhadap anak. "Perlu gerakan bersama untuk melawan segala bentuk kekerasan terhadap anak," katanya. Menurut dia, gerakan bersama tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, namun juga seluruh masyarakat harus ikut berpartisipasi. "Kita buat semacam gerakan nasional di mana seluruh pihak ikut berpartisipasi," katanya. Dia juga meminta presiden ikut serta da [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *