Perut Semakin Besar, Masalah Penyakit Semakin Besar

gemuk-gendut-kegemukan-obesitas.jpg

? Kecuali ibu hamil, ciri perut membesar khas dengan kegemukan. Obesitas atau kegemukan merupakan keadaan berlebihnya lemak tubuh. Dan salah satu bagian paling mudah bertumpuknya lemak adalah perut.

Obesitas adalah sebuah keadaan berlebihnya lemak tubuh. Keadaan ini merupakan sebuah kelainan multifaktor, diantaranya faktor genetik dan lingkungan. Dalam praktik sehari-hari pengukuran obesitas menggunakan pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT) yang berhubungan dengan kadar lamak tubuh. IMT di dapat dengan rumus berat badan dalam kilogram (kg), dibagi kuadrat dari tinggi badan (m2). Untuk wilayah Asia Pasifik, kriteria dan klasifikasi obesitas berdasarkan nilai IMT dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Apa bahaya obesitas?

Umumnya individu obes memiliki tumpukan lemak sekitar perut atau kita kenal dengan perut buncit. Penumpukan lemak perut ini merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Selain itu individu obes cenderung memiliki berbagai faktor risiko metabolik lain seperti tekanan darah tinggi, kelainan lemak darah dan gangguan gula darah. Semua faktor risiko ini akan meningkatkan risiko seorang pasien untuk menderita berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan pembuluh darah otak.

Mengapa obesitas cenerung meningkat?

Perut Semakin Besar, Masalah Penyakit Semakin Besar

Mengapa obesitas cenderung meningkat?

Obesitas disebabkan oleh berbagai faktor. Genetik tak pelak merupakan faktor kuat penyebab obesitas, namun lingkungan juga berperan penting dalam peningkatan kasus obesitas akhir-akhir ini. Angka obesitas cenderung mengalami peningkatan karena lingkungan dunia yang cenderung menjadi ?obesogenic?. Lingkungan ?obesogenic? merupakan sebuah keadaan pola hidup sedenter, dan maraknya makanan berkalori tinggi. Pola hidup sedenter adalah pola hidup yang minim aktivitas, tidak berolahraga dan konsumsi makanan tinggi kalori. Terlebih kini jaringan waralaba makanan berkalori tinggi menjamur dimana-mana.

Bagaimana penanganan obesitas?

Langkah pertama untuk menangani obesitas adalah dengan melakukan perubahan pola makan. Untuk memberikan terapi diet yang optimal, maka komposisi diet harus dirancang per individu. Defisit kalori sebanyak 500 hingga 1000 kcal/hari dari kebutuhan kalori individu obes dapat dilakukan, hal ini untuk mencapai penurunan berat badan yang adekuat. Total lemak yang diberikan harus kurang dari 30% kebutuhan kalori. Karbohidrat mencakup 55-65% dari kebutuhan energi total, sedangkan protein sekitar 15% dari kalori total. Individu obes harus dimotivasi untuk meningkatkan konsumsi buah segar dan sayuran.

Selain itu, peningkatan aktivitas fisik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program penurunan berat badan. Untuk pasien obes, aktivitas fisik harus dimulai secara bertahap dan intensitasnya ditingkatkan secara bertahap. Pasien dapat memulai aktivitas fisik dengan berjalan 30 menit sebanyak 3 kali seminggu dan ditingkatkan menjadi 45 menit sebanyak 5 kali seminggu.

Satu hal yang pasti bahwa obesitas dapat dicegah. Pengaturan pola makan dan olah raga rutin merupakan ujung tombak penanganan obesitas. Bayangkan jika dunia tenggelam dalam kasus obesitas, maka komplikasi penyakit jantung dan pembuluh darah otakpun akhirnya akan meningkat. Bukanlah tidak mungkin jika fenomena peningkatan kasus obesitas ini berlanjut, maka dunia akan lumpuh karena dipenuhi pasien dengan penyakit jantung, otak atau penyakit kompliasi kegemukan lainnya.

Jumlah kasus obesitas di dunia sangat mencengangkan. Saat ini diperkirakan terdapat 250 juta orang di dunia dengan berat badan berlebih, dan angka ini diprediksikan terus meningkat. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2010, prevalensi obesitas diatas umur 18 tahun adalah 21,7%. Jumlah kasus obesitas di Indonesia juga cenderung meningkat. Obesitas berbahaya karena meningkatkan risiko individu obes untuk menderita berbagai penyakit, seperti jantung dan pembuluh darah otak.

Baca juga:

  • Obesitas Akibat Salah Asupan, Kurang Aktivitas atau Bakat Turunan?

  • Obesitas Dikaitkan Dengan Sperma Yang Lebih Sedikit Pada Pria

  • Ibu Hamil Jangan Sampai Kegemukan!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Oleh: drg. Martha Mozartha, Msi Begitu mendapati kabar gembira bahwa dirinya sedang hamil pada umumnya para wanita langsung terfokus pada kehamilannya, terutama dalam hal menjaga kesehatan kandungan dan mempersiapkan segala sesuatu bagi kedatangan sang buah hati. Satu hal yang kerap terabaikan adalah kesehatan gigi dan mulut. Padahal perawatan gigi dan mulut sangat penting, terutama pada masa kehamilan. Perubahan Hormonal Wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormon yang drastis. Jumlah hormon progesteron meningkat dan hal ini membawa dampak yang besar bagi rongga mulut. Jaringan lunak mulut menjadi lebih rentan terhadap peradangan, terutama gusi, yang ditandai dengan gusi bengkak, berwarna merah terang, dan mudah berdarah. Penyebab utama dari radang gusi (gingivitis) adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Oleh karena itu, wanita hamil yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya akan semakin beresiko untuk mengalami gingivitis, meski tingkat keparahannya pada masing-masing orang berbeda-beda. Perubahan Pola Makan Selama kehamilan, para ibu umumnya cepat merasa lapar dan cenderung makan dan minum lebih banyak sepanjang hari. Ada juga para ibu yang memiliki kesukaan [...]

Rasa Penasaran Ternyata Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Keuntungannya

Rasa Penasaran Ternyata Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Keuntungannya

Rasa penasaran yang dimiliki oleh setiap manusia merupakan hal yang manusiawi. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul akibat rasa ingin tahu terhadap suatu masalah. Meski bagi sebagian orang rasa penasaran dinilai terlalu berlebihan karena dianggap ingin ikut campur dengan urusan orang lain sebenarnya ada manfaat yang bisa didapatkan saat memiliki rasa penasaran.Menurut Emily Campbell, seorang asisten penelitian di Greater Good Science Center Amerika, rasa penasaran bermanfaat secara psikologis, emosional, sosial, dan kesehatan. Apa saja manfaatnya?1. Membantu untuk Bertahan HidupSeperti dilansir dari Huffington Post, rasa penasaran membantu kita untuk mengeksplorasi dan mencari hal-hal baru untuk menambah pengetahuan tentang lingkungan di sekitar. Inilah yang menyebabkan otak berkembang dan melepaskan senyawa dopamine serta beberapa zat-zat lainnya di dalam tubuh ketika kita menemukan hal baru.2. Lebih BahagiaPenelitian menunjukkan bahwa rasa ingin tahu sering diasosiasikan dengan tingkat emosi positif yang lebih tinggi. Selain itu, tingkat kecemasan juga cenderung rendah, lebih puas dengan hidup yang dijalani, serta efek psikologis yang lebih baik.3. Meningkatkan PrestasiPen [...]

Manfaat Memakan Camilan Sehat Saat di Kantor

Manfaat Memakan Camilan Sehat Saat di Kantor

Memakan camilan di kantor tak selamanya bisa berakibat buruk. Namun pastikan terlebih dulu camilan yang dimakan adalah camilan sehat. Hindari memilih makanan cepat saji seperti mie instan atau snack dalam kemasan yang banyak mengandung kalori, garam, lemak dan gula.Mengonsumsi makanan camilan yang padat nutrisi justru dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral serta meningkatkan produktivitas saat bekerja. Seperti yang dikutip dari Livestrong, berikut manfaat mengonsumsi camilan sehat saat berada di kantor.1. Meningkatkan ProduktivitasDengan memakan camilan sehat berarti Anda mengisi otak dengan bahan bakar secara berkala sehingga meningkatkan konstrasi dan akhirnya berpengaruh pada produktivitas. Karbohidrat kompleks menawarkan energi tambahan untuk sel-sel otak yang memungkinkan seseorang bekerja lebih keras dan efisien. karbohidrat kompleks bisa ditemui di dalam buah-buahan, sayuran, dan makanan mengandung gandum.2. Mengontrol Berat BadanBanyak orang yang berpikir bahwa camilan bisa membuat berat badan naik. Tapi tahukah Anda bahwa 'ngemil' di antara waktu makan siang dan malam justru bisa mengontrol nafsu makan? Memakan makan seperti yoghurt rendah lemak, buah-b [...]

Membasmi Jamur Mulut dengan Jahe

Membasmi Jamur Mulut dengan Jahe

Penyakit yang disebabkan oleh jamur dalam rongga mulut dinamakan kandidiasis, dimana candida albicans adalah jenis jamur yang menjadi penyebabnya. Selain dalam rongga mulut candida albicans juga ditemukan pada saluran pencernaan dan organ genital. ?Suburnya? jamur ini berkembang di dalam mulut didukung oleh beberapa faktor seperti diantaranya: iritasi pada pemakaian gigi tiruan daya tahan tubuh menurun konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, mulut yang kering karena pemakaian obat-obat karena terapi radiasi pemakaian antibiotik spektrum luas dalam jangka waktu lama. Bagaimana solusi mengatasi penyakit kandidiasis? Membasmi Jamur Mulut dengan Jahe Solusi yang diperlukan dalam penyakit kandidiasis bukan hanya pencegahan dan pengobatan, tetapi juga diperlukan obat alternatif yang lebih murah dan terjangkau, karena obat-obatan yang telah beredar dimasyarakat selain harganya relatif mahal ternyata juga mempunyai beberapa efek samping. Dalam mencari solusinya dari masalah tadi telah dilakukan penelitian terhadap dua jenis jahe sebagai obat anti jamur, yaitu jahe merah dan jahe putih kecil, yang telah terbukti keduanya mempunyai d [...]

3 Penyebab Anda Sakit Kepala Saat Bercinta

3 Penyebab Anda Sakit Kepala Saat Bercinta

Seks yang hebat ternyata memberikan manfaat banyak lebih dari yang Anda pikir. Apakah Anda tahu bahwa kegiatan bercinta mempengaruhi rasa sakit kepala yang sering Anda alami? Dikutip dari sexhealthinplainenglish, quickie bisa bantu meredakan sakit kepala.Namun kegiatan bercinta ternyata juga bisa membuat seseorang sakit kepala. Sakit kepala setelah bercinta ini sering disebut sebagai sex headache.Apakah yang dimaksud dengan 'sex headache'?Beberapa orang mungkin mengalami sex headache, nyeri pada kepala yang terjadi pada saat mulai bercinta, orgasme, masturbasi dan usai bercinta. Biasanya sakit kepala ini berlangsung singkat, sekitar 5 sampai 10 menit. Tapi ada juga sebagian orang yang merasakan sex headache selama beberapa jam. Orang yang sering mengalami migrain dan sakit kepala, lebih rentan terhadap sex headache ini. Walaupun sex headache bisa diderita oleh pria maupun wanita, tetapi menurut para ahli, pria lebih sering mengalami sex headache.Apa yang menyebabkan sex headache?1. Mengeluarkan energi yang berlebihan saat bercintaBanyak penelitian yang menunjukkan bahwa sakit kepala saat bercinta terkait dengan banyaknya energi yang dikeluarkan oleh seseorang. Sebagian peneliti [...]

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Apakah Anda pernah atau sering merasakan pusing setelah makan? Mungkin Anda mengalami Postprandial Hypotension yaitu tekanan darah yang tiba-tiba rendah setelah makan. Hal ini terjadi pada sepertiga wanita dan pria di dunia. Apa yang terjadi dalam tubuh saat kita makan? Ketika kita makan, di dalam tubuh kita terjadi interaksi kerja antara berbagai sistem termasuk di antaranya adalah sistem pencernaan, sistem persarafan dan sistem peredaran darah (jantung dan pembuluh darah). Pada saat terjadi proses pencernaan, aliran darah difokuskan pada daerah lambung dan usus kecil. Agar mekanisme ini tidak mengganggu aliran darah ke otak, kaki dan bagian tubuh lainnya, jantung akan berdetak lebih cepat dan pembuluh darah di daerah saluran pencernaan akan mengecil. Pada beberapa orang, mekanisme ini tidak berjalan dengan baik sehingga tekanan darah menjadi rendah di bagian lain tubuh kecuali sistem pencernaan. Hal ini dapat menimbulkan keluhan: - Pusing - Gangguan penglihatan - Mual - Pingsan - Nyeri dada Dan bahkan pada kondisi yang cukup berat dapat menyebabkan terjadinya stroke kecil. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Kapalan?

Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Kapalan?

Kapalan muncul karena adanya iritasi atau tekanan yang terjadi secara intens di area kulit tertentu. Meski terkesan mengganggu penampilan, keduanya tidak termasuk masalah serius bagi kesehatan Anda. Namun, bukan berarti gangguan tersebut bisa dianggap remeh. Pada kondisi normal, kapalan bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan makin berkurangnya aktivitas pada area yang terserang. Gangguan ini sendiri tidak perlu dihiraukan kecuali sudah menimbulkan ketidaknyamanan. Meski pada sebagian besar orang kapalan bisa hilang tanpa bantuan dokter, tidak demikian pada penderita diabetes. Membiarkan kapalan tetap bersarang bisa mengakibatkan luka terbuka dan terinfeksi yang bisa berujung menjadi gangren. Jika Anda sudah terkena kapalan yang sudah menyakitkan dan tidak kunjung hilang, beberapa tindakan dokter di bawah ini mungkin diperlukan: Memotong bagian yang menebal. Untuk menghilangkan kapalan, dokter bisa memotong kulit yang menebal. Meski terkesan sederhana, jangan lakukan hal tersebut sendiri tanpa pengetahuan yang cukup. Proses ini jika dilakukan dengan cara yang tidak benar dan tanpa alat yang sesuai bisa menyebabkan infeksi. Mengoleskan obat penghilang kapalan. Setelah memoton [...]

Kalap Santap Makanan Saat Buka Puasa, Waspadai Akibat yang Ditimbulkan Ini

Kalap Santap Makanan Saat Buka Puasa, Waspadai Akibat yang Ditimbulkan Ini

Selain sebagai kewajiban beribadah bagi umat Islam, puasa sebulan penuh sebenarnya merupakan salah satu cara detoksifikasi. Tubuh 'diistirahatkan' dari makan berlebihan yang tinggi kalori serta lemak, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih baik. Selain untuk kesehatan, puasa juga bisa membantu turunkan berat badan berlebih.Namun kenyataan yang terjadi, justru banyak orang yang berat badannya bertambah bahkan berpotensi mengalami berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga serius. Penyebabnya, tidak lain karena pola makan ketika berpuasa cenderung tidak sehat.Umumnya orang Indonesia lebih memilih berbuka dengan gorengan ketimbang buah segar, kolak ketimbang kurma, es campur daripada air putih bahkan sebagian membatalkan puasanya dengan sepiring nasi lengkap dengan lauknya. Belum lagi berbagai jenis es, makanan manis atau makanan dengan kandungan garam dan gula tinggi. Menjelang Hari Raya, pola makan bisa semakin tidak terkontrol. Ketupat, opor ayam, sambal goreng hati, gulai, rendang, semua makanan berlemak dan berkolesterol tinggi yang tersaji di meja. Jarang kita menemukan lalapan, sayur bening atau sajian sayuran lain saat Lebaran. Jangan lewatkan juga kue-kue [...]

Kenali Jenis-Jenis Sakit Tenggorokan

Kenali Jenis-Jenis Sakit Tenggorokan

Ketika mengalami sakit tenggorokan, apa yang Anda lakukan? Minum banyak air putih, minum perasan jeruk nipis yang dicampur kecap, ataukah langsung mengonsumsi antibiotik? Banyak orang beranggapan bahwa sakit tenggorokan harus diobati dulu dengan antibiotik, barulah bisa sembuh. Pemahaman ini ternyata keliru dan menyesatkan banyak orang. Mengapa demikian? Rasa sakit atau nyeri tenggorokan disebabkan oleh peradangan di tenggorokan, yang dalam dunia medis disebut faringitis. Faringitis ini dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Ternyata mayoritas radang tenggorokan disebabkan oleh virus. Hanya sebagian kecil yang disebabkan oleh bakteri. Virus penyebab faringitis ini di antaranya adalah virus penyebab common cold, influenza, mononukleosis, campak, cacar air, dan croup. Sementara itu contoh bakteri penyebab adalah Streptococcus dan difteri. Pada umumnya ? walaupun tidak selalu ? gejala radang tenggorokan yang ditimbulkan oleh bakteri lebih berat dibandingkan dengan virus. Selain itu, komplikasi ke jantung dan ginjal dapat timbul jika tidak ditatalaksana dengan adekuat. Faringitis karena virus tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotik, namun cukup dengan pengobatan suportif ter [...]

8 Penyebab Hilangnya Konsentrasi & Cara Mengembalikannya

8 Penyebab Hilangnya Konsentrasi & Cara Mengembalikannya

Saat pekerjaan sedang berada dalam tekanan, ada sebagian orang yang sulit mengerjakan tugas dengan sempurna. Pernah mengalami hal yang sama? Jika ya, artinya Anda sedang kehilangan konsentrasi. Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak tips di bawah ini, seperti yang dikutip dari Prevention International.1. Kondisi Metabolisme MenurunTidak berkonsentrasi bisa jadi pertanda bahwa Anda kekurangan vitamin atau hormon tertentu. Untuk mencegahnya, periksakanlah diri ke dokter dan konsultasikanlah kondisi kesehatan Anda. Jika perlu, mintalah dokter untuk melakukan pemeriksaan darah.2. Perubahan HormonHal ini banyak terjadi pada wanita pada usia menjelang menopause yang ditandai dengan 'hot flushes' ( tanda-tanda perubahan tingkat hormon) serta peningkatan kadar hormon gonadotropin. Jika mengalami hal tersebut, maka sebaiknya Anda melakukan terapi penggantian hormon jangka pendek.3. Bergonta-ganti ObatMengkonsumsi obat secara tidak teratur bisa mempengaruhi mood dan konsentrasi. Obat yang termasuk dalam kategori ini adalah obat anti depresan, obat penenang, dan obat tidur. Untuk mencegah akibat yang lebih berbahaya, buatlah daftar obat-obatan yang Anda minum secara tidak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *