Perut Kembung, Penyakit yang Sering Dianggap Masuk Angin

059225300_1412139131-01102014-obesitas.jpg

Siapa yang tidak kenal dengan masuk angin? Penyakit ini begitu populer di kalangan masyarakat. Tidak jarang, saat perut kembung dan diikuti dengan sendawa, seseorang akan langsung menyimpulkan bahwa dirinya terkena masuk angin.

Memang, perut kembung dan sendawa adalah gejala paling umum untuk masuk angin. Tetapi, tahukah Anda bahwa dalam kamus kedokteran, tidak ada istilah masuk angin. Meskipun begitu, perut kembung sebagai salah satu gejala seseorang dianggap masuk angin memang ada penjelasan medisnya.

Dilansir dari Emedicine Health, Selasa (16/12/2014), perut kembung adalah suatu kondisi dimana adanya kelebihan gas di saluran pencernaan seperti esofagus, lambung, usus kecil dan usus besar. Kelebihan gas pada saluran pencernaan tersebut dapat berasal dari dua sumber, yaitu dari peningkatan konsumsi gas dan peningkatan produksi gas.

Peningkatan konsumsi gas dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi minuman bersoda dan permen karet sehingga udara ikut tertelan. Sedangkan untuk produksi gas berasal dari sumber makanan yang dapat menghasilkan gas. Sumber makanan ini biasanya mengandung karbohidrat seperti kacang, bawang dan anggur merah.

Jadi, sebab perut kembung yang dianggap sama dengan masuk angin tersebut bukanlah berasal dari angin yang masuk dari luar ke dalam butuh sebagaimana yang dipahami sebagai “masuk angin”. Lalu, bagaimana mengatasi perut kembung?

Untuk dapat mengatasi perut kembung, maka terlebih dahulu harus diketahui apa penyebab perut kembung tersebut.

Sebelumnya telah dijelaskan beberapa sebab dari perut kembung. Jika perut kembung disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu, maka cara mengatasinya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan itu dalam waktu tertentu.

Meskipun begitu, secara umum untuk mengatasi perut kembung seseorang dapat menggunakan obat tertentu. Obat untuk mengatasi perut kembung adalah obat yang mengandung zat simetikon, yaitu zat yang dapat melarutkan gelembung gas. Zat ini dapat ditemukan di semua obat mag.

Hal yang perlu diketahui, perut kembung juga mungkin saja merupakan gejala awal dari penyakit lain yang lebih serius. Misalnya penyakit tifus, liver bahkan usus buntu.

Untuk itu, jika perut kembung tidak kunjung sembuh dan justru bertambah parah, atau jika perut kembung diikuti dengan muntah, diare, turunnya berat badan atau ada darah saat BAB, maka sebaiknya Anda segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Smart Doll, Boneka Jepang Terbaru yang Bakal Digandrungi

Smart Doll, Boneka Jepang Terbaru yang Bakal Digandrungi

Boneka cantik bekarakter manga dari Jepang diperkirakan bakal meledak dan disukai banyak orang. Diluncurkan pada Juni 2014, Smart Doll, sebutan boneka yang bisa digerakkan tangan dan kakinya sesuai keinginan kita ini dibuat dengan tinggi 60 cm didandani oleh desainer boneka ternama Danny Choo dan diproduksi oleh Culture Japan. Smart Doll pertama dibuat setelah maskot turisme Jepang Mirai Suenaga dibuat dalam dua model, manual dan otomatis. Versi manual tentu saja tidak bisa digerakkan melainkan bisa dibuat dengan gaya sesuai imajinasi kita. Sementara yang versi elektrik tidak hanya bisa bergerak sendiri melainkan juga akan memberi notifikasi saat Anda menerima pesan baru di Twitter, Facebook, email, dan kalender. "Visi saya adalah mengubah pasar fashion boneka global dengan sebuah genre boneka yang belum pernah ada di planet bumi ini. Saya yakin banyak orang bakal menyukainya,"ujar Danny yakin. Lalu siapa Danny Choo? Pria ini aslinya dari Inggris, Danny lalu tinggal di Tokyo dan mengembangkan sebuah brand baru yang dikenal dengan Culture Japan yang fokus pada upaya agar budaya-budaya Jepang bisa diproduksi, dikembangkan dan diakses lewat berbagai media, konten dan produk. S [...]

Pengacara : Semoga Putusan MA Atas Bebasnya Dr. Ayu Tak Berubah

Pengacara : Semoga Putusan MA Atas Bebasnya Dr. Ayu Tak Berubah

Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan menerima permohonan Peninjauan Kembali (PK) dr Ayu cs. Namun, POGI dan kuasa hukum dr. Hendry menerima pemberitahuan resmi. Semua pihak tetap menanggapi positif kabar tersebut dan berharap tak ada perubahan dalam putusan."Saya bersyukur dan bergembira, tetapi kami belum bisa mengatakan hal ini karena belum ada hitam di atas putih. Mereka memang pantas dibebaskan karena perbuatan yang mereka lakukan itu bukan malapraktik, Pengadilan Negeri Manado kan sudah menyatakan mereka tidak bersalah," kata Kuasa Hukum dr. Hendry, Iwan Sabas Sinaga, SH, MH, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (6/2/2014).Iwan berharap putusan MA terkait bebasnya ketiga dokter tidak ada perubahan, "Kami sudah dengar dan membuka internet MA, mudah-mudahan tidak berubah. Mereka memang harus bebas, karena tidak ada unsur kelalaian dan itu sudah diuji benar-benar di Pengadilan Negeri," kata Iwan.Seperti diketahui, dr Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr Hendry Simanjuntak, dr Hendy Siagian, membantu proses operasi cesar persalinan korban bernama Julia Siska Makatey (25 tahun) pada Sabtu 10 April 2010 pukul 22.00 Wita di Ruangan Operasi Rumah Sakit Umum Prof. Dr. R. D. Kandouw Malalayang Ko [...]

Wanita Menopause, Makin Tua Makin `Jadi`

Wanita Menopause, Makin Tua Makin `Jadi`

Siapa bilang wanita yang sudah memasuki masa menopause tidak aktif lagi secara seksual. Penelitian Sebaliknya, justru makin tua makin 'menjadi'. Di usia lebih dari 40 tahun justru wanita akan menjadi lebih aktif secara seksual. Demikian diungkapkan dalam studi yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine.Studi tersebut melibatkan 354 perempuan berusia 40 tahun sampai pertengahan 60 tahun. Para peneliti mengajukan pertanyaan selama empat tahun, tentang menopause dan kesehatan fisik.Pada tahun keempat, para peneliti secara khusus bertanya tentang fungsi seksual mereka. "Kami bertanya, sulit atau mudahkah orgasme. Ada masalah kekeringan vagina atau menurunnya gairah. Banyak wanita yang menjawab tidak ada masalah, dan mereka tiga kali lebih mungkin untuk melakukan hubungan intim," kata Penulis Studi dr. Holly Thomas dari University of Pittsburgh School of Medicine.Menurut Thomas, selama empat tahun penelitian itu 85 persen wanita menjadi lebih aktif secara seksual. Mereka memiliki indeks masa tubuh lebih rendah dan menganggap seks adalah hal penting."Ketika Anda berhubungan dengan wanita usia masa menopause kemungkinan terus menjadi aktif. Setelah menopause, perempuan dapat menempatkan p [...]

5 Mitos Terkait Botox yang Harus Diketahui

5 Mitos Terkait Botox yang Harus Diketahui

Botulinum toxin atau dikenal dengan botox identik dengan antipenuaan yang selalu ditakutkan oleh kaum wanita. Kandungan botox adalah protein murni yang bila disuntikkan ke sejumlah otot tertentu, akan membuat otot-otot menjadi lebih kencang.Sebelum memutuskan untuk melakukan botox, ada baiknya kita untuk mengetahui mitos apa saja yang berkaitan dengan botox, seperti dikutip dari Health Me Up, Kamis (18/12/2014)1. Akan melakukan botox saat menginjak usia 50 tahunSebenarnya tidak diketahui kapan waktu yang pas untuk melakukan botox. Masing-masing individu dengan usia yang berbeda, memiliki garis yang dianggap mengganggu di sekitar wajah. Garis-garis ini akan berkembang ketika otot wajah digunakan untuk cemberut, dan akan hilang ketika wajah dalam keadaan santai.Nah, ketika wajah dalam keadaan santai masih terdapat garis-garis tersebut, mungkin itu saatnya untuk melakukan botox. Namun yang harus diketahui adalah bahwa botox tak sepenuhnya menghilangkan kerutan tersebut, melainkan hanya 50 persen.Botox pun dapat digunakan untuk menentukan garis rahang, mengangkat alis, dan membuat hidung tampak lebih kecil. 2. Jumlah suntikanKerja dari botox adalah melemaskan otot-otot di wajah d [...]

PMI Beri Kejutan Bagi Pendonor Darah Hari Ini

PMI Beri Kejutan Bagi Pendonor Darah Hari Ini

Memeringati hari Donor Darah Sedunia yang jatuh tepat hari ini, Palang Merah Indonesia berencana akan memberi kejutan bagi Anda yang mendonorkan darahnya hari ini. "Akan ada souvenir buat yang beruntung bila donor darah hari ini di PMI DKI Jakarta, Jl. Kramat raya 47 Jakarta Pusat," kata Kepala Dokumentasi, Komunikasi dan Diseminasi Bidang organisasi dan Komunikasi Palang Merah Indonesia, Abdurrahman pada Liputan6.com, Sabtu (14/6/2014). Abdurrahman juga mengungkapkan, dalam perayaan hari donor darah ini, rencananya juga akan dihadiri oleh Palang Merah Brunei Darussalam dan istri mantan Gubernur DKI Jakarta, Rini Sutiyoso. [...]

Anak Muda Sekarang Pilih Pil Dekstro Dibanding Shabu & Ganja?

Anak Muda Sekarang Pilih Pil Dekstro Dibanding Shabu & Ganja?

Penggunaan putaw, shabu, dan ganja pada usia muda mengalami pergeseran. Saat ini, justru penyalahgunaan zat berbahan dekstrometorfan tunggal (destro tablet) pada masyarakat usia muda mengalami peningkatan, dan mencapai kondisi yang mengkhawatirkan serta cukup memprihatinkan.Demikian penjelasan yang disampaikan Direktur Utama Pengawasan Napza Badan POM, Dra. Sri Utami Ekaningtyas, Apt, MM dalam diskusi Forum Wartawan Peduli Hukum dan Keadilan bertema `Pentingnya Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Berkaitan Dengan Penggunaan Zat Berbahaya pada Obat-obatan` di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (26/5/2014)."Fenomena penyalahgunaan dekstro tablet ini tengah menjadi tren pada anak-anak 5 tahun terakhir ini. Sebenarnya, obat ini memiliki efek pusing dan sering digunakan sebagai obat batuk. Saking kreatifnya, obat ini justru digunakan untuk hal yang tidak-tidak," kata dia menjelaskan.Fenomena menyedihkan ini sudah mewabah di hampir seluruh wilayah di Tanah Air. Secara khusus, penyebaran dekstro ini banyak terjadi di Jawa Barat. "Status penyalahgunaan dekstrometorfan ini sudah mencapai tingkat Kejadian Luar Biasa (KLB), di mana pemakaian narkoba di wilayah ini sudah bergeser dar [...]

Suntikan Botox di Kelamin Bikin Pria Tahan Lama di Ranjang?

Suntikan Botox di Kelamin Bikin Pria Tahan Lama di Ranjang?

Botox sering digunakan untuk menghaluskan kerutan dan keriput terutama di wajah. Tapi, para ilmuwan sedang menguji agar botox bisa membuat pria bertahan lama di ranjang. Ilmuwan di Tulane University, New Orleans, sedang menguji botox pada tikus untuk membantu pria yang menderita ejakulasi dini.Cairan yang biasa digunakan untuk mengatasi keriput itu disuntikkan ke tikus jantan dan melihat dampaknya terhadap seberapa lama si tikus bisa berhubungan seksual. Lamanya hubungan seksual kemudian dibandingkan dengan kinerja si tikus sebelum diinjeksi. Hasilnya, peneliti menemukan tikus bisa bertahan lebih lama setelah disuntikkan obat. Data ini kemudian dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine.Kini, percobaan dua tahunan tersebut dicobakan pada 60 relawan manusia untuk melihat apakah botox bisa membantu mengatasi ejakulasi dini. Pria antara 18-50 tahun yang menjalin hubungan monogami jangka panjang yang ikut dalam penelitian yang dilakukan produsen obat Allergen. Relawan terpilih akan disuntikkan obat ke otot di ujung kelaminnya. Sedangkan yang lain akan menerima plasebo.Dr John Dean, mantan presiden di International Society for Sexual Medicine mengatakan, uji coba tersebut pantas d [...]

Mengenal Kepribadian Lewat Huruf T, I, dan O

Mengenal Kepribadian Lewat Huruf T, I, dan O

Tulisan tangan bisa mengungkap kepribadian seseorang. Tak hanya tulisan kecil atau besar, tapi bagaimana Anda menuliskan huruf `T`,`I` atau `O` juga bisa menunjukkan seperti apa kepribadian seseorang.Graphologists di Situs AOL, Selasa (10/6/2014), berbagi arti kepribadian seseorang dari tulisan tangannya:1. Tulisan tangan kecil Orang yang tulisan tangannya kecil dikaitkan dengan pribadi yang rajin, pemalu, teliti, dan konsentrasi.2. Tulisan tangan besar Ini berhubungan dengan pribadi yang terbuka, perhatian dan seseorang yang penuh cinta.3. Tulisan rata-rata Pemilik tulisan ini dihubungkan dengan mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri.4. Tulisan berjarak lebarApabila jarak antara kata-kata terbilang jauh menunjukkan Anda suka dengan kebebasan. Ini juga berarti Anda bukan tipe yang senang dengan keramaian serta tak ingin menjadi kewalahan.5. Jarak sempit Si pemilik tulisan yang jarak antara kata-katanya dekat menunjukkan Anda tak bisa berdiri sendiri dan Anda cenderung senang dengan kerumunan orang.6. Tulisan bulat Anda yang tulisannya bulat biasanya senang dengan artistik atau kreatif.7. Tulisannya runcing Pemilik tulisan ini menunjukkan Anda kuat, cerdas, ingin tahu, dan ag [...]

Cantiknya Pagoda dari Lampu Minyak di Kelenteng Toa Se Bio

Cantiknya Pagoda dari Lampu Minyak di Kelenteng Toa Se Bio

Suasana Imlek sangat terasa di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di sekitaran Glodok mulai berdatangan ke vihara atau kelenteng salah satunya kelenteng Toa Se Bio.Sejak satu minggu lalu menurut Pengurus Harian kelenteng Toa Se Bio, Hartanto Widjaja sudah mulai melakukan persiapan untuk menyambut tahun kuda kayu."Sudah mulai dari seminggu yang lalu membersihkan semuanya, mulai dari mengecat, bersih-bersih sampai mencuci semua patung dewa. Beberapa masyarakat pun sudah mulai sembahyang dan mengutarakan harapan dan doanya," kata Hartanto.Di salah satu pojok kelenteng terdapat pagoda cantik yang terbentuk dari susunan lampu minyak. "Ini semua seperti lentera, setiap lampu minyak ada tulisan namanya. Mereka berharap, hidup akan terus bersinar seperti lentera," kata Hartanto.Kelenteng yang lebih dikenal masyarakat sekitar dengan nama Vihara Dharma Jaya ini, saat malam Sincia (Imlek) menurut Hartanto selalu ramai dikunjungi masyarakat."Yang datang itu dari mana saja, banyak tidak dari Jakarta. Biasanya karena mereka ingin sembahyang di kelenteng yang sudah berumur tua, dan ini umurnya sudah tua sekali. Makanya banyak yang datang ke s [...]

Top 5 Health: Yang Benar dan Salah dari Sarapan Paling Disuka

Top 5 Health: Yang Benar dan Salah dari Sarapan Paling Disuka

Banyak orang mengabaikan sarapan karena biasanya tak sempat alias terburu-buru di pagi hari. Tapi ada juga yang tak mau sarapan karena takut gemuk. Artikel tentang seluk beluk sarapan ini jadi yang paling disuka pembaca.Berikut ini top 5 artikel health di liputan6.com edisi Sabtu (1/11/2014)5 Mitos Seputar SarapanAda yang percaya bahwa sarapan memiliki manfaat seperti itu, dan ada juga yang menilai bahwa sarapan tidak terlalu penting, karena berdampak akan membuat ngantuk. Baca yang satu ini agar lebih tahu seluk beluk sarapan.Mengapa Banyak yang Menyorot Nadine Kaiser?Mungkin ini jawabannya, "Kita hidup di budaya kolektif. Jadi pandangan terhadap individu (keberhasilan, kegagalan, perilaku, gaya hidup dan lainnya) selalu terkait dengan anggota-anggota lain dalam lingkup keluarga besarnya". Silakan simak.5 Alasan Wanita Hidup Lebih Lama Daripada PriaSeorang anak perempuan yang lahir pada tahun 2012 kemungkinan dapat bertahan hidup sampai berusia 81 tahun 2 bulan, hampir 5 tahun lebih lama dibandingkan anak laki-laki yang lahir pada tahun 2012 dengan kemungkinan hidup sampai usia 76 tahun 4 bulan. Kenapa bisa begitu. Baca di sini!Efek Bila Anak Terlalu Sering Dengar Lagu DewasaKalau [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *