Perut Semakin Besar, Masalah Penyakit Semakin Besar

gemuk-gendut-kegemukan-obesitas.jpg

? Kecuali ibu hamil, ciri perut membesar khas dengan kegemukan. Obesitas atau kegemukan merupakan keadaan berlebihnya lemak tubuh. Dan salah satu bagian paling mudah bertumpuknya lemak adalah perut.

Obesitas adalah sebuah keadaan berlebihnya lemak tubuh. Keadaan ini merupakan sebuah kelainan multifaktor, diantaranya faktor genetik dan lingkungan. Dalam praktik sehari-hari pengukuran obesitas menggunakan pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT) yang berhubungan dengan kadar lamak tubuh. IMT di dapat dengan rumus berat badan dalam kilogram (kg), dibagi kuadrat dari tinggi badan (m2). Untuk wilayah Asia Pasifik, kriteria dan klasifikasi obesitas berdasarkan nilai IMT dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Apa bahaya obesitas?

Umumnya individu obes memiliki tumpukan lemak sekitar perut atau kita kenal dengan perut buncit. Penumpukan lemak perut ini merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Selain itu individu obes cenderung memiliki berbagai faktor risiko metabolik lain seperti tekanan darah tinggi, kelainan lemak darah dan gangguan gula darah. Semua faktor risiko ini akan meningkatkan risiko seorang pasien untuk menderita berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan pembuluh darah otak.

Mengapa obesitas cenerung meningkat?

Perut Semakin Besar, Masalah Penyakit Semakin Besar

Mengapa obesitas cenderung meningkat?

Obesitas disebabkan oleh berbagai faktor. Genetik tak pelak merupakan faktor kuat penyebab obesitas, namun lingkungan juga berperan penting dalam peningkatan kasus obesitas akhir-akhir ini. Angka obesitas cenderung mengalami peningkatan karena lingkungan dunia yang cenderung menjadi ?obesogenic?. Lingkungan ?obesogenic? merupakan sebuah keadaan pola hidup sedenter, dan maraknya makanan berkalori tinggi. Pola hidup sedenter adalah pola hidup yang minim aktivitas, tidak berolahraga dan konsumsi makanan tinggi kalori. Terlebih kini jaringan waralaba makanan berkalori tinggi menjamur dimana-mana.

Bagaimana penanganan obesitas?

Langkah pertama untuk menangani obesitas adalah dengan melakukan perubahan pola makan. Untuk memberikan terapi diet yang optimal, maka komposisi diet harus dirancang per individu. Defisit kalori sebanyak 500 hingga 1000 kcal/hari dari kebutuhan kalori individu obes dapat dilakukan, hal ini untuk mencapai penurunan berat badan yang adekuat. Total lemak yang diberikan harus kurang dari 30% kebutuhan kalori. Karbohidrat mencakup 55-65% dari kebutuhan energi total, sedangkan protein sekitar 15% dari kalori total. Individu obes harus dimotivasi untuk meningkatkan konsumsi buah segar dan sayuran.

Selain itu, peningkatan aktivitas fisik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program penurunan berat badan. Untuk pasien obes, aktivitas fisik harus dimulai secara bertahap dan intensitasnya ditingkatkan secara bertahap. Pasien dapat memulai aktivitas fisik dengan berjalan 30 menit sebanyak 3 kali seminggu dan ditingkatkan menjadi 45 menit sebanyak 5 kali seminggu.

Satu hal yang pasti bahwa obesitas dapat dicegah. Pengaturan pola makan dan olah raga rutin merupakan ujung tombak penanganan obesitas. Bayangkan jika dunia tenggelam dalam kasus obesitas, maka komplikasi penyakit jantung dan pembuluh darah otakpun akhirnya akan meningkat. Bukanlah tidak mungkin jika fenomena peningkatan kasus obesitas ini berlanjut, maka dunia akan lumpuh karena dipenuhi pasien dengan penyakit jantung, otak atau penyakit kompliasi kegemukan lainnya.

Jumlah kasus obesitas di dunia sangat mencengangkan. Saat ini diperkirakan terdapat 250 juta orang di dunia dengan berat badan berlebih, dan angka ini diprediksikan terus meningkat. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2010, prevalensi obesitas diatas umur 18 tahun adalah 21,7%. Jumlah kasus obesitas di Indonesia juga cenderung meningkat. Obesitas berbahaya karena meningkatkan risiko individu obes untuk menderita berbagai penyakit, seperti jantung dan pembuluh darah otak.

Baca juga:

  • Obesitas Akibat Salah Asupan, Kurang Aktivitas atau Bakat Turunan?

  • Obesitas Dikaitkan Dengan Sperma Yang Lebih Sedikit Pada Pria

  • Ibu Hamil Jangan Sampai Kegemukan!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Yang Harus Dilakukan & Dihindari untuk Jaga Kesehatan Mata

Yang Harus Dilakukan & Dihindari untuk Jaga Kesehatan Mata

Terlalu lama menatap layar komputer, TV dan ponsel bisa menimbulkan ketegangan pada mata. Jika tidak mengistirahatkan mata dan kurang asupan nutrisi, mata bisa kehilangan kemampuannya untuk melihat dengan baik.Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mata. Yaitu dengan menjalani diet dan pola hidup yang sehat. Dr. Bharti, Medical Director Barthi Group of Eye Hospitals mengungkapkan hal-hal penting yang harus dilakukan dan dihindari, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Nutrisi LengkapPenglihatan akan bertambah baik apabila Anda mengonsumsi nutrisi yang sehat dan seimbang. Cukupi asupan protein, vitamin dan mineral setiap harinya yang banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Bayam, wortel dan tomat adalah beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi. Sementara untuk protein sehat, Anda bisa mendapatkan dari kacang-kacangan atau ikan.2. Tinggalkan Kebiasaan BurukBeberapa kebiasaan buruk bisa membuat mata tegang dan mengurangi penglihatan. Hindari membaca di tempat yang kurang cahaya. Sebaiknya tidak menonton TV sambil tiduran dan di ruang yang gelap. Biasakan juga tidak menatap layar ponsel di tempat gelap karena akan membuat mata bekerja lebih keras [...]

Kebiasaan Tidur Siang pada Bayi

Kebiasaan Tidur Siang pada Bayi

Oleh: dr. Nadia Octavia Dengan adanya aktivitas beristirahat pada tubuh, selain sebagai bagian aktivitas alami pemulihan stamina, tidur juga membawa pengaruh pada perkembangan kesehatan jiwa. Terutama pada bayi, kualitas tidur si kecil mengambil peran krusiil pada kondisi perkembangan kesehatan jiwanya juga. Berikut info tambahan seputar kebiasaan tidur siang pada bayi: Berapa lama waktu yang dibutuhkan bayi untuk tidur siang? Bayi usia kurang dari 4 bulanPada usia ini, bayi masih beradaptasi dengan siklus tidur. Bayi biasanya akan tidur siang di antara periode menyusui 4 bulan ? 1 tahunBayi biasanya akan tidur siang setidaknya 2x/hari. Bayi biasanya akan tidur siang dengan total 3 jam atau lebih di siang hari Di atas 1 tahunPada usia ini waktu yang diperlukan bayi untuk tidur siang lebih sedikit dibandingkan dengan usia sebelumnya Bagaimana cara membuat bayi agar tidur siang? Ciptakan suasana dan mood bayi. Ruangan yang gelap, sunyi dan sejuk akan memudahkan bayi untuk tidur siang Hindari menggendong atau menyusui bayi agar tertidur Jaga keamanan tempat tidur bayi Konsisten menjaga waktu tidur bayi pada jam yang sama setiap hari Apakah saya harus [...]

Cara Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit

Cara Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit

Melatih tubuh bagian atas, salah satunya dengan membentuk otot lengan, tidak hanya berperan untuk memperindah penampilan tubuh. Lebih dari itu, melatih otot lengan bermanfaat menjadikan kinerja tubuh menjadi lebih baik. Otot lengan yang kuat akan memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan yang sederhana sekalipun, seperti meraih benda di rak tinggi, menenteng belanjaan, menggendong anak, atau mengangkut setumpuk pakaian. Rangkaian gerakan berikut dapat dicoba sendiri di rumah atau di sela-sela waktu istirahat di kantor. Tidak perlu waktu lama, cukup sekitar 10 menit per hari. Gerakan ini bahkan dapat dilakukan sambil menonton TV atau menunggu cucian dalam mesin cuci mengering. Tapi sebelumnya disarankan untuk diawali dengan gerakan peregangan dan pemanasan selama 5 menit demi mengurangi risiko cedera otot. Tekuk Lengan Atas Gerakan ini cocok diterapkan sebagai langkah permulaan latihan atau dapat juga dilakukan oleh lansia yang ingin membentuk otot lengan. Berdirilah dengan kedua kaki dibuka selebar bahu sambil memegang botol berisi air pada kedua tangan. Secara perlahan, tekuk kedua lengan pada sisi tubuh dan angkat beban hingga setinggi bahu. Tahan beber [...]

Wasir Diwaspadai atau Didiamkan?

Wasir Diwaspadai atau Didiamkan?

Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di daerah sekitar anus yang secara bertahap dapat menonjol keluar. Pembengkakan pembuluh darah ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, misalnya mengejan terlalu keras ketika sedang BAB, diare yang tak kunjung sembuh, sembelit, hingga berat badan yang tak terkendali dan kehamilan. Bagi beberapa orang, wasir bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, risih, dan nyeri. Biasanya rasa tidak nyaman dan nyeri ini muncul ketika penderita wasir sedang duduk atau buang air besar. Wasir yang parah amat sulit sekali untuk disembuhkan dan harus ditangani dengan tindakan operasi. Tindakan ini tentunya memerlukan biaya tak sedikit. Jadi janganlah sesekali meremehkan wasir. Jenis Wasir Secara umum, wasir dibagi dua, yaitu wasir internal (hemoroid internal) dan wasir eksternal (hemoroid eksternal). Wasir internal dapat dicegah jika Anda bisa mengubah kebiasaan mengejan ketika BAB. Tapi bila dibiarkan, wasir internal bisa menonjol keluar dari anus. Wasir eksternal terletak di pinggir dubur. Salah satu penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras sehingga darah yang ada di dalam pembuluh akan menggumpal dan membentuk benjol kebiruan yang keras. Hal ini disebu [...]

Kelebihan Teknik Bedah Laparoskopi

Kelebihan Teknik Bedah Laparoskopi

Laparoskopi atau operasi lubang kunci merupakan langkah medis yang dilakukan ahli bedah untuk mengakses ke bagian dalam rongga perut dan panggul. Tidak seperti teknik bedah pada umumnya, laparoskopi memiliki beberapa kelebihan yang menguntungkan pasien. Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih teknik bedah laparoskopi? Keuntungan Laparoskopi Dengan teknik laparoskopi, Anda akan dibius total. Setelah itu, ahli bedah akan membuat sayatan kecil sekitar 1-1,5 cm di sekitar tali pusar. Melalui sayatan itu, ahli bedah akan memasukkan alat yang disebut laparoskop, yaitu sebuah tabung kecil yang memiliki kamera dan lampu kecil pada ujungnya. Kamera itu akan memperlihatkan kondisi di dalam rongga perut dan panggul pada sebuah monitor sehingga memudahkan ahli bedah untuk melakukan operasi. Pada saat bersamaan, perut Anda akan diisi oleh gas karbondioksida agar lebih mengembung. Hal ini memudahkan ahli bedah untuk melihat organ-organ Anda secara jelas. Berikut ini adalah alasan yang membuat teknik bedah laparoskopi menguntungkan Anda. Melalui teknik tersebut, ahli bedah tidak perlu membuat sayatan yang besar sehingga bekas luka yang Anda alami lebih sedikit. Rasa sakit juga [...]

6 Cara Cepat Hentikan Kebiasaan Mendengkur

6 Cara Cepat Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Kebiasaan mendengkur pasangan seringkali membuat tidur tak nyenyak. Jika Anda tak tahan lagi dengan kebiasaan buruknya, simak enam cara cepat atasi kebiasaan mendengkur pasangangan, seperti yang dikutip dari ehow.1. Taruh humidifier (pelembab ruangan yang mengeluarkan uap air) di kamar dan nyalakan pada saat pasangan ingin tidur. Mendengkur kerap kali disebabkan oleh keringnya tenggorokan dan uap air bisa bantu melembabkan tenggorokan yang kering.2. Sarankan pasangan agar mau mengonsumsi beberapa sendok makan madu setiap harinya. Hal tersebut dapat mencegah kekeringan pada tenggorokan saat tidur.3. Tidur di atas beberapa tumpukan bantal bisa membuat seseorang lebih leluasa untuk bernapas. Ketika kepala tetap tinggi, udara di langit-langit mulut tidak akan tersumbat. Sehingga memungkinkan udara bebas bergerak dan mencegah dengkuran keras. Selain itu, gunakan bantal yang agak keras. Bantal terlalu empuk justru mempersempit saluran pernapasan.4. Hindari mengonsumsi makanan, minuman dan obat tertentu. Minuman beralkohol dan obat tidur dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan. Produk susu menyebabkan lendir, yang dapat mengganggu pernapasan.5. Hindari makan terlalu banyak karena dapa [...]

Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman. Hubungan Seksual Pada Saat Masa Kehamilan Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman. [...]

Fakta di Balik 5 Mitos Tentang Tidur yang Ternyata Tidak Benar

Fakta di Balik 5 Mitos Tentang Tidur yang Ternyata Tidak Benar

Tak sedikit mitos-mitos yang berkembang di masyarakat tentang kesehatan, termasuk tentang tidur. Beberapa pernyataan yang tidak benar mengenai tidur ini tak jarang menyesatkan sejumah orang yang mempercayainya. Agar Anda tak tertipu dengan fakta yang ternyata salah, para ahli pun telah mengumpulkan beragam mitos untuk diluruskan. Berikut lima fakta dibalik mitos tentang tidur yang tak perlu dipercaya, dikutip dari ABC Australia: 1. Menghitung Domba Buat Cepat TidurMenghitung domba kerap diajarkan sebagai obat insomnia sejak kita kecil. Ide dibalik cara ini adalah dengan mengimaginasikan sesuatu yang menenangkan akan membuat tidur lebih cepat. Teknik itu pun belum pernah dibuktikan dengan penelitian. Ampuhkah sebenarnya cara ini? Menurut psikolog tidur Australia, Dianne Ricards cara ini bisa ampuh, bisa juga tidak. Hal tersebut dikarenakan perbedaan penerimaan tentang sesuatu yang dianggap menenangkan bisa berbeda untuk setiap orang. Karena bisa jadi menghitung adalah sesuatu yang membuat stress berdasarkan pengalaman seseorang namun tidak untuk orang lainnya. Ternyata menghitung domba pun bisa menyebabkan istirahat semakin sulit. Karena otak Anda akan merasa bosan saat menghitun [...]

Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Pernahkah Anda mendengar istilah operasi bariatrik? Operasi ini merupakan sebuah tindakan manipulasi saluran pencernaan dengan tujuan akhir penurunan berat badan. Namun tidak semua orang gemuk merupakan kandidat untuk dilakukan operasi bariatrik. Apa saja yang perlu kita ketahui tentang operasi ini? Mari kita simak artikel ini. Apa itu operasi bariatrik? Bariatrik berasal dari bahasa Yunani baros, yang memiliki arti berat badan. Operasi bariatrik adalah sebuah prosedur pembedahan saluran pencernaan untuk menurunkan berat badan. Terdapat beberapa macam operasi bariatrik yang ada, diantaranya adalah metode Roux-en-Y Gastric Bypass (RYGB) dan Laparoscopic Adjustable Gastric Banding (LAGB). Dalam prosedur Roux-en-Y, dilakukan operasi untuk menghubungkan secara langsung organ usus (jejunum) dengan lambung. Operasi ini akan menyebabkan ukuran lambung menjadi lebih kecil dan area absorpsi makanan menjadi lebih sedikit dibanding keadaan normal. Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Berikut penjelasannya: Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, operasi ini dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun tidak semua orang kegemukkan d [...]

Wow, Obat Agar Awet Muda Telah Ditemukan

Wow, Obat Agar Awet Muda Telah Ditemukan

Kabar bahagia bagi Anda yang ingin selalu tampak muda. Para peneliti dari Durham University mengklaim telah menemukan obat yang bisa memperlambat penuaan, dengan kata lain, obat awet muda.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, para peneliti tersebut percaya bahwa obat yang telah mereka temukan itu dapat membuat orang tetap sehat walau dalam usia senja. Obat ini juga diklaim dapat atasi kondisi kelainan pada anak yang tumbuh tua sebelum waktunya.Ketua peneliti, Chris Hutchison mengatakan, "Temuan ini merupakan tahap awal, tetapi mereka menunjukkan adanya potensi untuk membantu orang agar hidup nyaman dan terhindar dari penyakit ketika mereka berusia 70 atau 80 hingga seterusnya."Hutchison juga menggunakan obat ini untuk memperlambat penuaan sel-sel pada anak-anak yang mengalami Progeria Progresif -- sebuah kelainan genetik yang menyebabkan anak-anak tua sebelum waktunya. Anak-anak dengan progeria, juga dikenal sebagai progeria Gilford Hutchinson-sindrom (HGPS), biasanya tampak normal saat lahir.Pada 12 bulan setelah kelahiran, gejala seperti perubahan kulit dan rambut rontok, mulai muncul. Harapan hidup rata-rata untuk seorang anak dengan progeria adalah 13 tahun, tetapi beberapa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *