Perut Kembung, Penyakit yang Sering Dianggap Masuk Angin

059225300_1412139131-01102014-obesitas.jpg

Siapa yang tidak kenal dengan masuk angin? Penyakit ini begitu populer di kalangan masyarakat. Tidak jarang, saat perut kembung dan diikuti dengan sendawa, seseorang akan langsung menyimpulkan bahwa dirinya terkena masuk angin.

Memang, perut kembung dan sendawa adalah gejala paling umum untuk masuk angin. Tetapi, tahukah Anda bahwa dalam kamus kedokteran, tidak ada istilah masuk angin. Meskipun begitu, perut kembung sebagai salah satu gejala seseorang dianggap masuk angin memang ada penjelasan medisnya.

Dilansir dari Emedicine Health, Selasa (16/12/2014), perut kembung adalah suatu kondisi dimana adanya kelebihan gas di saluran pencernaan seperti esofagus, lambung, usus kecil dan usus besar. Kelebihan gas pada saluran pencernaan tersebut dapat berasal dari dua sumber, yaitu dari peningkatan konsumsi gas dan peningkatan produksi gas.

Peningkatan konsumsi gas dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi minuman bersoda dan permen karet sehingga udara ikut tertelan. Sedangkan untuk produksi gas berasal dari sumber makanan yang dapat menghasilkan gas. Sumber makanan ini biasanya mengandung karbohidrat seperti kacang, bawang dan anggur merah.

Jadi, sebab perut kembung yang dianggap sama dengan masuk angin tersebut bukanlah berasal dari angin yang masuk dari luar ke dalam butuh sebagaimana yang dipahami sebagai “masuk angin”. Lalu, bagaimana mengatasi perut kembung?

Untuk dapat mengatasi perut kembung, maka terlebih dahulu harus diketahui apa penyebab perut kembung tersebut.

Sebelumnya telah dijelaskan beberapa sebab dari perut kembung. Jika perut kembung disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu, maka cara mengatasinya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan itu dalam waktu tertentu.

Meskipun begitu, secara umum untuk mengatasi perut kembung seseorang dapat menggunakan obat tertentu. Obat untuk mengatasi perut kembung adalah obat yang mengandung zat simetikon, yaitu zat yang dapat melarutkan gelembung gas. Zat ini dapat ditemukan di semua obat mag.

Hal yang perlu diketahui, perut kembung juga mungkin saja merupakan gejala awal dari penyakit lain yang lebih serius. Misalnya penyakit tifus, liver bahkan usus buntu.

Untuk itu, jika perut kembung tidak kunjung sembuh dan justru bertambah parah, atau jika perut kembung diikuti dengan muntah, diare, turunnya berat badan atau ada darah saat BAB, maka sebaiknya Anda segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Lihat Tayangan Tak Mendidik, Kendali Televisi Ada di Remote

Lihat Tayangan Tak Mendidik, Kendali Televisi Ada di Remote

Tak sedikit masyarakat yang menilai bahwa tayangan televisi saat ini kurang mendidik. Terlebih di beberapa stasiun televisi, menyajikan sebuah acara yang tak layak untuk ditonton oleh anak-anak. Lantas, apa yang harus dilakukan agar anak-anak terhindar dari tayangan yang tak layak ditonton?"Pengaruh remote ada pada Anda. Kalau memang tak layak tonton, tukarlah atau bahkan matikan saja. Ya, kalau sudah ditukar masih ada acara yang tak layak ditonton, jalan satu-satunya dimatikan," kata Psikolog Klinis sekaligus Aktivis, Baby Jim Aditya, dalam acara `Diskusi Buku: Sesuai Kata Hati, Wacana Klasik Kehidupan Waria`, di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, belum lama ini.Menurut Baby, ini merupakan cara satu-satunya yang dapat dilakukan untuk membuat hidup lebih damai. Ingin protes pun, dirasa percuma. Sebab, protes yang diajukan masyarakat terhadap stasiun televisi tidak akan pernah digubris sama sekali. Kalau pun kritikan itu dilakukan, hanya bertahan beberapa hari saja, Senin (3/3/2014)."Protes tidak mempan. Karena orientasi stasiun televisi itu untuk mencari uang. Jadi kalau mau protes, percuma. Mending matiin televisinya," kata Baby menekankan.Biasanya, protes yang diajukan mas [...]

Operasi Leher Bakal Jadi Tren di Masa Depan

Operasi Leher Bakal Jadi Tren di Masa Depan

Sering mengecek telepon genggam. Kebiasaan buruk ini dinilai dapat memperburuk kondisi tulang leher. Para ahli kesehatan memprediksi, bila kebiasaan ini terus dilakukan maka tren kedepan adalah operasi tulang leher. Seperti diwartakan Newser, Jumat (21/11/2014), kebiasaan mengecek telepon genggam akan membuat posisi leher terus menunduk dan menyebabkan beban leher tidak setara dengan berat kepala. Studi menemukan, melihat ponsel terus menerus kebawah dapat membebankan leher hingga 60 kilogram. Itu dihitung jika Anda condong ke depan pada sudut 60 deraja, 40 kilogram bila Anda condong 30 deraja."Itu karena kepala manusia beratnya 4-9 kilogram dan kebiasaan menunduk dapat meningkatkan daya tarik gravitasi. Dan tidak mengejutkan, hal ini tidak baik untuk tulang belakang Anda," ujar penulis studi.Ilmuwan menyebutkan, kebiasaan menunduk ini selain dapat menyebabkan bungkuk, degenerasi, dan operasi. Oleh sebab itu, mereka menyarankan untuk mengecek ponsel dengan tegap dan tidak menunduk. [...]

Masih Ada Masyarakat Kampung Pulo yang Mandi Pakai Air Kali

Masih Ada Masyarakat Kampung Pulo yang Mandi Pakai Air Kali

Perilaku kebanyakan masyarakat Jakarta masih jauh dari bersih dan sehat. Terutama mereka yang tinggal di sekitar kali di wilayah Kampung Pulo, Jakarta Timur."Kalau di sana (Kampung Pulo) memang masih ada yang mencuci di kali, buang air besar dan kecil di kali, dan malah kadang ada yang mandi. Karena di sana ada seperti getek tempat pijakan untuk mereka," ujar Nur, warga Kelurahan Bukit Duri.Kelurahan Bukit Duri merupakan daerah yang tidak jauh dari Kampung Pulo, hanya dipisahkan dengan aliran sungai. "Di sini sudah Kelurahan Bukit Duri di seberang kali sana sudah masuk Kampung Pulo, Jakarta Timur. Kalau di Bukit Duri sendiri tidak ada yang menggunakan air kali karena jauh juga jaraknya," ujar Nur.Saat dikonfirmasi, pihak Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta mengatakan akan menegur lurah dan pihak yang berwenang di daerah tersebut."Seharusnya itu sudah tidak boleh lagi ada yang menggunakan air kali karena itu kan sudah jelas kotor. Gunakan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," kata Kepala Bidang Penanggulanan Masalah Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, dr. Jhon ST. Marbun M.Kes.Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terkait [...]

Kabar Gembira dari RS Mount Elizabeth untuk Pasien Parkinson

Kabar Gembira dari RS Mount Elizabeth untuk Pasien Parkinson

Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, kembali menawarkan satu pengobatan terkini bagi pasien parkinson stadium tiga, yaitu terapi Deep Brain Stimulation (DBS). Terapi ini merupakan kabar bahagia yang diberikan rumah sakit di bawah naungan Parkway Hospitals Singapore bagi para pasien parkinson. Memang, gejala awal penyakit yang kerap diderita oleh lansia (orang usia lanjut) ini masih bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun seiring dengan meningkatnya intensitas gejala yang timbul, maka terapi DBS sangat diperlukan, karena obat yang selama ini dikonsumsi berhenti bekerja dan menyebabkan kondisi pasien drop."Terapi Deep Brain Stimulation ini sering disebut sebagai batas baru dalam manajemen pengelolaan kondisi otak," kata Dr John Thomas dalam Mount Elizabeth Hospitals Annual Medical Seminar `Synergy in Action` di Mandarin Orchard Hotel, Orchard Rd, Singapura, ditulisHealth-Liputan6.compada Senin (27/10/2014)Cara kerja terapi Deep Brain Stimulation adalah dengan memasangkan kabel di otak yang berfungsi sebagai perangkat medis untuk mengirimkan impuls listrik ke bagian tertentu di otak. "Impuls dapat dikalibrasi untuk meringankan gerakan seperti tersentak-sentak dan tidak t [...]

Larangan Melakukan Hajatan di Bulan Suro, Mitos atau Fakta?

Larangan Melakukan Hajatan di Bulan Suro, Mitos atau Fakta?

Banyak orang Jawa yang percaya bahwa kegiatan pesta atau perayaan di Bulan Muharram atau Suro di awal Tahun Baru Islam bisa mendatangkan musibah bila dilakukan. Guru Besar Ilmu Tasawuf IAIN Walisongo Semarang & Direktur Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Tasawuf (LEMBKOTA) Kota Semarang Prof. Dr. HM. Amin Syukur, MA. menyebutkan bahwa keyakinan itu yang tidak punya dasar. Artinya perbuatan sekadar gugon tuhon, perbuatan yang jare-jare (kata orang). Pada hari apa pun, bulan apa pun dan tahun apa pun tidak ada larangan untuk melakukan suatu perbuatan termasuk punya hajat, seperti menikahkan, menyunatkan dan sebagainya.Pada prinsipnya dalam agama Islam semua hari, bulan dan tahun adalah baik. Semuanya adalah makhluk Allah, mereka tidak bisa membawa bahaya dan manfaat apa pun kecuali seizin-Nya. Nabi Muhammad saw bersabda: ?La tasubbud dahra, fainnallaha huwad dahru? (Jangan memaki-maki masa, sebab Allah itu adalah ?masa? itu sendiri). Artinya ia adalah makhluk ciptaan-Nya. Yakinlah dengan keyakinan yang tangguh, tanpa sedikit pun diwarnai keragu-raguan. Kalau seseorang ragu, maka atas keraguan itulah ketentuan Allah akan menimpanya, karena Allah itu ?mengikuti? persepsi hamba-Nya.Se [...]

Queensland Tengah Persiapkan Bangunan yang Ramah Lingkungan

Queensland Tengah Persiapkan Bangunan yang Ramah Lingkungan

Agar dapat menjamu para Pemimpin Dunia dalam G20 Leaders' Summit, termasuk Presiden RI ke-7 Joko Widodo secara maksimal, Queensland akhirnya menyiapkan desain untuk sejumlah bangunan yang ramah lingkungan. Cuaca ekstrem di sejumlah negara bagian seperti musim kemarau yang sangat panjang, banjir yang luar biasa serta hujan monsun yang berdampak pada banjir, Queensland tidak kelihatan gentar. Justru banyak peneliti, perencana, arstek, insinyur, dan kontraktor yang mereka miliki mampu menciptakan komunitas yang ramah lingkungan, dan menerapkan prinsip berkelanjutan yang terus berkembang. Bagi Queensland, tidak peduli apa yang dilemparkan alam kepadanya, mereka akan berusaha untuk menciptakan suatu hal yang inovatif dengan desain kelas dunia, agar dapat dilihat oleh seluruh dunia.Queensland tampaknya sadar betul, dengan usaha keras yang saat ini tengah mereka godok, para delegasi dapat menjelajah setiap gedung perkantoran yang inovatif dengan desain kelas dunia yang tengah menarik perhatian, dan investasi di Queensland bagian utara yang beriklim tropis, dan bagian selatan yang beriklim subtropis."Mereka akan melihat contoh dari teknik canggih dan lingkungan, termasuk jalur pejalan kaki [...]

6 Alasan Malam Pertama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Batal

6 Alasan Malam Pertama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Batal

Di malam pertama sehabis pernikahannya pada Jumat 17 Oktober 2014, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengaku tidak menjalankan ritual yang biasanya ditunggu-tunggu banyak pasangan, yakni ritual malam pertama. Tentu, bukan masalah bila hal itu karena persoalan penting. Sebenarnya ada berapa banyak kemungkinan bila sepasang pengantin tidak bisa melakukan ritual hubungan intim di malam pertama. Berikut beberapa alasan seperti dikutip newlywed, Jumat (24/10/2014). 1. KecapaianIni alasan yang sangat masuk akal. Apalagi bila tamu dan ritual upacara pernikahan yang dilangsungkan berjalan lama dan memakan waktu seharian penuh. Anda pasti kelelahan dan bakal tertidur sebelum mencapai jam sembilan malam. Langkah tepat memang Anda harus tidur karena tentu saja tidak akan menjadi malam yang menyenangkan sekaligus romantis bila suasana tidak bugar dan keduanya sedang kelelahan. 2. Terlalu banyak tekananBisa jadi ada banyak jadwal dan rencana yang meleset serta hal-hal yang terjadi di luar dugaan. Tentu saja itu membuat Anda dan pasangan sebagai Raja dan Ratu sehari bakal merasa frustasi sekaligus stres, tidak nyaman, jengkel bahkan marah. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya jangan melakukan [...]

Perempuan Lebih Sulit Tidur Dibanding Pria

Perempuan Lebih Sulit Tidur Dibanding Pria

Tidur pria dan perempuan ternyata berbeda. Perempuan membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan lebih merasa ngantuk. Mereka juga kurang tidur dan berisiko tinggi mengalami insomnia dibanding pria. Mengapa itu terjadi?Menurut Society for Women's Health Research (SWHR), pemahaman mengapa jenis kelamin memengaruhi perbedaan tidur masih dipelajari. Sebagian besar literatur medis tidur berfokus pada sleep apnea yang sering dialami pria.Direktur SWHR, Monica Mallampalli, Ph.D., MSc, menjelaskan, ketika membicarakan perempuan dan tidur, tak ada momentum di dalamnya."Perempuan dan laki-laki menggambarkan pengalaman mereka dengan gangguan tidur yang berbeda. Misalnya, dengan sleep apnea, pria melaporkan mendengkur, terengah-engah dan mengantuk. Sementara itu, wanita cenderung melaporkan kelelahan, insomnia dan depresi," kata Mallampalli. Menurut para pakar, perempuan yang kurang tidur di malam hari kemungkinan diasumsikan karena pramenstruasi atau menopause. "Perubahan hormonal tampaknya berperan besar pada gangguan tidur perempuan," kata Mallampalli.Ia mengatakan, perempuan berisiko tinggi mengalami insomnia ketika menstruasi dan selama menopause. Sementara, pada perempuan hamil yan [...]

Anda Depresi? Ini Tandanya

Anda Depresi? Ini Tandanya

Berita aktor dan komedian kawakan Robin Williams yang melakukan bunuh diri akibat depresi berat memang mengagetkan. Sebenarnya Williams tak sendirian, banyak orang sedang berjuang melawan depresi. Paling tidak satu dari 10 orang di antara kita pernah mengalami depresi dalam perjalanan kehidupan. Seperti dilansir laman Independent, Rabu (13/8/2014) apa yang dialami Robin Williams bisa jadi peringatan bagi kita untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi depresi dan menghindarkan dari kemungkinan bunuh diri. Berikut gejala yang biasa dirasakan oleh orang yang mengalami depresi. 1. Merasa bosan, sedih, atau tidak menikmati hal-hal yang biasanya jadi kesukaan atau ketertarikan.2. Kehilangan percaya diri dan harga diri3. Kesulitan berkonsentrasi dan membuat keputusan4. Menghindari orang lain, sendirian, dan mengisolasi diri5. Perasan bersalah yang tidak semestinya, merasa tidka berharga, tidak berdaya, putus asa6. Sulit tidur7. Perubahan nafsu makan dan hilangnya gairah seksual maupun muncul masalah seksual8. Sakit fisik9. Berpikir tentang merugikan diri atau menyakiti diri10. Ini yang paling berbahaya, berpikir tentang kematian maupun bunuh diri. Saat merasakan geja [...]

Bermula dari Alat Terapi, EMS Kini Jadi Alat Gym

Bermula dari Alat Terapi, EMS Kini Jadi Alat Gym

Teknologi alat kebugaran bernama electro muscle stimulation (EMS) dengan jenis mesin MihaBodytec kini sedang disukai masyarakat Jakarta. Siapa sangka alat olahraga canggih ini saat pertama kali diciptakan sebagai alat terapi. "Pertamakali EMS MihaBodytec diciptakan sebagai alat terapi. Misalnya terapi sakit punggung dan pemulihan pasca stroke. Seiring berjalannya waktu alat ini digunakan untuk terapi kecantikan," tutur Andien Aisyah, salah satu pemilik 20FIT, sebuah tempat kebugaran yang alatnya menggunakan teknologi EMS ini. Kini, EMS telah berevolusi menjadi alat berolahraga yang bisa membentuk tubuh, membentuk otot, hingga menghilangkan selulit. Cukup dengan 20 menit setara dengan berolahraga dua jam di pusat kebugaran. Alat yang bekerja dengan cara mengirimkan aliran listrik tegangan rendah langsung menuju otot ini pun bisa digunakan sebagai alat berolahraga bagi mereka yang lansia, cedera, stroke dan sakit punggung. Menurut Andien, hal ini disebabkan karena alat ini merupakan jenis low impact yang tetap aman bagi orang dengan kondisi tersebut. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *