Perut Kembung, Penyakit yang Sering Dianggap Masuk Angin

059225300_1412139131-01102014-obesitas.jpg

Siapa yang tidak kenal dengan masuk angin? Penyakit ini begitu populer di kalangan masyarakat. Tidak jarang, saat perut kembung dan diikuti dengan sendawa, seseorang akan langsung menyimpulkan bahwa dirinya terkena masuk angin.

Memang, perut kembung dan sendawa adalah gejala paling umum untuk masuk angin. Tetapi, tahukah Anda bahwa dalam kamus kedokteran, tidak ada istilah masuk angin. Meskipun begitu, perut kembung sebagai salah satu gejala seseorang dianggap masuk angin memang ada penjelasan medisnya.

Dilansir dari Emedicine Health, Selasa (16/12/2014), perut kembung adalah suatu kondisi dimana adanya kelebihan gas di saluran pencernaan seperti esofagus, lambung, usus kecil dan usus besar. Kelebihan gas pada saluran pencernaan tersebut dapat berasal dari dua sumber, yaitu dari peningkatan konsumsi gas dan peningkatan produksi gas.

Peningkatan konsumsi gas dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi minuman bersoda dan permen karet sehingga udara ikut tertelan. Sedangkan untuk produksi gas berasal dari sumber makanan yang dapat menghasilkan gas. Sumber makanan ini biasanya mengandung karbohidrat seperti kacang, bawang dan anggur merah.

Jadi, sebab perut kembung yang dianggap sama dengan masuk angin tersebut bukanlah berasal dari angin yang masuk dari luar ke dalam butuh sebagaimana yang dipahami sebagai “masuk angin”. Lalu, bagaimana mengatasi perut kembung?

Untuk dapat mengatasi perut kembung, maka terlebih dahulu harus diketahui apa penyebab perut kembung tersebut.

Sebelumnya telah dijelaskan beberapa sebab dari perut kembung. Jika perut kembung disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu, maka cara mengatasinya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan itu dalam waktu tertentu.

Meskipun begitu, secara umum untuk mengatasi perut kembung seseorang dapat menggunakan obat tertentu. Obat untuk mengatasi perut kembung adalah obat yang mengandung zat simetikon, yaitu zat yang dapat melarutkan gelembung gas. Zat ini dapat ditemukan di semua obat mag.

Hal yang perlu diketahui, perut kembung juga mungkin saja merupakan gejala awal dari penyakit lain yang lebih serius. Misalnya penyakit tifus, liver bahkan usus buntu.

Untuk itu, jika perut kembung tidak kunjung sembuh dan justru bertambah parah, atau jika perut kembung diikuti dengan muntah, diare, turunnya berat badan atau ada darah saat BAB, maka sebaiknya Anda segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Usai Libur Panjang, Apa yang Harus Diperhatikan?

Usai Libur Panjang, Apa yang Harus Diperhatikan?

Senin adalah hari pertama masuk sesudah libur panjang Idul Fitri 2014 ini. Dari kacamata kesehatan, maka setidaknya ada 3 hal yang perlu jadi perhatian. Pertama, dampak dari kelelahan aktivitas liburan dan pulang mudik. Bukan tidak mungkin bahkan ada ?yang baru kembali dari mudik di hari Minggu, dan Senen sudah langsung bekerja / beraktivitas. Kelelahan tentu dapat membuat kinerja menurun, dan daya tahan tubuh turun, sehingga lebih mudah sakit. Pemecahannya, sebaiknya memang ada waktu istirahat pemulihan dulu sebelum masuk bekerja, selain itu juga? dapat konsumsi makanan bergizi dan bila perlu vitamin. Masalah kesehatan kedua, adalah kemungkinan gangguan saluran cerna, yang terdiri dari 2 bagian, yaitu infeksi akibat makanan tidak higiene ketika mudik / berwisata dan kemungkinan lain gangguan lambung akibat pola makan yang banyak dan tidak teratur. Pemecahannya, segeralah kembali ke pola makan sehat dan seimbang. Masalah kesehatan ke tiga adalah kemungkinan kambuh / memburuknya penyakit kronik yang memang tadinya sudah lama ada. Hal ini dapat terjadi karena lupa makan obat rutin waktu sibuk mudik / libur panjang, konsumsi makanan tidak terukur dan juga mungkin karena kelelahan. [...]

Penderita Stroke di Indonesia Diprediksi Terus Bertambah

Penderita Stroke di Indonesia Diprediksi Terus Bertambah

Stroke adalah penyakit tidak menular yang jumlah penderitanya terus bertambah di Indonesia. Menteri Kesehatan RI dr Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, menyebutkan bahwa penyakit ini jadi penyebab kematian utama di hampir seluruh rumah sakit di Indonesia. Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar Kemenkes RI tahun 2007 jumlah penderita stroke 8,3 per 1000 penduduk. Kemudian di tahun 2013 melonjak menjadi 12,1 per 1000 penduduk seperti dikutip berita pers peresmian RS Pusat Otak Nasional yang diterima liputan6.com. "Prevalensi penderita stroke cenderung lebih tinggi pada masyarakan berpendidikan rendah dan masyarakat yang tinggal di perkotaan," jelas Mboi. Diprediksi prevalensi penderita stroke akan meningkat di tahun-tahun mendatang jadi 25-30 per 1000 penduduk. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan Menteri Kesehatan RI berpesan agar masyarakat menjaga gaya hidup sehat. Melalui CERDIK, Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet sehat, Istirahat cukup, dan Kelola stres. Salah satu bentuk langkah pemerintah menghadapi meningkatnya penderita stroke dengan mendirikan rumah sakit khusus otak dan saraf yang sekaligus sebagai pusat neurosains di Indonesia. "RS Pusat [...]

Cara Deteksi Gangguan Bipolar pada Seseorang

Cara Deteksi Gangguan Bipolar pada Seseorang

Dalam bincang-bincang Marshanda bersama Alvin Adam dalam program televisi "Just Alvin" episode The Real Me di Metro TV, (10/8/2014) Marshanda menyatakan mengalami gangguan jiwa bernama bipolar disorder tipe 2. "Kata dokter Richard saya menderita bipolar disorder tipe 2. Tapi waktu itu saya heran, karena pemeriksaannya tanpa tes apapun. Gak ada brain scan, gak ada tes apa. Jadi ketemu dan kita ngobrol. Terus ada prescription-nya," terang mantan bintang sinetron Bidadari kepada Alvin dalam "Just Alvin". Lalu apakah hanya dengan mengobrol antara psikiater dan pasien sudah bisa mendiagnosa seseorang mengalami gangguan jiwa yang bersifat episodik berupa bahagia dan depresi yang ekstrim ini? Liputan6.com berkesempatan bertanya kepada Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (PDSKJI) dokter Danardi Sosrosumihardjo, SpKJ (K) pada Senin (11/8/2014). Ia menyatakan, psikiater butuh wawancara panjang untuk mengetahui adanya gangguan kestabilan emosi jiwa pasien mulai dari riwayat hidup sejak kecil, anak-anak, remaja. "Seorang dokter harus punya data medis riwayat jangka panjang pasien. Psikiater mewawancarai bagaimana kehidupannya sejak kecil. Adakah riwayat gejala depresi a [...]

Mitos tentang Kanker yang Perlu Diluruskan

Mitos tentang Kanker yang Perlu Diluruskan

Mendengar kata kanker saja sudah mengerikan. Yang paling menyedihkan, masih banyak yang menganggap kanker sebagai hal yang tabu. Akibatnya, banyak mitos mengenai kanker yang harus diluruskan. Apa saja?Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), DR. Dr. Cz. Heriawan Soejono, SpPD, KGer., M. Epid menjelaskan bahwa ada empat mitos `besar` yang harus diluruskan. 1. Tidak perlu membicarakan kankerTak sedikit masyarakat yang beranggapan tidak perlu membicarakan kanker. Padahal, membicarakan hal seperti ini sangatlah perlu.Dr. Heriawan berpendapat, kanker bukan hal yang tabu untuk dibicarakan. Dengan masing-masing individu mengerti mengenai kanker, maka pencegahan dapat dilakukan.Selain itu, orang yang mengerti dan memahami kanker dapat membantu orang di sekitarnya untuk memahami hal yang sama. 2. Tidak memiliki tanda dan gejalaPada hampir semua jenis kanker terdapat tanda dan gejala yang khas. Salah bila ada yang mengatakan bahwa kanker tidak memiliki tanda dan gejala."Kalau kita mau membaca dan memahami kondisi kanker secara dini, sebesar 43 persen bisa dicegah. Dan ini sangat berguna sekali," kata Dr. Heriawan dalam acara 'World Cancer Day: Menepis Mitos Kanker', di Lobby G [...]

Meski Telah 416 Jam Menato Tubuhnya, Fran Tak Bisa Melihatnya

Meski Telah 416 Jam Menato Tubuhnya, Fran Tak Bisa Melihatnya

Tubuh Fran Atkinson penuh dengan tato. Tapi, tak satu pun tato yang dibuatnya ini pernah dilihat wanita usia 52 tahun ini karena ia buta.Atkinson sudah kecanduan tato. Selama tiga tahun terakhir Atkinson sudah menghabiskan 416 jam untuk mewarna-warnikan tubuhnya dengan tinta tato.Ibu satu anak dari Rhyl itu mengatakan suaminya Ron dan seniman tato Grez Bowman yang bertindak sebagai matanya. Apalagi di tubuhnya tergambar karya seni yang rumit dari leher hingga pergelangan kakinya."Grez dan Ron sudah seperti mata saya yang menjelaskan kepada saya seperti penampakannya," katanya.Kini, Atkinson meyakini dirinya menjadi wanita paling banyak tatonya di Wales dan berharap mencetak rekor di Guinness Book of World Records dengan bantuan Grez Bowman. Penyakit Penglihatan KeturunanAtkinson menderita Retinitis pigmentosa (RP) penyakit mata degenatif yang merupakan keturunan dan menyebabkan gangguan penglihatan yang parah hingga menyebabkan kebutaan.Atkinson mulai kehilangan penglihatannya saat masih remaja dan kini penglihatannya hanya 3-5 persen. Tapi ia mengatakan selalu bergairah dengan seni di tubuhnya."Tato pertama saya bergambar Pegasus terbang sekitar 25 tahun yang lalu dan terus berkem [...]

Bentuk Kekerasan pada Anak Tak Hanya Pukulan

Bentuk Kekerasan pada Anak Tak Hanya Pukulan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Syukri Botutihe mengatakan, kekerasan terhadap anak bukan hanya dipukuli secara fisik, namun banyak hal lain yang masuk dalam kategori itu. Menurut Syukri, memanfaatkan anak usia sekolah untuk bekerja mencari uang, merupakan eksploitasi atau "menghisap" sumber daya tanpa disadarinya. Sebab mencari nafkah masih merupakan kewajiban orang tua, dan tugas anak adalah menuntut ilmu demi bekal masa depan yang lebih baik. "Kita akan berupaya untuk menghilangkan bentuk-bentuk kekerasan seperti ini di Kabupaten Bone Bolango," kata Syukri. Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melaksanakan kegiatan Pengurangan Pekerja Anak-Program Keluarga Harapan (PPA-PKH) demi mengurangi anak sekolah yang bekerja di daerah itu. Tahun 2014 sebanyak 120 orang anak putus sekolah yang ada di Kabupaten Bone Bolango telah dibantu melaluui PPA-PKH. "Kita punya komitmen kuat agar semua anak usia 7 sampai 17 tahun bisa sekolah dengan baik tanpa harus bekerja di saat menuntut pendidikan," kata Syukri seperti dikutip dari Antara, Minggu (25/5/2014) [...]

Perwakilan 13 Negara Kumpul di Indonesia `Sharing` Masalah TB

Perwakilan 13 Negara Kumpul di Indonesia `Sharing` Masalah TB

Dalam rangka berbagi informasi tentang situasi terkini tentang penanggulangan TB (Tuberkulosis), perwakilan dari 13 negara berkumpul dalam forum Stop TB Partnership, Senin (3/3/2014). Acara yang dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Kesehatan, Kependudukan dan Keluarga Berencana Kemenko Kesra, Dr. Emil Agustiono ini juga menyebutkan masalah-masalah yang dihadapi setiap negara dalam menanggulangi TB seperti misalnya kematian TB dengan status HIV yang terus meningkat. "Maka itu, masalah TB bukan hanya masalah kesehatan. Tapi juga karena ini sensitif isu dan jadi masalah multi sektoral. Intinya jangan ada ego sektoral," kata Emil usai memberikan sambutannya di Forum Stop TB partnership di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta. Di samping itu, Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI), Arifin Panigoro mengatakan bahwa pertemuan TB Partnership ini merupakan kemitraan yang luas dalam program penanggulangan TB. Sedangkan hasil pertemuannya adalah aksi strategis di tiap negara dengan diterbitkannya kebijakan dan epraturan tetang penanggulangan TB. Sebelumnya diketahui, menurut data Global Report 2013, sekitar 460 ribu kasus baru TB, 3 persen diantanya HIV. Dan menurut laporan WHO pada [...]

Wong Ndeso Juga Bisa Stres

Wong Ndeso Juga Bisa Stres

Beberapa pekan terakhir masyarakat Indonesia mendengar maraknya pemberitaan tentang gangguan jiwa. Seolah-olah baru sekarang ada banyak kasus gangguan jiwa. Padahal menurut Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang juga psikiater dr. Nova Riyanti Yusup, SpKJ kasus gangguan jiwa tak hanya melanda orang terkenal atau orang kota, masyarakat pedesaan pun mengalami hal yang sama. Istilahnya wong (Jawa :orang) Ndeso (Desa) pun bisa juga stres. "Setelah ada orang terkenal atau artis kena gangguan jiwa baru kasus ini jadi terkenal," tutur sosok yang akrab dipanggil Noriyu ini dalam acara Diskusi Bulanan PB IDI "Penanganan Kegawatdaruratan Gangguan Jiwa" di Jakarta hari ini (13/8/2014). "Padahal tak hanya orang kota atau orang terkenal, orang desa pun mengalami gangguan jiwa ini pun harus kita perhatikan," terang Noriyu. Hal ini diungkapkan setelah mengetahui tingginya angka pemasungan orang dengan gangguan jiwa di desa yang mencapai 18%, lebih besar daripada angka pemasungan di kota. Ditambahkan dokter Eka Viora, SpKJ dalam acara yang sama, menyatakan bahwa penderita gangguan jiwa di Indonesia masih kecil jumlahnya. "Memang tidak dijelaskan spesifik berapa persen penyakit bipolar atau penyakit [...]

Terserang Stroke, Pria Ini Langsung Selfie

Terserang Stroke, Pria Ini Langsung Selfie

Stacey Yepes (49) akhirnya mengetahui bahwa ia menderita penyakit serius hanya dengan memperlihatkan hasil jepretan dirinya sendiri alias berfoto selfie.Pada bulan April, wajahnya tiba-tiba membeku, dan mulai mengalami kesulitan untuk berbicara. Berpikir bahwa itu adalah gejala dari stroke, ia pun bergegas menuju rumah sakit setelah gejala yang dialaminya itu mereda. Ketika diperiksa, dokter menduga Stacey hanya stres, lalu menyuruhnya pulang dengan saran agar dirinya lebih mengontrol emosinya.Dua hari kemudian, Stacey merasakan tubuhnya mengalami mati rasa saat sedang menyetir. Tak kuat dengan kondisi itu, ia memutuskan untuk menepi dan mulai merekam sebuah video dari gadget-nya, dan menceritakan tentang rasa kesemutan dan rasa tidak nyamannya ketika tersenyum. Ketika rekaman itu masuk menit pertama, ia mengatakan, sudah tidak sanggup untuk mengangkat tangannya.Ketika kondisi yang dialaminya itu reda kembali, tanpa pikir panjang, ia bergegas kembali ke dokter, dan menyerahkan hasil rekamannya tersebut. Selesai melihat video itu, akhirnya dokter mendiagnosa Stacey dengan transient ischemic attack (TIA), mini stroke. Mini stroke ini dapat terjadi akibat dari penumpukkan plak di art [...]

Daripada Suplemen, 6 Sumber Vitamin K Alami ini Baik Dikonsumsi

Daripada Suplemen, 6 Sumber Vitamin K Alami ini Baik Dikonsumsi

Suplemen vitamin K banyak dipilih sejumlah individu untuk meningkatkan kesehatan tulang, serta mencegah terjadinya perdarahan hebat. Meski banyak produsen mengklaim bahwa vitamin K dalam bentuk suplemen dijamin sehat, namun jauh lebih sehat bila mendapatkan manfaat vitamin K dari bahan-bahan alami yang begitu mudah kita temukan.Berikut adalah sejumlah sumber bahan alami yang mengandung banyak vitamin K, yang dapat dimasukan ke dalam diet sehari-hari, seperti dikutip Health-Me Up, Jumat (17/10/2014).1. BayamBayam disebut sebagai makanan super, karena mengandung banyak nutrisi sehat, termasuk vitamin K. Anda pun dapat mengonsumsinya dalam bentuk mentah, direbus, atau dimasak. 2. KaleKale merupakan sayuran hijau sejenis kubis yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah kanker, dan yang pasti kale kaya vitamin K. 3. KubisJika Anda tidak begitu suka kale, kubis dapat menjadi pilihan alternatifnya. Meski vitamin K dalam kubis tak sebanyak kale, mengonsumsi semangkok kubis dapat memberikan asupan vitamin K yang cukup untuk tubuh dalam sehari.4. PeterseliPeterseli kerap ditemukan saat kita menyantap spageti atau makanan jenis lainnya. Dua sendoh teh peterseli dapat memebuhi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *