Puasa Bagi Lansia

Puasa-Bagi-Lansia.jpg

Bulan puasa telah tiba. Setiap umat muslim berlomba-lomba untuk menghimpun pahala dengan mengerjakan berbagai amalan ibadah, salah satunya yaitu berpuasa.

Tidak mau ketinggalan, orang-orang yang sudah berusia lanjut pun banyak yang masih ingin menunaikan ibadah puasa.

Tapi bagaimana tinjauan kesehatan untuk lansia berpuasa? Apakah perlu dibatasi?

Pada lansia, tidak ada larangan untuk melakukan puasa.

Namun karena kondisi fisik dan fungsi tubuh lansia sudah menurun bila dibandingkan usia yang lebih muda, maka masa berpuasa bagi lansia harus diperhatikan secara cermat.

Kami akan membahas mengenai menu sahur yang sehat untuk para lansia yang ingin berpuasa.

Puasa Bagi Lansia

Menu Sahur untuk Lansia Berpuasa

Pada lansia, jumlah cairan tubuh sudah berkurang. Selain itu, rasa haus dan asupan makan pada lansia juga sudah mulai berkurang.

Untuk menjaga supaya lansia dapat melakukan puasa namun tetap sehat, makanan dan minuman saat sahur dan berbuka harus diperhatikan, diantaranya:

  • Saat sahur lansia dianjurkan untuk minum air yang cukup dan mengkonsumsi jus buah antara waktu berbuka dan waktu tidur. (Baca: 5 Cara Bikin Jus yang Sehat ala Dokter)

  • Hal ini dimaksudkan untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuh lansia agar tidak terjadi kekurangan cairan.

  • Konsumsi teh sebaiknya dikurangi karena dapat merangsang pengeluaran urin sehingga air dan mineral akan banyak terbuang sebelum waktu berbuka.

Waktu Makan

Menu makanan untuk sahur pun harus diperhatikan. Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan mengenai pola makan lansia ketika berpuasa:

  • Pada lansia harus diberikan gizi seimbang dan tidak mengurangi atau menambah porsi saat akan berpuasa karena jumlah kalori saat puasa ataupun tidak puasa adalah sama.

  • Konsumsi makanan berminyak dan berlemak sebaiknya dihindari.

  • Walaupun nafsu makan dan minum akan semakin berkurang saat berpuasa pada lansia, tidak dibenarkan untuk menunda sahur ataupun berbuka.

  • Para lansia yang berpuasa harus makan di saat harus makan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar para lansia tidak kekurangan nutrisi dan cairan.

  • Pada lansia gerakan usus sudah lebih lambat, sehingga proses pengeluaran kotoran pun sering terjadi masalah atau sembelit, oleh karena itulah pentingnya mengkonsumsi air dan serat yang cukup saat sahur dan berbuka. (Baca: 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Pola Makan Lansia)

Baca juga:

Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat

5 Nutrisi Pencegah Berat Badan Saat Puasa

4 Cara Dokter Tetap Segar Saat Puasa

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
10 Makanan Kaya Serat

10 Makanan Kaya Serat

Serat merupakan komponen penting dalam makanan sehari-hari dan bermanfaat bagi kesehatan. Efek serat bagi kesehatan antara lain membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol darah. Hal-hal tersebut akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, sindroma metabolik, dan obesitas. Serat juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah makan terlalu banyak. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi tinggal di lambung lebih lama dan menyerap air lebih banyak sehingga membuat Anda merasa kenyang. Kabar baik lainnya adalah serat diduga dapat menurunkan risiko kanker kolorektal dan kanker gastrointestinal. Jadi, seberapa banyak serat yang harus dimakan setiap hari? Halaman berikut penjelasannya: Jadi, seberapa banyak serat yang harus dimakan setiap hari? Rekomendasi asupan serat untuk perempuan adalah 25 gram per hari 38 gram per hari bagi laki-laki. Sayangnya, rata-rata asupan makanan kita sehari-hari hanya mencakup 50% dari asupan serat yang direkomendasikan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menambahkan jenis makanan tertentu yang tinggi serat ke dalam pola makan Anda sehari-hari. 10 Makanan di bawah ini memiliki kandungan [...]

Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan Wajah

Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan Wajah

Anda mungkin juga sudah jenuh mendengar dan membaca tips-tips awet muda yang sering bermunculan. Dari saran minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, jaga nutrisi dan bahkan memulai pola makan yang lebih sehat; sudah umum kita dengar sebagai tips mengurangi kerutan wajah. Tapi tahukah Anda, sebetulnya ada hal yang paling sederhana dari apa yang kita lakukan sehari-hari justru ikut memperparah dan mempercepat penuaan kulit, pada khususnya kulit wajah? Ketahuilah, banyak sekali yang kita lakukan sehari-hari ternyata tanpa kita sadari selain merusak kulit wajah dan mempercepat penuaan, tapi ada juga yang sebaliknya justru membantu kulit Anda awet muda. Apa sajakah hal-hal tersebut? Bersiaplah untuk terkejut, karena mungkin beberapa hal berikut ini sudah sering Anda lakukan dan ternyata memberikan dampak kepada kulit wajah Anda. Apa saja? Simak beberapa trik mengejutkan berikut ini: Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan Wajah Anda mungkin juga sudah jenuh mendengar dan membaca tips-tips awet muda yang sering bermunculan. Dari saran minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, jaga nutrisi dan bahkan memulai pola makan yang lebih sehat; sudah umum kita [...]

Lahir dengan Bantuan Vakum Membuat Anak Bodoh?

Lahir dengan Bantuan Vakum Membuat Anak Bodoh?

Anda pasti sudah tahu bahwa proses persalinan bisa dilakukan secara normal melalui alat kelamin sang wanita, ataupun secara operasi seksio sesarea atau yang lebih dikenal dengan operasi sesar saja. Nah pada persalinan dengan cara normal, yaitu melalui vagina ibu, ada kalanya kepala bayi sulit untuk dilahirkan, sehingga dibutuhkan alat bantu, alat bantu itu salah satunya berupa vakum. Mendengar kata vakum mungkin terlintas di benak Anda vacuum cleaner yang biasa dipakai dalam membersihkan ruangan. Ya, kurang lebih begitulah bentuk vakum yang digunakan untuk menghisap kepala bayi agar lebih mudah dikeluarkan. Saat vakum ini menempel, dengan tekanannya maka secara alamiah kepala bayi akan menjadi lonjong, tetapi tidak perlu ditakutkan, karena lonjongnya kepala ini bersifat sementara dan akan menghilang dalam beberapa hari. Hal yang kemudian menjadi pertanyaan, betulkah penggunaan vakum ini akan mempengaruhi kecerdasan anak di kemudian hari? Berikut jawabannya: Benarkah Membuat Anak Bodoh? Jawabannya tidak, mitos yang selama ini beredar salah, tidak ada dampak penggunaan vakum pada kualitas otak anak. (Baca: 10 Cara Stimulasi Otak untuk Anak Cerdas) Namun demi [...]

Alergi Jagung dan Peningkatan Jumlah Sel Darah Putih

Alergi Jagung dan Peningkatan Jumlah Sel Darah Putih

Jagung mengandung sejumlah kecil protein yang dapat memicu reaksi alergi. Jika Anda memiliki alergi terhadap jagung dan tidak menghindari konsumsi jagung dalam segala bentuknya, Anda dapat memiliki jumlah sel darah putih yang tinggi. Tubuh Anda memproduksi beberapa jenis sel darah putih, termasuk eosinofil, sejenis sel darah putih yang meningkat saat Anda memiliki reaksi alergi. Jika Anda memiliki alergi jagung, bicarakan dengan dokter tentang bagaimana mengontrol gejala dan jumlah sel darah putih. Mendiagnosis Alergi Jagung. Alergi jagung memang tidak umum, dan hanya mempengaruhi sekitar 0,016 persen orang Amerika, menurut Asosiasi Pabrik gula Jagung, seperti dilansir dari livestrong, rabu (01/02/2012). Ruam dan asma adalah gejala paling umum dari alergi jagung. Dokter Anda biasanya dapat mendiagnosis alergi makanan melalui tes alergi dan dengan gejala lain, seperti gatal-gatal, ruam, sesak napas atau gejala pencernaan tanpa melakukan tes jumlah sel darah putih. Jika dokter meminta Anda untuk melakukan tes jumlah darah putih, mungkin dikarenakan dokter menemukan jumlah eosinofil yang tinggi. Ketika jumlah eosinofil meningkat, yang disebut juga dengan eosinofilia, dapat membantu me [...]

Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi Tiap Hari agar Usus Tetap Sehat

Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi Tiap Hari agar Usus Tetap Sehat

Sistem pencernaan sangat menentukan kondisi kesehatan seseorang. Sistem pencernaan yang baik akan membantu kinerja seluruh fungsi organ tubuh serta membantu mempermudah pengeluaran racun-racun dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi melalui urin atau feses. Oleh karena itu sangat penting untuk memelihara kesehatan pencernaan Anda, terutama usus. Usus 12 jari, usus halus dan usus besar merupakan 'penjaga gerbang' bagi tubuh. Usus menyaring senyawa-senyawa baik dan menyingkirkan yang tidak baik bagi tubuh. Selain itu usus juga 'rumah' bagi 70 hingga 80 persen sel-sel imun tubuh. Usus yang sehat akan membuat organ tubuh berjalan sesuai fungsinya tapi ketika terganggu, perut akan terasa tidak nyaman mulai dari kembung, nyeri atau sembelit.Di dalam usus terdapat sekitar 100 triliun bakteri dan organisme, yang dibedakan antara bakteri baik dan jahat. "Bakteri dan senyawa yang disaring/dikeluarkan usus bisa menimbulkan dampak negatif maupun positif pada kesehatan seseorang. Untuk memiliki usus yang sehat, Anda harus menghindari makanan yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri jahat," ujar Alejandro Junger, dokter spesialis jantung asal New York, seperti dikutip dari CNN. Menjaga kes [...]

Wabah Ebola Tidak Hanya Menular Lewat Seks

Wabah Ebola Tidak Hanya Menular Lewat Seks

Ebola pertama kali ditemukan pada tahun 1976 di Sudan dan Kongo. Ebola mulai mewabah di Guinea pada maret 2014 lalu menyebar ke Liberia dan Sierra Leone. Virus ebola merupakan suatu penyakit yang mematikan. Virus ebola mematikan hampir 90% orang yang terjangkiti. Virus ebola ditularkan melalui kontak langsung (melalui kulit yang terluka atau membran mukosa) dengan darah, organ dan cairan tubuh orang yang terinfeksi atau kontak tidak tidak langsung dengan lingkungan yang terkontaminasi. Laki-laki yang terinfeksi ebola masih dapat menularkan virus melalui cairan semen (air mani) hingga 7 hari setelah sembuh. (Baca: 3 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seks) Masa inkubasi (waktu yang dibutuhkan virus menginfeksi hingga timbul gejala) berkisar antara 2 hingga 21 hari. Demam, lemas, nyeri otot, sakit kepala dan nyeri tenggorokan merupakan gejala awal terinfeksi virus ebola. Selanjutnya dapat diikuti dengan gejala muntah, diare, gangguan fungsi ginjal dan hati serta pada beberapa kasus terjadi perdarahan internal (organ dalam) dan eksternal (mata,gusi). Pencegahan agar tidak terjangkit virus ebola adalah dengan menghindari kontak dengan darah dan cairan tubuh yang terinfeksi ataupun [...]

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Anda perlu waspada dengan setiap gejala yang muncul pada tubuh. Bisa jadi hal tersebut mengarah kepada penyakit serius. Seperti yang dikutip dari mayoclinic, berikut tujuh gejala yang tak boleh diabaikan.1. Turunnya Berat Badan Secara DrastisMenurunnya berat badan tanpa perlu usaha yang besar mungkin terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Sayangnya hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada yang salah pada kesehatan Anda.Jika Anda kehilangan hingga 10 persen dari berat badan selama enam bulan terakhir, segera konsultasikan pada dokter. Penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti tiroid yang terlalu aktif, diabetes, depresi, penyakit hati, atau kanker.2. Demam Tinggi & BerkepanjanganDemam bukan selalu berarti tanda bahwa tubuh Anda sedang tidak sehat. Deman memiliki peran penting dalam memerangi infeksi. Namun jika demam yang Anda alami lebih dari tiga hari, Anda harus memeriksakannya ke dokter. Dalam beberapa kasus, demam tinggi lebih dari 39,4 C dan berkepanjangan bisa disebabkan oleh gejala kanker ganas.3. Sesak NapasSesak napas dapat disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis kronis, asma, pneumonia, gump [...]

Teh Oolong, Teh Kaya Antioksidan dengan Proses Pembuatan Unik

Teh Oolong, Teh Kaya Antioksidan dengan Proses Pembuatan Unik

Teh oolong merupakan jenis teh yang tergolong unik. Mulai dari proses pembuatan, citarasa hingga manfaatnya yang beragam untuk kesehatan.Pembuatan teh yang berasal dari dataran tinggi di pegunungan Wuyi, Fujian, China ini ditemukan sekitar 400 tahun yang lalu. Bisa dibilang jenis teh yang paling 'muda' jika dibandingkan dengan teh-teh lain yang sudah ditemukan sejak 5000 tahun lalu.Kandungan antioksidan dalam teh oolong terbilang lebih lengkap dibandingkan teh hijau/putih atau teh merah/hitam. Hal itu karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan unik."Teh hijau adalah teh yang tidak mengalami proses oksidasi (melibatkan oksigen sehingga warnanya menggelap) sama sekali. Sementara teh hitam 100 persen oksidasi. Nah, teh oolong ini semi oksidasi," jelas pakar teh Ratna Somantri, dalam acara 'Oolong Tea' yang diadakan Suntory Garuda di Cafe Aria, Gedung Panin Pusat, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/05/2013).Perbedaan proses pembuatan masing-masing jenis teh akan menghasilkan komponen antioksidan yang berbeda pula. Teh hijau/putih kaya akan polifenol yang baik untuk memelihara kesehatan dan kelenturan kulit. Namun tidak mengandung theaflavin dan thearubigin seperti pada [...]

Kesalahan Aborsi Pada Bayi Kembar

Kesalahan Aborsi Pada Bayi Kembar

Rumah Sakit The Women?s, The Royal Women?s Hospital, Melbourne, Australia sedang menjadi pusat perhatian berbagai pihak akibat kesalahan fatal yang dilakukan staf medis rumah sakit tersebut dalam membunuh bayi sehat berusia 32 minggu dalam kandungan yang berisi 2 bayi laki-laki kembar. Kejadian ini terjadi pada hari Selasa (22/11) pukul 14.30 waktu setempat dengan salah menyuntikkan dan menyebabkan kematian pada bayi yang sehat. Proses aborsi ini pertama kali dilakukan karena diketemukannya kelainan jantung pada salah satu bayi kembar dalam kandungan pasien yang membutuhkan operasi berulang kali apabila dapat bertahan hidup, dan pasien menyetujui untuk dilakukannya aborsi dengan pertimbangan dari dokter rumah sakit tersebut. Sayangnya aborsi dilakukan pada bayi yang sehat. Kesalahan aborsi membawa tragedi tersendiri bagi pasien maupun keluarga karena tidak lama berselang, bayi yang sakit jantung juga mengalami kematian setelah operasi Caesar. Sehingga pasien yang datang dengan 2 bayi kembar dalam kandungannya, harus keluar tanpa satupun anak. Meskipun pihak rumah sakit telah mengeluarkan permintaan maaf pada pasien dan keluarga pasien berikut menerangkan bahwa akan dilakukannya pen [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *