Puasa Bagi Lansia

Puasa-Bagi-Lansia.jpg

Bulan puasa telah tiba. Setiap umat muslim berlomba-lomba untuk menghimpun pahala dengan mengerjakan berbagai amalan ibadah, salah satunya yaitu berpuasa.

Tidak mau ketinggalan, orang-orang yang sudah berusia lanjut pun banyak yang masih ingin menunaikan ibadah puasa.

Tapi bagaimana tinjauan kesehatan untuk lansia berpuasa? Apakah perlu dibatasi?

Pada lansia, tidak ada larangan untuk melakukan puasa.

Namun karena kondisi fisik dan fungsi tubuh lansia sudah menurun bila dibandingkan usia yang lebih muda, maka masa berpuasa bagi lansia harus diperhatikan secara cermat.

Kami akan membahas mengenai menu sahur yang sehat untuk para lansia yang ingin berpuasa.

Puasa Bagi Lansia

Menu Sahur untuk Lansia Berpuasa

Pada lansia, jumlah cairan tubuh sudah berkurang. Selain itu, rasa haus dan asupan makan pada lansia juga sudah mulai berkurang.

Untuk menjaga supaya lansia dapat melakukan puasa namun tetap sehat, makanan dan minuman saat sahur dan berbuka harus diperhatikan, diantaranya:

  • Saat sahur lansia dianjurkan untuk minum air yang cukup dan mengkonsumsi jus buah antara waktu berbuka dan waktu tidur. (Baca: 5 Cara Bikin Jus yang Sehat ala Dokter)

  • Hal ini dimaksudkan untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuh lansia agar tidak terjadi kekurangan cairan.

  • Konsumsi teh sebaiknya dikurangi karena dapat merangsang pengeluaran urin sehingga air dan mineral akan banyak terbuang sebelum waktu berbuka.

Waktu Makan

Menu makanan untuk sahur pun harus diperhatikan. Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan mengenai pola makan lansia ketika berpuasa:

  • Pada lansia harus diberikan gizi seimbang dan tidak mengurangi atau menambah porsi saat akan berpuasa karena jumlah kalori saat puasa ataupun tidak puasa adalah sama.

  • Konsumsi makanan berminyak dan berlemak sebaiknya dihindari.

  • Walaupun nafsu makan dan minum akan semakin berkurang saat berpuasa pada lansia, tidak dibenarkan untuk menunda sahur ataupun berbuka.

  • Para lansia yang berpuasa harus makan di saat harus makan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar para lansia tidak kekurangan nutrisi dan cairan.

  • Pada lansia gerakan usus sudah lebih lambat, sehingga proses pengeluaran kotoran pun sering terjadi masalah atau sembelit, oleh karena itulah pentingnya mengkonsumsi air dan serat yang cukup saat sahur dan berbuka. (Baca: 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Pola Makan Lansia)

Baca juga:

Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat

5 Nutrisi Pencegah Berat Badan Saat Puasa

4 Cara Dokter Tetap Segar Saat Puasa

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
7 Fakta Kesehatan Menarik tentang Bayam

7 Fakta Kesehatan Menarik tentang Bayam

Bayam telah lama diyakini sebagai sayuran sehat dan kaya nutrisi, serta memiliki rasa yang bersahabat di lidah hampir setiap orang. Dijadikan sayur bening atau sebagai lalapan rebus, bayam memang sudah cukup akrab sebagai makanan sehari-hari. Tapi apakah Anda sudah tahu fakta kesehatan tentang sayuran ini? Ketahui beberapa fakta menarik seperti yang dikutip dari Care2.1. DaunSemakin lebar daunnya, maka semakin matang dan lebih banyak serabutnya yang menandakan kualitasnya lebih baik. Simpanlah bayam di tempat yang cukup sinar karena mengandung lebih banyak nutrisi daripada bayam yang ditempatkan di tempat gelap.2. DimasakProses pemanasan akan meningkatkan nutrisi dan manfaat bayam bagi tubuh. Satu setengah cangkir bayam yang dimasak akan memberikan Anda nutrisi tiga kali lebih banyak dari satu cangkir bayam mentah. Sebab, tubuh tidak bisa sepenuhnya mencerna nutrisi yang ada pada bayam mentah untuk segera digunakan.3. Jus BayamSejumlah penelitian menunjukkan, membuatnya jadi jus adalah cara paling sehat untuk mengonsumsi bayam. Blender bayam (yang sudah direbus sebentar) dengan sayuran lainnya atau buah-buahan agar rasanya lebih enak.4. Oxalic AcidSenyawa ini akan menghambat pen [...]

Mempersiapkan Tubuh untuk Bulan Puasa

Mempersiapkan Tubuh untuk Bulan Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Menjelang bulan puasa, suasana antusias sudah mulai terasa di antara semua umat Muslim di seluruh dunia. Agar dapat menjalankan puasa dengan bugar dan fit, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan psikis Anda, 1-2 minggu sebelum mulai berpuasa. Lakukanlah pemeriksaan tekanan darah. Lakukan pemeriksaan darah secara umum, sedapat mungkin lengkap. Pada penderita diabetes, jangan lewatkan pemeriksaan profil gula darah lengkap dan HbA1C. Pada penderita dislipidemia, jangan lewatkan pemeriksaan profil lipid lengkap. Pada penderita hiperurisemia, jangan lewatkan pemeriksaan kadar asam urat. Penderita sindrom dispepsia (sakit maag) perlu mengunjungi dokter untuk mengatur jenis, dosis dan waktu pemberian obat. Penderita sakit kronik (hipertensi, diabetes, penyakit ginjal kronik, dll) yang mengkonsumsi obat secara rutin juga perlu memeriksakan diri ke dokter. Selain pemeriksaan fisik, juga untuk pengaturan jenis, dosis dan waktu konsumsi obat selama berpuasa. Ibu hamil dan menyusui perlu memeriksakan kondisi kesehatannya juga kondisi kesehatan anaknya sebelum mulai berpuasa. Berpuasa pada ibu hamil dan men [...]

Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini Dia Manfaat Lain Wortel

Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini Dia Manfaat Lain Wortel

Selama ini yang kita ketahui manfaat wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Tapi ternyata tidak hanya itu saja. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut ini enam manfaat lain dari rajin mengonsumsi wortel.1. Terhindar dari Risiko Penyakit JantungWortel memiliki banyak kandungan vitamin A, kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Zat yang terakhir itu mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, dan perkembangan rheumatoid sebanyak 70 persen.2. Bantu Melawan Efek Buruk PolusiTeh hijau bukanlah saru-satunya panganan yang mengandung antioksidan. Wortel pun juga mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dalm tubuh, yang dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.3. Turunkan KolesterolSebuah penelitian di Harvard University berhasil mengungkapkan bahwa seseorang yang setidaknya memakan wortel 6 buah dalam satu minggu dapat menurunkan resiko kolesterol dari pada yang hanya mengkonsumsi 1 buah saja sebulan.4. Mengurangi Risiko Kanker PayudaraPenelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karot [...]

Kenapa Batuk Bisa Ngga Sembuh-sembuh?

Kenapa Batuk Bisa Ngga Sembuh-sembuh?

Batuk yang tidak sembuh-sembuh memang mengganggu. Sudah minum obat, dahak malah semakin banyak. Sudah pergi ke dokter berkali-kali, hasilnya tetap nihil. Ada beberapa hal yang menyebabkan batuk tidak kunjung pergi. Apa saja? Berikut di antaranya: 1. Saluran pernapasan mengalami iritasi Batuk yang kronis bisa disebabkan oleh infeksi virus dan dapat berlangsung selama beberapa minggu. Oleh karena itu, biasanya saluran pernapasan menjadi sangat sensitif sehingga menimbulkan iritasi. 2. Masalah kesehatan lainnya Penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan batuk di antaranya; alergi, asma, asam lambung dan sindrom sleep apnea (berhentinya napas saat tidur), dan lain-lain. 3. Stres Untuk mengatasi batuk berkepanjangan, Anda harus lebih memperhatikan jam tidur dan belajar cara mengelola stres. Berikan waktu kepada diri Anda untuk santai sejenak. Berikut beberapa pencetus masalah batuk tak kunjung sembuh lainnya: Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh-sembuh 4. Kurang minum air Mengonsumsi cairan apa pun seperti air putih, jus dan sup dapat membantu mengurangi dahak di saluran pernapasan. Hindari alkohol dan kopi karena akan menimbulkan dehidrasi. 5. Udara yang terlalu keri [...]

10 Manfaat Olahraga

10 Manfaat Olahraga

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Selama ini banyak yang merekomendasikan kita untuk selalu berolahraga, namun sebenarnya apa sih manfaat dari olahraga? Ternyata olahraga dapat mengurangi risiko kita terkena beberapa penyakit berat. Simaklah beberapa manfaat olahraga dibawah ini; Mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebanyak 35% Mengurangi risiko diabetes mellitus sebanyak 50% Mengurangi risiko kanker kolon sebanyak 50% Mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 20% Mengurangi risiko meninggal di usia muda sebanyak 30% Mengurangi risiko peradangan sendi sebanyak 83% Mengurangi risiko patah tulang pinggang sebanyak 68% Mengurangi risiko jatuh pada usia tua sebanyak 30% Mengurangi risiko depresi sebanyak 30% Mengurangi risiko penyakit dementia sebanyak 30% Jenis olahraga seperti apa? Aktivitas fisik yang sedang berarti aktivitas ini dapat menaikkan denyut jantung anda dan mengeluarkan keringat anda. Satu cara lagi untuk menentukan aktivitas anda intensitasnya sedang adalah bahwa anda masih dapat berbicara namun anda tidak dapat nyanyi. Beberapa contoh aktivitas dengan intensitas sedang : Berjalan cepat Areobik air Bersepeda Main tenis berpasangan Membersihkan halama [...]

Masalah Payudara Setelah Menyusui

Masalah Payudara Setelah Menyusui

Jalinan ikatan kasih yang Anda dapat selama Anda menyusui anak Anda tidak dapat tergantikan. Semua ahli setuju bahwa ASI merupakan nutrisi yang paling ideal untuk bayi Anda. Namun terkadang muncul beberapa pertanyaan seputar payudara setelah Anda menyusui, pertanyaan seperti apakah yang paling sering muncul? Simak beberapa hal berikut ini: Apakah Payudaraku akan ?kempes? atau ?turun?? Saat Anda menyusui, aliran ASI dapat melebarkan kulit dan otot pada payudara. Hal ini dapat membuat payudara terlihat kosong saat ASI sudah habis dan menyebabkan bentuk payudara Anda kembali ke bentuk semula sebelum hamil. Jadi memang kondisi ?kempes? atau ?turun? dapat terjadi setelah menyusui. Namun ada hal lain yang dapat menimbulkan hal ini: Index Masa Tubuh (IMT) yang t urun drastis Jumlah kehamilan Ukuran payudara besar sebelum hamil Usia Riwayat merokok Apakah menyusui dapat menyebabkan payudaraku berubah bentuk? Masalah Payudara Setelah Menyusui Payudara kanan dan kiri merupakan dua organ yang berbeda. Jadi apa yang terjadi pada payudara kanan dan kiri setelah menyusui dapat berbeda. Pembengkakan payudara atau nyeri akibat banyaknya ASI dapat membua [...]

Tubuh Kurus Lebih Sulit Hamil Daripada yang Obesitas

Tubuh Kurus Lebih Sulit Hamil Daripada yang Obesitas

Selama ini para wanita yang ingin hamil berusaha menurunkan berat badannya agar terhindar dari bahaya obesitas. Namun menurut penelitian, bertubuh terlalu kurus justru lebih sulit hamil ketimbang mereka yang bertubuh gemuk.Dr.Richard Sehrbahn, ahli fertilitas dari Chicago, AS, mengatakan bahwa selama ini banyak yang orang terlalu fokus untuk menurunkan berat badannya. Padahal, dalam penelitian yang dilakukannya tubuh kurus justru lebih berbahaya terhadap kesuburan dibandingkan dengan orang yang obesitas.Dr Sherbahn, dari Advance Fertility Center di Chicago, telah meneliti hampir 2.500 wanita di kliniknya selama delapan tahun. Ia mengelompokkan para wanita itu menjadi tiga kategori yaitu, kurus, normal, dan gemuk sekali.Dari hasil penelitiannya tersebut diketahui bahwa 50 persen wanita dalam kelompok berat badan normal bisa memiliki bayi. Begitu juga dengan wanita yang masuk dalam kelompok berat badan gemuk, sebanyak 45 persen dapat mempunyai momongan.Namun pada wanita yang tergolong sangat kurus, angka keberhasilan kehamilannya hanya mencapai 34 persen. Wanita yang disebut terlalu kurus dalam kelompok ini adalah wanitan yang indeks massa tubuhnya berkisar antara 14-18.Dr Sherbah [...]

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

Ada beberapa jenis aroma yang bisa memberikan dampak positif pada kesehatan Anda. Sebab, ragam aroma ini mampu membuat perasaan dan kondisi tubuh menjadi lebih baik, segar, dan berenergi. Wangi lavender misalnya, tanpa disadari aromanya tersebut ternyata bisa menenangkan saraf Anda. Selain lavender, kira-kira wewangian apa lagi ya yang diklaim baik untuk kesehatan? Simak di sini, seperti dikutip dari Bold Sky.1. KopiApakah Anda juga menyadari bahwa aroma kopi lebih memikat ketimbang dengan rasanya? Aroma kopi merupakan stimulan untuk memberi energi lebih banyak untuk tubuh Anda dan dapat mengatasi rasa lelah. 2. LavenderAroma lavender mampu menghilangkan stres dan menenangkan saraf. Jika Anda sedang merasa gelisah setelah menghadapi hari yang menegangkan dan penuh dengan tekanan, sebaiknya hiruplah wewangian lavender agar hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang.3. Citrus (Jeruk atau Limau)Wewangian citrus, seperti jeruk atau limau bisa membuat Anda menjadi lebih waspada. Tak hanya itu saja, aroma ini juga mampu membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik karena dapat melawan rasa mual.4. Minyak Kayu PutihApakah hidung Anda tersumbat dan telinga mendengung karena kedinginan? Ada [...]

Penelitian: Makanan Tradisional Lebih Sehat Daripada Fast Food

Penelitian: Makanan Tradisional Lebih Sehat Daripada Fast Food

?You are what you eat? atau ?Anda adalah apa yang Anda makan?, sepertinya prinsip ini sudah terbukti secara ilmiah. Beberapa penelitian membuktikan bahwa makanan yang buruk, seperti makanan kaya lemak jenuh dan sedikit serat, ditambah jarang berolahraga dapat meningkatkan risiko Anda dalam mengalami berbagai penyakit seperti penyakit jantung. Namun ternyata makanan yang Anda konsumsi tidak hanya berpengaruh pada terjadinya penyakit, tapi juga berpotensi dalam menjaga kesehatan mental Anda. Gangguan psikiatri seperti depresi dan cemas merupakan sebuah kelainan yang melibatkan gangguan pada senyawa kimia dalam otak, setidaknya itu yang telah kita ketahui saat ini. Pengobatan yang sudah digunakan umumnya adalah pengobatan yang mengubah metabolisme atau jumlah senyawa kimia di otak. Namun sebuah prospek pendekatan pengobatan baru ditemukan yaitu berupa pola makan. Makanan Tradisional Lebih Sehat Daripada Fast Food ?You are what you eat? atau ?Anda adalah apa yang Anda makan?, sepertinya prinsip ini sudah terbukti secara ilmiah. Beberapa penelitian membuktikan bahwa makanan yang buruk, seperti makanan kaya lemak jenuh dan sedikit serat, ditambah jarang berolahra [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *